Topik: transformasi digital

  • Wamen Komdigi Tinjau Trafik Internet di Stasiun Pasar Senen Selama Nataru

    Wamen Komdigi Tinjau Trafik Internet di Stasiun Pasar Senen Selama Nataru

    Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Menteri Komunikasi dan Digital (Wamen Komdigi) Angga Raka Prabowo melakukan kunjungan ke Stasiun Pasar Senen untuk memantau langsung kondisi jaringan internet dan pelayanan komunikasi selama masa libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru), Jumat (27/12/2024). 

    Angga Raka mengatakan Stasiun Pasar Senen dipilih karena menjadi salah satu simpul transportasi tersibuk di Jakarta, dengan jumlah penumpang kedatangan dan keberangkatan yang tinggi. 

    “Bapak Presiden sangat concern terhadap pelayanan terbaik bagi masyarakat selama Nataru. Kami di Kementerian Komunikasi dan Digital  memastikan akses komunikasi dan jaringan internet, baik di stasiun maupun selama perjalanan, berjalan optimal,” kata Angga di Stasiun Pasar Senen, Jumat (27/12/2024).  

    Berdasarkan tinjauan di lapangan, Angga mengklaim kualitas sinyal di stasiun ini dinyatakan baik. Selain itu, Wamen juga menyampaikan apresiasi kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang telah menerapkan transformasi digital, termasuk teknologi face recognition untuk akses tanpa tiket fisik.

    “Kami juga rencananya akan mengecek langsung kondisi jaringan di dalam kereta untuk memastikan akses internet tetap lancar selama perjalanan,” tambahnya. 

    Komdigi juga mengoperasikan 10 tim mobile monitoring yang tersebar di kota-kota besar untuk mengawasi titik-titik keramaian selama periode libur panjang ini. 

    Mobile monitoring tersebut bertujuan menjaga stabilitas frekuensi dan kualitas jaringan. Berdasarkan laporan, trafik internet selama Nataru mengalami peningkatan rata-rata 7-20% dibandingkan hari biasa.  

    Pemerintah bersama para pemangku kepentingan memastikan pelayanan terbaik selama Nataru, baik dari sisi transportasi maupun telekomunikasi. 

    “Kami mengucapkan terima kasih kepada tim Komdigi dan operator seluler yang terus bekerja 24 jam untuk menjaga kualitas jaringan,” imbuhnya.

  • Kenali Cara Mudah Mengurus Sertipikat Tanah yang Hilang

    Kenali Cara Mudah Mengurus Sertipikat Tanah yang Hilang

    JABAR EKSPRES – Sertipikat tanah adalah hal fundamental bagi masyarakat karena menjadi bentuk kepastian hukum hak atas tanah yang sah di mata negara. Sertipikat tanah yang juga memiliki nilai ekonomi ini perlu dijaga oleh masing-masing pemilik. Apabila seseorang kehilangan sertipikat tanahnya, ia harus segera mengurus dan menerbitkannya kembali.

    “Masyarakat harus menyiapkan surat keterangan hilang dari polisi, terus pengumuman selama satu bulan. Sebulan pengumuman setelah tidak ada komplain apa pun dari siapa pun, baru proses pembuatan sertipikat baru itu dapat dilakukan,” jelas Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Harison Mocodompis dalam keterangannya, Kamis (26/12/2024).

    Masyarakat bisa secara mandiri mengurus kehilangan sertipikat ini melalui Kantor Pertanahan (Kantah). Secara lebih rinci, persyaratan yang perlu dipenuhi pemilik sertipikat yang hilang antara lain formulir permohonan yang sudah diisi dan ditandatangani pemohon atau kuasanya diatas materai cukup; Surat Kuasa apabila dikuasakan; fotokopi identitas pemohon, seperti KTP dan KK serta Surat Kuasa apabila dikuasakan, yang perlu dicocokkan dengan aslinya oleh petugas loket di Kantah; fotokopi Akta Pendirian dan Pengesahan Badan Hukum yang telah dicocokkan dengan aslinya oleh petugas loket (bagi badan hukum).

    Dokumen selanjutnya yang perlu disiapkan adalah fotokopi sertipikat tanah yang hilang (jika ada); Surat Pernyataan dibawah sumpah oleh pemegang hak/yang menghilangkan; serta surat tanda lapor kehilangan dari Kepolisian setempat.

