Topik: marketplace

  • Cari Speaker Bluetooth? EarFun UBOOM Series Hadir dengan Ragam Pilihan

    Cari Speaker Bluetooth? EarFun UBOOM Series Hadir dengan Ragam Pilihan

    Jakarta

    Speaker bluetooth menjadi salah satu device yang dibutuhkan saat ini baik untuk kebutuhan mendengarkan musik di rumah, saat berkemah bersama teman, hingga untuk menemani di saat garden party bersama kerabat. Maka dari itu, speaker dengan fitur yang lengkap dan melimpah tentu menjadi pilihan banyak orang!

    EarFun UBOOM Series hadir menjawab segala kebutuhanmu dengan berbagai varian yang dapat kamu pilih. Dapatkan jajaran Speaker EarFun UBOOM di marketplace favoritmu dengan mudah! Namun, bila kamu penasaran ingin memilih produk EarFun UBOOM Series yang mana, maka simak ulasan tentang keunggulan tiap produk di artikel ini!

    EarFun UBOOM dengan Kualitas Suara 360°

    EarFun UBOOM merupakan speaker bluetooth dengan desain portabel dan memiliki audio berkualitas. Ukurannya yang kecil dan bobotnya yang ringan membuat speaker ini mudah dibawa ke mana saja.

    Sertifikasi IPX7 membuatnya tahan air, sehingga kamu tidak perlu khawatir jika digunakan di dekat air bahkan saat hujan. Teknologi Spatial 360° Audio yang disematkan pada speaker ini memberikan pengalaman mendengarkan musik yang memuaskan.

    Speaker ini juga mampu bertahan hingga 16 jam nonstop sehingga cocok untuk dijadikan andalan saat kamu memiliki acara sepanjang hari.

    Fitur stereo pairing di speaker ini memungkinkan kamu menghubungkan dua unit speaker untuk menghasilkan suara stereo yang lebih luar biasa. EarFun UBOOM adalah pilihan tepat untuk penggunaan indoor maupun outdoor.

    EarFun UBOOM L yang Tahan Segala Cuaca

    Jika kamu mencari speaker dengan performa audio berkelas maka EarFun UBOOM L adalah jawabannya. Teknologi JumboBass™ dan tuning khusus oleh Oluv membuat speaker ini mampu menghasilkan suara yang kaya dan natural.

    Dynamic Boost Drivers dan Dual Passive Radiators memastikan suara bassnya terdengar, tentu ini sangat cocok bagi kamu yang suka mendengarkan detail musik. Speaker ini juga didesain untuk penggunaan di luar ruangan karena memiliki sertifikasi IP67 yang membuatnya tahan air dan debu.

    Dari sisi daya tahan baterainya juga cukup mengagumkan, kamu bisa mengandalkannya hingga 16 jam! Jadi, memungkinkan kamu menikmati musik lebih lama. Tidak sampai di situ, melalui aplikasi EarFun kamu dapat mengatur preset audio sesuai selera. Fitur Stereo Pairing juga tersedia untuk menghubungkan dua speaker sekaligus.

    EarFun UBOOM Raver dengan Cahaya RGB

    Bagi kamu yang ingin meramaikan suasana maka EarFun UBOOM Raver adalah pilihan yang ideal. Speaker ini dilengkapi dengan kekuatan audio 90W yang memberikan dentuman bass luar biasa! Cocok untuk meramaikan suasana saat sedang berkumpul dengan teman atau kerabat.

    Fitur RGB LED Party Lights juga akan membuat suasana semakin hidup dan penuh warna. EarFun UBOOM Raver juga tahan terhadap percikan air sehingga aman digunakan di dekat kolam renang atau dalam kondisi outdoor.

    Ada slot AUX untuk microphone memungkinkan kamu menikmati pengalaman karaoke bersama teman-teman. Tidak ketinggalan, Stereo Pairing juga dapat digunakan untuk menghubungkan dua speaker.

    EarFun UBOOM X dengan Berbagai Fitur Canggih

    EarFun UBOOM X hadir untuk kamu yang membutuhkan speaker dengan performa dan kualitas terbaik! Teknologi 4-Driver JumboBass™ di speker ini mampu menghasilkan detail suara bass yang menggelegar hingga 80W. Playtimenya pun sangat panjang bisa hingga 30 jam! Tentu sangat cocok untuk berbagai kebutuhan.

    Speaker ini juga dilengkapi dengan lampu LED yang dapat menyesuaikan suasana serta sertifikasi IP67 yang menjadikannya tahan air dan debu. Salah satu fitur unggulan dari EarFun UBOOM X adalah Stereo Pairing Massal yang memungkinkan kamu menghubungkan hingga 50 speaker sekaligus. Bayangkan, betapa banyaknya efek audio yang bisa kamu dengarkan! Aplikasi EarFun juga akan memberikan kamu kemudahan dalam mengatur preset audio sesuai kebutuhan.

    Bahkan, Red Dot Design Award menjadi bukti pengakuan terhadap betapa baiknya desain dan kualitas produk ini!

    Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk membeli salah satu produk EarFun UBOOM di atas? Seluruh produk dalam seri EarFun UBOOM telah memiliki sertifikasi SNI yang memastikan produk ini aman dan sesuai dengan standar kualitas tinggi. EarFun juga memberikan garansi 24 bulan untuk setiap pembelian yang akan memberikan rasa aman bagi kamu sebagai konsumen.

    EarFun UBOOM Series menghadirkan pilihan speaker bluetooth yang cocok untuk berbagai kebutuhan. Jangan ragu untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhanmu dan dapatkan Speaker EarFun UBOOM di marketplace favoritmu sekarang juga!

    (akd/ega)

  • Deretan HP Oppo dengan RAM 8 GB, Budget Rp 2 Jutaan

    Deretan HP Oppo dengan RAM 8 GB, Budget Rp 2 Jutaan

    Jakarta

    Canggihnya teknologi membuat spek juga perlu ditingkatkan, khususnya RAM. Untuk itu, berikut deretan HP Oppo dengan RAM 8 GB dan harga terjangkau.

    Berbagai aktivitas harian, seperti belajar, hiburan, hingga bekerja dapat dilakukan dengan mudah menggunakan HP. Jika Anda menjalankan aplikasi lebih dari satu, RAM yang digunakan akan besar.

    Saat ini, sudah banyak HP yang hadir dengan RAM 8 GB dan harga bervariasi. Di antara produsen yang meluncurkan HP RAM 8 GB, Oppo menawarkan sejumlah HP yang dibanderol dengan budget di bawah Rp 3 juta saja. Berikut daftarnya.

    1. Oppo A78 4G

    Pertama, ada Oppo A78 4G yang menggunakan chipset Snapdragon 680 dan RAM 8 GB. Memori internalnya berkapasitas 256 GB dan masih bisa diperluas hingga 1 TB menggunakan kartu microSD. HP ini memiliki kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh.

    Dari sisi layar, Oppo A78 4G hadir dengan ukuran 6,4 inci dan resolusi Full HD+. Layar ini juga dilengkapi tingkat kecerahan hingga 600 nits, serta panel AMOLED yang mendukung sensor sidik jari di layar.

    Oppo A78 4G tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu hijau dan hitam. HP ini mengalami penurunan harga dari pretama diluncurkan. Di marketplace, berkisar antara Rp 2,7 juta hingga Rp 2,9 juta.

    2. Oppo Reno4 F

    Diperkenalkan pada Oktober 2020, Oppo Reno4 F kini dijual dengan harga sekitar Rp 2,6 juta hingga Rp 2,9 juta di marketplace. Seri ini tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu Magic Blue, Matte Black, dan Metallic White.

    Performa Oppo Reno4 F ditenagai oleh chipset MediaTek Helio P95 dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB. Layarnya berukuran 6,43 inci dengan resolusi FHD+ dan tipe Super AMOLED, yang memberikan gambar lebih hidup.

    Ponsel ini juga dilengkapi dengan Dual Punch-Hole Display, yang membuat layar terlihat lebih luas dan nyaman digunakan. Selain itu, layar tersebut sudah dilindungi dengan Gorilla Glass 3.

    Oppo Reno4 F memiliki empat kamera belakang dengan konfigurasi 48 MP, 8 MP, 2 MP, dan 2 MP. Sedangkan di bagian depan, terdapat dua kamera beresolusi 16 MP dan 2 MP. Baterainya memiliki kapasitas 4.000 mAh dan mendukung pengisian cepat 18W.

    3. Oppo Reno5 F

    Oppo Reno5 F diluncurkan pada Maret 2021. Ponsel ini menggunakan chipset MediaTek Helio P95 yang dipadukan dengan RAM 8 GB. Memori internalnya berkapasitas 128 GB, yang masih bisa diperluas hingga 256 GB dengan kartu microSD.

    Layarnya mengusung panel AMOLED berukuran 6,43 inci dengan resolusi 1.080 x 2.400 piksel dan rasio 20:9. Fitur sensor sidik jari juga tersedia pada perangkat ini. Baterainya memiliki kapasitas 4.310 mAh dan mendukung pengisian cepat VOOC 30W, yang memungkinkan pengisian daya hingga penuh dalam waktu 56 menit.

    Oppo Reno5 F dilengkapi dengan empat kamera belakang, yaitu 48 MP (utama), 8 MP (ultrawide), 2 MP (makro), dan 2 MP (depth sensor). Di bagian depan, terdapat kamera 16 MP yang cocok untuk selfie. Ponsel ini hadir dalam dua pilihan warna, seperti Fluid Black dan Fantastic Purple, dan dijual dengan harga sekitar Rp 2,7 juta hingga Rp 2,9 juta di marketplace.

    4. Oppo A77s

    Oppo A77s yang diluncurkan pada Oktober 2022 kini dijual dengan harga berkisar antara Rp 2,2 juta hingga Rp 2,7 juta di marketplace. Seri ini hadir dengan dua pilihan warna, yaitu Starry Black dan Sunset Orange.

    Oppo A77s mengusung layar besar berukuran 6,56 inci dengan resolusi HD. Ponsel ini ditenagai oleh chipset Snapdragon 680 yang dipadukan dengan RAM 8 GB, yang bisa diperluas hingga 8 GB. Memori internalnya berkapasitas 128 GB, dan dapat diperluas hingga 1 TB dengan microSD.

