Topik: Mudik

  • Bandara Ahmad Yani Jadi Internasional, Anggota Komisi V DPR Berharap Dongkrak Ekonomi Jateng – Halaman all

    Bandara Ahmad Yani Jadi Internasional, Anggota Komisi V DPR Berharap Dongkrak Ekonomi Jateng – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Perubahan status Bandara Jenderal Ahmad Yani di Semarang menjadi bandara internasional diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah, memperluas akses investasi, perdagangan, dan pariwisata di Jawa Tengah.

    Apalagi, sejak diputuskan pasa 25 April ini, menjadi momentum emas bagi Kota Semarang untuk bertransformasi menjadi salah satu pusat konektivitas global di Indonesia.

    Menanggapi hal itu, Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP), Mochamad Herviano menyampaikan rasa syukur dan bangga atas pencapaian tersebut. 

    “Kami ingin memastikan bahwa status internasional ini tidak terlepas dari aspirasi masyarakat yang terus kami serap dalam kegiatan reses,” kata Herviano, Senin (28/4/2025).

    Dalam dialog dengan berbagai pihak, termasuk General Manager Bandara Ahmad Yani Semarang, Fajar Purwawidada dan Walikota Semarang Agustina Wilujeng Pramestuti, Herviano mendapatkan masukan berharga untuk memperjuangkan status baru ini.

    Legislator dari Dapil Jawa Tengah I ini menekankan pentingnya untuk memastikan bahwa semua persyaratan terkait status internasional telah terpenuhi secara komprehensif. 

    “Kajian empiris mengenai kapasitas dan pelayanan bandara juga perlu dilakukan agar dapat mendukung pengembangan yang signifikan,” ujarnya. 

    Menindaklanjuti aspirasi tersebut, Herviano berkoordinasi dengan Menteri Perhubungan, Dudy Purwagandhi, untuk memastikan langkah-langkah strategis diambil demi mengoptimalkan pengembangan Bandara Ahmad Yani sebagai pusat transportasi yang mendukung perekonomian. 

    “Kami ingin melihat bandara ini tidak hanya berfungsi sebagai pintu gerbang, tetapi juga sebagai penggerak roda ekonomi yang membawa kemajuan bagi masyarakat Semarang dan Jawa Tengah,” ucapnya.

    Sejak pengumuman resmi status internasional, Walikota Semarang, Agustina Wilujeng Pramestuti, juga memberikan tanggapan positif. 

    Dia mengatakan, penetapan ini adalah langkah strategis dalam mempercepat arus wisatawan mancanegara dan memperluas ekspor produk lokal. 

    “Kami semua patut bersyukur atas pencapaian ini, dan terima kasih kepada Presiden Prabowo Subianto atas dukungan dan perhatian terhadap pengembangan infrastruktur di Kota Semarang,” katanya.

    Dalam berbagai pantauan arus balik Lebaran yang dilakukan baru-baru ini, Herviano mengamati adanya peningkatan signifikan jumlah penumpang di Bandara Ahmad Yani. 

    Sekitar 13.000 penumpang tercatat bergerak pada puncak arus balik. 

    “Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat semakin percaya pada kapasitas dan pelayanan bandara,” ungkapnya. 

    Dengan status internasional, Herviano yakin bahwa angka ini akan terus meningkat, seiring dengan bertumbuhnya konektivitas dan aksesibilitas yang lebih baik.

    Herviano menegaskan dampak ekonomi dari status tersebut sangat besar bagi Kota Semarang dan Jawa Tengah. 

    “Dengan bandara berstatus internasional, investasi di sektor pariwisata, perdagangan, dan industri akan meningkat pesat. Kami berharap dapat menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat,” terangnya. 

    Dengan semangat kolaborasi dan komitmen yang tinggi, Herviano serta seluruh mitra kerja bertekad untuk terus memantau dan memberikan solusi terbaik dalam mengelola arus transportasi mudik dan balik. 

    “Ini adalah tanggung jawab bersama untuk memastikan kelancaran dan kenyamanan setiap perjalanan. Mari kita rayakan momen ini dan bersama-sama membawa Semarang ke tingkat yang lebih tinggi di kancah internasional,” tandasnya.

  • Coway Dukung Program KAI Sediakan Refill Air Minum di Stasiun Kereta – Halaman all

    Coway Dukung Program KAI Sediakan Refill Air Minum di Stasiun Kereta – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Coway Co. Ltd. turut mendukung perjalanan mudik yang lebih sehat dan berkelanjutan selama perayaan Idul Fitri 2025 di Indonesia.

    Coway bermitra dengan  PT Kereta Api Indonesia (KAI) dengan memasang 170 unit pemurni air di 41 stasiun kereta api, terutama di pulau Jawa dan Sumatera.

