Topik: transformasi digital

  • Begini Cara Komdigi Melawan Praktik Judol

    Begini Cara Komdigi Melawan Praktik Judol

    Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) menegaskan berkomitmen memerangi aktivitas judi online (judol) yang kian marak di era transformasi digital. Aktivitas judol adalah musuh bersama dan harus diberantas hingga akar-akarnya.

    Hal ini disampaikan Wakil Menteri Komdigi Nezar Patria saat menghadiri Komdigi 5K Fun Run bertema ‘Lari dari Judol’ di kawasan Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Nezar menyampaikan fakta mencengangkan tentang fenomena judol harus diperangi.

    “Saat ini, terdapat empat juta orang pemakai internet di Indonesia yang bermain judol setiap harinya, termasuk 80 ribu di antaranya adalah anak-anak,” ujar Nezar, Jakarta, Minggu, 29 Desember 2024.

    Dia menegaskan aktivitas judol merupakan masalah besar dan musuh bersama. Sebab, judol memiliki dampak negatif bagi masyarakat maupun negara.
     

    Nezar menyoroti nilai transaksi dari aktivitas judol yang telah mencapai angka fantastis, yaitu hampir Rp900 triliun berdasarkan data dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Hingga Desember 2024, Komdigi telah menurunkan lebih dari 5,5 juta konten.

    “Bayangkan, uang sebesar itu seharusnya bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang lebih produktif dan bermanfaat bagi rakyat. Namun, uang tersebut tersedot ke dalam permainan yang merugikan,” tegas dia.

    Nezar menekankan pentingnya kolaborasi antara masyarakat dan pemerintah dalam melawan praktik dan aktivitas judol. Komdigi akan mengambil langkah tegas, termasuk meningkatkan edukasi publik mengenai dampak negatif judol. 

    Nezar juga mengimbau masyarakat aktif saling mengingatkan kepada keluarga, kerabat, maupun lingkungan sekitar.
    Menyemai Semangat Anti-Judol
    Komdigi 5K Fun Run digelar sebagai salah satu langkah inovatif untuk menyatukan tekad dan membangun kolaborasi lintas sektor memberantas judol. Kegiatan yang diikuti sekitar 800 peserta tersebut menjadi rangkaian dari kampanye edukasi dan olahraga oleh Kemkomdigi bertajuk ‘Lari dari Judol’ yang telah digelar sejak 27 Desember 2024. 

    Peserta berasal dari berbagai latar belakang, termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN), pekerja swasta, hingga wartawan media nasional. Mengenakan kaos biru, mereka tampak antusias sejak pagi di kawasan GBK.

    “Kami harap semangat dari kegiatan ini menjadi pengingat bagi kita semua untuk terus bergandeng tangan memberantas judol dengan semangat yang menyala-nyala,” ujar Nezar.

    Sementara itu, Direktur Informasi dan Komunikasi Politik, Hukum, dan Keamanan Komdigi, Marroli Jeni Indarto, mengingatkan generasi muda agar selalu mewaspadai jebakan judol. Sebab, judol banyak menyasar anak muda dengan iming-iming kemenangan cepat.

    “Padahal, yang mereka lawan adalah algoritma, sehingga sangat mustahil untuk menang,” ujar dia.
     

    Acara yang turut dihadiri sejumlah pejabat Kemkomdigi ini, seperti Plt. Dirjen Ekosistem Digital Wayan Toni Supriyanto, Plt. Dirjen KPM Molly Prabawaty, dan Irjen Komdigi Tri Hardiyanto, menjadi momentum untuk menyongsong 2025 dengan tekad baru.

    Dengan langkah nyata seperti Komdigi 5K Fun Run, Komdigi berharap dapat menyebarkan pesan kuat, judi online bukan sekadar permainan, tetapi ancaman serius yang harus dilawan bersama-sama.

    “Mari kita songsong tahun baru dengan semangat menyala untuk memberantas judol. Selamat berlari dan menikmati pagi ini,” ujar Nezar.

    Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) menegaskan berkomitmen memerangi aktivitas judi online (judol) yang kian marak di era transformasi digital. Aktivitas judol adalah musuh bersama dan harus diberantas hingga akar-akarnya.
     
    Hal ini disampaikan Wakil Menteri Komdigi Nezar Patria saat menghadiri Komdigi 5K Fun Run bertema ‘Lari dari Judol’ di kawasan Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Nezar menyampaikan fakta mencengangkan tentang fenomena judol harus diperangi.
     
    “Saat ini, terdapat empat juta orang pemakai internet di Indonesia yang bermain judol setiap harinya, termasuk 80 ribu di antaranya adalah anak-anak,” ujar Nezar, Jakarta, Minggu, 29 Desember 2024.
    Dia menegaskan aktivitas judol merupakan masalah besar dan musuh bersama. Sebab, judol memiliki dampak negatif bagi masyarakat maupun negara.
     

    Nezar menyoroti nilai transaksi dari aktivitas judol yang telah mencapai angka fantastis, yaitu hampir Rp900 triliun berdasarkan data dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Hingga Desember 2024, Komdigi telah menurunkan lebih dari 5,5 juta konten.
     
    “Bayangkan, uang sebesar itu seharusnya bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang lebih produktif dan bermanfaat bagi rakyat. Namun, uang tersebut tersedot ke dalam permainan yang merugikan,” tegas dia.
     
    Nezar menekankan pentingnya kolaborasi antara masyarakat dan pemerintah dalam melawan praktik dan aktivitas judol. Komdigi akan mengambil langkah tegas, termasuk meningkatkan edukasi publik mengenai dampak negatif judol. 
     
    Nezar juga mengimbau masyarakat aktif saling mengingatkan kepada keluarga, kerabat, maupun lingkungan sekitar.
    Menyemai Semangat Anti-Judol
    Komdigi 5K Fun Run digelar sebagai salah satu langkah inovatif untuk menyatukan tekad dan membangun kolaborasi lintas sektor memberantas judol. Kegiatan yang diikuti sekitar 800 peserta tersebut menjadi rangkaian dari kampanye edukasi dan olahraga oleh Kemkomdigi bertajuk ‘Lari dari Judol’ yang telah digelar sejak 27 Desember 2024. 
     
    Peserta berasal dari berbagai latar belakang, termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN), pekerja swasta, hingga wartawan media nasional. Mengenakan kaos biru, mereka tampak antusias sejak pagi di kawasan GBK.
     
