Topik: Penjualan Mobil

  • Kaesang Tutup Mulut Ditanya Soal Jokowi Digugat Warga Solo Gegara Mobil Esemka – Halaman all

    Kaesang Tutup Mulut Ditanya Soal Jokowi Digugat Warga Solo Gegara Mobil Esemka – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, SALATIGA – Kaesang Pangarep tutup mulut ketika ditanya soal warga Solo menggugat sang ayah, Joko Widodo (Jokowi) soal mobil Esemka.

    Momen itu terjadi ketika Kaesang Pangarep yang juga Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) berkunjung ke Rumah Dinas Wali Kota Salatiga pada Kamis (10/4/2025).

    Ditanya wartawan soal gugatan itu, putra ketiga Jokowi ini hanya menangkupkan tangan di depan dadanya.

    Ia justru memilih bersalaman dengan beberapa orang untuk berpamitan tanpa merespons pertanyaan dari wartawan.

     

    Gugatan Wanprestasi Gagalnya Produksi Massal Mobil Esemka Ditujukan ke Jokowi hingga Maruf Amin

    Diberitakan TribunSolo.com sebelumnya, gugatan wanprestasi terkait gagalnya produksi massal mobil Esemka telah diajukan ke Pengadilan Negeri (PN) Solo, Jawa Tengah.

    Gugatan ini tidak hanya ditujukan kepada PT Solo Manufaktur Kreasi selaku produsen mobil Esemka, namun juga menyeret Presiden RI ke-7 Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden RI ke-13 Ma’ruf Amin.

    Untuk pihak penggugat adalah Aufaa Luqmana Re A, yang merupakan putra dari Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman.

     

    Jadwal Sidang Gugatan

    Gugatan Perdata yang dilayangkan Aufaa Luqmana Re A (19) warga Solo terhadap Joko Widodo (Jokowi), Maruf Amin dan PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) di Pengadilan Negeri (PN) Solo resmi terdaftar dan segera disidangkan.

    Humas PN Solo Bambang Aryanto mengungkapkan, gugatan Wanprestasi tersebut terdaftar dengan nomor perkara 96/Pdt G/2025/PN Skt.

    “Benar kemarin hari Rabu 9 April 2025 masuk gugatan. Gugatannya sendiri mengenai kualifikasi perkaranya wanprestasi dan mendapatkan nomor registrasi 96/Pdt G/2025/PN Skt,” ungkap Bambang saat ditemui di PN Solo.

    “Penggugat Aufaa, alamat Ngoresan RT 1 RW 2 Jebres. Sekali kuasa hukum penggugat Arif Sahudi dkk (dan kawan-kawan). (Untuk) Tergugat 1 Jokowi, Tergugat 2 Maruf Amin, Tergugat 3 PT SMK,” lanjut dia.

    Bambang mengatakan, PN Solo telah menunjuk Majelis Hakim yang akan memimpin sidang tersebut.

    “Oleh PN Solo telah ditetapkan Majelis Hakim yaitu Putu Gede Hariadi, anggota Majelis Hakim Subagyo, dan Joko Waluyo,” terang Bambang.

    Disinggung kapan sidang pertama tersebut digelar, Bambang menyebutkan bahwa sidang akan dimulai pada akhir April.

    “Majelis Hakim dibuat penetapan hari sidang pertama yaitu Kamis 24 April 2025. Merupakan pemanggilan pertama. Itu acara pemanggilan pihak-pihak,” urai dia.

    Bambang mengatakan sidang nantinya berjalan terbuka untuk umum.

    Hanya saja, ia menambahkan bahwa belum bisa dipastikan tergugat termasuk Jokowi apakah akan hadir langsung ke persidangan nantinya.

    “Kalau secara hukum prosedurnya harus dihadiri kalau dipanggil PN, tapi dalam praktiknya masih ada toleransi. Mungkin bisa jadi pas hari sidang belum hadir akan dipanggil sekali lagi,” kata Bambang.

    “Tapi kalau penggugat idealnya harus hadir, kalau tergugat masih diberikan toleransi. Bisa diwakilkan kuasa hukumnya, itu kewenangan pihak yang digugat untuk membiasakan kepada penasehat hukum,” pungkasnya.

     

    Kronologi Jokowi Digugat Gara-gara Mobil Esemka

    Presiden ke-7 RI Joko Widodo alias Jokowi digugat secara perdata oleh seorang warga Solo bernama Aufaa Luqmana (19) terkait penjualan mobil Esemka.

    Selain Jokowi, Aufaa juga menggugat Maruf Amin, dan PT Solo Manufaktur Kreasi ke Pengadilan Negeri (PN) Solo pada Selasa (8/4/2025).

    Kuasa hukum Aufaa, Sigit N Sudibyanto, mengatakan gugatan tersebut telah terdaftar dengan nomor perkara PN SKT-08042025051.

    Sigit menerangkan kliennya kecewa tak kunjung dapat membeli dua mobil Esemka jenis pikap untuk usaha angkut barang.

    “Kami mewakili kepentingan hukum dari saudara Aufaa Luqman warga Solo yang menggugat tiga pihak,” paparnya.

    JOKOWI DIGUGAT TERKAIT ESEMKA – Joko Widodo (Jokowi) digugat oleh calon pembeli mobil Esemka di Pengadilan Negeri (PN) Solo, Selasa (8/4/2025). Gugatan perdata tersebut dilayangkan oleh sosok bernama Aufaa Luqman Re A (19) warga Ngoresan, Jebres, Kota Solo, Jawa Tengah. Kuasa hukum Aufaa, Sigit Sudibyanto menerangkan bahwa kliennya telah melayangkan gugatan ke PN Solo lantaran merasa dibohongi atas tawaran pembelian mobil Esemka. (Tribun Solo/Andreas Chris Febrianto)

    Menurutnya, ada dua pokok gugatan yang dilayangkan yakni para tergugat tak dapat memenuhi janji produksi mobil Esemka secara masif.

