Topik: Mudik

  • Telkomsel – Indosat (ISAT) – XL (EXCL) Tuai Berkah Lebaran 2025, Siapa Tertinggi?

    Telkomsel – Indosat (ISAT) – XL (EXCL) Tuai Berkah Lebaran 2025, Siapa Tertinggi?

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), PT Indosat Tbk. (ISAT) dan PT XL Axiata Tbk. (EXCL) meraup pendapatan yang lebih besar pada momen Ramadan-Lebaran 2025 dibandingkan dengan hari biasa dan momen yang sama tahun lalu. Lonjakan trafik terjadi di sejumlah kawasan. 

    Telkomsel mencatatkan peningkatan trafik internet 12% pada lebaran 2025 dibandingkan hari biasa 2025 atau 15,7% lebih tinggi dari periode Ramadan dan Idulfitri 2025.

    Selama momen ini, Telkomsel juga mencatatkan lonjakan trafik broadband didorong oleh peningkatan akses di berbagai layanan dibanding hari biasa 2025, seperti media sosial naik 18,3%, layanan komunikasi seperti instant messaging naik 34,2%, video streaming naik 40,2%, dan mobile gaming 60,7%. 

    Telkomsel juga mencatat peningkatan akses pada sejumlah platform digital favorit, seperti TikTok, Facebook, WhatsApp, YouTube, dan Instagram, dengan peningkatan terbesar pada YouTube sebesar 154,9%. Tak hanya itu, trafik layanan SMS juga naik 25,4%.

    Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono, mengatakan peningkatkan signifikan trafik broadband Telkomsel merupakan bukti kepercayaan pelanggan pada layanan Telkomsel selama Ramadan dan Idulfitri 2025. 

    “Kami berterima kasih atas kepercayaan seluruh pelanggan yang telah menggunakan produk dan layanan Telkomsel,“ kata Saki dalam keterangannya, Kamis (10/4/2025).

    Adapun, selama periode Lebaran 2025 Telkomsel memanfaatkan teknologi AI untuk mengidentifikasi 476 titik keramaian serta mengatasi kendala jaringan secara cepat. 

    Telkomsel juga memperluas cakupan jaringan 5G dengan menggelar lebih dari 1.400 BTS 5G di Jabotabek dan lebih dari 90 BTS 5G Surabaya. Telkomsel menyediakan Posko Siaga RAFI untuk seluruh pemudik di berbagai wilayah Indonesia.

    Karyawan berjalan di kantor Telkomsel

    Terdapat pula 5 wilayah dengan pertumbuhan trafik broadband tertinggi jika dibandingkan dengan hari biasa 2025, yaitu Jawa Tengah naik 38,6%, diikuti Jawa Barat 28,7%, Sumatera Bagian Tengah 22,1%, Jawa Timur 22,0%, dan Sumatera Bagian Selatan 19,2%.

    Data Telkomsel juga mencatat 5 tempat dengan pertumbuhan trafik broadband paling tinggi selama RAFI 2025, yaitu Wisata Kota Batu, Cipanas Kota Bunga, Waduk Gajah Mungkur, Wisata Puncak, dan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.

    Indosat

    Sementara itu, Indosat diketahui mencatatkan kenaikan trafik data sebesar 21% sepanjang periode Idulfitri 1446 H atau Lebaran 2025 dibandingkan dengan hari biasa. Peningkatan ini dipicu oleh tingginya penggunaan aplikasi digital oleh pelanggan selama periode Ramadan dan Idulfitri. 

    Indosat mencatat lima aplikasi yang mengalami lonjakan aktivitas digital tertinggi berturut-turut adalah WhatsApp, Tiktok, Facebook, Youtube, dan Instagram.

    Angka ini diketahui naik dibandingkan dengan periode Lebaran tahun lalu atau 2024. Pada Lebaran 2024 Indosat mencatat peningkatan lalu lintas layanan data pelanggan mencapai 17% dibandingkan rata-rata hari biasa.

    SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison Steve Saerang menyampaikan bahwa peningkatan trafik data Indosat salah satunya didominasi dari mobile gaming, seperti FreeFire hingga PUBG. 

