Topik: Mudik

  • KIA Klaim Sudah Tangani Keluhan Pemesanan Tiket Mudik Lebaran – Halaman all

    KIA Klaim Sudah Tangani Keluhan Pemesanan Tiket Mudik Lebaran – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menindaklanjuti kendala sistem pemesanan tiket, khususnya terkait antrean dan pembayarannya.

    “Setiap kendala yang terjadi, baik dalam proses antrean maupun transaksi pembayaran telah kami tindak lanjuti secara intensif,” ujar Vice President Public Relations KAI Anne Purba di Jakarta, Sabtu (15/2/2025).

    Anne berujar, KAI telah berkoordinasi dengan mitra pembayaran tiket guna memastikan bahwa setiap transaksi yang terdampak segera mendapatkan penyelesaian, termasuk proses refund dengan segera.

    Untuk mengakomodasi tingginya permintaan perjalanan pada periode Lebaran, KAI saat ini sedang menyiapkan layanan kereta tambahan guna meningkatkan kapasitas angkutan.

    Saat ini, KAI baru menyediakan 2.893.338 tempat duduk untuk perjalanan KA jarak jauh reguler selama periode angkutan Lebaran 2025, yakni dari 21 Maret hingga 11 April 2025.

    “Hari ini, 15 Februari 2025 tiket yang tersedia adalah untuk keberangkatan hingga Selasa, 1 April 2025 atau H+1 Lebaran,” imbuh Anne.

    Dia memastikan, informasi mengenai KA tambahan akan segera diumumkan kepada masyarakat setelah melalui proses finalisasi. Di sisi lain, KAI mengimbau pelanggan untuk melaporkan segala aktivitas mencurigakan melalui layanan pengaduan KAI121 yang tersedia 24 jam.

    “KAI menerapkan persyaratan ketat dalam pemesanan tiket rombongan untuk memastikan pemerataan kesempatan bagi masyarakat,” sambungnya.

    Sementara, alokasi tiket rombongan dibatasi maksimal 10 persen dari total kapasitas tempat duduk yang tersedia, dengan prioritas utama diberikan kepada program mudik gratis yang diselenggarakan oleh Pemerintah dan berbagai instansi.

    “Kebijakan ini bertujuan untuk memperluas akses bagi masyarakat umum dalam mendapatkan tiket, sekaligus mendukung program mudik gratis sebagai bagian dari upaya sosial membantu pergerakan masyarakat saat Lebaran,” tambah Anne.

  • KAI Minta Maaf Pemesanan Tiket Mudik Lebaran Bermasalah

    KAI Minta Maaf Pemesanan Tiket Mudik Lebaran Bermasalah

    Jakarta

    KAI menyampaikan permohonan maaf atas kendala yang terjadi dalam sistem pemesanan tiket, khususnya terkait antrean dan pembayaran yang dialami pelanggan. lonjakan pemesanan tiket Lebaran yang terjadi pada Selasa, 13 Februari 2025 merupakan puncak tertinggi dalam periode penjualan.

    Oleh karena itu, berbagai langkah perbaikan telah dan terus dilakukan oleh KAI agar sistem pemesanan tiket semakin optimal serta memastikan seluruh transaksi pelanggan dapat diselesaikan dengan baik.

    “Kami menyadari tingginya antusiasme masyarakat dalam menggunakan layanan kereta api untuk perjalanan mudik Lebaran. Setiap kendala yang terjadi, baik dalam proses antrean maupun transaksi pembayaran telah kami tindak lanjuti secara intensif,” ujar Vice President Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangan tertulis, Sabtu (15/2/2025).

    KAI juga telah berkoordinasi dengan mitra pembayaran tiket guna memastikan bahwa setiap transaksi yang terdampak segera mendapatkan penyelesaian, termasuk proses refund dengan segera. Pelanggan yang masih mengalami kendala diimbau segera menghubungi layanan pelanggan KAI121 yang tersedia 24 jam melalui media sosial, email cs@kai.id, atau WhatsApp KAI121 di 0811-1211-1121.

