Topik: Mudik

  • Tiket Kapal Penyeberangan buat Mudik Lebaran Sudah Bisa Dipesan

    Tiket Kapal Penyeberangan buat Mudik Lebaran Sudah Bisa Dipesan

    Jakarta

    PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyiapkan 67 kapal dengan kapasitas harian mencapai 25.067 kendaraan pada lintasan Merak-Bakauheni untuk mengantisipasi lonjakan arus kendaraan dan penumpang saat mudik Lebaran 2025.

    “Kemudian, Pelabuhan Ciwandan dan Bojonegara (BBJ) juga akan difungsikan sebagai pelabuhan alternatif dengan kapasitas tambahan hingga 6.760 kendaraan per hari,” kata Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin dalam keterangan tertulis, Minggu (16/2/2025).

    Shelvy menambahkan, pada Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk, ASDP bersama dengan regulator dan stakeholder terkait juga siap mengoperasikan kapal berkapasitas besar serta buffer zone dan rekayasa lalu lintas guna menghadapi puncak arus mudik yang diperkirakan terjadi pada H-2 Lebaran, yang bertepatan dengan Hari Raya Nyepi.

    Selain peningkatan infrastruktur, ASDP mengimbau seluruh masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik menggunakan kapal ferry untuk segera membeli tiket secara online melalui Ferizy.

    Pasalnya, pembelian tiket hanya dapat dilakukan secara online, dan sudah tidak ada lagi penjualan tiket di pelabuhan.

    “Tiket ferry telah tersedia sejak H-60 sebelum keberangkatan. Jadi, kami mengimbau masyarakat untuk tidak menunda pembelian agar perjalanan lebih nyaman dan terencana. Pastikan sudah memiliki tiket sebelum tiba di pelabuhan, karena tanpa tiket yang valid, pengguna jasa tidak akan bisa menyeberang,” ujarnya.

    ASDP juga mengingatkan bahwa pengguna jasa harus mematuhi aturan kedatangan di pelabuhan sesuai jadwal yang tertera dalam tiket Ferizy.

    “Untuk itu, calon pemudik disarankan mengatur perjalanan dengan cermat dan menghindari keterlambatan agar tidak mengalami kendala di pelabuhan,” katanya.

    (rrd/rrd)

  • Penjualan Tiket Kapal Ferry untuk Mudik Lebaran Sudah Tersedia, Bisa Dipesan dari Sekarang!

    Penjualan Tiket Kapal Ferry untuk Mudik Lebaran Sudah Tersedia, Bisa Dipesan dari Sekarang!

    Bisnis.com, JAKARTA – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengimbau kepada penumpang kapal Ferry untuk mulai membeli tiket lebaran dari sekarang melalui sistem online.

    Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin menuturkan seiring dengan peningkatan digitalisasi layanan, perseroan juga telah menyusun strategi operasional guna menghadapi lonjakan penumpang dan kendaraan selama Angkutan Lebaran 2025.

    Shelvy menegaskan bahwa saat ini ASDP sudah tidak lagi menjual tiket di pelabuhan, sehingga pihaknya mendorong masyarakat yang akan melakukan perjalanan saat mudik Lebaran, agar segera membeli tiket sejak jauh hari. 

    Penerapan tiket online Ferizy baik yang berbasis aplikasi maupun website merupakan upaya ASDP untuk meningkatkan standar layanan di era digital. 

    Dengan reservasi tiket secara online, calon penumpang kini makin dimudahkan dalam merencanakan perjalanan, tanpa perlu antre di pelabuhan. Pemesanan dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja melalui Website Ferizy, Aplikasi Ferizy, serta Mitra Resmi ASDP.

    “Kami imbau agar masyarakat yang akan naik kapal ferry, segera beli tiket online dari sekarang. Tiket ferry sudah tersedia H-60 keberangkatan. Hindari keterlambatan pembelian, karena biasanya jika sudah mendekati hari H Lebaran, kuota tiket sudah ludes terjual,” ujarnya melalui keterangan resmi, Jumat (14/2/2024). 

