Topik: Mudik

  • Pantai Bandengan, Destinasi Wisata Favorit Wisatawan Saat ke Jepara pada Libur Nataru

    Pantai Bandengan, Destinasi Wisata Favorit Wisatawan Saat ke Jepara pada Libur Nataru

    Jepara, Beritasatu.com – Keindahan Pantai Bandengan Jepara, Jawa Tengah, menjadi daya tarik bagi ribuan wisatawan yang ingin menikmati libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Tercatat, sekitar 3.000 pengunjung setiap harinya datang dari berbagai daerah untuk menikmati keindahan pantai dengan pasir putihnya yang mempesona.

    Pantai Tirta Samudra, yang terletak di kawasan Pantai Bandengan menjadi pilihan utama wisatawan untuk menghabiskan waktu libur pergantian tahun. Sejak pagi, pengunjung terus berdatangan, memadati kawasan wisata yang terkenal dengan pesona pantai berpasir putihnya.

    Nova, salah satu pengunjung asal Kota Kretek mengungkapkan, Pantai Bandengan selalu menjadi destinasi favorit untuk berlibur bersama keluarga. Meski telah mengunjungi tempat ini berkali-kali, ia dan keluarga tidak pernah bosan menikmati keindahan alam pantai, angin sepoi-sepoi, serta rindangnya pohon-pohon di sekitar pesisir pantai.

    “Liburan kali ini saya mengajak anak-anak. Kami ke sini karena pantainya nyaman, anak-anak bisa bermain leluasa,” ujar Nova kepada awak media, Selasa (31/12/2024).

    Manager Pantai Bandengan Arif Junaidi mengatakan, lonjakan pengunjung mulai terasa sejak libur Natal. Hingga kini, wisatawan masih menjadikan Pantai Bandengan sebagai destinasi pilihan untuk berlibur.

    Meski terkadang hujan turun sesekali, wisatawan tetap memadati pantai ini. Pada libur Nataru, jumlah pengunjung mencapai 3.000 orang setiap hari. Sebagian besar berasal dari berbagai daerah yang kebetulan mudik ke kampung halaman.

    Jumlah pengunjung tersebut mengalami peningkatan sekitar 30% dibandingkan akhir pekan pada hari biasa.

    “Pada pekan ini, kami mencatatkan peningkatan jumlah pengunjung sekitar 30% dibandingkan hari biasa pada akhir pekan,” tambahnya.

    Pihak pengelola Pantai Bandengan memprediksi puncak kunjungan akan terjadi pada libur awal 1 Januari 2025. Untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung, pihak pengelola telah menambah jumlah petugas yang bersiaga agar para wisatawan tetap merasa aman dan nyaman selama berlibur di pesisir Pantai Bandengan.

  • Jumlah ‘SPBU’ Listrik Bakal Ditambah, Ini Bocorannya

    Jumlah ‘SPBU’ Listrik Bakal Ditambah, Ini Bocorannya

    Jakarta

    PT PLN (Persero) memastikan ketersediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk kendaraan listrik.

    Direktur Utama (Dirut) PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan sudah ada 2.490 unit SPKLU di Indonesia. Rencananya bakal ada tambahan SPKLU lagi

    “Nah tentu saja pola di mana kluster SPKLU dengan penggunaan yang tinggi, jumlahnya akan kami tambah sesuai dengan perkiraan nanti jumlah mobil listrik yang akan menggunakan pada saat liburan Idul Fitri nanti,” ujar Darmawan di PLN Induk Distribusi Jakarta Raya, Selasa (31/12/2024).

    “Apabila ada kenaikan, misalnya berapa kali lipat, tentu saja jumlah SPKLU-nya ditambah jauh lebih besar daripada peningkatan jumlah kendaraan listriknya. Ini belum final. Jadi ini kami menunggu nanti tanggal 8 Januari usai posko Nataru dan polanya sudah kami identifikasi. Kemudian kami dalam proses ini secara paralel merancang penambahan dari SPKLU,” tambahnya.

    Darmawan mengatakan bagi masyarakat yang terkendala dengan mobil listriknya. Masyarakat bisa meminta bantuan dengan mengakses aplikasi PLN Mobile atau menghubungi nomor WhatsApp 0877-1112-123.

