Topik: transformasi digital

  • Indibiz Kasih Diskon 70 Persen Layanan Internet untuk UKM hingga Mei 2025, Ini Syaratnya – Page 3

    Indibiz Kasih Diskon 70 Persen Layanan Internet untuk UKM hingga Mei 2025, Ini Syaratnya – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Ekosistem solusi digital dari Telkom, Indibiz, memberikan promo menarik mulai dari Rp 400 ribuan untuk pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM)

    Promo Hari Kartini yang berlaku hingga 31 Mei 2025 ini bertujuan untuk membantu pelaku usaha mempercepat transformasi bisnis yang dijalankan agar lebih adaptif dengan digital.

    Semua pebisnis yang berlangganan pada periode tersebut, berkesempatan mendapat diskon biaya pasang baru hingga 70% untuk berlangganan paket High Speed Internet (HSI) Bisnis Basic kecepatan hingga 200 Mbps dan bundling digital tools OCA Blast Lite dan Wifi Managed Service.

    Selain itu, pebisnis yang berlangganan bulanan Wifi Managed Service dari Indibiz, juga berkesempatan mendapat potongan hingga 30%.

    “Promo spesial ini sejalan dengan komitmen Indibiz dalam membantu UKM memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan efisiensi, memperluas jangkauan pasar, dan menciptakan inovasi baru,” ujar OVP Enterprise Marketing & Regional Management Telkom, Reni Yustiani, dikutip Rabu (30/4/2025).

    Dengan solusi yang komprehensif, ia menambahkan, Indibiz hadir untuk mendukung perjalanan transformasi digital UKM di seluruh Indonesia.

    Syaratnya, promo tersebut berlaku bagi pelaku usaha di sektor bisnis yang sudah masuk dalam 11 okesistem digital Indibiz, antara lain:

    Sektor pendidikan (Indibiz Sekolah)
    Sektor perhotelan (Indibiz Hotel)
    Sektor pertokoan (Indibiz Ruko)
    Sektor multifinance (Indibiz Multifinance)
    Sektor energi (Indibiz Energi)
    Sektor ekspedisi (Indibiz Ekspedisi)
    Sektor kesehatan (Indibiz Health)
    Sektor manufaktur (Indibiz Manufaktur)
    Sektor media & komunikasi (Indibiz Media dan Komunikasi)
    Sektor properti (Indibiz Properti)
    Sektor agrikultur (Indibiz Agrikultur)

  • Trafik Digital Meningkat, Jaringan 4G Indosat di Sumatra Tumbuh 16%

    Trafik Digital Meningkat, Jaringan 4G Indosat di Sumatra Tumbuh 16%

    Bisnis.com, PEKANBARU – PT Indosat Tbk. (ISAT)  mencatat pertumbuhan penggunaan jaringan 4G sebesar 16% di wilayah Sumatra Selatan pada kuartal I 2025 (YoY), menandai peningkatan signifikan seiring ekspansi infrastruktur dan transformasi digital yang digencarkan perusahaan di kawasan barat Indonesia.

    Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan pertumbuhan tersebut merupakan bagian dari komitmen IOH dalam memperluas akses digital inklusif dan berkualitas bagi masyarakat di seluruh lapisan, termasuk daerah yang sebelumnya kurang terlayani. 

    Selain wilayah Sumsel, pertumbuhan jaringan juga tercermin dari peningkatan jumlah BTS 4G di Sumatra bagian Utara sebesar 9%, dan Sumatra bagian Tengah sebesar 11% dibanding periode yang sama tahun lalu.

    “Ini merupakan wujud nyata dari upaya kami untuk menghadirkan koneksi yang cepat dan stabil di seluruh penjuru Sumatra, terutama di tengah akselerasi kebutuhan digital masyarakat,” ungkapnya Rabu (30/4/2025).

    Dia menjelaskan lonjakan penggunaan jaringan juga berkontribusi pada peningkatan trafik digital di wilayah Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel) sebesar 4,4%, menandakan tingginya ketergantungan masyarakat terhadap konektivitas digital dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari pendidikan hingga bisnis.

    Selama kuartal ini, IOH mengalokasikan belanja modal (Capex) sebesar Rp2,62 triliun, dengan 90,4% di antaranya untuk pengembangan bisnis seluler. Investasi tersebut menopang peningkatan jumlah BTS 4G secara nasional menjadi 202.179 unit—naik 10% dibanding tahun sebelumnya.

    Adapun secara nasional pada kuartal I/2025, pertumbuhan ARPU yang positif disertai dengan peningkatan berkelanjutan dalam jumlah pelanggan menjadi bukti ketangguhan Indosat dalam menghadapi dinamika pasar. 

    ARPU Indosat tercatat mencapai hampir Rp40.000 atau Rp39.200, tumbuh sebesar 4,6% YoY, sementara jumlah pelanggan seluler bertambah sebanyak 700.000 dibandingkan kuartal sebelumnya, sehingga total pelanggan mencapai 95,4 juta.

    Indosat mencatat pendapatan yang stabil sebesar Rp13,57 triliun, dengan EBITDA sebesar Rp6,41 triliun—tumbuh 0,6% secara kuartalan (QoQ), didukung oleh fokus berkelanjutan perusahaan terhadap disiplin biaya dan eksekusi yang efisien. 

    Laba Bersih yang Dapat Diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk meningkat sebesar 27% secara kuartalan menjadi Rp1,31 triliun menandai kinerja laba positif selama 17 kuartal berturut-turut. Pencapaian ini semakin memperkuat komitmen Indosat dalam menciptakan nilai jangka panjang di tengah persaingan industri yang kian intensif.

    Ke depan, IOH Circle Sumatra akan terus memperluas cakupan jaringan, meningkatkan kapasitas, serta menghadirkan layanan digital baru yang relevan dan adaptif terhadap kebutuhan pelanggan. Upaya ini sejalan dengan visi besar IOH menjadi AI-TechCo dan memperkuat kedaulatan digital nasional.

