Topik: Protokol Kesehatan

  • Covid-19 Merebak di Sejumlah Negara, Nafa Urbach: Kita Jangan Lalai

    Covid-19 Merebak di Sejumlah Negara, Nafa Urbach: Kita Jangan Lalai

    Jakarta, Beritasatu.com – Selebritas sekaligus anggota DPR Nafa Urbach meminta agar pemerintah Indonesia harus waspada dengan peningkatan kasus Covid-19 di sejumlah negara.

    Ia menegaskan, pentingnya sinergi antar lembaga serta langkah cepat pemerintah dalam mengantisipasi potensi lonjakan kasus.

    Nafa Urbach menyampaikan, Komisi IX telah mendorong koordinasi lintas sektor untuk memperkuat sistem kesehatan nasional.

    “Kami terus mendorong penguatan sistem kesehatan nasional dan edukasi publik agar masyarakat lebih siap menghadapi penyebaran Covid-19 yang kembali meningkat tahun ini,” ujar Nafa Urbach dalam forum diskusi Denpasar 12 yang disiarkan melalui Zoom, Jumat (30/5/2025).

    Nafa Urbach meminta Kementerian Kesehatan ntuk memperketat pemantauan terhadap varian baru Covid-19 yang muncul di beberapa negara. Ia mencontohkan lonjakan 50% yang terjadi di Hongkong akibat varian baru yang terlambat terdeteksi.

    “Kita minta pemerintah lakukan pemantauan ketat terhadap varian baru, termasuk percepatan genomic sequencing agar mutasi virus tidak menyebar cepat,” tegasnya.

    Selain pemantauan, Nafa Urbach juga mendesak pemerintah menjamin ketersediaan obat, tempat isolasi, dan layanan rumah sakit bagi masyarakat yang terpapar Covid-19.

    Ia menekankan pentingnya kemudahan akses terhadap tes PCR dan antigen dengan harga terjangkau dan hasil yang cepat.

    “Akses tes Covid-19  harus diperluas dan diberikan harga murah. Selain itu, sistem pelaporan kasus juga harus terintegrasi dan real time dari tingkat fasilitas kesehatan hingga nasional,” jelasnya.

    Menurutnya, masyarakat tidak boleh lengah terhadap Covid-19 meski pandemi telah mereda. Ia menegaskan, pentingnya kampanye edukasi tentang protokol kesehatan serta booster vaksinasi untuk kelompok rentan seperti lansia dan anak-anak.

    “Pemerintah harus terus mendorong masyarakat disiplin pakai masker, jaga jarak, dan pastikan kelompok rentan mendapat vaksinasi booster,” tutupnya.

  • Pemkot Jakbar sosialisasikan tata cara pemotongan hewan kurban

    Pemkot Jakbar sosialisasikan tata cara pemotongan hewan kurban

    Jakarta (ANTARA) – Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat melalui Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) menyosialisasikan tata cara pemotongan hewan kurban di Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Rabu.

    “Tidak semua pelaku penyembelihan hewan kurban itu paham benar pentingnya kesehatan hewan dan daging. Perlu penanganan daging yang baik dan benar, sehingga akan menghasilkan daging yang Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH),” kata Kepala Bagian Perekonomian Pemkot Jakbar Febriandri Suharto di Jakarta, Rabu.

    Pada umumnya, lanjut dia, penyembelihan hewan kurban dilakukan di sejumlah tempat seperti, halaman masjid, rumah, mushala dan kantor.

    “Untuk mendapat daging hasil pemotongan hewan kurban, perlu pemeriksaan hewan sebelum dipotong (ante mortem) dan daging (setelah dipotong/post mortem) oleh Suku Dinas KPKP Jakbar,” kata dia.

    Melalui kegiatan sosialisasi ini, lanjut Febriandri, diharapkan pengetahuan dan keterampilan dalam penanganan hewan dan daging kurban meningkat.

    “Jadi, setelah ikut kegiatan ini bisa melakukan pemeriksaan sendiri kesehatan hewan dan daging kurbannya apabila tidak terjangkau petugas. Tetapi, tetap perhatikan protokol kesehatan,” kata dia.

