Topik: Penjualan Mobil

  • Ada Opsen-PPN 12, Produsen Bilang Segini Penjualan Realistis Mobil 2025

    Ada Opsen-PPN 12, Produsen Bilang Segini Penjualan Realistis Mobil 2025

    Jakarta

    PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) telah melakukan hitung-hitungan mengenai proyeksi penjualan mobil baru tahun depan. Menurut mereka, dengan adanya opsen pajak dan pajak pertambahan nilai (PPN) 12 persen, maka sulit mencapai 1 juta unit setahun!

    Chief Operating Officer (COO) PT HMID, Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, jika dilihat melalui kacamata realistis, penjualan mobil baru tahun depan kemungkinan tak berbeda jauh dibandingkan tahun ini, yakni 800 ribuan unit setahun.

    “Saya mungkin lebih konservatif (dibandingkan Gaikindo), kalau dengan usaha yang ada, kalau kita bisa jaga market 800 ribuan atau dekat 900 ribu, itu sudah the best. Jadi saya rasa penjualan 870-860 ribu unit (setahun) sudah terbaik untuk market Indonesia,” ujar Frans saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta Selatan.

    Hyundai Kona Electric N-Line. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Meski demikian, kembali lagi, PPN 12 dan opsen pajak belum sepenuh ketuk palu. Itulah mengapa, semua hitung-hitungannya masih berdasarkan perandaian. Menurutnya, dinamika yang terjadi bisa mengubah angkanya.

    “Kita tunggu juklak juknisnya. Saat ini belum ada brand yang mau naikkan harga, kalau bisa absorb, itu akan di-absorb. Kalau harus dinaikkan, kita naikkan. Tapi sesuai kemampuan konsumen Indonesia,” ungkapnya.

    Seandainya tahun depan pemerintah kembali menerbitkan aturan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) Ditanggung Pemerintah (DTP) seperti zaman pandemi, maka angkanya bisa berubah lagi. Dia mengingatkan, kebijakan tersebut harus merujuk pada kandungan lokal (TKDN) produk dan investasi perusahaan secara keseluruhan.

    “Kalau semua APM mengeluarkan produk baru, saya rasa kustomer mau menggantikan kendaraannya. Apalagi ada insiatif-inisiatif kayak relaksasi pajak seperti pandemi dengan rujukan dua pertimbangan tadi,” kata dia.

    Sebelumnya, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sempat mengungkap, penjualan mobil di Tanah Air bisa drop ke level 500 ribu unit setahun ketika opsen dan PPN 12 disahkan. Namun, tak lama kemudian, mereka merevisi angkanya dan yakin tahun depan bisa tumbuh minimal 900 ribu unit setahun.

    (sfn/lth)

  • Layanan Komplet, CSR Jalan Terus!

    Layanan Komplet, CSR Jalan Terus!

    Jakarta

    Sejak pertama berdiri tahun 1975, Auto2000 sebagai jaringan penjualan dan perbaikan mobil Toyota terus bertransformasi di Indonesia. Namun, muaranya tetap sama: membuat konsumen merasa puas dan tenang.

    Selama hampir setengah abad, Auto2000 telah menjelma menjadi salah satu jaringan roda empat terbesar di Indonesia. Kini, dealer mereka sudah tersebar di 126 titik di dalam negeri.

    Sebagai dealer resmi Toyota, Auto2000 tentu menjual mobil-mobil baru dengan model yang beragam, mulai dari mobil perkotaan, LCGC, MPV, SUV hingga kendaraan yang berstatus premium. Menariknya, mereka juga turut memasarkan mobil bekas dengan kualitas terbaik!

    Kendaraan seken yang dijual Auto2000 telah melalui proses inspeksi yang ketat. Bahkan, mobil-mobil tersebut punya sertifikasi yang didukung langsung Toyota Trust Certified Used Cars. Sehingga, membeli mobil bekas di sana worry free alias bebas rasa khawatir.

    Bukan cuma penjualan mobil baru dan bekas, Auto2000 juga punya program lain yang memberikan ketenangan kepada konsumen-konsumen di Indonesia. Mulai dari perbaikan hingga panggilan darurat!

    Tetap Tenang Bersama Auto2000THS Inspector Auto2000 Foto: Dok. Auto2000

    Auto2000 punya program bernama Auto2000 Home Service (THS). Program tersebut punya tujuan ‘mulia’, yakni menghargai waktu pelanggan. Sebab, pemilik mobil Toyota yang hendak servis tak perlu ke bengkel, melainkan teknisi Auto2000 yang datang ke lokasi sesuai perjanjian.

    THS sebenarnya bukan program baru, bahkan sudah ada sejak 1989 silam. Menurut catatan kami, hingga tahun lalu, sudah ada 350-an unit armada yang tersebar di penjuru Indonesia.

    Pada program THS, konsumen bisa melakukan servis berkala internal (SBI) dan eksternal (SBE). Layanan SBI ditunjukan untuk perawatan mobil baru dengan jarak 1.000 km, sementara SBE dilakukan setiap kelipatan jarak 10 ribu km selama lima kali.

