Topik: Penjualan Mobil

  • Menperin Usul Produsen Turunkan Harga Mobil di Indonesia

    Menperin Usul Produsen Turunkan Harga Mobil di Indonesia

    Jakarta

    Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita menyarankan produsen mobil di Indonesia agar menurunkan harga jual kendaraan. Langkah tersebut, menurutnya, untuk meningkatkan daya beli konsumen yang melemah.

    Pernyataan itu disampaikan Agus Gumiwang saat meresmikan pabrik baru Daihatsu di Karawang, Jawa Barat. Dia menegaskan, pernyataan tersebut hanya bersifat usulan, bukan arahan resmi.

    “Kami berharap ada kebijakan-kebijakan baru (dari pabrikan), misalnya, ini bukan arahan ya, sacrifice margin atau menurunkan harga jual mobil (di Indonesia),” ujar Agus Gumiwang di Karawang, Jawa Barat, Kamis (27/2).

    Agus Gumiwang Kartasasmita Foto: Andi Hidayat

    Di kesempatan yang sama, Agus juga berharap, produsen bisa melakukan inovasi baru dalam pengembangan produk baru yang berorientasi kepada konsumen dan lingkungan. Hal tersebut, kata dia, juga harus dibarengi dengan dukungan pemerintah yang berkelanjutan.

    “Kami harap ada perhatian terhadap pengembangkan inovasi hijau yang berwawasan lingkungan dengan adanya berbagai upaya strategis dan inovasi terhadap pelaku industri, serta dukungan berkelanjutan dari pemerintah. Harapannya pasar Indonesia bisa bangkit dalam waktu sesingkat-singkatnya,” ungkapnya.

    Sebagai catatan, Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, total penjualan mobil secara wholesales selama tahun lalu tercatat sebesar 865.723 unit atau turun 13,9 persen secara year-on-year (YoY) dari periode sama tahun lalu yang tembus 1.005.802 unit.

    Sementara penjualan ritel selama 2024 juga turun 10,9 persen menjadi 889.680 unit. Padahal, tahun sebelumnya mencapai 998.059 unit. Meski turun, namun penjualan tersebut sudah melampaui target Gaikindo yang telah direvisi, yakni 850 ribu unit setahun.

    “Penurunan ini tentu disebabkan banyak faktor, kita tidak bisa hanya menyalahkan satu faktor, tapi kita harus liat akar masalah. Dari banyak faktor tersebut, kami melihat ada kaitannya dengan penurunan daya beli masyarakat, tantangan ekonomi global dan lain-lain,” kata dia.

    (sfn/din)

  • Mobil China Dominasi Penjualan Mobil Listrik Dunia

    Mobil China Dominasi Penjualan Mobil Listrik Dunia

    Jakarta

    Produsen mobil China memimpin dalam hal kendaraan listrik dunia. Mobil China mendominasi penjualan mobil listrik secara global.

    Menurut data terbaru dari Rho Motion, perusahaan penelitian pasar kendaraan listrik, merek mobil China menguasai 76 persen pangsa pasar mobil listrik dan plug-in hybrid (PHEV) global. Hal itu terjadi berkat ekspansi agresif pabrikan China ke berbagai wilayah baru di dunia.

    Di Eropa, pangsa pasar mobil listrik China bervariasi menurut negara, tetapi mereka telah membuat keuntungan yang sangat kuat di pasar yang kurang berkembang di seluruh dunia.

    Di Jerman, pasar mobil terbesar di Eropa, produsen China menyumbang sekitar 4% dari 578.000 unit mobil listrik yang terjual tahun lalu. Perolehannya sedikit lebih tinggi di Inggris dan Prancis, di mana mereka masing-masing menguasai 7% dan 5% dari total penjualan mobil listrik.

    Di Belanda, Swedia, Norwegia, dan Belgia, mobil listrik China menguasai 6%, 5%, 8%, dan 3% pasar. Sementara itu, kehadiran mereka bahkan lebih menonjol di Spanyol dan Austria, di mana mereka menguasai 10% dan 11% dari total penjualan mobil listrik.