    Dalam kegiatan ini, Sudin KPKP Jakarta Barat memberikan bantuan terpal kepada 50 peserta panitia pemotongan hewan kurban.

    Hingga kini, Sudin KPKP Jakbar telah melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di 51 lokasi penampungan hewan kurban yang tersebar di delapan kecamatan di Jakarta Barat.

    Total hewan kurban yang diperiksa mencapai 3.628 ekor yang terdiri dari sapi, kambing, dan domba.

    Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
    Editor: Syaiful Hakim
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Kasus MERS Meningkat di Arab Saudi, DPR Imbau Jemaah Haji Perketat Prokes

    Kasus MERS Meningkat di Arab Saudi, DPR Imbau Jemaah Haji Perketat Prokes

    Jakarta (beritajatim.com) – Kasus corona di kawasan Timur Tengah (Middle East Respiratory Sindrome Coronavirus (MERS-CoV) meningkat. Tercatat antara 1 Maret hingga 21 April 2025, dilaporkan ada sembilan kasus positif MERS berdasarkan data Kementerian Kesehatan Arab Saudi.

    “Ada peningkatan jumlah kasus jemaah haji yang terkena penyakit MERS ini,” ujar Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Mahdalena, Senin (26/5/2025).

    Dia pun meminta agar jamaah haji meningkatkan protokol kesehatan selama di tanaha suci. “Saya himbau jemaah haji benar-benar waspada dengan penyakit MERS dan menjaga diri dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” kata Mahdalena.

    Dia pun meminta petugas haji juga secara intens memberikan himbauan agar jemaah haji meningkatkan kewaspadaan serta benar-benar menerapkan protokol kesehatan agar terhindari dari penyakit MERS. Menurut Mahdalena, kewaspadaan ini harus ditingkatkan melalui sosialisasi secara terus menerus sehingga Jemaah haji semakin waspada dan menjaga diri agar tak terpapar penyakit MERS.

    “Saya berharap petugas haji memberikan sosialisasi secara terus menerus kepada jemaah haji untuk menggunakan masker sehingga meminimalisir terpapar penyakit,” ujar Mahdalena.

    Sekitar 80 persen kasus MERS pada manusia dilaporkan berasal dari Arab Saudi. “Penyakit MERS ini ditularkan dari hewan ke manusia melalui kontak langsung atau tak langsung. Jemaah haji diharapkan tidak terlalu berdekatan atau berkontak langsung dengan hewan seperti unta untuk meminimalisir terkena virus MERS,” kata Mahdalena lagi.

    Seperti diketahui, MERS merupakan penyakit yang menginfeksi saluran pernapan yang disebabkan oleh subtipe baru dari virus corona yang belum pernah ditemukan menginfeksi manusia sebelumnya.

    Virus ini pertama kali menyerang manusia di Jordan pada April 2012 namun kasus yang pertama kali dilaporkan adalah kasus yang muncul di Arab Saudi pada September 2012. Jemaah haji yang terkena penyakit MERS akan mengalami gejala awal seperti demam, batuk dan sesak napas. Bahkan beberapa mengalami gejala gastrointestinal seperti diare dan mual/muntah. [kun]

  • Wabah PMK di Pacitan: Peternak Tak Lagi Dapat Pedet, Hanya Uang Tunai Rp 2,5 Juta per Ekor

    Wabah PMK di Pacitan: Peternak Tak Lagi Dapat Pedet, Hanya Uang Tunai Rp 2,5 Juta per Ekor

    Pacitan (brtajatim.com) – Wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang masih merebak di Kabupaten Pacitan menjadi pukulan berat bagi para peternak sapi. Harapan mereka untuk mendapatkan kompensasi berupa pedet (anak sapi) sebagai pengganti ternak yang mati, akhirnya pupus.

    Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Pacitan memutuskan hanya memberikan kompensasi uang tunai sebesar Rp 2,5 juta per ekor sapi yang mati.

    Kebijakan ini merupakan penyesuaian dari program sebelumnya yang direncanakan memberikan pengganti pedet senilai Rp 5 juta. Namun karena berbagai pertimbangan, program tersebut dibatalkan dan digantikan dengan skema pemberian uang tunai.

