Topik: Mudik

  • Warga Jaksel diimbau tak main petasan demi sambut Idul Fitri

    Warga Jaksel diimbau tak main petasan demi sambut Idul Fitri

    Jakarta (ANTARA) – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) mengimbau warga setempat untuk tidak main petasan demi menyambut Lebaran 1446 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri.

    “Agar perayaan Idul Fitri damai, kalau bisa hindari petasan,” kata Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin saat ditemui di Jakarta, Jumat.

    Munjirin mengatakan diharapkan lingkungan menjadi kondusif tanpa adanya hambatan untuk menyambut Lebaran.

    Selain itu, Munjirin mengimbau kepada masyarakat agar dapat menjaga keamanan kampungnya terutama saat mudik Hari Raya Idul Fitri.

    “Pemprov DKI Jakarta juga menjamin semua barang kebutuhan pokok, ada di pasar dan cukup, jadi belanja sewajarnya saja,” katanya.

    Petasan juga dapat menimbulkan potensi terjadinya kebakaran dan bisa menghadirkan potensi gesekan tawuran antarkelompok.

    Larangan untuk bermain petasan sudah tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) 8/2007 tentang Ketertiban Umum.

    Hal itu juga termasuk kategori tertib lingkungan.

    Dalam Pasal 19 disebutkan, setiap orang atau badan dilarang membuat, menjual dan menyimpan petasan dan sejenisnya.

    Lalu juga, dilarang membunyikan petasan dan sejenisnya, kecuali atas izin gubernur atau pejabat yang ditunjuk.

    Pewarta: Luthfia Miranda Putri
    Editor: Edy Sujatmiko
    Copyright © ANTARA 2025

  • Transaksi Aman dan Nyaman Saat Lebaran, BRI Jaga Keandalan E-Channel – Halaman all

    Transaksi Aman dan Nyaman Saat Lebaran, BRI Jaga Keandalan E-Channel – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memastikan kesiapan layanan Electronic Channel (E-Channel) untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat menjelang libur panjang periode lebaran Hari Raya Idulfitri 1446 H. Dengan jaringan layanan terluas di Indonesia, BRI berkomitmen menghadirkan akses layanan keuangan yang andal, aman, dan mudah dijangkau di seluruh wilayah Indonesia.

    Direktur Retail Funding & Distribution BRI, Andrijanto, menegaskan bahwa kesiapan E-Channel menjadi langkah strategis untuk memastikan kelancaran transaksi masyarakat di momen Lebaran.

    “Lebaran merupakan periode dengan intensitas transaksi yang tinggi, termasuk saat masyarakat melakukan perjalanan mudik. BRI memastikan kehandalan E-Channel untuk mendukung kelancaran transaksi, sehingga masyarakat dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman di mana pun berada. BRI berupaya memastikan seluruh sistem berjalan optimal agar kebutuhan transaksi masyarakat terpenuhi tanpa hambatan,” ujarnya.

    Menjelang musim Lebaran dan arus mudik, BRI terus meningkatkan pemanfaatan E-Channel untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat. Hingga Desember 2024, BRI telah menerbitkan lebih dari 4,1 juta QRIS BRI guna mempermudah transaksi digital yang praktis, aman, dan andal untuk masyarakat.

    Selain itu, lebih dari 330 ribu unit Electronic Data Capture (EDC) telah dioperasikan di berbagai lokasi strategis, memastikan kenyamanan transaksi non-tunai bagi pemudik dan masyarakat yang merayakan Lebaran.

    Untuk semakin memperkuat akses layanan keuangan selama periode ini, BRI juga mengoperasikan lebih dari 10 ribu unit Automated Teller Machine (ATM) dan 9 ribu unit Cash Recycling Machine (CRM) yang tersebar di seluruh Indonesia.

    Jaringan ini memastikan ketersediaan layanan transaksi yang mudah diakses, sehingga masyarakat dapat dengan leluasa melakukan penarikan, penyetoran, maupun berbagai transaksi lainnya selama perjalanan mudik dan perayaan Lebaran.

    Optimalisasi E-Channel BRI turut didukung oleh jaringan AgenBRILink, yang telah mencapai 1,06 juta agen dan menjangkau lebih dari 67 ribu desa, atau menjangkau lebih dari 80 persen total desa di Indonesia.

    Kehadiran dan kedekatan AgenBRILink berperan penting untuk lebih mempermudah masyarakat mengakses layanan keuangan dan mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah.

    Andrijanto menegaskan bahwa optimalisasi E-Channel tidak hanya pada momen Lebaran, tetapi juga bagian dari komitmen layanan BRI untuk mendukung pertumbuhan transaksi digital.

