Topik: transformasi digital

  • BRI Bagikan Strategi Pengelolaan Keuangan dan Investasi Bagi Generasi Muda

    BRI Bagikan Strategi Pengelolaan Keuangan dan Investasi Bagi Generasi Muda

    Jakarta, Beritasatu.com — Tren gaya hidup kekinian yang semakin berkembang membuat banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat. Setiap generasi memiliki kondisi dan kebutuhan berbeda yang memunculkan tren keuangan baru terutama di kalangan anak muda.

    Di tengah pesatnya perkembangan ini, muncul juga tantangan yang harus dihadapi anak muda dalam mengelola keuangan. Salah satunya adalah pinjaman online atau pinjol. Menanggapi fenomena ini, BRI menghadirkan berbagai strategi untuk memberikan solusi keuangan yang berpihak pada nasabah sekaligus membantu mereka dalam mengelola keuangan.

    Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani mengungkapkan saat ini banyak anak muda yang terjebak dalam tren Latte Factor.

    “Istilah ini digunakan untuk menggambarkan pengeluaran kecil yang terlihat sepele seperti kopi, langganan streaming, atau makanan kekinian. Meski terlihat sepele, jika dijumlahkan nilainya bisa bikin dompet jebol,” ungkapnya.

    Kurangnya literasi keuangan membuat anak muda banyak yang terjebak dengan pemborosan. Hal ini pun mempengaruhi kondisi keuangan secara keseluruhan. Meskipun memiliki gaji yang cukup, namun masih banyak dari mereka yang tidak memiliki tabungan, dana darurat, bahkan investasi. Di sinilah pentingnya untuk mulai melakukan perencanaan keuangan sedini mungkin.

    Handayani memberikan contoh bahwa perencanaan keuangan bisa dimulai dari hal yang sederhana, yaitu membedakan kebutuhan dan keinginan.

    “Kebutuhan adalah hal-hal mendasar yang penting untuk kelangsungan hidup. Jika tidak ada, tidak bisa menjalani kehidupan sehari-hari. Contohnya rumah, pakaian, makanan dan minuman, biaya kesehatan dan lain-lain. Sementara itu, keinginan adalah hal-hal yang masih bisa diganti dengan barang lainnya. Jika tidak ada, tidak mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Misalnya saja barang branded, gadget keluaran terbaru, dan sebagainya,” lanjutnya.

    Fenomena lain dalam tren keuangan di era modern ini adalah maraknya pinjaman online atau pinjol.

    “Saat ini cukup banyak generasi muda yang terjerat pinjol. Berdasarkan data OJK karyawan dan pelajar merupakan profesi yang banyak terjerat pinjol (12%), di mana didominasi oleh generasi muda.” jelas Handayani.

    Menurutnya, ada beberapa faktor yang menyebabkanmasyarakat khususnya anak muda terjebak pinjol, salah satunya karena kemudahan akses teknologi dan internet.

    “Pinjaman online biasanya menawarkan skema pengajuan yang praktis, syarat mudah, dan approval instan sehingga lebihbanyak diminati. Selain itu, kondisi finansial yang tidak stabil membuat mereka tidak siap dengan adanya kebutuhan mendesak. Belum lagi gaya hidup konsumtif yang membuat pengaturan keuangan tidak berjalan sebagaimana mestinya. Akses informasi terkait pinjaman formal dan edukasi keuangan yang kurang membuat mereka dengan mudah tergiur untuk mengajukan pinjol,” jelas Handayani.

    Peluang dan Tantangan bagi Industri Perbankan

    Kehadiran pinjaman online pada akhirnya dapat mengubah lanskap industri perbankan di tanah air. Namun, hal ini juga menjadi peluang untuk mempercepat transformasi digital di perbankan.

    “Bank harus semakin gesit dalam mengembangkanproduk digital untuk menyaingi platform pinjaman online yang menawarkan kemudahan akses dan kecepatan layanan. Hal ini mendorong bank untuk terus berinovasi dalam layanan fintech, seperti mobile banking atau pinjaman digital berbasis aplikasi,” tambah Handayani.

    Tantangan maraknya pinjaman online ini juga yang ingin dijawab oleh BRI lewat berbagai strategi mereka yang berpihak pada masyarakat. BRI telah meluncurkan BRIGuna Digital melalui platform BRImo sebagai bagian dari strategi untuk menarik kembali nasabah yang mungkin beralih ke pinjol.

    BRImo merupakan super apps BRI yang memiliki lebih dari100 fitur untuk memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhan perbankannya. Nasabah tak hanya bisa menabung, tapi juga terintegrasi dengan ekosistem digital seperti belanja online, transportasi, dan hiburan sehingga menarik lebih banyakpengguna muda yang ingin solusi perbankan sekaligus gaya hidup hanya dalam satu aplikasi saja.

    BRImo juga menghadirkan fasilitas kredit konsumtif dan produktif dengan sumber pembayaran dari penghasilan tetapatau fixed income. Lewat fitur ini, pengguna bisa mendapatkan akses pinjaman yang mudah sekaligus melakukan pengelolaan dengan bijak.

    Pengajuan pinjaman di BRImo bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja (24/7), prosesnya dilakukan secara digital dengan cepat hanya sekitar 15 menit saja, bunga yang ditawarkan pun kompetitif.

    Tak berhenti sampai di situ, BRI juga terus menghadirkan program edukasi bagi masyarakat untuk mengingatkan pentingnya pengelolaan keuangan yang baik.

