Topik: transformasi digital

  • ELSAM Ungkap 4 Pilar Utama Atasi Risiko Eksploitasi Data Pribadi

    ELSAM Ungkap 4 Pilar Utama Atasi Risiko Eksploitasi Data Pribadi

    Daftar Isi

    Jakarta, CNN Indonesia

    Direktur Eksekutif Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM) Wahyudi Djafar memaparkan strategi penting untuk mengurangi risiko eksploitasi data pribadi.

    Wahyudi menyoroti pentingnya keseimbangan antara transformasi digital dalam layanan pemerintahan dengan niat yang baik. Hal ini, menurutnya, memberikan pelayanan lebih baik ke masyarakat sekaligus mengurangi eksploitasi data pribadi.

    “Menyeimbangkan antara transformasi digital layanan pemerintahan dengan niat yang baik memberikan layanan yang lebih efisien lebih efektif. Tetapi di sisi lain juga risiko eksploitasi terhadap data pribadi warga negara Itu bisa diatasi,” tutur Wahyudi, dalam acara Transformasi Digital Layanan Pemerintahan: Risiko Eksploitasi Privasi Data Warga Negara yang digelar di Jakarta pada Kamis (12/12).

    Merujuk pada buku The Future of Digital Surveillance karya Yong Jin Park, Wahyudi menyampaikan empat pilar utama yang perlu dikembangkan untuk menciptakan perlindungan privasi yang kuat di tengah era digital.

    1. Privacy by law

    Wahyudi menekankan pentingnya penciptaan aturan hukum yang jelas untuk melindungi privasi data. Di Indonesia, Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP) telah mulai diterapkan, namun masih diperlukan langkah-langkah khusus untuk memperkuat implementasinya.

    “Kita sudah memulai itu meskipun belum lengkap Dan harus ada langkah-langkah khusus untuk menerapkan undang-undang Perlindungan Data Pribadi (PDP) misalnya,” jelasnya.

    2. Privacy by design

    Teknologi dan industri, menurut Wahyudi, harus dirancang sejak awal dengan prinsip-prinsip dan standar privasi. Ia menyoroti konsep Privacy Enhancing Technology yang relevan untuk memastikan perlindungan data dari tahap desain hingga implementasi.

    3. Privacy by market

    Industri memiliki peran besar dalam mempromosikan standar privasi melalui bisnis mereka.

    “Bicara soal vendor dan sebagainya, jadi di industri juga ada kesadaran tentang bagaimana kemudian penerapan prinsip-prinsip dan standar privasi di dalam bisnis mereka,” ucap Wahyudi.

    4. Privacy by norm

    Kesadaran publik juga menjadi pilar utama. Literasi privasi harus ditingkatkan agar masyarakat memahami hak-haknya terkait perlindungan data. Wahyudi mencontohkan bahwa banyak masyarakat yang belum memahami bahwa UU PDP juga mengatur penggunaan CCTV.

    “Undang-undang PDP memang sudah mengatur tapi kan kemudian, apakah publik tahu ketika mereka memasang CCTV bahwa undang-undang PDP mengatur CCTV? mungkin tidak gitu kan,” ungkapnya.

    Keempat pilar ini, privacy by law, privacy by design, privacy by market, dan privacy by norm harus dikembangkan secara bersamaan untuk menciptakan transformasi digital yang aman bagi privasi warga negara.

    “Harus bisa didorong secara bersamaan baik privacy by law, privacy by design, privacy by market maupun privacy by norms. Ini yang kemudian mungkin nanti bisa jadi rekomendasi dalam konteks ke depan transformasi digital untuk memastikan adanya safeguard yang baik,” pungksanya.

    (wnu/dmi)

    [Gambas:Video CNN]

  • Mau Transformasi Digital Indonesia, Ini Syaratnya

    Mau Transformasi Digital Indonesia, Ini Syaratnya

    Jakarta

    Dalam diskusi IndoTelko Forum bertajuk ‘Sinergi Industri Digital Wujudkan Asta Cita’, berbagai pemangku kepentingan dari sektor pemerintah, industri telekomunikasi, dan masyarakat menegaskan pentingnya kolaborasi lintas sektor untuk mempercepat transformasi digital Indonesia.