    “BRI terus memperkuat infrastruktur E-Channel untuk memastikan layanan yang prima dan berkelanjutan. Upaya ini merupakan bagian dari komitmen BRI dalam mendukung pertumbuhan transaksi digital dan memperluas inklusi layanan keuangan yang mudah dijangkau oleh masyarakat,” tegasnya.

    BRI memastikan keandalan layanan melalui pemantauan sistem, penguatan keamanan transaksi, dan layanan pengaduan yang responsif. Dengan kesiapan tersebut, BRI optimistis akan memenuhi kebutuhan transaksi masyarakat selama Lebaran dengan baik serta mempertegas perannya dalam mendorong pertumbuhan transaksi digital dan memperluas inklusi keuangan di Indonesia.

    Untuk pengaduan terkait layanan atau transaksi, nasabah dapat menghubungi Contact BRI di 1500017 atau asisten virtual SABRINA melalui WhatsApp di nomor 0812 1214 017.

  • Masyarakat Diajak Mudik Lewat Jalur Non-Tol, Menteri PU: Kondisi Mantap, Bebas Lubang – Halaman all

    Masyarakat Diajak Mudik Lewat Jalur Non-Tol, Menteri PU: Kondisi Mantap, Bebas Lubang – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum (PU) Dody Hanggodo mengajak masyarakat melakukan perjalanan mudik Lebaran 2025 melalui jalan nasional non-tol seperti Jalur Pantai Utara (Pantura) dan Jalur Pantai Selatan (Pansela).

    Ajakan ini untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di ruas tol utama, khususnya di kawasan Cikampek.

    “Kami memastikan jalan nasional nontol di seluruh Indonesia siap digunakan oleh para pemudik,” kata Dody dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (21/3/2025).

    “Jalan nasional utama berada dalam kondisi mantap, bebas dari lubang, serta dilengkapi bangunan pelengkap jalan yang optimal,” jelasnya.

    Menurut dia, secara keseluruhan tingkat kemantapan jalan nasional sepanjang 47.604,34 km di seluruh Indonesia mencapai 95,22 persen. Khusus Jawa dan Bali sendiri ada di angka 97,78 persen.

    Dody menyebut pihaknya telah mendirikan 393 posko pemantauan yang tersebar di berbagai wilayah.

    Posko-posko tersebut terdiri dari 108 posko di Sumatera, 48 posko di Jawa dan Bali, 65 posko di Kalimantan, 82 posko di Sulawesi, 57 posko di Nusa Tenggara dan Maluku, serta 33 posko di Papua.

    Selain itu, berbagai fasilitas tambahan seperti rest area dan tempat istirahat fungsional juga telah disiapkan di sepanjang jalur nasional dan tol untuk menunjang kenyamanan perjalanan para pemudik.

    Untuk mengantisipasi kondisi darurat, Kementerian PU menyiapkan tim tanggap darurat dengan dukungan 440 unit alat berat dan 137 titik material yang meliputi sand bag, bronjong, stok aspal cold mix, jembatan bailey, dan sheet pile.

    “Kami secara aktif berkolaborasi dengan Korlantas, Kemenhub, BMKG, dan pemangku kepentingan lainnya untuk memastikan arus lalu lintas tetap lancar, aman, dan terkendali selama masa mudik dan balik Lebaran,” ujar Dody.

  • LSM Acak-acak Kantor Dinkes Kabupaten Bekasi Karena Tidak Bisa Ketemu Kepala Dinas, Begini Akhirnya – Halaman all

    LSM Acak-acak Kantor Dinkes Kabupaten Bekasi Karena Tidak Bisa Ketemu Kepala Dinas, Begini Akhirnya – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, CIKARANG  – Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, diacak-acak sejumlah orang yang mengatasnamakan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Laskar Merah Putih (LMP).

    Anggota LSM tersebut marah karena tidak bisa bertemu dengan kepala dinas kesehatan. Kejadian tersebut terjadi pada Selasa (18/3/2025).

    Awalnya, petugas telah memberitahu kepada massa LSM itu jika kepala dinas kesehatan tidak ada di kantor karena sedang rapat.

    Setelah itu mereka justru tidak terima dan mulai marah hingga meluapkannya dengan mengotori kantor Dinkes Kabupaten Bekasi.

    “Mereka marah lalu mengotori lantai dengan alas kakinya yang sudah kotor dengan tanah merah, lalu membuang sampah yang dikeluarkan dari tong sampah serta membuang air pembuangan AC yang di galon ke lantai depan pintu lobi Dinkes,” kata Kapolsek Cikarang Pusat, AKP Elia Umboh, saat dikonfirmasi Jumat (21/3/2025).