    “Kami harap semangat dari kegiatan ini menjadi pengingat bagi kita semua untuk terus bergandeng tangan memberantas judol dengan semangat yang menyala-nyala,” ujar Nezar.
     
    Sementara itu, Direktur Informasi dan Komunikasi Politik, Hukum, dan Keamanan Komdigi, Marroli Jeni Indarto, mengingatkan generasi muda agar selalu mewaspadai jebakan judol. Sebab, judol banyak menyasar anak muda dengan iming-iming kemenangan cepat.
     
    “Padahal, yang mereka lawan adalah algoritma, sehingga sangat mustahil untuk menang,” ujar dia.
     

    Acara yang turut dihadiri sejumlah pejabat Kemkomdigi ini, seperti Plt. Dirjen Ekosistem Digital Wayan Toni Supriyanto, Plt. Dirjen KPM Molly Prabawaty, dan Irjen Komdigi Tri Hardiyanto, menjadi momentum untuk menyongsong 2025 dengan tekad baru.
     
    Dengan langkah nyata seperti Komdigi 5K Fun Run, Komdigi berharap dapat menyebarkan pesan kuat, judi online bukan sekadar permainan, tetapi ancaman serius yang harus dilawan bersama-sama.
     
    “Mari kita songsong tahun baru dengan semangat menyala untuk memberantas judol. Selamat berlari dan menikmati pagi ini,” ujar Nezar.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (AZF)

  • Begini Cara ?Mempercepat Akselerasi Transformasi Digital di Indonesia

    Begini Cara ?Mempercepat Akselerasi Transformasi Digital di Indonesia

    Jakarta: NTT DATA Business Solutions Indonesia berupaya maksimal untuk menjadi penggerak utama dalam rangka mempercepat akselerasi transformasi digital di Indonesia.
     
    Dengan peta jalan strategis yang terstruktur, perusahaan menawarkan dukungan penuh melalui program kemitraan kepada pelaku bisnis untuk melakukan inovasi berbasis teknologi guna mendukung pertumbuhan berkelanjutan. Tercatat pada 2024, NTT Data Business Solutions Indonesia mengalami pertumbuhan klien yang sangat signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
     
    Hal ini, menunjukkan tingginya kepercayaan kepada perusahaan atas solusi teknologi yang ditawarkan dan memenuhi strategi digital transformasi yang dimiliki klien. Berbagai solusi yang ditawarkan NTT Data Business Solutions Indonesia, berbasis teknologi canggih dengan fokus kepada digitalisasi proses dan Artificial Intelligence (AI).
    Solusi tersebut berhasil menjadi katalisator utama dalam berbagai lini kegiatan untuk membantu perusahaan menjalankan strategi perusahaan dalam mencapai tujuan-tujuan, meliputi:

    Profitalibity: Fokus pada inovasi dan peningkatan bisnis proses yang berkelanjutan untuk menghasilkan kualitas produk dan jasa yang lebih kompetitif sehingga menghasilkan profit yang optimal.
    Productivity: Optimalisasi sumber daya dan penyelesaian pekerjaan yang lebih akurat dan cepat sehingga menghasilkan tingkat produktiftas yang maksimal.
    Efficiency: Proses transformasi digital yang diterapkan memungkinkan efisiensi operasional yang lebih tinggi dan pengurangan risiko kesalahan.
    Decision making: Penyediaan data terkini melalui dashboard yang terintegrasi, sehingga mendukung pengambilan keputusan berbasis data yang cepat dan akurat.
    Business growth: Memastikan bisnis siap menghadapi tantangan baru dan pertumbuhan jangka panjang dan berkelanjutan.

     

    Transformasi digital untuk Indonesia 4.0

    Transformasi digital yang diusung NTT DATA Business Solutions Indonesia sejalan dengan visi pemerintah melalui Program Making Indonesia 4.0 dan Peta Jalan Transformasi Digital Nasional. Beberapa inisiatif utama NTT Data Business Solutions Indonesia yang mendukung giat program pemerintah, ditargetkan mampu mengembangkan ekosistem teknologi yang ramah lingkungan, dan menciptakan solusi masa depan berbasis kecerdasan, meliputi:

    Digital Transformation: Consulting, IT Planning and Roadmap. Membantu perusahaan merancang strategi transformasi digital dengan peta jalan yang komprehensif untuk mencapai tujuan bisnis secara efektif.
    Intelligent Enterprise: Software as a Service. Menyediakan solusi berbasis teknologi terkini untuk pengelolaan data secara real-time, sehingga mendukung keputusan strategis yang lebih cepat dan akurat.
    Technology: Cloud Computing, Digital Platform and Generative AI. Mengintegrasikan teknologi cloud untuk meningkatkan fleksibilitas operasional dan mendorong inovasi yang berkelanjutan.

    “Visi kami lebih dari sekadar transformasi digital; kami ingin menjadi mitra strategis dalam perjalanan jangka panjang digitalisasi klien-klien kami untuk mencapai pertumbuhan berkelanjutan,” ujar Managing Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, Hafferson Manurung, dalam keterangan tertulis, Minggu, 29 Desember 2024.
     
    NTT DATA Business Solutions Indonesia meyakini digitalisasi bukan sekadar penerapan teknologi, melainkan upaya menciptakan inovasi nyata dan nilai tambah dan pembeda bagi bisnis. Berbagai solusi teknologi yang ditawarkan NTT DATA Business Solutions tidak hanya menjanjikan profit dan efisiensi, tetapi juga mendorong inovasi.
     
    Teknologi seperti cloud computing, digital platform dan Generative AI terbukti mampu membuat pengembangan layanan dan produk yang lebih baik sehingga mampu meningkatkan daya saing masing-masing perusahaan.
     
    Adanya tekonologi yang digunakan, memberikan dampak nyata bagi perusahaan di antaranya produktivitas yang lebih tinggi, alur kerja optimal, peningkatan kepuasan pelanggan, hingga mampu mendorong pertumbuhan dan inovasi bisnis di era digital.
     
    NTT DATA Business Solutions Indonesia fokus membantu klien pada solusi Intelligent Enterprise, ERP (Enterprise Resource Planning). Penerapan teknologi ini, telah mewujudkan integrasi semua sumber daya di lingkup perusahaan, yaitu keuangan, tenaga kerja, rantai pasokan serta penjualan sampai dengan pemeliharaan aset.
     
