Topik: Mudik

  • Perjalanan Berjam-jam, Warga Madiun Balik Mudik ke Singaraja Bali dari Terminal Bungurasih
                
                    
                        
                            Surabaya
                        
                        9 April 2025

    Perjalanan Berjam-jam, Warga Madiun Balik Mudik ke Singaraja Bali dari Terminal Bungurasih Surabaya 9 April 2025

    Perjalanan Berjam-jam, Warga Madiun Balik Mudik ke Singaraja Bali dari Terminal Bungurasih
    Tim Redaksi
    SIDOARJO , KOMPAS.com
    – Untung Edi Waluyo (40) bersama istri dan anaknya memilih menggunakan bus dari
    Terminal Bungurasih
    Sidoarjo menuju Singaraja, Bali.
    Momen mudik Hari Raya Idul Fitri 2025 telah berakhir. Setelah bersuka cita berkumpul dengan keluarga, Edi harus kembali ke daerah tempat tinggalnya di Singaraja, Bali.
    “Saya mau balik, dari Madiun ke Singaraja. Asli Madiun, tinggal di Singaraja,” kata Edi saat ditemui Kompas.com pada Senin (7/4/2025).
    Melakukan perjalanan darat dari Madiun ke Banyuwangi kemudian dilanjut menggunakan kapal feri untuk menyeberang ke Pulau Bali, akan memakan waktu berjam-jam.
    “Sampai di sana sekitar pagi jam 4,” ucapnya singkat.
    Edi berangkat dari Terminal Bungurasih Sidoarjo menuju Pelabuhan Gilimanuk saat petang, sekitar pukul 18.00 WIB.
    Artinya, perjalanan darat hingga laut akan memakan waktu selama kurang lebih 10 jam bila lancar tanpa ada kendali seperti kemacetan.
    Sebab, pada H+7 kemarin, menjadi momen puncak arus balik di Terminal Bungurasih Sidoarjo dengan prediksi sekitar 45.000 penumpang di rute AKAP maupun AKDP.
    Sebelum melewati perjalanan panjang, Edi dan keluarganya telah melakukan sejumlah persiapan, mulai dari menjaga kesehatan dan memilah barang bawaan.
    “Istirahat yang cukup, makan yang cukup. Bawa barang secukupnya saja, tidak terlalu banyak karema di bus ramai,” tuturnya.
    Terlihat, tidak banyak barang-barang yang mereka bawa selain sedikit oleh-oleh berupa aneka kripik khas Madiun dan juga lapis kukus Surabaya.
    “Kami bawa oleh-oleh keripik khas Madiun, kue lapis dari Surabaya,” ujarnya.
    Edi mengatakan, dia dan keluarga kecilnya terpaksa pulang saat puncak arus balik karena anaknya akan kembali masuk sekolah pada Rabu (9/4/2025).
    “Karena anak sekolah masuk hari Rabu, ada pekerjaan yang numpuk. Jadi terpaksa pulang saat puncak arus mudik.” 
    “Sebenarnya kerasa (berpikir untuk tidak balik pada saat puncak arus balik) juga waktu di kampung, tapi anak mau sekolah,” ujarnya.
    Pria berusia 40 tahun tersebut mengaku tidak ada diskon atau kenaikan untuk tarif bus Menggala tujuan Surabaya-Singaraja tersebut. Tarifnya sekitar Rp 250.000.
    “Standar ya,” katanya dengan singkat mengenai tarif bus pada musim libur panjang saat Hari Raya Idul Fitri tersebut.
    Menurutnya, fasilitas di Terminal Bungurasih yang juga salah satu terminal tersibuk di Jawa Timur tersebut cukup baik. Mulai dari ruang tunggu hingga banyaknya jajanan yang tersedia.
    “Bagus, semua tertatap rapi. Semua penumpang juga tidak bingung kalau nyarj bus tujuan. Kursinya juga banyak, orang jual makanan juga banyak,” pungkasnya.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Pertamina Bangun Posko Mudik Sambut Arus Balik di Sejumlah Pelabuhan
                
                    
                        
                            Nasional
                        
                        9 April 2025

    Pertamina Bangun Posko Mudik Sambut Arus Balik di Sejumlah Pelabuhan Nasional 9 April 2025

