Topik: marketplace

  • Punya Strategi Unik, MEA Digital Agency Membuat Lebih dari 3000 UMKM Naik Kelas di E-commerce – Halaman all

    Punya Strategi Unik, MEA Digital Agency Membuat Lebih dari 3000 UMKM Naik Kelas di E-commerce – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Di tengah situasi ekonomi yang tidak menentu, banyak bisnis offline di Indonesia yang merasakan penurunan omzet minat konsumen secara drastis. Namun, dunia e-commerce justru menawarkan cerita yang berbeda.

    Berbeda dengan sektor offline atau konvensional, sektor ini menjadi ruang subur bagi banyak bisnis untuk tetap bertumbuh dan bahkan mencapai omzet yang mengesankan. Di balik kesuksesan ini, terdapat satu agency digital yang telah membantu ribuan UMKM naik kelas, yaitu MEA Digital Agency. Didirikan oleh Yohan Agustian, MEA Digital Agency adalah agency digital yang memiliki banyak keunikan. 

    Dengan strategi peningkatan omzet penjualan online e-commerce yang unik dan efektif, MEA Agency menjadi salah satu pilar utama bagi banyak UMKM untuk meraih kesuksesan di berbagai platform e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, hingga TikTok Shop alias Shop Tokopedia.

    MEA Digital Agency berdiri pada tahun 2020, ketika pandemi melanda Indonesia dan mendorong bisnis untuk beradaptasi. Saat itu, banyak UMKM terpaksa beralih ke dunia e-commerce tanpa persiapan yang matang, hanya untuk bisa bertahan.

    Melihat situasi ini, Yohan Agustian, seorang ahli di bidang e-commerce, tergerak untuk mendirikan sebuah agensi yang bisa menjadi “teman seperjuangan” bagi UMKM dalam menaklukkan dunia e-commerce.

    Berawal dari tim kecil beranggotakan 10 orang, Yohan membangun MEA dengan tujuan membantu UMKM meningkatkan omzet di dunia online. Perusahaan ini terus berkembang pesat, hingga kini memiliki lebih dari 150 orang tim spesialis yang ahli dalam berbagai aspek e-commerce.

    Hingga saat ini, MEA telah membantu lebih dari 4.000 klien UMKM, dengan 3.000 di antaranya berhasil naik kelas dan meraih penjualan jauh lebih tinggi. Pencapaian ini tidak terlepas dari strategi meningkatkan omzet penjualan online yang diterapkan secara unik dan efektif oleh MEA Agency.

    Untuk membantu UMKM meningkatkan penjualan dan meraih kesuksesan di marketplace, MEA Digital Agency menggunakan berbagai strategi peningkatan omzet e-commerce yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan tiap klien. 

    “Kami memang berkomitmen untuk membantu bisnis UMKM untuk terus berkembang bersama di era digital. Karena itu, kami selalu mengedepankan metode strategis yang berorientasi pada keuntungan dan perkembangan UMKM. Sejak berdiri, strategi MEA terus berubah dan saya selalu menyebarkan filosofi dari strategi tersebut pada setiap karyawan,” ungkap Yohan Agustian, CEO dari MEA Digital Marketing.

    Strategi tersebut antara lain melakukan audit toko dengan metode SWOT (Strength, Weakness, Opportunities dan Threats), melakukan optimasi setiap SKU atau produk di toko online, fokus meningkatkan traffic marketplace, berorientasi pada peningkatan konversi setiap produk dan juga mengembangkan produk dan jangkauan penjualan.

    Ada banyak digital agency di Indonesia yang menawarkan hal yang sama dengan MEA. Tapi, MEA Digital Agency memiliki beberapa keunggulan yang jauh lebih baik dari agency lain. Hal ini menjadikan MEA sebagai mitra ideal bagi UMKM yang ingin sukses di e-commerce.

    Pasalnya, ada banyak sekali keunggulan MEA sebagai digital agency. Mulai dari fokus pada kebutuhan setiap kliennya, memiliki berbagai layanan e-commerce yang lengkap, telah menjadi mitra resmi Shopee, Tokopedia, META dan TikTok dan juga memiliki tim spesialis yang berpengalaman.

    Berbagai strategi peningkatan omzet e-commerce yang dilakukan MEA Digital Agency telah terbukti sukses membawa dampak positif bagi ribuan UMKM di Indonesia. Klien MEA tidak hanya merasakan peningkatan penjualan, tetapi juga memiliki pemahaman yang lebih baik tentang cara menjalankan bisnis di marketplace dengan efisien. Banyak UMKM yang dulunya hanya memiliki sedikit penjualan kini telah menjadi brand yang dikenal dan sukses di e-commerce berkat dukungan MEA.

    Dengan semakin banyaknya UMKM yang merasakan manfaat dari strategi dan layanan MEA, perusahaan ini terus menjadi pilihan utama bagi bisnis yang ingin berkembang di platform online. 

    Tak hanya membantu dalam aspek pemasaran, MEA juga mengedukasi kliennya tentang pentingnya kualitas produk, manajemen stock, dan melakukan pelayanan customer dengan baik. Hal ini membuat banyak UMKM mampu membangun reputasi yang positif dan bertahan dalam persaingan yang semakin ketat di marketplace.

