Topik: transformasi digital

  • ESDM Klaim AI Tekan Biaya dan Tingkatkan Keselamatan di Pertambangan

    ESDM Klaim AI Tekan Biaya dan Tingkatkan Keselamatan di Pertambangan

    Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menilai teknologi kecerdasan buatan (AI) semakin krusial dalam mendukung efisiensi dan keberlanjutan sektor pertambangan di Indonesia.

    Sekretaris Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara (Ditjen Minerba), Siti Sumilah Rita Susilawati menyampaikan pelaku industri mulai menyadari bahwa AI merupakan jawaban untuk menekan biaya operasional sekaligus menciptakan operasi tambang yang lebih berkelanjutan.

    “AI itu ya, tadi kan udah jelas sekarang di sini aja banyak teman-teman bisa melihat bagaimana teknologi itu bisa sangat meningkatkan efisiensi,” kata Rita setelah menghadiri Indonesia AI Day for Mining Industry 2025, Kamis (24/4/2025).

    Rita memahami pada tahap awal penerapan teknologi AI memang membutuhkan investasi besar dan dikelola secara maksimal.

    Namum, manfaat dari investasi tersebut bakal akan dirasakan oleh pelaku industri pertambangan dalam jangka panjang.

    “Kayaknya sekarang hampir semua tambang, terutama tambang-tambang besar itu sudah mulai lah ya memikirkan bagaimana menggunakan teknologi,” ujarnya.

    Di tempat yang sama, PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN) menilai kecerdasan buatan (AI) memiliki potensi besar sebagai katalis dalam meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan keselamatan kerja di sektor pertambangan. 

    Presiden Direktur AMMAN, Rachmat Makkasau, mengatakan bahwa transformasi digital sudah mulai dijalankan di perusahaan, termasuk dalam mengintegrasikan AI ke dalam berbagai lini operasional tambang.

    “melihat bahwa kecerdasan buatan (AI) dapat menjadi katalis untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas operasional serta keselamatan kerja,” ujar Rachmat.

    Namun, Rachmat menekankan bahwa adopsi teknologi canggih seperti AI tidak dapat dilakukan secara instan. 

    Tantangan seperti integrasi data dari berbagai sistem, kesiapan infrastruktur digital, hingga adaptasi dari tim di lapangan memerlukan proses bertahap dan pembelajaran berkelanjutan.

    “Hal ini membutuhkan proses pembelajaran yang tidak bisa instan,” tuturnya.

    AMMAN, lanjut Rachmat, memiliki komitmen kuat untuk memastikan bahwa transformasi digital tidak hanya berfokus pada teknologi, tetapi juga pada pemberdayaan sumber daya manusia.

    Lebih lanjut, Rachmat menyebut keberadaan AI bisa membantu sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki oleh AMMAN semakin bijak dalam mengambil keputusan yang berbasis data.

    “Sehingga AI bisa menjadi pendukung, bukan pengganti SDM,” pungkasnya.

  • Mekari Week Surabaya 2025: Dorong Transformasi Digital Lintas Industri

    Mekari Week Surabaya 2025: Dorong Transformasi Digital Lintas Industri

    Surabaya (beritajatim.com) — Di tengah tantangan global seperti ketegangan dagang internasional dan fluktuasi regulasi nasional, dunia usaha Indonesia dihadapkan pada tekanan besar untuk beradaptasi. Transformasi digital kini bukan lagi opsi, melainkan kebutuhan vital bagi keberlangsungan dan pertumbuhan bisnis.

    Menjawab tantangan tersebut, Mekari, penyedia solusi software-as-a-service (SaaS) terkemuka di Indonesia, menggelar Mekari Week Surabaya 2025 dengan tema “Surabaya Must Win”. Acara ini berlangsung pada 22–23 April 2025 di kawasan Jalan Mayjen Sungkono, Surabaya, sebagai bagian dari rangkaian tur ke kota-kota besar di Indonesia.

    Wadah Strategis untuk Kolaborasi dan Akselerasi Digital

    Mekari Week tidak sekadar menjadi seminar, tetapi juga platform kolaboratif yang mempertemukan pelaku industri, pengambil keputusan, dan pemilik bisnis dari berbagai sektor. Forum ini menjadi ajang untuk saling berbagi strategi, studi kasus, dan solusi praktis guna menghadapi era digital yang terus berkembang.