    Elia menjelaskan akibat peristiwa itu, petugas di Kantor Dinkes Kabupaten Bekasi menjadi tidak nyaman.

    Aksi tidak terpuji itu dilaporkan ke Polsek Cikarang Pusat agar ditindaklanjuti.

    “Peristiwa itu menyebabkan pegawai Dinas kesehatan merasa takut dan tidak aman dalam bekerja, selanjutnya melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Cikarang Pusat guna penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut,” jelasnya.

    Namun Elia menuturkan perkara laporan tersebut berakhir dengan musyawarah antara dua belah pihak, yakni Dinkes Kabupaten Bekasi dan LSM LMP.

    “Hasil permusyawarahan antara kedua belah pihak yakni permintaan maaf dari perwakilan LSM LMP kepada pihak Dinkes, LSM LMP berjanji tidak akan mengulangi kembali. Kedua belah pihak sudah saling memaafkan, dan kedua pihak tidak saling menuntut,” pungkasnya. 

    Pria ngaku Ormas halangi relawan

    Viral di media sosial video yang menampilkan seorang pria, mengaku berasal dari organisasi masyarakat (ormas) dan melarang pendirian tenda posko mudik 2025.

    Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @wargavilla dan telah menarik perhatian banyak netizen.

    Dalam rekaman yang diunggah pada Kamis (20/3/2025), terlihat pria berkopiah tersebut melarang tim relawan kemanusiaan dan tim Jurpala @jurpalaindonesia serta KOSMI Indonesia @kosmi_indonesia untuk mendirikan tenda di area Citarik Puteran, Cikarang Timur.

    Insiden tersebut terjadi pada Rabu malam (19/3/2025).

    Penuh emosi dan bicara dengan nada tinggi, pria itu meminta agar pendirian tenda dihentikan dan menuntut agar izin diberikan kepadanya.

    “Iya ga boleh, ga boleh diriin tenda di sini, harus ijin gua, mau apa lu,” ucap pria itu dengan nada keras.

    Kemudian seorang relawan bernama Farhan,yang berada di lokasi, mengaku merasa ketakutan atas tindakan pria tersebut dan segera menghubungi Polsek Cikarang Timur.

    Didatangi sejumlah petugas polisi dari Polsek Cikarang Timur oknum yang mengaku anggota ormas itu pun segera melarikan diri.

    “Iya ada ormas yang datang larang kami dirikan tenda, saya ngeri lalu menelpon Polsek Cikarang Timur @polsekcikarang_timur. Alhamdulillah mereka lari ketika Kanit Reskrim Cikarang Timur datang,” ujar Farhan.

    Insiden ini memicu diskusi di kalangan netizen mengenai hak dan prosedur dalam mendirikan posko kemanusiaan di area publik.

    Banyak yang mengapresiasi tindakan cepat dari pihak kepolisian pada peristiwa tak beretika tersebut.

     

     

    Penulis: Rendy Rutama

    dan

    Sok Jago! Pria yang Mengaku Ormas Halangi Relawan Dirikan Tenda Posko Mudik 2025 di Cikarang Timur

     

  • Mudik Lebaran 2025, ASDP Perpanjang Diskon Tarif 36 Persen di Lintasan Merak-Bakauheni – Halaman all

    Mudik Lebaran 2025, ASDP Perpanjang Diskon Tarif 36 Persen di Lintasan Merak-Bakauheni – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memperpanjang diskon tarif kendaraan penumpang hingga 36 persen atau tarif satu harga pada layanan express lintasan Merak-Bakauheni.

    Diskon tarif tersebut akan diterapkan mulai Senin (24/3/2025) atau H-7 hingga Minggu (30/3/2025) atau H-1 Lebaran. 

    Kebijakan ini merupakan bagian dari upaya ASDP untuk memberikan layanan yang lebih terjangkau sekaligus mengoptimalkan kelancaran arus mudik Lebaran 2025.

    Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin mengimbau masyarakat untuk merencanakan perjalanan lebih awal dan melakukan reservasi tiket melalui Ferizy minimal H-1 sebelum keberangkatan. 

    “Kami mengingatkan pengguna jasa untuk membeli tiket secara online sebelum tiba di pelabuhan serta datang sesuai jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket. Dengan perpanjangan diskon tarif ini, kami berharap masyarakat dapat menikmati perjalanan yang lebih nyaman dan ekonomis,” ujarnya.

    Penerapan diskon tarif berlaku untuk seluruh golongan yang dilayani di Pelabuhan Merak pada periode tersebut (Pejalan Kaki, Gol IVA, Gol IVB, Gol VA, Gol VIA), dengan besaran diskon tarif untuk kendaraan penumpang berkisar 21-36 persen.