    Layanan yang dikerjakan memang hanya menyangkut perbaikan-perbaikan kecil saja, seperti perawatan berkala, ganti oli, ganti aki, periksa emisi gas buang dan special service campaign. Sementara untuk perbaikan besar tetap harus datang ke bengkel.

    Menariknya, ada program THS Inspector yang merupakan bagian dari layanan THS Home Service. Auto 2000 menyediakan jasa pemeriksaan atau inspeksi mobil bekas oleh teknisi bersertifikat Toyota, disertai laporan inspeksi yang dikirim otomatis yang terdiri dari:

    Halaman utama terdapat informasi tentang profile kendaraan dan Kesimpulan hasil penilaian inspeksiHalaman selanjutnya berisi hasil dari tiap-tiap titik inspeksi yang diperiksa oleh mekanikTerdapat juga foto dari titik-titik yang mandatory (seperti bagian body kendaraan) & titik yang menjadi catatan perlu maintenance, rusak ataupun hilang.

    Menurut rilis resmi Auto2000, ada sekira 177 item pemeriksaan pada bagian eksterior, interior, mesin dan transmisi, serta mengecek keaslian dokumen penting kendaraan. Semua tuntas dikerjakan hanya waktu kurang dari 120 menit sejak mobkas dipegang teknisi THS.

    “Keandalan teknisi THS yang dapat melakukan pengecekan kondisi mobil bekas dengan efektif dan terpercaya, memberikan rasa tenang kepada calon pembeli yang juga dapat dimanfaatkan oleh pelanggan yang ingin menjual mobil bekas Toyota. Silakan booking THS Auto2000 Home Service ke Auto2000.co.id untuk memanfaatkan layanan berkualitas ini,” ungkap Yagimin selaku Chief Marketing Auto2000.

    Bisa Diandalkan di Situasi DaruratTowing mobil Toyota dari Auto2000. Foto: Doc. Astraworld.

    Auto2000 juga bisa diandalkan saat situasi-situasi darurat yang di luar perkiraan. Misalnya, ketika mobil Toyota mengalami mogok atau bermasalah di tengah jalan, kita bisa menghubungi bengkel melalui layanan Emergency Roadside Assistance (ERA).

    Pemilik kendaraan yang ingin menikmati layanan tersebut hanya tinggal menelpon ke nomor 1500-898. Auto2000 menyediakan jasa mobil gendong atau car carrier untuk membawa mobil ke bengkel resmi seandainya mengalami kerusakan berat.

    Menariknya masalah-masalah ‘sepele’ seperti kunci tertinggal dan jumper baterai juga bisa dituntaskan dengan layanan tersebut. Program tersebut, lagi-lagi, membuat konsumen tenang!

    Peduli EstetikaBody and Paint Auto2000. Foto: Doc. Auto2000

    Bukan cuma perbaikan, Auto2000 juga peduli dengan penyempurnaan. Karuan saja, mereka punya program body & paint yang membuat tampilan mobil lama terlihat seperti baru lagi!

    Konsumen Auto2000 bisa melakukan perbaikan bodi mobil, mulai dari kerusakan ringan sampai berat, seperti penyok, baret, lecet sampai dengan memoles supaya kinclong, hingga membersihkan kaca dari jamur.

    Bahkan, bagian interior juga bisa dilakukan detailing di seluruh dealer Body & Paint (BP) Auto2000, dengan total bengkel BP mencapai 25 bengkel di seluruh Indonesia.

    “Memudahkan urusan AutoFamily, Auto2000 siap memberikan pelayanan perbaikan dan perawatan body mobil Toyota AutoFamily, sehingga bisa tampil elok dan menarik. Lebih dari itu tampilan yang baik bisa membuat harga jual kembali menjadi pas dan pantas,” kata Yagimin.

    4 Pilar CSRKampung Berseri Astra. Foto: Doc. Auto2000

    Sebagai perusahaan ternama, Auto2000 juga rutin mengadakan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan empat pilar program, yakni Pilar Pendidikan, Pilar Lingkungan, Pilar Pengembangan Ekonomi Masyarakat (UMKM), dan Pilar Kesehatan.

    Salah satu program CSR yang dikerjakan Auto2000 adalah Kampung Berseri Astra (KBA) yang berfokus terhadap pengembangan kampung atau daerah terpadu yang mangusung empat pilar CSR barusan.

    Program KBA bertujuan untuk membantu pemerintah dalam memenuhi program SDGs (Sustainable Development Goals) yang dicanangkan Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) dan mendukung tercapainya Astra 2030 Sustainability Aspiration

    Melalui program tersebut, Auto2000 turut serta berkontribusi bagi kemajuan lingkungan sekitar perusahaan yang sejalan dengan Catur Dharma Astra, yakni menjadi aset yang bermanfaat bagi Indonesia.

    “Auto2000 ingin selalu dapat hadir di tengah-tengah masyarakat sekitar perusahaan dengan tetap memberikan program-program pemberdayaan yang dibutuhkan oleh masyarakat melalui empat pilar yaitu Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan dan UMKM untuk mendorong kemapanan finansial,” kata Zuriaty selaku Human Capital & General Services Div. Head Auto2000.

