Topik: Penjualan Mobil

  • Genjot Penjualan Mobil di RI, Astra Auto Fest 2024 Resmi Digelar

    Genjot Penjualan Mobil di RI, Astra Auto Fest 2024 Resmi Digelar

    Jakarta

    PT Astra International Tbk membuka acara Astra Auto Fest 2024 di Main Atrium Pondok Indah Mall 2, Jakarta Selatan, Jumat (15/11/2024). Agenda ini bertujuan untuk menggairahkan pasar otomotif di Indonesia.

    “Industri otomotif sedang mengalami tantangan, terutama mobil saat ini mengutip statistik Januari sampai Oktober turun sebesar 15 persen dibandingkan tahun sebelumnya,” kata Direktur Astra Rudy Chen saat pembukaan Astra Auto Fest di PIM 2, Jakarta Selatan, Jumat (15/11/2024).

    “Sebaliknya kendaraan roda dua berdasarkan AISI meningkat tiga persen mencapai 5,4 juta,” kata Rudy lagi.

    Sebagai informasi, pasar mobil Indonesia pada tahun 2024 mengalami penurunan. Gaikindo sudah merevisi target penjualan mereka di tahun 2024 ini, dari awalnya 1,1 juta unit, menjadi sekitar 850 ribu unit.

    Penjualan mobil di Indonesia tengah lesu. Penurunannya pun cukup signifikan. Dalam data penjualan wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang Januari hingga September 2024 baru terjual 633.218 unit atau turun 16,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2023.

    “Atas dasar itu Astra Auto Fest kami hadir kembali, tujuannya untuk menggairahkan pasar otomotif Indonesia,” ujarnya lagi.

    Pameran ini sudah berlangsung sejak tahun 2018. Namun terhenti selama tiga tahun saat pandemi COVID-19. Ini merupakan pameran keempat kalinya yang digelar dari tanggal 15 hingga 17 November 2024.

    Seluruh lini bisnis otomotif dan jasa keuangan Astra Group akan bersinergi dalam menawarkan beragam produk, promo, dan penawaran terbaik selama tiga hari gelaran tersebut.

    Project Director Astra Auto Fest Yagimin menargetkan 1.000 transaksi selama pameran tersebut.

    “Target yang kami sematkan di Astra Auto Fest ini kita tidak terlalu bombastis, lebih kurang 1.000 unit atau 1.000 transaksi,” ujar Yagimin.

    Sekadar informasi, sejumlah perusahaan otomotif di bawah naungan grup Astra yang mengikuti Astra Auto Fest 2024, antara lain Auto2000, Astra Daihatsu, Astra Isuzu, BMW Astra, Lexus Menteng Gallery, Astra UD Trucks, dan Astra Motor.

    Chief Marketing dan Sales Officer Astra Credit Companies (ACC) Tan Chian Hok (Ahok) mengungkap saat ini pembelian mobil dan sepeda motor secara kredit mencapai 70 persen. Dalam program ini diberikan rate bunga kompetitif mulai dari 1,99 persen hingga 3,99 persen.

    Selain bisa membeli mobil baru, pengunjung bisa melakukan trade in atau tukar tambah mobil melalui OLXMobbi dengan promo cashback hingga 6,5 juta.

    Dalam acara ini, AstraPay menawarkan berbagai promo menarik untuk memperkenalkan manfaat pembayaran digital kepada masyarakat luas, khususnya di industri otomotif. Promo-promo tersebut antara lain:

    Cashback SPK Motor & Mobil: Cashback Astra Voucher hingga Rp1.000.000 untuk transaksi minimal Rp2.000.000, serta merchandise berupa bantal selimut (balmut).Program Pengguna Baru: Voucher cashback hingga Rp100.000.Program Pengguna Baru, Upgrade Akun, atau Transaksi: Merchandise menarik seperti clutch, parfum, payung, atau tas laptop.

    (riar/dry)

  • Kiamat Driver Online Terancam Makin Cepat, Ini Tandanya

    Kiamat Driver Online Terancam Makin Cepat, Ini Tandanya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Penjualan mobil listrik (EV) milik Tesla cenderung datar tahun ini. Oleh karena itu, CEO Tesla Elon Musk kini mempertaruhkan masa depan perusahaan untuk memproduksi taksi otomatis tanpa sopir (robotaxi). 

