Topik: transformasi digital

  • Tidak Sekadar Perayaan, HUT Ke-80 RI Jadi Semangat Pendorong Program Prioritas Presiden
                
                    
                        
                            Nasional
                        
                        17 Agustus 2025

    Tidak Sekadar Perayaan, HUT Ke-80 RI Jadi Semangat Pendorong Program Prioritas Presiden Nasional 17 Agustus 2025

    Tidak Sekadar Perayaan, HUT Ke-80 RI Jadi Semangat Pendorong Program Prioritas Presiden
    Penulis
    KOMPAS.com
    – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-80 Republik Indonesia tidak sekadar momen perayaan atau seremonial, tetapi juga menjadi semangat pendorong pemerintah dan aparatur sipil negara (ASN) dalam menyukseskan program-program prioritas Presiden RI Prabowo Subianto.
    Semangat ini tercermin dalam tema HUT ke-80 RI, yakni “Bersatu Berdaulat, Rakyat Sejahtera, Indonesia Maju”, yang mencerminkan tekad bangsa Indonesia untuk bersatu dan mengusung kesepahaman sebagai satu bangsa.
    “Saya sangat optimis Indonesia akan semakin maju. Presiden Prabowo Subianto dalam beberapa kesempatan telah menyampaikan banyak capaian, dan kami optimis masih banyak potensi yang bisa dikembangkan, terutama melalui program prioritas Presiden,” ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Rini Widyantini melalui siaran persnya, Minggu (17/8/2025).
    Memasuki usia ke-80 RI, Rini berharap Kementerian PANRB dapat terus mendorong reformasi birokrasi agar pelayanan publik semakin berdampak, cepat, efisien, dan akuntabel.
    Inovasi dalam tata kelola pemerintahan, transformasi digital, peningkatan kualitas sumber daya aparatur, serta perbaikan pelayanan publik menjadi kunci untuk mewujudkan Indonesia yang maju dan sejahtera.
    Rini juga berharap aparatur negara yang menjalankan roda pemerintahan menjadikan kemerdekaan sebagai momentum untuk meningkatkan kinerja, memperkuat sinergi antarinstansi, dan meneguhkan tekad dalam melayani bangsa dan negara dengan sebaik-baiknya. Upaya ini diharapkan menjadi daya dorong untuk mencapai Indonesia Emas 2045.
    “Ini tidak sekadar perayaan hari kemerdekaan, tetapi juga menunjukkan antusiasme kita dalam mengekspresikan rasa cinta Tanah Air sekaligus kebanggaan sebagai warga negara Indonesia,” ujar Rini.
    Lebih lanjut, ia menyampaikan, Kementerian PANRB turut mendukung program Asta Cita Presiden yang menjadi kompas pembangunan nasional.
    Salah satu fondasinya adalah membangun sumber daya manusia (SDM) unggul untuk birokrasi yang bersih, lincah, dan mampu menjawab tuntutan zaman.
    Dukungan terhadap program prioritas Presiden juga mencakup pemenuhan kebutuhan dasar rakyat, mulai dari pangan yang menyehatkan, layanan kesehatan, pendidikan untuk mengentaskan kemiskinan, pemberdayaan ekonomi rakyat, hingga penyediaan rumah yang layak.
    Rini mengungkapkan, Presiden Prabowo Subianto tidak sekadar membangun program, tetapi juga sedang membangun peradaban baru bagi bangsa Indonesia.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • BNI Luncurkan Platform Direct Bisnis, Bayar Pajak & Gaji Jadi Lebih Mudah

    BNI Luncurkan Platform Direct Bisnis, Bayar Pajak & Gaji Jadi Lebih Mudah

    Jakarta

    PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI resmi meluncurkan BNIdirect bisnis, platform digital yang dirancang khusus untuk membantu pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Peluncuran ini berlangsung pada acara BNI WondrX 2025 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Jumat (15/8).

    Direktur Information Technology BNI, Toto Prasetio, mengatakan platform ini dibuat untuk memudahkan proses pengelolaan keuangan bisnis yang lebih sederhana, cepat, efisien, dan terintegrasi.