    “Lonjakan trafik selama libur Lebaran didominasi peningkatan aktivitas digital pelanggan, seperti penggunaan media sosial, aplikasi pesan singkat, hingga mobile gaming seperti Mobile Legends, FreeFire, Roblox, PUBG, dan Genshin Impact,” kata Steve, dikutip Jumat (11/4/2025).

    XL Naik 21% Dibandingkan hari biasa … 

  • Arus Mudik Lebaran 2025: 4 Meninggal Dunia dalam 7 Kasus Kecelakaan Lalu Lintas di Pringsewu

    Arus Mudik Lebaran 2025: 4 Meninggal Dunia dalam 7 Kasus Kecelakaan Lalu Lintas di Pringsewu

    Liputan6.com, Lampung – Polres Pringsewu mencatat sebanyak tujuh kasus kecelakaan lalu lintas terjadi selama masa arus mudik dan balik Lebaran 2025 atau Operasi Ketupat Krakatau 2025. Dari insiden tersebut, empat orang dilaporkan meninggal dunia. Operasi Ketupat Krakatau 2025 digelar sejak 23 Maret hingga 7 April 2025. Selama periode itu, total ada 12 korban tercatat akibat kecelakaan yang melibatkan 12 sepeda motor, satu mobil, dan satu pejalan kaki.

    “Dari jumlah tersebut, empat orang meninggal dunia, satu mengalami luka berat, dan tujuh lainnya luka ringan. Total kerugian materiil mencapai sekitar Rp28,5 juta,” kata Kasat Lantas Polres Pringsewu, Iptu David Pulner, Rabu (9/4/2025).

    Menurut dia, mayoritas korban kecelakaan merupakan warga lokal, bukan para pemudik. Ia menyebutkan bahwa jumlah kecelakaan tahun ini mengalami lonjakan drastis dibanding tahun lalu. “Dibandingkan Operasi Ketupat 2024, peningkatannya mencapai 85,7 persen. Tahun lalu hanya terjadi satu kecelakaan dengan dua korban luka dan kerugian materiil sekitar Rp1 juta,” sebutnya.

    Dia mengungkapkan, sebagian besar kecelakaan disebabkan oleh faktor kelalaian pengendara atau human error, seperti tidak mematuhi aturan lalu lintas. Menanggapi tingginya angka kecelakaan tersebut, Polres Pringsewu berencana memperkuat edukasi keselamatan berkendara dan menindak tegas pelanggaran di jalan. “Kami mengimbau seluruh masyarakat, terutama para pengendara, untuk selalu memprioritaskan keselamatan, patuh terhadap aturan lalu lintas, dan tidak berkendara saat lelah atau mengantuk,” tutupnya.

  • Jumlah pemudik pada H-3 Lebaran 2025

    Jumlah pemudik pada H-3 Lebaran 2025

    Jumat, 28 Maret 2025 12:52 WIB

    Foto udara mobil pemudik antre menaiki kapal di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Jumat (28/3/2025). Berdasarkan data Posko Angkutan Lebaran 2025, total pemudik yang menyeberang pada H-4 dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera sebanyak 124.528 penumpang atau turun 17 persen dibandingkan periode tahun lalu sebanyak 150.690 penumpang, sedangkan total kendaraan sebanyak 27.842 unit atau turun 24 persen dibandingkan 2024 sebanyak 36.756 unit.ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wpa.

    Foto udara mobil pemudik antre menaiki kapal di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Jumat (28/3/2025). Berdasarkan data Posko Angkutan Lebaran 2025, total pemudik yang menyeberang pada H-4 dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera sebanyak 124.528 penumpang atau turun 17 persen dibandingkan periode tahun lalu sebanyak 150.690 penumpang, sedangkan total kendaraan sebanyak 27.842 unit atau turun 24 persen dibandingkan 2024 sebanyak 36.756 unit.ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wpa.

