Topik: Mudik

  • InJourney: Penumpang penerbangan periode mudik diprediksi 10,8 juta

    InJourney: Penumpang penerbangan periode mudik diprediksi 10,8 juta

    Tangerang (ANTARA) – PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) memprediksi pergerakan jumlah penumpang penerbangan periode mudik Lebaran Idul Fitri 1446 Hijriah/2025 Masehi tembus 10,8 juta orang.

    Direktur Utama InJourney Airports Faik Fahmi di Tangerang, Kamis menyampaikan bahwa masa angkutan Lebaran tahun ini penumpang pesawat secara kumulatif di 37 bandara AP Indonesia diproyeksikan mencapai 10,8 juta orang atau meningkat 9,3 persen dibandingkan dengan realisasi pada masa angkutan yang sama di tahun sebelumnya.

    “Ini juga kali pertama pasca-pandemi jumlah penumpang angkutan lebaran melebihi sekitar 8 persen dari jumlah penumpang angkutan lebaran 2019 saat sebelum ada pandemi COVID-19,” katanya.

    Menurutnya, peningkatan jumlah penumpang pesawat saat angkutan Lebaran sejalan dengan program pemerintah dalam menurunkan harga tiket pesawat.

    Dimana, InJourney Airports mendukung dan memberikan kontribusi signifikan dalam program ini dengan menurunkan tarif Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat (PJP2U) dan tarif Pelayanan Jasa Pendaratan, Penempatan dan Penyimpanan Pesawat Udara (PJP4U) masing-masing sebesar 50 persen selama 24 Maret – 7 April 2025.

    “Oleh karenanya, InJourney fokus pada aspek pelayanan, keselamatan, keamanan dan penyediaan terhadap seluruh regulasi untuk dapat memberikan pengalaman perjalanan yang mulus dan pengalaman pelanggan terbaik bagi para pemudik,” ujarnya.

    Sebagai komitmen dalam kesuksesan pencapaian target 10,8 juta penumpang, maka sejumlah persiapan dilakukan oleh pihaknya seperti membuka Posko Angkutan Udara Lebaran 2025 di 37 bandara saat periode angkutan lebaran yakni mulai 21 Maret hingga 11 April 2025.

    “Di tengah ketinggian lalu lintas penerbangan dan pergerakan penumpang angkutan lebaran, posko menjadi wadah seluruh pemangku kepentingan bandara untuk berkoordinasi lebih intensif. Posko antara lain bertugas memantau lalu lintas penerbangan dan pergerakan penumpang secara real time . Data dan laporan dari posko kemudian menjadi dasar pengambilan keputusan secara cepat oleh para pemangku kepentingan , guna memastikan kelancaran operasional, pelayanan dan keamanan pemudik,” jelas dia.

    Sementara itu, Direktur Operasi InJourney Airports Wendo Asrul Rose menambahkan pada angkutan lebaran tahun ini pergerakan pesawat di 37 bandara diprediksi menyentuh 81.401 penerbangan atau naik sekitar 5 persen.

    “Rencana operasi telah disiapkan di seluruh bandara untuk memastikan kelancaran operasional bandara. Total jumlah personel yang disiagakan di 37 bandara mencapai 17.175 personel di bidang pelayanan dan operasional. Seluruh bandara juga disiagakan untuk beroperasi 24 jam dengan menyesuaikan permintaan dari maskapai penerbangan,” tuturnya.

    Lebih lanjut, Wendo menuturkan, bahwa rencana operasi juga mencakup penyesuaian dan optimalisasi slot time di bandara (ketersediaan waktu take off dan landing pesawat), jam operasi bandara dan manajemen extra flight (penerbangan tambahan).

    “Berdasarkan data yang dihimpun di seluruh Bandar Udara, per 18 Maret telah terdapat izin extra flight sebanyak 2284 penerbangan di bandara-bandara InJourney Airports selama periode angkutan lebaran. Data ini masih akan terus bergerak,” ungkapnya.

    Seluruh bandara InJourney Airports pada tahun ini melayani pemudik dengan fasilitas lebih baik, termasuk dua bandara tersibuk di Indonesia yakni Bandara Soekarno-Hatta Tangerang dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

    Kedua bandara itu menjadi program percontohan transformasi berbasis tiga pilar yaitu transformasi infrastruktur yang fokus pada pengalaman pelanggan ( Premises ), operasional kebandarudaraan berbasis ekosistem ( Proses ) dan pelayanan berkelas dunia oleh personel ( People ). Pilar ketiga itu didukung teknologi sebagai Enabler .

