Topik: transformasi digital

  • Cara Transformasi Digital Ciptakan Peluang Bisnis UKM

    Cara Transformasi Digital Ciptakan Peluang Bisnis UKM

    Jakarta: Ekosistem solusi digital dari Telkom Indonesia, Indibiz, membantu pelaku usaha untuk mempercepat transformasi digital bisnis Usaha Kecil dan Menengah (UKM).
     
    “Kami memahami pentingnya transformasi digital dengan dukungan jaringan internet bisnis unlimited dan solusi digital yang tepat dan berkualitas bagi UKM,” jelas OVP Enterprise Regional Management Telkom, Reni Yustiani, dalam keterangan tertulis, Kamis, 2 Januari 2025.
     
    Menurut Reni, demi membantu transformasi bisnis UKM, perseroan memberikan diskon tujuh persen biaya berlangganan paket high speed internet (HSI) Unlimited bisnis up to 300 Mbps untuk pelaku bisnis SME hingga 5 Januari 2025.
    Momentum Natal dan Tahun Baru 2025 (Nataru) pun membuat Indibiz memberikan solusi nyata yang berdampak langsung pada pengembangan bisnis UKM. Penawaran spesial ini menjadi kesempatan tak tergantikan bagi para pelaku usaha untuk mendapatkan layanan premium dengan harga yang lebih terjangkau.
     
     

     

    Mempercepat transformasi digital bisnis UKM

    Reni menjelaskan, Indibiz selalu berusaha memberikan nilai lebih kepada para pelanggan, khususnya UKM agar transformasi bisnis yang diterapkan berjalan sesuai harapan. Natal dan Tahun Baru 2025 kali ini, adalah momen yang tepat bagi pelaku usaha berlangganan Indibiz untuk mempercepat transformasi digital bisnis UKM.
     
    “Oleh karena itu, kami ingin membantu menciptakan peluang bisnis UKM dan mewujudkan harapan mereka membangun bisnis yang sukses dan berkelanjutan bersama Indibiz,” ungkap Reni.
     
    Dengan layanan HSI Unlimited bisnis dari Indibiz ini, pelaku usaha dapat menikmati koneksi internet super cepat yang mendukung berbagai aktivitas bisnis, mulai dari komunikasi dengan pelanggan, pengelolaan sistem operasi, hingga pengembangan strategi pemasaran berbasis digital.
     
    Apalagi dengan kecepatan internet hingga 300 Mbps yang dihadirkan, pelaku usaha dapat memastikan operasional bisnis berjalan lancar tanpa hambatan. Bagi Indibiz, promo natal dan tahun baru 2025 ini dihadirkan sebagai wujud komitmen mereka untuk mendukung kemajuan bisnis UKM agar semakin kompetitif dan berdaya saing global dengan memanfaatkan solusi digital.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (AHL)

  • Tahun Baru, Harapan Baru, Pj. Gubernur Jatim Titip Resolusi untuk ASN

    Tahun Baru, Harapan Baru, Pj. Gubernur Jatim Titip Resolusi untuk ASN

    Surabaya (beritajatim.com) – Mengawali Tahun 2025, Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, menggelar apel pagi bersama jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemprov Jatim, Kamis (2/1/2025). Dalam kesempatan itu, Adhy menyampaikan resolusi dan harapan baru bagi seluruh ASN di Jawa Timur.

    Adhy menekankan pentingnya ASN untuk terus beradaptasi dengan kebijakan pemerintah pusat di bawah kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto. Dia meminta ASN fokus pada program-program yang berdampak langsung kepada masyarakat.

    “Banyak sekali yang harus kita sesuaikan terkait dengan kebijakan pemerintah pusat untuk mengutamakan program berdampak langsung kepada masyarakat. Layanan publik dan program yang menyentuh masyarakat harus terus dimaksimalkan,” ujar Adhy.

    Adhy juga mengapresiasi capaian luar biasa Jawa Timur sepanjang tahun 2024. Realisasi pendapatan daerah mencapai 109,71 persen atau Rp 35,28 triliun dari target Rp 32,161 triliun. Hal ini menunjukkan pengelolaan keuangan daerah yang baik dan transparan.

    Selain itu, Jawa Timur berhasil menyabet penghargaan sebagai Provinsi Terinovatif di ajang IGA Award dan mencatatkan Indeks Inovasi Tertinggi di Regional Klaster Pulau Jawa.

    “Capaian ini membuktikan bahwa kinerja kita optimal. Tahun 2025 harus lebih baik dengan memanfaatkan momentum ini untuk terus maju,” tambahnya.

    Mengakhiri amanatnya, Adhy mengajak seluruh ASN untuk menjadikan tahun baru sebagai momentum memperbaiki diri dan meningkatkan kinerja. Dia juga menyampaikan harapan bahwa reformasi birokrasi dan transformasi digital dapat terus didorong demi pelayanan yang lebih baik.