    ASDP juga telah menyiapkan berbagai langkah strategis untuk memastikan kelancaran lalu lintas, salah satunya dengan berkoordinasi bersama pemangku kepentingan terkait guna mengatur pengalihan kendaraan di titik-titik krusial. 

    “Kami telah menyusun pola pengalihan kendaraan dan pola operasi sebelum posko mudik dimulai, serta memastikan pembatasan kendaraan truk berjalan disiplin sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) yang telah ditetapkan,” ujar Shelvy menambahkan.

    Sebagai bagian dari pengaturan arus mudik Jawa-Sumatera, ASDP telah menetapkan skema pengalihan kendaraan di beberapa titik strategis. Kendaraan mobil pribadi, bus, dan truk akan dialihkan melalui exit tol Cilegon Timur menuju Pelabuhan Merak, Ciwandan, dan BBJ.

    Sementara itu, exit tol Merak akan difokuskan bagi mobil dan bus yang telah memiliki tiket, sedangkan kendaraan yang belum waktunya check-in akan diarahkan ke rest area terdekat. Pengalihan kendaraan roda dua dan truk juga akan dilakukan di pertigaan Cilegon Timur menuju Pelabuhan Ciwandan.

    Demi menjaga keselamatan dan kelancaran arus lalu lintas, ASDP akan menerapkan pembatasan operasional kendaraan angkutan barang sesuai dengan SKB yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri, dan Ditjen Bina Marga. Kebijakan ini berlaku untuk kendaraan sumbu tiga atau lebih, mobil barang dengan kereta tempelan/gandengan, serta kendaraan yang mengangkut hasil galian, tambang, dan bahan bangunan. 

    Pembatasan ini diberlakukan di jalan tol dan non-tol di berbagai wilayah, termasuk Lampung, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan Kalimantan Tengah.

    Namun demikian, kendaraan yang mengangkut logistik esensial seperti BBM/BBG, uang tunai, hewan dan pakan ternak, pupuk, serta barang kebutuhan pokok, tetap diperbolehkan melintas dengan syarat memiliki surat muatan jenis barang. Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi menegaskan bahwa distribusi logistik tetap menjadi prioritas agar pasokan barang tidak terganggu selama periode pembatasan ini.

    Selain itu, guna mengurai potensi kepadatan lalu lintas, akan diterapkan rekayasa lalu lintas seperti sistem satu arah (one way), contra flow, serta ganjil-genap. Untuk lintasan Jawa-Bali, ASDP telah berkoordinasi dengan Polresta Banyuwangi agar kendaraan penumpang mendapat prioritas saat puncak arus mudik. 

    “Kakorlantas Polri juga telah menyiapkan strategi contraflow, one way, buffer zone, serta sistem penundaan (delayed system) untuk diterapkan secara situasional jika terjadi kepadatan ekstrem,” tutur Shelvy lagi.

    Sementara itu, berkaitan dengan perayaan Hari Raya Nyepi yang jatuh pada 29 Maret 2025, Pelabuhan Ketapang akan ditutup sementara mulai 28 Maret pukul 17.00 WIB hingga 30 Maret pukul 06.00 WIB. Pelabuhan Gilimanuk juga akan ditutup pada 29 Maret pukul 05.00 WITA hingga 30 Maret pukul 06.00 WITA.

    Pengguna jasa yang telah melakukan reservasi tiket di periode tersebut berhak mendapatkan pengembalian dana penuh (full refund) di luar biaya layanan dan administrasi.

     

  • KAI Cirebon siagakan 641 petugas untuk kelancaran mudik Lebaran 2025

    KAI Cirebon siagakan 641 petugas untuk kelancaran mudik Lebaran 2025

    Dari aspek keamanan, kami mengerahkan 313 personel yang terdiri atas 98 anggota Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska), 155 personel keamanan internal, serta 60 personel tambahan dari TNI-Polri

    Cirebon (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon, Jawa Barat, menyiagakan 641 petugas untuk memastikan kelancaran dan keamanan perjalanan selama masa angkutan mudik Lebaran 2025 di wilayahnya.

    Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Muhibbudin mengatakan ratusan personel tersebut terdiri dari petugas operasional, keamanan, kesehatan, dan pelayanan yang akan ditempatkan di berbagai stasiun serta sepanjang jalur kereta api.

    “Dari aspek keamanan, kami mengerahkan 313 personel yang terdiri atas 98 anggota Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska), 155 personel keamanan internal, serta 60 personel tambahan dari TNI-Polri,” kata Muhibbudin di Cirebon, Jumat.

