Topik: Mudik

  • Pilih Mudik Lebaran Pakai Mobil Listrik Jakarta-Bali PP, Sandi Cuma Habiskan Rp 950 Ribu – Halaman all

    Pilih Mudik Lebaran Pakai Mobil Listrik Jakarta-Bali PP, Sandi Cuma Habiskan Rp 950 Ribu – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Kendaraan listrik semakin populer di kalangan masyarakat, termasuk untuk perjalanan mudik Lebaran 2025.

    Salah satu pemudik, Sandi, berbagi pengalamannya mudik menggunakan mobil listrik pada momen Lebaran 2024 lalu dengan rute Jakarta-Bali pulang pergi (PP).

    Menurut Sandi, ia tahun ini memilih kembali mudik menggunakan mobil listrik karena merasakan iritnya biaya transportasi pada Lebaran tahun lalu.

    “Tahun lalu kita udah coba mobil listrik, dan hemat,” ungkap Sandi saat mengisi daya di rest area 487 Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (28/3/2025).

    Dilansir Tribun Solo, Sandi mengungkapkan bahwa perjalanan mudiknya tahun lalu dari BSD, Jakarta Selatan, menuju Bali, lalu ke Yogyakarta, dan kembali lagi ke Jakarta hanya menghabiskan biaya kurang dari Rp 950 ribu.

    Pengeluaran ini jauh lebih murah dibandingkan dengan penggunaan bahan bakar minyak (BBM).

    “Nah kita lanjutan lagi seperti tahun lalu,” tambahnya.

    Meskipun mobil listrik bergantung pada daya listrik yang tersimpan, Sandi tidak khawatir karena sepanjang rutenya sudah tersedia banyak Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), baik di rest area maupun di SPBU.

    “Kalau tahun lalu di SPKLU ini tidak ada petugas. Tapi ini sudah ada. Jadi kalau ada trobel-trobel bisa langsung ditangani,” ujarnya.

    Hingga tiba di rest area 487 Boyolali, Sandi telah menghabiskan sekitar Rp 200 ribu untuk mengisi daya mobil listriknya sebanyak empat kali.

    “Sudah 4 kali ngisi daya. Harga KWH-nya masih murah Rp 4.467,” ujarnya.

    Menurutnya, mobil listrik jauh lebih hemat dibandingkan mobil berbahan bakar minyak.

    “Biaya BBM untuk pulang pergi Rp 2 jutaan. Itu ke Jogja. Kalau saya kan ke Bali cuma habis Rp 900 ribuan,” tambahnya.

    Namun, meskipun lebih irit, mobil listrik memiliki keterbatasan dalam hal kecepatan.

    “Lebih dari itu langsung dilimit sama komputernya. Memang lama sampai, tapi insyaallah lebih aman,” pungkasnya.

    Sementara itu pemudik yang melintasi Jalan Tol Trans Jawa menggunakan mobil listrik tak perlu khawatir.

    Pemudik yang melintas di jalan Tol Trans Jawa dapat beristirahat di rest area selama perjalanan mudik Lebaran 2025.

    Lantas di mana saja titik rest area di Jalan Tol Trans Jawa untuk mudik Lebaran 2025?

    Selengkapnya simak titik rest area di Jalan Tol Trans Jawa untuk mudik Lebaran 2025 dan lokasi SPKLU mengutip dari Instagram resmi @korlantaspolri.ntmc.

    Berikut adalah daftar 53 SPKLU di sepanjang ruas jalan tol:

    Ruas Jabodetabek

    Jagorawi: Rest Area KM 10A, DC 60 kW
    Jagorawi: Rest Area KM 21B, DC 50 kW
    Jagorawi: Rest Area KM 45A, DC 60 kW
    Jakarta-Tangerang: Rest Area KM 13A, DC 60 kW
    Jakarta-Tangerang: Rest Area KM 14B, AC & DC 82,5 kW
    Jakarta-Cikampek: Rest Area KM 6B, AC 22 kW, DC 25 kW, DC 200 kw
    Jakarta-Cikampek: Rest Area KM 19A, DC 50 kW& DC 24 kW
    Jakarta-Cikampek: Rest Area KM 19B, DC 50 kW& DC 24 kW
    Jakarta-Cikampek: Rest Area KM 39A, DC 50 kW
    Jakarta-Cikampek: Rest Area KM 42B, DC 50 kW
    Jakarta-Cikampek: Rest Area KM 57A, AC 22 kW, DC 50 kW, DC 200 KW
    Jakarta-Cikampek: Rest Area KM 62B, AC 22 kW, DC 50 kW, DC 200 kW

    Ruas Cipularang dan Padaleunyi

    Cipularang: Rest Area KM 72A, DC 50 kW& 24 kW
    Cipularang: Rest Area KM 72B, DC 50 kW& 24 kW
    Cipularang: Rest Area Travoy KM 88A, AC 22 kW, DC 200 kW, DC 50 kW, DC 24 kW, DC 100 kW
    Cipularang: Rest Area Travoy KM 88B, AC 22 kW, DC 200 kW, DC 50 kW, DC 24 kW, DC 100 kW
    Cipularang: Rest Area KM 97B DC 60 kW
    Cipularang: Rest Area KM 125B DC 120 kW
    Padaleunyi: Rest Area KM 147A DC 50 kW& DC 200 kW
    Padaleunyi: Rest Area KM 149B DC 50 kW& DC 24 kW

    Ruas Palikanci dan Batang-Semarang

    Palikanci: Rest Area Travoy KM 207A AC 24 kW, DC 24kW, DC 50 kW, DC 66 kW, DC 100 kW
    Palikanci: Rest Area KM 208B, DC 50 kW, DC 24kW
    Batang-Semarang: Rest Area Travoy KM 360B, DC 50 kW
    Batang-Semarang: Rest Area Travoy KM 379A, AC 74 kWAC 22 kW, DC 66 kW, DC 100 kW, DC 200 kW
    Batang-Semarang: Rest Area Travoy KM 389B, DC 50 kW, AC 7,4 kW. DC 100 kW, AC 22 kW
    Batang-Semarang: Rest Area Travoy KM, 391A DC 50 kW