    “Sehingga dikategorikan sebagai perbuatan wanprestasi,” imbuhnya.

    Kemudian kliennya meminta ganti rugi materiil senilai Rp 300 juta lantaran tak dapat membeli dua buah mobil Esemka.

    “Atas cedera janji itu, penggugat merasa dirugikan kepentingan hukumnya sehingga menggugat para tergugat itu paling rendah harga mobil Esemka pikap itu satunya Rp 150 juta. Karena dia ingin membeli 2 mobil makanya jadi Rp 300 juta rupiah,” sambungnya.

    Majelis Hakim PN Solo diminta untuk menyita aset PT Solo Manufaktur Kreasi jika gugatan perdata tak dikabulkan.

    “Terhadap PT Solo Manufaktur Kreasi, penggugat meletakkan sita jaminan agar si tergugat memenuhi prestasinya apabila gugatan itu dikabulkan,” imbuhnya.

    Sigit menambahkan kliennya telah menabung beberapa tahun untuk membeli dua mobil Esemka.

    Bahkan, Aufaa sempat mendatangi gudang Esemka pada tahun 2021 silam.

    “Memang sudah menabung dan sudah survei juga ke Sambi untuk melihat gudang mobilnya serta ketemu marketingnya,” ungkap Sigit.

    “Kurang lebih tahun 2021 setelah covid mulai survei. Waktu itu tidak bisa masuk ke dalam, hanya di ruang lobi kemudian diajak ngobrol marketingnya terkait spek mobil,” jelasnya.

    PENGGUGAT JOKOWI – Aufaa Luqman Re A (19) pemuda asal Solo, Jawa Tengah kini menjadi sorotan usai melayangkan gugatan perdata yang ditujukan kepada tiga pihak yakni Joko Widodo (Jokowi), Maruf Amin dan PT Solo Manufaktur Kreasi ke Pengadilan Negeri (PN) Solo, Selasa (8/4/2025). (IST)

     

    Bagaimana Kondisi Pabrik Esemka?

    Berdasarkan pengamatan dari pabrik Esemka yang terletak di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Boyolali, Jawa Tengah, para karyawan masih lalu lalang.

    Di bagian depan pabrik terdapat showroom yang menampilkan sejumlah produk mobil Esemka termasuk pikap Bima yang dipermasalahkan penggugat.

    Satpam pabrik yang enggan disebut identitasnya menyatakan ada ratusan karyawan yang masih bekerja.

    Satpam juga melarang mengambil gambar situasi pabrik lantaran manajemen tak ada di lokasi.

    “Masih beroperasi seperti biasa,” ucapnya, Rabu (9/4/2025).

    MOBIL ESEMKA – Eks Wali kota Solo, Joko Widodo, menaiki mobil ESEMKA Rajawali kebanggaannya, saat melakukan kunjungan di kantor Warta Kota, Kompas Gramedia, Jakarta, Minggu (26/2/2012). Mobil ESEMKA tersebut akan melalui uji emisi di Serpong, agar secepatnya memasuki pasaran mobil nasional. (TRIBUNNEWS)

    Kepala Desa (Kades) Demangan, Rosyid, mengatakan para karyawan pabrik merupakan warganya.

    “Masih ada karyawan. Kalau karyawan yang ada di situ setahu saya kurang lebih antara 100-150 karyawan. Tapi aktivitas di dalamnya seperti apa, saya juga tidak tahu,” ungkapnya.

    Ia menerangkan pabrik Esemka menempati lahan desa seluas 11 Hektar.

    Lahan tersebut disewa selama 30 tahun dengan biaya Rp 114 juta per tahun.

    “Baru 2 tahun terakhir ini ada kenaikan tarif sewa menjadi Rp 134 juta,” sambungnya.

    Menurutnya, pembayaran sewa tanah tak pernah ada kendala dan keterlambatan. (tribun network/thf/TribunSolo.com)

  • Prabowo Mau Longgarkan TKDN, BYD-Chery Bisa Ketiban Untung

    Prabowo Mau Longgarkan TKDN, BYD-Chery Bisa Ketiban Untung

    Jakarta

    Presiden Prabowo Subianto meminta aturan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) diubah agar lebih fleksibel. Lantas, seandainya permintaan tersebut ketuk palu, siapa saja produsen mobil yang paling diuntungkan?

    Pengamat otomotif senior dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Yannes Pasaribu menegaskan, produsen China yang belum punya pabrik mandiri di Indonesia akan diuntungkan aturan tersebut. Sebab, mereka bisa ‘semena-mena’ memasukkan produk impor ke dalam negeri.

    “Untuk short term jelas, BYD dan Chery paling diuntungkan karena strategi mereka dengan paduan harga yang agresif serta EV murah berteknologi tinggi dengan garansi part yang solid, didukung impor komponen hemat biaya, berpotensi langsung menggilas pasar HEV, PHEV & EV domestik,” ujar Yannes kepada detikOto, Rabu (9/4).

    Pabrik mobil Foto: dok. Chery International

    Sebagai catatan, BYD saat ini masih memanfaatkan skema impor utuh atau completely built up (CBU) dari China. Sementara Chery masih menumpang pabrik milik Handal di Bekasi, Jawa Barat. Meski demikian, penjualan mobil keduanya menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia.

    Yannes menegaskan, fleksibilitas TKDN akan mengguncang pasar otomotif nasional. Sebab, kebijakan itu membuat Indonesia makin ketergantungan dengan produk-produk impor.