    Pertamina Bangun Posko Mudik Sambut Arus Balik di Sejumlah Pelabuhan
    Tim Redaksi
    KOMPAS.com
    – Dalam rangka mendukung kelancaran dan kenyamanan perjalanan mudik dan balik masyarakat, PT
    Pertamina
    (Persero) mendirikan posko mudik di berbagai titik
    pelabuhan
    strategis. 
    Beberapa pelabuhan strategis itu, antara lain pelabuhan Semayang Balikpapan, Kalimantan Timur, dan pelabuhan Parepare Sulawesi Selatan (Sulsel). 
    Inisiatif tersebut merupakan bagian dari komitmen badan usaha milik negara (BUMN) untuk mendukung masyarakat dalam momen penting, seperti mudik lebaran.
    Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menyampaikan, posko tersebut berlangsung pada masa puncak mudik, yaitu 27-29 April 2025.
    Pertamina berkolaborasi dengan BUMN lain juga akan membuka posko pada puncak
    arus balik
    pada 5-8 Maret 2025 di dua lokasi pelabuhan strategis, yaitu di Balikpapan dan Parepare. 
    Fadjar mengatakan, di pelabuhan Semayang Balikpapan dan
    Pelabuhan
    Parepare, Pertamina bersama dengan BNI, Mandiri, dan Pelindo secara sinergis membangun posko terpadu Mudik BUMN.

    Posko Mudik BUMN
    menyiapkan beragam fasilitas, seperti cek kesehatan gratis, ruang laktasi, sarana ibadah, ruang istirahat, ruang laktasi, tempat bermain anak, dan 200 paket takjil per hari selama posko ini berlangsung,” ujarnya dalam siaran pers, Rabu (9/4/2025). 
    Pertamina juga menyiapkan 700 paket obat-obatan gratis serta 1.400 paket takjil atau paket snack selama posko mudik dan balik tersebut berlangsung di Balikpapan dan Parepare. 
    Adapun Posko Mudik BUMN merupakan bagian dari komitmen seluruh BUMN untuk memberikan kenyamanan dan memastikan kondisi tubuh tetap prima dan sehat selama perjalanan. 
    Posko tersebut juga memberikan berbagai fasilitas lain yang dapat dimanfaatkan bagi para ibu menyusui, anak-anak, serta ruang ibadah dan istirahat.  
    Sebelumnya, Pertamina juga telah menyiapkan 121 armada bus untuk para 5.000 pemudik secara gratis ke 23 kota tujuan, mulai dari Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. 
    Program bertajuk “Mudik Aman Sampai Tujuan BUMN 2025” itu bertujuan memberikan fasilitas transportasi bagi masyarakat yang ingin merayakan Hari Raya Idul Fitri di kampung halaman dengan aman, nyaman, dan tetap mengutamakan keselamatan. 
    Didukung 83 perusahaan BUMN di bawah Kementerian BUMN, termasuk Pertamina, kegiatan itu diikuti sebanyak 105.900 peserta mudik.
    “Pertamina berharap kehadiran kegiatan mudik gratis dan posko mudik ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat serta mendukung kelancaran
    arus mudik
    Lebaran 2025,” ujar Fadjar. 
    Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission (NZE) 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). 
    Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan
    environmental, social, and governance
    (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Pertamina Bangun Posko Mudik Sambut Arus Balik di Sejumlah Pelabuhan

    Pertamina Bangun Posko Mudik Sambut Arus Balik di Sejumlah Pelabuhan

    Bisnis.com, JAKARTA – Dalam rangka mendukung kelancaran dan kenyamanan perjalanan mudik dan balik masyarakat, PT Pertamina (Persero) mendirikan Posko Mudik di berbagai titik pelabuhan strategis, yaitu pelabuhan Semayang Balikpapan, Kalimantan Timur, dan pelabuhan Pare-Pare Sulawesi Selatan. Inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen BUMN untuk mendukung masyarakat dalam momen penting seperti mudik lebaran.

    Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso menyampaikan bahwa posko ini berlangsung dari masa puncak mudik tanggal 27-29 April 2025, dan akan dilakukan kembali di arus puncak balik ditanggal 5-8 Maret 2025 di dua lokasi pelabuhan strategis yaitu di Balikpapan dan Pare-Pare, berkolaborasi dengan BUMN yang lain.