    Harison Mocodompis lanjut menjelaskan, untuk penerbitan sertipikat pengganti karena sertipikat hilang kurang lebih akan memakan waktu 40 hari kerja. “Sertipikat tanah pengganti lebih baru, tapi dengan data yang sama dengan Buku Tanah,” ujarnya.

    Sementara itu, Buku Tanah itu sendiri merupakan salinan yang sama datanya dengan sertipikat tanah. Disebut sertipikat tanah saat dipegang oleh masyarakat atau pemegang hak, sementara dokumen yang disimpan oleh Kantor Pertanahan dinamakan dengan Buku Tanah.

    Harison Mocodompis mengungkapkan, sudah ada transformasi digital yang dilakukan Kementerian ATR/BPN terhadap sertipikat tanah. Kini masyarakat bisa melakukan alih media dari sertipikat analog berbentuk seperti buku menjadi Sertipikat Elektronik. Sertipikat ini juga tetap bisa dicetak menggunakan secure paper.

  • Honesti Basyir, Bawa Telkom Perkuat Digitalisasi

    Honesti Basyir, Bawa Telkom Perkuat Digitalisasi

    Jakarta

    Honesti Basyir dikenal sebagai seorang profesional berpengalaman yang saat ini menjabat sebagai Direktur Pengembangan Bisnis di Telkom Indonesia, salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka (Telkom) di Indonesia.

    Honesti Basyir dikenal sebagai seorang profesional berpengalaman yang saat ini menjabat sebagai Direktur Pengembangan Bisnis di Telkom Indonesia, salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka (Telkom) di Indonesia.

    Sebelum bergabung di Telkom Indonesia, jebolan Fakultas Teknik Industri dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Angkatan 1987 ini menghabiskan bertahun-tahun di berbagai posisi manajerial di perusahaan teknologi terkemuka. Pengalaman tersebut memberi wawasan bagi pria kelahiran Padang, 24 Juni 1968, itu secara mendalam tentang tantangan dan peluang di industri telekomunikasi. Dia juga memiliki keterampilan yang diperlukan untuk memimpin perubahan dalam lingkungan yang dinamis.

    Kelebihan lain Honesti juga menyadari pentingnya kolaborasi dalam mencapai tujuan perusahaan. Ia secara aktif menjalin kemitraan strategis dengan berbagai calon mitra bisnis, termasuk startup, universitas, dan lembaga penelitian, untuk menciptakan ekosistem inovatif yang mendukung pengembangan teknologi terbaru.

    Di bawah kepemimpinannya, Telkom Indonesia telah meluncurkan sejumlah inisiatif strategis yang fokus pada pengembangan layanan digital dan solusi berbasis teknologi. Ini termasuk peningkatan kapasitas jaringan dan pengembangan platform digital yang membantu masyarakat dan bisnis beradaptasi dengan era digitalisasi.

    Soal ini, ia berhasil membuat bisnis baru di Telkom Indonesia yaitu data center. Ia mengaku hal ini adalah sebuah keunikan dan perbedaan. Dia bilang belum ada pemain data center yang melakukan terobosan yang dilakukannya di Indonesia. “Contoh, data center itu pasti butuh connectivity. DNA aslinya Telkom itu ya connectivity,” ujar Honesti, di Jakarta, Jumat (27/12/2024).

    Kelebihan utama Telkom dalam bisnis data center menurut Honesti terletak pada jaringan fiber bawah tanah. “Kita itu sekarang jumlah fiber kita itu mungkin sudah 4 kali keliling dunia,” kata dia. Telkom menurut Honesti tidak hanya menjadi pemain bisnis lokal tapi juga sudah berhasil menautkan Atlantik dan Pasifik. “Satelit, fiber-fiber kita yang ada di Indonesia, yang ke rumah ataupun yang jadi backbone,” ujarnya.

    Honesti juga memiliki pandangan yang kuat tentang pentingnya keberlanjutan dalam pengembangan bisnis. Ia mengintegrasikan prinsip keberlanjutan ke dalam setiap aspek strateginya, baik dalam pengembangan produk maupun dalam operasional sehari-hari perusahaan. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa pertumbuhan perusahaan sejalan dengan tanggung jawab sosial dan lingkungan.