    Sedangkan untuk angkutan lebaran tahun ini, jumlah penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta pada diprediksi mencapai 3,5 juta penumpang dengan 24 ribu pergerakan pesawat.

    Dalam upaya menjamin kelancaran angkutan lebaran di Bandara Soekarno-Hatta, InJourney Airports melakukan optimalisasi kapasitas penumpang di Terminal 1, 2 dan 3 melalui program rebalancing dan realokasi , termasuk operasional transportasi Super Air Jet ke Terminal 2E, lalu penerbangan domestik Citilink ke Terminal 1B dan internasional ke Terminal 2F, serta peningkatan pelayanan umrah di Terminal 2F.

    Sementara itu, jumlah penumpang pesawat di Bandara I Gusti Ngurah Rai diperkirakan sebanyak 1,4 juta penumpang dengan sekitar 8.700 pergerakan pesawat.

    Di Bandara I Gusti Ngurah Rai telah dilakukan sejumlah peningkatan fasilitas untuk mengoptimalkan kapasitas bandara melalui perluasan dan penambahan akses di area darat dengan mendesain ulang akses jalur kendaraan, lalu perluasan akses keluar-masuk bandara, pembuatan shelter area penjemputan penumpang, penataan lanskap dan pembuatan taman air, serta pembangunan jembatan penyeberangan orang (JPO).

    Pewarta: Azmi Syamsul Ma’arif
    Editor: Biqwanto Situmorang
    Copyright © ANTARA 2025

  • Begini Strategi PLN Hadapi Lonjakan Pemudik Kendaraan Listrik saat Lebaran

    Begini Strategi PLN Hadapi Lonjakan Pemudik Kendaraan Listrik saat Lebaran

    Jakarta: Mudik Lebaran tahun ini bakal semakin ramah lingkungan! PT PLN (Persero) sudah siap menyambut lonjakan pemudik yang menggunakan kendaraan listrik dengan menambah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) hingga 7,5 kali lipat di jalur mudik utama Trans Sumatra dan Jawa. 
     
    Dengan adanya peningkatan ini, pengguna kendaraan listrik bisa mudik dengan lebih nyaman dan tanpa khawatir kehabisan daya di jalan.
    Lonjakan pemudik kendaraan listrik diprediksi naik
    Menurut Wakil Menteri ESDM, Yuliot Tanjung, jumlah pemudik yang menggunakan electric vehicle (EV) tahun ini diperkirakan melonjak hingga 5 kali lipat dibanding tahun sebelumnya. U
     
    ntuk mengantisipasi hal ini, PLN telah menyiapkan total 3.558 SPKLU yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan 1.000 unit di antaranya khusus ditempatkan di jalur mudik.

    “Jadi dari PLN sendiri sudah menyiapkan SPKLU totalnya seluruh Indonesia adalah 3.558 di mana 1.000 SPKLU itu berada di jalur mudik,” ujar Yuliot dalam acara Pembukaan Posko Nasional Sektor ESDM seperti dikutip dari siaran pers, Kamis, 20 Maret 2025.
     

    SPKLU tersebar di jalur strategis
    PLN memastikan bahwa setiap rest area di ruas tol Trans Sumatra dan Jawa kini sudah dilengkapi dengan SPKLU. Jarak antar SPKLU pun dibuat semakin ideal, rata-rata hanya 23 kilometer, sehingga pemudik tidak perlu khawatir kehabisan daya di tengah perjalanan.
     
    “Kalau dari Jakarta, pengguna EV biasanya charging di Cirebon, Tegal, atau Batang, itu jaraknya sekitar 200-250 kilometer. Jadi itu adalah daerah-daerah yang okupansinya tinggi,” jelas Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo.
    Gunakan fitur Trip Planner PLN Mobile 
    Biar perjalanan makin lancar, Darmawan mengimbau pemudik untuk menggunakan fitur Trip Planner di aplikasi PLN Mobile. Dengan fitur ini, pemudik bisa merencanakan rute terbaik sekaligus mengetahui lokasi SPKLU terdekat. 
     
