Topik: umroh

  • Ribuan Orang Meriahkan Jalan Sehat HUT ke-49 Perumda Air Minum Tirta Aji Wonosobo

    Ribuan Orang Meriahkan Jalan Sehat HUT ke-49 Perumda Air Minum Tirta Aji Wonosobo

    TRIBUNJATENG.COM, WONOSOBO – Ribuan orang antusias ikuti jalan sehat HUT ke-49 Perumda Air Minum Tirta Aji Wonosobo, Minggu (2/2/2025).

    Start dari depan Gedung Adipura Kencana, rombongan jalan sehat dilepas langsung Bupati Wonosobo, Wakil Bupati Wonosobo, dan Dirut Perumda Air Minum Tirta Aji Wonosobo

    Bersamaan dengan jalan sehat, kegiatan donor darah, expo UMKM, dan games turut dihadirkan yang semkin memeriahkan acara.

    Grand prize paket umroh dan sejumlah hadiah menarik juga sengaja disediakan untuk peserta masyarakat umum yang beruntung.

    Dirut Perumda Tirta Aji Wonosobo, Muhammad Sjahid mengungkapkan, di usia hampir setengah abad ini, Perumda Air Minum Tirta Aji Wonosobo terus berupaya memberikan pelayanan air bersih dan aman kepada masyarakat secara maksimal.

    “Bapak ibu sekalian jangan ragu-ragu untuk melaporkan keluhan terkait air PDAM bisa disampaikan melalui sosial media, kontak kami, dan tim kami untuk bisa menghandle kemungkinan kebocoran dan lainnya,” ungkapnya.

    Ia berterima kasih atas dukungan Pemerintah Kabupaten Wonosobo dan masyarakat yang terus mendukung keberadaan Perumda Air Minum Tirta Aji Wonosobo selama ini hingga sederet prestasi berhasil ditorehkan.

    Salah satunya penghargaan yang berhasil diraihnya ialah juara 1 penyediaan air minum aman se-Indonesia dari Kementerian PUPR tahun lalu. Hal ini tentu menjadi motivasi Perumda Air Minum Tirta Aji Wonosobo untuk terus berprestasi.

    Momentum HUT ke-49 Perumda Air Minum Tirta Aji Wonosobo menjadi tonggak penyemangat pihaknya dalam meningkatkan pelayanan bagi masyarakat Kabupaten Wonosobo.

    “HUT tahun ini sengaja digelar khusus untuk masyarakat umum agar kita lebih dekat lagi dengan masyarakat,” pungkasnya. (ima)

  • Bikin Kaget! Belanja di Transmart Bisa Gratis Umroh

    Bikin Kaget! Belanja di Transmart Bisa Gratis Umroh

    Jakarta

    Hari ini, Kamis, 30 Januari 2025, Transmart kembali memberangkatkan 100 orang pemenang program 300 Paket Umroh atau Wisata Gratis Ke Turki, yang diberangkatkan langsung dari Hotel Ibis Style Bandara Soekarno Hatta. Dalam momen ini, ada beberapa pemenang yang turut sekaligus mengajak keluarganya untuk pergi Umroh.

    Salah satunya adalah pemenang Umroh Berkah dari wilayah Pekanbaru, Tantri Saputro, yang juga mengajak serta istri dan ketiga anaknya dalam perjalanan Umroh bersama Transmart ini. Meskipun hanya Tantri yang mendapatkan Umroh gratis, ia merasa bersyukur dan menganggap kesempatan ini bisa ia dapatkan lantaran kerap berbelanja di Transmart Pekanbaru.

    “Sebelumnya kami sekeluarga tidak percaya kalau memenangkan undian Umroh Berkah Transmart batch ketiga. Pertama (dikabari) via WhatsApp. Lalu saya crosscheck melalui Instagram Transmart, dan juga saya mengunjungi Transmart di Pekanbaru. Syukur alhamdulillah, nama saya terpilih sebagai salah satu pemenang undian Umroh Berkah Transmart,” ujar Tantri saat ditemui dalam acara pelepasan pemenang program ini di Hotel Ibis Style Bandara Soekarno Hatta, Kamis (30/1/2025).

    Tantri mengakui dirinya gemar berbelanja ke Transmart, terutama di hari Minggu. Hal ini, Tantri bilang, karena ada potongan harga yang berlaku di setiap hari Minggu di semua gerai Transmart.

    “Biasanya beli elektronik, dan berganti-ganti juga. Kadang main di atas, di wahana permainan mengajak anak-anak. Kebetulan kemarin kami membeli tv melalui aplikasi Allo Bank ada tambahan diskon, dan juga pakai kartu kredit Bank Mega,” terangnya.

    “Untuk Transmart, semoga program ini tetap berlanjut. Jadi, pelanggan setia yang lain juga dapat memperoleh kesempatan seperti kami untuk dapat berangkat Umroh,” tandas Tantri.

    Dalam kesempatan yang sama, HR & Corporate Communications Directors PT Trans Retail Indonesia, Satria Hamid, mengatakan para pemenang program ini adalah pelanggan setia Transmart dari berbagai wilayah di Indonesia. Satria bilang, dengan berbelanja sejumlah nominal tertentu, pelanggan setia Transmart berhak mendapatkan kupon undian perjalanan Umroh Berkah ini.