  • Begini Jurus PIS Tekan Biaya Operasional dan Tingkatkan Daya Saing

    Begini Jurus PIS Tekan Biaya Operasional dan Tingkatkan Daya Saing

    Jakarta

    PT Pertamina International Shipping (PIS) terus memperkuat daya saingnya sebagai perusahaan logistik, khususnya pada pengiriman kargo komoditas energi. Langkah utama yang dilakukan anak usaha PT Pertamina (Persero) ini adalah mendorong transformasi digital.

    “Jadi pertama-tama, kami percaya bahwa digitalisasi akan memberi kami keuntungan besar dalam mengurangi biaya,” kata Direktur Perencanaan Bisnis PIS Eka Suhendra dalam acara Media Briefing Indonesia Maritime Week 2025 di Kaum Restoran, Jakarta, Rabu (30/4/2025).

    Eka mengatakan, transformasi digital perlu dilakukan untuk mengurangi biaya sekaligus memperluas jangkauan informasi guna meningkatkan efisiensi pelayaran dan mengontrol armada yang dimiliki PIS. Ia mengatakan, digitalisasi ini juga akan diterapkan pada sejumlah pelabuhan yang dikelola PIS.

    Selain itu, terminal di sejumlah pelabuhan yang dikelola PIS juga didorong untuk mengantongi sertifikasi internasional. Melalui sertifikasi ini, Eka meyakini langkah ekspansi membuka terminal baru di negara lain akan lebih mudah.

    “Karena terminal kami cukup penting untuk ketahanan energi Indonesia, mungkin salah satu terminal terbesar yang kami miliki adalah di Tanjung Sekong di Cirebon,” ungkapnya.

    Selain digitalisasi, Eka menegaskan PIS terus berupaya menekan biaya bunker atau alokasi dana untuk bahan bakar minyak (BBM) yang digunakan armadanya. Menurutnya, biaya yang dialokasikan untuk BBM cukup besar lantaran armada kapal yang dimiliki PIS berusia tua.

    Ia menyebut, PIS sendiri tengah berupaya menghadirkan armada kapal yang usianya jauh lebih muda. Menurutnya, armada kapal berusia muda ini memiliki teknologi yang hemat BBM. Sejalan dengan hal tersebut, PIS juga menjalankan program peremajaan sejumlah kapal yang berusia tua agar alokasi BBM dapat ditekan hingga 20%.

    “Maka kapal-kapal baru atau bagaimana kita dapat membuat armada kita lebih muda (peremajaan) dalam hal usia mereka, cukup berperan penting dalam bagaimana kita dapat mengurangi biaya,” ungkapnya.

    “Kami percaya bahwa daya saing perusahaan kami akan datang dari pengurangan biaya,” ujar dia.

    (kil/kil)

  • Asus Tawarkan ExpertBook P Series, Laptop Tangguh Kelas Militer

    Asus Tawarkan ExpertBook P Series, Laptop Tangguh Kelas Militer

    Jakarta

    Asus Indonesia menjawab tantangan dunia bisnis modern yang dinamis dengan menghadirkan Asus ExpertBook P Series, lini laptop bisnis terbaru yang menggabungkan durabilitas kelas militer, kinerja berbasis AI mutakhir, dan perlindungan data tingkat enterprise.

    Disebutkan Country Product Marketing Commercial Business Asus Aldy Ramadiansyah, ExpertBook P Series telah memenuhi standar militer yang sudah lulus ujian 24 Test US Military Grade MIL-STD-810H dan lulus uji internal Asus QTR hingga dengan 157 Tests, dirancang untuk bertahan dari tantangan ekstrem di lapangan, mulai dari benturan, guncangan, tekanan berat, hingga tumpahan air hingga 66 cc.

    Ketangguhan ini menjadi pondasi utama dalam mendukung kinerja jangka panjang dan transformasi digital berbasis AI di dunia usaha. Mereka memahami bahwa pasar Indonesia membutuhkan perangkat bisnis yang tidak hanya kuat, tetapi juga mampu menjawab tantangan transformasi digital.

    “ExpertBook P Series adalah jawaban kami untuk memenuhi kebutuhan produktivitas tinggi dengan dukungan teknologi AI terkini dan layanan purna jual terbaik. Kami ingin setiap profesional di Indonesia merasa percaya diri menatap masa depan digital dengan dukungan perangkat yang andal seperti ExpertBook P Series,” ungkapnya dalam Asus Expert Workshop di Ashley Hotel, Jakarta, Rabu (30/4/2025).

    Dalam workshop ini Aldy membeberkan sejumlah spesifikasi utama Asus ExpertBook P Series yang menjadi keunggulannya dalam mendukung aktivitas bisnis modern dengan mobilitas tinggi.

    Asus ExpertBook P Series Foto: Rachmatunnisa/detikINETTahan Jatuh hingga 120 Cm

    Dalam aktivitas bisnis harian, risiko terjatuh secara tidak sengaja adalah hal yang umum, baik saat diletakkan di meja sempit, terjatuh dari tangan saat tergesa, atau tertarik kabel saat presentasi.

    Dirancang untuk mobilitas professional, ExpertBook P series menggunakan material full-aluminum chassis (pada model P5) yang ringan hanya 1,27 kg namun tetap solid. Serta penambahan konstruksi pelat logam pada area port dan konektor penting, guna menjaga kestabilan komponen internal dalam jangka panjang. Dengan demikian, ExpertBook P Series mampu bertahan dari resiko terjatuh dari ketinggian hingga 120 cm ke permukaan beton, lebih tinggi dari rata-rata meja kerja.

    Tak hanya tahan banting saat terjatuh, ExpertBook P Series juga dirancang untuk menghadapi tekanan ekstrem yang umum terjadi dalam mobilitas profesional.