    Kemudian, melalui aplikasi PLN Mobile, masyarakat juga dapat memanfaatkan fitur Road Planner untuk merencanakan perjalanan dan mengetahui titik pengisian daya kendaraan listrik (SPKLU). Hal ini guna memberikan kelancaran masyarakat agar tidak kehabisan daya saat melakukan perjalanan.

    “Kami selalu memastikan bahwa saudara-saudara kita yang menggunakan mobil listrik bisa menggunakan mobil listriknya untuk mudik dengan nyaman tanpa adanya hambatan apapun,” katanya.

    (hns/hns)

  • Transaksi di ‘SPBU’ Listrik PLN Naik 5 Kali Lipat

    Transaksi di ‘SPBU’ Listrik PLN Naik 5 Kali Lipat

    Jakarta

    PT PLN (Persero) mencatat peningkatan transaksi pengisian daya kendaraan listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) hingga 5 kali lipat. Hal ini sejalan dengan jumlah mobil listrik yang naik 3 kali lipat.

    Direktur Utama (Dirut) PLN Darmawan Prasodjo mengungkapkan meski mengalami kenaikan transaksi di SPKLU, situasi tetap terkendali berkat penambahan jumlah SPKLU, terutama di jalur mudik, yang ditingkatkan hingga 8 kali lipat. Adapun saat ini PLN menyediakan 2.490 SPKLU.

    “Jumlah transaksi di SPKLU meningkatkan 5 kali lipat. Tetapi kami juga meningkatkan jumlah spklu terutama di jalur mudik sebanyak 8 kali lipat. Ini laporan lima belas menit lalu setiap antrean itu terkendali dan tidak ada antrean yang berat,” kata Darmawan di PLN Induk Distribusi Jakarta Raya, Selasa (31/12/2024).

    Darmawan mengatakan bahwa dengan tidak adanya laporan mobil listrik yang mati ini menandakan bahwa kini masyarakat sudah benar-benar melakukan perjalanan dengan baik.

    Sebagai informasi jika masyarakat terkendala dengan mobil listriknya, Darmawan mengatakan masyarakat bisa meminta bantuan dengan mengakses aplikasi PLN Mobile atau menghubungi nomor WhatsApp 0877-1112-123.

    Kemudian, melalui aplikasi PLN Mobile, masyarakat juga dapat memanfaatkan fitur Road Planner untuk merencanakan perjalanan dan mengetahui titik pengisian daya kendaraan listrik (SPKLU). Hal ini guna memberikan kelancaran masyarakat agar tidak kehabisan daya saat melakukan perjalanan.

    “Kami selalu memastikan bahwa saudara-saudara kita yang menggunakan mobil listrik bisa menggunakan mobil listriknya untuk mudik dengan nyaman tanpa adanya hambatan apapun,” katanya.

    (hns/hns)

  • PLN Pastikan Keandalan Kelistrikan pada Malam Pergantian Tahun

    PLN Pastikan Keandalan Kelistrikan pada Malam Pergantian Tahun

    Bisnis.com, JAKARTA – PT PLN (Persero) memastikan beban kelistrikan di malam tahun baru 2025 dalam kondisi aman. Perusahaan listrik milik negara menjamin keandalan listrik pada tahun baru ini. 

    Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan pihaknya telah mengamankan pasokan dan ketersediaan energi primer pada pembangkit, seperti batu bara, gas, dan BBM.

    Selain itu, PLN juga memastikan semua pembangkit dalam kondisi prima dan optimal. Darmawan mengklaim seluruh maintenance sudah dilakukan sejak 3 hingga 4 bulan lalu.

    Dia juga memastikan kondisi gardu induk transmisi PLN dalam kondisi beroperasi secara penuh. 

    “Kemudian juga kami memastikan sistem distribusi dan sistem pelayanan pelanggan kami berjalan dengan baik,” kata Darmawan dalam konferensi pers di Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, Jakarta Pusat, Selasa (31/12/2024).

    Menurutnya, daya mampu pasok saat ini adalah sebesar 53 gigawatt (GW). Sementara itu, beban puncak selama Nataru tahun ini diperkirakan pada sebesar 39 GW. 

    Artinya, terdapat cadangan daya sebesar 14 GW. Adapun, proyeksi beban puncak yang mencapai 39 GW itu naik 8,3% dari tahun sebelumnya.