    Di luar Eropa, produsen mobil China menikmati kesuksesan yang lebih signifikan. Di Brasil, 82% dari semua mobil listrik dan PHEV yang terjual pada tahun 2024 berasal dari merek China. Mobil listrik China juga memiliki 77% pangsa pasar di Thailand dan 70% pangsa pasar di Meksiko.

    Laporan itu menyampaikan, mobil China juga menguasai 75% dari semua mobil listrik dan PHEV di Indonesia, 52% di Malaysia, dan 74% di Nepal. Kendaraan listrik juga populer di Australia dan Selandia Baru, dengan penjualan masing-masing sebesar 26% dan 15%.

    Dikutip Carscoops, sebagian dari pencapaian itu dapat dikaitkan dengan fakta bahwa banyak negara yang tidak memiliki industri mobil lokal yang kuat, sehingga merek-merek China memiliki jalan yang lebih mudah untuk mendominasi pasar. Selain itu, industri kendaraan listrik China telah diuntungkan oleh subsidi dan bantuan pemerintah sejak tahun 2009 hingga akhir tahun 2023. Dukungan finansial yang substansial ini memungkinkan mobil listrik dan PHEV China menjadi lebih terjangkau daripada kendaraan dari produsen mobil tradisional.

    (rgr/dry)

  • Harta Elon Musk Susut Rp 852 Triliun, Bisnis Tesla Melempem Disalip SAIC Motor – Halaman all

    Harta Elon Musk Susut Rp 852 Triliun, Bisnis Tesla Melempem Disalip SAIC Motor – Halaman all

     

    TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON – Harta kekayaan Elon Musk dilaporkan susut hingga 52 miliar dolar sejak awal 2025 ini, menurut data dari Bloomberg Billionaires Index.

    Kini kekayaan bersih Musk tersisa 380 miliar dolar AS, selisih sedikit dengan harga orang terkaya kedua di dunia, yakni CEO Meta Mark Zuckerberg yang saat ini mencapai 144 miliar dolar AS.

    Mengutip CNN International, penurunan harta kekayaan Elon Musk terjadi akibat terpengaruh oleh penjualan mobil listrik Tesla yang menurun.

    Tesla hanya sanggup menjual 9.945 kendaraan bulan lalu di Uni Eropa, Inggris, Islandia, Liechtenstein, Norwegia dan Swiss.

    Angka penjualan ini turun tajam 45 persen dibandingkan dengan capaian penjualan di bulan yang sama tahun lalu.

    Penurunan penjualan ini menempatkan Tesla berada di belakang SAIC Motor asal China, yang penjualannya justru tumbuh 37 persen menjadi hampir 17 ribu kendaraan pada Januari 2025.

    Raksasa kendaraan listrik BYD asal China, juga mengalahkan penjualan Tesla di Inggris untuk pertama kalinya pada Januari 2024.

    Ada beberapa faktor yang mungkin menyebabkan penurunan performa Tesla ini. Salah satu alasan utamanya adalah meningkatnya publisitas negatif terkait kontroversi Elon Musk.

    Termasuk pandangannya yang kontroversial dan dukungannya terhadap partai sayap kanan di Jerman serta aktivis yang dipenjara di Inggris.

    Alasan ini yang membuat diyakini telah merusak citra Tesla di kawasan tersebut, hingga membuat penjualan turun tajam selama Januari 025.

    “Tesla jelas menghadapi tantangan di Eropa dan masalah citra Musk menambah hambatan tersebut,” kata analis Wedbush Securities Dan Ives kepada kantor berita AFP dalam sebuah pesan. Ia memperkirakan sekitar 10 hingga 15 persen dari kendala tersebut muncul akibat sentimen anti-Musk.

    Tak hanya penjualan Tesla yang terdampak, saham perusahaan otomotif listrik ini juga dilaporkan anjlok sembilan persen pada awal perdagangan sebelum memangkas sebagian kerugian dan diperdagangkan turun 8,1 persen sekitar pukul 12.15 waktu setempat di Washington (1715 GMT).

    Penurunan harga saham perusahaan itu juga menyeret kapitalisasi pasar Tesla kembali di bawah 1 triliun dolar AS untuk pertama kalinya sejak November 2024.

