Topik: Mudik

  • Kawal Pemudik, Toyota Siapkan 300 Bengkel Siaga hingga Ultra Fast Charging

    Kawal Pemudik, Toyota Siapkan 300 Bengkel Siaga hingga Ultra Fast Charging

    Jakarta

    Toyota kembali mendirikan Posko Siaga untuk memanjakan konsumen setianya yang hendak balik ke kampung halaman untuk merayakan hari raya Idul Fitri 2025/1446 Hijriah. Untuk menambah rasa nyaman para pemudik, Posko Toyota dikatakan akan beroperasi mulai 27 Maret hingga 6 April 2025.

    Layaknya tahun-tahun sebelumnya, Toyota kembali mendirikan Posko Siaga di 15 titik pelayanan servis di berbagai tempat strategis dan menyiapkan 300 Toyota Bengkel Siaga yang tetap melayani pelanggan secara normal. Selain itu Toyota juga memberikan layanan terbaik dengan memberikan layanani Emergency Roadside Assistance (ERA) yang siaga 24 jam untuk menangani situasi darurat pemudik, serta Toyota Mobile Service (TMS) yang membantu kebutuhan servis berkala dan perbaikan ringan kendaraan di lokasi pelanggan.

    “Toyota memahami bahwa tradisi mudik dan rekreasi di momen libur Hari Raya Idul Fitri merupakan bagian dari tradisi masyarakat Indonesia. Hadirkan Total Ownership Experience, kami selalu berusaha memberikan solusi terbaik dan menyeluruh bagi pelanggan yang sedang melakukan aktivitas tersebut dengan mengoperasikan 15 Toyota Posko Siaga selama 24 jam penuh, dan 300 Toyota Bengkel Siaga yang tetap buka normal di hari libur dan cuti bersama Lebaran, bersama layanan darurat untuk semua jenis kendaraan penumpang Toyota termasuk elektrifikasi untuk memberikan rasa tenang kepada pelanggan sepanjang perjalanan,” jelas Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Jap Ernando Demily, alam siaran resmi yang diterima detikOto.

    Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, sebagai upaya untuk membangun ekosistem kendaraan elektrifikasi, Toyota telah membangun fasilitas charging spot di 113 dealer resmi yang akan terus bertambah seiring meningkatnya mobilitas BEV dan PHEV, dimana 3 di antaranya adalah Ultra Fast Charging (UFC).

    Selain itu Toyota juga menyiapkan 5 UFC di ruang publik, seperti di Rest Area Toll KM 456A, Rest AreaToll KM 695A, Mall ASHTA SCBD Jakarta Selatan, Mall Gandaria City Jakarta Selatan, dan Mall of Indonesia Jakarta Utara. Tidak hanya charging spot, Toyota juga menyediakan privilege parking spot yang dapat digunakan seluruh pengguna kendaraan xEV Toyota di Mall tersebut.

    Toyota Siapkan 15 Posko Siaga yang Buka 24 Jam Nonstop

    Selanjutnya dijelaskan pemilik mobil Toyota dapat melakukan general check-up kendaraan secara gratis di 15 Toyota Posko Siaga yang beroperasi selama 24 jam antara 27 Maret – 6 April 2025. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi Tire, Wiper Water Level, Brake System, Oil Condition, Accu, Exterior-interior Lamp dan Undercarriage.

    Dengan biaya untuk genuine part sama dengan bengkel resmi Toyota, pengunjung yang melakukan servis di Toyota Posko Siaga akan memperoleh benefit tambahan yakni diskon biaya jasa hingga 25%. Kalau ternyata membutuhkan perbaikan lebih lama, kendaraan pelanggan akan disarankan untuk di-towing menuju bengkel resmi Toyota terdekat. Spesial bagi pelanggan, tersedia juga fasilitas selama istirahat di Toyota Posko Siaga. Terdiri atas ruang istirahat yang nyaman, dilengkapi pendingin udara, free snack & minuman, wifi gratis, TV satelit, dan kursi pijat otomatis, bersama kids corner dan game corner.

    Toyota Posko Siaga 2025 Foto: dok. Toyota-Astra Motor

    Khusus di Toyota Posko Siaga Cikampek KM57, pelanggan dapat memanfaatkan layanan penggantian ban mobil dan free glass cleaner selama persediaan masih ada. Pada Toyota Posko Siaga Cikampek KM57 juga pelanggan dapat melakukan berbagai kegiatan, seperti mengikuti sesi edukasi untuk safety driving selama bepergian jauh. Selain dapat beristirahat, terdapat juga display Toyota Genuine Parts yang dan merchandise Toyota yang dapat dibeli oleh pelanggan.

    Toyota Posko Siaga Beroperasi di Jembatan Timbang

    Upaya untuk jangkau pelanggan di wilayah yang lebih luas, Toyota bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan mengoperasikan Toyota Posko Siaga di dalam area Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) selama masa pembatasan jam operasi truk di masa Lebaran 2025. Lokasinya ada di UPPKB Merlung, Jambi; UPPKB Cekik, Gilimanuk – Bali; dan UPPKB Ajibarang, Banyumas – Jawa Tengah.

