Topik: Mudik

  • Pertamina Perkuat Ketersediaan BBM & Pelayanan Mudik Lebaran 2025

    Pertamina Perkuat Ketersediaan BBM & Pelayanan Mudik Lebaran 2025

    Jakarta, CNBC Indonesia – PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Patra Niaga memastikan kesiapan penuh dalam menjaga ketersediaan dan kelancaran distribusi bahan bakar minyak (BBM) di seluruh Indonesia. Khususnya menjelang Lebaran 2025 ini.

    Selain menjamin pasokan yang aman, Pertamina juga meningkatkan layanan agar pemudik dapat menikmati perjalanan yang lebih nyaman.

    PTH Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Mars Ega Legowo Putra, menyampaikan berbagai layanan tambahan disiapkan Pertamina Patra Niaga untuk memberikan jaminan ketersediaan BBM selama mudik.

    “Pertamina Patra Niaga telah menyiapkan 1.832 SPBU Siaga, 57 unit Kiosk Pertamina Siaga atau SPBU Modular di titik-titik strategis, serta 200 unit Pertamina Delivery Service (PDS) yang siap melayani kebutuhan pemudik, khususnya di jalur padat kendaraan. Selain itu, mobil tangki standby juga disiagakan sebagai SPBU Kantong untuk memastikan distribusi tetap lancar,” jelas Mars Ega, dikutip Rabu (26/5/2025).

    Tidak hanya memastikan stok dan distribusi BBM, Pertamina Patra Niaga juga menghadirkan berbagai promo bagi pemudik. “Kami memberikan potongan harga Rp300,- per liter untuk Pertamax Series dan Dex Series setiap hari Senin dan Jumat melalui aplikasi MyPertamina, serta promo menarik lainnya yang bisa dinikmati di Serambi MyPertamina,” tambah Mars Ega.

    Dalam kunjungan kerja Kementerian ESDM ke SPBU 51.601.77 Dr. Soetomo, Surabaya, Menteri ESDM, Bahlil Lahadalia menegaskan bahwa kualitas BBM Pertamina tidak perlu diragukan.

    “Kami mengecek hampir semua wilayah untuk memastikan bahwa BBM yang dijual kepada masyarakat telah memenuhi standar dari Dirjen Migas. Ini penting agar masyarakat merasa aman dan nyaman dalam menggunakan BBM Pertamina,” ujar Bahlil.

    Selain memastikan kualitas, Menteri ESDM juga menyampaikan bahwa stok BBM nasional dalam kondisi aman. “Saat ini stok BBM cukup untuk 18 hingga 21 hari. Jawa Timur yang disuplai dari Terminal BBM Tuban juga dalam kondisi aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

    Pada saat yang sama, beberapa konsumen yang ditemui di SPBU menyampaikan pengalaman mereka dalam menggunakan BBM Pertamina. Salah satunya, Firdaus, pengguna Pertamax, menyampaikan selama ini diirinya menggunakan Pertamax karena merasa tarikan kendaraannya lebih enak dan berpengaruh baik pada performa mesinnya.

    Selain itu, Bayu, pengguna Pertamax Green 95, mengungkapkan bahwa nilai oktan yang lebih tinggi membuat konsumsi bahan bakar lebih stabil, sehingga pengeluaran bulanannya lebih terkontrol.

    Hal senada disampaikan oleh Didi, pengguna setia Pertamax Turbo, yang menilai bahan bakar ini lebih irit dan membuat mesin lebih responsif. “Saya sudah lama menggunakan Pertamax Turbo karena performa mesinnya lebih baik. Harapan saya, Pertamina terus menjaga kualitas produknya dan meningkatkan pelayanannya,” ujarnya.

    Berbagai upaya ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang melakukan perjalanan mudik. Dengan pengawasan ketat dari pemerintah dan upaya optimal dari Pertamina Patra Niaga, layanan terbaik akan terus tersedia sepanjang musim mudik Lebaran.

    (pgr/pgr)

  • Lebaran 2025, KAI Daop 6 siagakan 25 KA reguler dan 11 KA tambahan

    Lebaran 2025, KAI Daop 6 siagakan 25 KA reguler dan 11 KA tambahan

    Sumber foto: Izan Raharjo/elshinta.com.