    Baterainya memiliki kapasitas 5.000 mAh yang mendukung pengisian cepat dengan teknologi SuperVOOC 33W. Untuk kebutuhan fotografi, ponsel ini dilengkapi dengan kamera utama 50 MP dan sensor depth 2 MP di bagian belakang, sementara kamera depannya memiliki resolusi 8 MP.

    5. Oppo A96

    Oppo A96 dirilis pada April 2022 dan dibekali dengan chipset Snapdragon 680 serta RAM 8 GB yang bisa ditambah hingga 5 GB untuk meningkatkan performa. Memori internalnya berkapasitas 256 GB, yang dapat diperluas hingga 1 TB menggunakan microSD.

    Baterainya memiliki kapasitas 5.000 mAh dan mendukung pengisian cepat SuperVOOC 33W, yang dapat mengisi daya hingga penuh dalam waktu 71 menit.

    Dari sisi layar, Oppo A96 hadir dengan layar 6,59 inci beresolusi Full HD+ dan mendukung adaptive refresh rate hingga 90 Hz. Ponsel ini tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Pearl Pink dan Starry Black, dan harganya di marketplace kini berkisar antara Rp 2,6 juta hingga Rp 2,9 juta.

    Itulah beberapa pilihan HP Oppo dengan RAM 8 GB yang dibanderol dengan harga di bawah Rp 3 juta. Apakah Anda tertarik dengan salah satu model di atas?

    *Artikel ini ditulis oleh Dita Aliccia Armadani, peserta Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di detikcom.

    (fay/fay)

  • 10 Cara Dapat Uang dari Internet Cair Rp500.000, Ini Tipsnya untuk Pemula!

    10 Cara Dapat Uang dari Internet Cair Rp500.000, Ini Tipsnya untuk Pemula!

    JABAR EKSPRES – Inilah 10 cara dapat uang dari internet cair hingga Rp500.000, ini tipsnya untuk pemula hasilkan uang dengan mudah.

    Di era digital, mendapatkan penghasilan dari internet bukan lagi hal yang sulit. Baik untuk pelajar, ibu rumah tangga, atau pekerja, siapa pun dapat mencoba berbagai cara menghasilkan uang online.

    Bahkan, dengan modal kecil atau tanpa modal, kamu bisa mulai menghasilkan hingga Rp500.000 atau lebih setiap bulannya.

    Berikut adalah 10 cara mudah dan tips untuk pemula agar dapat uang dari internet.

    Cara Dapat Uang dari Internet

    1. Jualan Online di Marketplace

    Memanfaatkan platform marketplace seperti Shopee, Tokopedia, atau Lazada adalah cara cepat menghasilkan uang.

    Kamu bisa menjual produk fisik seperti pakaian, aksesoris, atau makanan, atau bahkan barang preloved.

    BACA JUGA: Aplikasi Penghasil Uang Paling Terbukti Membayar Per Hari Cair Rp57.000

    Tips cara dapat uang dari jualan online di marketplace untuk pemula, pilihlah produk yang sedang tren dan berikan promo menarik untuk meningkatkan penjualan.

    2. Jadi Dropshipper atau Reseller

    Untuk pemula dengan modal terbatas, menjadi dropshipper atau reseller adalah solusi. Kamu cukup memasarkan produk tanpa perlu stok barang.

    Ketika ada pesanan, supplier akan mengirimkan barang langsung ke pembeli atas nama kamu.

    Carilah supplier terpercaya dengan harga kompetitif, kemudian promosikan di media sosial atau grup WhatsApp.

    3. Mengisi Survei Online Berbayar

    Banyak platform seperti YouGov, Toluna, atau Opinion World yang membayar kamu untuk mengisi survei online. Aktivitas ini cocok bagi kamu yang memiliki waktu luang.

    Daftar di beberapa platform untuk meningkatkan peluang mendapatkan survey, lalu jawab survei dengan jujur untuk meningkatkan reputasi akun kamu.

    4. Menjadi Freelancer di Platform Online

    Freelancing adalah cara populer untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Kamu bisa menawarkan jasa menulis, desain grafis, penerjemahan, atau manajemen media sosial di platform seperti Fiverr, Upwork, atau Sribulancer.

    Buatlah potofolio menarik, kemudian tetapkan harga kompetitif saat awal untuk menarik klien.

    5. Menjadi Content Creator YouTube

    Jika suka berbicara di depan kamera atau memiliki ide kreatif, cobalah menjadi YouTuber. Dengan membuat video menarik, kamu bisa mendapatkan penghasilan dari iklan Google AdSense.

  • Evaluasi dan Verifikasi RAPBDes Desa Ngijo Malang Mulai Dilakukan

    Evaluasi dan Verifikasi RAPBDes Desa Ngijo Malang Mulai Dilakukan

    Malang (beritajatim.com) –  Pemerintah Desa Ngijo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, mulai melakukan Evaluasi dan verifikasi Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPBDes) Desa Ngijo tahun 2025, Senin (9/12/2024).