    300 Bengkel Siaga Dukung Mobilitas Pelanggan

    Sejumlah 300 Toyota Bengkel Siaga yang tersebar di sebagian besar wilayah Indonesia akan tetap buka sesuai jam kerja normal guna memberikan layanan bengkel yang lengkap di periode libur Hari Raya Idul Fitri 2025 dan cuti bersama nasional. Armada Toyota Mobile Service (TMS), akan stand-by di bengkel resmi untuk mendukung mobilitas pelanggan.

    “Berikan Total Mobility Solution, Toyota berkomitmen untuk mendukung mobilitas pelanggan kendaraan elektrifikasi dengan menghadirkan Toyota xEV Ecosystem yang makin lengkap dan luas secara berkelanjutan. Fasilitas yang disiapkan, mulai dari bengkel resmi berkualitas dan terpercaya, parts orisinal bergaransi, program after sales yang memudahkan, hingga penambahan charging spot di berbagai lokasi strategis untuk meningkatkan daya jelajah dan keandalan kendaraan elektrifikasi Toyota. Ekspansi fasilitas ini memastikan pelanggan dapat bermobilitas dengan tenang dan nyaman di periode libur dan cuti bersama nasional Hari Raya Idul Fitri 2025,” terang Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Oide.

    (lth/din)

  • Semakin Ramai, Puncak Arus Mudik di Jalur Nagreg Diprediksi Terjadi Malam Ini

    Semakin Ramai, Puncak Arus Mudik di Jalur Nagreg Diprediksi Terjadi Malam Ini

    JABAR EKSPRES – Menjelang Lebaran, arus lalu lintas di Jalur Nagreg, Kabupaten Bandung, mulai terlihat ramai pada Kamis (27/3), sekitar pukul 19.44 WIB.

    Kendaraan roda empat dan roda dua mulai berdatangan dari arah Bandung menuju Selatan Jawa Barat.

    Pantauan di lokasi menunjukkan pemudik membawa barang-barang bawaannya, baik di atas kendaraan roda empat maupun di keranjang sepeda motor.

    Kapolresta Bandung Kombes Pol Aldi Subartono mengatakan bahwa saat ini merupakan puncak dari arus mudik.

    “Di wilayah Nagreg, kemungkinan terjadi pada hari ini, Kamis 27 Maret hingga Jumat, (28/3/2025) besok,” ujarnya saat ditemui.

    BACA JUGA: Polresta Bandung dan Pemkab Cek Kualitas BBM di Jalur Mudik Lebaran

    Tak hanya itu, Aldi juga menyebut bahwa jalur arteri mulai dipadati oleh para pemudik khususnya kendaraan roda dua.

    “Di jalur arteri pemudik sudah mulai ya, tapi alhamdulillah belum sampai jadi kepadatan,” katanya.

    Meski demikian, Aldi berharap tidak terjadi kepadatan yang signifikan di jalur Nagreg.

    “Mudah-mudahan, kita kan sudah ada petugas dan juga cara bertindak (cb) dan sebagainya kita lakukan sehingga jika ada kepadatan bisa terurai,” terang dia.

    Sementara itu, data dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung menunjukkan peningkatan kendaraan yang melintas sejak pukul 18.00 WIB.

    BACA JUGA: Dukung Kelancaran Mudik Lebaran 2025, PKS Jabar Bangun 8 Titik Posko

    Koordinator Data dan Kehumasan Dishub Kabupaten Bandung, Ruddy Heryadi, mengungkapkan bahwa sebanyak 43.422 kendaraan melintas dari Bandung ke Selatan Jawa Barat, sementara dari arah sebaliknya tercatat 41.381 kendaraan, dengan total 84.803 kendaraan yang melintas.

    “Sejak pukul 00.00 hingga 18.00 WIB, tercatat total 170.433 kendaraan dari Bandung menuju selatan, dan 197.354 kendaraan dari arah sebaliknya,” kata Ruddy.

    Meski arus mudik semakin ramai, petugas di lapangan berhasil mengurai kepadatan, memastikan kelancaran perjalanan para pemudik menuju kampung halaman.

  • ASDP: Jumlah penumpang Pelabuhan Tanjungkalian meningkat 20 persen

    ASDP: Jumlah penumpang Pelabuhan Tanjungkalian meningkat 20 persen

    Selama enam hari kemarin, jumlah penumpang orang yang menyeberang dari Pelabuhan Tanjungkalian Mentok menuju Tanjungapi-api, Sumatera Selatan sebanyak 21.883 orang, di periode yang sama tahun sebelumnya tercatat 18.174 atau terjadi peningkatan sebany

    Mentok, Babel (ANTARA) – PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat jumlah penumpang orang pada 21 hingga 26 Maret 2025 mengalami peningkatan sekitar 20 persen dibandingkan periode yang sama pada masa mudik lebaran Idul Fitri tahun sebelumnya.