    Lebaran 2025, KAI Daop 6 siagakan 25 KA reguler dan 11 KA tambahan
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Selasa, 25 Maret 2025 – 22:43 WIB

    Elshinta.com – PT KAI Daop 6 Yogyakarta menggelar Apel Gelar Pasukan Posko Angkutan Lebaran 2025. Apel Gelar Pasukan Posko Angkutan Lebaran diselenggarakan di Halaman Timur Stasiun Yogyakarta dengan Pembina Apel yakni Direktur SDM & Umum KAI Rosma Handayani, Senin (24/3/2025).

    Direktur SDM & Umum KAI Rosma Handayani menyatakan bahwa KAI termasuk Daop 6 Yogyakarta akan menyelenggarakan Posko Angkutan Lebaran 2025 mulai tanggal 24 Maret hingga 8 April 2025 atau selama 16 hari. Adapun untuk Angkutan Lebaran 2025 telah berlangsung sejak 21 Maret dan akan berakhir pada 11 April 2025.

    “Seluruh jajaran manajemen hingga pekerja KAI melaksanakan Posko Angkutan Lebaran guna memastikan operasional perjalanan kereta api aman serta pelayanan kepada pelanggan berjalan optimal,” ujar Direktur SDM dan Umum KAI Rosma Handayani.

    Rosma menambahkan, bahwa dengan semangat melayani, seluruh insan KAI akan memaksimalkan kenyamanan pelanggan dan berkomitmen bahwa keselamatan merupakan fokus utama selama periode Lebaran. Melalui berbagai inovasi dan komitmen terhadap keberlanjutan, KAI terus memperkuat peranannya sebagai moda transportasi ramah lingkungan. 

    “Kami berharap pelanggan dapat menikmati perjalanan yang aman, nyaman, menyenangkan dan ramah lingkungan selama masa liburan ini,” kata Rosma. 

    Pada Lebaran ini, KAI telah menyiapkan segala aspek untuk melayani pelanggan secara maksimal. Kesiapan KAI mencakup sumber daya manusia, sarana, prasarana, maupun hal lain-lain yang berkaitan dengan keselamatan dan pelayanan secara keseluruhan. KAI secara Nasional akan mengoperasikan total 9.656 KA selama Angkutan Lebaran yang terdiri dari 6.136 KAJJ dan 3.520 KA Lokal. Untuk KAJJ terdiri dari 5.148 KA Reguler dan 988 KA Tambahan. Sedangkan untuk KA Lokal terdiri dari 1.892 KA Reguler, 44 KA Tambahan, 1.452 KA Feeder, dan 132 KA MakPar. Jika dibandingkan dengan jumlah KA pada Angkutan Lebaran 2024 maka ada kenaikan 8%.

    Untuk kapasitas tempat duduk, KAI secara Nasional menyiapkan sebanyak 4.591.510 TD. Hinga 23 Maret 2025, sebanyak 2,5 Juta tiket telah terjual atau 73% dari total kapasitas.
     
    “Untuk aspek SDM, seluruh petugas operasional seperti masinis dan asisten masinis siap mematuhi SOP. Para petugas frontliner seperti kondektur, prama/prami, dan customer service dipastikan melayani pelanggan dengan sepenuh hati. KAI konsisten memberikan perhatian terhadap keselamatan, keamanan, dan kenyamanan terutama di peak season seperti Angkutan Lebaran,” tambahnya.

    Sementara itu, Executive Vice President Daop 6 Yogyakarta Bambang Respationo mengatakan bahwa pada Lebaran kali ini KAI Daop 6 menyiagakan 25 KA reguler dan 11 KA tambahan keberangkatan awal dari stasiun KAI Daop 6. Jumlah KA tambahan tersebut antara lain 7 KA Jarak Jauh Tambahan, 3 KA Motis Tengah yang berangkat dari Stasiun Lempuyangan, dan 1 KA Wisata Java Priority.

    Untuk meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api di periode Angkutan Lebaran ini, Daop 6 menambah 26 personel ekstra yang terdiri dari 13 petugas pemeriksa jalur ekstra dan 13 petugas penjaga pintu perlintasan ekstra.