    “Tentu saja, BRI senantiasa memberikan literasi keuangan ke beragam segmen khususnya nasabah BRI mulai dari anak muda yang masih sekolah sampai dengan nasabah yang sudah pensiun. BRI juga rutin berkeliling universitas dalam rangka meningkatkan pemahaman anak muda dalam cara mengelola keuangan khususnya dalam memilih instrumen investasi dan menghindari pinjaman online,” pungkas Handayani.

  • Video: Kesiapan Industri Telco Dukung Ambisi Digitalisasi Era Prabowo

    Video: Kesiapan Industri Telco Dukung Ambisi Digitalisasi Era Prabowo

    Jakarta, CNBC Indonesia- Presiden Prabowo Subianto terus mendorong pengembangan transformasi digitalisasi diberbagai sektor sebagai penopang ekonomi nasional. Hal ini sejalan dengan target kontribusi ekonomi digital mencapai 20,2% di 2030 mendatang.

    President Director NEC Indonesia, Joji Yamamoto optimistis terhadap pengembangan transformasi digital di Indonesia. Hanya saja transformasi digitalisasi RI masih menghadapi tantangan terkait konektivitas jaringan telekomunikasi mengingat kondisi geografis RI yang terdiri atas ribuan pulau.

    Sebagai perusahaan penyedia solusi telekomunikasi informasi dan komunikasi di Indonesia, NEC Indonesia berkomitmen untuk berkontribusi dalam penyediaan jaringan telekomunikasi lewat penyediaan sistem kabel bawah laut yang telah memiliki pangsa pasar 85%. Di sisi lain, NEC juga terus mendorong layanan penguatan sistem keamanan siber di Indonesia lewat layanan interpol Indonesia.

    Seperti apa peran industri mendorong transformasi digitalisasi RI? Selengkapnya simak dialog Anneke Wijaya dengan President Director NEC Indonesia, Joji Yamamoto dalam Profit, CNBC Indonesia (Senin, 18/11/2024)

  • Masyarakat Makin Banyak Pakai QRIS buat Pembayaran, Begini Datanya

    Masyarakat Makin Banyak Pakai QRIS buat Pembayaran, Begini Datanya

    Jakarta

    Bank Indonesia (BI) mencatat transaksi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) mencapai 217,33% secara year on year hingga bulan Agustus 2024 dan jumlah merchant QRIS naik mencapai 33,77 juta. Meski begitu, pencapaian ini juga disertai tantangan, yakni tak lepas dari modus penipuan.

    Salah satu modus penipuannya, seperti screenshot transaksi palsu dan perubahan kode QRIS oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang merugikan konsumen dan UMKM. Untuk mengatasi hal tersebut, PT Netzme Kreasi Indonesia (Netzme) bersinergi dengan Bank Indonesia (BI) meluncurkan Sentra QRIS UMKM di Surakarta, Jawa Tengah pada Jumat (15/11) lalu.

    Sentra ini akan berfungsi sebagai pusat edukasi dan solusi QRIS yang aman bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah, sekaligus menjadi Hub Netzme untuk wilayah Jawa Tengah agar bisa berkolaborasi dengan lebih banyak lagi stakeholders di bidang pengembangan dan pemberdayaan UMKM.

    Kepala Manajemen Internal Kantor Perwakilan (KpW) Bank Indonesia Kota Solo Hapsari mengatakan sentra ini dapat mendukung pelaku UMKM dalam beradaptasi dengan transformasi digital. Dia menyebut inisiatif ini mencerminkan sinergi antara Bank Indonesia dan penyelenggara jasa pembayaran untuk mendorong akselerasi digitalisasi.

    “Diharapkan, kolaborasi ini dapat meningkatkan literasi keuangan dan inklusi digital di masyarakat, serta memperkuat daya saing UMKM di tingkat nasional dan global. Selain itu, Sentra QRIS UMKM ini dapat menjadi inspirasi bagi inovasi dan kolaborasi di sektor ekonomi, serta memperkuat ketahanan ekonomi menghadapi tantangan global di era digital,” kata Hapsari dalam keterangannya, dikutip Minggu (17/11/2024).

    Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan UMKM, Dinas Koperasi, UKM Perindustrian Surakarta Rini Indriyani mengatakan, dengan hadirnya Sentra ini menjadi salah satu platform untuk perkembangan UMKM di Solo dengan fokus pada pemanfaatan platform digital untuk meningkatkan transaksi dan keamanan. UMKM juga dapat memahami pentingnya digital payment dalam mempermudah transaksi bagi UMKM dan mendorong mereka untuk beradaptasi dengan dunia digital.

    Sentra QRIS UMKM Foto: Dok. Istimewa

    “Pada tahun 2023 menunjukkan bahwa jumlah UMKM di Solo mencapai sekitar 13.203 UMKM, dengan proyeksi meningkat menjadi sekitar 14 ribu pada tahun 2024 ini. Selain itu, terdapat sekitar 25 komunitas UMKM di Solo yang dapat berkolaborasi bersama dalam Sentra QRIS UMKM ini, yang diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan kemudahan dan keamanan digital,” jelas Rini.

    CEO PT Netzme Kreasi Indonesia Vicky G Saputra, mengatakan pihaknya mendukung pemerintah daerah, regulator, dan organisasi pendukung UMKM serta stakeholders lainnya agar para pelaku usaha bisa memanfaatkan QRIS secara lebih maksimal dalam mengembangkan bisnis UMKM.

    “Kami ingin memastikan UMKM dapat menikmati manfaat QRIS tanpa khawatir akan risiko penipuan yang belakangan ini cukup marak. Dengan solusi yang kami tawarkan, diharapkan UMKM akan semakin percaya diri dalam menggunakan QRIS secara berkelanjutan untuk kemajuan usaha mereka,” kata Vicky.