    “Tahun baru, harapan baru, cita-cita baru. Mudah-mudahan tahun ini kita bisa berubah menjadi lebih baik. Bagi rekan-rekan yang memiliki resolusi, semoga semuanya tercapai,” pungkas Adhy. [tok/beq]

  • Menkomdigi Ungkap Strategi Transformasi Digital, Ajak Sinergi Nasional

    Menkomdigi Ungkap Strategi Transformasi Digital, Ajak Sinergi Nasional

    Jakarta, CNN Indonesia

    Transformasi digital berbasis sinergi dan kolaborasi menjadi komitmen Kementerian Komunikasi dan Digital (Kemkomdigi) dalam mendukung visi Indonesia Emas 2045.

    Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi), Meutya Hafid menyampaikan telah menjalankan sejumlah langkah strategis dengan berfokus terhadap tiga pilar utama, masing-masing adalah konektivitas bermakna, ekosistem digital yang memberdayakan, dan ruang digital yang aman dan berdaulat.

    Menyadari bahwa pembangunan infrastruktur digital di wilayah 3T (terdepan, tertinggal, dan terluar) merupakan fondasi transformasi, Meutya mempercepat pengadaan lebih dari 118 menara BTS di Papua, yang ditargetkan menjangkau 1.000 desa terpencil pada 2025.

    “Konektivitas inklusif adalah kunci keadilan digital. Semua masyarakat, tanpa terkecuali, harus merasakan manfaat dari teknologi untuk meningkatkan kesejahteraan,” ujar Meutya.

    Pada Oktober 2024, Meutya mengunjungi Kelurahan Eunoni, Nusa Tenggara Timur, untuk memastikan akses digital yang inklusif. Kemudian, menyusul bencana Gunung Lewotobi pada November, Kemkomdigi juga bergerak cepat melalui kolaborasi dengan para operator seluler, menyediakan kuota internet gratis guna menunjang komunikasi dan pendidikan warga terdampak.

    Ekosistem Digital yang Inovatif

    Meutya menyatakan, transformasi digital yang berkelanjutan memerlukan ekosistem yang inovatif dan memberdayakan. Untuk itu, program unggulan Kemkomdigi, Digital Talent Scholarship (DTS) sukses melatih lebih dari 100 ribu talenta digital di bidang Artificial Intelligence (AI), keamanan siber, dan analitik data pada 2024 lalu.

    Pada 2025, Kemkomdigi menargetkan peningkatan peserta menjadi 200 ribu, dengan fokus khusus pada UMKM melalui program UMKM Click & Grow yang melibatkan Shopee dan TikTok. Program ini dirancang membantu UMKM mengadopsi teknologi digital.

    “Sektor UMKM adalah ujung tombak ekonomi digital. Kami ingin memastikan mereka tidak hanya bertahan, tetapi tumbuh di era transformasi ini,” ujar Meutya.

    Terkait prioritas berikutnya, yakni keamanan ruang digital, Meutya menyampaikan bahwa dalam dua bulan terakhir, lebih dari 250 ribu konten judi online telah diblokir, ribuan rekening bank ilegal ditutup, dan akun influencer yang mempromosikan aktivitas ilegal ditindak.

    Menurutnya, langkah tegas ini juga didukung oleh PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan) dan OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

    Selanjutnya, sebagai bagian dari perlindungan anak, Kemkomdigi bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) tengah menyelesaikan rancangan regulasi Tata Kelola Perlindungan Anak dalam Penyelenggaraan Sistem Elektronik (TKPAPSE). Regulasi ini akan mengatur penggunaan layanan digital yang sesuai dengan usia.

    “Ruang digital harus bersih dari aktivitas ilegal yang merugikan masyarakat. Kami memastikan bahwa ruang digital yang aman adalah prioritas untuk melindungi anak-anak dan keluarga,” kata Meutya.

    Pada saat bersamaan, Meutya juga terus mendorong kerja sama strategis dengan negara-negara seperti Jerman dan Jepang untuk mempercepat pengembangan teknologi di Indonesia. Tujuannya, memperkuat posisi Indonesia sebagai pemain utama dalam ekosistem digital global.

    Meutya mengatakan, transformasi digital didesain untuk menciptakan lapangan kerja baru dan mendukung pertumbuhan ekonomi inklusif. Dia optimis, bahwa melalui beragam langkah itu, Indonesia akan menjadi kekuatan digital yang disegani di dunia.

    “Transformasi digital adalah jalan menuju Indonesia Emas. Kami berkomitmen memastikan setiap langkah membawa manfaat nyata bagi masyarakat, dari konektivitas yang inklusif hingga ekosistem digital yang memberdayakan,” pungkas Meutya.

    (rea/rir)

    [Gambas:Video CNN]

  • Menkomdigi Ungkap Pentingnya Kerja Sama dengan India untuk Buat Identitas Digital

    Menkomdigi Ungkap Pentingnya Kerja Sama dengan India untuk Buat Identitas Digital

    JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Digital Meutya Hafid menegaskan pentingnya kerja sama internasional guna mendukung upaya Presiden Prabowo Subianto untuk transformasi digital di Tanah Air.

    Meutya mengatakan, kerja sama internasional khususnya dengan India sebagai salah satu negara terdepan di bidang teknologi digital, bisa menjadi pilar utama dalam mewujudkan pemerintahan digital yang modern dan efisien di Indonesia.

