Topik: transformasi digital

  • Komdigi Berharap Satelit Amazon Kuiper Buka Lapangan Kerja Baru

    Komdigi Berharap Satelit Amazon Kuiper Buka Lapangan Kerja Baru

    Bisnis.com, JAKARTA — Hadirnya satelit orbit rendah Amazon Kuiper diharapkan dapat menjadi pelengkap Satelit Satria-1 di daerah terdepan, tertinggal dan terluar (3T) hingga membuka lapangan pekerjaan baru. Saat ini proses penjajakan masih berlangsung.

    Direktur Jenderal Infrastruktur Digital Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) Wayan Toni Supriyanto mengatakan jika kerja sama tersebut  terealisasi, akan membuat banyak pilihan bagi penyelenggara dalam memenuhi permintaan konektivitas satelit di 3T.

    Wayan menyebut, pihaknya mengharapkan pemain LEO seperti Kuiper dapat memberikan nilai tambah dan manfaat lebih kepada penyelenggara lokal, serta membuka lapangan kerja baru.

    “Dengan memberikan kesempatan kepada penyelenggara lokal untuk dapat bekerjasama dengan Kuiper dalam bentuk value chain apapun yang memungkinkan dan memberi nilai tambah, memberikan lapangan kerja,” ujar Wayan kepada Bisnis, dikutip Minggu (23/3/2025).

    Tidak hanya itu, kehadiran Kuipers nantinya tidak akan mengganti layanan yang sudah dijalankan oleh Satria-1.

    Sebab, Satria -1 merupakan program Pemerintah melalui BAKTI untuk memenuhi konektivitas berbasis satelit di sejumlah titik layanan publik misalnya sekolah, pusat layanan kesehatan, kantor pemerintahan, dsb, khususnya di wilayah 3T. 

    “Diharapkan kedua sistem satelit tersebut akan memberikan optimasi solusi pengentasan masalah blank spot yang lebih efisien dan mengurangi beban anggaran subsidi Pemerintah dalam hal ini Komdigi,“ ucapnya.

    Adapun, Komdigi saat ini berencana menggandeng Amazon Kuipers untuk memperluas konektivitas digital di wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T), sekaligus mendukung transformasi digital nasional.

    Teknologi satelit memainkan peran penting dalam mengatasi kesenjangan digital, terutama di daerah terpencil. Kuiper dikabarkan berencana menggelontorkan investasi sebesar Rp328 miliar untuk masuk ke Indonesia. Lebih besar dari komitmen investasi Starlink yang hanya Rp30 miliar.

    Sekretaris Jenderal (Sekjen) Komdigi, Ismail mengatakan rencana kerja sama antara Amazon Kuiper tidak akan mengganti satelit Satria-1 yang sudah ada. Kerja sama ini, kata Ismail malah akan menjadi pelangkap layanan Satria-1 yang berada di wilayah 3T.

    “Enggak (mengganti Satria-1), kan saling komplemen,” kata Ismail. 

    Project Kuiper merupakan jaringan satelit broadband orbit rendah (LEO) milik Amazon yang bertujuan menyediakan konektivitas internet cepat dan terjangkau ke seluruh dunia, terutama untuk daerah yang belum terlayani atau kurang terlayani oleh opsi internet. 

    Amazon berencana mengerahkan 3.236 satelit di orbit rendah untuk menjangkau lokasi terpencil dan pedesaan yang sulit dijangkau infrastruktur internet tradisional.

    Project Kuiper diklaim dapat menawarkan akses internet berkecepatan tinggi hingga 1 Gbps, jauh lebih cepat dari yang tersedia di banyak daerah pedesaan dan kurang terlayani.

    Adapun, pemerintah saat ini masih mengandalkan Satria I dalam menyalurkan internet di daerah terdepan, tertinggal dan terluar (3T). 

    Tercatat, pada 8 Agustus 2024, Program Akses Internet Bakti Kominfo disebut telah melayani total 18.712 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk 3T. 

    Sebanyak 4.078 di antaranya telah dilayani Satria-1 yang memiliki kapasitas 150 gigabyte per second (gbps) untuk konektivitas internet lebih luas dan cepat dan direncanakan akan digenapkan hingga 20.000 lokasi di 2024.

