Topik: transformasi digital

  • Komdigi Jajaki Kerja Sama dengan Australia untuk Tingkatkan Keamanan Siber

    Komdigi Jajaki Kerja Sama dengan Australia untuk Tingkatkan Keamanan Siber

    JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Digital Indonesia, Meutya Hafid, bersama dengan Menteri Dalam Negeri Australian, Tony Burke, berkomitmen memperkuat kemitraan strategis di bidang keamanan siber. 

    Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan siber Indonesia dengan mengadopsi pengalaman dan praktik terbaik dari Australia, dalam menghadapi tantangan global di era digital. 

    Meutya juga turut menyampaikan ketertarikan Indonesia untuk mendapatkan best practice Australia dalam membangun ekosistem keamanan siber yang tangguh, karena menurutnya, Australia memiliki kementerian khusus yang menangani keamanan siber, dan terbukti efektif. 

    “Kami ingin mengadopsi praktik-praktik tersebut untuk memastikan keamanan digital, khususnya dalam melindungi layanan pemerintah serta mendukung transformasi digital nasional,” kata Meutya dalam siaran resminya. 

    Tidak lupa, Meutya juga menekankan pentingnya kerja sama ini untuk mencegah insiden siber besar seperti yang pernah terjadi di Indonesia. 

    “Keamanan siber adalah prioritas Presiden Prabowo Subianto. Kami melihat Australia sebagai mitra strategis untuk berbagi pengetahuan dan teknologi guna memperkuat infrastruktur digital kami,” tambahnya.

    Menteri Dalam Negeri Australia, Tony Burke, menyambut baik komitmen Indonesia untuk memperluas kolaborasi di bidang ini. Ia menekankan pentingnya kerja sama bilateral dalam menghadapi ancaman siber lintas negara.

    “Keamanan siber adalah tantangan global yang membutuhkan pendekatan lintas batas. Australia sangat menghargai kemitraan ini dan siap berbagi pengalaman untuk memperkuat keamanan siber Indonesia,” ujar Burke.

  • ADB beri pinjaman 500 juta dolar ke RI guna promosi inklusi keuangan 

    ADB beri pinjaman 500 juta dolar ke RI guna promosi inklusi keuangan 

    Pinjaman baru ini menandai subprogram ketiga dari Program Promosi Inklusi Keuangan Inovatif, yang mendukung reformasi yang sedang berjalan di Indonesia menuju pembangunan sektor keuangan yang lebih inklusif

    Jakarta (ANTARA) – Asian Development Bank (ADB) telah menyetujui untuk memberikan pinjaman senilai 500 juta dolar AS atau sekitar Rp7,93 triliun (kurs Rp15.864) untuk Indonesia guna promosi inklusi keuangan.

    Promosi inklusi keuangan di Indonesia nantinya akan berfokus pada meningkatkan akses layanan keuangan bagi kelompok rentan, terutama usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), perempuan, kaum muda, dan penduduk di daerah perdesaan.

    “Pinjaman baru ini menandai subprogram ketiga dari Program Promosi Inklusi Keuangan Inovatif, yang mendukung reformasi yang sedang berjalan di Indonesia menuju pembangunan sektor keuangan yang lebih inklusif,” kata Direktur ADB untuk Indonesia Jiro Tominaga dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

    Jiro mengatakan, program ini berfokus pada tiga bidang reformasi penting, yaitu menyempurnakan infrastruktur inklusi keuangan, meningkatkan akses layanan keuangan bagi kelompok marjinal, dan memperkuat kerangka perlindungan konsumen dengan memanfaatkan teknologi dan inovasi keuangan.

    Dengan dukungan makroekonomi yang kuat dan kerangka kebijakan stabilitas keuangan, inklusi keuangan akan makin berkembang, termasuk di kawasan terpencil, melalui upaya berkelanjutan yang memanfaatkan teknologi digital.

