Topik: transformasi digital

  • Laba BNI naik 2,87 persen menjadi Rp21,5 triliun sepanjang 2024

    Laba BNI naik 2,87 persen menjadi Rp21,5 triliun sepanjang 2024

    BNI senantiasa berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan memanfaatkan peluang ekspansi yang ada.

    Jakarta (ANTARA) – Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) Royke Tumilaar menyatakan bahwa perseroan mencatatkan laba sebesar Rp21,5 triliun pada 2024, meningkat 2,87 persen year-on-year (yoy) dibandingkan perolehan pada tahun sebelumnya sebesar Rp20,9 triliun.

    “Pertumbuhan ini didorong oleh transformasi digital yang berhasil meningkatkan tabungan sebesar 11 persen secara tahunan, dari Rp232 triliun pada tahun 2023 menjadi Rp258 triliun pada tahun 2024,” ujar Royke Tumilaar dalam “Press Conference Paparan Kinerja BNI Fiscal Year 2024”, di Jakarta, Rabu.

    Ia mengatakan bahwa pihaknya optimis dapat mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan dengan terus berinovasi dan fokus pada kebutuhan nasabah.

    “BNI senantiasa berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan memanfaatkan peluang ekspansi yang ada,” katanya lagi.

    Royke menuturkan bahwa potensi pertumbuhan bisnis yang signifikan dan berkelanjutan tersebut sejalan dengan upaya realisasi Astacita pemerintah, seperti program pengembangan infrastruktur, ketahanan energi dan pangan, pemberdayaan UMKM, hilirisasi industri, serta program perumahan nasional.

    Dia menyatakan bahwa pencapaian kinerja perseroan pada tahun lalu, juga didukung oleh keberhasilan transformasi digital melalui peluncuran aplikasi mobile banking wondr by BNI untuk segmen retail dan BNIdirect untuk segmen bisnis korporasi.

    “Kedua inovasi digital ini menjadi bagian dari inisiatif strategis perseroan dalam mendorong peningkatan CASA (current account saving account/dana murah) transaksional terhadap dana pihak ketiga,” ujarnya lagi.

    Wakil Direktur Utama BNI Putrama Wahju Setyawan menuturkan bahwa transformasi digital melalui kedua aplikasi mobile banking tersebut memberikan dampak positif terhadap kinerja perusahaan secara keseluruhan.

    Ia mengatakan bahwa nilai tabungan tumbuh hampir dua kali lipat pada semester II-2024 setelah diluncurkannya wondr by BNI pada 5 Juli 2024.

    “Fokus pada transformasi digital yang kami lakukan sepanjang 2024, memberikan kontribusi positif terhadap kinerja BNI secara keseluruhan. Kami percaya profitabilitas BNI akan berkelanjutan dengan berfokus pada pendanaan berbiaya murah,” kata Putrama Wahju Setyawan.

    Jumlah pengguna wondr by BNI mencapai 5,3 juta hingga akhir Desember 2024, dengan active rate lebih dari dua kali lipat dibandingkan aplikasi sebelumnya, yaitu BNI Mobile Banking.

    Transaksi perbankan melalui wondr by BNI mencapai Rp191 triliun dengan 195 juta transaksi hingga akhir tahun lalu. Peningkatan transaksi ini, juga mendorong kenaikan non-interest income sebesar 11,9 persen yoy menjadi Rp24,04 triliun.

    Sementara layanan perbankan segmen wholesale banking melalui BNIdirect mencatatkan peningkatan nilai transaksi sebesar 23,3 persen yoy menjadi Rp7.931 triliun, dengan jumlah transaksi naik 36,5 persen yoy mencapai 1,2 miliar transaksi.

    Pengguna BNIdirect pun telah mencapai 173 ribu user, atau naik 15 persen yoy, sejalan dengan target perseroan untuk meningkatkan rekening giro transaksional menjadi 72 persen dari total rekening giro, dibandingkan porsi rekening giro transaksional pada 2023 yang hanya 66 persen.

    Pewarta: Uyu Septiyati Liman
    Editor: Budisantoso Budiman
    Copyright © ANTARA 2025

  • Mandiri Remittance Perkuat Layanan Transfer untuk PMI di Malaysia

    Mandiri Remittance Perkuat Layanan Transfer untuk PMI di Malaysia

    Jakarta

    Bank Mandiri melalui anak usahanya, Mandiri International Remittance Sdn Bhd (MIR), memperkokoh komitmen dalam menghadirkan layanan keuangan inklusif bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Malaysia. Sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan nasabah, MIR telah meluncurkan aplikasi inovatif bertajuk MANDIRI REMIT pada Semester II 2024 lalu.