    (sfn/lth)

  • Suntik Mati, Mobil-mobil Ini Tak Lagi Dijual di RI Tahun Depan

    Suntik Mati, Mobil-mobil Ini Tak Lagi Dijual di RI Tahun Depan

    Daftar Isi

    Jakarta, CNN Indonesia

    Sejumlah model mobil tak akan lagi dijual secara resmi di dealer di tahun 2025. Beberapa model yang discontinue ini di antaranya merupakan pabrikan asal Jepang.

    Pabrikan kendaraan acap kali tak mengungkapkan penyebab disetopnya penjualan. Namun, umumnya hal ini dipicu beberapa faktor seperti pembaruan model, pergeseran preferensi pembeli, hingga penjualan yang kian merosot.

    Ada pula perusahaan otomotif yang secara resmi menutup operasi di Indonesia. Misalnya, merek asal Perancis, Peugeot yang berada di bawah naungan Astra International.

    Peugeot resmi hengkang dari Indonesia per 2 Mei lalu. Praktis, merek itu juga menyetop semua penjualan.

    Berikut daftar mobil yang sudah discontinue penjualannya di Indonesia:

    Daihatsu Ayla

    Astra Daihatsu Motor (ADM) sudah tidak lagi menjual LCGC model termurahnya Ayla. Namun, bukan menyuntik mati secara keseluruhan, hanya satu varian saja yang disetop penjualannya.

    Daihatsu Ayla yang disetop merupakan tipe paling murah yaitu Ayla D M/T tanpa fitur AC dan audio.

    Mobil yang sudah diluncurkan sejak 2013 ini bermesin 1.000 cc. Saat itu Ayla tipe paling murah ini menjadi mobil penumpang baru termurah, dibanderol terakhir kali dengan harga Rp108,2 juta.

    Suzuki Ignis

    Produsen asal Jepang, Suzuki mengungkapkan bahwa Ignis telah disetop penjualannya di Indonesia. Pernyataan itu disampaikan pada Agustus lalu.

    Disetopnya penjualan Ignis, si mobil perkotaan ini karena peralihan strategi perusahaan. Ignis juga tak lagi dijual karena perusahaan hendak memperkuat model-model yang diproduksi di dalam negeri.

    Ignis adalah salah satu produk impor SIS dari India yang mengisi tempat di antara S-Presso dan Baleno. Saat ini Ignis sudah tak tampak ditawarkan di situs resmi Suzuki.

    Peugeot 2008, 3008 dan 5008

    Peugeot sekaligus menyetop tiga model mobil yang dijual di Indonesia yaitu 2008, 3008 dan 5008 mulai Mei 2024.

    Ketiga model ini disuntik mati penjualannya karena perusahaan tutup. Kini merek yang terafiliasi dengan PT Astra International di dalam negeri itu hanya menjalani layanan purna jual bagi konsumen.

    Ketiganya mengisi pasar di segmen SUV. Harga yang ditawarkan juga terbilang bersaing dengan merek-merek pesaing.

    Hengkangnya Peugeot dari Indonesia karena keputusan dari prinsipal, Stellantis, yang ingin mengakhiri penjualan di Indonesia.

    Jadi, jangan lagi mencari Peugeot tahun depan di dealer, karena perusahaan hanya menyediakan layanan servis dan suku cadang saja.

    Toyota Sienta

    MPV yang dikenal dengan pintu geser termurah besutan Toyota ini sudah tidak lagi dijual sejak akhir 2023. Namun pihak Toyota Indonesia baru mengungkapnya pada Januari 2024.

    Sienta diproduksi di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat. Mobil ini meluncur di Indonesia pada 2016 dan pertama kali diluncurkan pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS).

    Saat pertama kali rilis, mobil ini dibanderol mulai Rp230 juta hingga Rp295 jutaan.

    Mitsubishi Oultander PHEV

    Kemudian pabrikan otomotif asal Jepang, Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) diam-diam juga menyetop penjualan Outlander Plug In Hybrid Electric Vehicle (PHEV) pada penghujung tahun lalu.

    Tak ada pengumuman resmi dari perusahaan terkait penyetopan penjualan mobil hybrid ini. Namun mobil hybrid ini sudah tak ada lagi di situs resmi Mitsubishi Indonesia.

    Berdasarkan catatan CNNIndonesia.com, Mitsubishi sempat banting harga Outlander PHEV dengan diskon Rp400 juta per unit pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2021.

    Outlander PHEV meluncur di Indonesia pada 2019. Saat pertama meluncur, mobil ini dibanderol Rp1,3 miliar per unit.

    MMKSI tertutup saat ditanya soal penjualan mobil ini, namun pada Oktober 2019 dikatakan laku sekitar 50 unit.

    Penjualan Outlander PHEV pun terbatas, hanya dijual di 12 dealer, dengan 10 dealer berada di Pulau Jawa sedangkan dua lainnya di Bali.