    Bahkan, fitur ini juga bisa mendeteksi tingkat okupansi di SPKLU tertentu, sehingga pemudik bisa menghindari antrean panjang saat pengisian daya.
    Ada SPKLU Mobile dan layanan darurat 24 Jam!
    Selain SPKLU yang tersebar di berbagai titik strategis, PLN juga menyiapkan 12 unit SPKLU Mobile yang bersiaga di sepanjang ruas Tol Sumatra dan Jawa. Jadi, kalau ada pemudik yang kehabisan daya di tengah jalan, mereka bisa mendapatkan bantuan dari SPKLU Mobile ini.
     
    Tak hanya itu, PLN juga menyediakan layanan darurat 24 jam bagi pemudik EV yang mengalami kendala. Cukup tekan tombol emergency di aplikasi PLN Mobile atau hubungi Contact Center 123 atau WhatsApp di nomor 087771112123.
     
    “SPKLU kami yang ada di sepanjang jalur mudik baik di Jawa, Sumatra, dan Sulawesi di jalan tol semuanya ada petugas kami yang berjaga selama 24 jam,” tambah Darmawan.
     

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • 164.298 personel gabungan dikerahkan amankan mudik Lebaran 2025

    164.298 personel gabungan dikerahkan amankan mudik Lebaran 2025

    “Jalur arteri juga tetap menjadi perhatian dengan penempatan personel serta pos-pos pengamanan agar masyarakat dapat terlayani dengan baik, baik di jalur tol maupun jalur arteri,”

    Surabaya (ANTARA) – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mengerahkan 164.298 personel gabungan dalam rangka Operasi Ketupat 2025 guna memastikan kelancaran dan keamanan arus mudik Lebaran 2025.

    “Operasi ini melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk TNI, Basarnas, BMKG, Dinas Perhubungan, Pramuka, dan sejumlah instansi lainnya,” kata Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo saat memimpin apel gelar pasukan di Lapangan Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis.

    Sigit menyatakan bahwa pihaknya telah mendirikan 2.835 posko pengamanan yang terdiri atas 1.738 pos pengamanan, 788 pos pelayanan, dan 309 pos terpadu.

    Pos-pos ini akan difokuskan pada pengamanan 126.736 objek vital, mulai dari masjid, lokasi Salat Idulfitri, pusat perbelanjaan, terminal, stasiun, pelabuhan, bandara, hingga objek wisata.

    Selain pengamanan, Polri juga telah menyiapkan berbagai skema rekayasa lalu lintas guna mengantisipasi kepadatan kendaraan, khususnya di jalur tol utama dan jalur arteri.

    Beberapa strategi yang diterapkan antara lain pengaturan perjalanan kendaraan sumbu tiga, penerapan sistem ganjil-genap, kontraflow, hingga sistem one-way yang akan disesuaikan dengan kondisi lalu lintas di lapangan.

    “Jalur arteri juga tetap menjadi perhatian dengan penempatan personel serta pos-pos pengamanan agar masyarakat dapat terlayani dengan baik, baik di jalur tol maupun jalur arteri,” kata Kapolri.

    Lebih lanjut, Polri juga menyediakan layanan hotline 110 yang dapat dihubungi masyarakat untuk memperoleh informasi atau menyampaikan aduan terkait pelayanan mudik.

    Layanan ini beroperasi 24 jam dengan petugas yang siap memberikan bantuan.

    “Dengan berbagai langkah yang kami siapkan, diharapkan pelayanan mudik tahun 2025 dapat berjalan lebih baik dan masyarakat dapat melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman,” ujar Sigit.

    Pewarta: Willi Irawan
    Editor: Agus Setiawan
    Copyright © ANTARA 2025

  • Komdigi dan Opsel Siapkan Diskon dan Posko Monitoring Jaringan

    Komdigi dan Opsel Siapkan Diskon dan Posko Monitoring Jaringan

    JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Digital telah sepakat dengan semua operator seluler untuk memberikan dukungan kepada masyarakat berupa diskon tarif paket internet hingga 50 persen dalam bentuk paket Ramadan Lebaran.

    Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid juga menegaskan agar opsel tidak mengurangi kualitas jaringan, meskipun tarif berlangganan jauh lebih murah dari biasanya.

    “Kami harapkan masyarakat dapat terus menggunakan layanan digital selama perjalanan dan libur bersama secara tenang dan menyenangkan,” kata Meutya dalam konferensi pers Menteri Komdigi terkait Posko Bersama Arus Mudik Idul Fitri 1446H Tahun 2025 pada Kamis, 20 Maret di Jakarta.

    Di samping itu Kemkomdigi bersama opsel juga akan membentuk satuan tugas (satgas) dan posko yang akan beroperasi 24 jam di paling tidak 35 unit pelaksanaan teknis monitor spektrum frekuensi radio seluruh Indonesia.

    Meutya mengatakan bahwa posko angkutan lebaran terpadu akan tersedia di lima titik strategis, termasuk Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Pelabuhan Merak, rest area KM57 dan KM62, stasiun Gambir Jakarta dan stasiun Tawang Semarang.

    “Ini tidak lain dan tidak bukan untuk memastikan masyarakat mendapat kualitas layanan telekomunikasi yang optimal, menjaga keselamatan masyarakat dengan memastikan komunikasi transportasi yang menggunakan spektrum frekuensi radio tidak terganggu,” tambahnya.

    Kementerian Komdigi juga telah memprediksi adanya peningkatan trafik layanan seluler hingga 20 persen pada periode mudik lebaran dan Nyepi tahun 2025 dibandingkan rata-rata penggunaan di hari biasa.

  • Pegadaian Hadirkan Gadai Bebas Bunga Untuk Masyarakat Jelang Hari Raya – Halaman all

    Pegadaian Hadirkan Gadai Bebas Bunga Untuk Masyarakat Jelang Hari Raya – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Menjelang periode mudik lebaran 2025, Pegadaian kembali hadirkan Gadai Peduli untuk masyarakat Indonesia. Gadai Peduli adalah Layanan Gadai Bebas Bunga dalam jangka waktu tertentu yang diberikan bagi nasabah baru atau nasabah tidak aktif untuk mendapatkan dana cepat dan mudah.

    Program Gadai Bebas Bunga berlangsung mulai tanggal 19 Maret hingga 30 April 2025 untuk berbagai segmen masyarakat untuk segala tujuan penggunaan pinjaman. 

    Pada program Gadai Bebas Bunga ini, nasabah dapat memperoleh pinjaman senilai mulai dari Rp50 ribu hingga Rp2.5 juta dengan fasilitas bebas bunga sampai dengan 60 hari.  Adapun agunan yang bisa dijaminkan berupa emas batangan dan perhiasan, kendaraan bermotor, hingga barang elektronik–termasuk handphone, laptop, tablet, kamera, televisi atau barang elektronik lainnya.

    Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan menyampaikan, program Gadai Bebas Bunga kembali diluncurkan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat, tentunya dengan transaksi yang cepat dan mudah.

    “Gadai Peduli atau Gadai Bebas Bunga kembali kami luncurkan dengan harapan dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya, terutama jelang mudik lebaran ini. Harapannya masyarakat dapat langsung merasakan manfaat dari program ini, terutama bagi yang membutuhkan dana mendadak, tentunya dengan pengalaman transaksi di Pegadaian yang cepat dan mudah” ujar Damar (20/03/2025).

    Damar berharap agar program ini bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya, sebagai salah satu wujud dukungan Pegadaian dalam membantu perekonomian masyarakat Indonesia, khususnya bagi pelaku UMKM pemula.

    “Program ini dapat digunakan seluruh masyarakat untuk berbagai penggunaan pinjaman, baik produktif hingga konsumtif. Namun besar harapan kami agar program ini dapat benar-benar memberikan manfaat positif bagi masyarakat untuk membantu perekonomiannya, khususnya para pelaku UMKM. Semoga dengan fasilitas bebas bunga ini, UMKM dapat mengembangkan usaha,” tambah Damar.