    “Dengan tagline #BisnisGakRibet, kami ingin memberikan pengalaman perbankan digital yang relevan, mudah digunakan, dan membantu pebisnis fokus pada pertumbuhan usahanya di tengah kondisi ekonomi yang penuh tantangan,” ujar Toto dalam keterangan tertulis, Jumat (15/8/2025).

    Berbeda dengan BNIdirect cash untuk korporasi besar, BNIdirect bisnis ditujukan untuk para UMKM dengan tampilan dan fitur yang lebih intuitif, serta alur penggunaan yang mudah dipahami. Fitur unggulannya meliputi rekap finansial real-time, instant transfer, serta single user untuk memproses pembayaran lewat satu akun. Semua transaksi dapat diakses kapan saja dan di mana saja.

    Dalam peluncurannya, BNI juga menggelar talkshow bertema ‘Strategi Kelola Keuangan & Pajak UMKM di Era Digital’. Narasumber yang hadir membahas pengelolaan keuangan di tengah ketidakpastian ekonomi, kebijakan perpajakan UMKM, serta dukungan perbankan dari pembiayaan hingga solusi digital.

    Selain itu, BNI juga mengembangkan UMKM melalui BNI Xpora yang menyediakan pelatihan, pembiayaan, pendampingan, dan akses pasar global. Program ini menghubungkan pelaku UMKM dengan ekosistem bisnis yang lebih luas, meliputi eksportir, pembeli, dan mitra strategis.

    BNI berharap BNIdirect Bisnis menjadi katalis percepatan transformasi digital sektor UMKM, sejalan dengan misi membangun ekosistem ekonomi digital Indonesia yang inklusif, efisien, dan berkelanjutan.

    Tak hanya BNIdirect Bisnis, BNI bekerja sama dengan PT JCB International Indonesia meluncurkan produk kartu kredit terbaru, BNI JCB Corporate Card. Kartu kredit ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan transaksi operasional perusahaan Jepang yang beroperasi di Indonesia.

    Kartu kredit ini menawarkan desain eksklusif bertema kota Tokyo, serta berbagai fitur dan benefit yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis di era digital.

    Direktur Consumer Banking BNI Corina Leyla Karnalies mengatakan, BNI JCB Corporate Card merupakan bagian BNI menghadirkan inovasi sistem pembayaran non-tunai yang efisien dan terintegrasi, sehingga memudahkan perusahaan dalam mengatur pengeluaran di era digital.

    “Sejalan dengan semangat Menemani Tiap Langkahmu, pemegang kartu dapat menikmati berbagai reward yang mendukung gaya hidup aktif dan produktif, mulai dari akses eksklusif ke airport lounge di lima bandara, cashback green fee di klub golf pilihan, diskon layanan kesehatan, hingga penawaran spesial kuliner di restoran Jepang pilihan,” ujar Corina.

    BNI JCB Corporate Card menawarkan fleksibilitas limit, notifikasi transaksi, layanan Call Center dan PIC Corporate 24 jam, serta fasilitas perjalanan dinas melalui BNI TeleTravel. Selain keuntungan dari BNI, pemegang kartu juga memperoleh berbagai keistimewaan dari JCB.

    Fasilitas tersebut mencakup akses ke lounge bandara internasional di hampir seluruh negara tujuan favorit, cashback untuk transportasi umum di Jepang, layanan pemeriksaan kesehatan dan deteksi dini kanker, hingga harga spesial menu omakase di restoran Jepang pilihan di Indonesia. Pemegang kartu juga dapat menikmati beragam program eksklusif lainnya, baik di dalam maupun luar negeri.

    BNI memastikan proses pengajuan BNI JCB Corporate Card dapat dilakukan dengan mudah melalui Kantor Cabang BNI terdekat atau Relationship Manager BNI.

    “Kami berharap kolaborasi dengan JCB ini dapat dapat mendukung kelancaran operasional perusahaan Jepang di Indonesia sekaligus memperkuat ekosistem transaksi non-tunai yang praktis, aman, dan bernilai tambah tinggi,” imbuhnya

    (anl/ega)

  • Dukung Digitalisasi Layanan Publik, Jalan Tol Makassar Terapkan Struk Digital Mulai 17 Agustus 2025

    Dukung Digitalisasi Layanan Publik, Jalan Tol Makassar Terapkan Struk Digital Mulai 17 Agustus 2025

    Fajar.co.id, Makassar – PT Makassar Metro Network (MMN) dan PT Makassar Airport Network
    (MAN) pengelola dan operator Jalan Tol Makassar akan menerapkan penggunaan struk digital untuk
    seluruh transaksi di semua Gerbang Tol Otomatis (GTO), mulai 17 Agustus 2025. Kebijakan ini
    merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam mendukung transformasi digital serta
    peningkatan layanan kepada pengguna jalan.