    Untuk mengakomodasi tingginya permintaan perjalanan pada periode Lebaran, KAI saat ini sedang menyiapkan layanan kereta tambahan guna meningkatkan kapasitas angkutan. Saat ini, KAI baru menyediakan 2.893.338 tempat duduk untuk perjalanan KA jarak jauh reguler selama periode angkutan Lebaran 2025, yakni dari 21 Maret hingga 11 April 2025.

    Hari ini, 15 Februari 2025 tiket yang tersedia adalah untuk keberangkatan hingga Selasa, 1 April 2025 atau (H+1) Lebaran. Informasi mengenai KA tambahan akan segera diumumkan kepada masyarakat setelah melalui proses finalisasi.

    “Untuk memastikan perjalanan yang aman dan nyaman, KAI melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap sarana perkeretaapian, termasuk lokomotif dan rangkaian kereta. Pemeriksaan ini mencakup aspek teknis dan operasional guna memastikan seluruh sarana dalam kondisi prima sebelum melayani pelanggan pada puncak arus mudik dan balik Lebaran,” beber Anne.

    Anne juga mengajak pelanggan untuk selalu membeli tiket melalui kanal resmi KAI, yaitu aplikasi Access by KAI dan situs booking.kai.id guna menghindari potensi penipuan dan memastikan perjalanan yang aman dan nyaman. Sebagai bagian dari komitmen dalam memberantas praktik percaloan, sistem ticketing KAI saat ini telah menerapkan mekanisme yang lebih transparan dan ketat.

    Setiap tiket yang dibeli harus menggunakan identitas asli penumpang dengan sistem satu KTP/Paspor atau kartu identitas lainnya untuk satu nama. Selain itu, proses boarding juga diperketat seperti dengan hadirnya layanan face recognition serta pembatasan transaksi per kode booking guna memastikan bahwa tiket digunakan oleh pelanggan yang berhak.

    KAI juga berkomitmen untuk menindak tegas segala bentuk praktik percaloan dengan menerapkan langkah-langkah hukum bagi oknum yang terbukti terlibat. KAI mengimbau pelanggan untuk melaporkan segala aktivitas mencurigakan melalui layanan pengaduan KAI121 yang tersedia 24 jam.

    “KAI menerapkan persyaratan ketat dalam pemesanan tiket rombongan untuk memastikan pemerataan kesempatan bagi masyarakat. Alokasi tiket rombongan dibatasi maksimal 10% dari total kapasitas tempat duduk yang tersedia, dengan prioritas utama diberikan kepada program mudik gratis yang diselenggarakan oleh Pemerintah dan berbagai instansi,” tuturnya.

    “Kebijakan ini bertujuan untuk memperluas akses bagi masyarakat umum dalam mendapatkan tiket, sekaligus mendukung program mudik gratis sebagai bagian dari upaya sosial membantu pergerakan masyarakat saat Lebaran,” tambah Anne.

    (ily/hns)

  • Siapkan Diskon Tiket Pesawat dan Mudik Gratis, Begini Langkah Menhub – Page 3

    Siapkan Diskon Tiket Pesawat dan Mudik Gratis, Begini Langkah Menhub – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Menteri Perhubungan (Menhub) Dudy Purwagandhi melakukan langkah persiapan guna menghadapi masa angkutan mudik Lebaran 2025. Termasuk melakukan koordinasi lintas kementerian untuk mempersiapkan diskon tiket pesawat saat mudik Lebaran tahun ini.

    Menhub mengatakan, dirinya tengah berkoordinasi dengan sejumlah stakeholder untuk membahas kemungkinan ada penurunan harga tiket pesawat serta penyelenggaraan Mudik Gratis pada masa Lebaran 2025. 