    Doni Ismanto Darwin, Pendiri IndoTelko, mengungkapkan bahwa sektor ekonomi digital memiliki peran strategis dalam pencapaian visi Presiden Prabowo Subianto untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 8% dalam lima tahun ke depan.

    “Sinergi antara pemerintah, industri, dan masyarakat sangat penting dalam mendorong transformasi digital yang akan memberdayakan UMKM dan mendorong investasi yang berdampak pada kesejahteraan rakyat,” kata Doni dalam diskusi yang digelar di Jakarta, Kamis (12/12/2024) tersebut.

    Lalu menurut Dirgayuza Setiawan, editor buku Strategi Transformasi Bangsa ‘Prabowo Subianto’, menegaskan pentingnya pendidikan berkualitas untuk mendorong terciptanya talenta digital, yang menjadi fondasi untuk membangun ekonomi digital yang kuat.

    Ia mencontohkan keberhasilan negara seperti India dan Tiongkok yang melibatkan pendidikan di luar negeri untuk membangun talenta teknologi. Dengan pendekatan serupa, Indonesia dapat mencetak ahli digital yang mampu mengembangkan teknologi canggih, seperti kecerdasan buatan dan pusat data.

    Sementara itu dari sektor telekomunikasi, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah menyampaikan bahwa sektor telekomunikasi sebenarnya menghadapi tantangan seperti kompetisi harga dan perlambatan pendapatan.

    Namun, melalui strategi transformasi, Telkom tetap optimis dalam mendukung ekonomi digital. Strategi ini mencakup pengembangan layanan broadband, bisnis data center, dan inisiatif digital baru.

    “Telkom juga memperkuat UMKM yang berkontribusi lebih dari 60% terhadap perekonomian nasional melalui layanan seperti PaDi UMKM. Layanan ini telah membantu lebih dari 10.000 UMKM untuk meningkatkan akses ke pasar digital, menciptakan peluang baru, dan mendorong peningkatan pendapatan rata-rata sebesar 20% per UMKM dalam setahun,” jelas Ririek.

    Danny Buldansyah, Wakil Direktur Utama Indosat Ooredoo Hutchison, juga menegaskan pentingnya inovasi teknologi untuk mendukung transformasi digital. Program seperti Sahabat AI dan Banking AI merupakan bagian dari inisiatif yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan untuk digitalisasi di berbagai sektor.

    (asj/asj)

  • 5 Tren Cloud Computing di Indonesia Menurut Pakar Teknologi Onno W. Purbo – Page 3

    5 Tren Cloud Computing di Indonesia Menurut Pakar Teknologi Onno W. Purbo – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Mengutip data dari Mordor Intelligence, lanskap cloud computing di Indonesia mengalami pertumbuhan pesat. Hal itu didorong oleh transformasi digital di berbagai sektor, peningkatan adopsi internet dan perangkat seluler, serta konsumsi big data yang terus meningkat.

    Pasar cloud computing Indonesia diproyeksikan mencapai USD 2,13 miliar pada 2024 dan diperkirakan tumbuh dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 14,52%, mencapai USD 4,21 miliar pada tahun 2029.

    Terkait hal ini ilmuwan dan pakar teknologi Onno W. Purbo memaparkan lima tren utama di pasar cloud computing Indonesia.

    1. Adopsi Hybrid Cloud

    Perusahaan semakin banyak mengadopsi strategi hybrid cloud, menggabungkan private cloud untuk aplikasi yang membutuhkan keamanan tinggi dan public cloud untuk solusi yang lebih hemat biaya.

    Pendekatan ini menawarkan skalabilitas dan fleksibilitas, memenuhi kebutuhan operasional yang beragam.