    Untuk bisa mewujudkannya, Musk masih harus menghadapi kendala terkait regulasi mobil otonom yang ada di Amerika Serikat (AS).

    Sebagai salah satu pendukung terbesar Presiden terpilih Donald Trump, Musk dikatakan akan lebih mudah menerobos hambatan regulasi tersebut.

    Dia mengisyaratkan akan mengadvokasi satu proses persetujuan federal jika Trump menang dan menepati janji untuk menunjuk dirinya sebagai “raja efisiensi”.

    “Jika ada departemen efisiensi pemerintah (DOGE), saya akan mencoba membantu mewujudkannya,” kata Musk dikutip dari Reuters, Jumat (15/11/2024).

    Awal pekan ini, Trump menunjuk Musk dan pendukung lainnya untuk memimpin entitas tersebut, yang bukan merupakan badan pemerintah. Sampai saat ini masih belum jelas bagaimana lembaga tersebut akan berfungsi.

    Musk yang telah memberikan US$119 juta kepada kelompok pro-Trump selama kampanye itu, disebut akan menghasut presiden terpilih untuk mengincar jabatan sebagai sekretaris Departemen Transportasi berikutnya. Hal ini diketahui dari seseorang yang dekat dengan Musk dan perencanaan transisi Trump.

    Departemen tersebut yang meliputi Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA), mengatur produsen mobil dan dapat mendorong perubahan signifikan pada aturan mengemudi otomatis di tingkat nasional.

    Tapi para pakar hukum menilai, bahkan jika Musk dapat mengubah aturan yang menguntungkan bagi dirinya, Tesla masih akan menghadapi rintangan teknologi dan hukum yang berat dalam menyebarkan kendaraan tanpa pengemudi.

    Tesla dan Musk tidak menanggapi permintaan komentar Reuters.

    Saat ini, Tesla masih tertinggal di belakang para pesaingnya di California, yang sejauh ini merupakan pasar terbesar bagi produsen mobil di AS dan tempat pengujian utama bagi industri kendaraan otonom.

    Perusahaan lain telah melewati regulasi di California dan menyelesaikan jutaan mil pengujian kendaraan otonom di bawah pengawasan negara bagian, menurut tinjauan Reuters terhadap data regulasi negara bagian.

    (fab/fab)

  • Penjualan Mobil Honda Naik, Ini Model Terlarisnya

    Penjualan Mobil Honda Naik, Ini Model Terlarisnya

    Jakarta

    Honda mengalami peningkatan penjualan sepanjang Oktober 2024 dibandingkan bulan lalu. Tren penjualan Honda masih didominasi model Sport Utility Vehicles (SUV) dan City Car.

    Berdasarkan data retail (distribusi dealer ke konsumen) tiga penjualan teratas Honda antara lain, Honda Brio sebanyak 4.491 unit, Honda HR-V sebesar 1.318 unit atau meningkat sebesar 13 persen dari bulan lalu. Disusul oleh Honda WR-V yang mengalami peningkatan10 persen dengan penjualan sebanyak 1.099 unit.

    Model lain seperti Honda BR-V yang naik sebesar 16 persen dengan total 785 unit.Kemudian Honda CR-V turut mencatatkan penjualan sebesar 175 unit.

    Sementara itu, Honda Brio tetap menjadi kontributor utama terhadap penjualan Honda dengan pangsa pasar sebesar 56 persen, atau sebanyak 4.491 unit.

    Tidak disebutkan secara rinci besaran penjualan City Hatchback, Mobilio, Accord, City, hingga Civic Type R. Honda hanya mencatatkan total penjualan sebesar 180 unit untuk model lainnya.

    Honda mencatat penjualan retail sebanyak 8.048 unit pada Oktober 2024, meningkat sebesar 5,8 persen dibandingkan dengan penjualan pada September 2024.

    “Pada akhir tahun 2024 ini kami terus berupaya untuk menggerakkan pasar dengan mendekatkan diri kepada konsumen melalui berbagai inisiatif,” kata Yusak Billy, Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM).

    “Salah satunya adalah penyelenggaraan event yang memberikan pengalaman interaktif serta program penjualan yang memudahkan konsumen dalam memiliki produk Honda. Kami mengucapkan terima kasih kepada konsumen atas kepercayaannya dan kami berkomitmen untuk terus menghadirkan produk berkualitas serta layanan purna jual terbaik untuk konsumen,” tambah dia.