    Selama dua hari pelaksanaan, peserta diajak menyelami isu-isu krusial lintas sektor. Hari pertama membahas efisiensi operasional dan ketahanan bisnis di bidang manufaktur, logistik, dan perdagangan, sementara hari kedua difokuskan pada sektor makanan & minuman (F&B), ritel, dan hospitality, dengan penekanan pada peningkatan pengalaman pelanggan melalui inovasi teknologi.

    Hadirkan Praktisi dan Akses Pengetahuan Eksklusif

    Acara ini juga dihadiri oleh Ketua KADIN Jawa Timur, Bapak Adik Dwi Putranto, yang menyampaikan pentingnya digitalisasi untuk pertumbuhan ekonomi.

    “Transformasi digital adalah kunci fundamental untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan. Bukan tentang menggantikan tenaga kerja, tapi memperkuat efisiensi dan mempercepat pengambilan keputusan,” ujar Bapak Adik.

    Selain diskusi panel dan networking, peserta memperoleh akses eksklusif ke whitepaper berisi praktik terbaik dari lebih dari 35.000 bisnis pengguna solusi Mekari, memperkaya pemahaman mereka dalam menerapkan teknologi di dunia usaha.

    Komunitas Bisnis Digital yang Tumbuh Bersama

    Menurut Sandy Suryanto, Chief Revenue Officer Mekari, kehadiran Mekari Week bertujuan mendekatkan solusi digital ke komunitas bisnis lokal:

    “Kami ingin membawa solusi digital langsung ke tengah komunitas bisnis lokal. Mekari Week menjadi wadah kolaborasi dimana pelaku usaha bisa berbagi insight, menjalin kerjasama, dan memetakan langkah transformasi ke depan,” jelasnya.

    Bapak Adik Dwi Putranto turut menambahkan, “Saya sangat mengapresiasi inisiatif Mekari. Event ini menarik dan sangat relevan untuk pemilik bisnis, termasuk generasi muda. Semoga bisa rutin diadakan, khususnya di Jawa Timur.”

    Bergabung dalam Gerakan Transformasi Digital Nasional

    Mekari Week Surabaya 2025 membuka pintu bagi ribuan profesional dari berbagai industri untuk bertemu, terinspirasi, dan membangun jaringan strategis. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari ekosistem bisnis digital terbesar di Indonesia.

    Daftar gratis dan dapatkan informasi selengkapnya melalui [mekari.com/events](https://mekari.com/events) atau [mekari.com/community](https://mekari.com/community).

  • Garudafood setujui bagi dividen Rp350,33 miliar

    Garudafood setujui bagi dividen Rp350,33 miliar

    2024 menjadi tonggak bersejarah dalam perjalanan Garudafood. Pencapaian laba bersih tertinggi sepanjang sejarah mencerminkan efektivitas strategi kami dalam menjaga keseimbangan antara inovasi, efisiensi operasional, dan komitmen terhadap keberlanjut

    Jakarta (ANTARA) – PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (GOOD) atau Garudafood dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) menyetujui pembagian dividen tunai senilai Rp350,33 miliar atau setara 56,10 persen dari laba bersih tahun buku 2024 yang senilai Rp687,19 miliar.

    Dividen tunai dijadwalkan akan dibayarkan pada 21 Mei 2025 kepada seluruh pemegang saham yang terdaftar sebagai Daftar Pemegang Saham per 7 Mei 2025.

    “2024 menjadi tonggak bersejarah dalam perjalanan Garudafood. Pencapaian laba bersih tertinggi sepanjang sejarah mencerminkan efektivitas strategi kami dalam menjaga keseimbangan antara inovasi, efisiensi operasional, dan komitmen terhadap keberlanjutan,” ujar Direktur Utama Garudafood Hardianto Atmadja dalam Public Expose setelah RUPST di Jakarta, Kamis.

    Garudafood mencatatkan laba bersih Rp687,19 miliar pada 2024, atau meningkat 14,25 persen (yoy) dibandingkan tahun sebelumnya.

    Segmen makanan dalam kemasan berperan penting dalam kontribusi terhadap total penjualan perusahaan, yakni sebesar 87,76 persen, yang tumbuh sebesar 14,19 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

    Penjualan dalam negeri masih mendominasi kinerja Garudafood secara keseluruhan dengan kontribusi sebesar 96,88 persen dari total pendapatan bersih, atau meningkat sebesar 16,37 persen dibandingkan periode sama 2023.

    Selain itu, dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), perseroan menyetujui pembelian kembali (buyback) saham dengan jumlah maksimum sebesar Rp50 miliar.