    “Mengenai diskon tarif pesawat, Kemenhub masih akan membahasnya lingkup antar kementerian guna memastikan kemampuan masyarakat serta kesinambungan usaha bidang penerbangan,” ujar Menhub dalam keterangan tertulis, Sabtu (15/2/2025).

    Sejak bulan lalu, ia bercerita telah mendatangi sejumlah kementerian terkait untuk melakukan koordinasi menghadapi angkutan Lebaran. 

    Ia telah berkoordinasi dengan Menteri Koordinator Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Kesehatan, Kementerian Pariwisata, Menteri Komunikasi dan Digital, Menteri Perdagangan, dan Menteri Dalam Negeri.

    “Koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral menjadi kunci penting dalam penyelenggaraan angkutan Lebaran. Kami berharap dukungan dan kolaborasi dari semua pihak,” ungkap dia. 

    Beberapa langkah antisipatif pun telah dilakukan demi menghadapi masa angkutan Lebaran 2025. Di antaranya, melakukan koordinasi lintas kementerian/lembaga, menyiapkan survei pergerakan arus lebaran, menyiapkan dan menguji coba kebijakan yang akan ditetapkan pada masa angkutan Lebaran, serta memastikan kesiapan teknis seluruh sarana dan prasarana transportasi. 

    “Seluruh persiapan ini dilakukan agar penyelenggaraan angkutan Lebaran 2025 dapat berlangsung dengan aman, selamat, dan lancar,” imbuh Menhub. 

    Kemenhub juga akan segera merampungkan survei untuk mengetahui prediksi pergerakan masyarakat pada masa angkutan Lebaran 2025. Hasil survei ini perlu untuk menjadi acuan dalam pengambilan kebijakan yang tepat untuk mendukung kelancaran angkutan Lebaran. 

     

  • Tanpa Mobil Baru, Ini Cara Mitsubishi Goda Pengujung IIMS 2025

    Tanpa Mobil Baru, Ini Cara Mitsubishi Goda Pengujung IIMS 2025

    Jakarta

    Jika pabrikan otomotif lainnya tengah beradu gengsi dengan menampilkan berbagai varian terbaru di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025, Mitsubishi cukup percaya diri dengan produknya saat ini. Produsen otomotif ternama asal Jepang ini memiliki strategi yang berbeda pada ajang IIMS 2025.

    Tanpa peluncuran mobil hybrid atau listrik, Mitsubishi masih menaruh kepercayaan besar akan performa Mitsubishi Xpander pada ajang IIMS 2025.

    “Di IIMS ini kita akan memanfaatkan momentum menjelang lebaran, sehingga konsumen bisa mendapatkan program-program penjualan yang lebih menarik. Baik melalui cashback, beberapa gift, maupun beberapa aftersales program. Hal ini yang menjadi strategi kita untuk meningkatkan penjualan menjelang lebaran,” ujar Director of Sales & Marketing Division PT. MMKSI, Irwan Kuncoro.

    “Sebetulnya sebagaimana reguler penjualan, kontribusi terbesar dari Xpander (pemesanan kendaraan terbanyak Mitsubishi di IIMS 2025). Bisa jadi Xpander 50%, sisanya untuk Pajero Sport dan Xforce,” Irwan menambahkan

    Irwan berkeyakinan setidaknya akan ada 2.000 unit Mitsubishi akan terpesan pada pameran kali ini.

    “Maunya sebanyak-banyaknya, tetapi paling tidak di angka 2.000-an SPK,” kata Irwan.

    Dalam kesempatan yang sama, Irwan juga menyampaikan IIMS 2025 menjadi pintu berbagai program menarik yang ditawarkan Mitsubishi Indonesia untuk konsumen sebelum bulan suci Ramadan 2025 tiba.

    Adapun program yang ditawarkan selama pameran IIMS 2025 antara lain gratis dashcam, DP ringan mulai dari 15 persen, Bunga Ringan, tambahan cashback, dan berbagai keuntungan tambahan lainnya.

