Topik: transformasi digital

  • Video: Prabowo Mau Percepat Transformasi Digital, Industri RI Siap?

    Video: Prabowo Mau Percepat Transformasi Digital, Industri RI Siap?

    Jakarta, CNBC Indonesia- Pemerintahan Presiden Prabowo terus mendorong perluasan implementasi teknologi digitalisasi sebagai strategi mendorong mesin pertumbuhan ekonomi di Indonesia

    Head of Sales Gems Nutanix (ASEAN Without Singapore), Dirk Wiesmann memandang positif upaya pemerintahan Indonesia mendorong pengembangan teknologi digitalisasi industri sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi RI.

    Teknologi dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai persoalan di industri termasuk operasional dan konektivitas. Namun demikian adopsi teknologi industri menghadapi sejumlah tantangan terkait SDM dan tenaga ahli SDM serta keamanan data.

    Seperti apa peran Nutaxic sebagai cloud platform dalam transformasi digital di Indonesia? Selengkapnya simak dialog Dina Gurning dengan Head of Sales Gems Nutanix (ASEAN Without Singapore), Dirk Wiesmann dalam Profit, CNBC Indonesia (Rabu, 04/12/2024)

  • BSI jadi Bank Syariah ke-9 Terbesar Dunia dari Sisi Kapitalisasi Pasar – Page 3

    BSI jadi Bank Syariah ke-9 Terbesar Dunia dari Sisi Kapitalisasi Pasar – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mencatatkan aset BSI tumbuh 15,91 persen year-on-year (yoy) menjadi Rp371 triliun dari Rp320 triliun pada kuartal III/2023. Pada saat yang sama, laba bersih naik 21,60 persen yoy menjadi Rp5,11 triliun.

    Hingga kuartal III/2024, aset BSI tumbuh 15,91 persen year-on-year (yoy) menjadi Rp371 triliun dari Rp320 triliun pada kuartal III/2023. Pada saat yang sama, laba bersih naik 21,60 persen yoy menjadi Rp5,11 triliun.

    Pencapaian tersebut didukung oleh pertumbuhan pembiayaan sebesar 15,28 persen yoy menjadi Rp267 triliun, dengan komposisi sebanyak 54,57 persen merupakan segmen konsumer, 27,83 persen segmen wholesale, dan 17,6 persen segmen ritel. Total DPK juga meningkat 14,92 persen yoy menjadi Rp301,22 triliun, didominasi oleh produk tabungan sebesar Rp130,18 triliun yang tumbuh 13,40 persen.

    Di panggung global, BSI juga sukses menjadi representasi kekuatan perbankan syariah nasional. Setelah berhasil membuka cabang di Dubai Uni Emirat Arab, BSI juga berkeinginan untuk membuka cabang di Arab Saudi. Saat ini, BSI telah menjadi bank syariah ke-9 terbesar dunia dari sisi kapitalisasi pasar.

    Hery menyebut transformasi digital merupakan salah satu pilar utama strategi BSI untuk menghadapi era digital dan meningkatkan kinerja secara menyeluruh. BSI pada tanggal 9 November yang lalu meluncurkan BYOND by BSI sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat terhadap layanan jasa perbankan dan keuangan yang semakin kompleks di era digital. BYOND by BSI merupakan SuperApp layanan finansial, sosial, dan spiritual komprehensif yang lebih mudah dan nyaman diakses, dengan keamanan yang semakin maksimal.

    “BSI berupaya menjadi sahabat finansial, sosial, dan spiritual bagi nasabahnya, memenuhi kebutuhan mereka secara holistik dalam satu aplikasi yang terintegrasi. BYOND by BSI tidak hanya mempermudah transaksi perbankan, tetapi juga menawarkan pengalaman yang lebih luas, selaras dengan gaya hidup Islami yang modern,” katanya.

     

  • PANRB: Transformasi digital jalan menuju layanan publik berkualitas

    PANRB: Transformasi digital jalan menuju layanan publik berkualitas

    Mari terus semangat berkolaborasi membangun fondasi menuju pemerintahan yang lebih efektif, transparan, dan inklusif demi Indonesia jaya.

    Jakarta (ANTARA) – Wakil Menteri PANRB Purwadi Arianto mengatakan transformasi digital dan sinergi birokrasi adalah jalan menuju pelayanan publik yang berkualitas dan adaptif terhadap tantangan global.

    Hal itu disampaikannya pada Penutupan Rapat Koordinasi Paguyuban Kementerian PANRB dan Instansi Paguyuban di Bandung, Jawa Barat, Jumat (6/12).

    “Rakor ini merupakan langkah nyata untuk memperkuat koordinasi antarinstansi, memastikan pelayanan publik yang responsif dan inklusif serta mendukung visi Indonesia Emas 2045,” kata Purwadi dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

    Semua langkah ini pada dasarnya merupakan bagian integral dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045.

