Transportasi: Airbus A380

  • Geger Ada Lubang di Sayap Pesawat A380 yang Bawa Penumpang ke AS

    Geger Ada Lubang di Sayap Pesawat A380 yang Bawa Penumpang ke AS

    Los Angeles

    Sebuah pesawat jenis Airbus A380 yang dioperasikan maskapai Australia, Qantas Airways, yang kembali beroperasi usai bertahun-tahun menjalani pemeliharaan, mengalami insiden saat mendarat di Los Angeles, Amerika Serikat (AS). Sebagian sayap pesawat terkelupas dan tampak ada lubang pada bagian itu.

    Insiden itu, seperti dilansir Sydney Morning Herald dan 7news.com.au, Jumat (12/12/2025), memaksa pesawat di-grounded untuk sementara dan menjalani perbaikan darurat di Los Angeles setelah ditemukan sebuah lubang pada bagian sayap pesawat.

    Pesawat jenis A380 itu baru kembali beroperasi pekan lalu, setelah selama 5,5 tahun terakhir menjalani pemeliharaan dan upgrade kabin.

    Namun tak lama usai kembali mengudara, pesawat tersebut terpaksa dihentikan operasinya setelah kerusakan ditemukan pada bagian slat di sayap sebelah kiri, yang mengakibatkan apa yang tampak seperti lubang di permukaannya.

    Para penumpang penerbangan rute Sydney-Los Angeles dilaporkan menyadari kerusakan itu tak lama setelah pesawat mendarat pada Minggu (7/12), siang, sekitar pukul 12.30 waktu setempat.

    “Sebagian slat di sayap kiri pada salah satu pesawat A380 kami ditemukan dalam kondisi rusak setelah mendarat di Los Angeles pada Minggu (7/12) waktu setempat,” kata juru bicara Qantas dalam pernyataannya.

    “Pesawat beroperasi normal dan mendarat tanpa insiden. Para teknisi sekarang sedang mengganti slat tersebut agar dapat kembali beroperasi,” imbuh pernyataan itu.

    Slat merupakan bagian yang digunakan untuk memperluas permukaan sayap pesawat selama proses lepas landas dan pendaratan, yang memungkinkan pesawat untuk terbang lebih lambat tanpa mengalami stalling.

    Imbas insiden tersebut, pesawat A380 itu batal untuk terbang kembali ke Sydney yang sebelumnya dijadwalkan pada Minggu (7/12) waktu setempat.

    Insiden ini terjadi pada penerbangan kedua yang dijalani pesawat tersebut, setelah penerbangan pertama pada enam hari lalu dengan rute Los Angeles-Sydney berjalan lancar tanpa insiden.

    Secara terpisah, juru bicara Airbus mengatakan bahwa pihaknya telah “memberikan semua dukungan teknis yang diperlukan kepada Qantas”.

    Halaman 2 dari 2

    (nvc/ita)

  • Ingin Liburan Naik Pesawat? Ini 7 Jenis Turbulensi yang Perlu Diketahui

    Ingin Liburan Naik Pesawat? Ini 7 Jenis Turbulensi yang Perlu Diketahui

    Jakarta: Liburan akhir tahun semakin dekat. Bagi yang berencana menggunakan pesawat sebagai moda transportasi, bersiaplah dengan turbulensi yang kerap terjadi. Namun, apa sebenarnya pengertian turbulensi?
     
    Turbulensi merupakan fenomena yang sangat umum, dan pesawat sebenarnya sudah dirancang untuk menghadapinya. Turbulensi membuat pesawat bergetar atau berguncang tiba-tiba.
     
    Menariknya, tidak semua turbulensi itu sama. Ada beberapa jenis turbulensi yang berbeda penyebab dan karakteristiknya. Nah, memahami jenis-jenis turbulensi ini dapat membuat kamu lebih tenang ketika mengalaminya, lho.
     
    Yuk, ketahui jenis-jenis turbulensi pesawat yang umum terjadi dalam dunia penerbangan!
     
    Jenis-jenis Turbulensi Pesawat

    1. Clear Air Turbulence (CAT)
    Clear Air Turbulence adalah turbulensi yang terjadi di langit cerah tanpa awan, sehingga hampir mustahil terlihat oleh mata maupun radar. CAT biasanya muncul pada batas antara massa udara dingin dan panas, dekat aliran jet stream, atau di ketinggian jelajah (sekitar 30.000–40.000 kaki.
     
    Ciri-cirinya, guncangan datang tiba-tiba, meski cuaca terlihat tenang. Karena tidak bisa diprediksi, turbulensi jenis ini cenderung mengejutkan penumpang dan berbahaya bagi yang sudah melepas sabuk pengaman.
     

     

    2. Turbulensi Mekanis
    Turbulensi satu ini terjadi ketika aliran angin terganggu oleh halangan di permukaan bumi, seperti pegunungan, gedung pencakar langit, atau bukit dan lembah. Jenis turbulensi ini lebih sering dirasakan saat pesawat lepas landas atau mendarat.
     
    3. Turbulensi Termal
    Disebut juga turbulensi konveksi, terjadi karena pemanasan permukaan bumi oleh matahari. Udara panas naik, udara dingin turun, sehingga menciptakan arus udara vertikal tidak stabil.
     
    Turbulensi jenis ini biasanya terjadi di siang hari, ketika cuaca panas, dan di atas daerah gurun atau perkotaan. Cirinya, pesawat terasa seperti “naik–turun” atau “dijatuhkan,” mirip sensasi roller coaster.
     
    4. Turbulensi Wake Vortex
    Ini turbulensi yang diciptakan oleh pesawat lain, terutama pesawat besar seperti Boeing 747 atau Airbus A380. Saat pesawat terbang, sayap menciptakan pusaran udara kuat di belakangnya.

     

     

    5. Turbulensi Frontal
    Turbulensi frontal terjadi ketika pesawat melewati pertemuan dua massa udara berbeda, seperti udara panas vs udara dingin atau udara kering vs lembap. Kondisi ini sering dijumpai ketika pesawat melewati front cuaca, seperti sistem badai.
     