    Evaluasi berlangsung hangat penuh kekeluargaan di Ruang PKK Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang ini, dihadiri oleh seluruh unsur pemerintahan desa, termasuk perangkat desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), serta Tim Pendamping Desa (TPP) Kecamatan Karangploso.

    Diskusi hari ini membahas setiap bidang dan sub-bidang dalam dokumen RAPBDes secara komprehensif dan terintegrasi.

    Antusiasme para peserta ditunjukkan melalui ketelitian dan kecermatan mereka dalam mengawal keselarasan antara program dan prioritas pembangunan desa.

    Tim Pendamping Desa Kecamatan Karangploso dalam asistensinya menekankan, pentingnya penyusunan dokumen perencanaan yang berkualitas dan integratif.

    Mereka mencontohkan, bahwa jika Desa Ngijo memiliki visi mengembangkan sektor pariwisata, maka seluruh kegiatan di bidang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat harus saling mendukung visi tersebut.

    “Misalnya, pelatihan PKK dapat diarahkan untuk membuat produk oleh-oleh khas desa. Pokdarwis dilatih menjadi pemandu wisata, karang taruna diajarkan membuat website dan marketplace, sedangkan BUMDes fokus pada pengelolaan manajemen pariwisata. Dengan demikian, setiap elemen bergerak sinergis menuju visi desa,” kata salah satu anggota TPD.

    Ditempat sama, Kepala Desa Ngijo, H. Jainudin, mengarahkan agar RAPBDes tahun ini lebih fokus pada pembangunan infrastruktur besar yang menjadi prioritas utama.

    “Kami ingin memastikan bahwa setiap titik pembangunan selesai tuntas dalam satu tahun anggaran, sehingga manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat,” ujarnya.

    Jainudin menambahkan hal ini menyebabkan jumlah kegiatan pada bidang pembangunan di tahun 2025 relatif lebih sedikit dibandingkan tahun sebelumnya. Fokus pada infrastruktur besar diharapkan mampu mempercepat pencapaian tujuan strategis desa.

    Sementara itu, Camat Karangploso, Niwata Lik Ulama dalam sesi pembinaan mengingatkan pentingnya menaati regulasi dan meningkatkan koordinasi antar pihak.

    “Jangan membenarkan hal-hal yang biasa, karena yang biasa dilakukan belum tentu benar. Perubahan aturan harus diikuti dengan kecermatan dalam menyusun dokumen dan pelaksanaan program,” tegasnya.

    Kegiatan evaluasi dan verifikasi RAPBDes ini dijadwalkan berlangsung untuk sembilan desa se-Kecamatan Karangploso. Desa Ngijo menjadi desa pertama yang memulai kegiatan ini, diikuti oleh desa-desa lainnya hingga Desa Tegalgondo sebagai penutup.

    Setelah melalui proses panjang dari pukul 08.00 WIB hingga 16.15 WIB, dokumen RAPBDes Desa Ngijo berhasil diverifikasi. Selanjutnya, koper berisi dokumen RAPBDes tersebut akan dikembalikan ke kantor desa untuk dicetak dan ditetapkan sebelum batas waktu 30 Desember 2024. (yog/ted)

  • Ekspansi ke Sejumlah Wilayah, Pelaku UMKM Binjai Ini Jadi Pemasok BUMN – Halaman all

    Ekspansi ke Sejumlah Wilayah, Pelaku UMKM Binjai Ini Jadi Pemasok BUMN – Halaman all

    Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Gerai kelontong di Stasiun Kereta Api Binjai, Sumatera Utara, menjadi pemasok kebutuhan BUMN se-Indonesia.

    Gerai Rowtea yang dikelola oleh Dewi Suraya mencatat kenaikan omzet hingga 4.000 persen sejak bergabung dengan platform ini pada 2022.

    Dewi bercerita bagaimana usahanya berawal dengan menjual makanan ringan dan minuman untuk pengunjung stasiun serta pekerja di lingkungan stasiun. 

    Peluang mulai terbuka ketika dia mendengar bahwa PT Kereta Api Indonesia (KAI) membutuhkan logistik kantor.

    Atas saran seorang teman, Dewi mencoba bergabung dengan  Pasar Digital (PaDI) UMKM, sebuah platform digital yang menghubungkan pelaku usaha kecil dengan perusahaan BUMN.

    “Awalnya saya hanya jualan makanan ringan di stasiun. Setelah mencoba, saya memperbanyak jenis produk yang dijual, seperti gula, kopi, pembersih lantai, hingga sabun cuci tangan,” ujar Dewi kepada wartawan, Senin (9/12/2024)

    Dewi mengatakan ternyata keberuntungan itu  berpihak kepadanya. PT KAI hang sudah menjadi pelanggan di gerainya, ternyata merupakan salah satu pembeli utama di platform barunya tersebut. 

    Melihat potensi kebutuhan pembeli-pembeli yang merupakan BUMN dan perusahaan dan transaksi yang lebih besar di PaDi, Dewi memutuskan untuk memperluas usahanya dengan menjual berbagai kebutuhan kantor, seperti gula, kopi, pembersih lantai, tisu, dan sabun cuci tangan. Perlahan, pekerja di tempatnya pun semakin bertambah.

    Karena B2B Marketplace, dari Binjai ke seluruh Indonesia tidak butuh waktu lama, usaha Dewi mulai mendapat perhatian. 