    “Program ini akan terus berkelanjutan untuk memastikan ketersediaan air minum yang bersih, aman, dan bersertifikasi halal bagi jutaan penumpang,” tutur  Tony Cho, President Director Coway Indonesia, dalam keterangannya dikutip pada Selasa (29/4/2025).

    Coway merupakan perusahaan peralatan rumah tangga termasuk pemimpin teknologi pemurni air nomor satu dari Korea Selatan.

    Setiap unit Coway dilengkapi sistem filtrasi canggih yang mampu menyaring mikroplastik, sehingga aman untuk dikonsumsi sehari-hari.

    “Inisiatif ini tidak hanya meningkatkan kenyamanan penumpang, tetapi juga mengedukasi masyarakat tentang pentingnya gaya hidup ramah lingkungan dengan mengurangi konsumsi botol plastik sekali pakai,” ujarnya.

    Program ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan KAI dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat selama musim mudik.

    Sejak 2023, refill station air minum gratis telah tersedia di area-area strategis, termasuk stasiun besar di wilayah Jabodetabek seperti Gambir, Tanah Abang, Manggarai, Sudirman, dan Bogor, serta kota-kota besar lainnya di pulau Jawa seperti Bandung, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Kediri, Malang, Blitar, dan kota lainnya.

    Melalui inisiatif ini, Coway Indonesia ingin menjadi bagian dari gerakan kolektif menuju gaya hidup yang lebih sehat dan berkelanjutan.

    Kampanye ini bukan sekadar layanan publik, tetapi juga bentuk kepedulian Coway terhadap kualitas hidup masyarakat Indonesia.

    Di saat keluarga kembali berkumpul untuk merayakan Idul Fitri, Coway merasa terhormat dapat mendampingi perjalanan tersebut dengan komitmen pada inovasi dan keberlanjutan.

    Kemitraan dengan KAI menjadi cerminan dari ajakan kolektif untuk memulai kebiasaan yang lebih baik, bahkan di tengah kepadatan musim mudik 2025.

    “Kami percaya bahwa perubahan besar dimulai dari langkah kecil. Mengisi ulang tumbler selama perjalanan adalah contoh sederhana namun bermakna,” ujar Tony Cho.

    Momentum “Back to the Purest Way” menjadi simbol komitmen Coway Indonesia dalam mengajak masyarakat untuk membuat pilihan bijak setiap hari – demi kesehatan diri sendiri maupun kelestarian lingkungan.

    Sebagai bagian dari kampanye ini, Coway juga meluncurkan promosi digital di enam titik stasiun KAI, termasuk booth aktivasi di Stasiun Tanah Abang.

    Di mana Coway juga membagikan merchandise ramah lingkungan seperti botol minum dan pouch perjalanan, sembari mengedukasi masyarakat tentang pentingnya konsumsi air minum yang aman dan berkelanjutan.

  • Gara-Gara Benang Layangan, 32 Kali Perjalanan Kereta Cepat Whoosh Terhambat – Page 3

    Gara-Gara Benang Layangan, 32 Kali Perjalanan Kereta Cepat Whoosh Terhambat – Page 3

    Sebelumnya, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat sebanyak 341.100 orang menggunakan layanan Kereta Cepat Whoosh selama masa angkutan Lebaran 2025.

    General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, pada masa libur Lebaran, penumpang Whoosh rata-rata berkisar di 16.500-23.500 penumpang per hari.  Puncaknya terjadi pada H+5 Lebaran, yakni 6 April 2025, dengan jumlah penumpang harian mencapai 23.500 penumpang.

    “Selain digunakan untuk mudik, mayoritas penumpang kali ini memanfaatkan Whoosh untuk berlibur bersama keluarga ke Bandung, Jakarta, dan Karawang. Tak sedikit pula penumpang dari berbagai daerah di Indonesia yang datang khusus untuk mencoba pengalaman naik Whoosh pertama kalinya di masa liburan kali ini,” ujarnya, Sabtu (12/4/2025).

    Selama masa angkutan Lebaran 2025, rute Hali-Padalarang PP mencatat volume penumpang tertinggi dengan total sebanyak 224.420 penumpang. Posisi selanjutnya diikuti oleh rute Halim-Tegalluar Summarecon PP sebanyak 92.474 penumpang.

    Kemudian Karawang-Padalarang/Tegalluar Summarecon PP sebanyak 13.737 penumpang, Halim-Karawang PP sebanyak 8.682 penumpang, serta Padalarang-Tegalluar Summarecon PP sebanyak 1.787 penumpang.