    Direktur Utama PT Makassar Metro Network, Ismail Malliungan, menjelaskan bahwa kebijakan ini
    dirancang untuk memberikan kemudahan bagi pengguna jalan tol, sekaligus menghadirkan solusi yang
    ramah lingkungan.

    “Penerapan struk digital merupakan langkah konkret perusahaan dalam mendukung digitalisasi layanan publik, sekaligus mengedepankan keberlanjutan lingkungan melalui pengurangan penggunaan kertas. Inisiatif ini juga memberikan manfaat langsung bagi pengguna jalan tol, dengan memudahkan akses dalam penyimpanan bukti transaksi tanpa harus khawatir kehilangan struk fisik” ujarnya.

    Pengguna jalan tol nantinya akan mendapatkan bukti transaksi dalam format digital yang dapat
    diakses melalui situs resmi perusahaan www.tolmakassar.com dan Aplikasi NITA. Selain meningkatkan kenyamanan pengguna, penerapan struk digital ini juga diharapkan bisa mempercepat proses transaksi di gerbang tol dan mengurangi antrean kendaraan.

    Penerapan struk digital ini sejalan dengan amanat Undang-Undang tentang Penyelenggaraan Sistem
    dan Transaksi Elektronik yang mengatur tentang tata cara penggunaan sistem elektronik dalam
    transaksi, serta mengakui keabsahan struk digital sebagai bukti pembayaran yang sah. Melalui
    kebijakan ini, perusahaan juga turut mendukung inisiatif penerapan digitalisasi layanan publik,
    sekaligus memperkuat implementasi prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam
    kegiatan operasional perusahaan.

  • Promo Telkomsel, Indosat, Indibiz dan XLSmart, Sambut Hari Kemerdekaan 17 Agustus

    Promo Telkomsel, Indosat, Indibiz dan XLSmart, Sambut Hari Kemerdekaan 17 Agustus

    Bisnis.com, JAKARTA — Hari Kemerdekaan Indonesia bukan hanya dinanti karena sejarah panjangnya.  Bagi masyarakat, ini juga menjadi ajang untuk mencari sebanyak-banyaknya promo, sebab biasanya banyak merek yang mendiskon produknya dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan.

    Sejumlah provider internet, seperti Telkomsel, Indosat, dan XL Smart, juga turut menawarkan promo-promo khusus hari kemerdekaan, misalnya penawaran paket khusus, atau cashback.

    Berikut ini adalah rincian promo hari kemerdekaan yang ditawarkan masing-masing dari Telkomsel, Indosat, dan XL Smart dikutip dari laman resmi mereka:

    Telkomsel

    Provider satu ini menawarkan promo berupa cashback Dana dan ShopeePay. Pelanggan cukup membeli paket atau membayar tagihan halo lewat aplikasi MyTelkomsel, untuk pembayaran melalui Dana, minimal transaksi Rp60.000, dan untuk ShopeePay minimal Rp50.000.

    Setelahnya, pelanggan akan mendapatkan cashback maksimal Rp5.000 untuk Dana, dan cashback 17% maksimal Rp10.000 untuk Shopee.

    Selain promo tersebut, Telkomsel juga menawarkan promo HUT RI OMG!. Pelanggan cukup melakukan pembelian paket OMG! seharga Rp100.000, serta pembayaran via channel bank pilihan, lalu setelahnya tambahan pulsa sebesar Rp10.000 akan didapatkan.

    Ada juga Merdeka Deals, dengan pengguna dapat membeli paket layanan digital (video, musik, games) sebanyak-banyaknya via aplikasi MyTelkomsel, lalu akan berkesempatan memenangkan daily grand prize serta super grand prize dengan total ratusan juta rupiah.

    Indosat IM3

    Belum terlihat promo apapun yang ditawarkan Indosat IM3 untuk menyambut hari kemerdekaan, tetapi mereka tetap menawarkan promo seperti Freedom Internet dan Device Bundle.