    Perkiraan saham yang dibeli adalah sebesar 0,35 persen atau sebanyak 130.562.827 lembar saham dari total saham yang dikeluarkan oleh perseroan

    Dalam RUPSLB, perseroan juga menyetujui pengangkatan komisaris baru yaitu Haijiang Gu yang menggantikan Donald Reginald Gadsden.

    Susunan dewan komisaris dan direksi terbaru Garudafood saat ini :

    Dewan Komisaris

    Komisaris Utama : Sudhamek Agoeng Waspodo Soenjoto Komisaris : Pangayoman Adi Soenjoto Komisaris : Soeharto Sunjoto Komisaris : Hartono Atmadja Komisaris : Swen Neufeldt Komisaris : Haijiang Gu Komisaris Independen : Dorodjatun Kuntjoro Jakti Komisaris Independen : Fitra Dewata Teramihardja Komisaris Independen : Andi Chandra

    Dewan Direksi

    Direktur Utama : Hardianto Atmadja Direktur : Fransiskus Johny Soegiarto Direktur : Paulus Tedjosutikno Direktur : Robert Chandrakelana Adjie Direktur : Johannes Setiadharma Direktur : Swadheen Sharma

    Menghadapi 2025, Direktur Garudafood Fransiskus Johny Soegiarto menyampaikan, perusahaan akan melanjutkan fokus pada inovasi produk, proses bisnis, intensifikasi pasar, penetrasi ke sektor jasa makanan dan transformasi digital melalui pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) untuk menunjang operasional bisnis.

    “Selain itu, Garudafood juga akan terus mengoptimalkan rantai pasok, mengadopsi praktik berkelanjutan, dan memastikan kepatuhan terhadap regulasi untuk menjaga daya saing dan mempertahankan momentum pertumbuhan,” ujar Fransiskus.

    Pewarta: Muhammad Heriyanto
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2025

  • Laba Bersih BTN Naik di Kuartal I-2025, Tembus Rp 904 Miliar – Page 3

    Laba Bersih BTN Naik di Kuartal I-2025, Tembus Rp 904 Miliar – Page 3

    Transformasi digital menjadi pilar penting pertumbuhan BTN. Aplikasi Super App Bale by BTN dan Bale Korpora menunjukkan kontribusi signifikan terhadap peningkatan transaksi dan penghimpunan dana. Hingga Maret 2025, Bale by BTN telah memiliki 2,4 juta pengguna, tumbuh 76% yoy.

    Nilai transaksinya mencapai Rp22,3 triliun atau meningkat 74%, dengan total transaksi melonjak 172% menjadi 492 juta kali.

    Selain digitalisasi, kolaborasi strategis seperti kerja sama dengan AlQilaa International Group dari Qatar untuk pembangunan satu juta unit hunian, juga menjadi motor penggerak pertumbuhan kredit BTN ke depan.

    Dengan berbagai inisiatif ini, perseroan optimistis target aset Rp500 triliun pada akhir 2025 dapat tercapai. Hingga kuartal I-2025, total aset BTN telah mencapai Rp468,53 triliun, naik 3,2% yoy.

  • Rosan Roeslani Sebut Penggunaan AI Sebuah Keharusan

    Rosan Roeslani Sebut Penggunaan AI Sebuah Keharusan

    Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Hilirisasi dan Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Rosan Roeslani menyampaikan, penggunaan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) merupakan sebuah keharusan di seluruh sektor kehidupan.

    “Teknologi AI merupakan suatu keharusan, bukan hanya di sektor pertambangan saja, tetapi di segala sektor kehidupan kita,” kata Rosan seusai menghadiri Indonesia AI Day for Mining Industry 2025 di Kempinski Grand Ballroom, Jakarta Pusat, Kamis (24/4/2025).

    Rosan yang juga menjadi CEO Daya Anggota Nusantara (Danantara) ini menambahkan, teknologi AI membuat pekerjaan menjadi lebih efisien, meningkatkan produktivitas, menciptakan lapangan kerja, dan menimbulkan daya saing yang tinggi. Dengan begitu akan membuat kualitas Indonesia menjadi lebih baik dan meningkatkan peran ekonomi ke depan.

    Dikatakan Rosan, saat ini sudah banyak investasi teknologi yang masuk ke Indonesia. Kini yang menjadi pekerjaan rumah (PR) pemerintah adalah mendekatkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk memahami secara baik dan benar penggunaan AI.

    Pada sisi lain, Rosan menyebutkan gelaran Indonesia AI Day for Mining Industry 2025 memberikan pencerahan pentingnya AI khususnya di bidang pertambangan.