    Vicky juga menekankan bahwa QRIS Soundbox Netzme adalah solusi teknologi yang terjangkau dan mudah digunakan, dirancang khusus untuk kebutuhan UMKM. QRIS Soundbox Netzme diirancang khusus untuk UMKM agar menerima notifikasi suara dan tampilan nominal langsung saat transaksi penerimaan pembayarannya QRIS-nya sukses. Dengan QRIS Soundbox, pedagang tidak perlu lagi direpotkan dengan melakukan pengecekan transaksi melalui aplikasi dan bahkan meminta screenshot transaksi dari pelanggan, membuat proses transaksi lebih praktis dan aman, serta memberikan kenyamanan bagi pelanggan.

    “Dengan teknologi ini, kami berharap perekonomian digital di Jawa Tengah dapat terus bertumbuh. Kami juga optimis bahwa QRIS Soundbox Netzme akan menjadi solusi andalan bagi UMKM,” jelasnya Vicky.

    (kil/kil)

  • Banyak Fitur & Program Khusus, BYOND by BSI Raih Respon Positif Pasar

    Banyak Fitur & Program Khusus, BYOND by BSI Raih Respon Positif Pasar

    Jakarta, Beritasatu.com – Kehadiran Super App terbaru dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) yaitu BYOND by BSI mendapat respons positif dari masyarakat. Hal ini tercermin dari peningkatan signifikan jumlah unduhan, pengguna aktif, dan transaksi harian yang meningkat dua kali lipat sejak pertama kali hadir di layanan App Store dan Play Store pada 22 Oktober 2024.

    Direktur Utama BSI Hery Gunardi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada masyarakat yang telah antusias menyambut kehadiran BYOND yang merupakan hasil inovasi digital BSI. Pihaknya berkomitmen akan terus menambah dan memperkuat fitur-fitur di BYOND agar dapat terus relevan untuk menjawab setiap kebutuhan nasabah, sebagaimana tagline BSI sebagai sahabat finansial, sosial, dan spiritual.

    “Alhamdulillah, ini merupakan pencapaian luar biasa bagi BSI. Kami melihat tingginya minat masyarakat terhadap layanan digital berbasis syariah yang kami tawarkan melalui BYOND. Semuanya naik dua kali lipat sejak launching. Insya Allah, kami akan terus menjaga dan memperluas pertumbuhan ini dengan senantiasa memberikan layanan yang optimal melalui BYOND,” kata Hery.

    Hery menegaskan, kehadiran BYOND merupakan wujud komitmen BSI untuk selalu menjaga dan meningkatkan kualitas layanan guna menciptakan kepuasan dan loyalitas nasabah. Selain itu, BYOND juga menandakan upaya BSI dalam menghadirkan solusi layanan perbankan digital yang inklusif, modern, dan terintegrasi. 

    BYOND by BSI hadir dengan teknologi yang lebih baru dari pendahulunya, BSI Mobile. Selain pengkinian teknologi, SuperApp besutan BSI ini juga dilengkapi dengan modernisasi New UI/UX yang membuat tampilan aplikasi lebih fresh, re-branding, serta metode kerja baru dan ekosistem yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan nasabah. 

    Tidak hanya itu, BYOND juga diperlengkap dengan beragam program yang menarik untuk para nasabah. Seperti kemudahan dan potongan biaya dalam melakukan transaksi transfer dengan menggunakan BI Fast, layanan e wallet, top up, juga transaksi-transaksi lainnya.

    “Saat ini jumlah unduhan harian BYOND sudah lebih dari dua kali lipatnya unduhan harian BSI Mobile. Diharapkan nasabah yang masih menggunakan BSI Mobile dapat bermigrasi ke SuperApp BYOND by BSI karena memberikan banyak fitur-fitur baru dan tampilan yang lebih fresh, serta promo menarik. Tapi bagi para pengguna BSI Mobile tidak perlu khawatir karena masih bisa menggunakan aplikasi tersebut,” ucapnya.

    Lebih lanjut, ia mengatakan transformasi digital merupakan salah satu pilar utama strategi BSI untuk merespons era digital dan meningkatkan kinerja secara menyeluruh. Peluncuran BYOND by BSI juga menjadi milestone bersejarah bagi perjalanan BSI sebagai bank syariah terbesar di Indonesia yang modern, digital, dan inklusif.

    “BYOND by BSI ini menjadi salah satu bentuk terobosan perseroan yang secara kontinu memperkuat transformasi digital agar tumbuh berkelanjutan. Kami sangat terkesan dan berterima kasih dengan antusiasme masyarakat. Target kami mencapai 1 juta pengguna BYOND by BSI pada Desember 2024,” tuturnya.

    Untuk meningkatkan awareness dan literasi masyarakat terhadap BYOND by BSI, perseroan mengadakan fun walk dan berbagai macam kegiatan yang mendukung gaya hidup sehat dan aktivitas kreatif, yang dikemas dalam event BYONDAY pada Minggu (17/11/2024) di kawasan hari tanpa kendaraan bermotor (car free day/CFD) Jalan Imam Bonjol hingga Parkir Selatan Senayan, Jakarta. Pada acara BYONDAY, perseroan membawa semangat #SemuaJadiMudah yang merupakan tagline dari SuperApp BYOND by BSI. 

    Hery mengatakan, perseroan berupaya untuk semakin mendekatkan SuperApp BYOND by BSI kepada nasabah dan masyarakat, setelah resmi diluncurkan pada 9 November 2024 lalu. BYOND by BSI merupakan SuperApp layanan finansial, sosial, dan spiritual komprehensif yang lebih mudah dan nyaman diakses, dengan keamanan yang semakin maksimal.