    Adapun sebagai langkah peningkatan keamanan dan ketertiban (kamtib) dalam perjalanan kereta api, stasiun, dan jalur kereta api, KAI Daop 6 melakukan koordinasi kewilayahan dengan aparat setempat serta senantiasa meningkatkan pengamanan operasi pada daerah pengawasan kamtib. Daop 6 menyiapkan 730 tenaga kamtib yang terdiri dari 121 Polsuska, 520 security, serta 89 eksternal (TNI/Polri).

    “Kami mengoperasikan 36 KA Jarak Jauh selama Angkutan Lebaran 2025, meningkat dari hari biasanya sejumlah 25 KAJJ. Oleh karenanya kami juga menyiagakan 177 petugas kebersihan, petugas Customer Services Mobile (CSM) sebanyak 28 personil yang siap membantu pelanggan, 23 petugas kesehatan serta posko kesehatan kita tersebar 6 pos kesehatan bekerjasama dengan 43 rumah sakit mitra. Jadi jika ada penumpang yang butuh penanganan lanjut tim kita akan mengantarkan ke RS mitra KAI,” kata Bambang.

    KAI Daop 6 telah memastikan keandalan sarana dan prasarana, bersama Kementerian Perhubungan serta melakukan Ramp Check atau pemeriksaan kelaikan dan kesiapoperasian lokomotif dan kereta untuk memastikan kereta api dalam kondisi prima. Sebanyak 36 lokomotif dan 333 kereta yang siap dioperasikan guna memberikan layanan terbaik bagi pelanggan KAI.

    Dari sisi fasilitas, KAI Daop 6 telah mempersiapkan dengan optimal mulai dari memasuki area stasiun, di atas kereta, hingga keluar area stasiun tujuan. Kebersihan area stasiun, ruang tunggu penumpang, toilet, serta kereta terus dijaga untuk memberikan kenyamanan kepada para pelanggan.

    Sebagai upaya menyukseskan penyelenggaraan Angkutan Lebaran ini, Daop 6 berkolaborasi dengan berbagai pihak meliputi Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Pemerintah Daerah, TNI, Polri, Basarnas, anggota komunitas pecinta kereta api, serta pihak-pihak lainnya.

    “Semoga dengan persiapan yang matang dari seluruh aspek tersebut, Angkutan Lebaran dengan kereta api dapat berjalan aman, sehat, selamat, lancar, terkendali. Hal ini menjadi bagian dari komitmen KAI Daop 6 guna mewujudkan “Mudik Tenang Menyenangkan” pada masa angkutan Lebaran 2025,” pungkas Bambang seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Izan Raharjo, Selasa (25/3). 

    Sumber : Radio Elshinta

  • Jelang Lebaran 2025, Pemudik Mulai Lakukan Pengiriman Sepeda Motor – Halaman all

    Jelang Lebaran 2025, Pemudik Mulai Lakukan Pengiriman Sepeda Motor – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pengiriman barang jelang Lebaran 2025 mulai didominasi sepeda motor milik pemudik.

    Direktur Operasi KAI Logistik, Heri Siswanto menyampaikan, saat ini telah memasuki pekan paling sibuk, yaitu masa puncak arus mudik penumpang dan juga pengiriman barang.

    “Pada masa puncak arus mudik seperti ini, tren pengiriman barang retail akan didominasi oleh pengiriman sepeda motor,” ujar Heri dalam keterangannya, Rabu (26/3/2025).

    Menurutnya, pengiriman sepeda motor ini dikirimkan pemudik untuk memastikan mobilitas di kampung halaman.

    “Sebagai upaya peningkatan layanan, kini pelanggan dapat menikmati layanan dengan lebih aman dengan hadirnya jaminan perlindungan asuransi,” paparnya.

    Asuransi ini diwajibkan untuk seluruh jenis pengiriman sepeda motor dengan premi yang dibayarkan sangat rendah yaitu 0,12 persen dari nilai barang.

    “Dengan program asuransi ini, pelanggan kini dapat melakukan mudik dengan tenang, tanpa perlu khawatir risiko pengiriman sepeda motor tanpa perlindungan,” paparnya.

    Dengan hadirnya asuransi pengiriman sepeda motor ini, pelanggan dapat melakukan klaim apabila terjadi kerusakan/kehilangan dengan jangka waktu penyelesaian maksimal dalam 30 hari.

