Topik: Mudik

  • Terkuak Jabatan Pengendara Mobil Dinas Pemkot Bekasi yang Dipakai Mudik Lebaran,Ada Sanksi Diberikan

    Terkuak Jabatan Pengendara Mobil Dinas Pemkot Bekasi yang Dipakai Mudik Lebaran,Ada Sanksi Diberikan

    Laporan wartawan TribunJakarta.com Yusuf Bachtiar 

    TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi bakal menindaklanjuti dugaan mobil dinas dipakai mudik pegawai.

    Kendaraan tersebut diketahui milik Kepala Bidang Pertanahan Dinas Perkimtan. 

    Video kendaraan Mitsubishi Expander B-1600-KQN, melintas di Tol Cipali pada musim mudik Selasa (1/4/2025) yang diunggah Instagram @bekasi24jamcom. 

    Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Hudi Wijayanto, mengatakan, mobil tersebut teregistrasi sebagai kendaraan dinas Kepala Bidang Pertanahan Dinas Perkimtan. 

    “Kami bersama inspektorat telah memanggil Kabid Pertanahan Dinas Perkimtan pada 8 April 2025 untuk dimintai keterangan terkait adanya dugaan penggunaan kendaraan Dinas untuk keperluan Mudik Idul Fitri” kata Hudi Wijayanto, Kamis (10/4/2025). 

    Dari hasil klarifikasi, kendaraan dinas itu dikemudikan staf Bidang Pertanahan Dinas Perkimtan untuk keperluan koordinasi ke Biro Pemerintahan Otonomi Daerah Provinsi Jawa Barat pada Kamis 27 Maret 2025. 

    Setelah dari situ, kendaraan langsung dibawa pulang ke rumah pribadinya.

    KLIK SELENGKAPNYA: Bupati Indramayu Lucky Hakim Siap-siap Menerima Sanksi karena Pelesiran ke Jepang pada Masa Libur Lebaran 2025. Dedi Mulyadi Kena Sindiran.

    Kemudian kendaraan itu sempat digunakan untuk membesuk kerabatnya yang sedang sakit di Subang, Jawa Barat pada 1 April 2025. 

    Hudi memastikan, Dinas Perkimtan telah melakukan tindakan dengan memberikan sanksi sesuai peraturan yang berlaku. 

    “Kepala Dinas Perkimtan memberikan sanksi dan pembinaan kepada aparatur yang telah melakukan pelanggaran dan ditindak sesuai Peraturan yang berlaku,” tegasnya. 

    Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menertibkan surat edaran larangan penggunaan kendaraan dinas untuk mudik dan liburan selama libur nasional serta cuti bersama Idulfitri 2025.  

    Surat tersebut teregistrasi dengan nomor: 000.1.4/1434/BKPSDM.PKA, sebagai tindak lanjut Surat Edaran Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Nomor 7 tahun 2025 tentang pencegahan dan pengendalian gratifikasi terkait hari raya.

    (TribunJakarta)

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel https://whatsapp.com/channel/0029VaS7FULG8l5BWvKXDa0f.

    Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

  • Samsat Kota Serang Membeludak di Hari Pertama Pemutihan Pajak Kendaraan
                
                    
                        
                            Regional
                        
                        10 April 2025

    Samsat Kota Serang Membeludak di Hari Pertama Pemutihan Pajak Kendaraan Regional 10 April 2025