    Tahan Tekanan 28 Kg

    Tanpa disadari, laptop sering tertindih di dalam tas kerja, bagasi mobil, atau bahkan di bawah tumpukan dokumen. ExpertBook P Series dilengkapi lapisan pelindung panel layar ultra-kuat yang mampu menahan beban hingga 28 kg dan bahkan tetap kokoh saat mendapat tekanan ekstrem hingga 85 kg, seperti tertindih saat di dalam tas kerja atau bagasi.

    Asus juga melakukan Rump Pressure Test, dengan bagian atas dan bawah laptop diuji menahan beban tekan hingga 50 kg, memberikan ketahanan maksimal saat perangkat tertindih di dalam tas kerja. Selain itu, test ketahanan engsel (Clamshell) dilakukan hingga 50.000 siklus buka-tutup, setara dengan penggunaan harian selama 11 tahun, memastikan engsel tetap kuat dan responsif bahkan setelah pemakaian jangka panjang.

    Bagi pengguna profesional dengan mobilitas tinggi, perangkat dapat diandalkan untuk bertahan menghadapi rutinitas kerja tanpa khawatir kerusakan fisik akibat tekanan atau penggunaan intensif.

    Tahan Tumpahan Cairan

    Tumbler yang berisikan air putih menjadi teman setia saat bekerja. Namun, tumpahan cairan di atas keyboard bisa menjadi masalah besar yang mengganggu pekerjaan dan merusak perangkat. Asus ExpertBook P Series hadir dengan Asus ErgoSense Keyboard tidak hanya menghadirkan kenyamanan mengetik layaknya keyboard desktop, tetapi juga dilengkapi fitur spill-resistant yang mampu menahan tumpahan cairan hingga 66 cc, solusi ideal bagi pengguna multitasking yang aktif bekerja di berbagai kondisi.

    Asus ExpertBook P Series Foto: Rachmatunnisa/detikINETPerforma Andal

    Di balik desainnya yang tahan banting, ExpertBook P5 Series ditenagai Intel Core Ultra 7 (Series 2) yang dilengkapi tiga mesin AI terintegrasi (CPU, GPU, dan NPU), menghasilkan performa komputasi keseluruhan hingga 115 TOPS, termasuk 47 TOPS NPU. Dengan dukungan hingga 32GB LPDDR5X RAM dan Dual M2 NVMe Gen4 SSD (hingga 2TB) yang mendukung konfigurasi RAID 0 & RAID 1, serta daya tahan baterai hingga 20 jam, ExpertBook P5 siap mendukung aktivitas bisnis intensif sepanjang hari.

    Sementara untuk P1, hadir dengan Intel Core i5/i7 H-series 13th Gen, yang dikombinasikan dengan Dual slot memory hingga 64GB DDR5, dan Dual M2 PCIe 4.0 SSD. Konfigurasi yang sangat luar biasa untuk sebuah laptop business, yang tak akan ditemukan pada merek lain, bahkan di level yang lebih premium.

    Disebutkan Aldy, Asus merancang ExpertBook P Series dengan memahami bahwa pelaku bisnis di Indonesia membutuhkan perangkat yang tidak hanya tahan lama, tetapi juga mampu mengikuti percepatan konektivitas digital. “Dengan dukungan performa AI terintegrasi, ExpertBook P Series membantu meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan mobilitas profesional di berbagai sektor industri,” bebernya.

    Berjalan di atas sistem operasi Windows 11 Home, ExpertBook P series sangat siap mendampingi kolaborasi virtual, melalui kehadiran fitur Asus AI ExpertMeet dengan teknologi AI Noise-cancelling, AI Camera untuk koreksi pencahayaan dan arah pandangan, serta AI Meeting Minutes untuk transkripsi otomatis rapat.

    Dukungan layar wide-view setara IPS dengan kecerahan hingga 400 NITS, lapisan anti reflektif, serta sudut buka engsel 180° memungkinkan pengguna bekerja nyaman di berbagai kondisi pencahayaan dan lebih mudah berkolaborasi.

    Konektivitas Komprehensif

    Bagian ini menjadi nilai jual paling memukau dari lini ExpertBook khususnya P1 series. Di saat brand lain hanya menawarkan 1 USB-C data only 5Gbps, ExpertBook P1 hadir dengan Dua buah USB-C versi full-feature yang tak hanya menawarkan data transfer 10Gbps dan DisplayPort, tapi juga fitur wide-range charging 5 ~ 20V yang menjadikan P1 series tetap bisa bekerja hanya dengan suplai dari power bank 5000 mAh.

    Konektivitas lain yang tak kalah penting seperti HDMI, dedicated RJ45, USB A 3.2 serta combo Audio jack, serta lubang keamanan standar Kenshington juga hadir dan ditempatkan dengan sangat strategis agar tak mengganggu operasional pengguna.

    Country Product Marketing Commercial Business Asus, Aldy Ramadiansyah. Foto: Rachmatunnisa/detikINETPerlindungan Data dan Dukungan Purna Jual

    Selain ketangguhan fisik dan performa tinggi, ExpertBook P Series menjaga keamanan data melalui Self-healing BIOS yang melindungi konfigurasi BIOS tetap aman, chassis intrusion alert yang secara otomatis mendeteksi tindakan tanpa otorisasi pada sasis, discrete TPM 2.0 chip, dan biometric login berstandar FIDO2.

    Setiap unit juga dilengkapi 1 tahun McAfee Premium, memberikan perlindungan menyeluruh dari berbagai ancaman dunia maya. Diperkuat dengan pembaruan keamanan BIOS dan driver hingga 5 tahun, ASUS ExpertBook P Series memberikan ketenangan ekstra di tengah ancaman keamanan digital yang terus berkembang.