    6. Turbulensi Orographic
    Jenis ini termasuk bagian dari turbulensi mekanis, tetapi lebih spesifik terjadi karena aliran udara yang melintasi pegunungan. Ketika angin menabrak pegunungan, ia naik ke atas, lalu turun cepat di sisi lainnya, menghasilkan gelombang udara tak stabil.
     
    7. Turbulensi di dalam Awan Kumulonimbus
    Awan cumulonimbus (CB) adalah awan badai raksasa yang mengandung angin vertikal kuat, hujan deras, petir, hingga es dan hujan batu. Pilot akan menghindari awan ini, karena turbulensinya bisa sangat kuat.
     
    Ciri turbulensi ini adalah guncangan yang hebat, lonjakan udara naik–turun, dan pesawat terasa didorong dari berbagai arah.

     

    Jakarta: Liburan akhir tahun semakin dekat. Bagi yang berencana menggunakan pesawat sebagai moda transportasi, bersiaplah dengan turbulensi yang kerap terjadi. Namun, apa sebenarnya pengertian turbulensi?
     
    Turbulensi merupakan fenomena yang sangat umum, dan pesawat sebenarnya sudah dirancang untuk menghadapinya. Turbulensi membuat pesawat bergetar atau berguncang tiba-tiba.
     
    Menariknya, tidak semua turbulensi itu sama. Ada beberapa jenis turbulensi yang berbeda penyebab dan karakteristiknya. Nah, memahami jenis-jenis turbulensi ini dapat membuat kamu lebih tenang ketika mengalaminya, lho.
     
    Yuk, ketahui jenis-jenis turbulensi pesawat yang umum terjadi dalam dunia penerbangan!
     
    Jenis-jenis Turbulensi Pesawat

    1. Clear Air Turbulence (CAT)

    Clear Air Turbulence adalah turbulensi yang terjadi di langit cerah tanpa awan, sehingga hampir mustahil terlihat oleh mata maupun radar. CAT biasanya muncul pada batas antara massa udara dingin dan panas, dekat aliran jet stream, atau di ketinggian jelajah (sekitar 30.000–40.000 kaki.
     
    Ciri-cirinya, guncangan datang tiba-tiba, meski cuaca terlihat tenang. Karena tidak bisa diprediksi, turbulensi jenis ini cenderung mengejutkan penumpang dan berbahaya bagi yang sudah melepas sabuk pengaman.
     

     

    2. Turbulensi Mekanis

    Turbulensi satu ini terjadi ketika aliran angin terganggu oleh halangan di permukaan bumi, seperti pegunungan, gedung pencakar langit, atau bukit dan lembah. Jenis turbulensi ini lebih sering dirasakan saat pesawat lepas landas atau mendarat.
     

    3. Turbulensi Termal

    Disebut juga turbulensi konveksi, terjadi karena pemanasan permukaan bumi oleh matahari. Udara panas naik, udara dingin turun, sehingga menciptakan arus udara vertikal tidak stabil.
     
    Turbulensi jenis ini biasanya terjadi di siang hari, ketika cuaca panas, dan di atas daerah gurun atau perkotaan. Cirinya, pesawat terasa seperti “naik–turun” atau “dijatuhkan,” mirip sensasi roller coaster.
     

    4. Turbulensi Wake Vortex

    Ini turbulensi yang diciptakan oleh pesawat lain, terutama pesawat besar seperti Boeing 747 atau Airbus A380. Saat pesawat terbang, sayap menciptakan pusaran udara kuat di belakangnya.
     
     

     

    5. Turbulensi Frontal

    Turbulensi frontal terjadi ketika pesawat melewati pertemuan dua massa udara berbeda, seperti udara panas vs udara dingin atau udara kering vs lembap. Kondisi ini sering dijumpai ketika pesawat melewati front cuaca, seperti sistem badai.
     

    6. Turbulensi Orographic

    Jenis ini termasuk bagian dari turbulensi mekanis, tetapi lebih spesifik terjadi karena aliran udara yang melintasi pegunungan. Ketika angin menabrak pegunungan, ia naik ke atas, lalu turun cepat di sisi lainnya, menghasilkan gelombang udara tak stabil.
     

    7. Turbulensi di dalam Awan Kumulonimbus

    Awan cumulonimbus (CB) adalah awan badai raksasa yang mengandung angin vertikal kuat, hujan deras, petir, hingga es dan hujan batu. Pilot akan menghindari awan ini, karena turbulensinya bisa sangat kuat.
     
    Ciri turbulensi ini adalah guncangan yang hebat, lonjakan udara naik–turun, dan pesawat terasa didorong dari berbagai arah.
     
     

    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News

    (PRI)

  • Muncul Suara Ledakan-Roda Pesawat Gagal Keluar, Pilot Bisa Apa?

    Muncul Suara Ledakan-Roda Pesawat Gagal Keluar, Pilot Bisa Apa?

    Daftar Isi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Bepergian menggunakan pesawat menjadi pilihan yang tepat karena dapat tiba di tujuan lebih cepat. Seluruh penumpang tentunya juga mempertimbangkan keselamatan yang menjadi aspek utama. Seluruh penumpang tentu memperhatikan kondisi operasional saat bepergian seperti peringatan tekanan udara dan mengikuti prosedur.

    Namun, ada sejumlah kondisi tertentu yang terlihat menyeramkan, namun ternyata dapat ditangani dengan baik oleh para pilot dan awak kabin.

    Mengutip Guido Carik Junior dari Universitas Griffith dalam tulisannya yang ditayangkan The Cinversation pada tanggal 6 Oktober 2025, beberapa permasalahan teknis bisa saja terjadi dan menjadi bagian dari penerbangan. Namun, para penumpang sebaiknya tidak perlu cemas karena pilot telah berlatih secara ekstensif untuk menanganinya.