    2. Implementasi Sektor-Sektor Tertentu

    Perbankan, Jasa Keuangan, dan Asuransi (BFSI): Sektor BFSI memanfaatkan cloud untuk meningkatkan efisiensi operasional dan layanan pelanggan. Model hybrid cloud sangat diminati untuk menyeimbangkan keamanan dan skalabilitas.
    Kesehatan dan Ilmu Hayati: Cloud computing memfasilitasi telemedicine, rekam medis elektronik, dan analisis data, meningkatkan perawatan pasien dan efisiensi operasional.
    Ritel dan Barang Konsumen: Pelaku ritel menggunakan platform berbasis cloud untuk e-commerce, manajemen hubungan pelanggan, dan optimalisasi rantai pasok, memperbaiki pengalaman pelanggan dan kelincahan operasional.

     

  • Wujud komitmen digitalisasi layanan, PLN Icon Plus raih penghargaan IDCE 2024

    Wujud komitmen digitalisasi layanan, PLN Icon Plus raih penghargaan IDCE 2024

    Sumber foto: Istimewa/elshinta.com.

    Wujud komitmen digitalisasi layanan, PLN Icon Plus raih penghargaan IDCE 2024
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Kamis, 12 Desember 2024 – 17:45 WIB

    Elshinta.com – PLN Icon Plus kembali menorehkan prestasi gemilang dengan meraih predikat `Very Good` pada ajang Indonesia Digital Customer Engagement Champions in Services Industry (IDCE) 2024. Penghargaan bergengsi ini diselenggarakan oleh Majalah SWA bekerja sama dengan agensi riset Business Digest dan digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat.

    Ajang IDCE menjadi salah satu barometer penting dalam menilai kemampuan perusahaan dalam membangun keterlibatan pelanggan. Penilaian dilakukan berdasarkan strategi dan eksekusi program yang dinilai efektif dalam membangun ‘engagement’ di tengah persaingan industri layanan yang semakin ketat.

    Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi atas komitmen PLN Icon Plus dalam membangun relasi yang solid antara pelanggan dan perusahaan. Melalui inovasi dan strategi corporate branding berbasis digitalisasi, PLN Icon Plus dinilai telah berhasil menjadi perusahaan yang tidak hanya berkinerja baik, tetapi juga mendukung keberlanjutan bisnis di era modern.

    Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, menyampaikan bahwa digitalisasi menjadi kunci utama dalam upaya perusahaan meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan nilai tambah bagi pelanggan. “Melalui digitalisasi, kami terus berupaya meningkatkan customer experience. Sehingga layanan lebih cepat, efisien, serta menjangkau lebih banyak pelanggan,” ujar Ari Rahmat.

    Keberhasilan PLN Icon Plus ini merupakan hasil dari kerja keras seluruh tim yang berkomitmen untuk menghadirkan layanan berkualitas tinggi. Sekretaris Perusahaan PLN Icon Plus, Heni Utari Ambarwati; beserta Manager Komunikasi Korporat & TJSL PLN Icon Plus, Yohanes Desmon Rendy Pratama, hadir secara langsung untuk menerima penghargaan.

    “Penghargaan ini adalah wujud komitmen dan konsistensi PLN Icon Plus untuk hadir memberikan layanan terbaik bagi pelanggan,” ujar Heni Utari Ambarwati dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi elshinta.com, Kamis (12/12). 

    PLN Icon Plus terus melakukan berbagai inovasi yang relevan dengan kebutuhan pelanggan. Berbagai platform digital dan layanan berbasis teknologi telah diluncurkan untuk memudahkan interaksi serta memastikan pelanggan mendapatkan pengalaman yang optimal. Langkah-langkah ini menjadikan PLN Icon Plus sebagai mitra andalan dalam mendukung transformasi digital. 

    Penghargaan ini juga menjadi bukti nyata bahwa PLN Icon Plus tidak hanya unggul dalam hal teknis, tetapi juga dalam membangun hubungan dengan pelanggan. PLN Icon Plus yakin, dengan hubungan yang kuat dan saling mendukung, perusahaan dapat terus tumbuh secara berkelanjutan.

    Melalui penghargaan ini, PLN Icon Plus semakin termotivasi untuk terus berinovasi dan memberikan kontribusi yang lebih besar dalam mendukung digitalisasi di Indonesia. Penghargaan ini menjadi momentum bagi perusahaan untuk terus bergerak maju dan memberikan dampak positif, tidak hanya bagi pelanggan, tetapi juga bagi industri secara keseluruhan.