    Selanjutnya, dia juga menyoroti beberapa isu strategis instansi paguyuban Kementerian PANRB mencakup optimalisasi sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE), pengembangan kompetensi ASN melalui Corporate University dan Future Leader Program serta integrasi arsip digital oleh ANRI ke dalam platform nasional.

    “Transformasi digital bukan hanya soal automasi, melainkan harus didukung oleh interoperabilitas sistem antarinstansi dan pemanfaatan teknologi digital seperti SPBE dan INA DIGITAL,” ujarnya.

    Purwadi menjelaskan bahwa sinergi adalah kunci untuk memastikan birokrasi tidak hanya responsif terhadap tantangan saat ini, tetapi juga mampu beradaptasi dengan masa depan.

    “Semoga hasil dari rakor ini dapat menjadi acuan dalam merancang kebijakan dan program yang konkret. Mari terus semangat berkolaborasi membangun fondasi menuju pemerintahan yang lebih efektif, transparan, dan inklusif demi Indonesia jaya,” kata Purwadi.

    Untuk memastikan hal tersebut, menurut dia, dibutuhkan strategi jejaring dalam penerapan sistem kerja dengan proses bisnis tematik dan transformasi digital.

    Pada pidatonya, 24 Oktober 2024, Presiden Prabowo menyampaikan beberapa hal prioritas di bidang digital, di antaranya transformasi digital untuk ketepatan sasaran bantuan sosial dan subsidi serta pencegahan dan pemberantasan korupsi.

    “Srategi pemerintah digital saat ini berfokus pada layanan digital prioritas dengan digital public infrastructure (DPI) sebagai fondasi keterpaduan,” tuturnya.

    Plt. Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Imam Gunarto yang hadir menjadi narasumber dalam rakor tersebut juga menyampaikan paparan atas keberhasilan salah satu wujud SPBE, yakni Program SRIKANDI (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi).

    Program tersebut, menurut dia, telah menghemat anggaran negara hingga Rp3,19 triliun.

    “SRIKANDI berhasil mendukung efisiensi birokrasi dalam melindungi arsip sebagai memori kolektif bangsa,” pungkas Imam.

    Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
    Editor: D.Dj. Kliwantoro
    Copyright © ANTARA 2024

  • Pengamat Beberkan Tantangan Telkom di Era Perubahan

    Pengamat Beberkan Tantangan Telkom di Era Perubahan

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pengamat telekomunikasi sekaligus Direktur Eksekutif Information and Communication Technology(ICT) Institute Heru Sutadi mengatakan ancaman disrupsi dan transformasi digital jadi tantangan bagi PT Telkom Indonesia (Telkom). Namun, ujarnya, Telkom berhasil survive di tengah ancaman yang harus dijalani tersebut. Meski tren bisnis ke arah over-the-top (OTT) di mana infrastruktur lebih banyak mengeluarkan anggaran untuk pembangunan sementara OTT yang mendapat hasil lebih besar.

    Dia mengatakan, dengan waktu yang panjang Direktur Utama PT Telkom Indonesia Ririek Adriansyah memimpin Telkom dengan dinamika perubahannya.

    Kemudian juga perkembangan digital membuat Telkom juga harus bertransformasi dengan cepat apalagi merupakan perusahaan telekomunikasi dan ICT. Sampai sekarang bisnis Telkom tetap tumbuh, meski memang ada tren penurunan. “Dibanding pemain telekomunikasi lainnya yang tinggal nama, Telkom Group masih terdepan,” ujar Heru saat dihubungi di Jakarta, dikutip Sabtu (7/12/2024).

    Heru menyebutkan SDM Telkom juga sangat mumpuni dan dipakai di banyak BUMN, sehingga kinerja Ririek perlu diapresiasi.

    “Walaupun memang dengan perkembangan model bisnis seperti FMC kemudian trend InfraCo, maka PR dan tantangan Telkom sangat dinamis dan terus ada sehingga kerja terus harus dilakukan,” kata Heru.

    Heru menilai sebenarnya direksi Telkom bekerja sangat maksimal, hanya komisaris Telkomnya sangat politis dan relawan sekali, padahal harusnya Telkom mesti dikembangkan secara profesional.

    Ia menekankan, harus ada kebijakan dari Presiden Prabowo Subianto agar BUMN besar dikelola profesional. “Relawan atau politisi kalau harus masuk Komisaris BUMN, mungkin bisa ditempatkan di perusahaan yang kompetisinya rendah dan penguasaan lokal tinggi, sementara industri telekomunikasi kan kompetisi tinggi dan pemain banyak dari negara luar, ada Singtel, ada Qatar, atau Malaysia,” ujar Heru.