    Apalagi sektor ini memainkan peranan penting di Indonesia dalam menciptakan lapangan pekerjaan dan memberikan kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB).

    Sebagai informasi, Indonesia AI Day for Mining Industry 2025 menyediakan ruang untuk berkolaborasi, berbagi pengetahuan, dan menjalin kemitraan antara pemimpin industri pertambangan, penyedia teknologi terkemuka serta lembaga pemerintah yang memiliki peran dalam mendukung transformasi digital di Indonesia.

    Turut hadir dalam acara Indonesia AI Day for Mining Industry 2025, yakni Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha, Wakil Menteri Komunikasi dan Digital Nezar Patria hingga Menteri Perdagangan periode 2016-2019 sekaligus Executive Chairman B-Universe Enggartiasto Lukita.

    Sebagai penyelenggara utama, Indosat berperan sebagai penggerak dalam memperkenalkan penggunaan solusi berbasis AI dan konektivitas canggih yang dapat digunakan untuk memodernisasi proses pertambangan.

  • Rosan Roeslani Apresiasi Indonesia AI Day for Mining Industry 2025

    Rosan Roeslani Apresiasi Indonesia AI Day for Mining Industry 2025

    Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Hilirisasi dan Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Rosan Roeslani, mengapresiasi gelaran Indonesia AI Day for Mining Industry 2025 di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta Pusat, Kamis (24/4/2025).

    Acara yang diselenggarakan Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) dan B-Universe ini menyoroti peran strategis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), 5G, dan internet of things (IOT) dalam sektor pertambangan di Indonesia.

    “Saya sangat berterima kasih dan mengapresiasi acara yang diadakan oleh B-Universe ini oleh pak Enggartiasto Lukita (Executive Chairman B-Universe) dan juga Indosat karena ini memberikan pencerahan pentingnya AI,” ujar Rosan di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta Pusat, Kamis (24/4/2025).

    Menurut Rosan, gelaran AI Day for Mining Industry ini akan memberikan pencerahan pentingnya AI khususnya di bidang pertambangan. Apalagi sektor ini memainkan peranan penting di Indonesia dalam menciptakan lapangan pekerjaan dan memberikan kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB).

    Di sisi lain, Rosan menyampaikan penggunaan AI merupakan sebuah keharusan di seluruh sektor kehidupan. Menurutnya, teknologi AI membuat pekerjaan menjadi lebih efisien, meningkatkan produktivitas, menciptakan lapangan kerja, dan menimbulkan daya saing yang tinggi.

    “Karena dengan daya saing yang tinggi akan membuat value kita menjadi lebih baik dari segi perusahaan maupun perekonomian. Tentunya lebih akan meningkatkan peran ekonomi Indonesia ke depan,” tandas Rosan.

    Dikatakan Rosan, saat ini sudah banyak investasi teknologi yang masuk ke Indonesia. Kini yang menjadi pekerjaan rumah (PR) pemerintah adalah mendekatkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk memahami secara baik dan benar penggunaan AI.

    Sebagai informasi, Indonesia AI Day for Mining Industry 2025 menyediakan ruang untuk berkolaborasi, berbagi pengetahuan, dan menjalin kemitraan antara pemimpin industri pertambangan, penyedia teknologi terkemuka serta lembaga pemerintah yang memiliki peran dalam mendukung transformasi digital di Indonesia.

    Sebagai penyelenggara utama, Indosat berperan sebagai penggerak dalam memperkenalkan solusi berbasis AI dan konektivitas canggih yang dapat digunakan untuk memodernisasi proses pertambangan.

    Turut hadir dalam acara AI Day for Mining Industry 2025, yakni Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha, Wakil Menteri Komunikasi dan Digital Nezar Patria hingga Menteri Perdagangan periode 2016-2019 sekaligus Executive Chairman B-Universe Enggartiasto Lukita.

  • Telkomsel Masuk Top 5 GLOMO Awards 2025 atas Inovasi Telco Verify

    Telkomsel Masuk Top 5 GLOMO Awards 2025 atas Inovasi Telco Verify

    Jakarta

    Telkomsel masuk daftar Top 5 (shortlisted) pada ajang Global Mobile Awards (GLOMO) 2025 untuk kategori Open Gateway Challenge.

    Penghargaan ini diberikan atas inovasi Telkomsel melalui Telco Verify, solusi autentikasi berbasis jaringan seluler yang diimplementasikan pada aplikasi mobile banking BRImo dari Bank Rakyat Indonesia (BRI).

