Topik: THR

  • MRT Jakarta Tetap Beroperasi Normal Selama Libur Lebaran, Ada Promo Menarik!

    MRT Jakarta Tetap Beroperasi Normal Selama Libur Lebaran, Ada Promo Menarik!

    Jakarta: Libur Lebaran sering kali identik dengan jalanan yang lengang dan transportasi umum yang lebih nyaman. 
     
    Bagi kamu yang tetap berada di Jakarta selama libur Idul Fitri 1446 Hijriah, ada kabar baik! MRT Jakarta tetap beroperasi normal dan bahkan menawarkan berbagai promo menarik untuk para pengguna setianya.

    Jadwal operasional MRT Jakarta selama libur lebaran
    Tak perlu khawatir soal transportasi selama liburan, karena PT MRT Jakarta (Perseroda) memastikan bahwa layanan MRT tetap berjalan normal dari tanggal 28 Maret hingga 7 April 2025.
     
    “MRT Jakarta akan tetap beroperasi melayani masyarakat selama libur Idul Fitri,” kata Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta (Perseroda) Ahmad Pratomo di Jakarta dilansir Antara, Sabtu, 29 Maret 2025.
     

    Berikut detail jadwal operasionalnya:

    Jam operasional: 05.00 – 24.00 WIB
    Frekuensi keberangkatan: Setiap 10 menit
    Jumlah perjalanan: 219 perjalanan per hari
    Stasiun aktif: 13 stasiun
    Jumlah rangkaian kereta: 7 rangkaian

    Seluruh stasiun juga akan tetap beroperasi seperti biasa dengan tambahan petugas untuk memastikan kenyamanan penumpang selama perjalanan.
     

    Promo menarik selama libur lebaran
    Selain layanan yang tetap beroperasi normal, MRT Jakarta juga memberikan sejumlah promo menarik bagi pengguna setianya. Berikut adalah beberapa promo yang bisa kamu manfaatkan:

    1. Promo Tarif Spesial

    Dapatkan harga spesial tiket MRT Jakarta melalui aplikasi MyMRTJ dengan metode pembayaran blu by BCA Digital, AstraPay, i.saku, dan GoPay.

    2. Promo Feeder

    Nikmati kemudahan perjalanan dengan layanan feeder yang memberikan kenyamanan ekstra selama liburan.

    3. Marti Games THR Berhadiah Rp 15 Juta

    Ikuti Marti Games THR dan menangkan hadiah total Rp 15 juta dalam periode 6-15 April 2025.
     
    Bagi kamu yang tetap berada di Jakarta selama libur Lebaran, MRT bisa menjadi pilihan transportasi yang nyaman dan efisien. 
     
    Dengan jadwal operasional yang tetap normal serta berbagai promo menarik, pengalaman naik MRT selama liburan bisa lebih menyenangkan. 
     
    Jangan lupa manfaatkan promo tiket spesial dan berpartisipasi dalam Marti Games untuk mendapatkan hadiah THR menarik!

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Menaker Bakal Panggil Perusahaan Ojol Buntut ‘THR’ Rp 50 Ribu

    Menaker Bakal Panggil Perusahaan Ojol Buntut ‘THR’ Rp 50 Ribu

    Jakarta

    Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Republik Indonesia, Yassierli akan memanggil perusahaan ojek online (ojol) seperti Gojek dan Grab untuk meminta penjelasan soal bonus hari raya (BHR) sebesar Rp 50 ribu.

    Meski sudah memiliki rencana, namun Yassierli belum bisa mengungkap, kapan tanggal pasti pertemuan tersebut. Namun, dia berharap, agenda itu bisa digelar sebelum hari raya Lebaran.

    “Hopefully (sebelum lebaran), saya tidak bisa janji karena ini juga sifatnya imbauan kepada mereka,” ujar Yassierli, dikutip dari Antaranews, Jumat (28/3).

    Menaker Yassierli. Foto: Ignacio Geordy Oswaldo

    Yassierli menjelaskan, dalam surat edaran, BHR diberikan kepada mitra driver yang dikategorikan berkinerja baik dan produktif. Besaran bervariasi, ada yang menerima Rp900 ribu atau jumlah lainnya.

    Namun, kata dia, tantangannya bagaimana perusahaan aplikator mengkategorikan pengemudi di luar kriteria tersebut.

    “Tantangannya adalah bagaimana perusahaan aplikator ini mengkategorikan di luar itu, dan besaran berapa itu yang perlu klarifikasi ke mereka,” ungkapnya.

    Driver ojol Grab di Tendean, Jakarta Selatan. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Meski belum maksimal, namun Yassierli menilai, inisiatif BHR untuk ojol merupakan langkah yang baik. Sebab, bantuan tersebut baru pertama kali diadakan tahun ini. Itulah mengapa, dia meminta publik paham mengenai persiapan yang serba terbatas.

    Diberitakan sebelumnya, sejumlah driver ojol dan asosiasi terkait ramai-ramai komplain soal besaran BHR yang dianggap tak manusiawi. Mereka, yang merujuk pada pernyataan Presiden Prabowo Subianta, berharap angkanya bisa lebih banyak.