    Perjalanan Ririek Adriansyah

    Ririek Adriansyah memulai kariernya di Telkom pada 1990. Perjalanan Ririek menuju posisi puncak di perusahaan telekomunikasi terbesar di Tanah Air ini penuh dengan liku-liku perjuangan panjang yang mengesankan.

    Pria kelahiran 2 September 1963 ini tumbuh dan besar di Yogyakarta. dengan masa kecil yang penuh tantangan. Bahkan untuk sekadar bisa mendapatkan uang tambahan, Ririek kecil pernah menjadi pemungut puntung rokok.

    Ia mengenang di masa itu anak-anak kalau mau memperoleh tambahan uang pilihannya hanya dua, yaitu menjadi kondektur angkot atau tukang puntung. Dengan kondisi ekonomi yang serba terbatas, Ririek semasa sekolah tetap tekun belajar. Hingga kemudian setelah lulus SMA, Ririek berhasil meneruskan pendidikan ke Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Teknik Elektro.

    Ketika itu Ririek memperoleh beasiswa dari Telkom, perusahaan yang kemudian menjadi tempatnya menempuh perjalanan panjang kariernya di dunia telekomunikasi yang dimulai tahun 1990. Seiring berjalannya waktu, Ririek menapaki berbagai posisi penting di anak perusahaan Telkom. Pada periode 2004-2008, Ririek dipercaya menjabat sebagai Deputy EGM Divisi Infratel, PT Telkom.

    Selanjutnya Ririek pindah ke PT Telin, anak perusahaan Telkom yang bergerak di bidang layanan internasional. Di perusahaan ini Ririek menjabat sebagai Director of International Carrier Services pada 2008-2010 dan kemudian Director of Marketing and Sales hingga 2011. Perjalanan karier Ririek terus menanjak, hingga ia menduduki posisi President Director PT Telin pada 2011-2012.

    Kemudian pada 2012, Ririek balik ke PT Telkom sebagai Director of Compliance and Risk Management selama satu tahun. Lalu ia menjabat sebagai Director of Wholesale & International Service hingga tahun 2014. Puncak karier Ririek di anak perusahaan Telkom ketika ia diangkat menjadi Direktur Utama Telkomsel pada Januari 2015 hingga Mei 2019.

    Di bawah komando Ririek, Telkomsel berhasil tumbuhan signifikan hingga menjadikannya sebagai pemimpin yang diakui di industri telekomunikasi Indonesia. Tak berhenti di Telkomsel, karier Ririek terus melejit.

    Foto: Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, Ririek Adriansyah dalam Tech & Telco Forum 2024 di Menara Bank Mega, Jakarta, Jumat (5/7/2024). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
    Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, Ririek Adriansyah dalam Tech & Telco Forum 2024 di Menara Bank Mega, Jakarta, Jumat (5/7/2024). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

    Ririek Menakhodai Telkom Terus Bertransformasi Jadi Pemain Global

    Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Telkom Tahun Buku 2018, Ririek dipilih sebagai Direktur Utama PT Telkom Indonesia. Atas jasanya dalam menakhodai Telkom, Ririek yang merupakan teman satu angkatan politikus senior PDIP Pramono Anung di ITB, dianugerahi Bintang Jasa Nararya oleh negara.

    Ririek juga dikenal sebagai pemimpin yang berani dan visioner. Dengan kepiawaiannya, Ririek yang saat ini sudah lebih dari 12 tahun dipercaya menjabat Direksi Telkom, sejak 18 Mei 2023 mulai berinvestasi di PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO). Ketika itu Telkom membeli 29,708 lembar saham GOTO senilai US$ 150 juta atau setara Rp2,1 triliun. Selain Telkom, anak usahanya Telkomsel juga memiliki 59.417 lembar saham tambahan dari opsi pembelian saham atau senilai US$ 300 juta, setara Rp4,29 triliun. Secara total, investasi Telkom di GOTO mencapai US$450 juta, atau setara Rp6,4 triliun.

    Di GOTO ini, konglomerat Garibaldi Thohir atau biasa dikenal dengan Boy Thohir, kakak dari Menteri BUMN Erick Thohir, menggenggam saham sebanyak 1,05 miliar saham. Sebelumnya, Boy Thohir sempat memegang jabatan Komisaris Utama di GOTO. Namun, pada pertengahan 2023 memutuskan mundur.

    Oleh Ririek, GOTO dijadikan sebagai salah satu ladang pendapatan dalam investasi Telkom di masa depan. “Kalau secara accounting, naik-turunnya harga saham itu akan berpengaruh, tapi bukan di operasional,” kata Ririek di Kementerian BUMN Jakarta, beberapa waktu lalu.

