Transportasi: Avanza

  • Ini Mobil Bekas yang Paling Banyak Diburu Orang Indonesia

    Ini Mobil Bekas yang Paling Banyak Diburu Orang Indonesia

    Jakarta

    Kijang Innova jadi mobil paling populer di Indonesia. Tak hanya di pasar mobil baru, di pasar mobil bekas pun Kijang Innova banyak dicari.

    Popularitas Kijang Innova di Indonesia sudah tak perlu diragukan lagi. Nggak heran sih, soalnya sudah puluhan tahun Kijang Innova eksis di pasar otomotif Indonesia. Di pasar mobil baru, Kijang Innova masih sangat dicari.

    Buktinya, dalam beberapa bulan terakhir Kijang Innova selalu menjadi mobil terlaris di Tanah Air, demikian ditunjukkan dalam data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Sepanjang semester I tahun 2025, ada 31.107 unit Kijang Innova (Zenix dan Reborn) yang didistribusikan secara wholesales.

    Tapi rupanya bukan cuma di pasar mobil baru Innova banyak dicari. Di pasar mobil bekas, MPV medium ini juga diburu orang Indonesia.

    “Salah satu model mobil yang sukses menjadi model paling populer adalah Toyota Kijang Innova, baik di mata pencari maupun pengiklan,” ungkap Direktur OLXMobbi Agung Iskandar melalui pesan elektronik kepada detikOto.

    Agung menjelaskan, model mobil MPV memang masih banyak digandrungi orang Indonesia. Sebab mobil cocok untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat Indonesia baik untuk mobilitas sehari-hari ataupun dipakai perjalanan jauh.

    “Karakteristik kabin yang luas dan nyaman tidak hanya menawarkan fungsionalitas, tetapi juga mampu memenuhi aspek emosional kekeluargaan dan kebersamaan saat bepergian,” sambung Agung.

    Tak kalah penting, nilai jual kembali juga masih tinggi. Tak bisa dipungkiri, harga jual kembali merupakan salah satu faktor yang dipertimbangkan orang Indonesia sebelum membeli mobil. Model mobil dengan nilai jual kembali yang tinggi biasanya amat diminati. Contohnya Innova ataupun Avanza yang punya catatan nilai jual kembali masih bagus.

    “Selain itu faktor resale value yang tinggi menjadi pertimbangan krusial bagi konsumen. Keunggulan ini diperkuat oleh adanya ekosistem purnajual dengan jaringan servis dan ketersediaan suku cadang yang merata hingga ke pelosok negeri,” pungkas Agung.

    (dry/din)

  • Turis Australia Buat Rusuh di Bali, Rampas Mobil Warga Lalu Membakarnya

    Turis Australia Buat Rusuh di Bali, Rampas Mobil Warga Lalu Membakarnya

    Liputan6.com, Bali – Seorang pria Warga Negara Australia berinisial WRJ, harus berurusan dengan polisi usai merampas mobil di kawasan The Club Bali, Jalan Batu Belig, Kuta Utara, Badung. Kejadian yang berlangsung pada Minggu dini hari (3/8/2025), itu menyebabkan korban mengalami kerugian Rp160 juta.

    Peristiwa perampasan mobil itu terjadi bermula sekitar pukul 01.30 Wita, ketika I Ketut Wijaya Kusuma (51), seorang petugas keamanan yang saat itu tengah menjalani shift malam dan beristirahat di dalam mobil Toyota Avanza hitam miliknya, dikejutkan oleh rekannya. Sang rekan memberitahu bahwa seorang WNA dalam pengaruh alkohol sedang bertindak agresif dan bahkan sempat mencekik petugas keamanan lainnya.

    “Tidak lama kemudian, mobil korban diketuk oleh rekan sesama sekuriti yang memberitahukan bahwa terdapat seorang WNA (diduga pelaku) dalam kondisi mabuk dan bertindak agresif terhadap orang-orang di sekitarnya,” ungkap Wijaya Kusuma.

    Mendengar informasi tersebut, Wijaya segera keluar dari mobil. Ia melihat WRJ berlari ke arahnya dan merasa terancam, sehingga korban memutuskan untuk lari menjauh, meninggalkan kunci mobil tergantung di kendaraannya. Dalam situasi yang penuh kepanikan tersebut, pelaku langsung memanfaatkan kesempatan, masuk ke dalam mobil korban, dan membawanya kabur.

