Topik: Penjualan Mobil

  • Tanda Kehancuran Elon Musk, Nasibnya Berubah Total

    Tanda Kehancuran Elon Musk, Nasibnya Berubah Total

    Daftar Isi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Elon Musk kembali dihadapkan dengan masalah pelik. Seorang hakim AS pada Jumat (28/3) waktu setempat, menolak tawaran Musk untuk membatalkan gugatan hukum terkait X.

    Gugatan tersebut mengklaim Musk menipu mantan pemegang saham Twitter dengan menunggu terlalu lama untuk mengungkapkan investasi awalnya di perusahaan media sosial tersebut sebelum berganti nama menjadi X.

    Hakim Distrik AS Andrew Carter di Manhattan mengatakan gugatan dan argumentasi para pemegang saham cukup beralasan. Musk dinilai berniat melakukan penipuan melalui pengajuan peraturan yang tidak tepat, tweet yang menyesatkan tentang masa depan Twitter, dan strategi untuk pelan-pelan membangun sahamnya di Twitter.

    Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) juga menggugat Musk atas keterlambatan pengungkapan tersebut. Pengacara Musk tidak segera menanggapi permintaan komentar.

    Penggugat yang dipimpin oleh Oklahoma Firefighters Pension and Retirement System mengatakan Musk mengabaikan tenggat waktu SEC tertanggal 24 Maret 2022 untuk mengungkapkan bahwa ia telah membeli 5% saham Twitter, dan menunggu 11 hari lagi sebelum mengungkapkan 9,2% sahamnya dalam pengajuan SEC.

    Para penggugat mengatakan hal ini menghemat lebih dari US$200 juta bagi Musk, dan merugikan mereka karena mereka menjual saham Twitter dengan harga yang sangat rendah. Musk membeli seluruh Twitter seharga US$44 miliar pada Oktober 2022.

    Dalam keputusan setebal 43 halaman, Carter mengatakan pengungkapan Musk atas 9,2% saham tersebut dapat dianggap menyesatkan karena menyiratkan bahwa ia melakukan investasi pasif dan tidak berencana untuk membeli perusahaan tersebut.

    Carter mengatakan pemegang saham juga dapat menuntut dua tweet yang diunggah Musk pada 26 Maret 2022. Kala itu, Musk mengatakan bahwa ia serius ingin membangun pesaing Twitter.

    Ia juga menolak saran dan isu terkait pembelian Twitter dan mengubah logo burungnya menjadi Doge. “Ha ha itu akan [menjadi] gila,” tulis Musk dalam tweet-nya kala itu.

    Saham Twitter naik 27% pada tanggal 4 April 2022 setelah Musk mengungkapkan kepemilikan sahamnya sebesar 9,2%.

    Kasus X ini menambah daftar panjang masalah yang datang bertubi-tubi di kehidupan Musk. Setelah masuk ke Gedung Putih dan mengepalai Lembaga Efisiensi Pemerintah (DOGE), Musk mendapat perlawanan masif yang berdampak negatif terhadap kerajaan bisnisnya. Berikut daftarnya:

    Boikot Tesla

    Boikot Tesla kian meluas, ditandai dengan penyerangan ke showroom mobil listrik tersebut di beberapa negara bagian AS. Banyak pula pemilik Tesla yang menjual mobil mereka.

    Seruan menjual saham Tesla juga bergema. Sentimen ini berhasil membuat harga saham Tesla pada tahun ini anjlok 31%. Penjualan mobil Tesla juga merosot tajam di beberapa wilayah, termasuk Eropa.

    Mengutip Business Insider, penjualan stiker anti Elon Musk juga melonjak dalam beberapa minggu terakhir, sejak penghormatan kontroversial CEO Tesla itu di kampanye umum Trump. Ia mengaku menjual antara 400 dan 500 stiker bertuliskan ‘Elon Killed My Resale Value’ dalam sehari.

    Roket SpaceX Meledak Berturut-turut

    Roket Starship dari SpaceX milik Musk meledak di angkasa saat menjalani uji terbang kedelapan, Kamis (6/3). Roket setinggi 123 meter ini meluncur dari lokasi Starbase di Texas Selatan pada pukul 17.30 waktu setempat.

    Kecelakaan ini menandai kegagalan kedua SpaceX secara berturut-turut untuk menyebarkan satelit tiruan di bawah program roket Mars yang gencar digembar-gemborkan.

    Beberapa video yang tersebar di media sosial menunjukkan puing-puing berapi yang tampak di langit wilayah selatan Florida dan Bahama, setelah Starship hancur lebur di angkasa.

    Dalam siaran langsung SpaceX, tampak mesin Starship mati dan membuat roket tersebut berputar tak terkendali. Sesaat kemudian, Starship meledak berkeping-keping.

    Starlink Ditinggal

    Di Kanada, pemerintah negara bagian Ontario memutus kontrak senilai US$ 100 juta dengan Starlink. Ukraina juga berencana untuk melepas ketergantungan dengan Starlink, setelah ketegangan antara Trump dan Presiden Ukraina Zelenskiy.

    Di saat bersamaan, Starlink yang selama ini mendominasi internet satelit kedatangan penantang baru yang siap bersaing. Antara lain SpaceSail dari China dan Eutelsat dari Prancis.

    Di Inggris, banyak pelanggan Starlink yang dilaporkan sudah dan akan beralih dari layanan tersebut. Pasalnya, mereka tak suka dengan sikap politik Musk.

    Barry Nisbet, seorang pemain biola Skotlandia yang bisnisnya di Shetland menggabungkan musik dengan pelayaran, menyebut penghormatan kontroversial Musk di acara pelantikan Trump sebagai salah satu alasan ia meninggalkan Starlink, meskipun hal itu merugikannya.