    Aplikasi ini, dirancang khusus untuk memudahkan proses transfer dana lintas negara dengan efisiensi tinggi, keamanan, serta biaya yang sangat kompetitif. MANDIRI REMIT memberikan kemudahan bagi PMI untuk mengirimkan dana dari Malaysia ke Indonesia, maupun ke sembilan negara lainnya seperti Bangladesh, Nepal, Pakistan, Singapura, Thailand, Filipina, India, Hong Kong, dan Vietnam.

    Presiden Direktur MIR Fitri Wahyu Adihartati menjelaskan, sebagai perusahaan pengiriman uang dengan lisensi dari Bank Negara Malaysia sejak 2009, MIR telah mengelola lebih dari 100 ribu rekening nasabah, yang mayoritas merupakan PMI di Malaysia.

    “Dengan adanya MANDIRI REMIT, nasabah dapat menikmati biaya administrasi yang murah dan kurs transfer yang sangat kompetitif, menjadikan layanan ini sebagai solusi ideal bagi PMI,” ujar Fitri dalam keterangan tertulis, Selasa (21/1).

    Lewat rangkaian inovasi tersebut, frekuensi transaksi remitansi MIR terus meningkat, mencapai 80 ribu lebih pada tahun 2024, meningkat 8,9% secara year on year (YoY). Di samping itu, pada periode yang sama volume transaksi remitansi turut meningkat sebesar 17,2% secara YoY.

    “Kami memahami pentingnya pengiriman dana yang cepat, aman, dan terjangkau bagi PMI di Malaysia. Dengan MANDIRI REMIT, kami ingin memberikan pengalaman transaksi yang lebih baik, sekaligus mendukung pengelolaan keuangan mereka secara keseluruhan,” ujar Fitri.

    Tidak hanya fokus pada transaksi, MIR juga aktif dalam mendukung pemberdayaan PMI melalui program Mandiri Sahabatku. Program yang telah berjalan sejak 2007 ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan PMI, membantu mereka memahami pengelolaan keuangan, serta memberikan bekal kewirausahaan untuk mendukung kesiapan finansial mereka saat kembali ke Tanah Air serta meningkatkan lapangan kerja.

    Program Mandiri Sahabatku lanjut Fitri, merupakan inisiatif strategis Bank Mandiri untuk meningkatkan kemandirian ekonomi PMI yang selaras dengan Asta Cita Presiden Prabowo. Dengan fokus pada edukasi perencanaan keuangan dan pengembangan keterampilan usaha, program ini diharapkan dapat mendukung PMI dalam membangun stabilitas finansial secara berkelanjutan.

    MIR juga terus mempererat kolaborasinya dengan Bank Mandiri, dalam menghadirkan inovasi layanan perbankan yang semakin inklusif. Kini, melalui superapp Livin’ by Mandiri, PMI di Malaysia dapat dengan mudah membuka rekening secara digital dan menikmati beragam solusi finansial, selaras dengan visi Kementerian BUMN Membina usaha mikro dan usaha kecil agar lebih tangguh dan mandiri.

    “Seluruh inisiatif ini, mencerminkan komitmen Bank Mandiri dalam memimpin transformasi digital perbankan melalui akselerasi layanan yang inklusif dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” pungkas Fitri.

    (anl/ega)

  • Lantik Kepala ANRI, Menpan-RB Sampaikan Pesan Ini
                
                    
                        