    Wijaya dan rekannya segera melakukan pengejaran menggunakan sepeda motor. Saat tiba di depan Villa Danoya, pelaku sempat memutar balik mobil dan kembali ke Gang Daksina. Dalam aksinya yang ugal-ugalan, mobil yang dikendarai WRJ sempat menabrak seorang WNA lain yang berada di seputaran lokasi.

    Menyadari gang tersebut tidak bisa dilewati mobil, Wijaya dan rekannya memutuskan untuk menunggu di ujung gang guna mencegat pelaku. Namun, setelah ditelusuri ke dalam gang, baik pelaku maupun mobil sudah tidak terlihat.

     

  • Kredit Mobil Bekas Makin Susah, Biang Keroknya karena Ini

    Kredit Mobil Bekas Makin Susah, Biang Keroknya karena Ini

    Jakarta, CNBC Indonesia – Lesunya industri otomotif bukan hanya dialami oleh pabrikan mobil baru, namun juga pedagang mobil bekas. Penurunan penjualan mobil bekas ini dialami oleh banyak pedagang mobil bekas, pasalnya lembaga pembiayaan atau leasing mulai mengetatkan kredit ke mobil bekas.

    “Saya selalu dapat bocoran dari leasingnya, kita kan buat patokan itu dari leasing. Salah satu leasing terbesar yang sekarang itu sudah ada 2 bulan atau 3 bulan itu ngerem mendadak, itu leasing yang besar,” kata Pemilik Focus Motor Group Agustinus kepada CNBC Indonesia, Senin (4/8/2025).

    “Karena banyak yang kesulitan bayar di tengah jalan, makanya kredit jadi diperketat,” sebut Agustinus.

    Karenanya perlu intrik cerdas agar penjualan tetap berjalan, termasuk menyesuaikan harga.

    “Penyesuaian harga jelas, kita kalau misalnya mobil nggak bergerak atau lemot, kita harus turunin harga kan, pedagang harus menyesuaikan,” ucap dia.

    Foto: Penjual mobil bekas di WTC Mangga Dua, Jakarta Utara ungkap mobil Toyota Avanza masih diminati oleh pembeli mobil bekas. (CNBC Indonesia/Chandra)
    Penjual mobil bekas di WTC Mangga Dua, Jakarta Utara ungkap mobil Toyota Avanza masih diminati oleh pembeli mobil bekas. (CNBC Indonesia/Chandra)

    Penyesuaian harga ini tidak lepas dari kerasnya persaingan kendaraan atau mobil bekas di pasaran, ketika banyak pedagang namun permintaan justru cenderung menurun akibat melemahnya daya beli. Jika tidak menyesuaikan harga maka akan kesulitan dalam bersaing.

    “Yang terjadi sekarang ya pedagang berjamaah turunin harga. Contoh gini saya kasih gambaran kalau dulu kita mungkin ya revisi harga itu mungkin 3 bulan sekali lah kalau di mobil, ya karena ekonomi kurang baik itu sekarang harus seminggu sekali kita revisi. kalau ngga direvisi harganya jadi tinggi sekarang,” sebut Agustinus.

    Kondisi ini merata terjadi di hampir semua line up kendaraan, baik city car, SUV maupun MPV sejuta umat seperti Toyota Avanza.

    “Kalau dulu pegang yang Avanza 3 bulan itu turun ya. Sekarang pegang Avanza sebulan Bisa 2-3 kali turunin harga itu,” ujar Agustinus.

    (fys/wur)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Penjualan Mobil di Indonesia Stagnan: Pajak Kelewat Mahal!

    Penjualan Mobil di Indonesia Stagnan: Pajak Kelewat Mahal!

    Jakarta

    Penjualan mobil di Indonesia stagnan dengan level penjualan 1 juta unit dalam 10 tahun terakhir. Salah satu faktor yang membuat hal itu terjadi karena daya beli konsumen yang lemah, sehubungan pajak mobil konvensional yang sangat mahal.