    “Saya sudah lama merasa tidak nyaman dengan Musk dan perannya dalam pemilu AS. Monopoli [bisnis Musk] juga sangat membuat saya terganggu,” kata Nisbet, dikutip dari The Guardian.

    Maraknya pengguna yang meninggalkan Starlink di Eropa menjadi momentum tepat bagi Eutelsat. Mendadak, perusahaan tersebut mengalami lonjakan nilai saham hingga 500% sejak perselisihan antara Trump dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

    Cybertruck Gagal Total

    Setelah diperkenalkan pertama kali pada 2019, Tesla akhirnya resmi merilis mobil listrik pick up Cybertruck pada akhir 2023. Musk awalnya mengumbar estimasi penjualan tahunan Cybertruck tembus 250.000 unit.

    Namun, kenyataannya jauh berbeda. Para analis memprediksi Cybertruck hanya mampu terjual 48.500 unit pada tahun ini. Sementara itu, secara keseluruhan mobil jenis pickup terjual 2 unit setiap tahunnya.

    Ada banyak tantangan yang dihadapi Tesla dalam menjual Cybertruck. Salah satunya soal isu keamanan. Tahun lalu, Cybertruck sudah 6 kali ditarik dari pasar karena kendala teknis. Bahkan, baru-baru ini Tesla mengumumkan hampir semua Cybertruck ditarik dari pasaran karena masalah pada bagian depannya.

    Setiap pekan, ada saja berita terbaru soal insiden Cybertruck. Mulai dari kebocoran minyak, kegagalan sistem, hingga tiba-tiba mati di tengah salju.

    Ada banyak juga keluhan pengguna terkait kinerja Cybertruck yang tak seperti klaim Musk saat memperkenalkan produk tersebut. Salah satunya, soal jarak tempuh yang dikatakan bisa sampai 350-mil, padahal kenyataannya lebih rendah.

    Terlepas dari kontroversinya, Elon Musk masih bertengger sebagai orang terkaya di dunia. Menurut Forbes, harta kekayaannya memang berkurang US$5,4 miliar dan kini ‘sisa’ US$342,9 miliar atau Rp5.678 triliun.

    (fab/fab)

  • Bayar Rp 22 Juta/Bulan, Sudah Segini yang Langganan Mobil Listrik Honda

    Bayar Rp 22 Juta/Bulan, Sudah Segini yang Langganan Mobil Listrik Honda

    Jakarta

    Biaya langganan mobil listrik Honda Rp 22 juta per bulan. Sudah berapa banyak orang Indonesia yang tertarik?

    Honda sudah mulai ‘menjual’ mobil listriknya e:N1 di Indonesia. Namun demikian, penjualan mobil listrik tersebut menggunakan skema langganan. Konsumen yang tertarik bisa memilikinya dengan membayar langganan Rp 22 juta per bulan. Lalu sudah berapa banyak yang tertarik?

    Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengungkap, sudah ada ratusan unit pemesanan Honda e:N1 itu. Semua dipesan perusahaan.

    “Sudah 105 perusahaan yang memesan. 86 perusahaan sudah kontrak, 19 lainnya sedang dalam proses,” kata Billy saat dihubungi detikOto, Rabu (26/3/2025).

    Buat kamu yang tertarik, untuk mengetahui skema langganan ini, bisa langsung menghubungi dealer Honda terdekat. Pun pemesanannya tak terbatas pada konsumen fleet, konsumen retail pun bisa memesan.

    “Bisa menghubungi dealer kami,” lanjut Billy.

    Sebagai informasi, konsumen yang kepincut Honda e:N1 dengan skema langganan itu harus membayar Rp 22 juta per bulan selama lima tahun. Honda juga menawarkan opsi kepemilikan di akhir masa berlangganan.

    Dalam kurun waktu berlangganan, akan ada sejumlah fasilitas yang didapatkan konsumen, terutama berkaitan dengan kepemilikan Honda e:N1. Pertama, konsumen akan mendapatkan perangkat pengisian daya baik itu di rumah (home charger) maupun portable charger. Selain itu, konsumen tak perlu khawatir akan perawatan mobilnya. Biaya langganan Rp 22 juta per bulan tersebut, sudah termasuk perawatan berkala.

    Asuransi kendaraan juga termasuk di dalamnya. Konsumen juga tak perlu khawatir soal bayar pajak tahunan karena masuk dalam paket berlangganan. Honda juga memberikan layanan yang responsif. Buat kamu yang tertarik, dengan membayar Rp 22 juta per bulan selama lima tahun atau sekitar Rp 1,32 miliar secara total, tak perlu pusing dengan biaya-biaya lainnya.

    Sebagai informasi tambahan, Honda e:N1 dilengkapi dengan motor listrik bertenaga 204 PS. Sementara torsinya sebesar 310 Nm. Tenaga tersebut disalurkan melalui roda depan. Honda e:N1 menggendong baterai lithium-ion berkapasitas 68,8 kWh yang menawarkan daya jelajah sejauh 500 km (dalam pengujian NEDC).

    (dry/din)

  • Ada Toyota Trust Beli Mobil Bekas Nggak Takut Lagi, Garansinya Panjang!

    Ada Toyota Trust Beli Mobil Bekas Nggak Takut Lagi, Garansinya Panjang!

    Jakarta

    Pilihan mobil bekas selalu menarik bagi pengendara karena menawarkan harga yang relatif lebih bersahabat. Akan tetapi jika salah pilih, detikers bakal boncos dan akan mengalami kerugian yang tidak sedikit. Menyadari hal tersebut, Toyota memperkenalkan Toyota Trust pada 2016 lalu.