    “Instruksi Presiden Prabowo untuk membuat TKDN fleksibel akan mengguncang industri otomotif dengan menurunkan biaya produksi dan membuka pintu investasi asing, tapi juga berisiko meningkatkan ketergantungan impor jika tak dikelola secara taktis strategis,” ungkapnya.

    Diberitakan sebelumnya, instruksi Prabowo untuk mengkaji ulang aturan TKDN di Indonesia disampaikan dalam Sarasehan Ekonomi di Menara Mandiri Sudirman, Jakarta Pusat.

    “Kita harus realistis. TKDN dipaksakan ini akhirnya kita kalah kompetitif (dari negara lain),” ujar Prabowo, belum lama ini.

    Prabowo mengaku setuju seandainya aturan TKDN dibuat fleksibel agar Indonesia lebih punya daya saing. Namun, dia tidak merinci permintaan yang dimaksud.

    “Tolong ya para pembantu saya, menteri saya, sudahlah, realistis. Tolong diubah, TKDN dibikin yang realistis saja,” kata Prabowo.

    TKDN diatur dalam Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) Nomor 29 Tahun 2017. Ada setidaknya 3 opsi investasi sebagai syarat pemenuhan TKDN, yakni skema manufaktur, skema aplikasi, dan skema inovasi.

    TKDN cakupannya sangat luas dan diterapkan di berbagai industri termasuk otomotif untuk pemenuhan konten dalam negeri.

    Aturan TKDN industri otomotifPabrik mobil di Cikarang. Foto: Doc. ADM.

    Disitat dari CNN Indonesia, TKDN untuk kendaraan roda empat diberlakukan secara bertahap, yakni 2019-2021 dengan TKDN minimum 35 persen, 2022-2026 dengan TKDN minimum 40 persen, 2027-2029 dengan TKDN komponen lokal 60 persen dan hingga 2030 dengan TKDN maksimum 80 persen.

    Sementara TKDN kendaraan roda dua untuk 2019-2023 angka minimumnya 40 persen dan 2030 minumum 80 persen. Prabowo menegaskan, regulasi tersebut tak cukup untuk membuat TKDN seketika naik dan memberatkan aspek industri.

    (sfn/dry)

  • Toyota Mau Tambah Model Mobil Listrik Jadi 15, Produksi Ditarget 1 Juta Unit!

    Toyota Mau Tambah Model Mobil Listrik Jadi 15, Produksi Ditarget 1 Juta Unit!

    Jakarta

    Toyota berencana untuk menambah lini produk mobil listriknya menjadi 15 model. Produksi mobil listrik itu pun ditarget mencapai 1 juta unit.

    Toyota bakal lebih agresif merambah pasar mobil listrik murni bertenaga baterai. Kabarnya, Toyota akan menambah lini model mobil listrik jadi 15 pada tahun 2027, demikian diberitakan Nikkei Asia.

    Ke-15 model mobil listrik itu tak hanya merek Toyota. Beberapa merek di bawah naungan Toyota seperti Lexus juga masuk dalam daftar pengembangan model mobil listrik baru. Selain penambahan model, produksi mobil listrik juga mau digenjot. Toyota menargetkan bisa memproduksi 1 juta unit mobil listrik per tahun di waktu yang sama.

    Meski begitu, jenama asal Jepang tersebut enggan berkomentar lebih lanjut dengan mengatakan bahwa informasi tersebut bukanlah resmi dikeluarkan perusahaan. Toyota saat ini sudah memiliki lima model mobil listrik yang dikembangkan secara internal. Namun mobil listrik itu hanya diproduksi untuk pasar China dan Jepang.

    Adapun dengan penambahan model sekaligus memperluas pasar ke Amerika Serikat, Thailand, dan Argentina dipercaya dapat membantu melindungi nilai tukar terhadap risiko tarif dan valuta asing, sekaligus memangkas waktu pengiriman.

    Penjualan mobil listrik Toyota tercatat mengalami peningkatan 34 persen dibandingkan tahun lalu yang mencapai 140 ribu unit terjual. Meski meningkat, nyatanya angka tersebut masih tertinggal jauh dari BYD.

    Mengutip Electrek, penjualan mobil listrik BYD dalam sebulan justru jauh melampaui penjualan mobil listrik Toyota dala setahun. Sebagai gambaran, BYD menjual 166 ribu unit mobil listrik bulan lalu. Sementara pada kuartal pertama tahun 2025, BYD mencatatkan 416.388 unit mobil listrik. Bisakah Toyota mengimbanginya dengan serangkaian model listrik terbaru dalam beberapa tahun ke depan? Bisa iya bisa tidak, tentu jawabannya bisa diketahui setelah mobil listrik dijual di pasaran.

    Sebagai informasi tambahan, di pasar AS, Toyota baru akan memulai produksi SUV listrik tiga barisnya di Kentucky dan Indiana pada tahun 2026. Toyota juga akan mendatangkan baterai dari fasilitas barunya. Kemudian di Eropa, akan ada tiga SUV listrik baru Toyota termasuk bZ4X versi terbaru, C-HR+, dan Urban Cruiser. C-HR+ akan diproduksi mulai September di Jepang.

    Generasi terbaru mobil listrik Lexus juga dijadwalkan mulai pada tahun 2027 di pabrik Tahara. Pada tahun yang sama, Subaru juga akan menghadirkan SUV listrik baru yang dikembangkan bareng Toyota di pabrik Yajima. SUV listrik ini kabarnya akan dikirim ke Amerika Utara, Eropa, Jepang, dan beberapa pasar global lainnya.

    Di Thailand, Toyota kabarnya akan memproduksi pikap listrik Hilux untuk berhadapan langsung dengan BYD Shark. Sementara di China, Toyota belum lama ini merilis mobil listrik paling murah bZ3X. Mobil listrik ini cukup sukses menarik minat warga di Negeri Tirai Bambu. Menurut Toyota, server mereka sempat error setelah menerima 10.000 pesanan dalam waktu satu jam.