    Melalui program ini, Pegadaian turut memberikan pengalaman baru bagi masyarakat yang belum pernah menjadi nasabah. Menjelang usia perusahaan yang genap 124 tahun, Pegadaian berupaya meraih dan melayani segmen masyarakat yang makin luas. (*)

  • KAI Periksa Urine Deteksi Narkoba 30 Awak Kereta Api Secara Mendadak di Stasiun Poncol Semarang

    KAI Periksa Urine Deteksi Narkoba 30 Awak Kereta Api Secara Mendadak di Stasiun Poncol Semarang

    TRIBUNJATENG.COM,SEMARANG – Jelang angkutan lebaran, PT Kereta Api Indonesia Daop 4 Semarang gandeng Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah periksa urine secara acak kepada 30 petugas awak sarana perkeretaapian di stasiun Poncol, Kamis (20/3/2025).

    Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo mengatakan tes urine  merupakan langkah preventif memastikan bahwa seluruh petugas yang terlibat dalam operasional perkeretaapian, yakni kepala stasiun, masinis, asisten masinis, kondektur, polisi khusus kereta api, teknisi kereta api, petugas langsir, dan petugas negative check, bebas dari penyalahgunaan narkotika.

    “Hal ini sejalan  komitmen KAI untuk menciptakan perjalanan kereta api yang aman, tenang, dan menyenangkan bagi masyarakat. Dengan memastikan seluruh awak dalam kondisi sehat, kami ingin memberikan pengalaman mudik yang nyaman dan penuh kebersamaan,” jelasnya.

    Menurutnya, tes urine  dilakukan mengantisipasi potensi kerawanan penyalahgunaan narkotika yang dapat mengancam keselamatan perjalanan kereta api. 

    Para petugas diuji untuk memastikan tidak terpapar zat-zat berbahaya seperti ganja, amfetamin, metamfetamin, ekstasi, kokain, dan benzodiazepin. 

    “Tes ini merupakan bagian dari langkah proaktif KAI Daop 4 untuk menjaga integritas dan kesehatan petugas selama periode libur Lebaran,” tuturnya.

    Sementara itu Kepala BNNP Jateng, Brigjen Pol Agus Rohmat menekankan  penyalahgunaan narkoba di lingkungan kerja, khususnya sektor transportasi, dapat membahayakan keselamatan publik. Kegiatan pencegahan narkoba harus dilakukan secara berkala lm

    “Untuk memastikan seluruh pegawai bebas dari penyalahgunaan narkoba. Ini sejalan dengan misi Asta Cita ke-7 Presiden Republik Indonesia dalam membangun SDM unggul dan bebas narkoba,” ujarnya.

    Brigjen Agus menyampaikan  terima kasih kepada PT KAI DAOP IV Semarang  telah berkontribusi dalam program P4GN selama ini.

    Selain itu mengusulkan  PT KAI DAOP IV memperkuat program  Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dengan memasang standing banner serta menayangkan iklan layanan masyarakat di stasiun serta di dalam kereta. 

    “Upaya ini tidak hanya menyasar pegawai, tetapi juga meningkatkan kesadaran masyarakat luas,” jelasnya.(rtp)

  • InJourney Airports Terima 2.284 Pengajuan Extra Flight saat Periode Lebaran 2025 – Halaman all

    InJourney Airports Terima 2.284 Pengajuan Extra Flight saat Periode Lebaran 2025 – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – InJourney Airports dalam hal ini Angkasa Pura menerima 2.284 pengajuan extra flight dari operator penerbangan untuk periode Lebaran 2025. 

    Direktur Operasi PT Angkasa Pura Indonesia atau InJourney Airports Wendo Asrul Rose, mengatakan dari total pengajuan tersebut, sudah ada 116 yang telah disetujui oleh Kementerian Perhubungan. 

    “Yang sudah dalam bentuk flight approval, yang sudah disetujui izinnya oleh Kementerian Perhubungan ada 116 per tanggal 18 Maret,” tutur Wendo dalam Konferensi Pers Pembukaan Posko Lebaran Tahun 2025 di Bandara Soekarno Hatta Terminal 1B, Tangerang, Banten, Kamis (20/3/2025).

    Wendo mengatakan pengajuan extra flight di periode lebaran 2025 dilakukan oleh semua operator penerbangan di Indonesia. 

    Hal ini juga diperkirakan karena adanya penurunan harga tiket pesawat yang membuat masyarakat kembali memilih mudik menggunakan pesawat.

    Selain itu, berdampingannya Hari Raya Idul Fitri dengan Hari Raya Nyepi membuat InJourney menyusun skenario penerbangan, terkhusus di Bandara Ngurah Rai Bali. 

