Topik: Mudik

  • Jasa Raharja Tingkatkan Keselamatan dan Kenyamanan Jelang Mudik Nataru

    Jasa Raharja Tingkatkan Keselamatan dan Kenyamanan Jelang Mudik Nataru

    Jakarta, CNN Indonesia

    Jasa Raharja menyatakan komitmennya untuk mendukung pelaksanaan libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru) dengan aman, nyaman, dan selamat. Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan A. Purwantono, mengungkapkan bahwa langkah ini sejalan dengan arahan Kementerian BUMN untuk memastikan pelayanan terbaik selama momentum penting tersebut.

    Pada konferensi pers terkait “Kesiapan Jasa Marga, Jasa Raharja, dan Hutama Karya dalam Rangka Natal dan Tahun Baru” yang digelar di Media Center, Gedung Kementerian BUMN, Selasa (10/12), ia menekankan pihaknya bersama Korlantas Polri akan berkolaborasi menyiapkan berbagai langkah strategis, termasuk melakukan rekayasa arus lalu lintas.

    “Sebagaimana arahan Kementerian BUMN, kami siap berpartisipasi aktif dalam upaya antisipasi Nataru yang aman, nyaman, dan berkeselamatan yang pada akhirnya akan berdampak pada menurunnya angka korban kecelakaan,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (11/12).

    Sebelumnya, Jasa Raharja dan Korlantas Polri telah melakukan survei jalur sekaligus pengecekan kesiapan pengamanan ke sejumlah wilayah di Pulau Jawa, mulai dari jalur Pelabuhan Merak, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Bali. Melalui kegiatan itu , perseroan berpartisipasi aktif untuk melakukan berbagai program hingga bagaimana cara bertindak petugas di lapangan.

    Rivan menyampaikan bahwa Jasa Raharja bersama Korlantas Polri telah menetapkan cara bertindak yang akan menjadi panduan petugas di lapangan. Pertama, melakukan rekayasa lalu lintas serta berkoordinasi dengan polres tetangga guna pengalihan arus alternatif, melakukan gatur, serta membuat rambu petunjuk arah portabel, sehingga masyarakat mengetahui jalan alternatif yang akan dilintasi.

    Kedua, melakukan koordinasi dengan Pemda dan Dinas PU untuk dilakukan perbaikan jalan. Ketiga, menginformasikan kepada masyarakat melalui media, sehingga dapat mengetahui ruas mana saja yang bisa dilintasi. Keempat, berkoordinasi dengan Dinas PU dan Dishub terkait penambahan sarana dan prasarana saat terjadi banjir.

    Menurut Rivan, sinergi dengan berbagai pihak menjadi kunci dalam melakukan pengamanan Nataru, khususnya pada jalur-jalur strategis.

    “Kami telah berkoordinasi dengan Korlantas Polri, pemerintah daerah, Dinas Pekerjaan Umum (PU), dan Dinas Perhubungan untuk berupaya mengantisipasi arus lalu lintas dan keselamatan masyarakat,” ujar dia.

    Di samping itu, Jasa Raharja juga telah menginfokan kepada masyarakat melalui berbagai media terkait ruas jalan yang dapat dilalui, terutama di wilayah terdampak banjir. Hal ini dikarenakan informasi yang jelas diperlukan agar masyarakat dapat merencanakan perjalanan dengan aman dan efisien.

    Berdasarkan data santunan Jasa Raharja periode Natal dan Tahun Baru 2023 (22 Desember 2023-2 Januari 2024), tercatat penurunan total santunan sebesar 20,57 persen dibandingkan periode sebelumnya. Penurunan ini, menurut Rivan, menjadi indikator positif keberhasilan berbagai upaya preventif yang dilakukan.

    “Kecepatan dalam penanganan korban juga terus kami tingkatkan. Rata-rata waktu pencairan santunan meninggal dunia adalah 1 hari 6 jam, sementara penyelesaian berkas hanya membutuhkan waktu 10 menit 13 detik. Dengan pelayanan yang cepat, kita harapkan akan menurunkan fatalitas korban kecelakaan,” jelasnya.

    Dalam kesempatan yang sama, Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga, memberikan apresiasi terhadap kecepatan dan respons Jasa Raharja dalam memberikan pelayanan kepada korban kecelakaan lalu lintas. Ia pun mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) untuk tetap waspada dan mematuhi aturan lalu lintas.