    (dry/din)

  • Harganya Rp 200 Jutaan, Mobil Listrik Baru BYD Laku Keras!

    Harganya Rp 200 Jutaan, Mobil Listrik Baru BYD Laku Keras!

    Jakarta

    Build Your Dreams (BYD) kembali menuai untung besar berkat penjualan mobil listriknya di China. Kali ini, kendaraan baru mereka yang bernama BYD Qin L EV terjual puluhan ribu unit hanya dalam sepekan!

    Disitat dari Carnewschina, Rabu (9/4), BYD Qin L EV merupakan sedan mid-size yang ditujukan untuk konsumen dari kalangan menengah ke bawah. Kendaraan tersebut laku 10.089 unit sejak meluncur seminggu lalu.

    BYD Qin L EV diposisikan sebagai adik BYD Seal yang telah meluncur sejak lama. Mobil baru tersebut dibanderol mulai dari 119.800 yuan atau Rp 270 jutaan hingga 139.800 yuan atau Rp 320 jutaan. Meski murah, namun spesifikasinya cukup mumpuni.

    BYD Qin L EV. Foto: Doc. BYD.

    BYD Qin L EV dibangun melalui e-Platform 3.0 Evo, dengan desain Loong Face yang benar-benar baru. Dimensinya cukup kompak dengan panjang 4.720 mm, tinggi 1.880 mm dan lebar 1.495 mm, jarak sumbu roda 2.820 mm.

    Pabrikan menghadirkan tiga trim berbeda untuk BYD Qin L EV. Pertama, trim dasar menggunakan motor listrik bertenaga 148 dk dan torsi 220 NM. Sementara baterainya lithium iron phosphate Blade 46,08 kWh dengan jangkauan 470 km.

    Kemudian untuk trim medium dan high menggunakan motor listrik berdaya 215 dk dan torsi 330 Nm. Sedangkan baterainya 56,64 kWh dengan jarak tempuh maksimum 545 km.

    BYD Qin L EV sudah disematkan sistem berkendara pintar bernama DiPilot 100 atau Mata Tuhan. Selain itu, ada layar utama di posisi sentral dengan ukuran 15,6 inch dan 12 inch (trim dasar), soket ekstensi daya VTOL untuk pelepasan daya eksternal dan masih banyak lagi.

    (sfn/rgr)

  • Elon Musk Minta Pembatalan Tarif Impor Baru Langsung ke Trump

    Elon Musk Minta Pembatalan Tarif Impor Baru Langsung ke Trump

    Jakarta

    Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump baru saja merilis rincian pengenaan tarif impor baru pada sejumlah negara. Elon Musk yang masuk dalam kabinet Trump, – DOGE (Departement of Government Efficiency) dilaporkan meminta langsung kepada Trump untuk pembatalan tarif impor baru.

    “CEO Tesla Elon Musk mengajukan permohonan langsung kepada Trump, namun tidak berhasil untuk membalikkan tarif selama akhir pekan lalu,” Washington Post melaporkan pada hari Senin dengan mengutip dua orang yang mengetahui hal tersebut.

    Pihak Gedung Putih dan Musk belum menanggapi permintaan komentar dari Reuters atas laporan tersebut.

    Musk sebelumnya berpendapat dampak tarif mobil Presiden AS Donald Trump terhadap Tesla bisa sangat signifikan.

    “Penting untuk dicatat bahwa Tesla TIDAK tanpa cedera di sini. Dampak tarif terhadap Tesla masih signifikan,” kata Musk dalam sebuah posting di X.

    Bisnis Tesla yang dimiliki Elon Musk mulai ‘babak belur’ usai dia bergabung dengan pemerintahan Donald Trump. Sikap politik Musk memicu gelombang protes hingga aksi vandalisme terhadap produk Tesla, ternyata cukup berimbas jelek ke bisnis Musk.

    Di sisi lain, BYD kembali mengamankan posisinya sebagai produsen kendaraan listrik teratas dunia. Berdasarkan data penjualan yang dirilis Counterpoint Research, pada periode kuartal pertama (Januari-Maret) 2025, BYD mengirimkan 416.388 unit mobil listrik. Angka itu lebih banyak dari penjualan mobil listrik Tesla yang tercatat sebanyak 336.681 unit.

    Kemudian, saham Tesla turun sejak Musk bekerja untuk pemerintah.

    Diberitakan Reuters, para ekonom yakin bahwa tarif tersebut dapat memicu kembali inflasi, meningkatkan risiko resesi AS, dan meningkatkan biaya untuk rata-rata keluarga AS sebesar ribuan dolar, potensi kerugian bagi seorang presiden yang berkampanye dengan janji untuk menurunkan biaya hidup.

    Dr. Kishore Kulkarni selaku profesor ekonomi di MSU Denver memprediksi, harga kendaraan di AS akan meroket mulai pekan depan. Bahkan, efeknya akan makin terasa di bulan-bulan berikutnya.

    “Tidak diragukan lagi, harga mobil pekan depan akan lebih mahal ketimbang hari ini,” ujar Kulkarni, dikutip dari CBS News, Selasa (8/4).

    Dengan kebijakan baru yang dicanangkan Trump, semua mobil di AS akan terdampak, termasuk mobil impor atau rakitan lokal. Kulkarni menjelaskan, mobil merupakan industri yang kompleks. Sebab, sekalipun disebut ‘buatan dalam negeri’, komponennya masih tetap bergantung dari negara lain.

    Bahkan, kata dia, Tesla yang kerap diagung-agungkan sebagai mobil Amerika saja masih menggunakan suku cadang impor dari negara rekanan.