    “Nanti akan ada special program sebelum lebaran dan setelah lebaran yang berhubungan dengan safety consumer dan ada special discount juga. Nanti akan diinfokan detailnya terkait hal tersebut, karena memang belum mulai. Untuk periode lebaran kami juga akan menyediakan bengkel siaga di kota-kota agar konsumen yang melakukan mudik nanti bisa lebih nyaman,” ucap Irwan.

    MMKSI juga mengumumkan kolaborasinya dengan salah satu ajang pencarian bakat, Indonesian Idol. Kolaborasi tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan MMKSI terhadap langkah awal para peserta, menemani setiap perjalanan mereka dalam menggapai Impian dan meningkatkan petualangan hidup mereka ke level yang lebih menantang.

    (lth/dry)

  • Layanan Shuttle Bus Damri PIK 2 ke Stasiun Whoosh Hadir dengan 9 Armada

    Layanan Shuttle Bus Damri PIK 2 ke Stasiun Whoosh Hadir dengan 9 Armada

    Jakarta, Beritasatu.com – Layanan shuttle bus rute Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Tangerang hingga Stasiun Kereta Cepat (Whoosh) Halim, Jakarta kini tersedia tiga hingga sembilan armada setiap harinya.

    Senior Vice President Komersial dan Pengembangan Usaha Perum Damri Agus Hari Survijanto mengungkapkan,  layanan shuttle bus Damri telah beroperasi sejak 12 Februari 2025. Ia melihat adanya potensi peningkatan mobilitas masyarakat seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk yang signifikan.

    “Untuk saat ini, kami menyiapkan tiga armada terlebih dahulu. Namun, kami bisa menambah hingga delapan atau sembilan armada apabila diperlukan,” jelas Agus kepada Beritasatu.com di kantor B-Universe, PIK 2, pada Jumat (14/2/2025).

    Jadwal keberangkatan dari PIK 2 dimulai pada pukul 04.30 WIB, sementara dari Stasiun Whoosh Halim dimulai pukul 07.30 WIB. Damri berkomitmen untuk menjalankan operasional shuttle setiap satu jam sekali dan akan menambah armada apabila jumlah penumpang meningkat.

    Layanan shuttle ini merupakan hasil kerja sama antara Damri dan Agung Sedayu Group, bertujuan untuk memperkuat konektivitas transportasi umum di Indonesia. 

    Sebelumnya, Damri juga telah mengoperasikan layanan bus Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) Residence Connexion (JR Connexion) dengan rute PIK 2-Stasiun MRT Blok M pada November 2023.

    Ia menambahkan, shuttle ini sangat berguna bagi masyarakat yang tinggal di kawasan Jabodetabek dan bekerja di PIK 2, begitu pula sebaliknya. Pengguna juga dapat menikmati promo tarif khusus selama periode tertentu.

    “Misalnya, bagi mereka yang tinggal di Bekasi, bisa menggunakan LRT lalu melanjutkan perjalanan dengan armada shuttle ini tanpa berhenti,” tambah Agus.

    Pada momen tertentu, seperti pada hari Lebaran, Damri juga turut mendukung mobilitas mudik masyarakat. Armada dan sopir yang disiapkan akan menjalani pemeriksaan rutin (ramp check) untuk memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang.

    Ke depannya, layanan transportasi publik seperti shuttle bus ini diharapkan dapat menjadi solusi mengatasi permasalahan kemacetan di Jakarta dan sekitarnya. Pasalnya, banyak masyarakat yang masih memilih kendaraan pribadi daripada menggunakan transportasi umum.

    “Harapan kami adalah terus meningkatkan pengalaman pelanggan, sehingga masyarakat semakin tertarik beralih ke transportasi publik,” tutup Agus yang mengabarkan shuttle bus ke PIK 2 dari Stasiun Halim sudah tersedia.

