Topik: transformasi digital

  • BRI Sabet Penghargaan Global Berkat Transformasi Digital melalui BRIAPI

    BRI Sabet Penghargaan Global Berkat Transformasi Digital melalui BRIAPI

    Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, kembali memperoleh pengakuan internasional dengan meraih penghargaan Best API Initiative dalam ajang Global Retail Banking Innovation Awards 2024 yang diadakan oleh The Digital Banker di Singapore pada 24 Oktober 2024. 
     
    Penghargaan ini diberikan atas keberhasilan BRI dalam mengembangkan BRIAPI, layanan open banking API yang untuk mempercepat digitalisasi ekosistem perbankan di Indonesia. Prestasi ini menjadi bukti komitmen BRI untuk terus menghadirkan solusi perbankan digital yang inovatif, aman, dan inklusif bagi masyarakat luas, serta memperkuat komitmen dalam transformasi digital perbankan.
     
    Dikembangkan sejak 2018, BRIAPI adalah solusi open banking yang memungkinkan ribuan mitra pihak ketiga untuk mengintegrasikan berbagai produk dan layanan BRI ke dalam platform mereka. Dengan ratusan produk API, BRIAPI menyediakan fitur perbankan informasional, seperti informasi mutasi dan rekening, hingga layanan transaksional seperti transfer, BRIVA, Co-branding Credit Card, Tarik Tunai Tanpa Kartu, dan QRIS. Kehadiran BRIAPI mempermudah pemilik platform digital untuk menyediakan layanan pembayaran dan informasi dari BRI.
     

    Penghargaan ini mengangkat kontribusi BRIAPI dalam pemberdayaan dan digitalisasi ekosistem, khususnya ekosistem pendidikan melalui program Gerakan 1000 Sekolah. Melalui inisiatif ini, BRIAPI mendorong adopsi layanan perbankan digital di ribuan institusi pendidikan di seluruh Indonesia, dengan institusi pendidikan dan startup edtech kini mencakup hampir 17% dari basis mitra BRIAPI.
    Penghargaan ini juga menjadi bentuk apresiasi atas kemampuan BRIAPI dalam mempermudah integrasi bagi mitra, didukung oleh berbagai fitur seperti BRIAPI Developers Studio—sandbox environment yang memudahkan proses pengembangan, BRIAPI SPOT untuk pemantauan aplikasi, dan chatbot AI BRI, Sabrina, yang meningkatkan responsivitas operasional.
     

    Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI Arga M. Nugraha (Foto:Dok.BRI)
     
    Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI Arga M. Nugraha menegaskan bahwa penghargaan ini mencerminkan komitmen BRI dalam mengembangkan teknologi yang inklusif, guna memudahkan akses layanan perbankan dan mendorong inklusi finansial bagi seluruh lapisan masyarakat.
     
    “Penghargaan ini merupakan pengakuan atas komitmen BRI terhadap inovasi dan inisiatif untuk meningkatkan aksesibilitas layanan perbankan bagi semua. BRIAPI dikembangkan dengan prinsip teknologi yang humanis, di mana inovasi dan transformasi digital diselaraskan dengan perluasan akses dan inklusivitas bagi seluruh pengguna,” ujarnya.
     

    Lebih lanjut, Arga menambahkan bahwa penghargaan ini tidak hanya menjadi pengakuan bagi BRI tetapi juga menjadi motivasi untuk terus berinovasi, menjawab kebutuhan digitalisasi, serta memperkuat peran BRI dalam ekosistem keuangan digital di Indonesia. 
     
    “Dengan terus mengedepankan solusi yang fleksibel dan mudah diakses, BRI berkomitmen untuk memberikan kontribusi nyata dalam memperluas akses perbankan, memastikan seluruh lapisan masyarakat dapat merasakan manfaat dari layanan keuangan digital yang aman dan andal,” katanya.
     
    Melalui pengembangan BRIAPI dan berbagai inisiatif digital lainnya, BRI berkomitmen mempercepat digitalisasi layanan perbankan demi memudahkan akses keuangan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Dengan inovasi digital yang berkelanjutan, BRI optimistis dapat menciptakan ekosistem perbankan yang lebih inklusif, memberdayakan komunitas, dan mendorong transformasi ekonomi digital secara menyeluruh. Langkah ini sejalan dengan visi BRI untuk menjadi The Most Valuable Banking Group in Southeast Asia and Champion of Financial Inclusion pada tahun 2025.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Domain .id Tembus 1 Juta Pengguna, Jadi Raja di Asia Tenggara

    Domain .id Tembus 1 Juta Pengguna, Jadi Raja di Asia Tenggara

    Jakarta

    Pengelola Nama Domain Indonesia (Pandi) mengungkapkan jumlah domain .id saat ini sudah tembus satu juta pengguna. Domain dalam negeri itu semakin merajai di kawasan Asia Tenggara.