    Ruas Semarang Seksi A, B, C dan Semarang-Solo

    Semarang Seksi A,B,C: Rest Area KM 424B, DC 50 kW
    Semarang-Solo: Rest Area KM 429A, DC 50 KW
    Semarang-Solo: Rest Area KM 439A, DC 50 kW
    Semarang-Solo: Rest Area KM 444B, DC 50 kW& DC 200 kW
    Semarang-Solo: Rest Area KM 456B, AC 7,4 kW
    Semarang-Solo: Rest Area KM 487A, DC 50 kW
    Semarang-Solo: Rest Area KM 487B, DC 50 kW

    Ruas Solo-Ngawi-Kertosono

    Solo-Ngawi: Rest Area Travoy KM 519A, DC 24 kW& DC 50 kW
    Solo-Ngawi: Rest Area Travoy KM 519B, DC 24 kW& DC 50 kW
    Solo-Ngawi: Rest Area Travoy KM 538A, DC 50 kW& DC 22 kW
    Solo-Ngawi: Rest Area Travoy 538B, DC 50 kW& DC 22 kWDC 50 kW, DC 22 kW,
    Solo-Ngawi: Rest Area Travoy 575A, DC 100 kW, AC 22 kWDC 50 kW, DC 22 kW,
    Solo-Ngawi: Rest Area Travoy 575B, DC 100 kW, AC 22 kW
    Ngawi-Kertosono: Rest Area Travoy 597A, DC 50 kWDC 22 kWDC 100 kW& AC 22 kW
    Ngawi-Kertosono: Rest Area Travoy 597B, DC 50 kW& DC 22 kW
    Ngawi-Kertosono: Rest Area Travoy 626A, AC 22 kW& DC 200 kW
    Ngawi-Kertosono: Rest Area Travoy 626B, AC 22 kW& DC 200 kW

    Ruas Surabaya-Mojoketo, Surabaya-Gempol, Pandaan-Malang dan Gempol-Pasuruan

    Surabaya-Mojokerto: Rest Area Travoy KM 725A, DC 50 kW, DC 100 kW& AC 22 kW
    Surabaya-Mojokerto: Rest Area KM 726B, DC 50 kW
    Surabaya-Gempol: Rest Area KM 7538, DC 50 kW
    Surabaya-Gempol: Rest Area KM 754A, DC 50 kW
    Pandaan-Malang: Rest Area Travoy KM 66A, DC 50 kW
    Pandaan-Malang: Rest Area Travoy KM 66B, DC 50 kW
    Pandaan-Malang: Rest Area Travoy KM 84A, DC 50 kW
    Pandaan-Malang: Rest Area KM 848, DC 50 kW
    Gempol-Pasuruan: Rest Area Travoy KM 792A, DC 50 kW
    Gempol-Pasuruan: Rest Area Travoy KM 792B, DC 50 kW

    Sebagian artikel ini telah tayang di TribunSolo.com dengan judul Cerita Pemudik Melintas di Boyolali, Pakai Mobil Listrik Habis Rp950 Ribu PP Jakarta-Bali.

    (Tribunnews.com/Gilang Putranto, Widya) (TribunSolo.com/Tri Widodo)

  • 7
                    
                        Cerita Pemudik 6 Kali Pindah Transportasi Umum dari Surabaya ke Semarang…
                        Regional

    7 Cerita Pemudik 6 Kali Pindah Transportasi Umum dari Surabaya ke Semarang… Regional

    Cerita Pemudik 6 Kali Pindah Transportasi Umum dari Surabaya ke Semarang…
    Tim Redaksi
    SEMARANG, KOMPAS.com
    – Diperkirakan sekitar 20 juta orang akan memasuki
    Jawa Tengah
    selama masa
    mudik Lebaran 2025
    .
    Meskipun puluhan ribu perantau di wilayah Jakarta dan sekitarnya mendapatkan
    fasilitas mudik gratis
    dari pemerintah dan perusahaan swasta, tidak semua daerah menyediakan fasilitas tersebut untuk seluruh perantau.
    Sebagian besar warga Jawa Tengah diharuskan merencanakan mudik jauh hari sebelumnya untuk mendapatkan harga transportasi yang terjangkau.
    Dalam wawancara dengan
    Kompas.com,
    Athoul Ghufron (29), seorang pegawai swasta di
    Surabaya
    , mengungkapkan rencananya untuk pulang kampung ke
    Kabupaten Semarang
    .
    Ia telah memesan tiket kereta api sebelum Ramadhan untuk memastikan mendapatkan kursi di Kereta Api Ambarawa yang menuju Stasiun Semarang Tawang.
    “Dari kos naik feedernya Surabaya dia wira-wiri (bolak-balik) kaya Jaklingko gitu, udah bisa masuk Stasiun Pasar Turi. Jadi lebih enak ndak usah jalan dari jalan raya,” tuturnya melalui pesan singkat pada Jumat (28/3/2025) malam.
    Athoul merasa senang bisa mengakses
    transportasi umum
    dengan mudah, sehingga ia dapat menghemat ongkos mudik.
    “Integrasinya bagus, sama Surabaya Bus dan Trans Semanggi. Bayar sekali, terusan ke 3 moda selama 2 jam,” lanjutnya.
    Setibanya di Stasiun Tawang Semarang sekitar pukul 17.00 WIB, ia langsung menuju halte Trans Jateng untuk melanjutkan perjalanan ke Terminal Bawen Kabupaten Semarang.