    Kepala DKPP Pacitan, Sugeng Santoso, menjelaskan bahwa pihaknya saat ini masih melakukan pendataan dan verifikasi di lapangan. Berdasarkan data sementara dari Sistem Informasi Kesehatan Hewan Nasional (iSIKHNAS), tercatat sudah ada 156 ekor sapi yang mati akibat PMK dan telah dikuburkan sesuai protokol kesehatan hewan. Sapi-sapi tersebut dinyatakan memenuhi syarat untuk menerima kompensasi.

    “Untuk alokasi anggaran, kami siapkan kompensasi bagi sekitar 170 ekor. Jika nanti hasil verifikasi melebihi angka itu, maka akan kami tambahkan pada Perubahan Anggaran Keuangan (PAK),” ujar Sugeng, ditulis Minggu (25/5/2025).

    Setiap peternak yang memenuhi kriteria akan mendapatkan dana kompensasi Rp 2,5 juta per ekor sapi. Namun demikian, Sugeng menegaskan bahwa kompensasi hanya diberikan kepada peternak yang tertib secara administratif.

    Pelaporan harus dilakukan melalui aplikasi iSIKHNAS milik Kementerian Pertanian, dan penguburan ternak harus mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan.

    “Kompensasi ini hanya diberikan kepada peternak yang tertib administrasi. Artinya, ternak yang mati harus dilaporkan melalui iSIKHNAS dan proses penguburan dilakukan sesuai protokol kesehatan hewan,” jelas Sugeng.

    Berdasarkan data DKPP, jumlah kasus PMK di Pacitan hingga saat ini telah mencapai 1.518. Dari angka itu, 198 sapi dilaporkan mati, 74 sapi dipotong paksa, delapan sapi masih sakit, dan sebanyak 1.238 ekor dinyatakan sembuh.

    Sugeng menambahkan, pemberian bantuan ini bukan hanya bentuk kepedulian pemerintah kepada para peternak yang mengalami kerugian, tetapi juga sebagai langkah preventif untuk mendorong pelaporan dini dan mencegah penyebaran PMK di masa mendatang.

    “Kami berharap peternak semakin sadar akan pentingnya pelaporan penyakit ternak dan pencegahan dini. Ini demi keberlangsungan sektor peternakan di Pacitan,” pungkasnya. [tri/suf]

  • 414 Jemaah Haji Asal Ponorogo Diberangkatkan Menuju Tanah Suci

    414 Jemaah Haji Asal Ponorogo Diberangkatkan Menuju Tanah Suci

    Ponorogo (beritajatim.com) – Sebanyak 414 calon haji asal Ponorogo diberangkatkan menuju Tanah Suci pada hari ini Jumat (16/5/2025). Mereka tergabung dalam tiga kelompok terbang (kloter), masing-masing kloter 51 berjumlah 19 jemaah, kloter 52 sebanyak 22 jemaah, dan kloter 53 menjadi rombongan terbesar dengan 373 jemaah.

    Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Ponorogo, Nurul Huda, menjelaskan bahwa pemberangkatan dilakukan dalam dua sesi. Kloter 51 berangkat pagi hari dari Kantor Kemenag, sedangkan kloter 52 dan 53 dilepas secara resmi pada sore hari di Pendopo Agung Pemkab Ponorogo.

    “Total ada 10 armada bus yang disiapkan untuk mengantar jemaah ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Di sana mereka akan beristirahat sehari sebelum melanjutkan penerbangan ke Arab Saudi melalui Bandara Juanda,” jelas Nurul Huda.

    Dia mengungkapkan bahwa para jemaah tahun ini terlihat lebih siap secara fisik maupun mental. Mengingat cuaca panas di Arab Saudi, pihaknya memberikan imbauan agar jemaah menggunakan masker dan membawa alat pendingin pribadi.

    “Kondisi di sana sedang musim panas. Jaga stamina, tetap patuhi protokol kesehatan, dan ikuti arahan dari petugas haji yang sudah disiapkan,” pesannya.

    Sementara itu, Wakil Bupati Ponorogo, Lisdyarita, turut memberangkatkan para jemaah di Pendopo Agung. Dalam sambutannya, Dia menekankan pentingnya menjaga kebersamaan dan kewaspadaan selama menjalankan ibadah haji.