                            Nasional
                        
                        21 Januari 2025

    Lantik Kepala ANRI, Menpan-RB Sampaikan Pesan Ini Nasional 21 Januari 2025

    Lantik Kepala ANRI, Menpan-RB Sampaikan Pesan Ini
    Penulis
    KOMPAS.com 
    – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (
    Menpan-RB
    )
    Rini Widyantini
    melantik Mego Pinandito sebagai Kepala
    Arsip
    Nasional Republik Indonesia (
    ANRI
    ) di Kantor ANRI, Jakarta, Selasa (21/1/2025).
    Mego Pinandito sebelumnya menjabat sebagai Deputi Kebijakan Pembangunan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). 
    Rini mengatakan, pelantikan Kepala ANRI tersebut tidak hanya menandai pergantian kepemimpinan, tetapi juga menegaskan kembali pentingnya peran
    arsip
    nasional sebagai penjaga memori bangsa dan katalisator masa depan. 
    “Kepada Kepala ANRI yang baru saja dilantik, saya ucapkan selamat. Amanah ini adalah undangan untuk menciptakan jejak penguatan arsip yang lebih besar bagi negeri ini,” ujarnya saat memberikan sambutan usai pelantikan.
    Sebagai lembaga yang menjadi penjaga memori kolektif bangsa, sebut Rini, ANRI tidak hanya berperan melestarikan arsip-arsip masa lalu, tetapi juga untuk memastikan bahwa informasi yang tersimpan dapat dimanfaatkan secara optimal dalam mendukung perencanaan dan kebijakan pada masa depan. 
    Menurutnya, di tengah transformasi digital yang semakin cepat, ada tiga langkah penting yang diharapkan dari kepemimpinan ANRI.
    “Langkah tersebut yaitu transformasi digital melalui aplikasi SRIKANDI, arsiparis sebagai inovator, serta peningkatan kesadaran arsip sebagai aset strategis,” ungkapnya.
    Rini berharap, ANRI bisa berkembang melancarkan modernisasi dan transformasi digital tata kelola kearsipan secara nasional.
    “Arsip adalah investasi jangka panjang untuk bangsa. Penting bagi ANRI untuk meningkatkan kesadaran publik tentang nilai strategis arsip, baik sebagai penguat identitas, bukti sejarah, fasilitator percepatan komunikasi antarkementerian (melalui kearsipan), maupun referensi dalam pengambilan kebijakan,” paparnya.
    Kemenpan-RB
    , jelasnya, juga berkomitmen mendukung ANRI, baik melalui kebijakan strategis maupun implementasi program.
    “Kami akan terus mendukung berbagai kebijakan dalam penguatan
    arsip nasional
    ke depan. Kami juga percaya, arsip yang dikelola dengan baik akan menjadi pilar penting untuk menciptakan pemerintahan yang transparan, akuntabel, dan berdaya saing,” terangnya. 
    Sementara itu, Kepala ANRI Mego Pinandito mengaku siap melaksanakan arahan Menpan-RB, terutama menyoal transformasi digital pengelolaan arsip.
    “Tentunya beberapa hal yang diharapkan untuk bisa dilakukan percepatannya bagaimana sebetulnya pengelolaan dari arsip-arsip yang ada, yang saat ini mungkin masih sebagian besar bentuknya nondigital dan itu perlu disegerakan untuk diproses menjadi sebuah transformasi digital yang bisa dimanfaatkan dengan mudah,” jelasnya. 
    Menurutnya, akselerasi transformasi digital kearsipan tersebut perlu didukung dengan penguatan sumber daya manusia (SDM), khususnya kemampuan digitalisasi dan penguasaan beragam teknologi yang bisa dimanfaatkan.
    “Sehingga percepatan-percepatan mulai dari proses arsip itu sendiri sampai kepada bagaimana kita bisa mendapatkan arsip dengan waktu yang cepat dan juga secara keseluruhan untuk memberikan informasi yang detail kepada perencanaan kedepannya bisa dilakukan,” tambahnya.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Menteri PANRB: ANRI berperan penting jaga memori bangsa

    Menteri PANRB: ANRI berperan penting jaga memori bangsa

    Kami juga percaya, arsip yang dikelola dengan baik akan menjadi pilar penting untuk menciptakan pemerintahan yang transparan, akuntabel, dan berdaya saing

    Jakarta (ANTARA) – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Rini Widyantini menegaskan pentingnya peran Lembaga Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dalam menjaga memori bangsa dan katalisator masa depan.

    Hal itu disampaikan Rini saat melantik Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia yakni Mego Pinandito–yang sebelumnya menjabat sebagai Deputi Kebijakan Pembangunan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)–di Kantor ANRI, Jakarta, Selasa.

    “Kepada Kepala ANRI yang baru saja dilantik, saya ucapkan selamat. Amanah ini adalah undangan untuk menciptakan jejak penguatan arsip yang lebih besar bagi negeri ini,” kata Rini dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

    Sebagai lembaga yang menjadi penjaga memori kolektif bangsa, ANRI memegang peranan penting tidak hanya untuk melestarikan arsip-arsip masa lalu, tetapi juga untuk memastikan bahwa informasi yang tersimpan dapat dimanfaatkan secara optimal dalam mendukung perencanaan dan kebijakan di masa depan.

    Menurutnya, di tengah transformasi digital yang semakin cepat, ada tiga langkah penting yang diharapkan dari kepemimpinan ANRI ke depan.

    Langkah tersebut yaitu transformasi digital melalui aplikasi SRIKANDI, arsiparis sebagai inovator, serta peningkatan kesadaran arsip sebagai aset strategis.

    “Saya tadi menyampaikan banyak harapan pada lembaga ini. ANRI bukan hanya untuk mengumpulkan atau mengelola arsip, tetapi saya berharap Kepala ANRI nanti ke depan harus ada modernisasi dan transformasi digital tata kelola kearsipan secara nasional,” jelasnya.