    “Masyarakat perlu menjaga kondisi kendaraan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, dan menghindari perjalanan yang terlalu melelahkan,” pungkas dia.

    Jasa Raharja berharap pelaksanaan mudik Nataru tahun ini dapat berjalan lebih lancar dan minim insiden. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan dapat berperan aktif dengan mematuhi aturan lalu lintas dan menggunakan fasilitas yang telah disiapkan.

    (rir/rir)

  • Resmi Beroperasi Saat Nataru 2024/2025, Waktu Tempuh Tol Klaten-Prambanan Hanya 30 Menit – Halaman all

    Resmi Beroperasi Saat Nataru 2024/2025, Waktu Tempuh Tol Klaten-Prambanan Hanya 30 Menit – Halaman all

    Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh 

    TRIBUNNEWS.COM, BOYOLALI – Direktur Utama PT Jasamarga Jogja-Solo Rudy Hardiansyah mengungkapkan, waktu tempuh jalan Tol Solo-Yogyakarta segmen Klaten-Prambanan sepanjang 8,6 kilometer (Km) hanya 30 menit atau lebih singkat dibandingkan melalui jalur arteri.

    Menurutnya, hal tersebut menjadi solusi bagi masyarakat yang akan melewati tol fungsional itu, selama periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    “Keuntungan dengan memfungsikan segmen ini, kami bisa mengurangi kepadatan di Klaten dan waktu tempuh yang bisa diperoleh oleh pengguna jalan dari Solo sampai Prambanan butuh waktu kurang lebih sekitar 30 menit,” kata Rudy di Gerbang Tol Prambanan, Rabu (11/12/2024).

    “Jadi mungkin itu cukup menghemat waktu dibanding melalui jalan arteri nasional yang dalam kondisi sehari-hari pun waktu tempuhnya bisa lebih dari 1,5 jam,” sambungnya.

    Rudy mengatakan, tol fungsional segmen Klaten-Prambanan ini akan dibuka mulai 20 Desember 2024 sampai 2 Januari 2025. Adapun waktu operasionalnya mulai pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB.

    Meskipun demikian, jam operasional tol fungsional ini nantinya bisa berubah secara kondisional sejalan dengan diskresi dari kepolisian setempat. Sebab, segmen Klaten-Prambanan masih dalam proses penyelesaian.

    “Sebagaimana yang tadi dilihat di lapangan, mau arah ke Jogja maupun ke Solo sudah terhubung semua. Saat ini lagi sedang perapihan dan juga mungkin ada beberapa pekerjaan pengaspalan yang masih harus dilakukan di beberapa titik. Semua masih kita kejar untuk bisa selesai sebelum tanggal 18 Desember,” papar dia.

    Adapun selama operasional secara fungsional, tol Klaten-Prambanan ini tidak dipungut biaya atau gratis. Namun, Rudy mengingatkan bagi pengendara yang akan melakukan perjalanan mudik atau balik periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 ini agar tetap menyediakan kartu elektronik.

    “Perlu diketahui juga oleh teman-teman pengguna jalan nantinya bahwa meskipun ruas dari Klaten sampai Prambanan ini gratis, tapi kami perlu mengamankan transaksi di ruas yang sebelumnya,” ucap dia.

    “Jadi karena nanti pengguna jalan yang melalui Trans Jawa atau yang segmen dari Klaten sampai, dari Solo sampai Klaten ini kan sudah beroperasional bertarif. Jadi tetap akan ada transaksi di Prambanan untuk tarif di ruas non-fungsional,” sambungnya.

  • Modifikasi Cuaca Jakarta & Sekitarnya, BMKG Klaim Berhasil Kurangi Intensitas Hujan hingga 67 Persen – Halaman all

    Modifikasi Cuaca Jakarta & Sekitarnya, BMKG Klaim Berhasil Kurangi Intensitas Hujan hingga 67 Persen – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Operasi Modifikasi Cuaca (OMC) yang dilakukan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada 7-8 Desember 2024 di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya disebut berhasil mengurangi intensitas hujan hingga 67 persen.

    Berkurangnya intensitas hujan di wilayah Jakarta diklaim berhasil menurunkan risiko banjir dan genangan.