    “Melalui kombinasi inovasi digital dengan dukungan yang tepat sasaran bagi kelompok rentan, inisiatif ini akan membantu menciptakan sektor keuangan yang lebih tangguh dan inklusif. ADB berkomitmen mendukung Indonesia dalam upaya mencapai akses keuangan universal,” ujarnya.

    Kemudian, program ini membantu memajukan inklusi keuangan di Indonesia melalui sejumlah inisiatif penting seperti memperluas ekosistem keuangan digital, melaksanakan Blueprint Sistem Pembayaran Bank Indonesia 2025, akses keuangan daerah, mendukung UMKM di kawasan timur Indonesia, termasuk kewirausahaan kaum muda, serta transformasi digital akses keuangan bagi perempuan.

    “Melanjutkan dukungan ADB sejak 2020, subprogram ketiga mengatasi sejumlah tantangan baru, termasuk dampak perubahan iklim terhadap populasi yang terpinggirkan demi meningkatkan kesehatan dan ketangguhan keuangan populasi tersebut,” terang Jiro Tominaga.

    Adapun ADB berkomitmen mencapai Asia dan Pasifik yang makmur, inklusif, tangguh, dan berkelanjutan, serta terus melanjutkan upayanya memberantas kemiskinan ekstrem. Didirikan pada 1966, ADB dimiliki oleh 69 anggota, di mana 49 di antaranya berada di kawasan Asia dan Pasifik.

    Pewarta: Bayu Saputra
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2024

  • Ini Jurus BRI Perkuat Transformasi Digital Hadapi Perubahan Pasar

    Ini Jurus BRI Perkuat Transformasi Digital Hadapi Perubahan Pasar

    Jakarta

    Kehadiran pinjaman online (Pinjol) telah mengubah lanskap persaingan di industri perbankan saat ini. Fenomena ini pada akhirnya mempercepat transformasi digital di perbankan sehingga mendorong bank untuk terus berinovasi dalam melayani nasabah.

    Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani mengatakan perbankan harus semakin cepat dalam mengembangkan produk digital untuk menyaingi platform pinjaman online yang menawarkan kemudahan akses dan kecepatan layanan. Hal ini kemudian mendorong bank untuk terus berinovasi, seperti mobile banking atau pinjaman digital berbasis aplikasi.

    “Pinjol telah memperluas akses terhadap layanan keuangan, terutama bagi segmen masyarakat yang sebelumnya sulit mendapatkan pinjaman formal karena persyaratan yang lebih ketat. Hal ini memberikan tantangan sekaligus peluang bagi perbankan, karena sebagai bank dengan fokus inklusi keuangan, perbankan bisa memperkuat posisi dengan menyediakan produk pinjaman yang lebih terjangkau dan ramah bagi masyarakat yang belum terlayani (unbanked),” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Kamis (5/12/2024).

    Perbankan seperti BRI yang memiliki basis nasabah di segmen mikro dan ritel, menurutnya merasakan langsung dampak dari kehadiran pinjol. Nasabah BRI yang biasanya memanfaatkan produk KUR atau pinjaman mikro sekarang memiliki alternatif pinjol yang menawarkan proses lebih cepat.

    Walau begitu, Handayani menuturkan pelaku perbankan tidak melihat fenomena pinjol sebagai ancaman, melainkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan fintech dalam menciptakan solusi keuangan yang lebih inklusif. Dengan keunggulan infrastruktur dan modal yang dimiliki, dia menyebut perbankan bisa merangkul teknologi fintech untuk menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan nasabah, baik dari sisi fleksibilitas maupun biaya.

    Pihaknya menyadari kemudahan dan kecepatan adalah faktor utama yang membuat banyak masyarakat beralih ke pinjaman online. Untuk bersaing dalam lanskap ini, BRI telah meluncurkan BRIGuna Digital melalui platform BRImo sebagai bagian dari strategi untuk menarik kembali nasabah yang mungkin beralih ke pinjol.