    Rini juga menekankan bahwa arsip adalah investasi jangka panjang untuk bangsa. Penting bagi ANRI untuk meningkatkan kesadaran publik tentang nilai strategis arsip, baik sebagai penguat identitas, bukti sejarah, fasilitator percepatan komunikasi antarkementerian (melalui kearsipan), maupun referensi dalam pengambilan kebijakan.

    Kementerian PANRB juga berkomitmen untuk terus mendukung ANRI, baik melalui kebijakan strategis maupun implementasi program.

    “Kami akan terus mendukung berbagai kebijakan dalam penguatan arsip nasional ke depan. Kami juga percaya, arsip yang dikelola dengan baik akan menjadi pilar penting untuk menciptakan pemerintahan yang transparan, akuntabel, dan berdaya saing,” ujar Rini.

    Sementara itu, Kepala ANRI Mego Pinandito mengaku siap melaksanakan arahan Menteri PANRB, terutama transformasi digital pengelolaan arsip.

    “Tentunya beberapa hal yang diharapkan untuk bisa dilakukan percepatannya bagaimana sebetulnya pengelolaan dari arsip-arsip yang ada, yang saat ini mungkin masih sebagian besar bentuknya nondigital dan itu perlu disegerakan untuk diproses menjadi sebuah transformasi digital yang bisa dimanfaatkan dengan mudah,” tambah Mego.

    Dia menilai akselerasi transformasi digital kearsipan tersebut perlu didukung dengan penguatan sumber daya manusia khususnya kemampuan digitalisasi dan penguasaan beragam teknologi yang bisa dimanfaatkan.

    “Sehingga percepatan-percepatan mulai dari proses arsip itu sendiri sampai kepada bagaimana kita bisa mendapatkan arsip dengan waktu yang cepat dan juga secara keseluruhan untuk memberikan informasi yang detail kepada perencanaan kedepannya bisa dilakukan,” ujarnya.

    Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
    Editor: Rangga Pandu Asmara Jingga
    Copyright © ANTARA 2025

  • Diskominfo Gandeng Moratelindo Dorong Transformasi Digital di Badung

    Diskominfo Gandeng Moratelindo Dorong Transformasi Digital di Badung

    Bisnis.com, JAKARTA – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Badung meresmikan kerjasamanya dengan PT. Mora Telematika Indonesia, Tbk (“Moratelindo”) di Courtyard Bali Nusa Dua Resort pada tanggal 21 Januari 2025 pukul 10.00 WITA. Diskominfo dan Moratelindo bekerjasama untuk penyediaan layanan International Fiber Optic (FO) Internet berkapasitas 20.000 Mbps.

    Kerjasama ini mencerminkan komitmen kedua belah pihak dalam mendukung pengembangan dan penerapan teknologi informasi untuk pemerintahan yang lebih baik. Dengan adanya layanan yang handal dan efisien, baik pemerintah daerah maupun masyarakat dapat merasakan manfaat langsung dari digitalisasi dan teknologi komunikasi yang semakin berkembang.

    Dalam kerjasama ini, Moratelindo memberikan layanan internet ke 1.009 lokasi dan layanan tambahan antara lain wifi corner (minimal 50 lokasi), akses internet pada Crisis Center Badan Penanggulangan Bencana Daerah Badung, lokasi e-tiket di seluruh DTW Kabupaten Badung, 5 sekolah Taman Kanak-kanak Negeri se-Badung, layanan CCTV sejumlah 500 unit, layanan pengembangan berupa 500 access point, layanan colocation data center yang bersertifikasi TIER 3,3 unit mobil operasional, dan pelatihan untuk peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia bidang Teknologi, Informasi, dan Komunikasi. Proyek ini memastikan akses internet berkualitas tinggi untuk berbagai kebutuhan pemerintah Kabupaten Badung.

    Dengan adanya kerjasama ini, Moratelindo berharap dapat berkontribusi dalam mewujudkan Kabupaten Badung yang lebih maju dan berbasis teknologi, sekaligus memperkuat sektor-sektor penting yang mendukung kemajuan daerah tersebut, seperti pemerintahan, pendidikan, kesehatan, dan pariwisata. Moratelindo berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia, khususnya dalam mewujudkan pemerintahan yang lebih efisien dan masyarakat yang lebih terhubung dengan teknologi.

  • Akselerasi Layanan Digital, Mandiri Remittance Perkuat Layanan Transfer untuk PMI

    Akselerasi Layanan Digital, Mandiri Remittance Perkuat Layanan Transfer untuk PMI

    Jakarta, Beritasatu.com – Bank Mandiri melalui anak usahanya, Mandiri International Remittance Sdn Bhd (MIR), memperkokoh komitmen dalam menghadirkan layanan keuangan inklusif bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Malaysia. Sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan nasabah, MIR telah meluncurkan aplikasi inovatif bertajuk MANDIRI REMIT pada Semester II 2024 lalu.