    Diketahui, pada 5 Desember lalu, BMKG mengeluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem yang diprediksi akan terjadi pada 6-8 Desember dan dapat berlanjut hingga 9 Desember.

    Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, mengatakan modifikasi cuaca dilakukan dengan melakukan penyemaian awan selama dua hari berturut-turut.

    Sebanyak lima sorti penerbangan dilakukan menggunakan empat ton bahan semai untuk mengendalikan distribusi hujan di wilayah Jakarta.

    “Operasi ini bertujuan untuk mengurangi potensi bencana hidrometeorologi, seperti banjir, yang sering melanda Jakarta akibat intensitas hujan yang tinggi,” ungkap Dwikorita, Senin (9/12/2024). 

    “Hasilnya, kami berhasil menurunkan curah hujan di sejumlah wilayah dengan intensitas pengurangan mencapai 13 hingga 67 persen pada tanggal 7 dan 8 Desember, berdasarkan data satelit Global Satellite Mapping of Precipitation (GSMaP),” urainya.

    Sementara itu, Deputi Modifikasi Cuaca BMKG, Tri Handoko Seto, menyebut operasi ini berhasil mengurangi curah hujan di sisi timur Jakarta.

    Menurutnya, hal tersebut menunjukkan keberhasilan teknik modifikasi cuaca dalam mendistribusikan hujan ke lokasi yang lebih aman dan mengurangi tekanan pada daerah-daerah rawan banjir, khususnya di wilayah Jakarta

    “Melalui teknologi modifikasi cuaca ini, kami dapat mengarahkan hujan agar tidak menumpuk di satu lokasi.”

    “Sebagai contoh, pada 8 Desember, hampir seluruh wilayah Jakarta mengalami pengurangan curah hujan, sehingga risiko genangan berkurang secara signifikan,” jelas Seto.

    Potensi Bencana Hidrometeorologi pada Momen Nataru

    Sebelumnya, BMKG mengungkapkan bencana hidrometeorologi seperti curah hujan ekstrem dan banjir berpotensi terjadi pada saat momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

    Hal itu diungkapkan Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, saat menghadiri Rapat Tingkat Menteri (RTM) yang diadakan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) untuk koordinasi, sinkronisasi dan pengendalian persiapan libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, 22 November 2024 lalu.

    Dwikorita mengatakan potensi bencana hidrometeorologi diprakirakan terjadi bersamaan pada saat arus mudik Nataru 2024-2025.

    Potensi bencana hidrometeorologi ini dipicu terjadinya seruak udara dingin dari dataran tinggi Siberia ke wilayah Indonesia pada Desember 2024 hingga awal Januari 2025.

    Menurut Dwikortia, fenomena ini pernah terjadi pada Januari 2020.

    Untuk diketahui, pada 2020 banjir besar terjadi di wilayah Jabodetabek.

    “Pada Januari 2020 banjir yang terjadi disebabkan oleh seruak udara dingin dari dataran tinggi Tibet. Sekarang ini potensi bencana hidrometeorologi dipicu oleh seruak udara dingin berasal dari dataran tinggi Siberia,” ungkap Dwikorita.

    Sejumlah kendaraan mencoba menerobos banjir yang menggenangi Jalan Jatinegara Barat dan sekitarnya, di Jakarta Timur, Rabu (1/1/2020). (Tribunnews/Alex Suban)

    Fenomena seruak udara dingin diprediksi akan memberikan dampak signifikan di wilayah barat Indonesia.

    Termasuk Selat Sunda, Lampung, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

    Cuaca buruk yang disertai hujan lebat berpotensi menyebabkan gangguan pada jalur mudik dan jalan tol, sebagaimana pernah diidentifikasi oleh Kementerian PUPR.

    (Tribunnews.com/Gilang Putranto)

  • Ini Jadwal Buka Tol Fungsional Jogja-Solo Segmen Klaten Saat Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 – Halaman all

    Ini Jadwal Buka Tol Fungsional Jogja-Solo Segmen Klaten Saat Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 – Halaman all

    Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh 

    TRIBUNNEWS.COM, BOYOLALI – Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA segmen Klaten-Prambanan sepanjang 8,6 km akan dibuka secara fungsional mulai 20 Desember 2024 hingga 2 Januari 2025 atau selama periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    Direktur Utama PT Jasamarga Jogja- Solo Rudy Hardiansyah mengatakan, jadwal operasional tol Solo-Jogja segmen Klaten-Prambanan ini akan dibuka mulai pukul 06.00 WIB sampai 18.00 WIB.