    Ketua Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) John Sihar Simanjuntak mengatakan jumlah pengguna domain .id berhasil menembus angka 1.002.513 pada November 2024, di mana ekstensi domain yang menjadi top 5 adalah .my.id (370.759 domain terdaftar), .id (280.119 domain terdaftar), .biz.id (125.325 domain terdaftar), .co.id (101.522 domain terdaftar), dan .sch.id (43.716 domain terdaftar).

    John menambahkan, pencapaian ini tak luput dari dukungan aktif pemerintah maupun mitra registrar, serta literasi digital yang gencar dilakukan ke berbagai institusi pendidikan, UMKM, maupun masyarakat umum melalui kegiatan workshop, webinar dan berbagai program lainnya.

    “Angka ini pastinya membuat kami semakin optimis untuk menjadikan domain .id sebagai domain pilihan utama di tingkat nasional dan menjadi top of mind dengan fokus membangun awareness .id,” kata Ketua Pandi John Sihar Simanjuntak dalam keterangan tertulisnya, Rabu (129/11/2024).

    “Sementara dari strategi marketing, kami juga akan terus berupaya membangun channel-channel baru dengan menggunakan potensi dari mitra registrar yang memang sudah terhubung dengan banyak reseller untuk menjangkau seluruh dunia,” sambungnya.

    Di sisi lain, data pencapaian domain .id saat ini juga selaras dengan data dari Asia Pacific Top Level Domain Association (APTLD), yakni domain .id masih menjadi Domain Identitas Negara atau Country Code Top-Level Domain (CCTLD) terbesar di Asia Tenggara. Artinya .id (Indonesia) paling populer dibandingkan .my (Malaysia), .vn (Vietnam), .sg (Singapore), dan .th (Thailand).

    Kendati demikian, pencapaian yang diraih tak lantas membuat Pandi berpuas diri. Sebagai pengelola domain .id di Indonesia, Pandi akan terus memperluas eksistensi domain .id, terutama dalam mendukung UMKM dan Koperasi untuk bertransformasi ke dalam ekosistem digital.

    “Pandi ingin domain .id ini memberikan manfaat yang lebih luas kepada masyarakat. Oleh karena itu, kami pun tengah menjajaki kerja sama dengan Kementerian Koperasi dan Kementerian UMKM dalam mempersiapkan Second Level Domain (SLD) baru untuk mendorong UMKM dan Koperasi bisa Go Digital dan Go Global,” kata John.

    Selain meningkatkan daya saing, digitalisasi koperasi dan UMKM juga diharapkan dapat membuka peluang usaha, menciptakan lapangan pekerjaan baru, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan pastinya memberikan dampak positif bagi perekonomian di Indonesia.

    Namun tak dapat dipungkiri, maraknya konten negatif seperti judi online menjadi tantangan terbesar dalam era transformasi digital. Dalam hal ini, PANDI juga telah menciptakan platform Indonesia Domain Abuse Data Exchange (IDADX) untuk meningkatkan keamanan data dari ancaman siber.

    (agt/agt)

  • Wamendagri Sebut Indonesia Harus Menyongsong E-voting untuk Pemilu – Espos.id

    Wamendagri Sebut Indonesia Harus Menyongsong E-voting untuk Pemilu – Espos.id

    Perbesar

    ESPOS.ID – Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) Bima Arya Sugiarto (kemeja putih) berinteraksi dengan warga yang tengah mengurus berkas kependudukan melalui mobil keliling pelayanan administrasi kependudukan di halaman Kantor Kecamatan Serengan, Solo, pada Sabtu (9/11/2024). (Solopos/Candra Septian Bantara)

    Esposin, JAKARTA — Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri), Bima Arya Sugiarto, mengatakan ke depannya Indonesia harus menyongsong sistem politik digital, seperti e-voting atau pemungutan suara berbasis elektronik.