    Menurut Toyota dalam penjelasannya, mobil bekas memiliki pasarnya sendiri di masyarakat. Untuk itu Toyota menghadirkan Toyota Trust sebagai solusi bagi masyarakat yang ingin membeli mobil bekas yang terjamin kualitasnya dan terpercaya dengan proses yang mudah, cepat, dan nyaman. Toyota Trust juga menghadirkan pilihan warranty sebagai solusi menyesuaikan kebutuhan.

    Toyota Trust pertama kali hadir di Pekanbaru tahun 2016, dilanjutkan ke beberapa cabang: Jakarta, Tangerang Selatan, Bandung, Binjai, Makassar, Palopo, Kendari, Parepare, Palu, Pekanbaru, Jambi, Bali, Kepulauan Riau, Semarang, Solo, Cianjur, Padang, Medan, Aceh, dan Garut.

    “Mengusung tagline ‘Terpercaya di Setiap Perjalanan’, Toyota Trust berkomitmen untuk memberikan kualitas mobil serta layanan yang dapat diandalkan pada setiap “Customer Journey”, yaitu sebelum, ketika dan setelah pembelian mobil bekas. Toyota Trust memberikan layanan jual-beli mobil bekas Toyota yang berkualitas dan terpercaya sebagai bentuk komitmen atas produk yang dipasarkan. Toyota juga menghadirkan beberapa pilihan warranty sebagai solusi memenuhi kebutuhan pelanggan yang lebih spesifik,” jelas Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Jap Ernando Demily.

    Berbagai keuntungan diberikan Toyota Trust untuk para pengendara yang menginginkan mobil bekas. Berikut berbagai keuntungan yang ditawarkan Toyota Trust untuk para pemburu mobil mobil bekas.

    1. “Worry Free” Bersama Toyota Trust

    Toyota Trust hadir untuk menjawab berbagai kebutuhan calon pelanggan mobil bekas untuk menghindari kemungkinan permasalahan di kemudian hari, seperti kondisi aktual kendaraan, jaminan keaslian surat-surat kendaraan, serta jaminan saat proses transaksi. Seluruh cabang Toyota Trust menawarkan pelayanan dengan standar yang sama dan terjaga kualitasnya.

    Mobil-mobil yang dipasarkan, telah diinspeksi oleh inspektor Toyota di 213 titik untuk memastikan unit bebas banjir, bebas kecelakaan, dan dilengkapi dokumen asli. Toyota Trust juga menjamin transparansi informasi kondisi mobil bekas yang dipasarkan. Terdapat Form Transparency sebagai alat evaluasi standar yang digunakan untuk memberikan informasi yang jelas dan jujur kepada pelanggan mengenai kondisi kendaraan.

    Form ini meningkatkan kepercayaan dan mengurangi kekhawatiran pelanggan, membantu pelanggan dalam membuat keputusan yang rasional, menunjukkan kredibilitas sales advisor dan jaringan dealer resmi Toyota, serta memperlihatkan nilai tambah mobkas di Toyota Trust. Dengan begitu, pelanggan tidak akan terkena penipuan karena proses berjalan dengan jujur dan transparan.

    Toyota Trust hadir sebagai solusi bagi masyarakat yang ingin membeli mobil bekas yang terjamin kualitasnya dan terpercaya dengan proses yang mudah, cepat, dan nyaman. Toyota Trust juga menghadirkan pilihan warranty sebagai solusi menyesuaikan kebutuhan. Foto: dok. Toyota Indonesia2. Penuhi Kebutuhan Pelanggan dengan Solusi Terbaik

    Sesuai tagline We Do Care, Toyota Trust menawarkan skema pembiayaan yang mudah bagi pelanggan mobil bekas Toyota. Bersama lembaga pembiayaan kredibel dengan rekam jejak yang diakui, disiapkan paket kredit yang sesuai kebutuhan masyarakat.

    Keuntungan lain membeli di Toyota Trust adalah peluang untuk menikmati layanan servis berkala dan perbaikan mobil di jaringan bengkel resmi Toyota yang tersebar luas di wilayah Indonesia. Fasilitas bengkel dan juga teknisi dengan standar Toyota global, menjamin kualitas pengerjaan terbaik, serta suku cadang pengganti orisinal yang berkualitas dan bergaransi.

    Pelanggan dapat pula berkunjung ke-39 Bengkel OtoXpert yang dioperasikan oleh jaringan dealer resmi Toyota. Pada bengkel OtoXpert, pelanggan juga Dapat menggunakan parts alternatif T-OPT dengan harga lebih terjangkau namun kualitasnya tetap terjamin.

    3. Program Warranty Baru Toyota Trust

    Program Warranty baru pada Toyota Trust, diharapkan bisa memberikan rasa tenang kepada pelanggan, Toyota Trust menghadirkan beberapa pilihan warranty sebagai solusi menyesuaikan kebutuhan pelanggan.

    * Prime Extra

    Program warranty ini berlaku untuk mobil bekas Toyota dengan usia maksimal 4 tahun dan 100.000 km. PT Toyota-Astra Motor (TAM) melalui jaringan bengkel resmi di seluruh Indonesia, akan memberikan perbaikan atau penggantian atas komponen yang termasuk dalam skema garansi yang tidak berfungsi dengan baik atau rusak secara gratis selama 1 tahun atau 20.000 km.

    * Prime

    Program warranty ini berlaku untuk mobil bekas Toyota dengan usia maksimal 8 tahun dan 150.000 km. PT Toyota-Astra Motor (TAM) melalui jaringan bengkel resmi di seluruh Indonesia, memberikan jaminan atas mesin dan transmisi kendaraan selama 1 tahun atau 20.000 km.