    Meskipun harus berganti moda transportasi, Athoul melakukannya demi efisiensi ongkos mudik.
    Ongkos Trans Jateng hanya Rp4.000 per penumpang umum untuk semua tujuan.
    Beruntung, armada cukup luang sehingga Athoul tidak harus berdiri dalam perjalanan ke Terminal Bawen yang memakan waktu sekitar 1,5 jam.
    Namun, ia mengaku terkejut dengan kecepatan sopir armada Trans Jateng yang sangat mengebut. “Biasa naik Surabaya Bus atau Transemanggi aku cukup culture shock ya. Ini tadi ada halte yang karena telat ngerem jadi kelewatan,” bebernya.
    Meskipun tiba di Terminal Bawen dengan selamat, perjalanan Athoul menuju kampung halaman belum berakhir.
    Ia masih harus berganti moda transportasi terakhir dengan menaiki minibus milik swasta yang dibanderol sekitar Rp10.000.
    Perjalanan menuju tempat tinggalnya di Sruwen, Kabupaten Semarang yang berbatasan dengan Boyolali masih memakan waktu sekitar 45 menit.
    Athoul berharap agar akses Trans Jateng milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah diperluas hingga memasuki Kota Salatiga.
    “Andai Trans Jateng masuk Salatiga kan bisa hemat uang dan energi. Paling enggak sampai Terminal Tingkir Salatiga, jadi warga Salatiga bisa akses, dan warga Kabupaten Semarang arah Boyolali yang harus lewat Salatiga kaya saya lebih mudah pulang,” tandasnya.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Serambi MyPertamina Hadir di KM 43, Pemudik Bisa Cukur dan Pijat Gratis

    Serambi MyPertamina Hadir di KM 43, Pemudik Bisa Cukur dan Pijat Gratis

    Tangerang:: PT Pertamina Patra Niaga ingin terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya pada momentum Ramadan-Idulfitri 1446 Hijriah atau 2025. Upaya tersebut diwujudkan dengan menghadirkan layanan dan fasilitas yang bisa dinikmati secara gratis, yaitu Serambi MyPertamina. Salah satu lokasi Serambi MyPertamina dapat ditemui di Rest Area KM 43, Tol Merak-Jakarta, Kabupaten Tangerang, Banten.
     
    Pemudik yang ingin menikmati fasilitas ini hanya perlu menunjukkan aplikasi MyPertamina. Bagi yang belum memiliki aplikasi, petugas akan membantu mengunduh di smartphone.
     
    Selain fasilitas yang nyaman, Serambi MyPertamina juga dapat dimanfaatkan oleh pemudik untuk menukarkan poin MyPertamina dengan berbagai merchandise eksklusif, di antaranya Button Scarf.
     

     

    Cukur Gratis dan Kursi Pijat jadi Favorit Pemudik
    Sejumlah pengunjung mengungkapkan kepuasan mereka terhadap fasilitas Serambi MyPertamina. Salah satunya, Abdul Rohim, pemudik dari Jakarta menuju Palembang. Dia kedapatan memanfaatkan layanan Bright Barber.
     
    “Langsung cukur rambut begitu sampai di sini. Gratis. Tinggal tunjukkan aplikasi MyPertamina saha. Bisa request gaya juga, lho. Pelayanan tukang cukurnya mantap,” katanya memuji.
     
    Abdul Rohim juga berharap layanan Serambi MyPertamina dapat diperluas ke lebih banyak rest area pada masa mendatang. 
     
    “Jangan hanya di KM 43. Kalau bisa ada juga di rest area lainnya supaya lebih banyak pemudik yang bisa menikmati fasilitas ini,” tuturnya.
     
    Pengunjung lain, Ifan Hermawan, turut menikmati fasilitas Bright Barber dan mengaku terkesan dengan layanan yang diberikan.

    “Pelayanannya oke, tempatnya nyaman, sejuk, dan kursinya empuk. Unik juga sih, nggak kepikiran ada event seperti ini di rest area,” ujarnya.
     
    Ungkapan gembira juga dilontarkan pengunjung lain, Nunung Hayati. Pemudik asal Jakarta Timur ini mengapresiasi fasilitas Kidzone dan pembagian THR untuk anak-anak.
     
    “Anak saya langsung antusias main mobil-mobilan. Selain itu, ada THR snack dan souvenir. Sangat membantu menghilangkankejenuhan selama perjalanan,” ucap Nunung.
     
    Pemudik lainnya, Debi Eka Saputri yang sedang dalam perjalanan dari Solo menuju Lampung, pun merasa terbantu dengan ketersediaan kursi pijat gratis di Serambi MyPertamina.
     
    “Sangat membantu mengurangi pegal setelah perjalanan jauh. Mudik tahun ini berkesan karena ada fasilitas seperti ini,” ungkapnya.
     

     

    10 Layanan Utama Serambi MyPertamina
    Serambi MyPertamina pada momen Ramadan-Idulfitri 2025 hadir lebih lengkap dan interaktif dengan menghadirkan 10 layanan utama yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pemudik, sebagai berikut.
     
    1. Layanan kesehatan gratis, berupa pengecekan tekanan darahdan gula darah yang dilakukan langsung oleh petugas medis dari RS Otak dan Jantung (RSOJ).
     
    2. Aktivasi MyPertamina, yaitu panduan dan bantuan registrasi serta aktivasi aplikasi MyPertamina bagi pemudik yang belum memiliki akun.
     
    3. Fasilitas playground anak, lengkap dengan mini playground, permainan lego, dan playdoh untuk menghibur anak-anakselama istirahat.
     
    4. Layanan WiFi gratis, agar pengunjung tetap terkoneksi selama beristirahat.
     
    5. Produk UMKM binaan Pertamina, tersedia sebagai bentuk dukungan terhadap pelaku usaha lokal, sekaligus memberi pilihan oleh-oleh bagi pemudik.

