Topik: marketplace

  • Estimasi Modal Usaha Sembako Kecil-kecilan dan Langkah Awal Memulainya

    Estimasi Modal Usaha Sembako Kecil-kecilan dan Langkah Awal Memulainya

    Jakarta

    Salah satu usaha yang menjanjikan dan menguntungkan yaitu usaha warung sembako. Pasalnya, sembako merupakan aneka kebutuhan pokok yang perlu dipenuhi oleh setiap rumah tangga.

    Untuk membuka usaha sembako, tentu kita memerlukan modal awal dan tempat. Menurut buku Hukum Perusahaan dan Bentuk-bentuk Perusahaan di Indonesia oleh Mas Ritonga, mendirikan toko sembako baiknya yang dekat dari lingkungan perumahan atau desa supaya bisa laris.

    Modal Usaha Sembako

    Modal usaha adalah biaya yang dibutuhkan untuk operasional usaha yang dijalankan sehari-hari. Tidak hanya bentuk materi atau uang, modal juga bisa bentuk tenaga.

    Umumnya, modal kerja atau usaha ini dihitung untuk kebutuhan setiap bulan.

    Modal awal usaha jumlahnya tak perlu terlalu besar. Sesuaikan saja dengan konsep warung yang akan dikelola dengan kondisi keuangan. Misal jika ingin membuka warung sembako kecil, maka modal Rp 1-5 jutaan pun bisa.

    Warung Sembako Modal 5 Juta

    Sebagai gambaran, kamu sudah punya tempat berjualan yaitu di teras rumah. Berikut adalah estimasi contoh modal usaha sembakonya melihat dari buku Untung Berlipat Modal 1 Juta oleh Ivana lestari:

    Modal Awal

    Investasi barang tetap
    4 unit besi Rp 20.000 (bisa disesuaikan): Rp 80.000
    2 unit etalase 1,5 meter: Rp 2.000.000
    Cetak spanduk: Rp 50.000

    Investasi barang tidak tetap
    Barang-barang dagangan: Rp 3.500.000

    Maka, total modal awal usaha sembakonya: Rp 5.630.000

    Pengeluaran sebulan
    Belanja stok barang: Rp 1.000.000
    Transportasi: Rp 200.000
    Total pengeluaran sebulan: Rp 1.200.000

    Pendapatan Sebulan

    Asumsi pendapatan harian Rp 250.000 x 30 hari
    = Rp 7.500.000

    Keuntungan per bulan

    Rp 7.500.000 – 1.200.000 = Rp 6.300.000
    Bisa dilihat untuk balik modalnya: Rp 5.630.000 : Rp Rp 6.300.000 =

    *Hitungan tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tergantung harga pasar.

    Langkah Awal Modal Usaha Toko Sembako

    1. Tentukan Modal Usaha Capital Expenses

    Ini digunakan untuk pengadaan fixed aset. Pengadaan tersebut seperti pembelian peralatan usaha, aset kendaraan, dan beberapa perlengkapan yang dibutuhkan. Intinya, modal ini dipakai untuk penggunaan barang yang bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.

    2. Modal Usaha Operasional Expenses

    Modal yang dipakai untuk biaya operasional usaha. Misalnya, biaya listrik, sewa tempat, dan lain-lain. Biaya ini sifatnya berkala, sehingga kamu perlu menyediakan anggaran dalam beberapa periode tertentu. Misalnya bulanan.

    3. Tentukan Modal Stok Barang Dagang

    Mengutip buku Memulai Usaha Dari Awal: Memulai Usaha dari Nol oleh Dayat Suryan, jika ingin lebih banyak lagi stok barangnya. Maka perhitungan estimasi modal stok usaha sembakonya sebagai berikut:

    Pertama, ketahui perkiraan modal untuk stok berdasarkan asumsi atau target per bulan. Contoh, kamu ingin punya usaha toko sembako yang punya target omzet Rp 20.000.000.

    Jika demikian, jadi dalam 1 bulan jumlah perputaran yang dibutuhkan untuk modal stok sekitar 3 kali. Maka, dalam 1 bulan di setiap 20 hari sekali kamu harus membeli atau menyediakan barang-barang yang dijual untuk stok barang tersebut.

    Sebagai gambaran berikut merupakan perhitungan modal stok-nya usaha sembako:
    Modal untuk stok Rp 20.000.000 x 1 – 30% – Rp 14.000.000
    Rp 14.000.000 : 2 = Rp 7.000.000

    Cara Memulai Buka Toko SembakoSiapkan tempat berjalan. Misal sewa toko, di depan atau samping rumah.Pesan atau buat rak dagang, untuk memajang barang dagangan,Susun daftar barang yang akan dijual, lalu sesuaikan dengan modal yang telah dihitung.Selalu cek harga pasar. Usahakan kamu bisa bersaing dengan harga warung-warung sembako lainnya.Meskipun keuntungannya tidak terlalu banyak, tapi kamu kemungkinan besar punya lebih banyak pelanggan.Cari informasi harga dari agen/supplier/ toko grosir. Untuk mendapatkan keuntungan secara optimal, usahakan untuk menjadi langganan di toko grosir tertentu. Biasanya, bos atau pemilik toko grosir akan memberi diskon khusus bagi langganannya.Promosikan toko sembako kamu di setiap kesempatan. Contohnya, kalau lagi ada arisan RT, kegiatan pengajian, atau kegiatan lain yang ada di lingkungan tempat tinggalmu.Buat plang/spanduk nama warung sembako atau kartu nama. Bila perlu, karena saat ini zaman sudah modern kamu bisa membuka toko sembako versi online juga di berbagai marketplace. Ini bisa menjangkau penjualan lebih luas lagi.