    “Untuk banyak mobil, perakitan ada di suatu tempat, mesinnya dari suatu tempat, suku cadang bodinya ada di suatu tempat. Jadi jelas, mobil adalah komoditas yang sangat kompleks yang membutuhkan banyak barang impor dan input impor, dan oleh karena itu, perusahaan mobil akan menemukan cara untuk beradaptasi dengan semua ini,” kata Kulkarni.

    (riar/rgr)

  • Konsumen Mobil di AS Terserang ‘Virus’ Panic Buying, Ini Wanti-wanti Pakar

    Konsumen Mobil di AS Terserang ‘Virus’ Panic Buying, Ini Wanti-wanti Pakar

    Jakarta

    Konsumen mobil di Amerika Serikat (AS) terserang ‘virus’ panic buying setelah Presiden Donald Trump mengumumkan tarif 25 persen untuk kendaraan dan suku cadang impor. Lantas, bagaimana tanggapan pakar atau ahli ekonomi mengenai fakta tersebut?

    Disitat dari CBS News dan Times Union, masyarakat AS ramai-ramai menyerbu dealer Honda dan Stellantis di kawasan setempat. Mereka khawatir, harga mobil yang telah mereka incar sejak lama naik drastis. Sehingga, makin sulit untuk dibeli.

    Mengutip pernyataan Trump, kebijakan impor kendaraan seharusnya sudah berlaku sejak awal bulan ini. Namun, sejumlah pabrikan masih menahan harga dan belum menaikkannya. Menurut prediksi pengamat, kenaikan baru terasa mulai pekan depan.

    “Tidak diragukan lagi, harga mobil pekan depan akan lebih mahal ketimbang hari ini,” ujar Dr. Kishore Kulkarni selaku profesor ekonomi di MSU Denver, dikutip Selasa (8/4).

    Presiden AS Donald Trump Foto: AP/Mark Schiefelbein

    Joseph McCabe selaku Presiden Direktur dan CEO firma penasihat AutoForecast Solutions mengaku tak heran seandainya konsumen mobil di AS terserang ‘virus’ panic buying setelah pengumuman tarif 25 persen. Sebab, ketika kebijakan tersebut sudah berjalan penuh, ada kemungkinan harga kendaraan bisa naik drastis.

    “Anda melihat banyak orang pergi ke tempat penjualan mobil lebih cepat daripada perkiraan awal, karena mereka tidak tahu kapan atau berapa banyak tarif akan membebani pengeluaran mereka,” ungkapnya.

    “Kendaraan yang harganya lebih terjangkau, katakanlah di bawah US$ 30 ribu, kemungkinan besar akan tersingkir dari pasar,” tambahnya.

    Sementara Pakar Keuangan dari NerdWallet, Kimberly Palmer mewanti-wanti, mobil merupakan kebutuhan tersier yang harganya cukup tinggi. Sehingga, sebelum membelinya, harus diputuskan matang-matang alias tak boleh panic buying.

    “Membeli mobil merupakan keputusan finansial yang sangat besar. Harganya mahal dan berdampak signifikan pada keuangan Anda, jadi jangan terburu-buru jika belum sepenuhnya siap,” kata Palmer.

    Dealer mobil di Amerika Serikat. Foto: iStock.

    Namun, jika keputusan membeli mobil sudah dirumuskan sejak lama dan dananya memang sudah disiapkan, maka ini waktu yang tepat untuk melakukan transaksi. Sebab, harganya masih cenderung stabil.

    “Jika Anda tahu Anda perlu membeli mobil dan itu sudah Anda putuskan dan sesuaikan dengan anggaran Anda, maka masuk akal untuk mempercepat jangka waktu pembelian,” kata dia.

    Sebagai catatan, kenaikan harga kendaraan di AS masih belum bisa diprediksi dengan akurat. Namun, melihat pergerakan pasar sekarang ditambah semua dinamika yang ada, maka kenaikannya diyakini berkisar US$ 8 ribu (Rp 133 jutaan) hingga US$ 15 ribu (Rp251 jutaan).

    Sementara Laboratorium Pendanaan Universitas Yale memprediksi, harga kendaraan di AS rata-rata akan naik 13,5 persen atau sekira US$ 6.400 (Rp 110 jutaan) untuk mayoritas mobil yang dipakai warga setempat. Kemudian untuk mobil impor seperti buatan Hyundai dan Kia, kenaikannya lebih signifikan.

    (sfn/dry)

  • Bukan Tesla-BYD, Mobil Listrik Ala Jepang Ini Ternyata Paling Laku!

    Bukan Tesla-BYD, Mobil Listrik Ala Jepang Ini Ternyata Paling Laku!

    Jakarta, CNBC Indonesia – Produk otomotif pabrikan Jepang sudah tidak perlu lagi diragukan kualitasnya. Bahkan, permintaan untuk mobil hibrida bensin-listrik Toyota telah membuat para pemasok kewalahan dalam memenuhi kebutuhan produksi.

    Banyaknya permintaan tersebut, mengakibatkan terjadinya kekurangan suku cadang dan waktu tunggu yang lebih lama bagi para pembeli. Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh empat orang yang mengetahui situasi tersebut.

    Melansir Reuters, stok mobil hibrida Toyota di dealer utama, termasuk di Amerika Serikat, Jepang, China, dan Eropa, susah dicari.

    Sebagai pemain dominan di pasar mobil hibrida, Toyota menghadapi tantangan besar dalam memenuhi lonjakan permintaan ini. Namun, peningkatan ini juga membuktikan strategi Toyota dalam mempertahankan produksi mobil hybrid terbukti berhasil, meskipun beberapa pesaingnya sebelumnya memprediksi kendaraan listrik berbasis baterai akan menghilangkan permintaan mobil hibrida.