  • Jangan Ulangi Kesalahan Tahun Lalu! Begini Cara Cerdas Atur Keuangan Saat Ramadan

    Jangan Ulangi Kesalahan Tahun Lalu! Begini Cara Cerdas Atur Keuangan Saat Ramadan

    Jakarta: Ramadan sering kali menjadi bulan dengan pengeluaran terbesar dalam setahun. Mulai dari biaya sahur, buka puasa, hingga persiapan Lebaran. 
     
    Nah menjelang bulan Ramadan ada baiknya jika kita sudah memantapkan hati untuk mengelola keuangan dengan baik agar tidak jebol.
     
    Lalu, bagaimana cara mengatur keuangan agar tetap hemat tetapi tetap bisa menikmati Ramadan dengan nyaman? 

    Menguti berbagai sumber, berikut tips mengelola keuangan selama Ramadan:

    1. Buat anggaran Ramadan yang realistis
    Sebelum Ramadan tiba, buatlah daftar kebutuhan dan alokasikan anggaran yang realistis. Kategorikan pengeluaran dalam beberapa pos, seperti:
     
    – Makanan (sahur & buka puasa).
    – Sedekah & zakat.
    – Belanja kebutuhan Ramadan & persiapan Lebaran.
    – Transportasi dan mudik (jika diperlukan).
    – Dana darurat.
     
    Pastikan anggaran ini sesuai dengan pemasukan agar tidak berutang di akhir bulan.
     

    2. Belanja bahan makanan dalam jumlah cukup
    Menjelang Ramadan ada baiknya kamu mulai menyicil membeli bahan makanan. Membeli bakan makanan dalam jumlah besar sering kali lebih hemat dibandingkan belanja harian. Namun, pastikan membeli secukupnya agar tidak ada yang terbuang percuma. 

    3. Batasi buka puasa di luar
    Pengalaman Ramadan tahun lalu, godaan untuk berbuka di restoran atau kafe bisa membuat pengeluaran membengkak. Jika tetap ingin berbuka di luar, tentukan anggaran khusus dan batasi frekuensinya, misalnya hanya sekali dalam seminggu. 
     
    Alternatif lainnya adalah mengadakan buka puasa bersama di rumah dengan sistem patungan, sehingga lebih hemat.
    4. Masak sendiri, lebih hemat dan sehat
    Nah, selain itu, memasak sendiri jauh lebih hemat dibandingkan membeli makanan di luar setiap hari. Buat menu mingguan agar lebih terorganisir dan menghindari pemborosan bahan makanan. 
     

    5. Kurangi pengeluaran untuk takjil berlebihan
    Kalau sudah masuk bulan puasa, jangan sampai kalap membeli takjil setiap hari. Meskipun harganya murah, jika dikalkulasikan dalam sebulan, bisa menjadi pengeluaran besar. 
     
    Pilih satu atau dua jenis takjil favorit dan buat sendiri di rumah untuk lebih hemat.
     
    Mengatur keuangan selama Ramadan bukan berarti harus serba irit hingga mengurangi kualitas hidup. Dengan strategi yang tepat, kamu tetap bisa menikmati momen spesial ini tanpa harus mengalami krisis finansial. 

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Penjualan Mobil Januari 2025 Turun, Toyota Bilang Begini

    Penjualan Mobil Januari 2025 Turun, Toyota Bilang Begini

    Jakarta

    Penjualan mobil di awal tahun 2025 menunjukkan penurunan hingga dua digit. Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil secara wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) pada Januari 2025 tercatat hanya sebanyak 61.849 unit. Ini tanggapan Toyota.

    Sebagai perbandingan, penjualan mobil secara wholesales pada bulan Desember 2024 mencapai angka 79.806 unit. Artinya, ada penurunan hingga 22,5%. Kemudian kalau dibandingkan dengan penjualan bulan Januari 2024, mencapai 69.758 unit, yang artinya penjualan Januari 2025 turun sekitar 11,3%.

    Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, mengatakan, meski market nasional mengalami penurunan, namun secara brand, penjualan merek Toyota masih cukup baik dan meningkat.

    “Total market memang turun. Tapi kebetulan Toyota, kalau kita bandingkan dengan target, sebenarnya (penjualan) kita masih cukup baik dan market share kita meningkat,” buka Anton di arena Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025, JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (13/2/2025).

    Anton menambahkan, wajar jika terjadi penurunan penjualan di bulan Januari, sebab trennya memang seperti itu. “Saya rasa wajar, karena Desember memang salah satu puncak penjualan dan Januari adalah tahun baru. Jadi wajar memang terjadi penurunan seperti tahun-tahun sebelumnya,” sambung Anton.

    Di sisi lain, Anton berharap penjualan mobil bisa meningkat kembali di bulan Februari dan Maret. Sebab di bulan itu jatuh hari raya Idul Fitri dan ada libur panjang, di mana biasanya kebutuhan mobil akan meningkat untuk digunakan mudik alias pulang kampung.

    “Harapan kami di bulan Februari, Maret, ini menuju lebaran, harapannya market akan kembali bergairah dan kemungkinan (penjualan) akan meningkat lagi,” kata Anton lagi.

    (lua/dry)

  • Masyarakat Diimbau Beli Tiket Kapal Ferry untuk Lebaran 2025 dari Sekarang Secara Online – Halaman all

    Masyarakat Diimbau Beli Tiket Kapal Ferry untuk Lebaran 2025 dari Sekarang Secara Online – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengimbau masyarakat membeli tiket kapal ferry untuk angkutan Lebaran 2025 dari sekarang.

    Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin menegaskan bahwa saat ini di 40 pelabuhan yang mereka kelola telah menerapkan pembelian tiket secara online berbasis aplikasi maupun website.

    Maka dari itu, pihaknya mendorong masyarakat yang akan melakukan perjalanan saat mudik Lebaran, agar segera membeli tiket sejak jauh hari secara online.

    “Kami imbau agar masyarakat yang akan naik kapal ferry segera beli tiket online dari sekarang. Tiket ferry sudah tersedia H-60 keberangkatan,” kata Shelvy dikutip dari siaran pers pada Jumat (14/2/2025).

    Ia mengingatkan masyarakat agar menghindari keterlambatan pembelian. Sebab, biasanya jika sudah mendekati hari H Lebaran, kuota tiket sudah ludes terjual.

    Dengan reservasi tiket secara online, Shelvy menyebut calon penumpang tak perlu lagi antre di pelabuhan.

    “Pemesanan dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja melalui Website Ferizy, Aplikasi Ferizy, serta Mitra Resmi ASDP,” ujar Shelvy.

    Sejak Mei 2020, ASDP telah menerapkan digitalisasi layanan pemesanan tiket secara online melalui Ferizy, khususnya di lintasan utama Merak–Bakauheni dan Ketapang–Gilimanuk.

    Dengan sistem ini, pengguna jasa hanya dapat masuk ke pelabuhan sesuai jadwal keberangkatan yang dipilih.

    Pengguna jasa akan naik kapal berdasarkan sistem first in, first out (FIFO) setelah proses check-in.

    Digitalisasi yang telah diterapkan di lebih dari 40 pelabuhan mencakup berbagai inovasi.

    Contohnya seperti sistem pemesanan tiket online melalui Ferizy dan trip.ferizy.com yang mempermudah reservasi.

    Lalu, pembayaran cashless menggunakan QRIS, dompet digital, dan kanal perbankan lainnya.

    Selain itu, pelabuhan utama kini telah dilengkapi pintu masuk otomatis dengan pemindai QR Code, yang mempercepat akses kendaraan dan pejalan kaki ke dalam pelabuhan. 

  • Operasi Keselamatan Candi 2025 dapati 1 armada langgar aturan

    Operasi Keselamatan Candi 2025 dapati 1 armada langgar aturan

    Sumber foto: Pranoto/elshinta.com.