    Itu tadi cara menghitung modal stok usaha sembako sederhana untuk gambaran memulai bisnis. Usakan, barang-barang yang dijual warung sembako kamu sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Tidak harus banyak, tapi bisa bervariatif.

    (khq/fds)

  • Sudah Terlanjur Beli iPhone 16, Siap-Siap Kena Blokir IMEI

    Sudah Terlanjur Beli iPhone 16, Siap-Siap Kena Blokir IMEI

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah serius melarang peredaran iPhone 16. Meski iPhone 16 sudah dilarang peredarannya di dalam negeri, Kementerian Perindustrian atau Kemenperin memperkirakan sekitar 9.000 unit Produk seri HP terbaru buatan Apple itu sudah dibawa masuk ke wilayah Indonesia sejak peluncurannya di Amerika Serikat.

    Terkait hal tersebut,Kemenperin tengah bersiap memblokiriPhone 16 dengan cara tidak membolehkan aktivasiIMEI. IMEI atau International Mobile Equipment Identity, adalah kode unik yang berfungsi sebagai identitas perangkat telekomunikasi bergerak seperti handphone, komputer genggam, dan tablet (HKT).

    Kemenperin pun memastikan akan memproses secara hukum pihak-pihak yang mengiklankan seri iPhone 16 di online marketplace karena diduga melanggar pasal 35 Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran.

    Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif mengatakan, seri iPhone 16 yang dibawa penumpang sebetulnya masuk secara legal, namun menjadi ilegal ketika diperjualbelikan di dalam negeri.

    “Hal ini karena sudah tidak sesuai dengan tujuan peruntukkan ketika memproses perizinan masuknya ponsel tersebut ke Indonesia, yakni untuk pemakaian sendiri,” ucapnya dikutip dari siaran pers, Sabtu (9/11/2024)

    “Oleh karena itu kami mempertimbangkan menonaktifkan IMEI seri iPhone 16 yang masuk melalui barang bawaan penumpang dan jika terbukti diperjualbelikan di Indonesia,” tegas Febri.

    Febri menegaskan selama ini Apple sudah diberikan ruang untuk mengimpor dan menjual produk HP dan tablet dengan syarat merealisasikan investasinya di Indonesia dengan serius. Sebanyak 3,8 juta unit produk Apple diimpor ke Indonesia selama 2023 dan 2024.

    Febri mengatakan, jika diasumsikan perangkat elektronik Apple tersebut rata-rata dijual dengan harga Rp 5 juta/unit di dalam negeri, maka nilai penjualan untuk satu tahun mencapai Rp 19 triliun, jauh lebih tinggi lagi jika ditambah dengan impor dan penjualan produk HKT mereka sejak 2016.

    “Ironisnya, dengan nilai penjualan sangat tinggi tersebut, mereka sangat sulit untuk merealisasikan 100% komitmen investasi senilai Rp 1,7 triliun selama 8 tahun di Indonesia,” kata Febri.

    iPhone adalah satu-satunya produk HP berteknologi 4G yang masih diimpor. HP buatan produsen lain termasuk Samsung, Oppo, Vivo, dan Xiaomi sepenuhnya dirakit di Indonesia untuk memenuhi ketentuan kandungan lokal minimum (TKDN).

    Apple diizinkan menjual iPhone tanpa membuka fasilitas produksi di Indonesia karena menggunakan skema pemenuhan TKDN jalur investasi, yaitu lewat pembukaan pusat pelatihan Apple Academy. Namun, izin tersebut sudah kadaluarsa. Apple harus menambah investasi jika ingin kembali mengimpor dan menjual iPhone 16 di Indonesia.

    (mkh/mkh)

  • Siap-Siap! 9.000 Pemilik HP Mahal Ini Bakal Kena Blokir IMEI

    Siap-Siap! 9.000 Pemilik HP Mahal Ini Bakal Kena Blokir IMEI

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah Indonesia serius melarang beredarnya iPhone 16 di dalam negeri. Kementerian Perindustrian bahkan bersiap memblokir iPhone 16 yang diperdagangkan di dalam negeri, bahkan dengan cara tidak membolehkan aktivasi IMEI.

    Oleh sebab itu, warga RI pemilik iPhone 16 yang dibeli dari ecommerce atau lewat jasa penitipan dari luar negeri harus siap-siap merelakan HP barunya tak bisa digunakan. IMEI atau International Mobile Equipment Identity, adalag kode unik yang berfungsi sebagai identitas perangkat telekomunikasi bergerak seperti handphone, komputer genggam, dan tablet (HKT).