    Melalui Telco Verify, pengguna BRImo dapat melakukan autentikasi secara otomatis tanpa kata sandi maupun kode One-Time Password (OTP). Proses verifikasi pun berlangsung real-time, serta lebih andal karena memanfaatkan teknologi berbasis jaringan seluler.

    Solusi ini juga mengadopsi kerangka kerja GSMA Open Gateway dan menggunakan API yang terstandarisasi, sehingga kapabilitas keamanan serupa dapat diperluas ke luar jaringan Telkomsel.

    “Terpilihnya Telkomsel sebagai Top 5 di GLOMO Awards 2025 menjadi pemicu untuk terus berinovasi dalam menghadirkan solusi digital yang lebih aman dan andal,” ujar VP Data Solutions and Digital Financial Services Telkomsel, Alfian Manullang dalam keterangan tertulis, Kamis (24/4/2025).

    “Telco Verify terbukti efektif meminimalisir potensi kerugian finansial serta risiko reputasi akibat serangan siber. Kami akan terus memperkuat komitmen mengakselerasi transformasi digital yang aman, meningkatkan kepercayaan terhadap layanan perbankan digital, sekaligus berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia,” imbuhnya.

    Sejak mengimplementasikan Telco Verify pada November 2024, BRImo telah menurunkan kasus social engineering attacks hingga 70,21%.

    Dengan verifikasi identitas otomatis, nasabah BRImo memperoleh perlindungan maksimal atas data pribadinya, sehingga semakin nyaman dan yakin dalam memanfaatkan layanan perbankan digital.

    Sebagai informasi, GLOMO Awards merupakan penghargaan di industri telekomunikasi yang diselenggarakan oleh GSMA, organisasi nirlaba yang mewakili operator seluler di seluruh dunia sejak 1996.

    Tahun ini, GLOMO Awards digelar di Mobile World Congress (MWC) Barcelona pada 5 Maret lalu, menghadirkan panel juri yang terdiri dari 200 analis, perwakilan media, dan pakar industri global.

    Adapun GSMA Open Gateway adalah kerangka kerja common network APIs yang dirancang untuk memberikan akses universal ke jaringan operator bagi para pengembang.

    Dengan demikian, pengembang dan penyedia layanan dapat meningkatkan serta menerapkan layanan dengan lebih cepat di berbagai jaringan operator, cukup melalui satu titik akses – ke platform konektivitas terbesar di dunia.

    Open Gateway Challenge memberikan apresiasi kepada para inovator yang memanfaatkan Public CAMARA APIs guna menciptakan layanan komersial yang:

    Memanfaatkan beberapa API dari satu atau lebih operator seluler,

    Menjadi solusi bagi pasar lokal dan/atau internasional,

    Mampu membuktikan nilai bisnis yang tercipta di industri tertentu, misalnya FinTech (pengurangan risiko penipuan) atau Otomotif (telemetri real-time).

    Informasi selengkapnya tentang solusi Telco Verify dan ragam solusi digital Telkomsel lainnya dapat diakses melalui tsel.id/enterprise.

    (ega/ega)

  • Laba Bersih UNVR Naik Capai Rp 1,2 Triliun di Q1 2025, Fundamental Menguat

    Laba Bersih UNVR Naik Capai Rp 1,2 Triliun di Q1 2025, Fundamental Menguat

    Jakarta

    PT Unilever Indonesia Tbk membukukan kinerja positif pada kuartal pertama tahun 2025. Unilever Indonesia mencatatkan penjualan bersih mencapai Rp 9,5 triliun dengan laba bersih sebesar Rp 1,2 triliun.

    Angka ini meningkat sebesar 244,7% dibandingkan Q4 2024, meski masih mengalami koreksi 14,6% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Adapun penjualan bersih perusahaan didorong oleh pertumbuhan domestik sebesar 21,6% secara kuartalan. Namun, secara tahunan penjualan tersebut masih terkoreksi sebesar 6,6%.

    Presiden Direktur Unilever Indonesia, Benjie Yap mengatakan hasil ini mencerminkan efektivitas langkah strategis perseroan dalam mengatasi tantangan operasional.

    “Meskipun hasil kuartal pertama kami masih terkoreksi dibandingkan tahun sebelumnya, kami berhasil mencatatkan peningkatan kuartal ke kuartal (QoQ) dalam hal pertumbuhan dan profitabilitas,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (24/4/2025).