    NTT Data Business Solutions Indonesia juga menawarkan solusi yang telah dikustomisasi dengan berbagai sektor industri klien, seperti oil & gas, pertambangan, real estate & properti, transportasi & logistik, manufaktur, jasa, keuangan, guna memastikan relevansi dan dampak maksimal bagi masing-masing sektor.
     
    Talenta kompetitif dan berdaya saing tinggi

    Pencapaian NTT DATA Business Solutions Indonesia tak lepas dari komitmen perusahaan menghadirkan pelatihan intensif dan lingkungan yang kondusif untuk menciptakan talenta yang kompetitif, inovatif dan siap menghadapi tantangan di era digital.
     
    Hal ini menghasilkan kualitas tim yang andal dan mampu memenuhi kebutuhan bisnis yang dinamis, sehingga membuat seluruh klien mempercayakan kebutuhannya kepada NTT Data Business Solutions Indonesia.
     
    Berbagai bukti nyata keandalan tim telah terwujud melalui kolaborasi sukses dengan perusahaan-perusahaan besar di sektor real estate & properti, transportasi & logistik, pertambangan serta oil & gas dan berbagai industri lainnya yang telah menghasilkan solusi strategis untuk mendukung profitabilitas, produktifitas, efisiensi, pengambilan keputusan yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan.
     
    Menyambut 2025, NTT DATA Business Solutions Indonesia menargetkan akan memperluas layanan Intelligent Enterprise dan memperkenalkan teknologi terbaru, serta solusi digital inovatif lainnya.
     
    Dengan fokus pada pengembangan teknologi terkini seperti cloud computing, digital platform, artificial intelligence, perusahaan siap mewujudkan masa depan yang lebih adaptif dan mendorong kualitas sumber daya manusia berdaya saing tinggi dengan berbagai upaya akselerasi transformasi digital.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (AHL)

  • Gelar 5K Fun Run, Komdigi Kolaborasi Lintas Sektor Berantas Judol

    Gelar 5K Fun Run, Komdigi Kolaborasi Lintas Sektor Berantas Judol

    loading…

    Komdigi 5K Fun Run bertema Lari dari Judol di kawasan Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (29/12/2024). FOTO/IST

    JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Digital (Kemkomdigi) kembali menegaskan komitmennya memerangi aktivitas judi online ( judol ) yang kian marak di era transformasi digital. Aktivitas judol adalah musuh bersama dan harus diberantas hingga akar-akarnya.

    Demikian diungkap Wakil Menteri Komdigi Nezar Patria saat menghadiri Komdigi 5K Fun Run bertema Lari dari Judol di kawasan Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (29/12/2024). Pada kesempatan tersebut Nezar menyampaikan fakta mencengangkan tentang fenomena judol maka harus diperangi.

    “Saat ini, terdapat empat juta orang pemakai internet di Indonesia yang bermain judol setiap harinya, termasuk 80 ribu di antaranya adalah anak-anak,” kata Nezar.

    Aktivitas judol, lanjutnya, adalah masalah besar dan musuh bersama karena dampak negatif, baik bagi masyarakat maupun negara. Nezar pun menyoroti nilai transaksi dari aktivitas judol yang telah mencapai angka fantastis, yaitu hampir Rp900 triliun berdasarkan data dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Hingga Desember 2024, Kemkomdigi pun telah menurunkan lebih dari 5,5 juta konten.

    “Bayangkan, uang sebesar itu seharusnya bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang lebih produktif dan bermanfaat bagi rakyat. Namun, uang tersebut tersedot ke dalam permainan yang merugikan,” katanya.

    Maka itu, Nezar menekankan pentingnya kolaborasi antara masyarakat dan pemerintah dalam melawan praktik dan aktivitas judol. Kemkomdigi dikatakannya akan terus mengambil langkah tegas, termasuk meningkatkan edukasi publik mengenai dampak negatif judol. Nezar pun mengimbau agar masyarakat aktif saling mengingatkan kepada keluarga, kerabat, maupun lingkungan sekitar.

    Komdigi 5K Fun Run Semai Semangat Anti-JudolKomdigi 5K Fun Run digelar sebagai salah satu langkah inovatif untuk menyatukan tekad dan membangun kolaborasi lintas sektor memberantas judol. Kegiatan yang diikuti sekitar 800 peserta tersebut menjadi rangkaian dari kampanye edukasi dan olahraga oleh Kemkomdigi bertajuk “Lari dari Judol” yang telah digelar sejak 27 Desember 2024.

    Peserta berasal dari berbagai latar belakang, termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN), pekerja swasta, hingga wartawan media nasional. Mengenakan kaos biru, mereka tampak antusias sejak pagi di kawasan GBK. Selain lari, acara ini juga menyediakan hiburan seperti panggung musik, photo booth, cek kesehatan, serta fasilitas lainnya untuk menambah semarak kegiatan.

    “Kami harap semangat dari kegiatan ini menjadi pengingat bagi kita semua untuk terus bergandeng tangan memberantas judol dengan semangat yang menyala-nyala,” ujar Nezar.

    Sementara itu, Direktur Informasi dan Komunikasi Politik, Hukum, dan Keamanan Kemkomdigi, Marroli Jeni Indarto, pada kesempatan yang sama turut mengingatkan generasi muda agar selalu mewaspadai jebakan judol.

    “Judol banyak menyasar anak muda dengan iming-iming kemenangan cepat. Padahal, yang mereka lawan adalah algoritma, sehingga sangat mustahil untuk menang,” ujarnya.

    Acara ini turut dihadiri sejumlah pejabat Kemkomdigi antara Plt Dirjen Ekosistem Digital Wayan Toni Supriyanto, Plt Dirjen KPM Molly Prabawaty, dan Irjen Komdigi Tri Hardiyanto, menjadi momentum untuk menyongsong 2.025 dengan tekad baru.

    Dengan langkah nyata seperti Komdigi 5K Fun Run, Kemkomdigi berharap dapat menyebarkan pesan kuat: judi online bukan sekadar permainan, tetapi ancaman serius yang harus dilawan bersama-sama.

    “Mari kita songsong tahun baru dengan semangat menyala untuk memberantas judol. Selamat berlari dan menikmati pagi ini,” tutup Nezar.