     

  • ASDP Operasikan 4 Kapal Menuju Raja Ampat, Cek Rutenya – Page 3

    ASDP Operasikan 4 Kapal Menuju Raja Ampat, Cek Rutenya – Page 3

    Sebelumnya, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat total 5,82 juta penumpang dan 1,3 juta unit kendaraan yang telah diseberangkan di 15 lintasan pantauan nasional sepanjang periode layanan Angkutan Lebaran 2025. Layanan ini berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan dan para pemangku kepentingan terkait lain. 

    Data dari posko nasional mencatat, selama arus mudik 21—31 Maret dan arus balik 2—11 April 2025, total 5,27 juta penumpang menyeberang atau meningkat 10,5% dibandingkan tahun lalu. Jumlah kapal meningkat 3,81% menjadi 245 unit, serta jumlah trip naik 4,2% menjadi 21.973 perjalanan.

    Sementara itu, volume kendaraan justru menurun 2%, yang menandakan keberhasilan distribusi antarmoda transportasi.

    Direktur Utama ASDP, Heru Widodo, menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas sinergi lintas instansi yang berperan aktif dalam pelayanan mudik tahun ini.

    “Apresiasi setinggi-tingginya untuk semua pihak yang telah dengan tulus melayani masyarakat dalam perhelatan tahunan mudik lebaran ini, khususnya Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Kemenko PMK, TNI dan Polri, Pemerintah Provinsi dan Daerah, Dinas Perhubungan, asosiasi perusahaan ferry, para operator kapal, serta pengguna jasa yang tertib mempersiapkan perjalanan lebih awal dan membeli tiket sebelum tiba di pelabuhan. Sinergi ini memberikan hasil positif sehingga dapat tercapai mudik yang selamat, aman dan lancar,” ujar dia dalam keterangannya, Jumat (25/4/2025).

    Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhy menyampaikan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2025 mencapai 90,9%, berdasarkan survei. “Sebanyak 92,1% masyarakat juga menyatakan puas terhadap program mudik gratis,” tambah dia.

    Di sisi lain, Korlantas Polri mencatat penurunan 34,31% angka kecelakaan lalu lintas dari 7.064 kasus (2024) menjadi 4.640 kasus selama Lebaran 2025.

    Penerapan kebijakan work from anywhere (WFA) dinilai berhasil menyebar waktu keberangkatan, mengurangi kepadatan di titik-titik kritis.

     

  • Survei: Menteri Agama Nasaruddin Umar, menteri dengan kinerja terbaik

    Survei: Menteri Agama Nasaruddin Umar, menteri dengan kinerja terbaik

    Jakarta (ANTARA) – Survei Indonesia Social Insight (IDSIGHT) mengungkapkan Menteri Agama (Menag) Nasaruddin Umar menjadi menteri dengan kinerja terbaik dalam enam bulan pertama pemerintahan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka, dengan 67,4 persen respon positif.

    “Dalam periode enam bulan pemerintahan Prabowo-Gibran, muncul sosok Menag Nasaruddin sebagai pejabat terbaik di Kabinet Merah-Putih,” kata Direktur Komunikasi IDSIGHT John Santosa dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

    Pujian terhadap Nasaruddin mengalir selama momen Ramadhan dan Lebaran tahun ini. Publik menilai Menag berhasil dalam mempersatukan umat dan menjaga kerukunan beragama di Indonesia.

    Nasaruddin juga merupakan imam Masjid Istiqlal dan telah lama dikenal publik sebagai simbol toleransi di tengah kebhinnekaan.

    “Tak hanya menyejukkan umat, pandangan keagamaan Nasaruddin cenderung progresif seperti dalam kesetaraan gender,” jelas Johan.

    Menyambut Hari Raya Idul Fitri, Nasaruddin mengajak bangsa Indonesia untuk menjaga spirit Ramadan dan terus memperkuat persatuan. Silaturahmi telah menjadi tradisi pada perayaan Lebaran, ditunjukkan pula dengan open house dan saling mengunjungi kediaman baik di kalangan masyarakat maupun tokoh-tokoh politik.

    Di sisi lain mencuat figur Didit Prabowo yang berhasil mempertemukan anak-anak dari keluarga presiden, serta keluwesannya dengan menemui tokoh-tokoh yang selama ini kerap bersitegang. Persatuan para tokoh bangsa dinilai penting di tengah situasi ekonomi dan gejolak geopolitik.

    Di tengah sejumlah tantangan, berbagai prestasi juga ditorehkan seperti kelancaran arus mudik berkat masifnya pembangunan infrastruktur, serta panen raya padi dan target swasembada pangan yang terus digaungkan pemerintah.

    Menko Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono juga mendapatkan penilaian positif 64,6 persen, sedangkan Menteri Pertanian Amran Sulaiman 62,8 persen.