    Meski iPhone 16 sudah dilarang peredarannya di dalam negeri, Kementerian Perindustrian atau Kemenperin memperkirakan sekitar 9.000 unit Produk seri HP terbaru buatan Apple itu sudah dibawa masuk ke wilayah Indonesia sejak peluncurannya di Amerika Serikat.

    Kemenperin pun memastikan akan memproses secara hukum pihak-pihak yang mengiklankan seri iPhone 16 di online marketplace karena diduga melanggar pasal 35 Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran.

    Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif mengatakan, seri iPhone 16 yang dibawa penumpang sebetulnya masuk secara legal, namun menjadi ilegal ketika diperjualbelikan di dalam negeri.

    “Hal ini karena sudah tidak sesuai dengan tujuan peruntukkan ketika memproses perizinan masuknya ponsel tersebut ke Indonesia, yakni untuk pemakaian sendiri,” ucapnya dikutip dari siaran pers, Sabtu (9/11/2024)

    “Oleh karena itu kami mempertimbangkan menonaktifkan IMEI seri iPhone 16 yang masuk melalui barang bawaan penumpang dan jika terbukti diperjualbelikan di Indonesia,” tegas Febri.

    Febri menegaskan selama ini Apple sudah diberikan ruang untuk mengimpor dan menjual produk HP dan tablet dengan syarat merealisasikan investasinya di Indonesia dengan serius. Sebanyak 3,8 juta unit produk Apple diimpor ke Indonesia selama 2023 dan 2024.

    Febri mengatakan, jika diasumsikan perangkat elektronik Apple tersebut rata-rata dijual dengan harga Rp 5 juta/unit di dalam negeri, maka nilai penjualan untuk satu tahun mencapai Rp 19 triliun, jauh lebih tinggi lagi jika ditambah dengan impor dan penjualan produk HKT mereka sejak 2016.

    “Ironisnya, dengan nilai penjualan sangat tinggi tersebut, mereka sangat sulit untuk merealisasikan 100% komitmen investasi senilai Rp 1,7 triliun selama 8 tahun di Indonesia,” kata Febri.

    iPhone adalah satu-satunya produk HP berteknologi 4G yang masih diimpor. HP buatan produsen lain termasuk Samsung, Oppo, Vivo, dan Xiaomi sepenuhnya dirakit di Indonesia untuk memenuhi ketentuan kandungan lokal minimum (TKDN).

    Apple diizinkan menjual iPhone tanpa membuka fasilitas produksi di Indonesia karena menggunakan skema pemenuhan TKDN jalur investasi, yaitu lewat pembukaan pusat pelatihan Apple Academy. Namun, izin tersebut sudah kadaluarsa. Apple harus menambah investasi jika ingin kembali mengimpor dan menjual iPhone 16 di Indonesia.

    (mkh/mkh)

  • Siap-Siap! 9.000 Pemilik HP Mahal Ini Bakal Kena Blokir IMEI

    Siap-Siap! 9.000 Pemilik iPhone 16 Bakal Kena Blokir IMEI

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah Indonesia serius melarang beredarnya iPhone 16 di dalam negeri. Kementerian Perindustrian bahkan bersiap memblokir iPhone 16 yang diperdagangkan di dalam negeri, bahkan dengan cara tidak membolehkan aktivasi IMEI.

    Oleh sebab itu, warga RI pemilik iPhone 16 yang dibeli dari ecommerce atau lewat jasa penitipan dari luar negeri harus siap-siap merelakan HP barunya tak bisa digunakan. IMEI atau International Mobile Equipment Identity, adalag kode unik yang berfungsi sebagai identitas perangkat telekomunikasi bergerak seperti handphone, komputer genggam, dan tablet (HKT).

    Meski iPhone 16 sudah dilarang peredarannya di dalam negeri, Kementerian Perindustrian atau Kemenperin memperkirakan sekitar 9.000 unit Produk seri HP terbaru buatan Apple itu sudah dibawa masuk ke wilayah Indonesia sejak peluncurannya di Amerika Serikat.

    Kemenperin pun memastikan akan memproses secara hukum pihak-pihak yang mengiklankan seri iPhone 16 di online marketplace karena diduga melanggar pasal 35 Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran.

    Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif mengatakan, seri iPhone 16 yang dibawa penumpang sebetulnya masuk secara legal, namun menjadi ilegal ketika diperjualbelikan di dalam negeri.

    “Hal ini karena sudah tidak sesuai dengan tujuan peruntukkan ketika memproses perizinan masuknya ponsel tersebut ke Indonesia, yakni untuk pemakaian sendiri,” ucapnya dikutip dari siaran pers, Sabtu (9/11/2024)

    “Oleh karena itu kami mempertimbangkan menonaktifkan IMEI seri iPhone 16 yang masuk melalui barang bawaan penumpang dan jika terbukti diperjualbelikan di Indonesia,” tegas Febri.

    Febri menegaskan selama ini Apple sudah diberikan ruang untuk mengimpor dan menjual produk HP dan tablet dengan syarat merealisasikan investasinya di Indonesia dengan serius. Sebanyak 3,8 juta unit produk Apple diimpor ke Indonesia selama 2023 dan 2024.