    Sosialisasi intensif mengenai pentingnya membeli tiket lebih awal akan terus digencarkan, terutama di lintasan strategis seperti Merak–Bakauheni, Ketapang–Gilimanuk, dan Ajibata–Ambarita.

    Untuk mengantisipasi lonjakan arus kendaraan, ASDP telah memperluas kapasitas parkir di sejumlah pelabuhan utama serta menyiapkan pelabuhan pendukung. Di Pelabuhan Merak, 67 kapal siap dioperasikan dengan kapasitas harian mencapai 25.067 kendaraan. Sementara itu, Pelabuhan Ciwandan dan Bojonegara (BBJ) akan menjadi pelabuhan alternatif dengan kapasitas tambahan 6.760 unit kendaraan per hari. Buffer zone tambahan juga telah disiapkan di Indah Kiat untuk mengurai kepadatan lalu lintas menuju pelabuhan.

    Di lintasan Ketapang–Gilimanuk, ASDP menyiapkan kapal-kapal berkapasitas besar, buffer zone di jalur arteri, serta rekayasa lalu lintas menuju pelabuhan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang diperkirakan memuncak pada H-2 Lebaran, bertepatan dengan Hari Raya Nyepi.

    Selain peningkatan infrastruktur, ASDP juga telah memperluas kanal pembayaran tiket Ferizy guna mempermudah transaksi pengguna jasa. Pembayaran kini dapat dilakukan melalui transfer bank, virtual account, serta e-wallet seperti LinkAja, ShopeePay, Blu BCA Digital, OVO, dan Dana. Tiket juga dapat dibeli melalui aplikasi Livin’ Sukha. Dengan kemudahan ini, masyarakat diharapkan dapat menghindari antrean panjang dan mengurangi risiko praktik percaloan.

  • Damri Mulai Buka Pemesanan Tiket Mudik Lebaran 2025 – Halaman all

    Damri Mulai Buka Pemesanan Tiket Mudik Lebaran 2025 – Halaman all

    Tiket Damri sudah dapat dipesan mulai dari 14 Februari 2025 sehingga pelanggan dapat mempersiapkan rencana perjalanan dengan matang.

    Tayang: Minggu, 16 Februari 2025 10:36 WIB

    Dokumen DAMRI

    TIKET BUS MUDIK – DAMRI membuka pemesanan tiket perjalanan untuk masa Angkutan Lebaran 2025 Hari Raya Idul Fitri 1446 Hijriah secara serentak di aplikasi DAMRI dan Online Agent Travel (OTA) di Traveloka dan redBus serta Indomaret dan Alfamart. 

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – DAMRI membuka pemesanan tiket perjalanan untuk masa Angkutan Lebaran 2025 Hari Raya Idul Fitri 1446 Hijriah secara serentak di aplikasi DAMRI dan Online Agent Travel (OTA) di Traveloka dan redBus serta Indomaret dan Alfamart.

    Head of Corporate Communication DAMRI Atikah Abdullah mengatakan pihaknya akan memberlakukan promosi harga tiket sebesar 10 persen yang dapat ditukarkan melalui voucher di aplikasi DAMRI. Inisiatif ini sejalan dengan arahan dan kebijakan Presiden RI Prabowo Subianto.

    Atikah menjelaskan tiket sudah dapat dipesan mulai dari 14 Februari 2025 sehingga pelanggan dapat mempersiapkan rencana perjalanan dengan matang. Adapun, ketentuan yang berlaku untuk masyarakat mendapatkan potongan harga tiket sebesar 10 persen. 