    Mereka mempelajari sejumlah daftar periksa berisi instruksi terperinci tentang cara menangani setiap masalah. Pesawat terbang dibangun dengan lapisan redundansi, dan sistem peringatan untuk memperingatkan pilot jika terjadi masalah. Karena sistem keselamatan inilah sebagian besar penerbangan yang mengalami masalah teknis berakhir dengan selamat.

    Berikut adalah 4 kondisi yang terdengar menakutkan yang mungkin dialami penumpang, namun dapat tertangani oleh pilot dan para awak kabin:

    1. Masalah AC dan tekanan udara

    Pada ketinggian jelajah sekitar 36.000 kaki, kabin pesawat dijaga pada ketinggian kabin yang nyaman, yaitu 8.000 kaki dengan menggunakan udara dari mesin yang didinginkan melalui AC.

    Tekanan udara buatan ini memungkinkan kita untuk bertahan hidup sementara di atmosfer karena kondisi di luar pesawat sangat tidak bersahabat dengan kehidupan manusia yang memiliki suhu sekitar -55°C dan tidak ada udara yang dapat dihirup.

    Namun, jika sistem ini bermasalah atau ketinggian kabin mulai meningkat karena sejumlah alasan, awak kabin mengkategorikannya sebagai potensi masalah tekanan udara dan segera memulai prosedur pencegahan.

    Kondisi yang dirasakan penumpang

    Penurunan yang cepat dapat terasa dramatis sehingga telinga berdengung, hingga terkadang membuat masker oksigen diatas kursi turun secara otomatis. Kondisi tersebut bisa saja terjadi pada ketinggian kabin melebihi sekitar 14.000 kaki.

    Apa yang dilakukan pilot?

    Setelah pilot menyadari adanya masalah dengan tekanan kabin, mereka akan mengenakan masker oksigen dan menyatakan keadaan darurat. Selanjutnya, mengikuti daftar periksa pendaratan darurat, membawa pesawat secepat mungkin ke ketinggian sekitar 10.000 kaki. Biasanya, dalam kondisi ini kembali ke bandara keberangkatan atau pengalihan.

    2. Kerusakan Mesin

    Pesawat bermesin ganda disertifikasi untuk terbang dengan aman pada satu mesin. Namun, jika mesin bermasalah tentunya menjadi hal yang paling ditakuiti oleh semua orang. Ternyata, penanganan kerusakan mesin masuk dalam simulator penerbangan setidaknya setiap tahun.

    Kegagalan penerbangan dalam keadaan mesin pesawat rusak sangat jarang terjadi. “Miracle on the Hudson” pada tahun 2009, misalnya, merupakan kejadian sekali dalam satu generasi yang menyebabkan kedua mesin pesawat mati. Pesawat mendarat dengan selamat di Sungai Hudson di New York tanpa ada korban jiwa.

    Kondisi yang dialami penumpang adalah terdengar ledakan keras, getaran, percikan api yang keluar dari mesin, bau terbakar, atau suara yang tiba-tiba senyap. Kondisi ini memungkinkan pesawat kembali ke bandara keberangkatan seperti yang dialami oleh pesawat 737 di Sydney hingga penerbangan yang mengalami beberapa kali pemogokan burung di Amerika Serikat namun berakhir dengan pendaratan yang aman.

    Apa yang dilakukan pilot?

    Setelah mendapat peringatan dari sistem peringatan, pilot mengidentifikasi mesin yang bermasalah dan mengikuti daftar periksa. Daftar periksa tersebut biasanya mengharuskan mereka untuk mematikan mesin yang bermasalah, turun ke ketinggian yang sesuai dan mengalihkan ke bandara terdekat, atau kembali ke bandara keberangkatan jika baru saja lepas landas.

    Bahkan ketika kerusakan mesin merusak sistem lain, awak pesawat dilatih untuk mengelola serangkaian peringatan seperti yang dilakukan oleh awak pesawat Qantas A380 penerbangan QF32 pada tahun 2010, yang kembali dengan selamat ke Singapura.

    3. Masalah hidrolik dan kontrol penerbangan

    Banyak kontrol penerbangan pesawat yang bergerak karena adanya beberapa sistem hidrolik atau elektrik. Jika salah satu sistem mengalami masalah, misalnya aileron sayap kiri yang digunakan untuk membelokan pesawat tidak mau bergerak, redundansi membuat pesawat tetap dapat terbang karena aileron sayap kanan masih dapat berfungsi.

    Awak pesawat menggunakan daftar periksa khusus dan menyesuaikan kecepatan, jarak, dan konfigurasi pendaratan untuk memastikan kembali ke darat dengan selamat.

    Dalam kondisi ini, penumpang akan merasakan penerbangan lebih lama karena awak kabin harus menyelesaikan masalah, atau bahkan kembali ke bandara keberangkatan, atau pendaratan yang lebih cepat dari biasanya.

    Pada bulan Juli, penerbangan regional Qantas ke Melbourne melakukan pendaratan darurat di Mildura setelah mengalami masalah hidrolik.

    Setelah sistem peringatan terdeteksi, pilot menjalankan daftar periksa, memutuskan konfigurasi pendaratan, meminta landasan pacu terpanjang yang sesuai, dan layanan darurat untuk berjaga-jaga.

    Semua sumber daya ini tersedia karena pelajaran yang dipetik dari peristiwa ekstrem seperti hilangnya semua sistem hidrolik United 232 pada tahun 1989.

    4. Drama roda pendaratan dan sistem rem

    Pesawat memiliki roda pendaratan yang dapat ditarik yang tetap berada di dalam kompartemen selama penerbangan berlangsung. Roda itu keluar dari perut pesawat sebelum mendarat. Di dalam roda tersebut terdapat rem. Rem ini bertujuan untuk mengurangi kecepatan pesawat setelah mendarat, seperti pada mobil.

    Dengan begitu banyak bagian yang bergerak jika roda pendaratan tidak memanjang atau memendek dengan benar, atau sistem pengereman kehilangan efektivitasnya, seperti hilangnya sistem hidrolik.