    Samsat Kota Serang Membeludak di Hari Pertama Pemutihan Pajak Kendaraan
    Tim Redaksi
    SERANG, KOMPAS.com
    – Masyarakat
    Kota Serang
    , Banten, menunjukkan antusiasme tinggi dalam mengikuti program
    pemutihan pajak kendaraan
    bermotor pada hari pertama pelaksanaannya.
    Pantauan
    Kompas.com
    pada Kamis (10/4/2025) antara pukul 10.30 hingga 12.00 WIB, terlihat antrian panjang di ruang pendaftaran dan loket pemeriksaan fisik kendaraan.
    Warga mengantre di atas motor mereka menunggu giliran untuk pengecekan nomor mesin kendaraan oleh petugas di bagian belakang kantor Samsat Kota Serang.
    Antrean mobil pun mengular hingga hampir mencapai gerbang pintu masuk.
    Petugas terpaksa menutup pintu gerbang dan meminta masyarakat untuk datang pada hari berikutnya, mengingat program ini masih berlangsung hingga 30 Juni 2025.
    Para pemilik kendaraan terlihat hilir mudik dengan map berwarna biru untuk mengurus berkas pembayaran pajak.
    Beberapa masyarakat bahkan sudah tiba sejak pukul 07.00 WIB untuk mendapatkan layanan.
    Namun, minimnya jumlah petugas membuat wajib pajak harus menunggu berjam-jam.
    Suhayan (40), salah satu wajib pajak dari Curug, Kota Serang, mengungkapkan bahwa ia sudah berada di kantor Samsat sejak pukul 07.30 WIB.
    “Tadi datang pukul 07.30 WIB, ini kantor belum buka, tapi sudah ramai. Bukanya kan pukul 08.00 WIB. Sampai jam 11 belum di cek fisiknya,” kata Suhayan.
    Ia menambahkan bahwa pajak untuk motor Honda Beat miliknya tidak dibayar sejak tahun 2012.
    Dengan adanya program penghapusan tunggakan dan denda pajak kendaraan, Suhayan merasa sangat terbantu.

    “Dari tahun 2012 enggak dibayar-bayar, sudah harus ganti kaleng, makanya saya senang dengan adanya program Pak Gubernur ini,” ujarnya.
    Warga lainnya, Hidayat (45), juga mengaku belum dilayani untuk pengecekan fisik kendaraannya setelah hampir 5 jam antre.
    “Sudah hampir 5 jam antre, ini belum dilayani. Wajar sih emang padat di hari pertama,” ungkap Hidayat.
    Ia menjelaskan bahwa pajak motor Honda Scoopy miliknya belum dibayarkan selama 10 tahun akibat kondisi ekonomi yang sulit. “Senang, bagus program ini, antre lama juga enggak masalah asal bisa dilayani,” tambahnya.
    Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Banten, Rita Prameswari, menyatakan bahwa pada hari pertama seluruh UPT Samsat di Banten dipadati masyarakat yang antusias mengikuti program pemutihan pajak kendaraan.
    “Semua kantor Samsat ada 12 UPTD semua ramai, padat, mereka antusias sekali dengan program yang dilaksanakan oleh Pak Gubernur Banten soal pembebasan pokok dan denda pajak,” kata Rita.
    Rita melaporkan bahwa sudah ada masyarakat yang datang ke kantor Samsat sejak pukul 05.00 WIB untuk mengantre.
    “Mengantisipasi kepadatan di sini kita pasang mobil sampling 2 unit untuk mengurai kerumunan di dalam, terus jam pelayanan kita tambah, dari jam 08.00 sampai jam 17.00, yang biasanya itu cuma jam 15.00,” jelasnya.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Persis Apresiasi Polri Berhasil Tangani Arus Mudik: Tahun Ini Lebih Baik

    Persis Apresiasi Polri Berhasil Tangani Arus Mudik: Tahun Ini Lebih Baik

    Jakarta

    Persatuan Islam (Persis) mengapresiasi Kepolisian Republik Indonesia (Polri) atas keberhasilan penanganan arus mudik dan arus balik Lebaran 2025. Mudik tahun ini dinilai lebih aman dan lancar.

    “Kami mengapresiasi keberhasilan Polri dalam menangani arus mudik dan arus balik pemudik pada liburan Idul Fitri tahun ini yang berjalan dengan lebih baik, lebih tertib, dan lebih minim kecelakaan,” kata Ketua Umum Persis Jeje Zaenudin, Rabu (9/4/2025).

    Jeje mengatakan kepadatan di berbagai jalur mudik telah ditangani dengan baik. Arus kendaraan pun cepat terurai dan tidak terjadi penumpukan kendaraan yang berlebihan.