    Khusus arus mudik Lebaran berlaku periode 17 – 20 Maret 2025 dan arus balik Lebaran berlaku periode 1 – 4 April 2025. Potongan 10 persen ini dapat ditukarkan untuk pemesanan layanan Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

    “Inisiatif ini dilakukan DAMRI demi mewujudkan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan perjalanan pelanggan karena diharapkan tingkat okupansi dapat diurai secara merata. Demikian, masyarakat mendapatkan pengalaman perjalanan merayakan hari raya di kampung halaman dengan berkesan,” kata Atikah, Sabtu(15/2/2025).

    DAMRI mengimbau kepada seluruh pelanggan untuk melakukan reservasi tiket secara daring agar tidak terjadi antrian panjang di loket yang dapat menghambat waktu keberangkatan. DAMRI pun mengingatkan kepada pelanggan agar teliti dalam menginput tanggal, memilih rute, dan memasukkan data diri saat melakukan pemesanan.

    Diketahui, DAMRI menyediakan 1,5 juta seat dengan proyeksi 776 ribu pelanggan yang akan dilayani selama periode Angleb mulai 17 Maret – 11 April 2025 yang didukung 1.220 unit armada. Diperkirakan puncak arus mudik terjadi pada 26 – 28 Maret 2025 dan puncak arus balik terjadi di tanggal 6 – 7 April 2025.

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:’4′,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }
    else{
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    $(“#test3”).val(“Done”);
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    if($(“#test3”).val() == ‘Done’){
    newlast=0;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest”, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else{
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:sectionid,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    }

    Berita Terkini

  • Top 3: Prabowo Ubah Aturan Jaminan Kehilangan Pekerjaan Bikin Penasaran – Page 3

    Top 3: Prabowo Ubah Aturan Jaminan Kehilangan Pekerjaan Bikin Penasaran – Page 3

    Menteri Perhubungan (Menhub) Dudy Purwagandhi melakukan langkah persiapan guna menghadapi masa angkutan mudik Lebaran 2025. Termasuk melakukan koordinasi lintas kementerian untuk mempersiapkan diskon tiket pesawat saat mudik Lebaran tahun ini.

    Menhub mengatakan, dirinya tengah berkoordinasi dengan sejumlah stakeholder untuk membahas kemungkinan ada penurunan harga tiket pesawat serta penyelenggaraan Mudik Gratis pada masa Lebaran 2025. 

    “Mengenai diskon tarif pesawat, Kemenhub masih akan membahasnya lingkup antar kementerian guna memastikan kemampuan masyarakat serta kesinambungan usaha bidang penerbangan,” ujar Menhub dalam keterangan tertulis, Sabtu (15/2/2025).

    Sejak bulan lalu, ia bercerita telah mendatangi sejumlah kementerian terkait untuk melakukan koordinasi menghadapi angkutan Lebaran. 

    Ia telah berkoordinasi dengan Menteri Koordinator Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Kesehatan, Kementerian Pariwisata, Menteri Komunikasi dan Digital, Menteri Perdagangan, dan Menteri Dalam Negeri.

    Berita selengkapnya baca di sini

  • Korlantas Polri Berlakukan One Way Nasional Dalam Operasi Ketupat 2025

    Korlantas Polri Berlakukan One Way Nasional Dalam Operasi Ketupat 2025

    loading…

    Kakorlantas Polri Irjen Pol Agus Suryonugroho akan menerapkan one way nasional dalam mengendalikan arus mudik dan balik pada Operasi Ketupat 2025 mendatang. Foto.Dok.Korlantas

    JAKARTA – Korlantas Polri akan menerapkan sistem one way nasiona l dalam mengendalikan arus mudik dan balik pada Operasi Ketupat 2025 mendatang. Rencana ini diungkapkan Kakorlantas Polri Irjen Pol Agus Suryonugroho dalam kunjungannya di Smart City Yogyakarta, Sabtu 15/2/2025.

    Pelaksanaan Operasi Keselamatan yang berlangsung selama 14 hari di seluruh provinsi di Indonesia menjadi landasan awal Korlantas Polri untuk menyiapkan strategi efektif dalam pengaturan manajemen arus mudik dan balik saat pelaksanaan Operasi Ketupat 2025 nanti. Salah satunya adalah pola One Way Nasional dari kilometer 77 hingga kilometer 414.