    Hal tersebut berbanding terbalik dengan saham Tesla di awal Februari yang sempat melonjak pasca pemilihan presiden AS 2024, seiring keyakinan investor bahwa kedekatan Musk dengan Trump bisa menguntungkan perusahaan-perusahaannya.

    Laporan Reporter: Namira Yunia

     

  • Eks Pengacara Penyuap AKBP Bintoro Tak Hadir Pemeriksaan sebagai Tersangka Penipuan
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        26 Februari 2025

    Eks Pengacara Penyuap AKBP Bintoro Tak Hadir Pemeriksaan sebagai Tersangka Penipuan Megapolitan 26 Februari 2025

    Eks Pengacara Penyuap AKBP Bintoro Tak Hadir Pemeriksaan sebagai Tersangka Penipuan
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Eks kuasa hukum Arif Nugroho dan Muhammad Bayu Hartoyo,
    Evelin Dohar Hutagalung
    tak hadir pemeriksaan sebagai tersangka kasus dugaan penipuan dan penggelapan yang dijadwalkan pada Rabu (29/2/2025) pukul 10.00 WIB.
    Ini merupakan panggilan pertama Evelin setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Metro Jaya pada Jumat (21/2/2025).
    Adapun Arif Nugroho dan Muhammad Bayu Hartoyo merupakan tersangka pembunuhan dan pemerkosaan yang diduga menyuap eks Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan
    AKBP Bintoro
    dkk.
    “Permohonan penundaan permintaan keterangan (Evelin Dohar Hutagalung), dikarenakan adanya
    schedule
    pekerjaan yang sudah terjadwal sebelumnya,” ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak saat dikonfirmasi, Rabu (26/2/2025).
    Dengan penundaan pemeriksaan ini, Evelin dalam surat permohonannya kepada penyidik akan memenuhi panggilan polisi pada Rabu (5/2/2025).
    Untuk diketahui, Arif Nugroho melaporkan Evelin ke Polda Metro Jaya pada Senin (27/1/2025).
    Laporan tersebut dibuat oleh kuasa hukum Arif, Pahala Manurung, terkait dugaan penipuan, penggelapan, dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dari hasil penjualan mobil Lamborghini.
    Pada April 2024, Evelin meminta Arif untuk menjual mobil Lamborghini dengan alasan mengurus perkara yang menimpa kliennya, yang terlibat dalam dugaan pembunuhan dan persetubuhan anak di bawah umur terhadap seorang perempuan berinisial FA (16).
    “Kemudian, korban (AN) meminta bahwa hasil penjualan mobil tersebut, mobil mewah, penjualan mobil mewah ditransfer kepada korban (AN) terlebih dahulu sebesar Rp 3,5 miliar,” ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi.
    Namun, Arif mengaku tidak pernah menerima uang hasil penjualan mobil Lamborghini tersebut dan mobilnya juga tidak dikembalikan.
    Dengan demikian, polisi telah meningkatkan status perkara dari penyelidikan menjadi penyidikan, menandakan adanya dugaan tindak pidana.
    Evelin sebelumnya merupakan kuasa hukum Arif Nugroho dan Muhammad Bayu Hartoyo saat keduanya menghadapi kasus pembunuhan dan persetubuhan FA. 
    Dua kasus itu ditangani oleh Satreskrim Polres Metro Jakarta Selatan, dengan laporan polisi tercatat sebagai LP/B/1181/IV/2024/SPKT/Polres Metro Jaksel untuk kasus pembunuhan dan LP/B/1179/IV/2024/SPKT/Polres Metro Jaksel untuk kasus persetubuhan anak di bawah umur.
    Selain itu, Arif Nugroho dan Muhammad Bayu Hartoyo juga terlibat dalam kasus kepemilikan senjata api yang saat ini tengah diselidiki oleh Ditreskrimum Polda Metro Jaya.
    Laporan polisi untuk kasus tersebut tercatat dengan nomor LP/A/4/IV/2024/SPKT/Sar Reskrim/Polres Metro Jaksel/PMJ, tertanggal 23 April 2024.
    Di sisi lain, lima mantan anggota Polres Metro Jakarta Selatan terlibat dalam kasus dugaan penyuapan untuk menghentikan perkara pembunuhan dan persetubuhan terhadap FA.
    Dalam sidang KKEP yang digelar oleh Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Metro Jaya, tiga di antara mereka divonis pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) atau dipecat dari Polri.
    Mereka yang dipecat adalah eks Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Bintoro, eks Kanit Resmob Satreskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKP Ahmad Zakaria, dan eks Kanit PPA Satreskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKP Mariana.
    Sementara dua anggota lainnya dijatuhi sanksi demosi selama delapan tahun dan tidak diperbolehkan bertugas di satuan reserse.
    Keduanya adalah eks Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Gogo Galesung dan eks Kasubnit Resmob Satreskrim Polres Metro Jakarta Selatan Ipda Novian Dimas.
    Semua yang terlibat menyatakan banding atas vonis yang diterima.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Tantangan Tesla dalam Membidik Pasar Mobil Listrik India