    (abd)

  • Kemenkomdigi Gelar Fun Run Kampanyekan Pemberantasan Judol

    Kemenkomdigi Gelar Fun Run Kampanyekan Pemberantasan Judol

    Kemenkomdigi Gelar Fun Run Kampanyekan Pemberantasan Judol
    Tim Redaksi
    KOMPAS.com

    Kementerian Komunikasi dan Digital
    (
    Kemenkomdigi
    ) menggelar “Komdigi 5K Fun Run” dengan tema “Lari dari Judol” di kawasan Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (29/12/2024).
    Wakil Menteri Komdigi
    Nezar Patria
    menyampaikan, kegiatan tersebut menjadi momentum untuk memperkuat kolaborasi dalam memberantas
    judi
    online
    (judol) yang kian marak di era transformasi digital.
    Berdasarkan data yang dihimpun Kemenkomdigi, terdapat 4 juta pengguna internet di Indonesia yang bermain judol setiap hari. Dari jumlah tersebut, 80.000 di antaranya adalah anak-anak.
    “Saat ini, judol menjadi masalah serius yang harus kita perangi bersama karena dampak negatifnya, baik bagi masyarakat maupun negara,” kata Nezar dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu.
    Menurut data Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), nilai transaksi dari aktivitas judol telah mencapai hampir Rp 900 triliun.
    Nezar menyayangkan besarnya nilai transaksi tersebut karena seharusnya bisa dimanfaatkan untuk hal yang lebih produktif dan bermanfaat bagi masyarakat.
    “Bayangkan, uang sebesar itu tersedot ke dalam permainan yang merugikan,” ujarnya.
    Hingga Desember 2024, Kemenkomdigi telah menurunkan lebih dari 5,5 juta konten terkait judol. Namun, Nezar menekankan bahwa pemberantasan judol membutuhkan kolaborasi antara masyarakat dan pemerintah.
    Untuk itu, Kemenkomdigi berkomitmen meningkatkan edukasi publik mengenai dampak negatif judol. Nezar juga mengimbau masyarakat untuk aktif saling mengingatkan kepada keluarga, kerabat, serta lingkungan sekitar.
    Komdigi 5K Fun Run sendiri digelar sebagai langkah inovatif untuk menyatukan tekad dan membangun kolaborasi lintas sektor dalam memberantas judol.
    “Kami berharap, semangat dari kegiatan ini menjadi pengingat bagi semua orang untuk terus bergandeng tangan memberantas judol dengan semangat yang menyala-nyala,” ujar Nezar.
    Direktur Informasi dan Komunikasi Politik, Hukum, dan Keamanan Kemenkomdigi Marroli Jeni Indarto mengingatkan generasi muda untuk mewaspadai modus penipuan judol.
    Menurutnya, judol kerap menyasar anak muda dengan iming-iming kemenangan cepat, padahal yang dilawan adalah algoritma sehingga mustahil untuk menang.
    Sekitar 800 peserta dari berbagai latar belakang, mulai dari
    Aparatur Sipil Negara
    (ASN), pekerja swasta, hingga wartawan media nasional turut meramaikan kegiatan lari tersebut. Para peserta yang mengenakan kaos biru tampak antusias sejak pagi.
    Kegiatan yang menjadi bagian dari rangkaian kampanye edukasi dan olahraga bertajuk “Lari dari Judol” sejak Jumat (27/12/2024) ini juga menyediakan hiburan, seperti panggung musik, photo booth, dan fasilitas cek kesehatan.
    Acara itu juga turut dihadiri sejumlah pejabat Kemenkomdigi, seperti Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal (Dirjen) Ekosistem Digital Kemenkomdigi Wayan Toni Supriyanto, Plt Dirjen Komunikasi Publik dan Media (KPM) Kemenkomdigi Molly Prabawaty, dan Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenkomdigi Tri Hardiyanto. Mereka kompak menegaskan bahwa judol bukan sekadar permainan, melainkan ancaman serius yang harus dilawan bersama.
    “Mari songsong tahun baru dengan semangat menyala untuk memberantas judol. Selamat berlari dan menikmati pagi ini,” ucap Nezar.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • NTT Data berkomitmen akselerasi transformasi digital di Indonesia

    NTT Data berkomitmen akselerasi transformasi digital di Indonesia

    kami ingin menjadi mitra strategis dalam perjalanan jangka panjang digitalisasi klien-klien kami untuk mencapai pertumbuhan berkelanjutan

    Jakarta (ANTARA) – Penyedia jasa layanan bisnis digital dan teknologi informasi, NTT Data Business Solutions Indonesia menyatakan komitmennya untuk berkontribusi mempercepat akselerasi transformasi digital di Tanah Air.

    Managing Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, Hafferson Manurung dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu, mengatakan dengan peta jalan strategis yang terstruktur, perusahaannya menawarkan dukungan penuh melalui program kemitraan kepada pelaku bisnis untuk melakukan inovasi berbasis teknologi guna mendukung pertumbuhan berkelanjutan.

    Pada tahun 2024 ini, lanjut dia, NTT Data Business Solutions Indonesia berhasil mengalami pertumbuhan jumlah klien yang signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

    “Hal ini, menunjukkan tingginya kepercayaan kepada perusahaan atas solusi teknologi yang ditawarkan dan memenuhi strategi digital transformasi yang dimiliki klien,” ujarnya.

    Berbagai solusi yang ditawarkan NTT Data Business Solutions Indonesia, berbasis teknologi canggih dengan fokus kepada digitalisasi proses dan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

    Solusi tersebut berhasil menjadi katalisator utama dalam berbagai lini kegiatan untuk membantu perusahaan menjalankan strategi perusahaan dalam mencapai sejumlah tujuan.

    “Visi kami lebih dari sekadar transformasi digital, kami ingin menjadi mitra strategis dalam perjalanan jangka panjang digitalisasi klien-klien kami untuk mencapai pertumbuhan berkelanjutan,” ujar Hafferson.

    Dia meyakini digitalisasi bukan sekadar penerapan teknologi, melainkan upaya menciptakan inovasi nyata dan nilai tambah dan pembeda bagi bisnis. Berbagai solusi teknologi yang ditawarkan NTT Data Business Solutions tidak hanya menjanjikan profit dan efisiensi, tetapi juga mendorong inovasi.

    Teknologi seperti cloud computing, digital platform, dan generative AI, lanjut dia, terbukti mampu membuat pengembangan layanan dan produk yang lebih baik, sehingga mampu meningkatkan daya saing masing-masing perusahaan.

    “Adanya teknologi yang digunakan, memberikan dampak nyata bagi perusahaan diantaranya produktivitas yang lebih tinggi, alur kerja optimal, peningkatan kepuasan pelanggan, hingga mampu mendorong pertumbuhan dan inovasi bisnis di era digital,” kata dia.