    “Kita bandingkan (contohnya) mobil Toyota Avanza, itu dibuat di Indonesia. Dijual di Indonesia, juga diekspor ke negara lain termasuk di Malaysia. Di Indonesia, bayar pajak tahunannya Rp 5 juta, sementara di Malaysia, dengan produk yang sama (Avanza) pajak tahunan (cuma) Rp 500 ribu,” buka Sekretaris Umum Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) Kukuh Kumara dalam acara Dialog Industri Otomotif Nasional di arena GIIAS 2025, ICE-BSD City, Tangerang, Kamis (31/7/2025).

    Toyota Avanza Foto: Dok. Toyota Astra Motor

    “Kalau dibedah lagi, katakan ambil mobil yang harganya Rp 100 juta, keluar dari pabrik ke dealer, kalau beli bayarnya Rp 150 juta, bukan Rp 100 juta. Artinya Rp 50 jutanya adalah pajak. Begitu besarnya pajak itu, sehingga kemudian stagnan tadi (penjualannya). Inilah yang harus kita lihat,” sambung Kukuh.

    Sebagai gambaran lagi, kelas menengah di Indonesia yang jumlahnya antara 10 hingga 11 juta saat ini sedang mengalami pelemahan daya beli. Sebab, pendapatan mereka hanya naik sedikit, sementara harga mobil baru terus meroket.

    “Kajian menunjukkan, kelas menengah yang jumlah 10-11 juta itu, income-nya naiknya 3% 1 tahun. Namun, harga mobil yang menjadi incaran utama kelas menengah tadi, naiknya 7,5%. Jadi gap-nya makin lama makin besar. Ini yang harus diantisipasi,” terang Kukuh.

    Kukuh menambahkan, saat ini penjualan mobil di Indonesia sedang mengalami tekanan, dengan angka penjualan hanya 865 ribu unit pada tahun 2024. “Ini tidak boleh kita biarkan terus, kalau makin lama makin turun–mungkin pabrik mobilnya masih bertahan–tapi bagaimana dengan supplier? ada tier 1, tier 2, tier 3,” jelas Kukuh.

    (lua/dry)

  • Perjalanan Bisnis atau Wisata, Nyaman Pakai TRAC Rental dari Astra

    Perjalanan Bisnis atau Wisata, Nyaman Pakai TRAC Rental dari Astra

    Bisnis.com, JAKARTA – TRAC, salah satu lini bisnis PT Serasi Autoraya yang berada di bawah naungan PT Astra International Tbk, kini memperluas jangkauan layanan ke segmen ritel guna memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat yang meningkat.

    Langkah ekspansi ini didorong oleh peningkatan mobilitas di masyarakat, merujuk pada data dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatat lonjakan mobilitas domestik sebesar 23,6% serta kenaikan jumlah wisatawan mancanegara sebesar 19% sepanjang tahun 2024. TRAC pun merespon dengan menghadirkan berbagai layanan mobilitas yang fleksibel untuk keperluan bisnis ataupun liburan. Layanan yang tersedia meliputi sewa mobil 4 dan 12 jam, harian, bulanan, bahkan tahunan, dengan atau tanpa pengemudi, layanan antar-jemput bandara (airport transfer), serta persewaan bus untuk berbagai kebutuhan perjalanan rombongan, yang dapat dinikmati di berbagai kota besar di seluruh Indonesia.

    Pesan Mobil Rental di Aplikasi TRACtoGo Versi Terbaru

    Untuk perluasan layanan ke segmen ritel, TRAC terus berinovasi dan meningkatkan kapabilitas layanan untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan perorangan. Saat ini, seluruh layanan TRAC dapat diakses lebih mudah melalui aplikasi TRACtoGo versi terbaru, yang telah tersedia di Google Play Store dan App Store. Dengan fitur yang lebih lengkap dan tampilan antarmuka yang ramah pengguna, TRACtoGo diharapkan dapat menjawab keperluan mobilitas pelanggan dengan lebih cepat, aman, dan efisien.

    Beberapa keunggulan dari aplikasi TRACtoGo versi terbaru adalah kemudahan untuk pelanggan dalam memesan berbagai layanan rental mobil dalam satu platform. Melalui aplikasi ini, pelanggan dapat mengakses layanan sewa mobil 4 jam dan 12 jam, harian, bulanan, hingga tahunan, layanan antar-jemput bandara, serta persewaan bus. Varian kendaraan yang ditawarkan pun beragam, mulai dari Agya, Avanza, Xenia, Innova Zenix, Fortuner, Camry, Alphard, dan lain-lain. Pelanggan pun dapat menerima berbagai penawaran menarik yang hanya berlaku untuk pengguna aplikasi TRACtoGo.