    “Rata-rata nilai BHR yang diterima ojol sebagian besar Rp 50 ribu, banyak dari rekan-rekan ojol yang sudah menjadi ojol di satu platform aplikator lebih dari 5 tahun, namun tetap saja hanya terima Rp 50 ribu,” ujar Ketua Umum (Ketum) asosiasi ojol Garda Indonesia, Raden Igun Wicaksono kepada detikOto.

    “Hal ini kami protes keras dan mengecam aplikator yang kami anggap telah melakukan akal-akalan menipu Presiden RI, membangkang Menaker RI dan membohongi Ojol seluruh Indonesia hanya demi menjaga citra baik di mata Presiden RI,” kata Igun menambahkan.

    Hal senada disampaikan, Ketua Umum SPAI Lily Pujiati. Dia menganggap, nominal BHR yang diberikan jauh dari kata pantas. Selain itu kriteria atau syarat lainnya sangat tidak adil karena sepinya orderan ojol yang disebabkan skema prioritas seperti akun prioritas, skema slot, skema aceng (argo goceng), dan skema level/tingkat prioritas.

    “Serikat Pekerja Angkutan Indonesia (SPAI) menolak pembayaran THR Ojol, taksol, kurir yang tidak manusiawi. Nilai THR Ojol tersebut tidak sesuai dengan pernyataan Presiden mengenai kontribusi pengemudi ojol, taksol, kurir yang sudah menghasilkan keuntungan selama ini,” kata Lily.

    (sfn/dry)

  • Cuti Lebaran, Danpussimpur TNI AD Ingatkan Anggota Perhatikan Keamanan dan Keselamatan

    Cuti Lebaran, Danpussimpur TNI AD Ingatkan Anggota Perhatikan Keamanan dan Keselamatan

    JAKARTA – Komandan Pusat Simulasi Tempur (Danpussimpur) Kodiklat TNI AD Kolonel Inf. Trijoko Adiwiyono meminta anggotanya yang akan menjalani cuti Hari Raya Idulfitri 1446 Hijriah untuk memperhatikan keamanan dan keselamatan.

    Itu disampaikannya saat mengambil apel satuan yang diikut seluruh anggotanya di lapangan upacara Markas Pussimpur Kodiklat TNI AD, Kota Bandung.

    “Pagi ini saya ambil apel, tentunya ada hal yang perlu saya sampaikan menjelang kita akan melaksanakan libur, ” kata Danpussimpur, dikutip dari keterangan tertulis, Jumat 28 Maret.

    Selain itu, Danpussimpur juga mengingatkan anggotanya untuk menjaga faktor keamanan dan keselamatan selama cuti lebaran.

    “Bagi yang mudik siapkan mulai dari sekarang, kalau mudik menggunakan transportasi sendiri, cek kendaraannya. Kemudian selama dalam perjalanan, saya harapkan menjaga faktor keamanan,” imbau Danpussimpur.

    Dalam kesempatan apel ini, Danpussimpur juga secara simbolis memberikan bingkisan lebaran dan THR kepada perwakilan Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Pussimpur Kodiklat TNI AD.

    Abituren Akademi Militer tahun 1996 tersebut mengatakan, bingkisan dan THR yang diberikan adalah bentuk perhatian komando untuk memenuhi kebutuhan saat lebaran tiba.

    “Untuk lebaran ini komando ataupun dinas akan memberikan sedikit bingkisan dan THR. Tolong jangan dilihat dari besarnya, nominalnya atau isinya apa, tetapi lihatlah bentuk perhatian komando dan dinas Pussimpur ini untuk membantu kebutuhan para anggota semuanya,” pungkas Danpussimpur Kodiklat TNI AD.

  • Era Digital, Kirim THR Kini Lebih Praktis Lewat BRImo

    Era Digital, Kirim THR Kini Lebih Praktis Lewat BRImo

    Jakarta, CNBC Indonesia – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) menghadirkan solusi mudah dan aman bagi masyarakat menyalurkan Tunjangan Hari Raya (THR)melalui super app BRImo. Fitur-fitur unggulan seperti transfer instan ke berbagai bank, pembagian THR melalui transfer terjadwal, hingga top-up e-wallet, memastikan proses transaksi berjalan lancar tanpa hambatan.

    Corporate Secretary BRI, Agustya Hendy Bernadi menyampaikan bahwa BRI terus berinovasi untuk menghadirkan layanan perbankan digital yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah, terutama dalam momen penting seperti Lebaran, di mana transaksi keuangan cenderung meningkat pesat.

    “Kami memahami bahwa di momen Lebaran, masyarakat membutuhkan akses transaksi yang lebih cepat dan fleksibel, termasuk dalam penyaluran THR. BRImo hadir untuk menjawab kebutuhan tersebut dengan fitur-fitur yang memungkinkan nasabah mengirim THR secara instan, terjadwal, atau bahkan dalam bentuk emas sebagai alternatif investasi,” ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu (29/3/2025).

    Tidak hanya itu, BRI juga menghadirkan opsi pemberian THR dalam bentuk tabungan emas, yang semakin diminati sebagai bentuk investasi jangka panjang. Bagi penerima THR, pengalaman menerima dana pun kian praktis dan nyaman.