    Seiring waktu, pesanan mulai mengalir dari BUMN lain seperti Bank Mandiri dan Telkom. Usahanya tidak hanya dikenal di Binjai, tetapi juga menarik pembeli dari daerah-daerah lain seperti Rantauprapat, Padang, hingga Jakarta.

    Keberhasilannya dalam menjual produk-produk harian ini tak hanya mendatangkan keuntungan, tetapi juga membantu menciptakan hubungan yang lebih transparan antara pelaku usaha kecil dan BUMN.

    Menurut Dewi, salah satu keunggulan berjualan di PaDi adalah persaingannya yang sehat. 

    “Harga antar penjual mudah dibandingkan oleh pembeli, sehingga tercipta transparansi harga. Ketika audit dilakukan, bukti transaksi pun mudah diakses, sesuai dengan prinsip tata kelola yang baik,” kata dia.

    Dewi juga menekankan pentingnya keterbukaan dalam bisnis. Dia juga mengalami masa sulit saat harus menutup salah satu outletnya karena masalah internal dengan karyawan. 

    Dewi mengatakan bahwa ini mengajarinya betapa pentingnya keterbukaan dan kejujuran, terutama dalam skala bisnis yang lebih besar.

    Dewi juga sangat memperhatikan kualitas produk yang dijualnya. 

    Menurutnya, menyediakan barang berkualitas untuk kantor tidak hanya membantu kelancaran operasional, tetapi juga menciptakan suasana kerja yang nyaman. 

    “Kami selalu memilih barang dengan hati-hati agar pembeli puas, karena kenyamanan di tempat kerja dapat mendukung produktivitas,” kata dia.

    Dewi semakin optimistis terhadap masa depan usaha yang dirintisnya di pasar digital. Meskipun ia tetap mempertahankan toko fisiknya, nyatanya penjualan online melalui PaDi telah menjadi tulang punggung bisnisnya. 

    Selama satu tahun bergabung, Dewi mencatat kenaikan omset sampai dengan 4.000 persen dibanding sebelumnya, yang hanya

    “Sekarang semuanya serba mudah. Kami berharap bisa terus berkembang dan berkolaborasi dengan lebih banyak BUMN di masa depan,” tandas Dewi 

  • Matahari Bakal Tutup 13 Gerai Tahun Ini

    Matahari Bakal Tutup 13 Gerai Tahun Ini

    Jakarta, CNN Indonesia

    PT Matahari Departement Store Tbk (LPPF) akan menutup 13 gerai pada tahun ini. Perusahaan juga sedang memantau 20 gerai lainnya.

    “Saat ini, Matahari sedang memantau kinerja 20 gerai yang ada dalam watchlist dan berencana menutup 13 gerai tahun ini. Selain itu, rencana renovasi untuk gerai-gerai strategis juga sedang berjalan, dengan diikuti kriteria metrik kinerja yang telah disempurnakan,” bunyi keterangan Matahari Department Store, Oktober lalu.

    Perusahaan mengatakan dengan fokus pada penguatan jaringan gerai, Matahari melakukan penyesuaian selektif terkait portofolio gerainya. Hal ini mencakup pengembangan daftar gerai baru potensial, di samping pengurangan jumlah gerai dengan performa yang berkinerja rendah.

    Melengkapi keberadaan gerai fisik, perusahaan juga menerapkan strategi omni-channel yang menawarkan belanja mulai dari DI toko offline hingga belanja online di mana lebih dari tiga perempat vendor konsinyasi kini telah terintegrasi melalui portal pemasok Matahari, sehingga dapat memperluas variasi produk yang tersedia secara online.

    Perusahaan juga memperluas jangkauan marketplace-nya dengan membuka official store di beberapa kanal e-commerce terkemuka lainnya.

    “Selain itu, platform Shop & Talk Matahari juga sedang dalam proses pembaruan yang diharapkan dapat lebih meningkatkan pengalaman belanja online,” kata perusahaan.

    Sementara itu, perusahaan mencatatkan total penjualan mencapai Rp9,48 triliun hingga kuartal III/2024 dengan margin kotor tetap stabil di 34,6 persen. EBITDA tercatat sebesar Rp1.081 miliar dan ditargetkan sebesar Rp1,2 triliun hingga akhir tahun ini.

    “Kinerja ini mencerminkan pendekatan terarah Matahari dalam menyesuaikan strategi merchandising dan branding terhadap berubahnya tren konsumen dan penekanannya pada upaya penajaman operasional. Beberapa inisiatif strategis seperti peningkatan produk, ekspansi merek, dan optimalisasi gerai dirancang untuk memperkuat daya tarik Matahari di segmen pelanggan baru serta meningkatkan efisiensi dan ketahanan bisnis secara jangka panjang,” terang manajemen Matahari Department Store.

    CNNIndonesia.com berupaya menghubungi Corporate Communications Matahari Department Store Sarah Karinda terkait nasib karyawan di 13 gerai yang akan ditutup, namun yang bersangkutan belum merespons.