    Febri mengatakan, jika diasumsikan perangkat elektronik Apple tersebut rata-rata dijual dengan harga Rp 5 juta/unit di dalam negeri, maka nilai penjualan untuk satu tahun mencapai Rp 19 triliun, jauh lebih tinggi lagi jika ditambah dengan impor dan penjualan produk HKT mereka sejak 2016.

    “Ironisnya, dengan nilai penjualan sangat tinggi tersebut, mereka sangat sulit untuk merealisasikan 100% komitmen investasi senilai Rp 1,7 triliun selama 8 tahun di Indonesia,” kata Febri.

    iPhone adalah satu-satunya produk HP berteknologi 4G yang masih diimpor. HP buatan produsen lain termasuk Samsung, Oppo, Vivo, dan Xiaomi sepenuhnya dirakit di Indonesia untuk memenuhi ketentuan kandungan lokal minimum (TKDN).

    Apple diizinkan menjual iPhone tanpa membuka fasilitas produksi di Indonesia karena menggunakan skema pemenuhan TKDN jalur investasi, yaitu lewat pembukaan pusat pelatihan Apple Academy. Namun, izin tersebut sudah kadaluarsa. Apple harus menambah investasi jika ingin kembali mengimpor dan menjual iPhone 16 di Indonesia.

    (mkh/mkh)

  • Siap-Siap! 9.000 Pemilik HP Mahal Ini Bakal Kena Blokir IMEI

    RI Blokir IMEI iPhone 16, Pemilik HP Ini Bakal Kena

    Jakarta, CNBC Indonesia – Konsumen smartphone terbaru dari Apple iPhone 16 di Indonesia tampaknya harus semakin bersabar. Tidak hanya belum mendapat restu untuk diperjualbelikan, tapi juga ada ancaman pemblokiran IMEI.

    Kementerian Perindustrian bersiap memblokir iPhone 16 yang diperdagangkan di dalam negeri. Dengan demikian, warga RI yang memiliki iPhone 16 baik yang dibeli dari ecommerce atau lewat jasa penitipan dari luar negeri harus siap-siap merelakan HP barunya tak bisa digunakan.

    Kemenperin memperkirakan sekitar 9.000 unit iPhone 16 dibawa masuk ke wilayah Indonesia sejak peluncurannya di Amerika Serikat. Produk seri HP terbaru buatan Apple tersebut padahal tidak diizinkan diperjualbelikan di Indonesia.

    Selain itu, Kemenperin akan memproses secara hukum pihak-pihak yang mengiklankan seri iPhone 16 di online marketplace karena patut diduga melanggar pasal 35 Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran.

    “Seri iPhone 16 yang dibawa penumpang masuk secara legal, namun menjadi ilegal jika diperjualbelikan di dalam negeri. Hal ini karena sudah tidak sesuai dengan tujuan peruntukkan ketika memproses perizinan masuknya ponsel tersebut ke Indonesia, yakni untuk pemakaian sendiri. Oleh karena itu kami mempertimbangkan menonaktifkan IMEI seri iPhone 16 yang masuk melalui barang bawaan penumpang dan jika terbukti diperjualbelikan di Indonesia,” jelas Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif dalam siaran pers yang diterima CNBC Indonesia, beberapa waktu lalu.

    Febri menegaskan selama ini Apple sudah diberikan ruang untuk mengimpor dan menjual produk HP dan tablet. Sebanyak 3,8 juta unit produk Apple diimpor ke Indonesia selama 2023 dan 2024.

    “Jika diasumsikan perangkat elektronik Apple tersebut rata-rata dijual dengan harga Rp5 juta/unit di dalam negeri, maka nilai penjualan untuk satu tahun mencapai Rp19 triliun dan tentu jauh lebih tinggi lagi jika ditambah dengan impor dan penjualan produk HKT mereka sejak tahun 2016. Ironisnya, dengan nilai penjualan sangat tinggi tersebut, mereka sangat sulit untuk merealisasikan 100% komitmen investasi senilai Rp 1,7 triliun selama 8 tahun di Indonesia,” jelas Febri.

    Selama ini, iPhone adalah satu-satunya produk HP berteknologi 4G yang masih diimpor. HP buatan produsen lain termasuk Samsung, Oppo, Vivo, dan Xiaomi sepenuhnya dirakit di Indonesia untuk memenuhi ketentuan kandungan lokal minimum (TKDN).

    Apple diizinkan menjual iPhone tanpa membuka fasilitas produksi di Indonesia karena menggunakan skema pemenuhan TKDN jalur investasi, yaitu lewat pembukaan pusat pelatihan Apple Academy. Namun, izin tersebut sudah kadaluarsa. Apple harus menambah investasi jika ingin kembali mengimpor dan menjual iPhone 16 di Indonesia.