    “Sekarang mulai ada suara-suara, rasanya ribet kalau kita nyoblos secara manual ke depan,” kata Wamendagri dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan Lembaga Pusat, di kawasan Kemayoran, Jakarta, Kamis (21/11/2024). 

    Promosi
    BRI Sabet Penghargaan Global Berkat Transformasi Digital melalui BRIAPI

    Wamendagri menjelaskan, keharusan tersebut berdasarkan pengalaman banyaknya petugas tempat pemungutan suara (TPS) yang menjadi korban dari proses demokrasi di tanah air dikarenakan bertugas melakukan pemberkasan, dokumentasi, pencatatan, hingga penghitungan manual.

    “Enggak bisa seperti itu terus. Jadi, ke depan demokrasi kita juga akan berbasiskan data kependudukan yang valid,” ujarnya sebagaimana dilansir Antara. 

    Ia mencontohkan salah satu penerapannya adalah penggunaan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sebagai bahan penyusunan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu dan Pilkada 2024.

    Data tersebut bersumber dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemendagri) yang terekam dan diperbarui setiap hari.

    “Enggak mungkin pilkada, pilpres, pileg ini sukses tanpa data DP4 yang valid. Enggak mungkin itu. Jadi, untuk demokrasi kita memerlukan data,” jelasnya.

    Adapun untuk Pilkada 2024, DP4 per 27 November 2024 berjumlah 207.110.768 jiwa, dengan jumlah laki-laki sebanyak 103.228.748 jiwa dan perempuan sebanyak 103.882.020 jiwa.

    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram “Solopos.com Berita Terkini” Klik link ini.

  • Tanpa Kartu Fisik, Transaksi Makin Asyik Bisa Dapatkan Reward hingga Rp600 Ribu

    Tanpa Kartu Fisik, Transaksi Makin Asyik Bisa Dapatkan Reward hingga Rp600 Ribu

    JABAR EKSPRES  – Tren transaksi tanpa kartu berkembang pesat serta semakin digemari masyarakat Indonesia di berbagai kalangan.

    Hal itu terjadi seiring dengan meningkatnya jumlah transaksi non-tunai di berbagai sektor. Mulai dari ritel, transportasi, sampai dengan makanan juga minuman. Seperti peningkatan transaksi QRIS yang lonjakannya cukup tajam.

    Berdasarkan data Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), volume transaksi QRIS meroket 104 persen pada Januari sampai dengan September 2023 dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

    BACA JUGA: Jadi Peserta Asuransi BRI Life, Tiga Tahun Bayar Angsuran Bisa di Klaim Tanpa Terjadi Kecelakaan

    Bukan hanya QRIS, transaksi tanpa kartu juga didukung layanan mobile banking makin digemari. Hasilnya, nasabah jadi lebih mudah menunaikan berbagai pembayaran tagihan. Contohnya tagihan listrik, PDAM, TV kabel juga internet, asuransi, cicilan, serta lainnya.

    Nah, BRI kini mempunyai aplikasi kartu kredit virtual di akun BRImo. Disana, anda tentu saja dapat melakukan transaksi tanpa kartu.

    Yang lebih menarik, BRI kini ada program reward hingga Rp600 ribu bagi nasabah beruntung dan memenuhi kriteria.

    BACA JUGA: Berkat Program Pemberdayaan BRI Klasterku Hidupku, Petani Ini Berhasil Kembangkan Budidaya Alpukat

    Tak kalah penting, transaksi tanpa kartu juga antiribet. Bayangkan saja, anda tak perlu repot-repot membawa uang tunai maupun kartu fisik ke mana-mana.

    Praktis juga efisien, tidak perlu repot mencari uang tunai atau kartu fisik, terlebih lagi bila sedang terburu-buru saat hendak bepergian.

    Untuk itu, BRI menghadirkan aplikasi BRImo sebagai solusi mobile banking yang memungkinkan untuk kamu yang akan melakukan transaksi tanpa kartu.

    BACA JUGA: BRI Sabet Penghargaan Global Berkat Transformasi Digital Melalui BRIAPI

    BRImo juga menyediakan berbagai fitur transaksi tanpa kartu, mulai dari setor tunai, transfer uang, QRIS, tagihan bulanan meliputi listrik, PDAM, pascabayar, Telkom, TV kabel dan internet, asuransi, cicilan, dan masih banyak lainnya. (dian)

     

  • Jadi Peserta Asuransi BRI Life, Tiga Tahun Bayar Angsuran Bisa di Klaim Tanpa Terjadi Kecelakaan

    Jadi Peserta Asuransi BRI Life, Tiga Tahun Bayar Angsuran Bisa di Klaim Tanpa Terjadi Kecelakaan

    JABAR EKSPRES – Asuransi BRI Life memang memberikan kemudahan para peserta asuransi. Karena asuransi ini bisa dicairkan setelah tiga tahun menjadi peserta asuransi BRI Life.