  • Wakil Ketua Komisi VI DPR apresiasi kinerja Pelindo tangani penumpang

    Wakil Ketua Komisi VI DPR apresiasi kinerja Pelindo tangani penumpang

    Makassar (ANTARA) – Wakil Ketua Komisi VI DPR RI yang juga Ketua Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi VI DPR RI ke Sulawesi Selatan, Nurdin Halid menyampaikan apresiasi kepada PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo yang telah menangani penumpang musim Lebaran saat mudik dan balik dengan sangat baik.

    “Pelindo telah menangani penumpang selama musim mudik Lebaran hingga arus balik, dengan sangat baik,” kata Nurdin di Makassar, Kamis.

    Dia juga mengapresiasi animo masyarakat untuk menggunakan angkutan laut yang masih sangat tinggi, tapi Alhamdulillah semua itu berhasil diupayakan secara baik oleh Pelindo maupun pihak-pihak yang juga bekerja sama dengan BUMN yang menjadi penggerak sektor logistik nasional ini.

    Menurut dia, secara khusus untuk Pelindo pihaknya berterima kasih, karena lonjakan penumpang tahun ini memang tinggi tetapi masalah ketertiban, kedisiplinan, kemudian kelancaran hampir tidak ada permasalahan.

    Sebagai BUMN yang bergerak di bidang jasa kepelabuhanan, lanjut Nurdin, Pelindo berperan sangat penting dalam menjaga kelancaran arus mudik, dan untuk itu pihaknya berterima kasih karena semua berjalan dengan sangat baik.
    “Ke depan untuk meminimalisir berbagai kendala, berbagai upaya peningkatan harus terus dilakukan,” ucapnya.

    Karena itu, ke depan diharapkan ada peningkatan kapasitas, perbaikan fasilitas, keamanan dan protokol kesehatan untuk menjadi prioritas utama.

    Mengingat tingginya angka penumpang selama musim mudik, kata Nurdin, secara keseluruhan meskipun selalu menghadapi banyak tantangan, namun kontribusi Pelindo dalam menghadapi lonjakan penumpang dan menjamin kelancaran sangat besar dan tak terelakkan.

    Meski begitu, dia tetap menyoroti kondisi yang beberapa waktu lalu terjadi di Pelabuhan Makassar, yaitu beberapa pedagang asongan yang ngotot ingin berjualan di kapal penumpang yang tengah sandar di dermaga dengan “mengupayakan” segala cara demi bisa masuk ke kapal.

    “Itu sangat berbahaya dan harus dihentikan. Jangan dibiarkan [asongan berjualan di kapal], harus ditertibkan. Itu jadi perintah khusus saya bersama anggota Komisi VI DPR RI lainnya,” tegas Nurdin.

    Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono menyampaikan bahwa terkait arus mudik dan balik Idul Fitri 1446 Hijriah/2025 Masehi, khusus di Pelabuhan Makassar, Pelindo menyiapkan 3 dermaga untuk melakukan pelayanan kapal penumpang selama masa Angkutan Lebaran 2025.

    “Kami juga telah mengecek secara langsung terkait kondisi Terminal Penumpang Pelabuhan Makassar yang saat ini memiliki luas kurang lebih 6.500 M2 dan dilengkapi dengan Ruang Tunggu Sementara (RTS), X-Ray, serta Garbarata,” ujar Arif.

    Menurut dia, puncak arus mudik di Pelabuhan Makassar terjadi pada H-10 atau 21 Maret 2025 dengan penumpang sebanyak 7.373 orang dan 605 unit kendaraan. Sedangkan puncak arus balik pada H+6 atau 6 April 2025 dengan jumlah penumpang sebanyak 7.653 orang.

    Data yang ada mencatat bahwa peningkatan arus penumpang di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar pada musim mudik Lebaran Idulfitri tahun ini sebesar 80.347 orang atau naik 8,60 persen dari tahun 2024 lalu.

    Arif Suhartono menyebutkan bahwa semua fasilitas untuk penumpang khususnya di Pelabuhan Makassar sudah disiapkan dan semuanya dalam kondisi yang proper (sesuai).