    “Berikan rasa tenang, warranty merupakan salah satu value penting yang diberikan oleh produsen kendaraan bermotor sebagai jaminan mutu produk yang dipasarkan. Toyota Trust sendiri melaksanakan tahapan yang ketat, jujur, dan transparan dalam penjualan mobil bekas Toyota. Mulai dari memilih produk, menyeleksi, memperbaiki, sampai memasarkannya, semua dijalankan dengan standar yang sama dan dapat dipercaya,” jelas Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Oide.

    Terakhir, produk-produk warranty tersebut dapat dimanfaatkan di beberapa Cabang Toyota Trust yang berada di Makassar, Palopo, Kendari, Parepare, dan Palu, Medan, Padang, Jakarta, Tangerang Selatan, Bandung, Surabaya, Binjau, Riau, Jambi, Kepri, dan Bali dan Semarang.

    (lth/rgr)

  • Kinerja Emiten Otomotif Tumbuh 13,8% Tahun 2024

    Kinerja Emiten Otomotif Tumbuh 13,8% Tahun 2024

    Jakarta

    Emiten otomotif dan transportasi PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk mencatat pertumbuhan pendapatan sebesar 13,8% year on year (yoy) mencapai Rp15,8 Triliun, didorong oleh peningkatan kinerja di segmen utama bisnis yaitu distribusi dan ritel.

    Sementara itu, Laba Bersih (NPAT) tercatat sebesar Rp582 Miliar, dengan margin keuntungan yang tetap terjaga seiring dengan langkah strategis yang dilakukan Perseroan untuk memperkuat fundamental bisnis.

    Group Chief Executive Officer MPMX Suwito Mawarwati mengungkapkan saat ini di tengah lanskap ekonomi global yang penuh tantangan dari perlambatan pertumbuhan, ketidakpastian geopolitik, tekanan inflasi, hingga dampak perubahan iklim, MPMX tetap menunjukkan ketahanan dan kepemimpinan strategis yang solid.

    Kinerja MPMX selama 2024 bertumbuh positif, didorong oleh pertumbuhan volume penjualan. Pada periode tersebut, fundamental bisnis turut menguat, didukung oleh upaya-upaya yang terus dilakukan secara konsisten serta eksekusi strategi yang tepat.

    Tahun 2024 menjadi bukti bahwa eksekusi bisnis yang disiplin, didukung oleh inovasi berkelanjutan dan pengelolaan yang prudent, memungkinkan kami untuk terus menciptakan nilai tambah bagi pemegang saham dan seluruh pemangku kepentingan.

    Keberlanjutan pertumbuhan bisnis ini merupakan hasil dari strategis komprehensif yang berfokus pada transformasi digital yang progresif, automasi data untuk menekan cost, melakukan kegiatan pemasaran yang lebih giat, manajemen risiko yang lebih baik untuk menekan rasio klaim, manajemen portofolio investasi yang dapat memberikan pengembalian yang lebih baik, perbaikan arsitektur Teknologi Informasi (TI), termasuk peningkatan kapabilitas sumber daya manusia, dan meningkatkan implementasi ESG sebagai inti pertumbuhan.

    “Kami menyampaikan apresiasi mendalam atas kontribusi mereka, serta kepada para pemegang saham, mitra bisnis, dan pelanggan yang telah memberikan kepercayaan dan dukungan berkelanjutan. Ke depan, kami akan terus memperkuat posisi dan memperluas solusi mobilitas yang inovatif, guna menciptakan nilai jangka panjang bagi seluruh pemangku kepentingan,” kata dia dalam siaran pers, Selasa (25/3/2025).

    Performa Lini Bisnis Sepanjang tahun 2024 kinerja Entitas Anak dan Asosiasi MPMX bergerak dinamis, dengan beberapa segmen menunjukkan pertumbuhan positif sementara yang lain masih menghadapi tekanan pasar dan tantangan. Pada segmen bisnis distribusi dan ritel kendaraan roda dua, MPMX melalui MPMulia berhasil membukukan pertumbuhan pendapatan sebesar 14,3% YoY menjadi Rp14,5 Triliun. Segmen distribusi mencatat penjualan sebesar 745 ribu unit, mencerminkan pertumbuhan sebesar 9,9% YoY, sementara pendapatan dari bisnis aftermarket penjualan suku cadang meningkat sebesar 4,0% YoY.

    Hal ini didorong oleh pasar Jawa Timur yang lebih baik di 2024 dibandingkan 2023 yang sebelumnya menahan konsumsi. Bisnis ritel melalui MPMotor berhasil menjual 203 ribu unit atau bertumbuh sebesar 16,6% YoY, didorong oleh meningkatnya permintaan, sementara pendapatan ritel dari bisnis aftermarket penjualaan suku cadang dan layanan perbaikan meningkat sebesar 10,9% YoY.

    Segmen bisnis asuransi MPMInsurance mempertahankan momentum pemulihan dengan mencatat peningkatan pada premi bruto sebesar 19,9% YoY menjadi Rp887 Miliar didorong oleh kinerja kuat dari produk properti dan engineering, keduanya mendapatkan keuntungan dari sinergi dalam grup Perseroan. MPMInsurance meningkatkan pendapatannya sebesar 6,8% YoY menjadi Rp304 Miliar, sementara laba kotor tumbuh 0,8% YoY menjadi Rp162 Miliar.

    Pada segmen penyewaan kendaraan, MPMRent mempertahankan jumlah armada yang stabil di kisaran 16.000 unit dengan tingkat utilisasi 91% yang sebagian besar berasal dari mobil penumpang dengan klien dari sektor layanan keuangan, perdagangan, dan distribusi. Ke depan, perusahaan akan terus fokus pada perluasan armada sewa mobil penumpang. Penjualan mobil bekas melalui AUKSI meningkat sebesar 4,1% YoY menjadi 3.688 unit yang sebagian besar disumbangkan oleh mobil komersial. Tahun 2024 bisnis mobil bekas menghadapi tantangan dengan banyaknya stok mobil bekas di pasaran sehingga berimbas pada harga jual yang lebih rendah, dan juga terimbas dari melemahnya bisnis logistik sehingga sulit untuk menjual tipe mobil tertentu (BlindVan).