    IDSIGHT melakukan analisis terhadap tanggapan pengguna media sosial pada akun-akun resmi milik menteri/kepala badan atau kementerian/badan. Konten mencakup postingan pada platform Instagram, X/Twitter, Facebook Page, dan Tiktok selama rentang waktu 6-15 April 2025.

    Menurut laporan Data Digital Indonesia 2024, keempat platform media sosial tersebut paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Dengan karakteristik pengguna tiap platform berbeda-beda, kombinasinya diharapkan bisa menghasilkan gambaran yang lebih objektif.

    Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
    Editor: Budi Suyanto
    Copyright © ANTARA 2025

  • Ini Jajaran Dewan Pengawas dan Kepengurusan Pengusaha Fiber Optik RI

    Ini Jajaran Dewan Pengawas dan Kepengurusan Pengusaha Fiber Optik RI

    Jakarta

    Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (Apjatel) mengukuhkan badan pengurus harian untuk periode kepengurusan 2024-2027. Ketua Umum Apjatel Jery Mangasas Swandy pun menggaungkan kolaborasi kepada para pelaku industri telco dalam negeri.

    Bertepatan dengan Halal bi Halal yang rutin diadakan setiap tahun setelah perayaan Idul Fitri ini, menjadi media bagi Apjatel untuk meningkatkan hubungan baik dengan stakeholde, operator dan vendor.

    “Mari kita mulai menyingsihkan lengan baju serta merajut kebersamaan untuk menunjang kinerja di masa yang akan datang. Keberadaan Apjatel merupakan amanah dalam pelayanan di sektor telekomunikasi khususnya jaringan fiber optik, ungkap Ketua Umum Apjatel Jerry Mangasas Swandy dalam keterangan tertulisnya.

    Pada kesempatan ini juga, Apjatel menyampaikan pentingnya menjaga spirit kolaborasi dan sinergi antara pemerintah, asosiasi, operator dan vendor Pelaksana relokasi.

    “Sehingga semua target dan capaian untuk bersama dalam menjaga Jaringan Infrastruktur khususnya fiber optik dapat tercapai dengan baik dan dapat bermanfaat serta berdampak kepada kerapihan yang dapat dinikmati untuk masyarakat luas,” ucapnya.

    Dalam pengukuhan kepengurusan Apjatel periode 2024-2027 ini dihadiri Ketua Umum Asosiasi Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel), Asosiasi Penyelenggara Sistem Komunikasi Kabel Laut Seluruh Indonesia (Askalsi), Asosiasi penyelenggara Telekomunikasi Indonesia (ATSI), Asosiasi IoT Indonesia (Asioti), Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Asosiasi FinTech Indonesia (Aftech) , dan Asosasi Data Center Indonesia (Idpro), serta perusahaan yang menjadi anggota tetap mapun tidak tetap di APJATEL yaitu mitra Vendor atau kontraktor.

    Selain dari sisi pelaku industri, ada juga perwakilan dari pemerintah yang hadir, yaitu jajaran Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) dengan adanya Direktur Jendral Infrastruktur Digital Wayan Toni Supriyanto, Direktur Pengendalian Pos dan Informatika Dany Suwardani dan perwakilan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti).

    Halaman berikutnya jajaran Dewan Pengawas dan Kepengurusan Apjatel 2024-2027

    Jajaran Dewan Pengawas dan Kepengurusan Apjatel 2024-2027

    Ketua Dewan Pengawas: Soni Sumarsono
    Anggota : Merza Fachys
    Anggota : Ade Tjendra
    Anggota : Dicky Tjokrosaputro
    Anggota : Leonardus Wahyu Wasono (Sony)
    Anggota : Bambang Prastowo
    Anggota : Resi Bramani
    Anggota : Rudi Mustofa Karim
    Anggota : Agung Supardiyoto

    Ketua Umum : Jery Mangasas Swandy
    Wakil Ketua Umum 1 : M. Tri Prasetya
    Wakil Ketua Umum 2 : Nia Kurnianingsih
    Wakil Ketua Umum 3 : Fariz Azhar Harahap
    Sekretaris Jenderal : Zulfi Hadi
    Wakil Sekretaris Jenderal 1 : Ida Haryani
    Wakil Sekretaris Jenderal 2 : Bernard
    Bendahara Umum : Victor Irianto
    Wakil Bendaraha Umum : Nova Welda Lusia

    Kabid. Publik & Media : Sebrina Sipahutar
    Anggota Bidang Publik & Media : Handy Tanjaya
    Anggota Bidang Publik & Media : Lerry Harry Sohar
    Anggota Bidang Publik & Media : Yudi Akhirudin
    Anggota Bidang Publik & Media : Kahfi Alfarisi