    “Di sana nanti akan bertemu jutaan orang dari berbagai negara. Saling jaga, saling koordinasi, jangan lengah. Semoga semua proses ibadah berjalan lancar dan jemaah kembali dengan predikat haji mabrur,” kata Bunda Rita, sapaan akrab Lisdyarita.

    Dalam kesempatan itu, Bunda Rita juga menitipkan doa untuk seluruh warga Ponorogo. Doanya pun meminta masyrakat Bumi Reog, sehat, sejahtera dan lebih hebat.

    “Mohon doanya agar masyarakat Ponorogo selalu sehat, sejahtera, dan semakin hebat,” pungkasnya.

    Jumlah jamaah haji asal Ponorogo yang berangkat hari ini, belum semuanya. Nanti pada hari Minggu juga akan ada pemberangkatan lagi, hingga nanti jamaah yang berangkat sebanyak 465 jemaah. [end/ian]

  • Kamis, tersedia layanan Samsat Keliling di 14 wilayah Jadetabek

    Kamis, tersedia layanan Samsat Keliling di 14 wilayah Jadetabek

    Jakarta (ANTARA) – Polda Metro Jaya menyediakan layanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Keliling untuk membantu para wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jadetabek), Kamis.

    Melalui akun X resmi TMC Polda Metro Jaya, sejumlah wilayah itu sebagai berikut:

    1. Jakarta Pusat di halaman parkir Samsat Jakarta Pusat dan Lapangan Banteng pukul 08.00-14.00 WIB;

    2. Jakarta Utara di halaman parkir Samsat dan parkir Itali Mall Artha Gading pukul 08.00-14.00 WIB;

    3. Jakarta Barat di Mal Citraland pukul 08.00-14.00 WIB;

    4. Jakarta Selatan di halaman parkir Samsat pukul 08.00-15.00 WIB dan Sarinah Cikoko Pancoran pukul 08.00-14.00 WIB;

    5. Jakarta Timur di halaman parkir Samsat dan Pasar Induk Kramat Jati pukul 08.00-14.00 WIB;

    6. Kota Tangerang di halaman parkir Samsat pukul 08.00-14.00 WIB;

    7. Serpong di halaman parkir Samsat pukul 08.00-14.00 WIB dan Mal ITC BSD Serpong pukul 16.00-19.00 WIB;

    8. Ciledug di Giant Poris Batu Ceper dan Fresh Market Green Lake City Cipondoh pukul 09.00-12.00 WIB;

    9. Ciputat di Kantor Kelurahan Pondok Betung pukul 09.00-11.00 WIB;

    10. Kelapa Dua di Pasar Modern Intermoda Cisauk dan Halaman GTown Square Gading pukul 08.00-14.00 WIB;

    11. Kota Bekasi di halaman parkir Samsat pukul 08.00-12.00 WIB;

    12. Kabupaten Bekasi di halaman parkir Samsat pukul 09.00-14.00 WIB;

    13. Depok di halaman parkir Samsat pukul 08.00-14.00 WIB;

    14. Cinere di halaman parkir Samsat pukul 08.00-12.00 WIB.

    Sejumlah syarat harus diperhatikan sebelum membayar pajak kendaraan, yakni membawa beberapa dokumen seperti KTP, BPKB dan STNK asli yang disertai lampiran fotokopi.

    Gerai Samsat Keliling hanya melayani pembayaran PKB tahunan, sedangkan untuk perpanjangan STNK (lima tahunan) dan ganti pelat nomor kendaraan harus mendatangi kantor Samsat terdekat.

    Selain itu, penting untuk tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan para wajib pajak menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

    Pewarta: Luthfia Miranda Putri
    Editor: Syaiful Hakim
    Copyright © ANTARA 2025

  • Homecare by Halodoc, Layanan Pemeriksaan Kesehatan yang Bisa Dilakukan di Rumah – Halaman all

    Homecare by Halodoc, Layanan Pemeriksaan Kesehatan yang Bisa Dilakukan di Rumah – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Layanan Homecare by Halodoc adalah layanan home care dari Halodoc yang mengizinkan kamu untuk melakukan tes lab, imunisasi anak, vaksin dewasa, dan vitamin booster yang bisa dipesan ke mana saja, seperti ke rumah, sekolah, kantor, dan tempat lainnya. 