    Ke depannya perusahaan akan meningkatkan kontribusi mobil penumpang dengan memaksimalkan jaringan lokasi lelang kami. Segmen jasa keuangan, Jaccs MPM Finance Indonesia, secara keseluruhan, pemesanan baru menurun sebesar 33,5% YoY menjadi Rp3,1 Triliun imbas dihentikannya (stop booking) sementara pembiayaan produk 4W (New & Used) dan Multi Produk, terhitung sejak tanggal 1 Oktober 2024 dan ditutupnya bisnis Sewa Guna Usaha (Pembiayaan Korporatsi) secara permanen yang merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk meningkatkan kualitas aset dengan lebih selektif dalam mengakuisisi pelanggan. Tahun ini dan tahun depan, fokus perusahaan akan tetap pada peningkatan kualitas aset, memperbaiki penagihan, dan memperkuat upaya pemulihan. Selain itu, perusahaan sedang merestrukturisasi cabang-cabangnya untuk mendukung inisiatifinisiatif ini, dan menggunakan scorecard yang dibuat oleh PEFINDO, yang diharapkan dapat menyaring kualitas calon konsumen.

    Dividen Sebagai komitmen berkelanjutan untuk memberikan penghargaan kepada pemegang saham, pada tahun 2024, Perseroan telah membagikan dividen Rp115,- per saham untuk tahun buku 2023. Perseroan akan terus berupaya memberikan pengembalian yang maksimal kepada pemegang saham berupa pembagian dividen secara konsisten dalam jangka panjang.

    Environmental, Social, and Governance (ESG) Perseroan berkomitmen terhadap keberlanjutan dan menggabungkan prinsip-prinsip utama lingkungan, sosial, dan tata kelola dalam menetapkan strategi dan operasi bisnisnya. Untuk menjalankan visi dan misi Perseroan dengan lebih baik, MPMX telah menyusun strategi keberlanjutan dimana kami memberikan perhatian yang sama untuk lingkungan hidup, insan Perseroan, komunitas, dan bisnis, yang semua itu akan mengarah pada pertumbuhan usaha yang berkualitas. Atas upayanya, Perseroan berhasil masuk dalam Indeks ESG Quality45 Kehati selama 3 tahun berturut-turut, dan Indeks ESG Sector Leaders IDX Kehati dengan penilaian kinerja ESG melebihi rerata sektornya.

    Untuk mempelajari lebih lanjut tentang inisiatif dan prioritas terbaru kami, silakan kunjungi situs web kami MPMX Sustainability Website. Prospek Bisnis Komitmen untuk memperkuat fundamental bisnis tetap menjadi prioritas utama kami di tahun 2025. Dengan strategi yang matang, tata kelola yang baik, dan komitmen terhadap inovasi berkelanjutan, MPMX siap melangkah lebih jauh, menciptakan dampak positif yang lebih luas, dan memperkuat peran kami dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

    (kil/kil)

  • Menperin Usul Produsen Turunkan Harga Mobil, Honda Respons Begini

    Menperin Usul Produsen Turunkan Harga Mobil, Honda Respons Begini

    Jakarta

    Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang menyarankan agar produsen roda empat mau menurunkan harga jual kendaraan di Indonesia. Sebab, langkah itu diyakini mampu meningkatkan daya beli konsumen yang sedang melemah. Bagaimana respons Honda soal usulan tersebut?

    Yusak Billy selaku Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM) mengaku belum mempelajari usulan Menperin soal menurunkan harga kendaraan. Namun, dia menegaskan, harga yang ditawarkan Honda saat ini sudah kompetitif.

    “Kita pelajari itu, saya belum tahu isinya seperti apa. Tapi kita memberikan suatu harga itu sangat kompetitif ya, affordable banget untuk konsumen,” ujar Billy saat ditemui di Sunter, Jakarta Utara, belum lama ini.

    All New Honda Accord RS Hybrid. Foto: Septian Farhan Nurhuda

    Billy menjelaskan, selain menurunkan harga jual, sebenarnya ada langkah nonfiskal yang bisa meningkatkan penjualan mobil di Indonesia, terutama di Jakarta dengan total market 20-25 persen. Salah satunya, kata dia, membebaskan mobil hybrid dari aturan ganjil-genap.

    “Karena banyak orang yang belum mau memiliki mobil listrik juga. Jadi kalau ditawarkan mobil hybrid yang bisa mendapat nonfiskal bebas genap-ganjil di Jakarta pasti bisa meningkatkan penjualan, saya yakin,” ungkapnya.

    Diberitakan detikOto sebelumnya, Menperin Agus Gumiwang menyarankan produsen mobil di Indonesia agar menurunkan harga jual kendaraan. Langkah tersebut, menurutnya, untuk meningkatkan daya beli konsumen yang melemah.

    “Kami berharap ada kebijakan-kebijakan baru (dari pabrikan), misalnya, ini bukan arahan ya, sacrifice margine atau menurunkan harga jual mobil (di Indonesia),” kata Agus saat peresmian pabrik baru Daihatsu di Karawang.

    Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Foto: Ilyas Fadilah

    Agus juga berharap, produsen bisa melakukan inovasi baru dalam pengembangan produk baru yang berorientasi kepada konsumen dan lingkungan. Hal tersebut, kata dia, juga harus dibarengi dengan dukungan pemerintah yang berkelanjutan.