    “Jadi kita akan fungsionalkan itu dari tanggal 20 Desember 2024 sampai 2 Januari 2025,” kata Rudy di Kantor Gerbang Tol Banyudono, Boyolali, Rabu (11/12/2024).

    Rudy menyatakan, operasional tol Solo-Jogja segmen Klaten-Prambanan ini memang belum bisa maksimal selama 24 jam per hari selama periode Natal dan Tahun Baru 2024/2025 ini. Sebab, jalan tol tersebut belum memiliki uji laik fungsi.

    “Karena secara resmi belum ada uji laik fungsi. Sehingga kekhawatiran ada risiko-risiko yang nanti menjadi tanggungjawab salah satu pihak jadi lebih baik dibatasi. Dan ini hanya di fungsikan dari jam 6 pagi sampai jam 6 sore,” terangnya.

    Di satu sisi, Jasamarga juga membatasi volume kecepatan kendaraan yang melintas di jalur tol fungsional segmen Klaten-Prambanan hanya 40 kilometer (Km) per jam. Sebab kata Rudy, pembangunan jalan tol ini masih belum rampung 100 persen meskipun kondisinya sudah jauh lebih baik dibandingkan periode libur Lebaran 2024.

    “Batas kecepatan di segmen fungsional kita batasi hanya di 40 km per jam. Tapi ini juga yang menjadi kekhawatiran sebetulnya juga dari pihak kepolisian. Karena jalan kita saat ini jauh lebih siap dibanding saat fungsional lebaran kemarin. Kekhawatiran jadi pengguna jasa merasa bahwa seolah-olah jalan ini sudah selesai dan akan kecepatan lebih,” papar dia.

    Terakhir, Rudy menegaskan bahwa masyarakat perlu menyiapkan kertu elektronik untuk melintasi ruas tol fungsional segmen Klaten-Prambanan meskipun tarifnya gratis.

    Adapun PT Jasa Marga akan mengoperasikan tiga ruas tol secara fungsional saat periode Natal dan Tahun Baru 2024/2025 (Nataru).

    Tiga ruas tol tersebut yakni:

    1. Tol Yogya – Solo segmen Klaten hingga Prambanan sepanjang 8,5 km.

    2. Tol Probolinggo – Banyuwangi segmen Geding hingga Kraksaan sepanjang 10,3 km.

    3. Tol Jakarta – Cikampek sepanjang 8,5 km. 

    Sementara Puncak Arus Kendaraan sebagai berikut:

    1. Mudik Natal: 21 Desember 2024, dengan peningkatan volume kendaraan hingga 41 persen dibanding hari biasa.

    2. Balik Natal: 29 Desember 2024, naik 22?ri hari normal.

    3. Mudik Tahun Baru: 28 Desember 2024, meningkat 23% dibandingkan hari biasa.

    4. Balik Tahun Baru: 1 Januari 2025, diperkirakan naik 42% dibandingkan hari normal. 

     

  • Cuaca Ekstrem Ancam Penyeberangan di Merak

    Cuaca Ekstrem Ancam Penyeberangan di Merak

    Jakarta, CNN Indonesia

    Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bersama sejumlah pihak melakukan langkah untuk mengantisipasi potensi cuaca ekstrem yang mengancam jalur penyeberangan Merak-Bakauheni, salah satu lintasan transportasi laut terpadat di Indonesia.

    BMKG menggandeng sejumlah stakeholder terkait, termasuk Kementerian Perhubungan, KSOP, ASDP, TNI AL, Polres, Polda, Polairud, Basarnas, dan Jasa Raharja.

    “Cuaca ekstrem adalah ancaman nyata, terutama di jalur penyeberangan Merak-Bakauheni yang menjadi penghubung vital bagi mobilitas masyarakat,” ujar Dwikorita dalam sebuah keterangan, Senin (9/12).

    “Dengan sinergi yang solid dan penerapan SOP kontingensi, kita dapat memitigasi risiko dan memastikan keselamatan operasional,” imbuhnya.