    Eki peserta  asuransi BRI Life mengungkapkan, ia sudah cukup lama menjadi nasabah BRI dan melalui costumer service ia dihubungi ditawarkan menjadi peserta asuransi.

    “Setelah mendengar penjelasan dari cs akhirnya saya tertarik menjadi peserta,”terangnya kemarin (31/10).

    BACA JUGA: Berkat Program Pemberdayaan BRI Klasterku Hidupku, Petani Ini Berhasil Kembangkan Budidaya Alpukat

    Asuransi yang ditanggung itu jika terjadi kecelakaan dan kematian ,tapi bisa di klaim setelah tiga tahun membayar premi asuransi dalam sebulan sebesar Rp305.000.

    Jadi setiap bulan saldonya di potong dari tabungan yang ada. Jadi setidaknya ia sudah memiliki tabungan asuransi untuk tiga tahun kedepan.

    Karena kalau sudah tiga tahun membayar  angsuran dan tidak terjadi musibah kecelakaan, dana asuransi ini bisa dicairkan. Terpenting sudah menjadi peserta selama tiga tahun.

    BACA JUGA: BRI Sabet Penghargaan Global Berkat Transformasi Digital Melalui BRIAPI

    Ia juga menjadi nasabah BRI Simpedes yang sudah cukup lama dan layanannya sangat bagus. Pelayanan ramah menjadikan nasabah nyaman untuk melakukan transaksi di bank.

    Anjungan Tunai Mandiri (ATM) juga tersedia hingga ke pelosok, sehingga tidak harus takut jika kehabisan uang. Melalui Brimo juga bisa jaringan bagus dan cepat tidak sampai menunggu lima menit.

    Ia selama menjadi nasabah dan pengguna Brimo tidak pernah mengalami kendala sehingga inilah alasannya menjadi nasabah setia BRI.(Nisa)

     

  • DKI wacanakan satu platfrom terintegrasi dengan wilayah

    DKI wacanakan satu platfrom terintegrasi dengan wilayah

    Jakarta (ANTARA) – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mewacanakan satu platform atau wadah digital yang terintegrasi dengan laman pemerintah kota/kabupaten serta organisasi perangkat daerah (OPD).

    “Mungkin kita harus buat satu platform,” kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Teguh Setyabudi di Jakarta, Kamis.

    Yang dimaksud adalah platform DKI tapi ada tautan (link) Pemerintah Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu.

    Untuk membuka tautan Pemerintah Jakarta Timur harus lewat dulu tautan DKI. “Di situ ada link OPD, BUMD,” ujarnya.

    Di laman tersebut, kata Teguh, bukan hanya ada informasi terkait gubernur, OPD atau BUMD, tetapi juga terkait layanan publik.

    Wacana tersebut dia kemukakan seiring dengan upaya pemerintah pusat untuk mempercepat transformasi digital dan integrasi layanan digital nasional. Integrasi layanan digital menjadi perhatian DKI mengingat wilayah ini menuju status sebagai kota global.

    “Jangan semua (wilayah kota/kabupaten) mempunyai platform tetapi tidak terintegrasi. Saya berharap kita harus ada integrasi terkait digitalisasi itu, tidak semua web sendiri-sendiri,” ujar Teguh.

    Selain membahas terkait integrasi layanan digital, dia juga menyoroti terkait peran hubungan masyarakat (humas) di jajaran pemerintahan. Humas sebagai penyampai informasi publik perlu memastikan hal disampaikan benar-benar dipahami warga.

    “Publik memahami apa yang disampaikan karena kita pemerintah provinsi, kaitannya dengan kebijakan-kebijakan. Karena mereka paham, mereka akan tahu, akan mengikuti kebijakan, akan mendukung kebijakan kita, akan memberi masukan kebijakan kita,” ujar dia.

    Di sisi lain, Teguh berharap humas juga dapat berperan sebagai pencari informasi dan menyajikan informasi kepada pimpinan.