    “Kami telah membuat kemajuan dalam mengurangi stok pelanggan, menstabilkan harga pada kanal penjualan kami dan meningkatkan profitabilitas mitra distributor kami, serta memberikan tingkat layanan pelanggan yang lebih baik. Kemajuan ini memberikan fondasi yang kokoh untuk mendorong pertumbuhan di masa depan,” imbuhnya.

    Peningkatan Margin dan Penguatan Investasi Merek

    Diketahui margin laba sebelum pajak Unilever Indonesia mencapai 16,8% pada kuartal I 2025, meningkat 1.054 basis poin dibandingkan kuartal sebelumnya. Meskipun bila dibandingkan secara tahunan, angka tersebut masih mengalami koreksi sebesar 161 basis poin. Di sisi lain, margin kotor meningkat menjadi 48,2%. Namun, angka ini juga masih lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun lalu, dengan koreksi sebesar 177 basis poin.

    Untuk memperkuat daya saing di pasar, Unilever juga menambah alokasi belanja untuk iklan dan promosi hingga 9,2% dari total penjualan bersih sebagai upaya memperkuat posisi merek dan memperluas jangkauan konsumen.

    Inovasi Produk dan Transformasi Digital

    Dalam membangun portofolio yang lebih kuat, Unilever meluncurkan kembali beberapa merek inti seperti Clear, Sunlight, dan Royco dengan pendekatan 6P yang diperbarui, yakni produk (product) yang menyediakan manfaat unggul; harga (Price) dengan menerapkan harga yang kompetitif; tempat (place) yakni memastikan ketersediaan produk secara luas; promosi (promotion) melalui pelaksanaan kampanye yang berdampak besar; preposisi (preposition) mempertajam posisi merek; serta pengemasan (pack) dengan meningkatkan presentasi produk.

    Perusahaan juga memperluas penetrasi pasar dengan meluncurkan produk untuk berbagai segmen, termasuk Rinso dalam kemasan Rp 500 dan Glow & Lovely DermaGlow yang kini hadir dengan teknologi pencerah baru.

    “Pada segmen bawah/value, kami memperkuat kepemimpinan dengan meluncurkan Rinso dan Glow & Lovely DermaGlow Multivitamin Cream. Rinso hadir dengan ukuran kemasan baru seharga Rp 500, sementara Glow & Lovely DermaGlow Multivitamin Cream kini tersedia dalam kemasan yang lebih kecil dengan teknologi pencerah kulit yang lebih canggih, dengan peningkatan efikasi hingga 40 kali,” jelas Benjie Yap.

    Di segmen premium, inovasi produk seperti Dove Pro-Ceramide Serum Body Wash, LUX Peaceful Galaxy, dan Closeup White Now menjadi andalan.

    Tak hanya itu, momentum Ramadan dan Idul Fitri turut dimanfaatkan lewat kampanye Bango yang mengangkat tema ‘Semur sebagai Hidangan Utama Hari Raya’ melalui berbagai kegiatan offline seperti roadshow dan visibilitas toko.

    “Kami memaksimalkan peluang hari raya untuk menarik lebih banyak pengguna dan meningkatkan penggunaan. Merek makanan ikonik kami yaitu Bango mengedepankan Hidangan Utama Hari Raya ‘Semur’ dan mempromosikannya melalui eksekusi offline yang kuat, termasuk visibilitas di toko, menggandeng komunitas, dan mengadakan roadshow Food Truck Jajanan Bango,” paparnya.

    Ekspansi dan Digitalisasi Saluran Distribusi

    Strategi transformasi go-to-market Unilever juga menunjukkan hasil. Perusahaan, kata dia, berhasil memperluas jangkauan distribusi dan meningkatkan efisiensi melalui digitalisasi.

    “Hal ini memastikan bahwa kami dapat menjangkau lebih banyak peritel dan membuat produk kami terjangkau oleh konsumen di seluruh Indonesia. Transformasi digital pada Distributif Trade kami juga berjalan sesuai rencana. Kami memanfaatkan teknologi untuk memperkuat jaringan distribusi, meningkatkan efisiensi, dan mendapatkan visibilitas yang lebih baik terhadap operasional kami,” terang Benjie Yap.

    Lebih lanjut dia mengungkapkan aplikasi penjualan Sahabat Warung yang diperbarui sejak Q3 2024 kini berkontribusi sebesar 22% terhadap total penjualan saluran distribusi, menandai pencapaian penting dalam transformasi digital.