    Pelanggan wajib melakukan pemeriksaan bersama petugas di service point saat melakukan pengambilan paket dan dapat mengajukan klaim jika terjadi kerusakan/kehilangan.

    Sementara pada pengiriman langsung ke alamat tujuan, pelanggan dapat mengajukan klaim ke layanan pelanggan dengan batas waktu 1 x 24 jam.

  • Kasmari, Porter Stasiun Pasar Senen yang Sekolahkan Anak Hingga Sarjana dan Berangkatkan Istri Umroh – Page 3

    Kasmari, Porter Stasiun Pasar Senen yang Sekolahkan Anak Hingga Sarjana dan Berangkatkan Istri Umroh – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Di tengah hiruk-pikuk pemudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, seorang pria berbaju merah manggis duduk di kursi. Bajunya nampak rapih, dan mencolok berbeda dari penumpang pada umumnya.

    Terlihat, ada jahitan putih membentuk tulisan Porter 070 menempel di dada. Pria itu bernama Kasmari (55). Dan itu adalah seragam porter yang biasa digunakan kala bekerja.

    Meski usianya setengah abad, tenaganya boleh diadu sama yang muda-muda. Sudah hampir 30 tahun ia menghabiskan hidupnya di stasiun tersebut mengangkat barang demi barang.

    Dari pagi sampai malam, dia setia menunggu di peron. Selalu sigap untuk boyong barang penumpang ke gerbong.

    Dari koper yang ukurannya bisa “segede gaban” sampai ditaruh di kardus mie instan, semua pernah dipikul di atas pundaknya.

    Kasmari pun menyambut antusias lebaran tahun ini. Menurut dia, jauh lebih ramai orangnya daripada liburan Natal tahun sebelumnya.

    “Alhamdulillah, lebaran tahun ini ramai, dibanding waktu natalan kemarin,” kata dia sambil tersenyum menjawab saat ditemui di Stasiun Pasar Senen Selasa, 25 Maret 2025.

    Ramainya penumpang menjadi berkah bagi para porter seperti dirinya. “Penumpang banyak, porter juga lebih dapat,” tambah dia.

    Sebagai porter senior, Kasmari paham betul aturan main. Meski yang berprofesi seperti dirinya banyak, dia tak mau ngoyo dalam bekerja.

    “Rezeki itu yang ngatur dari atas, Pak,” ujar dia.

    Porter di Stasiun Pasar Senen kerja dua shift. Ada 88 porter yang bertugas di tiap shift, mulai dari pukul 07.00 hingga 19.00 WIB. Kasmari memastikan, kerja di sini pakai sistem gantian.

    Satu porter dapat jatah, yang lain nunggu giliran, tak ada cerita double job atau sikut-sikutan.

    “Kesadaran, kekompakan saja,” katanya.

    Tarif resmi sekali angkat Rp30 ribu lewat aplikasi. Tapi sering kali penumpang yang berbaik hati memberikan lebih.

    “Alhamdulillah, tiap hari ada aja yang kasih lebih,” katanya.

     

  • Empat Hari Masa Angkutan Lebaran 2025, Empat Ribu Penumpang Tiba di Stasiun Cepu Blora 

    Empat Hari Masa Angkutan Lebaran 2025, Empat Ribu Penumpang Tiba di Stasiun Cepu Blora 

    TRIBUNJATENG.COM, BLORA – Selama empat hari masa Angkutan Lebaran 2025 mulai dari Jumat, 21 Maret 2025 (H-10) sampai dengan Senin, 24 Maret 2025 (H-7) sebanyak 82.115 penumpang atau rata-rata 20.529 penumpang per hari telah tiba dari berbagai daerah di stasiun wilayah Daop 4 Semarang.

    Sedangkan untuk jumlah stasiun dengan kedatangan penumpang tertinggi selama empat hari masa angkutan lebaran terjadi di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng sebanyak 19.964 penumpang, Stasiun Semarang Poncol 15.229 penumpang, Stasiun Tegal 14.177 penumpang, Stasiun Pekalongan 10.425 penumpang, Stasiun Pemalang 5.951 penumpang, Stasiun Cepu 4.884 penumpang, dan Stasiun Ngrombo sebanyak 3.906 penumpang tiba.

    Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo menyampaikan bahwa dari jumlah tersebut, jumlah kedatangan tertinggi terjadi pada Sabtu, 22 Maret 2025 (H-9) dimana terdapat sebanyak 22.286 penumpang yang telah tiba di stasiun wilayah Daop 4 Semarang. 

    “Diprediksi jumlah kedatangan penumpang tertinggi selama masa arus mudik akan terjadi pada Sabtu, 29 Maret 2025 atau H-2 dengan jumlah lebih dari 28 ribu penumpang akan tiba di stasiun wilayah Daop 4 Semarang,” terangnya, Selasa (25/3/2025).

    Sementara itu, jumlah penumpang yang berangkat dari stasiun di wilayah Daop 4 Semarang dalam periode yang sama tercatat sebanyak 76.122 penumpang, dengan rata-rata 19.031 penumpang per hari. 

    “Selama periode ini, mayoritas penumpang yang tiba berasal dari Jakarta dan Surabaya, sedangkan penumpang yang berangkat didominasi oleh tujuan lokal seperti Semarang, Pekalongan, Pemalang, dan Tegal,” tambahnya.

    Hingga Selasa, 25 Maret 2025 pukul 09.00 WIB, sebanyak 308.778 tiket telah dipesan untuk masa Angkutan Lebaran 2025 yang berlangsung hingga 11 April 2025. 

    Dari total 535.282 tiket yang disediakan, sekitar 58 persen tiket telah terjual. Tren penjualan tiket masih terus meningkat, sehingga KAI mengimbau masyarakat untuk segera mendapatkan tiket perjalanan melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, atau mitra resmi penjualan KAI lainnya.

    Selama masa Angkutan Lebaran ini, frekuensi perjalanan kereta api juga dipastikan meningkat.

    KAI menghimbau kepada masyarakat khususnya pengguna jalan raya, agar lebih waspada dan berhati hati saat melewati perlintasan sebidang.

    “Ada maupun tidaknya palang pintu pada perlintasan sebidang, pengendara jalan raya diwajibkan untuk berhenti sejenak sebelum melewati perlintasan, tengok kiri maupun kanan, jika aman silahkan melanjutkan perjalanan,” papar Franoto.(Iqs)

  • Gunakan Kereta dan Bus, PSI Berangkatkan Para Pemudik ke Jabar-Jateng-Jatim – Halaman all

    Gunakan Kereta dan Bus, PSI Berangkatkan Para Pemudik ke Jabar-Jateng-Jatim – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menggelar program mudik gratis memfasilitasi masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman saat Idulfitri 2025. 

    “Menjelang dini hari tadi kami memberangkatkan satu gerbong pemudik menuju Solo menggunakan kereta eksekutif Gajayana dari Stasiun Gambir,” kata Ketua DPP PSI Danik Eka Rahmaningtyas kepada wartawan, Selasa (25/3/2025).

    Danik mengatakan program mudik gratis dibuat PSI untuk membantu masyarakat yang kesulitan mendapatkan tiket pulang. 

    “Jadi tujuannya memang membantu warga masyarakat yang mungkin kesulitan memperoleh tiket dan sebagainya supaya bisa bertemu keluarga, bersilaturahmi di hari yang fitri,” lanjut Danik yang menjadi penanggung jawab kegiatan ini.

    Pada 25 Maret malam, PSI juga akan memberangkatkan satu gerbong pemudik menggunakan kereta eksekutif Sembrani untuk menuju Surabaya. 

    “InsyaAllah Mas Ketum Kaesang yang akan melepas mereka di Stasiun Gambir nanti malam,” lanjut Danik.

    Selanjutnya, Rabu 26 Maret 2025, PSI akan memberangkatkan lima bus pemudik dengan beragam tujuan, di antaranya Jakarta-Lampung, Jakarta-Garut, Jakarta-Purwokerto, Jakarta-Malang, dan Jakarta-Sumenep.

    “Semuanya, pemudik kereta maupun bus, akan disambut anggota legislatif atau pengurus PSI di titik tujuan masing-masing,” pungkas Danik.

    Diketahui, Kakorlantas Polri Irjen Pol Agus Suryonugroho mengungkapkan, hampir 30 persen warga Jakarta dan sekitarnya telah melakukan perjalanan mudik Lebaran hingga Selasa (25/3/2025).