    “Di jalan tol salah satunya adalah ada battelneck dari lajur tiga menjadi dua langkah apa yang harus dia lakukan kemungkinan akan kita lakukan contraflow ketika bangkitan arus cukup tinggi itu ada traffic counting nya kita harus memperlakukan One way Nasional dari kilometer 70 Sampe kilometer 414, “ kata Agus Suryonugroho.

    Kakorlantas sudah melakukan sejumlah titik rawan dalam arus lalu lintas pada saat pelaksanaan Operasi Ketupat 2025 nanti.

    Di antarannya seperti jalur tol, arteri jalur nasional di pulau Jawa, Sumatera dari lampung hingga Medan dan jalan nasional lainnya di Indonesia akan dikelola lebih komprehensif dibandingkan tahun lalu.

    “Ada beberapa konsentrasi yang harus saya persiapkan pertama berkaitan dengan jalan tol jalan tol harus kita kelola dengan baik secara komperhensif, yang kedua kita akan mengelola jalan nasional arteri dan jalan jalan lintas baik itu di jalur tengah selatan sampai di luar Jawa di Medan di Lampung jalan-jalan nasional akan kita kelola,” ungkap Kakorlantas Polri.

    Penanganan pemudik pada sektor pelabuhan dan bandara juga menjadi penekanan Kakorlantas untuk diperhatikan dengan baik dari sisi pengelolaan penumpang yang bertujuan untuk membuat masyarakat lebih nyaman dan aman.

  • Tiket Lebaran Damri Diskon hingga 10%

    Tiket Lebaran Damri Diskon hingga 10%

    Bisnis.com, JAKARTA – Damri telah membuka pemesanan tiket perjalanan untuk masa Angkutan Lebaran 2025 dengan promo diskon hingga sebesar 10%.

    Head of Corporate Communication Damri Atikah Abdullah mengatakan perseroan akan memberlakukan promosi harga tiket sebesar 10% yang dapat ditukarkan melalui voucher di Damri Apps. Inisiatif ini sejalan dengan arahan dan kebijakan Presiden RI Prabowo Subianto.

    Atikah menjelaskan tiket sudah dapat dipesan mulai dari 14 Februari 2025, sehingga pelanggan dapat mempersiapkan rencana perjalanan dengan matang. 

    “Adapun, ketentuan yang berlaku untuk masyarakat mendapatkan potongan harga tiket sebesar 10%,” ujarnya melalui keterangan resmi, Sabtu (15/2/2024).

    Lebih jauh, dia menjelaskan khusus arus mudik Lebaran berlaku periode 17 Maret 2025 – 20 Maret 2025 dan arus balik Lebaran berlaku periode 1 – 4 April 2025, potongan 10% ini dapat ditukarkan untuk pemesanan layanan Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

    Inisiatif ini dilakukan perseroan demi mewujudkan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan perjalanan pelanggan karena diharapkan tingkat okupansi dapat diurai secara merata. Dengan demikian, masyarakat mendapatkan pengalaman perjalanan merayakan hari raya di kampung halaman dengan berkesan.

    Damri mengimbau kepada seluruh pelanggan untuk melakukan reservasi tiket secara daring agar tidak terjadi antrian panjang di loket yang dapat menghambat waktu keberangkatan. Selain itu perseroan mengingatkan kepada pelanggan agar teliti dalam menginput tanggal, memilih rute, dan memasukkan data diri saat melakukan pemesanan.

    Damri menyediakan sebanyak 1,5 juta seat dengan proyeksi 776.000 pelanggan yang akan dilayani selama periode angkutan lebaran mulai 17 Maret – 11 April 2025. Layanan ini didukung 1.220 unit armada.

    Damri memperkirakan puncak arus mudik terjadi pada 26 – 28 Maret 2025 dan puncak arus balik terjadi di tanggal 6 – 7 April 2025.