    Melalui event BYONDAY, pihaknya ingin semangat #SemuaJadiMudah bisa dirasakan langsung oleh masyarakat yang sedang berolahraga di kawasan Thamrin hingga GBK Senayan. Oleh karena itu, BSI mengajak seluruh masyarakat untuk mendapatkan experience secara langsung terkait kemudahan, kecepatan, dan kenyamanan yang dihadirkan oleh BYOND by BSI.

    “BYONDAY kami gelar sebagai upaya mendekatkan superapp BYOND kepada nasabah dan masyarakat, mengajak nasabah dan masyarakat untuk mencapai keseimbangan antara kesehatan fisik, mental, dan finansial, khususnya pada generasi muda lewat kegiatan fun walk, hiburan, dan aktivitas kuliner. Apalagi ini sejalan dengan tagline BSI untuk menjadi sahabat finansial, sosial, dan spiritual untuk semua masyarakat,” tutupnya.

    Program Menarik BYOND

    BSI memberikan banyak program menarik untuk para nasabah yang membuka tabungan maupun bertransaksi melalui BYOND by BSI. Nasabah baru BYOND by BSI bisa mendapatkan cashback hingga Rp125 ribu dan transaksi bebas biaya BI Fast. Bagi nasabah eksisting yang beralih ke aplikasi BYOND juga mendapatkan benefit tambahan jika bertransaksi menggunakan QRIS BYOND by BSI, seperti cashback sampai dengan 50% maksimal Rp50 ribu di merchant pilihan seperti Kopi Kenangan, Hokben, Chatime, Kenangan Signature, J.Co, Chigo & flip, Mako, Sour Sally, Bolo King, dan lainnya.

    Kemudian, ada pula program Promo Cashback Jum’at Berkah di BYOND by BSI untuk pembayaran PDAM, Internet dan TV kabel, serta asuransi. BSI juga memberikan Promo SKS (Senin – Kamis Seru Bersama BYOND by BSI) yaitu Cashback untuk Top Up E-Money, atau Top Up E-Wallet Gopay / OVO, atau Beli Paket Data Telkomsel/Indosat/XL/Tri, atau Beli Pulsa Telkomsel/Indosat/XL/Tri/ Smartfren. 

    Selain itu, untuk semakin memasyarakatkan BYOND, BSI juga akan menggelar Mini Booth Activation di sejumlah mall di area Jabodetabek. Booth tersebut dirancang bersifat interaktif dan menawarkan hadiah menarik untuk menggaet segmen masyarakat yang lebih luas. 

    Perseroan juga akan melakukan roadshow BYOND by BSI di beberapa kota di Indonesia pada tahun depan. Kota-kota tersebut di antaranya Aceh, Medan, Palembang, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Banjarmasin, Makassar.

  • Di KTT APEC, Prabowo Serukan Perdagangan Teratur, Bebas, tetapi Adil

    Di KTT APEC, Prabowo Serukan Perdagangan Teratur, Bebas, tetapi Adil

    Lima, Beritasatu.com – Presiden Prabowo Subianto menegaskan komitmen Indonesia mendorong perdagangan yang terbuka, teratur, tetapi tetap adil dalam Leaders Retreat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) 2024 yang digelar di Lima, Peru.

    “Kita ingin perdagangan yang teratur, bebas, tetapi adil,” kata Prabowo kepada awak media seusai menghadiri rangkaian KTT APEC, pada Sabtu (16/11/2024) waktu setempat.

    Menurut Prabowo, APEC merupakan wadah para pemimpin untuk mempererat hubungan antarnegara di kawasan Asia-Pasifik, khususnya di bidang perdagangan.

    “Ya, saya kira kesempatan yang baik APEC ya, kita meneruskan suatu jaringan, network antara pemimpin-pemimpin di Pasifik. Kita bahas banyak masalah. Kita menjaga perdagangan baik, terbuka, tetapi adil. Saya kira itu, kesempatan yang baik,” kata Prabowo.

    Sebelumnya, saat memberikan pernyataan pada sesi APEC Leaders Informal Dialogue with Guest di Lima Convention Center, Peru, Jumat (15/11/2024), Prabowo mengungkap tiga peran strategis yang harus diemban APEC.

    Pertama, memperkuat kerja sama dalam transisi energi bersih dan pembangunan infrastruktur yang tangguh terhadap perubahan iklim.

    “Kami menghadapi bahaya perubahan iklim, banyak pulau kami terancam oleh naiknya permukaan laut, dan kami bekerja sama dengan banyak negara lain, mengundang mereka untuk bergabung dalam kegiatan ekonomi bersama,” ujar Presiden Prabowo katanya.

    Kegiatan ekonomi bersama berupa hilirisasi industri untuk mencapai kemandirian pangan di kawasan dalam menghadapi perubahan iklim.

    Kedua, Presiden Prabowo juga mendorong APEC menjadi jembatan untuk inovasi (bridge to innovation) melalui skema transformasi digital yang inklusif dengan mengatasi kesenjangan akses teknologi dan juga transfer teknologi antarnegara anggota APEC untuk mendorong inovasi di kawasan.

    Ketiga, APEC juga harus menjadi jembatan untuk inklusi (bridge to greater inclusion). Presiden Prabowo menegaskan bahwa manfaat pembangunan harus dirasakan oleh semua komunitas dan individu.