    Selain fokus pada pengembangan bisnis, Honesti juga sangat peduli terhadap pengembangan sumber daya manusia di Telkom Indonesia. Ia percaya bahwa karyawan adalah aset terpenting sebuah perusahaan, sehingga ia mendorong program pelatihan dan pengembangan untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi timnya.

    Kemampuan analitis Honesti yang tajam memungkinkan dia untuk mengevaluasi berbagai tren pasar dan membuat keputusan strategis yang berdasarkan data. Ia sering melakukan analisis mendalam terhadap performa produk dan layanan, serta umpan balik pelanggan untuk memastikan bahwa perusahaan tetap relevan dan kompetitif.

    Dengan kemampuannya untuk beradaptasi dengan perubahan cepat dalam industri teknologi, Honesti senantiasa mempersiapkan perusahaan untuk menghadapi tantangan dan peluang baru. Ia mengawasi berbagai proyek yang berfokus pada transformasi digital, menjadikan Telkom Indonesia sebagai pemimpin dalam inovasi telekomunikasi di Asia.

    Dalam perjalanan karirnya, Honesti Basyir telah menerima berbagai penghargaan atas kontribusinya dalam sektor telekomunikasi dan bisnis digital. Dedikasinya untuk mendorong kemajuan teknologi dan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan menjadikannya sosok yang inspiratif di industri. Dengan visi dan kepemimpinannya, Telkom Indonesia terus melangkah maju menjadi pionir dalam dunia digital.

    (rrd/rir)

  • Kaleidoskop 2024: PDNS 2 Kena Serang Ransomware, Layanan Publik Sempat Lumpuh – Page 3

    Kaleidoskop 2024: PDNS 2 Kena Serang Ransomware, Layanan Publik Sempat Lumpuh – Page 3

    Tak lama berselang, Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan juga mengumumkan pengunduran dirinya.

    Mundurnya pria yang karib disapa Semmy ini merupakan bentuk tanggung jawab sebagai Direktur Jenderal yang bertanggung jawab atas upaya transformasi digital di Indonesia, dalam hal ini PDNS yang lumpuh karena serangan ransomware.

    “Alasannya (pengunduran diri) kejadian ini bagaimana pun juga secara teknis adalah tanggung jawab saya sebagai Dirjen pengampu dalam proses transformasi digital pemerintahan secara teknis,” kata Semmy, dalam konferensi pers.

    Ia lebih lanjut menambahkan, “Saya mengambil tanggung jawab ini secara moral dan saya menyatakan ini harus diselesaikan di saya. Harusnya saya selesaikan dengan baik dan sekarang sedang pemulihan.”

    Menurutnya, ia sudah mengungkapkan pengunduran dirinya secara lisan sejak 1 Juli 2024. Selanjutnya, Semuel Abrijani memberikan surat pengunduran diri ke Menkominfo pada 3 Juli 2024.

    Dalam kesempatan itu, ia juga mengungkap kalau kunci deskripsi yang diberikan kelompok ransomware Brain Cipher sudah dicoba untuk membuka file di Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) yang terkunci.

    “Kami sudah coba di spesimen PDNS dan memang berhasil dibuka, tapi kita belum tahu karena kan yang dikunci banyak, itu sedang dikerjakan oleh teman-teman teknis,” katanya.

    Sebagai informasi, kelompok ransomware Brain Cipher memang sempat menyatakan akan memberikan kunci dekripsi ke pihak Pusat Data Nasional (PDN).

     

  • Bank Daerah Dorong Digitalisasi Pembayaran Air

    Bank Daerah Dorong Digitalisasi Pembayaran Air

    Jakarta

    Untuk meningkatkan efisiensi operasional, transparansi keuangan dan memudahkan pelanggan PAM Jaya, salah satu BUMD yaitu Bank DKI mendorong digitalisasi sistem pembayaran air di Jakarta.

    Direktur Utama Bank DKI Agus H Widodo mengungkapkan sebagai BUMD, sinergi ini tidak hanya memperkuat hubungan antar perusahaan daerah, melainkan wujud dukungan program kerja Pemerintah Provinsi DKI Jakarta khususnya langkah inovasi dalam menciptakan layanan publik yang lebih baik dan terintegrasi secara digital.