     

    “Jadi komparasinya selama 3 hari itu yang keluar dari Jakarta baik yang (melalui) Cikupa dan Trans Jawa ini sudah hampir 30 persen,” kata Agus di Tol Cipularang, Selasa (25/3).

     

    Agus juga menjelaskan, pada H-10 Lebaran atau Jumat (21/3/2025) terjadi peningkatan arus lalu lintas sekitar 37 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Kemudian, pada H-9 Lebaran kenaikan mencapai 22,5 persen.

     

    Meski arus kendaraan meningkat, kondisi lalu lintas masih lancar. “Dari Cikampek sampai Cipularang, rekan-rekan sudah melihat sendiri, kondisi lalu lintas sangat lancar,” ungkapnya.

     

    Mantan Wakapolda Jateng ini berharap kelancaran lalu lintas bisa terjaga hingga puncak arus mudikyang diprediksi terjadi pada 28 Maret mendatang.

     

    “Moga-moga nanti pada saat hari H atau H-3 pada prediksi puncaknya nanti sudah bisa kita kelola dengan baik, tidak terlalu beban, volume kendaraannya bisa kita kendalikan,” jelas Agus.

     

  • Daftar Nomor Telepon Darurat Mudik Lebaran 2025, Ada Derek dan Kirim BBM

    Daftar Nomor Telepon Darurat Mudik Lebaran 2025, Ada Derek dan Kirim BBM

    Jakarta

    Saat mudik, berbagai kejadian di luar perkiraan bisa terjadi. Misal kendaraan mogok, ban bocor, kehabisan bensin, dan mengalami bencana alam tanpa persiapan lebih dulu.

    Sebagai langkah antisipasi kejadian tersebut, pemudik sebaiknya menyimpan nomor telepon darurat di HP. Jika dibutuhkan, pemudik bisa menghubungi nomor tersebut setiap saat.

    Daftar Nomor Telepon Darurat Indonesia

    Dihimpun dari situs resmi berbagai instansi pemerintahan, berikut daftar lengkap nomor telepon darurat yang perlu dicatat para pemudik:

    14080 – One Call Center Jasa Marga

    Mulai dari informasi tol, lalu lintas di tol, bantuan darurat di tol, mobil derek, hingga menanggapi keluhan pelanggan.

    118 dan 119 – Ambulans/Kemenkes

    Nomor layanan kegawatdaruratan, mulai dari penanganan pertama sebelum ke rumah sakit, bantuan rujukan ke rumah sakit, hingga kondisi gawat darurat lainnya.

    135 – BBM Pertamina

    Layanan delivery BBM (jika kehabisan BBM di jalan), hingga informasi mengenai produk Pertamina.

    110 – Kepolisian RI

    Melayani berbagai macam laporan dan pengaduan, seperti kejadian darurat, kecelakaan, bencana, kerusuhan, tindak kejahatan, penghinaan, ancaman, dan tindak kekerasan.

    1500669 – NTMC Korlantas Polri

    National Traffic Management Center (NTMC) Korlantas Polri menerima laporan dari warga maupun memberikan informasi yang dibutuhkan warga terkait lalu lintas.

    113 – Pemadam Kebakaran

    Nomor untuk melaporkan jika detikers mengalami kebakaran atau melihat kebakaran, baik itu bangunan maupun lahan kosong.

    115 – Basarnas

    Pusat kontak jika detikers membutuhkan bantuan pencarian dan pertolongan, baik di darat maupun laut. Misalnya ada orang hanyut di sungai atau laut.

    117 – BNPB

    Jika terjadi peristiwa bencana, detikers bisa menghubungi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Misalnya banjir, gempa bumi, tanah retak, tanah longsor, pohon tumbang, dan sebagainya.

    196 – BMKG

    Jika ingin mengetahui informasi mengenai cuaca dan gempa bumi, detikers bisa menghubungi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

    158 – Kementerian PUPR

    Memberikan informasi jalan umum, jalan tol, jalur mudik, kerusakan jalan, dan berbagai infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

    151 – Kemenhub

    Layanan informasi dan pengaduan terkait lalu lintas dan transportasi darat, laut, dan udara.

    123 – PLN

    Nomor telepon untuk berbagai layanan PLN, termasuk informasi gangguan listrik, mati listrik, dan sebagainya.