    Beberapa strategi kunci yang diterapkan BRI terkait BRIGuna Digital, antara lain kemudahan akses dan kecepatan layanan, bunga kompetitif dan transparansi, dan integrasi dengan ekosistem BRI melalui BRImo. Kemudian, untuk menangkal pengaruh pinjol yang sering kali menjerat nasabah ke dalam utang dengan bunga tinggi, BRI juga berfokus pada edukasi keuangan.

    Melalui berbagai kanal komunikasi, BRI mengedukasi nasabah tentang risiko pinjol ilegal, pentingnya pengelolaan keuangan yang baik, dan manfaat menggunakan layanan pinjaman dari lembaga perbankan yang terpercaya. BRI juga tak ketinggalan melakukan pengembangan layanan berbasis data.

    BRI juga senantiasa memberikan literasi keuangan ke beragam segmen khususnya nasabah BRI mulai dari anak muda yang masih sekolah sampai dengan nasabah yang sudah pensiun. BRI juga rutin berkeliling universitas dalam rangka meningkatkan pemahaman anak muda dalam cara mengelola keuangan khususnya dalam memilih instrumen investasi dan menghindari pinjaman online.

    Adapun untuk menarik minat generasi muda, BRI telah menerapkan berbagai strategi dan menyediakan produk serta layanan yang relevan dengan kebutuhan mereka, khususnya melalui platform BRImo sebagai super apps yang menyediakan berbagai kemudahan dalam akses perbankan. Apalagi BRImo menawarkan user interface yang intuitif, fitur self-service yang lengkap, dan layanan transaksi yang seamless untuk menarik generasi muda yang terbiasa dengan teknologi digital.

    Selain itu, pembukaan rekening tabungan BRI yang cepat, tanpa biaya admin, serta memberikan kemudahan untuk transaksi online, yang sangat relevan dengan gaya hidup digital generasi muda.

    “BRI juga menyediakan akses investasi yang terjangkau dan mudah, serta mengedukasi generasi muda tentang pentingnya perencanaan keuangan dan investasi melalui platform BRImo. Tak hanya itu, BRImo sebagai aplikasi all-in-one yang terintegrasi dengan ekosistem digital, seperti belanja online, transportasi, dan hiburan, sehingga menarik lebih banyak pengguna muda yang ingin solusi perbankan sekaligus gaya hidup dalam satu aplikasi”, imbuhnya.

    (akn/ega)

  • Unggul di Dimensi Kolaborasi, BRI Dorong Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan

    Unggul di Dimensi Kolaborasi, BRI Dorong Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan

    Jakarta

    PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) berhasil meraih penghargaan atas keberhasilannya dalam menjalankan transformasi digital pada ajang Digital Banking Awards (DBA) 2024 untuk kategori Dimensi Kolaborasi. Penghargaan ini sekaligus memperkuat reputasi BRI sebagai mitra strategis yang andal.

    Terlebih, BRI berhasil menciptakan ekosistem digital yang mendukung inovasi serta pertumbuhan ekonomi berkelanjutan berkat upaya membangun kolaborasi di berbagai lintas sektor. Mulai dari institusi keuangan, startup, serta berbagai industri lainnya.

    Atas pencapaian tersebut, Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI Arga M Nugraha menyampaikan apresiasinya atas penghargaan ini.

    “Penghargaan ini merupakan bukti nyata komitmen BRI dalam memanfaatkan teknologi untuk memberikan layanan terbaik bagi nasabah. Kami akan terus berinovasi untuk menghadirkan solusi perbankan digital yang inklusif, efisien, dan relevan bagi masyarakat,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (5/12/2024).

    Arga juga menyebut melalui transformasi digital yang tengah dijalankan, BRI berkomitmen mempercepat digitalisasi layanan perbankan demi memudahkan akses keuangan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

    Dengan inovasi digital yang berkelanjutan, BRI optimis dapat menciptakan ekosistem perbankan yang lebih inklusif, memberdayakan komunitas, dan mendorong transformasi ekonomi digital secara menyeluruh. Langkah ini sejalan dengan visi BRI untuk menjadi The Most Valuable Banking Group in Southeast Asia and Champion of Financial Inclusion pada tahun 2025.