    Penumpang akan mengalami pendaratan darurat, persiapan kabin untuk kemungkinan pendaratan paksa, atau instruksi bersiap menghadapi benturan dari awak kabin tepat sebelum pendaratan dapat terjadi.

    Meskipun menakutkan, ini adalah tindakan pencegahan jika sesuatu tidak berjalan sesuai rencana. Awal tahun ini, penerbangan Qantas kembali ke Brisbane setelah mengalami masalah pada roda pendaratannya. Penumpang diminta untuk tetap menunduk dan pesawat tersebut berhasil mendarat dengan selamat.

    Dalam kondisi ini, para pilot akan menggunakan daftar periksa yang panjang dan akhirnya menghubungi teknisi pemeliharaan untuk memecahkan masalah. Ada juga opsi untuk menurunkan roda pendaratan dan menggunakan rem.

    Dalam kasus ekstrim, mereka mungkin diminta untuk mendarat di landasan pacu terpanjang yang tersedia jika terjadi masalah rem atau mendarat dengan posisi tengkurap jika roda pendaratan tidak dapat diturunkan.

    Sebagian besar kegagalan dalam penerbangan memicu serangkaian pertahanan yang bertujuan untuk menjaga penerbangan tetap aman. Daftar periksa, pelatihan ekstensif, dan keahlian selama puluhan tahun didukung oleh beberapa redundansi dan desain yang kuat. Dan penerbangan ini biasanya berakhir mendarat dengan selamat, mekipun penumpang yang sedikit terguncang.

    (dce)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Yuk Klaim 5 Game PC Gratis dari Epic Games, Ada Ghostrunner 2

    Yuk Klaim 5 Game PC Gratis dari Epic Games, Ada Ghostrunner 2

    Jakarta

    Salah satu game PC gratis dari Epic kali ini adalah Ghostrunner 2. Buruan klaim sekarang sebelum periodenya berakhir, mengingat hanya sampai 18 September 2025.

    Apabila jangka waktu yang diberikan selesai, maka harganya akan kembali normal. Game garapan One More Level ini dibanderol senilai Rp 380.999 untuk edisi standarnya.

    Namun sebenarnya, penerbit Ghostrunner 2, 505 Games, menawarkan game ini dalam tiga edisi. Selain standar, ada dua edisi lain yang bisa diboyong gamer di antaranya deluxe (Rp 484.999) dan brutal (Rp 622.999).

    Saat artikel ini dibuat, edisi brutal sedang didiskon 75%. Dengan begitu harganya menjadi lebih murah, karena hanya Rp 155.749, pantauan detikINET dari Epic Games Store, Minggu (14/9/2025).

    Sementara game PC gratis yang ditawarkan Epic kali ini jumlahnya ada lima. Tiga diantaranya sudah bisa diklaim, dan sisanya baru bisa diunduh pada 18 September 2025.

    Tak hanya Ghostrunner 2, empat game lain yang diberikan secara cuma-cuma ialah Monument Valley 2, The Battle of Polytopia, Project Winter, dan Samorost 2. Berikut harga masing-masing game bila tidak sedang gratis.

    Ghostrunner 2 – Rp 380.999Monument Valley 2 – Rp 103.999The Battle of Polytopia – Rp 74.000Project Winter – coming soonSamorost 2 – 42.999

    Untuk diketahui terlebih dahulu, sebelum memutuskan mengunduh semua game tersebut, pastikan gamer memiliki perangkat yang mumpuni. Setidaknya spesifikasi PC yang akan dipakai sesuai dengan rekomendasi pengembang.

    1. Spesifikasi PC Ghostrunner 2Sistem operasi: Windows 10CPU: Intel Core i5-4590 (4 * 3300) / AMD FX-8350 (4 * 4000) / Intel Core i9-9900k (8 * 3600) / AMD Ryzen 5 5600X (6 * 3700 )RAM: 8/16GBGPU: GeForce GTX 960 (4096 MB) / Radeon RX 480 (8192 MB) / Intel Arc A380 (8192 MB) / GeForce RTX 2070 Super (8192 MB) / Radeon RX 6800 XT (16384 MB) / Intel Arc A770 (16384 MB)DirectX: Versi 11/12File: 65 GB2. Spesifikasi PC Monument Valley 2Sistem operasi: Windows 7 (SP1+) 64-bitCPU: Intel Core i5RAM: 8GBGPU: GeForce GTX 460DirectX: Versi 11File: 1 GB3. Spesifikasi PC The Battle of PolytopiaSistem operasi: Windows XP SP2/10CPU: Dual Core 2.0/3.0 GhzRAM: 1/2GBGPU: 128mb/256mb Video Memory4. Spesifikasi PC Project WinterSistem operasi: Windows 7/10CPU: AMD FX-6300 / 3rd or 4th gen i3 / i5 6600RAM: 4/8GBGPU: GTX 660 Ti / HD 7870 / GTX 970File: 3 GB5. Spesifikasi PC Samorost 2Sistem operasi: Windows 7/10CPU: 2 GHz dual-coreRAM: 250MB/1GBGPU: Intel HD 4000

    (hps/hps)

  • Bandara YIA Jadi Tersibuk Saat Lebaran 2025, Miliki Daya Tampung 20 Juta Penumpang per Tahun – Halaman all

    Bandara YIA Jadi Tersibuk Saat Lebaran 2025, Miliki Daya Tampung 20 Juta Penumpang per Tahun – Halaman all

     

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Yogyakarta International Airport (YIA) menjadi salah satu bandara tersibuk saat libur Lebaran 2025.

    YIA telah melayani hingga ratusan ribu pengguna transportasi udara, mulai dari arus mudik hingga arus balik Lebaran 2025.

    Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni, mengatakan YIA merupakan infrastruktur penting yang menjaga kelancaran dan kenyamanan transportasi dari dan menuju Yogyakarta, khususnya pada masa libur Lebaran.