    (dce)

  • Berdayakan Difabel, Brand Batik Tradisional Asal Bandung Dama Kara Sukses Berjualan lewat Shopee Live

    Berdayakan Difabel, Brand Batik Tradisional Asal Bandung Dama Kara Sukses Berjualan lewat Shopee Live

    Jakarta, Beritasatu.com – Industri batik memiliki peran signifikan dalam perekonomian Indonesia. Menurut catatan Kementerian Perindustrian nilai ekspor industri batik mencapai US$ 17,5 juta sepanjang 2023, sementara pada semester I -2024 nilai ekspor batik sudah mencapai US$ 9,45 juta. Berkembang pesatnya industri tersebut tidak terlepas dari antusiasme masyarakat yang makin mencintai batik lokal hingga kemunculan berbagai brand lokal yang menghadirkan produk-produk inovatif dan berkualitas. Salah satu merek yang kini berhasil menarik perhatian publik dan juga sudah berhasil melakukan ekspor adalah Dama Kara.

    Founder & Owner Dama Kara Nurdini Prihastiti menjelaskan bahwa usaha itu didirikan pada 2020 di Bandung, Jawa Barat, di tengah pandemi Covid-19. Nurdini mendirikan Dama Kara karena ingin mengubah persepsi bahwa pakaian batik hanya dikenakan sebagai pakaian formal di momen-momen tertentu saja.

    “Dari fenomena tersebut, Dama Kara menciptakan karya sandang batik dengan model yang timeless dan motif yang simpel namun sarat makna agar pakaian batik bisa digunakan di momen apapun. Setelah beberapa bulan berjalan dan trend berbelanja online semakin meningkat, Dama Kara akhirnya mulai berjualan di marketplace yaitu Shopee. Produk-produk yang Dama Kara hadirkan pada saat itu yaitu pakaian ready to wear seperti one-set batik, outer batik, dan lain-lain,” kata Nurdini.

    Potret proses produksi batik Dama Kara.

    Berdayakan Masyarakat Lokal dan Teman Difabel Melalui Produk Kreatif

    Sesuai dengan cita-cita untuk menjadikan batik sebagai pakaian yang bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari, Dama Kara menghadirkan koleksi batik yang versatile alias serbaguna. Beberapa di antaranya seperti Suar Kebaya Encim Sleeveless, Suar Kebaya Encim Shorsleeve, sampai Natha Outer yang nyaman dan modis. Menariknya, mayoritas produk Dama Kara diproses dan diproduksi secara tradisional.

    “Komitmen utama kami untuk mengangkat kain yang diproses secara tradisional melalui proses batik, ikat, jumput, bordir dan jahit jelujur dengan merangkul penjahit rumahan, dengan support alat, permodalan, hingga pembinaan, dan kini terus berkembang menjadi tiga sub-produksi dengan 20 penjahit. Setiap koleksi Dama Kara dibuat sepenuh hati dengan pemilihan kain yang nyaman untuk keseharian, model yang timeless hingga mengembangkan motif yang sarat makna,” ucap Nurdini.

    Nurdini menjelaskan bahwa jumlah karyawan Dama Kara saat ini mencapai sekitar 60 orang mulai dari proses produksi sampai distribusi, mayoritas karyawan pun disebutnya merupakan masyarakat lokal yang terletak di sekitar tempat produksi dan gudang Dama Kara. Selain itu, sebagai wujud komitmen untuk menebar kebermanfaatan, Nurdini mengatakan pihaknya juga memberi ruang bagi para penyandang disabilitas. Dama Kara mendukung kelas menggambar untuk para difabel bersama sejumlah yayasan di Bandung, hasil gambar dari kelas tersebut digunakan sebagai desain untuk produk non-batik Dama Kara seperti jaket. Motif yang dibuat untuk para “teman istimewa” tersebut digambar di atas media air menggunakan teknik bernama suminagashi atau paper marbling.

    “Berangkat dari keyakinan bahwa berkarya tak mengenal keterbatasan, Dama Kara terus berkolaborasi dengan disabilitas yang kami namakan “Teman Istimewa”, karena kami percaya setiap insan diciptakan dengan keistimewaan. Kebetulan artikel jaket yang diproduksi itu menjadi salah satu best seller items Dama Kara di Shopee. Dama Kara selalu menceritakan tentang semangat positif untuk terus mencintai diri dan berkarya dan terus berkolaborasi dengan teman istimewa dengan mengeksplorasi berbagai teknik baru karena berkarya tak mengenal keterbatasan,” jelas Nurdini.

    Owner & Founder Dama Kara Nurdini saat memproduksi batik bersama salah seorang pekerjanya.

    Bertumbuh, Berkembang, dan Naik Kelas Bersama Shopee

    Shopee menjadi mitra strategis Dama Kara untuk memperkenalkan produk-produknya. Sejak bergabung pada 2020, Nurdini mengatakan pihaknya sukses meningkatkan penjualan khususnya setelah menggunakan fitur Shopee Live.

    “Dengan adanya Shopee Live, Dama Kara menambah jumlah tim dari yang semula dua orang menjadi enam orang talent live. Setelah melakukan live penjualan Dama Kara di Shopee meningkat 85% dengan mulai teraturnya durasi live Dama Kara. Transaksi tertinggi di live kita pastinya saat tanggal kembar, yang biasanya kita live 18 jam per hari. Adapun khusus di tanggal kembar kita live 24 jam dan sukses meningkatkan penjualan hingga 400% dibandingkan dengan penjualan pada hari biasa,” tuturnya.

