Topik: transformasi digital

  • Kementerian Hukum fokus transformasi digital di 2025

    Kementerian Hukum fokus transformasi digital di 2025

    Ini yang juga menjadi keinginan Bapak Presiden Prabowo. Transformasi digital menjadi target kami

    Tangerang (ANTARA) – Kementerian Hukum pada tahun 2025 akan memfokuskan pada transformasi digital dalam pelayanan kepada masyarakat sehingga nantinya masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor.

    “Ini yang juga menjadi keinginan Bapak Presiden Prabowo. Transformasi digital menjadi target kami,” kata Menteri Supratman dalam acara Refleksi Akhir Tahun 2024 serta Peluncuran
    Tranformasi Digital Kementerian Hukum Republik Indonesia di Kampus Poltekip/Poltekim Kota Tangerang, Senin.

    Menteri Supratman juga mengajak kepada masyarakat untuk memberikan masukan apa adanya terkait pelayanan di kementerian maupun urusan lain dengan hukum.

    Hal ini sebagai cara untuk berbenah dan bentuk keterbukaan terhadap masukan maupun kritik dari masyarakat. “Ini agar kami menjadi dewasa dan meningkatkan pelayanan,” kata Mentri.

    Ia mengatakan kementeriannya saat ini sedang fokus pada proses pergeseran pegawai dari sebelumnya bernaung di Kementrian hukum dan HAM menjadi Kementian Hukum, Kementrian HAM, Kementerian Imigrasi dan Pemasyarakatan.

    Ia menyebutkan ada 67 ribu pegawai dari Kemenkumham yang lama dan akan digeser ke tiga kementerian baru, termasuk Menteri Koordinator.

    Saat ini, pergeseran pegawai tersebut sudah selesai dilakukan dari mulai pejabat eselon II dan III sesuai dengan kebutuhan di kementerian masing – masing. “Jadi tahun 2025 semuanya sudah bisa bergerak sesuai dengan tupoksi masing – masing,” kata dia.

    Pewarta: Achmad Irfan
    Editor: Edy M Yakub
    Copyright © ANTARA 2024

  • Menginjak Usia ke-129 Tahun, BRI Semakin Brilian dan Cemerlang Majukan Perekonomian Negeri

    Menginjak Usia ke-129 Tahun, BRI Semakin Brilian dan Cemerlang Majukan Perekonomian Negeri

    Jakarta, Beritasatu.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) merayakan usia ke-129 tepat pada Senin (16/12/2024). Sebagai salah satu perusahaan BUMN terbesar di Indonesia, BRI semakin mengokohkan perannya sebagai market leader di sektor perbankan nasional sekaligus menjadi simbol keberpihakan terhadap usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) serta mendorong ekonomi kerakyatan untuk memajukan negeri.

    Tepat pada hari ulang tahun ke-129 BRI, Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan bahwa tema “BRILiaN dan Cemerlang” yang diusung tahun ini mencerminkan komitmen BRI dalam berinovasi dan menciptakan solusi finansial yang memberikan dampak positif bagi masyarakat dan seluruh stakeholders.

    “Perayaan HUT BRI ke-129 ini kita jadikan sebagai momen refleksi dan motivasi untuk melangkah lebih jauh. Saya percaya bahwa dengan dedikasi, kerja keras, dan kolaborasi, kita mampu merespon tantangan secara tepat,” ujar Sunarso.

    Sunarso pun mengapresiasi kontribusi dari Insan BRILian yang telah membawa BRI mencatatkan laba sebesar Rp 60,4 triliun sepanjang tahun 2023. Bahkan, memasuki akhir tahun 2024, BRI pun berhasil membukukan kinerja keuangan yang solid meski dihadapkan pada tekanan makroekonomi, seperti melemahnya daya beli masyarakat dan tantangan usaha bagi sektor UMKM.

    Berdasarkan laporan kinerja konsolidasian per September 2024, aset BRI tercatat tumbuh 5,9% YoY menjadi Rp 1.962 triliun, didorong pertumbuhan kredit sebesar 8,2% YoY menjadi Rp 1.353 triliun. Dana Pihak Ketiga BRI juga tercatat tumbuh 5,6% YoY menjadi Rp 1.362 triliun, dengan CASA mencapai 64,2%. Kinerja positif tersebut mendorong Laba BRI tembus Rp 45,4 triliun.

    Berikut beberapa pencapaian dan kontribusi BRI untuk kemajuan ekonomi negeri memasuki usianya yang ke-129 tahun:

    Ciptakan Sharing Economy Lewat Keberadaan 1 Juta AgenBRILink 
    Hingga November 2024, AgenBRILink berhasil membukukan lebih dari 1,047 miliar transaksi, tumbuh 5,64% secara tahunan (year-on-year/yoy) dibandingkan periode yang sama tahun lalu atau November 2023 yang mencapai 992 juta transaksi
    Adapun pencapaian ini didukung oleh peningkatan jumlah AgenBRILink yang kini mencapai 1.047.502 agen, atau naik signifikan sebesar 45,68% yoy dibandingkan tahun sebelumnya. Keberadaan AgenBRILink tidak hanya membuka dan mendekatkan akses keuangan semata, namun menciptakan sharing economy bagi masyarakat. Melalui jaringan AgenBRILink, BRI berupaya menjangkau lapisan masyarakat yang sebelumnya tidak tersentuh layanan perbankan.Jadi Penyalur Kredit UMKM Terbesar dengan Porsi 81,21%
    BRI terus memperkuat komitmennya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi kerakyatan melalui akses pembiayaan untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di seluruh Indonesia. Hingga akhir Triwulan III 2024, BRI berhasil menyalurkan kredit senilai Rp 1.353,36 triliun atau tumbuh 8,21% secara year on year (yoy), dan dari total penyaluran kredit tersebut, 81,70% di antaranya atau sekitar Rp 1.105,70 triliun merupakan kredit kepada segmen UMKM.Berdayakan UMKM melalui 33.804 Klaster Usaha & 3.957 Desa BRILiaN 
    Tak hanya pembiayaan semata, BRI juga memiliki berbagai program pemberdayaan UMKM, di antaranya adalah pemberdayaan melalui program Klasterku Hidupku dan Desa BRILiaN. Pemberdayaan Klaster Usaha sendiri merupakan pemberdayaan kepada kelompok usaha yang terbentuk berdasarkan kesamaan usaha, dalam satu wilayah sehingga tercipta keakraban dan kebersamaan dalam peningkatan maupun pengembangan usaha para anggotanya. 