    Langkah antisipasi tersebut salah satunya BMKG bersama KSOP Banten memeriksa kesiapan sistem pengawasan dan pengendalian operasional kapal. Langkah ini bertujuan mengintegrasikan informasi cuaca yang akurat ke dalam pengambilan keputusan operasional, sehingga arus penyeberangan tetap lancar meski menghadapi kondisi cuaca yang dinamis.

    Kemudian, Dwikorita juga meninjau sistem monitoring, analisis, dan diseminasi informasi cuaca maritim di Stasiun Meteorologi Maritim Kelas 1 Merak.

    Sistem tersebut dirancang untuk memberikan informasi real-time terkait cuaca, gelombang, dan arus laut kepada pihak-pihak terkait, termasuk operator kapal.

    “Sistem yang andal memungkinkan kita memberikan peringatan dini, sehingga semua pihak dapat mempersiapkan langkah mitigasi secara tepat waktu,” katanya.

    Sebelumnya, dalam rapat bersama Komisi V DPR RI, Rabu (4/12), Dwikorita menyebut periode libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 akan berbarengan dengan puncak musim hujan.

    Selain itu, sejumlah fenomena yang berpotensi menyebabkan cuaca ekstrem juga diperkirakan akan terjadi pada periode tersebut.

    “Saat ini kita sedang memasuki musim hujan, dan puncak musim hujan di sebagian wilayah di Sumatera dan Jawa itu ada di bulan Desember akhir. Kemudian di sebagian wilayah tersebut mengalami puncak musim hujan di bulan Januari,” ujarnya.

    “Artinya selama mudik Nataru ini kebetulan berada atau menuju puncak musim hujan,” imbuhnya.

    Tak hanya puncak musim hujan, wilayah barat Indonesia juga akan semakin basah oleh adanya fenomena La Nina lemah. Menurut Dwikorita, dua fenomena itu, puncak musim hujan dan La Nina, bisa berdampak pada skenario terburuk curah hujan ekstrem hingga banjir bandang.

    Kondisi ini juga diperparah oleh pergerakan seruak udara dingin dari dataran tinggi Siberia.

    Dwikorita menjelaskan seruak dingin menyebabkan terjadinya angin kencang, gelombang tinggi, dan peningkatan curah hujan. Kecepatan angin dan peningkatan gelombang tinggi ini akan terjadi terutama di Laut Natuna.

    Pada kasus paling ringan, seruak dingin tersebut adalah terganggunya aktivitas pelayaran. Dwikorita mencontohkan bagaimana seruak dingin pada 2022 mengganggu aktivitas penyeberangan di pelabuhan.

    Sementara itu, skenario terburuknya adalah potensi banjir parah, mengulang bencana banjir Jakarta yang terjadi pada Januari 2020.

    (lom/dmi)

    [Gambas:Video CNN]

  • Ikhtiar Selamat Sampai Tujuan, Layanan KAI Daop 6 Berkelanjutan – Halaman all

    Ikhtiar Selamat Sampai Tujuan, Layanan KAI Daop 6 Berkelanjutan – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Tak sedikit tantangan menyelimuti dunia transportasi dari tahun ke tahun di Tanah Air. Salah satunya yakni lonjakan pemudik yang didominasi pengguna kendaraan pribadi.

    Menjawab hal itu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) dengan moda transportasi andalan kereta api mampu menangkis berbagai permasalahan transportasi.

    Transformasi layanan yang dikembangkan dari tahun ke tahun menjadi senjata ampuh menghadirkan terobosan transportasi ke depan.

    Hal tersebut sudah terbukti nyata, masyarakat semakin gandrung menggunakan kereta api sebagai pilihan transportasi umum.

    Data dari PT KAI, persentase kenaikan penumpang pada Oktober 2024 sebesar 6,98 persen dibanding September 2024  atau berjumlah total 37,8 juta penumpang. Jika dikomparasikan dengan indikator Pertumbuhan Tahun ke Tahun alias  Year-Over-Year (YoY), jumlahnya juga naik dari Oktober 2023 sebesar 33,6 juta penumpang.

    Sementara berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), penumpang transportasi udara turun 1,87 persen dengan total 5,3 juta penumpang. Lalu kenaikan juga dialami oleh kapal aut sebesar 1,02 persen mencapai 2,1 juta penumpang.