    Versi terbaru TRACtoGo juga dilengkapi dengan fitur tambahan untuk meningkatkan keamanan pelanggan, yaitu tombol darurat (emergency) yang terhubung langsung dengan tim bantuan TRAC. Selain itu, untuk fleksibilitas penggunaan akun, pelanggan dapat mengaktifkan dua jenis akun dalam satu aplikasi, yaitu akun personal dan akun bisnis, yang memudahkan pengguna dalam menyesuaikan layanan sesuai dengan kebutuhan.

    Untuk pelanggan dengan skema sewa jangka panjang, aplikasi ini menyediakan fitur khusus bernama TRAC Services Apps (TSA). Melalui TSA, pelanggan dapat memantau status kendaraan, menjadwalkan servis berkala, dan mengajukan layanan tambahan secara mudah dan transparan.

    Saat ini, TRAC juga terkoneksi dengan berbagai mitra yang strategis seperti Online Travel Agent (OTA) dalam dan luar negeri, maskapai penerbangan, jaringan perhotelan, institusi perbankan, serta mitra korporasi lainnya. Kolaborasi ini semakin memudahkan pelanggan untuk dapat mengakses layanan TRAC.

    Layanan Pelanggan 24/7 untuk Keamanan dan Kenyamanan

    Seluruh layanan TRAC didukung oleh Customer Assistance Center yang beroperasi 24 jam setiap hari. Pelanggan dapat menghubungi layanan bantuan melalui fitur chat dalam aplikasi, melalui telepon di 1500-009, atau layanan reservasi via WhatsApp di +628111873210.

    Chief Operating Officer TRAC, Halomoan Fischer, menyampaikan bahwa ekspansi ke segmen ritel ini merupakan langkah strategis untuk menjawab dinamika kebutuhan mobilitas masyarakat.

    “Melalui pembaruan aplikasi TRACtoGo, kami ingin memastikan bahwa mobilitas pelanggan, baik untuk keperluan bisnis maupun berlibur, dapat terlayani dengan lebih cepat, aman, dan efisien. Inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk menghadirkan solusi mobilitas yang efisien dan aman di masyarakat,” tutup Fischer.

    Dengan semangat inovasi dan pelayanan prima, TRAC terus bertransformasi menjadi mitra mobilitas terpercaya yang menjangkau lebih luas dan memberikan nilai tambah nyata bagi masyarakat Indonesia.

  • Komunitas Toyota Gelar Kopdar Gabungan Sambil Belajar Teknologi Hybrid

    Komunitas Toyota Gelar Kopdar Gabungan Sambil Belajar Teknologi Hybrid

    Jakarta

    Komunitas Avanza-Xenia Indonesia Club (AXIC) berkolaborasi dengan Toyota Carbon Fighter (TCF) menggelar kopdar gabungan bertajuk “Kopdargab Toyota Community Part-2”. Kopdargab ini digelar pada Minggu, 27 Juli 2025 di Auto2000 Bekasi Timur.

    Acara ini menyatukan berbagai komunitas dan klub mobil dalam community gathering. Mereka melakukan service kendaraan bersama, workshop Toyota Carbon Fighter (TCF) dengan tema “#1 Toyota HEV Indonesia’s Favourite Hybrid”, penanaman pohon, mengumpulkan sampah plastik, serta entertainment live music dan kids zone.

    Kopdargab yang digelar di showroom Auto2000 Bekasi Timur itu dihadiri oleh kurang lebih 120 peserta dan lebih dari 90 mobil. Ini merupakan pencapaian yang baik atas kerja sama komunitas bersama Dealer Resmi Toyota Auto2000 dalam merawat konsumennya. Pada kesempatan ini juga dilakukan berbagai edukasi dan informasi mengenai OtoExpert operated by AUTO200 yang melayani semua jenis kendaraan dan berbagai merek.

    Kopdargab Toyota Community Foto: Istimewa

    “Kegiatan bersama komunitas/club mobil dirasa sangat penting oleh AUTO2000, karena kami dapat mendapatkan input langsung dari rekan-rekan komunitas sebagai loyal customer,” kata Suriyawano, Kepala Cabang Auto2000 Bekasi Timur.