    Aplikasi ini dirancang khusus untuk memudahkan proses transfer dana lintas negara dengan efisiensi tinggi, keamanan, serta biaya yang sangat kompetitif. MANDIRI REMIT memberikan kemudahan bagi PMI untuk mengirimkan dana dari Malaysia ke Indonesia, maupun ke sembilan negara lainnya seperti Bangladesh, Nepal, Pakistan, Singapura, Thailand, Filipina, India, Hong Kong, dan Vietnam.

    Presiden Direktur MIR Fitri Wahyu Adihartati menjelaskan, sebagai perusahaan pengiriman uang dengan lisensi dari Bank Negara Malaysia sejak 2009, MIR telah mengelola lebih dari 100 ribu rekening nasabah, yang mayoritas merupakan PMI di Malaysia.

    “Dengan adanya MANDIRI REMIT, nasabah dapat menikmati biaya administrasi yang murah dan kurs transfer yang sangat kompetitif, menjadikan layanan ini sebagai solusi ideal bagi PMI,” ujar Fitri dalam keterangan resminya, Selasa (21/1/2025).

    Lewat rangkaian inovasi tersebut, frekuensi transaksi remitansi MIR terus meningkat, mencapai 80.000 lebih pada tahun 2024, meningkat 8,9% secara year on year (YoY). Di samping itu, pada periode yang sama volume transaksi remitansi turut meningkat sebesar 17,2% secara YoY.

    “Kami memahami pentingnya pengiriman dana yang cepat, aman, dan terjangkau bagi PMI di Malaysia. Dengan MANDIRI REMIT, kami ingin memberikan pengalaman transaksi yang lebih baik, sekaligus mendukung pengelolaan keuangan mereka secara keseluruhan,” ujar Fitri.

    Tidak hanya fokus pada transaksi, MIR juga aktif dalam mendukung pemberdayaan PMI melalui program Mandiri Sahabatku. Program yang telah berjalan sejak 2007 ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan PMI, membantu mereka memahami pengelolaan keuangan, serta memberikan bekal kewirausahaan untuk mendukung kesiapan finansial mereka saat kembali ke tanah Air serta meningkatkan lapangan kerja.

    Program Mandiri Sahabatku lanjut Fitri, merupakan inisiatif strategis Bank Mandiri untuk meningkatkan kemandirian ekonomi PMI yang selaras dengan Asta Cita Presiden Prabowo. Dengan fokus pada edukasi perencanaan keuangan dan pengembangan keterampilan usaha, program ini diharapkan dapat mendukung PMI dalam membangun stabilitas finansial secara berkelanjutan.

    MIR juga terus mempererat kolaborasinya dengan Bank Mandiri, dalam menghadirkan inovasi layanan perbankan yang semakin inklusif. Kini, melalui superapp Livin’ by Mandiri, PMI di Malaysia dapat dengan mudah membuka rekening secara digital dan menikmati beragam solusi finansial, selaras dengan visi Kementerian BUMN Membina usaha mikro dan usaha kecil agar lebih tangguh dan mandiri.

    “Seluruh inisiatif ini, mencerminkan komitmen Bank Mandiri dalam memimpin transformasi digital perbankan melalui akselerasi layanan yang inklusif dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” pungkas Fitri.

  • Komdigi Bakal Evaluasi Pejabat Secara Berkala Respons Keluhan Netizen Soal Buzzer – Halaman all

    Komdigi Bakal Evaluasi Pejabat Secara Berkala Respons Keluhan Netizen Soal Buzzer – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Direktur Jenderal Komunikasi Publik dan Media Kementerian Komdigi, Fifi Aleyda Yahya merespons keluhan masyarakat (netizen) terkait pengangkatan pejabat yang baru.

    Pejabat yang baru dilantik dan menjadi sorotan publik yakni Stafsus Bidang Strategis Komunikasi, Rudi Sutanto disebut sebagai pendengung (buzzer).

    Menurutnya, para pejabat yang dilantik tersebut pun akan selalu dievaluasi kerja dan kinerjanya secara berkala.

    Evaluasi bahkan akan langsung dilakukan oleh Menkomdigi Meutya Hafid.

    “Kami sampaikan banyak terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat atas kepeduliannya terhadap Kemkomdigi. Kami optimistis bisa mengemban tugas lebih baik di tengah tantangan era digital yang semakin kompleks,” ujarnya dalam keterangan, Senin (20/1/2025).