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2024

  • BRI Sabet Penghargaan Global Berkat Transformasi Digital lewat BRIAPI

    BRI Sabet Penghargaan Global Berkat Transformasi Digital lewat BRIAPI

    Jakarta, Beritasatu.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali memperoleh pengakuan internasional dengan meraih penghargaan Best API Initiative dalam ajang Global Retail Banking Innovation Awards 2024 yang diadakan oleh The Digital Banker di Singapura (24/10/2024). Penghargaan ini diberikan atas keberhasilan BRI dalam mengembangkan BRIAPI, layanan open banking API yang untuk mempercepat digitalisasi ekosistem perbankan di Indonesia. Prestasi ini menjadi bukti komitmen BRI untuk terus menghadirkan solusi perbankan digital yang inovatif, aman, dan inklusif bagi masyarakat luas, serta memperkuat komitmen dalam transformasi digital perbankan.

    Dikembangkan sejak tahun 2018, BRIAPI adalah solusi open banking yang memungkinkan ribuan mitra pihak ketiga untuk mengintegrasikan berbagai produk dan layanan BRI ke dalam platform mereka. Dengan ratusan produk API, BRIAPI menyediakan fitur perbankan informasional, seperti informasi mutasi dan rekening, hingga layanan transaksional seperti transfer, BRIVA, Co-branding Credit Card, Tarik Tunai Tanpa Kartu, dan QRIS. Kehadiran BRIAPI mempermudah pemilik platform digital untuk menyediakan layanan pembayaran dan informasi dari BRI.

    Penghargaan ini mengangkat kontribusi BRIAPI dalam pemberdayaan dan digitalisasi ekosistem, khususnya ekosistem pendidikan melalui program Gerakan 1000 Sekolah. Melalui inisiatif ini, BRIAPI mendorong adopsi layanan perbankan digital di ribuan institusi pendidikan di seluruh Indonesia, dengan institusi pendidikan dan startup edtech kini mencakup hampir 17% dari basis mitra BRIAPI.

    Penghargaan ini juga menjadi bentuk apresiasi atas kemampuan BRIAPI dalam mempermudah integrasi bagi mitra, didukung oleh berbagai fitur seperti BRIAPI Developers Studio—sandbox environment yang memudahkan proses pengembangan, BRIAPI SPOT untuk pemantauan aplikasi, dan chatbot AI BRI, Sabrina, yang meningkatkan responsivitas operasional.

    Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI Arga M. Nugraha menegaskan bahwa penghargaan ini mencerminkan komitmen BRI dalam mengembangkan teknologi yang inklusif, guna memudahkan akses layanan perbankan dan mendorong inklusi finansial bagi seluruh lapisan masyarakat.

    “Penghargaan ini merupakan pengakuan atas komitmen BRI terhadap inovasi dan inisiatif untuk meningkatkan aksesibilitas layanan perbankan bagi semua. BRIAPI dikembangkan dengan prinsip teknologi yang humanis, di mana inovasi dan transformasi digital diselaraskan dengan perluasan akses dan inklusivitas bagi seluruh pengguna,” ujarnya.

    Lebih lanjut, Arga menambahkan bahwa penghargaan ini tidak hanya menjadi pengakuan bagi BRI tetapi juga menjadi motivasi untuk terus berinovasi, menjawab kebutuhan digitalisasi, serta memperkuat peran BRI dalam ekosistem keuangan digital di Indonesia.

    “Dengan terus mengedepankan solusi yang fleksibel dan mudah diakses, BRI berkomitmen untuk memberikan kontribusi nyata dalam memperluas akses perbankan, memastikan seluruh lapisan masyarakat dapat merasakan manfaat dari layanan keuangan digital yang aman dan andal,” pungkasnya.

    Melalui pengembangan BRIAPI dan berbagai inisiatif digital lainnya, BRI berkomitmen mempercepat digitalisasi layanan perbankan demi memudahkan akses keuangan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Dengan inovasi digital yang berkelanjutan, BRI optimis dapat menciptakan ekosistem perbankan yang lebih inklusif, memberdayakan komunitas, dan mendorong transformasi ekonomi digital secara menyeluruh. Langkah ini sejalan dengan visi BRI untuk menjadi The Most Valuable Banking Group in Southeast Asia and Champion of Financial Inclusion pada tahun 2025.