    “Mereka adalah para konsumen yang berbelanja di toko kami. Dari Sabang sampai Merauke, dengan jumlah belanja tertentu, mereka berhak mendapatkan kupon untuk diundi. Jadi, proses ini sangat transparan sekali. Ini kita lakukan di hadapan notaris dan sudah kita lakukan juga, baik di batch 1, batch 2 dan batch 3. Jadi, yang terpilih ini adalah konsumen Transmart yang berbelanja dengan jumlah tertentu, sudah diundi dan menjadi pemenangnya. Menjadi takdir untuk bisa berumroh bersama kami,” terang Satria saat ditemui di Hotel Ibis Style Bandara Soekarno Hatta, Kamis (30/1/2025).

    Lebih lanjut Satria mengatakan, terkait dengan kelanjutan program Umroh ini akan dilakukan evaluasi agar dapat berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Satria bilang, ini menjadi salah satu cara agar Transmart bisa selalu dekat dan menjadi pilihan konsumen.

    “Kalau kita bicara dengan program Umroh ini, kita akan evaluasi dan insyaallah mudah-mudahan, program ini akan terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Karena kita ingin tetap dekat dengan konsumen. Kita bersama mari membangun Transmart,” tandasnya.

    (eds/eds)

  • Transmart Berangkatkan Pemenang Program Umroh dan Libur ke Turki Hari Ini

    Transmart Berangkatkan Pemenang Program Umroh dan Libur ke Turki Hari Ini

    Jakarta

    Tepat di hari Kamis, 30 Januari 2025, Transmart kembali memberangkatkan 100 orang pemenang program 300 Paket Umroh atau Wisata Gratis Ke Turki, yang diberangkatkan langsung dari Hotel Ibis Style Bandara Soekarno Hatta dengan acara pelepasan yang dihadiri oleh perwakilan manajemen Transmart. Para pemenang juga akan didampingi oleh Ustad Maulana selama proses mulai dari keberangkatan, di Tanah Suci sampai kembali lagi ke tanah air.

    HR & Corporate Communications Directors PT Trans Retail Indonesia, Satria Hamid, mengatakan para pemenang program ini adalah pelanggan setia Transmart dari berbagai wilayah di Indonesia. Satria bilang, dengan berbelanja sejumlah nominal tertentu, pelanggan setia Transmart berhak mendapatkan kupon undian perjalanan Umroh Berkah ini.

    “Mereka adalah para konsumen yang berbelanja di toko kami. Dari Sabang sampai Merauke, dengan jumlah belanja tertentu, mereka berhak mendapatkan kupon untuk diundi. Jadi, proses ini sangat transparan sekali. Ini kita lakukan di hadapan notaris dan sudah kita lakukan juga, baik di batch 1, batch 2 dan batch 3. Jadi, yang terpilih ini adalah konsumen Transmart yang berbelanja dengan jumlah tertentu, sudah diundi dan menjadi pemenangnya. Menjadi takdir untuk bisa berumroh bersama kami,” terang Satria saat ditemui di Hotel Ibis Style Bandara Soekarno Hatta, Kamis (30/1/2025).

    Lebih lanjut Satria mengatakan, terkait dengan kelanjutan program Umroh ini akan dilakukan evaluasi agar dapat berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Satria bilang, ini menjadi salah satu cara agar Transmartd bisa selalu dekat dan menjadi pilihan konsumen.

    “Kalau kita bicara dengan program Umroh ini, kita akan evaluasi dan insyaAllah mudah-mudahan, program ini akan terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Karena kita ingin tetap dekat dengan konsumen. Kita bersama mari membangung Transmart,” tambahnya.

    Satria juga menjelaskan ada program-program menarik lainnya yang akan terus berjalan seiring berakhirnya program 300 Paket Umroh atau Wisata Gratis Ke Turki. Beberapa di antaranya seperti promo, Full Day Sale, dan program promosi reguler lainnya.

    “Kita juga bekerja sama dengan ekosistem yang ada di CT Corporate seperti dengan Allo Bank, dengan Bank Mega, Bank Mega Syariah juga. Tentunya, movement dari Transmart dan CT Corporate ini juga ingin memberikan yang terbaik bagi konsumen dan masyarakat Indonesia,” terang Satria.

    Satria juga mengelaborasi lebih lanjut, dari diadakannya program 300 Paket Umroh atau Wisata Gratis Ke Turki, mendapatkan animo yang besar dari masyarakat. Hal ini, kata Satria, terlihat dari peningkatan jumlah konsumen yang berbelanja di Transmart hingga sebesar 10%-20%.

    “Kalau kita lihat, baik batch 1, batch 2, dan batch 3, terjadi animo yang sangat besar dari masyarakat itu sendiri. Terbukti dengan terjadi lonjakan konsumen yang berbelanja yang mengikuti program. Jadi, besar harapan kami memang kegiatan ini akan terus bisa berlanjut. Kita evaluasi, dan tentunya kita akan memberikan yang terbaik bagi konsumen masyarakat Indonesia. Kalau kita lihat, angka ratanya itu meningkat sekitar 10%-20%. Ini merupakan sesuatu yang sangat baik, dari sisi jumlah pengunjung dan yang ikut program ini,” ungkapnya.

