Topik: transformasi digital

  • Video: Modernisasi, Pemerintah Mau UMKM Jadi “Raja” Pasar Digital

    Video: Modernisasi, Pemerintah Mau UMKM Jadi “Raja” Pasar Digital

    Jakarta, CNBC Indonesia- Kementerian UMKM memastikan upaya penuh pemerintah mewujudkan Asta Cita Pemerintahan Presiden Prabowo dalam penguatan ekonomi digital untuk kemandirian bangsa termasuk dari sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

    Langkah strategis dalam meningkatkan bisnis UMKM dalam ekonomi digital dilaksanakan dengan transformasi digital UMKM dan memperluas pemasaran UMKM secara online. Sudah ada 25,2 juta UMKM yang on-boarding di platform e-commerce serta 38,1 juta sudah melakukan transaksi pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

    Kementerian UMKM tidak hanya memastikan UMKM masuk ke sistem digital namun juga memastikan produk UMKM bisa diterima masyarakat sehingga UMKM bisa naik kelas.

    Seperti apa upaya pemerintah menjadikan UMKM jadi Raja di pasar digital? Selengkapnya simak dialog Shafinaz Nachiar dengan Deputi Usaha Kecil Kementerian UMKM, Temmy Satya Permana dalam Profit, CNBC Indonesia (Rabu, 09/07/2025)

  • Menteri PANRB Pamer Digital Birokrasi RI, Posisi 64 di Dunia

    Menteri PANRB Pamer Digital Birokrasi RI, Posisi 64 di Dunia

    Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi (MenPANRB) Rini Widyantini mengungkapkan bahwa saat ini Indonesia tercatat sebagai negara yang memiliki kemajuan digital kepemerintahan yang progresif di dunia.

    Hal ini tercermin dari indeks UN E-GDI Indonesia yang meningkat pesat dari 116 pada 2016 menjadi 64 pada 2024.

    “Indonesia sebagai kemajuan digital (urusan pemerintahan) yang progresif di dunia,” ujar Rini saat Raker dan RDP bersama Komisi II DPR RI di Gedung DPR RI pada Rabu (9/7/2025).

    UN E-GDI sendiri merupakan indeks yang mengukur pengembangan E-Government yang dibuat oleh PBB untuk mencerminkan bagaimana suatu negara menggunakan teknologi informasi untuk meningkatkan akses dan inklusi warganya.

    Selain itu, Rini juga mengatakan bahwa indeks Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) juga naik peringkat.

    “Indeks SPBE semakin meningkat dari 1,98 pada tahun 2028 jadi 3,12 tahun 2024,” katanya.

    Rini mengatakan bahwa 2024 merupakan tonggak penting dalam pelaksanaan transformasi digital pemerintah.

    Transformasi tersebut adalah pengenalan Digital Public Infrastruktur, Digital ID Data Exchange, dan Digital Payment.

    Selain itu juga ada pendirian dan peluncuran INA Digital yang merupakan tim penyelenggara keterpaduan layanan digital nasional yang fokus pada layanan digital prioritas pemerintah.

    (ras/mij)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Pijar Telkom Fasilitasi Ujian Lebih Dari 408.000 Siswa di 20 Provinsi

    Pijar Telkom Fasilitasi Ujian Lebih Dari 408.000 Siswa di 20 Provinsi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Kehadiran Computer-Based Test (CBT) PIJAR sebagai salah satu produk unggulan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menjadi salah satu solusi digital yang menjawab tantangan ujian konvensional, seperti penggunaan kertas berlebih, potensi kesalahan koreksi manual, serta keterbatasan waktu dan akses. PIJAR merupakan bentuk kontribusi Telkom untuk mendukung digitalisasi di sektor pendidikan, serta mendorong pembangunan masyarakat yang lebih cerdas dan merata.

    Melalui kemudahan akses ke berbagai provinsi di Indonesia, PIJAR berperan dalam mengatasi kesenjangan akses pendidikan di Indonesia. Kini, CBT PIJAR terus berkembang sebagai platform ujian digital yang memudahkan guru dan siswa dalam menjalankan proses evaluasi secara efisien dan terukur.

    Penggunaannya tak lagi terbatas di kota-kota besar, melainkan telah menjangkau sekolah-sekolah di daerah pelosok yang sebelumnya mengalami berbagai kendala dalam penyelenggaraan ujian. Direktur IT dan Digital Telkom Faizal Rochmad Djoemadi menyampaikan, CBT PIJAR membuka era baru dalam pelaksanaan ujian di sekolah.