    “Selama enam hari kemarin, jumlah penumpang orang yang menyeberang dari Pelabuhan Tanjungkalian Mentok menuju Tanjungapi-api, Sumatera Selatan sebanyak 21.883 orang, di periode yang sama tahun sebelumnya tercatat 18.174 atau terjadi peningkatan sebanyak 3.709 orang,” kata General Manajer PT ASDP Cabang Bangka Ardhy Ekapaty di Mentok, Kamis.

    Ia menjelaskan, peningkatan jumlah penumpang yang menyeberang terjadi, kemungkinan karena warga yang ingin melakukan perjalanan mudik lebaran Idul Fitri 1446 Hijriah lebih memilih berangkat jauh hari sebelum hari raya untuk menghindari penumpukan di pelabuhan atau macet di jalan.

    Selain itu, ada juga faktor saat ini juga momentum bersamaan dengan peringatan Cengbeng (tradisi sembahyang kubur) bagi warga keturunan Tionghoa.

    Ia menjelaskan, sebanyak 21.883 orang penumpang yang sudah dilayani menyeberang ke Pulau Sumatera tersebut terdiri dari 9.088 orang penumpang pejalan kaki dan 12.795 orang yang berada di atas kendaraan.

    Peningkatan jumlah penumpang kendaraan pada periode ini juga mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya.

    Pada H-10 hingga H-5 tahun 2024, jumlah kendaraan yang menyeberang sebanyak 2.300 unit, terdiri dari sepeda motor 926 unit, mobil pribadi 1.579 unit, bus 32 unit dan truk 594 unit, sedangkan pada tahun ini sepeda motor 1.033 unit, mobil pribadi 1.722 unit, bus 127 unit dan truk 690 unit.

    “Selama enam hari tersebut kita melayani penumpang dengan 71 trip kapal feri. Untuk jumlah penumpang hari ini belum kita masukkan data karena masih menunggu hingga trip terakhir malam nanti,” katanya.

    Menurut dia, kelancaran pelayanan penyeberangan, antrean kendaraan calon penumpang dan antrean penumpang pejalan kaki yang terjadi sejauh ini patut mendapatkan apresiasi seluruh pihak.

    Pihaknya juga memberikan apresiasi kepada seluruh pemangku kepentingan yang selama ini terlibat dalam pelayanan mudik Idul Fitri 1446 Hijriah dan berharap kerja sama terus ditingkatkan demi kenyamanan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik.

    Terkait dengan harga tiket penumpang, kata dia, tidak ada kenaikan harga tiket penyeberangan kapal feri pada masa mudik maupun balik Idul Fitri 2025.

    “Tidak ada kenaikan, ini sesuai dengan aturan pemerintah yang memutuskan tidak ada kenaikan harga tiket kapal feri di seluruh Indonesia,” katanya.

    Pemberlakuan pembelian tiket melalui aplikasi juga memiliki peran penting untuk mendukung kelancaran pelayanan penyeberangan karena calon penumpang bisa mengatur sendiri jadwal keberangkatan jauh-jauh hari.

    “Sudah banyak warga yang beli tiket sebelum tiba di kawasan pelabuhan, dengan pola beli jauh-jauh hari maka akan mengurangi lama antrean di kawasan pelabuhan,” katanya.

    Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2025

  • InJourney Group Berangkatkan 2.374 Pemudik ke 5 Kota Tujuan

    InJourney Group Berangkatkan 2.374 Pemudik ke 5 Kota Tujuan

    Jakarta, CNBC Indonesia – PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memberangkatkan 2.374 pemudik ke 5 kota tujuan yakni Solo, Yogyakarta, Purbalingga, Surabaya, hingga Pulau Seram. Para peserta mudik bersama InJourney diberangkatkan menggunakan 9 unit bus, 1 rangkaian kereta api, 1 rute kapal laut, dan 1 rute kapal fery.

    Direktur SDM dan Digital InJourney, Herdy Harman mengatakan, mudik bersama InJourney Group terselenggara berkat kolaborasi dan sinergi yang baik antara InJourney Holding dengan anak usahanya yakni InJourney Airports (API), InJourney Destination Management (TWC), InJourney Retail (Sarinah), InJourney Tourism Development Corporation (ITDC), dan InJourney Hospitality (HIN).

    “Mudik bersama InJourney Group kembali hadir pada tahun ini dengan dukungan penuh seluruh anak perusahaan InJourney Group. Hal ini sesuai dengan komitmen InJourney sebagai BUMN di sektor aviasi dan pariwisata berperan juga menjadi agent of development yang selalu hadir dan memberikan manfaat bagi masyarakat,” ujar Herdy dalam keterangan tertulis, Kamis (27/3/2025).