    “Seluruh pejabat yang dilantik telah menandatangani pakta integritas sebelum melaksanakan tugasnya. Harapannya, para pejabat bekerja dengan penuh tanggung jawab dan sesuai dengan arahan Menkomdigi serta Asta-Cita Presiden Prabowo Subianto,” lanjut Fifi.

    Berbagai upaya tersebut merupakan bentuk upaya Kemkomdigi menciptakan lingkungan kerja yang bersih, transparan, dan akuntabel.

    “Presiden Prabowo sudah mengamanatkan agar tercipta pemerintahan bersih dan bebas dari penyimpangan,” jelasnya.

    Menurut Fifi, perhatian masyarakat terhadap Kemkomdigi sangat besar karena lembaga tersebut adalah motor penggerak transformasi digital di Indonesia.

    “Tentu masukan dari masyarakat, baik saran maupun kritik akan selalu kami nantikan. Karena pengawasan yang baik harus dilakukan bersama,” pungkasnya.

    Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi), Meutya Hafid melantik jajaran pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama baru dalam sebuah upacara resmi pada Senin (13/1/2025).

    Di antaranya, tiga staf khusus menteri yang baru ditunjuk adalah Stafsus Bidang Kemitraan Global dan Edukasi Digital, Raline Rahmat Shah; Stafsus Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Strategis, Aida Rezalina; dan Stafsus Bidang Strategis Komunikasi Rudi Sutanto.

    Netizen ramai-ramai menilai bahwa Rudi merupakan pendengung atau buzzer.

    Meutya mengatakan pihaknya tidak tahu Rudy Sutanto merupakan pemilik akun Rudi Valinka.

    Apalagi, dia juga tidak pernah bermain sosial media X.

    “Saya enggak tahu, saya juga enggak terlalu main Twitter (X),” ujar Meutya di Istana Negara, Jakarta, Senin (13/1/2025).

    Meutya mengaku pihaknya juga tidak mengenal secara pribadi dengan Rudi Sutanto.

    Dia juga enggan berspekulasi mengenai sosok pejabat baru Komdigi tersebut.

    “Jadi saya tidak tidak mau berspekulasi mengenai apa siapa Rudy Sutanto,” jelasnya.

    Hanya saja, kata Meutya, pihaknya sudah membaca Curriculum Vitae (CV) dari Rudi Sutanto.

    Dia menyatakan yang bersangkutan memiliki rekam jejak yang mumpuni menjadi pejabat Komdigi.

    “Dari CV yang kami terima beliau memang juga adalah strategi komunikasi dan jadi juga mewarnai di Kementerian ini. Karena secara Kementerian juga ini enggak cuma digital tapi juga di bidang komunikasi,” pungkasnya.

  • Kata Ary Ginanjar Soal Pola Kerja SDM di Era Industri 5.0 Personalization Humanization – Halaman all

    Kata Ary Ginanjar Soal Pola Kerja SDM di Era Industri 5.0 Personalization Humanization – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  – Pada era transformasi digital saat ini di mana internet memiliki peran besar, jarak antara pemberi dan penerima kerja tak lagi jadi batasan.

    Hal itu membuat tren gig economy terus berkembang.

    Hal itu dikemukakan Pendiri ESQ Corp, Ary Ginanjar dalam peluncuran AI Talent Management di Petrosains (Galaxy Hall), Suria KLCC, Petronas Twin Towers, pada Rabu (15/01/2025).

    Peluncuran di Malaysia ini disebutkan sebagai respon atas tingginya animo dari Government-Linked Company (GLC) adalah perusahaan-perusahaan yang berada di bawah otoritas kerajaan Malaysia atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Malaysia.

    Kegiatan ini dilakukan dalam sesi ACT Executive Talk dengan tema “Artificial Intellegence (AI) and Workforce Agility” bertempat di Petrosains (Galaxy Hall) bertempat di Petrosains (Galaxy Hall), Suria KLCC, Petronas Twin Towers, pada Rabu (15/01/2025).

    “Kita berada di era Industry 5.0 (Personalization Humanization), era digital, dari sinilah lahir gig economy. Dimana sumber daya manusia (SDM) kita bekerja tidak lagi ingin di kantor, ingin fleksibel bekerja dimana pun, lalu 3 sampai 6 bulan kemudian resign. Tentu itu cukup menguras waktu untuk memonitor SDM,” jelas Ary Ginanjar.

    Untuk itu, Ary Ginanjar memberikan solusi melalui Gig Leadership Model, adalah sebuah konsep seperti rumah yakni terdapat fondasi, tiang, dan atap. 