    Dengan prestasi ini, PLN Icon Plus kembali menegaskan posisinya sebagai salah satu unggulan dalam industri layanan digital di Indonesia. Semangat untuk terus memberikan yang terbaik akan menjadi landasan kuat dalam setiap langkah perusahaan ke depan.

    Sumber : Elshinta.Com

  • Bank Jateng Raih TOP DIGITAL #Stars 4 di Ajang TOP DIGITAL Awards 2024

    Bank Jateng Raih TOP DIGITAL #Stars 4 di Ajang TOP DIGITAL Awards 2024

    Jakarta, CNN Indonesia

    PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah (Bank Jateng) kembali mencatatkan prestasi gemilang dengan meraih penghargaan TOP DIGITAL #Stars 4 dalam ajang TOP DIGITAL Awards 2024 di Dian Ballroom, Hotel Raffles Jakarta, Kamis (5/12).

    Penghargaan ini diberikan atas komitmen Bank Jateng dalam mengimplementasikan transformasi digital secara optimal, terutama di sektor perbankan daerah.

    Selain penghargaan yang diraih oleh Bank Jateng, ajang ini juga memberikan apresiasi kepada Direktur TI, Konsumer, dan Jaringan Bank Jateng, Wiweko Probojakti yang dianugerahi penghargaan TOP LEADER on Digital Implementation 2024.

    Penghargaan tersebut merupakan pengakuan atas kepemimpinannya dalam mendorong digitalisasi di sektor perbankan secara strategis dan berkelanjutan.

    Wiweko Probojakti yang sering disapa Dodit menyampaikan rasa syukur dan kebanggaannya atas pencapaian ini.

    “Penghargaan ini merupakan bukti nyata komitmen kami dalam membawa layanan perbankan ke level yang lebih tinggi melalui transformasi digital. Kami akan terus berinovasi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah serta memberikan layanan terbaik bagi masyarakat Jawa Tengah,” ujarnya.

    Dodit menambahkan bahwa penghargaan yang diterimanya merupakan hasil kerja keras tim dan dukungan dari berbagai pihak.

    “Transformasi digital adalah perjalanan yang membutuhkan dedikasi dan sinergi. Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus mengembangkan inovasi teknologi demi menciptakan nilai lebih bagi masyarakat dan pelanggan,” tuturnya.

    Ketua Panitia Penyelenggara TOP Digital Awards 2024 yang juga Pemimpin Redaksi ItWorks, M. Lutfi Handayani mengatakan, kegiatan TOP Digital Awards bukan sekadar penilaian dan pemberian penghargaan. Namun juga untuk mendukung pembelajaran bersama dalam upaya meningkatkan pemanfaatan teknologi digital, terutama untuk meningkatkan kinerja, daya saing bisnisnya serta layanan kepada masyarakat atau pelanggan.

    “Penghargaan TOP DIGITAL Awards, diberikan kepada Instansi pemerintahan dan Korporasi Bisnis, yang dinilai telah berhasil dalam hal implementasi dan pemanfaatan teknologi digital. Insya Allah ini merupakan yang terbesar dan paling membanggakan di Indonesia yang di dalamnya juga sarat pembelajaran bersama,” kata Lutfi.

    Hal senada disampaikan Ketua Dewan Juri Top Digital Awards 2024, Achmad Benny Mutiara. Menurutnya, TOP DIGITAL Awards yang diselenggarakan majalah ItWorks sangat selaras dengan arah kebijakan Presiden RI Prabowo Subianto, yakni percepatan transformasi digital guna mendorong peningkatan implementasi dan pemanfaatan teknologi digital, baik di instansi pemerintahan, korporasi bisnis, maupun institusi lainnya.

    “Transformasi Digital umumnya dijalankan dalam upaya suatu organisasi mendongkrak efektivitas dan efisiensi dalam memberikan layanan publik, kinerja bisnis dan operasional, serta layanan kepada pelanggan,” ujarnya.

    Ajang TOP DIGITAL Awards 2024 melibatkan proses penjurian yang ketat, termasuk wawancara mendalam dan pengisian kuesioner. Dewan Juri menilai berdasarkan tingkat implementasi teknologi, dampaknya terhadap kinerja perusahaan, dan manfaat yang dirasakan oleh para pemangku kepentingan.