    “Digitalisasi pemerintahan bukan lagi opsi, melainkan kebutuhan mendesak. Indonesia siap berkolaborasi dengan India untuk mengadopsi dan mengadaptasi teknologi mutakhir, terutama dalam pengembangan identitas digital,” ujar Meutya saat bertemu dengan Duta Besar India untuk Indonesia, Sandeep Chakravorty, dikutip dalam siaran resminya Rabu, 1 Januari.

    Ia mengapresiasi, kesediaan India berbagi pengalaman terkait penerapan program identitas digital seperti Aadhaar, nomor identifikasi biometrik individu, yang dikemas melalui 12 digit yang berfungsi sebagai bukti identitas dan bukti alamat bagi penduduk India.

    Menurutnya, teknologi ini dinilai relevan untuk diterapkan di Indonesia sebagai landasan utama untuk meningkatkan pelayanan publik, transparansi, dan efisiensi pemerintahan.

    Selain identitas digital, Menkomdigi berharap kerja sama dengan India mencakup pengembangan infrastruktur digital, keamanan siber, dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

    “Indonesia tidak hanya membutuhkan teknologi, tetapi juga strategi implementasi yang terbukti berhasil. Kerja sama ini harus menghasilkan solusi konkret bagi Indonesia,” tandasnya.

    Transformasi digital pemerintahan menjadi bagian dari visi besar Asra Cita Presiden Prabowo Subianto.

    Kolaborasi strategis dengan India diyakini akan dapat mempercepat tercapainya target ini, sekaligus memastikan Indonesia menjadi pemain utama di era digital global.

  • Kolaborasi dengan India Realisasikan Transformasi Digital

    Kolaborasi dengan India Realisasikan Transformasi Digital

    Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) RI, Meutya Hafid, menegaskan perlunya langkah konkret kerja sama internasional guna mewujudkan transformasi digital Indonesia.

    Salah satu kerja sama yang perlu diprioritaskan adalah kerja sama dengan India yang merupakan salah satu negara terdepan di bidang teknologi digital.

    Hal ini disampaikan Menkomdigi saat menerima kunjungan Duta Besar India untuk Indonesia, Sandeep Chakravorty. Dalam pertemuan tersebut, Meutya menegaskan kolaborasi dengan India akan menjadi salah satu pilar utama dalam mewujudkan pemerintahan digital yang modern dan efisien di Indonesia. 

    “Digitalisasi pemerintahan bukan lagi opsi, melainkan kebutuhan mendesak. Indonesia siap berkolaborasi dengan India untuk mengadopsi dan mengadaptasi teknologi mutakhir, terutama dalam pengembangan identitas digital,” kata Meutya dalam keterangannya dikutip, Rabu (1/1/2025).

    Meutya juga mengapresiasi kesediaan India berbagi pengalaman terkait penerapan program identitas digital seperti Aadhaar. Teknologi ini dinilai relevan untuk diterapkan di Indonesia sebagai landasan utama untuk meningkatkan pelayanan publik, transparansi, dan efisiensi pemerintahan.

    Selain identitas digital, eks Ketua Komisi I DPR RI ini berharap kerja sama dengan India mencakup pengembangan infrastruktur digital, keamanan siber, dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia. Semua aspek ini akan memperkuat transformasi digital di Indonesia.

    “Hubungan bilateral kedua negara telah terbukti kokoh dan saling menguntungkan. Saatnya kita melangkah lebih jauh untuk menciptakan perubahan signifikan di era digital ini,” ujarnya.

    Adapun, transformasi digital pemerintahan menjadi bagian dari visi besar Asra Cita Presiden Prabowo Subianto. Kolaborasi strategis dengan India diyakini akan dapat mempercepat tercapainya target ini, sekaligus memastikan Indonesia menjadi pemain utama di era digital global. 

    Meutya Hafid menegaskan bahwa langkah ini adalah komitmen nyata menuju transformasi digital Indonesia yang inklusif, memberdayakan, dan dapat dipercaya.

  • Tutup Tahun 2024 dengan Cemerlang, Ini 10 Pencapaian dan Dedikasi BRI terhadap Ekonomi Kerakyatan

    Tutup Tahun 2024 dengan Cemerlang, Ini 10 Pencapaian dan Dedikasi BRI terhadap Ekonomi Kerakyatan

    Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) menutup tahun 2024 dengan sejumlah pencapaian strategis yang semakin memperkuat posisinya sebagai salah satu pilar utama ekonomi kerakyatan di Indonesia.
     
    Dengan fokus pada pemberdayaan UMKM dan penguatan inklusi keuangan, BRI terus mendukung pertumbuhan ekonomi nasional yang berkelanjutan dan disaat bersamaan sekaligus memperkuat reputasinya di industri keuangan global.
     

    Berikut ini 10 pencapaian serta dedikasi BRI kepada Tanah Air sepanjang tahun 2024:

    1. Ciptakan sharing economy melalui keberadaan 1 juta AgenBRILink

    Hingga November 2024, AgenBRILink berhasil membukukan lebih dari 1,047 miliar transaksi, tumbuh 5,64 persen secara tahunan (year-on-year) dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Adapun, pencapaian ini didukung oleh peningkatan jumlah AgenBRILink yang kini mencapai 1.047.502 agen, atau naik signifikan sebesar 45,68 persen yoy.
     