    MEA Digital Agency yang didirikan oleh Yohan Agustian telah membawa perubahan yang sangat besar bagi lebih dari 3000 UMKM di Indonesia. Dengan strategi peningkatan omzet e-commerce yang disesuaikan dengan kebutuhan tiap klien, MEA mampu membantu UMKM untuk naik kelas dan meraih kesuksesan yang terus  berkelanjutan. 

    Dari melakukan audit toko yang ketat sampai memberikan layanan end-to-end yang terbaik di Indonesia, MEA menjadi mitra yang dapat diandalkan bagi bisnis yang ingin memaksimalkan potensinya di marketplace.

    Di tengah tantangan ekonomi yang tidak menentu dewasa ini, MEA telah memberikan bukti bahwa dunia e-commerce memiliki potensi yang sangat nbesar bagi siapa saja yang ingin terus berkembang. Melalui berbagai strategi peningkatan omzet e-commerce yang inovatif dan terus dikembangkan beserta penyediaan layanan digital yang lengkap, MEA Digital Agency menjadi solusi tepat bagi UMKM yang ingin sukses dan terus berkembang di dunia digital.

  • Shopee vs Tokopedia vs TikTok, Siapa Juaranya saat Momen 10.10 dan 11.11?

    Shopee vs Tokopedia vs TikTok, Siapa Juaranya saat Momen 10.10 dan 11.11?

    Bisnis.com, JAKARTA – Compas, perusahaan riset pasar, mengungkapkan Shopee masih unggul dari Tokopedia dan TikTok pada penjualan produk Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) selama hari kembar 10.10 dan 11.11 pada 2024. Penurunan daya beli masyarakat tidak mengurangi penjualan keduanya. 

    Public Relations Compas Bayu Wardhana menyampaikan, riset yang dilakukan Compas menemukan bahwa nilai penjualan FMCG secara keseluruhan meningkat 47,5% pada double date 10.10 di tahun 2024, sementara pada 11.11 2024 mengalami peningkatan 35,9% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

    “Double dates di  2024 cukup menarik, karena di sektor FMCG terlihat adanya lonjakan signifikan antara 10.10 dan 11.11 di 2024,” kata Bayu kepada Bisnis, dikutip Jumat (6/12/2024).

    Pada 2024, Compas mencatat nilai penjualan sektor ini pada periode 10.10 mencapai Rp263,6 miliar. Nilainya mengalami peningkatan sebesar 7,2% pada periode 11.11 yang mencapai Rp282,6 miliar.

    Sebagai perbandingan hal ini juga terjadi di 2023, di mana pada periode 10.10 nilai penjualannya berada di angka Rp178,7 miliar, sedangkan pada 11.11 capai Rp207,9 miliar atau meningkat 16,3%.

    Secara terperinci, pada promo momen hari kembar 10.10, Shopee menjadi marketplace dengan kontribusi terbesar di sektor FMCG, mencatatkan nilai penjualan sebesar Rp232,6 miliar.

    Posisi selanjutnya ditempati oleh TikTok Shop dengan penjualan Rp91,1 miliar, diikuti oleh Tokopedia sebesar Rp31 miliar, dan Blibli sebesar Rp2,5 miliar.

    Hal serupa juga terjadi pada periode hari kembar 11.11, di mana Shopee tetap menjadi marketplace dengan kontribusi terbesar di sektor FMCG, mencatat nilai penjualan sebesar Rp252,9 miliar.

    “Di posisi kedua, TikTok Shop berhasil mencapai penjualan sebesar Rp102,2 miliar, diikuti oleh Tokopedia dengan Rp29,6 miliar, dan Blibli sebesar Rp3 miliar,” ungkapnya.

    Lebih lanjut, Compas mencatat kenaikan penjualan pada semua kategori FMCG pada periode hari kembar 11.11 2024 dibandingkan 10.10 2024. 

    Tercatat, kategori Makanan & Minuman mencatat kenaikan tertinggi, meningkat 14% dari Rp61,9 miliar menjadi Rp70,6 miliar. Diikuti oleh kategori Kesehatan yang naik 10%, dari Rp46,7 miliar menjadi Rp51,3 miliar.

    Selanjutnya, kategori Ibu & Bayi yang tercatat tumbuh 8%, dari Rp27,2 miliar menjadi Rp29,4 miliar, dan kategori Perawatan & Kecantikan meningkat 7%, dari Rp221,4 miliar menjadi Rp236,5 miliar.

    Sementara jika dibandingkan data tahunan, penjualan pada double date Oktober 2024 menunjukkan kenaikan di semua kategori FMCG dibandingkan Oktober 2023. 

    Kategori Ibu & Bayi mencatat kenaikan tertinggi, mencapai Rp19,7 miliar atau naik 121% dari sebelumnya Rp8,9 miliar. Diikuti oleh kategori Perawatan & Kecantikan yang naik 49%, dari Rp104 miliar menjadi Rp159,4 miliar. 

    Kemudian, kategori Kesehatan meningkat 40%, dari Rp27,6 miliar menjadi Rp38,5 miliar, dan kategori Makanan & Minuman tumbuh 32%, dari Rp38,2 miliar menjadi Rp50,6 miliar. 