    Untuk itu, kata Herdy, pihaknya berharap penyelenggaraan mudik bersama tahun ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses, dan para pemudik dapat selamat sampai di kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga untuk merayakan Idulfitri 1446 Hijriyah.

    Bersama dengan BUMN lainnya, InJourney berpartisipasi menyediakan transportasi gratis untuk para pemudik ke sejumlah kota tujuan. InJourney juga menjalin kerjasama dengan para pemangku kepentingan terkait faktor keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan para pemudik.

    Berikut rincian mudik bersama InJourney Group:

    •⁠ ⁠2 unit bus untuk 80 pemudik tujuan Jakarta-Solo

    •⁠ ⁠6 unit bus untuk 235 pemudik tujuan Jakarta-Yogyakarta

    •⁠ ⁠1 unit bus untuk 35 penumpang tujuan Jakarta-Purbalingga

    •⁠ ⁠1 rangkaian Kereta Api untuk 576 pemudik tujuan Jakarta-Surabaya

    •⁠ ⁠1 rute kapal laut untuk 400 pemudik tujuan Makassar-Surabaya

    •⁠ ⁠1 rute kapal fery untuk 1.048 pemudik tujuan Ambon-Pulau Seram

    Sebagai informasi, mudik bersama InJourney Group ini merupakan bagian dari program mudik bersama BUMN dengan tema “Mudik Aman Sampai Tujuan”, yang merupakan kegiatan rutin tahunan untuk menyambut Hari Raya Idulfitri. Mudik bersama BUMN tahun ini diikuti oleh 78 BUMN, dengan target 100.000 pemudik yang terbagi ke dalam tiga moda transportasi yakni 1.360 unit bus (kapasitas 67.000 pemudik), 90 rangkaian kereta api (kapasitas 28.000 pemudik), 26 unit kapal laut (kapasitas 5.000 pemudik). Selain itu, terdapat 200 kota/kabupaten yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia yang menjadi tujuan dari mudik bersama BUMN tahun ini.

    Mudik bersama BUMN ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Prabowo Subianto, untuk menghadirkan kebijakan pro-rakyat dalam menghadapi masa mudik Lebaran 2025. Penyelenggaraan mudik bersama BUMN ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas, menekan angka kecelakaan, serta memberikan pengalaman mudik yang lebih aman dan nyaman bagi masyarakat.

    Lebih jauh, InJourney Group juga telah bersiap untuk menyukseskan musim mudik dan libur Lebaran tahun 2025. Program-program dan atraksi menarik disiapkan di seluruh destinasi pariwisata kelolaan InJourney Group untuk menyambut masyarakat yang hendak merayakan libur Lebaran 2025. Tak hanya itu, sejumlah hotel di bawah kelolaan InJourney juga mempersiapkan beragam program yang menarik untuk menyambut kedatangan masyarakat yang akan berwisata.

    Di sektor kebandarudaraan, melalui InJourney Airports sebagai anak perusahaan yang bergerak pada bidang pengelolaan kebandarudaraan, memberikan dukungan pada kebijakan pemerintah dalam menurunkan harga tiket dengan memberikan potongan tarif kebandarudaraan yakni potongan 50% untuk Passanger Service Charge atau PJP2U (pelayanan penumpang) dan PJP4U (landing fee dan parking fee). Hal ini berlaku untuk pembelian tiket mulai 1 Maret hingga 7 April 2025, untuk tiket perjalanan antara tanggal 24 Maret hingga 7 April 2025.

    InJourney Airports dan InJourney Airports Services (IAS) juga telah melakukan persiapan yang matang untuk mengantisipasi lonjakan trafik penumpang dan pesawat di bandara dengan mempersiapkan kualitas layanan dan customer experience melalui inisiatif monitoring trafik, stakeholder collaboration, dan proactive action agar masyarakat tetap nyaman menggunakan transportasi udara.

    “Pada musim mudik Lebaran tahun ini, diperkirakan ada total pergerakan penumpang mencapai 10,8 juta penumpang dengan pertumbuhan sebesar 9,3% dibandingkan tahun 2024 di 37 bandara yang dikelola oleh InJourney Airports,” pungkas dia.

    (rah/rah)

  • Pertamina Lakukan 4 Aspek Pengecekan Rutin di SPBU, Begini Kondisinya

    Pertamina Lakukan 4 Aspek Pengecekan Rutin di SPBU, Begini Kondisinya

    Jakarta, CNBC Indonesia – PT Pertamina (Persero) menjamin kualitas dan takaran Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dijual di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Terdapat setidaknya 4 aspek yang dilakukan Pertamina untuk menjaga kualitas dan takaran BBM tersebut.

    Pertama, Pertamina selalu memastikan pembeli BBM khususnya jenis subsidi memang dibeli oleh masyarakat yang membutuhkan.