    Oleh karena itu, Presiden Prabowo mendorong upaya pengentasan kemiskinan, pemberantasan korupsi, serta penguatan tata kelola yang transparan. “Indonesia mendukung prioritas APEC di bidang-bidang ini,” kata Prabowo yang menegaskan  Indonesia ingin perdagangan baik, terbuka, tetapi adil.

  • Ini Manfaat Kecerdasan Buatan untuk Pelaku Ritel

    Ini Manfaat Kecerdasan Buatan untuk Pelaku Ritel

    Jakarta: Solusi berbasis Artificial Intelligence (AI) kepada penjual ritel akan menjadi tren dalam meningkatkan penjualan di era maraknya media informasi digital.
     
    Direktur Utama DMMX Budiasto Kusuma menyatakan banyaknya media informasi digital menuntut pelaku bisnis ritel harus memberikan pengalaman yang lebih personal dengan multimedia.
     

    ”Ritel berjaringan kecil maupun besar untuk bisa menjangkau dan menganalisa konsumen dengan lebih strategis dan terukur melalui teknologi, ” ujar dia dikutip Sabtu, 16 November 2024.
     
    Dia menuturkan teknologi ini bisa menghadirkan berbagai profil produk dengan kebutuhan konsumen. “Jadi kalau siang tampilan layarnya mungkin bajunya dikaitkan dengan kegiatan  kerja. Kalau malam mungkin dengan kegiatan hangout,” tegas dia.
    Hal ini juga membuat perusahaan bisa menggunakan berbagai promo dengan teknologi digital. Dia mencontohkan KFC yang sudah menggunakan teknologi ini di 713 toko sudah melakukan 2000 kombinasi promo yang berbeda-beda. “Promo setiap wilayah berbeda-beda, menyesuaikan dengan konsumennya dengan teknologi cloud,” tegas dia.
     
    Sedangkan solusi consumer profiling menghadirkan teknologi analitik berbasis AI, yang mampu mendeteksi data demografis dan perilaku pengunjung toko, seperti jenis kelamin, usia, ekspresi wajah, atribut yang digunakan konsumen.
     
    Informasi berbasis teknologi ini dapat digunakan oleh peritel untuk memahami preferensi dan perilaku pelanggan mereka, sehingga mereka bisa mengembangkan strategi promosi mereka menjadi lebih relevan sesuai dengan situasi dan kondisi pelanggan mereka.
     
    Tampilan layar dengan kecerdasan buatan akan memperkaya engalaman pelanggan yang lebih, mulai dari saat konsumen masuk ke gerai ritel, sampai dengan selesai bertransaksi.
    Konsumen dapat melihat Signage dan Videotron (Layar Promosi LED Besar) yang diprogram berdasarkan kondisi waktu, cuaca dan profil toko.
     
    Melalui teknologi pengenalan konsumen, mereka akan melihat iklan dan promosi sesuai profil mereka seperti jenis kelamin, umur, dan lainnya. Seluruh ekosistem ini dibangun dengan kendali terpusat melalui Cloud Content Management System.
     
    “Kedua solusi ini dirancang untuk membantu peritel untuk memberikan pengalaman konsumen yang lebih menarik dan terukur dalam aktifitas bisnis ritel mereka,” tegas dia.
     
    Melalui komitmen dan strategi konsisten, jangkauan operasional Perusahaan terus berkembang, dengan jumlah layar meningkat sebesar 10,1 persen YoY, dari 25.938 layar pada kuartal III 2023 menjadi 28.553 layar pada kuartal tiga 2024, dan jumlah lokasi juga mengalami peningkatan sebesar 11,3 persen  mencapai 15.143 lokasi.

    Strategi pada 2025

    Guna terus meningkatkan kinerja dan layanan Perseroan, DMMX telah merancang langkah-langkah strategis untuk tahun 2025 yang difokuskan pada tiga pilar utama.
     
    Pertama, mempertahankan kontrak- kontrak yang ada, khususnya kontrak-kontrak besar (big key contracts), sebagai dasar stabilitas pendapatan dan kemitraan jangka panjang.
     
    Kedua, melakukan ekspansi ke berbagai channel baru, dengan fokus utama pada penetrasi pasar retailer entry-level, untuk memperluas jangkauan dan memperkuat posisi di pasar yang berkembang.
     
    Ketiga, menambah produk tambahan (add-on products) untuk melengkapi ekosistem smart retail DMMX, guna memberikan solusi yang lebih komprehensif dan bernilai bagi pelanggan.
     
    “Ketiga strategi inti ini diharapkan dapat menjadi pendorong yang kuat bagi pertumbuhan dan keberlanjutan Perseroan dalam menghadapi tantangan pasar yang semakin kompetitif,” tegas dia.
     
    DMMX berkomitmen untuk mendukung transformasi digital, khususnya bagi para peritel konvensional, baik dari yang memiliki jaringan kecil maupun besar untuk bertranformasi ke arah smart retail.
     
    Transformasi ini bukan hanya mengubah cara ritel beroperasi, tetapi juga menciptakan interaksi yang lebih personal dan relevan dengan konsumen, sehingga menciptakan nilai tambah yang berkelanjutan.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (SAW)

  • Presiden Prabowo: APEC Jadi Jembatan Menuju Masa Depan yang Lebih Inklusif

    Presiden Prabowo: APEC Jadi Jembatan Menuju Masa Depan yang Lebih Inklusif

    Jakarta, Beritasatu.com – Presiden Prabowo Subianto mengatakan Asian Pacific Economy Cooperation (APEC) sebagai jembatan menuju masa depan yang lebih inklusif di tengah kompleksnya tantangan global. 