    Hingga akhir September 2024 tercatat BRI telah memiliki 33.804 klaster usaha yang tergabung dalam program Klasterku Hidupku. Di samping itu juga ada program Desa BRILiaN. Desa BRILiaN merupakan program pemberdayaan desa yang bertujuan menghasilkan role model dalam pengembangan desa yang diinisiasi BRI sebagai bentuk agent of development dalam mengembangkan desa. Hingga akhir September 2024 tercatat terdapat 3.957 desa yang telah mendapatkan pemberdayaan Desa BRILiaN.

    Memberi Kemudahan Transaksi Masyarakat, User BRImo Tembus 37,1 Juta
    BRI terus memperkuat ekosistem super apps BRImo sebagai salah satu strategi transformasi digital untuk memberikan berbagai kemudahan masyarakat dalam bertransaksi. Tercatat, sampai akhir September 2024, pengguna Super App BRImo telah mencapai 37,1 juta, tumbuh 24,7% YoY. Nilai transaksi melalui BRImo pun naik signifikan mencapai Rp 4.034,9 triliun, tumbuh 35,2% YoY dari sebelumnya Rp2.984,2 triliun.Penyetor Dividen Terbesar ke Negara
    Sepanjang tahun 2023 lalu BRI berhasil mencatatkan laba bersih senilai Rp 60,4 triliun, atau tumbuh 16,5% yoy. Sebagai bentuk komitmen penciptaan economic value, BRI membagikan dividen sebesar 80% dari total laba bersih atau senilai Rp 43,49 triliun kepada pemegang saham baik pemerintah maupun publik. Atas pembagian dividen kepada pemegang saham tersebut, BRI menjadi perusahaan dengan setoran dividen terbesar di tahun 2024. Kementerian BUMN mencatat total dividen BUMN yang disetorkan ke negara mencapai Rp85,5 triliun, dan sebesar 30% diantaranya atau senilai Rp25,7 triliun merupakan kontribusi BRI.Saham BBRI Naik 4.370% sejak IPO, Menjadi Penggerak Pasar Saham Indonesia
    Pada tahun ini, bank pelat merah dengan kode saham BBRI ini genap 21 tahun melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). BRI melakukan penawaran umum perdana (IPO) pada 10 November 2003 dan menawarkan 3.811.765 juta saham biasa (common shares) dengan harga Rp 875 per saham. Apabila mempertimbangkan stock split dan right issue, sampai dengan saat ini, tercatat saham BBRI telah naik 43,7 kali lipat atau naik 4.370% apabila dibandingkan dengan saat IPO.Wakili Indonesia di Daftar Perusahaan Terbesar dan Terbaik Dunia 
    Sepanjang tahun 2024, BRI berhasil meraih 236 penghargaan bergengsi di tingkat domestik, regional, dan internasional. Pengakuan terhadap pencapaian BRI datang dari berbagai lembaga ternama, seperti Forbes Global 2000 yang menobatkan BRI sebagai “Largest Company in Indonesia” atau perusahaan publik terbesar di Indonesia, sekaligus menempatkannya di peringkat 308 dunia. Fortune South East Asia 500 juga mengakui BRI sebagai perusahaan finansial terbesar di Indonesia dan peringkat ke-15 di Asia Tenggara. Selain itu, The Banker Top 1000 Bank 2024 menempatkan BRI sebagai bank nomor satu di Indonesia dari 26 bank di Indonesia dan peringkat 110 dari 1.000 bank global.

    Tak hanya itu, BRI juga menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk dalam daftar 500 merek paling bernilai dan terkuat di dunia berdasarkan laporan Brand Finance Global 500 tahun 2024. Dalam laporan tersebut, BRI berada di peringkat 446 dunia.

  • Menkomdigi: Teknologi Digital Kurangi Risiko Konflik dan Ketimpangan

    Menkomdigi: Teknologi Digital Kurangi Risiko Konflik dan Ketimpangan

    ERA.id – Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid menilai teknologi digital dapat membangun masa depan Indonesia yang inklusif dan berkelanjutan.

    “Teknologi digital dapat membantu mengurangi risiko konflik dan ketimpangan, sekaligus membuka peluang yang setara bagi semua, termasuk komunitas marjinal,” kata Meutya dalam Dialog Merajut Masa Depan Indonesia di Kura Kura Serangan, Denpasar, yang dikutip melalui dari Antara, Minggu (16/12/2024).

    Ia menyebut pemerintah menerapkan transformasi digital agar dapat memberdayakan masyarakat, terutama komunitas marjinal.

    Menurut Meutya Hafid, pemanfaatan teknologi digital harus berlandaskan nilai etika, toleransi, dan kolaborasi untuk menjawab berbagai tantangan global, seperti kesenjangan digital, perubahan iklim, perjuangan kesetaraan, dan konflik lintas batas.

    Selain itu, teknologi bukan hanya sebagai alat komunikasi, tapi juga menjadi alat penyatu dunia.

    Meutya Hafid menyontohkan pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang terbukti efektif mendukung perdamaian global.

    UNESCO memanfaatkan teknologi terkini itu untuk menganalisis pola konflik di berbagai wilayah hingga pengambilan keputusan berbasis data serta Early Warning System konflik di wilayah Afrika dan Asia Selatan.

    Selaras dengan prinsip Tri Hita Karana, Menkomdigi mengingatkan bahwa teknologi harus melayani manusia, dan hal itu juga sesuai dengan arahan Presiden Prabowo Subianto dalam Konferensi Tingkat Tinggi APEC mengenai terobosan luar biasa dalam teknologi yang menuntut para pemimpin untuk lebih bijak, lebih sabar, dan lebih akomodatif.

    “Karena kekuatan teknologi dapat membawa kemajuan besar bagi kehidupan manusia, tapi juga mampu membawa kehancuran kehidupan manusia dengan sangat cepat. Mari kita manfaatkan teknologi untuk kebaikan, menyatukan masyarakat dan mendorong kemajuan,” ungkapnya.