    Dengan notifikasi real-time di BRImo, THR yang masuk ke rekening dapat langsung diketahui. Dana tersebut bisa langsung dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, mulai dari belanja dengan QRIS, top-up e-wallet, hingga transfer ke keluarga atau kerabat. Selain itu, dengan BRImo, THR dalam bentuk tunai bisa langsung disetor ke CRM/ATM Setor Tarik BRI terdekat agar bisa ditabung.

    Sementara itu, bagi penerima THR dalam bentuk tabungan emas, investasi akan langsung bertambah tanpa perlu repot. Dengan saldo emas yang langsung masuk, nasabah bisa langsung mengeceknya melalui BRImo, memastikan investasi tetap terpantau dan mudah dikelola. Jika ingin menambah jumlah kepemilikan, emas tersebut dapat dibeli kembali melalui fitur transaksi emas di BRImo.

    Dengan 38,61 juta user, aplikasi ini terus berkembang dengan berbagai fitur inovatif yang mempermudah nasabah dalam mengelola keuangan. Dukungan untuk transaksi lintas batas juga memungkinkan pengguna melakukan berbagai jenis pembayaran dengan lebih praktis dan efisien.

    Kemudahan yang ditawarkan BRImo mendorong peningkatan jumlah transaksi secara signifikan sepanjang tahun 2024. Total transaksi yang diproses mencapai 4,34 miliar, tumbuh 40,54% (YoY). Dari sisi nilai, volume transaksi BRImo mencapai Rp5.596 triliun, meningkat 34,57% dibandingkan tahun sebelumnya.

    Ke depan, BRI berkomitmen untuk terus mengembangkan BRImo dengan menghadirkan fitur-fitur baru dan meningkatkan keamanan, sehingga dapat memberikan layanan perbankan digital terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia.

    (dpu/dpu)

  • Mudah dan Aman! Kirim THR Lebih Praktis Lewat BRImo

    Mudah dan Aman! Kirim THR Lebih Praktis Lewat BRImo

    FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Menjelang perayaan Hari Raya Idulfitri 2025, kebutuhan akan penyaluran Tunjangan Hari Raya (THR) semakin meningkat. Menjawab kebutuhan tersebut, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) menghadirkan solusi mudah dan aman bagi masyarakat menyalurkan THR melalui super app BRImo.

    Fitur-fitur unggulan seperti transfer instan ke berbagai bank, pembagian THR melalui transfer terjadwal, hingga top-up e-wallet, memastikan proses transaksi berjalan lancar tanpa hambatan. Tidak hanya itu, BRI juga menghadirkan opsi pemberian THR dalam bentuk tabungan emas, yang semakin diminati sebagai bentuk investasi jangka panjang.

    Bagi penerima THR, pengalaman menerima dana pun kian praktis dan nyaman. Dengan notifikasi real-time di BRImo, THR yang masuk ke rekening dapat langsung diketahui. Dana tersebut bisa langsung dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, mulai dari belanja dengan QRIS, top-up e-wallet, hingga transfer ke keluarga atau kerabat. Selain itu, dengan BRImo, THR dalam bentuk tunai bisa langsung disetor ke CRM/ATM Setor Tarik BRI terdekat agar bisa ditabung.

    Sementara itu, bagi penerima THR dalam bentuk tabungan emas, investasi akan langsung bertambah tanpa perlu repot. Dengan saldo emas yang langsung masuk, nasabah bisa langsung mengeceknya melalui BRImo, memastikan investasi tetap terpantau dan mudah dikelola. Jika ingin menambah jumlah kepemilikan, emas tersebut dapat dibeli kembali melalui fitur transaksi emas di BRImo.

    Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi menyampaikan bahwa BRI terus berinovasi untuk menghadirkan layanan perbankan digital yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah, terutama dalam momen penting seperti Lebaran, di mana transaksi keuangan cenderung meningkat pesat.

  • Kemnaker Verifikasi Ribuan Aduan yang Masuk ke Posko THR 2025

    Kemnaker Verifikasi Ribuan Aduan yang Masuk ke Posko THR 2025

    Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) akan memverifikasi ribuan aduan yang masuk ke Posko Tunjangan Hari Raya (THR) 2025.

    Posko THR 2025 telah menerima sebanyak 1.725 pengaduan dengan jumlah perusahaan yang diadukan mencapai 1.118 perusahaan per tanggal 27 Maret 2025 pukul 08.40 WIB.

    “Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap pengaduan itu nanti kita akan verifikasi, kita akan lihat,” kata Yassierli ketika ditemui di Kantor Kemnaker, dikutip Sabtu (29/3/2025).

    Dalam hal ini, Yassierli menyebut bahwa proses verifikasi akan dilakukan oleh pengawas ketenagakerjaan di masing-masing daerah. Jika laporan yang masuk ternyata benar adanya, maka pemerintah akan mengeluarkan nota pemeriksaan.

    “Pertama, kita beri waktu 7 hari. Kalau tidak ada respon, tindakan. Kemudian nota pemeriksaan kedua, 3 hari. Lanjut dengan rekomendasi terkait dengan sanksi,” jelasnya. 