    “Kini, guru dapat menjadwalkan ujian, menyusun dan membagikan soal, memantau pelaksanaan, hingga menilai hasil. Semuanya dilakukan secara digital melalui satu sistem terintegrasi. Tidak perlu lagi mengorbankan waktu pribadi untuk memeriksa hasil ujian secara manual dari tumpukan kertas,” jelas Faizal dalam keterangan resmi, Rabu (9/7/2025).

    Menurutnya, Telkom berkomitmen mendampingi para guru dan tenaga pendidik dalam menjalankan amanah mulia, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Melalui digitalisasi, Telkom hadir untuk meringankan beban mereka, memperluas akses pendidikan yang merata, serta menyiapkan generasi Indonesia yang cerdas, tangguh, dan siap menghadapi masa depan.

    Dengan kecepatan, efisiensi, dan kemudahan akses, CBT PIJAR menjadi pilihan utama dalam pelaksanaan ujian tengah maupun akhir semester di berbagai jenjang pendidikan. Terdapat total lebih dari 105.000 sesi ujian yang berhasil terlaksana menggunakan CBT PIJAR, diikuti oleh lebih dari 408.000 siswa dari 680 sekolah yang tersebar di 29 provinsi di Indonesia.

    Tiga provinsi aktivitas ujian terbanyak menggunakan CBT Pijar, antara lain Jawa Barat sebanyak 113.886 siswa dari 192 sekolah, Jawa Timur sebanyak 39.719 siswa dari 70 sekolah, dan Jawa Tengah sebanyak 37.159 siswa dari 66 sekolah. Tak hanya dari sisi provinsi, beberapa sekolah juga tercatat sebagai pengguna teraktif dengan jumlah ujian yang signifikan, menandakan tingginya kepercayaan terhadap platform ini sebagai solusi digital ujian sekolah.

    Berikut sepuluh sekolah teraktif yang memanfaatkan CBT PIJAR, yaitu SMA Swasta Bintang Timur 1, Sumatera Utara; SMAN 2 Semarapura, Bali; SMAN 3 Pati, Bali; SMPN 1 Setu, Bekasi; MAN Bandung Barat, Jawa Barat; SMKN 1 Nusa Penida, Bali; MAN Buleleng, Bali; SMKS GKPI 1, Pematang Siantar; SMKN 2 Madiun, Jawa Timur; dan SMPN 1 Semarapura, Bali.

    Peningkatan jumlah pengguna CBT dari tahun ke tahun menunjukkan bahwa fitur-fitur yang ditawarkan mampu menjawab kebutuhan guru dan satuan pendidikan, antara lain praktis dan paperless, hasil ujian otomatis dan real-time, bisa digunakan secara daring atau luring, terintegrasi dengan laporan nilai, sesuai kurikulum nasional, dan mudah diakses oleh siswa dari berbagai perangkat.

    PIJAR menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh sekolah, guru, kepala satuan pendidikan, serta para mitra yang telah berperan aktif dalam perjalanan transformasi digital pendidikan di Indonesia. Kolaborasi yang telah terbangun dengan kuat membuktikan bahwa perubahan nyata hanya dapat tercapai melalui kerja sama dan komitmen bersama.

    “Kami percaya, dengan semangat gotong royong dan pemanfaatan teknologi, kita dapat terus mendorong terwujudnya pendidikan yang lebih cerdas, inklusif, dan adaptif terhadap perkembangan zaman,” jelas Faizal.

    PIJAR senantiasa mengembangkan fitur dan layanan yang mengakomodasi seluruh kebutuhan dunia pendidikan di era digital. Melalui kolaborasi berkelanjutan antara dunia pendidikan dan teknologi, ke depannya diharapkan sistem pembelajaran dan evaluasi di Indonesia semakin efisien, akurat, dan menjangkau lebih banyak peserta didik tanpa batasan geografis. PIJAR akan terus berupaya untuk mewujudkan masa depan pendidikan Indonesia yang adil, cerdas, dan berdaya saing global.

    (rah/rah)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Layanan Internet Gratis dari Pemerintah Akan Diluncurkan, Ini Bentuknya

    Layanan Internet Gratis dari Pemerintah Akan Diluncurkan, Ini Bentuknya

    Jakarta

    Pemerintah mau memberikan layanan internet gratis untuk masyarakat. Bentuknya akan hadir sebagai penunjang dari Program Sekolah Rakyat.