    Dia mengungkapkan kerja sama ini mencakup tiga inisiatif strategis, yaitu integrasi sistem keuangan host-to-host yang memungkinkan pengelolaan transaksi keuangan PAM Jaya secara digital untuk efisiensi dan keamanan, penerapan Virtual Account sebagai metode pembayaran tagihan air yang dapat diakses melalui aplikasi JakOne Mobile, ATM Bank DKI, dan kanal pembayaran lainnya.

    “Serta sistem penerimaan pembayaran tagihan air secara online melalui collection agent (Aggregator) untuk memberikan fleksibilitas dan kemudahan kepada pelanggan,” ujar dia dalam siaran pers, Kamis (26/12/2024).

    Direktur Utama PAM Jaya Arief Nasrudin, menekankan bahwa sinergi ini menjadi tonggak penting dalam transformasi layanan air minum di Jakarta, “Kami meyakini dengan dukungan Bank DKI, PAM Jaya dapat memberikan layanan yang lebih transparan dan efisien kepada pelanggan. Kerja sama ini juga sejalan dengan komitmen kami dalam memberikan solusi inovatif yang mendukung pelayanan publik dan pengelolaan air minum yang lebih baik,” ungkap Arief.

    Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi dalam keterangan resminya menambahkan, “Sinergi ini merupakan langkah nyata dalam menghadirkan solusi pembayaran yang modern dan inklusif. Bank DKI berkomitmen untuk terus mendukung transformasi digital, tidak hanya untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan, tetapi juga sebagai wujud sinergi mendukung pertumbuhan ekosistem BUMD yang berkelanjutan,” tutur Arie.

    Kerja sama ini turut mencerminkan komitmen Bank DKI dalam membangun ekosistem BUMD yang terintegrasi secara finansial dan mendukung infrastruktur pelayanan publik di Jakarta. Sebelumnya, Bank DKI dan PAM Jaya telah bersinergi dalam pembukaan rekening, pembayaran gaji karyawan baru, pengelolaan rekening proyek, serta transaksi digital untuk pembayaran tagihan air melalui aplikasi JakOne Mobile dan ATM Bank DKI. Kerja sama ini menunjukkan upaya berkelanjutan kedua BUMD dalam memberikan pelayanan optimal dan mendukung pengembangan ekosistem BUMD di Jakarta.

    (kil/kil)

  • Royke Tumilaar Ciptakan Innovation Hub di Sarinah, Tempat Lahirnya wondr by BNI – Halaman all

    Royke Tumilaar Ciptakan Innovation Hub di Sarinah, Tempat Lahirnya wondr by BNI – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk turut berpartisipasi dalam Transformasi Sarinah dengan menciptakan Innovation Hub. Salah satu inovasi yang lahir di tempat itu adalah aplikasi Mobile Banking wondr by BNI. 

    BNI membangun Innovation Hub di salah satu lantai Gedung Sarinah Jakarta. Tempat ini menjadi pusat inovasi dan kolaborasi tanpa batas, membangun budaya kerja yang produktif dan inovatif. 

    Lebih dari 500 Pegawai generasi muda, mayoritas gen Z dan milenial, melahirkan terobosan inovasi digital yang kini memudahkan transaksi perbankan melalui wondr by BNI. 

    Direktur Utama BNI, Royke Tumilaar mengatakan, Innovation Hub adalah bukti nyata keseriusan BNI dalam menjalankan Transformasi Digital yang menyeluruh. 

    “Ada banyak generasi muda dari negeri kita sendiri yang bekerja di BNI Innovation Hub Sarinah, mereka tidak hanya memberikan terobosan inovasi produk, tapi juga melakukan transformasi budaya kerja, berkolaborasi melahirkan wondr by BNI,” kata Royke Tumilaar dalam siaran pers.

    Innovation Hub di Gedung Sarinah Jakarta mulai beroperasi pada September 2023. Jika melihat ke dalam, nuansanya tidak seperti ruang kerja Bank BUMN melainkan seperti ruang kerja Startup. Luas, tanpa sekat, kolaboratif, bekerja bisa dari mana saja tidak hanya di kursi dan meja yang sudah ada.

    wondr by BNI merupakan inovasi pegawai BNI yang diluncurkan pada 5 Juli 2024, saat ini wondr by BNI telah diunduh lebih dari 5 juta pengguna dengan pengguna aktif 2x lipat lebih banyak dari BNI Mobile Banking.