    Oleh karena itu, Darmawan pun memastikan kelasitrikan pada tempat-tempat ibadah dan keramaian selama malam pergantian tahun berjalan lancar.

    “Kami fokus agar pasokan listrik pada gereja-gereja, katedral, dan juga tempat keramaian betul-betul andal. Dan sampai saat ini Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar,” ucap Darmawan.

    Selain itu, PLN juga mendukung pemudik yang menggunakan kendaraan listrik dengan menambah jumlah stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) menjadi 2.490 unit. Jumlah SPKLU ini meningkat delapan kali lipat dibanding periode yang sama tahun lalu.

    Adapun SPKLU itu tersebar di 1.745 lokasi di seluruh Indonesia selama periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru).

    Penambahan SPKLU ini seiring proyeksi penambahan jumlah mobil listrik dibanding dengan Nataru tahun lalu sekitar 2,8 sampai 3 kali lipat.

    “Tetapi kami juga meningkatkan jumlah SPKLU, stasiun pengisian kendaraan listrik umum, terutama di jalur mudik sebanyak delapan kali lipat,” ucap Darmawan.

  • Kapolda Jatim Tinjau Pos Pelayanan Operasi Lilin Semeru 2024 di Terminal Purabaya Bungurasih

    Kapolda Jatim Tinjau Pos Pelayanan Operasi Lilin Semeru 2024 di Terminal Purabaya Bungurasih

    Sidoarjo (beritajatim.com) – Kapolda Jawa Timur Irjen. Pol. Imam Sugianto didampingi Wakapolda Jawa Timur Brigjen. Pol. Pasma Royce, pejabat utama Polda Jawa Timur, pengurus Bhayangkari Jawa Timur dan Kapolresta Sidoarjo Kombes. Pol. Christian Tobing meninjau Pos Pelayanan Terpadu Operasi Lilin Semeru 2024 di Terminal Purabaya, Bungurasih, Waru, Selasa (31/12/2024).

    Peninjauan dilakukan Kapolda Jatim untuk mengecek secara langsung situasi jalur darat di Terminal Purabaya saat libur Natal dan tahun baru (Nataru) tahun 2024. Pada kesempatan ini Polda Jatim bersama Polresta Sidoarjo membagikan tali asih kepada para petugas yang berada di Pos Pelayanan Operasi Lilin Semeru 2024 di Terminal Purabaya.

    Hasil pantauan di Terminal Purabaya pada 31 Desember 2024, situasi masyarakat yang bepergian menggunakan transportasi bus di libur Nataru relatif lancar. Lonjakan penumpang bus telah mencapai puncaknya pada 27 Desember 2024.

    Disampaikan Dirlantas Polda Jatim Kombes. Pol. Komarudin bahwa peninjauan Polda Jatim beserta Polresta Sidoarjo di Pos Pelayanan Terpadu Terminal Purabaya, dikarenakan merupakan salah satu akses terbesar yang digunakan masyarakat, pemudik maupun pelaku wisata di saat libur Nataru.

    “Bahwa pada 31 Desember 2024 merupakan hari kedua terbanyak dengan catatan sebanyak 45.000 penumpang bus baik untuk kedatangan dan keberangkatan. Sementara puncak tertinggi penumpang bus ada pada 27 Desember 2024. Alhamdulillah sampai saat ini pelayanan dan pengamanan berjalan lancar, tertib dan aman,” jelasnya.

    Sementara untuk menjamin kenyamanan dan kelancaran lalu lintas jelang malam pergantian tahun nanti, Polda Jatim beserta polres jajaran telah menyiapkan beberapa konsep rekayasa lalu lintas. Termasuk salah satunya ada di Sidoarjo. Nanti akan ada akses yang menuju Alun-alun Sidoarjo atau pusat kota yang akan dialihkan.

    “Namun kebijakan rencana rekayasa lalu lintas ini nanti setelah melihat pergerakan arus lalu lintas di saat pukul 16.00 WIB seluruh wilayah Jawa Timur. Jadi rencana rekayasa lalu lintas di batas-batas kota ini setelah melihat adanya peningkatan volume kendaraan yang masuk ke pusat kota,” urainya menerangkan. (isa/kun)

  • PLN Icon Plus perkuat telekomunikasi kelistrikan di SPKLU KM 379A ruas Batang-Semarang

    PLN Icon Plus perkuat telekomunikasi kelistrikan di SPKLU KM 379A ruas Batang-Semarang

    Sumber foto: Istimewa/elshinta.com.