    “Sebagai warga masyarakat kami juga mengapresiasi sikap personel Polri dalam penanganan mudik yang mengedepankan sikap humanis, simpatik, dan pelayanan kepada para pemudik yang mengalami kesulitan, insiden, hingga mengantarkan pemudik yang tertinggal atau terlantar di perjalanan” ujar Jeje.

    Atas dedikasi tersebut, Jeje mendoakan yang terbaik untuk para personel Polri yang bertugas.

    “Semoga amal bakti Polri selama penanganan mudik diapresiasi dan dikenang oleh masyarakat, dan dibalas pahala oleh Allah SWT,” ujar dia.

    “Bulan puasa Ramadan tahun ini juga mudik, dan kembali dari mudik, berjalan dengan baik, lancar, dan merupakan suatu prestasi yang dilaporkan kepada saya. Dilaporkan kepada saya arus mudik yang terbesar selama ini, lebih besar dari tahun lalu, tapi tanpa kemacetan yang berarti,” kata Prabowo dalam acara sarasehan ekonomi di Menara Mandiri, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (8/4/2025).

    “Yang lebih memuaskan bagi kita adalah angka kecelakaan yang turun secara drastis, 30 persen lebih rendah kecelakaan dibanding dengan tahun lalu,” imbuhnya.

    “Ini adalah hasil kerja keras, dan ini hasil kerja keras dari pada Kementerian Perhubungan dan Kepolisian Republik Indonesia, termasuk juga TNI. Untuk itu, sekali lagi, saya ingin ucapkan terima kasih kepada instansi-instansi tersebut,” ujarnya.

    Para petugas tanpa libur mengatur dan menjaga lalu lintas arus mudik dan balik libur Lebaran. Prabowo mencontohkan petugas kepolisian yang mengatur lalu lintas saat panas terik.

    “Kementerian Perhubungan, orang libur, dia terus mengawaki pusat-pusat yang penting. Menara bandara tidak boleh berhenti, tidak boleh libur, air traffic control kalau salah, itu musibah yang besar,” ucap Prabowo.

    “Para polisi yang sering dicaci maki sering disalah-salahkan, padahal mereka di terik siang matahari tanpa kita sadar mereka bekerja keras menjaga kita, mengatur lalu lintas,” imbuhnya.

    (knv/fjp)

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • 5,8 Juta Kendaraan Pemudik Lewati Tol Trans Jawa

    5,8 Juta Kendaraan Pemudik Lewati Tol Trans Jawa

    Jakarta

    Tol Trans Jawa masih menjadi rute favorit masyarakat Indonesia yang melakukan perjalanan mudik pada libur lebaran 2025. Hingga Selasa, 8 April 2025, terpantau 5,8 juta kendaraan telah melewati tol Trans Jawa, tepatnya ruas tol Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, dan Jombang-Mojokerto. Ketiga ruas tol tersebut dikelola oleh Astra Infra.

    Di ruas tol Tangerang-Merak terpantau sekitar 166 ribu kendaraan melintas pada Selasa, 8 April 2025, lebih besar 6,2% dibandingkan Lalu Lintas Harian Normal dan menurun 0,6% dibandingkan periode lebaran tahun lalu.

    Sementara itu, di ruas tol Cikopo-Palimanan (Cipali), tercatat sekitar 92 ribu kendaraan melintas pada 8 April 2025, lebih besar 93% dibandingkan Lalu Lintas Harian Normal dan tidak ada perubahan dibandingkan periode lebaran tahun lalu.

    Pada Selasa, 8 April 2025, sesuai dengan diskresi kepolisian, rekayasa lalu lintas one way arah Jakarta telah dihentikan, lalu lintas di ruas tol Cipali kembali normal dua arah.

    Selanjutnya di ruas tol Jombang-Mojokerto, tercatat 40 ribu kendaraan melintas, lebih besar 62% dibanding Lalu Lintas Harian Normal dan meningkat 6% dibanding periode lebaran tahun lalu.

    Adapun mulai Selasa, 8 April 2025 pukul 05.00 WIB, diskon tarif tol sebesar 20% telah diberlakukan di Astra Infra Toll Road Cikopo-Palimanan dan berlangsung hingga Kamis, 10 April 2025 pukul 05.00 WIB. Diskon berlaku bagi pengguna jalan tol yang melakukan perjalanan menerus dari Semarang (asal gerbang tol Kalikangkung) menuju Gerbang tol Cikampek Utama.