  • Telkom (TLKM) Putar Otak Optimalkan Pasar BUMN-BUMD di Tengah Efisiensi Prabowo

    Telkom (TLKM) Putar Otak Optimalkan Pasar BUMN-BUMD di Tengah Efisiensi Prabowo

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) putar otak untuk meningkatkan pendapatan dari sektor business to business (B2B) dengan menghadirkan solusi IT Telkom Solution ke pasar BUMN-BUMD. 

    Telkom berharap dengan menghadirkan Telkom Solution, perusahaan dapat membantu BUMN-BUMD untuk lebih efisiens sejalan dengan arah kebijakan Presiden Prabowo Subianto. 

    VP Corporate Communication Telkom Andri Herawan Sasoko mengatakan melalui Telkom Solution, perusahaan telekomunikasi pelat merah itu ingin meningkatkan kolaborasi dengan lebih dari 130 konglomerasi dan afiliasinya. 

    Telkom Solution merupakan umbrella brand untuk beragam solusi digital, berpotensi meningkatkan digitalisasi pada semua kluster BUMN, BUMD, pemerintah, dan sektor swasta, yang berujung pada peningkatan produktivitas hingga efisiensi bisnis operasianal perusahaan-perusahaan tersebut.

    “Telkom menyiapkan layanan konektivitas secara end to end melalui agregasi layanan advanced connectivity dan digital services seperti SDWAN, Cloud, Data Center, dan IT Services, kata Andri kepada Bisnis, dikutip Minggu (23/3/2025). 

    Pada kuartal III/2024, Telkom membukukan pendapatan sebesar Rp112,1 triliun, naik tipis 0,9% secara tahunan. Dari total tersebut, sekitar  Rp85,2 triliun dikontribusikan dari anak usaha mereka yang berfokus pada sektor B2C, PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel). Artinya, untuk B2B kontribusi terhadap total pendapatan sekitar Rp27 triliun.

    Andri menambahkan untuk segmentasi BUMND, Telkom tidak mengejar kuantitas semata melainkan kolaborasi dan intensifikasi kerja sama bisnis khususnya di bidang teknologi dan digital.

    Dia menuturkan dalam mendukung langkah efisiensi sesuai kebijakan dari Pemerintah, Telkom Solution menghadirkan berbagai solusi digital yang dirancang untuk meningkatkan nilai tambah perusahaan, produktivitas, efektivitas operasional dan optimalisasi sumber daya.

    Telkom Solution kini merupakan rejuvenasi dari Telkom Solution sebelumnya, dengan solusi yang lebih beragam dan terintegrasi.

    Untuk mendukung hal ini, Telkom telah membangun kerjasama strategis dengan sejumlah perusahaan raksasa teknologi global dalam penyediaan solusi layanan yang lebih berkualitas dan memiliki daya saing global.

    Dengan rejuvenasi ini, Telkom Solution menawarkan solusi yang lebih holistik, komprehensif, dan terintegrasi, sambil tetap mengutamakan pengalaman pelanggan. 

    “Melalui inisiatif ini, Telkom berharap dapat mendukung transformasi digital di berbagai sektor di Indonesia,” kata Andri

    Sebelumnya, Presiden Prabowo Subianto melakukan efisiensi di sejumlah lembaga dan kementerian. Dampak dari kebijakan tersebut, Indonesia berhasil berhemat sekitar Rp327 triliun.

  • Bisnis Logistik Jadi Tulang Punggung Pertumbuhan Ekonomi Digital

    Bisnis Logistik Jadi Tulang Punggung Pertumbuhan Ekonomi Digital

    Jakarta: Di era serba digital seperti saat ini, pentingnya inovasi dalam menghadapi tantangan industri logistik yang terus berkembang. Perusahaan logistik J&T Cargo mengungkapkan rencana peningkatan merek yang akan diluncurkan pada Mei 2025.
     
    “Kami percaya bahwa logistik yang efisien adalah tulang punggung pertumbuhan ekonomi digital,” ujar Training and Talent Development Manager, Muhammad Said Abdullah, Kamis, 20 Maret 2025.
     
    Rencana peningkatan merek tersebut termasuk penyegaran tampilan visual dan optimalisasi layanan secara menyeluruh untuk menciptakan pengalaman logistik yang lebih profesional, efisien, dan cerdas.

    Lebih dari 100 pusat gudang distribusi (gateway), 8.000 unit kendaraan, serta lebih dari 3.500 outlet yang beroperasi, J&T Cargo ingin memperkuat posisinya sebagai pemimpin industri logistik di Indonesia.
     