  • Transaksi Tiket Lebaran Alami Gangguan, KAI Beri Refund

    Transaksi Tiket Lebaran Alami Gangguan, KAI Beri Refund

    Bisnis.com, JAKARTA- PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI tengah melakukan perbaikan sistem pemesanan tiket khusus Lebaran 2025. Sejauh ini, terjadi kendala pada sistem, sehingga KAI memberikan layanan pengembalian dana alias refund.

    Vice President Public Relations KAI Anne Purba menyampaikan permohonan maaf atas kendala yang terjadi dalam sistem pemesanan tiket, khususnya terkait antrean dan pembayaran yang dialami pelanggan. 

    Dia menjelaskan lonjakan pemesanan tiket kereta Lebaran pada Selasa (13/2/2025), yang merupakan puncak tertinggi dalam periode penjualan.

    KAI melakukan berbagai langkah perbaikan agar sistem pemesanan tiket semakin optimal, serta memastikan seluruh transaksi pelanggan dapat diselesaikan dengan baik.

    “KAI telah berkoordinasi dengan mitra pembayaran tiket guna memastikan bahwa setiap transaksi yang terdampak segera mendapatkan penyelesaian, termasuk proses refund dengan segera,” jelasnya melalui keterangan resmi, Sabtu (15/2/2024).

    Anne menambahkan jika masih terdapat pelanggan yang mengalami kendala, KAI mengimbau untuk segera menghubungi layanan pelanggan KAI121 yang tersedia 24 jam melalui media sosial, surel [email protected], atau WhatsApp KAI121 di 0811-1211-1121.

    Dia menyadari tingginya antusiasme masyarakat dalam menggunakan layanan kereta api untuk perjalanan mudik Lebaran. Setiap kendala yang terjadi, baik dalam proses antrean maupun transaksi pembayaran telah ditindaklanjuti secara intensif. 

    Untuk mengakomodasi tingginya permintaan perjalanan pada periode Lebaran, KAI saat ini sedang menyiapkan layanan kereta tambahan guna meningkatkan kapasitas angkutan. 

    Saat ini, KAI baru menyediakan 2.893.338 tempat duduk untuk perjalanan KA jarak jauh reguler selama periode angkutan Lebaran 2025, yakni dari 21 Maret hingga 11 April 2025. Hari ini, 15 Februari 2025 tiket yang tersedia adalah untuk keberangkatan hingga Selasa, 1 April 2025 atau (H+1) Lebaran.

    Informasi mengenai KA tambahan akan segera diumumkan kepada masyarakat setelah melalui proses finalisasi. Untuk memastikan perjalanan yang aman dan nyaman, KAI melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap sarana perkeretaapian, termasuk lokomotif dan rangkaian kereta.

    Pemeriksaan ini mencakup aspek teknis dan operasional guna memastikan seluruh sarana dalam kondisi prima sebelum melayani pelanggan pada puncak arus mudik dan balik Lebaran.

    Anne juga mengajak pelanggan untuk selalu membeli tiket melalui kanal resmi KAI, yaitu aplikasi Access by KAI dan situs booking.kai.id guna menghindari potensi penipuan dan memastikan perjalanan yang aman dan nyaman.

    Sebagai bagian dari komitmen dalam memberantas praktik percaloan, sistem ticketing KAI saat ini telah menerapkan mekanisme yang lebih transparan dan ketat. Setiap tiket yang dibeli harus menggunakan identitas asli penumpang dengan sistem satu KTP/Paspor atau kartu identitas lainnya untuk satu nama. 

    Selain itu, proses boarding juga diperketat seperti dengan hadirnya layanan face recognition serta pembatasan transaksi per kode booking guna memastikan bahwa tiket digunakan oleh pelanggan yang berhak.