    Hal serupa terjadi pada periode double date 11.11  2024 dibandingkan 11.11 tahun lalu, di mana semua kategori FMCG mencatatkan kenaikan penjualan yang signifikan. 

    Kali ini, kategori Kesehatan mencatatkan kenaikan tertinggi, sebesar Rp41,2 miliar atau tumbuh 87% dari sebelumnyaRp22,1 miliar. Di posisi kedua, kategori Ibu & Bayi tumbuh 76%, dari Rp12,3 miliar menjadi Rp21,6 miliar. 

    Selanjutnya, kategori Makanan & Minuman naik 51%, dari Rp36,8 miliar menjadi Rp55,7 miliar, diikuti oleh kategori Perawatan & Kecantikan yang meningkat 20%, dari Rp136,7 miliar menjadi Rp164,1 miliar.

  • Kisah Ainur Sukses Kembangkan Usaha Telur Asin & Berdayakan Perempuan

    Kisah Ainur Sukses Kembangkan Usaha Telur Asin & Berdayakan Perempuan

    Jakarta

    Ainur Rahmatin, seorang Ketua Klaster UMKM Sabiq Bejo asal Desa Cluring, Kecamatan Kali Tengah, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur sukses mengembangkan usaha telur asinnya. Berkat bantuan BRI, ia tak hanya berhasil mengembangkan usaha tapi juga memberdayakan perempuan di desanya.

    Sejak memulai usaha pada tahun 2009, Ainur fokus mengolah telur asin sederhana yang awalnya hanya dijual di pasar lokal. Melalui inovasi, ia menciptakan berbagai produk olahan telur asin bernilai tinggi seperti kerupuk, makaroni, abon, dan sambal berbahan dasar telur asin.

    Dalam perjalanannya, Ainur mengalami peningkatan produksi yang signifikan. Dari yang awalnya hanya mampu memproduksi 20 butir telur asin per minggu, pada tahun 2019 usahanya mampu menghasilkan hingga 5.000 butir per minggu.

    Peningkatan ini tidak lepas dari kerja keras Ainur dalam meningkatkan kualitas produksi dan pemasaran produknya. Ainur mendapatkan pendampingan usaha dari BRI, termasuk bantuan berupa peralatan produksi, pelatihan kewirausahaan, dan kesempatan mengikuti pameran.

    Untuk pemasaran daring, Ainur memanfaatkan platform seperti Localoka yang dikembangkan BRI untuk pelaku usaha dalam memasarkan produknya. Selain itu, Ainur juga menggunakan marketplace populer lainnya seperti Tokopedia untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

    Pandemi COVID-19 menjadi tantangan besar bagi usaha Ainur. Pada 2020, pembatasan aktivitas masyarakat sempat membuat distribusi produk telur asin miliknya terhenti. Ainur melakukan diversifikasi produk, menciptakan olahan baru seperti kerupuk, makaroni, abon, dan sambal telur asin.

    Langkah ini tidak hanya berhasil mempertahankan kelangsungan usahanya di tengah pandemi, tetapi juga membuka peluang pasar baru dan meningkatkan daya tarik produknya.

    Produk-produknya dirancang sesuai selera lokal, dengan tingkat keasinan yang lebih lembut dibandingkan produk telur asin dari daerah lain. Kini, Ainur telah memberdayakan sekitar 20 perempuan di desanya, membuka peluang ekonomi baru bagi masyarakat di daerahnya.

    “Dulu ibu-ibu di sini sebagian besar hanya mengandalkan penghasilan suami yang mayoritas bekerja sebagai petani atau pekerja tambak. Dengan bergabung dalam usaha ini, kini mereka memiliki penghasilan sendiri yang membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga,” ujar Ainur, dalam keterangan tertulis, Jumat (6/12/2024).

    Ainur Rahmatin merupakan salah satu sosok Figur Inspiratif Lokal (FIL) yang dihadirkan BRI untuk memotivasi para pelaku usaha terus tumbuh dan berkembang. Program ini juga bertujuan untuk meningkatkan economic dan social value sebagai bagian mengakselerasi pemulihan ekonomi dengan cara memberdayakan UMKM, khususnya sosok inspiratif.

    Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan figur inspiratif lokal (FIL) ini merupakan program pemberdayaan sebagai bentuk apresiasi kepada figur inspiratif lokal.

    “Mereka dianggap telah memiliki inisiatif murni untuk memberikan dampak atau pengaruh positif bagi pelaku usaha/UMKM di lingkungan masyarakat sekitarnya,” ujar Supari.

    (anl/ega)

  • Di Depok, Pemberian Makanan Tambahan Lokal ke Balita-Bumil Manfaatkan Marketplace – Halaman all

    Di Depok, Pemberian Makanan Tambahan Lokal ke Balita-Bumil Manfaatkan Marketplace – Halaman all

    Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

    TRIBUNNEWS.COM, DEPOK –  Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Kesehatan Kota Depok melaksanakan program pemberian makanan tambahan berbahan pangan lokal. Program yang dimulai pada 13 September 2024 itu menyasar 2.197 anak balita dan 279 ibu hamil yang tersebar pada 38 puskesmas di Kota Depok.