    Operasi Keselamatan Candi 2025 dapati 1 armada langgar aturan
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Kamis, 13 Februari 2025 – 18:04 WIB

    Elshinta.com – Operasi Keselamatan Candi 2025:yang digelar Jajaran Satlantas Polres Salatiga, Jawa  Tengah bersama Dinas Perhubungan Kota Salatiga di Terminal Tipe A Tingkir, Salatiga,  Rabu (12/2/2025) menemukan satu armada angkutan melanggar, yakni wiper tidak berfungsi.

    Kasatlantas Polres Salatiga AKP Darmin menjelaskan, kegiatan operasi bertujuan untuk meningkatkan disiplin berlalu lintas dan menekan angka pelanggaran lalu lintas menjelang arus mudik Lebaran 2025, khususnya terkait dengan kelayakan kendaraan angkutan umum.

    “Dalam operasi kegiatan ini Satlantas Polres Salatiga juga didukung dengan Satgas Bantuan Operasi dari Satuan Pembinaan Masyarakat (Binmas), tim medis dari Si Dokkes Polres Salatiga,” jelasnya seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Pranoto, Kamis (13/2). 

    Dijelaskan lagi oleh Kasatlantas, bahwa Operasi Keselamatan Candi 2025 akan mencakup berbagai kegiatan, mulai dari tindakan preemtif, preventif hingga penegakan hukum terhadap pelanggar lalu lintas yang berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas, rampcheck terhadap kendaraan angkutan umum ini juga salah satu  upaya antisipasi terjadinya laka lantas fatal. 

    “Melalui Operasi Keselamatan Candi 2025 ini kami juga  akan berupaya menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran  lalu lintas (Kamseltibcar lantas) khususnya di Kota Salatiga,  serta menurunkan tingkat pelanggaran dan  menekan angka korban kecelakaan lalu lintas,” pungkasnya.

    Sumber : Radio Elshinta

  • Tiket KA untuk Lebaran 2025 sudah dapat dipesan setiap pukul 00.00 WIB

    Tiket KA untuk Lebaran 2025 sudah dapat dipesan setiap pukul 00.00 WIB

    Sumber foto: Izan Raharjo/elshinta.com.

    Tiket KA untuk Lebaran 2025 sudah dapat dipesan setiap pukul 00.00 WIB
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Kamis, 13 Februari 2025 – 19:16 WIB

    Elshinta.com – KAI secara resmi telah membuka penjualan tiket untuk periode Angkutan Lebaran 2025 pada 4 Februari kemarin. Pelanggan bisa mulai memesan tiket sejak H-45 sebelum jadwal keberangkatan, dengan pembelian yang dibuka setiap pukul 00.00 WIB melalui aplikasi Access by KAI, situs resmi booking.kai.id, serta mitra Online Travel Agent (OTA) yang bekerja sama dengan KAI.
     
    “Mulai tanggal 4 Februari kemarin, tiket untuk keberangkatan H-45 Lebaran sudah dapat dipesan mulai pukul 00.00 WIB. Jangan sampai kehabisan, segera atur perjalanan Anda dan dapatkan tiket dengan harga terbaik,” ujar Manajer Humas KAI Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro.
     
    Jadwal Pemesanan dan Keberangkatan:
     
    – Pemesanan pada 4 Februari 2025 untuk keberangkatan Jumat, 21 Maret 2025 (H-10)
     
    – Pemesanan pada 5 Februari 2025 untuk keberangkatan Sabtu, 22 Maret 2025 (H-9)
     
    – Pemesanan pada 6 Februari 2025 untuk keberangkatan Minggu, 23 Maret 2025 (H-8)
     
    – Pemesanan pada 7 Februari 2025 untuk keberangkatan Senin, 24 Maret 2025 (H-7)
     
    – Pemesanan pada 8 Februari 2025 untuk keberangkatan Selasa, 25 Maret 2025 (H-6)
     