    Itulah berbagai model mobil yang tak lagi tersedia secara resmi di dealer di tahun 2025. Apabila Anda berkeinginan membeli, bisa mencarinya di show room mobil bekas ataupun di platform online.

    (can/dmi)

  • Auto2000 Tak Sekadar Jualan Mobil Baru

    Auto2000 Tak Sekadar Jualan Mobil Baru

    Jakarta

    Auto2000 tak hanya melulu memikirkan penjualan mobil baru. Konsumen mobil bekas pun ikut diperhatikan. Bahkan ada layanan inspeksi untuk mobil bekas.

    Masyarakat Indonesia disuguhkan banyak pilihan merek mobil. Pilihan itu tentu bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Tapi kalau bicara merek, pasti yang terlintas di pikiran adalah Toyota. Bukan tanpa alasan, sudah puluhan tahun mobil-mobil Toyota menemani masyarakat Indonesia. Mobil Toyota sudah terbukti andal, pilihannya juga beragam mulai dari segmen LCGC, MPV, city car, SUV, hingga sedan tersedia.

    Tak cuma itu, perawatan mobil pun mudah dilakukan karena dealernya sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Salah satu dealer Toyota terbesar di Indonesia adalah Auto2000. Lewat 126 dealer Auto2000 yang tersebar di Indonesia, Toyota tak hanya menyajikan mobil-mobil baru dengan penawaran menarik. Konsumen mobil bekas pun turut diperhatikan.

    Layanan THS Inspector Auto2000 Nilai Mobkas Lebih Adil

    Bahkan, Auto2000 juga memiliki layanan inspeksi mobil bekas bernama THS Inspector yang bisa dimanfaatkan oleh calon konsumen. Dengan begitu, konsumen pembeli mobil bekas tak perlu khawatir kena tipu dengan kondisi mobil second impiannya.

    Membeli mobil bekas memang ‘tricky’. Butuh ketelitian khusus dari ahlinya dalam mengecek kondisi mobil supaya tak menyesal di kemudian hari. Adapun, THS Inspector merupakan bagian dari layanan THS- Auto2000 Home Service yang menyediakan jasa pemeriksaan atau inspeksi mobil bekas oleh teknisi Auto2000 yang bersertifikat Toyota, disertai laporan inspeksi yang dikirim otomatis yang terdiri dari:

    a.Halaman utama terdapat informasi tentang profile kendaraan dan Kesimpulan hasil penilaian inspeksi

    b.Halaman selanjutnya berisi hasil dari tiap-tiap titik inspeksi yang diperiksa oleh mekanik

    c.Terdapat juga foto dari titik-titik yang mandatory (seperti bagian body kendaraan) & titik yang menjadi catatan perlu maintenance, rusak ataupun hilang

    Terdapat sekitar 177 item pemeriksaan pada bagian eksterior, interior, mesin dan transmisi, serta mengecek keaslian dokumen penting kendaraan. Semua tuntas dikerjakan hanya waktu kurang dari 120 menit sejak mobil bekas dipegang oleh teknisi THS.

    Auto2000 membagi tipe pemeriksaan berdasarkan ukuran mobil Toyota yakni LCGC, Economy, Standart, Medium Luxury, Luxury, dan CBU Non TAM. Ada pula layanan Old Models untuk varian Toyota yang sudah stop produksi di Indonesia.

    Ilustrasi servis berkala di Auto2000. Foto: Auto2000

    Keberadaan THS Inspector jelas memudahkan konsumen yang membeli mobil bekas. Biayanya pun terbilang ramah di kantong. Untuk menggunakan layanan THS Inspector ini konsumen akan dikenakan biaya sekitar Rp 250 ribu. Melalui pengecekan yang menyeluruh, penilaian dari THS Inspector lebih adil.

    “Kalaupun bayar, dikenakan biaya kurang lebih Rp 250 ribuan per jam. Bisa kita bantu, cek mesin, yang kita nilai apa adanya tidak boleh berpihak ke penjual dan pembeli sesuai dengan keilmuan kita,” terang Kepala Cabang Auto2000 Jatiasih Wahono ditemui di kantornya, kawasan Jatiasih, Bekasi, Jumat (13/12/2024).

    Wahono menjelaskan, inspeksi pada mobil bekas bisa dilakukan di rumah. Namun guna melakukan inspeksi lebih lengkap, maka mobil bisa langsung dicek di bengkel Auto2000 terdekat. Layanan THS Inspector ini tak hanya bisa dimanfaatkan oleh perorangan. Pengusaha mobil bekas pun bisa memanfaatkan layanan ini. Layanan inspeksi mobil menjadi solusi bagi sebagian orang untuk yang masih ragu saat ingin membeli mobil bekas. Layanan inspeksi ini juga sangat membantu untuk mengetahui kondisi mobil secara menyeluruh lengkap dengan laporan inspeksi dan disertai dengan sertifikat bergaransi.

    “Cuma kalau mau menyeluruh lihat sampai kolong-kolong itu sebaiknya ke bengkel,” lanjut Wahono.