    “Perkuat fondasi atau Strength and Agility Through Grand Why. Lalu ditopang dengan 2 tiang Accuracy in Selecting dan Speed Through AI. Setelah itu, dinaungi oleh atap yaitu knowledge dan skill,” tutur Ary Ginanjar.

    “Kita harus perkuat fondasinya, perkuat niat setiap SDM dengan Grand Why (mengetahui makna dan tujuan dalam hidup). Grand Why, alasan luhur kita bekerja hanya untuk pengabdian kepada Tuhan yang Maha Esa, sehingga totalitas tanpa batas,” imbuhnya.

    Kata Ary Ginanjar, dengan mengetahui Talent DNA setiap SDM akan di posisikan di tempat yang tepat sesuai bidangnya dan memiliki semangat yang berkobar dalam bekerja tanpa diperintah, serta akan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan secara eksponensial.

    “Apalagi TalentDNA nya ini berbasis AI atau yang kita kenal AI Talent Management. Semua itu akan lebih lengkap jika SDM nya juga dibekali kompetensi yang mumpuni,” ungkap Ary Ginanjar.

    Masih menurut Ary Ginanjar, momentum ini menjadi bersejarah bagi ACT Consulting International anak perusahaan ESQ, resmi melaunching AI Talent Management di Negara Jiran Malaysia. Ini adalah langkah besar untuk membawa solusi AI dalam pengelolaan talenta ke level internasional.

    “Kenapa di Malaysia? Karena begitu banyak syarikat termasuk GLC atau BUMN Malaysia yang antusias menyambut serta menggunakan solusi inovatif ini untuk mengelola SDM mereka,” ungkap Ary Ginanjar.

    “Pelbagai syarikat termasuk GLC atau BUMN Malaysia mereka mempergunakan konsep atau tools AI TalentDNA di dalam rekrutmen, seleksi dan mutasi dengan kecepatan yang sangat tinggi, dengan ketepatan yang sangat akurat,” tambahnya. 

    Ary Ginanjar berharap karyanya ini bermanfaat bukan hanya di Indonesia dan Malaysia tetapi untuk dunia dalam menghadapi gig era perubahan yang sangat cepat dan memerlukan ketepatan, kecepatan, dan efisiensi dalam memilih dan memilah sumber daya manusia bertalenta.

    “Dengan segala kerendahan hati, mohon doa dari Indonesia agar karya anak bangsa ini bisa Go Internasional dan mengangkat harkat martabat bangsa di mata dunia,” harapnya.

    Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Former CEO, Malaysia Airports Holdings Berhad, Raja Azmi Bin Raja Nazuddin menuturkan AI Talent Management sebagai solusi  tepat dalam menjaring SDM unggul yang sesuai dengan  kebutuhan Perusahaan.

    “Kami akan memandu Anda melalui fase pelaksanaan, dengan fokus pada manajemen perubahan yang efektif untuk memastikan transisi yang lancar dan hasil yang bertahan lama,” ungkap Raja Azmi.

    “Terakhir, komitmen kami terhadap pemantauan dan evaluasi akan mendorong peningkatan berkelanjutan, yang memungkinkan organisasi Anda beradaptasi dan berkembang dalam lingkungan yang terus berubah,” katanya. 

     

     

    Caption: Pendiri ESQ Corp, Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian bersama para pimpinan Government-Linked Company (GLC) –  perusahaan-perusahaan BUMN Malaysia saat acara Launching AI Talent Management di Petrosains (Galaxy Hall), Suria KLCC, Petronas Twin Towers, pada Rabu (15/01/2025).
     

     

  • Indonesia Diramal Jadi Pasar Alternatif TikTok Jika AS Tegas Blokir

    Indonesia Diramal Jadi Pasar Alternatif TikTok Jika AS Tegas Blokir

    Bisnis.com, JAKARTA – Pelarangan operasional TikTok di Amerika Serikat diperkirakan berdampak pada persaingan ketat e-commerce Indonesia. TikTok bakal mencari pasar alternatif ke Indonesia jika AS menerapkan larangan kepada mereka dengan tegas.

    TikTok sempat berhenti berfungsi Amerika Serikat (AS) pada Sabtu malam waktu setempat (18/1/2025) dan telah menghilang dari toko aplikasi Apple dan Google.

    Namun, TikTok telah mengumumkan pemulihan sebagian layanannya di Amerika Serikat (AS) setelah sempat diblokir. Hal itu berkat kebijakan Presiden AS terpilih, Donald Trump.

    Trump diketahui memberikan penangguhan larangan atau relaksasi selama 90 hari kepada TikTok setelah ia menjabat. 