    Dari data tersebut, terpampang jelas moda transportasi kereta api sebagai primadona masyarakat dalam memilih transportasi umum hingga saat ini.

    Bukan sesuatu yang tiba-tiba turun dari langit, proses yang dilakukan KAI memang panjang namun konsisten.

    KAI senantiasa menyempurnakan pelayanan lewat inovasinya yang membuat penumpang setianya merasa ketagihan. Juga menarik perhatian warga yang belum pernah merasakan layanannya dengan fasilitas serba teratas.

    Face Recognition

    Dimulai dari fitur face recognition atau pengenalan wajah pada boarding gate.

    Ini merupakan fasilitas boarding yang dilengkapi dengan kamera untuk mengidentifikasi dan memvalidasi identitas seseorang melalui wajah yang terintegrasi dengan data tiket kereta serta status vaksinasi pelanggan.

    Ardito Adi Mulya (35), warga Cirebon adalah satu di antara penikmat layanan tersebut. 

    Ditemui di Stasiun Solo Balapan pada Senin (11/12/2024), Adi mengaku terbantu dengan adanya fasilitas pengenalan wajah.

    Tidak seperti dulu harus repot-repot menenteng minimal dua syarat untuk boarding. Belum lagi masih harus membawa barang bawaan yang bahkan puluhan kilo beratnya.

    “Tapi sekarang sangat terbantu ada face recognition. Cukup scan wajah langsung bisa masuk boarding gate tanpa harus memperlihatkan tiket dan KTP,” jelasnya.

    Menurutnya, masih banyak penumpang kereta api yang masih menggunaan cara tradisional masuk gerbang boarding karena beberaa belum tahu.

    Padahal menurutnya, cara mendaftar face recognition boarding gate  mudah bisa dilakukan di lokasi juga melalui aplikasi Access by KAI.

    “Kalau mau ga ribet di rumah bisa langsung pakai Access KAI, tinggal foto KTP mudah,” ucapnya.

    Saat ini, KAI telah menyediakan fasilitas  face recognition Boarding Gate di 20 stasiun.

    Penambahan layanan face recognition ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus meningkat.

    Adapun proses verifikasi hanya memerlukan 1 detik, sehingga memperlancar antrean dan proses boarding.

    Di KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta, fasilitas face recognition tersedia di Stasiun Solo Balapan, Stasiun Yogyakarta, dan Stasiun Lempuyangan.

    Dihubungi pada Selasa (10/12/2024), Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, menjelaskan angka pendaftar fasilitas face recognition di Daop 6 hingga November 2024 mencapai 137.777. Kemudian angka pengguna face recognition di wilayahnya mencapai 1.158.002.

    “Ini menunjukkan masyarakat sangat antusias dengan sistem face recognition ini , terbukti setiap bulannya bertambah jumlah penggunanya. Cepat, efisien, mudah dan mendukung keberlanjutan lingkungan untuk hidup yang lebih baik,” papar dia.

    Selain itu, peningkatan pelayanan dengan berbasis digital dan layanan yang berkelanjutan bermanfaat juga meminimalisir penggunaan kertas untuk tiket dan mengurai sistem antrian.

     

     

     

  • Jasa Marga Tambah Kapasitas Lajur Tol Japek Dukung Mudik Nataru

    Jasa Marga Tambah Kapasitas Lajur Tol Japek Dukung Mudik Nataru

    Jakarta, CNN Indonesia

    PT Jasa Marga (Persero) Tbk menambah kapasitas sejumlah lajur tol untuk mendukung kenaikan volume lalu lintas yang diproyeksikan terjadi pada periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024-2025.

    Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur merinci kapasitas lajur yang ditingkatkan termasuk ruas Palikanci KM 208+150 sampai dengan KM 210+190 atau kurang lebih sepanjang 2,04 kilometer (km) sebanyak satu lajur.

    Selain itu, ada juga pelebaran di ruas Jagorawi dari arah Ciawi dari KM 40 sampai dengan KM 42 jalur B sebanyak satu lajur menjadi tiga lajur dan penambahan satu lajur di ruas Padaleunyi, yakni Buah Batu-Cileunyi dari KM 142 sampai KM 147.