    Layanan homecare ini melibatkan tenaga kesehatan terlatih yang akan datang ke tempat kamu untuk menjalankan berbagai pemeriksaan kesehatan.  Saat ini, Homecare by Halodoc hanya tersedia di area Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Denpasar.

    Ada berbagai alasan dan pertimbangan seseorang lebih memilih untuk melakukan tindakan kesehatan di rumah, seperti faktor ekonomi, kenyamanan, dan kemudahan akses. Nah, dengan adanya Homecare by Halodoc, kamu bisa memeriksakan kondisi kesehatannya atau mendapatkan vaksin dan booster vitamin, tanpa harus repot-repot pergi ke rumah sakit.

    Kamu bisa menikmati tes lab, imunisasi, vaksinasi, dan booster vitamin tanpa harus antre dan menghabiskan banyak waktu di rumah sakit, lab, atau klinik. Dengan begitu, pasien dan anggota keluarga bisa dengan mudah melakukan tes kesehatan, imunisasi anak, vaksin dewasa, dan booster vitamin di rumah atau di manapun mereka berada.

    Layanan yang Tersedia di Home Lab dan Vaksinasi Halodoc

    Halodoc menyediakan berbagai layanan kesehatan yang praktis dan nyaman melalui fitur Homecare by Halodoc, antara lain:

    Vitamin Booster

    Salah satu layanan yang ditawarkan adalah Paket Vitamin Booster, yaitu pemberian vitamin dan mineral melalui suntikan atau infus, bukan dalam bentuk oral seperti tablet atau kapsul. Metode ini bertujuan untuk memasukkan nutrisi langsung ke dalam aliran darah, sehingga efeknya diharapkan lebih cepat dan kuat.

    Layanan ini dipilih oleh banyak orang karena dianggap dapat meningkatkan energi, menjaga daya tahan tubuh, dan memberikan manfaat kesehatan secara menyeluruh. Halodoc memastikan layanan ini dilakukan oleh tenaga medis profesional dengan vitamin yang terdaftar di BPOM dan diberikan sesuai dosis harian.

    Selain itu, setiap prosedur dilakukan dengan standar protokol kesehatan yang ketat dan peralatan yang digunakan aman, tersegel, serta telah memenuhi standar. Setelah pemberian vitamin, petugas medis juga akan memantau kondisi pasien untuk memastikan tidak ada efek samping. Sebagai tambahan, pelanggan akan mendapatkan voucher Rp 25.000 untuk chat dokter di Halodoc.

    2. Vaksinasi Anak dan Dewasa

    Selain vitamin booster, Halodoc juga menyediakan layanan Vaksinasi di Rumah, baik untuk anak-anak maupun dewasa. Vaksinasi merupakan langkah pencegahan aktif untuk membantu tubuh mengenali dan melawan infeksi dari virus atau bakteri.

    Layanan vaksinasi dari Halodoc dilakukan oleh dokter khusus vaksinasi dan mengikuti protokol kesehatan secara ketat. Keunggulan lainnya adalah jaminan keaslian vaksin karena Halodoc bekerja sama langsung dengan produsen vaksin internasional yang telah terdaftar di BPOM. 

    Setelah vaksinasi, kondisi pasien akan dipantau, dan pelanggan juga berhak atas voucher Rp 25.000 untuk konsultasi dokter. Jenis vaksin yang tersedia cukup beragam, seperti Vaksin HPV, Influenza, Pneumonia, dan lainnya. Layanan ini dirancang agar hemat waktu dan biaya, serta tidak dikenakan biaya tambahan.

    3. Tes Lab dan Medical Check Up

    Layanan lainnya adalah Tes Lab dan Medical Check Up yang bisa dilakukan langsung dari rumah tanpa perlu datang ke rumah sakit atau laboratorium. Pemeriksaan dilakukan oleh tenaga kesehatan profesional, dengan respons yang cepat dan penggunaan peralatan yang aman, tersegel, serta memenuhi standar kesehatan.