    Kabid. Keanggotaan & Usaha Antar Anggota : Anna Roos Diana
    Anggota Keanggotaan & Usaha Antar Anggota : Muhammad Jumhur
    Anggota Keanggotaan & Usaha Antar Anggota : Niko
    Anggota Keanggotaan & Usaha Antar Anggota : Selly Sofianti
    Anggota Keanggotaan & Usaha Antar Anggota : Arie Haerdyanto
    Anggota Keanggotaan & Usaha Antar Anggota : Retno Pertiwi

    Kabid. Hubungan Antar Lembaga : Alia Alizar
    Anggota Hubungan Antar Lembaga : Biantono Subastian
    Anggota Hubungan Antar Lembaga : Kamila Rona
    Anggota Hubungan Antar Lembaga : Iwan Setiawan
    Anggota Hubungan Antar Lembaga : Hita Handayana
    Anggota Hubungan Antar Lembaga : Windi Laksana Putri
    Anggota Hubungan Antar Lembaga : Unggul Budiman
    Anggota Hubungan Antar Lembaga : Agung Satria
    Anggota Hubungan Antar Lembaga : Nur Syahriza
    Anggota Hubungan Antar Lembaga : Aprilia
    Anggota Hubungan Antar Lembaga : Widaya Widian
    Anggota Hubungan Antar Lembaga : Yudithia Sinatra
    Anggota Hubungan Antar Lembaga : Sugihono

    Kabid. Pendidikan dan Latihan : Isnan K. Arikah
    Anggota Pendidikan dan Latihan : Imam Al-Farabi
    Anggota Pendidikan dan Latihan : Tambang Aji Sasmita
    Anggota Pendidikan dan Latihan : Prawiro Harjono
    Anggota Pendidikan dan Latihan : Jhonny Charles

    Kabid. Regulasi dan Hukum : Yudha Saroyna
    Anggota Regulasi dan Hukum : Jhon Roy Nasky
    Anggota Regulasi dan Hukum : Arief Budiman
    Anggota Regulasi dan Hukum : Putri Andita
    Anggota Regulasi dan Hukum : Alfath Gumilang
    Anggota Regulasi dan Hukum : Iwan
    Anggota Regulasi dan Hukum : Tagor Sihombing
    Anggota Regulasi dan Hukum : Arifiandy Permata
    Anggota Regulasi dan Hukum : Renata Manullang
    Anggota Regulasi dan Hukum : Pandu Gunawan
    Anggota Regulasi dan Hukum : Sapto Aliando
    Anggota Regulasi dan Hukum : Dany Kristanto

    Kabid. Teknis dan Pengembangan Jaringan : Radius Darwan
    Anggota Teknis dan Pengembangan Jaringan : Pengemudi
    Anggota Teknis dan Pengembangan Jaringan : Widay Pambayun
    Anggota Teknis dan Pengembangan Jaringan : Muh. Zulkarnain
    Anggota Teknis dan Pengembangan Jaringan : Heri Hermawan
    Anggota Teknis dan Pengembangan Jaringan : Dwi Puja Sastra
    Anggota Teknis dan Pengembangan Jaringan : Dani Winarto
    Anggota Teknis dan Pengembangan Jaringan : Tomy G. Utomo
    Anggota Teknis dan Pengembangan Jaringan : Djaiz Shilihin
    Anggota Teknis dan Pengembangan Jaringan : Teungku Maiyasya
    Anggota Teknis dan Pengembangan Jaringan : Eddy Naibaho
    Anggota Teknis dan Pengembangan Jaringan : Joko Sutrisno
    Anggota Teknis dan Pengembangan Jaringan : Tomi Santoso
    Anggota Teknis dan Pengembangan Jaringan : Jimmy Setiawan
    Anggota Teknis dan Pengembangan Jaringan : Didiek

    Simak Video “Video: Kemkomdigi Siapkan 386 Posko Layanan Komunikasi di Mudik Lebaran”
    [Gambas:Video 20detik]

  • Pelindo Regional 3 catat layani 704.769 penumpang selama Lebaran 2025

    Pelindo Regional 3 catat layani 704.769 penumpang selama Lebaran 2025

    Surabaya (ANTARA) – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 3 mencatat sebanyak 704.769 penumpang telah dilayani melalui pelabuhan-pelabuhan di lingkungan wilayahnya selama masa angkut Lebaran 2025, dari H-16 hingga H+16 Idul Fitri 1446 Hijriah.

    Executive Director Pelindo Regional 3 Ali Sodikin mengatakan angka tersebut mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya di periode yang sama, yakni tercatat sebanyak 703.902 penumpang.