    6. Permainan PlayStation gratis, sebagai hiburan ringan bagi pengunjung dewasa maupun remaja.
     
    7. Free snack atau takjil, disediakan bagi pengunjung untuk berbuka puasa selama Ramadan dan tetap tersedia setelah Ramadan sebagai camilan di perjalanan.
     
    8. Layanan kursi pijat gratis, membantu mengurangi kelelahan pemudik sebelum kembali melanjutkan perjalanan.
     
    9. Free merchandise & Show Your Point. Pengunjung bisa mendapatkan hadiah langsung, THR anak berupa es krim/snack gratis, serta undian sistem fishbowl. Pengunjung juga bisa menukarkan poin MyPertamina dengan merchandise menarik seperti kaos MotoGP, tumbler, payung, topi, dan produk lainnya.
     
    10. Free e-voucher Pertamax & Dex Series, yaitu layanan panduan pembelian BBM nonsubsidi (Pertamax dan Dex Series) melalui aplikasi MyPertamina. Konsumen yang melakukan pembelian akan mendapatkan e-voucher gratis sebagai bentuk apresiasi dan dorongan penggunaan BBM berkualitas.
     
    Serambi MyPertamina menjadi salah satu inovasi Pertamina dalam mendukung kelancaran dan kenyamanan mudik. Serambi MyPertamina tersedia di 145 SPBU Pertamina se-Indonesia.
    Dengan berbagai fasilitas yang diberikan secara gratis, diharapkan para pemudik dapat menikmati perjalanan dengan lebih nyaman dan aman.

    Tangerang:: PT Pertamina Patra Niaga ingin terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya pada momentum Ramadan-Idulfitri 1446 Hijriah atau 2025. Upaya tersebut diwujudkan dengan menghadirkan layanan dan fasilitas yang bisa dinikmati secara gratis, yaitu Serambi MyPertamina. Salah satu lokasi Serambi MyPertamina dapat ditemui di Rest Area KM 43, Tol Merak-Jakarta, Kabupaten Tangerang, Banten.
     
    Pemudik yang ingin menikmati fasilitas ini hanya perlu menunjukkan aplikasi MyPertamina. Bagi yang belum memiliki aplikasi, petugas akan membantu mengunduh di smartphone.
     
    Selain fasilitas yang nyaman, Serambi MyPertamina juga dapat dimanfaatkan oleh pemudik untuk menukarkan poin MyPertamina dengan berbagai merchandise eksklusif, di antaranya Button Scarf.
     

     

    Cukur Gratis dan Kursi Pijat jadi Favorit Pemudik

    Sejumlah pengunjung mengungkapkan kepuasan mereka terhadap fasilitas Serambi MyPertamina. Salah satunya, Abdul Rohim, pemudik dari Jakarta menuju Palembang. Dia kedapatan memanfaatkan layanan Bright Barber.
     
    “Langsung cukur rambut begitu sampai di sini. Gratis. Tinggal tunjukkan aplikasi MyPertamina saha. Bisa request gaya juga, lho. Pelayanan tukang cukurnya mantap,” katanya memuji.
     
    Abdul Rohim juga berharap layanan Serambi MyPertamina dapat diperluas ke lebih banyak rest area pada masa mendatang. 
     
    “Jangan hanya di KM 43. Kalau bisa ada juga di rest area lainnya supaya lebih banyak pemudik yang bisa menikmati fasilitas ini,” tuturnya.
     
    Pengunjung lain, Ifan Hermawan, turut menikmati fasilitas Bright Barber dan mengaku terkesan dengan layanan yang diberikan.
     

     
    “Pelayanannya oke, tempatnya nyaman, sejuk, dan kursinya empuk. Unik juga sih, nggak kepikiran ada event seperti ini di rest area,” ujarnya.
     
    Ungkapan gembira juga dilontarkan pengunjung lain, Nunung Hayati. Pemudik asal Jakarta Timur ini mengapresiasi fasilitas Kidzone dan pembagian THR untuk anak-anak.
     
    “Anak saya langsung antusias main mobil-mobilan. Selain itu, ada THR snack dan souvenir. Sangat membantu menghilangkankejenuhan selama perjalanan,” ucap Nunung.
     
    Pemudik lainnya, Debi Eka Saputri yang sedang dalam perjalanan dari Solo menuju Lampung, pun merasa terbantu dengan ketersediaan kursi pijat gratis di Serambi MyPertamina.
     
    “Sangat membantu mengurangi pegal setelah perjalanan jauh. Mudik tahun ini berkesan karena ada fasilitas seperti ini,” ungkapnya.
     

     

    10 Layanan Utama Serambi MyPertamina

    Serambi MyPertamina pada momen Ramadan-Idulfitri 2025 hadir lebih lengkap dan interaktif dengan menghadirkan 10 layanan utama yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pemudik, sebagai berikut.
     
    1. Layanan kesehatan gratis, berupa pengecekan tekanan darahdan gula darah yang dilakukan langsung oleh petugas medis dari RS Otak dan Jantung (RSOJ).
     
    2. Aktivasi MyPertamina, yaitu panduan dan bantuan registrasi serta aktivasi aplikasi MyPertamina bagi pemudik yang belum memiliki akun.
     
    3. Fasilitas playground anak, lengkap dengan mini playground, permainan lego, dan playdoh untuk menghibur anak-anakselama istirahat.
     
    4. Layanan WiFi gratis, agar pengunjung tetap terkoneksi selama beristirahat.
     
    5. Produk UMKM binaan Pertamina, tersedia sebagai bentuk dukungan terhadap pelaku usaha lokal, sekaligus memberi pilihan oleh-oleh bagi pemudik.

     
    6. Permainan PlayStation gratis, sebagai hiburan ringan bagi pengunjung dewasa maupun remaja.
     
    7. Free snack atau takjil, disediakan bagi pengunjung untuk berbuka puasa selama Ramadan dan tetap tersedia setelah Ramadan sebagai camilan di perjalanan.
     