    Keberadaan AgenBRILink tidak hanya membuka dan mendekatkan akses keuangan semata, namun menciptakan sharing economy bagi masyarakat. Melalui jaringan AgenBRILink, BRI berupaya menjangkau lapisan masyarakat yang sebelumnya tidak tersentuh layanan perbankan.

    2. Perluas akses keuangan ekonomi grassroot, Holding Ultra Mikro BRI Group layani 36 juta debitur dan 180 juta tabungan

    Tiga tahun setelah terbentuk pada 2021, Holding Ultra Mikro yang terdiri atas BRI, PNM, dan Pegadaian berhasil melayani 36,1 juta debitur ultra mikro dengan total penyaluran kredit lebih dari Rp 627,6 triliun pada akhir September 2024. Holding UMi juga memperluas layanan melalui 1.025 Unit Senyum di seluruh Indonesia, memberikan akses kepada lebih dari 180 juta masyarakat ke Tabungan mikro.

    3. Dorong inklusi keuangan, super apps BRImo tembus 37,1 juta user

    BRI terus memperkuat ekosistem super apps BRImo sebagai salah satu strategi transformasi digital-nya untuk memberikan berbagai kemudahan masyarakat dalam bertransaksi. Tercatat, sampai akhir September 2024, pengguna Super App BRImo telah mencapai 37,1 juta, tumbuh 24,7 persen YoY. Nilai transaksi melalui BRImo pun naik signifikan mencapai Rp4.034,9 triliun, tumbuh 35,2 persen YoY.

    4. Berdayakan UMKM melalui 33.804 klaster usaha

    Tak hanya pembiayaan semata, BRI juga memiliki berbagai program pemberdayaan UMKM, di antaranya adalah pemberdayaan melalui program Klasterku Hidupku dan Desa BRILiaN. Pemberdayaan Klaster Usaha sendiri merupakan pemberdayaan kepada kelompok usaha yang terbentuk berdasarkan kesamaan usaha, dalam satu wilayah sehingga tercipta keakraban dan kebersamaan dalam peningkatan maupun pengembangan usaha para anggotanya. Hingga akhir September 2024 tercatat BRI telah memiliki 33.804 klaster usaha yang tergabung dalam program Klasterku Hidupku.

    5. Dorong ekosistem ekonomi desa, berdayakan 3.957 Desa BRILiaN

    Di samping itu juga ada program Desa BRILiaN. Desa BRILiaN merupakan program pemberdayaan desa yang bertujuan menghasilkan role model dalam pengembangan desa yang diinisiasi BRI sebagai bentuk agent of development dalam mengembangkan desa. Hingga akhir September 2024 tercatat terdapat 3.957 desa yang telah mendapatkan pemberdayaan Desa BRILiaN.

    6. Kinerja keuangan tumbuh positif, cetak laba Rp45,39 triliun dalam 9 bulan

    Hingga akhir Triwulan III 2024, BRI secara konsolidasian berhasil mencetak laba bersih sebesar Rp45,36 triliun. Hal tersebut disampaikan Direktur Utama BRI Sunarso pada press conference Kinerja Keuangan BRI Triwulan III 2024 di Jakarta, pada 30 Oktober 2024. Dalam paparannya, Sunarso menyampaikan bahwa ketangguhan dalam menghadapi berbagai tantangan adalah hasil dari fundamental bisnis yang kuat.
    “Capaian tersebut tidak terlepas dari fokus BRI yang secara konsisten memperkuat fundamental kinerja, serta melakukan strategic response yang tepat dalam menghadapi berbagai dinamika pasar,” kata Sunarso.
     
    Dari sisi intermediasi, hingga akhir September 2024, BRI berhasil menyalurkan kredit senilai Rp1.353,36 triliun atau tumbuh 8,21 persen secara year on year (yoy). Penyaluran kredit yang tumbuh positif tersebut juga membuat aset BRI tercatat meningkat 5,94 persen yoy menjadi sebesar Rp1.961,92 trilliun. Sementara itu, dari sisi liabilities BRI berhasil menghimpun Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar Rp1.362,42 triliun atau tumbuh 5,59 persen yoy, dengan komposisi dana murah (CASA) mendominasi DPK BRI dengan porsi mencapai 64,17 persen.

    7. Jadi penyalur kredit UMKM terbesar dengan porsi 81,21 persen

    BRI terus memperkuat komitmen dalam mendukung pertumbuhan ekonomi kerakyatan melalui akses pembiayaan untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di seluruh Indonesia. Hingga akhir Triwulan III 2024, BRI berhasil menyalurkan kredit senilai Rp1.353,36 triliun atau tumbuh 8,21persen secara year on year (yoy), dan dari total penyaluran kredit tersebut, 81,70 persen di antaranya atau sekitar Rp1.105,70 triliun merupakan kredit kepada segmen UMKM.

    8. Penyetor dividen terbesar kepada negara

    Sepanjang tahun 2023 lalu BRI berhasil mencatatkan laba bersih senilai Rp60,4 triliun, atau tumbuh 16,5 persen yoy. Sebagai bentuk komitmen penciptaan economic value, BRI membagikan dividen sebesar 80 persen dari total laba bersih atau senilai Rp43,49 triliun kepada pemegang saham baik pemerintah maupun publik.
     