    Freedom Internet menawarkan diskon paket internet sebesar 45%, pengguna dapat segera mengaktifkannya untuk keperluan streaming dan media sosial melalui aplikasi MyIM3, akun WhatsApp resmi IM3, atau UMB *123#.

    Sementara itu, khusus pengguna smartphone baru, promo Device Bundle akan menawarkan kuota bundling hingga 60 GB selama 1 tahun. Pengguna dapat membeli kartu perdana IM3, lalu mendaftar untuk paket bundling dengan melakukan panggilan *123*990*1*1*1#, lalu mengaktivasi paket.

    Gerai Indosat

    XL Smart Group

    XL menawarkan Paket Merdeka berupa kuota internet 17 GB seharga Rp25.000 dengan masa aktif 8 hari, dan eksklusif hanya tersedia di aplikasi MyXL. Promo ini hanya berlaku dari tanggal 15 Agustus hingga 18 Agustus.

    Lalu Smartfren juga menawarkan promo merdeka berupa diskon 35% untuk setiap pembelian paket kuota besarnya. Pengguna cukup membuka aplikasi MySmartfren, klik halaman beli paket untuk memilih kuota, lalu melakukan pembayaran.

    Sementara itu, Axis menawarkan promo untuk pembelian paket internet mereka dalam event Shopee 8.8. Paket internet yang terpilih turun harga hingga 12%, dan ini berlaku hingga 31 Agustus mendatang.

    Indibiz

    Salah satu solusi Telkom, Indibiz, menawarkan Promo Merdeka Berbisnis terdiri dari beberapa paket pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Menariknya, pilihan tersebut juga dibandrol dengan harga mulai Rp400.000 untuk kecepatan 75 Mbps, hingga Rp 1juta-an untuk kecepatan 300 Mbps.

    Telkom melalui Indibiz juga memberikan kesempatan menarik bagi pelanggan baru yang akan migrasi menggunakan internet bisnis cepat dari Indibiz, berkesempatan besar mendapat potongan hingga 70% untuk biaya pasang baru. 

    OVP Enterprise Marketing & Regional Management Telkom, Reni Yustiani sebagai enabler transformasi digital di Indonesia, Telkom melalui Indibiz terus menghadirkan kemudahan bagi pebisnis untuk mengakses solusi digital yang komprehensif dari Telkom.

    Untuk itu, lanjut Reni, peringatan HUT ke 80 Republik Indonesia dimaknai dengan kemerdekaan mendapat akses jaringan internet yang mudah dan cepat bagi pelaku usaha khususnya SME, termasuk kemudahan mendapat layanan solusi digital yang terintegrasi dari Indibiz. (Muhamad Rafi Firmansyah Harun)

  • Ketua KADIN DKI raih penghargaan inovasi transformasi digital UMKM

    Ketua KADIN DKI raih penghargaan inovasi transformasi digital UMKM

    Jakarta (ANTARA) – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) DKI Jakarta sekaligus pendiri Suri Nusantara Jaya (SNJ) Group Diana Dewi meraih penghargaan inovasi transformasi digital UMKM berupa “Lifetime Achievement Award” dalam ajang Malaysia Industry Award (MINDA) 2025.

    “Penghargaan ini saya dedikasikan untuk seluruh keluarga besar Suri Nusantara Jaya, para pelaku UMKM yang tak kenal lelah berjuang, serta semua pihak yang telah memberikan dukungan tak terhingga,” kata Diana dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

    Menurut dia, penghargaan tersebut menjadi cambuk bagi dirinya untuk terus berkontribusi terhadap perekonomian bangsa.

    Dia pun optimistis mampu mendorong transformasi digital Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam mengembangkan SNJ yang dikenal dengan jenama Toko Daging Nusantara.

    Melalui jenama tersebut, SNJ bertransformasi menjadi salah satu pemain utama dalam industri ritel daging di Indonesia dengan komitmen menyediakan produk halal, berkualitas, dan terjangkau bagi masyarakat.

    Keberhasilan Diana dalam membangun jenama itu juga membuktikan kepiawaiannya dalam mengelola bisnis, mulai dari skala kecil hingga menjadi pemimpin pasar di industrinya.