    Ke depan, pihaknya berkomitmen melanjutkan strategi reset demi membangun fondasi yang lebih kokoh untuk pertumbuhan berkelanjutan. Benjie Yap membeberkan tahun ini perusahaan akan berfokus pada penguatan merek inti, perluasan distribusi, peningkatan eksekusi pasar, serta efisiensi biaya untuk menjaga margin.

    “Kami percaya upaya ini akan memberikan landasan yang lebih kuat bagi pertumbuhan yang konsisten, kompetitif, menguntungkan, dan bertanggung jawab. Transformasi ini akan membutuhkan waktu, kami berharap dapat melihat manfaat nyata pada paruh kedua tahun ini,” tukasnya.

    (ega/ega)

  • Estonia dan Indonesia Sepakat Jalin Kemitraan Strategis, Ini Peluang Investasinya!

    Estonia dan Indonesia Sepakat Jalin Kemitraan Strategis, Ini Peluang Investasinya!

    Jakarta: Hubungan ekonomi antara Indonesia dan Estonia makin erat setelah kedua negara resmi menandatangani nota kesepahaman (MoU) dalam forum Estonia-Indonesia CEO Business Forum yang digelar di Menara Kadin, Jakarta, Selasa, 22 April 2025.
     
    Penandatanganan MoU antara Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) dan Estonian Chamber of Commerce and Industry (ECCI) ini menjadi langkah nyata dalam memperkuat kerja sama jangka panjang, khususnya di bidang perdagangan, investasi, hingga pengembangan bisnis lintas sektor.
     
    Forum ini bukan sekadar seremonial. Dalam kesempatan tersebut, para pemimpin bisnis dan pejabat tinggi dari kedua negara membahas potensi kerja sama konkret di bidang smart manufacturing, keamanan siber, infrastruktur digital, teknologi hijau, industri makanan dan minuman, hingga sektor pariwisata.
     

    Menteri Luar Negeri Republik Estonia Margus Tsahkna, yang memimpin langsung delegasi negaranya, menegaskan komitmen Estonia dalam mendorong investasi berkualitas bersama Indonesia.

    “Indonesia adalah mitra strategis di kawasan Asia Tenggara dengan potensi pasar dan sumber daya yang sangat besar. Estonia hadir dengan solusi digital, teknologi hijau, dan semangat kolaborasi. Penandatanganan MoU hari ini bukan hanya simbolis, ini adalah komitmen nyata kami untuk mendorong investasi lintas sektor yang berdampak nyata bagi kedua negara,” ujarnya dikutip Rabu, 23 April 2025.
     
    Delegasi Estonia juga terdiri dari para pelaku bisnis papan atas seperti CEO Cybernetica, Co-founder & CEO 5.0 Robotics, hingga Chairman Fiesta Reisid OÜ yang juga menjabat sebagai Konsul Kehormatan Indonesia di Estonia. 
     
    Mereka datang dengan misi membangun koneksi lebih dalam dan menjajaki peluang kerja sama yang konkret.
     
    Dari pihak Indonesia, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bernardino Moningka Vega mengatakan bahwa Indonesia terbuka terhadap berbagai peluang kolaborasi, termasuk dengan negara-negara nontradisional seperti Estonia.
     
    “Perusahaan-perusahaan di Indonesia ingin juga memanfaatkan teknologi dari Estonia yang akan dibahas kemungkinan kerja samanya. Dan kemudian Kadin juga tengah menjajaki pasar-pasar negara non-tradisional. Kita harus melihat pasar-pasar baru seperti Estonia, meskipun di Eropa, kan jarang didengar,” kata Bernardino atau yang akrab disapa Dino.
     
    Menurutnya, nilai perdagangan antara Indonesia dan Estonia telah menyentuh angka USD540 juta, naik 40 persen dari tahun sebelumnya. Estonia juga berpotensi menjadi pintu masuk strategis untuk menjangkau pasar Eropa yang lebih luas.
     
    Sementara itu, Wakil Ketua Kadin Estonia Oliver Väärtnõu menyambut baik kerja sama yang dijalin dengan Indonesia. Ia mengungkapkan bahwa beberapa perusahaan Estonia bahkan sudah cukup mapan di Indonesia dan terbuka terhadap kolaborasi lanjutan, terutama di sektor digital.
     
    “Jadi bagi kita ini adalah langkah yang sangat besar dalam kerja sama dengan Indonesia dan mencari mitra dan delegasi untuk datang ke Estonia. Semua orang ingin belajar lebih banyak tentang Indonesia. Delegasi kami akan berada di sini seminggu, mencari kesempatan yang konkret,” kata Oliver.
     