    Pengalaman para profesional bersama ASUS ExpertBook P Series menjadi bukti nyata bahwa laptop bisnis tidak hanya harus cepat dan cerdas, tetapi juga tangguh.

    “Asus ExpertBook P Series telah dirancang untuk menjawab kebutuhan dunia bisnis modern, dengan durabilitas tinggi, performa andal jangka panjang, serta cost of ownership yang lebih efisien. Laptop ini siap digunakan dalam berbagai kondisi kerja, baik di kantor, luar ruangan, maupun saat bekerja on the go,” tambah Aldy.

    “Selain itu, sistem keamanan berstandar enterprise juga disematkan untuk memastikan dokumen dan data penting tetap terlindungi secara menyeluruh di dalam perangkat,” jelasnya.

    Untuk mendukung ketenangan jangka panjang, ASUS Indonesia juga menghadirkan Expert Warranty dengan 3 Tahun garansi termasuk baterai dan adaptor pengisian daya dan sudah mencakup Free 1 Tahun Accidental Damage Protection.

    Saat ini ASUS ExpertBook P Series tersedia dalam 2 pilihan seri yaitu ExpertBook P1 (P1403) mulai dari Rp 7.699.000 dan ExpertBook P5 (P5405) mulai dari Rp 16.599.000.

    (rns/fay)

  • Dua Dekade Menuju Indonesia Emas, GDRBN 2025-2045 Fokus pada Transformasi Digital Pemerintah hingga Peningkatan Kompetensi Aparatur
                
                    
                        
                            Nasional
                        
                        30 April 2025

    Dua Dekade Menuju Indonesia Emas, GDRBN 2025-2045 Fokus pada Transformasi Digital Pemerintah hingga Peningkatan Kompetensi Aparatur Nasional 30 April 2025

    Dua Dekade Menuju Indonesia Emas, GDRBN 2025-2045 Fokus pada Transformasi Digital Pemerintah hingga Peningkatan Kompetensi Aparatur
    Tim Redaksi
    KOMPAS.com
    – Tahun 2025 menjadi garis finis pelaksanaan Grand Design
    Reformasi Birokrasi
    Nasional (
    GDRBN
    ) 2010–2025 sekaligus menandai dimulainya pelaksanaan GDRBN 2025–2045. 
    GDRBN 2025–2045 dirancang untuk mendukung Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Nasional dengan visi birokrasi kelas dunia. 
    Reformasi dilakukan bertahap hingga 2045 melalui transformasi digital, penguatan kolaborasi, dan tata kelola adaptif berbasis manusia dan inklusif.
    Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB)
    Rini Widyantini
    menyebutkan, GDRBN 2025–2045 akan menjadi tonggak penting dalam transformasi birokrasi Indonesia. 
    Visi utama GDRBN adalah menciptakan birokrasi yang kolaboratif, kapabel, dan berintegritas, dengan pendekatan
    human-based
    yang fokus pada kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat.
    “GDRBN menargetkan perubahan mendasar di berbagai aspek, mulai dari transformasi digital pemerintahan hingga peningkatan kompetensi aparatur, menciptakan kelembagaan yang lincah, hingga pelayanan publik berkualitas serta inklusif,” ujarnya dalam siaran pers, Rabu (30/4/2025).
    Dia mengatakan itu saat memberikan arahan dalam kegiatan Rapat Koordinasi Kebijakan RB 2025-2029 dan Pengumuman Hasil Evaluasi Indeks RB Tahun 2024 di Kantor Kemenpan RB, Jakarta, Rabu. 
    Rini menjelaskan, Kementerian PANRB telah menyiapkan program strategis
    reformasi birokrasi
    , yaitu Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKP), pemerintah digital, serta transformasi pelayanan publik. 
    SAKP mendorong sinergi kementerian/lembaga/pemerintah daerah untuk mencapai target pembangunan nasional secara kolaboratif, efektif, dan efisien.
    Sistem itu juga menggantikan pendekatan instansional yang sebelumnya belum selaras dan belum optimal mendukung
    outcome
    bersama.
    Pemerintah juga melakukan percepatan dan kesinambungan transformasi digital dengan memanfaatkan fondasi yang sudah ada yaitu fondasi kebijakan dan tata kelola. 
    Adapun transformasi digital pemerintah bergeser dari sekadar digitalisasi prosedur menuju sistem yang berorientasi pada dampak dan penciptaan nilai publik.
    “Kementerian PANRB juga berkomitmen untuk mengoptimalkan ekosistem pelayanan publik dengan harapan ke depannya dapat meningkatkan aksesibilitas, efisiensi, dan kualitas layanan, serta memperluas jangkauan layanan bagi masyarakat kepada masyarakat luas,” tuturnya.
    Dalam Rapat Koordinasi Kebijakan RB 2025-2029 dan Pengumuman Hasil Evaluasi Indeks RB Tahun 2024, Kementerian PANRB juga mengapresiasi kepada instansi pemerintah dengan indeks RB terbaik hasil evaluasi RB 2024. 
    Rini berharap, pencapaian itu dapat dipertahankan pada tahun-tahun mendatang sekaligus menjadi motivasi untuk terus melakukan perbaikan berkelanjutan.
    Menurutnya, birokrasi yang berdampak dapat tercapai apabila semua pihak dapat bekerja secara kolaboratif untuk mencapai tujuan nasional bersama. 
    “Apa yang kita kerjakan sesungguhnya bukan untuk kita sendiri, tetapi untuk masyarakat dan bangsa Indonesia,” ujarnya.
    Pada kesempatan itu, Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB Erwan Agus Purwanto memaparkan capaian reformasi birokrasi yang merupakan hasil evaluasi RB sepanjang 2024. 
    Pada 2024, Tim Penilai Nasional (TPN) melakukan evaluasi RB kepada 628 instansi, terdiri dari 82 kementerian/lembaga, 38 provinsi, dan 508 kabupaten/kota.
    Erwan menyampaikan, kementerian/lembaga memiliki rata-rata indeks RB sebesar 82,98 atau naik 6.17 poin. 
    Kemudian, pemerintah provinsi memiliki rata-rata indeks RB 74,63 atau naik 4.92 poin, sedangkan pemerintah kabupaten/kota memiliki rata-rata 69,46 pada 2024 atau naik 10.14 poin dari tahun sebelumnya.
    Erwan menyebutkan, pihaknya mendorong instansi dengan capaian indeks RB di atas rata-rata untuk membagikan praktik terbaiknya. 
    “Kami juga mengapresiasi seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam implementasi RB dan mengajak untuk terus memperkuat kolaborasi antar kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah,” ucap Erwan.  
    Berikut instansi pemerintah dengan indeks RB terbaik dari hasil evaluasi RB 2024: 
    Pemerintah Provinsi Terbaik
    Pemerintah Kab/Kota Terbaik Setiap Wilayah
    Instansi Pemerintah dengan Delta Tertinggi
     