    Jangan Lupa Servis Berkala

    Kalau sudah mendapat mobil bekas impian, jangan lupa melakukan perawatan kendaraan secara berkala supaya kendaraan kamu tetap prima. Ya, salah satu hal terpenting dalam perawatan mobil adalah melakukan servis berkala selama enam bulan sekali ataupun 10.000 km. Kalaupun mobil bekas yang kamu beli ingin langsung digunakan untuk pergi Liburan Natal dan Tahun Baru 2025, pastikan kondisinya baik.

    “Kalau di Toyota kan ada periodic maintenance, enam bulan atau 10.000 kalau itu dilakukan rutin dan sekarang misalnya belum waktunya servis nanggung baru tiga bulan aman, dijamin (nggak perlu servis berkala lagi). Karena udah rutin tiap enam bulan atau 10.000 km kan, datang pemeriksaan udah kita setel semua, yang perlu dibersihkan, dibersihkan, yang perlu diganti, ganti. Kalau yang sudah rutin ini relatif sangat aman, kalau mau ngecek lagi boleh,” tutur Wahono.

    Pengecekan kondisi mobil juga bisa dilakukan di rumah melalui layanan THS. Lebih lagi, THS sudah memiliki sekitar 500-an armada dan tentunya mobil kamu bisa diservis tanpa perlu repot ke luar rumah. Namun bila ada waktu luang, kamu bisa pergi ke bengkel dan menanti mobil diservis di ruang tunggu yang nyaman. Untuk pengecekan kendaraan jelang liburan, Wahono menyarankan agar pemilik kendaraan mengambil paket servis berkala. Dengan begitu, pengecekan kendaraan dilakukan secara menyeluruh namun biaya jasa yang dikenakan tidak besar.

    (dry/lth)

  • Penjualan Mobil November 2024 Turun, Ada Harapan Kejar 850 Ribu Unit

    Penjualan Mobil November 2024 Turun, Ada Harapan Kejar 850 Ribu Unit

    Jakarta, CNN Indonesia

    Penjualan mobil baru pada November 2024 merosot 3,7 persen dibanding Oktober. Para produsen harus mengejar penjualan 66 ribu unit di Desember supaya tembus target 850 ribu unit yang sudah ditetapkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

    Berdasarkan data Gaikindo, wholesales November tercatat 74.347 unit atau turun 2.879 unit dibanding Oktober. Kalau dibandingkan dengan wholesales November 2023, angka bulan ini semakin miris karena merosot 11,9 persen atau selisih 10.043 unit.

    Secara total wholesales Januari-November 2024 hanya tembus 784.788 unit atau minus 14,7 persen dibanding tahun lalu yang bisa mengirim lebih dari 900 ribu unit.

    Para perusahaan industri yang tergabung di Gaikindo harus menjual minimal 66 ribu unit mobil di Desember ini, kalau mau melampaui target 850 ribu unit.

    Namun berkaca penjualan bulanan dari Januari-November 2024, tak ada yang berada di bawah 69 ribu unit per bulan. Artinya angka 850 ribu unit kemungkinan besar terlampaui.

    Bagaimana penjualan retail?

    Kondisi pengiriman dari dealer ke konsumen alias retail tak sekacau wolesales. Pada November ini retail sales tembus 76.053 unit atau naik 3,5 persen dari Oktober.

    Namun jika dibanding retail November 2023, kondisi ini amat sangat berbeda. Nilai retail sales tembus 82.781 unit atau selisi 6.728 unit dibanding November 2024.

    Penjualan retail dari Januari hingga November 2024 menghasilkan 806.721 unit atau turun dari tahun sebelumnya yang berhasil menorehkan 908.473 unit.

    Penjualan mobil baru Januari-November 2024 (WS):

    Januari 69.758
    Februari 70.772
    Maret 74.779
    April 48.762
    Mei 71.381
    Juni 74.623
    Juli 74.160
    Agustus 76.304
    September 72.667
    Oktober 77.191
    November: 74.347
    Total: 784.788

    (can/fea)

    [Gambas:Video CNN]

  • Baru 3 Bulan, All New Hilux Rangga Sudah Dipesan 2.000 Unit

    Baru 3 Bulan, All New Hilux Rangga Sudah Dipesan 2.000 Unit

    Jakarta

    Jadi pemain baru di segmen komersial, kehadiran Toyota All New Hilux Rangga dapat sambutan hangat dari pasar. Setelah diperkenalkan pada Agustus 2024, sampai kini tercatat ada sekitar 2.000 unit yang telah dipesan.

    Demikian disampaikan Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy pada ajang test Drive All New Toyota Hilux Rangga di Surabaya. Disebutnya, jumlah pesanan yang mencapai ribuan unit tak disangka sebelumnya.

    “Dalam kurun waktu 2-3 bulan Toyota Hilux Rangga telah terpesan 2.000 unit. Karena Toyota Hilux Rangga sendiri telah mumpuni, terlebih saat konsumen melakukan test drive secara langsung, bagaimana engine-nya, transmisinya, performanya, bagaimana kelincahan dari mobil ini. Dan kesenangan lainnya, konsumen konsumen bisa dengan mudah memodifikasinya,” ucap Anton.