    (fby/sfr)

  • Jelang Blokir, Kreator TikTok di AS Siap-siap Pindah ke YouTube dll

    Jelang Blokir, Kreator TikTok di AS Siap-siap Pindah ke YouTube dll

    Jakarta

    Sejumlah kreator konten TikTok di Amerika Serikat mulai meminta pengikutnya untuk mem-follow akun mereka di Instagram dan YouTube.

    Langkah ini mereka ambil karena tenggat waktu untuk pemblokiran TikTok sudah dekat dan pengadilan federal Amerika Serikat baru-baru ini menolak banding TikTok dan tetap mewajibkan ByteDance menjual TikTok ke perusahaan lain.

    Tenggat waktu untuk menjual TikTok itu ditetapkan pada 19 Januari 2025 mendatang, demikian dikutip detikINET dari Reuters, Senin (9/12/2024).

    TikTok adalah pemain besar di Amerika Serikat, dengan jumlah pengguna mencapai 170 juta orang, terutama remaja. Platform ini dinilai menarik banyak pengiklan dari platform asal Amerika, dan bahkan baru-baru ini membuka marketplace TikTok Shop.

    Namun alasan Kongres AS menekan ByteDance untuk menjual TikTok adalah platform video singkat itu ditakutkan mengumpulkan informasi-informasi pengguna untuk diserahkan ke pemerintah China.

    “Untuk pertama kalinya saya menyadari kalau apa yang selama ini sudah saya kerjakan bakal menghilang. Saya pikir hal ini masih kurang digaungkan, mengenai seberapa besar dampak ekonomi terhadap bisnis kecil dan kreator,” kata Chris Mowrey, seorang influencer yang punya 470 ribu pengikut di TikTok.

    Sementara itu Chris Burkett, seorang kreator di TikTok yang punya 1,3 juta pengikut pesimis kalau platform itu bisa bertahan.

    “Saya pikir aplikasi ini tidak akan berumur panjang di Amerika Serikat,” ujarnya dalam sebuah postingan video. Dalam video tersebut ia juga meminta pengikutnya untuk mengikutinya di platform media sosial lain, seperti Instagram, YouTube, X, dan Threads.

    “Kami menghabiskan bertahun-tahun dan waktu yang sangat banyak untuk membangun komunitas kami di sini,” ujar SnipingForDom, kreator konten yang punya 898 ribu pengikut.

    (asj/fay)

  • Buka Harbolnas 2024, Menteri Budi Jualan Batik UMKM Lewat Live Shopping – Halaman all

    Buka Harbolnas 2024, Menteri Budi Jualan Batik UMKM Lewat Live Shopping – Halaman all

     

    Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso mencoba berjualan batik milik pedagang (UMKM) melalui live shopping di acara peluncuran Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2024.

    Budi dibuat kaget dengan harganya yang ternyata dijual hanya Rp300 ribu. Dia mengira harganya Rp 800 ribu, karena menurut dia kualitasnya bagus.

    “Harga kemeja batik yang tadi saya ikut tawarkan di kisaran Rp 300 ribu. Saya pikir kemeja dengan kualitas baik seperti itu akan dijual seharga Rp 800 ribu. Ternyata barangnya bagus dan harganya murah,” kata Budi dikutip Minggu (8/12/2024).

    “Kita harus bangga, bela, dan beli buatan Indonesia. Kita dukung produk-produk dalam negeri agar ekonomi kita bergerak,” ujarnya.

    Pada Harbolnas tahun ini, disediakan tanggal khusus untuk penjualan produk UMKM dan dalam negeri, yaitu pada 10-11 dan 13-16 Desember 2024.

    Jumlah peserta Harbolnas tercatat sebanyak 407 peserta yang meliputi pedagang (merchant), ritel daring, hingga marketplace.

    Nilai transaksi Harbolnas 2024 diyakini naik 13—16 persen dari total transaksi Harbolnas sebelumnya.

    Ia berharap tercapai peningkatan kontribusi nilai transaksi produk lokal di atas 50 persen dari total nilai transaksi sepanjang Harbolnas 2024.

    Pada 2023, kontribusi transaksi produk lokal saat Harbolnas adalah sebesar Rp12,3 triliun atau 48,1 persen dari total nilai transaksi Harbolnas.

    Sementara itu, nilai transaksi Harbolnas terus menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun. Total nilai transaksi Harbolnas 2023 sebesar Rp 25,7 triliun atau meningkat 182 persen dari penyelenggaraan pertamanya pada 2019.

    Budi juga berharap adanya multiplier effect dari penyelenggaraan Harbolnas 2024.

    “Tidak hanya meningkatkan penjualan produk dalam negeri, tetapi juga dapat meningkatkan sektor transportasi dan logistik, khususnya pengiriman barang, dan sektor-sektor lainnya,” pungkas Budi.

  • LK21 & IndoXXI Bahaya, Ini 21 Tempat Nonton Film Online Resmi

    LK21 & IndoXXI Bahaya, Ini 21 Tempat Nonton Film Online Resmi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Saat ini ada banyak berbagai platform streaming yang kian memudahkan penonton untuk menikmati berbagai konten. Sayangnya, masih banyak juga yang tidak resmi alias ilegal seperti IndoXXI, LK21, Layarkaca21, Idlix dan Rebahin.