    NTT Data Business Solutions Indonesia fokus membantu klien pada solusi Intelligent Enterprise dan Enterprise Resource Planning (ERP). Penerapan teknologi ini, telah mewujudkan integrasi semua sumber daya di lingkup perusahaan, yaitu keuangan, tenaga kerja, rantai pasokan serta penjualan sampai dengan pemeliharaan aset.

    Perusahaannya juga menawarkan solusi yang telah dilakukan kustomisasi dengan berbagai sektor industri klien, seperti minyak dan gas, pertambangan, real estate dan properti, transportasi dan logistik, manufaktur, jasa, keuangan, guna memastikan relevansi dan dampak maksimal bagi masing-masing sektor.

    Menyambut tahun 2025, kata Hafferson, NTT Data Business Solutions Indonesia menargetkan akan memperluas layanan Intelligent Enterprise dan memperkenalkan teknologi terbaru, serta solusi digital inovatif lainnya, seperti profitabilitas, produktivitas, efisiensi, pengambilan keputusan, dan pertumbuhan bisnis.

    Dia menambahkan, transformasi digital yang diusung perusahaannya pun sejalan dengan visi pemerintah di bidang digital melalui Program Making Indonesia 4.0 dan Peta Jalan Transformasi Digital Nasional.

    Pewarta: Syaiful Hakim
    Editor: Ganet Dirgantara
    Copyright © ANTARA 2024

  • Cek Keandalan Listrik, Wamen BUMN Tinjau Sistem Monitoring Digital PLN

    Cek Keandalan Listrik, Wamen BUMN Tinjau Sistem Monitoring Digital PLN

    Jakarta, CNBC Indonesia – Wakil Menteri (Wamen) BUMN Kartika Wirjoatmodjo bersama Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo memonitor secara langsung operasi sistem kelistrikan Jawa Madura dan Bali (Jamali) di PLN Unit Induk Pusat Pengatur Beban (UIP2B) Gandul, Depok pada Jumat (27/12). Agenda ini dilakukan dalam rangka memastikan sistem digital PLN berjalan optimal dalam melayani masyarakat selama perayaan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru).

    Wamen Tiko pun mengapresiasi keberhasilan digitalisasi PLN dalam menjamin ketersediaan dan keandalan pasokan listrik di seluruh wilayah Indonesia. Transformasi digital di PLN terbukti meningkatkan efisiensi dan keandalan layanan listrik secara signifikan. Hingga November 2024, durasi padam atau SAIDI (System Average Interuption Duration Index) menurun 15,6% dan frekuensi padam atau SAIFI (System Average Interuption Frequency Index) berkurang 30,44% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

    “Kami tadi (sudah) melihat kontrol sistemnya, (untuk) memastikan bahwa pasokan listrik untuk Nataru baik. Untuk itu saya mengapresiasi kerja keras yang dilakukan oleh jajaran Direksi dan para insan PLN sebagai ujung tombak ketahanan energi,” ujar Wamen Tiko di Control Room PLN UIP2B Jamali, Sabtu, (28/12/2024).

    Ia pun optimistis PLN ke depan akan terus sehat baik dari sisi kinerja operasional maupun keuangan. Ia menegaskan Kementerian BUMN akan terus memastikan kesehatan korporasi PLN dalam mendukung berbagai penugasan Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang diamanahkan kepada PLN.

    Termasuk juga mendukung PLN dalam upayanya meningkatkan bauran energi baru terbarukan (EBT) pada Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2025-2034 yang akan difinalisasi di Bulan Januari tahun 2025.

    “Kami memastikan juga bahwa kondisi PLN sehat, dengan kemampuan keuangan yang baik, dan tentu dengan kemampuan keuangan yang baik bisa membangun kapasitas EBT baru dan men-deliver listrik secara sustainable kepada masyarakat,” lanjut Tiko.

    Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan selama empat tahun terakhir, PLN terus melakukan transformasi perusahaan berbasis digital, seluruh proses bisnis PLN yang dulunya dilakukan secara manual, kini telah terdigitalisasi. Digitalisasi di sisi sistem kelistrikan terbukti mampu meningkatkan keandalan pasokan listrik dan di saat bersamaan meningkatkan efisiensi.

    “Transformasi digital di PLN telah meningkatkan efisiensi dan keandalan layanan listrik secara signifikan. Melalui integrasi teknologi canggih dan optimalisasi jaringan, kami berhasil menekan durasi dan frekuensi pemadaman listrik secara signifikan. Ini bukti nyata dari komitmen kami untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggan dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional,” tegas Darmawan.

    Keberhasilan penerapan sistem digital ini tercermin dari penurunan SAIDI dan SAIFI secara konstan dari tahun ke tahun semenjak dilakukan transformasi perusahaan di tahun 2020. Sejak tahun 2020 sampai dengan November 2024, PLN telah berhasil menurunkan SAIDI sebesar 62,57% dan juga SAIFI sebesar 67,89%.

    “PLN juga terus memastikan kesiapan infrastruktur kelistrikan di berbagai wilayah melalui pemantauan berbasis teknologi digital yang terintegrasi. Sistem ini memungkinkan pengawasan real-time terhadap distribusi daya, deteksi dini potensi gangguan, serta optimalisasi pengaturan beban di setiap titik jaringan,” tambahnya.

    Sedangkan dari sisi kesiapan pasokan listrik pada periode Nataru 2024 ini, PLN beban puncak mencapai sekitar 39 gigawatt (GW). Dengan daya mampu sebesar 53 GW, maka masih terdapat cadangan daya yang mumpuni sebesar 14 GW.

    Selain itu, sebelumnya PLN juga telah menyiapkan 4.336 posko siaga dengan dukungan 81.591 personel yang siap siaga di seluruh Indonesia. Posko ini bertujuan untuk merespons cepat segala potensi gangguan kelistrikan yang mungkin terjadi selama periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    “Dengan pendekatan digitalisasi, PLN tidak hanya meningkatkan responsivitas dalam menangani gangguan tetapi juga menjaga stabilitas pasokan listrik di tengah tingginya permintaan selama periode Natal dan Tahun Baru,” kata Darmawan.