    Tahun ini, Hari Raya Nyepi jatuh pada tanggal 29 Maret 2025, dimana seluruh aktivitas di Bali ditutup termasuk bandara. Sementara itu, pada tanggal tersebut sudah memasuki masa mudik lebaran. 

    “Jadi tanggal 29 seluruh aktivitas di Bali off, termasuk Bandara Ngurah Rai. Setelah itu kita akan melayani sebagaimana biasa. Kita sudah menyiapkan skenario terbaik terkait dengan pelayanan yang berdampingan berdempetan dengan lebaran,” imbuhnya.

     

  • 78 BUMN Terlibat Program Mudik Gratis Lebaran 2025, BKI Layani 6 Rute

    78 BUMN Terlibat Program Mudik Gratis Lebaran 2025, BKI Layani 6 Rute

    Jakarta, Beritasatu.com – Sebanyak 78 perusahaan BUMN terlibat dalam program mudik gratis Lebaran 2025 tersebut dengan target melayani 100.000 pemudik. Para pemudik diangkut dengan tiga moda transportasi dengan perincian 1.360 bus dengan kapasitas 67.000 pemudik, 90 rangkaian kereta api dengan kapasitas  28.000 pemudik, dan 26 unit kapal laut dengan kapastitas 5.000 pemudik.

    Seluruh moda transportasi ini akan melayani perjalanan ke lebih dari 200 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

    Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan progam ini merupakan bagian dari kebijakan prorakyat yang sejalan dengan arahan Presiden Prabowo Subianto dalam menghadapi momen mudik Lebaran 2025. 

    Inisiatif ini bertujuan untuk memastikan kenyamanan dan keamanan masyarakat selama menjalankan ibadah Ramadan serta memberikan kemudahan dalam perjalanan menuju kampung halaman.

    “Mudik Bersama BUMN telah menjadi agenda tahunan yang menunjukkan komitmen BUMN dalam memberikan manfaat nyata bagi masyarakat. Seperti halnya kebijakan untuk menurunkan harga tiket pesawat atau menambah gerbong kereta, program ini dirancang agar masyarakat dapat berkumpul dengan keluarga tanpa kendala,” ujar Erick Thohir dala keterangannya di Jakarta, Kamis (20/3/2025). 

    Salah satu BUMN yang turut berpartisipasi dalam program mudik ini adalah PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) (BKI) turut berpartisipasi dalam program mudik bersama tahun ini dengan menyediakan enam rute utama, yakni Malang, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Surakarta (Solo), dan Wonogiri. Titik keberangkatan akan dilakukan dari kantor Pusat BKI.

    Dalam rangka memastikan perjalanan yang aman, BKI akan melakukan inspeksi ke berbagai pelabuhan guna menjamin keselamatan operasional kapal selama arus mudik Lebaran. Tim surveyor BKI juga akan disiagakan untuk mendukung kelancaran aktivitas pelayaran.

    “Kami mengimbau para pengguna jasa untuk mempercepat masa survei dan perawatan kapal agar dapat beroperasi secara optimal selama musim puncak Angkutan Lebaran dan Nataru. Selain itu, BKI memastikan bahwa muatan kapal tetap sesuai dengan regulasi yang berlaku,” ungkap Direktur Operasi BKI, R Benny Susanto.

    Dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, program Mudik Bersama BUMN 2025 diharapkan dapat berjalan lancar serta memberikan pengalaman perjalanan yang aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat.

  • InJourney Airports Pastikan Bandara Ngurah Rai Ditutup Saat Hari Raya Nyepi – Halaman all

    InJourney Airports Pastikan Bandara Ngurah Rai Ditutup Saat Hari Raya Nyepi – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG – Periode mudik lebaran tahun ini juga akan berbarengan dengan Hari Raya Nyepi bagi umat Hindu yang akan berlangsung pada 29 Maret 2025.

    Bali yang merupakan wilayah dengan banyak umat Hindu di Indonesia biasanya akan meniadakan kegiatan apapun selama Nyepi.

    Direktur Operasi PT Angkasa Pura Indonesia atau InJourney Airports Wendo Asrul Rose, menyampaikan untuk menghormati Nyepi umat Hindu, InJourney Airports akan meniadakan kegiatan.