    Halodoc menjamin setiap prosedur dilakukan secara steril dan sesuai protokol kesehatan. Harga layanan ini cukup terjangkau, mulai dari Rp 219.000, bahkan tersedia opsi pemesanan untuk keluarga (family booking) yang memungkinkan pelanggan mendapatkan diskon tambahan. 

    Setiap pemeriksaan meliputi pengambilan sampel laboratorium dan konsultasi hasil dengan dokter. Beberapa jenis tes yang ditawarkan antara lain Cek Demam Berdarah, Kolesterol, Diabetes, dan Skrining Penyakit Menular Seksual. Setelah pemeriksaan, pelanggan juga akan mendapatkan voucher Rp 25.000 untuk konsultasi hasil dengan dokter Halodoc.

    4. Layanan Kunjungan Dokter ke Rumah

    Teakhir, Halodoc juga menyediakan layanan kunjungan dokter ke rumah sebagai bentuk pelayanan kesehatan yang dirancang untuk memberikan kemudahan akses bagi pasien yang memiliki keterbatasan dalam mobilitas. Dalam layanan ini, dokter dari Halodoc akan datang langsung ke rumah pasien untuk melakukan pemeriksaan, diagnosis, atau memberikan perawatan medis sesuai kebutuhan.

    Layanan ini sangat ideal bagi lansia, pasien dengan kondisi tertentu yang sulit bepergian, atau individu yang membutuhkan perawatan langsung di rumah tanpa harus pergi ke klinik atau rumah sakit.

    Meskipun dilakukan di rumah, kualitas pemeriksaan tetap dijaga agar setara dengan layanan medis di fasilitas kesehatan. Halodoc memastikan bahwa setiap kunjungan dilakukan oleh tenaga medis profesional dan berpengalaman, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang ketat untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pasien.

    Untuk menggunakan layanan ini, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengunduh aplikasi Halodoc di perangkat seluler. Setelah berhasil mengunduh aplikasi, pengguna dapat memilih ikon Homecare, kemudian klik kategori “Dokter ke Rumah”, dan pilih layanan “Konsultasi dan Cek Fisik” untuk memesan layanan panggil dokter. Selain melalui aplikasi, pemesanan juga bisa dilakukan dengan mudah melalui WhatsApp di nomor 0888-0999-9226.

    Layanan ini dapat dipesan minimal empat jam sebelum waktu kedatangan dokter, sehingga pengguna disarankan untuk merencanakan pemesanan dengan baik. Namun, perlu diperhatikan bahwa layanan ini tidak ditujukan untuk situasi medis darurat yang memerlukan penanganan segera.

    Dengan hadirnya layanan kunjungan dokter ke rumah dari Halodoc, masyarakat kini dapat memperoleh perawatan medis yang nyaman, praktis, dan profesional tanpa harus keluar rumah.

    Dengan empat layanan tersebut, Halodoc menghadirkan solusi kesehatan yang praktis, aman, dan efisien langsung di rumah, tanpa mengurangi kualitas pelayanan medis.

    Langkah Menggunakan Layanan Homecare by Halodoc

    Cara mendapatkan layanan Home Lab Halodoc cukup mudah. Kamu bisa order melalui aplikasi atau hubungi langsung nomor WhatsApp 0888-0999-9226. Untuk pemesanan di aplikasi, berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

    Download aplikasi Halodoc terlebih dahulu di Play Store dan Google App.
    Kemudian masuk ke aplikasi dan pilih ‘Homecare’.
    Pilih kategori layanan yang kamu butuhkan.
    Lalu, tentukan tanggal dan jadwal kunjungan yang kamu inginkan.
    Setelah kamu menyelesaikan pembayaran di aplikasi Halodoc, admin Home Lab Halodoc akan menghubungimu melalui WhatsApp untuk mengonfirmasi jadwal dan alamat. Jadwal bisa berubah menyesuaikan dengan ketersediaan petugas lab, kendala yang berkaitan dengan cuaca, atau kendala lainnya. Jadi, pastikan nomor kamu dapat dihubungi.
    Harga sudah termasuk biaya layanan, biaya transportasi, dan biaya alat pelindung diri (APD).
    Mohon memberikan informasi kepada petugas terkait beberapa kondisi yang mungkin dapat memengaruhi hasil (lamanya puasa, obat yang dikonsumsi, kondisi penyakit atau keluhan lain).