    8. Layanan kursi pijat gratis, membantu mengurangi kelelahan pemudik sebelum kembali melanjutkan perjalanan.
     
    9. Free merchandise & Show Your Point. Pengunjung bisa mendapatkan hadiah langsung, THR anak berupa es krim/snack gratis, serta undian sistem fishbowl. Pengunjung juga bisa menukarkan poin MyPertamina dengan merchandise menarik seperti kaos MotoGP, tumbler, payung, topi, dan produk lainnya.
     
    10. Free e-voucher Pertamax & Dex Series, yaitu layanan panduan pembelian BBM nonsubsidi (Pertamax dan Dex Series) melalui aplikasi MyPertamina. Konsumen yang melakukan pembelian akan mendapatkan e-voucher gratis sebagai bentuk apresiasi dan dorongan penggunaan BBM berkualitas.
     
    Serambi MyPertamina menjadi salah satu inovasi Pertamina dalam mendukung kelancaran dan kenyamanan mudik. Serambi MyPertamina tersedia di 145 SPBU Pertamina se-Indonesia.
    Dengan berbagai fasilitas yang diberikan secara gratis, diharapkan para pemudik dapat menikmati perjalanan dengan lebih nyaman dan aman.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Kemenhub: Jumlah penumpang angkutan bus meningkat signifikan

    Kemenhub: Jumlah penumpang angkutan bus meningkat signifikan

    Berdasarkan data harian Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu 2025, jumlah penumpang angkutan umum terus mengalami peningkatan, terutama pada moda transportasi bus yang mencatat lonjakan signifikan

    Jakarta (ANTARA) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat jumlah penumpang angkutan bus terus menunjukkan peningkatan yang signifikan menjelang Lebaran Idul Fitri 2025/1446 Hijriah.

    “Berdasarkan data harian Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu 2025, jumlah penumpang angkutan umum terus mengalami peningkatan, terutama pada moda transportasi bus yang mencatat lonjakan signifikan,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub Budi Rahardjo di Jakarta, Jumat.

    Dia menyebutkan, berdasarkan data hingga H-4 Lebaran, jumlah penumpang angkutan bus meningkat sebesar 94 persen dibandingkan hari sebelumnya, dari 155.343 menjadi 300.973 orang. Secara kumulatif, sejak dimulainya pemantauan pada H-10, jumlah penumpang bus telah mencapai lebih dari 1.168.712 orang.

    Budi menuturkan bahwa peningkatan itu menunjukkan bahwa bus masih menjadi salah satu pilihan utama bagi masyarakat dalam melakukan perjalanan mudik.

    “Kami mencatat bahwa angkutan bus mengalami peningkatan signifikan. Hal ini menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan angkutan darat, baik dari segi keterjangkauan maupun aksesibilitasnya,” ujarnya.

    Selain bus, moda transportasi lain seperti kereta api dan angkutan udara juga mengalami peningkatan jumlah penumpang secara kumulatif. Penumpang angkutan kereta api secara kumulatif naik 5,62 persen menjadi 2.127.368 orang, sementara angkutan udara meningkat 0,82 persen menjadi 1.748.696 orang.

    Pergerakan kendaraan pribadi melalui jalan tol dan jalur arteri Keluar jabodetabek juga mengalami kenaikan, dengan jumlah mobil keluar tol dan arteri Jabodetabek mencapai 1.636.725 dan motor keluar keluar arteri sebesar 2.487.781 unit.

    Dengan meningkatnya jumlah pemudik, Kemenhub mengimbau masyarakat untuk selalu memperhatikan informasi terkini terkait rekayasa lalu lintas, kesiapan armada, serta fasilitas yang tersedia di terminal-terminal utama.

    Pemudik yang menggunakan sepeda motor juga diingatkan untuk mempertimbangkan opsi mudik gratis yang disediakan oleh pemerintah dan pihak swasta demi keselamatan dan kenyamanan perjalanan.

    Sebagai bagian dari pengendalian arus lalu lintas, Kepolisian bersama Kemenhub telah menyiapkan berbagai rekayasa lalu lintas, termasuk penerapan sistem contra flow dan one-way di beberapa ruas jalan tol yang mengalami kepadatan tinggi.

    Berdasarkan informasi dari Korlantas Polri, kebijakan one-way nasional di Tol Cikampek-Kalikangkung telah diberlakukan sejak 28 Maret 2025 pukul 09.00 WIB.

    Untuk memastikan kelancaran perjalanan pemudik, Kemenhub telah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk operator terminal bus, guna memastikan ketersediaan armada dan kenyamanan penumpang.

    Selain itu, pengawasan terhadap tarif tiket dan standar keselamatan angkutan bus juga terus dilakukan agar layanan tetap optimal.

    “Dengan berbagai upaya tersebut, diharapkan perjalanan mudik tahun ini dapat berlangsung dengan aman, lancar, dan nyaman bagi seluruh masyarakat,” kata Budi.

    Pewarta: Muhammad Harianto
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2025

  • Menteri PU: Mobile reader bantu pemudik yang kekurangan saldo e-toll

    Menteri PU: Mobile reader bantu pemudik yang kekurangan saldo e-toll

    Kalau saat antrean panjang juga dihampiri pakai mobile reader, sehingga benar dijaga supaya antrean tidak sampai berkilo-kilo meter

    Jawa Tengah (ANTARA) – Menteri Pekerjaan Umum (PU) Dody Hanggodo mengungkapkan, alat mobile reader sangat membantu pemudik yang mengalami kekurangan saldo e-toll pada masa arus mudik Lebaran tahun ini.

    “Kalau saat antrean panjang juga dihampiri pakai mobile reader, sehingga benar dijaga supaya antrean tidak sampai berkilo-kilo meter,” ujar Dody di Gerbang Tol Kalikangkung, Jawa Tengah pada Jumat.