    Dengan lebih dari 48 juta paket yang telah dikirim sepanjang 2024, pertumbuhan omset perusahaan mencapai 99,5 persen dari target, dengan lonjakan signifikan pada semester kedua.

    Investasi dalam teknologi

    Investasi dalam teknologi, termasuk adopsi kecerdasan buatan (AI) untuk optimasi rute pengiriman serta digitalisasi sistem pelacakan real-time, menjadi kunci utama dalam meningkatkan efisiensi operasional dan kepuasan pelanggan.
     
    Muhammad Said menjelaskan dengan teknologi AI dan optimasi supply chain, J&T Cargo berkomitmen untuk menghadirkan layanan yang lebih cepat, akurat, dan dapat diandalkan.
     
    “Ramadan ini menjadi momen yang tepat untuk merefleksikan makna pengiriman yang bukan sekadar memindahkan barang, tetapi juga menghubungkan harapan dan kebahagiaan kepada pelanggan kami di seluruh negeri,” kelas dia.
     
    Sebagai bagian dari komitmen sosial, J&T Cargo juga terus berkontribusi bagi masyarakat
    melalui berbagai inisiatif CSR, termasuk program bantuan logistik untuk korban bencana,
    dukungan pendidikan bagi siswa kurang mampu, serta pemberian bantuan kepada keluarga
    karyawan.
     
    “Kami tidak hanya ingin menjadi yang terdepan dalam layanan logistik, tetapi juga
    memberikan dampak positif bagi masyarakat luas. Berbagi kebahagiaan di bulan Ramadhan
    adalah salah satu cara kami untuk terus memperkuat nilai-nilai kepedulian dan kebersamaan,”
    ungkap dia.
     
    Ke depan, J&T Cargo tidak hanya berfokus pada pertumbuhan bisnis, tetapi juga berkontribusi
    terhadap pembangunan ekonomi nasional melalui program ekspansi mitra logistik, peningkatan
    efisiensi distribusi barang, serta mendukung program-program pemerintah dalam percepatan
    transformasi digital dan penguatan infrastruktur logistik. Dengan berbagai inovasi dan ekspansi
    yang tengah berjalan, J&T Cargo optimis dapat terus tumbuh dan menghadirkan solusi logistik
    yang lebih baik bagi pelanggan. (Theresia Vania Somawidjaja)
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (KIE)

  • Tahun Lalu, Dian Swastatika Sentosa Bukukan Pendapatan 3 Miliar Dolar AS, Apa Saja Penopangnya? – Halaman all

    Tahun Lalu, Dian Swastatika Sentosa Bukukan Pendapatan 3 Miliar Dolar AS, Apa Saja Penopangnya? – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sepanjang 2024, PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA) membukukan pendapatan konsolidasi sebesar 3 miliar dolar AS.  

    Kontribusi terbesar terhadap pendapatan Perseroan berasal dari lini bisnis pertambangan, dengan entitas anak mencatatkan pendapatan sebesar 2,7 miliar dolar AS, atau 92 persen dari total pendapatan konsolidasian. 

    Selain itu, kinerja positif juga dicatatkan oleh lini bisnis lainnya, termasuk teknologi, energi baru dan terbarukan, bahan kimia, dan investasi, yang turut memperkuat fundamental keuangan Perseroan.

    Perseroan mencatat pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) sebesar 734 juta dolar AS pada tahun 2024. Laba bersih tahun berjalan mencapai 542 juta dolar AS.

    Presiden Direktur Dian Swastatika Sentosa L Krisnan Cahya menyampaikan, perseroan terus berupaya memaksimalkan potensi pertumbuhan entitas anak melalui ekspansi bisnis yang strategis demi pertumbuhan yang berkelanjutan. 

    “Di tengah dinamika industri yang terus berkembang, kami melihat peluang besar untuk memperluas kehadiran kami, termasuk di lini bisnis energi baru dan terbarukan, serta teknologi. Kami juga melakukan berbagai langkah inovatif dalam memperkuat posisi DSSA sebagai pemimpin industri untuk memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan,” ujarnya, Jumat (21/3/2025). 