    Sebagai informasi tambahan, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menargetkan penjualan hingga akhir tahun 2024 tembus 850 ribu unit. Target itu turun dari awal tahun yang sudah dicanangkan sebesar 1,1 juta unit.

    Penjualan mobil tertinggi di Indonesia terjadi pada tahun 2013 yang mencapai 1.229.811 unit. Tetapi angkanya terus merosot di tahun berikutnya namun tetap berada di level satu jutaan.

    (riar/dry)

  • Januari-Oktober 2024 Penjualan Daihatsu Tembus 140 Ribu, Ini Model Terlarisnya

    Januari-Oktober 2024 Penjualan Daihatsu Tembus 140 Ribu, Ini Model Terlarisnya

    Jakarta

    Daihatsu merilis data penjualan mobil sepanjang Januari-Oktober 2024. Sepanjang 10 bulan tahun ini, merek asal Jepang tersebut sukses menjual lebih dari 140 ribu mobil. Model apa saja yang menjadi tulang punggung penjualan?

    Pada bulan Oktober pasar otomotif nasional mencatatkan kenaikan menjadi sekitar 73 ribu unit. Sejalan dengan kenaikan pasar, Daihatsu juga catatkan penjualan positif dengan kenaikan volume mencapai 13.101 unit, atau naik sebesar 4,9% dibandingkan bulan September lalu sebesar 12.490 unit.

    Selama bulan Oktober, penjualan Daihatsu terlaris didominasi oleh tiga model, mulai Astra Daihatsu Sigra sebanyak 4.077 unit atau kontribusi sebesar 31%, disusul Gran Max Pick Up 3.569 unit (27%), dan Ayla dengan raihan 1.442 unit (11%).

    Daihatsu Sigra. Foto: PT Astra Daihatsu Motor

    Sementara itu, hingga Oktober 2024 pasar otomotif nasional secara total mencapai sekitar 730 ribu unit. Pada periode yang sama, penjualan ritel Daihatsu mencapai 142.949 unit dengan market share sebesar 19,6%.

    Terdapat tiga model Daihatsu yang menjadi favorit masyarakat Indonesia di tiap segmennya, seperti Astra Daihatsu Sigra dengan jumlah 46.858 unit atau kontribusi sebesar 59% di segmen LCGC MPV, disusul Gran Max Pick Up 35.133 unit yang menyumbang 57% di segmen Pick Up Low, serta Gran Max Mini Bus mencapai 11.892 unit atau berkontribusi 91% di segmen Semi Commercial.

    Penjualan Daihatsu ditopang berbagai kemudahan bagi pelanggan termasuk pembelian kredit fleksibel lewat perusahaan leasing, dukungan layanan purnajual, serta program trade in.

    Astra Daihatsu juga menggelar promo DAIFEST 2024 yakni program penjualan spesial akhir tahun hingga 31 Desember 2024, di mana pelanggan berkesempatan menangkan hadiah menarik, seperti paket liburan domestik dan internasional, hingga grand prize 1 unit Daihatsu Rocky, serta beragam hadiah menarik lainnya.

    “Kami mengucapkan terima kasih kepada pelanggan atas kepercayaannya terhadap Daihatsu. Kami menyediakan program penjualan spesial hingga akhir tahun lewat DAIFEST untuk mempermudah pelanggan memiliki mobil baru Daihatsu. Ditambah, dengan kehadiran Daihatsu di pameran GJAW mendatang dapat berkontribusi mendongkrak penjualan otomotif nasional tahun 2024,” ujar Tri Mulyono selaku Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation.

    (lua/rgr)

  • Cuan Besar dari Penjualan Mobil Mini

    Cuan Besar dari Penjualan Mobil Mini

    Jakarta

    Permainan mobil mini 4WD ternyata masih cukup digemari masyarakat Indonesia. Hal ini membuat bisnis mainan tersebut tidak ada matinya, khususnya untuk penjualan brand Tamiya.

    Hal ini seperti yang dirasakan salah seorang penjual Tamiya di kawasan Blok M Square, Adit. Ia mengatakan sehari-hari toko yang dijaganya masih kedatangan cukup banyak pelanggan, baik anak-anak hingga orang dewasa.

    Walaupun menurutnya untuk hari kerja (Senin-Jumat) sebagian besar pelanggan yang datang merupakan orang dewasa. Mereka biasanya datang di sela-sela jam makan siang hanya untuk sekadar bermain hingga sedikit berbelanja sparepart Tamiya yang dibutuhkan.