    Layanan internet gratis ini akan hadir dalam bagian dari Program Sekolah Rakyat yang dicanangkan pemerintah. Program ini tak hanya untuk memperkuat kualitas pendidikan dalam negeri, namun juga turut beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Kecepatan internet hingga 100 Mbps akan tersedia di seluruh Sekolah Rakyat tersebut.

    Sebagai informasi, Sekolah Rakyat merupakan salah satu program prioritas Presiden Prabowo Subianto, sebagai komitmen pemerintah dalam memutus mata rantai kemiskinan melalui perluasan akses pendidikan bagi masyarakat kurang mampu.

    Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid memastikan Sekolah Rakyat akan mendapatkan kecepatan internet 100 Mbps. Sebagai langkah awal, dua Sekolah Rakyat Menengah Atas 19 Kabupaten Bantul dan Sekolah Rakyat Menengah Atas 20 Kabupaten Sleman akan menerima koneksi internet ngebut.

    “Kewajiban Komdigi adalah pertama, memastikan infrastruktur digital. Jadi, bahwa Sekolah Rakyat ini juga terkoneksi dengan koneksi internet yang baik dan cepat. Kemudian yang kedua adalah melakukan komunikasi publik dengan baik,” ujar Menkomdigi Meutya pada akhir Juni lalu.

    Dua unit Sekolah Rakyat di Yogyakarta itu diklaim kini tersambung dengan internet kecepatan tinggi untuk kegiatan belajar-mengajar. SR Kabupaten Bantul menerima layanan internet 100 Mbps untuk mendukung 75 siswa dari tiga rombongan belajar, sementara SR Kabupaten Sleman mendapat dukungan 200 Mbps yang akan digunakan oleh 200 siswa dari lima kabupaten/kota di DIY.

    Komdigi menyebutkan menjadikan internet cepat sebagai fondasi utama dalam mendukung pelaksanaan Sekolah Rakyat di berbagai wilayah Indonesia. Sebanyak 200 Sekolah Rakyat akan mendapatkan akses koneksi internet ngebut.

    Langkah ini disebut bagian dari komitmen Komdigi untuk memastikan bahwa setiap anak Indonesia, terutama dari kelompok rentan, memiliki akses ke pendidikan berbasis teknologi, sejalan dengan agenda besar transformasi digital nasional.

    Adapun pengadaan layanan internet 100 Mbps di Sekolah Rakyat itu pembiayaannya bersumber dari Kementerian Sosial, sedangkan Komdigi sebagai penyedia layanan di lokasi.

    Direncanakan Sekolah Rakyat akan mulai dibuka Agustus hingga September 2025. Kemensos mengatakan fasilitas pendidikan tersebut memanfaatkan Balai Latihan Kerja (BLK) baik milik Kementerian Ketenagakerjaan maupun pemerintah daerah di berbagai provinsi, kabupaten, dan kota sebagai bagian dari tahap program prioritas Prabowo.

    “Konsepnya sama persis seperti di SMA Taruna Nusantara dengan nanti di dalamnya ada SD, SMP, dan SMA dengan fasilitas 100 persen dibiayai oleh APBN,” ungkap Sekretaris Jenderal Kemensos Robben Rico.

    Selama masa rintisan, pemerintah menggunakan skema pinjam pakai gedung selama satu tahun. Gedung tersebut direnovasi dan akan dikembalikan dalam kondisi layak guna kepada Pemda.

    (agt/fay)

  • Simakalama Uji Keamanan Pusat Data Nasional

    Simakalama Uji Keamanan Pusat Data Nasional

    Bisnis.com, JAKARTA — Pusat Data Nasional (PDN) masih melewat tahap uji keamanan di Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Proses pengujian berlangsung lama. Di sisi lain, ada beban ongkos yang dipikul Komdigi untuk menyewa PDNS guna menampung  data lembaga dan kementerian.

    Saat ini terdapat 70 Kementerian/Lembaga, 21 pemerintah provinsi, 198 pemerintah kabupaten, dan 56 pemerintah kota yang menggunakan layanan PDNS. Jika ditotal ada 345 instansi yang menitipkan datanya di PDNS. Ratusan instansi tersebut seharusnya menaruh data di PDN, yang hingga saat ini belum beroperasi. 

    Ketua IDPRO, Hendra Suryakusuma, menekankan terlambatan ini dapat memicu persepsi ketidakpastian pasar dan mengganggu agenda transformasi digital pemerintah. Menurutnya, keterlambatan ini berisiko mengganggu kejelasan roadmap digital pemerintah di mata investor. 