    Tentu angka pemesanan Toyota Hilux Rangga ini membuat Anton terkejut, karena awalnya mobil para pengusaha dan penghobi ini ditargetkan hanya mencapai penjualan 400 unit per bulan.

    “Untuk Rangga yang saya katakan tadi, target kita nggak muluk-muluk, karena kita kan pemain baru setelah sekian lama kijang pickup sudah tidak ada, kita hanya menargetkan sekitar 400-an per bulan. Tapi kalau kita bicara sekarang mencapai 2.000 unit, berarti kita bicara itu 5 bulan sales atau penjualan gitu ya. Jadi saya rasa demand cukup bagus,” kata Anton

    “Saya juga bicara dengan teman-teman di Jawa Timur, mereka sangat optimis karena produk ini memberikan sesuatu yang berbeda sesuatu yang unik dan juga ternyata disukai oleh masyarakat. Tentu harapannya tahun depan penjualan akan naik dan penjualan mobil komersial bisa naik juga,” Anton menambahkan.

    Anton juga mengakui hadirnya Toyota All New Hilux Rangga, mengingatkan akan kejayaan Kijang saat bermain di segmen komersial.

    “Jujur kehadiran Toyota Hilux Rangga mengingatkan saya akan heritage Kijang. Itulah mengapa kami menggunakan nama Rangga, sebagai keluarga dari Kijang,” Anton menambahkan.

    Toyota All New Hilux Rangga Foto: dok. Toyota-Astra Motor

    Bicara soal kendaraan komersial yang terpenting adalah kapasitas muatan. Hilux Rangga dirancang dengan cargo bed yang besar untuk menampung berbagai jenis barang bawaan yang disesuaikan bisnis pelanggan. Dengan panjang dek 2.305 mm dan lebar 1.700 mm, kendaraan ini menawarkan luasan kargo yang optimal. Desain dek rata mampu membawa muatan hingga 1,2 ton sekali angkut.

    Sebagai contoh, bak pikap ini bisa membawa 56 galon air mineral dalam sekali perjalanan. Kapasitas muatan yang andal dan memadai ini tentu bermanfaat bagi operasional bisnis yang menguntungkan.

    All New Hilux Rangga dilengkapi deck atau bak belakang yang tebal dengan pilihan 3 way deck (bukaan bak 3 arah) serbaguna untuk bongkar muat yang efisien, bersama 1 way deck (bukaan bak 1 arah). Fitur bukaan 3 arah juga jadi satu-satunya di kelas Medium Pick Up. Radius putar yang ringkas sebesar 4,9 m, memastikan kemampuan manuver yang mudah, bahkan dengan beban berat.

    Selain itu setiap kendaraan komersial Toyota mewujudkan standar QDR atau Quality (kualitas), Durability (ketangguhan), dan Reliability (keandalan) yang tinggi. Apa pun medannya, pikap menengah ini dapat mengatasi berbagai tantangan, bahkan di jalan yang kurang ideal.

    Hilux Rangga menunjukkan ketangguhan ini dengan berbagi mesin, sasis, dan drivetrain yang kokoh (termasuk transmisi, propeller shaft, dan diferensial) dengan Hilux yang teruji keandalannya. Platform yang telah terbukti ini dipercaya secara global di lebih dari 140 negara, memastikan ketahanan yang tak tertandingi di lingkungan apa pun.

    Hilux Rangga juga dilengkapi sistem power steering rack-and-pinion untuk handling presisi, dan perawatan yang lebih mudah. Posisi roda kemudi yang datar, meningkatkan kenyamanan dibandingkan mobil niaga tradisional.

    Berkat kualitas, daya tahan, dan keandalannya, Hilux Rangga merupakan investasi jangka panjang yang menguntungkan. Tidak hanya menawarkan masa pakai yang lebih lama, namun juga memerlukan biaya perawatan yang lebih rendah, mengurangi biaya operasional, dan meningkatkan efisiensi secara keseluruhan.

    (lth/din)

  • Penjualan Lemas, Hyundai Manuver Jualan Mobil Hybrid di Indonesia

    Penjualan Lemas, Hyundai Manuver Jualan Mobil Hybrid di Indonesia

    Jakarta, CNN Indonesia

    Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Fransiscus Soerjopranoto membeberkan alasan penurunan penjualan mobil baru yang dialami perusahaan tahun ini dan manuver menjual mobil hybrid usai bergembar-gembor mobil listrik.

    Berdasarkan data Gaikindo, Hyundai mengalami penurunan penjualan retail berturut-turut selama Juli-November 2024. Angka retail merek asal Korea Selatan ini tak pernah lebih dari 2.000 unit sejak Juni.

    Distribusi mobil baru dari dealer ke konsumen pada Juli hanya menyentuh 1.759 unit dan terus menunjukkan tren negatif, yakni 1.555 unit pada Agustus, 1.491 unit pada September, 1.451 unit pada Oktober dan 1.651 unit pada November.

    Saat ini Hyundai ada di posisi sembilan dalam daftar merek mobil terlaris di dalam negeri dengan catatan 20.543 unit selama 11 bulan.