    Adapun, pengusaha yang terlambat membayar THR Keagamaan kepada pekerja akan dikenakan denda sebesar 5% dari total THR yang harus dibayar. Kebijakan ini tercantum dalam Pasal 10 ayat (1) Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) No.6/2016 tentang THR Keagamaan Bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

    Denda tersebut nantinya akan dikelola dan digunakan untuk kesejahteraan pekerja, yang diatur dalam peraturan perusahaan atau perjanjian kerja bersama. 

    Sementara itu, pengusaha yang tidak membayar THR keagamaan kepada pekerja/buruh akan dikenai sanksi administratif. Merujuk Peraturan Pemerintah (PP) No.36/2021 tentang Pengupahan, sanksi administratif ini berupa teguran tertulis, pembatasan kegiatan usaha, penghentian sementara sebagian atau seluruh alat produksi, dan pembekuan kegiatan usaha.

    “Pengenaan sanksi administratif sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan secara bertahap,” demikian bunyi pasal 79 ayat (2), dikutip Kamis (27/3/2025).

  • Cuan Besar di Musim Lebaran! Ini 7 Ide Bisnis yang Laris Manis

    Cuan Besar di Musim Lebaran! Ini 7 Ide Bisnis yang Laris Manis

    PIKIRAN RAKYAT – Musim Lebaran selalu membawa berkah, tidak hanya dari sisi spiritual, tetapi juga dari segi peluang bisnis. Saat tunjangan hari raya (THR) cair dan masyarakat mulai berbelanja untuk berbagai kebutuhan, berbagai jenis usaha mengalami lonjakan permintaan yang signifikan.

    Inilah momen yang tepat untuk memanfaatkan peluang bisnis dengan modal kecil, tetapi berpotensi menghasilkan keuntungan besar. Berikut adalah tujuh ide bisnis yang laris manis menjelang Idul Fitri:

    Catering dan Hidangan Siap Saji

    Menjelang lebaran, kesibukan meningkat sehingga banyak orang memilih membeli makanan siap saji daripada memasak sendiri. Ini menjadi peluang besar bagi usaha kuliner, terutama yang menawarkan menu khas lebaran seperti ketupat, opor ayam, rendang, dan sambal goreng.

    Menyediakan sistem pre-order dapat membantu mengontrol stok bahan baku dan mengurangi risiko kerugian.

    Busana Muslim

    Fashion muslim menjadi salah satu kategori produk yang paling dicari sebelum lebaran. Gamis, baju koko, hingga hijab selalu diburu masyarakat yang ingin tampil elegan saat hari raya.

    Jika modal terbatas, menjadi reseller atau dropshipper bisa menjadi pilihan tanpa harus menyimpan stok barang sendiri. Mengikuti tren fashion juga penting agar produk lebih diminati.

    Parcel Lebaran

    Bingkisan lebaran adalah tradisi yang terus berlangsung, baik untuk keluarga, rekan kerja, maupun mitra bisnis. Parcel dapat diisi dengan aneka makanan, minuman, peralatan ibadah, hingga kebutuhan pokok.

    Modal yang diperlukan cukup fleksibel, mulai dari Rp100 ribu untuk paket sederhana hingga versi eksklusif dengan produk premium.

    Jasa Membersihkan Rumah

    Menjelang lebaran, banyak rumah perlu dibersihkan, terutama karena banyak asisten rumah tangga yang mudik. Ini menjadi peluang bagi bisnis jasa kebersihan, mulai dari layanan pembersihan harian hingga deep cleaning. Modal awalnya relatif kecil, hanya memerlukan peralatan kebersihan dan bahan pembersih.

    Penitipan Hewan Peliharaan

    Bagi pemilik hewan yang harus mudik, mencari tempat penitipan yang aman dan nyaman menjadi prioritas. Bisnis ini memiliki prospek menjanjikan karena permintaannya meningkat pesat saat liburan panjang.

    Modal awal yang dibutuhkan termasuk kandang bersih, makanan, dan tempat bermain yang nyaman bagi hewan peliharaan.

    Amplop dan Kartu Ucapan Lebaran

    THR dan angpao menjadi bagian tak terpisahkan dari tradisi Idul Fitri. Oleh karena itu, amplop dan kartu ucapan dengan desain unik selalu diminati. Dengan keterampilan desain, amplop custom dengan tema menarik dapat dibuat dengan modal kecil dan dijual melalui marketplace atau media sosial.

    Kue Kering Lebaran

    Bisnis kue kering selalu menjadi favorit saat lebaran karena banyak keluarga yang ingin menyajikan hidangan spesial untuk tamu. Permintaan terhadap camilan khas seperti nastar, kastengel, dan putri salju meningkat drastis menjelang Idul Fitri.

    Menawarkan sistem pre-order bisa menjadi strategi yang baik untuk mengurangi risiko stok berlebih.

    Selain tujuh ide bisnis di atas, peluang usaha juga terbuka setelah lebaran. Uang THR yang masih tersisa sering digunakan untuk membeli berbagai keperluan tambahan.