    Atas pembagian dividen kepada pemegang saham tersebut, BRI menjadi perusahaan dengan setoran dividen terbesar pada 2024. Kementerian BUMN mencatat total dividen BUMN yang disetorkan ke negara mencapai Rp85,5 triliun, dan sebesar 30 persen di antaranya atau senilai Rp25,7 triliun merupakan kontribusi BRI.
     

    9. Kumpulkan lebih dari 250 penghargaan dan wakili Indonesia di daftar perusahaan terbesar dunia

    Sepanjang tahun 2024, BRI berhasil meraih 250 penghargaan bergengsi di tingkat domestik, regional, dan internasional. Pengakuan terhadap pencapaian BRI datang dari berbagai lembaga ternama, seperti Forbes Global 2000 yang menobatkan BRI sebagai “Largest Company in Indonesia” atau perusahaan publik terbesar di Indonesia, sekaligus menempatkannya di peringkat 308 dunia.
     
    Fortune South East Asia 500 juga mengakui BRI sebagai perusahaan finansial terbesar di Indonesia dan peringkat ke-15 di Asia Tenggara. Selain itu, The Banker Top 1000 Bank 2024 menempatkan BRI sebagai bank nomor satu di Indonesia dari 26 bank di Indonesia dan peringkat 110 dari 1.000 bank global.
     
    Tak hanya itu, BRI juga menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia dalam daftar 500 merek paling bernilai dan terkuat di dunia berdasarkan laporan Brand Finance Global 500 tahun 2024. Dalam laporan tersebut, BRI berada di peringkat 446 dunia.

    10. Terdepan dalam praktik Sustainable Banking di Indonesia

    Hingga akhir Triwulan III 2024, BRI mencatatkan portofolio pembiayaan berkelanjutan mencapai Rp764,8 triliun, setara 61,9 persen dari total kredit yang disalurkan dan portofolio investasi bond BRI. Penyaluran kredit berkelanjutan BRI tetap berfokus pada Kredit KKUB (Kategori Kegiatan Usaha Berkelanjutan) sebesar total Rp764,8 triliun, yang terdiri dari penyaluran kredit ke sektor sosial sebesar Rp677,1 triliun, kredit KUBL (Kegiatan Usaha Berwawasan Lingkungan) sebesar Rp83,3 triliun, dan pembiayaan sustainability bond sebesar Rp4,39 triliun.
     
    Selain itu, Pada penilaian Corporate Sustainability Assessment (CSA) tahunan oleh S&P Global, BRI mencatat peningkatan skor signifikan dari 63 pada tahun 2023 menjadi 75 pada tahun 2024. Dengan pencapaian skor ESG sebesar 75 tersebut, BRI berhasil menembus peringkat 5 persen teratas di sektor perbankan global, sekaligus menjadi pemimpin dalam industri perbankan Indonesia di bidang keuangan berkelanjutan.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • 10 Pencapaian dan Dedikasi BRI untuk Ekonomi Kerakyatan pada 2024

    10 Pencapaian dan Dedikasi BRI untuk Ekonomi Kerakyatan pada 2024

    Jakarta, CNN Indonesia

    PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membuktikan diri sebagai tulang punggung ekonomi kerakyatan di Indonesia. Dengan inovasi yang tiada henti dan komitmen yang kuat, BRI berhasil menorehkan sejumlah pencapaian strategis sepanjang 2024.

    Fokus perseroan pada pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan penguatan inklusi keuangan membuktikan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional yang berkelanjutan sekaligus meningkatkan reputasinya di industri keuangan global.

    Berikut adalah 10 pencapaian dan dedikasi utama BRI sepanjang 2024:

    1. Ciptakan Sharing Economy Lewat AgenBRILink

    Hingga November 2024, AgenBRILink berhasil membukukan lebih dari 1,047 miliar transaksi, tumbuh 5,64% secara tahunan (year-on-year) dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Adapun, pencapaian ini didukung oleh peningkatan jumlah AgenBRILink yang kini mencapai 1.047.502 agen, atau naik signifikan sebesar 45,68% yoy.

    Keberadaan AgenBRILink tidak hanya membuka dan mendekatkan akses keuangan semata, namun menciptakan sharing economy bagi masyarakat. Melalui jaringan AgenBRILink, BRI berupaya menjangkau lapisan masyarakat yang sebelumnya tidak tersentuh layanan perbankan.

    2. Perluas Akses Keuangan Ekonomi Grassroot

    3 tahun setelah terbentuk pada 2021, Holding Ultra Mikro yang terdiri dari BRI, PNM dan Pegadaian berhasil melayani 36,1 juta debitur ultra mikro dengan total penyaluran kredit lebih dari Rp 627,6 triliun pada akhir September 2024. Holding UMi juga memperluas layanan melalui 1.025 Unit Senyum di seluruh Indonesia, memberikan akses kepada lebih dari 180 juta masyarakat ke Tabungan mikro.