    Menurut dia, para personel tersebut akan bertugas melakukan pengamanan di atas kereta api, lingkungan stasiun, serta patroli jalur dan objek vital seperti depo lokomotif dan kereta.

    Ia menyampaikan, masa angkutan mudik Lebaran di Cirebon dan sekitarnya berlangsung mulai 21 Maret hingga 12 April 2025.

    Muhibbudin mengatakan, kalau koordinasi dengan aparat keamanan juga terus dilakukan untuk memastikan perjalanan kereta api tetap aman selama periode Lebaran.

    Selain itu, pihaknya sudah menambah delapan petugas Customer Service Mobile (CSM) di Stasiun Cirebon dan Stasiun Cirebon Prujakan untuk melayani penumpang.

    “Ada juga 40 relawan dari komunitas pecinta kereta api akan membantu memberikan informasi perjalanan kepada pengguna jasa di sejumlah stasiun ramai, termasuk Cirebon, Cirebon Prujakan, Brebes, Jatibarang, dan Haurgeulis,” katanya.

    Dalam aspek pelayanan kesehatan, kata dia, pihaknya menyiagakan 11 tenaga medis termasuk dokter dan paramedis, serta ambulans yang ditempatkan di beberapa stasiun besar.

    Dia menuturkan untuk meminimalisasi potensi gangguan perjalanan akibat faktor eksternal, disiagakan 36 petugas penilik jalan ekstra (PPJ Ekstra), 13 penjaga perlintasan ekstra, serta 14 petugas posko pemantauan daerah khusus di tujuh titik rawan.

    Berdasarkan perkiraan, lanjut Muhibbudin, puncak arus mudik di wilayah Daop 3 Cirebon akan terjadi pada H-3 Lebaran atau 28 Maret 2025, sementara puncak arus balik diprediksi pada H+5 atau 6 April 2025.

    Ia menambahkan selama periode angkutan Lebaran ini, akan ada total 191 perjalanan kereta api terdiri dari 137 KA reguler, 22 KA tambahan, dan 32 KA barang.

    “Kami berharap dengan persiapan yang matang dan sinergi dari berbagai pihak, perjalanan mudik menggunakan kereta api dapat berjalan dengan aman dan nyaman,” ucap dia.

    Pewarta: Fathnur Rohman
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2025

  • HK beri potongan tarif 20 persen pada Tol Kutepat sambut Lebaran 2025

    HK beri potongan tarif 20 persen pada Tol Kutepat sambut Lebaran 2025

    Potongan tarif 20 persen berlaku untuk semua golongan kendaraan dengan perjalanan jarak terjauh

    Medan (ANTARA) – PT Hutama Karya (HK) memberikan potongan tarif 20 persen pada Ruas Tol Indrapura – Kisaran (Inkis) dan Ruas Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat (Kutepat) dalam menyambut arus mudik Idul Fitri 2025.

    Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim mengatakan bahwa diskon yang diberlakukan pada ruas yang dikelola oleh Hutama Karya diberlakukan mulai tanggal 24 Maret 2025 pukul 07.00 WIB hingga 28 Maret 2025 pukul 07.00 WIB untuk arus mudik dan arus balik.

    “Potongan tarif 20 persen berlaku untuk semua golongan kendaraan dengan perjalanan jarak terjauh,” ujar Adjib Al Hakim dalam keterangan resmi di Medan, Jumat.

    Meski dilakukan pemotongan, Adjib menjelaskan potongan tarif tersebut hanya berlaku bagi pengguna jalan tol yang menggunakan kartu uang elektronik dengan saldo yang mencukupi.

    Adapun Tarif Tol setelah Potongan Tarif 20 persen pada periode 24 Maret Pukul 07.00 WIB – 28 Maret Pukul 07.00 WIB

    Dari GT Kisaran menuju gerbang Sinaksak atau sebaliknya :
    Kendaraan Golongan I dari Rp 140.000 menjadi Rp 117.000
    Kendaraan Golongan II dan III dari Rp 210.000 menjadi Rp 175.500
    Kendaraan Golongan IV dan V dari Rp 280.000 menjadi Rp 234.000

    Dari GT Kisaran menuju gerbang Tanjung Pura atau GT Pangkalan Brandan :
    Kendaraan Golongan I dari Rp 236.000 menjadi Rp 223.000
    Kendaraan Golongan II dan III dari Rp 355.000 menjadi Rp 335.500
    Kendaraan Golongan IV dan V dari Rp 475.000 menjadi Rp 449.000
    (Bagi pengguna yang masuk dari GT Kisaran dan keluar di GT Tanjung Pura atau Pangkalan Brandan, maka tarif tol yang didiskon adalah tarif Ruas Tol Inkis)