    Lebih lanjut, PLN berkomitmen untuk terus meningkatkan investasi di bidang teknologi digital dan sumber daya manusia sebagai pilar utama dalam mendukung transformasi sistem kelistrikan di Indonesia. Dengan strategi ini, PLN optimistis dapat mewujudkan sistem kelistrikan yang andal, efisien, dan berkelanjutan, sejalan dengan target transisi energi nasional menuju bauran energi bersih yang lebih besar di masa depan.

    “Melalui sinergi antara pemerintah, PLN, dan seluruh pemangku kepentingan, diharapkan layanan listrik yang berkualitas dapat mendukung pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia,” tutup Darmawan.

    (dpu/dpu)

  • Devoteam Jadi Gen AI Specialist Global, Dorong Transformasi Digital

    Devoteam Jadi Gen AI Specialist Global, Dorong Transformasi Digital

    Jakarta

    Devoteam, perusahaan konsultan IT mengantongi predikat spesialis kecerdasan buatan generatif (Gen AI Specialist) secara global. Mereka yang mencapai spesialisasi Generative AI dianggap telah menunjukkan keahlian dan efisiensi dalam membantu pelanggan merencanakan, menerapkan, dan mengelola proyek AI generatif.

    Merayakan berbagai kesuksesan yang diraih Devoteam dalam mendorong transformasi digital, Devoteam pun menggelar Customer Appreciation Night, 13 Desember 2024, di Satoo Garden, Shangri-La Jakarta.

    “Kami berharap dengan terselenggaranya event ini dapat mempererat hubungan baik antara Devoteam Indonesia dengan para customer, serta menjadi momentum untuk bersama-sama melangkah mewujudkan transformasi digital,” ungkap Hendrawan Deny Ardiyatman Country Director Devoteam Indonesia,

    Lebih lanjut, Devoteam berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan demi kepuasan para customer. Devoteam sendiri diketahui membangun kerja sama dengan beragam sektor industri, mulai Telkomsel, Erajaya, Bluebird, Smartfren, hingga Perumda Pasar Jaya.

    Fanly Tanto Country Director Google Cloud Indonesia juga turut hadir. Fanly mengungkapkan bahwa Asia Pacific (APAC) merupakan area yang optimistis dalam inovasi AI, untuk mengakselerasi penciptaan pengalaman dan produk.

    Berdasarkan data Google Cloud, penggunaan AI secara global paling tinggi adalah di area APAC dan Afrika. Frekuensi pemakaian paling tinggi diraih oleh India dan Indonesia.

    Dalam acara apresiasi itu, Devoteam mengadakan sharing session. Acara itu diisi oleh Sai Prasad Kolluri CTO Google Cloud Indonesia, Donatus Krezyantody GM Intelligent Automation CoE Telkomsel, dan Ari Pratiwi, Division Head IT Strategy & Architecture BNI.

    Di acara tersebut, ada juga pengumuman pemenang penghargaan. Devoteam menyiapkan enam kategori penghargaan bergengsi seperti ‘Community Impact of The Year 2024’, ‘Best AI Implementation of The Year 2024’, hingga ‘Best Digital Transformation for The Year 2024’.

    (ask/ask)

  • Perkuat Pasar Finansial Lewat AI, Octa Beberkan Proyeksi 2025

    Perkuat Pasar Finansial Lewat AI, Octa Beberkan Proyeksi 2025

    Jakarta, CNBC Indonesia – Tahun 2025 diperkirakan akan menjadi tahun peningkatan adopsi teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), termasuk dalam dunia trading. Hal ini sejalan dengan temuan terbaru PwC bahwa tahun depan AI akan mengalami kemajuan signifikan dari sisi kualitas, akurasi, kapabilitas, dan otomatisasi sehingga mempercepat pertumbuhan teknologi tersebut secara eksponensial.

    Korporasi dan trader retail diharapkan dapat mempercepat penerapan AI untuk meningkatkan produktivitas sekaligus memitigasi risiko ketergantungan yang berlebihan terhadap algoritma.

    Lantas, kali ini Octa sebagai broker dengan lisensi yang diakui secara global akan berbagi wawasan tentang bagaimana AI dalam trading akan berkembang pada tahun 2025.

    Trend AI akan muncul dalam trading untuk tahun 2025

    Sebagai informasi, pembelajaran mesin terus mendefinisikan ulang lanskap trading dengan meningkatkan kecepatan dan ketepatan analisis pasar. Berdasarkan laporan Stabilitas Keuangan Global IMF 2024, Bab 3, disebutkan bahwa kemajuan kecerdasan buatan siap untuk meningkatkan efisiensi pasar.

    Lebih tepatnya, alat bantu berbasis AI diharapkan memungkinkan penyeimbangan kembali portofolio yang lebih cepat dan pemrosesan yang lebih efisien untuk trading dalam jumlah besar di kelas aset seperti ekuitas dan obligasi. Namun, IMF juga mencatat potensi risiko yang terkait dengan teknologi ini, seperti peningkatan volatilitas selama tekanan pasar.

    Jaringan neural, khususnya model bahasa besar (LLM), telah menunjukkan potensi yang sangat besar untuk melakukan analisis sentimen dalam trading. Sejak diperkenalkan pada 2017, jumlah aplikasi paten terkait AI dalam trading algoritmik telah melonjak dari 19% menjadi lebih dari 50% setiap tahun.

    Alat bantu ini telah digunakan untuk memproses sentimen pasar dari berita dan media sosial dalam waktu yang hampir real-time, sehingga memberikan wawasan kepada para trader mengenai perkembangan geopolitik dan perkiraan ekonomi.

    Lantas, trading algoritmik telah berkembang secara substansial dengan sistem berbasis AI yang memungkinkan eksekusi lebih cepat dan mengurangi kesalahan operasional. Trading frekuensi tinggi yang didukung oleh AI juga telah mengalami adopsi yang signifikan, terutama di kelas aset yang likuid seperti ekuitas dan derivatif.

    Meskipun statistik terperinci mengenai tingkat adopsi pada masa depan masih bersifat spekulatif, fokus World Trade Organization (WTO) pada transformasi digital pasar menekankan pada meningkatnya ketergantungan terhadap otomatisasi untuk meningkatkan efisiensi dan likuiditas trading.

    Dari sisi dunia trading, kapasitas AI untuk memproses sejumlah besar fakta historis dan real-time memungkinkan para investor untuk mendapatkan keuntungan dari wawasan prediktif yang sebelumnya tidak terbayangkan.