    PLN Icon Plus perkuat telekomunikasi kelistrikan di SPKLU KM 379A ruas Batang-Semarang
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Senin, 30 Desember 2024 – 18:56 WIB

    Elshinta.com – Dalam rangka memastikan para pengguna kendaraan listrik merasa nyaman ketika berpergian dan menikmati liburan selama periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru), Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo meninjau langsung salah satu SPKLU yang terletak di Rest Area KM 379A Ruas Batang-Semarang. Pada sidak kali ini turut hadir mendampingi Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi dan Direktur Electricity  Related Busines Chipta Perdana.

    Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menegaskan, pihaknya siap mendukung arahan Pemerintah untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat selama periode Nataru, termasuk dalam penyediaan infrastruktur kendaraan listrik.

    Tercatat hingga saat ini, PLN telah menyiapkan 3.069 unit SPKLU yang tersebar pada 2.096 lokasi strategis di seluruh Tanah Air. Tidak hanya itu, sebanyak 6 ribu personel PLN juga telah disiagakan untuk bertugas bergantian selama 24 jam nonstop pada tiap SPKLU.

    “Semoga momen Nataru ini bisa berjalan dengan hikmat, berjalan dengan lancar, tanpa ada gangguan apapun. Dan bagi yang mudik, kami ingin mengucapkan selamat jalan, hati-hati di jalan, dan bisa menikmati waktu dengan keluarga,” tegas Darmawan.

    Kunjungan ini adalah bagian dari serangkaian komitment PLN Icon Plus dalam Siaga Nataru 2024 yang telah dirancang untuk memastikan kesiapan PLN Icon Plus dalam menghadapi peningkatan aktivitas telekomunikasi dan mendukung kehandalan kelistrikan PLN selama libur akhir tahun.

    PLN Icon Plus telah memobilisasi seluruh 10 Strategic Business Unit (SBU) Regional untuk bekerja sama tidak hanya dengan unit-unit PLN terkait. Sinergi PLN Group ini diharapkan dapat memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat dalam menikmati layanan telekomunikasi dan sistem ketenagalistrikan selama momen spesial ini.

    PLN Icon Plus telah melakukan persiapan menyeluruh terhadap berbagai infrastruktur vital, meliputi jaringan telekomunikasi, radio komunikasi, backup power supply POP, network backbone, fiber optic jalur backbone, keamanan siber, hingga pusat kendali operasi (NOC Command Centre). Tim siaga, kendaraan operasional, serta alat pendukung lainnya juga telah disiapkan untuk memastikan keandalan layanan.

    Untuk mendukung operasional, PLN Icon Plus menyiagakan 10 SBU Regional, 427 basecamp, dan 58 NOC Pusat yang didukung oleh 240 NOC SBU serta 72 NOC Ritel. Sebanyak lebih dari 630 tim siaga yang mencapai lebih dari 2.300 personil telah dipersiapkan, didukung oleh 381 motor dan 289 mobil operasional.

    Sebagai bagian dari dukungan terhadap transisi energi, PLN Icon Plus turut berpartisipasi  untuk kehandalan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN yang tersebar di hampir seluruh penjuru negeri. Salah satunya dengan platform pendukung penggunaan SPKLU, yaitu PLN Mobile dan Charge.in, PLN Icon Plus memastikan agar pengalaman pelanggan dalam mengakses aplikasi tersebut tetap terjaga dengan baik.

    Sumber daya yang disiagakan oleh PLN Icon Plus di tingkat unit strategis (SBU) hingga kantor-kantor perwakilan (KP) yang mencakup daerah yang lebih spesifik, seluruhnya bergerak aktif mulai dari membentuk posko siaga sampai dengan memobilisasi personil serta peralatan pendukung demi memastikan kestabilan layanan selama periode Nataru.

    Untuk menjaga keandalan layanan, PLN Icon Plus menerapkan sistem pemantauan real-time selama 24/7. Jalur-jalur yang masuk kategori waspada dan bahaya akan mendapatkan prioritas mitigasi dengan langkah-langkah proaktif untuk meminimalkan risiko gangguan.

    Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, mengatakan, “PLN Icon Plus berkomitmen penuh untuk mendukung kelancaran perayaan Natal dan Tahun Baru dengan memastikan stabilitas jaringan telekomunikasi dan mendukung sistem ketenagalistrikan PLN di seluruh Indonesia. Melalui sinergi dengan seluruh SBU, unit-unit PLN, serta kesiapan personil dan peralatan di seluruh regional, kami memastikan layanan dapat berjalan optimal. Dengan pemantauan berkala dan mitigasi proaktif, PLN Icon Plus siap memberikan pelayanan andal dan terbaik untuk kenyamanan masyarakat di momen spesial ini”.

    PLN Icon Plus berkomitmen untuk menjaga stabilitas jaringan backbone, konektivitas upstream, layanan SPKLU, dan infrastruktur PLN Mobile. Dengan semangat kolaborasi dan dedikasi tinggi, PLN Icon Plus memastikan masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan nyaman.

    Melalui langkah-langkah strategis dan koordinasi yang matang, PLN Icon Plus optimis untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat selama periode Siaga Natal dan Tahun Baru 2024-2025.

    Sumber : Elshinta.Com

  • Dishub Sumut: 1,7 juta kendaraan lintasi Tol Belmera Sumut mudik Natal

    Dishub Sumut: 1,7 juta kendaraan lintasi Tol Belmera Sumut mudik Natal

    Angka tersebut terdiri dari kendaraan masuk sebanyak 882.766 unit dan kendaraan yang keluar sebanyk 875.848 unit. Sedangkan H-5 puncak perayaan natal sebanyak 178.908 unitMedan (ANTARA) – Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara mencatat volume lalu lintas kendaraan yang melintas di jalan tol Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera) pada perayaan Natal atau dalam 10 hari dimulai pada 18 Desember hingga 28 Desember 2024 mencapai 1.758.614 kendaraan.

    “Angka tersebut terdiri dari kendaraan masuk sebanyak 882.766 unit dan kendaraan yang keluar sebanyk 875.848 unit. Sedangkan H-5 puncak perayaan natal sebanyak 178.908 unit,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Sumut Agustinus, di Medan, Selasa.

    Dia menjelaskan, volume lalu lintas kendaraan yang melintas di jalan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa tersebut merupakan volume tertinggi jika dibandingkan dengan jalan tol di Sumut lainnya.

    Berdasarkan data Posko Induk Monitoring Dinas Perhubungan Sumut volume lalu lintas di Tol Medan – Binjai pada periode yang sama tercatat sebanyak 531.819 kendaraan yang terdiri dari 264.631 unit kendaraan masuk dan 267.188 unit kendaraan keluar.

    Sedangkan pada H-5 puncak perayaan natal, jumlah kendaraan pada ruas tol tersebut tercatat sebanyak 56.383 atau lebih rendah jika dibandingkan pada Tol Belawan- Medan- Tanjung Morawa.

    “Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Sinaksak tercatat sebanyak 259.901 kendaraan atau berada di posisi ketiga dengan rincian 121.134 unit kendaraan masuk dan 138.767 unit kendaraan keluar dengan mencatatkan 26.500 unit pada puncak H-3 mudik Natal,” kata dia,

    Lalu, Tol Indrapura – Lima Puluh – Kisaran berada di posisi keempat dengan mencatatkan 157.327 kendaraan yang terdiri dari 79.738 unit kendaraan masuk dan 77.589 unit kendaraan keluar dengan puncak H-4 sebanyak 16.111 kendaraan

    “Dan untuk Tol Binjai – Tanjung Pura – Pangkalan Brandan tercatat kendaraan masuk 52.781 unit, kendaraan keluar : 63.509 unit dengan total
    116.290 unit dan hanya mencatatkan 11.591 unit pada puncak pergerakan H-3,” kata dia.

    Agustinus menyebut volume lalu lintas akan terus meningkat hingga puncak perayaan Tahun Baru 2025.

    Berdasarkan hasil survei transportasi Kemenhub 2024 Provinsi Sumut masuk daerah tujuan terbanyak di Indonesia dengan mencatatkan 9,22 juta orang atau berada diperingkat lima.