  • Peruri Bantu Kebut Digitalisasi BPR

    Peruri Bantu Kebut Digitalisasi BPR

    Jakarta: Peruri bekerja sama dengan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bahteramas Sulawesi Tenggara dan BPR Rokan Hulu Riau dalam upaya mendorong digitalisasi. Kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan memperkuat daya saing BPR dalam menghadapi perkembangan era digital.
     
    Melalui implementasi sistem digitalisasi perbankan yang dikembangkan oleh Peruri, BPR diharapkan mampu memberikan layanan yang lebih cepat, aman dan inovatif bagi masyarakat. Kerja sama ini juga menegaskan komitmen Peruri mendukung transformasi digital di berbagai sektor, termasuk BPR.
     
    “Digitalisasi merupakan solusi penting bagi sektor perbankan rakyat dalam menghadapi tantangan persaingan. Kami yakin, kolaborasi ini akan memperkuat daya saing BPR dan memberikan layanan terbaik bagi masyarakat,” ujar POH Head of SBU Digital & CA Peruri Shitta Marsella dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 20 November 2024.
     

    Direktur Utama BPR Bahteramas Sulawesi Tenggara, Ahmat menyambut baik kerja sama dengan Peruri ini. Ia mengungkapkan, digitalisasi ini akan memperkuat peran BPR dalam mendukung perekonomian daerah, salah satunya memperluas akses perbankan kepada masyarakat yang sulit dijangkau kantor cabang fisik.
     
    “Kerja sama dengan Peruri memberi kami kesempatan untuk menyediakan layanan perbankan yang lebih inovatif dan sesuai dengan kebutuhan nasabah di era digital. Selain itu, digitalisasi memudahkan kami dalam melayani nasabah di wilayah yang sulit dijangkau oleh kantor cabang secara fisik,” ujarnya.
     
    BPR dinilai memainkan peran penting dalam perekonomian Indonesia, terutama dalam pemberdayaan ekonomi lokal serta perkembangan UMKM. Untuk itu, Peruri menyediakan solusi teknologi yang memungkinkan BPR memberikan layanan keuangan yang lebih mudah diakses oleh pelaku UMKM.
     
    Melalui digitalisasi layanan perbankan, seperti sistem integrasi tanda tangan elektronik, Peruri membantu BPR meningkatkan efisiensi operasional dan memperluas jangkauan layanan mereka. Langkah ini diharapkan menjadi model bagi transformasi digital di sektor BPR lainnya di seluruh Indonesia.
     
    “Sebagai perusahaan yang telah bertransformasi menjadi perusahaan teknologi high security, Peruri berkomitmen untuk terus berinovasi dan menjalin lebih banyak kemitraan strategis, memastikan sektor perbankan rakyat dapat bertransformasi menuju era digital yang lebih maju dan inklusif,” ungkap Shitta.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (END)

  • PLN Icon Plus hadirkan inovasi masa depan ICONNEXT di ajang Electricity Connect 2024

    PLN Icon Plus hadirkan inovasi masa depan ICONNEXT di ajang Electricity Connect 2024

    Sumber foto: Istimewa/elshinta.com.

    PLN Icon Plus hadirkan inovasi masa depan ICONNEXT di ajang Electricity Connect 2024
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Rabu, 20 November 2024 – 17:22 WIB

    Elshinta.com – Sebagai Subholding Beyond kWh dari PT PLN (Persero), PLN Icon Plus ditunjuk sebagai Co-Organizer dalam ajang bergengsi Electricity Connect 2024. PLN Icon Plus akan berperan dalam zona Beyond kWH Zone dengan titel ICONNEXT, yang menjadi salah satu daya tarik utama dalam acara yang berlangsung di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, pada tanggal 20-22 November 2024.

    Dengan mengusung tema ICONNEXT “Transform Your Future, NOW,” Beyond KWH Zone dirancang sebagai ruang eksplorasi untuk memperkenalkan berbagai inovasi teknologi hingga gaya hidup masa depan. Zona ini menghadirkan enam area tematik, yaitu The Future Electricity System, The Future Home, The Future Office, The Future Vehicle, The Future Energy Transition, dan The Future Lifestyle. Masing-masing zona menampilkan solusi inovatif untuk mendukung transisi energi hijau serta transformasi digital di berbagai aspek kehidupan.

    The Future Electricity System akan memamerkan teknologi terbaru dalam pengelolaan energi listrik yang cerdas dan berkelanjutan. Di zona ini, pengunjung dapat melihat solusi yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi distribusi energi dan mengurangi jejak karbon.