    Terkait pemenang program ini, Satria mengatakan bahwa dominasinya berasal dari wilayah Pulau Jawa. Tetapi, ke depannya, Satria bilang sangat memungkinkan pemenangnya juga didominasi dari daerah lain.

    “Kalau kita lihat dari batch 1, 2, dan 3 yang berangkat itu memang masih banyak didominasi dari Pulau Jawa. Tetapi tidak menutup kemungkinan ke depannya akan banyak lagi di luar Pulau Jawa. Kalau dari komposisi, memang masih banyak terkonsentrasi di Pulau Jawa,” ujarnya.

    Sekadar informasi, dalam menyambut bulan Ramadan, Satria mengatakan bahwa Transmart akan tetap punya promo menarik untuk pelanggan. Hal ini lantaran, periode Ramadan menjadi fase panen raya bagi sektor ritel.

    “Kita sudah bekerja sama dengan para pemasok, menyiapkan program-program promo yang menarik, yang bisa masyarakat nanti akan beli di fase sebelum Ramadan, Ramadan, Idul Fitri, bahkan pasca Idul Fitri. Kami mengucapkan banyak terima kasih dengan para pemasok yang sudah bekerja sama. Kita memberikan yang terbaik, kita membuat promo-promo yang menarik, dan kita juga membuat produk-produk dengan harga kompetitif yang hanya ada di kita,” tandasnya.

    (eds/eds)

  • Transmart Berangkatkan 100 Pemenang Umroh Kloter Ketiga

    Transmart Berangkatkan 100 Pemenang Umroh Kloter Ketiga

    Jakarta

    Transmart memberangkatkan 100 pemenang periode ketiga dan terakhir dari program 300 Paket Umroh atau Wisata Gratis Ke Turki yang akan dilaksanakan pada Kamis, 30 Januari 2025 setelah sebelumnya dilakukan pengundian pada Senin, 23 Desember 2024 yang disaksikan oleh President Director & CEO PT Trans Retail Indonesia, Shafie Shamsuddin, perwakilan dari Kementerian Sosial, Dinas Sosial, pihak kepolisian, dan notaris yang ditunjuk, jajaran direksi Transmart untuk memastikan transparansi proses pengundiannya.

    Program ini merupakan bentuk apresiasi Transmart kepada pelanggan setianya yang telah mendukung Transmart sebagai destinasi belanja dan hiburan keluarga terbaik di Indonesia. Pihak Transmart percaya bahwa loyalitas pelanggan pantas mendapatkan penghargaan istimewa, dan perjalanan spiritual atau wisata ke destinasi yang penuh sejarah ini merupakan hadiah yang tak ternilai.

    “Sebuah kebanggaan yang besar bagi kami bahwa program ini telah sukses berjalan sejak pertama kali diluncurkan pada Maret 2024 yang lalu. Program ini merupakan bentuk penghargaan kepada pelanggan setia kami yang senantiasa mendukung komitmen Transmart untuk memberikan lebih dari sekadar pengalaman belanja, tetapi juga momen-momen bermakna yang dapat menginspirasi dan memberikan kebahagiaan,” ujar President Director & CEO PT Trans Retail Indonesia, Shafie Shamsuddin, dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Kamis (30/1/2025).

    Melalui program ini Transmart telah memberangkatkan sebanyak 200 orang pelanggan Transmart untuk beribadah Umroh ke Tanah Suci, maupun wisata sejarah ke Turki secara gratis di dua periode sebelumnya. Kini, 100 orang lainnya diberangkatkan tepat di hari ini.

    “Kami berharap bahwa perjalanan pemenang periode terakhir program ini menjadi pengalaman yang berkesan dan penuh manfaat serta dapat mempererat hubungan Transmart dengan pelanggan serta menjadikan Transmart sebagai pilihan utama dalam memenuhi kebutuhan harian para pelanggan setia kami,” lanjut Shafie.

    Shafie juga menjelaskan, program 300 Paket Umroh atau Wisata Gratis Ke Turki mendorong semangat kebersamaan dengan memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk menjalani pengalaman yang bermakna, seperti Umroh atau menjelajahi keindahan Turki secara gratis, menginspirasi masyarakat untuk terus mengejar pengalaman positif dan penuh makna dalam kehidupan mereka.

    Selain itu, Shafie berharap juga dapat menguatkan posisi Transmart sebagai brand pilihan dengan pengalaman belanja terbaik dan program-program inovatif yang memberikan dampak nyata bagi pelanggan.

    Keberangkatan para pemenang periode ketiga ini akan dilepas secara resmi dari Hotel Ibis Style Bandara Soekarno Hatta dengan acara pelepasan yang dihadiri oleh perwakilan manajemen Transmart. Para pemenang juga akan didampingi oleh Ustad Maulana selama proses mulai dari keberangkatan, di Tanah Suci sampai kembali lagi ke tanah air.

    Dalam acara pelepasan ini, para pemenang juga akan menerima briefing singkat terkait perjalanan mereka, memastikan setiap peserta mendapatkan kenyamanan dan keamanan selama perjalanan.