    “Sehari-hari ada juga (pelanggan) kayak (pegawai) kantor-kantor gitu. Mereka jam makan siang terus pada main gitu. Kebetulan posisinya di tengah-tengah (dekat kawasan perkantoran) ya, yang tracknya (memiliki lintasan Tamiya) Jakarta Selatan,” kata Adit saat ditemui detikcom di Blok M Square, Rabu (12/11/2024).

    Selain itu, Adit mengatakan sekarang ini para pecinta Tamiya juga sudah sangat besar dan memiliki komunitasnya sendiri-sendiri di seluruh Indonesia. Bahkan saking besarnya komunitas pecinta ‘mobil-mobilan’ bertenaga baterai dan dinamo itu sudah didukung oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI).

    Sehingga pangsa pasar mainan yang satu ini bisa dikatakan sangat stabil dan terjamin dibandingkan usaha berjualan mainan lainnya. Sebab keberadaan komunitas tadi dapat menjadi sumber pemasukan utama toko untuk jangka panjang.

    “Sekarang mungkin dah se-Indonesia sudah mulai main (Tamiya) dan rata ya. Jadi ini ya besar (komunitas pecinta). Memang sudah merata, karena kan sudah dinaungi IMI ya,” jelasnya.

    Cuan Melimpah dari Jualan Tamiya

    Adit mengatakan sekarang ini model Tamiya yang paling banyak diminati atau laku di pasar adalah model rakit sendiri atau yang sudah dimodifikasi. Bukan mobil mini 4WD ‘setelan pabrik’ atau standar box.

    Sebab model mobil 4WD yang sudah dimodifikasi atau dirakit dari nol inilah yang sering digunakan untuk perlombaan atau turnamen balap Tamiya, yang mana di RI sendiri terdapat dua kelas balap Tamiya modifikasi yakni (IDC) Indonesia Damper Class dan STO (Standard Tamiya Original).

    “Kalau sekarang yang lebih laku itu yang IDC, kalau nggak yang STO. Kalau orang beli standar box sudah jarang sih, paling sesekali saja,” terangnya.

    Adit menjelaskan, pada dasarnya setiap bagian atau sparepart dari mobil mini 4WD ini masih cukup terjangkau, yang umumnya berkisar di puluhan hingga ratusan ribu. Jadi keuntungan dari penjualan masing-masing sparepart memang tidak begitu besar.

    Misalkan saja untuk dinamo 4WD rata-rata dibanderol di kisaran Rp 65 ribu. Kemudian satu set gear penggerak berada di kisaran Rp 130 ribu, dan bumper di kisaran puluhan hingga ratusan ribu rupiah bergantung pada bahan.

    “Sebenarnya part-partnya nggak mahal, makanya anak SMA yang masih pakai uang jajan juga bisa main. (Rakit Tamiya) dicicil bagian mana dulu, satu-satu dipasang,” ungkap Adit.

    Namun ia tidak memungkiri ada juga bagian atau sparepart Tamiya yang bisa dibanderol dengan harga cukup mahal. Terlebih jika sparepart itu memiliki kualitas yang baik dan cukup langka ditemukan di pasaran.

    “Part paling mahal untuk part STO sih biasanya. Ada part ini yang dibilang nostell (salah satu bagian dari rangka Tamiya), ini (berbahan) karbon. Nostell-nya itu sudah di satu koma sekian (di atas Rp 1 juta) untuk nostell ini saja,” ungkapnya.

    Adit menyebut dari sekian banyak sparepart Tamiya, gear penggerak mobil mini 4WD ini merupakan yang paling laku. Hal ini dikarenakan komponen tersebut harus rutin atau sering diganti dibandingkan sparepart lainnya.

    “Ada beberapa part yang rutin terbeli sih. Misalkan yang sudah pasti terbeli gear, soalnya ini gear kan kegesek terus tuh jadi bisa haus. Kalau yang rutin beli kalau sudah jadi satu mobil sih paling per-gear-gear-an atau paling dinamo,” paparnya.

    Di luar itu Adit mengatakan toko yang dijaganya juga memiliki layanan service, setting, modifikasi, hingga rakit Tamiya. Sehingga mereka bisa mendapatkan keuntungan lebih dari biaya layanan itu.