    Transformasi Bisnis untuk Pertumbuhan Berkelanjutan

    Dalam menghadapi dinamika pasar yang terus berkembang, DSSA terus memperkuat langkah strategisnya melalui ekspansi di lini bisnis bernilai tambah tinggi, terutama di sektor energi baru dan terbarukan serta teknologi, dengan tetap mengedepankan prinsip keberlanjutan. Komitmen ini diwujudkan melalui peningkatan investasi di infrastruktur digital dan energi hijau, yang selaras dengan prinsip ESG

    Sebagai bagian dari strategi transformasi digital, DSSA melalui entitas anaknya, PT Eka Mas Republik (MyRepublic Indonesia), terus memperluas cakupan layanan internet dan multimedia guna memperkuat penetrasi pasar. Di tahun 2024, MyRepublic Indonesia telah menjangkau lebih dari 6 juta rumah yang tersebar di lebih dari 140 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia, serta mencatatkan 1 juta pelanggan.

    Selain itu, DSSA juga menjalin kemitraan strategis dalam investasi teknologi, termasuk pengembangan pusat data mutakhir berbasis kecerdasan buatan (AI) yang berlokasi di area Kuningan, Jakarta Selatan. Inisiatif ini sejalan dengan visi Perseroan dalam mendukung transformasi digital nasional serta memperkuat infrastruktur teknologi yang inovatif dan berdaya saing tinggi.

    Sebagai bagian dari komitmennya terhadap keberlanjutan, DSSA melalui entitas anaknya, PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS), terus meningkatkan alokasi sumber daya di energi hijau. Langkah ini mencakup implementasi listrik ramah lingkungan, pemanfaatan armada kendaraan listrik (EV), optimalisasi energi terbarukan, serta program reklamasi lahan sebagai upaya penyerapan karbon dalam operasional bisnis pertambangan.

    Saat ini, DSSA melalui entitas anaknya di lini bisnis energi baru dan terbarukan, juga memperkuat fokusnya di berbagai proyek strategis. Inisiatif yang dijalankan meliputi pengembangan energi panas bumi (geothermal), pengembang listrik berbasis tenaga surya (solar PV developer), dan pabrik panel surya terintegrasi berkapasitas 1 gigawatt (GW) per tahun yang telah rampung dibangun di Kendal, Jawa Tengah.

    Dengan fondasi bisnis yang solid, DSSA siap menghadapi tantangan masa depan melalui strategi yang adaptif dan inovatif. Perseroan akan terus mengeksplorasi peluang investasi strategis guna meningkatkan daya saing, memperkuat pertumbuhan berkelanjutan, serta menciptakan nilai jangka panjang bagi pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya.

  • Telkomsel Kebut 5G, Ini Perbandingan Kecepatan Maksimum di Surabaya vs Jabotabek

    Telkomsel Kebut 5G, Ini Perbandingan Kecepatan Maksimum di Surabaya vs Jabotabek

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) mengakselerasi perluasan jaringan 5G di Surabaya dan Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek) untuk memberikan pengalaman internet berkualitas. Lantas, seperti apa perbedaan kecepatan 5G di Surabaya dan Jabotabek? 

    Diketahui, Telkomsel telah menambah 50 Base Transceiver Station (BTS) 5G baru, sehingga secara total  BTS 5G aktif di kota pahlawan menjadi lebih dari 90 unit selama periode Ramadan dan Idulfitir 2025. 

    Perluasan jaringan Hyper 5G Telkomsel di Surabaya telah menghasilkan peningkatan signifikan dalam kecepatan internet. Kecepatan unduh kini mencapai 481 Mbps, sementara kecepatan unggah menembus 87 Mbps – empat kali lebih cepat dibandingkan jaringan 4G. 5G Telkomsel hadir di kawasan bisnis, residensial, kampus, hingga bandara di Surabaya.

    Direktur Network Telkomsel, Indra Mardiatna, mengatakan perusahaan telah memperluas cakupan Hyper 5G yang contiguous tanpa terputus di Surabaya, mengingat ekosistem perangkat dan kebutuhan 5G makin matang. 

    “Ekspansi ini akan berlanjut ke wilayah strategis lainnya seperti Makassar, Medan, dan Batam untuk mengakselerasi transformasi digital Indonesia,” kata Indra, dikutip Sabtu (22/3/2025).

    Indra mengatakan  hingga Maret 2025 penetrasi handset 5G di Surabaya telah mencapai lebih dari 25%, dengan rata-rata konsumsi data 5G sebanyak 22 GB per pengguna setiap bulan[

    Selain Surabaya, Telkomsel juga agresif menggelar lebih dari 1.400 BTS 5G di Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek) untuk menghadirkan koneksi internet super cepat, stabil, dan berkualitas  di kawasan bisnis utama, pusat transportasi, area pemukiman, hingga destinasi wisata di Jabotabek.