    Sementara itu, The Future Home dan The Future Office menampilkan konsep rumah dan kantor pintar yang mengintegrasikan teknologi IoT (Internet of Things) untuk meningkatkan kenyamanan, keamanan, dan efisiensi energi. Pengunjung dapat mencoba secara langsung bagaimana teknologi ini dapat mengubah cara bekerja dan kehidupan sehari-hari.

    Di The Future Vehicle, PLN Icon Plus menghadirkan berbagai inovasi di sektor kendaraan listrik, termasuk solusi pengisian daya yang cepat dan efisien. 

    Sedangkan The Future Energy Transition berfokus pada langkah-langkah konkret menuju energi terbarukan, termasuk solar panel, baterai penyimpanan energi, dan teknologi lainnya yang mendukung net zero emission.

    The Future Lifestyle memperkenalkan gaya hidup modern yang mengedepankan keberlanjutan, seperti penggunaan perangkat hemat energi dan solusi digital yang dapat membantu masyarakat menjalani kehidupan yang lebih hijau dan efisien.

    Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, mengatakan, “Menjadi bagian dari Electricity Connect 2024 adalah kehormatan besar bagi PLN Icon Plus. ICONNEXT tidak hanya menampilkan inovasi teknologi, tetapi juga menjadi wadah bagi PLN Icon Plus untuk menunjukkan bagaimana solusi digital dapat mendukung transisi energi berkelanjutan, mendorong efisiensi, serta menciptakan ekosistem yang ramah lingkungan.”

    Keikutsertaan PLN Icon Plus sebagai Co-Organizer dalam Electricity Connect 2024 menunjukkan komitmen nyata PLN Icon Plus dalam mendukung target net zero emission pemerintah Indonesia. PLN Icon Plus yakin bahwa kolaborasi antara pemerintah, industri, dan masyarakat sangat penting untuk mempercepat transisi energi berkelanjutan.

    Acara ini tidak hanya menjadi ajang pameran teknologi, tetapi juga sebagai wadah untuk berbagi pengetahuan dan membangun kolaborasi strategis di tingkat nasional maulu internasional. Dengan berbagai inovasi yang ditampilkan di ICONNEXT, PLN Icon Plus berharap dapat menginspirasi pelaku industri serta masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.

    Sumber : Elshinta.Com

  • Top! BRI Sabet Best API Initiative di Ajang Global Retail Banking Innovation Awards 2024 – Page 3

    Top! BRI Sabet Best API Initiative di Ajang Global Retail Banking Innovation Awards 2024 – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali memperoleh pengakuan internasional dengan meraih penghargaan Best API Initiative dalam ajang Global Retail Banking Innovation Awards 2024 yang diadakan oleh The Digital Banker di Singapore pada 24 Oktober 2024 lalu.

    Penghargaan ini diberikan atas keberhasilan BRI dalam mengembangkan BRIAPI, layanan open banking API yang untuk mempercepat digitalisasi ekosistem perbankan di Indonesia.

    Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI, Arga M. Nugraha menegaskan bahwa penghargaan ini mencerminkan komitmen BRI dalam mengembangkan teknologi yang inklusif, guna memudahkan akses layanan perbankan dan mendorong inklusi finansial bagi seluruh lapisan masyarakat.

    “Penghargaan ini merupakan pengakuan atas komitmen BRI terhadap inovasi dan inisiatif untuk meningkatkan aksesibilitas layanan perbankan bagi semua,” tegasnya.

    “BRIAPI dikembangkan dengan prinsip teknologi yang humanis, di mana inovasi dan transformasi digital diselaraskan dengan perluasan akses dan inklusivitas bagi seluruh pengguna,” jelas Arga.

    Arga mengungkapkan, penghargaan ini tidak hanya menjadi pengakuan bagi BRI tetapi juga menjadi motivasi untuk terus berinovasi, menjawab kebutuhan digitalisasi, serta memperkuat peran BRI dalam ekosistem keuangan digital di Indonesia. 

    “Dengan terus mengedepankan solusi yang fleksibel dan mudah diakses, BRI berkomitmen untuk memberikan kontribusi nyata dalam memperluas akses perbankan, memastikan seluruh lapisan masyarakat dapat merasakan manfaat dari layanan keuangan digital yang aman dan andal,” ungkapnya.