    Melihat ketidakpastian TikTok di AS, Pengamat Telekomunikasi Institut Teknologi Bandung (ITB) Ian Joseph Matheus Edward menilai Indonesia berkemungkinan menjadi tujuan utama TikTok untuk memperluas pasar.

    Apalagi, pasca pandemi Covid-19 transformasi digital sudah meresap ke masyarakat dari belanja online sampai hal-hal kecil lainnya.

    Sehingga, Ian mengatakan bahwa pihak TikTok pasti akan berusaha untuk memasuki ekosistem dan mempelajari lifestyle di Indonesia.

    “Tantangannya bagi Indonesia tentu regulasi, yang harus dapat membentengi (perkembangan TikTok),” kata Ian kepada Bisnis, Senin (20/1/2025).

    Data Indonesia.id, mengutip dari Momentum Works, melaporkan bisnis e-commerce milik TikTok, TikTok Shop memiliki nilai penjualan bruto atau gross merchandise value (GMV) yang diperkirakan mencapai US$32,6 miliar atau Rp 528,12 triliun (kurs Rp 16.200/US$).

    Seller berjualan di TiKTokPerbesar

    Dilihat dari negaranya, Amerika Serikat (AS) menjadi penyumbang GMV TikTok Shop terbesar di dunia pada 2024 dengan nilai mencapai US$9 miliar dollar. Angka ini melesat 650% secara tahunan (year on year/YoY).

    Indonesia menempati urutan kedua negara penyumbang GMV TikTok Shop terbesar global pada tahun lalu. Nilainya ditaksir mencapai US$6,198 miliar atau tumbuh 39% (YoY).

    Ian menyampaikan terdapat dampak positif dan negatif jika nantinya TikTok menjadikan Indonesia sebagai pasar utama mereka.

  • Apa Itu Aplikasi Rumah Pendidikan?

    Apa Itu Aplikasi Rumah Pendidikan?

    JABAR EKSPRES – Seiring kemajuan teknologi, digitalisasi menjadi langkah penting dalam meningkatkan mutu dan aksesibilitas pendidikan di Indonesia. Transformasi digital kini memengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk cara belajar, bekerja, dan berinteraksi. Untuk mendukung kemajuan ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus meluncurkan inovasi digital. Salah satu terobosan terbaru adalah Aplikasi Rumah Pendidikan, yang akan resmi dirilis pada 21 Januari 2025.

    Aplikasi Rumah Pendidikan adalah platform digital yang dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan pendidikan. Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen), aplikasi ini mengusung prinsip RAMAH: Responsif, Akuntabel, Melayani, Adaptif, dan Harmonis.

    Baca juga : Akhirnya Dapodik Semester Genap 2025 Rilis, ini Dampak Terhadap Pencairan Dana BOS

    Platform ini menyediakan layanan bagi seluruh pemangku kepentingan pendidikan, termasuk guru, murid, orang tua, sekolah, pemerintah, hingga masyarakat umum. Kehadirannya diharapkan menjadi solusi komprehensif dalam ekosistem pendidikan Indonesia.

    Sejak kabar peluncurannya muncul, banyak yang bertanya apakah Aplikasi ini akan menggantikan Platform Merdeka Mengajar (PMM). Jawabannya adalah tidak. PMM tidak dihapus, melainkan diintegrasikan ke dalam Aplikasi Rumah Pendidikan. Hal ini bertujuan untuk mempermudah akses pengguna terhadap berbagai fitur yang mendukung proses pembelajaran.

    Akun belajar.id, yang selama ini menjadi identitas digital bagi guru dan siswa, tetap akan digunakan dalam Aplikasi ini. Akun ini berfungsi sebagai pintu masuk untuk mengakses berbagai fitur di platform baru ini. Dengan demikian, pengguna tidak perlu membuat akun baru, sehingga transisi ke aplikasi ini menjadi lebih mudah.

    Aplikasi Rumah Pendidikan menghadirkan delapan ruang utama yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan berbagai pemangku kepentingan:

    Ruang MuridFitur: sumber belajar, bank soal, rapor digital, riwayat pendidikan, dan akun pendidikan. Murid dapat mengakses materi pembelajaran secara mandiri dan terstruktur.Ruang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK)Fitur: pengelolaan kinerja, refleksi kompetensi, pelatihan mandiri, portal pembelajaran (LMS), kelas maya, dan akun pendidikan.

    Baca juga : Kapan Dana BOS 2025 Cair? Ini Jadwal dan Syarat Pencairan Tahap 1

    Ruang SekolahFitur: manajemen sekolah, profil sekolah, rapor satuan pendidikan, perencanaan dan belanja sekolah, bantuan operasional, dan akun pendidikan.