    Secara umum biaya layanan service hingga rakit Tamiya ini cukup beragam. Semisal untuk biaya perakitan Tamiya dari nol hingga jadi mobil mini 4WD utuh dibanderol mulai dari Rp 350 ribu untuk kelas IDO, dan Rp 1 juta untuk kelas STO.

    “Terganggu spesifikasi mobil, range itu sekitar Rp 350 ribu untuk yang IDC. Kalau STO itu bisa Rp 1 jutaan lah, start harganya ya. Itu sudah full jadi (Tamiya rakitan),” terangnya.

    Kemudian misalkan juga untuk layanan setting atau service ban Tamiya agar sesuai dengan mobil mini 4WD yang dimiliki mulai dari Rp 100 ribuan. Begitu juga dengan biaya pemasangan atau service sparepart lainnya.

    “Ngebubut (setting) ban terus di-balancing juga itu sekitar Rp 100 ribuan. Jadi mereka biasanya para racer (pecinta Tamiya yang kerap ikut lomba) sudah punya ban masing-masing dan ukurannya. Ukuran (ban Tamiya) berapa-berapa, ini mobil enaknya pakai ban apa, jadi nggak bisa ban berantakan gitu,” ucap Adit.

    Dari penjualan sparepart dan layanan service-rakit itulah menurut Adit toko masih bisa menyentuh jutaan rupiah per hari untuk kondisi ramai. Walaupun ia enggan untuk menyebut angka pasti dari omzet usaha Tamiya.

    “(Jualan Tamiya) menguntungkan sih, masih ada profitnya walaupun harga part-nya murah. (Sampai Rp 1 juta sehari?) bisa, tapi tergantung hari. Kalau jualan kan kita nggak bisa mematok sehari dapat sekian-sekian,” ungkapnya.

    “Biasanya kalau dekat-dekat kejurnas (kejuaraan nasional) itu banyak yang datang setting, atau beli part apa,” tambah Adit.

    (fdl/fdl)

  • Sudah Disunat 23%, Ini Syarat Penjualan Mobil RI Capai Target 2024

    Sudah Disunat 23%, Ini Syarat Penjualan Mobil RI Capai Target 2024

    Jakarta, CNBC Indonesia – Penjualan mobil nasional bulan Oktober 2024 cetak pencapaian tertinggi sementara tahun 2024. Tercatat, penjualan bulan Oktober 2024 terbang 6,22% atau 4.525 unit jadi 77.191 unit dari sebulan sebelumnya.

    Meski, secara tahunan memang masih lebih rendah 3.159 unit atau 3,93% dibandingkan penjualan mobil nasional bulan Oktober 2023.

    Secara akumulasi, data yang baru dirilis PT Astra International Tbk, Senin (11/11/2024) menunjukkan, penjualan mobil nasional periode Januari-Oktober 2024 sudah mencapai 710.406 unit.

    Angka ini lebih rendah 125.722 unit atau 15,05% dibandingkan akumulasi penjualan mobil Januari-Oktober 2023 yang mencapai 836.128 unit.

    Lalu, bagaimana nasib penjualan mobil nasional sampai akhir tahun 2024 nanti? Apakah akan mampu mencapai target?

    Sebagai informasi, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) telah memangkas target penjualan mobil domestik menjadi hanya 850 ribu unit di tahun 2024 ini. Sebelumnya, Gaikindo pasang target besar, bidik penjualan 1,1 juta unit. Dengan demikian, Gaikindo memangkas target penjualan tahun 2024 ini sebesar 23% atau 250 ribu unit.

    “Gaikindo telah merevisi target jadi 850.000 unit di tahun 2024 ini. Ini lebih realistis tampaknya, optimistis bisa tercapai,” kata Pengamat Otomotif Yannes Martinus Pasaribu kepada CNBC Indonesia, dikutip Rabu (13/11/2024).

    “Karena sampai Oktober total penjualan sudah 710.406 unit. Dengan sisa dua bulan, diperlukan penjualan sekitar 139.594 unit lagi. Gaikindo tampaknya serius menggenjot pemasaran dan penjualan melalui berbagai event promo bersama besar-besaran, sejak beberapa bulan lalu hingga akhir tahun ini,” tambahnya.

    Dengan rata-rata penjualan bulanan selama tahun 2024 adalah sekitar 71.000 unit, untuk mencapai target, penjualan pada November dan Desember sekitar 69.797 unit per bulan target itu masih mungkin dicapai.