    Selain itu, Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak juga telah memberlakukan diskon tarif tol sebesar 20% mulai Selasa, 8 April 2025 pukul 00.00 WIB hingga Rabu, 9 April 2025 pukul 24.00 WIB. Diskon ini berlaku bagi pengguna jalan tol yang melakukan perjalanan menerus dari gerbang tol Merak menuju gerbang tol Cikupa dan arah sebaliknya.

    Kepada pengguna jalan diimbau untuk beristirahat di rest area selama maksimal 30 menit. Pengguna jalan juga diimbau untuk memastikan kecukupan saldo kartu e-money (uang elektronik), serta bahan bakar kendaraan sampai tempat tujuan.

    Selain itu, pemudik wajib mengutamakan keselamatan berkendara dengan cara menjaga batas kecepatan dan jarak aman antar-kendaraan.

    (lua/rgr)

  • Pimpin Upacara HUT ke-476 Kabupaten Jepara, Bupati Wiwit Pamerkan Capaian Indeks Pembangunan Manusia

    Pimpin Upacara HUT ke-476 Kabupaten Jepara, Bupati Wiwit Pamerkan Capaian Indeks Pembangunan Manusia

    TRIBUNJATENG.COM, JEPARA – Secara langsung Bupati Jepara, Witiarso Utomo memimpin upacara Hari Jadi Kabupaten Jepara ke 476 di depan ribuan peserta upacara mulai dari siswa SMP, SMA, TNI, Polri, dan pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jepara tampak memenuhi Alun – Alun 1 Jepara, Kamis, (10/4/2025). 

    Upacara dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Jepara yang ke-476 tersebut digelar dengan sederhana dan penuh khidmat.

    Bertindak selaku inspektur upacara, Bupati Jepara H Witiarso Utomo, dan dihadiri Wakil Bupati Jepara Muhammad Ibnu Hajar, jajaran Forkopimda Jepara, dan pimpinan perangkat daerah.

    Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa Hari Jadi Kabupaten Jepara yang ke-476 ini merupakan momentum untuk mengevaluasi dan perbaikan dalam penyelenggaraan pemerintah serta pembangunan daerah. 

    Hal tersebut menurutnya selaras dengan candra sengkala penobatan Ratu Kalinyamat sebagai pemimpin Jepara yakni “Trus Karya Tataning Bumi”.

    “Karena pada dasarnya pembangunan adalah sebuah proses yang berkesinambungan dan berkelanjutan”, kata Wiwit sapaan akrab Witiarso Utomo.

    Untuk itu dirinya menghaturkan ucapan terima kasih kepada para pemimpin Jepara terdahulu serta seluruh masyarakat Jepara yang telah berkontribusi dalam pembangunan di Kabupaten Jepara. 

    Saat ini Jepara menurut Wiwit sudah berada di jalur pembangunan yang baik, menurut Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Jepara yang mencapai angka 74,32 dan mengalami peningkatan 0,47 poin dibanding tahun sebelumnya.

    Selain itu, Wiwit menyebutkan bahwa angka kemiskinan pada periode yang sama turun menjadi 6,09 persen dan menjadi yang terendah dalam beberapa dekade terakhir serta menjadi satu dari puluhan prestasi yang berhasil diraih Pemkab Jepara di tahun 2024.

    “Seluruh prestasi yang telah kita raih ini adalah batu loncatan yang kokoh untuk mewujudkan tema Hari Jadi ke – 476 Kabupaten Jepara yang juga selaras dengan visi Bersama Menuju Jepara Makmur, Unggul, Lestari, dan Religius,” tandasnya.

    Lebih lanjut, visi tersebut akan tertuang dalam 28 program yang terbagi menjadi 5 MULUS yakni MULUS Birokrasinya, MULUS Pendidikan dan Kebudayaannya, MULUS Ekonominya, MULUS Kesehatannya, serta MULUS infrastrukturnya.