    1500533 – Sentra Informasi Keracunan BPOM

    Untuk mendapatkan informasi dan bantuan terkait kasus keracunan, terutama yang berkaitan dengan obat-obatan, makanan, atau produk yang diawasi oleh BPOM.

    112 – Panggilan Darurat

    Seluruh kondisi gawat darurat dapat dilaporkan melalui nomor 112. Namun belum semua daerah terintegrasi dengan layanan ini.

    Selain menyiapkan nomor telepon darurat, pemudik tentunya wajib menyiapkan kendaraan dan kondisi fisiknya agar mampu menempuh perjalanan jauh. Jangan segan minta bantuan jika ada yang tidak beres dengan kendaraan atau tubuh terasa lelah.

    (bai/row)

  • Cuaca Indonesia Hari Ini Rabu 26 Maret 2025: Langit Pagi Mayoritas Cerah Berawan – Page 3

    Cuaca Indonesia Hari Ini Rabu 26 Maret 2025: Langit Pagi Mayoritas Cerah Berawan – Page 3

    Berdasar informasi dari BMKG, cuaca ekstrem diperkirakan akan berlangsung selama 4-5 hari ke depan, termasuk di Jawa Timur.

    Untuk itu, BPBD Jatim memastikan pihaknya akan siaga 24 jam sepanjang musim tersebut serta guna mendukung kelancaran dan keselamatan masyarakat dalam melakukan mudik dan balik saat libur lebaran tahun ini.

    “Sesuai arahan Ibu Gubernur, BPBD menjadi salah satu dari lima OPD yang tidak mendapatkan libur guna memastikan kesiapan penanganan bencana dan keadaan darurat saat musim lebaran tahun ini,” ujar Kalaksa BPBD Jatim, Gatot Soebroto, Sabtu (22/3/2025).

    Gatot mengungkapkan, tahun ini posko khusus di beberapa wilayah tidak didirikan karena kebijakan efisiensi. Namun, posko pusat di kantor BPBD Jatim tetap melakukan pemantauan dan koordinasi 24 jam.  

    “Seluruh BPBD di kabupaten/kota juga telah diarahkan untuk siaga di daerah masing-masing, terutama dalam menghadapi potensi bencana seperti, longsor dan banjir,” ungkapnya.

    Beberapa wilayah yang menjadi perhatian utama dalam pemantauan bencana, di antaranya, meliputi kawasan Mataraman, seperti, Trenggalek, Magetan, dan Pacitan.

    “Selanjutnya wilayah Sidoarjo, Malang Raya dan Pantai Selatan, serta wilayah Tapal Kuda, seperti, Bondowoso dan Situbondo. Sementara, wilayah Madura dan sisi utara Jatim diprediksi dalam kondisi relatif aman,” ujar Gatot.

    Kabid KL Satriyo Nurseno menambahkan, kesiapan BPBD Jatim ini juga didukung para personel Tim Reaksi Cepat (TRC) yang akan melakukan pemantauan 24 jam.

    “Kami tetap siaga 24 jam dengan sistem shift, dari yang biasanya tiga shift menjadi dua shift. Setiap shift terdiri dari 15-20 personel untuk memastikan kesiapan penanganan di seluruh wilayah,” tambahnya.

    Selain kesiapan personel, BPBD Jatim juga telah memastikan ketersediaan logistik untuk mendukung penanganan bencana serta berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan Dinas Perhubungan untuk membantu kelancaran arus mudik dan balik.

    Satriyo juga mengajak masyarakat dan awak media untuk berperan aktif dalam memberikan informasi terkait bencana yang terjadi.

    “Jika ada kejadian bencana yang belum terpantau oleh kami, mohon segera melaporkan melalui call center 117 atau melalui nomor WhatsApp posko BPBD 0813-3200-9050,” pintanya.

    Dengan kesiapsiagaan ini, BPBD Jatim berharap dapat memberikan respon cepat dan efektif dalam menghadapi segala kemungkinan selama masa mudik dan balik lebaran.

  • Ini Titik Rawan Kecelakaan di Lintas Timur Sumatera Jambi, Pemudik Diminta Waspada

    Ini Titik Rawan Kecelakaan di Lintas Timur Sumatera Jambi, Pemudik Diminta Waspada

    Kapolres Muaro Jambi AKBP Heri Suprawan memprediksi puncak arus mudik lebaran akan terjadi pada akhir pekan ini. Jeda libur dua hari sebelum hari perayaan Idul Fitri akan dimanfaatkan pemudik.