    Sementara itu, berdasarkan data LMC Automotive, penjualan mobil hybrid global, termasuk model plug-in, hampir meningkat tiga kali lipat dalam lima tahun terakhir, dari 5,7 juta unit menjadi 16,1 juta unit.

    Di Eropa, pelanggan Toyota kini harus menunggu sekitar 60 hingga 70 hari untuk mendapatkan mobil hibrida baru, hampir dua kali lipat dari waktu tunggu pada tahun 2020. Model dengan permintaan tertinggi di kawasan ini termasuk Yaris Cross Hybrid dan RAV4 Plug-in Hybrid. Sedangkan di Jepang, waktu tunggu berkisar antara dua hingga lima bulan untuk berbagai model, menurut situs web resmi Toyota.

    Di Amerika Serikat, stok mobil hibrida juga makin tipis. Seorang sumber mengatakan, di salah satu dealer di Pantai Barat, Prius Hybrid sudah terjual habis sejak pertengahan Februari, sementara stok Camry Hybrid sangat terbatas. Di India, waktu tunggu berkisar antara dua hingga sembilan bulan, tergantung pada modelnya.

    Reuters mewawancarai 10 tokoh industri, termasuk orang-orang di Toyota dan para pemasoknya, mereka mengungkapkan kendala saat ini terjadi dalam rantai pasokan mobil hibrida. Toyota menyatakan, permintaan mobil hibrida meningkat secara signifikan di seluruh wilayah dan pihaknya terus berusaha meningkatkan produksi untuk merespons kebutuhan pasar.

    “Saat ini, kapasitas produksi untuk komponen dan suku cadang hibrida dari para pemasok kami dan produksi suku cadang internal kami sejalan dengan rencana produksi tahunan dan kapasitas perakitan kendaraan kami,” kata Toyota dalam pernyataannya, dikutip dari Reuters, Selasa (1/4/2025).

    Namun, keterbatasan pasokan tetap menjadi tantangan utama. Beberapa suku cadang penting, seperti magnet yang digunakan dalam komponen hibrida dari pemasok Aisin Corp, mengalami kelangkaan. Hal ini menyebabkan keterlambatan produksi rotor dan stator, yang berdampak pada pasokan motor hibrida ke Toyota. Demikian pula, Denso, pemasok utama dalam grup Toyota, menghadapi keterlambatan pengiriman inverter akibat kemacetan di pemasok lapis kedua dan ketiga.

    Menghadapi masalah ini, Toyota mempertimbangkan opsi untuk mencari pemasok baru di India serta memproduksi inverter di negara tersebut. Meski begitu, perusahaan menolak memberikan perincian lebih lanjut terkait pemasok spesifik yang terlibat dalam upaya ini. Aisin dan Denso juga menolak berkomentar.

    Adapun Toyota sendiri telah berinvestasi besar dalam meningkatkan kapasitas produksinya. Di India, Toyota Kirloskar Motor telah menambah kapasitas untuk memproduksi 32.000 kendaraan tambahan per tahun dan berencana untuk meningkatkan produksi hingga 100.000 kendaraan lagi. Selain itu, Toyota juga menginvestasikan US$14 miliar untuk pabrik baterai di North Carolina guna memenuhi permintaan kendaraan hibrida.

    Di China, meskipun total penjualan Toyota turun 7% pada 2024 dibanding tahun sebelumnya, penjualan kendaraan listriknya yang sebagian besar adalah mobil hibrida justru meningkat 27%.

    Pesaing utama Toyota, seperti Hyundai dan Kia, juga menghadapi tantangan serupa dalam meningkatkan produksi mobil hibrida mereka. Seorang sumber menyebutkan bahwa Hyundai masih berjuang dengan keterbatasan kapasitas produksi, sementara dealer Hyundai di Seoul mencatat waktu tunggu untuk SUV Palisade Hybrid mencapai satu tahun. Kia Carnival Hybrid memiliki waktu tunggu 10 bulan, sedangkan Kia Sorento Hybrid membutuhkan waktu sekitar tujuh bulan untuk dikirim ke pelanggan.

    Sementara itu, Honda melaporkan permintaan yang kuat untuk mobil hibridanya, terutama di Amerika Utara dan Jepang, tetapi enggan memberikan rincian mengenai waktu pengiriman.

    Lebih lanjut, bagi sebagian pelanggan, efisiensi bahan bakar yang ditawarkan oleh mobil hibrida membuat mereka bersedia menunggu lebih lama. Rakesh Kumar, seorang pengusaha di negara bagian Uttar Pradesh, India, akhirnya menerima SUV Toyota Hyryder miliknya pada bulan Maret, hampir lima bulan setelah melakukan pemesanan.

    “Kami sudah punya satu mobil hibrida di keluarga,” ujarnya. “Dan saya tahu jarak tempuhnya jauh lebih baik daripada mobil lainnya.”

    (wia)

  • Dorong Mobil Ramah Lingkungan, Inggris Naikkan Pajak Mobil ‘Penyumbang Polusi’

    Dorong Mobil Ramah Lingkungan, Inggris Naikkan Pajak Mobil ‘Penyumbang Polusi’

    Jakarta

    Mulai 1 April 2025, pemilik mobil di Inggris akan merasakan dampak perubahan besar dalam kebijakan pajak kendaraan.

    Demi mengurangi polusi udara dan mempercepat transisi ke kendaraan ramah lingkungan, pemerintah Inggris menaikkan tarif Vehicle Excise Duty (VED) bagi mobil dengan emisi tinggi.