    Tantangan Tesla dalam Membidik Pasar Mobil Listrik India

    Jakarta

    Produsen kendaraan listrik asal Amerika Serikat, Tesla, minggu lalu mulai melakukan perekrutan pekerjanya di India, setelah sebelumnya mengiklankan lowongan pekerjaan besar-besaran pada situs websitenya. Ini termasuk posisi manajer toko hingga teknisi servis di ibukota, New Delhi, dan kota pusat ekonomi India, Mumbai.

    Pengumuman perekrutan ini muncul setelah CEO-nya, Elon Musk, mengadakan pertemuan empat mata dengan Perdana Menteri India, Narendra Modi, di Washington 13 Februari 2025.

    Selama beberapa tahun, Tesla mempertimbangkan untuk meluaskan bisnisnya di negara dengan populasi terpadat di dunia ini. Sebelumnya Tesla diberitakan banyak media sedang bergiat mencari lokasi pabrik dan ruang pamer baru.

    Pasar mobil listrik India masih tergolong kecil – kesempatan baik bagi Tesla untuk berkembang sembari bersaing dengan mobil listrik asal Cina dan juga menghadapi penurunan penjualan mobil listrik tahunan, untuk pertama kalinya.

    Pasar utama nan menjanjikan

    India memiliki pasar otomotif terbesar ketiga di dunia berdasarkan volume. Pemerintahan Modi memiliki rencana besar dimana mobil listrik dapat menyumbang hingga 30% penjualan mobil baru di negara ini di tahun 2030.

    India juga dapat berfungsi sebagai pusat ekspor mobil di kawasan.

    “Namun, tantangan yang signifikan masih ada,” kata Shubham Mishra, pendiri dan CEO Battery Ok Technologies, perusahaan dengan spesialisasi diagnostik lanjutan baterai mobil listrik.

    “Harga Tesla saat ini – mulai sekitar 40.000 Dollar AS ( 38.171 euro) untuk Model 3 – harga yang jauh melebihi ambang batas keterjangkauan harga beli mobil di India. 80% mobil yang dijual di India berharga di bawah 15.000 Dollar,” jelas Mishra kepada DW.

    “Mengembangkan model dengan biaya yang kompetitif, dengan harga jual di bawah $30.000, sangatlah penting, dengan tetap menjaga kualitas baterai yang dapat bertahan menghadapi iklim ekstrem India, termasuk suhu yang melebihi 40 derajat Celcius,” tambahnya.

    Mishra juga mengatakan, pesaing lokal yang telah mengakar seperti Tata Motors – menguasai 70% pasar mobil listrik di India – merupakan ancaman yang besar, sementara kondisi jalan yang menantang di negara ini menuntut peningkatan daya tahan kendaraan.

    Insentif dan tantangan bagi para pembuat kendaraan listrik

    India telah lama menerapkan pajak impor yang tinggi untuk kendaraan listrik, sehingga mencegah Tesla memasuki pasar India, tanpa adanya manufaktur lokal.

    Namun, tahun lalu, India meluncurkan sebuah program untuk mempromosikan pembuatan kendaraan listrik di negaranya. Kebijakan ini memangkas bea impor mobil listrik untuk produsen mobil global yang berkomitmen untuk menginvestasikan 500 juta dolar AS dan memulai produksi lokal dalam waktu tiga tahun.

    Langkah ini dipandang sebagai insentif bagi Tesla untuk mendirikan pabrik lokalnya di India.