    Hingga Maret 2025, tercatat penetrasi handset 5G di Jabotabek telah mencapai lebih dari 30%, dengan konsumsi data 5G bulanan rata-rata 30 GB per pengguna. 

    Perluasan cakupan jaringan Hyper 5G Telkomsel secara masif di wilayah ini telah meningkatkan pengalaman pengguna dengan kecepatan unduh maksimum hingga 500 Mbps dan kecepatan unggah hingga 110 Mbps – 5 kali lebih cepat dibanding rata-rata 4G.

    Dengan catatan tersebut maka kecepatan 5G Telkomsel di Jabodetabek masih lebih tinggi dibandingkan dengan Surabaya. Hal tersebut kemungkinan disebabkan oleh jumlah BTS yang lebih banyak, dan ketersediaan perangkat. 

    Adapun saat ini  Telkomsel total mengoperasikan lebih dari 2.250 BTS 5G yang tersebar di 56 kota/kabupaten di Indonesia. Telkomsel berupaya untuk terus mendukung percepatan transformasi digital nasional melalui ekspansi jaringan 5G yang bertahap, terarah, dan terukur.

  • CyberArk Ungkap Peran Keamanan Identitas saat Transformasi Digital

    CyberArk Ungkap Peran Keamanan Identitas saat Transformasi Digital

    Bisnis.com, JAKARTA – CyberArk menilai perkembangan pesat transformasi digital di Indonesia membuat keamanan identitas menjadi faktor krusial.

    Solutions Engineering Director Asean CyberArk, Koh Ssu Han mengatakan Identity Security Platform dinilai bisa memastikan keamanan dan perlindungan data sensitif bagi perusahaan.

    “Meningkatnya penggunaan teknologi cloud dan layanan digital mendorong perlunya sistem keamanan identitas yang lebih tangguh,” katanya dalam siaran pers, Sabtu (22/3/2025).

    Dia menuturkan banyak organisasi yang tengah beralih dari aplikasi lama ke platform digital baru. Namun, tanpa pendekatan keamanan identitas yang kuat, risiko serangan siber akan makin meningkat.

    Menurutnya, ancaman terhadap identitas digital tidak hanya menyasar pengguna manusia tetapi juga identitas mesin. Identitas mesin, seperti kunci API dan sertifikat digital, sering menjadi target peretasan karena tidak dapat menggunakan metode autentikasi tradisional seperti biometrik atau kata sandi.

    Dia menambahkan pelaku kejahatan siber dapat mengeksploitasi celah ini untuk mendapatkan akses tidak sah ke sistem bisnis yang kritikal. Guna mengatasi tantangan tersebut, CyberArk menerapkan prinsip Zero Trust, yang menekankan autentikasi berkelanjutan tanpa asumsi kepercayaan.

    Pendekatan ini mencakup penerapan Multi-Factor Authentication (MFA) berbasis risiko, akses minimal dengan kontrol Just-In-Time (JIT), serta pemantauan anomali secara real-time untuk mencegah penyusupan yang tidak sah.

    “Zero Trust memastikan bahwa akses hanya diberikan kepada entitas yang benar-benar berhak, mengurangi risiko eksploitasi identitas,” jelasnya.

    Selain itu, pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dalam sistem keamanan identitas turut menjadi fokus utama CyberArk. AI digunakan untuk mendeteksi ancaman secara proaktif, meningkatkan penilaian risiko, serta mengotomatisasi respons terhadap serangan siber.

    Ssu Han juga menyoroti pentingnya kepatuhan terhadap Peraturan Pemerintah No. 71/2019 yang mewajibkan pemrosesan dan penyimpanan data di dalam negeri. CyberArk membantu perusahaan memenuhi ketentuan ini dengan menghadirkan solusi berbasis cloud-native yang memastikan keamanan identitas manusia dan mesin tetap terjaga.

  • Harun Al Rasyid Terpilih Jadi President ISACA Indonesia Chapter – Halaman all

    Harun Al Rasyid Terpilih Jadi President ISACA Indonesia Chapter – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – ISACA Indonesia Chapter, organisasi professional non-profit yang berfokus pada pengembangan dan tata kelola sistem informasi serta manajemen risiko dan kepatuhan, resmi melantik kepengurusan baru periode 2025-2027.