    Sebagai profesional yang mumpuni, Ririek yang tak pernah berkarier di perusahaan lain kecuali Telkom Group, kini terus berupaya menyukseskan langkah transformasi yang tengah Telkom lakukan, serupa dengan yang ia terapkan di setiap anak tangga kariernya, yaitu terus bertransformasi. Di bawah nakhoda Ririek, Telkom mengusung misi besar perusahaan untuk menuju transformasi digital menjadi pemain global. “Bagi saya, seorang pemimpin yang hebat tidak akan pernah berhenti untuk belajar,” tutur Ririek yang tak tergantikan jabatannya sebagai Dirut Telkom hingga saat ini.

    (dce/dce)

  • Nokia Gotong Royong Perluas Jaringan 4G dan 5G di RI

    Nokia Gotong Royong Perluas Jaringan 4G dan 5G di RI

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Indosat Tbk. (ISAT) dan Nokia, perusahaan penyedia teknologi asal Finlandia, menjalin kerja sama untuk  memperluas jaringan 4G dan 5G di berbagai wilayah di Indonesia. 

    Dalam kerja sama ini, Indosat akan menggunakan teknologi dari Nokia, seperti radio multiband dan solusi baseband untuk meningkatkan jangkauan dan kualitas layanan di area-area strategis di seluruh negeri. 

    Presiden Direktur dan Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha mengatakan kolaborasi ini menegaskan komitmen Indosat untuk terus menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia, sekaligus memperkuat posisi Nokia sebagai mitra teknologi terpercaya di Tanah Air. 

    Indosat dan Nokia memiliki visi bersama untuk menjawab tantangan perkembangan pesat sektor telekomunikasi di Indonesia, serta mewujudkan masa depan jaringan 4G dan 5G yang lebih canggih dan berkelanjutan pada masa depan.

     “Di Indosat, kami memiliki tujuan besar untuk memberdayakan Indonesia melalui konektivitas dan digitalisasi yang inklusif.  Kolaborasi ini merupakan wujud nyata dari komitmen kami untuk memperluas akses digital bagi semua lapisan masyarakat,” kata Vikram, dikutip Sabtu (7/12/2024). 

    Diketahui, emiten bersandi saham ISAT itu telah mengoperasikan 193.562 BTS 4G, atau naik 12,5% secara tahunan (year-on-year/yoy) dari sebelumnya hanya 172.100 BTS 4G. Sementara itu untuk 5G, total BTS menyala ada 103 BTS.

    Dengan memanfaatkan teknologi terkini, lanjutnya, perusahaan berupaya menghadirkan konektivitas yang andal dan berkualitas. 

    Lebih dari itu, kemitraan ini menjadi langkah strategis dalam mengintegrasikan kecerdasan artifisial (AI) ke dalam ekosistem Indosat, menciptakan jaringan yang lebih cerdas, efisien, dan berkelanjutan. 

    Presiden Mobile Networks Nokia Tommi Uitto mengatakan Nokia dengan mengintegrasikan solusi Radio Access Network dan teknologi berbasis AI, Nokia mendukung Indosat dalam membangun jaringan yang tangguh dan siap menghadapi masa depan. 

    “Kemitraan ini tidak hanya memperkuat posisi kami di teknologi 4G dan 5G, tetapi juga menegaskan komitmen Nokia untuk mendukung transformasi digital Indonesia dan mempercepat pertumbuhan ekosistem seluler di negara ini,” kata Tommi.

    Sebagai bagian dari kerja sama ini, Indosat dan Nokia akan berfokus pada peningkatan pendapatan, memperkuat retensi pelanggan, dan mengoptimalkan jaringan secara menyeluruh. 

    Melalui pemanfaatan teknologi canggih seperti AI dan machine learning, kolaborasi ini dirancang untuk mengoptimalkan investasi jaringan serta mengalokasikan sumber daya secara efisien di area prioritas, menghadirkan efisiensi operasional, dan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan.

    Selain itu, Indosat dan Nokia berencana mengembangkan Fixed Wireless Access (FWA) di wilayah strategis untuk memperluas broadband dan mendukung inklusi digital di wilayah terpencil. Dengan menggabungkan jaringan 4G dan 5G serta teknologi FWA, inisiatif ini bertujuan mendukung pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan konektivitas bagi jutaan masyarakat Indonesia.

    “Kemitraan ini menegaskan komitmen Indosat dan Nokia dalam mendorong kemajuan sektor telekomunikasi di Indonesia dan mempercepat transformasi digital bagi seluruh masyarakat,” kata Vikram. 

  • Menuju Masa Depan Keuangan, UKM Kudu Akrab dengan Digitalisasi

    Menuju Masa Depan Keuangan, UKM Kudu Akrab dengan Digitalisasi

    Jakarta: Para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dan korporasi dituntut untuk akrab dengan digitalisasi pembayaran dan pembiayaan sebagai persiapan dalam menuju masa depan keuangan. Hal ini ditegaskan dalam seminar bertajuk ‘Digitalisasi Sistem Pembayaran dan Pembiayaan Usaha untuk SME dan Korporasi’ yang diselenggarakan Fazz, Modal Rakyat, dan BillFazz.
     