    Namun, kebijakan ini berlaku untuk semua produsen mobil listrik. Produsen mobil Vietnam, VinFast, telah mengumumkan rencana tahun ini untuk mengalokasikan investasi hingga 2 miliar Dollar AS untuk membangun pabrik kendaraan listriknya di India.

    Dengan rencana ambisius ini, infrastruktur pengisian daya kendaraaan listrik di negara ini masih menjadi terkendala.

    Jaringan pengisian daya kendaraan listrik di India telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, meningkat dari 1.800 stasiun pengisian daya publik pada awal 2022 menjadi lebih dari 16.000 di pertengahan 2024.

    Namun peningkatan tersebut masih jauh dari mobilitas kendaraan listrik yang kian masif. Selain itu, instalasi pengisi daya serta peningkatan jaringannya masih tergolong mahal, sehingga sulit membuat perluasan jaringan pengisian.

    “Ini adalah masalah besar dan signifikan untuk segmen kendaraan listrik. Tesla telah mengidentifikasi masalah ini dan berharap dapat mengatasinya dengan membangun fondasi untuk jaringan pengisian daya super mereka,” kata Shrijay Sheth, pendiri Legalwiz.in, startup teknologi hukum terkemuka kepada DW.

    “Diharapkan masuknya Tesla ke India dapat menjadi katalisator yang memberi energi dan dorongan yang dibutuhkan pada sektor ini,” tambahnya.

    Situasi yang saling menguntungkan?

    Dilip Chenoy, mantan direktur jenderal Society of Indian Automobile Manufacturers, memiliki pandangan yang sama, dengan mengatakan bahwa masuknya Tesla dapat mempercepat adopsi kendaraan listrik di India dengan teknologi mutakhir, meningkatkan pilihan bagi konsumen dan juga mendorong persaingan.

    “Meskipun masih ada tantangan dalam menentukan harga kendaraan yang kompetitif untuk konsumen India, hal positif lainnya adalah Tesla memenuhi persyaratan lokalisasi, dan akan merilis infrastruktur pengisian daya,” kata Chenoy kepada DW.

    “Ini adalah win-win solution bagi Tesla dan India. Bagi Tesla, ini menyediakan pasar yang berkembang dan lokasi produksi baru yang tidak terlalu dibatasi oleh tarif. Bagi India, hal ini membawa Foreign Direct Investment (Investasi asing langsung – FDI), akses teknologi, dan ekosistem kendaraan listrik yang lebih kuat, yang juga menawarkan lebih banyak pilihan kepada konsumen,” tegasnya.

    Artikel diadaptasi dari DW Bahasa Inggris

    Lihat juga Video: Tesla Hadirkan Robotaxi Cybercab, Pengguna Bisa Tidur dan Sampai Tujuan

    (ita/ita)

    Hoegeng Awards 2025

    Usulkan Polisi Teladan di sekitarmu

  • Honda Sabet Peringkat Tertinggi Indeks Keselamatan Jalan Raya

    Honda Sabet Peringkat Tertinggi Indeks Keselamatan Jalan Raya

    Jakarta

    Perusahaan otomotif asal Jepang, Honda, meraih peringkat tertinggi dalam Indeks Keselamatan Jalan Raya (Road Safety Index) dari FIA. Honda menjadi perusahaan otomotif pertama yang meraih peringkat tertinggi 3 bintang dalam Indeks Keselamatan Jalan.

    Penghargaan ini diumumkan pada 17 Februari 2025 dalam acara Challenge 2030: Achieving the Global Road Safety Goals, yang merupakan bagian dari Konferensi Tingkat Menteri Global ke-4 tentang Keselamatan Jalan di Marrakesh, Maroko.

    Indeks Keselamatan Jalan Raya FIA adalah sistem penilaian yang dikembangkan oleh Fédération Internationale de l’Automobile (FIA) untuk membantu perusahaan dan organisasi mengukur serta meningkatkan dampak operasional mereka terhadap keselamatan jalan raya. Penilaian ini mencakup berbagai faktor, seperti komitmen terhadap keselamatan, target yang ditetapkan, serta jumlah kecelakaan dan korban di sepanjang rantai bisnis perusahaan. Honda menjadi yang pertama di industri otomotif yang meraih 3 bintang dalam dua kategori utama, yaitu rantai pasokan dan produk/layanan.