    Hal itu disampaikan Presiden Prabowo saat menyampaikan pernyataan pada sesi APEC Leaders Informal Dialogue with Guest yang digelar di Lima Convention Center, Peru, Jumat, (15/11/2024).

    Presiden Prabowo menyampaikan, tiga peran strategis yang perlu dijalankan APEC dalam mencapai tujuan tersebut. Pertama, memperkuat kerja sama dalam transisi energi bersih dan pembangunan infrastruktur yang tangguh terhadap perubahan iklim.

    “Kami menghadapi bahaya perubahan iklim, banyak pulau kami terancam oleh naiknya permukaan laut, dan kami bekerja sama dengan banyak negara lain, mengundang mereka untuk bergabung dalam kegiatan ekonomi bersama,” ujar Presiden Prabowo katanya melalui Sekretariat Presiden di Jakarta, Sabtu (16/11/2024) dilansir Antara.

    Kegiatan ekonomi bersama yang dimaksud, berupa hilirisasi industri untuk mencapai kemandirian pangan di kawasan dalam menghadapi perubahan iklim.

    Kedua, Presiden Prabowo juga mendorong APEC menjadi jembatan untuk inovasi (bridge to innovation) melalui skema transformasi digital yang inklusif dengan mengatasi kesenjangan akses teknologi dan juga transfer teknologi antarnegara anggota APEC untuk mendorong inovasi di kawasan.

    “Kami yakin bahwa kawasan Asia Pasifik akan memimpin transformasi digital dan inklusivitas,” kata Presiden Prabowo.

    Ketiga, APEC juga harus menjadi jembatan untuk inklusi (bridge to greater inclusion). Presiden Prabowo menegaskan bahwa manfaat pembangunan harus dirasakan oleh semua komunitas dan individu.

    Oleh karena itu, Presiden Prabowo mendorong upaya pengentasan kemiskinan, pemberantasan korupsi, serta penguatan tata kelola yang transparan. “Indonesia mendukung prioritas APEC di bidang-bidang ini,” katanya.

    Dia mengatakan, APEC juga harus terus menjadi model utama penguatan solidaritas dan kolaborasi di kawasan. APEC 

    “APEC harus terus menjadi model utama penguatan solidaritas dan kolaborasi di kawasan,” 

    Dalam pidato penutupnya, Presiden Prabowo menegaskan kembali komitmen Indonesia terhadap perdagangan bebas, keberlanjutan, dan prinsip inklusivitas.

  • Prabowo Tekankan APEC Harus Mampu Jadi Jembatan untuk Ketahanan
                
                    
                        
                            Nasional
                        
                        16 November 2024

    Prabowo Tekankan APEC Harus Mampu Jadi Jembatan untuk Ketahanan Nasional 16 November 2024

    Prabowo Tekankan APEC Harus Mampu Jadi Jembatan untuk Ketahanan
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Presiden
    Prabowo
    Subianto menekankan
    Asia-Pacific Economic Cooperation
    (
    APEC
    ) harus menjadi jembatan untuk ketahanan (
    bridge to resilience
    ), yakni jembatan menuju masa depan yang lebih inklusif di tengah tantangan global yang semakin kompleks.
    Hal ini disampaikan Prabowo saat memberikan pernyataan pada sesi APEC
    Leaders Informal Dialogue with Guest
    yang digelar di Lima Convention Center, Peru, Jumat (15/11/2024) waktu setempat.
    Menurutnya, peran APEC tersebut merupakan satu dari tiga peran strategis yang harus diemban.
    “Kami menghadapi bahaya perubahan iklim, banyak pulau kami terancam oleh naiknya permukaan laut, dan kami bekerja sama dengan banyak negara lain, mengundang mereka untuk bergabung dalam kegiatan ekonomi bersama,” ujar Prabowo dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Sabtu (16/11/2024).
    Dalam hal ini, Kepala Negara menyoroti pentingnya memperkuat kerja sama dalam transisi energi bersih dan pembangunan infrastruktur yang tangguh terhadap perubahan iklim.
    Ia juga mendorong hilirisasi industri untuk mencapai kemandirian pangan.
    Selain itu, APEC harus menjadi jembatan untuk inovasi.
    Prabowo menyerukan pentingnya transformasi digital yang inklusif dengan mengatasi kesenjangan akses teknologi dan juga transfer teknologi antarnegara anggota APEC untuk mendorong inovasi di kawasan.
    “Kami yakin bahwa kawasan Asia Pasifik akan memimpin transformasi digital dan inklusivitas ini,” ungkap Prabowo.
    Kemudian, APEC harus menjadi jembatan untuk inklusi. Ia menegaskan manfaat pembangunan harus dirasakan oleh semua komunitas dan individu.
    Oleh karena itu, ia mendorong upaya pengentasan kemiskinan, pemberantasan korupsi, serta penguatan tata kelola yang transparan.
    “Indonesia mendukung prioritas APEC di bidang-bidang ini,” ucap Presiden Prabowo.
    Dalam pidato penutupnya, Presiden Prabowo menegaskan kembali komitmen Indonesia terhadap perdagangan bebas, keberlanjutan, dan prinsip inklusivitas.
    “APEC harus terus menjadi model utama penguatan solidaritas dan kolaborasi di kawasan,” tandasnya.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • 15.000 Guru Jateng Kumpul di Manahan Solo Bahas Inovasi Transformasi Pendidikan – Espos.id

    15.000 Guru Jateng Kumpul di Manahan Solo Bahas Inovasi Transformasi Pendidikan – Espos.id

    Perbesar

    ESPOS.ID – Penampilan para siswa Soloraya berkolaborasi dengan grup musik Coklat dalam Festival Transformasi Pendidikan di Stadion Manahan Solo, Jumat (15/11/2024). (Solopos/Dhima Wahyu Sejati)

    Esposin, SOLO — Lebih dari 15.000 guru di Jawa Tengah menghadiri Festival Transformasi Pendidikan yang digelar Balai Besar Guru Penggerak Jawa Tengah di Stadion Manahan Solo, Jumat (15/11/2024). Acara dibuka dengan Seminar Kepemimpinan Pembelajaran.