    Kemajuan dalam analisis prediktif bertenaga AI mengubah cara Octa untuk memperkirakan pasar internasional dengan membuat prediksi yang lebih akurat dan memberikan wawasan yang jelas dan dapat ditindaklanjuti. Alat bantu ini mengubah pasar finansial, membantu para investor mengenali trend dan merespons perubahan dengan lebih percaya diri.

    Asal tahu saja, emosi seringkali menghalangi keputusan trading yang cerdas, terutama saat pasar sangat bergejolak. AI membantu memecahkan masalah ini dengan hanya mengandalkan data dan model prediktif untuk pengambilan keputusan.

    Menurut Laporan Stabilitas Keuangan Global IMF, alat bantu berbasis AI telah membantu para trader retail mengelola risiko secara lebih efektif dan menghindari trading impulsif yang dapat menyebabkan kerugian.

    Seiring dengan menurunnya biaya alat bantu AI, fitur-fitur seperti optimalisasi portofolio secara real-time dan strategi trading otomatis dapat diakses oleh para trader individu.

    Sebelumnya, AI hanya tersedia untuk institusi finansial yang besar. Sekarang, alat bantu canggih ini mampu menyamaratakan lapangan bermain, sehingga memungkinkan para investor retail untuk trading dengan lebih percaya diri dan akurat.

    Risiko dan tantangan dalam integrasi AI

    Strategi bisnis berbasis AI datang dengan risiko bawaan. IMF memperingatkan bahwa ketergantungan yang berlebihan pada model algoritmik dapat meningkatkan volatilitas pasar selama krisis global.

    Sebagai contoh, bursa berbasis AI menunjukkan perilaku seperti kawanan selama gejolak pasar pada bulan Maret 2020. Perilaku ini mengakibatkan volatilitas harga yang signifikan dan membutuhkan mekanisme regulasi yang kuat untuk mengelola risiko yang ada.

    Integritas sistem AI menghadapi tantangan keamanan yang semakin meningkat. Penelitian menunjukkan bahwa efektivitas model AI bergantung pada kualitas dan keamanan data. Statistik terbaru mengungkapkan trend yang mengkhawatirkan: ancaman siber yang menargetkan AI meningkat sebesar 47%. Industri ini membutuhkan langkah-langkah keamanan yang kuat untuk melindungi algoritma terhadap manipulasi data dan akses yang tidak sah.

    Meskipun AI menawarkan nilai yang luar biasa, kompleksitasnya menjadi tantangan tersendiri bagi bisnis berteknologi rendah. Kompleksitas sistem AI yang canggih membuatnya sangat penting untuk memiliki sumber daya pelatihan yang dapat diakses dan antarmuka yang intuitif.

    Dengan begitu, alat bantu tersebut dapat membantu para trader, terutama pendatang baru, untuk memahami dan menggunakan AI secara efektif, sehingga membuka jalan bagi adopsi yang lebih luas di seluruh komunitas trading.

    Mempersiapkan transformasi berbasis AI

    Berkembang dalam lingkungan trading yang digerakkan oleh AI membutuhkan pelatihan khusus. Jika tidak, para trader berisiko menghadapi sistem canggih yang tidak dapat mereka tangani dengan baik atau menyalahgunakan alat bantu berbasis AI, yang berakibat kehilangan manfaatnya.

    Kemudian, untuk mempersiapkan diri menghadapi alat bantu AI di masa depan, para trader harus mencoba perangkat lunak yang tersedia sekarang. Opsi teraman adalah menguji penerapan AI saat trading pada akun demo. Opsi ini tersedia di platform trading yang disediakan oleh broker global seperti Octa.

    Sebagai contoh, broker Octa saat ini menggunakan AI untuk memfasilitasi analisis grafik dan meningkatkan identifikasi pola ketika melakukan analisis teknikal. Mengikuti trend adopsi AI yang meningkat, perusahaan kemungkinan akan terus menyematkan lebih banyak alat bantu berbasis AI di platform.

    Kendati demikian, AI akan mendefinisikan ulang trading pada tahun 2025. Dari analisis prediktif yang disempurnakan hingga alat bantu produktivitas organisasi yang demokratis, teknologi ini memungkinkan para trader membuat keputusan yang lebih cerdas dan lebih cepat. Namun, penggunaan yang berkelanjutan harus tetap menjadi inti.

    Octa menegaskan, semua pihak harus mewaspadai risiko seperti ketergantungan yang berlebihan pada algoritma dan keamanan data. Untuk memitigasi risiko ini, strategi yang masuk akal adalah menggabungkan analisis berbasis AI dengan pemantauan pasar dan pengambilan keputusan oleh manusia. AI harus dianggap sebagai alat bantu yang nyaman, bukan pil ajaib untuk membuat keputusan trading yang akurat.

    Hal ini mengingat trading melibatkan risiko dan mungkin tidak cocok untuk semua kalangan investor. Untuk itu, gunakan keahlian Anda dengan bijak serta evaluasi semua risiko terkait sebelum mengambil keputusan investasi.

    Sebagai informasi, Octa adalah broker internasional yang menyediakan layanan trading online di seluruh dunia sejak tahun 2011. Octa menawarkan akses bebas komisi ke pasar finansial dan berbagai layanan yang digunakan oleh klien dari 180 negara yang telah membuka lebih dari 52 juta akun trading.

    Untuk membantu klien mencapai tujuan investasi, Octa menawarkan webinar edukasi, artikel, dan tool analisis gratis. Tak hanya itu, perusahaan ini terlibat dalam jaringan inisiatif amal dan kemanusiaan yang komprehensif, termasuk peningkatan infrastruktur pendidikan dan proyek bantuan darurat yang mendukung masyarakat setempat.

    Di wilayah Asia Pasifik, Octa menerima penghargaan ‘Broker Forex Terbaik Indonesia 2024’ dan ‘Broker Paling Tepercaya Asia 2023’ masing-masing dari FX Empire dan Global Forex Awards.

    (dpu/dpu)

  • Pemain Kabel Laut Kerek Tarif, Harga Paket Internet Makin Mahal Jelang PPN 12%

    Pemain Kabel Laut Kerek Tarif, Harga Paket Internet Makin Mahal Jelang PPN 12%

    Bisnis.com, JAKARTA – Rencana perusahaan sistem komunikasi kabel bawah laut (SKKL) menaikan tarif sewa bandwidth internet menyusul penetapan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 12% tahun depan diperkirakan berdampak harga internet yang makin mahal, yang harus dipikul masyarakat. 