    Perlu dicatat kalau situs ilegal semacam IndoXXI dan LK21 memiliki banyak risiko ketika diakses. Termasuk bisa menginfeksi perangkat dengan malware dan risiko menjadi korban penipuan siber.

    Jadi menggunakan aplikasi legal jauh lebih aman dibandingkan platform ilegal. Anda hanya perlu berlangganan dan bisa mendapatkan konten berkualitas tanpa rasa khawatir.

    Setiap aplikasi streaming sudah tersedia di semua toko aplikasi resmi, Play Store maupun App Store, serta bisa ditonton dari HP hingga televisi. Platform tersebut menawarkan beragam konten film hingga serial di seluruh dunia.

    Berikut 21 platform streaming film resmi yang bisa Anda gunakan:

    1. Netflix

    Saat ini, Netflix jadi salah satu platform paling mendominasi di dunia. Pengguna dapat menikmati banyak konten dari film Hollywood, Indonesia, Korea dan sejumlah negara lain.

    Netflix juga menawarkan konten asli yang diproduksi dan hanya ada di platform tersebut. Untuk berlangganan, Netflix menawarkan beberapa paket mulai dari Rp 50 ribu.

    2. Disney+ Hotstar

    Disney+ Hotstar menyediakan konten Marvel dan film terkini, juga sejumlah film mancanegara dan serial original lokal.

    Bahkan gelaran Oscar 2023 bisa disaksikan di Disney+ Hotstar. Penyelenggaraan ke-95 itu tersedia dari red carpet hingga acara penghargaan untuk industri film.

    3. HBO Go

    Bagi pecinta konten dari HBO, platform ini bisa jadi pilihan. Platform akan menyediakan tayangan dari HBO Original, HBO Asia Original, dan Hollywood.

    Selain itu juga ada film populer lain. Pengguna baru bisa menikmati akses gratis selama 7 hari pertama.

    4. Vidio

    Vidio menawarkan tayangan film hingga olahraga. Adapula film dan serial Indonesia, Hollywood hingga drama Asia.

    Sejumlah konten dapat diakses gratis. Namun ada pula yang harus berlangganan dulu agar bisa diakses.

    5. iQiyi

    Jika kamu menyukai film, drama hingga anime dari Asia, kamu bisa mengakses iQiyi. Untuk menggunakan dan mengakses seluruh konten, aktifkan dulu akun VIP.

    6. Klik Film

    Klik Film menawarkan banyak rekomendasi film Indonesia, Korea, Thailand, Hong Kong dan negara lain. Platform ini bisa diakses melalui aplikasi dan juga situs.

    7. Bioskop Online

    Platform ini menawarkan layanan menonton film Indonesia tanpa harus pergi ke bioskop. Konsepnya pun sama, yakni hanya membayar film yang ditonton saja.

    8. Cinema Box

    Streaming film ini juga tersedia untuk Play Store dan App Store. Pengguna dapat menonton konten dan juga mengunduhnya agar bisa menontonnya secara offline atau tidak tersambung internet.

    9. Viu

    Untuk penggemar konten film, drama, variety show asal Korea Selatan mungkin tak asing dengan nama Viu. Selain itu Viu juga menyediakan konten dari negara lain termasuk Indonesia.

    Kamu perlu berlangganan akun VIP atau Premium untuk bisa mengakses seluruh konten dalam platform. Viu menyediakan harga berlangganan mulai dari Rp 33 ribu per bulan.

    10. CatchPlay+

    Catchplay+ menyediakan sejumlah film kartun, Indonesia dan Asia. Kamu bisa mengaksesnya secara gratis namun untuk menikmati seluruh konten dapat berlangganan lebih dulu. Harganya mulai dari Rp 45 ribu untuk satu bulan penggunaan.

    11. We TV

    WeTV menampilkan beragam film, series, anime hingga tayangan variety show. Selain itu juga terdapat drama dari Korea, Thailand, China, Jepang dan negara Asia lain. Sejumlah konten bisa ditonton gratis namun adapula yang harus menggunakan akun VIP.

    12. Genflix

    Genflix bisa jadi salah satu pilihan untuk menonton film Indonesia, Hollywood, hingga tayangan live show dan drama Korea. Kamu bisa berlangganan dengan paket yang tersedia harian hingga bulanan.

    13. iFlix

    iFlix banyak menyediakan film box office, serial TV, drama Korea, film Indonesia hingga tontonan untuk anak-anak. Seperti kebanyakan platform lain, platform ini bisa diakses gratis namun ada juga yang harus berlangganan.

    14. Viki

    Pencinta drama Korea juga bisa menggunakan Viki untuk menikmati konten tersebut. Selain juga ada banyak serial dan film dari negara lain termasuk Indonesia. Konten di dalamnya bisa dinikmati secara gratis maupun berlangganan.

    15. Prime Video

    Layanan dari Amazon ini menyediakan banyak film dan serial dari berbagai negara termasuk hollywood. Prime Video juga menghadirkan tayangan variety show. Untuk mengaksesnya, kamu perlu berlangganan seharga Rp 59 ribu/bulan.