    Pewarta: Suriani Mappong
    Editor: Biqwanto Situmorang
    Copyright © ANTARA 2025

  • jangan kosongkan rekening Bank DKI

    jangan kosongkan rekening Bank DKI

    Ketua DPRD DKI Jakarta Khoirudin. Foto: Istimewa

    Ketua DPRD Jakarta: jangan kosongkan rekening Bank DKI
    Dalam Negeri   
    Editor: Nandang Karyadi   
    Kamis, 10 April 2025 – 12:52 WIB

    Elshinta.com Khoirudin, Ketua DPRD DKI Jakarta mengimbau masyarakat tidak terpancing ajakan mengosongkan rekening Bank DKI di tengah polemik gangguan layanan perbankan selama musim mudik Lebaran 2025. Usai acara Halal Bihalal di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (8/4/2025), Khoirudin menegaskan bahwa reaksi menarik dana secara massal justru bisa berdampak negatif bagi keuangan daerah.

    “Jangan ikuti ajakan untuk mengosongkan rekening. Karena ini aset kita, aset Pemda, aset DKI. Iya, orang kadang ada salah, ada kekurangan. Tapi jangan karena itu lalu gerakan mengosongkan rekening di Bank DKI,” ujar Khoirudin.

    Ia menyampaikan bahwa Bank DKI adalah satu-satunya BUMD yang secara konsisten memberikan dividen terbesar bagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Langkah emosional seperti penarikan dana besar-besaran dinilai kontraproduktif.

    “Bank DKI itu kan BUMD yang bisa memberikan dividen terbaik selama ini, bertahun-tahun. Sayang kalau digerogoti oleh emosi sesaat,” ujarnya.

    “Jangan karena kekecewaan itu kita kosongkan rekening. Itu aset kita,” tambahnya.

    Ia juga memastikan bahwa Gubernur DKI Jakarta telah merespons cepat persoalan ini dengan menggelar rapat bersama jajaran Bank DKI. “Yang bijak adalah mengenali dan menginventarisasi masalah. Kita tidak mencari siapa yang salah, tapi bagaimana menyelesaikan,” ujar Khoirudin.

    Seperti diketahui, layanan transaksi antarbank melalui ATM Bank DKI kini telah kembali beroperasi secara penuh, menyusul selesainya proses pemeliharaan sistem perbankan sejak 29 Maret 2025

    “Nasabah kini dapat kembali melakukan berbagai transaksi seperti tarik tunai, cek saldo, transfer lintas bank (off-us), hingga pembayaran tagihan,” ungkap Direktur Utama Bank DKI Agus Haryoto Widodo.

    Menurut dia, pulihnya layanan tersebut menyusul selesainya proses pemeliharaan sistem layanan sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas layanan dan penguatan sistem keamanan transaksi.

    Ia menegaskan bahwa, selama proses pemeliharaan, keamanan data dan dana nasabah tetap menjadi prioritas utama Bank DKI.

    Pihaknya juga memastikan bahwa setiap permasalahan yang mungkin muncul telah ditindaklanjuti dan diselesaikan dengan sebaik-baiknya.

    Penulis: Ter

    Sumber : Radio Elshinta

  • Kunjungan wisata di DIY selama libur Lebaran 2025 lampaui target

    Kunjungan wisata di DIY selama libur Lebaran 2025 lampaui target

    Wisatawan cenderung mencari akomodasi yang lebih murah seperti pondok wisata atau penginapan lainnya

    Yogyakarta (ANTARA) – Dinas Pariwisata (Dispar) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencatat jumlah kunjungan wisatawan selama libur Lebaran 2025 mencapai 1.459.542 orang atau melampaui target yang ditetapkan sebanyak 1,1 juta kunjungan.

    Kepala Dispar DIY Imam Pratanadi di Yogyakarta, Kamis, mengatakan angka tersebut merupakan akumulasi sementara kunjungan wisatawan ke berbagai destinasi wisata di DIY selama periode 24 Maret hingga 7 April 2025.

    “Angka tersebut merupakan capaian yang baik dan sudah melebihi target yang ditetapkan sebanyak 1.050.000 -1.100.000 kunjungan (pergerakan) wisatawan ke destinasi wisata,” ujar Imam.