    “Sedangkan daerah asal perjalanan terbanyak. Sumut juga berada diperingkat lima atau 7,63 juta orang,” kata dia.

    Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2024

  • Volume Arus Kendaraan di Jalur Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk Relatif Lancar pada Puncak Nataru – Halaman all

    Volume Arus Kendaraan di Jalur Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk Relatif Lancar pada Puncak Nataru – Halaman all

    Benny Susanto melakukan peninjauan arus mudik libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru 2024/2025) di jalur penyeberangan Ketapang-Gilimanuk.

    Tayang: Selasa, 31 Desember 2024 16:14 WIB

    HandOut/ist

    Pemantauan di posko arus mudik, volume arus kendaraan di jalur penyeberangan Ketapang-Gilimanuk relatif lancar pada puncak arus mudik Nataru yang terjadi pada tanggal 24 Desember 2024. 

    Hasiolan EP/Tribunnews.com

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Direktur Operasi PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) R. Benny Susanto melakukan peninjauan arus mudik libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru 2024/2025) di jalur penyeberangan Ketapang-Gilimanuk melalui posko arus mudik di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Selasa pekan lalu. 

    Hadir pada peninjauan tersebut adalah Direktur Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan (TSDP) Lilik Handoyo, Direktur Operasi PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) R. Benny Susanto, Manajer usaha PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Ketapang Isra Ali beserta staf dari Direktorat TSDP, PT BKI (Persero) dan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Ketapang.

    Dari hasil pemantauan di posko arus mudik, volume arus kendaraan di jalur penyeberangan Ketapang-Gilimanuk relatif lancar pada puncak arus mudik Nataru yang terjadi pada tanggal 24 Desember 2024 dan tidak terjadi penumpukan kendaraan baik kendaraan kecil, bis, maupun kendaraan besar.

    Hal itu didasarkan pada pengamatan atas grafik check in kendaraan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). Sempat dilakukan penutupan penyeberangan pada 22 Desember 2024 selama 1 jam karena hujan deras disertai kabut yang menganggu jarak pandang nahkoda di tengah Selat Bali.

    Jalur penyeberangan kembali dibuka setelah cuaca dipastikan sudah kembali membaik dan gelombang laut normal.

    Direktur Operasi PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) R. Benny Susanto menyampaikan, PT BKI (Persero) bekerja sama dengan instansi terkait dan akan selalu siap siaga selama arus mudik libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 di semua jalur penyeberangan kapal ferry.

    “Surveyor beserta tim dari PT BKI (Persero) akan selalu memantau arus mudik libur Nataru 2024/2025 untuk menjamin keselamatan aktivitas pelayaran,” tutup Benny.

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:’9′,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }
    else{
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    $(“#test3”).val(“Done”);
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    if($(“#test3”).val() == ‘Done’){
    newlast=0;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest”, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else{
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:sectionid,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    }

    Berita Terkini

  • PLN Dorong Pelestarian Kain Songket dengan Peralatan dan Pelatihan di Banyuasin

    PLN Dorong Pelestarian Kain Songket dengan Peralatan dan Pelatihan di Banyuasin

    Banyuasin: PT PLN UIP3B Sumatera UPT Palembang melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) terus mendukung pelestarian kain songket sebagai warisan budaya. Dalam kegiatan yang berlangsung di Desa Merah Mata, Kabupaten Banyuasin, PLN memberikan bantuan peralatan dan menggelar pelatihan bagi para perajin kain songket.

    Manager PT PLN UIP3B Sumatera UPT Palembang, Aris Sopian Hidayat, menegaskan bahwa program ini bertujuan untuk memberdayakan perajin, terutama kaum perempuan, sekaligus melestarikan kain songket agar tetap relevan di era modern.

    “Kami menyadari bahwa tenun songket bukan hanya sekadar kerajinan tetapi juga merupakan identitas budaya yang mencerminkan keindahan dan kerajinan tangan yang luar biasa dari para perajin yang sebagian besar wanita. Melalui bantuan yang diberikan, kami berharap dapat memberikan penguatan kapasitas berupa pemberian alat dan pelatihan serta akses market untuk pemasaran kain songket,” ujar Aris Sopian, dalam keterangannya yang dikutip Selasa 31 Desember 2024.