    “Meski memang memerlukan strategi penjualan yang agresif dan dukungan dari berbagai program promosi,” ujarnya.

    Menurut Yannes, strategi itu juga lah yang menopang penjualan bulan Oktober 2024 bisa terbang.

    “Peningkatan penjualan mobil sebesar 6,2% di Indonesia pada Oktober 2024, di tengah kondisi ekonomi yang stagnan dan tanpa dorongan musiman yang signifikan, mengindikasikan adanya dinamika pasar yang menarik,” sebut Yannes.

    “Kemungkinan besar, lonjakan ini didorong oleh kombinasi beberapa faktor. Seperti keberhasilan peluncuran model-model baru dengan fitur terkini yang menarik minat konsumen, kampanye promosi agresif yang menawarkan penawaran menarik seperti bunga rendah dan program tukar tambah,” pungkas Yannes.

    (dce/dce)

  • IHSG diperkirakan variatif di tengah ‘wait and see’ data inflasi AS

    IHSG diperkirakan variatif di tengah ‘wait and see’ data inflasi AS

    Jakarta (ANTARA) – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu diperkirakan bergerak variatif di tengah pelaku pasar bersikap ‘wait and see’ terhadap data inflasi Amerika Serikat (AS).

    IHSG dibuka menguat 20,01 poin atau 0,30 persen ke posisi 7.344,00. Sementara itu, kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 naik 4,27 poin atau 0,48 persen ke posisi 888,79..

    “IHSG hari ini (13/11) diprediksi bergerak mixed (variatif) dalam range 7.200 sampai 7.350,” ujar Financial Expert Ajaib Sekuritas Ratih Mustikoningsih di Jakarta, Rabu.

    Dari mancanegara, pelaku pasar bersikap “wait and see” menjelang rilis data inflasi Amerika Serikat pada Rabu (13/11) malam waktu Indonesia, yang berpotensi memberikan perubahan dalam arah kebijakan The Fed.

    Pasalnya, pelaku pasar mencermati kebijakan Trump membatasi impor dapat memberikan dampak terhadap kenaikan inflasi.

    Dari Asia, bursa Asia Pasifik cenderung terkoreksi akibat rilis penyaluran kredit baru di China yang berada di bawah ekspektasi, atau mencerminkan kondisi melemahnya ekonomi China akibat menyusutnya daya beli.

    Di sisi lain, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melaporkan penjualan mobil nasional secara wholesales (pabrik ke dealer) pada Oktober 2024 tumbuh 6,2 persen month to month (mtm) menjadi 77.191 unit.

    Namun, apabila di akumulasi sepanjang Januari sampai Oktober 2024 penjualan mobil wholesales turun 15 persen (yoy) sebesar 710.406 unit.

    Sementara itu, harga komoditas energi mengalami koreksi akibat kondisi ekonomi global yang masih lesu, harga batu bara ICE Newcastle kontrak Desember 2024 terkoreksi minus 4,79 persen​​​​ (mtm) ke level 143,7 dolar AS per ton pada Selasa (12/11).

    Sedangkan, harga minyak mentah WTI kontrak Desember 2024 turun minus 9,11 persen (mtm) ke level 68,03 per dolar AS (12/11).

    Baca juga: IHSG Rabu dibuka menguat 20,01 poin

    Baca juga: IHSG diprediksi variatif di tengah “wait and see” data inflasi AS

    Sementara itu, indeks Dow Jones Industrial Average (DJIA) turun 382,15 poin, atau 0,86 persen di level 43.910,98, indeks S&P 500 melemah 0,29 persen ke 5.983,99, sedangkan Nasdaq Composite turun tipis 0,09 persen ke 19.281,40

     

    Bursa saham regional Asia pagi ini antara lain, indeks Nikkei melemah 251,30 poin atau 1,15 persen ke level 38.924,80, indeks Hang Seng melemah 178,57 poin atau 0,90 persen ke level 19.668,31, indeks Shanghai menguat 1,31 poin atau 0,04 persen ke 3.423,28, dan indeks Straits Times melemah 10,98 poin atau 0,30 persen ke 3.700,48.