    “Di pelabuhan Semayang Balikpapan dan Pelabuhan Pare-Pare Sulawesi Selatan, Pertamina bersama dengan BNI, Mandiri dan Pelindo secara sinergis membangun posko terpadu Mudik BUMN dengan menyiapkan beragam fasilitas seperti cek kesehatan gratis, ruang laktasi, sarana ibadah, ruang istirahat, ruang laktasi, tempat bermain anak, dan 200 paket takjil per hari selama posko ini berlangsung” ungkap Fadjar.

    Pertamina, juga menyiapkan total 700 paket obat-obatan gratis,serta 1.400 paket takjil atau paket snack selama posko mudik dan balik ini berlangsung di 2 lokasi tersebut, tambah Fadjar.

    Posko Mudik BUMN merupakan bagian dari komitmen seluruh BUMN untuk memberikan kenyamanan dan memastikan kondisi tubuh tetap prima dan sehat selama perjalanan. Posko ini juga memberikan berbagai fasilitas lainnya yang dapat dimanfaatkan bagi para Ibu menyusui, para anak-anak serta ruang ibadah dan istirahat.

    Sebelumnya, Pertamina juga telah menyiapkan 121 armada bus untuk para 5000 pemudik secara gratis ke 23 kota tujuan dari mulai Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa TImur.

    “Mudik Aman Sampai Tujuan BUMN 2025” digelar dengan tujuan memberikan fasilitas transportasi bagi masyarakat yang ingin merayakan hari raya Idulfitri di kampung halaman dengan aman, nyaman dan tetap mengutamakan keselamatan. Didukung sebanyak 83 perusahaan BUMN, di bawah Kementerian BUMN termasuk Pertamina, diikuti sebanyak 105.900 peserta mudik.

    “Pertamina berharap kehadiran kegiatan mudik gratis dan Posko Mudik ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat serta mendukung kelancaran arus mudik Lebaran tahun ini” ujar Fadjar.

    Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target net zero emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

  • Jangan Kaget! Tarif 22 Tol Mau Naik Berjamaah, Ada Jagorawi-JORR

    Jangan Kaget! Tarif 22 Tol Mau Naik Berjamaah, Ada Jagorawi-JORR

    Jakarta, CNBC Indonesia – Era diskon tarif tol di momen mudik sudah akan berakhir. Dalam beberapa waktu ke depan, bakal ada kenaikan tarif tol pada banyak ruas jalan tol di Indonesia.

    Kenaikan tarif tol ini bukan hanya di Pulau Jawa, melainkan juga di Pulau Sumatera. Berdasarkan data dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yang diterima CNBC Indonesia, ada 22 ruas jalan tol yang bakal mengalami kenaikan tarif mulai bulan depan atau Mei mendatang.

    “Ruas jalan tol yang sesuai jadwalnya akan mengalami penyesuaian tarif tol dari bulan Mei hingga Desember 2025,” kata Kepala BPJT Wilan Oktavian kepada CNBC Indonesia, Rabu (9/4/2025).

    Foto: Simpang Susun TMII (Jagorawi arah Jati Asih) (Dokumentasi Hutama Karya)
    Simpang Susun TMII (Jagorawi arah Jati Asih) (Dokumentasi Hutama Karya)

    Daftar 22 Jalan Tol yang Naik Tarif Mulai Bulan Depan:

    Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Mei 2025)
    Padalarang-Cileunyi (Mei 2025)
    Palimanan-Kanci (Juli 2025)
    Cibitung-Cilincing Seksi 2,3,4 (Juli 2025)
    Jakarta-Bogor-Ciawi (Juli 2025)
    Prof. Dr. Ir. Soedijatmo (Juli 2025)
    Cimanggis-Cibitung Seksi 1 dan 2A (Juli 2025)
    Ngawi-Kertosono (Juli 2025)
    Kanci-Pejagan (Agustus 2025)
    Gempol-Pasuruan (Agustus 2025)
    Solo-Mantingan-Ngawi (Agustus 2025)
    Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Agustus 2025)
    Surabaya-Gempol (September 2025)
    Ujung Pandang Seksi 1-3 (September 2025)
    Semarang-Batang (September 2025)
    Pemalang-Batang (Oktober 2025)
    Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (Oktober 2025)
    Semarang-Solo (November 2025)
    Jakarta Outer Ring Road (November 2025)
    Pejagan-Pemalang (Desember 2025)
    Cinere-Jagorawi (Desember 2025)
    Cengkareng-Kunciran (Desember 2025)

    “Untuk 22 ruas, bulan yang tercantum adalah jadwal penyesuaian 2 tahunan sesuai PP dan akan ada penyesuaian tarif apabila SPM nya terpenuhi,” kata Wilan.

    Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) memang memiliki hak untuk menaikkan tarif jalan tol selama dua tahun sekali. Hal itu diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2024 tentang Jalan Tol pasal 83 ayat (1).

    Dalam regulasi tersebut tertulis Evaluasi dan penyesuaian tarif Tol dilakukan oleh menteri setiap dua tahun sekali berdasarkan dua hal, yang pertama soal pengaruh inflasi kemudian yang kedua, evaluasi terhadap pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Jalan Tol.

    “Penyesuaian tarif tetap mengacu pada pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang telah ditetapkan oleh pemerintah. SPM adalah tolok ukur mutu layanan yang wajib dipenuhi oleh setiap Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) demi menjamin kenyamanan, keamanan, dan keselamatan pengguna jalan tol,” kata Wilan.

    “Apabila BUJT tidak dapat memenuhi SPM yang telah ditetapkan, maka penyesuaian tarif akan ditunda hingga standar pelayanan minimal tersebut benar-benar terpenuhi. Hal ini merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk melindungi kepentingan masyarakat pengguna jalan tol dan memastikan bahwa setiap tarif yang dibayarkan sebanding dengan kualitas layanan yang diterima,” lanjutnya.

    (fys/wur)

  • 4 Jalan Tol Ini Masih Gratis Sampai Besok, di Sini Lokasinya

    4 Jalan Tol Ini Masih Gratis Sampai Besok, di Sini Lokasinya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Saat ini masih ada 4 jalan tol yang beroperasi fungsional atau digratiskan untuk mendukung mobilitas arus balik masyarakat. Sebanyak 4 jalan tol tersebut berada di Sumatera dan masuk ke dalam Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dan bakal berakhir masa fungsionalnya besok, Kamis (10/5/2025).

    Kebijakan pengoperasian tanpa tarif dan pembukaan ruas fungsional ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan kelancaran bagi para pengguna jalan selama arus balik Lebaran 2025.

    Daftar Jalan Tol Gratis hingga besok:

    1. Tol Betung – Tempino – Jambi (Betajam) Seksi 3 (Bayung Lencir – Tempino)
    2. Tol Binjai – Langsa (Binsa) Seksi Tanjung Pura – Pangkalan Brandan,
    3. Tol Pekanbaru – Padang Seksi Padang – Sicincin (Pacin) (35,90 km),
    4. Tol Sigli – Banda Aceh (Sibanceh) Seksi Padang Tiji – Seulimeum (23,95 km)

    Foto: Simpang susun strategis di ruas Jalan Tol Trans Sumatra untuk peningkatan akses dan konektivitas bagi wilayah sekitarnya. (Ist/INA)
    Simpang susun strategis di ruas Jalan Tol Trans Sumatra untuk peningkatan akses dan konektivitas bagi wilayah sekitarnya. (Ist/INA)

    Semula Hutama Karya selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) masih menggratiskan Tol Palembang – Betung (Paltung) Seksi 2 GT Rengas/Musi Landas – Pangkalan Balai (30,67 km) hingga besok, namun berubah. Kemarin, Selasa (8/4/2025) pukul 17.00 WIB ruas jalan tol tersebut sudah ditutup karena mengikuti diskresi dari Kepolisian Daerah di Sumatra.

    Pembukaan ruas fungsional ini akan berlangsung setiap hari hingga 10 April 2025 pada pukul 08.00-17.00 WIB untuk Tol Pacin dan Sibanceh Seksi 1.

    “Ruas fungsional tersebut hanya diperuntukkan bagi kendaraan Golongan I (non-bus) seperti mobil pribadi dan kendaraan kecil lainnya. Kendaraan berat seperti truk, bus, dan kendaraan non-Golongan I belum diperbolehkan melintas,” imbuh Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim dalam keterangannya dikutip Rabu (9/4/2025).