    “Kami harap ada perhatian terhadap pengembangan inovasi hijau yang berwawasan lingkungan dengan adanya berbagai upaya strategis dan inovasi terhadap pelaku industri, serta dukungan berkelanjutan dari pemerintah. Harapannya pasar Indonesia bisa bangkit dalam waktu sesingkat-singkatnya,” kata dia.

    Sebagai catatan, menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, total penjualan mobil secara wholesales selama tahun lalu tercatat sebesar 865.723 unit atau turun 13,9 persen secara year-on-year (YoY) dari periode sama tahun lalu yang tembus 1.005.802 unit.

    Sementara penjualan ritel selama 2024 juga turun 10,9 persen menjadi 889.680 unit. Padahal, tahun sebelumnya mencapai 998.059 unit. Meski turun, namun penjualan tersebut sudah melampaui target Gaikindo yang telah direvisi, yakni 850 ribu unit setahun.

    (sfn/rgr)

  • Singkirkan Avanza dan Brio, Mobil Ini Sah Jadi Raja Jalanan RI

    Singkirkan Avanza dan Brio, Mobil Ini Sah Jadi Raja Jalanan RI

    Jakarta, CNBC Indonesia – Mobil yang menjadi ‘Raja Jalanan’ beberapa tahun belakangan seperti Avanza dan Brio, saat ini mulai tersingkirkan dan terganti dengan jenis merek mobil lainnya.

    Toyota Kijang Innova kembali menjadi mobil terlaris di bulan Februari 2025 dengan penjualan 6.008 unit. Ini bukan capaian pertama karena di dua tahun sebelumnya yakni kumulatif 2023-2024 mobil ini selalu menjadi raja jalanan RI.

    Di tempat kedua muncul hatchback Honda Brio yang terjual 5.497 unit, selisih hampir 2.000 unit di bawahnya ada Toyota Calya yang terjual 3.628 unit dan mobil kembaran Daihatsu Sigra dengan penjualan 3.296 unit.

    Toyota Rush ada di posisi kelima dengan penjualan 3.161 unit serta kendaraan di segmen pick up Daihatsu Gran Max Pickup yang berhasil terjual 2.888 unit.

    Sementara itu Toyota Avanza yang biasanya masuk tiga besar penjualan, bulan lalu hanya ada di posisi ketujuh dengan penjualan 2.775 unit. Mitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross) ada di posisi ke delapan dengan penjualan 2.540 unit, disusul Suzuki Carry dengan penjualan 2.115 unit serta Daihatsu Terios yang terjual 1.688 unit.

    Adapun penjualan mobil nasional bulan Februari 2025 beri kabar baik. Tercatat, penjualan mobil mencapai 72.295 unit, melonjak 10.363 unit atau 16,73% dibandingkan Januari 2025 yang sebanyak 61.932 unit. Jika dibandingkan penjualan bulan Februari 2024, terjadi kenaikan 1.523 unit atau 2,15%.

    Foto: Foto kolase Toyota Innova dan Daihatsu Sigra. (Dok. Toyota Astra Motor & Daihatsu)
    Foto kolase Toyota Innova dan Daihatsu Sigra. (Dok. Toyota Astra Motor & Daihatsu)

    Daftar Mobil Terlaris di RI Bulan Februari 2025:

    Toyota Kijang Innova (termasuk Innova Reborn dan Zenix): 6.008 unit
    Honda Brio (termasuk Brio RS dan Brio Satya): 5.497 unit
    Toyota Calya: 3.628 unit
    Daihatsu Sigra: 3.296 unit
    Toyota Rush: 3.161 unit
    Daihatsu Gran Max Pickup: 2.888 unit
    Toyota Avanza: 2.775 unit
    Mitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross): 2.540 unit
    Suzuki Carry Pick Up: 2.115 unit
    Daihatsu Terios: 1.688 unit
    Toyota Agya: 1.607 unit
    Daihatsu Xenia: 1.423 unit
    Honda HR-V: 1.371 unit
    Toyota Fortuner: 1.168 unit
    Toyota Raize: 1.156 unit
    Toyota Veloz: 1.127 unit
    Suzuki XL7: 1.105 unit
    BYD M6: 1.093 unit
    Daihatsu Ayla: 1.058 unit
    Mitsubishi Pajero Sport: 1.044 unit.

    (fys/wur)

  • Cuma Terjual 2 Unit, Ini Merek Mobil Paling Gak Laku di RI

    Cuma Terjual 2 Unit, Ini Merek Mobil Paling Gak Laku di RI

    Jakarta, CNBC Indonesia – Penjualan kendaraan di Indonesia sedang dalam tren menurun, termasuk mobil. Ada sebagian mobil yang justru tidak laku dan hanya terjual sedikit unit, bahkan beberapa hanya tercatat terjual di satu digit.

    Contohnya, penjualan dari pabrikan ke diler (wholesales) pada bulan Februari lalu, Audi hanya terjual 2 unit. Kemudian Volkswagen hanya terjual 6 unit, disusul Seres yang hanya menjual 9 unit. Ketiga brand tersebut hanya menjual 1 digit.

    Masuk ke mobil dengan penjualan belasan unit, Volvo Cars hanya menjual 10 unit, disusul Kia yang menjual 15 unit dan mobil Subaru terjual 17 unit.

    Sementara itu dari sisi penjualan ritel atau diler ke konsumen mobil yang paling tidak laku kembali dari brand Audi yang hanya menjual 2 unit.

    Volkswagen hanya menjual 7 unit, disusul Volvo Cars yang hanya terjual 10 unit, lalu Seres terjual 11 unit, kemudian Subaru terjual 20 unit serta Haval terjual 21 unit.