    Pewarta: Muhammad Heriyanto
    Editor: Evi Ratnawati
    Copyright © ANTARA 2024

  • Pasar Mobil Turun, Mazda Ikut Revisi Target Penjualan di Indonesia

    Pasar Mobil Turun, Mazda Ikut Revisi Target Penjualan di Indonesia

    Jakarta

    Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menargetkan penjualan hingga akhir tahun 2024 tembus 850 ribu unit. Target itu turun dari awal tahun yang sudah dicanangkan, Mazda sebagai salah satu anggota Gaikindo juga turut merevisi target.

    Berdasarkan data wholesales Gaikindo, penjualan Januari-September 2024 totalnya 3.447 unit. Mazda sudah merevisi target tahun ini tidak akan tembus 5.300 unit.

    “Memang market lagi down tren, saya rasa bukan cuma di Mazda, merek lain juga sedang penurunan. Tentunya kita punya strategi, penjualan naik turun itu biasa. Tentunya kita sudah menyiapkan program-program, sebentar lagi GJAW, salah satunya mencoba memberikan program terbaik dengan konsumen,” kata Ricky Thio, Chief Operating Officer PT Eurokars Motor Indonesia di Jakarta Selatan, Senin (11/11/2024).

    “Kita mungkin koreksi di bawah 5.000, probably sekitar hampir 5.000-lah. Nggak jauh dari itu,” jelasnya lagi.

    Sebagai pembanding, data tahun lalu menunjukkan Mazda berhasil mendistribusikan sebanyak 5.320 unit. Sedangkan periode Januari-September 2023 membukukan angka lebih banyak, yakni 4.193 unit.

    Sebagai informasi, pasar mobil Indonesia pada tahun 2024 mengalami penurunan. Gaikindo sudah merevisi target penjualan mereka di tahun 2024 ini, dari awalnya 1,1 juta unit, menjadi sekitar 850 ribu unit.

    Penjualan mobil di Indonesia tengah lesu. Penurunannya pun cukup signifikan. Dalam data penjualan wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang Januari hingga September 2024 baru terjual 633.218 unit atau turun 16,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2023.

    Sementara untuk penjualan retail, tercatat baru mencapai 657.223 unit atau turun 11,9 persen dibandingkan Januari-September 2023 yang menyentuh 746.246 unit. Lesunya permintaan akan mobil baru itu membuat Gaikindo merevisi target penjualan. Bila semula ditargetkan mencapai 1 juta unit, maka hingga akhir tahun 2024 diprediksi hanya 850 unit mobil baru terjual.

    Penjualan mobil tertinggi di Indonesia terjadi pada tahun 2013 yang mencapai 1.229.811 unit. Tetapi angkanya terus merosot di tahun berikutnya namun tetap berada di level satu jutaan.

    (riar/din)

  • Alasan Geely Lebih Optimistis Comeback ke Indonesia

    Alasan Geely Lebih Optimistis Comeback ke Indonesia

    Shanghai

    Manufaktur mobil asal China, Geely, akan comeback ke industri otomotif Indonesia. Lewat mobil listrik, mereka lebih optimistis bisa bersaing.

    Geely pernah hadir di Indonesia pada 2011. Tapi, mereka hanya bertahan enam tahun karena sulit bersaing hingga akhirnya hengkang.

    Pasar mobil listrik Indonesia kini sangat bergairah. Di tahun ini, Pemerintah mematok target penjualan mobil listrik sebanyak 50 ribu unit.

    Dalam data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan wholesales (pabrik ke dealer) mobil listrik nasional mencapai 23.045 unit pada bulan Januari-Agustus 2024.

    Geely datang ke Indonesia dengan bendera Geely Auto Indonesia. Rencananya, manufaktur yang berdiri pada 6 November 1986 itu akan memasarkan mobilnya di Indonesia pada kuartal 1 2025.

    Kondisi berbeda pada 2011 dengan sekarang membuat Geely yakin akan bisa memenuhi kebutuhan pasar Indonesia. SUV listrik Geely akan menjadi jagoan pertamanya untuk bersaing di Indonesia. Apalagi, mereka mempunyai tim R&D yang mumpuni di negeri Tirai Bambu.

    “Kalau kita lihat Geely dulu dan sekarang berbeda ya dalam hal perusahaan. Sekarang kami juga lebih siap. Lebih banyak line of product. Secara performa pembeli kami bisa dibilang berkembang signifikan, menduduki rangking ke-10 global sales performance. Dan kami juga melihat Indonesia potensinya sangat tinggi. Walaupun penjualan kami di tahun ini agak turun, tapi kami masih melihat pasar Indonesia itu menjanjikan, itu yang pertama,” kata Yusuf Anshory, Brand Director Geely Auto Indonesia, kepada pewarta termasuk detikOto, di Shanghai, China.