    Harun Al Rasyid terpilih sebagai President ISACA Indonesia Chapter dan Richi Aktorian terpilih sebagai Vice President dan Erikman Pardamean sebagai Chapter Secretary di acara Annual General Meeting (AGM) 2025 yang berlangsung bersamaan dengan Monthly Talk & Sharing Session di Jakarta, baru-baru ini dengan menghadirkan Sandiaga Uno dalam rangka mengdukung peran IT GRC dalam menarik investasi digital. 

    Proses pemilihan kepengurusan baru ini dilakukan secara transparan dan demokratis, sekaligus menandai komitmen ISACA Indonesia dalam memperkuat tata kelola organisasi untuk mendukung transformasi digital yang lebih aman dan terpercaya.

    Presiden ISACA Indonesia tHarun Al Rasyid menegaskan, kepengurusan baru ISACA Indonesia akan berfokus pada peningkatan IT Governance, Risk, and Compliance (IT GRC) serta memperkuat kesadaran akan pentingnya Cybersecurity, Audit, Digital Trust, dan Sertifikasi Profesional. 

    “Kepengurusan baru juga berkomitmen untuk memperluas jaringan anggota serta meningkatkan kualitas program edukasi dan sertifikasi yang diberikan kepada para profesional di industri teknologi informasi,” ujarnya dikutip Sabtu, 22 Februari 2025.

    Dukungan untuk Transformasi Digital Indonesia 

    Dalam sambutannya, Harun Al Rasyid menyatakan bahwa ISACA Indonesia akan terus mendukung pemerintah, regulator, dan pelaku industri dalam membangun lingkungan digital yang aman, inovatif, dan berkelanjutan. 

    Dia mengatakan, ISACA juga akan meningkatkan kolaborasi dengan berbagai pihak guna mendorong investasi digital dan memperkuat ekosistem tata kelola TI di Indonesia.

    “Acara AGM ini juga menjadi momentum untuk merefleksikan pencapaian ISACA Indonesia selama periode sebelumnya, sekaligus merancang strategi baru dalam menghadapi tantangan teknologi dan keamanan siber di masa depan,” ujarnya.

    Dengan berbagai inisiatif dan program edukasi, ISACA Indonesia Chapter terus mendukung para profesional TI dalam menghadapi tantangan industri yang dinamis dan berkembang pesat.

    Monthly Talk & Sharing Session ISACA Indonesia menghadirkan Sandiaga Uno dalam rangka mengdukung peran IT GRC dalam menarik investasi digital. 

    Berikut susunan Kepengurusan ISACA Indonesia Chapter 2025-2027:

    Presiden: Harun Al Rasyid
    Vice President: Richi Aktorian
    Chapter Secretary: Erikman Pardamean
    Treasurer: Veni Ferawati
    Membership: Indra Wijaya
    Program: Siti Elda Hiererra
    Marketing & Communication (Marcom): Asrul Fadillah
    Research & Education (R&E): Anjar Priandoyo
    Governance, Risk & Assurance (GRA): Reza Rizky Pratama
    Audit: Patricia
    Certification: Rahmat Mulyana

  • Penilaian Moody’s Cerminkan Upaya Pemerintah Jaga Stabilitas Ekonomi

    Penilaian Moody’s Cerminkan Upaya Pemerintah Jaga Stabilitas Ekonomi

    Jakarta, Beritasatu.com – Lembaga pemeringkat Moody’s menilai bahwa profil kredit dan stabilitas ekonomi Indonesia tetap kuat dengan peringkat Baa2, didukung oleh ketahanan ekonomi yang berkelanjutan. Moody’s juga mencatat adanya potensi peningkatan peringkat jika Indonesia berhasil memperluas ukuran dan daya saing sektor manufaktur serta komoditasnya.

    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengapresiasi penilaian tersebut, yang menurutnya mencerminkan upaya keras pemerintah dalam menjaga stabilitas ekonomi dan fiskal.

    “Pemerintah akan terus berkomitmen untuk memperkuat fondasi ekonomi Indonesia dan memastikan pertumbuhan yang inklusif serta berkelanjutan,” ujar Sri Mulyani dalam pernyataan resmi yang diterima pada Sabtu (22/3/2025).

    Pertumbuhan dan stabilitas ekonomi Indonesia diperkirakan tetap solid, dengan pertumbuhan PDB riil rata-rata sekitar 5,0% pada 2025 dan 2026.