    Ia mengambahkan bahwa dalan kurun waktu 1,5 bulan masa kepemimpinannya, beberapa program sudah dilaksanakan terutama terkait infrastruktur jalan.

    Sebab di masa mudik dan libur lebaran lalu, masyarakat membutuhkan jalan yang aman dan nyaman untuk dilalui. 

    Dari target 101 Km, Bupati memastikan 60 Km jalan sudah ditangani dan akan terus bertambah. (Ito)

  • 32 ribu lebih pemudik kembali ke Jakarta melalui Terminal Pulo Gebang

    32 ribu lebih pemudik kembali ke Jakarta melalui Terminal Pulo Gebang

    Penumpang turun dari bus di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, Sabtu (5/4/2025). ANTARA FOTO/Jasmine Nadhya Thanaya.

    32 ribu lebih pemudik kembali ke Jakarta melalui Terminal Pulo Gebang
    Dalam Negeri   
    Editor: Novelia Tri Ananda   
    Kamis, 10 April 2025 – 09:23 WIB

    Elshinta.com – Sebanyak 32 ribu lebih pemudik telah kembali ke Jakarta melalui Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur selama periode angkutan Lebaran 2025 atau Idul Fitri 1446 Hijriah.

    “Ada 32.754 penumpang yang tiba di Terminal Terpadu Pulo Gebang dengan 6.136 bus antarkota antarprovinsi (AKAP) selama periode angkutan Lebaran 2025,” kata Pengawas Operasional Terminal Terpadu Pulo Gebang Mujib Tambrin saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Kamis.

    Mujib menyebut, jumlah 32.754 itu dimulai sejak sepuluh hari sebelum Lebaran yakni 21 Maret 2025 hingga 8 April 2025. Angka itu mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu sebanyak 34.722 orang.

    Pemudik yang kembali ke Jakarta mulai terjadi sejak tiga hari setelah Lebaran pada Kamis (3/4) sebanyak 1.556 penumpang, lalu Jumat (4/4/) 2.739 penumpang, Sabtu (5/4) 3.920 penumpang, Minggu (6/4) 4.699 penumpang, Senin (7/4) 5.705 penumpang dan Selasa (8/4) 4.559 penumpang.

    “Jadi, dari H-10 Lebaran sampai dengan H+8 itu sudah ada pemudik yang balik ke Jakarta lewat Terminal Terpadu Pulo Gebang. Mulai ramai saat H+3 Lebaran. Per harinya lebih dari 400 pemudik,” ujar Mujib.

    Penumpang yang paling banyak tiba di Terminal Pulo Gebang berasal dari Jawa Tengah (Solo, Semarang, Yogyakarta), Jawa Timur (Surabaya, Malang, Madura) dan Sumatera (Padang, Bengkulu, Lampung, dan Palembang). Lebih lanjut, Mujib mengatakan, angkutan mudik 2025 di Terminal Terpadu Pulo Gebang secara keseluruhan berjalan dengan baik dan lancar.

    “Ketersediaan armada bus AKAP memadai dan pelayanan, alhamdulilah tidak ada kendala, namun demikian kita sebagai pengelola akan terus mengevaluasi di setiap momen untuk lebih baik dan maksimal dalam pelaksanaan pelayanan terhadap masyarakat,’ ucap Mujib.

    Terminal Terpadu Pulogebang masih menyediakan angkutan malam hari yang dapat dimanfaatkan oleh pemudik yang tiba di terminal terbesar di Asia Tenggara itu.

    “Kami menyediakan bus angkutan malam hari, bus Transjakarta. Jadi, jam 12 (tengah malam) sampai dengan jam lima pagi. Kami tetap menyediakan angkutan Amari, angkutan malam hari. Kerja sama dengan Transjakarta,” ujar Komandan Regu Terminal Terpadu Pulo Gebang Anwar saat ditemui di terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Sabtu (5/4).

    Fasilitas tersebut juga merupakan antisipasi kedatangan warga yang tiba di Jakarta dari kampung halaman pada dini hari hingga pagi hari. Fasilitas lain yang juga tersedia, yakni penginapan khusus untuk penumpang bus yang turun di terminal ini. Dengan membayar Rp15.000, penumpang bus dapat memanfaatkan layanan ini untuk istirahat sejenak, sebelum melanjutkan perjalanan selanjutnya.