    Baca juga: PLN Tingkatkan Kapasitas SPKLU untuk Mudik Natal dan Tahun Baru 2025

    Lebih jauh, PLN juga berkomitmen memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan kain songket dan membantu pembuatan website sebagai sarana pemasaran. Dengan cara ini, diharapkan produk kain songket dari Banyuasin dapat memiliki daya saing, baik di tingkat nasional maupun internasional.

    Langkah PLN ini mendapat apresiasi dari berbagai pihak, termasuk Sekjen Indonesian Social Sustainability Forum (ISSF), Nurul Iman, yang melihatnya sebagai upaya strategis untuk menjaga kelestarian budaya dan pemberdayaan masyarakat.

    “Fenomena jumlah perajin kain songket yang terus menurun harus dijaga keberadaannya dan warisan budaya berupa kain songket yang diwariskan turun-temurun juga harus dijaga kelestariannya. Dengan adanya pemberian peralatan, studi banding, pelatihan termasuk cara memasarkan kain songket dari PT PLN, ISSF sebagai pendamping pelatihan berharap perajin dan keberadaan kain songket tersebut terus terjaga,” ungkap Nurul Iman.

    Pj. Bupati Banyuasin, Muhammad Farid, juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada PLN atas kontribusi ini. Ia bahkan menyarankan strategi pemasaran yang unik, yakni menitipkan kain songket di toko-toko pempek dan kopi khas Palembang.

    “Untuk membuat semangat para perajin kain songket agar hasil produksinya lebih laku, saya kira tidak ada salahnya menitipkan produksi kain songket di toko-toko yang menjual pempek sebagai makanan khas Kota Palembang,” kata Muhammad Farid.
    Pendapatan Naik Tiga Kali Lipat
    Kartika, Ketua Kelompok Pengrajin Kain Songket Jaya Bersama, merasa sangat terbantu dengan bantuan peralatan dan benang dari PLN. Sebelumnya, ia hanya bekerja sebagai tenaga upahan, tetapi kini ia bisa memproduksi kain songket secara mandiri.

    “Saya menjadi penenun kain songket sudah 15 tahun dengan modal pribadi. Dengan bantuan peralatan dan benang yang diberikan oleh pihak PLN kepada ibu-ibu perajin kain songket, saya berharap geliat usaha kain songket tumbuh kembali sehingga bisa meningkatkan ekonomi keluarga,” ungkap Kartika.

    Ia juga mengungkapkan bahwa pendapatannya kini meningkat dari Rp 500 ribu per bulan menjadi Rp 1,5 juta per bulan. Kartika berharap program ini dapat terus berjalan dan menginspirasi lebih banyak perajin untuk melestarikan kain songket.

    Banyuasin: PT PLN UIP3B Sumatera UPT Palembang melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) terus mendukung pelestarian kain songket sebagai warisan budaya. Dalam kegiatan yang berlangsung di Desa Merah Mata, Kabupaten Banyuasin, PLN memberikan bantuan peralatan dan menggelar pelatihan bagi para perajin kain songket.
     
    Manager PT PLN UIP3B Sumatera UPT Palembang, Aris Sopian Hidayat, menegaskan bahwa program ini bertujuan untuk memberdayakan perajin, terutama kaum perempuan, sekaligus melestarikan kain songket agar tetap relevan di era modern.
     
    “Kami menyadari bahwa tenun songket bukan hanya sekadar kerajinan tetapi juga merupakan identitas budaya yang mencerminkan keindahan dan kerajinan tangan yang luar biasa dari para perajin yang sebagian besar wanita. Melalui bantuan yang diberikan, kami berharap dapat memberikan penguatan kapasitas berupa pemberian alat dan pelatihan serta akses market untuk pemasaran kain songket,” ujar Aris Sopian, dalam keterangannya yang dikutip Selasa 31 Desember 2024.
    Baca juga: PLN Tingkatkan Kapasitas SPKLU untuk Mudik Natal dan Tahun Baru 2025
     
    Lebih jauh, PLN juga berkomitmen memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan kain songket dan membantu pembuatan website sebagai sarana pemasaran. Dengan cara ini, diharapkan produk kain songket dari Banyuasin dapat memiliki daya saing, baik di tingkat nasional maupun internasional.
     