    “Mengenai dampak keterlambatan operasionalisasi, kalau dari perspektif saya mewakili IDPRO tentu saja ini menimbulkan persepsi ketidakpastian pasar. Jadi kan ini terutama dalam hal kejelasan antara roadmap transformasi digital pemerintah dan juga implementasi di lapangannya,” kata Hendra saat dihubungi Bisnis pada Selasa (8/7/2025). 

    Hendra menyinggung proyek PDN Cikarang yang didanai investasi dari Prancis, sehingga menurutnya, kepastian regulasi dan eksekusi proyek strategis semestinya lebih ketat. Meski begitu, dia menilai kondisi ini dapat menjadi peluang untuk memperkuat sinergi antara sektor swasta dan pemerintah.

    “Kalau saya melihat memang Komdigi itu adalah regulator, dan pihak swasta ini bisa mengisi gap, menjaga posibilitas, dan juga akhirnya bisa mempercepat deployment terhadap pembangunan data centernya,” katanya.

    Namun demikian, Hendra juga memahami pembangunan infrastruktur data merupakan proses yang sangat kompleks. Menurutnya, operasionalisasi infrastruktur tersebut melibatkan banyak tahapan teknis, kepatuhan terhadap regulasi (compliance), serta standar keamanan yang ketat.

    Lebih jauh, Hendra menggarisbawahi pentingnya pengujian keamanan yang dilakukan oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). 

    “Jadi tidak boleh istilahnya mempercepat secara sembrono. Karena ini menyangkut perlindungan data negara dan juga mungkin data publik,” katanya. 

    Dia juga menyampaikan potensi dampak keterlambatan terhadap proses migrasi data lembaga pemerintahan. Menurutnya kemungkinan ada beberapa lembaga dan kementerian yang sudah ingin melakukan transfer datanya, tapi ternyata data centernya belum siap, akhirnya terhambat.

    Hendra pun menyampaikan sejumlah rekomendasi dari IDPRO, antara lain membuka dialog intensif lintas pemangku kepentingan, menyusun contingency plan berbasis kemitraan publik-swasta, serta mendorong transparansi timeline implementasi.

    “Kalau di IDPRO kami melihat bahwa data center ini sangat strategis dalam melakukan proses transformasi digital di pemerintahan dan kami dari pihak swasta melihat bahwa potensi bersama dengan private sector ini sangat baik. Karena kita secara strategis bisa menjaga strategi data pandang dengan PDN sebagai aset nasional nanti ke depannya,” tegasnya.

    Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Digital Meutya Hafid mengungkap proyek PDN Cikarang telah selesai diserahterimakan. Namun, operasionalisasinya masih menunggu hasil pengujian keamanan dari BSSN.

    “Pada prinsipnya secara profesional handover PDN sudah dilakukan, jadi sekarang sudah siap. Namun demikian, untuk melakukan pelayanan tentu harus ada security test yang kami lakukan bersama dengan BSSN. Jadi kami masih dalam tahap penyiapan pembuatan security dan keamanannya. Keamanannya benar-benar sampai aman,” ujar Meutya, Senin (7/7/2025).

    Meutya belum memastikan jadwal baru pengoperasian PDN, meskipun sebelumnya direncanakan mulai berjalan pada Juni 2025.

    Pada Juni 2025, Inspektur Jenderal Komdigi, Arief Tri Hardiyanto, sebelumnya juga menjelaskan bahwa penundaan terjadi karena temuan dalam assessment keamanan yang masih perlu ditindaklanjuti.

    “Intinya kami memastikan bahwa PDN Cikarang itu akan beroperasi dalam kondisi yang memang benar-benar sudah siap,” ujarnya.

    Bisnis coba mengonfirmasi mengenai penyebab penilaian uji keamanan di BSSN berjalan lama, termasuk dugaan belum memadainya sistem PDN, ke Dirjen Teknologi Pemerintah Digital Komdigi Mira Tayiba. Hingga berita ini diturunkan Mira tidak memberi jawaban.