    “Capaian ini menjadi bukti nyata komitmen Pelindo dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat selama masa angkutan Lebaran,” kata Ali Sodikin dalam keterangannya di Surabaya, Kamis.

    Menurut dia, Keberhasilan tersebut tidak lepas dari kesiapan yang matang dan koordinasi intensif antara Pelindo Regional 3 dengan berbagai pemangku kepentingan.

    Bahkan, seluruh cabang pelabuhan telah melakukan pengecekan menyeluruh terhadap sarana dan prasarana terminal penumpang, termasuk melakukan sejumlah perbaikan dan peningkatan fasilitas seperti ruang tunggu, ruang laktasi, fasilitas kesehatan, area bermain anak hingga jalur khusus untuk kelompok penumpang rentan.

    “Jalur khusus itu kami sediakan untuk lansia, penyandang disabilitas, ibu hamil dan anak-anak,” ucapnya.

    Di saat yang sama, kata dia, jumlah personel pelayanan turut ditingkatkan baik dari sisi operasional maupun kesehatan dan keamanan guna memastikan arus penumpang tetap lancar, aman dan nyaman.

    Selain itu, pihaknya juga memperkuat sistem pengamanan melalui posko terpadu, peningkatan frekuensi patroli, hingga penyediaan fasilitas penanggulangan darurat dan layanan kesehatan di terminal.

    Oleh karena itu, pelayanan di 20 pelabuhan utama, menunjukkan performa optimal seperti di lima pelabuhan dengan jumlah penumpang tertinggi, yakni Tanjung Perak sebanyak 254.247 penumpang, Tanjung Emas 72.912 penumpang, Kumai 57.247 penumpang, Trisakti 44.132 penumpang, dan Lembar sebanyak 43.412 penumpang.

    “Kami bersyukur dapat melayani lebih dari 700 ribu pemudik dengan aman dan nyaman selama masa angkutan Lebaran tahun ini. Pelayanan selama Lebaran 2025 menjadi bukti bahwa kami siap hadir di tengah masyarakat dengan pelayanan yang semakin baik,” ujarnya.

    Lebih lanjut, kata Ali, dengan selesainya masa angkutan Lebaran tahun ini, Pelindo Regional 3 akan terus melakukan evaluasi dan perbaikan untuk meningkatkan kualitas layanan pada masa-masa mendatang.

    Bahkan, pihaknya juga berkomitmen menjadikan pelabuhan sebagai ruang publik yang ramah, aman dan nyaman bagi seluruh pengguna jasa transportasi laut di Indonesia.

    Pewarta: Indra Setiawan/Naufal Ammar Imaduddin
    Editor: Biqwanto Situmorang
    Copyright © ANTARA 2025

  • HK catat 2.923.754 kendaraan lalui Tol JJTS pada arus mudik dan balik

    HK catat 2.923.754 kendaraan lalui Tol JJTS pada arus mudik dan balik

    Medan (ANTARA) – PT Hutama Karya mencatat volume kendaraan yang melintas di ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JJTS) pada arus mudik dan balik perayaan Idul Fitri 2025 mencapai 2.923.754 unit.

    Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim mengatakan jumlah tersebut dihitung sejak H-10 hingga H+10 atau 20 Maret hingga 11 April 2025.

    “Total 2.923.754 kendaraan melintasi seluruh ruas JTTS dalam periode H-10 hingga H+10 Lebaran 2025,” ujar Adjib dalam keterangan resmi yang diterima, di Medan, Kamis.

    Perusahaan mencatat 2.923.754 unit kendaraan yang melintas tersebut merupakan akumulasi dari 2.746.461 kendaraan yang melintas di ruas tol operasional dan 177.293 di ruas fungsional.

    Dia mengatakan 2.746.461 kendaraan melintasi ruas-ruas tol operasional mengalami peningkatan 62,05 persen dibandingkan volume lalu lintas normal.

    Sedangkan, kata dia, 177.293 kendaraan menggunakan ketiga ruas tol fungsional yang dibuka khusus untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik.

    Dia menyatakan keberhasilan pelayanan JTTS selama masa angkutan Lebaran 2025 merupakan hasil dari perencanaan komprehensif dan kolaborasi intensif dengan berbagai pemangku kepentingan.

    “Keberhasilan ini tidak terlepas dari penerapan sejumlah kebijakan strategis dalam menghadapi lonjakan kendaraan selama periode mudik dan balik,” kata dia.

    Dalam menyambut arus mudik dan bali Lebaran,dia menambahkan perusahaan mengoperasikan tiga ruas tol fungsional tanpa tarif , pemberlakuan potongan tarif sebesar 20 persen di lima ruas tol strategis yang tersebar di Sumatera sesuai kebijakan pemerintah untuk mendorong penggunaan jalan tol.