    “YIA tidak hanya bandara berkapasitas besar, namun rancang bangunnya juga berfungsi memberikan kenyamanan bagi para penumpang yang akan bepergian. Karena itu, aplikasi produk SIG turut menunjang fungsi kenyamanan yang dihadirkan YIA,” tutur Vita dikutip, Jumat (11/4/2025).

    Dengan total luas area mencapai 587 hektare di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, YIA memiliki terminal penumpang seluas 219.000 m2 dengan daya tampung hingga 20 juta penumpang per tahun.

    YIA juga memiliki landasan pacu (runway) sepanjang 3.250 meter, serta apron (area parkir, bongkar muat, dan pemeliharaan pesawat) yang bisa menampung 45 pesawat.

    Hal ini memungkinkan YIA melayani pesawat berbadan lebar (wide body) seperti Air Bus A380 dan Boeing 777.

    Selain memiliki kapasitas besar, YIA juga dirancang dengan ketahanan terhadap gempa 8,8 Magnitudo, serta tsunami dengan proyeksi ketinggian maksimum setinggi 12,8 meter di atas rerata muka air laut (mean sea level/MSL).

    Vita menjelaskan, selama periode pembangunan fisik, atau sejak Desember 2018 hingga Mei 2019, SIG memasok lebih dari 150 ribu ton semen untuk pembangunan YIA.

    Sementara pada tahap pengembangan kawasan YIA, SIG memasok produk semen tipe khusus untuk proyek pengendali banjir, dengan daya tahan tinggi lingkungan ekstrem.

    “SIG memiliki rentang spesifikasi produk yang lengkap serta solusi layanan pendukung untuk memenuhi persyaratan kondisi bangunan sesuai kebutuhan dan mendukung kelancaran proyek pembangunan,” ujar Vita.

     

  • RI Bakal Punya Maskapai Baru, tapi Belum Ajukan Izin

    RI Bakal Punya Maskapai Baru, tapi Belum Ajukan Izin

    Jakarta

    Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) buka suara terkait maskapai baru Indonesia Airlines yang bakal mengudara di Indonesia. Plt Dirjen Perhubungan Udara, Lukman F Laisa mengaku pihaknya belum menerima pengajuan perizinan pendirian dan operasional dari maskapai Indonesia Airlines.

    “Hingga saat ini, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan belum menerima pengajuan perizinan ataupun permohonan terkait pendirian dan operasional perusahaan angkutan udara niaga berjadwal tersebut,” kata Lukman dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Senin (10/3/2025).

    Lukman menyampaikan, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara akan memberikan informasi terbaru apabila terdapat perkembangan lebih lanjut terkait dengan status izin maskapai Indonesia Airlines.

    Ia menambahkan, jika mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 35 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Angkutan Udara, setiap badan usaha yang akan menjalankan kegiatan angkutan udara niaga berjadwal di Indonesia wajib memiliki Sertifikat Standar Angkutan Udara Niaga Berjadwal.

    Kemudian, perusahaan penerbitan harus mempunyai Sertifikat Operator Pesawat Udara/ AOC (Air Operator Certificate) sesuai dengan PM 33 tahun 2022 tentang Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil Bagian 119 tentang Sertifikasi Pengoperasian Pesawat Udara untuk Kegiatan Angkutan Udara yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara setelah memenuhi seluruh persyaratan administratif, teknis, dan operasional yang telah ditetapkan.

    “Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan senantiasa berkomitmen untuk memastikan bahwa seluruh operasional maskapai penerbangan di Indonesia telah memenuhi ketentuan regulasi demi menjamin keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan,” katanya.

    Sebagai informasi, Indonesia Airlines bakal menjadi pemain baru di dunia penerbangan Indonesia. Maskapai ini didirikan oleh Calypte Holding Pte Ltd, sebuah perusahaan asal Singapura yang bergerak di bidang energi terbarukan, penerbangan, dan pertanian.

    Chief Executive Officer Indonesia Airlines dan Executive Chairman Calypte Holding Pte Ltd Iskandar mengatakan, Indonesia Airlines hanya akan berfokus pada penerbangan internasional yang berbasis di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Pada tahap awal, maskapai ini akan mengoperasikan 20 armada yang akan didatangkan secara bertahap yang terbagi 10 unit pesawat berbadan kecil (Airbus A321neo atau A321LR) dan 10 unit pesawat berbadan lebar (Airbus A350-900 dan Boeing 787-9).

    Iskandar berkomitmen untuk menjadikan Indonesia Airlines sebagai salah satu maskapai penerbangan internasional terbaik. Untuk mencapainya, pihaknya menyiapkan tim terbaik yang telah berpengalaman di berbagai maskapai besar di dunia.

    Ia menjelaskan, Direktur Operasional direkrut dari Singapore Airlines yang telah berpengalaman lebih dari 40 tahun dan merupakan salah satu pilot pertama di dunia yang menerbangkan pesawat Airbus A380.

    Nantinya Direktur Komersial diisi oleh sosok berpengalaman yang telah bekerja selama lebih dari 21 tahun di berbagai maskapai besar seperti Emirates, Asiana Airlines.

    “Departemen operasi penerbangan akan dipimpin oleh salah satu pilot terbaik Indonesia yang saat ini bekerja di maskapai asing,” katanya.

    Sementara untuk posisi Direktur Produk dan Layanan akan diisi oleh sosok dari Brunei Darussalam yang telah bekerja di Royal Brunei dan Emirates selama 25 tahun.

    “Layanan kabin menjadi salah satu perhatian khusus CEO di mana untuk menghasilkan layanan kabin terbaik ia telah merekrut seorang Manajer Awak Kabin dari British Airways yang juga bagian dari Komite Korporasi Pramugari Eropa (EBAA) dan seorang Wakil Manajer Awak Kabin dari Emirates,” katanya.