    Secara keseluruhan, Gaikindo mencatat, penjualan mobil nasional bulan Februari 2025 beri kabar baik. Tercatat, penjualan mobil mencapai 72.295 unit, melonjak 10.363 unit atau 16,73% dibandingkan Januari 2025 yang sebanyak 61.932 unit.

    Jika dibandingkan penjualan bulan Februari 2024, terjadi kenaikan 1.523 unit atau 2,15%.

    Kenaikan ini jadi angin segar di tengah kecemasan akan lesunya penjualan mobil nasional. Di mana, sepanjang tahun 2024, penjualan mobil nasional bahkan tak sampai 1 juta unit.

    Berikut daftar merek mobil dengan penjualan terendah di RI bulan Februari 2025:

    Wholesales:

    Audi 2
    Volkswagen 6
    Seres 9
    Volvo Cars 10
    Kia 15
    Subaru 17

    Ritel:

    Audi 2
    Volkswagen 7
    Volvo Cars 10
    Seres 11
    Subaru 20
    Haval 21

    (pgr/pgr)

  • Menperin Usul Produsen Turunkan Harga Mobil, Honda Respons Begini

    Honda Usul Mobil Hybrid Bebas Ganjil-Genap di Jakarta

    Jakarta

    Honda Prospect Motor (HPM) meminta agar mobil hybrid mendapat ‘perlakuan’ yang sama dengan mobil listrik di jalan raya Jakarta. Maksudnya, kendaraan hibrida tersebut bisa dibebaskan dari aturan ganjil-genap (gage).

    Yusak Billy selaku Sales & Marketing and After Sales Director PT HPM mengaku yakin, kebijakan tersebut bisa meningkatkan penjualan mobil hybrid di Indonesia. Meski kendaraan itu sudah mendapat insentif PPnBM sebesar tiga persen, namun pemerintah tetap perlu memberikan relaksasi tambahan.

    “Karena fiskal kan sudah dikasih 3 persen relaksasi PPnBM, itu terima kasih banget. Kalau nonfiskalnya bisa dikasih free ganjil genap, karena strong hybrid yang kita punya ya itu masuk dalam kota di bawah kecepatan 60 km/jam juga banyak pakai baterai,” ujar Billy saat ditemui di Sunter, Jakarta Utara.

    “Jadi masuk dalam kota itu sangat ramah lingkungan. Kalau itu diberikan kebijakan bebas genap ganjil di area-area tertentu, maka market Jakarta akan lebih agresif lagi,” tambahnya.

    All New Honda Accord Hybrid. Foto: Farhan Nurhuda / detikOto

    Honda telah menjual dua mobil hybrid di Indonesia, yakni Honda CR-V dan Accord Hybrid. Namun, ke depannya, mereka akan menghadirkan lebih banyak kendaraan baru di segmen tersebut.

    Khusus untuk tahun ini, HPM akan meluncurkan tiga mobil hybrid baru. Meski belum disebutkan namanya, namun ketiga kendaraan itu kemungkinan besar Honda StepWGN e:HEV, Honda HR-V e:HEV dan Honda Civic e:HEV.

    “Tahun ini kami mendukung sekali kendaraan ramah lingkungan. Pada 2025 ini ada 3 produk hybrid lagi yang akan kami luncurkan sesegera mungkin. Teman-teman mungkin sudah tahu bocorannya,” kata Billy.

    Sementara tahun depan, dia memastikan, ada dua mobil hybrid tambahan di segmen sport dan SUV. Hal tersebut membuktikan betapa seriusnya HPM menyongsong era elektrifikasi di Indonesia.

    (sfn/din)

  • Penjualan Loyo, Mobil Bensin Diminta Dapet Diskon PPN dari Pemerintah

    Penjualan Loyo, Mobil Bensin Diminta Dapet Diskon PPN dari Pemerintah

    Jakarta

    Penjualan mobil di dua bulan pertama tahun ini masih belum memuaskan. Bahkan, dibandingkan periode sama tahun lalu, angkanya turun 4,5 persen. Itulah mengapa, produsen meminta agar mobil bensin dapat diskon PPN seperti mobil hybrid dan listrik.

    Pernyataan tersebut disampaikan pendatang baru asal China, Beijing Automotive Industry Group Co alias BAIC. Menurut mereka, cara tersebut bisa menjadi stimulus di tengah lesunya industri otomotif Indonesia.

    “Kita harapkan mungkin ada stimulus atau apa yang pemerintah bisa lakukan untuk menggiatkan industri otomotif lagi. Kita lihat pemerintah sudah melakukan inisiasi untuk menggerakkan otomotif terutama berkaitan dengan green mobility,” ujar Dhani Yahya selaku Chief Executive Officer (CEO) BAIC Indonesia.

    Logo BAIC. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Dhani mengapresiasi langkah pemerintah yang telah memberikan diskon PPN ke mobil hybrid sebesar 3 persen dan mobil listrik 10 persen. Namun, kata dia, penjualan kendaraan di segmen tersebut masih rendah. Sehingga, butuh ‘gebrakan’ yang sama di produk yang lebih massal.

    “Mungkin kita lihat listrik dan hybrid ini market share-nya masih kecil dibandingkan total market yang perlu di-absorb,” tuturnya.

    “Saya tidak tahu mungkin apabila pemerintah memberikan stimulus (ke mobil ICE) mungkin PPN-nya bisa disupport dulu dalam waktu terbatas, sehingga bisa menstimulus konsumen bisa beli kendaraan,” tambahnya.

    BAIC menganggap, harga merupakan pertimbangan utama konsumen dalam membeli kendaraan. Itulah mengapa, mereka kerap memberikan promo menarik untuk kendaraannya. Bahkan, yang terbaru, mereka menyiapkan diskon hingga puluhan juta rupiah untuk dua produk andalannya di Indonesia, yakni BJ40 Plus dan X55-II.