    Penghargaan TOP DIGITAL #Stars 4 yang diterima Bank Jateng mencerminkan pengakuan atas upaya berkelanjutan mereka dalam menghadirkan solusi perbankan berbasis digital, seperti optimalisasi layanan mobile banking, sistem keamanan canggih, dan pengelolaan data berbasis teknologi mutakhir.

    Dengan penghargaan ini, Bank Jateng bertekad untuk terus menjadi pelopor inovasi di sektor perbankan daerah. Melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah dan komunitas bisnis, Bank Jateng berharap dapat menghadirkan solusi yang relevan dengan kebutuhan zaman.

    (adv/adv)

  • Chatbot BRI Sabrina Raih Anugerah Khusus di Ajang Anugerah Inovasi Indonesia 2024

    Chatbot BRI Sabrina Raih Anugerah Khusus di Ajang Anugerah Inovasi Indonesia 2024

    Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) kembali menorehkan prestasi dengan meraih penghargaan dalam ajang Anugerah Inovasi Indonesia 2024 yang diselenggarakan oleh IDX Channel, pada Selasa, 10 Desember 2024 di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. Dalam ajang tersebut, Chatbot BRI Sabrina mendapat Anugerah Khusus Produk dan Model Bisnis Inovasi atas Layanan Virtual dan Anti Fraud.
     
    BRI menerima apresiasi tersebut berkat pengembangan yang telah dilakukan terhadap layanan Sabrina, solusi layanan perbankan berbasis kecerdasan buatan (AI) yang dirancang untuk memberikan pengalaman layanan digital yang personal dan efisien bagi nasabah.
     
    Direktur Retail Funding & Distribution BRI Andrijanto menyampaikan bahwa penghargaan ini merupakan pengakuan atas langkah strategis BRI dalam menghadirkan inovasi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi terkini nasabah. 
    “Sabrina adalah wujud dari komitmen BRI untuk mempermudah interaksi nasabah dengan layanan BRI. Sabrina menghadirkan kemudahan akses, respons yang cepat, dan pengalaman layanan yang lebih personal,” katanya. 
     
     

     
    Sabrina menjadi salah satu tonggak penting transformasi digital BRI, menawarkan kemudahan akses ke layanan perbankan yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Melalui WhatsApp di nomor 0812 1214 017, nasabah dapat dengan mudah mengakses berbagai informasi produk dan promo BRI secara cepat dan interaktif. Selain itu, Sabrina juga memiliki fitur-fitur unggulan seperti pengecekan saldo, mutasi rekening, pembuatan dan pengecekan status pengaduan, penonaktifan Kartu Debit BRI, Reservasi Layanan hingga informasi lokasi ATM, kantor cabang, dan rekomendasi merchant BRI terdekat.
     

    PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) kembali menorehkan prestasi dengan meraih penghargaan dalam ajang Anugerah Inovasi Indonesia 2024. (Foto: Dok. BRI)
     
    Andrijanto menegaskan bahwa BRI tidak akan berhenti pada pencapaian ini. “BRI terus berkomitmen untuk menyempurnakan Sabrina, agar tidak hanya berfungsi sebagai chatbot, tetapi sebagai mitra percakapan yang memahami kebutuhan nasabah secara mendalam dan mampu memberikan solusi perbankan yang tepat dengan cara yang paling nyaman,” tegasnya.
     
    Penghargaan ini menegaskan peran BRI sebagai pionir transformasi layanan perbankan digital di Indonesia. Dengan mengintegrasikan teknologi kecerdasan buatan, BRI berkomitmen menghadirkan layanan keuangan yang inovatif, adaptif, dan selaras dengan kebutuhan nasabah yang terus berkembang.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • PLN Icon Plus sapa Pelanggan Setia di Candi Prambanan – Page 3

    PLN Icon Plus sapa Pelanggan Setia di Candi Prambanan – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – PLN Icon Plus menggelar acara bertajuk “Sapa Pelanggan ICONNET” di Mini Stage Candi Prambanan. Acara ini digelar dalam rangka mempererat hubungan dengan pelanggan setia ICONNET.