    Sementara itu, melalui kepemimpinannya di KADIN DKI Jakarta, ia aktif menginisiasi berbagai program yang bertujuan meningkatkan daya saing dan kemampuan adaptasi UMKM di era digital.

    Acara penganugerahan tersebut berlangsung di Kuala Lumpur Convention Centre (KLCC), Malaysia, pada Kamis (7/8) lalu.

    Ajang MINDA Awards 2025 yang diselenggarakan oleh Federation of Malaysian Business Associations (FMBA) memberikan apresiasi kepada sejumlah individu dan perusahaan yang menunjukkan pencapaian luar biasa dan memberikan dampak signifikan bagi industri di kawasan.

    Pewarta: Luthfia Miranda Putri
    Editor: Rr. Cornea Khairany
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Axis Perkuat Penetrasi Pasar Indonesia

    Axis Perkuat Penetrasi Pasar Indonesia

    Bisnis.com, JAKARTA—Axis Communications, perusahaan solusi video dan audio berbasis jaringan asal Swedia, memperkuat penetrasi pasar Indonesia seiring dengan pertumbuhan pelanggan.

    Johny Dermawan, Country Manager Indonesia Axis Communications, menyampaikan pihaknya sangat optimistis dengan perkembangan pasar di Indonesia. Oleh karena itu, perusahaan yang telah hadir di 50 negara tersebut resmi meluncurkan Axis Solution Center di Indonesia.

    “Kami optimistis dengan perkembangan bisnis di Indonesia, makanya investasi membuat Axis Solution Center di Indonesia,” ujarnya, Kamis (14/8/2025).

    Di Asia Pasifik, Axis Solution Center sebelumnya telah hadir di Malaysia, Singapura, Thailand, Jepang, hingga Australia. Perusahaan pun membuka peluang fasilitas serupa berikutnya di kota-kota lain di Indonesia.

    Axis Solution Center berfungsi sebagai galeri teknologi yang menampilkan inovasi terkini untuk sistem keamanan. Solution Center ini juga menjadi pusat demonstrasi di mana mitra dan pelanggan dapat secara langsung merasakan produk-produk Axis Communications, sekaligus menjadi platform untuk membangun kolaborasi dengan para pemangku kepentingan di seluruh Indonesia.

    Secara sederhana produk utama perusahaan adalah CCTV pintar yang mampu mendeteksi berbagai indikator, misalnya pergerakan manusia ataupun peningkatan suhu di ruangan. Bahkan, CCTV tersebut dilengkapi dengan kemampuan audio, sehingga bisa memberikan peringatan dini.

    “Fungsi kamera tidak hanya untuk keamanan, tetapi bisa mendeteksi hal lain seperti pergerakan manusia atau mobil. Sebagai contoh, kamera bisa mendeteksi mobil di mal yang parkir terlalu lama di depan lobi sehingga kamera bisa mengeluarkan sistem peringatan berupa audio, ataupun tanda peringatan tertentu,” jelasnya.

    Johny Dermawan menuturkan sistem Axis bisa digunakan lintas industri, baik pelanggan pemerintah maupun swasta. Axis Solution Center menampilkan produk yang mencakup kamera jaringan, audio jaringan, interkom jaringan, solusi manajemen video, analitik, dan lainnya.

    Misalnya, sistem ini akan menampilkan sensor lingkungan terbaru untuk mengukur kualitas udara, serta kamera termal untuk deteksi suhu, dan lainnya. Sistem audio terintegrasi dengan analitik video juga dihadirkan untuk meningkatkan keamanan publik.

    Axis Communications juga menyediakan kamera dengan perlindungan ledakan untuk lokasi berisiko tinggi seperti pabrik minyak, gas, bahan kimia, dan pupuk amonia, yang dilengkapi teknologi anti-getar untuk memastikan gambar tetap stabil dan jelas.

    Carl Malmqvist, Regional Director South Asia Pacific Axis Communications, mengatakan transformasi digital di Asia Tenggara terus berkembang seiring dengan meningkatnya pemahaman teknologi. Inovasi dan adopsi teknologi mendorong solusi keamanan yang semakin canggih.

    “Solution Center ini merupakan langkah strategis Axis untuk memperkuat kolaborasi dalam menghadapi tantangan keamanan di era konektivitas,” paparnya.