    Transformasi pendidikan diperlukan untuk mewujudkan visi Indonesia Emas pada 2045. Sedangkan guru menjadi kunci transformasi digital. Dalam seminar tersebut terdapat enam guru dari Jawa Tengah yang mempresentasikan praktik di sekolah masing-masing di hadapan belasan ribu guru lainnya yang berada di tribune.

    Promosi
    Program Pemberdayaan BRI Dorong Klaster Usaha Manggis di Bali Perluas Pemasaran

    Enam guru tersebut menyampaikan tema penting dalam transformasi pendidikan seperti karakter, kemampuan numerasi, iklim keamanan sekolah, kualitas pembelajaran, kemampuan literasi, dan iklim kebhinekaan di sekolah.

    Guru SMPN 1 Gandrungmangu Cilacap, Wahyuningsih, mengangkat tema karakter. Dia mengatakan ada kendala bagi pendidik menghadapi karakter siswa hari ini terutama menumbuhkan budaya ilmiah dan kritis di tempatnya mengajar. 

    Menurutnya, sikap ilmiah belum terbentuk, yang bisa dilihat dari kurangnya kepercayaan diri dan rendahnya minat untuk berkompetisi di kalangan siswa. Dia mengaplikasikan pembelajaran berbasis project dalam kegiatan ekstrakurikuler Karya Ilmia Remaja (KIR) sebagai wadah atau laboratorium karakter. 

    Melalui wadah tersebut, dia melakukan aksi untuk memetakan masalah, pembagian kelompok, literasi pustaka, pelatihan, presentasi, diskusi, penerapan hasil penelitian, dan lomba.

    “Kemudian saya melakukan survei di masing-masing kelas, bahwasannya terdapat peningkatan keaktifan peserta didik dalam kegiatan diskusi di kelas. Selain itu jiwa kompetisi siswa dan cara berpikir ilmiah juga berhasil meningkat,” kata dia dalam paparannya, Jumat.

    Sementara itu, Guru SDN 4 Klaling Kudus, Tias Angreini, mengangkat pentingnya kemampuan numerasi siswa. Tias menggunakan metode Komik Edukasi Digital (Komedi) untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Dia membuat komik menggunakan aplikasi Canva dan mengambil materi dari buku pembelajaran.

    Dia sengaja membuat Komedi untuk mengatasi masalah kemampuan numerasi dan penalaran matematika siswa di sekolahnya. Menurutnya, metode tersebut mudah dimengerti dan cukup sederhana untuk diaplikasikan.

    Iklim Keamanan Sekolah

    “Hasilnya siswa lebih tertarik dan suasana belajar lebih menyenangkan, kemudian meningkatkan pemahaman dan kepercayaan diri siswa dalam menyelesaikan masalah numerasi,” kata dia.

    Kemudian, guru SMAN 3 Slawi Tegal, Yuni Hastuti, dalam pemaparannya menekankan pentingnya iklim keamanan sekolah. Yuni merespons isu kekerasan di lingkungan pendidikan. Ia membuat platform bernama Konseling Online SMAN 3 Slawi.

    Ini merupakan layanan konseling yang dilakukan secara jarak jauh. “Alasan saya membuat ini didasarkan pada perkembangan teknologi, di mana anak-anak SMA yang saya hadapi Generasi Z, mereka sangat dekat dengan teknologi,” kata dia.

    Dia mengatakan program ini juga menjawab masalah kesehatan mental anak Indonesia. Sebagaimana data WHO yang menyebut satu dari tujuh anak Indonesia mengalami gangguan kesehatan mental. “Selain itu ini juga merespons adanya korban perundungan yang tidak berani melapor langsung ke guru,” kata dia. 

    Selanjutnya guru SDN 2 Banjarejo Kebumen, Novi Mulyani, menyoroti pentingnya meningkatkan kualitas pembelajaran. Dia menawarkan inovasi pembelajaran berdiferensiasi melalui permainan tradisional petak umpet dengan teknologi digital.

    Ini untuk menerapkan filosofi pendidikan Ki Hajar Diwantara dengan menyesuaikan kodrat alam dan kodrat zaman. “Kodrat alam sesuai dengan permainan tradisional, sedangkan kodrat zaman di sini memanfaatkan teknologi digital,” kata dia.

    Dia mengatakan program ini dia buat untuk merespons nilai capaian pembelajaran di tempatnya mengajar pada 2024. Termasuk hasil belajar siswa dan motivasi belajar yang rendah.

    “Teknologi yang digunakan dalam pembelajaran seperti Augmented Reality [AR],” kata dia. Dia melanjutkan melalui metode belajar tersebut berhasil meningkatkan nilai siswa di atas batas minimum.

    Iklim Kebinekaan

    Selanjutnya guru SMKN 2 Kendal, Tomi Chandra Hermawan, mengangkat tema peningkatan literasi di sekolah. Tomi meningkatkan literasi siswa dengan cara yang menyenangkan melalui Aplikasi Literasi Siswa. Aplikasi tersebut merespons minat baca yang rendah dan akses baca yang terbatas. 