    (acd/acd)

  • Sosok Pemilik Indonesia Airlines, Mantan Pegawai BUMN yang Akan Luncurkan 20 Pesawat dan Jet Pribadi

    Sosok Pemilik Indonesia Airlines, Mantan Pegawai BUMN yang Akan Luncurkan 20 Pesawat dan Jet Pribadi

    TRIBUNJATIM.COM – Pemilik maskapai penerbangan komersial baru akhirnya terungkap.

    Telah lahir, maskapai penerbangan komersial baru, Indonesia Airlines Group (INA), yang akan resmi beroperasi di Indonesia.

    Meski memakai nama “Indonesia”, Indonesia Airlines yang terdaftar pada 7 Maret 2025 merupakan maskapai yang didirikan perusahaan asal Singapura, Calypte Holding Pte. Ltd.

    Namun, maskapai Indonesia Airlines ternyata milik pengusaha asal Indonesia yang bernama Iskandar.

    Kini Iskandar pemilik maskapai Indonesia Airlines yang akan mengudara di Tanah Air itu disoroti sosoknya.

    Berikut penjabaran sosok Iskandar seperti dikutip TribunJatim.com dari Kompas.com, Senin (10/3/2025).

    Diketahui, Calypte Holding Pte. Ltd merupakan perusahaan yang bergerak di bidang energi terbarukan, penerbangan, dan pertanian.

    “Kami mempersembahkan maskapai penerbangan komersial berjadwal dengan layanan premium di bawah merek Indonesia Airlines,” ujar Chief Executive Officer Indonesia Airlines Iskandar, diberitakan Kompas.com, Minggu (9/3/2025).

    “Kami menggabungkan kemewahan perjalanan jet pribadi dengan kenyamanan penerbangan komersial, menawarkan perjalanan yang benar-benar tak tertandingi bagi penumpang,” lanjutnya.

    Iskandar merupakan seorang pengusaha yang lahir pada 7 April 1983 di Bireuen, Aceh.

    Potret CEO Indonesia Airlines, Iskandar pemilik maskapai PT Indonesia Airlines Group yang resmi beroperasi di Indonesia(Dok. Indonesia Airlines). (KOMPAS.COM/Dok. Indonesia Airlines)

    Saat ini, dia menjabat sebagai pendiri sekaligus CEO Indonesia Airlines dan Kepala Eksekutif Calypte Holding.

    Iskandar diketahui menempuh pendidikan di Universitas Syiah Kuala (USK), Banda Aceh.

    Dia mulai berkarier di Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) Aceh-Nias.

    Pada 2006-2009, dia sempat bergabung dengan BUMN PLN sebelum beralih ke bidang perbankan dan asuransi.

    Lalu, Iskandar tertarik ke bidang kelistrikan.

    Dia mulai mengembangkan bisnisnya pada 2015.

    Perusahaan kelistrikan miliknya sempat berdiri dua tahun, tetapi gagal bertahan.

    Pada 2022, Iskandar mendirikan Calypte Holding bersama rekannya dari Singapura.

    Perusahaan ini berkembang dengan tiga bidang utama, yaitu energi terbarukan, pertanian, dan aviasi.

    Pada bidang aviasi, Calypte Holding membuat perusahaan PT Indonesia Airlines Group untuk mengelola maskapai Indonesia Airlines di Indonesia.

    Menurut Iskandar, maskapai Indonesia Airlines akan beroperasi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

    Maskapai ini telah melalui studi kelayakan secara komprehensif dengan konsultan aviasi dari Singapura dan Amerika Serikat (AS).

    “Berdasarkan perencanaan bisnis dan hasil studi kelayakan yang telah disusun, Indonesia Airlines hanya akan berfokus pada penerbangan internasional,” ujarnya, dikutip dari Kontan, Minggu.

    Rencananya, maskapai ini akan melayani penerbangan di 48 kota tujuan dari 30 negara dalam lima tahun pertama operasionalnya.

    Dalam tahap awal operasional, Indonesia Airlines akan mengoperasikan 20 pesawat yang terdiri dari:

    10 unit pesawat berbadan ramping, seperti Airbus A321neo atau A321LR.
    10 unit pesawat berbadan lebar, seperti Airbus A350-900 dan Boeing 787-9.

    Indonesia Airlines mengusung konsep layanan premium dan fasilitas kelas dunia yang biasanya hanya diperuntukkan bagi penyewaan jet pribadi.

    Iskandar menuturkan, Indonesia Airlines berisikan tim yang berpengalaman di berbagai maskapai besar dunia.

    Misalnya, direktur operasionalnya berasal dari Singapore Airlines dengan pengalaman lebih dari 40 tahun dan salah satu pilot pertama yang menerbangkan pesawat Airbus A380.

    Kemudian, direktur komersial akan diisi oleh sosok berpengalaman dari berbagai maskapai besar, seperti Emirates dan Asiana Airlines.

    Sementara itu, departemen operasi penerbangan akan dipimpin salah satu pilot terbaik Indonesia yang pernah bekerja di maskapai asing.

    Posisi direktur produk dan layanan akan diisi sosok ahli dari Brunei Darussalam yang telah bekerja di Royal Brunei dan Emirates selama 25 tahun.

    Untuk memberikan layanan kabin terbaik, Indonesia Airlines merekrut manajer awak kabin dari British Airways yang juga bagian dari Komite Korporasi Pramugari Eropa (EBAA) serta wakil manajer awak kabin dari Emirates.

    Sementara itu, maskapai lain yakni Garuda Indonesia mengungkapkan keresahannya.

    Isu harga tiket pesawat rute domestik yang mahal berujung polemik.

    Masyarakat banyak yang mengeluh ke maskapai soal harga tiket mahal.

    Satu di antaranya adalah maskapai nasional Garuda Indonesia.

    Bahkan Dirut maskapai juga curhat sering dikritik oleh masyarakat.

    Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengungkapkan, perusahaan yang dipimpinnya mengaku kerap dikritik habis-habisan oleh masyarakat lantaran harga tiket yang dijual relatif mahal.

    Awalnya, Irfan menegaskan bahwa manajemen selalu patuh kepada pemerintah perihal penjualan harga tiket yang dilakukannya sesuai aturan Tarif Batas Atas (TBA) yang telah ditentukan.