    Program pemberian makanan tambahan (PMT) berbahan pangan lokal untuk 2.197 anak balita berlangsung selama 56 hari, yakni mulai tanggal 13 September-16 November 2024. Sementara itu, PMT lokal untuk 279 ibu hamil dijadwalkan berlangsung 84 hari, yakni 13 September hingga 19 Desember 2024.

    Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, dr. Mary Liziawati, mengatakan, program PMT dengan bahan pangan lokal berfokus pada anak balita dengan kondisi berat badan tidak naik, berat badan kurang, serta kurang gizi.

    Sementara itu, ibu hamil (bumil) yang masuk kriteria adalah ibu hamil kurang energi kronis (KEK) dan berisiko KEK. Pangan lokal yang diberikan berupa makanan lengkap siap santap dan/atau kudapan secara bergantian setiap hari. 

    “Kami memastikan makanan yang disalurkan adalah produk lokal berkualitas yang mendukung kebutuhan gizi bagi ibu dan anak di Kota Depok,” ungkap Mary.

    “Dengan adanya sinergi antara pemerintah, sektor swasta, dan UMKM lokal, kami berharap program ini dapat membawa dampak positif yang signifikan terhadap pengurangan angka stunting di Kota Depok,” ujar Mary.

    Program PMT berbahan pangan lokal memanfaatkan teknologi informasi melalui pemesanan secara online atau dalam jaringan (daring).

    Dinkes Kota Depok bekerja sama dengan Mbizmarket, platform daring mitra Lembaga Kebijakan Pengadaan Pemerintah (LKPP), yang memungkinkan pengadaan dan distribusi makanan tambahan berlangsung efisien.

    Pemesanan melalui platform “marketplace” mendorong proses distribusi makanan tambahan menjadi lebih cepat, tepat, dan efisien.

    Pelaksanaan PMT lokal di Depok memastikan UMKM lokal menyediakan bahan pangan bergizi, serta pengawasan ketat oleh tim kualitas dan gizi, sehingga setiap makanan yang didistribusikan telah memenuhi standar gizi nasional sesuai peraturan dari Kementerian Kesehatan. Jumlah UMKM yang dilibatkan sebagai penyedia makanan tambahan berjumlah 38 UMKM, yakni 1 penyedia untuk 1 puskesmas.

    Program PMT lokal dengan memanfaatkan teknologi secara daring merupakan salah satu inovasi pemerintah Kota Depok dalam meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

    Pemanfaatan marketplace diharapkan dapat menjangkau kelompok sasaran secara lebih luas, serta menjadi salah satu langkah strategis dalam mengatasi masalah gizi di Kota Depok.

    “Penggunaan platform online dalam pengadaan PMT lokal mendorong pengadaan barang dan jasa lebih akuntabel, melibatkan UMKM, serta memudahkan puskesmas dan penyedia dalam bertransaksi,” kata Mary.

    Pada tahun 2025, pemberian PMT berbahan pangan lokal di Depok direncanakan tetap melibatkan 38 puskesmas. PMT lokal merupakan program reguler karena menjadi menu wajib dari Dana Alokasi Khusus Bantuan Operasional Kesehatan (DAK BOK) Puskesmas hingga tahun 2025.

    CEO & Co – Founder Mbizmarket, Ryn Mulyanto Riyadi Hermawan, mengemukakan, pelaksanaan program PMT di Depok dengan teknologi berbasis daring memastikan UMKM penyedia telah terverifikasi.

    Ini karena mereka memiliki peran dan tanggung jawab dalam pengadaan dan distribusi makanan, serta pemantauan terhadap proses distribusi makanan hingga sampai kepada penerima manfaat.

    “Kami senang platform Mbizmarket dapat dimanfaatkan untuk mendukung program PMT di Depok. Teknologi platfrom Mbizmarket berbasis daring dimanfaatkan untuk mengatasi tantangan-tantangan yang dihadapi oleh Dinas Kesehatan di berbagai kota dan kabupaten di seluruh Indonesia,” ujarnya.

    Mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 58/PMK.03/2022 atau PMK 58,  Mbizmarket sebagai wajib pungut (WAPU) bertugas membantu memungut dan menyetor pajak penyedia; dan yang terpenting menjalankan program secara transparan dan akuntabel.

     

     

  • Melalui Pendampingan BRI, Sosok Ini Berhasil Memberdayakan Komunitas Perempuan di Lamongan

    Melalui Pendampingan BRI, Sosok Ini Berhasil Memberdayakan Komunitas Perempuan di Lamongan

    Lamongan: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung pemberdayaan ekonomi lokal melalui program klaster UMKM. Salah satu kisah sukses yang lahir dari program ini adalah sosok perempuan Ainur Rahmatin, seorang Ketua Klaster UMKM Sabiq Bejo asal Desa Cluring, Kecamatan Kali Tengah, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.
     
    Dengan semangat inovasi dan kepedulian sosial, Ainur tidak hanya berhasil mengembangkan usaha telur asin tetapi juga memberdayakan perempuan di desanya.
     