    Beberapa ide bisnis yang masih berpotensi mendatangkan keuntungan setelah Idul Fitri antara lain:

    Makanan Khas Daerah: Menjual makanan khas sebagai oleh-oleh di tempat wisata. Mainan Koleksi: Menawarkan mainan yang sedang tren atau unik untuk dikoleksi. Barang Elektronik dan Aksesori: Menyediakan gadget atau aksesori seperti power bank dan casing ponsel. Jasa Laundry: Menawarkan layanan pencucian pakaian setelah mudik. Jasa Cuci Kendaraan: Menyediakan layanan cuci mobil atau motor setelah perjalanan jauh. Makanan Sehat: Menjual makanan sehat setelah konsumsi makanan bersantan selama lebaran. Obat Herbal: Menawarkan produk herbal yang dianggap lebih alami dan aman.

    Peluang bisnis di musim lebaran sangatlah luas. Dengan strategi yang tepat dan persiapan yang matang, setiap peluang dapat menjadi sumber keuntungan yang menggiurkan. Memanfaatkan tren belanja masyarakat dengan inovasi dan kualitas produk yang baik akan membantu usaha berkembang pesat.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Serambi MyPertamina Hadir di KM 43, Pemudik Bisa Cukur dan Pijat Gratis

    Serambi MyPertamina Hadir di KM 43, Pemudik Bisa Cukur dan Pijat Gratis

    Tangerang:: PT Pertamina Patra Niaga ingin terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya pada momentum Ramadan-Idulfitri 1446 Hijriah atau 2025. Upaya tersebut diwujudkan dengan menghadirkan layanan dan fasilitas yang bisa dinikmati secara gratis, yaitu Serambi MyPertamina. Salah satu lokasi Serambi MyPertamina dapat ditemui di Rest Area KM 43, Tol Merak-Jakarta, Kabupaten Tangerang, Banten.
     
    Pemudik yang ingin menikmati fasilitas ini hanya perlu menunjukkan aplikasi MyPertamina. Bagi yang belum memiliki aplikasi, petugas akan membantu mengunduh di smartphone.
     
    Selain fasilitas yang nyaman, Serambi MyPertamina juga dapat dimanfaatkan oleh pemudik untuk menukarkan poin MyPertamina dengan berbagai merchandise eksklusif, di antaranya Button Scarf.
     

     

    Cukur Gratis dan Kursi Pijat jadi Favorit Pemudik
    Sejumlah pengunjung mengungkapkan kepuasan mereka terhadap fasilitas Serambi MyPertamina. Salah satunya, Abdul Rohim, pemudik dari Jakarta menuju Palembang. Dia kedapatan memanfaatkan layanan Bright Barber.
     
    “Langsung cukur rambut begitu sampai di sini. Gratis. Tinggal tunjukkan aplikasi MyPertamina saha. Bisa request gaya juga, lho. Pelayanan tukang cukurnya mantap,” katanya memuji.
     
    Abdul Rohim juga berharap layanan Serambi MyPertamina dapat diperluas ke lebih banyak rest area pada masa mendatang. 
     
    “Jangan hanya di KM 43. Kalau bisa ada juga di rest area lainnya supaya lebih banyak pemudik yang bisa menikmati fasilitas ini,” tuturnya.
     
    Pengunjung lain, Ifan Hermawan, turut menikmati fasilitas Bright Barber dan mengaku terkesan dengan layanan yang diberikan.

    “Pelayanannya oke, tempatnya nyaman, sejuk, dan kursinya empuk. Unik juga sih, nggak kepikiran ada event seperti ini di rest area,” ujarnya.
     
    Ungkapan gembira juga dilontarkan pengunjung lain, Nunung Hayati. Pemudik asal Jakarta Timur ini mengapresiasi fasilitas Kidzone dan pembagian THR untuk anak-anak.
     
    “Anak saya langsung antusias main mobil-mobilan. Selain itu, ada THR snack dan souvenir. Sangat membantu menghilangkankejenuhan selama perjalanan,” ucap Nunung.
     
    Pemudik lainnya, Debi Eka Saputri yang sedang dalam perjalanan dari Solo menuju Lampung, pun merasa terbantu dengan ketersediaan kursi pijat gratis di Serambi MyPertamina.
     
    “Sangat membantu mengurangi pegal setelah perjalanan jauh. Mudik tahun ini berkesan karena ada fasilitas seperti ini,” ungkapnya.
     

     

    10 Layanan Utama Serambi MyPertamina
    Serambi MyPertamina pada momen Ramadan-Idulfitri 2025 hadir lebih lengkap dan interaktif dengan menghadirkan 10 layanan utama yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pemudik, sebagai berikut.
     
    1. Layanan kesehatan gratis, berupa pengecekan tekanan darahdan gula darah yang dilakukan langsung oleh petugas medis dari RS Otak dan Jantung (RSOJ).
     
    2. Aktivasi MyPertamina, yaitu panduan dan bantuan registrasi serta aktivasi aplikasi MyPertamina bagi pemudik yang belum memiliki akun.
     
    3. Fasilitas playground anak, lengkap dengan mini playground, permainan lego, dan playdoh untuk menghibur anak-anakselama istirahat.
     