    Peringkat dalam kategori rantai pasokan diberikan kepada perusahaan yang menerapkan standar keselamatan tinggi dalam seluruh proses bisnisnya, mulai dari pengadaan bahan baku, produksi, hingga distribusi kendaraan ke pelanggan. Sementara itu, peringkat dalam kategori produk/layanan menilai sejauh mana kendaraan dan layanan Honda memenuhi standar keselamatan yang ketat bagi konsumen.

    “Honda adalah produsen mobil dan sepeda motor pertama yang dinilai berdasarkan Indeks Keselamatan Jalan Raya FIA untuk rantai pasokan dan produknya. Meskipun penilaian awal Honda terbatas pada produksi dan penjualan mobil dan sepeda motor di Jepang-dari pabrik perakitan hingga pengecer-perusahaan berkomitmen untuk memperluas cakupan ke tingkat global,” demikian dikutip dari siaran pers FIA.

    Honda telah menegaskan komitmen dalam menciptakan lingkungan berkendara yang lebih aman bagi semua pengguna jalan. Sejalan dengan visi globalnya, “Safety for Everyone”, Honda terus mengembangkan teknologi keselamatan inovatif serta berupaya menekan angka kematian akibat kecelakaan yang melibatkan kendaraan Honda hingga 50 persen pada 2030, dengan target akhir mencapai nol kecelakaan fatal pada 2050.

    “Kami merasa terhormat menjadi produsen otomotif pertama yang menerima peringkat tertinggi dalam Indeks Keselamatan Jalan FIA. Pencapaian ini adalah bukti dedikasi Honda selama lebih dari 50 tahun dalam meningkatkan keselamatan di jalan raya. Dengan inovasi berkelanjutan dan standar keselamatan yang tinggi, kami akan terus berkontribusi dalam menciptakan mobilitas yang lebih aman dan berkelanjutan bagi semua orang,” kata General Manager Safety Planning Division Honda Motor Co., Ltd., Hideaki Takaishi.

    Selain Honda, beberapa perusahaan yang meraih peringkat tertinggi dalam Indeks Keselamatan Jalan Raya FIA antara lain Amazon, BAT Italia, Folksam, IKEA Supply Chain Operations, Scania, Shell, TotalEnergies Uber, dan Waymo. Perusahaan-perusahaan itu mendapat peringkat tertinggi karena upaya mereka untuk meningkatkan keselamatan jalan di seluruh operasi bisnisnya.

    (rgr/dry)

  • Penjualan Mobil di Indonesia Tahun Ini Diprediksi Tak Tembus 1 Juta Unit

    Penjualan Mobil di Indonesia Tahun Ini Diprediksi Tak Tembus 1 Juta Unit

    Jakarta

    Penjualan mobil di Indonesia tahun ini diprediksi tak menyentuh 1 juta unit lagi. Bahkan, ada kemungkinan, angkanya lebih rendah dibandingkan tahun lalu. Kok bisa, ya?

    Joshua Pardede selaku Pengamat Ekonomi Senior mengatakan, penjualan mobil di Indonesia masih akan berat selama 2025. Bahkan, jangankan 1 juta unit, menyentuh 900 ribu unit saja rasa-rasanya sangat berat.

    “Setidaknya kami proyeksikan untuk penjualan mobil tahun ini masih berada di bawah 900 ribu unit,” ujar Joshua pada dialog otomotif yang digelar di pameran Indonesia International Motor Show atau IIMS 2025.

    Pameran mobil IIMS 2025. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Menurut Joshua, ada sejumlah faktor yang membuat penjualan masih akan lesu tahun ini. Selain kelas menengah yang makin berkurang, harga kendaraan juga makin tak terjangkau.

    “Kita harus jujur ya dengan kondisi sekarang, kelas menengah turun dan assessment Gaikindo soal harga mobil terus meningkat, kalau nggak ada dorongan cepat dari sisi masyarakatnya, tentu berat mencapai 1 juta unit,” ungkapnya.