    “Dengan terus mengedepankan solusi yang fleksibel dan mudah diakses, BRI berkomitmen untuk memberikan kontribusi nyata dalam memperluas akses perbankan, memastikan seluruh lapisan masyarakat dapat merasakan manfaat dari layanan keuangan digital yang aman dan andal,” terangnya.

    Selain memenangkan penghargaan untuk kategori Dimensi Kolaborasi di DBA 2024, BRI juga berhasil meraih penghargaan untuk kategori Dimensi Data. Keberhasilan BRI dalam Dimensi Data mencerminkan keunggulannya dalam mengelola dan memanfaatkan data untuk mendukung pengambilan keputusan strategis serta memberikan layanan yang lebih personal dan responsif kepada nasabah.

    Bukan hanya itu, BRI telah memperkuat posisinya melalui berbagai inisiatif digital seperti peluncuran aplikasi BRImo, pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan analitik data untuk merancang solusi yang mendukung pemberdayaan UMKM, serta memiliki BRIAPI sejak tahun 2018.

    BRIAPI adalah solusi open banking yang memungkinkan ribuan mitra pihak ketiga untuk mengintegrasikan berbagai produk dan layanan BRI ke dalam platform mereka. Kehadiran BRIAPI mempermudah pemilik platform digital untuk menyediakan layanan pembayaran dan informasi dari BRI.

    Sebagai informasi, dua penghargaan yang disabet BRI pada ajang DBA 2024 ini mengusung tema ‘Leading Digital Banking with AI, Data Protection, and SuperApps’. DBA 2024 diselenggarakan oleh Intellectual Business Community (IBC) bersama Investortrust.id di Hotel Aryaduta Jakarta, (26/11) lalu.

    (akn/ega)

  • Pj Bupati Lamandau Raih Nilai Evaluasi Kinerja Terbaik se-Kalimantan

    Pj Bupati Lamandau Raih Nilai Evaluasi Kinerja Terbaik se-Kalimantan

    Lamandau, Beritasatu.com – Penjabat (Pj) Bupati Lamandau, Said Salim kembali mengukir prestasi dengan meraih predikat terbaik dalam evaluasi kinerja se-Kalimantan. Tidak hanya unggul di tingkat regional kalimantan, Pj Bupati Lamandau juga berhasil menempatkan kabupaten ini di peringkat 8 nasional, sebuah pencapaian yang menunjukkan kepemimpinan yang mampu bekerja sama dengan perangkat daerah baik di lingkup Pemerintah Kabupaten maupun dengan unsur Forkopimda dan seluruh elemen masyarakat Lamandau.

    Evaluasi kinerja ini dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan lembaga terkait untuk menilai efektivitas dan efisiensi tata kelola pemerintahan di tingkat daerah. Penilaian meliputi berbagai aspek, seperti pelayanan publik, implementasi program prioritas nasional, pengelolaan keuangan daerah, hingga keberhasilan mendorong inovasi dan transformasi digital.

    Pj Bupati Lamandau menyampaikan rasa syukur dan apresiasi kepada seluruh aparatur pemerintah daerah dan masyarakat atas dukungan yang diberikan.

    “Prestasi ini bukan hanya hasil kerja individu, tetapi bukti kolaborasi seluruh elemen masyarakat Lamandau. Kami berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik dan menjaga amanah ini,” ujarnya.

    Capaian ini juga menjadi pengakuan atas upaya serius Lamandau dalam melaksanakan program pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif. Beberapa inovasi unggulan, seperti digitalisasi pelayanan publik dan optimalisasi pengelolaan sumber daya daerah, menjadi poin penting yang mendorong keberhasilan tersebut.