    Solution Center ini adalah yang pertama di Indonesia dan berlokasi di Jakarta. Kehadirannya melengkapi investasi Axis Communications di negara lain di kawasan Asia Pasifik, termasuk Malaysia, Thailand, dan Australia.

    Produk-produk Axis Communications telah digunakan untuk berbagai kebutuhan industri di seluruh dunia. Salah satunya di tambang Bílina di wilayah Bohemia Utara, Republik Ceko, di mana sebuah perusahaan pertambangan besar memasang banyak AXIS Q3505-VE Network Camera.

    Teknologi ini memungkinkan pemantauan area berisiko tinggi dan deteksi ancaman seperti amunisi sisa perang yang belum meledak, dengan kamera yang dipasang langsung di dalam mesin. Hal tersebut memastikan operator dapat bekerja dengan aman tanpa berada di dekat sumber bahaya.

    Sementara itu, di California, Amerika Serikat, Alert Wildfire memanfaatkan jaringan kamera PTZ Axis untuk melacak kebakaran hutan, mengidentifikasi titik api, memantau kebakaran berskala besar, dan menyediakan data penting untuk pengambilan keputusan terkait pengerahan sumber daya dan evakuasi.

    Di Indonesia, tantangan serupa juga dihadapi di berbagai sektor, mulai dari pertambangan hingga penanggulangan kebakaran hutan, yang memerlukan solusi keamanan dan teknologi andal untuk mendukung pemantauan, pengelolaan, dan kelancaran operasional.

  • Telkom Siap “AI-kan” Danantara

    Telkom Siap “AI-kan” Danantara

    Jakarta

    Telkom akan mempercepat penetrasi pasar melalui pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang rencananya diterapkan di Danantara.

    Direktur IT Digital Telkom, Faizal Rochmad Djoemadi mengungkapkan Danantara yang menurutnya sebagai ekosistem bisnis yang merepresentasikan “Indonesia kecil” dengan 1.046 perusahaan lintas 12 sektor vertikal dan 1 sektor horizontal.

    “Kami akan menjadi satu-satunya penyedia AI solution untuk Danantara. Dengan keragaman sektor yang dimilikinya, Danantara adalah playground terbaik untuk membuktikan kemampuan AI Big Box Telkom,” ungkapnya di media update “Penguatan Product Hero Digital & B2B Telkom di Market”, Jakarta, Kamis (14/8/2025).

    Faizal mengungkapkan bahwa keberhasilan program ini akan melahirkan model implementasi AI yang bisa direplikasi di berbagai industri di Indonesia.

    “Piloting pertama AI Big Box kami adalah meng-AI-kan Danantara. Kalau sukses, efeknya akan masif,” ucapnya.

    Proyek ini diproyeksikan menjadi tolok ukur transformasi digital nasional, menggabungkan skala, kompleksitas, dan kecepatan dalam satu ekosistem terintegrasi.

    Terkait kekhawatiran AI akan menggantikan manusia, Faizal menyebutkan bahwa penggunaan teknologi terkini itu punya peran penting sebagai pendamping di Danantara.

    “Kita gunakan AI sebagai pendamping headcount di Danantara, maka hasilnya akan lebih produktif. Itu jawaban yang menurut saya sangat tepat,” tuturnya.

    Sebagai informasi, salah satu platform unggulan Telkom, BigBox AI, menawarkan solusi berbasis AI yang cerdas dan inovatif dengan membantu perusahaan mengolah data dari berbagai sumber untuk menghasilkan insight bisnis yang bernilai. Dengan teknologi AI, perusahaan dapat memahami tren pasar, perilaku konsumen, dan dinamika industri dengan lebih cepat dan akurat.

    Di era digital, pemanfaatan AI dalam analisis data membantu bisnis tetap kompetitif dengan mengelola informasi penting dari pasar, kompetitor, dan konsumen secara efisien. Dengan banyaknya data yang tersebar di berbagai platform, pendekatan manual menjadi kurang efektif. AI memungkinkan perusahaan mengolah data dengan lebih cepat dan akurat, sehingga mendukung pengambilan keputusan yang lebih cerdas.