    Sejak memulai usaha pada 2009, Ainur fokus mengolah telur asin sederhana yang awalnya hanya dijual di pasar lokal. Melalui inovasi, ia menciptakan berbagai produk olahan telur asin bernilai tinggi seperti kerupuk, makaroni, abon, dan sambal berbahan dasar telur asin. Produk-produknya dirancang sesuai selera lokal, dengan tingkat keasinan yang lebih lembut dibandingkan produk telur asin dari daerah lain. Kini, Ainur telah memberdayakan sekitar 20 perempuan di desanya, membuka peluang ekonomi baru bagi masyarakat di daerahnya.
    “Dulu ibu-ibu di sini sebagian besar hanya mengandalkan penghasilan suami yang mayoritas bekerja sebagai petani atau pekerja tambak. Dengan bergabung dalam usaha ini, kini mereka memiliki penghasilan sendiri yang membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga,” ujar Ainur Rahmatin.
     
    Dalam perjalanannya, Ainur mengalami peningkatan produksi yang signifikan. Dari yang awalnya hanya mampu memproduksi 20 butir telur asin per minggu, pada 2019 usahanya mampu menghasilkan hingga 5.000 butir per minggu. Peningkatan ini tidak lepas dari kerja keras Ainur dalam meningkatkan kualitas produksi dan pemasaran produknya.
     
     

     
    Ainur mendapatkan pendampingan usaha dari BRI, termasuk bantuan berupa peralatan produksi, pelatihan kewirausahaan, dan kesempatan mengikuti pameran. Untuk pemasaran daring, Ainur memanfaatkan platform seperti Localoka yang dikembangkan BRI untuk pelaku usaha dalam memasarkan produknya. Selain itu, Ainur juga menggunakan marketplace populer lainnya seperti Tokopedia untuk menjangkau pasar yang lebih luas.
     
    Pandemi covid-19 menjadi tantangan besar bagi usaha Ainur. Pada 2020, pembatasan aktivitas masyarakat sempat membuat distribusi produk telur asin miliknya terhenti. Namun, dengan kreativitas dan semangat inovasi, Ainur melakukan diversifikasi produk, menciptakan olahan baru seperti kerupuk, makaroni, abon, dan sambal telur asin. Langkah ini tidak hanya berhasil mempertahankan kelangsungan usahanya di tengah pandemi, tetapi juga membuka peluang pasar baru dan meningkatkan daya tarik produknya.
     
    Ainur Rahmatin merupakan salah satu sosok Figur Inspiratif Lokal (FIL) yang dihadirkan BRI untuk memotivasi para pelaku usaha terus tumbuh dan berkembang. Program ini juga bertujuan untuk meningkatkan economic dan social value sebagai bagian mengakselerasi pemulihan ekonomi dengan cara memberdayakan UMKM, khususnya sosok inspiratif.
     
    Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan bahwa figur inspiratif lokal (FIL) ini merupakan program pemberdayaan sebagai bentuk apresiasi kepada figur inspiratif lokal.
     
    “Mereka dianggap telah memiliki inisiatif murni untuk memberikan dampak atau pengaruh positif bagi pelaku usaha/UMKM di lingkungan masyarakat sekitarnya,” ujar Supari.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Cuan Banyak! Inilah Aplikasi Investasi Terbaik 2024 yang Aman untuk Pemula dan Diawasi OJK

    Cuan Banyak! Inilah Aplikasi Investasi Terbaik 2024 yang Aman untuk Pemula dan Diawasi OJK

    JABAR EKSPRES – Inilah aplikasi investasi terbaik 2024 yang bisa menghasilkan banyak cuan, aman untuk pemula dan diawasi OJK.

    Investasi kini menjadi salah satu cara cerdas untuk mengelola keuangan dan menambah penghasilan pasif.

    Namun, bagi pemula, memilih aplikasi investasi yang aman dan terpercaya bisa menjadi tantangan.

    Untungnya, tahun 2024 menghadirkan berbagai aplikasi investasi terbaik yang mudah digunakan, aman, dan tentunya diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

    BACA JUGA: Deretan Aplikasi Penghasil Uang, Nomor 4 Paling Terbukti Membayar!

    Berikut adalah rekomendasi aplikasi investasi terbaik tahun 2024 yang cocok untuk pemula dan telah memenuhi standar keamanan finansial di Indonesia.

    Keunggulan Memilih Aplikasi yang Diawasi OJK

    1. Keamanan Terjamin: Aplikasi yang terdaftar di OJK wajib mematuhi regulasi yang ketat, sehingga dana Anda lebih terlindungi.

    2. Transparansi: Semua transaksi dan pengelolaan dana dilakukan secara transparan.

    3. Bebas Penipuan: Aplikasi yang diawasi OJK mengurangi risiko investasi bodong atau ilegal.

    Daftar Aplikasi Investasi Terbaik 2024

    1. Bibit

    Bibit dikenal sebagai aplikasi investasi reksa dana yang user-friendly. Dengan fitur Robo Advisor, pemula bisa mendapatkan rekomendasi investasi berdasarkan profil risiko mereka.

    Minimal investasi di Bibit ini mulai dari Rp10.000, tersedia juga opsi Syariah, dan yang paling penting adalah sudah terdaftar di OJK.