    Sumber : Antara

  • Polres Mojokerto Kota Lanjutkan Pengamanan Pasca Lebaran lewat KRYD di Tiga Titik Rawan

    Polres Mojokerto Kota Lanjutkan Pengamanan Pasca Lebaran lewat KRYD di Tiga Titik Rawan

    Mojokerto (beritajatim.com) – Polres Mojokerto Kota terus menjaga stabilitas keamanan dan kelancaran lalu lintas pasca arus balik Lebaran 2025 dengan menggelar Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) sebagai lanjutan dari Operasi Ketupat Semeru 2025. Langkah ini diambil guna mengantisipasi potensi tindak kriminalitas serta kepadatan lalu lintas di sejumlah titik strategis wilayah hukum Polres Mojokerto Kota.

    Kapolres Mojokerto Kota AKBP Daniel S. Marunduri melalui Kasi Humas Polres Mojokerto Kota, Ipda Slamet Haryono menjelaskan bahwa Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan tetap dioperasikan meskipun Operasi Ketupat telah resmi berakhir.

    “Pos Pengamanan dan Pelayanan masih dilakukan, langkah ini diambil sebagai upaya pencegahan usai pengamanan mudik dan balik Lebaran mengantisipasi tindak kriminalitas serta memastikan kelancaran arus lalu-lintas di 3 Pos Pengamanan dan Pelayanan yang berpotensi mengalami kepadatan,” ungkapnya, Kamis (10/4/2025).

    Tiga titik strategis yang dijaga selama KRYD ini adalah Simpang Sekarputih dan Jembatan Gajah Mada untuk Pos Pengamanan, serta Alun-alun Wiraraja Kota Mojokerto untuk Pos Pelayanan. Kegiatan ini dijadwalkan berlangsung selama sepekan, mulai Rabu (9/4/2025) hingga Selasa pekan depan, dengan menyiagakan total 75 personel setiap harinya.

    “Sedangkan Pos Pelayanan berada di jantung Kota Mojokerto yaitu Alun-alun Wiraraja Kota Mojokerto. Rencananya, kegiatan ini akan dilaksanakan selama 1 minggu kedepan, mulai Rabu kemarin sampai dengan Selasa pekan depan. Setiap harinya Polres Mojokerto Kota akan menyiagakan 75 personel,” katanya.

    Personel yang disiagakan terbagi dalam regu penjaga pos dan regu patroli yang bertugas secara bergilir. Kehadiran mereka diharapkan dapat memberi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang kembali beraktivitas setelah libur panjang Lebaran.

    “Kami berharap langkah kami mampu memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang beraktivitas kembali usai mudik lebaran 2025,” harapnya. [tin/beq]

  • Tol Tanjung Pura-Pangkalan Brandan & Junction Palembang Segera Berbayar

    Tol Tanjung Pura-Pangkalan Brandan & Junction Palembang Segera Berbayar

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Hutama Karya (Persero) atau HK mengungkap dua ruas Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) bakal segera bertarif dalam waktu dekat.

    Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Adjib Al Hakim menjelaskan bahwa dua ruas yang bakal bertarif itu, yakni Ruas Binjai – Langsa Seksi 3 (Tanjung Pura – Pangkalan Brandan) sepanjang 18,85 kilometer (km) serta Junction Palembang Ramp 2 (Kayu Agung – Indralaya) dan Ramp 3 (Indralaya – Kayu Agung) sepanjang 2,46 km. 

    “Penetapan tarif ini menyusul diterbitkannya Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum (PU) No. 362 Tahun 2025 tentang Penetapan Golongan Kendaraan dan Tarif untuk Tol Binjai – Langsa Seksi 3 (Tanjung Pura – Pangkalan Brandan) yang dikeluarkan pada tanggal 10 Maret 2025,” jelasnya dalam keterangan resmi, Kamis (10/4/2025).