    16. Apple TV+

    Platform streaming ini berasal dari Apple, menyediakan sejumlah film dan serial, serta produksi asli dari Apple TV+. Termasuk film Coda yang mendapatkan piala Oscar tahun lalu dan beberapa konten terkenal lainnya.

    Kamu bisa menikmatinya dengan cara berlangganan. Salah satunya senilai Rp 99 ribu/bulan dengan gratis 7 hari ataupun berlangganan melalui layanan Apple One.

    17. Lions Gate Play

    Masyarakat Indonesia bisa pula mencoba mengakses Lions Gate Play. Layanan ini menawarkan beragam konten dari Hollywood, Bollywood, dan konten original. Pengguna dapat berlangganan platform senilai Rp 35 ribu per bulan.

    18. CubMU

    Transvison pada April tahun lalu meluncurkan platform baru bernama CubMu yang menawarkan ratusan channel Live TV, ribuan Video on Demand (VOD) berkualitas HD langsung dari penyedia konten ke pelanggan.

    Aplikasi CubMU ini disebut sebagai teknologi baru di dunia media layaknya marketplace. Anda dapat membeli paket basic mulai dari Rp9.900 saja.

    19. Mola

    Mola menawarkan konten yang cukup lengkap. Bahkan tak hanya entertainment tapi juga streaming pertandingan olahraga. Harga langganannya mulai dari Rp 60 ribu-Rp160 ribu.

    20. MAXstream

    Sejak diluncurkan pada 2018, MAXstream telah menghadirkan variasi konten lokal dan internasional berupa MAXstream original maupun kolaborasi dari streaming platform kelas dunia.

    21. Vision+

    Vision+ terdiri dari berbagai macam pilihan berlangganan. Mulai dari Rp 35 ribu per bulan untuk Premium Sport hingga Rp 100 ribu untuk satu tahun.

    (pgr/pgr)

  • Asyik! Lion Parcel Turunkan Ongkos Kirim Paket Antarkota ke Seluruh Sumatra

    Asyik! Lion Parcel Turunkan Ongkos Kirim Paket Antarkota ke Seluruh Sumatra

    Jakarta: Perusahaan jasa logistik PT Lion Express (Lion Parcel) menurunkan tarif ongkos kirim untuk rute antarkota di Pulau Sumatra. Penyesuaian tarif ongkos kirim paket ini dilakukan sebagai bagian dari upaya Lion Parcel mendukung pertumbuhan UMKM di Pulau Sumatra, termasuk Palembang.
     
    Chief Marketing Officer Lion Parcel Kenny Kwanto mengatakan, Palembang merupakan pasar yang potensial bagi industri logistik. Penyesuaian tarif ongkos kirim yang dilakukan Lion Parcel diharapkan dapat menjadi katalis pertumbuhan bisnis dan pilihan ekspedisi yang tepat bagi UMKM Palembang.
     
    “Lion Parcel turut membantu UMKM menjangkau pasar yang lebih luas. Pelanggan sudah bisa menikmati ongkos kirim yang terjangkau, contohnya rute Palembang-Pekanbaru dengan tarif mulai dari Rp13.600, kompetitif dibanding ekspedisi lain,” kata dia dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 7 Desember 2024.
    Penyesuaian ongkos kirim rute antarkota Pulau Sumatra berlaku untuk transaksi via mitra agen atau aplikasi Lion Parcel pada layanan REGPACK, JAGOPACK, dan BOSSPACK. Lion Parcel optimistis, kualitas layanan pengiriman tetap terjaga dengan dukungan jaringan dan infrastruktur Lion Parcel yang mumpuni. 
     
    “Saat ini, Lion Parcel telah memiliki ribuan mitra agen, kurir, dan armada yang akan mendukung operasional sehingga pelanggan dapat menikmati layanan pengiriman yang cepat dan aman, tapi tetap ekonomis,” ungkapnya.
     

     
    Selain itu, Lion Parcel juga terus memperluas pengguna layanan COD Ongkir termasuk di segmen UMKM lokal Palembang. Layanan COD Ongkir Lion Parcel dapat membantu UMKM yang berjualan online untuk mengelola urusan logistik bisnisnya sehingga mereka dapat lebih fokus pada pengembangan bisnis.
     
    “Layanan COD Ongkir hadir atas dasar permasalahan yang dialami para online seller yang berjualan di luar marketplace. Mereka seringkali merasa kesulitan terutama dalam perhitungan ongkos kirim yang tidak sesuai akibat salah perhitungan berat, selisih volume paket, atau alamat yang kurang tepat,” papar Kenny.
     
    Untuk memberi jaminan keamanan bagi pelanggan, layanan COD Ongkir turut dilengkapi dengan garansi pengiriman. Selain itu, COD Ongkir juga tersedia opsi pembayaran melalui QRIS sebagai komitmen Lion Parcel memberi kemudahan bagi pelanggan sehingga dapat mempercepat proses transaksi.
     
    “Layanan COD Ongkir dan penyesuaian tarif ongkos kirim antarkota Pulau Sumatra merupakan upaya Lion Parcel untuk mendukung pertumbuhan UMKM lokal Palembang. Komitmen kami untuk terus mempelajari kebutuhan market sehingga dapat menghadirkan layanan yang relevan sesuai kebutuhan,” ungkapnya.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (END)