    Namun perlu diketahui, komponen dalam harga tiket sangat banyak.

    Mulai dari pajak bandara, biaya avtur, pajak pertambahan nilai (PPN), hingga komponen pajak lainnya.

    Apabila komponen biaya tersebut naik, maka harga tiket yang dijual ke konsumen mau tidak mau harus naik.

    Tetapi Irfan menegaskan bahwa harga yang dijual tetap mengacu TBA.

    Ia mengaku, permasalahan ini terus dirundingkan bersama berbagai Menteri terkait.

    “Pemahaman yang terlalu salah soal harga murah. Kalau jualan harga domestik Garuda, kita tidak pernah menaikkan harga (di atas TBA) sejak tahun 2019. Tapi kan harga tiket dipengaruhi banyak hal,” ucap Irfan dalam paparan kinerja di Kantor Pusat Garuda Indonesia, Tangerang, Senin (11/11/2024).

    “Kita diskusi ke banyak Menteri, hingga ganti Presiden, ngomong lagi harga tiket. Harga tiket ini ada satu komponen yang disebut tarif batas atas, dan kita selalu ikut angka itu,” sambungnya.

    Sebagai informasi, Pemerintah pada tahun 2025 bakal menaikkan besaran PPN dari 11 persen menjadi 12 persen.

    Hal ini tentunya bakal turut mengerek harga tiket.

    Irfan pun mewanti-wanti masyarakat.

    Meski ditimpa berbagai komponen yang naik, Irfan memastikan Garuda Indonesia tetap beroperasi dengan penjualan harga tiket yang sesuai dalam rambu-rambu.

     Serta berkomitmen menjadikan Garuda menjadi perusahaan yang sehat.

    Diketahui, kondisi keuangan Garuda Indonesia masih dalam kondisi penyehatan, pasca berlangsungnya program restrukturisasi yang telah berlangsung sejak beberapa tahun ke belakang.

    Meskipun, Garuda Indonesia terus mendapatkan kritik harga tiket yang dinilai terlampau tinggi.

    “So, ini yang terus dibombardir dan dibully oleh masyarakat, tapi kita terbuka aja. Omongin yang struktur biaya,” papar Irfan.

    “Tapi kami punya kewajiban sesuai dengan janji kami ke para kreditur yang mau menerima proposal kita, perusahaan ini harus untung. tapi bagaimana kita memastikan bahwa Bapak Ibu bayar mahal, itu pantas,” pungkasnya.

    Berita viral lainnya

    Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

  • Maskapai Indonesia Airlines Bakal Hadir, Ternyata Asal Singapura

    Maskapai Indonesia Airlines Bakal Hadir, Ternyata Asal Singapura

    Jakarta

    Indonesia Airlines bakal menjadi pemain baru di dunia penerbangan Indonesia. Maskapai ini didirikan oleh Calypte Holding Pte Ltd, sebuah perusahaan asal Singapura yang bergerak di bidang energi terbarukan, penerbangan, dan pertanian.

    Maskapai ini akan berbasis di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Indonesia Airlines hanya akan berfokus pada penerbangan internasional.

    Pada tahap awal, Indonesia Airlines akan mengoperasikan 20 armada yang akan didatangkan secara bertahap yang terbagi 10 unit pesawat berbadan kecil (Airbus A321neo atau A321LR) dan 10 unit pesawat berbadan lebar (Airbus A350-900 dan Boeing 787-9).

    Maskapai ini mendapat perhatian publik di media sosial, pasalnya perusahaan Singapura tersebut menggunakan nama ‘Indonesia’.

    Keberadaan maskapai ini tak lepas dari sosok Iskandar. Ia merupakan Chief Executive Officer Indonesia Airlines dan Executive Chairman Calypte Holding Pte Ltd.

    Iskandar menyatakan, pihaknya berkomitmen untuk menjadikan Indonesia Airlines sebagai salah satu maskapai penerbangan internasional terbaik. Untuk mencapainya, pihaknya menyiapkan tim terbaik yang telah berpengalaman di berbagai maskapai besar di dunia.

    Misalnya, ia menjelaskan, Direktur Operasional direkrut dari Singapore Airlines yang telah berpengalaman lebih dari 40 tahun dan merupakan salah satu pilot pertama di dunia yang menerbangkan pesawat Airbus A380.

    Kemudian nantinya, Direktur Komersial akan diisi oleh sosok berpengalaman yang telah bekerja selama lebih dari 21 tahun di berbagai maskapai besar seperti Emirates, Asiana Airlines.

    “Departemen operasi penerbangan akan dipimpin oleh salah satu pilot terbaik Indonesia yang saat ini bekerja di maskapai asing,” katanya dalam keterangan tertulis dikutip, Senin (10/3/2025).

    Sementara untuk posisi Direktur Produk dan Layanan akan diisi oleh sosok inspiratif dari Brunei Darussalam yang telah bekerja di Royal Brunei dan Emirates selama 25 tahun.

    “Layanan kabin menjadi salah satu perhatian khusus CEO di mana untuk menghasilkan layanan kabin terbaik ia telah merekrut seorang Manajer Awak Kabin dari British Airways yang juga bagian dari Komite Korporasi Pramugari Eropa (EBAA) dan seorang Wakil Manajer Awak Kabin dari Emirates,” katanya.

    (acd/acd)

  • Indonesia Airlines Asal Singapura Jadi Pendatang Baru Dunia Penerbangan Tanah Air – Halaman all

    Indonesia Airlines Asal Singapura Jadi Pendatang Baru Dunia Penerbangan Tanah Air – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Dunia penerbangan Indonesia kedatangan maskapai baru, bernama Indonesia Airlines yang berasal dari Singapura. 

    Maskapai Indonesia Airlines didirikan oleh Calypte Holding Pte. Ltd atau perusahaan pengembang Energi Terbarukan, Penerbangan, dan Pertanian yang berkantor pusat di Singapura.