    Royke optimistis, Program Transformasi yang sudah dilakukan sejak 2021 termasuk pengembangan digital yang cukup masif tahun ini, dapat menciptakan pertumbuhan kinerja yang berkelanjutan. BNI akan terus melakukan inovasi melalui wondr by BNI terutama dalam menyasar pasar anak muda yang aktif dan dinamis.

    ”Pengembangan Digital Platform terus dilakukan sebagai bagian dari upaya peningkatan customer experience dalam mendukung pertumbuhan dana murah atau CASA,” ungkap Royke.

  • wondr by BNI Lahir di Gedung Sarinah, Begini Ceritanya

    wondr by BNI Lahir di Gedung Sarinah, Begini Ceritanya

    Jakarta

    PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menciptakan Innovation Hub sebagai salah satu bentuk partisipasi dalam Transformasi Sarinah. Tempat ini merupakan cikal bakal lahirnya inovasi aplikasi wondr by BNI.

    BNI membangun Innovation Hub di salah satu lantai Gedung Sarinah Jakarta. Innovation Hub di Gedung Sarinah Jakarta mulai beroperasi pada September 2023.

    Sejak beroperasi, tempat ini menjadi pusat inovasi dan kolaborasi tanpa batas serta membangun budaya kerja yang produktif dan inovatif. Lebih dari 500 pegawai Innovation Hub yang merupakan gen Z dan milenial melahirkan terobosan inovasi wondr by BNI yang kini memudahkan transaksi perbankan digital.

    Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengatakan Innovation Hub adalah bukti nyata keseriusan BNI dalam menjalankan Transformasi Digital yang menyeluruh.

    “Ada banyak generasi muda dari negeri kita sendiri yang bekerja di BNI Innovation Hub Sarinah. Mereka tidak hanya memberikan terobosan inovasi produk, tapi juga melakukan transformasi budaya kerja, berkolaborasi melahirkan wondr by BNI,” kata Royke Tumilaar dalam keterangan tertulis, Kamis (26/12/2024).

    Tidak seperti ruang kerja Bank BUMN, interior Innovation Hub dibuat seperti ruang kerja di perusahaan startup. Dengan ruang yang luas dan tanpa sekat, para pegawai dapat leluasa bekerja di mana saja sehingga kolaborasi antar pegawai bisa berjalan dengan baik.

    Hasilnya, inovasi pegawai BNI yang berupa wondr by BNI berhasil diluncurkan pada 5 Juli 2024. Hingga saat ini, wondr by BNI telah diunduh lebih dari 5 juta pengguna, dengan pengguna aktif dua kali lebih banyak dari BNI Mobile Banking.

    Melalui transformasi yang telah dilakukan sejak 2021 dan dengan pengembangan digital yang cukup masif tahun ini, Royke optimistis BNI dapat menciptakan pertumbuhan kinerja yang berkelanjutan. Oleh karenanya, BNI akan terus melakukan inovasi melalui wondr by BNI terutama dalam menyasar pasar anak muda yang aktif dan dinamis.

    “Pengembangan Digital Platform terus dilakukan sebagai bagian dari upaya peningkatan customer experience dalam mendukung pertumbuhan dana murah atau CASA,” ungkap Royke.

    (prf/ega)

  • Tingkatkan Transparansi Keuangan, Bank DKI Dukung Digitalisasi Sistem Pembayaran PAM Jaya – Halaman all

    Tingkatkan Transparansi Keuangan, Bank DKI Dukung Digitalisasi Sistem Pembayaran PAM Jaya – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Bank DKI memberi dukungan digitalisasi sistem pembayaran PAM Jaya.  

    Hal ini untuk meningkatkan efisiensi operasional, transparansi keuangan, dan memberikan nilai tambah bagi pelanggan PAM Jaya, serta masyarakat Jakarta secara keseluruhan.

    Direktur Utama Bank DKI Agus H Widodo menyampaikan, sebagai BUMD, sinergi ini tidak hanya memperkuat hubungan antar perusahaan daerah, melainkan wujud dukungan program kerja Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

    “Khususnya langkah inovasi dalam menciptakan layanan publik yang lebih baik dan terintegrasi secara digital,” ujar Agus dalam siaran pers, Kamis (26/12/2024).