    Dengan prestasi ini, Lamandau tidak hanya menjadi kebanggaan Kalimantan Tengah, tetapi juga menjadi inspirasi bagi daerah lain di Indonesia untuk terus meningkatkan kualitas pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat. Pemerintah Kabupaten Lamandau berharap keberhasilan ini dapat menjadi momentum untuk menciptakan pembangunan yang semakin maju, berkeadilan, dan berdaya saing tinggi.

  • Komdigi Gotong Royong Bekali Anak Muda Papua Keterampilan Digital

    Komdigi Gotong Royong Bekali Anak Muda Papua Keterampilan Digital

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Indosat Tbk. (ISAT) bersama Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) gotong royong meningkatkan literasi digital generasi muda di Sorong, Papua Barat, guna memangkas kesenjangan digital. 

    Melalui program Generasi Terkoneksi (GenSi), Indosat dan Komdigi menggelar GenSi di Universitas Pendidikan Muhammadiyah (Unimuda)..

    SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Steve Saerang mengatakan transformasi digital yang inklusif tidak hanya membutuhkan teknologi yang andal, juga keterlibatan aktif generasi muda dan perempuan sebagai motor penggerak perubahan.

    “Dengan memperluas literasi digital ke seluruh lapisan masyarakat, kami berharap dapat membantu mengurangi kesenjangan digital, membuka peluang ekonomi baru, dan mendukung pertumbuhan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital global,” kata Steve dalam keteranganya, Kamis (5/12/2024).

    Di sisi lain, Sekretaris Direktorat Jenderal Komunikasi Publik dan Media, Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) Mediodecci Lustarini menyampaikan bahwa program ini adalah bukti nyata kolaborasi antara pemerintah dan sektor swasta dalam meningkatkan literasi digital di seluruh Indonesia. 

    Melalui pemberdayaan komunitas lokal, program ini akan membuka akses digital bagi talenta muda, perempuan, dan UMKM di wilayah wilayah yang berada di seluruh Indonesia. 

    “Bersama dengan Indosat, kami optimis bahwa inisiatif seperti ini akan menciptakan dampak berkelanjutan bagi pembangunan Indonesia di era transformasi digital,” ujarnya.

    Adapun, Program GenSi di Sorong mengusung tema “Saatnya GenSi Beraksi” dengan melibatkan 600 talenta digital dari wilayah Sorong dan sekitarnya. 

    Selain berfokus pada AI Sovereignty, program ini juga memperkenalkan model pelatihan literasi digital kepada anggota International Telecommunication Union (ITU). 

    Bekerja sama dengan Digital Transformation Center (DTC), program ini menghadirkan para ahli dari berbagai sektor, termasuk pemerintah, industri, dan inovator, serta melibatkan mahasiswa untuk mengembangkan pengetahuan dasar dan keterampilan praktis dalam keamanan siber, dengan perhatian khusus pada generasi muda dan perempuan.

    Dengan menjangkau literasi digital di daerah terluar Indonesia, Indosat berkomitmen mengurangi kesenjangan digital dan mendorong kontribusi mereka terhadap perekonomian Indonesia. Dimana, talenta digital menjadi pilar masa depan Indonesia, dengan 25,87% dari populasi atau sekitar 69,74 juta orang pada 2023. 

     

  • ASDP catat laba tumbuh 8 persen per Oktober 2024

    ASDP catat laba tumbuh 8 persen per Oktober 2024

    Inovasi digital yang kami lakukan bukan hanya meningkatkan performa ASDP, tetapi juga menjadi wujud komitmen kami untuk mendukung program pembangunan nasional Astacita yang dinahkodai oleh Presiden Prabowo Subianto

    Jakarta (ANTARA) – Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Heru Widodo menyampaikan bahwa perseroan mencatatkan laba Rp514 miliar hingga Oktober 2024 yang mencakup 77 persen dari target yang direncanakan, atau meningkat 8 persen year-on-year (yoy).