    Lalu, mengoptimalkan sistem transaksi melalui pengoperasian 1.400 unit mobile reader dan menyediakan lebih dari 24.000 kartu uang elektronik untuk memperlancar proses transaksi serta penguatan infrastruktur melalui penambahan gardu transaksi di titik-titik krusial yang berpotensi mengalami kepadatan tinggi.

    Hingga implementasi _Intelligent Traffic System_ melalui pemantauan real-time menggunakan sistem berbasis _Artificial Intelligence_ (AI) yang terintegrasi dengan aplikasi HK Toll Apps

    “Hutama Karya membuktikan bahwa BUMN mampu hadir sebagai pelayan publik yang memberikan solusi nyata, terutama melalui strategi pengoperasian ruas fungsional dan pemberlakuan insentif tarif yang efektif mengurai kepadatan,” sebut dia.

    Dari seluruh kebijakan yang direalisasikan perusahaan, lanjutnya, pembukaan ruas fungsional dan pemberian potongan tarif memberikan dampak langsung dan mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat pengguna jalan.

    “Koordinasi intensif dilakukan melibatkan seluruh jajaran manajemen dan unit operasional untuk menjaga pelayanan di lapangan yang dilengkapi berbagai fasilitas yang menunjang kebutuhan pemudik,” ujarnya.

    Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
    Editor: Biqwanto Situmorang
    Copyright © ANTARA 2025

  • Dirut ASDP: Kolaborasi wujudkan Angkutan Lebaran 2025 aman dan lancar

    Dirut ASDP: Kolaborasi wujudkan Angkutan Lebaran 2025 aman dan lancar

    Jakarta (ANTARA) – Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyatakan berkat kolaborasi lintas sektor sehingga bisa mewujudkan penyelenggaraan Angkutan Lebaran Idul Fitri 2025 yang aman, lancar, dan nyaman bagi seluruh masyarakat.

    “ASDP berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan dan para pemangku kepentingan terkait dalam menyukseskan layanan Angkutan Lebaran 2025 yang aman, lancar, dan tertib,” kata Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Heru Widodo dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

    Heru menyampaikan apresiasi atas sinergi lintas instansi yang berperan aktif dalam pelayanan angkutan Lebaran 2025 di antaranya Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Kemenko PMK, TNI-Polri, Pemerintah Provinsi dan Daerah.

    Selain itu, kontribusi dari dinas perhubungan, asosiasi perusahaan ferry, operator kapal, serta pengguna jasa yang tertib mempersiapkan perjalanan lebih awal dan membeli tiket sebelum tiba di pelabuhan.

    “Sinergi ini memberikan hasil positif sehingga dapat tercapai mudik yang selamat, aman dan lancar,” ujarnya.

    Dia menyebutkan bahwa berdasarkan data dari posko nasional mencatat, selama arus mudik 21—31 Maret dan arus balik 2—11 April 2025, total 5,27 juta penumpang menyeberang atau meningkat 10,5 persen ketimbang tahun sebelumnya.

    Jumlah kapal meningkat 3,81 persen menjadi 245 unit, serta jumlah trip naik 4,2 persen menjadi 21.973 perjalanan.

    Sementara itu, volume kendaraan justru menurun 2 persen yang menandakan keberhasilan distribusi antarmoda transportasi.

    Heru menegaskan bahwa pencapaian positif tahun itu akan menjadi pijakan penting untuk peningkatan layanan di masa depan.

    Evaluasi menyeluruh akan dilakukan untuk memastikan angkutan Lebaran tahun berikutnya dapat berjalan lebih optimal.

    Menteri Perhubungan (Menhub) Dudy Purwagandhi menyebutkan tingkat kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2025 mencapai 90,9 persen. Ia mengutip hasil survei yang dilakukan bersama Litbang Kompas.

    “Sebanyak 92,1 persen masyarakat juga menyatakan puas terhadap program mudik gratis,” imbuh Menhub.

    Di sisi lain, Korlantas Polri mencatat penurunan 34,31 persen angka kecelakaan lalu lintas dari 7.064 kasus (2024) menjadi 4.640 kasus selama Lebaran 2025.

    Penerapan kebijakan work from anywhere (WFA) dinilai berhasil menyebar waktu keberangkatan, mengurangi kepadatan di titik-titik kritis.

    Sementara itu, Ketua Komisi V (membidangi infrastruktur dan perhubungan) DPR RI Lasarus turut mengapresiasi kinerja seluruh pihak dalam penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2025 mulai Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Kepolisian RI, BMKG, Basarnas, serta BUMN.