  • Mengorkestrasi Strategi Kepemimpinan Berkelanjutan untuk Dominasi Era Digital

    Mengorkestrasi Strategi Kepemimpinan Berkelanjutan untuk Dominasi Era Digital

    Jakarta: NTT DATA Business Solutions Indonesia, penyedia layanan bisnis digital dan teknologi informasi terkemuka, telah mengembangkan strategi kepemimpinan berkelanjutan untuk menjawab tantangan era digital yang dinamis.
     
    Melalui pendekatan ini, perusahaan berfokus membangun kepemimpinan yang kuat dalam performa bisnis, memperhatikan kesejahteraan karyawan, serta menciptakan pemimpin-pemimpin unggul di seluruh tingkatan organisasi
     
    Managing Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, Hafferson Manurung adalah figur utama di balik strategi ini. Dengan pengalaman lebih dari dua dekade di industri teknologi informasi, Hafferson dikenal sebagai pemimpin visioner yang berfokus pada keberlanjutan dan inovasi.
    Ia meyakini kepemimpinan bukan hanya tentang mengarahkan, tetapi juga menginspirasi dan memberdayakan tim untuk mencapai tujuan bersama. “Kami ingin membentuk pemimpin yang tidak hanya mengarahkan tetapi juga mendukung dan memberdayakan timnya untuk tumbuh bersama,” kata dia, dikutip Sabtu, 14 Desember 2024.
     
    Di bawah kepemimpinan Hafferson, NTT DATA Business Solutions Indonesia terus memperkokoh eksistensinya sebagai mitra solusi teknologi tepercaya untuk berbagai industri. Perusahaan berkomitmen untuk membantu pelanggan berkembang dan mencapai visi mereka, sekaligus berpartisipasi dalam penyediaan informasi dan teknologi dalam era transformasi digital. Pencapaian signifikan yang diraih perusahaan dalam mendukung proses transformasi bisnis bagi sejumlah klien:

    Industri chemical: Transformasi digital pada salah satu perusahaan petrochemical terbesar di kawasan ASEAN, yang meningkatkan otomatisasi dan kontrol operasional.
    Industri mining: Digitalisasi sektor pertambangan yang mengoptimalkan alur kerja dan meningkatkan efisiensi operasional secara optimal.
    Industri oil & gas: Solusi enterprise untuk meningkatkan visibilitas supply chain dan cost management, sekaligus meningkatkan efisiensi operasional perusahaan.
    Industri transportation & logistik: Implementasi solusi berbasis cloud untuk meningkatkan visibilitas logistic management dan pengiriman tepat waktu.

     

     

    Mengacu pada publikasi dari sebuah global strategy & management consulting firm, NTT DATA Business Solutions Indonesia menerapkan enam pilar utama dalam konsep kepemimpinan berkelanjutan:

    Energi positif dan keseimbangan pribadi: Membangun inspirasi dalam diri dan menginspirasi orang lain.
    Sikap melayani tanpa pamrih: Berfokus pada kesuksesan tim daripada pencapaian individu.
    Pembelajaran berkelanjutan dan rendah hati: Pemimpin didorong untuk terus ingin tahu dan belajar dari setiap risiko.
    Ketekunan dan ketangguhan: Kemampuan menghadapi tantangan dan disrupsi.
    Sikap optimis dan positif: Menumbuhkan suasana yang mendukung kerja sama tim dan meredakan situasi stres.
    Tanggung jawab sebagai pengelola tim: Mengelola kreativitas dan kekompakan tim dalam merespons dinamika pasar.

    Selain enam pilar di atas, NTT Data Business Solutions Indonesia juga mengacu pada konsep Synergized in Acceleration, yang mencakup Determination, Resilience, Integration, Velocity, dan Excellent (DRIVE). Perusahaan menegaskan kepemimpinan berkelanjutan menjadi elemen inti dalam mendorong pertumbuhan bisnis secara strategis.
     
    Program pengembangan ini mencakup pelatihan komunikasi efektif, manajemen konflik, serta inovasi dalam pengambilan keputusan untuk membentuk pemimpin sebagai role model yang memotivasi. Pendekatan ini tidak hanya berdampak secara internal, tetapi juga memberikan nilai tambah yang dirasakan langsung oleh klien.
     
    “Kami memiliki sejarah kerja sama yang baik dengan mereka, dan setelah evaluasi, kami kembali memilih NTT DATA Business Solutions Indonesia sebagai mitra dalam proyek ini,” ujar perwakilan dari perusahaan petrochemical terbesar di kawasan ASEAN.
     
    Dengan strategi ini, NTT DATA Business Solutions Indonesia terus menunjukkan kepemimpinan berkelanjutan tidak hanya berdampak positif bagi organisasi, tetapi juga memberikan manfaat bagi mitra dan pelanggan.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (AHL)

  • Kebut Transformasi, Begini Cara Bantu BPR Syariah Melek Digital

    Kebut Transformasi, Begini Cara Bantu BPR Syariah Melek Digital

    Jakarta: Peruri menekankan pentingnya transformasi digital sebagai langkah strategis yang harus diambil oleh BPR Syariah untuk mempertahankan daya saing dan relevansi di pasar yang terus berkembang. Peruri hadir dalam Musyawarah Nasional dan BPR Syariah Summit 2024 dalam upaya mendukung pertumbuhan industri keuangan syariah di Indonesia.
     
    Head of Digital Business Transformation and Solutions Peruri Shitta Marsella menjelaskan bagaimana digitalisasi dapat meningkatkan efisiensi operasional, memperbaiki kualitas layanan, serta membantu BPR Syariah beradaptasi dengan cepat di era digital saat ini. Peruri siap membantu BPR Syariah melakukan transformasi digital yang aman dan terpercaya.
     
    “Peruri berkomitmen untuk mendukung BPR Syariah dalam melakukan transformasi digital dengan menyediakan layanan digital yang aman, andal, dan terpercaya seperti tanda tangan elektronik, stempel digital, e-KYC dan meterai elektronik,” ujar Shitta dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 13 Desember 2024.
     

    Acara ini dihadiri lebih dari 150 pimpinan BPR Syariah se-Indonesia. Mengusung tema “Penguatan Identitas dan Kemandirian Organisasi untuk Mendorong Era Baru Pertumbuhan Industri BPRS yang Berkelanjutan”, kegiatan ini fokus membahas langkah-langkah strategis untuk memperkuat keberadaan dan peran BPR Syariah.
     