    Transmart memberangkatkan 100 pemenang periode ketiga dan terakhir dari program 300 Paket Umroh Foto: Amanda Christabel

    HR & Corporate Communications Directors PT Trans Retail Indonesia, Satria Hamid, menyampaikan apresiasinya kepada para sponsor yang telah memberikan dukungan sehingga Program 300 Paket Umroh atau Wisata Turki Gratis dari Transmart ini dapat terselenggara dengan baik dan lancar.

    “Terima kasih kami sampaikan kepada Sharp, Samsung, LG, Pacific, United, Frisian Flag, Oatside, Yuri, Marjan, Kino, Worcas Group, Super,Wardah, Alisan, Polytron, Panasonic, RNS, Cap Panda, Kleaner, Viera, Cypruz, Azalea, Roschel dan Maspion Group yang telah memberikan dukungan dalam terlaksananya program ini. Kami berharap kerjasama yang baik ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi kedua belah pihak dan tetap dapat saling bersinergi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan setia Transmart”, tambah Satria.

    Menurut Satria, pelaksanaan Program 300 Paket Umroh atau Wisata Turki Gratis ini menjadi salah satu momen bagi Transmart untuk mewujudkan komitmennya memberikan sebuah apresiasi dan pengalaman yang luar biasa bagi pelanggannya melalui program – program dan strategi yang dijalankan.

    “Selain program loyalty seperti Program 300 Paket Umroh atau Wisata Turki Gratis ini , Transmart kini juga menguatkan strategi bisnisnya menjadi open loop ecosystem yang terbuka akan kolaborasi bisnis bersama partner yang memiliki tujuan yang sama yaitu memberikan shopping experience yang menarik dan pelayanan terbaik,” tambah Satria.

    Program 300 Paket Umroh atau Wisata Turki Gratis dari Transmart ini berakhir pada November 2024 yang lalu, Transmart sudah menyiapkan program lainnya yang tak kalah menarik yaitu Tebus Murah Pisau Favorit Chef Arnold Gourme Knife yang dimulai sejak tanggal 1 Desember 2024 yang lalu.

    “Cukup belanja minimal Rp. 50.000 saja, pelanggan bisa mengumpulkan kupon untuk ditukarkan dengan pisau Gourme. Kapan lagi bisa punya pisau yang sama dengan selebriti chef, Arnold Poernomo dengan harga special kalau bukan di Transmart,” pungkas Satria.

    (eds/eds)

  • DPRD Malang Panggil Pejabat Terlibat Dugaan Pungli dan Monopoli Proyek

    DPRD Malang Panggil Pejabat Terlibat Dugaan Pungli dan Monopoli Proyek

    Malang (beritajatim.com) — Komisi IV DPRD Kabupaten Malang mengambil langkah tegas terhadap dugaan pungutan liar (Pungli) dan monopoli proyek Dana Alokasi Khusus (DAK) yang menyeret seorang pejabat Dinas Pendidikan. Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Malang, Zia Ulhaq, memastikan bahwa pihaknya akan segera memanggil oknum Kepala Bidang Sekolah Dasar (Kabid SD) berinisial L guna klarifikasi.

    “Secepatnya (pemanggilan L- red). Kemungkinan awal bulan depan akan kami panggil untuk klarifikasi. Karena saat ini, Kepala Dinas Pendidikan juga masih cuti ibadah Umroh sampai akhir bulan,” tegas Zia, Kamis (30/1/2025).

    Selain L, pemanggilan juga akan ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan serta para kepala bidang lainnya di lingkup dinas tersebut. DPRD Kabupaten Malang berkomitmen untuk mengungkap kebenaran atas dugaan Pungli yang telah mencoreng dunia pendidikan di daerah tersebut.

    Zia menegaskan bahwa hasil klarifikasi nantinya akan disampaikan kepada Bupati Malang. Komisi IV DPRD juga akan merekomendasikan sanksi yang tepat sesuai dengan hasil temuan.

    “Kami juga menunggu bukti-bukti dugaan Pungli itu dari masyarakat. Karena sebelumnya sudah ada beberapa masyarakat yang mau menyampaikan buktinya kepada kami. Kalau yang bersangkutan mengelak, maka bukti yang kami terima itulah untuk mengkonfrontir dugaan pungli itu,” tambahnya.

    Kasus ini berawal dari aduan beberapa kepala sekolah yang meminta identitasnya dirahasiakan kepada Pusat Studi Demokrasi dan Kebijakan Publik (Pusdek). Mereka mengungkapkan kekecewaan terhadap praktik yang dilakukan oleh pejabat di Dinas Pendidikan Kabupaten Malang.

    L tidak hanya diduga melakukan Pungli, tetapi juga dituding menekan kepala sekolah penerima proyek DAK dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Ia diduga mengarahkan proyek yang seharusnya dikerjakan secara swakelola agar dimonopoli oleh menantunya, berinisial MC, pemilik CV KUE yang berlokasi di Kebonagung, Kecamatan Pakisaji.

    Ironisnya, dugaan Pungli ini tidak hanya terjadi di satu atau dua sekolah, tetapi hampir merata di seluruh SD di Kabupaten Malang. Hal ini membuat banyak pihak mendesak agar tindakan tegas segera diambil.