    Dilansir dari Metro.co.uk, mobil yang tadinya menyumbang emisi CO2 1-50g/km seperti mobil Plug-in Hybrid yang tadinya dikenakan pajak 10 poundsterling, kini harus membayar 110 poundsterling. Artinya yang tadinya Rp 215 ribuan menjadi Rp 2,3 jutaan.

    Untuk mobil bensin yang menyumbang polusi 51-75g/km harus membayar pajak tambahan di tahun pertama mulai dari 30 poundsterling hingga 130 poundsterling atau setara dengan Rp 647 ribu hingga Rp 2,8 juta.

    Bahkan untuk mobil yang tidak ramah terhadap lingkungan, pajak kendaraan tahun pertamanya kini akan dua kali lipat. Contohnya untuk mobil dengan emisi CO2 yang melebihi 255g/km, dilansir dari Carwow, seperti Audi RS7 atau Land Rover Defender 110 V8 bisa melonjak drastis tarif pajaknya.

    Media asal Inggris tersebut menggambarkan, saat ini pajak yang harus dibayarkan pemilik RS7 atau Defender 110 V8 adalah 2.745 poundsterling atau Rp 59 jutaan. Lantas setelah aturan ini berlaku, mereka harus membayar hingga 5.490 poundsterling atau tembus Rp 118 jutaan pada tahun pertama.

    Mobil Ramah Lingkungan Juga Dikenakan Pajak

    Namun, ini bukan hanya tentang mobil dengan emisi tinggi. Mulai 1 April pula, pembeli kendaraan listrik baru juga akan dikenakan pajak pertama yang lebih rendah, sebesar 10 poundsterling atau setara dengan Rp 215 ribuan.

    Lantas setelah tahun pertama, tarif pajak tahunan untuk mobil listrik akan naik menjadi 195 poundsterling atau sama dengan Rp 4,2 jutaan.

    “Anda harus membayar tarif pajak kendaraan bermotor tahun pertama terendah yang ditetapkan sebesar £10 mulai 1 April 2025. Mulai pembayaran pajak kedua dan seterusnya, Anda akan membayar tarif standar. Tarifnya adalah £195,” ujar siaran pers yang diunggah pemerintah Inggris di laman resminya gov.uk.

    Tak hanya itu, untuk kendaraan listrik dengan harga lebih dari 40.000 poundsterling, pemiliknya juga akan dikenakan tambahan surcharge antara 15 hingga 410 poundsterling, tergantung pada tahun kepemilikan. Kebijakan ini mirip dengan pajak barang mewah di Indonesia.

    David Hall, Wakil Presiden Power System UK&I di Schneider Electric, mengkritik kebijakan ini. Dalam wawancara dengan media Transport and Energy, ia menyatakan bahwa pengurangan insentif pajak untuk kendaraan listrik dapat menghambat upaya melawan perubahan iklim.

    Menurutnya, pemerintah seharusnya mendukung transisi ke kendaraan ramah lingkungan sebelum larangan penjualan mobil berbahan bakar bensin dan diesel diberlakukan pada tahun 2030.

    “Memotong insentif pajak untuk kendaraan listrik sama saja dengan mengerem kemajuan dalam upaya melawan perubahan iklim,” ujarnya.

    Meskipun kebijakan ini dapat meningkatkan biaya untuk beberapa pemilik mobil, pemerintah berharap bisa menciptakan insentif yang lebih kuat untuk membeli kendaraan yang lebih ramah lingkungan, sekaligus mengurangi ketergantungan pada kendaraan bermesin pembakaran internal yang menyumbang polusi udara.

    (mhg/din)

  • Warning! Efek Ngeri Tarif Impor Trump, Raksasa Otomotif Mulai Setop Produksi

    Warning! Efek Ngeri Tarif Impor Trump, Raksasa Otomotif Mulai Setop Produksi

    Jakarta

    Sejumlah raksasa otomotif menerapkan strategi usai Presiden Amerika Serikat Donald Trump memperkenalkan tarif impor baru.

    Trump memberlakukan tarif 25 persen untuk kendaraan apa pun yang tidak dirakit di Amerika Serikat. Kebijakan ‘perang dagang’ ini jelas berdampak pada industri otomotif.

    Dikutip dari CNBC International, Minggu (6/4/2025) Stellantis mengumumkan pada hari Kamis (4/4), mereka akan menghentikan produksi di dua pabrik perakitan di Kanada dan Meksiko. Dengan cara ini, artinya sekitar 900 pekerja di pabrik pendukung akan diberhentikan sementara.

    Stellantis melakukan penghentian produksi berlangung hingga dua minggu ke depan di Pabrik Perakitan Windsor, Ontario, Kanada, dan sepanjang April di Pabrika Perakitan Toluca, Meksiko.

    Selanjutnya merek mewah Infiniti dari Nissan Motor menghentikan produksi tanpa batas waktu crossover buatan Meksiko untuk AS. Dalam sebuah memo kepada pengecer merek, Wakil Presiden Infiniti Amerika Tiago Castro mengatakan bahwa produksi QX50 dan QX55 untuk AS dihentikan sampai pemberitahuan lebih lanjut karena tarif baru.

    Volvo berencana memproduksi lebih banyak mobil di AS.

    “Kami siap dengan baik di Cina dan di Eropa. Tetapi kita harus lebih baik di AS untuk mengatasi tarif impor,” kata CEO Volvo Cars Hakan Samuelsson pada hari Kamis, menurut Reuters.

    Volvo ingin meningkatkan produksi SUV EX90 ke AS untuk meningkatkan volume dan mengurangi biaya tambahan.

    “Industri mobil global, serta Volvo Cars, menghadapi peningkatan kompleksitas geopolitik dan regionalisasi. Hal ini membuat strategi lama Volvo Cars untuk membangun tempat kami menjual menjadi lebih penting,” kata juru bicara Volvo Cars kepada CNBC.