    Acara yang berlangsung meriah ini dihadiri langsung oleh Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, Direktur Bisnis Konektivitas, Sigit Witjaksono; Direktur Manajemen Human Capital dan Administrasi, Daru Tri Tjahjono; serta Direktur Electricity Related Business, Chipta Perdana.

    Ari Rahmat menyampaikan rasa syukur dan apresiasi kepada pelanggan setia ICONNET.

    “Kami sangat bersyukur atas kepercayaan dan dukungan yang pelanggan berikan selama ini. ICONNET tidak hanya tumbuh sebagai layanan fixed broadband, tetapi juga menjadi bagian dari transformasi digital Indonesia, yang tidak mungkin terwujud tanpa kontribusi pelanggan”, ujar Ari Rahmat dalam keterangan tertulis, Kamis (12/12/2024).

    Acara ini juga menghadirkan sesi “Nonton Konser Bareng ICONNET”, di mana pelanggan dapat berbagi keceriaan dengan menonton konser bersama serta berbagi cerita tentang pengalaman menggunakan layanan ICONNET. Dalam sesi tanya jawab, pelanggan berbagi kesan mendalam mereka, seperti kepuasan terhadap kualitas jaringan dan layanan ICONNET. Pelanggan bahkan berkesempatan untuk memenangkan hadiah undian spesial dari ICONNET.

    “Cerita dan masukan dari pelanggan menjadi bahan bakar semangat kami untuk terus meningkatkan layanan,” ungkap Ari.

    Ia juga menegaskan bahwa masukan dari pelanggan merupakan bagian penting dari strategi pengembangan ICONNET ke depan. Untuk itu, PLN Icon Plus terus berkomitmen menghadirkan pengalaman terbaik melalui langkah-langkah nyata, seperti Penguatan Jaringan, Program Loyalitas Pelanggan, serta Kolaborasi Strategis.

     

     

  • Harbolnas 12.12, Telkom Ngasih Diskon 7% ke UKM

    Harbolnas 12.12, Telkom Ngasih Diskon 7% ke UKM

    Jakarta: Indibiz, ekosistem solusi digital dari Telkom Indonesia memberi dukungan kepada Usaha Kecil Menengah (UKM) agar transformasi bisnis yang diterapkan berjalan sesuai harapan. Indibiz ikut meramaikan momentum Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12 demi membantu UKM.
     
    Harbolnas menjadi momen spesial di penghujung tahun yang ditunggu-tunggu oleh konsumen dan pelaku usaha. Indibiz menjadikan momen ini, untuk memberikan solusi nyata yang berdampak langsung pada pengembangan bisnis UKM. Penawaran spesial pada 12 Desember 2024 ini menjadi kesempatan bagi para pelaku usaha untuk mendapatkan layanan premium dengan harga yang lebih terjangkau.
     
    Indibiz memberikan diskon tujuh persen biaya berlangganan paket high speed internet (HSI) Unlimited bisnis up to 300 Mbps. Special deal dari Indibiz untuk pelaku bisnis SME ini berlaku di Harbolnas 12 Desember 2024.
     

     

    Mempercepat transformasi digital bisnis UKM

    OVP Enterprise Regional Management Telkom, Reni Yustiani, menjelaskan Harbolnas 12.12 kali ini, adalah momen yang tepat bagi pelaku usaha berlangganan Indibiz untuk mempercepat transformasi digital bisnis UKM.
     
    “Kami memahami pentingnya transformasi digital dengan dukungan jaringan internet bisnis unlimited dan solusi digital yang tepat dan berkualitas bagi UKM. Oleh karena itu, melalui promo Harbolnas 12.12 ini, kami ingin membantu menciptakan peluang bisnis UKM dan mewujudkan harapan mereka membangun bisnis yang sukses dan berkelanjutan bersama Indibiz,” ungkap Reni.
     
    Melalui HSI Unlimited bisnis dari Indibiz, pelaku usaha dapat menikmati koneksi internet super cepat yang mendukung berbagai aktivitas bisnis, mulai dari komunikasi dengan pelanggan, pengelolaan sistem operasi, hingga pengembangan strategi pemasaran berbasis digital.
     