    Komisi IV DPRD Kabupaten Malang sebelumnya juga telah meminta Inspektorat untuk mempublikasikan hasil pemeriksaan terhadap kasus ini. Hasil temuan Inspektorat dinilai penting demi menjaga kredibilitas serta integritas dunia pendidikan di Kabupaten Malang.

    Dengan adanya langkah tegas dari DPRD, publik berharap kasus ini dapat segera diselesaikan dengan transparan dan adil, serta memberikan efek jera bagi oknum yang terlibat dalam praktik Pungli dan monopoli proyek DAK. [yog/beq]

  • Bayar DP Umroh Rp390 Juta, Della Puspita Malah Ditipu Pemilik Travel, Pelaku Pernah Main Sinetron

    Bayar DP Umroh Rp390 Juta, Della Puspita Malah Ditipu Pemilik Travel, Pelaku Pernah Main Sinetron

    TRIBUNJATIM.COM – Nasib artis Della Puspita dan suaminya, Arman Wosi ditipu rekan sendiri.

    Keduanya menjadi korban dugaan penipuan travel umroh milik seseorang berinisial A.

    Adapun nama travel umroh milik A berinisial TW.

    Della telanjur memberikan uang muka dengan total Rp390 juta.

    Uang tersebut berasal dari 18 jemaah yang dikumpulkannya untuk umroh melalui travel milik A.

    Namun rencana umroh justru gagal.

    Della mengungkap bahwa A bukan orang asing baginya.

    Ia mengenal A sejak lama, saat keduanya merintis sebagai pemain sinetron.

    Bahkan, Della menyebut A sempat aktif di dunia seni peran sebelum akhirnya fokus menjalankan bisnis travel umrah milik keluarganya.

    “Aku kenal beliau ini (A) sudah lama banget. Pernah syuting bareng. Terus suatu hari dia ini punya travel umrah, lebih ke punya ibunya sebenarnya,” ungkap Della saat ditemui di Grand Kota Bintang, Bekasi, Selasa (28/1/2025), dikutip dari Kompas.com.

    “Sempat syuting sama aku zaman dulu, pas zaman Pernikahan Dini, pas zaman merintis bareng. Belakangan sudah enggak syuting lagi,” tambah Della.

    Della menyatakan, A kini sudah tak aktif di dunia hiburan dan lebih fokus menjalankan bisnis travel umrah keluarganya.

    Della Puspita dan suaminya, Arman Yosi saat ditemui di Grand Kota Bintang, Bekasi, Selasa (28/1/2025). (KOMPAS.com/Revi C Rantung)

    “Waktu itu bantuin mamanya besarin si TW ini, nama travel ini punya keluarganya. Aku enggak tahu setelah itu kegiatannya apa,” ucap Della.

    Della dan suaminya merasa tertipu setelah mempercayakan keberangkatan umrah mereka ke travel tersebut.

    Pada awalnya, Della pernah menggunakan jasa travel itu, meskipun ada kendala, perjalanan tetap terlaksana.

    Della kembali mendengar A berniat membangkitkan travel tersebut.

    Dia pun bersedia membantu dengan catatan tak ada lagi kendala-kendala.

    Namun, ketika Della membantu mempromosikan travel itu dan mengumpulkan 18 jamaah dengan total uang muka sebesar Rp 390 juta, perjalanan mereka ke Tanah Suci justru mengalami penundaan berkali-kali.

    Yang seharusnya berangkat pada 17 Januari 2025, kemudian mundur menjadi 22 Januari, lalu 24 Januari, hingga akhirnya gagal total.

    Della meminta pengembalian uang jamaah.

    Hingga saat ini, A baru mengembalikan Rp 125 juta dan memberikan lima unit mobil sebagai jaminan.

    Namun, Della menolak menerima mobil tersebut dan tetap meminta uangnya dikembalikan.

    “Teman aku yang punya travel umrah ini sempat memberikan jaminan mobil, ada lima mobil. Tapi, kan, aku bukan penadah mobil. Yang aku mau itu uangnya. Karena aku harus menalangi uang ratusan juta ini,” timpal Della.

    Arman mengaku telah mendatangi kantor travel umrah tersebut untuk meminta pengembalian dana dan mempertanyakan aliran uang yang telah disetor.

    “Maksudnya, saya minta bukti karena kita sudah setor hampir Rp 400 juta. Ke mana sih uang itu? Dia bilang sudah bikin paspor sama visa. Saya bilang, mana buktinya? Kalau travel biasanya bayar belakang, oke, kita enggak perlu tahu, tapi mana buktinya visa dan paspor sudah diurus?” tutur Arman.

    “Dia juga bilang sudah booking hotel. Mana buktinya sudah booking? Dia bilang sudah diurus. Oke, siapa yang urus? Ternyata semuanya enggak bisa dibuktikan,” tambah Arman.

    Dari situ, Arman merasa mereka telah tertipu karena alasan pihak A tidak dapat dipertanggungjawabkan.

    “Di situ saya ngerasa ketipunya karena dia enggak mampu membuktikan semua uang yang sudah kita berikan,” ungkap Arman.