    Ia menyatakan di Jakarta, Kamis, bahwa pencapaian tersebut sejalan dengan naiknya pendapatan perusahaan secara konsolidasian sebesar 5 persen yoy menjadi Rp4,20 triliun, atau telah mencapai 89 persen dari target perusahaan tahun ini.

    Pertumbuhan tersebut, lanjutnya, telah menjadi tren positif dalam beberapa tahun terakhir. ASDP berhasil mencetak rekor pendapatan dan laba tertinggi dalam lima tahun terakhir.

    “Pendapatan dari sektor jasa penyeberangan naik dari Rp1,90 triliun pada 2019 menjadi Rp3,3 triliun pada 2023, rata-rata tumbuh per tahun 14,8 persen,” kata Heru.

    Sementara itu, pendapatan dari sektor pelabuhan rata-rata meningkat 8,7 persen setiap tahunnya, dari Rp750 miliar pada 2019 menjadi Rp 1,0 triliun pada 2023.

    Ia menyampaikan bahwa pencapaian tersebut tidak lepas dari upaya masif perseroan dalam melakukan transformasi digital, salah satunya inovasi layanan tiket online Ferizy, yang memudahkan pengguna membeli tiket kapan saja dan di mana saja.

    “Layanan ini tidak hanya meningkatkan kenyamanan penumpang, tetapi juga mempercepat proses pembelian tiket, mengurangi antrean, dan memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik,” ujar Heru.

    Sejak diluncurkan pada 2020, jumlah pengguna e-ticketing Ferizy meningkat dari 438.105 pada tahun pertama menjadi lebih dari 2,59 juta pada Oktober 2024.

    Selain digitalisasi, ia menuturkan bawa kinerja positif perseroan juga didukung oleh upaya pengendalian biaya melalui program efisiensi yang membantu perusahaan untuk terus berkontribusi terhadap pertumbuhan industri penyeberangan dan perekonomian nasional.

    “Inovasi digital yang kami lakukan bukan hanya meningkatkan performa ASDP, tetapi juga menjadi wujud komitmen kami untuk mendukung program pembangunan nasional Astacita yang dinahkodai oleh Presiden Prabowo Subianto,” imbuhnya.

    Pewarta: Uyu Septiyati Liman
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2024

  • Menkomdigi Ingatkan Pesan Presiden Prabowo soal AI: Gunakan Lebih Bijak dan Akomodatif – Page 3

    Menkomdigi Ingatkan Pesan Presiden Prabowo soal AI: Gunakan Lebih Bijak dan Akomodatif – Page 3

    Meutya Hafid sebelumnya menerima kunjungan Duta Besar Finlandia untuk Indonesia, yaitu Pekka Kaihilahti.

    Dalam pertemuan ini, kedua pihak membahas bagaimana Indonesia dan Finlandia untuk proses kerja sama digital, seperti pengembangan pusat data dan alih pengetahuan teknologi.

    BACA JUGA:Apple Siap Investasi Rp 15,93 Triliun di Indonesia, Tanda iPhone 16 Segera Hadir Resmi? Diharapkan, kerja sama digital ini dapat mempermudah transfer pengetahuan untuk mendukung percepatan transformasi digital di Tanah Air.

    Advertisement “Kita ketahui Finlandia memiliki keahlian ddalam inovasi digital, sementara Indonesia berada pada kkokndisi sangat dinamis dengan ekonomi digital terus berkembang,” kata Menkomdigi Meutya Hafid, dalam keterangannya, Sabtu (30/11/2024).

    Selain investasi, Menkomdigi juga menekankan pentingnya alih pengetahuan teknologi agar Indonesia tidak hanya menjadi pengguna tetapi juga produsen teknologi digital.

    “Kami ingin memperkuat kapasitas sumber daya manusia di Indonesia, sehingga mampu memproduksi teknologi sendiri dan menjadi pemain global di bidang digital,” kata Meutya.