    Menurut dia, jumlah kunjungan itu masih berpotensi bertambah sebab data dari Kota Yogyakarta belum sepenuhnya masuk.

    Selain melampaui target, kunjungan wisatawan di DIY pada libur Lebaran 2025 meningkat dibandingkan tahun lalu yang tercatat sebanyak 1.037.319 orang pada periode 6-15 April 2024.

    Lonjakan jumlah wisatawan tahun ini, menurut Imam, antara lain dipengaruhi oleh durasi libur lebaran yang lebih panjang serta kebijakan “work from anywhere” (WFA) bagi pegawai kementerian dan lembaga.

    “Sehingga beberapa pegawai bisa mudik jauh-jauh hari sebelum Hari Raya Idul Fitri,” tuturnya.

    Ia menyebut kawasan Malioboro tetap menjadi magnet utama kunjungan wisata di DIY selama libur Lebaran 2025.

    Selain itu, destinasi wisata alam seperti Pantai Baron, Pantai Parangtritis dan kawasan Kaliurang juga masih menjadi favorit wisatawan, termasuk wisata edukasi seperti museum dan candi.

    Dari total kunjungan wisatawan yang tercatat, Kabupaten Sleman menjadi wilayah paling banyak dikunjungi dengan 550.091 orang, disusul Kota Yogyakarta sebanyak 493.701 orang, Gunungkidul 166.730 orang, Bantul 154.462 orang dan Kulon Progo 94.558 orang.

    Meski angka kunjungan meningkat, Imam mengakui selama Lebaran 2025 tingkat hunian kamar hotel di DIY dilaporkan hanya mencapai 50 persen, jauh di bawah target Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) yang memperkirakan 80 persen.

    Penurunan itu disinyalir akibat kondisi perekonomian dan daya beli masyarakat yang menurun sehingga berdampak pada perputaran ekonomi di sektor pariwisata DIY.

    “Wisatawan cenderung mencari akomodasi yang lebih murah seperti pondok wisata atau penginapan lainnya,” ucap Imam.

    Meski demikian, dia menilai secara umum situasi libur Lebaran 2025 di DIY berlangsung aman dan lancar, yang ditandai minimnya keluhan wisatawan, termasuk soal parkir dan harga kuliner yang acap kali menjadi sorotan.

    “Terbukti dari minimnya keluhan dari wisatawan, terutama menyangkut masalah parkir dan kenaikan harga kuliner,” ujarnya.

    Pewarta: Luqman Hakim
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2025

  • Telkomsel Catat Kenaikan Trafik 12% saat Periode Lebaran 2025

    Telkomsel Catat Kenaikan Trafik 12% saat Periode Lebaran 2025

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) mencatatkan peningkatan trafik internet 12% pada lebaran 2025 dibandingkan hari biasa 2025 atau 15,7% lebih tinggi dari periode Ramadan dan Idulfitri 2025.

    Selama momen ini, Telkomsel juga mencatatkan lonjakan trafik broadband didorong oleh peningkatan akses di berbagai layanan dibanding hari biasa 2025, seperti media sosial naik 18,3%, layanan komunikasi seperti instant messaging naik 34,2%, video streaming naik 40,2%, dan mobile gaming 60,7%. 

    Telkomsel juga mencatat peningkatan akses pada sejumlah platform digital favorit, seperti TikTok, Facebook, WhatsApp, YouTube, dan Instagram, dengan peningkatan terbesar pada YouTube sebesar 154,9%. Tak hanya itu, trafik layanan SMS juga naik 25,4%.

    Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono, mengatakan peningkatkan signifikan trafik broadband Telkomsel merupakan bukti kepercayaan pelanggan pada layanan Telkomsel selama Ramadan dan Idulfitri 2025. 

    “Kami berterima kasih atas kepercayaan seluruh pelanggan yang telah menggunakan produk dan layanan Telkomsel,“ kata Saki dalam keterangannya, Kamis (10/4/2025).