    Sebagai platform yang memanfaatkan solusi berbasis AI, BigBox AI mampu mengolah dan menganalisis data dari berbagai sumber, termasuk media sosial, laporan bisnis, dan dokumen digital. Dengan teknologi AI, BigBox AI dapat mengekstrak pola dan tren dari data untuk membantu perusahaan dalam mengambil keputusan strategis.

    (agt/agt)

  • Marak Serangan Hacker Bikin Pasar Keamanan Siber Tembus Rp 105 Triliun

    Marak Serangan Hacker Bikin Pasar Keamanan Siber Tembus Rp 105 Triliun

    Jakarta

    PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI), distributor teknologi terkemuka di Tanah Air, resmi menjalin kemitraan strategis dengan Sangfor Technologies, pemimpin global di bidang keamanan siber (cyber security) dan komputasi awan (cloud computing).

    Melalui kerja sama ini, SMI menjadi distributor resmi Sangfor di Indonesia, menghadirkan solusi keamanan siber dan infrastruktur TI yang inovatif, efisien, dan hemat biaya.

    Langkah ini menjawab lonjakan kebutuhan keamanan siber di Indonesia. Berdasarkan data GMI Research, pasar keamanan siber nasional yang bernilai USD 1,4 miliar pada 2024 diprediksi menembus USD 6,5 miliar atau setara Rp 105 triliun pada 2032, dengan pertumbuhan rata-rata 28% per tahun. Peningkatan ini dipicu oleh maraknya serangan siber, regulasi perlindungan data, serta percepatan transformasi digital di berbagai sektor.

    “Perusahaan-perusahaan di Indonesia kini menghadapi tekanan besar akibat meningkatnya ancaman siber, kebutuhan untuk memenuhi kepatuhan regulasi yang kompleks, serta keterbatasan anggaran TI,” ujar Lie Heng, Direktur PT Synnex Metrodata Indonesia dikutip dari siaran pers, Rabu (13/8/2025).

    Salah satu produk unggulan Sangfor, Hyper-Converged Infrastructure (HCI) diklaim mampu memangkas Total Cost of Ownership (TCO) hingga 70%, menyederhanakan operasional, dan meningkatkan keamanan dengan integrasi komputasi, penyimpanan, serta jaringan.

    Kemitraan ini menargetkan empat sektor dengan percepatan transformasi digital tertinggi. Pertama, Pemerintahan – Layanan digital aman, kepatuhan regulasi, dan kedaulatan data. Kedua, Ritel & E-Commerce – Mendukung pertumbuhan bisnis online yang aman dan scalable. Ketiga, Jasa Keuangan & Asuransi – Perlindungan dari ancaman siber finansial tingkat lanjut. Keempat, Manufaktur – Keamanan teknologi operasional dan perlindungan kekayaan intelektual.

    Sejak berdiri pada tahun 2000, Sangfor menawarkan solusi lengkap seperti Next-Generation Firewall (NGFW), Secure Web Gateway (SWG), Endpoint Detection & Response (EDR), Network Detection & Response (NDR), XDR, MDR, SASE, hingga solusi cloud seperti VDI, Enterprise Distributed Storage, dan Managed Cloud Service.

    Sangfor mempunyai modal kuat untuk bersaing karena mempunyai keunggulan Integrated Security Architecture, Cost-Effective Infrastructure Modernization, AI-Driven Security, dan Dukungan Lokal.

    “Dengan menggabungkan teknologi Innovatif Sangfor dengan keahlian pasar yang mendalam dan jaringan mitra yang luas dari Synnex Metrodata Indonesia, kami berfokus untuk menciptakan perubahan yang positif dan berkelanjutan bagi pasar di Indonesia,” kata Grayson Xia dari Sangfor Technologies.

    (agt/fay)

  • Indosat (ISAT) Andalkan AI dan Cloud Pacu Segmen B2B di Tengah Efisiensi

    Indosat (ISAT) Andalkan AI dan Cloud Pacu Segmen B2B di Tengah Efisiensi

    Bisnis.com, JAKARTA— PT Indosat Tbk. (ISAT) terus memperkuat layanan business-to-business (B2B) melalui beragam solusi berbasis teknologi canggih seperti kecerdasan artifisial (AI), cloud computing, dan keamanan siber. 

    Langkah ini dilakukan untuk mendukung transformasi digital pelanggan korporasi di Indonesia.