  • Di Swiss, Menkum Bicara Digitalisasi Layanan Kekayaan Intelektual di RI

    Di Swiss, Menkum Bicara Digitalisasi Layanan Kekayaan Intelektual di RI

    Di Swiss, Menkum Bicara Digitalisasi Layanan Kekayaan Intelektual di RI
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Menteri Hukum Republik Indonesia,
    Supratman Andi Agtas
    , menyatakan Indonesia berkomitmen untuk melakukan
    transformasi digital
    dalam pengelolaan
    kekayaan intelektual
    (KI).
    Hal tersebut disampaikan Supratman dalam pembukaan Sidang Umum ke-66 World Intellectual Property Organization (WIPO) di Jenewa, Swiss, Selasa, (8/7/2025).
    “Selaras dengan poin empat Asta Cita pemerintahan Prabowo Subianto. Tujuan kami adalah menyediakan layanan KI yang lebih cepat, lebih transparan, inklusif, dan lebih mudah diakses oleh masyarakat maupun pelaku bisnis. Untuk itu, kami sedang mencari berbagai alternatif dan teknologi, termasuk milik WIPO, untuk meningkatkan produktivitas dan membuat sistem lebih mudah diakses lagi,” kata Supratman dalam keterangan tertulis, Selasa.
    Supratman mengatakan, percepatan transformasi digital di sektor kekayaan intelektual merupakan respons terhadap pesatnya perkembangan teknologi dan ekonomi berbasis inovasi.
    Menurut dia, Indonesia juga ingin menjadi negara yang aktif membentuk ekosistem KI global yang inklusif dan berdaya saing.
    “Saat ini, semua layanan KI di Indonesia sudah dilakukan secara daring, mulai dari layanan pengajuan permohonan, pasca permohonan, bahkan pengaduan dan permintaan informasi juga bisa dilakukan secara
    online
    ,” ujarnya.
    Supratman mengatakan, transformasi digital layanan KI berdampak bagi peningkatan jumlah permohonan KI di Indonesia yang terus meningkat selama satu dekade terakhir.
    Dia menyebutkan, jumlah permohonan KI di semester I tahun 2025 sebanyak 152.115 permohonan atau 20,02 persen lebih banyak dibandingkan semester I tahun 2024 yang mencapai 126.744 permohonan.
    “Pencatatan hak cipta sebanyak 78.209 mendominasi jumlah permohonan KI ini, disusul oleh merek sebanyak 64.388 permohonan. Permohonan paten dan desain industri juga meningkat. Permohonan paten sebanyak 5.831 permohonan, disusul desain industri dengan 3.668 permohonan,” tuturnya.
    Supratman mengatakan, sebagai bentuk konkret dari penguatan ekosistem KI, Indonesia tengah memutakhirkan regulasi nasional, seperti revisi Undang-Undang Paten, Desain Industri, dan Hak Cipta.
    Dia berharap langkah legislasi ini dapat memberikan kepastian hukum sekaligus melindungi hak para kreator dan inovator secara lebih adaptif.
    Selain itu, delegasi Indonesia juga mempersembahkan sebuah pameran khusus bertajuk “Local Roots, Global Reach: Showcasing Indonesia’s Intellectual Properties” sebagai bagian dari kegiatan sampingan
    Sidang Umum WIPO
    .
    Pameran ini menampilkan karya dan produk unggulan berbasis KI yang lahir dari kekayaan budaya dan inovasi lokal Indonesia.
    “Kami mengundang seluruh delegasi untuk mampir ke pameran kami, menikmati karya-karya yang dipamerkan, dan tentu saja, berinteraksi langsung dengan para kreatornya,” kata dia.
    Lebih lanjut, Supratman mengapresiasi berbagai dukungan teknis dan pengembangan kapasitas dari WIPO, khususnya dalam bidang komersialisasi KI, pengembangan UMKM, dan penguatan branding Indikasi Geografis.
    Pemerintah Indonesia menegaskan komitmennya untuk terus mendukung kerja sama internasional dalam penguatan sistem KI global yang adil dan berkelanjutan.
    “Dengan langkah ini, Indonesia berharap dapat mempercepat terwujudnya sistem pelindungan KI yang modern, inklusif, dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Sistem ini akan mendukung kesadaran dan pemahaman KI yang terus meningkat di Indonesia agar semakin tangguh dalam menghadapi era digital serta kompetisi global yang semakin dinamis,” ucap dia.
    Untuk diketahui, Sidang Umum WIPO adalah pertemuan tahunan tertinggi dari organisasi ini yang diselenggarakan setiap tahunnya.
    Peserta sidang umum ini adalah perwakilan 193 negara anggota WIPO, organisasi internasional, serta stakeholder lainnya.
    Melalui sidang umum ini akan dibahas berbagai kebijakan strategis KI secara global, pembahasan isu KI terkini, serta pengadopsian traktat atau perjanjian internasional terkait KI.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • DMMX Usung AI Digital Human: Merevolusi Retail Indonesia Melalui DIGIMAXTalk Vol.3 – Page 3

    DMMX Usung AI Digital Human: Merevolusi Retail Indonesia Melalui DIGIMAXTalk Vol.3 – Page 3

     

    Liputan6.com, Jakarta – Di era transformasi digital yang kian pesat, artificial intelligence (AI) telah menjadi fondasi utama untuk meningkatkan daya saing bisnis.