    Adapun, selama periode Lebaran 2025 Telkomsel memanfaatkan teknologi AI untuk mengidentifikasi 476 titik keramaian serta mengatasi kendala jaringan secara cepat. 

    Telkomsel juga memperluas cakupan jaringan 5G dengan menggelar lebih dari 1.400 BTS 5G di Jabotabek dan lebih dari 90 BTS 5G Surabaya. Telkomsel menyediakan Posko Siaga RAFI untuk seluruh pemudik di berbagai wilayah Indonesia.

    Tak hanya itu, Telkomsel juga memberangkatkan 1.100 pemudik dari berbagai profesi secara gratis melalui program Mudik Hepi 2025. 

    Sementara dari sisi produk dan layanan promo, Telkomsel juga telah menyediakan beragam paket internet menarik selama Ramadan.

    Selain itu, hasil dari pemanfaatan AI selama periode RAFI 2025 telah berhasil membantu Telkomsel dalam menyelesaikan lebih dari 9.500 pekerjaan terkait dengan optimasi jaringan secara autonomous untuk meningkatkan customer experience di momen ini. 

    Terdapat pula 5 wilayah dengan pertumbuhan trafik broadband tertinggi jika dibandingkan dengan hari biasa 2025, yaitu Jawa Tengah naik 38,6%, diikuti Jawa Barat 28,7%, Sumatera Bagian Tengah 22,1%, Jawa Timur 22,0%, dan Sumatera Bagian Selatan 19,2%.

    Data Telkomsel juga mencatat 5 tempat dengan pertumbuhan trafik broadband paling tinggi selama RAFI 2025, yaitu Wisata Kota Batu, Cipanas Kota Bunga, Waduk Gajah Mungkur, Wisata Puncak, dan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.

  • 1,6 juta wisatawan kunjungi Jabar selama libur Lebaran 2025

    1,6 juta wisatawan kunjungi Jabar selama libur Lebaran 2025

    Paling banyak H+1 Lebaran 2025 karena banyak masyarakat memutuskan berwisata setelah silaturahmi dan ziarah ke makam keluarga

    Bandung (ANTARA) – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat mencatat secara total ada 1.611.404 wisatawan yang mengunjungi Jawa Barat selama periode libur Lebaran 2025.

    “Dari pantauan H-3 sampai H+7 Lebaran 2025, dari total 126 daya tarik wisata (DTW) di 27 kabupaten/kota di Jabar tercatat ada 1.611.404 wisatawan selama masa pemantauan,” kata Kepala Disparbud Jabar Iendra Sofyan dalam pesan singkat kepada ANTARA di Bandung, Kamis.

    Iendra mengungkapkan dari pantauan 28 Maret sampai 7 April 2025, puncak kunjungan terjadi pada tanggal 2 April 2025 atau H+1 Lebaran dengan 357.638 jiwa dalam sehari.

    “Paling banyak H+1 Lebaran 2025 karena banyak masyarakat yang memutuskan berwisata setelah silaturahmi dan ziarah ke makam keluarganya,” ujarnya.

    Dalam data Disparbud Jabar, kunjungan wisatawan di atas 60 ribu orang di periode Lebaran 2025 juga terjadi pada H+2 Lebaran (3/4) dengan 314.281 jiwa, Hari kedua Lebaran (1/4) dengan 267.932 orang, H+3 Lebaran (4/4) dengan 204.096 orang, H+4 Lebaran (5/4) dengan 179.390 orang, dan H+6 Lebaran (6/4) dengan 124.386 orang berkunjung ke 126 destinasi wisata di Jawa Barat.

    Total kunjungan tertinggi di Jawa Barat selama periode Lebaran 2025, lanjut Iendra, terdapat di Masjid Al-Jabbar Bandung dengan 229.097 orang, yang disusul oleh Pantai Pangandaran dengan 194.813 orang, lalu Kebun Raya Bogor (64.700), Taman Safari (64.299), Pantai Batukaras (55.917), Kejawanan Cirebon (45.976), Pantai Batuhiu (44.866), Agrowisata Gunung Mas (40.336), Kawah Putih (37.067), dan Taman Herbal Insani Depok (35.752) sebagai 10 destinasi terfavorit.