    Sebelumnya, dia membuat tim penggerak yang bertugas membuat aplikasi berbasi telepon pintar untuk digunakan siswa. Aplikasi berisikan perpustakaan digital yang bisa diakses guru dan siswa. “Juga kami menyisihkan waktu 30 menit setiap hari untuk kegiatan literasi di sekolah,” kata dia.

    Sedangkan guru SDN 3 Kutowinangun Kebumen, Sri Eko Wahyuni, menekankan pentingnya iklim kebinekaan di sekolah. Sri mengupayakan untuk ada toleransi dan keberagaman di sekolah. Hal itu merespons turunnya nilai toleransi di sekolahnya. 

    Dia mengatakan siswa tahu apa itu toleransi namun dalam penerapannya, siswa masih sering mengejek teman lainnya. Dia kemudian membuat permaian monopoli dan ular tangga literasi yang diberi nama Monumen Largarsi. Tujuannya memperkenalkan siswa SD kepada nilai-nilai toleransi dengan cara yang menyenangkan.

    “Yang mana nilai-nilai toleransi saya tuangkan dalam kartu-kartu pertanyaan dan kartu tantangan oleh peserta didik,” kata dia. Selain itu permainan juga mengadopsi kearifan lokal di Kebumen.

    Dia mengatakan hasil survei yang dilakukan setelah menerapkan metode pembelajar tersebut berhasil ada peningkatan nilai toleransi dengan rata-rata 87%. Selain itu dalam interaksi antarsiswa sudah ada pola komunikasi yang sehat, sehingga tidak ada lagi siswa yang terasingkan di kelas.

    Selain seminar yang dihadiri belasan ribu guru daru seluruh kabupaten dan kota di Jawa Tengah itu, terdapat kegiatan lain seperti pameran tranformasi pendidikan, takshow, hingga puncak Festival Transformasi Pendidikan.

    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram “Solopos.com Berita Terkini” Klik link ini.

  • Kemitraan Strategis Dorong Transformasi Industri Indonesia Menuju Era Otomasi dan Efisiensi Energi

    Kemitraan Strategis Dorong Transformasi Industri Indonesia Menuju Era Otomasi dan Efisiensi Energi

    Jakarta: Transformasi digital dan otomasi menjadi kunci untuk meningkatkan daya saing dan keberlanjutan sektor industri di Indonesia. Menjawab kebutuhan ini, ABB Indonesia dan SKF Industrial Indonesia menjalin kemitraan strategis untuk mempercepat adopsi Industri 4.0 serta mendorong efisiensi energi di berbagai sektor unggulan seperti pembangkit listrik, pertambangan, minyak dan gas, dan petrokimia.
     
    Kemitraan ini diwujudkan melalui penandatanganan Perjanjian Kerangka Kerja, yang menjadi langkah konkret kedua perusahaan dalam mendukung peningkatan efisiensi operasional di sektor-sektor strategis. “Kami senang dapat berkolaborasi untuk menyediakan solusi inovatif yang mendorong produktivitas dan keberlanjutan di sektor-sektor kunci di Indonesia,” kata President Director ABB Indonesia, Gerard Chan, Kamis 14 November 2024.
     
    Kerja sama ini tak hanya berfokus pada efisiensi energi, tetapi juga menghadirkan solusi untuk tantangan keberlanjutan operasional. Dengan mengintegrasikan teknologi presisi SKF pada produk ABB seperti motor dan robot, industri di Indonesia dapat mengoptimalkan penggunaan energi, yang berdampak langsung pada penghematan biaya operasional, terutama di sektor padat energi seperti pertambangan dan semen.
    Baca juga: Efisiensi Energi Buka Peluang Inovasi Berbasis AI
     
    Menurut President Director SKF Indonesia, Satheswaran Mayachandran, solusi yang fleksibel dan terintegrasi sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan khusus industri Indonesia. “Melalui kemitraan ini, kami memastikan layanan berkualitas bagi pelanggan, dengan fokus pada efisiensi energi dan peningkatan standar operasional,” jelasnya.

    Menuju Masa Depan Industri yang Berkelanjutan

    Kemitraan antara ABB dan SKF turut mendukung target pemerintah Indonesia dalam meningkatkan produktivitas dan keberlanjutan sektor industri. Kolaborasi ini diharapkan mampu menghadirkan solusi digital yang memungkinkan industri lokal untuk mempertahankan daya saing di tengah tuntutan global akan praktik ramah lingkungan.
     
    Vice President of Services Motion ABB Indonesia, Dedy Hidayat, mengungkapkan bahwa kolaborasi ini merupakan langkah penting menuju operasional industri yang lebih cerdas dan ramah lingkungan. “Teknologi kami memungkinkan otomatisasi dan efisiensi energi untuk memberdayakan bisnis dan industri lokal dalam menjalankan operasional yang lebih maju sekaligus meminimalkan dampak lingkungan,” ujarnya.
     
    Melalui kemitraan ini, ABB dan SKF berkomitmen untuk membantu Indonesia mempercepat transisi menuju masa depan industri yang berkelanjutan. Kemudian melalui solusi teknologi ini juga, tidak hanya meningkatkan produktivitas tetapi juga mendukung lingkungan yang lebih baik.
     
    “Kami berupaya memberdayakan pelaku bisnis untuk mengadopsi digitalisasi dan operasi nol emisi yang meningkatkan produktivitas serta mengurangi dampak lingkungan, menciptakan fondasi untuk masa depan industri yang berkelanjutan,” kata Head of Departement Segment Sales SKF Industrial Indonesia, Anis Lutfi.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (DHI)