    Apalagi dengan kecepatan internet hingga 300 Mbps yang dihadirkan, pelaku usaha dapat memastikan operasional bisnis berjalan lancar tanpa hambatan. Bagi Indibiz, promo Harbolnas 12.12 ini dihadirkan sebagai wujud komitmen mereka untuk mendukung kemajuan bisnis UKM agar semakin kompetitif dan berdaya saing global dengan memanfaatkan solusi digital.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (AHL)

  • Video: Tugas Data Center Dukung Transformasi Digital RI Era Prabowo

    Video: Tugas Data Center Dukung Transformasi Digital RI Era Prabowo

    Jakarta, CNBC Indonesia- Industri data center di Indonesia terus bertumbuh seiring dengan upaya Pemerintah RI mendorong akselerasi transformasi digital sebagai kunci bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

    Sales Director Equinix Indonesia, Deon Montasser menyebutkan pertumbuhan data center di Indonesia dalam 5 tahun sangat spektakuler. Diperkirakan kapasitas operasional data center sudah tumbuh 35% (yoy) di paruh pertama tahun 2024.

    Perkembangan data center tidak lepas dari pertumbuhan teknologi digitalisasi dengan pertumbuhan ekonomi digital yang melesat. Kondisi ini juga dialami Equinix Indonesia sebagai perusahaan digital infrastruktur yang turut mengembangkan layanannya data center di Indonesia untuk membantu nasabah berekspansi bisnis di Indonesia.

    Seperti apa pesatnya pertumbuhan industri data center mendorong pertumbuhan ekonomi digital RI? Selengkapnya simak dialog Anneke Wijaya dengan Sales Director Equinix Indonesia, Deon Montasser dalam Profit, CNBC Indonesia (Senin, 12/12/2024)

  • Malaysia Diserbu Asing, Pemerintah Gerak Cepat Lakukan Ini

    Malaysia Diserbu Asing, Pemerintah Gerak Cepat Lakukan Ini

    Jakarta, CNBC Indonesia – Perusahaan teknologi global ramai-ramai ‘menyerbu’ Malaysia untuk berinvestasi pada infrastruktur penting dalam pengembangan layanan AI, seperti data center dan cloud.

    Sepanjang tahun ini, Malaysia dikatakan telah mengamankan investasi asing senilai miliaran dolar AS. Hal ini sejalan dengan ambisi Malaysia untuk menjadi pusat pengembangan AI di kawasan Asia Tenggara.

    Kendati demikian AI atau teknologi kecerdasan buatan mendapat sorotan terkait dampak penerapannya bagi masyarakat dan lingkungan. Untuk itu, pemerintah Malaysia bergerak cepat dengan membangun kantor khusus AI.

    Tujuannya adalah merumuskan kebijakan dan mengkaji berbagai isu regulasi terkait penerapan dan pengembangan AI di negara tetangga RI tersebut, dikutip dari Reuters, Kamis (12/12/2024).

    “Ini adalah momen bersejarah dalam perjalanan transformasi digital kita,” kata Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim, di acara peluncuran kantor AI baru.

    Kantor AI Malaysia diharapkan menjadi lembaga pusat untuk AI. Di dalamnya akan dirumuskan rencana strategis, riset dan pengembangan, serta diskusi terkait regulasi.

    Di tahun pertama berdiri, kantor AI Malaysia sudah mematok 7 target yang akan diselesaikan. Di antaranya termasuk mengembangkan kode etik, kerangka regulasi AI, dan action plan terkait teknologi AI hingga 2030 mendatang.

    Dalam kesempatan itu, pemerintah juga mengumumkan kerja sama strategis dengan 6 perusahaan global kawakan yang sudah mengumumkan investasi data center, cloud, dan proyek AI di Malaysia. Misalnya Amazon, Google, dan Microsoft.

    Sektor digital telah membantu menggenjot ekonomi Malaysia sepanjang 2024. Investasi yang masuk dan telah disetujui di sektor tersebut bernilai 71,1 miliar ringgit (Rp 255 triliun) dalam setahun.

    (fab/fab)