    Selama arus mudik, arus mudik Lebaran selama 24-31 Maret 2025 total trafik mencapai 63.619 kendaraan. Ruas Padang – Sicincin tercatat sebagai yang paling diminati, dilalui oleh 33.794 kendaraan. Dari sisi waktu, trafik tertinggi terjadi pada H-3 Lebaran (28 Maret 2025), dengan total 9.783 kendaraan dan pada Hari H Lebaran (31 Maret 2025) dengan total 9.997 kendaraan.

    (fys/wur)

  • Serunya Mudik Naik Kapal Perang: Pengalaman Pertama Keluarga Isnadi Bersama TNI AL
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        9 April 2025

    Serunya Mudik Naik Kapal Perang: Pengalaman Pertama Keluarga Isnadi Bersama TNI AL Megapolitan 9 April 2025

    Serunya Mudik Naik Kapal Perang: Pengalaman Pertama Keluarga Isnadi Bersama TNI AL
    Penulis
    KOMPAS.com – 
    Mudik

    Lebaran 2025
    ini terasa sangat istimewa bagi Isnadi (34) dan keluarganya. Sebab, untuk pertama kalinya, mereka ikut program
    mudik
    gratis yang diselenggarakan TNI Angkatan Laut (AL) dengan menumpangi
    kapal perang
    KRI Banjarmasin-592.
    Bukan hanya sekadar pulang kampung, perjalanan dua hari satu malam dari pelabuhan Tanjung Mas, Semarang ke Jakarta itu menjadi momen tak terlupakan.
    Isnadi, yang berangkat bersama istri dan dua anaknya, mengaku takjub dengan fasilitas dan pelayanan yang tersedia di atas kapal.
    Semua kebutuhan dasar seperti makan, air, hingga kebersihan toilet terpenuhi dengan baik. Bahkan, sang istri, Ririn (34), merasa sangat terbantu dengan adanya ruang khusus ibu dan anak yang nyaman dan ber-AC.
    “Seru banget sih. Makan pagi, siang, malam semua dapet. Toiletnya bersih, airnya lancar, semua fasilitas cukup,” ungkap Isnadi.
    Selain itu, membuat perjalanan ini semakin berkesan adalah keramahan para prajurit
    TNI AL
    .
    Anak-anak yang semula canggung justru merasa senang berada di antara para tentara yang ramah dan bersahabat.
    “Tentaranya juga ramah-ramah. Sama anak kecil juga baik-baik, jadi mereka nggak takut, malah senang ketemu tentara. Kapan lagi bisa ketemu kayak gitu,” ucap Ririn.
    Isnadi dan Ririn pun mengaku sangat puas dan berencana mengikuti program mudik gratis naik kapal perang ini di tahun-tahun berikutnya.
    Sebelumnya, KRI Banjarmasin-592 membawa hampir 1.500 pemudik dalam arus balik ke Jakarta.
    Menurut Panglima Kolinlamil, Laksda TNI Hudiarto Krisno Utomo, seluruh proses berjalan lancar dan para pemudik tiba dalam kondisi sehat.
    Dirinya juga menjelaskan bahwa tahun ini sistem pendaftaran sudah berbasis online, membuat proses lebih cepat dan transparan.
    Tak hanya itu, para pemudik juga diajak mengikuti beragam aktivitas selama pelayaran seperti nonton film bareng, pengajian, hingga hiburan musik.
    Program ini tak hanya memudahkan masyarakat, tapi juga memberi pengalaman unik yang mengedukasi.
    TNI AL berharap kegiatan ini bisa terus dilaksanakan setiap tahun, dengan evaluasi berkelanjutan dari hasil survei kepuasan penumpang.
    Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul “Cerita Satu Keluarga Ikut Mudik Gratis Naik Kapal Perang: Tentaranya Ramah, Anak Jadi Nggak Takut”
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Pimpin Apel Perdana Usai Libur Lebaran, Wali Kota Tangerang Sachrudin Siap Gaspol Tingkatkan Pelayanan
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        9 April 2025

    Pimpin Apel Perdana Usai Libur Lebaran, Wali Kota Tangerang Sachrudin Siap Gaspol Tingkatkan Pelayanan Megapolitan 9 April 2025