    Ia juga menyebutkan bahwa para pengusaha Estonia telah melirik sektor properti di Bali dan tengah aktif mencari peluang baru di Tanah Air. 
     
    “Indonesia adalah sebuah pasar yang sangat menarik dan berkembang pesat sehingga sangat menarik bagi para pengusaha Estonia,” imbuh dia.
     
    Ke depan, Kadin dan ECCI berencana menggelar berbagai agenda lanjutan, seperti misi dagang, diskusi tematik, hingga forum investasi. Semua ini bertujuan agar kerja sama yang tertuang dalam MoU bisa benar-benar terealisasi dan membawa manfaat nyata.
     
    Kesepakatan strategis ini tak hanya memperluas jaringan bisnis kedua negara, tetapi juga membuka jalan bagi aliran modal baru di sektor-sektor masa depan seperti transformasi digital, otomasi industri, dan inovasi teknologi berkelanjutan.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Rakernas BP Haji 2025 Tekankan Profesionalisme Pelayanan

    Rakernas BP Haji 2025 Tekankan Profesionalisme Pelayanan

    Bekasi, Beritasatu.com – Kepala Badan Penyelenggara Haji (BP Haji) Mochamad Irfan Yusuf, secara resmi membuka rapat kerja nasional (rakernas) konsolidasi penyelenggaraan ibadah haji 2025. Rakernas BP Haji 2025 diselanggarakan di Asrama Haji Bekasi, Jawa Barat, Rabu (23/4/2025).

    Rakernas ini menjadi momen strategis dalam memperkuat komitmen BP Haji untuk menghadirkan pelayanan haji yang adaptif, efisien, dan tetap mengedepankan nilai pengabdian kepada para tamu Allah (duyufurrahman).

    Acara pembukaan turut dihadiri oleh Menteri Agama Nasaruddin Umar, Wakil Kepala BP Haji Dahnil Anzar Simanjuntak, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief, Kepala BPKH, Konsul Jenderal RI di Jeddah Yusron Ambari, serta jajaran pejabat dari Ditjen PHU dan instansi terkait lainnya.

    Dalam sambutannya, Mochamad Irfan–akrab disapa Gus Irfan–menyampaikan rakernas ini merupakan bentuk ikhtiar kolektif untuk meningkatkan kualitas pelayanan haji secara menyeluruh. 

    “Kita tidak sekadar memperbaiki sistem, tetapi juga menyatukan tekad dan semangat pengabdian untuk menjadi pelayan yang amanah bagi jutaan jemaah yang menunaikan panggilan suci ke tanah suci,” ujarnya saat pembukaan Rakernas BP Haji 2025.

    Ia menekankan pentingnya peningkatan profesionalisme di seluruh lini penyelenggaraan ibadah haji. Gus Irfan menegaskan, pemangku kepentingan di provinsi, kabupaten, maupun kota, harus menjadi garda terdepan dalam memastikan layanan yang prima. 

    “Kita perlu memastikan bahwa semua titik pelayanan benar-benar memenuhi kebutuhan jemaah dengan standar yang jelas dan mengutamakan kenyamanan serta kualitas,” tambahnya.

    Lebih lanjut, Gus Irfan mengungkapkan mulai 2026, BP Haji akan memegang kendali penuh atas penyelenggaraan ibadah haji secara nasional. Tanggung jawab ini merupakan amanah langsung dari Presiden Prabowo Subianto dan menjadi langkah penting dalam membangun sistem layanan haji yang lebih efisien, aman, dan nyaman.

    Menghadapi transformasi digital dan percepatan reformasi pelayanan yang dilakukan Pemerintah Arab Saudi, Gus Irfan menekankan Indonesia harus cepat beradaptasi. 

    “Kita harus tanggap, efisien, dan tetap menjaga esensi pelayanan. Tujuan kita adalah menjadi lembaga yang profesional tanpa melupakan nilai-nilai spiritual dalam melayani para tamu Allah,” tegasnya.

    Rakernas BP Haji 2025 yang mengusung tema “Mengokohkan Sinergi, Menyempurnakan Layanan Haji” ini berlangsung selama 3 hari, pada 23 hingga 25 April 2025. Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari BP Haji, Ditjen PHU Kementerian Agama, Kanwil Kemenag seluruh Indonesia, unit pelaksana teknis (UPT), serta mitra dari berbagai kementerian dan lembaga.