    “Tapi harapannya pemerintah bisa memberikan insentif, contoh PPN mobil bensin atau ICE secara umum bisa diberikan insentif dalam waktu tertentu. Misalnya, hingga Juli atau Desember,” kata dia.

    (sfn/din)

  • 7 Mobil Bekas Rp 50 Juta-an, Pilih Karimun, Katana, atau Baleno?

    7 Mobil Bekas Rp 50 Juta-an, Pilih Karimun, Katana, atau Baleno?

    Jakarta

    Tujuh mobil bekas harg Rp 50 Juta-an… Pilih Karimun, Katana, atau Baleno?

    Mencari mobil bekas dengan budget Rp 50 jutaan bisa menjadi tantangan tersendiri. Meski begitu, dengan pilihan yang tepat kau bisa mendapat kendaraan yang masih layak digunakan.

    Sebelum memutuskan untuk membeli mobil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti kondisi mesin dan kelengkapan surat-suratnya. Berikut beberapa pilihan mobil bekas dengan kisaran Rp 50 juta-an.

    7 Mobil Bekas Rp 50 juta-an

    Suzuki Katana, Hyundai Trajet, hingga Toyota Kijang ada yang dijual dengan harga Rp 50 juta-an. Mengutip beberapa situs jual mobil bekas, berikut informasinya.

    1. Suzuki Katana

    Suzuki katana bisa jadi opsi yang menarik untuk pecinta jeep mungil. Dilihat di laman situs penjualan mobil bekas, beberapa Suzuki Katana dijual dengan harga Rp 50 jutaan.

    Suzuki Katana 1.0 GX Wagon tahun 1996 dijual dengan harga Rp 53.000.000. Dalam keterangan yang ditulis penjual, mobil berwarna putih ini masih memiliki mesin yang bagus dengan bensin 1.000 cc.

    Sementara itu ada juga Suzuki Katana GX 1995 yang dijual dengan harga Rp 59.000.000. Penjual menerangkan, mesin mobil ini baru refresh dengan semua elektrikal yang masih berfungsi.

    2. Hyundai Trajet

    Hyundai Trajet bisa jadi pilihan selanjutnya. Mobil keluarga dengan 7 seat ini dengan berbagai varian harga, salah satunya dijual dengan harga Rp 56.000.000.

    Odometer Mobil Trajet CVVT GLS tahun 2005 di angka 295.000-300.000 KM. Selain itu, Hyundai Trajet lainnya dijual dengan harga Rp 55.000.000.

    Varian mobil tersebut 2.0 Bensin-AT keluaran tahun 2004. Dalam keterangannya, fungsi AC bekerja dengan baik dengan jarak tempuh mobil 155.000 km.

    3. Suzuki Karimun

    Suzuki Karimun memiliki 2 baris dengan kapasitas 5 orang. Pada salah satu situs jual beli mobil, penjual menawarkan Suzuki Karimun Estilo tahun 2007 dengan harga Rp 55.000.000.

    Penjualan menulis mobil ini dilengkapi ban baru dan surat-surat seperti STNK, BPKB, dan faktur. Tentunya dokumen legalitas mobil ini masih berlaku sehingga mobil masih layak jalan.

    4. Nissan Almera

    Nissan Almera dibekali dua opsi mesin, yaitu dengan kapasitas 1.200 cc dan 1.500 cc. Sama seperti Suzuki Karimun, mobil jenis sedan ini berkapasitas 5 orang.

    Berdasarkan pencarian detikcom, terdapat Nissan Almera produksi tahun 2013 yang dijual dengan harga Rp 57.000.000. Fungsi ACnya masih bekerja denga baik dan jarak tempuh mobil mencapai 200.000 km.

    5. Mitsubishi Kuda

    Mitsubishi Kuda menjadi mobil keluarga yang bisa jadi pilihan. Beberapa mitsubishi kuda dijual dengan harga Rp 50 jutaan, bahkan Rp 40 jutaan.

    Salah satunya, Mitsubishi Kuda 2.0 Grandia tahun 2002 dibanderol seharga Rp 56.500.000. Jarak tempuh mobil mencapai 200.000 km dengan fungsi AC berjalan dengan baik dan pajak hidup yang panjang.

    Mobil lainnya, Mitsubishi Kuda 1.6 Grandia tahun 2002 dijual dengan harga Rp 59.000.000. Menurut keterangan yang ditulis kondisi mesin sehat dengan. body mulus dan pajak hidup.

    6. Suzuki Baleno

    Suzuki Baleno bisa jadi pilihan mobil bekas Rp 50 juta-an lainnya. Salah satu tipenya Suzuki Baleno Next-G tahun 2004 dijual dengan harga Rp 58.000.000.

    Jarak tempuh mobil mencapai 190.000 km dengan transmisi mobil otomatis. Suzuki Baleno lainnya yang diproduksi pada tahun 2002 memiliki jarak tempuh 140.000 km. Mobil ini dibanderol dengan harga Rp 52.000.000.

    7. Toyota Kijang

    Toyota Kijang 2000 dan 2003 ini bisa mengangkut hingga 8 orang. Dilihat dari situs jual beli mobil bekas, varian 1.8 SX Bensin-MT produksi tahun 2003 dijual dengan harga Rp 55.000.000. Menurut deskripsinya, mobil ini telah menempuh jarak sejauh 200.000 km.

    Tentunya harga dan ketersediaan mobil bekas seharga Rp 50 jutaan ini bisa berubah setiap saat bergantung pada respon pasar. Jika detikers menghendakinya, wajib selalu update info mobil bekas karena sebagian sudah tak lagi diproduksi.

    (elk/row)