    Founder Toyota Carbon Fighter (TCF) Deny Kristianto mengatakan, Kopdargab Toyota Community Part-2 merupakan bagian dari rangkaian acara Electrification Gathering. Ini merupakan hasil kolaborasi AXIC bersama Toyota Carbon Fighter (TCF).

    “Selaras dengan semangat Beyond Zero kami memberikan Hybrid Experience dan juga edukasi kepada seluruh peserta yang hadir. Selain itu kendaraan hybrid menurut kami juga dapat berkontribusi besar dalam mengurangi emisi karbon. Apalagi berdasarkan survei di internal, member kami sangat berminat terhadap hybrid Toyota karena dirasa masih menjadi pilihan kendaraan elektrifikasi paling tepat yang dapat mendukung mobilitas masyarakat di seluruh Indonesia,” kata Deny.

    (rgr/dry)

  • Pajak Avanza di Malaysia Cuma Rp 500 Ribu-di RI Rp 5 Juta, Kok Bisa?

    Pajak Avanza di Malaysia Cuma Rp 500 Ribu-di RI Rp 5 Juta, Kok Bisa?

    Jakarta, CNBC Indonesia – Lesunya penjualan mobil di Indonesia tidak lepas dari berbagai faktor, mulai dari lesunya pasar hingga pajak yang terlalu tinggi. Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Kukuh Kumara mengungkapkan bahwa pajak kendaraan di Indonesia bahkan berkali-kali lipat dibandingkan negara tetangga, misalnya untuk kendaraan ejuta umat Toyota Avanza.

    “Saya diundang dalam seminar di Vietnam beberapa tahun lalu, ada delegasi AS yang bilang pajak mobil tertinggi ada di Indonesia. Belakangan kita bedah, masyarakat mau membeli kendaraan tapi harganya masih mahal, misalnya aja Toyota Avanza dibuat di Indonesia bayar pajak tahunan Rp 5 juta, produk yang sama di Malaysia pajaknya Rp 500 ribu, begitu besar pajak makanya stagnan, ini yang harus kita lihat sekarang,” katanya di Dialog Industri Otomotif Nasional GIIAS 2025, Kamis (31/7/2025).

    Salah satu penyebab tingginya pajak kendaraan di Indonesia karena mobil masih dikategorikan ke dalam barang mewah, sehingga terkena Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), akibatnya harga menjadi ikut terbang.

    “Penjualan mengalami tekanan tahun lalu hanya 865 ribu unit, ini ngga bisa dibiarin terus, kalau masih gini terus pabrik memang jalan tapi gimana supplier tier 1, 2, 3? Kalau hanya suplai ke brand lokal itu berat, gimana untuk menyelamatkan PHK, jadi betapa industri otomotif punya dampak luas,” ujar Kukuh.

    Foto: Penjual mobil bekas di WTC Mangga Dua, Jakarta Utara ungkap mobil Toyota Avanza masih diminati oleh pembeli mobil bekas. (CNBC Indonesia/Chandra)
    Penjual mobil bekas di WTC Mangga Dua, Jakarta Utara ungkap mobil Toyota Avanza masih diminati oleh pembeli mobil bekas. (CNBC Indonesia/Chandra)

    Akibatnya Ketika penjualan Indonesia menurun, sebaliknya penjualan kendaraan di Malaysia bisa bergeliat meski angkanya masih di Bawah RI.

    “Kita nomor 1 untuk penjualan di Asean, meski market share turun, biasanya di atas 30%, sekarang 25%, ranking 2 di Malaysia naik kelas biasanya Thailand, kemudian Thailand drop banyak di posisi 3 dengan penjualan 500 ribu. Dan saya bicara dengan lembaga global memang mereka menyoroti pasar otomotif di Indonesia dan Thailand karena penurunan penjualan,” sebut Kukuh.

    Ketika kemampuan untuk membeli mobil turun, sebaliknya harga kendaraan terus menerus naik.

    “Masyarakat maunya harga murah, sebanyak 10-15 juta orang di kalangan menengah incomenya naik 3% sesuai inflasi tapi harga mobil yang jadi incaran naik 7,5% jadi gapnya makin lama makin besar, ini harus diantisipasi, bukan perang lah tapi kompetisi, yang bisa beri fitur bagus dengan harga masuk akal,” ujar Kukuh.