    Pimpin Apel Perdana Usai Libur Lebaran, Wali Kota Tangerang Sachrudin Siap Gaspol Tingkatkan Pelayanan
    Tim Redaksi
    KOMPAS.com

    Wali Kota Tangerang Sachrudin
    mengimbau seluruh pegawai Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.
    Hal tersebut disampaikan Sachrudin saat memimpin kegiatan apel dan halalbihalal setelah cuti bersama Idul Fitri 1446 Hijriah (H) di Plaza Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Rabu (9/4/2025).
    Ia menyampaikan bahwa apel perdana tersebut sekaligus menjadi ajang halalbihalal dengan seluruh pegawai di lingkungan
    Pemkot Tangerang
    , mulai dari tingkat kecamatan, kelurahan, hingga BUMD.
    “Alhamdulillah, hari ini kami kembali melaksanakan apel bersama setelah libur panjang. Saya mengapresiasi seluruh pegawai yang telah memberikan pelayanan maksimal, terutama selama masa libur Lebaran,” ucap Sachrudin dalam siaran pers, Rabu (9/4/2025).
    “Tadi kami sempat mengecek kehadiran, tercatat 98 persen pegawai hadir. Beberapa mungkin belum absen atau berhalangan karena masalah kesehatan,” lanjutnya.
    Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Tangerang, Deni Koswara menegaskan bahwa pelayanan kepada masyarakat adalah prioritas utama dan tidak boleh diabaikan. 
    Ia berharap seluruh pegawai dapat kembali menjalankan perannya secara maksimal.
    “Sesuai arahan Bapak Wali Kota Tangerang, seluruh pegawai wajib meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat. Kami berharap semua dapat menjalankan tugas sesuai arahan, karena pelayanan kepada masyarakat adalah yang paling utama,” ujar Deni.
    Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kota Tangerang, Rizal Ridolloh mengungkapkan bahwa pihaknya telah memberikan pelayanan administrasi kependudukan secara maksimal selama libur Lebaran.
    Menurutnya, pelayanan terus ditingkatkan, terutama untuk mencatat kedatangan penduduk pascaarus mudik.
    “Kami terus memberikan pelayanan sejak libur Lebaran kemarin. Seluruh layanan administrasi kependudukan, baik di Kantor Disdukcapil, kecamatan, kelurahan, maupun di
    booth
    pelayanan seperti Mal
    Pelayanan Publik
    (MPP), Icon Walk Mall, dan TangCity Mall, kini sudah kembali dapat dimanfaatkan masyarakat,” tutur Rizal.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Sowan Lebaran, Bahlil Lahadalia Kunjungi Jokowi di Solo

    Sowan Lebaran, Bahlil Lahadalia Kunjungi Jokowi di Solo

    Bahlil menjelaskan bahwa kunjungan ini sebenarnya direncanakan beberapa hari sebelumnya. Ia sempat mudik lebih dulu ke kampung halaman istrinya, Sri Suparni Lahadalia, di Sragen, Jawa Tengah. Namun saat itu, Jokowi sedang berada di luar kota bersama keluarga, sehingga pertemuan baru bisa dilakukan pada malam ini.

    “Secara kebetulan waktu kami datang duluan ke kampung istri di Sragen beberapa hari lalu, kami belum sempat ketemu Pak Jokowi karena Bapak Presiden ke-7 sedang di Bali. Dan Alhamdulillah, saya berkesempatan hari ini Bapak Presiden Jokowi, Presiden ke-7 berkenan menerima kami di kediaman,” ucap Bahlil.

    Ketika ditanya lebih lanjut mengenai isi percakapan dalam pertemuan itu, Bahlil tidak memberikan penjelasan mendetail. Namun, ia menyampaikan bahwa momen tersebut menjadi ajang melepas rindu. 

    “Ya kangen sama Bapak juga, sama Ibu (Iriana). Makan sama-sama terus ngomong ringan ya perkembangan ekonomi. Ya, saya kan muridnya Bapak Presiden Jokowi,” tuturnya.