    3. Dorong Inklusi Keuangan dengan Super Apps BRImo

    BRI terus memperkuat ekosistem super apps BRImo sebagai salah satu strategi transformasi digital-nya untuk memberikan berbagai kemudahan masyarakat dalam bertransaksi.

    Tercatat, sampai akhir September 2024, pengguna BRImo telah mencapai 37,1 juta, tumbuh 24,7% YoY. Nilai transaksinya pun naik signifikan mencapai Rp4.034,9 triliun, tumbuh 35,2% YoY.

    4. Berdayakan UMKM Melalui Klaster Usaha

    BRI juga memiliki berbagai program pemberdayaan UMKM, diantaranya adalah pemberdayaan melalui program Klasterku Hidupku dan Desa BRILiaN. Hingga akhir September 2024 tercatat BRI telah memiliki 33.804 klaster usaha yang tergabung dalam program Klasterku Hidupku.

    Pemberdayaan Klaster Usaha sendiri merupakan pemberdayaan kepada kelompok usaha yang terbentuk berdasarkan kesamaan usaha, dalam satu wilayah sehingga tercipta keakraban dan kebersamaan dalam peningkatan maupun pengembangan usaha para anggotanya.

    5. Dorong Ekosistem Ekonomi Desa BRILiaN

    Desa BRILiaN merupakan program pemberdayaan desa yang bertujuan menghasilkan role model dalam pengembangan desa yang diinisiasi BRI sebagai bentuk agent of development dalam mengembangkan desa. Hingga akhir September 2024 tercatat terdapat 3.957 desa yang telah mendapatkan pemberdayaan Desa BRILiaN.

    6. Kinerja Keuangan Tumbuh Positif

    Hingga akhir Triwulan III 2024 BRI secara konsolidasian berhasil mencetak laba bersih sebesar Rp45,36 triliun. Direktur Utama BRI, Sunarso, pada press conference Kinerja Keuangan BRI Triwulan III 2024, menyampaikan bahwa ketangguhan dalam menghadapi berbagai tantangan adalah hasil dari fundamental bisnis yang kuat.

    “Capaian tersebut tidak terlepas dari fokus BRI yang secara konsisten memperkuat fundamental kinerja, serta melakukan strategic response yang tepat dalam menghadapi berbagai dinamika pasar,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (1/1).

    Dari sisi intermediasi, hingga akhir September 2024 BRI berhasil menyalurkan kredit senilai Rp1.353,36 triliun atau tumbuh 8,21% yoy. Penyaluran kredit yang tumbuh positif tersebut juga membuat aset BRI tercatat meningkat 5,94% yoy menjadi sebesar Rp1.961,92 trilliun.

    Sementara itu, dari sisi liabilities BRI berhasil menghimpun Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar Rp1.362,42 triliun atau tumbuh 5,59% yoy, dengan komposisi dana murah (CASA) mendominasi DPK BRI dengan porsi mencapai 64,17%.

    7. Jadi Penyalur Kredit UMKM Terbesar

    BRI terus memperkuat komitmennya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi kerakyatan melalui akses pembiayaan untuk UMKM di seluruh Indonesia. Hingga akhir Triwulan III 2024, BRI berhasil menyalurkan kredit senilai Rp1.353,36 triliun atau tumbuh 8,21% secara yoy, dan dari total penyaluran kredit tersebut, 81,70% diantaranya atau sekitar Rp1.105,70 triliun merupakan kredit kepada segmen UMKM.

    8. Penyetor Dividen Terbesar ke Negara

    Pada 2023 lalu BRI berhasil mencatatkan laba bersih senilai Rp60,4 triliun, atau tumbuh 16,5% yoy. Sebagai bentuk komitmen penciptaan economic value, BRI membagikan dividen sebesar 80% dari total laba bersih atau senilai Rp43,49 triliun kepada pemegang saham baik pemerintah maupun publik.

    Atas pembagian dividen kepada pemegang saham tersebut, BRI menjadi perusahaan dengan setoran dividen terbesar di tahun 2024. Kementerian BUMN mencatat total dividen BUMN yang disetorkan ke negara mencapai Rp85,5 triliun, dan sebesar 30% diantaranya atau senilai Rp25,7 triliun merupakan kontribusi BRI.

    9. Raih ratusan Penghargaan dan Wakili Indonesia di Daftar Perusahaan Terbesar Dunia

    Sepanjang 2024, BRI berhasil meraih 250 penghargaan bergengsi di tingkat domestik, regional, dan internasional. Pengakuan terhadap pencapaian BRI datang dari berbagai lembaga ternama, seperti Forbes Global 2000 yang menobatkan BRI sebagai ‘Largest Company in Indonesia’ atau perusahaan publik terbesar di Indonesia, sekaligus menempatkannya di peringkat 308 dunia.

    Fortune South East Asia 500 juga mengakui BRI sebagai perusahaan finansial terbesar di Indonesia dan peringkat ke-15 di Asia Tenggara. Selain itu, The Banker Top 1000 Bank 2024 menempatkan BRI sebagai bank nomor satu di Indonesia dari 26 bank di Indonesia dan peringkat 110 dari 1.000 bank global.

    Tak hanya itu, BRI juga menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia dalam daftar 500 merek paling bernilai dan terkuat di dunia berdasarkan laporan Brand Finance Global 500 tahun 2024. Dalam laporan tersebut, BRI berada di peringkat 446 dunia.