    Duta Besar Finlandia, Pekka Kaihilahti, juga menyambut baik gagasan ini. Ia menegaskan, Finlandia tidak hanya menawarkan teknologi.

    “Kami tidak hanya menawarkan teknologi, tetapi juga pengalaman dan keahlian dalam membangun infrastruktur digital serta pemberdayaan SDM,” kata Pekka.

    Dengan kerja sama ini, diharapkan Indonesia dapat mempercepat pembangunan pusat data modern, memperkuat ekosistem digital, dan menghubungkan masyarakat di wilayah terpencil melalui konektivitas digital.

  • Mitratel Perkuat Posisi sebagai Pemimpin Infrastruktur Digital dengan Akuisisi PT UMT

    Mitratel Perkuat Posisi sebagai Pemimpin Infrastruktur Digital dengan Akuisisi PT UMT

    Jakarta, Beritasatu.com – PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (Mitratel) kembali mempertegas komitmen untuk menjadi perusahaan infrastruktur digital terdepan. Terbaru, Mitratel mengakuisisi PT Ultra Mandiri Telekomunikasi (UMT), yang memiliki portofolio utama pada jaringan fiber optik. Melalui akuisisi ini, Mitratel memperoleh tambahan jaringan fiber optik sepanjang 8.101 kilometer.

    Penandatanganan perjanjian jual beli saham UMT dilakukan bersama PT Pembangunan Perumahan Infrastruktur (PPIN) dan Yayasan Kesejahteraan Karyawan Pembangunan Perumahan (YKKPP).

    Akuisisi UMT merupakan bagian dari strategi Mitratel untuk mempercepat pertumbuhan bisnis sekaligus mendukung pemerataan akses telekomunikasi di seluruh Indonesia.

    Dengan transaksi ini, Mitratel juga memperoleh potensi pendapatan tambahan dari aset billable length sepanjang 12.524 kilometer, yang akan terkonsolidasi dalam laporan keuangan perusahaan setelah transaksi.

    Direktur Utama Mitratel Theodorus Ardi Hartoko menjelaskan, akuisisi ini memiliki nilai strategis dalam memperkuat ekosistem bisnis menara telekomunikasi sekaligus meningkatkan pangsa pasar di segmen fiber to the tower (FTTH).

    “Jaringan fiber yang kami akuisisi tersebar di wilayah Sumatera, Jawa, dan Bali, sejalan dengan arah ekspansi industri telekomunikasi menuju era implementasi teknologi 5G, serta menyasar daerah-daerah pertumbuhan ekonomi baru,” ungkap Theodorus dikutip dari keterangannya, Kamis (5/12/2024).

    Dengan tambahan jaringan baru untuk infrastruktur digital ini, total jaringan fiber Mitratel kini mencapai lebih dari 47.800 kilometer, meningkat signifikan dari 39.714 kilometer pada akhir September 2024. Dari total aset tersebut, 56% berada di luar Pulau Jawa, sementara 44% berada di Jawa.

    Dalam laporan keuangan per September 2024, Mitratel mencatatkan pendapatan dari bisnis fiber sebesar Rp 274 miliar, naik 89,5% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, dan menyumbang 4% dari total pendapatan perusahaan.

    Setelah akuisisi UMT, kontribusi pendapatan dari bisnis fiber diproyeksikan terus meningkat secara signifikan. Pertumbuhan hampir 90% year on year dalam bisnis fiber hingga kuartal III 2024 adalah capaian yang sangat menggembirakan.

    “Kami akan terus fokus mengembangkan bisnis ini melalui monetisasi aset dan peningkatan pangsa pasar. Hal ini penting untuk menyongsong era teknologi 5G dan penerapan teknologi mutakhir di seluruh lini bisnis kami,” jelas Teddy, sapaan akrab Theodorus.

    Mitratel menegaskan akan terus melakukan ekspansi secara selektif, tidak hanya di bisnis infrastruktur digital dengan menara telekomunikasi tetapi juga di sektor fiber optik dan layanan pendukung lainnya.