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Pemerintah Targetkan Birokrasi Kelas Dunia 2045, Fokus Digitalisasi dan SDM Aparatur – Page 3

    Pemerintah Targetkan Birokrasi Kelas Dunia 2045, Fokus Digitalisasi dan SDM Aparatur – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Rini Widyantini mengatakan bahwa Grand Design Reformasi Birokrasi Nasional (GDRBN) 2025–2045 akan menitikberatkan pada transformasi digital dan peningkatan kualitas sumber daya manusia aparatur.

    Tujuan utamanya adalah menciptakan birokrasi kelas dunia pada 2045.

    “GDRBN akan menjadi tonggak penting perubahan birokrasi Indonesia, dengan semangat membangun birokrasi kolaboratif, kapabel, dan berintegritas, serta berorientasi pada kesejahteraan masyarakat,” ujar Rini dalam Rapat Koordinasi Kebijakan RB 2025–2029 dan Pengumuman Hasil Evaluasi Indeks RB 2024 di Kantor Kementerian PANRB, Rabu (30/4/2025).

    Rini menjelaskan, GDRBN menargetkan reformasi menyeluruh, mulai dari digitalisasi pemerintahan, peningkatan kompetensi aparatur, pembentukan kelembagaan yang adaptif, hingga penyediaan layanan publik yang inklusif dan berkualitas.

    Beberapa program strategis yang tengah disiapkan Kementerian PANRB meliputi Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKP), transformasi pelayanan publik, serta penguatan pemerintahan digital.

    SAKP dirancang untuk menyelaraskan kerja antar kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah agar lebih kolaboratif, efektif, dan efisien dalam mendukung pembangunan nasional.

    “Transformasi digital kini tidak hanya sekadar mengubah proses manual menjadi digital, tetapi harus menghasilkan dampak nyata dan nilai tambah bagi publik,” jelasnya.

    Lebih lanjut, Kementerian PANRB juga akan mengembangkan ekosistem pelayanan publik yang lebih luas, inklusif, dan mudah diakses masyarakat. Rini berharap reformasi ini bisa menghadirkan birokrasi yang benar-benar melayani rakyat.

    Dalam kesempatan yang sama, kementerian memberikan penghargaan kepada instansi pemerintah dengan capaian indeks Reformasi Birokrasi (RB) terbaik tahun 2024. Rini berharap pencapaian tersebut bisa menjadi motivasi untuk terus melakukan perbaikan berkelanjutan.

    “Birokrasi yang berdampak hanya bisa terwujud lewat kolaborasi. Apa yang kita kerjakan bukan untuk diri sendiri, tetapi untuk bangsa dan masyarakat Indonesia,” tegasnya.

    Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan, tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dalam perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 transparan dan bebas dari kecurangan…

  • Reformasi Birokrasi Cegah Anggaran Bocor Rp 128,5 Triliun – Page 3

    Reformasi Birokrasi Cegah Anggaran Bocor Rp 128,5 Triliun – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Rini Widyantini mengklaim, reformasi birokrasi telah berhasil mencegah potensi pemborosan anggaran hingga Rp 128,5 triliun.

    Rini mengatakan, salah satu program strategis dalam reformasi birokrasi yakni Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP).

    SAKIP mendorong sinergi kementerian/lembaga/pemerintah daerah untuk mencapai target pembangunan nasional secara kolaboratif, efektif, dan efisien. Menggantikan pendekatan instansional yang belum selaras dan belum optimal mendukung outcome bersama.

    “Dalam 2 tahun terakhir penerapan SAKIP, kita sudah berhasil mencegah potensi pemborosan dari APBN dan APBD sekitar lebih kurang Rp 128,5 triliun. Hal ini tentunya tidak lepas dari program reformasi birokrasi yang telah terkonsolidasi dalam kegiatan stranas pencegahan korupsi,” ujarnya dalam Rakor Kebijakan RB 2025-2029 di Kementerian PANRB, Jakarta, Rabu (30/4/2025).

    Lebih lanjut, Rini menyampaikan, 2025 jadi garis finis pelaksanaan Grand Design Reformasi Birokrasi Nasional (GDRBN) 2010-2025, sekaligus menandai dimulainya pelaksanaan GDRBN 2025-2045.

    GDRBN 2025–2045 dirancang untuk mendukung Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Nasional, dengan visi birokrasi kelas dunia. Reformasi dilakukan bertahap hingga 2045 melalui transformasi digital, penguatan kolaborasi, dan tata kelola adaptif berbasis manusia dan inklusif.

    Menurut dia, GDRBN 2025–2045 akan menjadi tonggak penting dalam transformasi birokrasi Indonesia. Dengan visi utama menciptakan birokrasi yang kolaboratif, kapabel, dan berintegritas, dengan pendekatan yang fokus pada kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat.