  • Sistem Bank DKI Bermasalah Lagi, Pramono: Ganti Semua Orang yang Punya Akses
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        9 April 2025

    Sistem Bank DKI Bermasalah Lagi, Pramono: Ganti Semua Orang yang Punya Akses Megapolitan 9 April 2025

    Sistem Bank DKI Bermasalah Lagi, Pramono: Ganti Semua Orang yang Punya Akses
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Gubernur Jakarta
    Pramono Anung
    meminta seluruh personel
    Bank DKI
    yang memiliki akses ke sistem informasi bank segera diganti.
    Instruksi ini menyusul gangguan layanan perbankan yang kembali terjadi di bank milik Pemerintah Provinsi Jakarta tersebut.
    “Saya juga sudah meminta semua orang yang selama ini punya
    password
    dan PC di departemen itu semuanya diganti. Orang-orang baru yang dipilih oleh Direktur Utama yang sekarang,” ucap Pramono saat ditemui di Gedung DPRD Jakarta, Rabu (9/4/2025).
    Pramono menyatakan, gangguan di Bank DKI bukan yang pertama, melainkan sudah terjadi tiga kali. Ia menduga kuat adanya unsur kesengajaan dan keterlibatan pihak internal dalam insiden ini.
    “Kejadian di Bank DKI ini bukan pertama kali. Ini sudah ketiga kali,” ucap Pramono.
    Pramono menilai, lemahnya pengawasan sistem teknologi informasi menjadi masalah utama yang menyebabkan berulangnya gangguan.
    Ia juga menduga adanya indikasi kebocoran data yang berulang terjadi dan menimbulkan kerugian pada Bank DKI.
    Namun, Pramono belum mengungkap angka pasti kerugian yang dialami bank daerah tersebut.
    “Kejadiannya hampir serupa. Di mana IT tidak dilaksanakan, tidak dijaga secara baik. Dan hal itu terlihat dari terus terang ada kebocoran. Jumlah angkanya yang tahu direksi Bank DKI,” kata dia.
    Atas dasar itu, Pramono meminta Bank DKI untuk melaporkan kasus ini ke Bareskrim Polri.
    “Karena kejadiannya sudah tiga kali, maka saya memutuskan. Yang pertama, semuanya dilaporkan kepada Bareskrim,” katanya.
    Tak hanya itu, Pramono juga mencopot Amirul Wicaksono dari jabatannya sebagai Direktur Teknologi dan Operasional Bank DKI.
    Jabatan tersebut kini dirangkap oleh Direktur Umum Bank DKI sebagai bentuk penegakan disiplin.
    “Yang kedua, diambil tindakan kepada Direktur IT. Karena sudah berulang kali. Ini yang ketiga kali. Dibebastugaskan dan jabatan itu dirangkap oleh Direktur Umum, mulai berlaku kemarin,” kata Pramono.
    Sebagai langkah lanjutan, Pramono menyatakan telah menunjuk lembaga independen internasional untuk melakukan audit, pelacakan, dan pemantauan sistem Bank DKI secara menyeluruh.
    Sebelumnya, keluhan dari para nasabah Bank DKI mulai ramai sejak 29 Maret 2025 di akun X (dulu Twitter).
    Banyak yang melaporkan tidak bisa melakukan transaksi via aplikasi JakOne Mobile, termasuk transfer antarbank, pembayaran QRIS, hingga tarik tunai di ATM Bersama.
    Salah satu nasabah Bank DKI melaporkan ke akun X @bank_dki karena tidak dapat menemukan fitur transfer uang ke bank lain di aplikasi JakOne Mobile pada 29 Maret 2025.
    “Halo
    bank Dki
    , ini kenapa ya dari siang tidak ada fitur transfer external di aplikasi JakOne, Mohon segera diperbaiki ya karena saya mau transfer ke bank lain,” tulis akun X @archive********.
    Kemudian, pada 30 Maret 2025, pemilik akun @unknown***** mengunggah tangkapan layar dari pesan yang dia kirimkan ke Instagram Bank DKI.
    Akun tersebut komplain karena tidak dapat menggunakan QRIS m-banking.
    Pada aplikasi mobile banking Bank DKI hanya tertulis ‘Terjadi kesalahan, harap coba lagi nanti’. Namun, setelah pemilik akun mencoba transaksi yang sama sebanyak lima kali, ternyata saldonya sudah terpotong tapi tidak masuk ke dalam riwayat transaksi.
    “Gimana nih @bank_dki??” tulis akun @unknown*****.
    Masalah ini bahkan berlanjut saat Lebaran 2025 yang jatuh pada 31 Maret.
    Nasabah dengan akun X @erza*******22 menyuarakan kekesalan karena tidak bisa melakukan transaksi antarbank, membayar dengan debit atau QRIS, serta gagal tarik tunai di ATM Bersama.
    “Hey @bank_dki sampe kapan maintenance sistemmu? Dari mudik tanggal 29 sampe sekarang gak bisa transaksi antar bank, gak bisa bayar debit, gak bisa bayar QRIS, gak bisa tarik tunai ATM bersama. Lu kira gerai ATM-mu udah nyebar ke daerah2?” tulisnya.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Kala Supian Suri Meminta Maaf kepada Dedi Mulyadi soal Mobil Dinas untuk Mudik…
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        9 April 2025