    Dari GT Tanjung Pura atau GT Pangkalan Brandan menuju GT Kisaran :
    Kendaraan Golongan I dari Rp 236.000 menjadi Rp 209.800
    Kendaraan Golongan II dan III dari Rp 355.000 menjadi Rp 315.500
    Kendaraan Golongan IV dan V dari Rp 475.000 menjadi Rp 422.000
    (Bagi pengguna yang masuk dari GT Tanjung Pura atau GT Pangkalan Brandan keluar di GT Kisaran, maka tarif tol yang didiskon adalah tarif Ruas Tol Inkis, Ruas Tol MKTT dan Ruas Tol Belmera)

    Dari GT Sinaksak menuju GT Tanjung Pura atau GT Pangkalan Brandan :
    Kendaraan Golongan I dari Rp 193.500 menjadi Rp 183.500
    Kendaraan Golongan II dan III dari Rp 292.000 menjadi Rp 277.000
    Kendaraan Golongan IV dan V dari Rp 391.500 menjadi Rp 371.500
    (Bagi pengguna yang masuk dari GT Sinaksak dan keluar di GT Tanjung Pura atau GT Pangkalan Brandan, maka tarif tol yang didiskon adalah tarif Ruas Tol Kutepat)

    Dari GT Tanjung Pura atau GT Pangkalan Brandan menuju GT Sinaksak :
    Kendaraan Golongan I dari Rp 193.500 menjadi Rp 170.900
    Kendaraan Golongan II dan III dari Rp 292.000 menjadi Rp 257.800
    Kendaraan Golongan IV dan V dari Rp 391.500 menjadi Rp 345.600
    (Bagi pengguna yang masuk dari GT Tanjung Pura atau GT Pangkalan Brandan keluar di GT Sinaksak, maka tarif tol yang didiskon adalah tarif Ruas Tol Kutepat, Ruas Tol MKTT dan Ruas Tol Belmera)

    Sementara untuk arus balik berlaku mulai 3 April 2025 Pukul 07.00 WIB hingga 5 April 2025 Pukul 07.00 WIB dan 8 April 2025 pukul 07.00 WIB hingga 10 April 2025 pukul 07.00 WIB.

    Dari GT Kisaran menuju GT Sinaksak atau sebaliknya :
    Kendaraan Golongan I dari Rp 140.000 menjadi Rp 117.000
    Kendaraan Golongan II dan III dari Rp 210.000 menjadi Rp 175.500
    Kendaraan Golongan IV dan V dari Rp 280.000 menjadi Rp 234.000

    Dari GT Kisaran menuju GT Tanjung Pura atau GT Pangkalan Brandan :
    Kendaraan Golongan I dari Rp 236.000 menjadi Rp 209.800
    Kendaraan Golongan II dan III dari Rp 355.000 menjadi Rp 315.500
    Kendaraan Golongan IV dan V dari Rp 475.000 menjadi Rp 422.000
    (Bagi pengguna yang masuk dari GT Kisaran dan keluar di GT Tanjung Pura atau GT Pangkalan Brandan, maka tarif tol yang didiskon adalah tarif Ruas Tol Inkis, Ruas Tol MKTT dan Ruas Tol Belmera)

    Dari GT Tanjung Pura atau GT Pangkalan Brandan menuju GT Kisaran:
    Kendaraan Golongan I dari Rp 236.000 menjadi Rp 223.000
    Kendaraan Golongan II dan III dari Rp 355.000 menjadi Rp 335.500
    Kendaraan Golongan IV dan V dari Rp 475.000 menjadi Rp 449.000
    (Bagi pengguna yang masuk dari GT Tanjung Pura atau GT Pangkalan Brandan keluar di GT Kisaran, maka tarif tol yang didiskon adalah tarif Ruas Tol Inkis)

    Dari GT Sinaksak menuju GT Tanjung Pura atau GT Pangkalan Brandan :
    Kendaraan Golongan I dari Rp 193.500 menjadi Rp 170.900
    Kendaraan Golongan II dan III dari Rp 292.000 menjadi Rp 257.800
    Kendaraan Golongan IV dan V dari Rp 391.500 menjadi Rp 345.600
    (Bagi pengguna yang masuk dari GT Sinaksak dan keluar di GT Tanjung Pura atau GT Pangkalan Brandan, maka tarif tol yang didiskon adalah tarif Ruas Tol Kutepat, Ruas Tol MKTT dan Ruas Tol Belmera)

    Dari GT Tanjung Pura atau GT Pangkalan Brandan menuju GT Sinaksak :
    Kendaraan Golongan I dari Rp 193.500 menjadi Rp 183.500
    Kendaraan Golongan II dan III dari Rp 292.000 menjadi Rp 277.000
    Kendaraan Golongan IV dan V dari Rp 391.500 menjadi Rp 371.500
    (Bagi pengguna yang masuk dari GT Tanjung Pura atau GT Pangkalan Brandan keluar di GT Sinaksak, maka tarif tol yang didiskon adalah tarif Ruas Tol Kutepat).