    (fys/wur)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Truk Pengangkut Beras di Pandeglang Terguling, Kernet Tewas Terjepit

    Truk Pengangkut Beras di Pandeglang Terguling, Kernet Tewas Terjepit

    Pandeglang

    Kecelakaan maut melibatkan mobil truk dan mobil Toyota Avanza terjadi di Tanjakan Cinibung, Desa Sukajadi, Kecamatan Cibaliung, Kabupaten Pandeglang. Satu orang kernet dilaporkan tewas dalam kejadian tersebut.

    “Satu orang kondektur (kernet) meninggal dunia,” kata Kapolsek Cibaliung, Iptu Asep Jamaludin, Rabu (30/7/2025).

    Peristiwa itu terjadi siang tadi sekitar pukul 11.30 WIB. Truk muatan beras itu melaju dari arah Panimbang ke Cibaliung. Saat di lokasi, truk tidak kuat menanjak berujung menghantam mobil yang ada di belakang.

    “Tepat di Tanjakan Cinibung tidak kuat menanjak, terus mundur pada saat itu korban (kernet) turun dari truk dan truk membuang dan membentur roda empat avanza,” katanya.

    Ia mengatakan dalam peristiwa itu, kernet truk tertindih mobil. Korban dinyatakan tewas di tempat.

    Asep menyatakan puluhan karung beras tersebut rencana bakal dikirim ke warga di Kecamatan Cibitung. Meski mengalami kendala, ia menyatakan proses penyaluran tidak terhambat.

    “Ada truk lainnya yang bantu mengangkut untuk langsung mendistribusikan. Jadi tidak ada hambatan,” pungkasnya.

    (wnv/wnv)

  • KAI minta masyarakat utamakan keselamatan di perlintasan sebidang KA

    KAI minta masyarakat utamakan keselamatan di perlintasan sebidang KA

    Sumber foto: Musthofa/elshinta.com.

    Jangan Abaikan Rambu

    KAI minta masyarakat utamakan keselamatan di perlintasan sebidang KA
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Senin, 28 Juli 2025 – 14:47 WIB

    Elshinta.com – PT KAI Divre II Sumbar menyesalkan atas terjadinya kecelakaan lalu lintas di perlintasan sebidang kereta api. Kali ini, sebuah kendaraan roda empat (Avanza) yang melintas di perlintasan sebidang kereta api resmi di KM 21+600 Antara Stasiun Duku-Tabing menemper KA B25 KA Minangkabau Ekspres relasi Pulau Air – BIM, Ahad (27/7) pukul 13.11 WIB.

    Sebelum kejadian, masinis telah membunyikan klakson lokomotif (Semboyan 35) berkali-kali sebagai peringatan. Namun, peringatan tersebut tidak diindahkan sehingga Minibus menemper KA Minangkabau Ekspres dan kecelakaan pun tidak dapat dihindari.

    Agar insiden tersebut tidak terjadi lagi dikemudian hari, Kepala Humas PT KAI Divre II Sumbar, Reza Shahab kembali mengingatkan masyarakat untuk  disiplin dan menaati aturan keselamatan saat melintasi perlintasan sebidang KA. Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan secara tegas mengatur bahwa pengguna jalan wajib mendahulukan perjalanan kereta api.

    Selain itu, Pasal 124 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian juga menegaskan bahwa setiap pengguna jalan wajib mendahulukan kereta api di titik perpotongan sebidang antara jalur KA dan jalan raya.

    “KAI berharap peran aktif masyarakat untuk dapat meningkatkan kesadaran disiplin di perlintasan sebidang KA demi keselamatan bersama. Lebih berhati-hati saat akan melintasi perlintasan sebidang dan pastikan jalur yang akan dilalui sudah aman, tengok kanan dan kiri, serta patuhi rambu-rambu yang ada,” ujar Reza.