    AI memungkinkan efisiensi operasional, personalisasi pengalaman pelanggan, dan pengambilan keputusan berbasis data secara real-time.

    Menyadari pentingnya hal ini, PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX) terus berkomitmen menjadi pelopor inovasi teknologi di sektor retail Indonesia dengan meluncurkan DIGIMAXTalk Media Series Volume 3.  

    Setelah sukses menarik perhatian lebih dari 70 pelaku UMKM pada acara sebelumnya dengan membahas digitalisasi dan tren media sosial, DIGIMAXTalk Vol.3 kini hadir dengan format yang lebih strategis.

    Acara ini secara khusus menargetkan media arus utama, media bisnis dan teknologi, serta media vertikal niche untuk memperluas publikasi dan mengintensifkan kampanye edukasi tentang adopsi teknologi digital di sektor retail.

    Mengusung tema “Media Meets AI: Kolaborasi Cerdas, Peluang Luas bersama DMMX,” acara ini bertujuan memperkenalkan inovasi terbaru DMMX: AI Digital Human kepada media melalui demo produk interaktif.

    Selain itu, DMMX juga ingin membangun kolaborasi strategis untuk memperkuat publikasi, distribusi konten digital, dan membuka peluang sinergi komersial.

    AI Digital Human adalah teknologi kecerdasan buatan komprehensif yang dirancang untuk menciptakan interaksi pelanggan yang lebih personal, responsif, dan berbasis data.

    Hal ini diharapkan dapat meningkatkan loyalitas konsumen dan efisiensi bisnis retail. Melalui acara ini, DMMX menegaskan posisinya sebagai pionir solusi digital end-to-end untuk ekosistem retail di Indonesia.

    Selain itu DMMX sekaligus mengajak media untuk menjadi mitra eksklusif dalam berbagai kampanye, termasuk program sewa acara dan aktivasi digital, demi menciptakan ekosistem promosi yang lebih luas, berkelanjutan, dan saling menguntungkan.

  • NeutraDC Nxera Batam-Medco Power Hadirkan Renewable Energy Data Center

    NeutraDC Nxera Batam-Medco Power Hadirkan Renewable Energy Data Center

    Jakarta, CNBC Indonesia – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usaha PT Teknologi Data Infrastruktur (NeutraDC Nxera Batam) menjalin kerja sama dengan PT Medco Power Indonesia (Medco Power). Kerja sama ini untuk mengimplementasikan penggunaan energi terbarukan untuk operasional data center.

    Kolaborasi ini ditandai melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dalam rangkaian acara SIJORI WEEK: Batam Interconnect World Forum 2025 yang digelar di Batam, Senin (7/7). Penandatanganan dilakukan oleh CEO NeutraDC Nxera Batam Indrama YM Purba dengan Director, Chief Commercial and Business Development Officer Medco Power Femi Sastrena.

    CEO NeutraDC Nxera Batam Indrama YM Purba mengatakan bahwa melalui kerja sama ini, secara resmi NeutraDC Nxera Batam menunjukkan komitmennya terhadap sustainability digital hub.

    Menurut dia, sebagai hub dari infrastruktur digital, penting untuk memperhatikan keberlanjutan dengan memanfaatkan energi terbarukan di tengah tingginya kebutuhan penggunaan energi untuk infrastruktur data center yang berskala hyperscale. Komitmen ini juga menjadi sinergi strategis dalam mendukung infrastruktur digital di Indonesia yang saat ini banyak mendapatkan permintaan untuk pemenuhan kebutuhan AI.

    “Kami menyediakan infrastruktur data center yang menjadi AI enabler, sehingga memerlukan energi yang besar untuk dapat menunjang kebutuhan AI. Sehingga melalui kolaborasi ini, kami tetap dapat memperhatikan lingkungan,” ungkap Indrama dikutip Selasa (8/7/2025).

    Director, Chief Commercial, and Business Development Officer Medco Power Femi Sastrena menegaskan kolaborasi ini bersamaan dengan langkah Medco Power dalam penyediaan energi terbarukan melalui pengembangan pembangkit surya di sekitar kawasan Kabil Integrated Industrial Estate (KIIE).