    Itulah berbagai hal yang perlu diketahui mengenai layanan Homecare by Halodoc. Segera temukan layanan home care yang kamu dan keluarga butuhkan hanya di Home Lab dan Vaksinasi Halodoc yang ditangani langsung oleh tenaga ahli tepercaya.

  • 6.597 Jemaah Haji Indonesia dari 17 Kloter Telah Tiba di Arab Saudi

    6.597 Jemaah Haji Indonesia dari 17 Kloter Telah Tiba di Arab Saudi

    6.597 Jemaah Haji Indonesia dari 17 Kloter Telah Tiba di Arab Saudi
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Sekretaris Direktorat Jenderal Penyelenggara
    Haji
    dan Umrah (Sesditjen PHU) Arfi Hatim menyampaikan, 6.597
    jemaah haji
    Indonesia telah tiba di Arab Saudi berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat).
    Arfi menuturkan, tahapan pemberangkatan jemaah
    haji
    dari tiap embarkasi haji di seluruh Indonesia terus berlangsung sesuai jadwal.
    “Sampai Sabtu, 3 Mei 2025 pukul 04.00 waktu Arab Saudi, tercatat sebanyak 6.597 jemaah dari 17 kloter telah tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA), Madinah,” ujar kata Arfi dalam keterangannya, Sabtu (3/5/2025).
    Sementara itu, pada hari ini sebanyak 8.294 jemaah dan petugas haji akan diberangkatkan dalam 21 kloter dari berbagai embarkasi di Indonesia.
    “Mereka dijadwalkan tiba di Madinah hari ini dan esok hari,” kata Arfi.
    Seiring dengan kedatangan ribuan jemaah di Madinah,
    Kemenag
    menyampaikan beberapa imbauan terutama soal cuaca panas.
    Arfi meminta para jemaah haji menjaga kesehatan dan kenyamanan selama menjalankan ibadah di Tanah Suci.
    “Cuaca di Madinah pada Sabtu, 3 Mei 2025, diperkirakan mencapai 36 derajat celcius dengan kelembaban sekitar 14 persen. Jemaah kami harap mengenakan pakaian nyaman,” ujarnya.
    Selain itu, jemaah haji diharapkan mengenakan pelindung kepala dan mengonsumsi air putih secara cukup agar terhindar dari dehidrasi.
    “Jaga stamina. Hindari aktivitas fisik berlebihan, terutama di bawah terik matahari. Istirahat cukup dan konsumsi makanan bergizi,” imbuhnya.
    Ia juga mengimbau jemaah untuk selalu mematuhi arahan Petugas Penyelenggara
    Ibadah Haji
    (PPIH) dan ketua kloter, terutama terkait jadwal kegiatan, tata tertib, serta protokol kesehatan.
    “Semoga seluruh jemaah diberikan kesehatan, kelancaran, dan keberkahan dalam menunaikan rukun Islam kelima,” pungkas Arfi.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Jemaah Haji Diminta Terapkan Prokes Selama di Tanah Suci – Page 3

    Jemaah Haji Diminta Terapkan Prokes Selama di Tanah Suci – Page 3

    Selain itu, Kemenkes juga mengimbau agar jamaah haji untuk senantiasa mentaati protokol kesehatan yang akan diarahkan oleh tim Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI).

    Meski demikian, petugas dibidang kesehatan ini nantinya akan disiagakan di setiap kloter sebagai mengawasi perjalanan jamaah haji agar lancar sampai tujuan.

    “Yang berikutnya adalah gunakan selalu protokol kesehatannya dilakukan. Misalnya dengan topi, dengan masker, kemudian dengan alas kaki, bawa air minum, dan sebagainya. Di tambah 2 per 3 jamaah haji inj berusia lanjut usia atau di atas 65 tahun,” katanya.