    BACA JUGA: Tarik Saldo dari Aplikasi Game Penghasil Uang, Mudah dan Langsung Cair dalam Hitungan Menit

    2. Ajaib

    Ajaib menjadi pilihan populer bagi investor muda. Ajaib menawarkan fitur edukasi investasi sehingga cocok untuk belajar.

    Keunguulan berinvestasi pada aplikasi ini yaitu tidak ada minimal deposit untuk investasi saham, memiliki biaya transaksi rendah, serta sudah mendapat izin dari OJK dan BEI.

    3. Pluang

    Pluang menawarkan beragam pilihan aset investasi dalam satu aplikasi. Cocok bagi mereka yang ingin mencoba berbagai instrumen investasi.

    Minimal pembelian emas mulai dari Rp10.000, diversifikasi asset yang luas, dan diawasi OJK dan terdaftar di di Bappebti asset crypto.

    4. Bareksa

    Bareksa merupakan marketplace investasi terintegrasi pertama di Indonesia. Cocok untuk pemula yang ingin mulai investasi SBN dan reksa dana.

  • Maksimalkan Big Data dan AI, iDA by Indosat Business Jadi AI Impact Leader of the Year 2024 – Page 3

    Maksimalkan Big Data dan AI, iDA by Indosat Business Jadi AI Impact Leader of the Year 2024 – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta iDA (Indosat Digital Analytics) by Indosat Business dinilai mampu memaksimalkan potensi perusahaan di bidang Big Data dan Artificial Intelligence (AI). Berkat hal itu, iDA (Indosat Digital Analytics) by Indosat Business pun sukses menyabet penghargaan kategori AI Impact Leader of the Year di ajang Future AI Summit & Awards 2024.

    Selain itu, penghargaan yang diraih iDA (Indosat Digital Analytics) by Indosat Business membuktikan bahwa platform berbasis big data dan analitik terdepan di Indonesia tersebut selaras dengan visi Indosat Ooredoo Hutchison untuk bertransformasi dari telco tradisional menjadi AI-native TechCo guna menghadirkan solusi yang berdampak bagi dunia bisnis secara keseluruhan.

    SVP-Head of B2B Data Monetization, Indosat Ooredoo Hutchison, Pulkit Khanna mengungkapkan bahwa penghargaan tersebut menjadi bukti bahwa perjalanan transformasi pihaknya menuju AI-native TechCo berada di jalur yang tepat. 

    “Hal ini juga mencerminkan dedikasi dan inovasi yang telah dilakukan oleh tim iDA by Indosat Business dan big data dan analitik memainkan peran yang sangat penting bagi perusahaan,” ungkapnya.

    Pulkit juga menyebut, dengan memanfaatkan big data, perusahaan dapat mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis sejumlah data yang berasal dari berbagai sumber dan dengan iDA by Indosat Business.

    “Perusahaan dapat lebih baik memahami data serta menerjemahkannya menjadi strategi bisnis yang efektif, meningkatkan daya saing dan ketangguhan dalam menghadapi perubahan pasar,” sebutnya.

    Sebagai informasi, Layanan iDA dirancang membantu bisnis dari berbagai sektor, termasuk perbankan, FMCG, ritel, dan pemerintahan guna mencapai keputusan yang lebih tepat melalui pemanfaatan data. 

    Tak hanya itu, Layanan iDA juga menawarkan serangkaian fitur yang mencakup Advertisement Technology, Analytics Solutions, Identity Management, Data Marketplace, dan Custom Analytics.

  • Daftar Kosmetik Berbahaya Temuan Baru BPOM, Picu Kanker-Kerusakan Hati

    Daftar Kosmetik Berbahaya Temuan Baru BPOM, Picu Kanker-Kerusakan Hati

    Jakarta

    Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) kembali menindak tegas temuan kosmetik berbahaya mengandung zat terlarang. Bahkan beberapa pewarna yang dipakai dalam produk merupakan bahan yang umum dipakai untuk tekstil.

    Risikonya bila terpapar bisa berujung fatal. Pengujian dilakukan sejak November 2023 hingga Oktober 2024 pada 44 produk kosmetik yang beredar di pasaran maupun secara daring di media online dan marketplace.

    Kepala BPOM RI Taruna Ikrar mengumumkan terdapat 55 produk kosmetik yang mengandung bahan dilarang dan/atau bahan berbahaya. Temuan ini terdiri dari 35 produk kosmetik yang dibuat berdasarkan kontrak produksi, 6 produk kosmetik yang diproduksi dan diedarkan oleh industri kosmetik, dan 14 produk kosmetik impor.

    “Merkuri dapat mengakibatkan terjadinya perubahan warna kulit berupa bintik-bintik hitam (ochronosis), alergi, iritasi kulit, sakit kepala, diare, muntah-muntah, dan kerusakan ginjal. Asam retinoat dapat mengakibatkan kulit kering, rasa terbakar, dan perubahan bentuk atau fungsi pada organ janin (bersifat teratogenik). Hidrokinon berpotensi mengakibatkan hiperpigmentasi, menimbulkan ochronosis, serta perubahan warna kornea dan kuku,” jelas Taruna dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom Selasa (3/12/2023).