    Shitta mengungkapkan, partisipasi Peruri dalam Musyawarah Nasional ini menegaskan posisi perusahaan sebagai mitra strategis yang akan memastikan BPR Syariah dapat tumbuh secara berkelanjutan. Dengan solusi digital, BPR Syariah diharapkan memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia.
     
    “Melalui berbagai solusi inovatif yang ditawarkan, Peruri siap mendukung kemajuan sektor ini dengan komitmen terhadap keamanan, efisiensi, dan kualitas layanan yang tinggi,” ungkapnya.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (END)

  • Strategi Akselerasi Digital untuk Dorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia – Page 3

    Strategi Akselerasi Digital untuk Dorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Diskusi IndoTelko Forum bertajuk ‘Sinergi Industri Digital Wujudkan Asta Cita’ baru saja digelar. Forum ini bertujuan mempercepat akselerasi transformasi digital Indonesia, sekaligus mendukung visi Indonesia 2045 dan menciptakan ekosistem digital yang inklusif.

    Sebagai keynote speaker dalam event ini, Menteri Komunikasi dan Digital Meutya Hafid menyatakan, kebijakan pemerintah akan fokus pada penyediaan infrastruktur digital yang merata serta memajukan regulasi yang mendukung pertumbuhan sektor digital.

    “Sinergi antara pemerintah, industri dan masyarakat akan menentukan sejauh mana Indonesia dapat memanfaatkan potensi ekonomi digital untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,” tuturnya.

    Sementara itu, Pendiri IndoTelko Doni Ismanto Darwin menuturkan, sektor ekonomi digital memiliki peran strategis dalam pencapaian visi Presiden Prabowo Subianto untuk meningkatkan pertumbuah ekonomi Indonesia sebesar 8 persen dalam lima tahun ke depan.

    “Sinergi antara pemerintah, industri, dan masyarakat sangat penting dalam mendorong transformasi digital yang akan memberdayakan UMKM dan mendorong investasi yang berdampak pada kesejahteraan rakyat,” kata Doni.

    Untuk mencapai tujuan tersebut, Dirgayuza Setiawan yang juga merupakan Editor Buku Strategi Transformasi Bangsa Prabowo Subianto, menyorot pentingnya RKP (Rencana Kerja Pemerintah) untuk periode 2024-2029.

    Menurutnya, RKP ini menargetkan dua tujuan yang ambisius, yakni menghapuskan kemiskinan ekstrem hingga 0 persen dan mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar 8 persen.

    “Mandat UUD 1945 menjadi pedoman kita dalam melindungi segenap bangsa, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta mewujudkan ketertiban dunia,” tuturnya menjelaskan.

    Dalam hal ini, ia juga menyorot pentingnya pendidikan berkualitas untuk mendorong talenta digital, dengan target 99 persen siswa mendapatkan makanan bergizi gratis di sekolah, peningkatan gaji guru, renovasi sekolah, dan penggunaan smart board di setiap kelas.

    Selain itu, Indonesia harus mempercepat pengembangan talenta digital untuk mendukung transformasi ekonomi berbasis teknologi. Menurut Dirgayuza, fokus pada pendidikan berkualitas, termasuk pengiriman siswa ke universitas terbaik di dunia, sangat penting.

    “Kita bisa belajar dari India dan Tiongkok yang sukses membangun talenta digital lewat pendidikan di luar negeri. Sebagian besar pemimpin perusahaan teknologi besar mereka merupakan lulusan universitas top di Amerika Serikat,” ujar Dirgayuza.

    Ia juga menekankan pentingnya teknologi agar bisa memperbaiki kebijakan sosial. Sebagai contoh, Presiden mendorong tenaga ahli digital agar bisa membantu identifikasi penerima bantuan sosial secara akurat sehingga mengurangi kesalahan distribusi.

     

     

  • Transformasi Digital Pajak di Jawa Timur, Bapenda Hadirkan Layanan Mudah dan Cepat

    Transformasi Digital Pajak di Jawa Timur, Bapenda Hadirkan Layanan Mudah dan Cepat

    TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Timur kembali mencetak sejarah dengan berbagai inovasi yang menjadikan pelayanan pajak lebih mudah, cepat, dan inklusif untuk seluruh lapisan masyarakat. 

    Dengan langkah-langkah inovatif yang belum dimiliki provinsi lain, Bapenda Jatim telah membuktikan diri sebagai pionir dalam transformasi digital pelayanan pajak, sekaligus memperkuat posisi Jawa Timur sebagai provinsi terdepan dalam inovasi teknologi pemerintahan.

    Inovasi-inovasi ini tidak hanya mempermudah masyarakat, tetapi juga menjadi inspirasi bagi pemerintah daerah lainnya. Hal ini menjadi bukti nyata visi Gubernur Jawa Timur dalam menghadirkan layanan publik yang modern, efisien, dan ramah masyarakat.

    Inovasi Unggulan Bapenda Jatim

    ATM Samsat QRIS

    Memadukan teknologi pembayaran modern dengan kebutuhan masyarakat, ATM Samsat QRIS memungkinkan pembayaran pajak kendaraan bermotor hanya dengan memindai kode QR. Wajib pajak kini dapat menyelesaikan kewajiban mereka tanpa antri, kapan saja dan di mana saja.

    Integrasi dengan Dompet Digital SpeedCash melalui SAMKOPI

    Bapenda Jatim melalui SAMKOPI menggandeng SpeedCash, dompet digital asli dari Sidoarjo Jawa Timur yang telah memiliki lisensi Bank Indonesia, untuk mendukung pembayaran pajak kendaraan bermotor.

    Dengan lebih dari 3 juta pengguna, SpeedCash memberikan akses yang lebih luas kepada masyarakat Jawa Timur untuk menyelesaikan pembayaran dengan mudah dan aman..

    Kolaborasi dengan BUMDes sebagai Loket Pajak

    Melalui kerjasama strategis dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Bapenda Jatim telah mendekatkan layanan pembayaran pajak ke tingkat desa, sehingga masyarakat pedesaan tidak lagi harus menempuh perjalanan jauh untuk membayar pajak kendaraan mereka. Inisiatif ini juga mendukung pemberdayaan ekonomi desa.

    Pembayaran Pajak Melalui Gerai Retail dan E-commerce

    Beradaptasi dengan gaya hidup masyarakat modern, Bapenda Jatim menjalin kerjasama dengan gerai retail dan platform e-commerce terkemuka, memberikan fleksibilitas kepada masyarakat untuk membayar pajak kendaraan mereka sambil berbelanja atau melalui aplikasi ponsel.