    “Sebagai bagian dari ini, Volvo Cars juga mempertimbangkan kemungkinan potensial untuk menambahkan produksi model mobil lain di pabrik AS kami, yang memiliki kapasitas 150.000 mobil per tahun,” tambahnya.

    S&P Global Mobility melaporkan beberapa merek otomotif seperti Volvo, Mazda, Volkswagen, dan Hyundai Motor (termasuk merek Genesis dan Kia) adalah yang paling berisiko dari sudut pandang kendaraan. Sebab, setidaknya 60% dari penjualan mereka di Amerika Serikat diimpor dari luar AS.

    S&P memperkirakan penjualan kendaraan AS dapat turun ke antara 14,5 juta hingga 15 juta unit per tahun dalam beberapa tahun mendatang, jika tarif impor tetap berlaku. Padahal, sebelumnya penjualan mobil di AS tembus 16 juta unit pada 2024.

    Bank of America memperkirakan harga kendaraan baru, yang saat ini rata-rata sekitar $48.000, bisa naik $10.000 jika produsen mobil membebankan tarif secara penuh kepada konsumen.

    Sementara itu, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), tidak ada kendaraan buatan Indonesia yang diekspor secara utuh (CBU) ke Amerika Serikat.

    (riar/lua)

  • 3 Ciri Awal Penipu Mobil Bekas Modus Segitiga, Jangan Tergiur!

    3 Ciri Awal Penipu Mobil Bekas Modus Segitiga, Jangan Tergiur!

    Jakarta

    Penipuan modus segitiga dalam jual-beli mobil bekas belum usai memakan korban. Penipu biasanya menggunakan marketplace untuk melancarkan aksinya.

    Biar tidak semakin banyak korban, sebaiknya calon pembeli perlu mengetahui ciri-ciri awal modus penipuan segitiga.

    Sundoro Edi, CEO Inspector Mobil kerap mengedukasi soal kasus penjualan mobil bekas secara daring, faktanya dia bersama tim inspector masih menemukan modus penipuan segitiga.

    Tanda awal dari pelaku penipuan adalah menggunakan akun baru.

    “Pertama dari Facebook marketplace rata-rata buat penipuan segitiga, ciri-cirinya akunnya baru,” kata Sundoro saat berbincang bersama detikoto.

    Tanda kedua modus segitiga mobil adalah harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibandingkan harga pasar. Penjual akan menawarkan harga yang sangat menggoda untuk menarik perhatian calon pembeli. Jika harga mobil terlalu murah dibandingkan harga pasaran, Anda harus lebih hati-hati dan curiga.

    “Jualnya di bawah pasaran,” terang dia.

    “Kata kunci pertamanya di jual di bawah pasaran. Kita lihat akunnya baru,” tambahnya lagi.

    Nah dalam modus penipuan segitiga ini, penipu berperan sebagai perantara yang akan menipu pemilik mobil atau penjual dan pembeli mobil. Penipu bertindak sebagai penjual sekaligus pembeli yang akan mempertemukan kedua korban dengan mengikuti arahan si penipu.

    Ciri lain, penipu biasanya tidak akan bertatapan langsung dengan pembeli. Malahan penipu akan mengarahkan korban atau pembeli untuk tidak melakukan negosiasi kepada penjual. Dengan segudang alasan, mobilnya dititipkan saudara.

    Penipu lalu mengelabui dan meminta korban untuk transfer langsung ke rekening mereka, setelah uang ditransfer, pelaku akan kabur dan tidak dapat dihubungi oleh korbannya.

    “Ketika kita chat ngobrol sana-sini. Itu nanti ketika datangi ke lokasi, orangnya bilang dia tidak ada di lokasi, lagi di luar kota. Nanti yang di rumah saudaranya, nanti ketemu saudaranya yang di rumah. Tapi transaksinya sama saya (pelaku penipuan),”

    Berikut ini gambaran singkat terkait penipuan modus segitiga:

    Penjual atau pemilik mobil asli sesuai STNK dan KTP mengiklankan mobilnya di situs jual beliPenipu lalu mencomot foto dan deskripsi untuk diiklankan lagi, biasanya harga lebih murah dari pasaranPenipu lalu menghubungi penjual dan mengaku sebagai calon pembeliPenipu berpura-pura akan mengirimkan orang atau saudaranya untuk melihat mobilSetelah iklan si penipu tayang, ada pembeli atau yang tertarik membeli mobil dan berkomunikasi dengan si penipuPenipu lalu mempersilakan korban cek unit, penipu akan mengatakan orang di rumah yang menjual mobil sebagai saudara, namun semua transaksi harus lewat si penipu iniPembeli diarahkan tidak boleh bertanya harga ke penjual asli yang dipalsukan dengan sebutan saudara di rumah, biasanya dengan alasan takut minta komisi dan lain-lainPembeli berkomunikasi dengan penipu lewat WhatsAppPembeli cek unit, setelah cocok, pembeli menghubungi penipu lewat chat dengan arahan pembeli tidak menanyakan harga kepada orang yang ada di lokasi unit mobilPembeli akhirnya dikirimi nomor rekening si penipu, karena mobil sudah cocok, kemudian si pembeli transferSetelah transfer pembeli otomatis meminta dokumen ke orang yang ada di lokasi (sebelumnya dibilang saudara oleh si penipu)Si penjual asli menolak karena akan mengecek apakah uang benar sudah masuk, setelah dicek ternyata belum masuk, dan setelah dilihat ternyata pembeli transfer ke nomor rekening yang salah bukan ke pemilik mobilNomor WhatsApp si pembeli diblokir oleh si penipu, di mana sebelumnya uang sudah ditransfer

    (riar/din)