    4. Layanan WiFi gratis, agar pengunjung tetap terkoneksi selama beristirahat.
     
    5. Produk UMKM binaan Pertamina, tersedia sebagai bentuk dukungan terhadap pelaku usaha lokal, sekaligus memberi pilihan oleh-oleh bagi pemudik.

    6. Permainan PlayStation gratis, sebagai hiburan ringan bagi pengunjung dewasa maupun remaja.
     
    7. Free snack atau takjil, disediakan bagi pengunjung untuk berbuka puasa selama Ramadan dan tetap tersedia setelah Ramadan sebagai camilan di perjalanan.
     
    8. Layanan kursi pijat gratis, membantu mengurangi kelelahan pemudik sebelum kembali melanjutkan perjalanan.
     
    9. Free merchandise & Show Your Point. Pengunjung bisa mendapatkan hadiah langsung, THR anak berupa es krim/snack gratis, serta undian sistem fishbowl. Pengunjung juga bisa menukarkan poin MyPertamina dengan merchandise menarik seperti kaos MotoGP, tumbler, payung, topi, dan produk lainnya.
     
    10. Free e-voucher Pertamax & Dex Series, yaitu layanan panduan pembelian BBM nonsubsidi (Pertamax dan Dex Series) melalui aplikasi MyPertamina. Konsumen yang melakukan pembelian akan mendapatkan e-voucher gratis sebagai bentuk apresiasi dan dorongan penggunaan BBM berkualitas.
     
    Serambi MyPertamina menjadi salah satu inovasi Pertamina dalam mendukung kelancaran dan kenyamanan mudik. Serambi MyPertamina tersedia di 145 SPBU Pertamina se-Indonesia.
    Dengan berbagai fasilitas yang diberikan secara gratis, diharapkan para pemudik dapat menikmati perjalanan dengan lebih nyaman dan aman.

    Tangerang:: PT Pertamina Patra Niaga ingin terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya pada momentum Ramadan-Idulfitri 1446 Hijriah atau 2025. Upaya tersebut diwujudkan dengan menghadirkan layanan dan fasilitas yang bisa dinikmati secara gratis, yaitu Serambi MyPertamina. Salah satu lokasi Serambi MyPertamina dapat ditemui di Rest Area KM 43, Tol Merak-Jakarta, Kabupaten Tangerang, Banten.
     
    Pemudik yang ingin menikmati fasilitas ini hanya perlu menunjukkan aplikasi MyPertamina. Bagi yang belum memiliki aplikasi, petugas akan membantu mengunduh di smartphone.
     
    Selain fasilitas yang nyaman, Serambi MyPertamina juga dapat dimanfaatkan oleh pemudik untuk menukarkan poin MyPertamina dengan berbagai merchandise eksklusif, di antaranya Button Scarf.
     

     

    Cukur Gratis dan Kursi Pijat jadi Favorit Pemudik

    Sejumlah pengunjung mengungkapkan kepuasan mereka terhadap fasilitas Serambi MyPertamina. Salah satunya, Abdul Rohim, pemudik dari Jakarta menuju Palembang. Dia kedapatan memanfaatkan layanan Bright Barber.
     
    “Langsung cukur rambut begitu sampai di sini. Gratis. Tinggal tunjukkan aplikasi MyPertamina saha. Bisa request gaya juga, lho. Pelayanan tukang cukurnya mantap,” katanya memuji.
     
    Abdul Rohim juga berharap layanan Serambi MyPertamina dapat diperluas ke lebih banyak rest area pada masa mendatang. 
     
    “Jangan hanya di KM 43. Kalau bisa ada juga di rest area lainnya supaya lebih banyak pemudik yang bisa menikmati fasilitas ini,” tuturnya.
     
    Pengunjung lain, Ifan Hermawan, turut menikmati fasilitas Bright Barber dan mengaku terkesan dengan layanan yang diberikan.
     

     
    “Pelayanannya oke, tempatnya nyaman, sejuk, dan kursinya empuk. Unik juga sih, nggak kepikiran ada event seperti ini di rest area,” ujarnya.
     
    Ungkapan gembira juga dilontarkan pengunjung lain, Nunung Hayati. Pemudik asal Jakarta Timur ini mengapresiasi fasilitas Kidzone dan pembagian THR untuk anak-anak.
     
    “Anak saya langsung antusias main mobil-mobilan. Selain itu, ada THR snack dan souvenir. Sangat membantu menghilangkankejenuhan selama perjalanan,” ucap Nunung.
     
    Pemudik lainnya, Debi Eka Saputri yang sedang dalam perjalanan dari Solo menuju Lampung, pun merasa terbantu dengan ketersediaan kursi pijat gratis di Serambi MyPertamina.
     
    “Sangat membantu mengurangi pegal setelah perjalanan jauh. Mudik tahun ini berkesan karena ada fasilitas seperti ini,” ungkapnya.
     

     

    10 Layanan Utama Serambi MyPertamina

    Serambi MyPertamina pada momen Ramadan-Idulfitri 2025 hadir lebih lengkap dan interaktif dengan menghadirkan 10 layanan utama yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pemudik, sebagai berikut.
     