    Adapun kerja sama ini mencakup tiga inisiatif strategis, yaitu integrasi sistem keuangan host-to-host yang memungkinkan pengelolaan transaksi keuangan PAM Jaya secara digital untuk efisiensi dan keamanan, penerapan Virtual Account sebagai metode pembayaran tagihan air yang dapat diakses melalui aplikasi JakOne Mobile, ATM Bank DKI, dan kanal pembayaran lainnya, serta sistem penerimaan pembayaran tagihan air secara online melalui collection agent (Aggregator) untuk memberikan fleksibilitas dan kemudahan kepada pelanggan.

    “Kami meyakini dengan dukungan Bank DKI, PAM Jaya dapat memberikan layanan yang lebih transparan dan efisien kepada pelanggan. Kerja sama ini juga sejalan dengan komitmen kami dalam memberikan solusi inovatif yang mendukung pelayanan publik dan pengelolaan air minum yang lebih baik,” ungkap Direktur Utama PAM Jaya Arief Nasrudin.

    Sekretaris Perusahaan Bank DKI Arie Rinaldi menuturkan, sinergi ini merupakan langkah nyata dalam menghadirkan solusi pembayaran yang modern dan inklusif. Bank DKI berkomitmen untuk terus mendukung transformasi digital.

    “Tidak hanya untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan, tetapi juga sebagai wujud sinergi mendukung pertumbuhan ekosistem BUMD yang berkelanjutan,” tutur Arie.

    Kerja sama ini turut mencerminkan komitmen Bank DKI dalam membangun ekosistem BUMD yang terintegrasi secara finansial dan mendukung infrastruktur pelayanan publik di Jakarta.

    Sebelumnya, Bank DKI dan PAM Jaya telah bersinergi dalam pembukaan rekening, pembayaran gaji karyawan baru, pengelolaan rekening proyek, serta transaksi digital untuk pembayaran tagihan air melalui aplikasi JakOne Mobile dan ATM Bank DKI.

    Kerja sama ini menunjukkan upaya berkelanjutan kedua BUMD dalam memberikan pelayanan optimal dan mendukung pengembangan ekosistem BUMD di Jakarta.

  • Menkomdigi Meutya Hafid Perkenalkan Logo Baru Komdigi Gantikan Versi ‘Keong’

    Menkomdigi Meutya Hafid Perkenalkan Logo Baru Komdigi Gantikan Versi ‘Keong’

    Jakarta

    Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid mengubah logo Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi). Perubahan logo tersebut seiring dengan nomenklatur Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjadi Komdigi.

    Logo Komdigi terbaru ini menggantikan versi sebelumnya yang dimodifikasi dari keong yang merepresentasikan alat komunikasi yang digunakan masyarakat Indonesia timur. Adapun, logo terdahulu mengandung 3C, yakni communication infrastructure, communication information, dan communication content yang digunakan sejak 2014.

    Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET

    Di Kabinet Merah Putih, Komdigi telah memperkenalkan logo terbaru yang lebih modern dengan mengadaptasi siluet anyaman untuk menggambarkan kolaborasi hingga terciptanya inklusivitas. Dalam logo Komdigi ini juga terdapat abstraksi huruf C yang mewakili communication dan huruf D yang mewakili digital.

    Makna logo baru Komdigi juga agar kementerian ini dapat berperan sebagai penghubung dan perantara dalam menyampaikan pesan, baik kepada pemangku kepentingan maupun masyarakat luas.

    Logo Komdigi disahkan melalui Keputusan Menteri Komunikasi dan Digital Republik Indonesia Nomor 656 Tahun 2024 tentang Logo Kementerian Komunikasi dan Digital. Keputusan tersebut ditetapkan 23 Desember 2024 oleh Menkomdigi Meutya Hafid.

    Logo Kementerian Komdigi. Foto: Istimewa

    Di era Presiden Prabowo Subianto, Kominfo dirombak menjadi Komdigi untuk mempercepat transformasi digital di dalam negeri. Tak hanya penamaan dan logo, perombakan juga dilakukan di tingkat Eseleon I atau Direktorat Jenderal melalui Peraturan Presiden Nomor 174 Tahun 2024.

    Sebagai informasi, saat masih bernama Kominfo punya empat direktorat, yaitu Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika), Direktorat Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika (Ditjen PPI), Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI), dan Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Ditjen IKP).