    Adjib menjelaskan, sebelumnya Jalan Tol Tanjung Pura – Pangkalan Brandan telah beroperasi tanpa tarif selama lebih dari 1 bulan sejak 11 Maret 2025.

    Pada periode tanpa tarif itu, antusiasme masyarakat terhadap tol di Sumatra Utara sangat tinggi dengan jumlah kendaraan yang melintas mencapai 161.815 kendaraan. 

    “Ruas tol ini terbukti memberikan dampak signifikan saat arus mudik dan balik Lebaran 2025, terutama dalam memperlancar akses dari dan menuju Bandara Internasional Kualanamu serta membuka konektivitas strategis antara wilayah Sumatra Utara bagian utara dengan Provinsi Aceh,” jelas Adjib.

    Di samping itu, kehadiran tol ini juga memangkas waktu tempuh dari Tanjung Pura ke Pangkalan Brandan dari sekitar 1,5 jam menjadi hanya 30 menit

    Sementara itu, izin penetapan tarif pada ruas Junction Palembang Ramp 2 diatur dalam Keputusan Menteri PU Nomor 401 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Ramp 2 dan Ramp 3 Junction Palembang yang dikeluarkan pada tanggal 26 Maret 2025.

    Ruas ini memiliki peran strategis dalam mengintegrasikan perjalanan toll-to-toll antara ruas Kayu Agung – Palembang dengan Palembang – Indralaya secara langsung tanpa harus keluar ke jalan nasional. 

    Kemudian, kehadiran junction ini akan melengkapi konektivitas jalan tol di Sumatra Selatan serta mendukung kelancaran lalu lintas dari dan menuju Kota Palembang hingga Prabumulih, khususnya pada jam-jam sibuk dan periode libur nasional. 

    Hutama Karya memastikan, Ramp 2 (Kayu Agung – Indralaya) dan Ramp 3 (Indralaya – Kayu Agung) Junction Palembang telah melalui Uji Laik Fungsi dan Operasi (ULFO) yang dilaksanakan pada Senin hingga Rabu, 16–18 Desember 2024.

  • Polres Pasuruan Kota Klaim Angka Kriminalitas Turun 39% Selama Ramadhan 2025

    Polres Pasuruan Kota Klaim Angka Kriminalitas Turun 39% Selama Ramadhan 2025

    Pasuruan (beritajatim.com) – Polres Pasuruan Kota mengklaim keberhasilan menurunkan angka kriminalitas sebesar 39 persen selama bulan suci Ramadhan hingga perayaan Idul Fitri 1446 H / 2025 M. Klaim tersebut disampaikan Kapolres Pasuruan Kota, AKBP Davis Busin Siswara, dalam hasil analisa dan evaluasi (anev) usai pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2025.

    “Alhamdulillah, situasi kamtibmas selama Ramadhan 2025 dan Operasi Ketupat Semeru dapat dikendalikan dengan baik. Angka kriminalitas turun signifikan,” ujar AKBP Davis di Pasuruan Kota, Kamis (10/4/2025).

    Penurunan tersebut tercatat pada berbagai jenis gangguan kamtibmas, seperti pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian kendaraan bermotor (curanmor), kejahatan jalanan, aksi balap liar, hingga penggunaan petasan ilegal. Operasi Ketupat Semeru 2025 dinilai menjadi salah satu faktor utama yang menjaga stabilitas keamanan di wilayah Kota Pasuruan.

     

    Davis menjelaskan, keberhasilan menekan angka kriminalitas tidak terlepas dari sinergi kuat antara jajaran kepolisian, TNI, pemerintah daerah, dan peran aktif masyarakat. Selama Ramadhan, Polres meningkatkan patroli di jam-jam rawan, mengintensifkan pengamanan di lokasi ibadah, serta menggelar razia terpadu.

    Selain itu, ratusan personel gabungan dikerahkan dan disiagakan di pos-pos strategis guna mendukung pengamanan selama masa Operasi Ketupat. Hasilnya, tidak hanya tindak kriminal yang menurun, tetapi juga kelancaran arus lalu lintas saat mudik dan balik Lebaran 2025 dapat terjaga tanpa insiden besar.