  • Wakil Ketua Komisi VI DPR apresiasi kinerja Pelindo tangani penumpang

    Wakil Ketua Komisi VI DPR apresiasi kinerja Pelindo tangani penumpang

    Makassar (ANTARA) – Wakil Ketua Komisi VI DPR RI yang juga Ketua Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi VI DPR RI ke Sulawesi Selatan, Nurdin Halid menyampaikan apresiasi kepada PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo yang telah menangani penumpang musim Lebaran saat mudik dan balik dengan sangat baik.

    “Pelindo telah menangani penumpang selama musim mudik Lebaran hingga arus balik, dengan sangat baik,” kata Nurdin di Makassar, Kamis.

    Dia juga mengapresiasi animo masyarakat untuk menggunakan angkutan laut yang masih sangat tinggi, tapi Alhamdulillah semua itu berhasil diupayakan secara baik oleh Pelindo maupun pihak-pihak yang juga bekerja sama dengan BUMN yang menjadi penggerak sektor logistik nasional ini.

    Menurut dia, secara khusus untuk Pelindo pihaknya berterima kasih, karena lonjakan penumpang tahun ini memang tinggi tetapi masalah ketertiban, kedisiplinan, kemudian kelancaran hampir tidak ada permasalahan.

    Sebagai BUMN yang bergerak di bidang jasa kepelabuhanan, lanjut Nurdin, Pelindo berperan sangat penting dalam menjaga kelancaran arus mudik, dan untuk itu pihaknya berterima kasih karena semua berjalan dengan sangat baik.
    “Ke depan untuk meminimalisir berbagai kendala, berbagai upaya peningkatan harus terus dilakukan,” ucapnya.

    Karena itu, ke depan diharapkan ada peningkatan kapasitas, perbaikan fasilitas, keamanan dan protokol kesehatan untuk menjadi prioritas utama.

    Mengingat tingginya angka penumpang selama musim mudik, kata Nurdin, secara keseluruhan meskipun selalu menghadapi banyak tantangan, namun kontribusi Pelindo dalam menghadapi lonjakan penumpang dan menjamin kelancaran sangat besar dan tak terelakkan.

    Meski begitu, dia tetap menyoroti kondisi yang beberapa waktu lalu terjadi di Pelabuhan Makassar, yaitu beberapa pedagang asongan yang ngotot ingin berjualan di kapal penumpang yang tengah sandar di dermaga dengan “mengupayakan” segala cara demi bisa masuk ke kapal.

    “Itu sangat berbahaya dan harus dihentikan. Jangan dibiarkan [asongan berjualan di kapal], harus ditertibkan. Itu jadi perintah khusus saya bersama anggota Komisi VI DPR RI lainnya,” tegas Nurdin.

    Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono menyampaikan bahwa terkait arus mudik dan balik Idul Fitri 1446 Hijriah/2025 Masehi, khusus di Pelabuhan Makassar, Pelindo menyiapkan 3 dermaga untuk melakukan pelayanan kapal penumpang selama masa Angkutan Lebaran 2025.

    “Kami juga telah mengecek secara langsung terkait kondisi Terminal Penumpang Pelabuhan Makassar yang saat ini memiliki luas kurang lebih 6.500 M2 dan dilengkapi dengan Ruang Tunggu Sementara (RTS), X-Ray, serta Garbarata,” ujar Arif.

    Menurut dia, puncak arus mudik di Pelabuhan Makassar terjadi pada H-10 atau 21 Maret 2025 dengan penumpang sebanyak 7.373 orang dan 605 unit kendaraan. Sedangkan puncak arus balik pada H+6 atau 6 April 2025 dengan jumlah penumpang sebanyak 7.653 orang.

    Data yang ada mencatat bahwa peningkatan arus penumpang di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar pada musim mudik Lebaran Idulfitri tahun ini sebesar 80.347 orang atau naik 8,60 persen dari tahun 2024 lalu.

    Arif Suhartono menyebutkan bahwa semua fasilitas untuk penumpang khususnya di Pelabuhan Makassar sudah disiapkan dan semuanya dalam kondisi yang proper (sesuai).

    Pewarta: Suriani Mappong
    Editor: Biqwanto Situmorang
    Copyright © ANTARA 2025