    “Ada 4 aspek yang rutin dilakukan di seluruh SPBU. Yang pertama aspek compliance, pengecekan CCTV dan memastikan pembeli tepat sasaran berdasarkan QR Code dan juga nomor polisi kendaraan,” katanya VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso dalam Konferensi Pers di Grha Pertamina, Jakarta, Kamis (27/3/2025).

    Kedua, produk BBM yang dijual Pertamina berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi yang ada. Ditambah, kata Fadjar, layanan yang diberikan perusahaan kepada masyarakat sesuai dengan standar. “Kemudian yang kedua aspek quality and quantity, ini uji teran nozzle kemudian dari warna BBM tidak ada water content, uji volume dan densitas,” jelasnya.

    Ketiga, adalah aspek health, safety, security and environment atau HSSE. “Jadi kita memastikan ketersediaan alat pemadam api ringan kemudian mengingatkan konsumen untuk mematikan mesin pada saat pengisian,” imbuhnya.

    Paling penting, pihaknya juga memastikan ketersediaan stok BBM akan selalu tercukupi selama masa lebaran Idul Fitri tahun ini.

    “Berikutnya yang terakhir adalah aspek ketahanan stok jadi kita juga memastikan stok BBM tercukupi kemudian ada juga notifikasi apabila stok di SPBU mulai menipis,” tandasnya.

    Di samping itu, Wakil Direktur Utama Pertamina Wiko Migantoro mengatakan perseroan terus menjamin kualitas BBM Pertamina di setiap nozzle (alat pengisi BBM) di SPBU Pertamina.

    “Satu hal penting lagi yang ingin kami sampaikan mengenai kualitas dan takaran. Kita jamin Pertamina terus menjaga quality pasokan BBM di setiap nozzle yang keluar dari SPBU kita,” ujarnya dalam kesempatan yang sama.

    Wiko menjelaskan, pihaknya juga telah melakukan tes kualitas BBM yang dijual oleh 79% dari seluruh SPBU Pertamina. Hasilnya, Wiko menyebutkan BBM yang dijual oleh Pertamina cukup baik dari sisi kualitas maupun takaran.

    “Masyarakat tidak perlu khawatir mengenai kualitas BBM kita. Tentu saja ini untuk kemudahan mudik semua,” jelasnya.

    (pgr/pgr)

  • Jelang Lebaran, Wamen ESDM Yuliot Pastikan Distribusi Energi Wilayah Sumatera Barat Kondisi Aman – Halaman all

    Jelang Lebaran, Wamen ESDM Yuliot Pastikan Distribusi Energi Wilayah Sumatera Barat Kondisi Aman – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Jelang perayaan Idulfitri 2025, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Yuliot Tanjung meninjau sejumlah sarana dan fasilitas (sarfas) Pertamina.

    Adapun sarana dan fasilitas yang dikunjungi yaitu Integrated Terminal (IT) Teluk Kabung, Pangkalan LPG 3 Kg dan SPBU Modular di Rest Area Tol Padang-Sicincin, Sumatera Barat (Sumbar).

    “Kunjungan ini dalam rangka pelaksanaan kesiapan idulfitri 2025. Kami melakukan pengecekan rantai pasok dari ketersediaan BBM dan LPG untuk Provinsi Sumatera Barat”, kata Yuliot dalam keterangannya, Kamis (27/3/2025).

    Setelah menerima laporan dan paparan dari pihak Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera bagian Utara (Sumbagut), Yuliot mengatakan terdapat lonjakan kebutuhan masyarakat sekitar 22 persen dari rata-rata kebutuhan harian.

    “Menjelang Idulfitri tercatat kebutuhan masyarakat terjadi peningkatan sekitar 22 persen dari rata-rata harian. Dari hasil pengecekan, terlihat Integrated Terminal Teluk Kabung telah terintegrasi dan secara operasional juga sudah melakukan antisipasi dan persiapan yang telah dilaksanakan jauh-jauh hari, pada saat dibentuknya Satgas Ramadan & Idul Fitri (RAFI) 2025” ujar Yuliot.

    Yuliot menambahkan, dalam memastikan kebutuhan masyarakat saat perjalanan mudik lebaran dan mendapatkan akses BBM, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut telah menyiapkan SPBU Modular di rest area Jalan Tol Padang-Pekanbaru Seksi Padang-Sicincin, mengingat potensi lonjakan volume kendaraan saat arus mudik maupun arus balik Idul Fitri 1446 H.

    Sementara untuk ketersediaan LPG di Sumbar, Pertamina Patra Niaga Sumbagut juga telah menyiapkan berbagai instrumen seperti Pertamina Siaga, yakni menyiagakan agen dan pangkalan siaga yang beroperasi 24 jam.

    “Kesiapan pelaksanaan kegiatan dari Ramadhan dan Idulfitri, Alhamdulillah dari sisi persiapan pelaksanaan berjalan baik, dan kita juga harapkan kesiapan ini bertambah baik seperti tahun-tahun sebelumnya”, tambah Yuliot.

    Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), Sunardi, menjelaskan Pertamina telah menyiapkan berbagai langkah untuk menjamin kelancaran distribusi energi selama periode Lebaran.

    “Pertamina Patra Niaga berkomitmen untuk menyediakan layanan terbaik bagi masyarakat, baik melalui Terminal BBM, SPBU, Agen dan Pangkalan LPG 3 kg. Kami juga telah membentuk Satuan Tugas Ramadan dan Idulfitri (Satgas RAFI) 2025 untuk memastikan pasokan energi tetap terjaga di Sumbar,” jelas Sunardi.

    Selain itu, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut memiliki pilar layanan selama Ramadan yakni layanan energi, layanan wilayah atensi, layanan promosi dan layanan tambahan.

    Adapun layanan energi pendukung di jalur potensial di wilayah Sumbagut meliputi jalur tol, jalur wisata dan jalur lintas utama berupa 287 SPBU Siaga yang beroperasi 24 jam, 933 Agen LPG Siaga, 11 titik layanan BBM & Kiosk Pertamina Siaga, 32 motorist, 49 mobil tangki stand by, dan 8 layanan kesehatan.

    “Khusus Regional Sumbagut (Sumut, Aceh, Sumbar, Riau, dan Kepri) dan mengantisipasi terjadi kepadatan di jalur mudik, kami sediakan 32 motorist, armada motor yang berfungsi untuk membawa BBM dan 49 mobil tangki standby untuk menyuplai pasokan BBM di SPBU,” katanya.

    Khusus layanan motoris di Sumbar, tersedia di Kota Bukit Tinggi, Solok, Kabupaten Agam dan Lima Puluh Kota.

    Sementara itu, layanan mobil tangki stand by ditempatkan di Kabupaten Lima Puluh Kota, Padang Pariaman, Sijunjung, Dharmasraya, Agam, Payakumbuh dan Kota Padang. Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut juga menyediakan SPBU Modular Pertashop di Rest Area KM 23 A dan 23 B Tol Padang-Sicincin.

    Diakui Sunardi, pihaknya juga rutin melakukan pengecekan kesiapan dan kehandalan sarana dan fasilitas SPBU, SPBE, Agen LPG dan pangkalan. 

    “Hingga saat ini telah dilakukan pengecekan kualitas dan kuantitas BBM sebanyak 125 SPBU di Sumbar dan secara rutin terus dilaksanakan” ujarnya.

  • Mudik Aman dan Nyaman Bareng Si Kecil

    Mudik Aman dan Nyaman Bareng Si Kecil

    Jakarta

    Perjalanan mudik menjadi momen berharga untuk berkumpul bersama keluarga. Bagi keluarga muda yang baru pertama kali mudik bersama anak, perjalanan ini bisa menjadi tantangan tersendiri.

    Perlu diketahui, kendaraan pribadi masih menjadi moda favorit untuk mudik. Kementerian Perhubungan bahkan memperkirakan sekitar 33 juta masyarakat akan memilih moda transportasi ini, menunjukkan bahwa perjalanan darat masih menjadi pilihan utama bagi banyak keluarga.

    Agar lebih aman dan nyaman, Suzuki memberikan 5 tips mudik bersama si kecil.

    “Bagi pelanggan kami yang akan melakukan perjalanan mudik, kami sangat menghimbau agar berbagai hal bisa dipersiapkan dengan baik. Tentu saja pengendara perlu memperhatikan aspek safety driving, terutama bagi Suzuki Family yang melibatkan anak-anak dalam perjalanannya, sangat penting untuk tidak menyepelekan sisi keamanan dan keselamatan,” kata Harold Donnel, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales.

    Pakai Kursi Khusus Anak

    Untuk berkendara bersama buah hati, pastikan kendaraan telah dilengkapi ISOFIX agar memudahkan pemasangan kursi khusus anak (car seat). Demi keamanan, gunakan kursi khusus anak untuk perjalanan mudik.

    Selain itu, keberadaan fitur keselamatan seperti sabuk pengaman, fitur electronic stability program(ESP) dan airbag menjadi faktor penting dalam memberikan perlindungan optimal. Dengan demikian, pengendara hingga penumpang bisa merasa lebih tenang.

    Bawa Perlengkapan Si Kecil

    Perjalanan dengan anak kecil memerlukan persiapan perlengkapan yang lebih banyak, seperti popok, susu, pakaian ganti, dan perlengkapan medis dasar. Untuk menjaga keteraturan dalam kabin, manfaatkan ruang penyimpanan secara efisien. Kebanyakan mobil modern telah menyediakan ruang penyimpanan fleksibel, sehingga semua barang kebutuhan si kecil bisa tersimpan dengan rapi selama perjalanan.