    Della dan suaminya memberi batas waktu hingga 31 Januari 2025 untuk pelunasan.

    Jika tidak ada itikad baik dari A, Della Puspita berencana melaporkan kasus ini ke pihak kepolisian.

    Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews Tribunjatim.com

  • 7 Cara Berkomunikasi dengan Orang yang Baru Kenal, Ciptakan Suasana Nyaman dan Santai

    7 Cara Berkomunikasi dengan Orang yang Baru Kenal, Ciptakan Suasana Nyaman dan Santai

    YOGYAKARTA – Cara berkomunikasi dengan orang yang baru kenal bisa  membantu Anda berinteraksi dengan lebih nyaman dan lancar, terlebih jika lawan bicara Anda termasuk orang yang pemalu.

    Selain itu, tidak semua orang merasa nyaman memulai obrolan, apalagi dalam situasi yang belum familiar. Akan tetapi, dengan menerapkan cara berkomunikasi dengan orang yang baru kenal, Anda bisa menciptakan suasana yang lebih cair, membangun hubungan yang lebih baik, bahkan membuka peluang baru dalam kehidupan pribadi maupun profesional.

    Cara Berkomunikasi dengan Orang yang Baru Kenal

    Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa cara cara yang bisa Anda coba untuk membuka obrolan dengan lebih alami dan efektif.

    Bersikap positif

    Sebelum memulai percakapan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah bersikap positif. Dengan menanamkan sikap positif, Anda akan menjadi lebih rileks, santai, dan tidak akan merasa gugup saat berinteraksi.

    Tunjukkan sikap kepada lawan bicara dengan memberikan senyuman, kontak mata, serta bahasa tubuh yang santai.

    Ajukan pertanyaan ringan

    Pertanyaan adalah cara efektif untuk memulai percakapan karena mendorong orang lain untuk berbicara. Hindari pertanyaan yang terlalu pribadi, dan pilih pertanyaan ringan seperti:

    “Apakah ini pertama kalinya Anda datang ke acara ini?””Dari mana Anda berasal?””Bagaimana pendapat Anda tentang tempat ini?”

    Dengan pertanyaan yang relevan, Anda bisa menemukan kesamaan dan mengembangkan percakapan lebih lanjut.

    Berikan pujian

    Selain mengajukan pertanyaan ringan, Anda juga bisa memulai percakapan dengan memberikan pujian kepada laawan bicara. Jangan takut merasa cangung, sebab pujian bisa menghilangkan suasana tegaang atau kekhawatiran lawan bicara Anda.

    Terkait hal ini, Anda bisa memberikan pujian seperti:

    “Wah, baju Anda bagus.”“Di mana Anda membeli aksesoris ini? Terlihat cantik dan cocok untuk Anda.”

    Tak hanya bisa mempermudah komunikasi dengan orang yang baru Anda kenal, pujian tersebut juga bisa menjadi topik pembicaraan yang menarik.

    – https://voi.id/lifestyle/455291/rugi-ratusan-juta-gegara-ditipu-teman-della-puspita-tuntut-uang-untuk-dikembalikan

    – https://voi.id/lifestyle/455286/sebelum-meninggal-denada-ungkap-emilia-contessa-dipasang-alat-jantung-dan-kateter

    – https://voi.id/lifestyle/455285/bantu-usaha-travel-umroh-della-puspita-justru-tertipu-teman-sendiri

    – https://voi.id/lifestyle/455274/my-french-film-festival-2025-kembali-tawarkan-sinema-terbaik-prancis

    – https://voi.id/lifestyle/454401/kenali-kelebihan-serta-kekurangan-frugal-living-sebelum-menerapkannya

    [/see_also]

    Perkenalkan diri

    Cara berkomunikasi dengan orang baru tak akan lengkap tanpa perkenalan diri. Hal ini harus dilakukan agar lawan biacara bisa mengenal diri Anda dengan lebih baik.

    Memperkenalkan diri juga bisa dilakukan jika kamu bingung dengan topik pembuka percakapan.

    Biasanya, setelah Anda memperkenalkan diri, lawan bicara kemudian akan mengenalkan diri mereka dan Anda bisa melanjutkan obrolan melalui informasi yang diberikan oleh lawan bicara.

    Lontarkan lelucon

    Melontarkan lelucon bisa mencairkan suasana dan membuat percakapan lebih santai. Akan tetapi, pastikan lelucon yang digunakan tidak menyinggung atau terlalu berlebihan.  

    Hindari membuat lelucon kontroversial yang kasar atau menyinggung, sebab tidak semua orang senang dengan hal tersebut.

    Tanyakan kesukaan lawan bicara

    Obrolan atau percakapan juga dapat dimulai dengan menanyakan hal yang siidukai oleh lawan bicara. Hal ini bisa Anda coba jika kamu tidak menemukan topik yang harus dibicarakan.

    Sebagian besar orang senang membicarakan hal-hal yang mereka gemari dan Anda bisa mengenal kesukaan orang lain dari topik ini.

    Dengarkan dengan penuh perhatian

    Percakapan bukan hanya tentang berbicara, tetapi juga mendengarkan. Tunjukkan minat Anda dengan mengangguk, memberikan respons yang relevan, dan tidak memotong pembicaraan.