    – Pemesanan pada 9 Februari 2025 untuk keberangkatan Rabu, 26 Maret 2025 (H-5)
     
    – Pemesanan pada 10 Februari 2025 untuk keberangkatan Kamis, 27 Maret 2025 (H-4)
     
    – Pemesanan pada 11 Februari 2025 untuk keberangkatan Jumat, 28 Maret 2025 (H-3)
     
    – Pemesanan pada 12 Februari 2025 untuk keberangkatan Sabtu, 29 Maret 2025 (H-2)
     
    – Pemesanan pada 13 Februari 2025 untuk keberangkatan Minggu, 30 Maret 2025 (H-1)
     
    – Pemesanan pada 14 Februari 2025 untuk keberangkatan Senin, 31 Maret 2025 (H)
     
    – Pemesanan pada 15 Februari 2025 untuk keberangkatan Selasa, 1 April 2025 (H1)
     
    – Pemesanan pada 16 Februari 2025 untuk keberangkatan Rabu, 2 April 2025 (H+1)
     
    – Pemesanan pada 17 Februari 2025 untuk keberangkatan Kamis, 3 April 2025 (H+2)
     
    – Pemesanan pada 18 Februari 2025 untuk keberangkatan Jumat, 4 April 2025 (H+3)
     
    – Pemesanan pada 19 Februari 2025 untuk keberangkatan Sabtu, 5 April 2025 (H+4)
     
    – Pemesanan pada 20 Februari 2025 untuk keberangkatan Minggu, 6 April 2025 (H+5)
     
    – Pemesanan pada 21 Februari 2025 untuk keberangkatan Senin, 7 April 2025 (H+6)
     
    – Pemesanan pada 22 Februari 2025 untuk keberangkatan Selasa, 8 April 2025 (H+7)
     
    – Pemesanan pada 23 Februari 2025 untuk keberangkatan Rabu, 9 April 2025 (H+8)
     
    – Pemesanan pada 24 Februari 2025 untuk keberangkatan Kamis, 10 April 2025 (H+9)
     
    – Pemesanan pada 25 Februari 2025 untuk keberangkatan Jumat, 11 April 2025 (H+10)
     
    KAI Daop 6 Yogyakarta mengimbau pelanggan agar membeli tiket hanya melalui kanal resmi KAI untuk menghindari penipuan dan kendala lainnya. Perlu diketahui bahwa loket di stasiun hanya melayani pembelian tiket secara go-show mulai 3 jam sebelum keberangkatan.
     
    Selain itu, dengan diberlakukannya Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2025, pelanggan disarankan untuk selalu mengecek jadwal keberangkatan agar tidak tertinggal.

    “Sementara itu Daop 6 Yogyakarta mencatat untuk KA jarak jauh keberangkatan awal Daop 6 dari tanggal 21 Maret hingga 13 April okupansinya mencapai 4%. Daop 6 juga mencatat khusus tanggal 21 hingga 28 Maret KA Bengawan dan Sri Tanjung okupansinya sudah cukup tinggi. Untuk itu kami mengimbau agar masyarakat dapat menentukan tanggal bepergian pada libur Lebaran dengan baik dan segera booking tiketnya agar tidak kehabisan,” kata Krisbiyantoro.

    Ia merinci KA Sri Tanjung pada periode 21 hingga 28 Maret okupansinya sudah mencapai 59% dan KA Bengawan mencapai 98%. Hal ini menunjukkan permintaan yang tinggi terhadap kedua KA tersebut pada masa libur Lebaran.
     
    “Kami terus berupaya menghadirkan perjalanan yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi seluruh pelanggan selama periode Angkutan Lebaran 2025. KAI Daop 6 Yogyakarta akan terus meningkatkan layanan serta menghadirkan inovasi demi pengalaman mudik yang lebih baik,” tutup Krisbiyantoro seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Izan Raharjo, Kamis (13/2).

    Sumber : Radio Elshinta