    Apresiasi untuk Bapenda Jatim

    Langkah-langkah inovatif ini mendapat apresiasi dari berbagai pihak, termasuk pemerintah pusat dan masyarakat luas. Kepala Bidang Pajak Bapenda Jawa Timur, Bapak Bimasakti, mengungkapkan rasa bangganya terhadap pencapaian ini.

    “Kami berkomitmen untuk terus menghadirkan inovasi yang mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Kerjasama dengan mitra strategis seperti ewallet SpeedCash – SAMKOPI menunjukkan bahwa kami siap membawa layanan pajak di Jawa Timur ke level yang lebih tinggi,” ujarnya.

    CEO SpeedCash, Bagus Cahyono, menambahkan, “Kami merasa terhormat dapat menjadi bagian dari langkah visioner Bapenda Jatim. Integrasi ini membuktikan bahwa teknologi dapat menjadi alat yang kuat untuk mendukung pemerintah dalam memberikan layanan terbaik bagi masyarakat.”

    Tidak hanya itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, secara resmi meluncurkan layanan ATM Samsat QRIS dalam acara HUT ke 62 di Surabaya.

    Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kehadiran ATM Samsat QRIS adalah langkah konkret untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat sekaligus meningkatkan transparansi dalam pengelolaan pajak kendaraan bermotor.

    Dampak Positif Bagi Jawa Timur

    Inovasi yang dihadirkan Bapenda Jatim telah membawa perubahan signifikan dalam kemudahan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Tidak hanya meningkatkan kepatuhan wajib pajak, tetapi juga memberikan dampak positif terhadap peningkatan pendapatan daerah yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur, pendidikan, dan layanan publik lainnya.

    Masyarakat Jawa Timur kini tidak lagi merasa terbebani dalam memenuhi kewajiban pajak mereka. Dengan layanan yang mudah diakses, cepat, dan aman, mereka dapat memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan provinsi ini.

    Inspirasi untuk Provinsi Lain

    Dengan berbagai terobosan ini, Bapenda Jawa Timur tidak hanya berfokus pada efisiensi, tetapi juga memastikan bahwa layanan pajak dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. Jawa Timur telah menjadi teladan bagi provinsi lain, menunjukkan bagaimana teknologi dapat diintegrasikan untuk menciptakan sistem pelayanan publik yang inklusif dan modern.

    Melalui inovasi-inovasi ini, Bapenda Jawa Timur telah memberikan kebanggaan bagi seluruh masyarakat Jawa Timur, termasuk para pemimpin daerah, instansi terkait, dan mitra strategis. Inisiatif ini menegaskan bahwa Jawa Timur berada di garis depan transformasi digital dalam pelayanan publik, memberikan dampak positif yang dirasakan oleh masyarakat luas.

    Sebagai bagian dari masyarakat yang peduli terhadap kemajuan daerah, ayo manfaatkan kemudahan yang telah dihadirkan Bapenda Jawa Timur melalui dompet digital SpeedCash.

    Dengan membayar pajak kendaraan bermotor menggunakan SpeedCash, Anda tidak hanya merasakan kemudahan transaksi yang cepat, aman, dan praktis, tetapi juga berkontribusi langsung dalam pembangunan Jawa Timur yang lebih baik. Segera unduh SpeedCash dan nikmati inovasi layanan pajak yang membuat hidup Anda lebih nyaman!

  • Pemprov Jatim Sabet Penghargaan Predikat Kepatuhan dari Ombudsman RI

    Pemprov Jatim Sabet Penghargaan Predikat Kepatuhan dari Ombudsman RI

    TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) mendapatkan penghargaan Predikat Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2024) dari Ombudsman RI. 

    Piagam penghargaan diserahkan oleh Ketua Ombudsman RI, M. Najih kepada Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono pada acara Penganugerahan Hasil Penilaian  Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2024 di Hotel JW Mariot Surabaya, Jumat (13/12). 

    Penghargaan itu diberikan lantaran Pemprov Jatim memperoleh skor penilaian 92,08 kategori A (Kualitas Tertinggi) Opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2024. Nilai itu mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2023 sebesar 88,81 yang juga kategori A. 

    Tak hanya itu, Ombudsman RI juga memberikan penghargaan predikat kepatuhan kepada pemerintah kota/kabupaten kepada 37 kabupaten/kota se Jatim, 25 penghargaan kepada polres kepatuhan kepolisian resort dan 20 penghargaan predikat kepatuhan kepada kantor pertanahan. 

    Pj. Gubernur Adhy mengatakan, penghargaan ini menjadi bukti nyata bahwa Pemprov Jatim berkomitmen memberikan pelayanan prima kepada masyarakat yang akuntabel, cepat, responsif, melayani dan berdampak memenuhi harapan masyarakat. 

    Saat ini, lanjut Adhy, reformasi birokrasi difokuskan pada implementasi transformasi digital untuk mewujudkan human-based public governance yang mengedepakan digital services.

    Ke depannya, Adhy menyampaikan kalau pihaknya akan terus meningkatkan pelayanan publik di Pemprov Jatim. Karena menurutnya, penghargaan atau nilai bukanlah sebuah tujuan akhir dari semua upaya yang sudah dilakukan, namun yang terpenting adalah bagaimana upaya tersebut dapat memberi dampak dan manfaat nyata bagi masyarakat. 

    “Ini bukan hanya tentang angka atau nilai, tetapi tentang kepercayaan masyarakat yang semakin meningkat kepada kita, aparatur pemerintah, pemberi layanan bagi masyarakat,” ungkapnya. 

    Lebih lanjut, Adhy juga menyebut penghargaan yang diterima ini adalah bentuk kolaborasi yang kuat antara pemerintah daerah dan Ombudsman RI yang menjadi pilar penting sebagai upaya mewujudkan publik yang akuntabel, cepat, prima dan berintegrasi. 

    “Untuk itu, sebagai pelayan publik seluruh layanan kepada masyarakat dituntut untuk memberikan pelayanan lebih cepat dengan prosedur yang sederhana dan ramah kepada kelompok rentan,” katanya.

    Sejalan dengan hal tersebut penyelenggaraan penilaian kepatuhan pelayanan publik tidak sekadar mematuhi aturan dan regulasi yang ada, tetapi juga memberikan pelayanan yang terbaik, cepat, dan tepat kepada seluruh lapisan masyarakat. 