    Sekadar informasi, kabel laut merupakan salah satu rantai pasok bisnis internet yang terdapat di hulu. Sebelumnya internet sampai ke masyarakat dalam bentuk mobile broadband dan fixed broadband, internet terlebih dahulu mengalir lewat SKKL atau jaringan tulang punggung (backbone). 

    Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi mengatakan kabel laut merupakan faktor penting untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Bergeraknya ekonomi digital di suatu wilayah diawali dengan hadirnya infrastruktur kabel laut ke wilayah tersebut. 

    Naiknya harga sewa bandwidh berpeluang membuat harga internet ke masyarakat juga naik, yang dikhawatir turut berdampak pada pertumbuhan ekonomi.

    “Saya khawatir pertumbuhan ekonomi 8% yang dicanangkan oleh Presiden Prabowo akan makin berat untuk dicapai,” kata Heru kepada Bisnis, Sabtu (28/12/2024). 

    Heru menambahkan seharusnya PPN 12% hanya menyasar barang mewah dan internet, termasuk infrastruktur pendukung seperti kabel laut, di luar dari kategori tersebut. 

    Para pembantu presiden harus menerjemahkan dengan tegas kategori yang termasuk barang-barang mewah. 

    “Internet itu bukan barang mewah tetapi bagian dari kebutuhan pokok masyarakat, yang seharusnya negara menyediakan. Jadi kalau negara tidak bisa menyediakan, maka seharusnya tidak membebankan biaya besar kepada penyelenggara infrastruktur internet,” kata Heru. 

    Pekerja memeriksa kabel laut palapa ringPerbesar

    Sementara itu, Ketua Pusat Kajian Kebijakan dan Regulasi Telekomunikasi ITB Ian Yosef M. Edward mengatakan mengkhawatirkan kenaikan PPN 12% juga berdampak pada ongkos regulasi yang juga meningkat. 

    “Hal ini dapat berdampak pada tidak sehatnya secara bisnis. Terutama dalam hal negera mendorong transformasi digital termasuk biaya capex dan opex SKKL,” kata Ian. 

    Dia mendorong pemerintah untuk menghadirkan insentif agar pemain SKKL dapat memberikan harga layanan yang lebih terjangkau kepada perusahaan telekomunikasi, sehingga beban yang dipikul masyarakat nantinya juga ringan. 

    Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Asosiasi Penyelenggara Sistem Komunikasi Kabel Laut (Askalsi) Resi Y. Bramani pada tahun sebelumnya, saat PPN naik ke 11%, beberapa pemain SKKL masih menahan diri dan menanggung menjadi beban perusahaan, agar layanan yang diterima masyarakat tetap terjangkau. 

    “Namun untuk kenaikan PPN tahun depan, sepertinya seluruh pemain SKKL  akan mengenakan PPN 12%,” kata Resi kepada Bisnis, Jumat (27/12/2024). 

    Resi mengatakan dengan kenaikan tersebut maka harga tarif sewa ke perusahaan telekomunikasi yang bersentuhan langsung dengan masyrakat akan terdampak. Resi tidak menyebutkan berapa harga tarif sewa SKKL saat ini. 

    Resi memastikan naiknya besaran PPN akan memberikan efek domino terhadap harga barang dan jasa. 

    “Yang pasti akan sangat berdampak terhadap biaya operasional (opex) yang akan bertambah besar, kemudian biaya penggelaran SKKL baru, juga pasti akan meningkat (capex).

    Oleh karenanya penyesuaian harga layanan ini harus dilakukan untuk tetap memastikan kualitas layanan tetap terjaga dan perusahaan tetap dapat kompetitif,” kata Resi. 

    Diketahui, pemerintah akan menerapkan kebijakan kenaikan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari 11% menjadi 12% pada 1 Januari 2025, sebagaimana diamanatkan dalam UU No.7/2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP). Kenaikan PPN terjadi di beberapa industri.

  • Cara Pesan Layanan Jasa Porter Online KAI, Tarif Flat Rp 38.000 – Halaman all

    Cara Pesan Layanan Jasa Porter Online KAI, Tarif Flat Rp 38.000 – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – PT Kereta Api Indonesia (KAI) hadirkan inovasi baru untuk meningkatkan kenyamanan penumpang yaitu pesan jasa porter secara online.

    PT KAI melalui anak perusahaannya, KAI Wisata, merilis aplikasi ePorter yang telah terintegrasi dengan aplikasi Access by KAI, yang dulu bernama KAI Access.

    Pemesanan porter stasiun secara online ini tentunya akan mempermudah penumpang untuk menggunakan layanan porter yang membantu membawa barang bawaannya.

    “Integrasi aplikasi ePorter dengan Access by KAI merupakan wujud nyata dari komitmen Kami untuk menghadirkan layanan yang lebih baik melalui transformasi digital,”

    “Kami percaya bahwa inovasi ini akan semakin meningkatkan pengalaman pelanggan dalam menggunakan layanan KAI Wisata,” ujar Direktur Utama KAI Wisata Hendy Helmy dalam keterangan resminya, Jumat (27/12/2024).

    Lantas, bagaimana cara pesan layanan Jasa Porter Online KAI?

    Cara Pesan Layanan Jasa Porter Online di Access by KAI

    Dilansir dari informasi resmi, cara pesan jasa porter online via Access by KAI sebagai berikut:

    Buka plikasi Access by KAI;
    Login dengan akun yang sudah terdaftar;
    Pilih ePorter;
    Klik dan pilih scan kode QR atau input ID Porter petugas porter di stasiun;
    Porter akan siap membawa barang bawaan penumpang ke kereta maupun ke penjemputan.

    Tarif Jasa Porter Online

    Tarif layanan porter akan ditampilkan secara jelas dan bersifat tetap (fixed price).

    Saat ini, layanan porter online memiliki tarif flat dengan nominal Rp 38.000, dalam bentuk Porter Instan yang tersedia di 14 titik stasiun di 10 kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Cirebon, Purwokerto, Semarang, Yogyakarta, Solo, Madiun, Surabaya, dan Malang.

    Porter Instan ini akan berlaku selama uji coba periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025, yang ditetapkan berlangsung sampai 5 Januari 2025.

    Adapun tarif yang tertera telah mencakup seluruh layanan porter yang akan membawa barang bawaan dari dan menuju kereta.

    Sehingga penumpang dapat merencanakan perjalanan mereka dengan lebih mudah dan efisien.

    (Tribunnews.com/Latifah)