    Dody sendiri mengapresiasi pelayanan Jasa Marga yang responsif dan cepat dalam melayani pemudik.

    “Jasa Marga sudah sangat banyak melakukan tindakan-tindakan seperti mengimbau sudah, kemudian jajarannya sudah bekerja 24 jam, dan kalau ada pemudik yang saldonya kurang langsung dihampiri dan pemudik langsung bisa top up,” katanya.

    Dalam rangka menghadapi lonjakan volume kendaraan pada periode mudik Idul Fitri 1446H, PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) menyiapkan layanan inovatif untuk mengantisipasi antrean panjang di gerbang tol.

    Salah satu langkah yang diterapkan adalah layanan pengecekan saldo disertai jumlah tarif tol dan top-up uang elektronik (e-toll) langsung di jalur antrean, guna memastikan proses transaksi berjalan lancar dan efisien.

    Diskon tarif tol sebesar 20 persen yang berlaku mulai 25 Maret 2025 di sejumlah ruas tol khususnya gerbang tol Kalikangkung untuk arus mudik, serta di Cikampek Utama untuk arus balik, diproyeksikan akan meningkatkan volume kendaraan secara signifikan.

    Berdasarkan pengalaman sebelumnya, antrean panjang di gerbang tol seringkali disebabkan oleh saldo e-toll yang tidak mencukupi saat transaksi.

    Direktur Utama PT JMTO, Yoga Tri Anggoro, menjelaskan bahwa layanan ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk menghadirkan kenyamanan dan efisiensi bagi pengguna jalan tol.

    Selain layanan pengecekan saldo, JMTO juga melakukan berbagai upaya tambahan dalam mendukung kelancaran transaksi di gerbang tol selama arus mudik. Di antaranya adalah penambahan personil di lapangan, pengoperasian mobile reader, serta penyediaan titik layanan top-up uang elektronik.

    Distribusi kartu perdana uang elektronik juga dilakukan untuk membantu pengguna jalan dalam mempersiapkan perjalanan. Informasi layanan dan kondisi lalu lintas disampaikan melalui papan Dynamic Message Sign (DMS) agar pengguna jalan dapat mengambil keputusan perjalanan secara lebih baik dan tepat waktu.

    Pewarta: Aji Cakti
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2025

  • Puncak arus mudik, konsumsi Pertamax Series di jalur Pantura naik signifikan

    Puncak arus mudik, konsumsi Pertamax Series di jalur Pantura naik signifikan

    Sumber foto: Sutini/elshinta.com.

    Puncak arus mudik, konsumsi Pertamax Series di jalur Pantura naik signifikan
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Jumat, 28 Maret 2025 – 21:11 WIB

    Elshinta.com – Memasuki cuti bersama libur lebaran yang diprediksikan menjadi puncak arus mudik Idul Fitri 1446 H, Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah mencatat konsumen masih memilih bahan bakar berkualitas Pertamax dan Dex Series. Selama periode 17 Maret – 26 Maret, bila dibandingkan dengan konsumsi normal bulan Januari-Februari 194 kl/hari. Rata-rata konsumsi Pertamax di Jalur Pantura mengalami kenaikan rata-rata konsumsi sebesar 8,8 persen. Untuk Jalur Pansela mengalami kenaikan 0,3% karena pergerakan pemudik mayoritas dari arah utara melalui ruas tol Pantura.

    Sedangkan untuk Pertamax Turbo naik 210 persen di Pantura dan naik 127 persen di Pansela. Dex Series sendiri naik 53 persen di semua Jalur Pantura, Pansela dan Jalur Wisata dari Normal Harian 45 kl/hari.

    Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Taufiq Kurniawan mengapresiasi pilihan konsumen akan bahan bakar berkualitas. “Ternyata pilihan pemudik tetap pada Pertamax Series yang membuktikan mereka tidak terpengaruh akan isu belakangan,” ujarnya, Jumat (28/3).

    Taufiq menambahkan, psikologis masyarakat ketika melakukan perjalanan jauh juga berpengaruh. “Rata-rata respon konsumen pemilih Pertamax adalah mereka tidak mau menemui kendala pada mesin saat perjalanan jauh, sehingga memilih bahan bakar berkualitas. Kami optimis akan tetap naik dibanding normal harian,” imbuh Taufiq.

    Khusus untuk SPBU Portable (Modular) di KM 19 ruas tol baru yang dibuka fungsional yakni ruas Solo-Jogja konsumsi rata-rata BBM nya 528 liter/hari yang menunjukkan animo masyarakat di ruas tol tersebut. 

    “Karena animo diprediksi naik di ruas tol Solo-Jogja, kami menambah layanan motorist delivery service untuk antisipasi kemacetan di exit tol Tamanmartani. Tinggal telepon Call Center 135 nanti Motorist akan mengisi bbm dimana pemudik kehabisan BBM yang tersedia di 19 titik se Jateng DIY. Kami juga mengimbau masyarakat untuk mengisi BBM secara penuh di awal perjalanan dan menggunakan metode pembayaran cashless guna mempercepat proses antrian. Mari kita saling mendukung sesama pemudik agar dapat sampai ke tujuan dengan selamat dan tepat waktu,” pungkas Taufiq seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Sutini, Jumat (28/3).

    Salah satu pemudik, Rudi yang melakukan perjalanan dari Kota Bogor ke Solo menggunakan Pertamax karena dari dulu sudah menjadi pelanggan setia dan mobilnya hingga saat ini tetap aman untuk melakukan perjalanan.

    “Saya yakin menggunakan Pertamax karena menurut saya kualitasnya terjamin sehingga mobil saya ngga akan bermasalah,” ujar Rudi ditemui di Rest Area 439 A Semarang – Solo.

    Senada dengan Rudi, Thomas pemudik dari Tangerang menuju Bali juga setia menggunakan Pertamax. Saat ditemui di Serambi MyPertamina Rest Area KM 379 A Batang, Thomas mengaku selalu pakai Pertamax karena ingin mobil awet dengan menggunakan BBM berkualitas.