    Reza mengimbau kepada seluruh masyarakat yang tidak berkepentingan untuk tidak berada di lintasan kereta api karena hal tersebut sangat berbahaya. Larangan ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian, khususnya pada Pasal 181 Ayat (1), yang menyatakan bahwa:

    “Setiap orang dilarang berada di ruang manfaat jalur kereta api; menyeret, menggerakkan, meletakkan, atau memindahkan barang di atas rel atau melintasi jalur kereta api; atau menggunakan jalur kereta api untuk kepentingan lain selain untuk angkutan kereta api.”

    Selain membahayakan keselamatan, tindakan tersebut juga merupakan pelanggaran hukum yang dapat dikenakan sanksi pidana sebagaimana diatur dalam Pasal 199 UU 23/2007, yaitu pidana penjara paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp15.000.000 (lima belas juta rupiah).

    PT KAI Divre II Sumbar mengimbau masyarakat untuk turut serta dalam menjaga keselamatan perjalanan kereta api. Kami juga meminta masyarakat untuk menegur atau mengingatkan apabila ada pihak yang bermain atau melakukan aktivitas di jalur kereta api.

    Reza menambahkan bahwa keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api hanya dapat terwujud melalui kerja sama berbagai pihak, termasuk masyarakat di sekitar jalur kereta api. PT KAI Divre II Sumbar secara aktif melakukan sosialisasi keselamatan di wilayah Divre II Sumbar. Selain itu, KAI juga terus melakukan edukasi kepada masyarakat, termasuk para pelajar di sekolah-sekolah yang berdekatan dengan jalur rel, agar tidak melakukan aktivitas berbahaya di sekitar jalur kereta api serta tidak membongkar pagar pengaman jalur KA.

    “Kami sangat mengapresiasi seluruh masyarakat yang telah berkontribusi dalam menjaga keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api. Semoga dengan upaya ini kita dapat bersama-sama meminimalisir terjadinya  kecelakaan di perlintasan sebidang KA”, tutup Reza seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Musthofa, Senin (28/7). 

    Sumber : Radio Elshinta

  • Jangan Kaget Lihat Isi Garasi Gibran Rakabuming, Ada ‘Barang Tua’

    Jangan Kaget Lihat Isi Garasi Gibran Rakabuming, Ada ‘Barang Tua’

    Jakarta

    Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah merilis harta terbaru Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI), Gibran Rakabuming Raka. Pendamping orang nomor satu di Tanah Air itu punya kekayaan puluhan miliar rupiah, termasuk dalam bentuk kendaraan pribadi.

    Disitat dari laman eLHPN milik KPK, Senin (28/7), Gibran Rakabuming Raka punya harta Rp 27,5 miliar. Nominal tersebut dilaporkan pada 28 Maret lalu. Menariknya, mantan Walikota Solo, Jawa Tengah, itu tak punya tanggungan utang.

    Sebagai kanal otomotif, detikOto tentu tak akan membahas harta tersebut terlalu dalam. Kami hanya mau fokus ke aset kendaraan Gibran. Dia, di laporan yang sama, punya empat mobil dan tiga motor pribadi.

    Koleksi mobil dan motor pribadi Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka. Foto: Tara Wahyu/detikJateng

    Aset kendaraan Gibran bernilai Rp 312 jutaan. Seluruhnya dibeli menggunakan uang pribadi (hasil sendiri), bukan pemberian orang lain (hibah). Menariknya, mobil dan motornya termasuk ‘sederhana’ untuk ukuran pemimpin negara. Bahkan, ada tunggangan tua lansiran 1974.

    Nah, biar tak penasaran, berikut detikOto rangkum daftar kendaraan milik Gibran Rakabuming Raka. Kami mengurainya berdasarkan jenis-jenis kendaraan.

    Koleksi Kendaraan Gibran Rakabuming Raka

    Mobil Pribadi

    Toyota Avanza, tahun 2016, hasil sendiri – Rp 85 jutaToyota Avanza, tahun 2012, hasil sendiri – Rp 55 jutaIsuzu Panther, tahun 2012, hasil sendiri – Rp 60 jutaDaihatsu Gran Max, tahun 2015, hasil sendiri – Rp 60 juta.

    Motor Pribadi

    Honda Scoopy, tahun 2015, hasil sendiri – Rp 7 jutaHonda CB125, tahun 1974, hasil sendiri – Rp 5 jutaRoyal Enfield (tanpa model), tahun 2017, hasil sendiri – Rp 40 juta.

    (sfn/rgr)