    Seiring dengan perubahan Kominfo ke Komdigi, berubah pula direktorat dan fungsinya yang kini menjadi Direktorat Jenderal Infrastruktur Digital, Direktorat Jenderal Teknologi Pemerintah Digital, Direktorat Jenderal Ekosistem Digital, Direktorat Jenderal Pengawasan Ruang Digital, dan Direktorat Jenderal Komunikasi Publik dan Media.

    Untuk saat ini, pejabat Eselon I yang menduduki Direktorat Jenderal Komdigi, statusnya masih Pelaksana Tugas (Plt). Selain itu, di struktur organisasi Komdigi juga ada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) dan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) yang berperan membangun infrastruktur telekomunikasi dan ekosistem digital di pelosok Indonesia.

    Jajaran Pejabat Komdigi

    Menteri Komunikasi dan Digital : Meutya Viada Hafid
    Wakil Menteri Komunikasi dan Digital : Nezar Patria
    Wakil Menteri Komunikasi dan Digital : Angga Raka Prabowo

    Sekretaris Jenderal & Plt Dirjen Teknologi Pemerintah Digital : Mira Tayyiba
    Plt Dirjen Infrastruktur Digital : Ismail
    Plt Dirjen Ekosistem Digital : Wayan Toni Supriyanto
    Plt Dirjen Pengawasan Ruang Digital : Alexander Sabar
    Plt Dirjen Komunikasi Publik dan Media : Molly Prabawati Achari
    Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia : Hary Budiarto
    Inspektur Jenderal : Arief Tri Hardiyanto
    Direktur Utama Bakti : Fadhilah Mathar

    Staf Ahli Bidang Teknologi : Mochamad Hadiyana
    Staf Ahli Bidang Komunikasi dan Media Massa : Molly Prabawaty Achari
    Staf Ahli Bidang Sosial Ekonomi dan Budaya : Raden Wijaya Kusumawardhana
    Staf Ahli Bidang Hukum : Robinson Hasoloan Sinaga

    (agt/rns)

  • Tutup Tahun 2024, Pupuk Kaltim Capai Target Produksi Pupuk Lebih dari 100%

    Tutup Tahun 2024, Pupuk Kaltim Capai Target Produksi Pupuk Lebih dari 100%

    Bontang, Beritasatu.com – Menutup tahun 2024, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) kembali mencatatkan pencapaian luar biasa dalam memenuhi kebutuhan pupuk nasional, sejalan dengan target pemerintah dalam Asta Cita untuk mewujudkan swasembada pangan. Menandai keberhasilan ini, Pupuk Kaltim kembali mengadakan acara pengantongan terakhir di area gudang Pupuk Kaltim di Bontang, Kalimantan Timur. Hingga 22 Desember 2024, Pupuk Kaltim berhasil mencapai total produksi pupuk urea sebesar 3.321.969 ton, pupuk NPK sebesar 282.183 ton, amoniak sebesar 2.691.912 ton, dan amoniak DDJ sebesar 763.477 ton. 

    Direktur Utama Pupuk Kaltim Budi Wahju Soesilo, dalam keterangan persnya, menyatakan bahwa pencapaian ini merupakan hasil kerja keras seluruh insan perusahaan dalam memastikan stabilitas produksi. 

    “Kami sampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh karyawan dan insan Pupuk Kaltim, mengingat keberhasilan ini tidak akan tercapai tanpa kerja keras, dedikasi serta komitmen kita semua,” kata Soesilo. 

    Seremonial penandatanganan karung produksi akhir tahun 2024 oleh Direktur Utama Pupuk Kaltim, Budi Wahju Soesilo di area gudang Pupuk Kaltim di Bontang, Kalimantan Timur pada Selasa 24 Desember 2024 menandai berakhirnya produksi tahun 2024. – (Pupuk Kaltim/Istimewa)

    Melihat ke tahun 2025, Pupuk Kaltim optimistis untuk melanjutkan momentum positif ini dengan semangat inovasi dan transformasi digital. 

    “Tahun 2025 adalah momentum untuk melanjutkan perjalanan dengan lebih semangat. Tidak hanya pada peningkatan produksi, tetapi juga transformasi digital dan inovasi teknologi,” ujar Soesilo. 

    Dengan visi tersebut, Pupuk Kaltim berharap terus menjadi yang terdepan dalam mendukung ketahanan pangan nasional dan memberikan dampak positif bagi masyarakat, negara, dan lingkungan.