    Maret 2024 pun menjadi bulan dengan penjualan secara live stream terbanyak sepanjang perjalanan Dama Kara. Jumlah penonton harian mencapai lebih dari 4.000 orang, menurut Nurdini hal ini tidak terlepas dari momentum hari raya Idul Fitri dan tersampaikannya informasi bahwa produk Dama Kara cocok untuk digunakan keluarga dan sanak saudara pada hari raya Idul Fitri.

    Nurdini menilai ada sejumlah penyebab fitur Shopee Live sangat membantu Dama Kara untuk meningkatkan penjualan. Pertama, Fitur interaktif tersebut dapat memberikan pengalaman belanja baru bagi konsumen. Kedua, fitur tersebut memungkinkan Dama Kara untuk memperlihatkan produk secara langsung. Hal ini memungkinkan konsumen lebih memahami kualitas, detail produk, serta cara menggunakan hingga merawat produk-produk yang ditawarkan Dama Kara. Karena itu menurut Nurdini, fitur Shopee Live dan Shopee Video sangat berguna untuk membantu para pengusaha industri kreatif indonesia, khususnya pelaku usaha usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang ingin naik kelas.

    “Selain itu, pelaku UMKM juga perlu terus belajar, adaptif dan relevan dengan market, senantiasa mencoba berbagai hal yang bisa meningkatkan value brand. Manfaatkan berbagai fitur yang dimiliki di Shopee untuk terus relevan dengan pasar dan meningkatkan penjualan,” pungkasnya.

    Kini produk Dama Kara juga telah bisa dibeli pembeli di Malaysia, Singapura, dan Taiwan lewat Program Ekspor Shopee.

  • Wamen Nezar Patria Sebut Pentingnya Pendampingan Kapasitas Digital bagi UMKM

    Wamen Nezar Patria Sebut Pentingnya Pendampingan Kapasitas Digital bagi UMKM

    Liputan6.com, Yogyakarta – Wakil Menteri Komunikasi dan Digital, Nezar Patria, menyebut ada 4 tantangan adopsi digital UMKM saat ini, yakni kapasitas keuangan, koneksi internet, keterampilan digital, dan keterbatasan perangkat komputer. Demi mendorong kapasitas digital di kalangan UMKM, ada program pembangunan infrastruktur telekomunikasi, pelatihan talenta digital UMKM, pendampingan UMKM level up, dan akselerasi bisnis UMKM.

    “Tentunya ini semua perlu dilakukan melalui kolaborasi antara pemerintah, masyarakat bisnis, perguruan tinggi, fasilitator, aktivis UMKM, dan wirausahawan,” kata Nezar dalam seminar bertajuk “Strategi dan Praktik Baik dalam Meningkatkan Kapasitas UMKM untuk Naik Kelas” di ruang Multimedia, Gedung Pusat UGM, Minggu 3 November 2024.

    Jika kapasitas digital ini terpenuhi maka UMKM akan naik kelas. Wamen Nezar pun mencontohkan praktik baik digitalisasi UMKM di tanah air yang telah berhasil tembus hingga pasar dunia dan bisa naik kelas, yakni startup Efishery. “Seperti contohnya Efishery ini, bisnis sederhana apabila diintervensi oleh teknologi digital yang tepat dapat memperkuat produksi, mengoptimalisasi hasil, dan yang paling penting membangun ekosistem,” jelasnya.

    Menurut Praktisi Digital Marketing Specialist, Iwan J. Prasetyo, pelaku usaha penting meningkatkan kapasitas digital. Sebab fakta di lapangan masih perlu mendorong pelaku usaha untuk membuat konten dan branding untuk meningkatkan penjualan. “Banyak pelaku UMKM sudah merasa pintar digital karena telah memiliki akun media sosial, padahal dalam unggahannya hanya ada satu postingan,” kata alumnus UGM ini.

    Iwan menyebut UMKM membutuhkan keterampilan foto atau video, membuat copywriting, analisis data unggahan, dan menguasai aplikasi penunjang yang terdiri dari media sosial, marketplace, Google Ads, aplikasi editing, dan AI. Dalam hal ini, perlu penekanan kesadaran digital asset. “Memiliki kesadaran bahwa akun media sosial adalah aset usaha, maka akan muncul pula tanggung jawab pengelolaan akun dan digitalisasi dapat berjalan dengan baik,” terangnya.

    Guna meningkatkan kapasitas digital tersebut Agus Mashud S. Asngari Presiden Direktur Pertamina Foundation menjelaskan kiprah Pertamina untuk mendukung pengembangan kapasitas pelaku Usaha Kecil Mikro (UMK) dengan meluncurkan UMK Academy sebagai program pembinaan dengan kurikulum intermediate hingga advance. “Benefit yang ditawarkan dalam program ini berupa bantuan alat produksi, pelatihan inkubasi, pendampingan, jejaring, akses permodalan, dan pameran,” katanya.