    “Saya mau mobil saya secara mesin bersih, awet, dan gak ngelitik ketika injak gas tidak bermasalah apalagi saat mudik,” ujarnya. 

    Sumber : Radio Elshinta

  • KAI tambah 362 perjalanan antisipasi lonjakan jumlah penumpang mudik

    KAI tambah 362 perjalanan antisipasi lonjakan jumlah penumpang mudik

    Jakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menambah 362 perjalanan kereta api jarak jauh (KAJJ) dengan rata-rata 16 perjalanan tambahan per hari untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang pada arus mudik Lebaran 2025.

    “Untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pemudik, Daop 1 Jakarta mengoperasikan 362 perjalanan KA tambahan, dengan total kapasitas 182.620 seat. Dari jumlah ini, Stasiun Gambir melayani 242 perjalanan KA tambahan, sedangkan Stasiun Pasar Senen sebanyak 120 perjalanan KA tambahan,” kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko di Jakarta, Jumat.

    Dia menyebutkan tambahan perjalanan ini juga diikuti dengan peningkatan kapasitas tempat duduk (TD) sebanyak 182.620 seat, atau sekitar 8.301 seat per hari.

    Penambahan ini bertujuan untuk memberikan fleksibilitas lebih bagi masyarakat, terutama yang berangkat dari dua stasiun utama, yaitu Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

    Di Stasiun Gambir, terdapat 242 perjalanan tambahan dengan rata-rata 11 perjalanan per hari. Kapasitas tempat duduk yang tersedia mencapai 117.436 seat, atau sekitar 5.338 seat per hari.

    Sementara itu, Stasiun Pasar Senen menambah 120 perjalanan, dengan rata-rata 5 perjalanan per hari dan kapasitas tempat duduk tambahan sebanyak 65.184 seat, atau sekitar 2.963 seat per hari.

    Ixfan mengatakan volume penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) di wilayah Daop 1 Jakarta terus meningkat. Dia mengungkapkan sebanyak 1.858 perjalanan KAJJ dengan kapasitas 1.035.702 seat dioperasikan pada periode 21 Maret hingga 11 April 2025.

    “Periode angkutan Lebaran 2025, yakni 21 Maret hingga 11 April 2025, Daop 1 Jakarta mengoperasikan sebanyak 1.858 perjalanan KAJJ, termasuk KA tambahan. Kapasitas tempat duduk yang disediakan mencapai 1.035.702 seat, dengan tiket yang telah terjual sebanyak 722.720 seat atau okupansi 70 persen,” ujarnya.

    Dia mengatakan okupansi di Stasiun Gambir mencapai 57 persen pada periode tersebut. Sementara okupansi di Stasiun Pasar Senen mencapai 78 persen.

    “Di Stasiun Gambir, terdapat 990 perjalanan KA, dengan kapasitas 467.800 seat. Tiket yang telah terjual sebanyak 266.705 seat, atau okupansi 57 perswn. Sementara itu, di Stasiun Pasar Senen, sebanyak 868 perjalanan KA beroperasi, dengan kapasitas 567.902 seat. Hingga kini, tiket terjual mencapai 440.720 seat, atau okupansi 78 persen,” ucapnya.

    Sebagai informasi, pada periode 21 hingga 30 Maret 2025, secara keseluruhan terdapat 846 perjalanan KA yang disiapkan dengan total kapasitas 471.410 seat. Hingga saat ini, sebanyak 450.235 tiket telah terjual, dengan okupansi mencapai 95 persen.

    Rinciannya di Stasiun Gambir tiket yang terjual mencapai 182.983 seat atau okupansi 86 persen. Lalu, di Stasiun Pasar Senen sebanyak 267.255 seat, dengan okupansi lebih tinggi, yakni 103 persen.

    Pada hari lebaran, 31 Maret dan 1 April 2025, okupansi penumpang mencapai 94 persen, dengan 87.520 tiket telah terjual dari kapasitas 92.696 seat. Di Stasiun Gambir, okupansi 87 persen, sementara di Stasiun Pasar Senen mencatat angka tertinggi, yaitu 100 persen.

    Untuk keberangkatan hari ini, Jumat (28/3) atau H-3 Lebaran terdapat 87 perjalanan KA dengan total kapasitas 48.394 seat dengan tiket yang terjual sebanyak 49.258 atau okupansi 102 persen.

    Dari Stasiun Gambir, terdapat 45 KA, dengan okupansi 102 persen dan dari Stasiun Pasar Senen terdapat 42 KA, dengan okupansi mencapai 102 persen.

    Dengan adanya KA tambahan ini, KAI berharap masyarakat dapat bepergian dengan lebih nyaman dan tetap mendapatkan layanan yang aman serta tepat waktu.

    KAI juga mengimbau pelanggan untuk merencanakan perjalanan sejak dini dan memanfaatkan pemesanan tiket melalui aplikasi KAI Access serta kanal resmi lainnya.

    Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
    Editor: Hisar Sitanggang
    Copyright © ANTARA 2025

  • Jalur kereta amblas di Manonjaya-Ciamis, KAI alihkan arah perjalanan

    Jalur kereta amblas di Manonjaya-Ciamis, KAI alihkan arah perjalanan

    Jumat, 28 Maret 2025 22:19 WIB

    ANTARA – Di hari puncak mudik H-3 Lebaran, PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional 2 Bandung mengalihkan jalur kereta dari jalur selatan ke utara. Hal ini dilakukan untuk menghindari keterlambatan perjalanan KA dan penumpukan penumpang akibat gogosan atau amblasan di petak jalur KA kilometer 283 antara Ciamis dan Manonjaya. (Dian Hardiana/Chairul Fajri/Roy Rosa Bachtiar)

  • Terminal Purabaya layani 89.552 penumpang pada H-3 Lebaran 2025

    Terminal Purabaya layani 89.552 penumpang pada H-3 Lebaran 2025

    Angka ini menunjukkan peningkatan mobilitas masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1446 Hijriah. Kami melihat tren kenaikan jumlah penumpang sejak akhir pekan lalu, terutama pada layanan antarkota dalam provinsi (AKDP)

    Surabaya (ANTARA) – Terminal Tipe A Purabaya telah melayani 89.552 penumpang bus selama periode 23-28 Maret 2025 saat arus mudik Lebaran 2025 yang bertepatan dengan H-3 Idul Fitri 1446 Hijriah.