    “GDRBN menargetkan perubahan mendasar di berbagai aspek, mulai dari transformasi digital pemerintahan hingga peningkatan kompetensi aparatur, menciptakan kelembagaan yang lincah, hingga pelayanan publik berkualitas serta inklusif,” ungkapnya.

     

  • Jadwal Pembagian Dividen Garuda Food, Rp350,22 Miliar Siap Disalurkan

    Jadwal Pembagian Dividen Garuda Food, Rp350,22 Miliar Siap Disalurkan

    PIKIRAN RAKYAT – PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (GOOD), emiten makanan ringan dan minuman terkemuka di Indonesia, kembali menunjukkan komitmennya terhadap pemegang saham dengan mengumumkan pembagian dividen tunai yang cukup besar untuk tahun buku 2024.

    Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar di Jakarta, perusahaan menyetujui pembagian dividen senilai Rp350,33 miliar, setara 56,10 persen dari laba bersih perusahaan yang mencapai Rp687,19 miliar.

    Kapan Dividen Tunai Dibayar?

    Pembagian dividen ini menjadi salah satu bentuk apresiasi perusahaan terhadap kepercayaan para investor, terutama setelah Garudafood mencetak rekor laba bersih tertinggi sepanjang sejarah operasionalnya.

    “2024 menjadi tonggak bersejarah dalam perjalanan Garudafood. Pencapaian laba bersih tertinggi sepanjang sejarah mencerminkan efektivitas strategi kami dalam menjaga keseimbangan antara inovasi, efisiensi operasional, dan komitmen terhadap keberlanjutan,” tutur Direktur Utama Garudafood, Hardianto Atmadja.

    Adapun jadwal penting pembagian dividen yang wajib dicatat oleh investor:

    Tanggal pencatatan pemegang saham (Recording Date): 7 Mei 2025 Tanggal pembayaran dividen tunai: 21 Mei 2025

    Dengan total laba bersih Rp687,19 miliar yang meningkat 14,25 persen (year-on-year), pembagian dividen sebesar Rp350,33 miliar menandakan pengelolaan keuangan yang sehat sekaligus konsistensi dalam memberikan nilai tambah bagi pemegang saham.

    Kontribusi Penjualan Domestik

    Kinerja keuangan Garudafood ditopang oleh pertumbuhan kuat pada segmen makanan dalam kemasan yang memberikan kontribusi sebesar 87,76 persen terhadap total penjualan. Segmen ini mencatat pertumbuhan 14,19 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

    Sementara itu, pasar domestik masih menjadi tulang punggung utama Garudafood. Penjualan dalam negeri menyumbang 96,88 persen dari total pendapatan bersih, atau meningkat 16,37 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Hal ini menunjukkan bahwa kekuatan merek dan distribusi Garudafood di pasar lokal masih sangat dominan dan efektif.

    Aksi Buyback Saham Rp50 Miliar Disetujui

    Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), Garudafood juga menyetujui aksi pembelian kembali (buyback) saham senilai maksimum Rp50 miliar. Diperkirakan, buyback ini akan mencakup sebanyak 130.562.827 lembar saham atau setara dengan 0,35 persen dari total saham yang beredar.

    Aksi ini dinilai sebagai langkah strategis untuk menstabilkan harga saham dan meningkatkan kepercayaan investor di tengah dinamika pasar.

    Perombakan Komisaris: Haijiang Gu Gantikan Donald Reginald Gadsden

    RUPSLB juga menyetujui pengangkatan komisaris baru, yakni Haijiang Gu yang menggantikan Donald Reginald Gadsden. Perubahan ini diharapkan membawa perspektif baru dalam pengawasan dan tata kelola perusahaan.

    Susunan Lengkap Dewan Komisaris dan Direksi Garudafood 2025

    Komisaris Utama: Sudhamek Agoeng Waspodo Soenjoto Pangayoman Adi Soenjoto Soeharto Sunjoto Hartono Atmadja Swen Neufeldt Haijiang Gu Komisaris Independen: Dorodjatun Kuntjoro Jakti Komisaris Independen: Fitra Dewata Teramihardja Komisaris Independen: Andi Chandra Direktur Utama: Hardianto Atmadja Fransiskus Johny Soegiarto Paulus Tedjosutikno Robert Chandrakelana Adjie Johannes Setiadharma Swadheen Sharma Fokus Garudafood di 2025: Inovasi dan Teknologi AI

    Menghadapi tantangan dan peluang di 2025, Direktur Garudafood Fransiskus Johny Soegiarto menegaskan bahwa perusahaan akan terus mendorong inovasi dan transformasi digital.

    “Garudafood akan melanjutkan fokus pada inovasi produk, proses bisnis, intensifikasi pasar, penetrasi ke sektor jasa makanan, dan transformasi digital melalui pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) untuk menunjang operasional bisnis,” ujarnya.

    Selain itu, optimalisasi rantai pasok, penguatan praktik berkelanjutan, dan kepatuhan terhadap regulasi menjadi agenda utama perusahaan demi menjaga daya saing dan memperkuat pertumbuhan jangka panjang.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Pegatron Operasikan Smart Factory Berbasis AI dan 5G di Batam, Dorong Transformasi Manufaktur  – Halaman all

    Pegatron Operasikan Smart Factory Berbasis AI dan 5G di Batam, Dorong Transformasi Manufaktur  – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pegatron, meresmikan fasilitas manufaktur cerdas atau smart factory terbarunya di Batam, Indonesia.

    Pabrik ini mengadopsi teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI), otomatisasi tingkat tinggi, serta konektivitas 5G sebagai bagian dari strategi transformasi digital Pegatron secara global. 

    Menandai langkah strategis dalam mendukung revolusi industri 4.0, Pegatron bekerja sama dengan Telkomsel untuk menghadirkan solusi manufaktur pintar berbasis jaringan 5G. 