    Seminar ini menyoroti transformasi digital di sektor keuangan. Tujuannya, seminar ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai solusi pembayaran dan pembiayaan digital, dengan fokus pada bagaimana teknologi dapat membantu UKM dan korporasi beradaptasi dalam era ekonomi digital.
     
    CEO Modal Rakyat Christian Hanggra dalam presentasinya membahas bagaimana teknologi menjadi enabler bagi pelaku UKM untuk mendapatkan akses pendanaan yang lebih mudah dan cepat.
     
    “Sejak 2018, Modal Rakyat telah menyalurkan lebih dari Rp12 triliun untuk mendukung UMKM di seluruh Indonesia. Ini adalah bukti nyata bagaimana teknologi dapat mempercepat inklusi keuangan,” jelas Christian seperti dikutip dari keterangan tertulis, Jumat, 6 Desember 2024.
     
    Christian juga menyoroti pentingnya pemanfaatan teknologi digital, seperti AI dan Blockchain, dalam menciptakan sistem pembiayaan yang transparan, efisien, dan mudah diakses. “Digitalisasi bukan hanya sebuah tren, melainkan kebutuhan agar bisnis dapat bertahan dan berkembang di era modern,” tambah dia.
     

     

    Digitalisasi sistem pembayaran
     
    Sementara itu, Head of Product BillFazz Gilang Kurniaji memperkenalkan BillFazz sebagai solusi lengkap bagi pelaku bisnis yang ingin melakukan digitalisasi sistem pembayaran. Dengan lebih dari 2.000 produk digital yang tersedia, BillFazz menjadi host-to-host PPOB aggregator yang menawarkan tingkat keberhasilan transaksi hingga 99 persen dengan waktu pemrosesan kurang dari lima detik.
     
    “Digitalisasi pembayaran sangat penting untuk mendukung efisiensi operasional bisnis, baik untuk UKM maupun korporasi besar. BillFazz hadir untuk memastikan kebutuhan pembayaran Anda, dari PPOB hingga tagihan korporat, dapat dilakukan secara otomatis, mudah, dan hemat biaya,” papar Gilang.
     
    Gilang juga memaparkan tren pasar di sektor PPOB dan top-up e-wallet, yang terus menunjukkan pertumbuhan signifikan. “E-wallet saat ini mendominasi transaksi digital, dan kami memprediksi tren personalisasi produk data akan menjadi yang berikutnya,” ujarnya.
     
    Seminar ini menegaskan komitmen Fazz, Modal Rakyat, dan BillFazz dalam mendorong inovasi di sektor keuangan melalui digitalisasi, menjadikan mereka pelopor dalam membawa inklusivitas dan efisiensi khususnya bagi UKM dan korporasi di Indonesia.
     
    Tak hanya itu, dalam acara ini juga dilakukan soft launch fitur BillFazz Settlement Systems yang merupakan kolaborasi antara Billfazz dan Modal Rakyat untuk mendukung pertumbuhan transaksi digital di Indonesia.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (HUS)

  • Mitsubishi Electric Bawa Masa Depan Manufaktur di MFI 2024

    Mitsubishi Electric Bawa Masa Depan Manufaktur di MFI 2024

    Jakarta, CNN Indonesia

    Mitsubishi Electric Indonesia kembali hadir di Pameran Manufacturing Indonesia (MFI) 2024 dengan membawa tema ‘The Future of Excellence: Productivity and CO2 Monitoring with Real-Time Visualization’.

    Booth ini menampilkan solusi mutakhir yang dirancang untuk mendukung transformasi industri manufaktur menuju efisiensi, produktivitas, dan keberlanjutan.

    Ruang pameran dari Mitsubishi Electric terbagi menjadi dua area utama, yaitu:

    1. The Future of Excellence Productivity with Real-Time Data Visualization,menampilkan transformasi digital dalam produksi dengan teknologi canggih.

    2. Green Environment for Achieving Sustainability with CO₂ Data Monitoring, berfokus pada pemantauan CO2 secara real-time dan efisiensi energi untuk masa depan yang lebih hijau.

    Inovasi Booth

    1. Digitalization of Smart Manufacturing for Production Line

    Simulasi canggih ini menunjukkan otomatisasi produksi penuh, mulai dari pemrosesan pesanan dengan Industrial Robots dan MELSEC Programmable Controllers hingga pengiriman kartu e-Money sebagai produk jadi.

    Teknologi seperti AI, IoT, dan SCADA memungkinkan pemantauan waktu nyata, mencakup data OEE, Smart Maintenance, Energy Monitoring, Andon Systems, dan Data Traceability.