    Dengan visi Mitratel menjadi perusahaan infrastruktur digital terdepan, langkah akuisisi ini meneguhkan posisi Mitratel sebagai salah satu pemain utama dalam mendukung transformasi digital di Indonesia.

  • Telkom Raup Rp15,2 Triliun dari Enterprise Kuartal III/2024, Genjot Pasar UMKM

    Telkom Raup Rp15,2 Triliun dari Enterprise Kuartal III/2024, Genjot Pasar UMKM

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Telkom Indonesia (Perseroan) Tbk. (TLKM) memperkuat posisi mereka di pasar UMKM Tanah Air dengan mendorong sejumlah program. Pada kuartal III/2024, kinerja Telkom di segmen enterprise, yang di dalamnya terdapat UMKM, mencapai Rp15,2 triliun atau naik 3,4% secara tahunan. 

    Telkom melalui Indibiz terus memperluas pasar di segmen UMKM. Bekerja sama dengan Digiserve dan Microsoft, perusahaan telekomunikasi pelat merah itu mendorong transformasi digital di sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

    OVP Enterprise Regional Management Telkom Reni Yustiani mengatakan berkolaborasi dalam memberdayakan UKM dengan memberikan pelatihan dan edukasi. Langkah ini juga menjadi upaya Telkom untuk merangkul pelanggan UKM baru, dengan memperkenalkan mereka terhadap solusi-solusi yang dimiliki perusahaan termasuk solusi Microsoft 365.  

    “Harapannya, peserta yang mengikuti kegiatan ini semakin lebih mengenal ekosistem solusi digital Indibiz yang dapat meningkatkan produktivitas bisnis UKM,” kata Reni, dikutip Kamis (5/12/2024). 

    Sementara itu, Pelaksana Tugas (PLT) Presiden Direktur Digiserve Buddy Restiady menjelaskan Telkom dan Microsoft menawarkan fitur yang dirancang untuk membantu UKM memenuhi kebutuhan digital tools standar global. Dengan solusi ini, pelaku usaha dapat mengelola data lebih mudah mulai dari penyimpanan, akses, hingga penghapusan. 

    Selain mencetak pendapatan di enterprise, Telkom juga membukukan pendapatan sebesar Rp1,5 triliun dari bisnis data center pada kuartal III/2024. Jumlah tersebut naik 9,8% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang sebesar Rp1,4 triliun. 

    Telkom memiliki total kapasitas sebesar 42 MW (megawatt)di 33 data center yang terdiri dari 28 lokasi di Indonesia dan 5 lokasi di 3 negara lainnya (Singapura, Hong Kong, dan Timor Leste). 

    Rata-rata data center utilisasi data center tersebut sebesar 70% dari berbagai segmen pelanggan, seperti pemerintahan, perbankan, enterprise, dan international hyperscaler. Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, rata-rata utilisasi tersebut belum meningkat. 

    “Selama periode kuartal III/2024, NeutraDC fokus pada perluasan kapasitas sebesar 18 MW di Cikarang. Data Center dan Cloud Telkom membukukan pendapatan sebesar Rp1,5 triliun dan mengalami pertumbuhan 9,8% YoY,” tulis dalam info memo. 

    Untuk diketahui, NeutraDC merupakan nama brand dari PT Telkom Data Ekosistem, yaity anak usaha dari Telkom Indonesia yang bergerak di bidang pengelolaan pusat data.

    Dalam mendukung penerapan ESG, NeutraDC menggunakan panel surya untuk mendapatkan sumber energi terbarukan. 

    “Kami juga terbuka untuk mengadopsi teknologi pendinginan berbasis air untuk konsumsi energi yang lebih efisien. Untuk menangkap potensi bisnis dari teknologi AI, NeutraDC dikembangkan lebih lanjut agar AI-ready,” dikutip dari info memo.