    10. Sustainable Banking di Indonesia

    Hingga akhir Triwulan III 2024 BRI mencatatkan portofolio pembiayaan berkelanjutan mencapai Rp764,8 triliun, setara 61,9 persen dari total kredit yang disalurkan dan portofolio investasi bond BRI.

    Penyaluran kredit berkelanjutan BRI tetap berfokus pada Kredit KKUB (Kategori Kegiatan Usaha Berkelanjutan) sebesar total Rp764,8 triliun, yang terdiri dari penyaluran kredit ke sektor sosial sebesar Rp677,1 triliun, kredit KUBL (Kegiatan Usaha Berwawasan Lingkungan) sebesar Rp83,3 triliun, dan pembiayaan sustainability bond sebesar Rp4,39 triliun.

    Di samping itu, pada penilaian Corporate Sustainability Assessment (CSA) tahunan oleh S&P Global, BRI mencatat peningkatan skor signifikan dari 63 pada tahun 2023 menjadi 75 pada tahun 2024.

    Dengan pencapaian skor ESG sebesar 75 tersebut, BRI berhasil menembus peringkat 5% teratas di sektor perbankan global, sekaligus menjadi pemimpin dalam industri perbankan Indonesia di bidang keuangan berkelanjutan.

    BRI tidak hanya membuktikan dedikasinya pada ekonomi kerakyatan, tetapi juga menjadi mitra utama dalam mendorong transformasi ekonomi Indonesia menuju arah yang lebih inklusif dan berkelanjutan.

    (rir/rir)

  • Ini 3 Fokus Utama Menkomdigi Meutya Hafid untuk Dorong Transfortasi Digital Menuju Indonesia Emas 2045 – Page 3

    Ini 3 Fokus Utama Menkomdigi Meutya Hafid untuk Dorong Transfortasi Digital Menuju Indonesia Emas 2045 – Page 3

    Transformasi digital yang berkelanjutan memerlukan ekosistem yang inovatif dan memberdayakan. Program unggulan Digital Talent Scholarship (DTS) telah melatih lebih dari 100 ribu talenta digital di bidang Artificial Intelligence (AI), keamanan siber, dan analitik data pada 2024.

    Tahun depan, Kemkomdigi menargetkan peningkatan peserta menjadi 200 ribu, dengan perhatian khusus pada UMKM.

    Sebagai bagian dari kolaborasi dengan sektor swasta, program UMKM Click & Grow, yang melibatkan Shopee dan TikTok, diluncurkan untuk membantu UMKM mengadopsi teknologi digital.

    “Sektor UMKM adalah ujung tombak ekonomi digital. Kami ingin memastikan mereka tidak hanya bertahan, tetapi tumbuh di era transformasi ini,” ujar Meutya.

    Menjaga Ruang Digital yang Aman

    Keamanan ruang digital juga menjadi prioritas Menkomdigi. Dalam dua bulan terakhir, lebih dari 250 ribu konten judi online telah diblokir, ribuan rekening bank ilegal ditutup, dan akun influencer yang mempromosikan aktivitas ilegal ditindak. Kolaborasi dengan PPATK dan OJK memperkuat langkah tegas ini.

    “Ruang digital harus bersih dari aktivitas ilegal yang merugikan masyarakat. Kami memastikan bahwa ruang digital yang aman adalah prioritas untuk melindungi anak-anak dan keluarga,” kata Meutya Hafid.

    Sebagai bagian dari perlindungan anak, Kemkomdigi bersama Kemen PPPA tengah menyelesaikan rancangan regulasi Tata Kelola Perlindungan Anak dalam Penyelenggaraan Sistem Elektronik (TKPAPSE). Regulasi ini akan mengatur penggunaan layanan digital yang sesuai dengan usia.

     

  • Mitratel (MTEL) Buka Opsi Akuisisi Menara, DigitalBridge Bakal Lepas Induk CENT?

    Mitratel (MTEL) Buka Opsi Akuisisi Menara, DigitalBridge Bakal Lepas Induk CENT?

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk. (MTEL) atau Mitratel terbuka untuk bertumbuh dengan organik maupun anorganik pada 2025. Anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. itu terus melihat peluang untuk tumbuh lewat akuisisi. 

    Pada September 2024, beredar kabar bahwa DigitalBridge Group Inc., perusahaan infrastruktur digital yang berbasis di Amerika Serikat, akan melepas sebagian atau seluruh aset EdgePoint Infrastructure, unit bisnis mereka di Asia Tenggara.

    EdgePoint merupakan pemegang saham di balik PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk. (CENT) untuk pasar Indonesia. 

    DigitalBridge bekerja sama dengan penasihat keuangan untuk melakukan kajian strategis yang bisa menghasilkan transaksi penjualan EdgePoint. 

    Perusahaan diperkirakan mengincar valuasi hingga US$4 miliar (sekitar Rp61,64 triliun) untuk aset bisnis menara telekomunikasi ini pada saat itu. 

    Adapun salah satu pembeli potensial jika aktivitas tersebut terjadi adalah Mitratel menurut sumber anonim. 