    Kala Supian Suri Meminta Maaf kepada Dedi Mulyadi soal Mobil Dinas untuk Mudik… Megapolitan 9 April 2025

    Kala Supian Suri Meminta Maaf kepada Dedi Mulyadi soal Mobil Dinas untuk Mudik…
    Editor
    DEPOK, KOMPAS.com
    – Suasana halal bihalal di Sukmajaya, Depok, Selasa (8/4/2025), rupanya tidak hanya dihiasi senyum dan jabat tangan para pejabat pemerintah kota.
    Di tengah suasana silaturahmi itu, Wali Kota Depok
    Supian Suri
    turut menyampaikan
    permintaan maaf
    , terkait kebijakan yang sempat menuai teguran dari atasannya, Gubernur Jawa Barat
    Dedi Mulyadi
    .
    Dengan nada rendah hati, Supian mengakui telah menerima teguran resmi dari sang gubernur atas kebijakannya yang memperbolehkan aparatur sipil negara (ASN) menggunakan
    mobil dinas
    untuk mudik.
    “Saya kemarin juga sudah ditegur sama Pak Gubernur. Saya sudah menyampaikan surat permohonan maaf kalau kebijakan yang saya ambil bertentangan dengan ketentuan,” ujar Supian pada Selasa (8/4/2025).
    Pernyataannya itu disampaikan usai acara, di mana suasana masih terasa hangat selepas Lebaran.
    Supian tampak ingin meluruskan bahwa niat awalnya bukanlah untuk menentang aturan dari pemerintah pusat, melainkan bentuk empati terhadap ASN yang kesulitan kendaraan saat mudik.
    “Lebih kepada berempati kepada yang enggak punya (mobil) dan faktanya memang benar (demikian),” kata Supian.
    Menurut Supian, hanya dua hingga tiga ASN yang memanfaatkan mobil dinas untuk mudik pada Lebaran 2025 ini.
    Namun demikian, ia menegaskan masalah sanksi terhadap ASN pengguna mobil dinas bukan berada di bawah kewenangannya.
    “(Perihal sanksi) saya enggak tahu. Tapi, prinsipnya saya sudah menyampaikan dalam bentuk surat ke Pak Dedi, sudah saya kirim. Suratnya juga sudah sampai ke Pak Gubernur dan tembusan ke Kemendagri dan PAN-RB,” ujarnya dengan nada penuh tanggung jawab.
    Kebijakan Supian sempat menjadi perhatian setelah Wakil Menteri Dalam Negeri Bima Arya dan Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi menegur langsung langkah tersebut.
    Tiga alasan dikemukakan Supian ketika kebijakan itu dibuat yakni sebagai bentuk apresiasi terhadap ASN, tidak semua ASN memiliki kendaraan pribadi dan agar ASN bisa kembali tepat waktu tanpa alasan transportasi.
    “Enggak semua dari mereka (ASN) punya kendaraan, jadi diharapkan itu bisa membantu sebagai apresiasi pengabdian mereka selama ini, sehingga kami izinkan,” ujar Supian.
    Kini, setelah menerima teguran dan menyampaikan permohonan maaf resmi, Supian Suri berharap niat baiknya dipahami dalam semangat empati, tanpa mengurangi penghormatan terhadap aturan yang berlaku.
    (Reporter: Dinda Aulia Ramadhanty | Editor: Larissa Huda)
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.