    “Kita uji cobakan pelebaran itu untuk pelayanan. Berdasarkan evaluasi lebaran tahun kemarin, kita sudah siap-siap kalau dengan assisting seperti lebaran kemarin, pasti lebaran tahun ini tidak akan bergerak di Cikampek,” ujar Subakti dalam konferensi pers di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jakarta Pusat, Selasa (10/12).

    Operator tol pelat merah ini juga sudah menutup rest area KM 71 arah Jakarta. Selain itu, Jasa Marga juga menambah kapasitas gerbang tol (GT) Cikampek Utama sebanyak lima lajur transaksi, menjadi 36 lajur.

    “Ini kita uji coba kan di Nataru ini. Untuk Nataru ya pasti plong ya. Tapi sistem manajemennya bersama dengan teman-teman Korlantas itu seperti apa, nanti kita uji coba. Sehingga nanti lebaran kita sudah siap menerima arus balik,” imbuhnya.

    Subakti juga menuturkan pihaknya melakukan peningkatan layanan operasional dengan memanfaatkan teknologi.

    “Kita juga menambah jumlah petugas, mobile reader itu kita tambah cukup banyak. Jadi petugas kita tambah juga cukup banyak, bagaimana terdata juga top up untuk uang elektronik,” tuturnya.

    (del/sfr)

  • 3 Juta Kendaraan Bakal Tinggalkan Jakarta saat Nataru 2024 – Page 3

    3 Juta Kendaraan Bakal Tinggalkan Jakarta saat Nataru 2024 – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta PT Jasa Marga (Persero) Tbk memperkirakan sekitar 3,06 juta kendaraan akan meninggalkan wilayah DKI Jakarta selama periode libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru). Angka ini meningkat 17,9 persen dibandingkan lalu lintas normal dan 2,4 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

    Direktur Utama Jasa Marga, Subakti Syukur, menjelaskan bahwa masa siaga Nataru ditetapkan selama 18 hari, mulai 18 Desember 2024 hingga 4 Januari 2025.

    “Selama libur Nataru, 3,06 juta kendaraan diprediksi keluar Jakarta, meningkat 17,9 persen dari kondisi normal, dan naik 2,4 persen dibandingkan periode Natal sebelumnya,” ujar Subakti dalam konferensi pers di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (10/12/2024).

    Gerbang Tol Utama dan Prediksi Arus Balik

    Kendaraan yang meninggalkan Jakarta diprediksi akan melewati empat gerbang jalan tol utama, yaitu:

    GT Cikampek Utama
    GT Kalihurip Utama
    GT Ciawi
    GT Cikupa

    Sementara itu, kendaraan yang kembali ke Jakarta diperkirakan mencapai 3 juta unit, meningkat 18,6 persen dari kondisi normal, dan 2,9 persen dibandingkan periode Natal tahun sebelumnya.

    “Puncak arus mudik Natal diprediksi terjadi pada 21 Desember 2024, sementara arus balik diperkirakan mencapai puncaknya pada 29 Desember 2024,” tambah Subakti.

     