    Sistem ini menjadi perwujudan slogan Mitsubishi Electric, ‘Automating the World’, dalam mendefinisikan ulang manufaktur masa depan.

    2. Real-Time Data Visualization dengan SCADA

    Menggunakan perangkat lunak SCADA Genesis64, Mitsubishi Electric menghadirkan teknologi visualisasi data real-time yang mendukung mobilitas, analitik, dan konektivitas.

    Solusi ini dirancang untuk industri otomasi dan bangunan cerdas, memberikan kemudahan konfigurasi terpusat, kompatibilitas luas, dan aksesibilitas di perangkat desktop maupun seluler.

    3. HVAC Redundancy Control System

    Simulasi ini didukung oleh MELSEC iQ-R Process Control dengan modul CPU canggih yang menawarkan solusi kontrol PID terintegrasi dan kontrol umum.

    Kombinasi dengan modul fungsi redundan dan opsi jaringan menjamin keandalan tinggi, ideal untuk aplikasi kritis yang membutuhkan stabilitas dan skalabilitas.

    4. Collaborative Robot Barista

    Robot barista kolaboratif menghadirkan pengalaman pemesanan kopi otomatis. Pengunjung dapat memilih minuman seperti Espresso, Cappuccino, atau Americano melalui iPad yang terintegrasi dengan GOT Mobile.

    Robot ini menyajikan kopi langsung ke meja pelanggan, dengan status pesanan divisualisasikan melalui SoftGOT2000 dan GOT2000.

    5. Eco Adviser untuk Pemantauan Keberlanjutan

    Melalui Eco Adviser, data penting terkait CO2 Monitoring dikumpulkan dan divisualisasikan dengan berupa Penggunaan Listrik Total, Assembly & Process Performance, Emisi CO2, Produksi Energi Surya.

    Foto: Arsip Mitsubishi Electric Indonesia.

    MFI 2024 menjadi momen yang penting bagi Mitsubishi Electric Indonesia untuk menghadirkan solusi-solusi inovatif.

    Membawa teknologi terkini, perusahaan berharap dapat mendorong terciptanya industri manufaktur yang lebih cerdas dan berkelanjutan.

    Wujudkan masa depan yang lebih produktif dan berkelanjutan bersama Mitsubishi Electric. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di tautan berikut.

    (adv/adv)

  • Biar Bisnis Makin Moncer, Perusahaan Perlu Manfaatkan Teknologi Pintar

    Biar Bisnis Makin Moncer, Perusahaan Perlu Manfaatkan Teknologi Pintar

    Jakarta: Upaya akselerasi transformasi digital terus berlangsung di berbagai kalangan dunia usaha, organisasi maupun lembaga, untuk kinerja bisnis, daya saing, hingga layanan pelanggan atau masyarakat.
     
    Inovasi dan adopsi teknologi baru terus berkembang, salah satunya penggunaan Generative AI atau kecerdasan buatan yang mampu menciptakan beragam solusi inovatif di berbagai bidang yang juga diiringi dengan makin tingginya kesadaran untuk penguatan sistem keamanan siber (cyber security).
     
    Adopsi atau pemanfaatan teknologi pintar, seperti Artificial Intelligence (AI), machine learning (ML), data analytic, Internet of Things (IoT), cloud, sistem otomatisasi, kian meluas di berbagai bidang untuk mendukung kinerja bisnis, daya saing, dan layanan di tengah persaingan dan perubahan perilaku konsumen yang juga kian dinamis.
     
    Mengacu kondisi itu, Majalah ItWorks bekerja sama dengan sejumlah asosiasi menggelar Top Digital Awards 2024. Beberapa perusahaan dan institusi lembaga pemerintah berhasil meraih posisi puncak dengan menyabet penghargaan tertinggi (Bintang 5 Top Digital Awards 2024-level excellent atau luar biasa).
     
    Beberapa yang meraih Bintang 5 atau level tertinggi atau TOP Digital Implementation 2024 seperti PT Pertamina Patra Niaga, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam), PT Bank Nagari, PT Asian Bulk Logistic, PT Jakarta Propertindo (Perseroda), Perumda Air Minum Kota Padang, PT Patra Jasa.
     
    Ada juga yang menuai Bintang 4, dengan inovasi yang luar biasa seperti Techconnect, PT Kawasan Industri Terpadu Batang, Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan, PT Pelayanan Bahtera Adhiguna, PT Sinergi Informatika Semen Indonesia, serta Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.
     
    Ketua Panitia Penyelenggara Top Digital Awards 2024 M. Lutfi Handayani mengatakan, kegiatan Top Digital Awards bukan sekadar penilaian dan pemberian penghargaan, namun juga untuk mendukung pembelajaran bersama dalam upaya meningkatkan pemanfaatan teknologi digital. Terutama untuk meningkatkan kinerja, daya saing bisnisnya serta layanan kepada masyarakat atau pelanggan.
     