    Dengan menjadi pendengar yang baik, lawan bicara akan merasa dihargai dan lebih nyaman berbicara dengan Anda.

    Demikian informasi tentang cara berkomunikasi dengan orang yang baru kenal. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.

  • Kuota Haji Ponorogo 2025 Berpeluang Bertambah, Begini Penjelasan Kasi PHU

    Kuota Haji Ponorogo 2025 Berpeluang Bertambah, Begini Penjelasan Kasi PHU

    Ponorogo (beritajatim.com) – Ponorogo mulai bersiap menyambut musim haji 2025 dengan matang. Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Ponorogo telah melakukan proses verifikasi jemaah haji yang akan berangkat tahun ini. Dari kuota sebanyak 519 jemaah haji yang diterima dari Kemenag Jawa Timur, sebanyak 495 jamaah haji sudah dinyatakan siap berangkat, setelah menyelesaikan pelunasan.

    Dari kuota yang diberikan Kemenag Jatim, rinciannya sebanyak 373 jemaah urut porsi yang berhak lunas. Selain itu, ada 20 jemaah prioritas lansia dan 126 jemaah dengan porsi sebagai porsi cadangan.

    “Dari total kuota yang diberikan, sebanyak 373 jemaah urut porsi yang berhak lunas, 20 prioritas lansia dan 126 jemaah dengan porsi cadangan,” kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU), Kantor Kemenag Ponorogo, Marjuni, ditulis Senin (27/01/2025).

    Dari jumlah kuota itu, Marjuni menyebutkan bahwa potensi atau peluang untuk bisa bertambah. Seperti yang terjadi pada sebelum-sebelumnya. Ada dari kuota tambahan dari pembatalan keberangkatan. Selain itu, juga ada peluang dari pengajuan penggabungan mahram, pendamping lansia, hingga pindah keberangkatan.

    “Selain menanti kuota tambahan dari pembatalan keberangkatan, ada peluang dari pengajuan penggabungan mahram, pendamping lansia, hingga pindah keberangkatan,” terangnya.

    Ia juga menyinggung soal jadwal pemberangkatan yang diprediksi pada pertengahan Mei 2025. Di mana jemaah haji dari Ponorogo dijadwalkan terbang langsung ke Makkah untuk melaksanakan ibadah wajib, baru kemudian ke Madinah.

    “Jemaah haji dijadwalkan terbang langsung ke Makkah untuk melaksanakan ibadah wajib, sebelum melanjutkan rangkaian ibadah sunah di Madinah,” pungkasnya.

    Persiapan kesehatan dan administrasi terus dipantau untuk memastikan jemaah dalam kondisi terbaik saat berangkat. Dengan potensi tambahan kuota dan persiapan yang semakin maksimal, diharapkan pelaksanaan ibadah haji tahun ini berjalan lancar dan penuh keberkahan. (end/ian)

  • Dikritik Warga, Wali Kota Bandar Lampung Ada di Mana saat Banjir? Eva Menjawab

    Dikritik Warga, Wali Kota Bandar Lampung Ada di Mana saat Banjir? Eva Menjawab

    Liputan6.com, Bandar Lampung – Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana, menjadi sorotan warga setelah dianggap lambat turun langsung ke lapangan saat banjir besar melanda sejumlah wilayah di kota setempat.

    Eva Dwiana, yang selama ini dikenal sebagai pemimpin responsif terhadap musibah, tidak terlihat hadir di lokasi bencana saat banjir terjadi pada Jumat (17/1/2025) lalu.

    Banjir besar tersebut disebabkan hujan deras dengan curah hujan mencapai 97,4 mm yang mengguyur Bandar Lampung selama lebih dari empat jam, mulai pukul 15.00 hingga 19.22 WIB. 

    Akibatnya, berbagai kawasan terendam banjir parah, bahkan derasnya arus menghanyutkan minibus, sepeda motor, hingga kapal nelayan. Bahkan, dua warga dinyatakan meninggal dunia buntut bencana alam tersebut.

    Baru tujuh hari pasca-banjir, Eva Dwiana muncul dan menjelaskan alasan ketidakhadirannya. Ia mengungkapkan bahwa dirinya baru saja pulang dari ibadah umrah.

     Saat bertemu warga korban banjir di Kelurahan Pesawahan, Kecamatan Teluk Betung Selatan, Sabtu (25/1/2025), Eva langsung menyampaikan keprihatinannya.

    “Jadi, Bunda ini pulang umroh langsung datangi ibu-ibu. Yang penting sehat, bahwa semua ini Allah memberikan kebaikan,” ujarnya.

    Eva juga menyatakan telah memerintahkan jajaran terkait untuk segera melakukan pendataan kerugian warga terdampak banjir. 

    “Bunda sudah memerintahkan kepada Sekda dan beberapa koordinator bersama camat dan lurah. Besok semua bergerak untuk mendata kerugian masyarakat Kota Bandar Lampung yang terdampak banjir ini,” tegas Eva.

    Selain mengunjungi warga di Kelurahan Pesawahan, Eva juga meninjau korban banjir di Kelurahan Way Lunik, Kecamatan Panjang.