    1. Layanan kesehatan gratis, berupa pengecekan tekanan darahdan gula darah yang dilakukan langsung oleh petugas medis dari RS Otak dan Jantung (RSOJ).
     
    2. Aktivasi MyPertamina, yaitu panduan dan bantuan registrasi serta aktivasi aplikasi MyPertamina bagi pemudik yang belum memiliki akun.
     
    3. Fasilitas playground anak, lengkap dengan mini playground, permainan lego, dan playdoh untuk menghibur anak-anakselama istirahat.
     
    4. Layanan WiFi gratis, agar pengunjung tetap terkoneksi selama beristirahat.
     
    5. Produk UMKM binaan Pertamina, tersedia sebagai bentuk dukungan terhadap pelaku usaha lokal, sekaligus memberi pilihan oleh-oleh bagi pemudik.

     
    6. Permainan PlayStation gratis, sebagai hiburan ringan bagi pengunjung dewasa maupun remaja.
     
    7. Free snack atau takjil, disediakan bagi pengunjung untuk berbuka puasa selama Ramadan dan tetap tersedia setelah Ramadan sebagai camilan di perjalanan.
     
    8. Layanan kursi pijat gratis, membantu mengurangi kelelahan pemudik sebelum kembali melanjutkan perjalanan.
     
    9. Free merchandise & Show Your Point. Pengunjung bisa mendapatkan hadiah langsung, THR anak berupa es krim/snack gratis, serta undian sistem fishbowl. Pengunjung juga bisa menukarkan poin MyPertamina dengan merchandise menarik seperti kaos MotoGP, tumbler, payung, topi, dan produk lainnya.
     
    10. Free e-voucher Pertamax & Dex Series, yaitu layanan panduan pembelian BBM nonsubsidi (Pertamax dan Dex Series) melalui aplikasi MyPertamina. Konsumen yang melakukan pembelian akan mendapatkan e-voucher gratis sebagai bentuk apresiasi dan dorongan penggunaan BBM berkualitas.
     
    Serambi MyPertamina menjadi salah satu inovasi Pertamina dalam mendukung kelancaran dan kenyamanan mudik. Serambi MyPertamina tersedia di 145 SPBU Pertamina se-Indonesia.
    Dengan berbagai fasilitas yang diberikan secara gratis, diharapkan para pemudik dapat menikmati perjalanan dengan lebih nyaman dan aman.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Grab Klarifikasi Bonus Hari Raya (BHR) Mitra Pengemudi, Ini Penjelasan Lengkapnya – Page 3

    Grab Klarifikasi Bonus Hari Raya (BHR) Mitra Pengemudi, Ini Penjelasan Lengkapnya – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Grab mengapresiasi perhatian pemerintah dan masyarakat terkait Bonus Hari Raya (BHR) bagi Mitra Pengemudi. Perusahaan telah menyalurkan BHR kepada hampir setengah juta Mitra Pengemudi yang memenuhi kriteria pada 24 Maret 2025.

    Penyaluran BHR oleh Grab merujuk pada imbauan Presiden yang disampaikan pada 10 Maret 2025 di Istana Negara. Ketika itu, Anthony Tan, Group CEO & Co-Founder Grab turut hadir.

    Dijelaskan lebih lanjut, bonus ini diberikan berdasarkan tingkat keaktifan kerja Mitra Pengemudi, dengan mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk kemampuan finansial perusahaan.

    Lewat keterangan resmi yang diterima, Jumat (28/3/2025), menurut Chief of Public Affairs Grab Indonesia Tirza Munusamy, mekanisme ini bertujuan memastikan BHR tepat sasaran.

    Oleh karena itu, Mitra Pengemudi yang belum menerima BHR berarti tidak memenuhi kriteria yang telah ditetapkan, misalnya karena kurang aktif atau tidak mencapai tingkat keterlibatan tertentu.

    Sebagai informasi, Grab membagi penerima BHR ke dalam empat tingkatan, dengan rincian sebagai berikut:

    Mitra Jawara – Merupakan Mitra yang paling aktif dan berkinerja baik selama 12 bulan terakhir. Nilai tertinggi Rp 1.600.000 untuk Mitra Roda 4 dan Rp 850.000 untuk Mitra Roda 2. 
    Mitra Ksatria – Kategori kedua, diberikan sebagai bentuk apresiasi tambahan.
    Mitra Pejuang – Kategori ketiga, mencerminkan Mitra dengan tingkat aktivitas menengah.
    Anggota – Kategori keempat, yang juga mendapatkan BHR atas inisiatif Grab. 

    Dengan demikian, Grab menegaskan bahwa BHR berbeda dengan Tunjangan Hari Raya (THR) yang wajib diberikan kepada pekerja formal.

    Sebagai perusahaan yang beroperasi di sektor ekonomi digital dan informal, Grab menegaskan bahwa BHR adalah bentuk apresiasi tambahan, bukan manfaat rutin tahunan.

    “Kami memahami berbagai pandangan yang muncul, namun Grab telah berusaha memberikan yang terbaik sesuai dengan kemampuan finansial perusahaan, dengan tetap menjaga keberlanjutan ekosistem Grab di Indonesia,” ujar Tirza.