    Meskipun operasi pengamanan telah berakhir, Kapolres memastikan jajarannya tetap siaga dengan patroli dan pemantauan berkala di pusat-pusat keramaian pasca Lebaran.

    “Polri akan terus hadir memberikan rasa aman. Kami juga berterima kasih atas dukungan luar biasa dari seluruh warga Pasuruan Kota dalam menjaga keamanan bersama,” tutup Davis. [ada/beq]

  • InJourney Airports Layani 9,16 Juta Penumpang Selama Libur Lebaran 2025 – Page 3

    InJourney Airports Layani 9,16 Juta Penumpang Selama Libur Lebaran 2025 – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta PT Angkasa Pura Indonesia atau InJourney Airport melayani 9,16 juta penumpang selama periode angkutan Lebaran 2025. Angka ini meningkat dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

    Direktur Utama InJourney, Maya Watono menjelaskan masa angkutan libur lebaran dimulai sejak 21 Maret 2025 lalu dan akan berakhir pada 11 April 2025 mendatang. Sejauh ini, sudah ada 9,16 juta pergerakan penumpang di 37 bandara yang dikelola.

    “Selama 19 hari masa angkutan Lebaran pada periode 21 Maret hingga 8 April 2025, jumlah penumpang mencapai 9,16 juta penumpang, meningkat 2,4 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, sedangkan pergerakan pesawat mencapai 64.732 pergerakan pesawat,” ungkap Maya dalam keterangannya, Kamis (10/4/2025).

    Adapun, selama periode tersebut, tercatat ada lima bandara tersibuk. Pertama, Bandara Soekarno-Hatta (CGK) dengan 3,05 juta pergerakan penumpang dan 20.126 pergerakan pesawat.

    Kedua, Bandara I Gusti Ngurah Rai (DPS) dengan 1,18 juta pergerakan penumpang dan 7.050 pergerakan pesawat. Ketiga, Bandara Juanda (SUB) dengan 801 ribu pergerakan penumpang dan 5.165 pergerakan pesawat.

    Keempat, Bandara Sultan Hasanuddin (UPG) dengan 542 ribu pergerakan penumpang dan 3.946 pergerakan pesawat. Kelima, Bandara Kualanamu (KNO) dengan 448 ribu pergerakan penumpang dan 2.983 pergerakan pesawat. “Pada periode tersebut, tercatat sebanyak 2.913 extra flight yang terdiri dari 2.783 extra flight penerbangan domestik dan 130 extra flight untuk penerbangan rute internasional,” ucap Maya.

    InJourney mencatat, trafik tertinggi pada periode sebelum Lebaran terjadi pada H-3, yakni Jumat, 28 Maret 2025 dengan jumlah penumpang sebanyak 565.000 penumpang, dengan pergerakan pesawat mencapai 3.905 pesawat. Sementara trafik tertinggi pada periode setelah Lebaran terjadi pada H+5 atau Minggu, 6 April 2025, dengan catatan 597.000 penumpang dan 3.652 pergerakan pesawat.

    Transformasi Bandara Soekarno-Hatta

    InJourney Airports juga telah melakukan serangkaian program transformasi bandara khususnya pada Bandara Internasional Soekarno-Hatta, baik di Terminal 1, 2 dan 3. Program rezoning terminal dilakukan untuk mengatasi penumpukan penumpang. Sementara pada Terminal 2F dilakukan revitalisasi untuk penanganan penumpang umrah.

    Kehadiran umrah lounge diharapkan mampu menampung jemaah umrah dan haji yang jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun. Lounge ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti musala, ruang tunggu khusus, layanan kesehatan, hingga area penanganan bagasi. Infrastruktur dan teknologi terbaru juga diterapkan untuk memperlancar pelayanan, sehingga tidak terjadi kepadatan dan antrean dari jemaah umrah.

    “Program transformasi bandara yang telah dilakukan merupakan upaya dan komitmen kami untuk menghadirkan layanan yang berkualitas sehingga para pengunjung merasa nyaman menggunakan angkutan udara, termasuk pada musim mudik Lebaran tahun ini yang berjalan dengan baik dan lancar,” urai Maya.