    “Lalu yang kedua, teknologi dari Geely sekarang memang sudah bisa memenuhi kebutuhan pelanggan di Indonesia. Kalau dulu kan mobil-mobil yang dikenalkan Geely itu basic. Sekarang nggak, dengan teknologi baru, itu sebenarnya di pasaran sudah bisa bersaing sekali.”

    “Dan orang Indonesia sendiri saat ini sudah makin melek teknologi. Makin mencari hal baru, makin cari fitur-fitur. Maka dari itu, kami merasa ini waktu yang tepat juga untuk akhirnya Geely datang lagi ke Indonesia. Beda dari kemarin, kali ini kami datang sebagai prinsipal,” kata dia menambahkan.

    Pada 2023, Geely mencatat penjualan mobil listrik sebesar 2,7 juta di seluruh dunia. Meski akan meluncurkan mobil listrik, Geely juga mengintip peluang untuk memasarkan mobil jenis lain di Indonesia.

    “Jadi kami masih proses planning brand launching untuk di Autoshow. Kami juga rencananya ingin bawa produk lainnya tapi belum bisa tentukan yang mana tapi itu semua sedang kami rencanakan,” kata pria yang akrab disapa Ori itu.

    (cas/rgr)

  • Geely Kembali ke Indonesia Tahun Depan, Bawa Mobil Listrik

    Geely Kembali ke Indonesia Tahun Depan, Bawa Mobil Listrik

    Shanghai

    Industri mobil listrik Indonesia akan kian ramai dengan hadirnya Geely. detikOto berkesempatan mengintip ‘dapur’ manufaktur asal China itu di negara asalnya.

    Geely Auto Indonesia akan menghadirkan pilihan baru di lini mobil listrik. Saat ini, persiapan peluncuran mobil jagoan mereka sedang digodok.

    Sebenarnya, Geely bukan ‘anak baru’ di industri otomotif di Indonesia. Pada 2011, Geely pernah ada di Indonesia, lalu mengakhirinya pada 2017.

    Dengan godaan pasar mobil listrik di Indonesia, Geely pun memutuskan untuk kembali ke bumi Nusantara. Rencananya, Geely baru akan masuk pada kuartal 1 2025.

    Mengutip laman Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan wholesales (pabrik ke dealer) mobil listrik nasional mencapai 23.045 unit pada bulan Januari-Agustus 2024.

    Catatan itu lebih tinggi 177,32 persen year on year (YoY) dibandingkan periode yang sama tahun 2023 lalu, yakni 8.310 unit. Tapi, masih lebih rendah dari target Pemerintah untuk penjualan mobil listrik pada tahun ini dengan jumlah 50 ribu unit.

    Yusuf Anshory, Brand Director Geely Auto Indonesia, mengatakan kini Geely lebih siap masuk Indonesia. Geely memiliki lebih banyak lini produk yang siap dijual.

    “Kalau kita lihat Geely dulu dan sekarang berbeda ya dalam hal perusahaan. Sekarang kami juga lebih siap. Lebih banyak line of product. Secara performa pembeli kami bisa dibilang berkembang signifikan, menduduki rangking ke-10 global sales performance. Dan kami juga melihat Indonesia potensinya sangat tinggi. Walaupun penjualan kami di tahun ini agak turun, tapi kami masih melihat pasar Indonesia itu menjanjikan,” katanya, kepada pewarta termasuk detikOto, di Shanghai, China.

    Untuk memperkenalkan mobil-mobil jagoan mereka, Geely mengundang beberapa pewarta, termasuk detikOto, untuk melihat langsung dapur mereka. Tempat pengembangan mobil Geely juga akan diperlihatkan.

    “Jadi ke Shanghai kali ini kami mau mengajak teman-teman buat mengikuti acara global test drive mobil listrik terbaru,” katanya.

    “Nanti selain melihat R&D center kami, teman-teman bakal juga eksklusif test drive untuk di track race untuk mobil listrik.”

    “Jadi yang diundang hanya selektif media dari berbagai negara,” kata dia menambahkan.

    Selain Indonesia, Geely juga akan melakukan penetrasi ke beberapa negara. Australia juga menjadi pasar yang akan dimasuki oleh Geely.

    (cas/rgr)