    “Penghargaan Top Digital Awards diberikan kepada instansi pemerintahan dan korporasi bisnis, yang dinilai telah berhasil dalam hal implementasi dan pemanfaatan teknologi digital. Insyaallah ini merupakan yang terbesar dan paling membanggakan di Indonesia yang di dalamnya juga sarat pembelajaran bersama,” ujar Lutfi dikutip dari keterangan tertulis, Jumat, 6 Desember 2024.
     

     

    Dukung akselerasi transformasi digital RI
     
    Ditambahkan Lutfi, Top Digital Awards 2024 juga untuk mendorong adanya inovasi-inovasi baru digitalisasi. Terutama mendukung akselerasi transformasi digital di Tanah Air sebagai kesiapan dalam memasuki era industri 4.0 dan era Society 5.0. Termasuk adanya tren dan dinamika baru.
     
    Seperti teknologi Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT) yang saling melengkapi dan dapat meningkatkan efisiensi dan perbaikan proses dalam berbagai bidang. Juga solusi IT Security yang belakangan tengah menjadi perhatian banyak kalangan di tengah tingginya proses transformasi digital saat ini.
     
    Sejauh ini, inovasi pemanfaatan teknologi digital dilakukan untuk menciptakan efektivitas dan efisiensi di tengah tantangan dan ancaman perubahan yang begitu cepat atau dikenal (disruption era) sebagai dampak dari pesatnya inovasi pemanfaatan digital technology ini. Hal tersebut juga selaras dengan tuntutan era revolusi industri keempat (Industri 4.0) yang sarat penggunaan teknologi digital dan otomatisasi.
     
    Demikian juga dengan tuntutan penerapan e-government (pemerintahan elektronik) maupun konsep smart city (kota pintar) untuk proses kerja dan layanan publik di lingkungan pemerintah yang lebih baik dengan mengoptimasikan pemanfaatan teknologi informasi.
     
    “Pesatnya pemanfaatan teknologi digital dan meluasnya penggunaan internet, meski menyuguhkan berbagai peluang baru, namun di sisi lain juga membuka celah adanya ancaman keamanan siber yang juga makin mengkhawatirkan, termasuk peretasan dan pencurian data pribadi,” kata Lutfi.  
     
    “Fenomena ini juga telah mendorong adanya kesadaran dan upaya untuk peningkatan sistem keamanan siber (cyber security) yang bisa lebih diandalkan. Termasuk dengan mengadopsi standar baru, seperti penerapan ISO/IEC 27001:2022 yang merupakan versi terbaru dari standar internasional untuk manajemen keamanan informasi,” tambah dia.
     
    Standar baru ini diterbitkan pada 25 Oktober 2022 dengan beberapa pembaruan utama, termasuk di antaranya perlindungan data pribadi (Privacy Protection). Standar baru sistem keamanan siber ini juga makin banyak diadopsi oleh berbagai organisasi, perusahaan, instansi pemerintah, dan lembaga lainnya.
     
    Bahkan beberapa perusahaan, organisasi dan Lembaga, mulai membangun tim khusus tanggap dan respons cepat terhadap ancaman kejahatan siber, di antaraya dengan membentuk Computer Security Incident Response Team (CSIRT) atau Chief Information Security Office (CISO).
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (HUS)

  • Telkomsel Perluas 5G di Jabodetabek

    Telkomsel Perluas 5G di Jabodetabek

    Jakarta, CNN Indonesia

    Telkomsel melakukan perluasan besar-besaran jaringan 5G di wilayah Jabodetabek. Perluasan ini membuat jaringan 5G tak hanya bisa dinikmati di area tertentu, tetapi ketika melakukan mobilitas.

    Sebelumnya, jaringan 5G Telkomsel hanya tersedia di area tertentu, sehingga sinyal 5G akan berubah kembali menjadi 4G ketika pengguna meninggalkan area tersebut. Kini, perluasan jaringan membuat pengguna bisa menikmati jaringan 5G bahkan saat berada di jalan.

    “Kita akan mengimplementasikan jaringan 5G yang secara masif. Kita bilang kalau di network itu continuous, jadi continue. Kalau dulu jaringan 5G kita hanya di beberapa titik area,” ujar Direktur Network Telkomsel Indra Mardiatna dalam acara Telkomsel Siaga Naru dan Perluasan 5G Jabodetabek, di Jakarta, Jumat (6/12).

    Cakupan jaringan 5G Telkomsel yang mereka sebut Hyper 5G kini mencakup sejumlah rute strategis di Jakarta dan sekitarnya, mulai dari Bandara Soekarno-Hatta hingga Halim Perdanakusuma, kawasan terencana Pantai Indah Kapuk 1 dan 2, hingga wilayah bisnis dan pusat pemerintahan dari Pondok Indah hingga Monumen Nasional.