    “Untuk memastikan perjalanan mudik berlangsung aman dan nyaman, Hutama Karya mengimbau seluruh pemudik untuk mempersiapkan perjalanan dengan maksimal, baik dari kelayakan kendaraan, kesiapan fisik pengemudi, serta memastikan saldo uang elektronik cukup. Pemudik juga disarankan untuk merencanakan waktu istirahat di rest area selama perjalanan,’ ujarnya.

    Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2025

  • Cegah Kebakaran dan Siapkan Nomor Darurat untuk Perjalanan Lancar

    Cegah Kebakaran dan Siapkan Nomor Darurat untuk Perjalanan Lancar

    PIKIRAN RAKYAT – Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Selatan mengimbau warga untuk mencabut colokan listrik sebelum meninggalkan rumah saat mudik Lebaran 2025 atau Hari Raya Idul Fitri 1446 Hijriah.

    Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan, Syamsul Huda, mengatakan bahwa perangkat elektronik seperti dispenser, kipas angin, mesin air, AC, televisi, charger, hingga kulkas berpotensi menyebabkan korsleting listrik jika tetap terhubung dengan sumber listrik.

    Ia menekankan pentingnya memeriksa instalasi listrik sebelum meninggalkan rumah dalam keadaan kosong untuk mencegah kebakaran. Pemeriksaan kabel dan pemadaman lampu juga dianjurkan, mengingat lampu yang menyala terus-menerus dapat panas dan berisiko menyebabkan korsleting.

    Selain itu, selang regulator pada tabung gas harus dicabut apabila tidak digunakan dalam waktu lama. Huda juga menyarankan agar warga menitipkan rumah kepada tetangga atau saudara yang tidak mudik untuk memudahkan pengecekan, termasuk menyalakan dan mematikan lampu.

    Jika terjadi penyalaan api yang berpotensi menimbulkan kebakaran, warga diimbau untuk segera menjauhkan barang mudah terbakar guna mencegah perambatan api. Tetap tenang dan tidak panik menjadi kunci dalam mengambil tindakan yang tepat. Jika situasi membahayakan, warga dapat menghubungi layanan darurat 112. Huda juga menyarankan setiap rumah memiliki Alat Pemadam Api Ringan (APAR) sebagai upaya penanganan dini kebakaran.

    Sementara itu, selama libur Lebaran, personel Gulkarmat tetap bersiaga untuk memberikan bantuan terkait kebakaran maupun penyelamatan lainnya. Sarana dan prasarana pun dipastikan dalam kondisi siap untuk dikerahkan sewaktu-waktu.

    Di sisi lain, perjalanan mudik seringkali menghadapi kendala seperti kemacetan, kecelakaan, dan kendaraan mogok. Oleh karena itu, pemudik disarankan untuk menyimpan nomor layanan darurat agar dapat segera memperoleh bantuan saat dibutuhkan.

    Berikut daftar nomor layanan darurat yang perlu disimpan:

    – Ambulans: 118, 119
    – Kepolisian: 110
    – Nomor Darurat Terintegrasi: 112
    – Pemadam Kebakaran: 113
    – Search and Rescue (SAR): 115

    Layanan perjalanan:

    – Angkasa Pura: 172
    – Jalur Mudik 24 Jam: 0822 8885 8884 / 158
    – Jasa Marga: 14080
    – Pertamina Delivery Service: 135
    – Informasi Jalan Tol: 0813-8006-8000
    – KAI: 121

    Call Center Jalan Tol:

    – Jakarta-Bogor-Ciawi: 14080
    – Jakarta-Tangerang: 14080 / 021-55753904
    – Jakarta-Cikampek: 14080
    – Purwakarta-Bandung-Cileunyi: 14080
    – Palimanan-Kanci: 023-1484268
    – Pejagan-Pemalang: 0283-4511 000
    – Semarang: 024-7607777
    – Semarang-Bawen: 024-76911505
    – Solo-Ngawi: 0271-6882222
    – Gempol-Pasuruan: 0343-6431177
    – Pasuruan-Probolinggo: 0335-8111 777

    Call Center Pelabuhan:

    ASDP Indonesia Ferry: 191 / 0811-102-1191

    Keamanan dan penyelamatan:

    – NTMC Korlantas POLRI: 1500669
    – BNPB: 117
    – BPJS Kesehatan: 165
    – Palang Merah Indonesia (PMI): 021-7992325
    – Posko Bencana Alam: 129
    – PLN: 123

    Pemudik disarankan menyimpan nomor-nomor ini dengan nama yang jelas di ponsel agar mudah diakses saat diperlukan. Memberikan informasi ini kepada keluarga atau teman perjalanan juga dapat membantu mengantisipasi keadaan darurat.