    Selama 11 bulan pada 2023 Hyundai tercatat menjual 32.684 unit dan menuntaskan tahun itu dengan hasil 35.736 unit yang menempatkannya di posisi enam.

    Menurut Frans, gejolak penjualan mobil baru Hyundai lantaran permintaan konsumen mulai bergeser dari mobil listrik ke hybrid. Hal ini disebut sudah ditanggapi perusahaan dengan menjalankan perubahan strategi untuk mengatasinya.

    “Kalau penurunannya Hyundai sekarang karena kan ada tren market juga. Terus kemudian Hyundai juga lagi menyesuaikan dengan produk-produk apa yang akan diperkenalkan ke market,” ujar Frans saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (12/12).

    Ia menjelaskan sebelumnya Hyundai lebih fokus pada mobil listrik hingga menjadi pemain utama di segmen premium. Namun dikatakan pasar mobil listrik telah berubah karena kehadiran berbagai merek segmen menengah dan munculnya opsi lain, yaitu mobil hybrid.

    “Nah oleh karena itu, Hyundai juga harus merevisi strateginya, makanya sekarang kita masuk ke mobil-mobil hybrid dengan memperkenalkan Santa Fe, terus kemudian Tucson,” ujar Frans.

    Nah itu menjadi pertanda bahwa Hyundai sedang melakukan revisi terhadap strateginya karena kita mau jualan lebih banyak lagi. Dan respon terhadap Hyundai hybrid cukup luar biasa, sampai sekarang masih inden,” papar dia lagi.

    Hyundai telah meluncurkan dua model mobil hybrid dalam dua bulan terakhir, yaitu Santa Fe Hybrid dan Tucson Hybrid. Keduanya mendapat respon dari masyarakat dengan masing-masing mencatatkan 1.400 unit SPK dan 40 unit SPK.

    (rac/fea)

    [Gambas:Video CNN]

  • Mengintip Perkembangan SPKLU Asal Jepang di Indonesia – Page 3

    Mengintip Perkembangan SPKLU Asal Jepang di Indonesia – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Terra Charge menutup tahun ini sebagai pengisian kendaraan listrik (EV) dengan berbagai pencapaian besar. Diluncurkan pada Agustus 2024, Terra Charge, Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Nomor 1 dari Jepang, mencapai tonggak penting dalam perjalanannya dengan melampaui 10% dari target ambisiusnya. Ini menjadi langkah awal yang kuat untuk membangun ribuan  di seluruh Indonesia.

    Seperti diketahui, pemerintah Indonesia menargetkan penjualan 50 ribu mobil listrik pada 2024 dengan dukungan insentif pajak, seperti PPN 1% dan pembebasan PPnBM. Hasilnya, penjualan mobil listrik meningkat hingga 177% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

    Namun, salah satu tantangan utama adalah memastikan pertumbuhan ini didukung infrastruktur pengisian daya yang memadai. Terra Charge hadir sebagai solusi dengan menyediakan jaringan pengisian yang andal untuk mempercepat adopsi kendaraan listrik.

    Managing Director Terra Charge Indonesia Go Suzuki menyampaikan dalam waktu empat bulan, Terra Charge berhasil bermitra dengan berbagai pihak, termasuk pengembang properti ternama dan komunitas seperti Plaza Mandiri, Chillax Sudirman, dan Sheraton Hotel.

    Bahkan, lokasi-lokasi properti yang strategis di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Makassar, dan Bali kini dilengkapi dengan stasiun pengisian berstandar kualitas Jepang sehingga memberikan kemudahan bagi pengguna EV di Indonesia.

    “Kami sangat bangga dengan perkembangan yang kami capai dalam waktu singkat. Ini menunjukkan dedikasi tim kami serta kepercayaan dari mitra dan pengguna EV yang terus bertambah.”

    “Ke depan, kami akan terus fokus menyediakan solusi pengisian daya yang mudah diakses, efisien, dan ramah lingkungan untuk mendukung target energi bersih Indonesia,” kata Go Suzuki.

     

  • Kemenperin dan Chery Bahas Taksi Terbang di Indonesia

    Kemenperin dan Chery Bahas Taksi Terbang di Indonesia

    Jakarta, CNN Indonesia

    Wakil Menteri Perindustrian (Wamenperin) Faisol Riza menerima kunjungan PT Chery Motor Indonesia di Kantor Kemenperin, Kamis (12/12). Dalam pertemuan ini poin utama adalah transportasi publik canggih membahas taksi terbang dan bus terapung di masa depan.

    Menurut Faisol, untuk menunjang dua jenis kendaraan tersebut beroperasi Indonesia, pemerintah harus melakukan kajian mendalam dan menyiapkan regulasi yang mengatur operasional jenis transportasi masa depan itu.

    “Masih perlu kajian mendalam dan penyesuaian dengan regulasi di dalam negeri, terutama Kementerian Pertahanan. Selain itu, karena ini juga menyangkut transportasi publik, maka perlu ada regulasi dari Kementerian Perhubungan,” kata Faisol mengutip Antara.