    Langkah PLN ini mendapat apresiasi dari berbagai pihak, termasuk Sekjen Indonesian Social Sustainability Forum (ISSF), Nurul Iman, yang melihatnya sebagai upaya strategis untuk menjaga kelestarian budaya dan pemberdayaan masyarakat.
     
    “Fenomena jumlah perajin kain songket yang terus menurun harus dijaga keberadaannya dan warisan budaya berupa kain songket yang diwariskan turun-temurun juga harus dijaga kelestariannya. Dengan adanya pemberian peralatan, studi banding, pelatihan termasuk cara memasarkan kain songket dari PT PLN, ISSF sebagai pendamping pelatihan berharap perajin dan keberadaan kain songket tersebut terus terjaga,” ungkap Nurul Iman.
     
    Pj. Bupati Banyuasin, Muhammad Farid, juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada PLN atas kontribusi ini. Ia bahkan menyarankan strategi pemasaran yang unik, yakni menitipkan kain songket di toko-toko pempek dan kopi khas Palembang.
     
    “Untuk membuat semangat para perajin kain songket agar hasil produksinya lebih laku, saya kira tidak ada salahnya menitipkan produksi kain songket di toko-toko yang menjual pempek sebagai makanan khas Kota Palembang,” kata Muhammad Farid.

    Pendapatan Naik Tiga Kali Lipat

    Kartika, Ketua Kelompok Pengrajin Kain Songket Jaya Bersama, merasa sangat terbantu dengan bantuan peralatan dan benang dari PLN. Sebelumnya, ia hanya bekerja sebagai tenaga upahan, tetapi kini ia bisa memproduksi kain songket secara mandiri.
     
    “Saya menjadi penenun kain songket sudah 15 tahun dengan modal pribadi. Dengan bantuan peralatan dan benang yang diberikan oleh pihak PLN kepada ibu-ibu perajin kain songket, saya berharap geliat usaha kain songket tumbuh kembali sehingga bisa meningkatkan ekonomi keluarga,” ungkap Kartika.
     
    Ia juga mengungkapkan bahwa pendapatannya kini meningkat dari Rp 500 ribu per bulan menjadi Rp 1,5 juta per bulan. Kartika berharap program ini dapat terus berjalan dan menginspirasi lebih banyak perajin untuk melestarikan kain songket.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (DHI)

  • Imbauan dari BMKG Jelang Perayaan Malam Tahun Baru 2025

    Imbauan dari BMKG Jelang Perayaan Malam Tahun Baru 2025

    Bisnis.com, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi dampak hujan pada malam Tahun Baru 2025

    Ketua Tim Kerja Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Ida Pramuwardani menuturkan bahwa terdapatnya penurunan tren hujan di kota-kota besar di Indonesia pada malam tahun baru. Meski demikian, ia meminta agar masyarakat tetap waspada. 

    “[Meskipun lebih kondusif dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya], namun hujan dengan intensitas yang cenderung rendah pada daerah yang kondisi lingkungannya rentan terhadap bencana hidrometeorologi, masih tetap dapat memberikan dampak,” terangnya kepada Bisnis, Selasa (31/12/2024).

    Sebab demikian, BMKG menyarankan agar dapat melakukan langkah mitigasi, seperti membersihkan saluran air untuk mencegah genangan, menghindari aktivitas  di daerah rawan bencana, dan mempersiapkan perlengkapan darurat. 

    “Untuk kegiatan wisata, lokasi indoor dan area perkotaan dianggap lebih aman, sementara wilayah yang rawan bencana, seperti pegunungan dan pantai, sebaiknya dihindari,” terangnya. 

    Di lain sisi, pihaknya menyarankan agar dapat memantau informasi cuaca terkini lewat kanal resmi BMKG. Pihaknya juga menyediakan layanan cuaca khusus untuk jalur transportasi (Digital Weather for Traffic/DWT) yang telah terintegrasi di seluruh wilayah Indonesia.

    “Melalui layanan tersebut, masyarakat dapat dengan mudah memperoleh informasi cuaca sepanjang perjalanan mulai dari lokasi awal hingga tujuan yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengguna untuk merayakan malam tahun baru dan mudik,” ucapnya. 

    Adapun, layanan Digital Weather for Traffic tersedia di aplikasi mobile infobmkg atau dapat diakses lewat link berikut https://signature.bmkg.go.id/dwt/