    Pj. Adhy pun berpesan kepada agar kepatuhan harus menjadi budaya yang tertanam di setiap institusi pemerintah. Ia mengingatkan bahwa dibutuhkan kerja keras untuk memperbaiki layanan publik untuk memberikan pelayanan publik yang berdampak kepada masyarakat. 

    “Semoga hasil penilaian ini akan menjadi langkah awal dalam mewujudkan pemerintah yang responsif, melayani, dan memenuhi harapan masyarakat,” harapnya.

    Sementara itu, Ketua Ombudsman RI M. Najih mengatakan, dalam rangka mencapai Indonesia Emas 2045 terdapat agenda nasional dimana watak birokrasi harus menuju world class goverment sesuai RPJMN 2024-2029. 

    Artinya, penyelengaraan layanan publik tidak hanya bersifat digital semata namun membangun karakter aparatur sesuai dengan tupoksi yang akan menjadi tata nilai sehingga pelayanan publik berdampak kepada masyarakat. 

    “Pandangan masyarakat terhadap layanan publik yang prima, baik dan berdampak kepada masyarakat harus menjadi perhatian bagi seluruh aparatur pemerintah,” ujarnya. 

    Dijelaskannya, terdapat empat faktor dimensi penilaian penyelenggaraan pelayanan yang menjadi fokus oleh Ombudsman RI meliputi dimensi input, dimensi proses, dimensi output dan dimensi pengaduan. 

    Pihaknya mengapreasi atas dukungan kepada Pemprov Jatim dan kabupaten/kota yang terus meningkatkan layanan publik di Jawa Timur sehingga di Provinsi Jawa Timur tidak ada pemda yang masuk dalam zona kuning. 

    Sebagai informasi, terdapat dimensi penilaian dimana terdapat tiga zona penilaian yakni Zona Merah, Zona Kuning dan Zona Hijau. Untuk Zona Merah interval nilai 32,00 – 53,99, Zona Kuning interval nilai 54,00 – 77,99.

    Sementara itu, untuk Zona Hijau terbagi dalam kategori yaitu kualitas tinggi dengan interval nilai 78,00-87,99 serta kategori kualitas tertinggi yang berada pada interval nilai 88,00 – 100. 

  • Kisah Evangeline, Brand Parfum Lokal dengan Aroma Khas Indonesia Bersama Shopee

    Kisah Evangeline, Brand Parfum Lokal dengan Aroma Khas Indonesia Bersama Shopee

    Jakarta, Beritasatu.com – Industri kecantikan di Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang signifikan, didukung oleh inovasi produk lokal yang semakin kreatif dan sesuai dengan kebutuhan pasar. Salah satu segmen yang tengah berkembang pesat adalah parfum, di mana semakin banyak merek lokal yang mampu menghasilkan produk berkualitas dan bersaing dengan merek parfum internasional. Salah satu merek parfum lokal yang berhasil menarik perhatian publik adalah Evangeline. Berdiri sejak tahun 2008, Evangeline memulai penjualannya melalui toserba dan supermarket. Sejak saat itu, Evangeline bertransformasi dan merambah ke industri parfum. Dengan dukungan Shopee, Evangeline kini berhasil menjadi salah satu merek parfum lokal yang mampu mematahkan stigma negatif terhadap kualitas parfum lokal yang dahulu sering diremehkan.

    Pemilik Evangeline, Jimmy Liong, mengatakan Evangeline hadir dengan visi dan misi sebagai brand parfum yang menghadirkan aroma berkualitas tinggi untuk dapat dinikmati oleh semua kalangan dan menjadi bagian dari identitas penggunanya.

    “Setiap botol Evangeline mengandung cerita yang menanti untuk diceritakan, menghubungkan setiap aroma dengan momen spesial dalam kehidupan mereka. Keberhasilan kami saat ini dalam menjangkau lebih banyak pengguna tentunya tak terlepas dari peran Shopee yang sangat membantu kami dalam membangun brand awareness, dan memperluas jangkauan pasar. Selain itu, kami juga secara, konsisten menghadirkan pengalaman belanja terbaik melalui ragam inisiatif dan program, rangkaian festival kampanye belanja, serta fitur interaktif seperti Shopee Live dan Shopee Video,” ujarnya.

    Transformasi Digital Evangeline: Jangkau Pasar Lebih Luas Melalui Shopee

    Transformasi besar bagi Evangeline dimulai pada tahun 2017, ketika brand parfum lokal ini bergabung ke Shopee. Dengan memanfaatkan ekosistem digital yang disediakan Shopee, Evangeline mampu memperluas pasar mereka hingga menjangkau pelosok Indonesia, sekaligus meningkatkan pengalaman berbelanja bagi pelanggan melalui berbagai fitur interaktif Shopee. Sejak kehadirannya di Shopee, Evangeline berhasil melahirkan beragam varian Evangeline Premium Eau De Parfum yang berhasil merebut hati konsumen, di antaranya Black Vanilla, White Musk, Baby Powder, dan Black Sakura yang selalu habis diburu oleh para pecinta parfum dalam negeri.

    Evangeline brand parfum lokal hadirkan aroma wewangian khas Indonesia. 

    Setiap varian parfum Evangeline dirancang untuk menghadirkan kualitas parfum premium dengan harga yang bersahabat. Evangeline terus berinovasi dalam menghadirkan aroma yang relevan dengan tren global. Proses produksi parfum Evangeline sepenuhnya dilakukan di dalam negeri, menggunakan bahan baku berkualitas tinggi yang diproses sesuai dengan standar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), halal, serta sesuai dengan panduan GMP (Good Manufacturing Practice). Kesuksesan Evangeline di pasar parfum lokal ini pun turut membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar dan mendukung perekonomian lokal.

    Bergabung dengan Shopee menjadi langkah strategis yang membawa Evangeline untuk lebih menarik perhatian lebih banyak konsumen. “Festival kampanye belanja, seperti Shopee Big Ramadan Sale, Shopee 9.9 Super Shopping Day, Shopee 11.11 Big Sale, hingga Shopee 12.12

    Birthday Sale selalu menjadi panggung yang lebih besar bagi produk-produk kami agar bisa dikenal oleh lebih banyak konsumen. Tidak hanya program kampanye, fitur dan program Shopee lainnya yang ada di Shopee Seller Centre juga turut berkontribusi membantu Evangeline dalam mengelola dan mengoptimalkan toko online Evangeline secara lebih efektif,” tambah Jimmy Liong.