     

    Video Detik-Detik Guguran di Kawah Gunung Merapi oleh Pendaki

  • Sosok Indri Dapsari, Bos Travel Umrah Tipu Jemaah Rp 14 M, Uang Dipakai Beli Mobil-Keperluan Pribadi – Halaman all

    Sosok Indri Dapsari, Bos Travel Umrah Tipu Jemaah Rp 14 M, Uang Dipakai Beli Mobil-Keperluan Pribadi – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Berikut Indri Dapsari, sosok bos travel umrah yang tipu jemaah hingga merugi Rp 14 miliar.

    Indri Dapsari merupakan pemilik PT Hasanah Magna Safari (HMS).

    Alamatnya di Jalan Deresan I No.5B, Karang Gayam, Caturtunggal, Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

    PT HMS terdaftar secara resmi di sistem Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah Kementerian Agama sejak 13-07-2023.

    Dikutip dari TribunJogja.com, ia merupakan wanita kelahiran 1979 silam atau kini berusia 46 tahun.

    Indri Dapsari tinggal di Mergangsan, Kota Yogyakarta.

    Berdasarkan penelusuran Tribunnews.com, Indri Dapsari memiliki akun Instagram @indri_hms dengan pengikut lebih dari 2.543 follower.

    Akun tersebut kini terkunci alias diprivat.

    Dalam urusan akademis, Indri Dapsari menuliskan sebagai lulusan Sarjana Psikologi.

    Kasus bermula saat seorang korban bernama Yashinta Yustisia Yasmine melaporkan Indri Dapsari ke polisi pada 28 November 2024.

    Korban memesan 8 paket umrah kelas bisnis dengan harga Rp 438 juta.

    Yashinta sudah melunasi pembayaran pada Februari 2024.

    Berbulan-bulan lamanya korban menunggu untuk diberangkatkan.

    Hingga November 2024, Yashinta memutuskan untuk menemui Indri Dapsari guna meminta penjelasan.

    Tersangka kala itu berjanji akan segera memberangkatkan korban secepatnya.

    Bahkan, keduanya sempat membuat perjanjian.

    “Harusnya kan 24 November 2024 sudah ada, tetapi sampai tanggal 28 November 2024 tidak bisa memenuhi janjinya akhirnya melaporkan ke Polda DIY,”ungkap korban, dikutip dari TribunJogja.com, Sabtu (25/1/2025).

    Yashinta mengaku sejumlah temannya sudah memperingatkan soal PT HMS.

    Korban mendapatkan banyak cerita soal carut-marut pengelolaan jemaah.

    “Ada cerita dari temen saya yang pakai HMS, katanya hotelnya pindah-pindah, pulang sendiri, pokoknya jamaahnya banyak yang ditelantarkan,” tegasnya.

    Sementara itu, Polda DIY yang menerima laporan lantas melakukan pendalaman.

    Hasilnya ada 49 korban janji manis Indri Dapsari.

    Korban sudah membayar biaya perjalan umrah dan haji furoda dengan total kerugian mencapai Rp Rp14.217.500.000.

    Kasus penipuan dan penggelapan PT Hasanah Magna Safari (HMS) di Polda DIY, Kamis (23/01/2025).

    Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrikum) Polda DIY, Kombes Pol FX Endriadi membeberkan, ada total ratusan jemaah yang belum diberangkatkan.

    “Berdasarkan dokumen, jamaah yang belum diberangkatkan dari Desember (2024) sampai April 2025 sebanyak 291,” urainya, dikutip dari kanal YouTube Polda DIY.

    Endriadi melanjutkan, modus tersangka menawarkan paket umroh murah dengan harga Rp48 juta dan Rp33 juta kepada para korban, dengan janji keberangkatan pada Desember 2024. 

    Namun, keberangkatan tersebut tidak terealisasi, uang tidak dikembalikan.

    “Korban sudah membayar melalui transfer, tetapi fasilitas maupun keberangkatan tidak terpenuhi,” lanjutnya.

    Selain itu, Indri Dapsari juga melakukan penipuan melalui skema investasi dengan menawarkan kerja sama pembiayaan tiket pesawat jamaah umroh di Kulon Progo.

    Pada awalnya, skema ini berjalan lancar, tetapi pada periode selanjutnya hingga periode ke-10, cek yang diberikan tersangka tidak dapat dicairkan. 

    Dana dari korban diduga digunakan Indri Dapsari untuk membayar investor lain dan keperluan pribadi, seperti uang muka pembelian mobil.

    Endriadi menyebut sudah menetapkan yang bersangkutan sebagai tersangka.

    “Tersangka dijerat Pasal 378 KUHP dan Pasal 372 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal empat tahun penjara,” tandasnya.

    Informasi tambah, sejumlah barang bukti diamankan dalam kasus ini.

    Termasuk mobil jenis Alphard yang diduga hasil dari penggelapan yang dilakukan oleh Indri Dapsari.

    Sebagian artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul KASUS Pemilik Biro Haji dan Umrah di Kota Jogja Ditangkap Polisi, Kerugian Miliaran

    (Tribunnews.com) (TribunJogja.com/Christi Mahatma Wardhani)