    KAI juga berkomitmen untuk menindak tegas segala bentuk praktik percaloan dengan menerapkan langkah-langkah hukum bagi oknum yang terbukti terlibat. “Kami mengimbau pelanggan untuk melaporkan segala aktivitas mencurigakan melalui layanan pengaduan KAI121 yang tersedia 24 jam,” ungkap Anne.

    KAI menerapkan persyaratan ketat dalam pemesanan tiket rombongan untuk memastikan pemerataan kesempatan bagi masyarakat. Alokasi tiket rombongan dibatasi maksimal 10% dari total kapasitas tempat duduk yang tersedia, dengan prioritas utama diberikan kepada program mudik gratis yang diselenggarakan oleh Pemerintah dan berbagai instansi. 

    Kebijakan ini bertujuan untuk memperluas akses bagi masyarakat umum dalam mendapatkan tiket, sekaligus mendukung program mudik gratis sebagai bagian dari upaya sosial membantu pergerakan masyarakat saat Lebaran.

    “KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan dengan mengedepankan keselamatan, kenyamanan, dan transparansi bagi pelanggan. Dengan kerja keras seluruh Insan KAI Group, kami akan memastikan bahwa perjalanan mudik Lebaran 2025 dengan kereta api menjadi pengalaman yang aman, menyenangkan, dan berkesan,” tukas Anne.

  • Nekat Gelantungan di KA Walahar, Nasib Penumpang Kereta MIris, Pihak KAI: Kami Sangat Menyayangkan

    Nekat Gelantungan di KA Walahar, Nasib Penumpang Kereta MIris, Pihak KAI: Kami Sangat Menyayangkan

    TRIBUNJATIM.COM – Miris akhirnya nasib seorang penumpang yang bergelantungan di pintu KA Walahar Express.

    Viral di media sosial, sebuah video yang memperlihatkan seorang penumpang bergelantungan di pintu KA Walahar Express.

    Dalam keterangan yang beredar, kejadian tersebut terjadi di Stasiun Cikampek.

    Diduga, penumpang tersebut terlambat naik sehingga nekat menggantung di pintu kereta.

    Rekaman CCTV yang beredar memperlihatkan petugas tengah berpatroli saat kejadian berlangsung.

    Tak lama kemudian, terlihat seseorang bergelantungan di pintu kereta.

    Ia nampak berpegangan ke besi di samping pintu kereta api dengan satu kaki menapak tipis di depan pintu.

    Sementara itu, terlihat petugas berusaha mengejar.

    Akan tetapi, penumpang tersebut lolos dari kejaran para petugas keamanan.

    Hingga artikel ini ditulis, Jumat (14/2/2025), video viral itu telah dilihat lebih dari 2 juta kali.

    Pihak KAI Commuter Indonesia (KCI) telah mengonfirmasi keaslian video tersebut dan menyayangkan tindakan berbahaya yang dilakukan oleh penumpang.

     Insiden ini terjadi pada Selasa (11/2/2025) sekitar pukul 14.10 WIB di Commuter Line No. 331 Walahar Express.

    “Benar dan kami sangat menyayangkan kejadian tersebut,” kata Leza dikutip TribunJatim.com dari Tribun Jateng, Sabtu (15/2/2025).

    Saat kereta berangkat dari Stasiun Cikampek, petugas yang sedang berpatroli menerima laporan mengenai adanya penumpang yang bergelantungan di pintu gerbong kelima.

    Mendapat laporan tersebut, petugas langsung berkoordinasi dengan tim di dalam kereta untuk mengambil tindakan yang diperlukan.

    PENUMPANG NEKAT – Tangkapan layar video penumpang nekat gelantungan di KA Walahar, diambil dari Instagram @informasicikampek, Jumat, (14/2/2025). Nasib Penumpang Viral Nekat Gelantungan di KA Walahar Stasiun Cikampek. (Tribun Jateng)

    “Mendapat laporan tersebut, petugas berkoordinasi dengan petugas di atas kereta untuk dibukakan pintu,” ucap Leza.