    Evangeline Bangun Kedekatan Pelanggan Melalui Shopee Live dan Shopee Video

    Cermat dalam mengikuti tren belanja yang semakin dinamis, Evangeline mulai memanfaatkan fitur interaktif Shopee Live sejak 2023 sebagai salah satu kanal penjualan strategis. Evangeline melihat potensi yang besar untuk mendongkrak penjualan melalui pengalaman belanja penuh interaksi yang lebih personal melalui kanal live streaming. Melalui Shopee Live, Evangeline dapat menjangkau audiens yang lebih luas dengan lebih efisien, sekaligus bisa memperkenalkan produk Evangeline secara lebih holistik. Shopee Live telah berperan strategis dalam membangun kepercayaan pelanggan, karena memungkinkan konsumen lebih dekat dengan brand dan memahami kualitas produk yang ditawarkan.

    “Hampir genap dua tahun mengoptimalkan fitur Shopee Live, Evangeline berhasil mencatat peningkatan penjualan melalui Shopee Live mencapai 3 kali lipat dibandingkan saat awal pertama kali kami memanfaatkan fitur Shopee Live. Lonjakan ini terjadi berkat kombinasi konten yang hadir konsisten dan mampu menarik engagement tinggi serta memanfaatkan momentum festival kampanye belanja tanggal kembar,” jelas Jimmy Liong.

    Untuk menciptakan konten Live yang menarik, Evangeline melakukan riset pasar mendalam untuk memahami tren dan preferensi audiens. Melalui proses ini, Evangeline berusaha menghadirkan ide konten Live yang relevan bagi para konsumen setianya. Konten Evangeline juga selalu disesuaikan dengan kampanye besar Shopee, seperti saat Ramadan maupun saat festival kampanye akhir tahun. Selama sesi live streaming berlangsung, Evangeline secara aktif memberikan konten edukasi seperti “Tips Merawat dan Menyimpan Parfum” dan juga penawaran diskon khusus yang hanya berlaku di sesi live streaming.

    Selain Shopee Live, Evangeline memanfaatkan Shopee Video, juga yang memungkinkan mereka untuk membuat konten video singkat yang dinamis dan menarik, sesuai dengan tren konsumsi media saat ini. Dengan format ini, Evangeline dapat menyampaikan brand story dan value secara efektif dalam durasi singkat, seperti melalui konten inspirasi gaya hidup atau tips penggunaan parfum.

    Melihat perkembangan industri parfum lokal yang terus berkembang pesat, Evangeline optimis tahun 2025 industri parfum lokal akan terus bertumbuh pesat. Keunikan aroma parfum lokal yang sesuai dengan kepribadian pelanggan adalah kunci memenangkan hati pelanggan.

    “Ke depannya, kami juga berharap Shopee dapat senantiasa menjadi mitra sejati para brand lokal seperti kami untuk terus bertumbuh dan mengoptimalkan beragam peluang yang dihadirkan melalui ekosistem digital Shopee yang inklusif dan terintegrasi,” pungkasnya.

  • Jangan sia-siakan ANTARA!

    Jangan sia-siakan ANTARA!

    Jakarta (ANTARA) – Sebuah kantor berita yang terus meniti usia, ANTARA telah menorehkan sejarah panjang, jauh sebelum siapapun yang hari ini mengklaim sebagai yang pertama menyediakan informasi atau konten.

    Hari ini usianya tepat 87 tahun, tepatnya didirikan pada 13 Desember 1937. Selama itu pula, ANTARA konsisten menyediakan informasi akurat dan terpercaya bagi masyarakat Indonesia, bahkan dunia.

    Namun, di era digital yang serba cepat ini, pertanyaan mengenai bentuk kelembagaan yang paling tepat bagi ANTARA ke depan menjadi relevan untuk memastikan perannya tetap signifikan dan kompetitif.

    Sebagai badan usaha milik negara (BUMN) dengan status perusahaan umum (Perum) sejak 2007, ANTARA memiliki tanggung jawab ganda, yakni menjalankan fungsi pelayanan publik dan mencapai target finansial.

    Tantangan ini semakin kompleks dengan hadirnya media digital dan platform berita daring yang menawarkan informasi secara instan. Untuk tetap relevan, ANTARA perlu menyesuaikan struktur kelembagaannya agar lebih fleksibel dan responsif terhadap perubahan industri media.

    Melihat praktik terbaik dari kantor berita internasional dapat memberikan perspektif berharga. Reuters, misalnya, didirikan pada 1851 dan kini menjadi salah satu kantor berita terbesar di dunia.

    Reuters mempekerjakan sekitar 2.500 jurnalis dan 600 jurnalis foto di sekitar 200 lokasi di seluruh dunia, menunjukkan komitmen mereka dalam menyediakan berita global yang cepat dan akurat.

    Sementara itu, Agence France-Presse (AFP), yang merupakan kantor berita tertua di dunia, didirikan pada 1835 sebagai Havas dan kemudian berganti nama menjadi AFP pada 1944.

    AFP telah berhasil mempertahankan relevansinya dengan terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan audiens.

    Sementara ANTARA sendiri, hingga kini terlihat masih berusaha untuk mempertahankan eksistensinya di tengah gempuran berbagai persoalan internalnya.

    Belum lama, kantor berita itu terpaksa memindahkan kantor pusatnya dari Merdeka Selatan ke Pasar Baru, karena ada aksi korporasi yang mengarahkan Wisma Antara beralih kepemilikan ke BSI.

    Tidak jarang ANTARA menerima kritik dari berbagai pihak yang mungkin tidak sepenuhnya memahami kompleksitas operasional dan tantangan yang dihadapi.

    Sebagai lembaga yang mengemban misi pelayanan publik, sekaligus tuntutan bisnis, ANTARA berada dalam posisi yang sulit untuk dipahami, sekaligus menantang.

    Oleh karena itu, penting bagi publik untuk melihat peran ANTARA secara holistik dan memberikan dukungan yang konstruktif.

    Lembaga ini bukan entitas kecil yang bisa secara serampangan dipadankan dengan mengelola sebuah akun media sosial atau disandingkan dengan perusahaan media baru yang sekadar mengandalkan click bait dan tren kontroversial.