    Siapkan Hiburan untuk Anak

    Perjalanan jauh dapat menjadi tantangan bagi anak-anak karena bisa saja mudah merasa bosan. Maka dari itu, menyediakan hiburan yang sesuai menjadi langkah penting. Buku cerita, permainan edukatif, serta pemanfaatan fitur hiburan dalam kendaraan dapat membantu menjaga suasana tetap menyenangkan. Mudahnya, seperti menggunakan fitur smartphone mirroring pada peranti head unit untuk memutar musik atau video di layar utama. Ketika berhenti di lokasi parkir, fitur hiburan tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai momen kebersamaan.

    Hindari Menggunakan Gadget Berlebihan

    Gadget mungkin menjadi solusi hiburan paling praktis. Namun, penggunaan gadget yang berlebihan dapat mengurangi interaksi antar anggota keluarga. Sebagai alternatif, orang tua dapat mengajak anak berpartisipasi dalam permainan interaktif sederhana yang melibatkan seluruh keluarga, seperti tebak-tebakan atau mengenali berbagai kendaraan di sepanjang perjalanan. Dengan demikian, mudik tidak hanya menjadi perjalanan fisik, tetapi juga menjadi sarana mempererat hubungan keluarga.

    Pakai Mobil yang Tepat

    Pastikan menggunakan kendaraan yang nyaman dan efisien untuk perjalanan jarak jauh seperti mudik. Ruang kabin lega, fitur keselamatan lengkap, serta efisiensi konsumsi bahan bakar menjadi aspek utama dalam memilih kendaraan paling sesuai.

    Suzuki mengklaim, Suzuki New XL7 Hybrid hadir sebagai pilihan ideal bagi keluarga yang mengutamakan kenyamanan dan efisiensi. Dukungan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki memberikan pengalaman berbeda saat menjelajahi berbagai kota.

    “Kami harap produk dan layanan dari Suzuki mampu memberikan pengalaman berkendara lebih aman, nyaman, dan menyenangkan. Suzuki Indonesia mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri kepada seluruh pelanggan dan masyarakat yang merayakan,” tutup Harold.

    (rgr/dry)

  • Bulog Berangkatkan 650 Pemudik Secara Gratis ke 13 Tujuan, Ada yang ke Palembang – Halaman all

    Bulog Berangkatkan 650 Pemudik Secara Gratis ke 13 Tujuan, Ada yang ke Palembang – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Perum Bulog memberangkatkan 650 pemudik ke 13 tujuan berbeda dalam rangka program mudik gratis.

    Wakil Direktur Utama Perum Bulog Marga Taufiq mengatakan mudik gratis ini menjadi bagian dari program Kementerian BUMN.

    “Masing-masing BUMN yang di bawah naungan Kementerian BUMN itu melaksanakan [mudik gratis]. Sore ini Bulog baru saja melepas 13 bus,” katanya di kantor Perum Bulog, Jakarta Selatan, Kamis (27/3/2025).

    Ia mengatakan program mudik gratis dari Perum Bulog ini setiap tahunnya diselenggarakan. Pada 2025 ini, jumlah busnya naik dari sembilan ke 13.

    Program mudik gratis dari Bulog ini dibuka untuk umum dan merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan.

    “Kami juga tidak asal memberangkatkan. Tadi busnya itu adalah bus-bus yang baru. Tujuannya apa? Supaya para saudara-saudara kita yang mudik ini perjalanan panjangnya nyaman dan aman sampai tujuan,” ujar Marga Taufiq.

    Ada 13 kota yang menjadi tujuan program mudik gratis Bulog pada tahun ini.

    Ada Semarang, Purwokerto, Wonosari, Cilacap, Yogyakarta, Klaten, Wonosobo, Purwantoro, Ponorogo, Lamongan, Malang, Metro Lampung, dan Palembang.

    “Rute terjauh itu kalau di Sumatera itu di Palembang, kalau Jawa itu di Malang,” kata Marga Taufiq.

  • ASABRI gelar Mudik Gratis Bersama BUMN ke Jawa Tengah bagi 200 peserta

    ASABRI gelar Mudik Gratis Bersama BUMN ke Jawa Tengah bagi 200 peserta

    ASABRI dengan bangga menghadirkan fasilitas mudik ini sebagai bentuk nyata kepedulian terhadap Peserta dan Insan ASABRI serta masyarakat

    Jakarta (ANTARA) – PT ASABRI (Persero) turut berpartisipasi dalam program Mudik Bersama BUMN tahun ini melalui kegiatan ”Mudik Aman Sampai Tujuan bersama ASABRI Tahun 2025” dengan menyediakan empat bus dengan kapasitas keseluruhan 200 orang ke Jawa Tengah.

    Fasilitas mudik gratis tersebut diberikan untuk prajurit TNI, anggota Polri, ASN Kementerian Pertahanan, serta ASN Polri, baik aktif maupun pensiun.