    “Kemudian pewarna dilarang (merah K3, merah K10, dan acid orange 7) bersifat karsinogenik atau menyebabkan kanker dan dapat mengganggu fungsi hati. Adanya timbal pada kosmetik dapat merusak fungsi organ dan sistem tubuh,” wanti-wantinya.

    Sejumlah produk kosmetik kemudian diberhentikan baik dari kegiatan produksi, peredaran, maupun impor dari luar negeri.

    Next: Daftar kosmetik berbahaya

    Simak Video “Video BPOM Cabut Izin Edar 16 Produk Kosmetik gegara Pakai Jarum Suntik”
    [Gambas:Video 20detik]

  • Dapat Rice Cooker Gratis dari KESDM, Warga di Blora Ngaku Ditarik Pungli oleh Oknum Pemdes

    Dapat Rice Cooker Gratis dari KESDM, Warga di Blora Ngaku Ditarik Pungli oleh Oknum Pemdes

    Liputan6.com, Blora – Sejumlah warga Desa Sarimulyo, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, mendapatkan bantuan rice cooker gratis dari Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM). Tapi bukannya senang, warga malah kecewa, lantaran mereka harus membayar uang tebusan ke oknum pemerintah desa alias pungli untuk mendapatkan rice cooker.

    Berdasarkan pengakuan seorang warga, setidaknya ada sekitar 40 warga desa setempat yang mendapatkan bantuan tersebut. Pada Sabtu (30/11/2024) lalu mereka diberitahu mendapatkan bantuan rice cooker oleh pemerintah desa.

    “Saat mengambil di rumah pak kades, sekaligus ditarik uang penebusan,” jelasnya kepada awak media di Blora, ditulis Liputan6.com pada Senin (2/12/2024).

    Menurutnya uang penebusan itu mencapai Rp100-150 ribu. Padahal sejak awal, dari petugas PLN yang melakukan pendataan menyampaikan bahwa bantuan itu gratis.

    “Karena ada yang tahu kalau itu gratis, ada warga yang dapat jatah gak mau bayar. Akhirnya gak jadi dapat,” imbuhnya.

    Diketahui, rice cooker yang didapatkan warga itu merk Sekai dengan kapasitas 1,8 liter. Berdasarkan marketplace, harga rice cooker serupa sekitar Rp 500 ribu.

    Manajer PLN ULP Blora, Setiyo Karminto mengatakan untuk program tersebut benar dari KESDM, tetapi pihaknya diminta melakukan survei untuk nama calon penerima. Namun, ia memastikan progam bantuan itu gratis.

    “Iya mas, benar itu gratis,” paparnya.

     

  • Cari TWS Berkualitas Harga Rp 1 Jutaan? EarFun Air Pro 4 Jawabannya!

    Cari TWS Berkualitas Harga Rp 1 Jutaan? EarFun Air Pro 4 Jawabannya!

    Jakarta

    Mencari True Wireless Stereo (TWS) dengan kualitas unggulan dan harga yang ramah di kantong memang bukan hal mudah. Di tengah banyaknya pilihan di pasaran, TWS yang dilengkapi dengan fitur premium sering kali dibanderol dengan harga yang cukup tinggi.

    Hal ini membuat konsumen harus lebih selektif dalam memilih produk yang tidak hanya berkualitas tetapi juga sesuai dengan budget.

    Kini, hadir solusi yang memadukan teknologi canggih dan harga terjangkau, yaitu EarFun Air Pro 4. Produk ini memberikan banyak keunggulan yang jarang ditemukan di TWS lain dengan kisaran harga serupa. Ditambah lagi, kemudahan untuk mendapatkannya tersedia di platform terpercaya seperti EarFun Indonesia di Tokopedia, sehingga tidak perlu repot keluar rumah.

    Selain menawarkan harga yang bersahabat, EarFun Air Pro 4 dikenal dengan performa audionya yang memukau. Didukung teknologi terkini, TWS ini menjanjikan pengalaman mendengarkan musik yang lebih kaya, detail, dan mengesankan. Proses pembelian juga semakin praktis karena tersedia di EarFun Indonesia di Shopee, memberikan pilihan belanja yang aman dan nyaman.

    Spesifikasi Unggulan EarFun Air Pro 4

    Berbicara soal spesifikasi, EarFun Air Pro 4 tidak hanya mengandalkan harga terjangkau, tetapi juga menghadirkan fitur-fitur premium yang membuatnya mampu bersaing dengan produk sekelasnya. Berikut tujuh spesifikasi unggulan yang wajib diketahui:

    1. QuietSmart™ 3.0 Adaptive Noise Cancellation hingga 50dB

    Teknologi QuietSmart™ 3.0 memungkinkan Anda menikmati audio bebas gangguan dengan kemampuan memblokir kebisingan hingga 50dB. Sistem adaptifnya bekerja secara cerdas, menyesuaikan pengurangan kebisingan berdasarkan kondisi lingkungan. Fitur ini sangat ideal untuk bekerja di tempat ramai, mendengarkan musik dalam perjalanan, atau saat berkomunikasi di tempat umum. Pengalaman mendengarkan menjadi lebih jernih, fokus, dan nyaman.