    Chief Executive Officer Indonesia Airlines dan Executive Chairman Calypte Holding Pte. Ltd Iskandar menjelaskan, Indonesia Airlines akan berbasis di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. 

    “Kami mempersembahkan maskapai penerbangan komersial berjadwal dengan layanan premium di bawah merek Indonesia Airlines (INA),” kata Iskandar dalam keterangannya, dikutip Senin (10/3/2025).

    Iskandar mengatakan, Indonesia Airlines hanya akan berfokus pada penerbangan internasional, dimana dalam tahap awal akan mengoperasikan 20 armada yang akan didatangkan secara bertahap.

    20 armada tersebut terbagi 10 unit pesawat berbadan kecil (Airbus A321neo atau A321LR) dan 10 unit pesawat berbadan lebar (Airbus A350 900 dan Boeing 787-9).

    Dia bilang bahwa Indonesia Airlines menawarkan kenyamanan premium, perhatian yang dipersonalisasi, dan fasilitas kelas dunia yang sebelumnya hanya diperuntukkan bagi penyewaan jet pribadi.

    “Mengungkap era baru kemewahan dengan pengalaman Jet pribadi pada penerbangan komersial di mana kami menggabungkan kemewahan perjalanan jet pribadi, dengan kenyamanan penerbangan komersial, menawarkan perjalanan yang benar-benar tak tertandingi bagi penumpang,” jelas dia.

    Iskandar menyebut Indonesia Airlines telah menyiapkan tim terbaik yang telah berpengalaman di berbagai maskapai besar di dunia. Hal itu dilakukan untuk mencapai target Indonesia Airlines menjadi salah satu maskapai penerbangan internasional terbaik. 

    Misalnya, posisi Direktur Operasional direkrut dari Singapore Airlines yang telah berpengalaman lebih dari 40 tahun dan merupakan salah satu pilot pertama di dunia yang menerbangkan pesawat Airbus A380.

    Direktur Komersial akan diisi oleh sosok berpengalaman yang telah bekerja selama lebih dari 21 tahun di berbagai maskapai besar seperti Emirates, Asiana Airlines.

    Departemen operasi penerbangan akan dipimpin oleh salah satu pilot terbaik Indonesia yang saat ini bekerja di maskapai asing. 

    Posisi Direktur Produk dan Layanan akan diisi oleh sosok inspiratif dari Brunei Darussalam, yang telah bekerja di Royal Brunei dan Emirates selama 25 tahun. 

    “Layanan kabin menjadi salah satu perhatian khusus CEO di mana untuk menghasilkan layanan kabin terbaik ia telah merekrut seorang Manajer Awak Kabin, dari British Airways yang juga bagian dari Komite Korporasi Pramugari Eropa (EBAA) dan seorang Wakil Manajer Awak Kabin dari Emirates,” tegas dia.

     

  • RI Bakal Punya Maskapai Baru, Namanya Indonesia Airlines

    RI Bakal Punya Maskapai Baru, Namanya Indonesia Airlines

    Jakarta

    Indonesia Airlines bakal menjadi pemain baru di dunia penerbangan Indonesia. Meski, maskapai ini hanya akan melayani penerbangan Internasional.

    Maskapai Indonesia Airlines didirikan oleh Calypte Holding Pte Ltd, sebuah perusahaan asal Singapura yang bergerak di bidang energi terbarukan, penerbangan, dan pertanian. Meskipun maskapai ini berkantor pusat di Singapura, ternyata pemiliknya adalah pria asal Indonesia kelahiran Aceh.

    Pria tersebut ialah Chief Executive Officer Indonesia Airlines dan Executive Chairman Calypte Holding Pte Ltd Iskandar. Ia menjelaskan Indonesia Airlines akan berbasis di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

    “Kami mempersembahkan maskapai penerbangan komersial berjadwal dengan layanan premium di bawah merek INDONESIA AIRLINES (INA),” katanya dalam keterangan tertulis, dikutip, Senin (10/3/2025).

    Ia menambahkan, berdasarkan perencanaan bisnis dan hasil studi kelayakan yang telah disusun, Indonesia Airlines hanya akan berfokus pada penerbangan internasional. Dalam tahap awal akan mengoperasikan 20 armada yang akan didatangkan secara bertahap yang terbagi 10 unit pesawat berbadan kecil (Airbus A321neo atau A321LR) dan 10 unit pesawat berbadan lebar (Airbus A350-900 dan Boeing 787-9).

    Iskandar menambahkan, untuk mencapai target menjadi salah satu maskapai penerbangan internasional terbaik, Indonesia Airlines telah menyiapkan tim terbaik yang telah berpengalaman di berbagai maskapai besar di dunia.Misalnya, ia menjelaskan, Direktur Operasional direkrut dari Singapore Airlines yang telah berpengalaman lebih dari 40 tahun dan merupakan salah satu pilot pertama di dunia yang menerbangkan pesawat Airbus A380.

    Kemudian nantinya, Direktur Komersial akan diisi oleh sosok berpengalaman yang telah bekerja selama lebih dari 21 tahun di berbagai maskapai besar seperti Emirates, Asiana Airlines.

    “Departemen operasi penerbangan akan dipimpin oleh salah satu pilot terbaik Indonesia yang saat ini bekerja di maskapai asing,” katanya.

    Sementara untuk posisi Direktur Produk dan Layanan akan diisi oleh sosok inspiratif dari Brunei Darussalam yang telah bekerja di Royal Brunei dan Emirates selama 25 tahun.

    “Layanan kabin menjadi salah satu perhatian khusus CEO di mana untuk menghasilkan layanan kabin terbaik ia telah merekrut seorang Manajer Awak Kabin dari British Airways yang juga bagian dari Komite Korporasi Pramugari Eropa (EBAA) dan seorang Wakil Manajer Awak Kabin dari Emirates,” katanya.

    Tonton juga Video: Ada Maskapai Baru di Tanah Air, BBN Airlines Indonesia

    (acd/acd)