    Director and Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Muhammad Buldansyah mengatakan perusahaan berkomitmen untuk memberdayakan bisnis lewat akses ke beragam teknologi.

    “Indosat Ooredoo Hutchison berkomitmen untuk memberdayakan bisnis melalui akses ke teknologi kecerdasan artifisial (AI), cloud, dan keamanan untuk mendukung transformasi digital pelanggan melalui berbagai solusi,” kata Buldansyah kepada Bisnis pada Kamis (14/8/2025).

    Buldansyah menjelaskan, solusi yang ditawarkan mencakup layanan data center dan cloud yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, solusi backup dan disaster recovery, serta infrastruktur data center bersertifikasi global.

    Indosat Business juga menyediakan layanan cloud yang komprehensif, solusi keamanan siber terintegrasi untuk melindungi aset digital, data, dan pengguna perusahaan dari ancaman siber. 

    Selain itu, tersedia mobile solutions untuk mendukung komunikasi korporasi dan meningkatkan produktivitas, serta digital analytics dan solusi big data untuk mengoptimalkan pemasaran dan pengelolaan identitas pelanggan.

    Perusahaan juga menghadirkan digital applications guna mendukung bisnis dan loyalitas pelanggan, seperti aplikasi SaaS, WhatsApp Business API, dan chatbot AI.

    Layanan fixed services disiapkan untuk menyediakan konektivitas internet dan komunikasi suara berperforma tinggi. 

    Buldansyah menuturkan, kinerja segmen B2B menunjukkan pertumbuhan yang menjanjikan, terlihat dari kenaikan segmen Multimedia, Data Communication, and Internet (MIDI) sebesar 23,4% secara tahunan (year-on-year/YoY) sepanjang 2024.

    Ke depan, lanjutnya, perusahaan akan terus berinovasi secara tepat sasaran dan berkelanjutan.

    “Dengan fokus pada implementasi teknologi canggih seperti AI dan cloud guna menghadirkan solusi relevan sesuai kebutuhan pelanggan,” pungkasnya.

  • Dispusip DKI nilai digitalisasi kunci utama perpustakaan tetap adaptif

    Dispusip DKI nilai digitalisasi kunci utama perpustakaan tetap adaptif

    Jakarta (ANTARA) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengemukakan digitalisasi, termasuk pengklasifikasian koleksi secara elektronik, merupakan salah satu kunci utama bagi perpustakaan agar tetap adaptif menghadapi perubahan zaman.

    “Pengelolaan dan pengklasifikasian koleksi secara elektronik adalah kunci utama yang mewujudkan perpustakaan adaptif terhadap zaman,” kata Kepala Bidang Pembinaan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) DKI Jakarta Suryanto di Jakarta, Kamis.

    Dalam seminar bertema “Pengelolaan dan Pengklasifikasian Elektronik Perpustakaan Umum RPTRA”, dia mengatakan saat ini masyarakat tidak hanya membutuhkan buku secara fisik, tetapi juga layanan yang terintegrasi dan mudah diakses.

    “Ini sangat menentukan kecepatan dari pelayanan perpustakaan,” ujar Suryanto.

    Maka dari itu, dalam rangka mendukung transformasi digital, Pemprov DKI terus berupaya meningkatkan pembangunan infrastruktur yang terkoneksi dan terintegrasi.

    Salah satunya, terkait klasifikasi koleksi perpustakaan, Pemprov mengaplikasikan perangkat lunak berbasis web, yakni Senayan Library Management System (SLiMS).

    Perangkat lunak itu dapat membantu pustakawan dalam berbagai tugas, seperti mengelola data anggota, koleksi, peminjaman, pengembalian, dan pembuatan laporan.

    “Dengan sistem pengklasifikasian digital, integrasi melalui perangkat lunak, seperti SLiMS, kita dapat memastikan setiap koleksi tersusun rapi, mudah ditemukan, dan terhubung dengan katalog secara daring, sehingga dapat diakses oleh para pemustaka kapan pun dan di mana pun berada,” jelas Suryanto.

    Lebih lanjut, dalam upaya percepatan layanan, dia mengatakan pemanfaatan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) di perpustakaan juga dapat diterapkan untuk memperkuat fungsi perpustakaan sebagai pusat inovasi dan informasi.

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Rr. Cornea Khairany
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.