    2. Advanced Qualcomm® QCC3091 SoC dengan aptX™ Lossless Audio & Bluetooth 5.4

    Prosesor Qualcomm QCC3091 menawarkan efisiensi daya yang lebih baik dan koneksi yang stabil. Dengan dukungan aptX™ Lossless Audio, EarFun Air Pro 4 menghadirkan kualitas suara dengan detail tinggi.

    Ditambah lagi, Bluetooth 5.4 memungkinkan koneksi cepat dan minim latensi. Teknologi ini menjadikan TWS ini sangat cocok untuk streaming video, bermain game, atau mendengarkan musik tanpa gangguan.

    3. Hi-Res Audio & Snapdragon Sound Dual Certifications dengan LDAC Codec Support

    Sertifikasi Hi-Res Audio dan Snapdragon Sound menjadi jaminan kualitas suara superior. LDAC Codec Support memungkinkan transfer data audio hingga tiga kali lebih banyak dibandingkan codec Bluetooth biasa.

    Dengan teknologi ini, EarFun Air Pro 4 memberikan pengalaman mendengarkan suara berkualitas studio, menjadikannya pilihan ideal bagi audiophile.

    4. Enhanced 6-mic + AI Algorithm + cVc™ 8.0 Tech for Superior Clarity Call Quality

    EarFun Air Pro 4 dilengkapi dengan enam mikrofon yang bekerja bersama algoritma AI dan teknologi cVc™ 8.0 untuk menghasilkan kualitas suara panggilan yang jernih. Mikrofon ini mampu menangkap suara dengan presisi tinggi sambil mengurangi noise dari lingkungan sekitar.

    Hal ini membuat suara pengguna terdengar jelas di sisi lawan bicara, sehingga percakapan dengan teman, keluarga, atau rekan kerja dalam online meeting menjadi lebih nyaman dan lancar.

    5. Auracast™ & LE Audio Support

    Teknologi Auracast™ memungkinkan pengguna berbagi audio dengan perangkat lain secara real-time. Hal ini berguna saat ingin menonton film bersama teman menggunakan earphone masing-masing. Sementara itu, LE Audio memberikan efisiensi daya yang lebih baik, meningkatkan daya tahan baterai tanpa mengurangi kualitas suara. Kedua fitur ini menjadikan EarFun Air Pro 4 pilihan tepat untuk pengalaman mendengarkan yang fleksibel.

    6.

    Fitur ini dirancang khusus untuk Anda yang sering menonton video atau bermain game. Latensi rendah di bawah 50ms memastikan audio dan visual tersinkronisasi dengan baik, menciptakan pengalaman multimedia yang imersif. Tidak hanya memberikan hiburan yang memuaskan, fitur ini juga mendukung produktivitas bagi mereka yang sering menggunakan aplikasi konferensi video.

    7. Personalisasi dengan EarFun Audio App

    EarFun Air Pro 4 memiliki aplikasi pendamping yang memungkinkan Anda menyesuaikan equalizer sesuai preferensi pribadi. Aplikasi ini juga menghadirkan preset equalizer dari Fernanda Gunsan, seorang audio guru asal Indonesia, yang dirancang untuk memberikan output suara optimal.

    Selain itu, Anda dapat memperbarui firmware secara berkala melalui aplikasi ini, memastikan TWS Anda selalu mendapatkan teknologi terbaru.

    8. 52-hour Playtime: 11 Hours + 41 Hours with Charging Case

    EarFun Air Pro 4 menawarkan daya tahan baterai hingga 52 jam total penggunaan. Unit TWS-nya sendiri mampu bertahan selama 11 jam dalam sekali pengisian, sedangkan charging case memberikan tambahan daya hingga 41 jam.

    Jika Anda sedang terburu-buru, fitur fast charging memungkinkan penggunaan selama 2 jam hanya dengan pengisian daya 10 menit.

    Beli di e-Commerce, Dapatkan Garansi 24 Bulan

    EarFun Air Pro 4 tersedia di berbagai e-commerce terpercaya seperti Tokopedia dan Shopee. Selain memudahkan pembelian, platform ini juga menyediakan ulasan pengguna yang dapat menjadi referensi tambahan sebelum membeli.

    Produk ini hadir dengan garansi hingga 24 bulan atau 2 tahun, memberikan rasa aman kepada pelanggan. Proses klaim garansi pun sangat mudah, cukup mengisi formulir yang tersedia dalam paket pembelian. Hal ini menjadikan EarFun Air Pro 4 tidak hanya unggul dalam fitur, tetapi juga layanan purna jualnya.

    EarFun Air Pro 4 adalah solusi terbaik bagi pengguna yang menginginkan TWS dengan fitur premium dan harga terjangkau. Hadir dengan teknologi canggih seperti noise cancellation adaptif, mikrofon AI, dan daya tahan baterai yang luar biasa, TWS ini cocok untuk berbagai kebutuhan, mulai dari hiburan hingga pekerjaan.

    Jadi, tunggu apalagi? dapatkan di marketplace favorit Anda sekarang juga dan rasakan pengalaman audio yang luar biasa tanpa perlu menguras kantong!

    (ads/ads)