    “Sebagaimana yang kita ketahui Nyepi akan berlangsung tanggal 29 Maret, jadi tanggal 29 seluruh aktivitas di Bali off, termasuk Bandara Ngurah Rai,” tutur Wendo dalam Konferensi Pers Pembukaan Posko Lebaran Tahun 2025 di Bandara Soekarno Hatta Terminal 1B, Tangerang, Banten, Kamis (20/3/2025).

    Wendo menambahkan, beberapa tahun lalu pihaknya juga melakukan hal yang sama, meskipun waktu Nyepi bertepatan dengan periode masa angkutan lebaran.

    Penutupan sementara selam 24 jam Bandara Ngurah Rai dipastikan tidak akan mengganggu penerbangan angkutan Lebaran 2025.

    “Ini juga sudah pernah terjadi beberapa tahun yang lalu, tahun 2000 sekian. Kita sudah menyiapkan skenario terbaik terkait dengan pelayanan yang berdampingan atau berdempetan dengan lebaran,” jelasnya.

    Direktur Utama PT Angkasa Pura Indonesia atau InJourney Airports Faik Fahmi, menambahkan InJourney Airports telah menyiapkan langkah-langkah untuk memastikan angkutan lebaran berjalan dengan baik.

    “Kita mempersiapkan diri seluruh bandara untuk bisa dioperasikan 24 jam, sehingga teman-teman dari airline itu bisa memaksimalkan pengoperasian bandara, mengoptimalkan utilisasi pesawat yang kalau normal mungkin sehari hanya sekitar 9 jam, nanti dengan kita operasikan 24 jam,” imbuh Faik.

  • Catat! Nomor Telepon Penting buat Bekal Mudik

    Catat! Nomor Telepon Penting buat Bekal Mudik

    Jakarta

    Jutaan kendaraan pribadi akan dimanfaatkan masyarakat untuk mudik Lebaran tahun ini. Catat beberapa nomor telepon penting yang sewaktu-waktu bisa dihubungi dalam keadaan darurat.

    Berbagai persiapan tentunya harus dilakukan oleh pemudik yang menggunakan jalan tol. Persiapan dalam kondisi darurat juga harus dilakukan.

    Dikutip dari Buku Saku Digital Mudikpedia, ada beberapa nomor telepon darurat yang sebaiknya kamu simpan untuk berjaga-jaga. Sebab, mungkin ada beberapa kondisi yang termasuk darurat yang bisa saja dialami pemudik. Di antaranya adalah adanya kecelakaan lalu lintas, gangguan kendaraan seperti ban pecah atau mesin mati, dan force majuere.

    Jika mengalami kendala-kendala itu, apa yang harus dilakukan? Pertama, minggir ke bahu jalan sebelah kiri. Kemudian nyalakan lampu hazard. Jangan lupa pasang segitiga pengaman kurang lebih 50 meter dari kendaraan.

    Setelah itu, segera menghubungi nomor telepon darurat. Berikut daftar nomor penting yang perlu kamu simpan saat mudikl:

    Pertamina Delivery Service (pembelian BBM): 135 atau website pds135.com. Pengguna kendaraan yang kehabisan bensin bisa telepon ke call center 135 dan share location. Nanti motoris akan menyuplai ke lokasi.Informasi jalan tol: 0813-8006-8000Ambulans: 118 atau 119 dan (021) 65303118BPJS Kesehatan: 1-500-400Jasa Marga: 14080Direktorat Lalu Lintas Polri (021) 798 9702 SMS = 9119.

    Kementerian Perhubungan memprediksi ada lebih dari 30 juta orang mudik naik mobil pribadi. Roda dua juga masih favorit, diperkirakan akan ada 12 juta orang mudik pakai motor.

    Dalam survei yang dilakukan Kementerian Perhubungan, 23 persen atau sekitar 33,69 juta orang akan menggunakan mobil pribadi saat mudik. Kemudian 16,9 persen atau 24,76 juta orang naik bus, 16,1 persen atau 23,58 juta orang naik kereta api, 19,77 juta orang naik pesawat, dan 8,7 persen sisanya atau sekitar 12,74 juta orang mudik pakai motor.

    (rgr/dry)