    Lebih dari itu, ANTARA adalah sumber informasi bangsa yang mencerahkan, memberdayakan, mendidik, dan membangkitkan nasionalisme. Pahami fungsi dan perannya, dan tidak dengan enteng berkomentar ketika penonton ANTARA TV bisa dihitung dengan jari karena bukan itu tujuan terbesarnya.

    Langkah strategis

    Untuk meningkatkan daya saing dan efektivitasnya, ANTARA dapat mempertimbangkan beberapa langkah strategis, khususnya sesuatu yang paling mungkin dilakukan secara internal.

    Langkah strategis itu, di antaranya menggenjot transformasi digital secara menyeluruh, mengadopsi teknologi terkini, seperti akal imitasi (AI) dan analitik data untuk meningkatkan efisiensi produksi berita dan distribusi konten. Hal ini sejalan dengan langkah yang diambil oleh kantor berita internasional dalam menghadapi tantangan era digital.

    Kemudian, jangan lupa untuk memperkuat kemitraan dengan kantor berita global untuk pertukaran konten dan teknologi, serta meningkatkan kapasitas jurnalis melalui program pelatihan dan magang.

    Untuk kemitraan itu, misalnya, ANTARA telah menjalin kerja sama dengan Bloomberg selama 28 tahun, yang menunjukkan komitmen untuk terus berkolaborasi dan menyesuaikan dengan kebutuhan pasar Indonesia.

    Lembaga ini jangan terus terjebak untuk bergantung pada dana Public Service Obligation (PSO) sebagai pendapatan utama, melainkan harus kreatif dan inovatif dalam mendiversifikasi layanan.

    ANTARA harus mengembangkan produk dan layanan baru yang sesuai dengan kebutuhan pasar modern, seperti platform berita digital dan konten multimedia interaktif yang benar-benar dapat menarik audiens yang lebih luas dan beragam. Lakukan survei pasar untuk mengetahui apa yang dibutuhkan para pelanggannya.

    Kemudian berinvestasi dalam pelatihan dan pengembangan jurnalis untuk memastikan mereka memiliki keterampilan yang relevan dengan tuntutan industri media saat ini. ANTARA harus mengambil langkah, dalam hal ini dengan mengembangkan potensi jurnalis muda melalui berbagai program pelatihan.

    Memang, saat ini, ANTARA sebagai kantor berita nasional sedang berada di persimpangan strategis untuk menentukan bentuk kelembagaan yang dapat memastikan keberlanjutan dan relevansinya di era digital.

    Model kelembagaan yang digunakan oleh kantor berita internasional, seperti Reuters, Associated Press (AP), dan The Guardian memberikan inspirasi tentang bagaimana struktur organisasi dapat mempengaruhi keberhasilan operasional.

    Reuters, misalnya, beroperasi sebagai perusahaan terbatas di bawah Thomson Reuters Corporation, memungkinkan fleksibilitas bisnis sekaligus mempertahankan integritas jurnalistik.

    Sementara itu, AP sebagai koperasi menunjukkan bahwa kolaborasi antaranggota dapat menjadi pendorong stabilitas dan kualitas, sedangkan The Guardian, yang berada di bawah kendali Scott Trust, menjamin keuntungan diinvestasikan kembali untuk mendukung misi editorial, tanpa tekanan dari pemegang saham.

    Setiap model kelembagaan memiliki kekuatan dan tantangannya masing-masing. Model koperasi, seperti AP, memastikan bahwa kebutuhan anggotanya selaras dengan arah organisasi, namun memerlukan transparansi manajemen yang tinggi.

    Yayasan nirlaba, seperti The Guardian, memungkinkan fokus pada kualitas berita, tanpa tekanan keuntungan komersial, tetapi membutuhkan dukungan yang kuat dari filantropi atau sumber pendapatan alternatif.

    Di sisi lain, struktur perusahaan terbatas, seperti Reuters, memberikan fleksibilitas penggalangan dana dan peluang ekspansi global, namun berisiko terhadap intervensi pemegang saham yang dapat memengaruhi independensi editorial.

    Keberhasilan model-model ini menunjukkan bahwa struktur kelembagaan yang tepat harus disesuaikan dengan visi, misi, dan konteks operasional masing-masing organisasi.

    Untuk ANTARA sendiri perlu dilakukan kajian mendalam apakah tetap akan menjadi BUMN berbentuk Perum atau berkonsolidasi dengan dua saudaranya RRI dan TVRI menjadi lembaga layanan publik, atau lembaga pemerintah non-departemen.

    Dalam jangka pendek, solusi yang ideal bagi ANTARA dapat mengimplementasikan model kelembagaan hibrida yang menggabungkan elemen BUMN dengan prinsip koperasi atau yayasan nirlaba.

    Dengan struktur ini, ANTARA seiring menanti kajian terbaiknya, maka dapat tetap mengedepankan fungsi pelayanan publik, sekaligus membuka peluang inovasi bisnis untuk keberlanjutan finansial.

    Dukungan pemerintah dapat memastikan stabilitas dasar, sementara pengelolaan yang lebih independen dan kolaboratif dapat meningkatkan daya saing di tingkat global.

    Langkah ini akan menempatkan ANTARA sebagai institusi yang tidak hanya bertahan, tetapi juga berkembang di tengah dinamika industri media global, tetap menjadi kebanggaan nasional, dan mampu memenuhi kebutuhan informasi masyarakat Indonesia di masa depan.

    Disadari kemudian, ANTARA telah lama menjadi pilar penting dalam ekosistem media di Indonesia. Dengan mempertimbangkan langkah-langkah strategis tersebut, ANTARA diharapkan dapat terus beradaptasi dan berkembang di tengah perubahan lanskap media global.

    Sebagai masyarakat, semua ingin ANTARA memiliki peran untuk mendukung transformasi ini dan tidak menyia-nyiakan warisan berharga yang telah dibangun selama lebih dari delapan dekade.

    Mari bersama-sama menjaga dan memperkuat peran ANTARA sebagai sumber informasi terpercaya yang mampu menjawab tantangan zaman. Mengantarkan bangsa ini ke era kemasyhuran yang madani.

    *) Dr Taufan Hunneman adalah aktivis 98 dan dosen UCIC, Cirebon

    Copyright © ANTARA 2024