    Dalam kolaborasi ini, Telkomsel melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise menyediakan solusi infrastruktur 5G Private Network Standalone (SA) untuk memastikan konektivitas yang andal dan aman di seluruh area produksi.

    Anak usaha Telkom tersebut juga menyediakan hingga 1.200 kartu SIM untuk perangkat IoT yang akan terintegrasi dalam sistem Smart Manufacturing berbasis 5G, memungkinkan pemantauan kinerja mesin dan pengendalian proses produksi secara efisien dan real-time. 

    Perusahaan yang sama turut memperkuat jaringan publik guna mendukung produktivitas karyawan di Smart Factory Batam.

    “Kolaborasi dengan Telkomsel sebagai pionir 5G di Indonesia menjadi fondasi penting dalam mewujudkan Smart Factory yang benar-benar adaptif, terhubung, dan efisien,” ujar Presiden dan CEO Pegatron, Gary Cheng di acara peresmian pabrik pintar. 

    Smart factory ini memang sangat mengandalkan dukungan jaringan 5G dan dukungan infrastruktur digital untuk mempercepat proses transformasi digital dalam rantai produksi, sekaligus mendorong pertumbuhan industri berbasis teknologi tinggi di Indonesia.

    Acara peresmian dihadiri Direktur Perencanaan Spektrum, Pengelolaan Orbit Satelit, dan Standardisasi Infrastruktur Digital Kementerian Komunikasi dan Digital, Adis Alifiawan. Dia menyampaikan bahwa pembukaan fasilitas Pegatron di Batam menjadi tonggak penting bagi pertumbuhan industri nasional, khususnya di bidang teknologi dan perangkat ICT.

    “Kita ingin Indonesia bukan hanya sebagai pasar, tapi juga sebagai produsen dan inovator dalam industri teknologi dunia,” ungkapnya.

    Dengan konektivitas yang andal dan latensi rendah, 5G Private Network memungkinkan integrasi ribuan sensor dan mesin secara real-time, juga efisiensi produksi lainnya.

    “Sistem ini secara aktif mendukung otomasi, analitik berbasis data, serta optimalisasi kualitas, efisiensi biaya, dan proses pemeliharaan.” ujar Andy Hsieh, Direktur PT. Pegaunihan Technology Indonesia.

    Menurut Direktur Planning & Transformation Telkomsel, Wong Soon Nam, menjelaskan, menindaklanjuti Nota Kesepahaman (MoU) antara Telkomsel dan Pegatron 5G di Mobile World Congress (MWC) 2025 Barcelona

    Maret lalu, kerja sama ini merupakan langkah strategis dalam mendukung akselerasi transformasi digital sektor manufaktur di Indonesia. Melalui solusi 5G Private Network yang kami rancang secara khusus, PT Pegaunihan Technology Indonesia dapat meningkatkan efisiensi operasional, produktivitas, dan daya saing untuk Smart Manufacturing di era Industri 4.0.

    Mengedepankan peran Telkomsel sebagai product powerhouse Telkom Group bagi pelanggan enterprise/bisnis (B2B), kami berharap inisiatif ini turut memperkuat ekosistem manufaktur nasional dan mendorong kemajuan teknologi di Indonesia,” kata dia.

    Peresmian ini mendukung tren positif sektor manufaktur Indonesia yang per Desember 2024. Pertumbuhan sektor ini didorong oleh peningkatan output dan pesanan baru dari pasar domestik dan ekspor.

    Dengan proyeksi pertumbuhan PDB sektor manufaktur sebesar 5,2 persen di tahun 2025 serta lingkungan investasi yang semakin kondusif, Indonesia terus menarik perhatian pelaku industri global.

    Menurut data Kementerian Perindustrian, kontribusi sektor manufaktur terhadap PDB nasional pada 2024 mencapai 18,98 persen.

    Pemerintah melalui program hilirisasi juga mendorong transformasi industri berbasis nilai tambah dan teknologi.

    Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Setia Diarta ditemui dalam pembukaan pabrik pintar di Batam mengapresiasi langkah konkret Telkomsel dan Pegatron dalam menghadirkan teknologi 5G demi transformasi di sektor manufaktur. 

    “Pemerintah akan terus mendorong kemitraan serupa agar seluruh sektor industri, termasuk manufaktur, dapat memanfaatkan teknologi terkini secara optimal demi pertumbunan yang inklusif dan berkelaniutan.” ujarnya.

    Strategi Jangka Panjang Pegatron di RI

    Strategi jangka panjang Pegatron mencakup Kecerdasan Buatan, inovasi masa depan pekerjaan, daya saing bisnis, kemitraan strategis, dan restrukturisasi organisasi. Kolaborasi dengan Telkomsel merupakan contoh komitmen strategi terhadap kemitraan berorientasi masa depan yang mempercepat kemajuan digital. 

    Pabrik ini juga memprioritaskan orientasi pelanggan, kinerja, keberlanjutan, kerja sama tim, kreativitas, analisis masalah untuk pengambilan keputusan, dan keterlibatan bisnis yang proaktif. Dalam jangka panjang, Pegatron berkomitmen untuk mengeksplorasi teknologi mutakhir seperti Pegaverse, mobilitas masa depan, konektivitas canggih, kehidupan berkelanjutan, dan robotika.

    Selain meningkatkan daya saing manufaktur Indonesia, investasi ini juga menciptakan lapangan kerja, mendorong transfer teknologi, serta memperkuat posisi Indonesia dalam peta rantai pasok global. Pegatron turut mendukung pengembangan sumber daya manusia melalui pelatihan keterampilan digital dan teknis yang selaras dengan kebutuhan industri masa depan. 

    Sebagai salah satu perusahaan dengan jejak global di lebih dari 13 negara, Pegatron memiliki peran strategis dalam transformasi digital global, sekaligus menjadi katalisator utama dalam penciptaan ekosistem manufaktur yang tangguh, terhubung, dan berkelanjutan.