    Selain itu, pemudik dapat mengakses informasi jalur mudik, lokasi rest area, dan kondisi lalu lintas secara real-time melalui MudikPedia 2025, yang dapat diakses di https://s.id/mudikpedia. Platform ini diluncurkan oleh Kementerian Komunikasi dan Digital (Kemkomdigi) untuk memudahkan pemudik mendapatkan informasi akurat selama perjalanan.

    Demi keselamatan, pemudik disarankan untuk memastikan kondisi fisik dan kendaraan dalam keadaan prima, beristirahat cukup sebelum berkendara, serta selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • 577 ribu kendaraan bakal masuk Semarang lewat Gerbang Tol Kalikangkung

    577 ribu kendaraan bakal masuk Semarang lewat Gerbang Tol Kalikangkung

    Saat puncak arus mudik diperkirakan ada 70 ribu kendaraan yang melintas Gerbang Tol Kalikangkung dari arah barat menuju Semarang

    Semarang (ANTARA) – PT Jasamarga Transjawa Tol memperkirakan 577 ribu kendaraan akan melintas masuk dari arah barat menuju Kota Semarang melalui Gerbang Tol Kalikangkung saat masa angkutan Lebaran 2025.

    Vice President Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol Ria Marlinda Paallo di Semarang, Jawa Tengah, Jumat, mengatakan masa angkutan Lebaran 2025 dimulai pada 21 Maret hingga 11 April 2025, atau H-10 hingga H+10 Lebaran.

    Dari periode tersebut, lanjut dia, puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada 28 Maret 2025.

    “Saat puncak arus mudik diperkirakan ada 70 ribu kendaraan yang melintas Gerbang Tol Kalikangkung dari arah barat menuju Semarang,” katanya.

    Menurut dia, jumlah tersebut naik 313 persen dibanding arus lalu lintas normal.

    Perhatian terhadap potensi peningkatan arus juga diberikan di Gerbang Tol Banyumanik Semarang.

    Jasa Marga memperkirakan 766 ribu kendaraan melintas keluar Kota Semarang menuju ke ruas Tol Semarang-Solo selama masa angkutan Lebaran.

    Arus kendaraan yang akan menuju Solo maupun Yogyakarta tersebut naik sekitar 7 persen jika dibanding periode yang sama tahun 2024.

    Ia menuturkan rekayasa lalu lintas juga sudah disiapkan untuk memastikan kelancaran arus mudik di jalan Tol Transjawa.

    Salah satunya, kata dia, pemberlakuan jalur satu arah mulai Gerbang Tol Cikampek Utama hingga Kalikangkung pada 27 hingga 29 Maret 2025.

    Melalui berbagai kondisi dan rekayasa lalu lintas yang disiapkan, ia mengimbau masyarakat yang akan mudik untuk memilih waktu perjalanan yang tepat.

    “Karena rawan kepadatan, kami imbau untuk tidak berlama-lama di tempat istirahat,” katanya.

    Jasa Marga, lanjut dia, juga telah memetakan sekitar 10 titik rawan kepadatan arus di ruas Tol Transjawa yang telah disiapkan antisipasi penanganannya.

    Sebanyak 10 titik tersebut antara lain tanjakan Tembalang di ruas Tol Dalam Kota Semarang, sejumlah tempat istirahat di ruas tol Semarang-Batang dan Semarang-Solo, serta Gerbang Tol Bawen, Kabupaten Semarang.

    Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2025

  • Gubernur Jateng pastikan tol Klaten Prambanan dibuka pada 24 Maret

    Gubernur Jateng pastikan tol Klaten Prambanan dibuka pada 24 Maret

    ANTARA – Gubernur Jawa Tengah, Ahmad Luthfi mengecek kesiapan Jalan Tol Klaten Prambanan menghadapi arus mudik lebaran, pada Jumat (21/3). Luthfi memastikan jalan tol sepanjang 8,6 kilometer ini akan dibuka pada tanggal 24 Maret 2025. (Denik Apriyani/Yovita Amalia/Rijalul Vikry)