    Penumpang tersebut berhasil diselamatkan dan kemudian dimintai keterangan oleh petugas di dalam kereta sebelum akhirnya diturunkan di Stasiun Dawuan.

    “Pengguna tersebut diturunkan di Stasiun Dawuan,” ujar Leza.

    Pihak KCI kembali mengimbau para pengguna untuk selalu mematuhi aturan demi keselamatan dan kenyamanan bersama saat menggunakan layanan Commuter Line.

    Selain itu, tindakan tegas akan diberikan kepada siapa pun yang melanggar ketertiban di dalam kereta maupun di area stasiun.

    Berikut ini cara beli tiket kereta api untuk mudik Lebaran 2025.

    Per hari ini Selasa, 4 Februari 2025 tiket sudah dapat dipesan.

    Tiket kereta api untuk periode mudik Lebaran 2025 sudah mulai bisa dipesan pada hari ini, Selasa (4/2/2025).

    PT Kereta Api Indonesia (KAI) secara resmi membuka penjualan tiket kereta api mulai dari H-45 Lebaran.

    Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo, menjelaskan bahwa penjualan tiket dilakukan secara bertahap sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

    Sebagai contoh, pada Selasa ini, calon penumpang bisa membeli tiket kereta api untuk keberangkatan pada 21 Maret 2025.

    Kemudian, pada Rabu (5/2/2025), calon penumpang bisa membeli tiket kereta api untuk keberangkatan pada 22 Maret 2025, dan seterusnya.

    “Tiket dapat dipesan melalui aplikasi Access by KAI, situs web kai.id, dan seluruh kanal pemesanan tiket KA resmi lainnya,” kata Franoto kepada awak media.

    Lantas, bagaimana cara membeli tiket kereta api periode mudik Lebaran 2025?

    Sebagai upaya meningkatkan pelayanan, KAI telah menerapkan sistem antrean dalam pembelian tiket jarak jauh melalui Access by KAI dan situs web kai.id. 

    “Sistem antrean ini diterapkan untuk memastikan kenyamanan calon penumpang, khususnya pada masa puncak seperti periode libur Natal dan Tahun Baru,” tambah Franoto. 

    Saat terjadi kepadatan pemesanan, calon penumpang akan diarahkan ke sistem antrean yang memberikan perkiraan waktu tunggu.

    Calon penumpang disarankan untuk tidak menutup jendela aplikasi agar tetap terhubung dengan sistem. 

    Setelah gilirannya tiba, mereka akan diarahkan untuk masuk ke sistem pemesanan dan dapat melanjutkan pembelian tiket. 

    “Sistem antrean ini telah diberlakukan sejak 1 Februari 2024 sebagai bagian dari komitmen KAI dalam meningkatkan layanan berbasis teknologi kepada para pelanggan,” ucapnya. 

    Selain itu, dengan diberlakukannya Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2025, pelanggan diimbau untuk memperhatikan kembali jadwal keberangkatan kereta agar tidak tertinggal. 

    “KAI berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan berkesan bagi seluruh pelanggan pada masa Angkutan Lebaran 2025. Dengan layanan yang semakin baik dan berbagai inovasi yang diterapkan, KAI berharap dapat memberikan pengalaman mudik yang lebih menyenangkan bagi seluruh masyarakat pada momen Lebaran nanti,” sambung Franoto.

    Berita viral lainnya

    Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

  • Naik Bus Damri Mudik Lebaran Diskon Tiket 10%

    Naik Bus Damri Mudik Lebaran Diskon Tiket 10%

    Jakarta

    DAMRI telah membuka pemesanan tiket perjalanan untuk masa Angkutan Lebaran 2025 Hari Raya Idul Fitri 1446 Hijriah serentak di DAMRI Apps dan Online Agent Travel (OTA) di Traveloka dan redBus, serta Indomaret dan Alfamart.

    Head of Corporate Communication DAMRI Atikah Abdullah mengatakan DAMRI menerapkan diskon tiket 10% yang dapat ditukarkan melalui voucher di DAMRI Apps. Inisiatif ini sejalan dengan arahan dan kebijakan Presiden Prabowo Subianto.