    Kaspar Situmorang Kepala Divisi Inovasi Digital BRI menjelaskan tentang kesiap-siagaannya untuk berkolaborasi dengan sebanyak-banyaknya UMKM yang ingin bergabung agar dapat memanfaatkan LinkUMKM dalam masalah pendanaan. “Produk BRI ini mampu membantu asesmen, meningkatkan cakupan pelaku usaha ke pasar dagang sesuai dengan produk keuangan yang cocok, melakukan evaluasi, hingga menjembatani ekspor ke seluruh dunia.”

  • Apple Bangun Pabrik di Bandung, Kemenperin Segera Umumkan Nasib iPhone 16

    Apple Bangun Pabrik di Bandung, Kemenperin Segera Umumkan Nasib iPhone 16

    Jakarta

    Wakil Menteri Perindustrian (Wamenperin) Faisol Riza menyebut Kemenperin akan mengumumkan nasib iPhone 16 di Indonesia dalam waktu dekat. Info ini keluar setelah rencana Apple membangun pabrik di Bandung yang dilaporkan Bloomberg dengan nilai investasi menyentuh USD 10 juta (Rp 157 miliar).

    Bloomberg menyebut Apple akan membangun fasilitas manufaktur di Bandung dengan menggandeng beberapa penyuplai komponen lokal. Pabrik itu akan fokus memproduksi aksesoris untuk produk-produk Apple.

    “Kami sudah mendengar dan sudah menghubungi (Apple) Tapi ini kita akan bicarakan lebih detil nanti,” kata Faisol, Rabu (6/11/2024), dikutip detikINET dari CNCB Indonesia.

    Faisol menegaskan bahwa tak lama lagi nasib iPhone 16 bakal diumumkan Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita. Sebelumnya, Apple sudah menyatakan beberapa komitmennya tapi dirasa masih kurang.’

    “Saya berharap bahwa komitmen yang disampaikan sekarang bisa dijalankan sesegera mungkin,” ujarnya.

    Hingga saat ini, seri iPhone 16 belum dijual resmi di Indonesia. Alasannya karena Apple belum memperpanjang sertifikasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang diwajibkan oleh pemerintah.

    Disebutkan bahwa realisasi komitmen Apple harusnya Rp 1,71 triliun. Tapi, masih ada kekurangan Rp 240 miliar karena yang baru masuk Rp 1,48 triliun.

    Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan Kemenperin juga meminta e-commerce dan marketplace untuk menghilangkan produk iPhone 16 di layanannya agar tidak bisa dibeli masyarakat.

    “Kami sudah melakukan kontak pada ecommerce untuk segera tidak menayangkan atau mencabut produk iPhone 16 pada market sehingga tidak bisa dibeli,” kata Menteri Agus, saat ditemui detikcom di Cikarang Dry Port, Bekasi, Jumat (1/11).

    “Karena kasihan masyarakat yang beli karena mereka pasti tidak akan diberi IMEI dari kita,” lanjutnya.

    (ask/ask)

  • Daftar Alasan Pemerintah Larang Penjualan iPhone 16 di Indonesia

    Daftar Alasan Pemerintah Larang Penjualan iPhone 16 di Indonesia

    Jakarta: Pemerintah Indonesia secara resmi melarang penjualan iPhone 16 di pasar dalam negeri. Larangan ini diberlakukan karena Apple dianggap belum memenuhi komitmen investasi yang telah dijanjikan kepada pemerintah Indonesia. 
     
    Langkah ini menjadi sorotan, terutama dengan pernyataan Ketua Dewan Ekonomi Nasional (DEN) Luhut Binsar Pandjaitan yang menegaskan bahwa Indonesia mendukung kerja sama yang dapat membuka lapangan kerja, terutama dalam sektor produksi dalam negeri.
     
    Baca juga: 5 Cara Pakai ESim di iPhone dengan Mudah

    Prioritas pada Investasi yang Menciptakan Lapangan Kerja

    Luhut menyatakan Indneesia sangat terbuka dengan kerja sama ekonomi, termasuk dengan Apple. Namun ia menyoroti pentingnya kerja sama yang mendukung sektor industri dan membuka lapangan kerja di dalam negeri. 
    “Kita semua itu sangat terbuka terhadap apa saja (kerja sama), apalagi kalau itu diproduksi di dalam negeri karena kita ingin menciptakan lapangan kerja,” kata Luhut di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa 5 November 2024. 
     
    Menurut Luhut, kerja sama yang dinilai bernilai tinggi bagi Indonesia adalah yang mampu memberikan peluang kerja bagi masyarakat, bukan hanya mengutamakan teknologi tinggi, tetapi juga investasi padat karya.
     
    Sebagai contoh, Luhut menyinggung investor dari China yang akan membuka pabrik garmen di Kertajati, Jawa Barat, dan Sukoharjo, Jawa Tengah, yang mampu menyediakan lapangan kerja baru. Hal ini menjadi referensi bagi pemerintah dalam menentukan prioritas investasi.

    Izin Edar iPhone 16 Terkendala Komitmen TKDN

    Di sisi lain, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) juga berperan dalam melarang penjualan iPhone 16 karena Apple belum memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 40%, yang menjadi syarat bagi produk teknologi untuk dipasarkan di Indonesia. Salah satu upaya untuk mencapai TKDN ini adalah dengan merealisasikan pembangunan Apple Developer Academy di Bali, yang rencananya akan menjadi akademi keempat setelah Jakarta.
     