    Mengenai hal tersebut, Direktur Investasi dan Corporate Secretary Mitratel Hendra Purnama mengatakan pihaknya terbuka dalam segala hal bentuk peluang akuisisi menara maupun serat optik..

    “Ke depan, Kami terbuka untuk setiap peluang yang ada baik mengakuisisi menara ataupun fiber optik,” kata Hendra kepada Bisnis, Selasa (31/24/2024).

    Hendra menuturkan, pihaknya selalu terbuka tentang setiap rencana yang akan menambah kekuatan bisnis dari MTEL pada tahun 2025.

    “Strategi ini memungkinkan kami bertumbuh secara berkelanjutan dan tetap menjaga efisiensi guna mendukung transformasi digital di Indonesia,” ucapnya.

    Merujuk pada laporan info memo Mitratel, Selasa (5/11/2024), pada kuartal III/2024 laba yang dibukukan Mitratel tercatat sebesar Rp1,53 triliun atau bertambah Rp102 miliar secara tahunan atau naik 7,1% YoY.

    Sementara itu pada kuartal III/2023, laba Mitratel sebesar Rp1,43 triliun atau bertambah Rp203 miliar atau naik 16,6% secara tahunan. 

    Mitratel dalam jalur meningkatkan rasio penyewa per menara (tenant ratio) pada tahun ini. Mitratel menargetkan rasio operator penyewa menara perusahaan atau tenancy ratio pada tahun ini mencapai 1,56x. 

    Jumlah tersebut meningkatkan sekitar 0,5 basis points (bps) dibandingkan dengan 2023 yang sebesar 1,51x. Mitratel optimistis dapat mencapai target tersebut seiring dengan jumlah menara yang terus bertambah.  

  • Perluas Solusi Keuangan, Mandiri Capital Gencar Berinovasi di Fintech

    Perluas Solusi Keuangan, Mandiri Capital Gencar Berinovasi di Fintech

    Jakarta: Mandiri Capital Indonesia (MCI), perusahaan anak Bank Mandiri yang bergerak di industri modal ventura, secara proaktif mendorong inovasi di teknologi finansial (fintech).
     
    Melalui inisiatif Mandiri Innovation Hub yang bertepatan dengan acara Singapore Fintech Festival 2024, MCI berkesempatan untuk melakukan showcasing inovasi digital Bank Mandiri, yaitu Livin’ & Kopra, kepada berbagai perusahaan mancanegara seperti Visa, JP Morgan, dan AI Rudder.
     
    “Mandiri Innovation Hub memberikan kesempatan bagi kami untuk memperkenalkan potensi inovasi lokal di tingkat regional,” ucap General Manager & Country Head Bank Mandiri Singapore Tri Nugroho, dikutip dari keterangan tertulis, Selasa, 31 Desember 2024.
    Sebagai cabang internasional Bank Mandiri yang berbasis di Singapura, yang merupakan salah satu kota pusat bisnis dunia, tegas dia, Bank Mandiri berkomitmen mendukung transformasi digital dan memperluas akses terhadap solusi keuangan yang lebih inklusif di seluruh pasar Asia Tenggara dan internasional.
     
    Pada kesempatan yang sama, MCI juga menyelenggarakan business matchmaking program antara startup yang bergerak pada bidang Artificial Intelligence (AI), Renewable Energy, Waste Management, Fraud Detection, dan Cross-Border Payment & Remittance dengan berbagai unit kerja bisnis dalam ekosistem Mandiri Group.
     
    Program ini memberikan kesempatan bagi MCI untuk berbagi wawasan mengenai teknologi terbaru yang dapat mendorong transformasi digital sektor keuangan di Indonesia.
     

     

    Dorong revolusi fintech

    CEO Mandiri Capital Indonesia Ronald Simorangkir mengatakan, Mandiri Innovation Hub menandai momen penting tidak hanya bagi Bank Mandiri, tetapi juga bagi Mandiri Capital Indonesia.
     
    “Bersama-sama kita dapat mendorong revolusi fintech ke depan, menjadikan layanan perbankan lebih mudah diakses dan inklusif bagi semua,” papar dia.
     
    Mandiri Innovation Hub juga menyelenggarakan sesi panel discussion dengan sejumlah topik yang relevan, antara lain penerapan Artificial Intelligence (AI) dalam sektor keuangan, ekonomi sirkular, dan pengembangan inovasi digital yang berkelanjutan.
     
    Diskusi ini bertujuan untuk menggali potensi teknologi seperti AI, dalam mempercepat efisiensi dan aksesibilitas layanan keuangan, serta bagaimana sektor fintech dapat berperan dalam mendukung ekonomi sirkular dan transformasi digital di Indonesia.
     
    CEO AI Rudder Kevin Wu mengatakan, mengembangkan teknologi conversational AI, terutama AI Voice Technology, adalah salah satu cara membantu bisnis berinteraksi lebih efisien dengan pelanggan.
     
    “Langkah ini sejalan dengan upaya kami bersama Bank Mandiri untuk mendorong digitalisasi yang optimal. Dengan ini, kami percaya AI akan berperan penting dalam transformasi sektor keuangan, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di ranah global,” kata dia
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (HUS)