    Selanjutnya, pertemuan ini juga membahas mengenai penjualan mobil listrik(electrical vehicle)dan kendaraan hibrida(hybrid)di Indonesia. Wamen Faisol mendorong industri otomotif turut membantu pemerintah dalam membuat ekosistem kendaraan listrik di Indonesia lebih agresif.

    Untuk mendukung tujuan ini, pemerintah telah mendukung melalui sejumlah regulasi dan insentif. Di antaranya pembebasan bea masuk impor kendaraan listrik, Pajak Pertambahan Nilai (PPN), dan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) yang akan terus diperpanjang hingga akhir tahun depan.

    “Tahun ini kami sudah siapkan paket insentif itu, tapi ternyata penggunaan terhadap paket itu belum optimal. Jadi seharusnya utilisasinya itu bisa lebih dari yang kita siapkan, tapi ternyata masih rendah,” ujar Faisol.

    Terakhir, Wamenperin menggarisbawahi mengenai regulasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Dan TKDN penting untuk membantu meningkatkan ekonomi lokal dengan menciptakan permintaan terhadap produk dan jasa dalam negeri.

    “Kami bisa membantu mempersiapkan transformasi teknologi pada seluruh industri pendukung di otomotif ini, dan mengembangkan RND(Research and Development)bersama-sama,” terangnya.

    Sementara itu, CEO of Chery International Commercial Vehicle She Cairong ketersediaan kedua jenis transportasi itu diharapkan membantu pemerintah Indonesia dalam mengatasi tantangan geografis.

    Cairong tidak menjelaskan apakah Chery yang akan menyediakan dua jenis kendaraan itu untuk masyarakat Indonesia.

    “Sama halnya seperti di China yang secara geografis memiliki banyak sungai, maka taksi terbang dan bus terapung ini bisa membantu konektivitas di dalam negeri,” ucap She Cairong.

    (Antara/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • BYD Tancap Gas, Kalahkan Wuling-Hyundai Lagi

    BYD Tancap Gas, Kalahkan Wuling-Hyundai Lagi

    Jakarta

    BYD bikin kejutan lagi dengan mendistribusikan 2.800-an unit mobil di Indonesia pada November 2024. Torehan itu membuat BYD unggul atas Wuling dan Hyundai.

    Penjualan mobil di Indonesia secara wholesales pada November 2024 mengalami penurunan tipis. Bila pada Oktober tembus 77 ribuan unit, maka pada bulan ke-11 kemarin hanya mencapai 74.347 unit.

    Sebaliknya, penjualan secara retail justru mengalami peningkatan. Gaikindo mencatat ada 76.053 unit mobil yang dikirim ke garasi konsumen selama November 2024.

    Posisi lima besar merek mobil terlaris juga tak banyak berubah. Merek Jepang seperti Toyota, Honda, Daihatsu, Mitsubishi, dan Suzuki masih mengisi lima besar.

    Dari 70 ribuan unit itu, Toyota masih jadi rajanya. Toyota mengirimkan 26.984 unit mobilnya secara wholesales dan 25.860 unit secara retail. Posisi kedua juga belum berubah, ada Daihatsu yang membukukan penjualan wholesales 10.030 unit dan retail 12.113 unit.

    Honda mengisi posisi ketiga. Sebanyak 8.397 unit mobil Honda terkirim dari pabrik ke seluruh dealer-dealer Honda, sementara yang terkirim ke garasi konsumen sebanyak 8.765 unit. Selanjutnya di posisi keempat ada Mitsubishi dengan penjualan wholesales 6.050 unit dan diikuti Suzuki 5.605 unit. Di penjualan retail justru sebaliknya, Suzuki unggul tipis dengan 6.240 unit sementara Mitsubishi Motors 6.102 unit.

    Menariknya di posisi keenam, kini dihuni merek China, BYD. Pendatang baru asal Shenzhen itu membukukan penjualan wholesales sebanyak 2.842 unit sementara secara retail penjualannya tembus 2.833 unit.

    Penjualan retail itu merupakan yang terbanyak selama lima bulan BYD mendistribusikan mobilnya di Indonesia. Torehan ini juga membuat BYD kembali melampaui Hyundai maupun Wuling. Untuk melihat lebih lengkapnya, berikut ini daftar merek mobil terlaris di Indonesia periode November 2024.

    10 Merek Mobil Terlaris di Indonesia November 2024

    Wholesales

    Toyota: 26.984 unitDaihatsu: 10.030 unitHonda: 8.397 unitMitsubishi Motors: 6.050 unitSuzuki: 5.605 unitBYD: 2.842 unitWuling: 2.550 unitHino: 2.530 unitMitsubishi Fuso: 2.294 unitIsuzu: 2.040 unit

    Retail Sales

    Toyota: 25.860 unitDaihatsu: 12.113 unitHonda: 8.765 unitMitsubishi Motors: 6.102 unitSuzuki: 6.240 unitBYD: 2.833 unitWuling: 2.503 unitIsuzu: 2.454 unitMitsubishi Fuso: 2.360 unitHino: 2.109 unit

    (dry/rgr)