    Ia juga menambahkan, jika BHR diwajibkan untuk seluruh Mitra Pengemudi Grab terdaftar tanpa mempertimbangkan kriteria keaktifan, perusahaan tidak akan mampu memenuhinya secara finansial.

  • 3
                    
                        Dedi Mulyadi Minta Maaf Usai Marah dan Semprot Eks Pegawai Hibisc Puncak
                        Bandung

    3 Dedi Mulyadi Minta Maaf Usai Marah dan Semprot Eks Pegawai Hibisc Puncak Bandung

    Dedi Mulyadi Minta Maaf Usai Marah dan Semprot Eks Pegawai Hibisc Puncak
    Editor
    KOMPAS.com –
    Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi meminta maaf usai memarahi sejumlah mantan pegawai Hibisc Puncak Bogor, Kamis (27/3/2025).
    Permintaan maaf itu disampaikan Dedi Mulyadi lewat akun Instagramnya @dedimulyadi71.
    “Maafkan agak nge-gass, tapi yakinklah saya sangat sayang kepada kalian semua,”
    ujar Dedi dikutip dari akun Instagramnya, Jumat (28/3/2025).
    Adapun awal mula kemarahan Dedi terjadi saat dia didatangi sejumlah mantan pegawai Hibisc Fantasy di Puncak Bogor, Jawa Barat, Kamis.
    Saat itu, Dedi bersama tim konten video hendak pulang seusai melihat kondisi bangunan Hibisc Fantasy yang telah dibongkar.
     
    Puluhan eks pegawai yang nasibnya terluntang-lantung itu kemudian datang hendak menagih janji kompensasi yang bakal diberikan Dedi Mulyadi.
    Namun, Dedi Mulyadi menegur mereka karena hal tersebut.
    “Saya kasih bantuan kepada Anda asal mau bantu menanam pohon,” ucap Dedi dengan nada tinggi.
    Salah satu mantan pegawai Hibisc menanggapi pernyataan Dedi. Eks pegawai yang memakai kerudung menagih janji Dedi Mulyadi yang disampaikan dalam video beberapa waktu lalu.
    Pada video itu, diketahui Dedi menyebut akan memberi kompensasi bagi pekerja yang terdampak pembongkaran Hibisc.
    Dedi lalu menegaskan bahwa ini bukan perkara apa yang disampaikan di dalam video. Saat itu pula Dedi langsung terlihat kesal dan marah.
    “Dengerin dulu, bukan urusan videonya. Saya membantu kompensasi Anda yang nganggur di sini, tetapi saya minta tanggung jawab moral Anda,” ucap Dedi dengan wajah yang memerah serta nada tinggi.
     
    Dalam perbincangan dengan Kompas.com, Dedi mengatakan alasan utama kemarahan tersebut bukan sekadar soal uang, melainkan sikap dan empati yang dinilainya kurang dari mereka.
    Dedi tidak menyukai orang yang bersikap elitis dan kurang memiliki empati.
    Dedi menjelaskan, insiden bermula ketika ia menawarkan kompensasi kepada para mantan pegawai Hibisc dengan syarat mereka menanam pohon.
    Namun, respons yang diterima justru membuat dirinya geram.
    “Saya tidak suka orang yang tidak punya empati, seolah-olah dia adalah kelas elite. Waktu saya bilang saya transfer, nanti kamu tanam pohon satu batang saja, dia malah mengatakan tidak ada permintaan menanam pohon di lokasi bekas Hibisc,” ujar Dedi.
    Menurutnya, permasalahan utama bukanlah uang, melainkan rasa kepedulian terhadap sesama.
    Dedi menyoroti bagaimana pekerja lain rela menanam pohon demi mendapatkan kompensasi, sementara mantan pegawai Hibisc justru meminta hak tanpa usaha.
    “Saya paling nggak suka orang yang berlagak luar biasa. Ini bukan perkara uang, tapi ingin melihat empati. Masak yang lain bekerja dan akhirnya dapat uang, sementara ada yang ongkang-ongkang dan tetap minta THR?” tambahnya.
    Dedi menyesalkan bahwa ada orang-orang yang tidak menunjukkan kepedulian terhadap rekan-rekannya yang bekerja keras.
    Ia membandingkan dengan pekerja lain yang tetap mau bekerja meskipun memiliki latar belakang pendidikan rendah.
    “Maksud saya, kok kamu itu nggak punya empati? Orang lain menanam pohon karena pendidikan rendah, tapi mereka tetap bekerja. Ini ada orang yang hanya berpangku tangan dan tiba-tiba minta THR,” ungkapnya.
    Meski kesal, Dedi tetap akan memberikan kompensasi kepada mantan pegawai tersebut dengan meminta nomor rekening mereka.
    Namun, ia berharap mereka menyadari bahwa pemberian tersebut seharusnya diimbangi dengan sikap peduli terhadap sesama.
    “Walau saya marah, tetap saya minta nomor rekening. Saya tuh pengennya dia punya empati ke rekannya yang menanam pohon. Saya marah bukan karena ditagih uang, bukan perkara uang, tapi soal apakah dia punya empati atau tidak,” ujar Dedi.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.