    “Dan swasta yang berkontribusi aktif menjamin kelancaran dan keselamatan Angkutan Lebaran,” ujarnya.

    Anggota Komisi V DPR RI Hamka B Kady juga menyoroti peran ASDP yang semakin strategis dalam menghadirkan pelayanan prima.

    Menurutnya, ASDP berhasil menyediakan buffer zone untuk mengatur antrean kendaraan, penerapan tarif satu harga, dan manajemen tiket daring Ferizy yang kini semakin baik.

    “ASDP telah melakukan perubahan total dalam pelayanannya untuk menekan kepadatan. Walau terjadi antrean namun dapat terurai dengan baik,” kata Hamka.

    Pewarta: Muhammad Harianto
    Editor: Iskandar Zulkarnaen
    Copyright © ANTARA 2025

  • ASDP Seberangkan 5,82 Juta Penumpang dan 1,3 Juta Kendaraan Saat Mudik Lebaran 2025 – Halaman all

    ASDP Seberangkan 5,82 Juta Penumpang dan 1,3 Juta Kendaraan Saat Mudik Lebaran 2025 – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan dan para pemangku kepentingan terkait dalam menyukseskan layanan Angkutan Lebaran 2025 yang aman, lancar, dan tertib.

    Sepanjang periode layanan, ASDP mencatat total 5,82 juta penumpang dan 1,3 juta unit kendaraan yang telah diseberangkan di 15 lintasan pantauan nasional.

    Direktur Utama ASDP, Heru Widodo, menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas sinergi lintas instansi yang berperan aktif dalam pelayanan mudik tahun ini.

    “Apresiasi setinggi-tingginya untuk semua pihak yang telah dengan tulus melayani masyarakat dalam perhelatan tahunan mudik lebaran ini, khususnya Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Kemenko PMK, TNI dan Polri, Pemerintah Provinsi dan Daerah, Dinas Perhubungan, asosiasi perusahaan ferry, para operator kapal, serta pengguna jasa yang tertib mempersiapkan perjalanan lebih awal dan membeli tiket sebelum tiba di pelabuhan. Sinergi ini memberikan hasil positif sehingga dapat tercapai mudik yang selamat, aman dan lancar,” ujarnya, Kamis (24/4/2025).

    Data dari posko nasional mencatat, selama arus mudik 21—31 Maret dan arus balik 2—11 April 2025, total 5,27 juta penumpang menyeberang atau meningkat 10,5 persen dibandingkan tahun lalu.

    Jumlah kapal meningkat 3,81% menjadi 245 unit, serta jumlah trip naik 4,2% menjadi 21.973 perjalanan.

    Sementara itu, volume kendaraan justru menurun 2%, yang menandakan keberhasilan distribusi antarmoda transportasi.

    Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhy menyampaikan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2025 mencapai 90,9%, berdasarkan survei yang dilakukan bersama Litbang Kompas.

    “Sebanyak 92,1% masyarakat juga menyatakan puas terhadap program mudik gratis,” tambah Menhub Dudy.

    Di sisi lain, Korlantas Polri mencatat penurunan 34,31% angka kecelakaan lalu lintas dari 7.064 kasus (2024) menjadi 4.640 kasus selama Lebaran 2025.

    Penerapan kebijakan work from anywhere (WFA) dinilai berhasil menyebar waktu keberangkatan, mengurangi kepadatan di titik-titik kritis.

    Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus, turut mengapresiasi kinerja seluruh pihak dalam penyelenggaraan angkutan Lebaran.

    “Kami menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Kepolisian RI, BMKG, Basarnas, serta BUMN dan swasta yang berkontribusi aktif menjamin kelancaran dan keselamatan,” ujarnya.

    Sementara itu, anggota Komisi V DPR RI Hamka B Kady, juga menyoroti peran ASDP yang semakin strategis dalam menghadirkan pelayanan prima.

    “Kami mengapresiasi ASDP atas keberhasilan menyediakan buffer zone untuk mengatur antrean kendaraan, penerapan single tariff, dan manajemen tiket online Ferizy yang kini semakin baik. Apresiasi setinggi-tingginya untuk ASDP karena telah melakukan perubahan total dalam pelayanannya untuk menekan kepadatan. Walau terjadi antrian, namun dapat terurai dengan baik,” ungkap Hamka.

    Heru Widodo menegaskan bahwa pencapaian positif tahun ini akan menjadi pijakan penting untuk peningkatan layanan di masa depan.

    “Evaluasi menyeluruh akan kami lakukan untuk memastikan angkutan Lebaran tahun berikutnya dapat berjalan lebih optimal, menjawab kebutuhan masyarakat, serta mendukung konektivitas nasional secara berkelanjutan,” tutupnya.