    “Khusus Jabodabek, saat ini jaringan 5G bisa dinikmati dari kedatangan di airport Bandara Soekarno-Hatta, sampai terus ke kota di tol juga. Kemudian di Halim juga dapat dinikmati, Halim Perdanakusuma Airport, kemudian di SCBD, kemudian di Monas, kemudian beberapa residen,” tutur Indra.

    Perluasan jaringan 5G di Jakarta dan sekitarnya sendiri dilakukan karena wilayah ini merupakan jantung aktivitas ekonomi, pemerintahan, dan barometer kemajuan nasional. Wilayah ini juga memiliki tingkat penetrasi smartphone 5G yang signifikan, jumlah roamers mancanegara yang tinggi, pengguna 4G/LTE yang terus berkembang, serta kebutuhan akan kecepatan data yang tinggi.

    Saat ini Telkomsel memiliki total 1.400 BTS 5G di seluruh Indonesia yang tersebar di 56 kota, di antaranya di Jakarta, Batam, IKN, Bali dan kawasan Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP).

    Di Jakarta sendiri terdapat total 715 BTS dengan tambahan 355 BTS baru.

    Lebih lanjut, Indra mengatakan pihaknya akan memperluas jaringan 5G di Jakarta dan sekitarnya, termasuk kota satelit seperti Bogor dan Bekasi.

    Dalam waktu dekat, Telkomsel juga akan terus memperluas jaringan 5G secara bertahap, terukur, dan terarah ke berbagai lokasi utama lainnya di Indonesia.

    Teknologi 5G Telkomsel menghadirkan internet dengan kecepatan hingga 4 kali lipat lebih tinggi dibandingkan 4G. Selain itu, jaringan ini lebih andal, mampu menghubungkan lebih banyak perangkat, dan mendukung teknologi serta inovasi baru dengan latensi rendah.

    Jaringan 5G Telkomsel pertama kali diluncurkan secara komersial pada 2021. Hyper 5G Telkomsel kini menjadi jaringan 5G terluas di Tanah Air yang diharapkan dapat mendorong kemajuan serta mendukung transformasi digital nasional.

    (lom/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • Nur Rahmawati Resmi Dilantik Sebagai Nahkoda Baru Bank Daerah Lamongan 2024-2029

    Nur Rahmawati Resmi Dilantik Sebagai Nahkoda Baru Bank Daerah Lamongan 2024-2029

    Lamongan (beritajatim.com) – Bank Daerah Lamongan (BDL) resmi memiliki nakhoda baru setelah Nur Rahmawati dilantik sebagai Direktur Utama periode 2024-2029 oleh Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, pada Jumat (6/12/2024) di Pendopo Lokatantra.

    Dalam sambutannya, Bupati yang akrab disapa Pak Yes menegaskan pentingnya peran pemimpin dalam menentukan arah kebijakan dan kemajuan perusahaan.

    BDL, sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), memiliki tanggung jawab ganda: memberikan pelayanan publik di bidang perbankan sekaligus menjadi sumber pendapatan bagi daerah.

    “Pemimpin memiliki peran penting dalam membawa kemajuan perusahaan. Terutama dalam memberikan public service yang maksimal dan mendukung pembangunan daerah,” ujar Pak Yes.

    Pak Yes juga menekankan pentingnya transformasi digital di era modern ini. Menurutnya, digitalisasi di sektor perbankan tidak hanya untuk mengikuti perkembangan zaman tetapi juga untuk meningkatkan efisiensi, akuntabilitas, dan kemudahan layanan.

    “Transformasi digital ini sangat penting. Selain menyesuaikan dengan perkembangan zaman, digitalisasi akan memudahkan manajemen pekerjaan dan meningkatkan transparansi,” lanjutnya.

    Transformasi tersebut juga mencakup peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Pak Yes menggarisbawahi bahwa SDM pelayanan publik harus menjalankan prinsip Good Corporate Governance (GCG), seperti keterbukaan, akuntabilitas, tanggung jawab, dan independensi.

    “Pengembangan SDM yang profesional dan berintegritas akan menjadi fondasi penting untuk mencapai target perusahaan dan membangun kepercayaan publik,” tambah Pak Yes.

    Sebagai Direktur Utama BDL yang baru, Nur Rahmawati diharapkan mampu membawa inovasi dan semangat baru dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Fokus utama meliputi penguatan layanan perbankan, peningkatan pendapatan daerah, dan optimalisasi pelayanan digital untuk masyarakat Lamongan.

    Pelantikan ini menandai babak baru bagi BDL dalam upaya mendukung pembangunan ekonomi Lamongan melalui pengelolaan keuangan yang profesional dan transparan. [fak/ian]