    Hari Sabtu (22/3/2025) sebelumnya terlah terjadi lonjakan, namun tidak signifikan di ruas Tol Sebapo. Dari data yang dihimpun pada hari tersebut, sebanyak 82.000 melewati ruas tol ini.

    “Hasil pengecekan di lapangan, semua dalam kondisi siap. Kami sudah koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memberikan pelayanan dan pengamanan kepada masyarakat yang akan mudik,” ujar Heri.

    Sementara itu, dalam Operasi Ketupat 2025 ini, Polres Muaro Jambi telah menyiapkan 5 pos terpadu. Pos tersebut tersebar di beberapa titik meliputi, Pos Citra Raya, Sengeti, Candi Muaro Jambi, dan Pos di kawasan Jambi Paradise.

    Kemudian dalam Operasi Ketupat tahun ini, kata Heri, sebanyak 140 personel gabungan akan diterjunkan. Operasi lebaran ini akan dilaksanakan selama 14 hari kedepan. “Kami fokus bagaimana masyarakat bisa aman dan nyaman selama arus mudik dan arus balik lebaran,” demikian Heri.

  • Jamin Ketersediaan BBM Selama Arus Mudik Lebaran 2025, Menteri Bahlil Sebut Stok Cukup – Halaman all

    Jamin Ketersediaan BBM Selama Arus Mudik Lebaran 2025, Menteri Bahlil Sebut Stok Cukup – Halaman all

    Berbagai layanan tambahan disiapkan Pertamina Patra Niaga untuk memberikan jaminan ketersediaan BBM selama arus mudik Lebaran 2025.

    Tayang: Rabu, 26 Maret 2025 06:51 WIB

    Warta Kota/ANGGA BHAGYA NUGRAHA

    DISTRIBUSI BBM – Berbagai layanan tambahan disiapkan Pertamina Patra Niaga untuk memberikan jaminan ketersediaan BBM selama arus mudik Lebaran 2025. Menteri ESDM Bahlil Lahadalia menyebut saat ini stok BBM cukup untuk 18 hingga 21 hari. 

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menjelang arus mudik Lebaran 2025, Pertamina Patra Niaga memastikan kesiapan ketersediaan dan kelancaran distribusi bahan bakar minyak (BBM) di seluruh Indonesia. 

    Dalam kunjungan kerja Kementerian ESDM ke SPBU 51.601.77 Dr. Soetomo, Surabaya, Menteri ESDM, Bahlil Lahadalia menegaskan kualitas BBM Pertamina tidak perlu diragukan. 

    “Kami mengecek hampir semua wilayah untuk memastikan bahwa BBM yang dijual kepada masyarakat telah memenuhi standar dari Dirjen Migas. Ini penting agar masyarakat merasa aman dan nyaman dalam menggunakan BBM Pertamina,” ujar Bahlil dalam keterangannya, Rabu (26/3/2025).

    Selain memastikan kualitas, Bahlil juga menyampaikan bahwa stok BBM nasional dalam kondisi aman.

    “Saat ini stok BBM cukup untuk 18 hingga 21 hari. Jawa Timur yang disuplai dari Terminal BBM Tuban juga dalam kondisi aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

    Sementara itu, PTH Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Mars Ega Legowo Putra, menyampaikan berbagai layanan tambahan disiapkan Pertamina Patra Niaga untuk memberikan jaminan ketersediaan BBM selama mudik. 

    “Pertamina Patra Niaga telah menyiapkan 1.832 SPBU Siaga, 57 unit Kiosk Pertamina Siaga atau SPBU Modular di titik-titik strategis, serta 200 unit Pertamina Delivery Service (PDS). Selain itu, mobil tangki standby juga disiagakan sebagai SPBU Kantong untuk memastikan distribusi tetap lancar,” kata Mars Ega.

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:’4′,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }
    else{
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    $(“#test3”).val(“Done”);
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    if($(“#test3”).val() == ‘Done’){
    newlast=0;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest”, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else{
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:sectionid,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    }

    Berita Terkini