    “Rata-rata kunjungan dari 10 DTW tertinggi selama periode libur Lebaran 2025 sebanyak 81.282 per hari,” ucapnya.

    Jika dibandingkan dengan periode Lebaran 2024, tambah Iendra, total kunjungan dengan periode pemantauan yang sama yakni H-3 sampai H+3 lebaran dengan mengesampingkan hari H lebaran, mengalami kenaikan signifikan.

    “Ini sangat signifikan, total kunjungan wisatawan pada 2024 sebanyak 575.093 jiwa dan di periode yang sama pada 2025 tercatat ada 1.046.794 orang wisatawan berkunjung ke destinasi kita,” tutur Iendra.

    Sebelumnya, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia memprediksi perputaran uang pada momentum libur Idul Fitri 1446 H/Lebaran 2025 turun seiring dengan turunnya jumlah pemudik tahun ini.

    Hal itu berdasarkan hasil survei yang dilakukan Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan hingga akademisi yang menyatakan jumlah pemudik Lebaran 2025 diperkirakan 146,48 juta orang atau sekitar 52 persen dari penduduk Indonesia, turun 24 persen dibandingkan tahun lalu yang mencapai 193,6 juta pemudik.

    “Jika tahun lalu asumsi perputaran uang selama Idul Fitri 2024 mencapai Rp157,3 triliun, maka asumsi perputaran uang libur Idul Fitri 2025 diprediksi mencapai Rp137,9 triliun,” kata Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pengembangan Otonomi Daerah Sarman Simanjorang dalam keterangan di Jakarta, Selasa (18/3).

    Sarman menuturkan, prediksi tersebut dihitung dari jumlah pemudik tahun ini sejumlah 146,48 juta orang atau setara dengan 36,26 juta keluarga dengan asumsi setiap keluarga beranggotakan empat orang.

    Jika rata-rata keluarga membawa uang sebesar Rp3,75 juta, atau naik 10 persen dari tahun lalu, maka potensi perputaran uang diprediksi sebesar Rp137,9 triliun. Jumlah ini masih berpotensi naik lantaran hitungannya dari skala minimal dan moderat.

    “Jika per keluarga membawa rata-rata Rp4 juta, maka potensi perputaran bisa mencapai Rp145 triliun, sehingga potensi perputaran di kisaran Rp137 triliun hingga Rp145 triliun,” katanya.

    Pewarta: Ricky Prayoga
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2025

  • Tidak ada korban jiwa selama arus mudik dan balik

    Tidak ada korban jiwa selama arus mudik dan balik

    Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho saat memberikan keterangan pers pada beberapa waktu lalu. ANTARA/irfan

    Polresta Tangerang: Tidak ada korban jiwa selama arus mudik dan balik
    Dalam Negeri   
    Editor: Novelia Tri Ananda   
    Kamis, 10 April 2025 – 13:03 WIB

    Elshinta.com – Polres Metro Tangerang Kota menyatakan arus mudik dan balik Lebaran 2025 berjalan lancar dan pengamanan selama Operasi Ketupat Jaya 2025 telah menekan angka kecelakaan lalu lintas di Kota Tangerang, Banten. Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho di Tangerang, Kamis, mengungkapkan tidak ada korban jiwa dari kasus kecelakaan lalu lintas selama arus mudik dan balik lebaran tahun ini.

    Zain menyebutkan jumlah angka kecelakaan lalu lintas selama arus mudik dan balik Lebaran 2025 sebanyak 28 kejadian, namun tidak ada korban jiwa.

    “Kami mencatat skala kejadian kecelakaan lalu lintas selama arus mudik dan balik lebaran ini dapat ditekan secara baik, hasilnya luar biasa bahkan tidak ada korban jiwa,” ujarnya.