    “Kolaborasi dengan NeutraDC Nxera merupakan langkah penting Medco Power untuk berperan aktif mendukung transformasi digital dan mengembangkan pembangkit berbasis renewable khususnya di Batam,” jelas

    Sebagai informasi, Batam berkembang sebagai hub data center Indonesia dengan potensi menjadi enabler AI. Kehadiran fasilitas milik NeutraDC Group melalui NeutraDC Nxera Batam memperkuat posisi ini dengan menghadirkan data center berkapasitas lebih dari 60MW IT Load yang dibangun dengan konsep green building.

    Pembangunan gedung Hyperscale Data Center Batam sudah dirancang dengan konsep dekarbonisasi. Sehingga kolaborasi ini sejalan dengan prinsip NeutraDC dalam hal penggunaan energi terbarukan.

    Sebelumnya, kerja sama dengan Medco Power dilakukan oleh anak usaha Telkom, NeutraDC Group, melalui penandatangan MoU pada Juli 2023 lalu. Sehingga, kolaborasi NeutraDC dengan Medco Power telah dilakukan sejak awal untuk mewujudkan komitmen menuju Net Zero Emission di Indonesia.

    CEO NeutraDC Group Andreuw Th.A.F menyampaikan kolaborasi dengan Medco merupakan wujud penerapan ESG yang diimplementasikan dalam pembangunan data center.

    “Tidak hanya di Batam, NeutraDC juga memiliki data center yang telah menerapkan renewable energy yang berlokasi di Cikarang. Sebagai bagian dari TelkomGroup, NeutraDC terus memperkuat peran dalam mendorong digitalisasi Indonesia secara berkelanjutan, dengan menghadirkan solusi infrastruktur yang mendukung AI, konektivitas, dan komitmen menuju Net Zero Emission,” pungkas dia.

    (rah/rah)

    [Gambas:Video CNBC]

  • World AI Show 2025 Digelar, Indonesia Tunjukkan Peran Strategis dalam Ekosistem AI – Page 3

    World AI Show 2025 Digelar, Indonesia Tunjukkan Peran Strategis dalam Ekosistem AI – Page 3

    Pada kesempatan yang sama, Ketua Komite Tetap Kamar Dagang dan Industri Jakarta (Kadin Jakarta) sekaligus Co-Chairman Association of Digital Leader Indonesia (ADI), Arif Ilham Adnan, menekankan pentingnya transformasi digital berbasis kecerdasan artifisial (AI) sebagai elemen kunci dalam mendorong daya saing dan ketahanan ekonomi.

    Arif menyebutkan teknologi AI bukan lagi sekadar inovasi, melainkan telah menjadi kekuatan transformatif utama yang mengubah wajah industri, ekonomi, dan masyarakat secara global.

    Dalam konteks tersebut, Jakarta sebagai jantung ekonomi nasional, diharapkan mampu menjadi pelopor dalam mengintegrasikan AI secara strategis demi menciptakan nilai tambah yang signifikan.

    “Kecerdasan artifisial telah berkembang dari sebuah inovasi menjadi kekuatan transformatif yang lebih krusial, yang membentuk ulang ekonomi, industri, dan masyarakat. Sebagai jantung ekonomi Indonesia, Jakarta menerima hal ini sebagai sebuah keharusan. Ini adalah keharusan. Ini bukan pilihan. Ini adalah landasan bagi kepemimpinan kompetitif organisasi Anda di pasar,” kata Arif dalam sambutannya.

    Menurutnya, organisasi yang berhasil mengadopsi AI secara terarah mampu meningkatkan pengalaman pelanggan, memberdayakan talenta, dan mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan. Namun, keberhasilan tidak hanya ditentukan oleh teknologi semata, melainkan juga membutuhkan perencanaan matang dan keselarasan dengan tujuan bisnis inti.

     

     

  • Manuver XLSMART Pacu Pendapatan di Segmen B2B, Bidik Sektor Perbankan-Manufaktur

    Manuver XLSMART Pacu Pendapatan di Segmen B2B, Bidik Sektor Perbankan-Manufaktur

    Bisnis.com, JAKARTA — PT XLSmart Telecom Sejahtera Tbk. (XLSMART) berupaya mengoptimalkan pendapatan di segmen business to business (B2B) dengan menghadirkan layanan yang berfokus pada peningkatan produkti. Berbagai layanan disiapkan untuk mengincar sejumlah sektor mulaiu dari perbankan hingga manufaktur.

    Direktur & Chief Enterprise Strategic Relationship Officer XLSMART Andrijanto Muljono mengatakan perusahaan menghadirkan solusi mulai dari Drone for Manufacture, Industrial IoT, sampai dengan AI Computer Vision dirancang oleh untuk mengoptimalkan bisnis pelanggan korporasi. 