    Humas Terminal Tipe A Purabaya Sarah Abigail mengatakan, jumlah tersebut terdiri atas 46.203 penumpang yang datang dan 43.349 penumpang yang berangkat.

    “Angka ini menunjukkan peningkatan mobilitas masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1446 Hijriah. Kami melihat tren kenaikan jumlah penumpang sejak akhir pekan lalu, terutama pada layanan antarkota dalam provinsi (AKDP),” katanya saat dikonfirmasi di Sidoarjo, Jumat.

    Sarah menjelaskan bahwa dari sisi keberangkatan, angka tertinggi terjadi pada Selasa (25/3) dengan 21.384 penumpang.

    Sementara itu, jumlah penumpang yang berangkat pada Minggu (23/3) mencapai 14.013 orang, Senin (24/3) sebanyak 13.933 orang, Rabu (26/3) naik menjadi 17.412 orang, Kamis (27/3) bertambah menjadi 18.183 orang, dan Jumat (28/3) hingga pukul 14.00 WIB tercatat 14.601 orang.

    Sedangkan untuk kedatangan, pada Minggu (23/3) tercatat 9.450 orang, Senin (24/3) sebanyak 10.072 orang, Selasa (25/3) mencapai 8.752 orang, Rabu (26/3) berjumlah 8.619 orang, Kamis (27/3) meningkat menjadi 10.081 orang, dan Jumat (28/3) hingga pukul 14.00 WIB tercatat 9.122 orang.

    Sarah menambahkan, jika dilihat dari data tersebut, jumlah kedatangan terus meningkat dalam beberapa hari terakhir, terutama pada layanan AKDP yang mendominasi arus mudik Lebaran 2025.

    Oleh karena itu, manajemen Terminal tipe A Purabaya Sidoarjo terus berupaya menjaga kelancaran arus mudik tahun ini dengan mengatur jadwal keberangkatan bus, menambah armada jika diperlukan, serta meningkatkan pengawasan di terminal.

    “Jumlah kedatangan menunjukkan tren peningkatan seiring dengan semakin dekatnya Lebaran,” tuturnya.

    Ia memprediksi lonjakan penumpang masih akan berlangsung dalam beberapa hari ke depan hingga puncak arus mudik mendekati Lebaran.

    Pewarta: Indra Setiawan/Naufal Ammar Imaduddin
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2025

  • Pemkot Semarang antisipasi kepadatan di pusat oleh-oleh

    Pemkot Semarang antisipasi kepadatan di pusat oleh-oleh

    Kami harus sampaikan bahwa titik oleh-oleh dan pusat perbelanjaan yang disiapkan oleh Kota Semarang ini banyak. Dan titik oleh-olehnya sudah tidak hanya di (Jalan) Pandanaran. Jadi, bisa ke berbagai tempat

    Semarang (ANTARA) – Wali Kota Semarang Agustina Wilujeng Pramestuti mengatakan, pihaknya berupaya untuk mengurai kepadatan lalu lintas yang berpotensi terjadi di pusat oleh-oleh, seperti di Jalan Pandanaran Semarang.

    “Tantangannya parkir memang. Karena kadang-kadang kan pemudik itu enggak mau jalan jauh ya,” katanya, usai memantau arus mudik di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jumat.

    Menurut dia, upaya memecah konsentrasi pemudik di pusat oleh-oleh tersebut akan dilakukan dengan menyosialisasikan titik-titik penjualan oleh-oleh yang tersebar di berbagai wilayah.

    Ia mengatakan, banyak titik penjualan oleh-oleh di Kota Semarang, dan tidak hanya di Jalan Pandanaran yang selama ini sudah banyak dikenal pemudik.

    “Kami harus sampaikan bahwa titik oleh-oleh dan pusat perbelanjaan yang disiapkan oleh Kota Semarang ini banyak. Dan titik oleh-olehnya sudah tidak hanya di (Jalan) Pandanaran. Jadi, bisa ke berbagai tempat,” katanya.

    Upaya sosialisasi, kata dia, salah satunya dilakukan melalui laman resmi Pemerintah Kota Semarang yang menginformasikan mengenai keberadaan titik-titik penjualan oleh-oleh.

    “Mungkin bisa diklik nanti di lamannya Pemkot Semarang ya. Kalau mau cari bandeng itu bisa ada di Jalan Pamularsih ya. Kemudian, kalau mau cari Lumpia itu bisa di Mataram, dan lain sebagainya,” katanya.

    Ia berharap langkah tersebut bisa membantu mengurai kepadatan di pusat oleh-oleh Jalan Pandanaran yang selalu dipadati pemudik setiap tahun.

    “Mudah-mudahan, dengan kami menginformasikan secara lebih jelas dan lebih gencar proses kepadatan di Pandanaran ini bisa terurai,” kata Agustina.

    Sementara itu, Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Semarang Danang Kurniawan mengatakan kemungkinan pengaturan parkir untuk mengurai kepadatan di Jalan Pandanaran.

    “Mungkin nanti kami izinkan (parkir) satu sisi. Kemudian, yang selain itu kami tampung di gedung gedung parkir yang sudah ada,” katanya.

    Pewarta: Zuhdiar Laeis
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2025