    Ia mengatakan proses pengamanan arus mudik dan balik lebaran tahun ini juga menurunkan angka kerugian materiil. Berdasarkan data yang diperoleh Polres Metro Tangerang Kota menunjukkan kerugian materiil akibat kecelakaan lalu lintas selama Operasi Ketupat Jaya 2025 di Kota Tangerang tercatat Rp86,8 juta.

    “Kami juga mencatatkan, meski jumlah angka kecelakaan lalu lintas pada tahun ini sedikit mengalami lonjakan, namun dalam jumlah kerugian jauh lebih kecil dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai Rp108,3 juta dengan satu korban meninggal dunia,” ujarnya.

    Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang Achmad Suhaely mengatakan minimnya angka kecelakaan lalu lintas selama ini menunjukkan keberhasilan petugas gabungan yang telah berkontribusi besar menyukseskan Operasi Ketupat Jaya 2025 di Kota Tangerang selama arus mudik dan balik.

    “Kami juga mengapresiasi kesigapan semua petugas gabungan yang terlibat dalam proses pengamanan kemarin, sehingga sukses berjalan dengan aman dan lancar,” pungkas Suhaely.

    Sumber : Antara

  • Jangan ikuti ajakan kosongkan rekening di Bank DKI

    Jangan ikuti ajakan kosongkan rekening di Bank DKI

    Sumber foto: Istimewa/elshinta.com.

    Ketua DPRD DKI: Jangan ikuti ajakan kosongkan rekening di Bank DKI
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Kamis, 10 April 2025 – 13:27 WIB

    Elshinta.com – Ketua DPRD DKI Jakarta, Khoirudin, mengimbau masyarakat untuk tidak terpancing ajakan mengosongkan rekening Bank DKI di tengah polemik gangguan layanan perbankan selama musim mudik Lebaran 2025.

    Dalam wawancara usai acara Halal Bihalal di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (8/4/2025), Khoirudin menegaskan bahwa reaksi menarik dana secara massal justru bisa berdampak negatif bagi keuangan daerah.

    “Jangan ikuti ajakan untuk mengosongkan rekening. Karena ini aset kita, aset Pemda, aset DKI. Iya, orang kadang ada salah, ada kekurangan. Tapi jangan karena itu lalu gerakan mengosongkan rekening di Bank DKI,” ujar Khoirudin.

    Ia menyampaikan bahwa Bank DKI adalah satu-satunya BUMD yang secara konsisten memberikan dividen terbesar bagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Langkah emosional seperti penarikan dana besar-besaran dinilai kontraproduktif.

    “Bank DKI itu kan BUMD yang bisa memberikan dividen terbaik selama ini, bertahun-tahun. Sayang kalau digerogoti oleh emosi sesaat,” ujarnya.

    “Jangan karena kekecewaan itu kita kosongkan rekening. Itu aset kita,” imbuhnya menegaskan.

    Ia juga memastikan bahwa Gubernur DKI Jakarta telah merespons cepat persoalan ini dengan menggelar rapat bersama jajaran Bank DKI.

    “Yang bijak adalah mengenali dan menginventarisasi masalah. Kita tidak mencari siapa yang salah, tapi bagaimana menyelesaikan,” ujar Khoirudin. 

    Sebelumnya, layanan transaksi antarbank melalui ATM Bank DKI kini telah kembali beroperasi secara penuh, menyusul selesainya proses pemeliharaan sistem perbankan sejak 29 Maret 2025.

    “Nasabah kini dapat kembali melakukan berbagai transaksi seperti tarik tunai, cek saldo, transfer lintas bank (off-us), hingga pembayaran tagihan,” kata Direktur Utama Bank DKI Agus Haryoto Widodo.

    Menurut dia, pulihnya layanan tersebut menyusul selesainya proses pemeliharaan sistem layanan sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas layanan dan penguatan sistem keamanan transaksi.

    Ia menegaskan bahwa, selama proses pemeliharaan, keamanan data dan dana nasabah tetap menjadi prioritas utama Bank DKI.

    Pihaknya juga memastikan bahwa setiap permasalahan yang mungkin muncul telah ditindaklanjuti dan diselesaikan dengan sebaik-baiknya.

    Sumber : Radio Elshinta