    “Inovasi-inovasi ini dirancang untuk menciptakan ekosistem digital yang lebih kuat dan adaptif, serta mendorong efisiensi operasional dan pengambilan keputusan berbasis data yang lebih cerdas bagi pelanggan B2B kami,” kata Andrijanto kepada Bisnis, Selasa (8/7/2025).

    Dia menjelaskan manufaktur, perbankan, dan finansial menjadi sektor paling masif dalam menggunakan solusi-solusi perseroan. 

    Di manufaktur, solusi-solusi seperti AI Computer Vision/AI Visual Inspection diadopsi untuk optimasi proses produksi, quality control, dan keselamatan kerja.

    Dia menyebut adopsi layanan-layanan di atas memungkinkan peningkatan efisiensi operasional dan pengurangan biaya secara signifikan oleh perusahaan.

    Sementara di perbankan dan finansial, XLSmart mendukung transformasi digital di sektor ini dengan solusi Telco API & Data Insights sebagai analitik data untuk mengenal pelanggan lebih baik dan membantu dalam pengambilan keputusan.

    Andrijanto mengeklaim terjadi pertumbuhan yang signifikan sektor B2B ICT XLSMART sampai dengan pertengahan tahun ini. Terutama didorong oleh adopsi solusi inovatif beyond connectivity.

    “Kami melihat peningkatan permintaan yang kuat dari berbagai industri yang menyadari potensi transformasi digital untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas dan daya saing bisnis,” ujarnya.

    Selain manufaktur, perbankan, dan finansial, secara spesifik XLSmart menargetkan sektor transportasi dan logistik, natural resources, ritel, serta publik sektor dan healthcare.

    Sementara itu, UMKM dinilai menjadi segmen pasar potensial. Terutama, UMKM yang sedang aktif dalam upaya transformasi digital, dengan fokus pada peningkatan efisiensi operasional, keamanan, dan pengambilan keputusan berbasis data.

    500 Perusahaan

    Sebelumnya, Adrijanto mengatakan fokus tahun ini adalah memberikan solusi terintegrasi bagi segmen enterprise yang dinilai paling potensial.

     “Kami tahun ini mencanangkan akan menggarap 500 enterprise terbesar, perusahaan-perusahaan yang kami anggap sebagai klien-klien besar,” kata Andrijanto kepada Bisnis.

    Dari total 500 perusahaan yang dibidik, XLSMART memetakan lima sektor utama yang menjadi kontributor terbesar antara lain kesehatan & layanan publik, manufaktar & logistik, teknologi & ISP, ritel, hingga perusahan pertambangan dan mineral.

    Andrijanto mengatakan solusi yang ditawarkan tidak hanya sebatas layanan jaringan, tetapi juga mencakup kebutuhan teknologi dan solusi digital vertikal yang disesuaikan dengan kebutuhan tiap sektor. 

    XLSMART menegaskan keunggulan pada kualitas dan cakupan jaringan yang luas, serta bundling solusi yang tidak hanya terbatas pada Internet of Things (IoT), melainkan juga Information and Communication Technology (ICT) secara lebih komprehensif.

    Adrijanto berharap dengan potensi besar itu segmen B2B ditargetkan dapat memberikan kontribusi minimal 20% terhadap total pendapatan perusahaan di tahun berjalan.

    Optimisme ini didorong oleh kebutuhan transformasi digital yang makin tinggi di kalangan korporasi besar, serta kesiapan XLSMART dalam menyediakan layanan yang terintegrasi dan scalable.

    Langkah agresif XLSMART sejalan dengan tren pertumbuhan pasar telekomunikasi B2B global yang diproyeksikan akan terus meningkat signifikan. 

    Menurut riset Future Market Insights, nilai industri ini diperkirakan mencapai US$89,23 miliar pada 2025 dan melonjak hingga US$293,05 miliar pada 2035, dengan pertumbuhan tahunan rata-rata (CAGR) 12,6%.

    Pertumbuhan ini didorong oleh adopsi cloud, perluasan jaringan 5G, digitalisasi industri, serta kebutuhan akan solusi komunikasi yang aman dan efisien di tengah maraknya kerja jarak jauh dan transformasi digital di berbagai sektor

    Selain memperkuat portofolio produk dan solusi, XLSMART juga terus berinvestasi dalam perluasan dan peningkatan kualitas jaringan, termasuk backbone mobile dan fiber optik, untuk mendukung kebutuhan enterprise di berbagai wilayah, termasuk kawasan suburban dan rural.