    ”ASABRI dengan bangga menghadirkan fasilitas mudik ini sebagai bentuk nyata kepedulian terhadap Peserta dan Insan ASABRI serta masyarakat,” ucap Direktur Utama ASABRI Jeffry Haryadi di Jakarta, Kamis.

    Ia mengatakan bahwa terdapat dua destinasi utama dari kegiatan mudik gratis yang diselenggarakan pihaknya, yakni Surakarta dan Semarang.

    Keberangkatan peserta dilakukan secara serentak dengan titik awal dari Gelora Bung Karno (GBK) serta Kantor Pusat ASABRI, Jakarta.

    Jeffry menyatakan bahwa pelaksanaan program tersebut merupakan wujud komitmen perseroan untuk memberikan kesejahteraan peserta dengan manfaat yang berdampak, sejalan dengan visi ASABRI sebagai BUMN pengelola asuransi sosial terpercaya, profesional, dan peduli kepada kesejahteraan peserta.

    Ia menuturkan bahwa kegiatan mudik gratis tersebut juga selaras dengan upaya pemerintah untuk merealisasikan tujuan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya poin ke-11 tentang kota dan pemukiman yang berkelanjutan.

    Hal tersebut mengingat dengan menyediakan layanan transportasi yang aman dan layak, ASABRI bersama BUMN lainnya membantu mengurangi kepadatan lalu lintas, menekan angka kecelakaan, serta meningkatkan keselamatan dan kesejahteraan masyarakat selama musim mudik.

    ”Kami ingin memastikan bahwa perjalanan mereka tidak hanya nyaman, tetapi juga aman hingga tiba di tujuan,” ujar Jeffry Haryadi.

    Ia berharap bahwa program tersebut dapat membantu peserta ASABRI, Insan ASABRI, dan Masyarakat agar dapat berkumpul dengan keluarga di kampung halaman dengan selamat, nyaman, dan penuh kebahagiaan.

    “Selamat mudik dan selamat berkumpul bersama keluarga tercinta. Semoga perjalanan ini membawa kebahagiaan, keamanan, dan ketenangan, serta menjadikan momen Lebaran tahun ini penuh makna,” imbuhnya.

    Pewarta: Uyu Septiyati Liman
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2025

  • KAI Cirebon layani 87 ribu penumpang periode H-10 hingga H-4 Lebaran

    KAI Cirebon layani 87 ribu penumpang periode H-10 hingga H-4 Lebaran

    Jumlah penumpang yang naik dari Daop 3 Cirebon mencapai 30.468 orang, sedangkan penumpang yang turun sebanyak 56.731 orang

    Cirebon (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon, Jawa Barat, melayani sebanyak 87 ribu penumpang yang naik dan turun di seluruh stasiun di wilayahnya sejak 21-27 Maret 2025 atau periode H-10 hingga H-4 Lebaran 2025.

    “Jumlah penumpang yang naik dari Daop 3 Cirebon mencapai 30.468 orang, sedangkan penumpang yang turun sebanyak 56.731 orang,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Muhibbuddin di Cirebon, Kamis.

    Ia menjelaskan berdasarkan data terkini jumlah penumpang yang naik di wilayah Daop 3 Cirebon mencapai 4.743 orang, sementara yang turun sebanyak 8.412 orang.

    Menurut dia, puncak kedatangan penumpang diperkirakan terjadi pada Jumat (28/3) dengan jumlah sementara sekitar 8.546 orang, serta hari Sabtu (29/3) sebanyak 9.439 orang.

    “Sementara itu, puncak keberangkatan diprediksi terjadi pada 2 April 2025 dengan jumlah penumpang sebanyak 7.544 orang dan 3 April 2025 sebanyak 8.067 orang,” katanya.

    Muhibbuddin menyebut selama periode tersebut, ada lima stasiun dengan volume penumpang tertinggi di wilayah Daop 3 Cirebon yakni Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Jatibarang, Stasiun Brebes, dan Stasiun Haurgeulis.

    Untuk memberikan kemudahan bagi pemudik, pihaknya pun menghadirkan promo diskon 25 persen untuk KA Cakrabuana dan KA Gunung Jati pada periode 28-31 Maret 2025.

    “Promo ini bertujuan memberikan pilihan terbaik bagi pelanggan yang ingin mudik lebih hemat pada masa puncak arus mudik Lebaran 2025,” kata Muhibbuddin.

    Ia menyampaikan dengan promo tersebut, tarif kelas eksekutif yang semula Rp250.000 turun menjadi Rp180.000, sementara tarif ekonomi dari Rp180.000 menjadi Rp130.000.

    Dia menambahkan bahwa Rangkaian KA Gunung Jati dan KA Cakrabuana terdiri atas empat kereta kelas eksekutif, serta empat kereta kelas ekonomi New Generation.

    “Kami berharap masyarakat dapat menikmati perjalanan dengan tarif lebih murah dan tetap mendapatkan layanan terbaik dari KAI,” ujar dia.

    Pewarta: Fathnur Rohman
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2025