    Faktor utama pendorongnya adalah konsumsi rumah tangga dan investasi yang tetap kuat, serta stabilnya volume komoditas yang mendukung pertumbuhan ekspor.

    Namun, Moody’s juga menyoroti risiko perlambatan akibat dinamika global, seperti perang tarif. Meski demikian, beban utang Indonesia diperkirakan tetap stabil dan pada tingkat yang relatif rendah dibandingkan ukuran ekonomi serta negara-negara sebanding.

    Moody’s juga mencatat bahwa meskipun masih ada tantangan dalam hal optimalisasi pendapatan negara, kondisi fiskal Indonesia dinilai tetap terkelola dengan baik.

    Sri Mulyani menegaskan bahwa pemerintah dan Bank Indonesia (BI) terus memantau dinamika serta risiko global. Upaya yang dilakukan mencakup menjaga daya beli masyarakat, mengendalikan inflasi, menjaga stabilitas nilai tukar rupiah, serta mempertahankan momentum pemulihan ekonomi.

    Gubernur BI Perry Warjiyo menambahkan bahwa kepercayaan Moody’s terhadap ketahanan ekonomi Indonesia menjadi indikator positif yang mencerminkan keyakinan dunia internasional terhadap fundamental ekonomi Indonesia yang solid, meskipun ketidakpastian keuangan global masih tinggi.

    “Hal ini didukung oleh komitmen otoritas dalam menjaga kredibilitas serta memperkuat sinergi kebijakan guna memastikan stabilitas makroekonomi tetap terjaga,” tutur Perry.

    Ia menjelaskan bahwa koordinasi kebijakan mencakup beberapa aspek, seperti stabilisasi nilai tukar rupiah untuk meredam dampak dinamika global, mendorong pembiayaan ekonomi melalui kebijakan insentif likuiditas makroprudensial (KLM), percepatan transformasi digital pemerintah, serta penguatan hilirisasi dan ketahanan pangan.

    Selain itu, BI terus memperkuat sinergi kebijakan dengan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) guna menjaga stabilitas sistem keuangan.

    “Untuk menjaga kepercayaan global terhadap perekonomian Indonesia, BI akan terus memperkuat koordinasi kebijakan dengan pemerintah guna memastikan stabilitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang selaras dengan program Asta Cita pemerintah,” pungkas Perry terkait stabilitas ekonomi Indonesia.

  • Moody’s Pertahankan Outlook Stabil untuk Perekonomian Indonesia

    Moody’s Pertahankan Outlook Stabil untuk Perekonomian Indonesia

    Jakarta, Beritasatu.com – Lembaga pemeringkat Moody’s menilai perekonomian Indonesia tetap resilient, didukung oleh pertumbuhan yang stabil serta kredibilitas kebijakan moneter dan fiskal yang terjaga. 

    Keunggulan sumber daya alam dan bonus demografis turut memperkuat fondasi ekonomi Indonesia. Komitmen otoritas moneter dan fiskal dalam menjaga stabilitas makroekonomi menjadi faktor utama yang mendukung posisi sovereign credit rating (SCR) Indonesia pada level Baa2 dengan outlook stabil.

    Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, kepercayaan Moody’s terhadap ketahanan perekonomian Indonesia mencerminkan keyakinan dunia internasional terhadap fundamental ekonomi yang solid, meskipun ketidakpastian global masih tinggi.

    “Kredibilitas kebijakan yang dijaga dengan baik serta sinergi antara otoritas ekonomi menjadi kunci dalam memastikan stabilitas makroekonomi tetap terjaga,” ucap Perry dalam keterangannya, Sabtu (22/3/2025).

    Perry menambahkan, koordinasi kebijakan dilakukan dalam berbagai aspek, termasuk stabilisasi nilai tukar rupiah untuk mengantisipasi dinamika global dan mendorong pembiayaan ekonomi melalui kebijakan insentif likuiditas makroprudensial (KLM), serta mendukung transformasi digital pemerintah.

    Selain itu, penguatan hilirisasi dan ketahanan pangan juga menjadi prioritas. BI terus mempererat sinergi kebijakan dengan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) guna menjaga stabilitas sistem keuangan.

    Moody’s menilai permintaan domestik yang kuat, terutama dari konsumsi rumah tangga dan investasi, akan menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2025 dan 2026.