  • Korlantas Fokus Tiga Klaster Perjalanan Saat Nataru 2024

    Korlantas Fokus Tiga Klaster Perjalanan Saat Nataru 2024

    Korlantas Fokus Tiga Klaster Perjalanan Saat Nataru 2024
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengatakan ada tiga klaster persoalan yang menjadi fokus pada libur
    Natal
    2024 dan
    Tahun Baru
    (
    Nataru
    ) 2025.
    “Ada tiga klaster yang kita harus perhatikan. Pertama jalan tol masih ada beberapa titik krusial yang menjadi titik kemacetan,” kata Aan dalam keterangan resmi, Selasa (10/12/2024).
    “Kemudian beberapa titik rawan kecelakaan, ini kita sudah siapkan personel dan cb cb (cara bertindak) yang akan dilakukan,” tambah dia.
    Kemudian, di jalur penyeberangan, yang sudah dikordinasikan dengan ASDP Feri dan semua pemangku kepentingan di sana untuk mengelola arus lalu lintas.
    “Ketiga ada di jalur arteri dan wisata, kita sudah mapping jalur-jalur wisata yang mungkin menjadi favorit masyarakat di Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, Medan,” tambahnya.
    Aan bilang, dalam perayaan Natal dan Tahun Baru, Korlantas Polri akan melaksanakan operasi Lilin Pengamanan. Pihaknya juga telah melakukan survei jalur, hingga rapat koordinasi dengan para stakeholder guna meningkatkan pelayanan perjalanan Nataru kali ini.
    Nantinya, Korlantas akan melakukan simulasi hingga Tactical Floor Game (TFG) untuk mematangkan kesiapan pelayanan dalam pengamanan momen libur Nataru tahun ini.
    Berdasarkan prediksi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terjadi peningkatan jumlah kendaraan sebesar 2,80 persen ketimbang perjalanan Nataru tahun lalu.
    “Dalam pengamanan Nataru kali ini ada peningkatan 2,80 persen dari tahun lalu masyarakat Indonesia akan melakukan perjalanan baik itu perjalanan wisata, kemudian mudik, beribadah maupun perjalanan rutin/ pekerjaan,” kata Aan.
    Kakorlantas mengimbau masyarakat agar menghubungi call center Korlantas 1-500-669 apabila menemui kendala atau hendak melakukan pengaduan dalam perjalanan libur Nataru kali ini.
    “Silakan untuk masyarakat yang melakukan pengaduan, mendapatkan informasi apa, untuk mengetahui situasi arus lalu lintas terutama selama libur
    natal

    tahun baru
    silahkan di sampaikan di call center kita,” tegas dia.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Dishub-BNN Gelar Ramp Check Jelang Nataru, 20 Pengemudi di Sumut Positif Narkoba

    Dishub-BNN Gelar Ramp Check Jelang Nataru, 20 Pengemudi di Sumut Positif Narkoba

    ERA.id – Dinas Perhubungan(Dishub) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi setempat dan pihak terkait lainnya menemukan 20 pengemudi dinyatakan positif narkoba saat melakukan inspeksi keselamatan (ramp check) dalam menyambut perjalanan mudik Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru) di wilayah ini.

    Kepala Dishub Provinsi Sumatera Utara, Agustinus mengatakan puluhan supir yang terjaring dalam inspeksi keselamatan ditemukan di sejumlah terminal dalam inspeksi keselamatan yang dilakukan sejak 3-9 Desember 2024.

    “Tes urine dilakukan terhadap 792 awak kendaraan, dan hasilnya menunjukkan 772 orang negatif narkoba. Namun, 20 sopir dinyatakan positif,” ujar Agustinus, di Medan, Selasa (10/12/2024).

    Agustinus menyebut kesehatan pengemudi yang akan mengangkut para pemudik merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam kegiatan ramp check tersebut.

    Nantinya, kata dia, para pengemudi yang dinyatakan positif narkoba itu akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut guna melihat tingkat ketergantungan yang bersangkutan terhadap narkotika.

    “Kami ingin memastikan kendaraan laik jalan dan pengemudi dalam kondisi prima dan bebas narkoba agar perjalanan pemudik aman dan lancar,” kata dia.

    Dia mengatakan kegiatan yang melibatkan Direktorat Lalu Lintas Polda Sumut, Jasa Raharja, Dinas Kesehatan, UPTD Dishub Sumut, KSOP, dan Badan Narkotika Nasional (BNN) akan menindak tegas kepada operator angkutan yang tidak memperhatikan kesehatan para pengemudi-nya dalam menyambut arus mudik perayaan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    Agustinus mengatakan bahawa operator yang tidak memperhatikan kesehatan para pengemudi-nya akan diberi teguran dan sanksi yang berlaku.

    “Kalau dari sisi Pemerintah Provinsi Sumut, kita menyatakan khusus angkutan kota dalam provinsi (AKDP) akan diberikan teguran kepada operator untuk tidak mempekerjakan pengemudi atau awak yang bersangkutan, sampai dia dinyatakan sembuh oleh BNN yang dibuktikan dengan hasil pemeriksaan kesehatan. Operator wajib menyediakan sopir atau awak pengganti untuk melanjutkan perjalanan,” sebut dia.

    Dia mengatakan kegiatan inspeksi keselamatan itu dilakukan secara serentak dimulai sejak 3 – 9 Desember 2024 di sejumlah Terminal Tipe A dan Tipe B se-Sumut.

    “Pemeriksaan meliputi kelengkapan administrasi, fisik kendaraan, serta kompetensi dan kesehatan awak angkutan,” ujarnya.