    Lebih jauh, Joshua menjelaskan, mayoritas kelas menengah di Indonesia saat ini hanya mampu membeli sepeda motor atau mobil bekas. Sebab, di tengah kondisi ekonomi yang sekarang, mereka lebih ketat melakukan hitung-hitungan.

    Booth Mitsubishi di pameran otomotif IIMS 2025. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Dia berharap, selama 2025, tak ada kenaikan harga mobil lagi. Selain itu, ada stimulus tambahan dari pemerintah agar daya beli masyarakat kembali pulih.

    “Kita juga menunggu arah suku bunga, karena pembiayaan kan penting untuk pembelian mobil baru, Kalau sekiranya kondisi global mendukung sehingga suku bunga BI secara net-nya turun, harapannya ini bisa membuat kemampuan pembiayaan meningkat,” kata dia.

    (sfn/lua)

  • Merek Mobil China Sudah Ramai di RI, Apa yang Bikin Changan Berbeda?

    Merek Mobil China Sudah Ramai di RI, Apa yang Bikin Changan Berbeda?

    Jakarta

    Changan Automobile resmi masuk ke Indonesia melalui payung Indomobil Group. Lantas, apa yang membedakan mereka dibandingkan merek-merek China lainnya?

    Andrew Nasuri selaku Direktur PT Indomobil Sukses Internasional mengatakan, Changan masuk daftar TOP 4 dalam penjualan mobil baru di China. Sementara yang membedakan merek tersebut dibandingkan nama-nama lain terletak pada produk, termasuk pilihan model dan harga terjangkau.

    “Secara teknologi dan size memang perusahaan China banyak. Tapi yang berbeda dari Changan adalah portofolio mereka yang mencakup mobil penumpang dan komersial. Gabungan itu bagus buat Indomobil yang sukses di dua segmen tersebut,” ujar Andrew di Cawang, Jakarta Timur, Jumat (21/2).

    Changan masuk Indonesia. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Sementara Shen Xinhua selaku General Manager (GM) Changan Southeast Asia Business Unit sadar, merek mobil China sudah banyak di Indonesia. Namun, berbeda dengan jenama lain, pihaknya akan menghadirkan mobil dari segmen tinggi hingga rendah.

    “Biasanya mobil akan dinilai dari kualitas produk, ketersediaan sparepart, kenyamanan interior dan bagaimana harganya. Kalau kita lihat, di Changan kita punya kelebihan di desain dan mesin ramah lingkungan. Kami akan sediakan produk-produk berbeda untuk pembeli atas, menengah dan bawah,” kata Shen.

    Changan Jual Mobil di RI Mulai Akhir 2025

    Di kesempatan yang sama, Andrew Nasuri mengatakan, pihaknya kemungkinan besar baru akan menjual mobil-mobil Changan mulai akhir 2025. Sebab, pihaknya masih merumuskan, model apa yang sekiranya cocok untuk konsumen di dalam negeri.

    “Kami berharap bisa launching (mobil) sebelum akhir tahun ini. GIIAS 2025 mungkin masih agak susah, karena masih ada RnD yang harus dikerjakan,” kata Andrew.

    Andrew menjelaskan, pihaknya bisa saja membawa Changan ke pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2025. Namun, hanya untuk mengenalkan merek atau brand, bukan meluncurkan produk baru.

    “Mungkin as a brand bisa, kalau model yang cocok untuk Indonesia belum. Saya belum bisa pastikan, karena arah kita berbeda. Bukan asal comot, tapi perlu studi dulu,” kata dia.

    (sfn/lua)

  • Gara-gara Mobil Listrik Ini Chery Cuan Besar di IIMS 2025

    Gara-gara Mobil Listrik Ini Chery Cuan Besar di IIMS 2025

    Jakarta

    PT Chery Sales Indonesia (CSI) mendulang untung besar pada gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025, JIExpo, Kemayoran, Jakarta, 13-23 Februari. Merek asal China itu terbantu dengan penjualan mobil listrik terbaru mereka, J6, yang laris manis.

    “Kalau SPK (surat pemesanan kendaraan) kita sih naik terus. Target SPK kita tahun ini satu setengah kali lipat dari tahun lalu,” ungkap Regional Sales Manager PT CSI Willy Winawan ditemui detikOto di arena IIMS 2025, Jumat (21/2/2025).