    Keberlanjutan kebijakan yang mendorong daya saing sektor manufaktur dan komoditas juga berkontribusi positif terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi serta pendapatan nasional yang lebih berkelanjutan.

    Lebih lanjut, penguatan pendapatan pemerintah, fleksibilitas fiskal, serta pendalaman pasar keuangan menjadi faktor yang berpotensi meningkatkan peringkat SCR Indonesia di masa mendatang.

    “Untuk menjaga kepercayaan global terhadap perekonomian Indonesia, BI akan terus memperkuat koordinasi kebijakan dengan pemerintah guna menjaga stabilitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang sejalan dengan program Asta Cita pemerintah,” pungkas Perry.

  • Perkuat Segmen B2B, 3 Solusi Unggulan Dihadirkan di Telkom Solutions

    Perkuat Segmen B2B, 3 Solusi Unggulan Dihadirkan di Telkom Solutions

    Jakarta

    Telkom melalui Telkom Solution, terus memperkuat perannya sebagai penyedia solusi digital terdepan untuk market B2B di Indonesia. Kehadiran Telkom Solution, menjadi langkah strategis bagi Telkom untuk mendominasi pasar B2B yang potensinya masih terbuka lebar, seperti segmen perusahaan swasta (private sector), BUMN dan pemerintahan.

    Direktur Enterprise and Business Service Telkom, Venusiana menjelaskan, saat ini, Telkom Solution fokus pada tiga solusi unggulan dengan layanan yang lebih inovatif dan terintegrasi, meliputi Connectivity+, Cyber Security, dan Artificial Intelligence (AI).

    “Telkom Solution merupakan bentuk komitmen kami dalam menyediakan layanan digital yang relevan dengan kebutuhan industri saat ini. Kami ingin memastikan bahwa setiap pelanggan mendapatkan solusi terbaik untuk mendukung transformasi digital mereka,” ujar Venusiana.

    OVP Enterprise Marketing & Regional Management, Reni Yustiani melanjutkan, potensi market enterprise business di Indonesia masih terbuka lebar. Reni mengurai, di segmen market perusahaan swasta, termasuk di dalamnya terdapat 136 grup usaha swasta atau konglomerasi bisnis yang memiliki jaringan lebih dari 4.800 entitas perusahaan yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

    “Selain menggarap market konglomerasi perusahaan swasta, Telkom Solution juga akan mendorong digitalisasi di seluruh BUMN Group yang tersebar di 12 klaster BUMN dan juga mendukung akselerasi digitalisasi pemerintahan di 48 kementerian, 120 lembaga pemerintahan dan 553 pemerintahan daerah,” jelas Reni saat buka puasa bersama awak media di Jakarta.

    Menyambung penjelasan Reni, OVP Enterprise Product Development, Tanto Suratno menyampaikan, ada tiga solusi unggulan yang siap dihadirkan untuk potensial market di segmen enterprise business Telkom Solution. “Ketiga solusi unggulan yang Telkom Solution hadirkan antara lain: Connectivity+ (Advanced Connectivity), Cyber Security dan Artificial Intelligence (AI),” jelas Tanto.

    Tanto melanjutkan, Connectivity+ adalah layanan konektivitas end-to-end yang mencakup SD-WAN, Cloud, Data Center, dan IT Services untuk mendukung operasional bisnis yang lebih efisien. Kedua layanan Cyber Security.

    Menurut Tanto, Telkom bersama beberapa global giant tech company siap menghadirkan layanan keamanan digital operasional pelanggan dengan pengamanan digital multi-layered untuk melindungi data dan operasional bisnis pelanggan. Dan yang terakhir adalah layanan Artificial Intelligence (AI) berbasis use case yang dapat memberikan insight mendalam guna meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis pelanggan.

    Reni menambahkan, kehadiran Telkom Solution semakin memperkuat posisi Telkom sebagai pemimpin dalam penyediaan solusi digital di berbagai sektor bisnis, serta mendorong akselerasi transformasi digital di Indonesia.

    “Segmen B2B Telkom dibagi menjadi dua. Untuk segmen market small medium enterprise (SME) menggunakan brand Indibiz. Sedangkan untuk market enterprise business seperti pemerintahan, BUMN, dan perusahaan swasta yang membutuhkan solusi digital yang lebih advance kami menggunakan brand Telkom Solution,” ucap Reni menjelaskan perbedaan Telkom Solution dan Indibiz di market B2B Telkom.

    (agt/rns)