    “Apple bikin Apple Academy di Jakarta. Nah terakhir itu mau dibikin di Bali. Yang di Bali ini yang belum realisasi. Nah itu ya. Untuk mendapatkan TKDN 40%. Kalau dapat sertifikat TKDN mereka bisa impor. Kita kasih izin impornya,” terang Juru Bicara Kemenperin, Febri Hendri Antoni Arif, di Jakarta Selatan, Kamis 31 Oktober 2024.
     
    Apple diketahui sudah mengajukan permohonan untuk bertemu dengan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita guna membahas izin edar iPhone 16. Namun, Kemenperin menginginkan agar diskusi ini membawa komitmen konkret dari Apple dalam hal realisasi investasi.

    Penegakan Hukum atas Penjualan Ilegal iPhone 16

    Kemenperin juga menemukan bahwa sekitar 9.000 unit iPhone 16 telah masuk ke Indonesia melalui jalur penumpang selama periode Agustus hingga Oktober 2024. Untuk menekan peredaran ilegal ini, Kemenperin menyatakan akan memproses hukum pihak-pihak yang terlibat dalam penjualan iPhone 16 melalui marketplace online. 
     
    Pihak Kemenperin mempertimbangkan penonaktifan IMEI untuk seri iPhone 16 yang diperjualbelikan secara ilegal, guna mencegah konsumen mengakses layanan jaringan di Indonesia. Langkah tegas ini menunjukkan bahwa pemerintah serius dalam menjaga kedaulatan industri lokal dan memastikan bahwa investasi asing membawa dampak positif bagi perekonomian dan masyarakat Indonesia.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (DHI)

  • Mengenal Baut Titanium yang Jadi Tren Modifikasi Anak Motor

    Mengenal Baut Titanium yang Jadi Tren Modifikasi Anak Motor

    Jakarta

    Modifikasi motor tak melulu soal mesin saja, tapi juga dari segi penampilannya. Agar motor kesayangan semakin keren, banyak pemilik motor yang mulai menggunakan baut titanium.

    Tren modifikasi ini dapat mengubah penampilan motor jadi terlihat lebih ngejreng. Sebab, baut titanium yang berwarna-warni menambah kesan sporty sekaligus makin gagah saat mengendarai motor.

    Apalagi jika motor kamu mengusung warna-warna yang cerah, misalnya ungu atau hijau tosca. Penggunaan baut titanium bisa disesuaikan dengan warna dasar motor detikers, sehingga makin terlihat kece.

    Lantas, berapa harga baut titanium untuk sepeda motor? Lalu bagaimana cara membedakan baut titanium asli dan palsu? Simak selengkapnya dalam artikel ini.

    Harga Baut Titanium Motor

    Saat ini, kamu bisa membeli baut titanium secara langsung di toko atau lewat online di berbagai marketplace. Untuk harganya sendiri cukup beragam, tergantung dari ukuran dan mereknya.

    Dari pantauan detikOto di berbagai marketplace, harga baut titanium dibanderol mulai dari Rp 25 ribu hingga Rp 80 ribu per 1 buah baut. Pada umumnya, baut titanium yang dijual di Tanah Air diimpor dari Thailand dan telah disesuaikan dengan standar ukuran baut motor.

    Selain itu, ada juga beberapa toko yang menjual baut titanium dalam satu paket. Misalnya, satu set baut titanium untuk bagian CVT dijual mulai dari Rp 4 jutaan.

    Namun, harga tersebut bisa berbeda tergantung dari jenis motor dan ukuran bautnya. Jadi, kamu bisa menyesuaikan dengan keinginan serta budget yang tersedia.

    Perbedaan Baut Titanium Asli dan Palsu

    Jika detikers ingin membeli baut titanium untuk modifikasi sepeda motor, sebaiknya perlu hati-hati. Sebab, masih ada sejumlah oknum yang mengaku menjual baut titanium asli, padahal kenyataannya palsu.

    Mengutip laman Layz Motor, baut titanium yang terbuat dari kualitas terbaik memiliki bobot yang lebih ringan daripada baut standard. Selain itu, baut titanium menggunakan finishing anodize, yakni direndam dalam larutan kimia dan listrik.

    Nah, salah satu cara membedakan baut titanium asli dan palsu bisa dirasakan dari bobotnya. Meski baut titanium terasa ringan saat dipegang, akan tetapi lebih kokoh karena terbuat dari titanium asli.

    Oleh karena itu, jika tertarik ingin membeli baut titanium asli sebaiknya datang langsung ke toko aksesoris motor terpercaya di kotamu. Jika memang ingin membelinya secara online, pastikan pilih toko yang memiliki reputasi dan ulasan baik dari para pembeli.

    Demikian pembahasan mengenai baut titanium motor dan bedanya dengan yang asli dan palsu. Jadi, tertarik untuk memodifikasi motor kesayanganmu dengan baut titanium?

    (ilf/fds)