    Chery Sales Indonesia (CSI) resmi merilis harga jual Tiggo Cross pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025. Tiggo Cross dibanderol mulai dari Rp 239 jutaan. Foto: Agung Pambudhy

    Willy mengatakan, dari sembilan hari pelaksanaan IIMS 2025, Chery sudah mencatatkan angka SPK lebih dari 800 unit. Angka itu sudah melampaui angka SPK Chery di IIMS 2024. Sementara itu IIMS 2025 masih berlangsung hingga Minggu, 23 Februari. Artinya, angka SPK Chery di IIMS 2025 masih bisa bertambah lagi.

    “SPK di IIMS 2025 sudah lebih dari lebih dari 800 unit. Ini masih ada weekend (jadi masih bisa bertambah lagi,” sambung Willy. Dari segi model, Willy mengatakan model J6 menjadi tulang punggung penjualan Chery di IIMS 2025, diikuti model lainnya seperti Tiggo Cross, Tiggo 8, dan sisanya ada campuran model mobil ICE dan EV.

    “J6 sendiri kurang lebih komposisi SPK-nya sekitar 40%. Mobil ini memiliki daya tarik, seperti desain yang boxy dan fitur-fitur premium. Banyak fitur-fitur yang mungkin kalau saya sebutkan, harusnya ada di kelas mobil premium, yang harganya mungkin dua kali lipat (harga J6),” terang Willy.

    Secara kumulatif, Chery J6 sudah meraih angka SPK hingga 2.000 unit dan sudah dikirim lebih dari 300 unit ke para konsumen. Selain menawarkan banyak keunggulan, Chery juga memberikan program, di mana 1.000 pembeli pertama Chery J6 akan mendapatkan lifetime warranty atau garansi seumur hidup yang mencakup baterai, power motor, dan power motor controller.

    (lua/lth)

  • Mobil Lamborghini yang Digelapkan Mantan Pengacara Anak Bos Prodia Sudah Dijual Rp5,5 Miliar  – Halaman all

    Mobil Lamborghini yang Digelapkan Mantan Pengacara Anak Bos Prodia Sudah Dijual Rp5,5 Miliar  – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak mengungkap fakta barang bukti mobil Lamborghini tersangka pengacara Evelin Dohar Hutagalung (EDH) dalam kasus penggelapan telah dijual.

    Hal itu berdasarkan keterangan yang didapat oleh tim penyidik dan dari tersangka langsung.

    “Dari fakta penyidikan didapat barang bukti dokumen dan surat, mobil Lambo tersebut sudah dijual,” ucap Ade Sjafri kepada wartawan Jumat (21/2/2025).

    Menurut keterangan penyidik, mobil Lamborghini itu dijual melalui suami tersangka inisial JK.

    Harga jual mobil Lamborghini tersebut diketahui senilai Rp5,5 miliar.

    Ade menyebut JK masih berstatus sebagai saksi.

    Saat penjualan mobil itu JK belum menjadi suami dari EDH.

    “Mobil terjual melalui JK seharga Rp5,5 miliar,” ujarnya.

    “Dalam pelaksanaan gelar perkara penetapan tersangka yang telah dilakukan Kamis (20/2/2025) ditemukan bukti yang cukup untuk menetapkan EDH sebagai tersangka dalam perkara dimaksud,” papar Ade.

    EDH ialah mantan pengacara anak bos Prodia Arif Nugroho yang saat itu menghadapi perkara pembunuhan.

    Diketahui, mobil Lamborghini itu seharusnya dijual untuk mengurus kasus pembunuhan dan pemerkosaan remaja.

    Dalam kasus itu, EDH menyuap mantan Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan AKBP Bintoro dan empat polisi lainnya yang sudah dijatuhi sanksi lewat sidang etik.

    Penetapan tersangka sebagaimana dimaksud dalam Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 372 KUHP, yang terjadi pada bulan April tahun 2024.

    Penetapan Evelin sebagai tersangka usai dilakukan pemeriksaan terhadap 24 orang saksi di tahap penyidikan yang dimulai sejak 10 Februari 2025.

    Serta pemeriksaan terhadap dua orang ahli di mana satu orang ahli hukum pidana dan satu orang ahli hukum perdata.