    Pegatron Corporation didirikan pada 1 Januari 2008 dan bisnisnya fokus di layanan desain dan manufaktur (Design and Manufacturing Services/DMS), yang menggabungkan kekuatan EMS dan ODM untuk menyediakan solusi menyeluruh dan mutakhir dalam desain produk, produksi sistematis, dan manufaktur canggih.

    Dengan keahlian mendalam di bidang teknologi komputer dan komunikasi, perusahaan teknologi ini menawarkan berbagai layanan seperti pengembangan komputer, perangkat portabel, perangkat keras, jaringan, serta perangkat lunak, termasuk konsultasi TI, analisis sistem, dan solusi komunikasi digital yang disesuaikan. (tribunnews/fin)

     

  • Bank Mandiri Catat Laba Rp13,2 Triliun di Awal 2025, Digital dan Kredit Tumbuh Merata

    Bank Mandiri Catat Laba Rp13,2 Triliun di Awal 2025, Digital dan Kredit Tumbuh Merata

    Jakarta: Bank Mandiri membuka tahun 2025 dengan performa bisnis yang solid. Dalam tiga bulan pertama, bank pelat merah ini berhasil membukukan laba bersih konsolidasi sebesar Rp13,2 triliun, tumbuh 3,9 persen secara tahunan. 
     
    Strategi ekspansi kredit, transformasi digital, dan dorongan terhadap pembiayaan berkelanjutan jadi kunci keberhasilannya.
     
    Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi menegaskan peran strategis perseroan dalam pembangunan ekonomi nasional.

    “Sebagai bagian dari BUMN, Bank Mandiri memiliki peran strategis dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional. Kami berkomitmen untuk menjaga kinerja tetap sehat, memperluas kolaborasi dengan berbagai pihak, dan mengoptimalkan ekspansi bisnis di seluruh wilayah,” kata Darmawan dalam konferensi pers, Selasa, 29 April 2025.

    Kredit tumbuh merata, fokus ke sektor produktif
    Hingga Maret 2025, kredit konsolidasi Bank Mandiri mencapai Rp1.672 triliun, naik 16,5 persen YoY. Segmen wholesale dan retail sama-sama berkontribusi, termasuk kredit ke sektor-sektor unggulan seperti konstruksi, energi, makanan-minuman, hingga UMKM.
     
    “Selama kuartal pertama 2025, pertumbuhan Bank Mandiri tersebar merata di seluruh wilayah Tanah Air dan juga mencatatkan pertumbuhan kredit dan DPK di atas rata-rata pertumbuhan industri,” ujar Darmawan.
     
    Dalam penyaluran kredit, Bank Mandiri fokus membidik sektor-sektor prospektif dan resilien seperti konstruksi dan infrastruktur, energi, makanan dan minuman, serta sektor padat karya lainnya. 
     

    Adapun, kredit corporate tumbuh sebesar 20 persen YoY atau  bertambah Rp 102 triliun menjadi Rp608 triliun. Selain itu, kredit commercial tumbuh baik  sepanjang kuartal I 2025 mencapai 21,4 persen yoy atau sebesar Rp296 triliun. 
     
    Di sisi lain, kredit kepada sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) secara tahunan naik sebesar Rp11 triliun menjadi Rp136 triliun pada tiga bulan pertama 2025, realisasi ini mempertegas komitmen Bank Mandiri dalam memperkuat ekonomi berbasis kerakyatan.
     
    Kinerja yang baik tersebut, juga diikuti oleh pertumbuhan yang berkualitas. Hal ini tercermin dari rasio kredit bermasalah (Non-Performing Loan/NPL) secara bank only dapat dijaga di level 1,01 persen pada Maret 2025. 
     
    Hal ini juga berdampak pada  perbaikan dari sisi biaya kredit atau Cost of Credit (CoC) yang membaik ke level 0,71 persen per Maret 2025, dari periode tahun sebelumnya 0,99 persen. 
    Transaksi digital capai Rp7.066 triliun, Livin’ & Kopra makin moncer
    Transformasi digital tetap jadi motor utama pertumbuhan. Per Maret 2025, pengguna Livin’ by Mandiri tembus 30,7 juta, dan Kopra by Mandiri mencatat nilai transaksi hingga Rp6.000 triliun, naik 23 persen YoY.
     
    Total volume transaksi digital Bank Mandiri menembus Rp7.066 triliun, naik 21,9 persen dibanding tahun lalu. Efisiensi juga meningkat, dengan rasio Cost to Income turun ke 38,2 persen.
     
    “Kami terus mengakselerasi inovasi digital agar dapat menghadirkan layanan perbankan yang semakin relevan dan adaptif terhadap kebutuhan nasabah di era yang dinamis ini,” jelas Darmawan.
    Dana murah naik, obligasi hijau terbit
    Bank Mandiri juga mencatat Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar Rp1.748 triliun, naik 11,2 persen YoY. Komposisi dana murah (CASA) mencapai 77,1 persen, didukung Livin’ dan Kopra yang semakin diandalkan masyarakat.
     
    Untuk memperkuat pendanaan, Bank Mandiri menerbitkan Global Bond senilai USD800 juta dan Obligasi Berwawasan Lingkungan senilai Rp5 triliun. Ini bagian dari strategi mendukung ekonomi hijau.
     
    Di samping itu, Bank Mandiri mencatat pembiayaan berkelanjutan mencapai Rp294 triliun di kuartal I-2025, dengan portofolio hijau tumbuh 13,4 persen dan sosial naik 9 persen. Komitmen ini sejalan dengan arah ekonomi nasional menuju transisi hijau.
     
    “Kami berkomitmen mendorong akselerasi transisi ekonomi Indonesia menuju ekonomi hijau dan berkelanjutan, sejalan dengan target pemerintah menuju Net Zero Emission (NZE),” ucap Darmawan.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)