    Atikah menjelaskan tiket sudah dapat dipesan mulai dari 14 Februari 2025 sehingga pelanggan dapat mempersiapkan rencana perjalanan dengan matang.

    Khusus arus mudik Lebaran berlaku periode 17-20 Maret 2025 dan arus balik Lebaran berlaku periode 1-4 April 2025.

    Dikutip dari keterangan tertulis Damri, Sabtu (15/2/2025), potongan 10 persen ini dapat ditukarkan untuk pemesanan layanan Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

    Inisiatif ini dilakukan DAMRI demi mewujudkan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan perjalanan pelanggan karena diharapkan tingkat okupansi dapat diurai secara merata. Demikian, masyarakat mendapatkan pengalaman perjalanan merayakan hari raya di kampung halaman dengan berkesan.

    DAMRI mengimbau kepada seluruh pelanggan untuk melakukan reservasi tiket secara daring agar tidak terjadi antrian panjang di loket yang dapat menghambat waktu keberangkatan. DAMRI pun mengingatkan kepada pelanggan agar teliti dalam menginput tanggal, memilih rute, dan memasukkan data diri saat melakukan pemesanan.

    DAMRI menyediakan 1,5 juta seat dengan proyeksi 776 ribu pelanggan yang akan dilayani selama periode Angleb mulai 17 Maret – 11 April 2025 yang didukung 1.220 unit armada. Diperkirakan puncak arus mudik terjadi pada 26 – 28 Maret 2025 dan puncak arus balik terjadi di tanggal 6-7 April 2025.

    (ily/hns)

  • Persiapan Mudik Lebaran, Tol Terpeka & Permai Dipermulus

    Persiapan Mudik Lebaran, Tol Terpeka & Permai Dipermulus

    Jakarta

    PT Hutama Karya alias HK melakukan pemeliharaan di sejumlah titik Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) dan Pekanbaru-Dumai (Permai). Perbaikan ini dimaksudkan sebagai persiapan menjelang mudik Lebaran 2025.

    Dikatakan pengerjaan ini sudah dilakukan sejak Januari 2025, dan berlangsung setiap hari pada pukul tertentu. Sehingga HK turut mengimbau para pengguna jalan Tol untuk lebih berhati-hati saat berkendara, terutama di sekitar titik perbaikan.

    “Pekerjaan ini berlangsung setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB & 22.00 – 05.00 WIB. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi,” tulis HK dalam unggahan Instagram resminya (@hutamakarya), dikutip Sabtu (15/2/2025).

    Secara rinci, untuk Tol Terpeka metode pemeliharaan yang dilakukan berupa rekonstruksi rigid dan dijadwalkan rampung awal Maret 2025. Di mana pemeliharaan dilakukan di tujuh titik jalan meliputi:

    – KM 183+525-KM 184+905 Jalur A
    – KM 247+830-KM 272+718 Jalur A
    – KM 231+228-KM 215+598 Jalur B
    – KM 273+995-KM 306+439 Jalur A
    – KM 187+433-KM 173+215 Jalur B
    – KM 287+810-KM 222+616 Jalur B
    – KM 141+120KM 211+060 Jalur B

    Sedangkan untuk Tol Permai metode pemeliharaan yang dilakukan scrapping, filling, dan overlay, dijadwalkan rampung Minggu ke-2 Maret 2025. Di mana pemeliharaan dilakukan di empat titik jalan meliputi:

    – KM 64+350 – KM 64+400 Jalur A
    – KM 69+380-KM 69+430 Jalur A
    – KM 66+770-KM 66+820 Jalur A
    – KM 78+300-KM 80+600 Jalur A

    “Mari bersama ciptakan perjalanan mudik yang lebih lancar dan nyaman! Salam SETUJU, Selamat Sampai Tujuan!” pungkas perusahaan.

    (eds/eds)