Topik: marketplace

  • Databricks Ekspansi ke ASEAN, Incar Bisnis AI di Indonesia

    Databricks Ekspansi ke ASEAN, Incar Bisnis AI di Indonesia

    Jakarta

    Databricks, perusahaan Data dan kecerdasan buatan (AI), mengumumkan rencananya untuk memperluas investasi di kawasan ASEAN dan mengincar bisnis AI di Indonesia.

    Untuk memenuhi kebutuhan layanan data, AI dan governance di Indonesia, Databricks Data Intelligence Platform akan tersedia di wilayah Amazon Web Services (AWS) Asia Pasifik (Jakarta) pada awal tahun 2025 ini.

    Dengan ekspansi ini, Databricks bertujuan untuk mendukung lebih banyak perusahaan di Indonesia agar mampu memaksimalkan potensi Data dan AI secara optimal untuk meningkatkan daya saingnya.

    Databricks Intelligence Platform menyediakan layanan analitik dan aplikasi cerdas yang mengintegrasikan data klien dengan model AI canggih sesuai dengan kebutuhan bisnis masing-masing.

    Dikembangkan dengan lakehouse foundation dengan open data format dan open governance, platform ini memungkinkan klien untuk memegang kendali penuh atas data bisnis mereka.

    Selain itu, Databricks Intelligence Platform dapat diakses melalui AWS Marketplace, yaitu toko digital terkurasi yang melayani klien dari seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Tak hanya menyediakan Databricks Intelligence Platform, AWS Marketplace juga membantu klien dalam menemukan, membeli, menerapkan, dan mengelola solusi cloud secara efisien untuk menciptakan operasional bisnis yang lebih baik.

    Databricks juga baru memperluas kemitraannya dengan AWS. Dengan kemitraan ini, perusahaan di Indonesia kini dapat mengakses berbagai fitur baru, termasuk Databricks Mosaic AI untuk mengembangkan model AI khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis masing-masing.

    Fitur ini juga didukung oleh chip AWS Trainium sehingga proses pengembangan model AI tersebut dapat berlangsung lebih cepat. Selain itu, klien dapat melakukan proses pra-pelatihan, penyempurnaan, dan penerapan large language models (LLM) menggunakan data sendiri dengan biaya yang lebih efisien.

    “Kami sangat antusias untuk menghadirkan Databricks Data Intelligence Platform ke Indonesia dengan memanfaatkan keandalan, skalabilitas, fleksibilitas, dan keamanan AWS. Ekspansi ini menegaskan komitmen kami untuk tak hanya memperluas kehadiran kami di kawasan ini, tetapi juga mendukung perusahaan-perusahaan Indonesia dalam memaksimalkan potensi data mereka melalui analitik canggih dan wawasan berbasis AI. Kami percaya langkah ini akan mendukung transformasi bisnis para klien di tengah pesatnya pertumbuhan ekonomi digital,” kata Cecily Ng, Vice President and General Manager of ASEAN and Greater China, Databricks, dalam keterangan yang diterima detikINET, Jumat (24/11/2025).

    (asj/fay)

  • 3 Koleksi Uang Koin Kuno dengan Nilai Jual Tinggi di Tahun 2025

    3 Koleksi Uang Koin Kuno dengan Nilai Jual Tinggi di Tahun 2025

    JABAR EKSPRES – Koleksi Uang Koin Kuno diprediksi akan menjadi salah satu tren terpopuler di tahun 2025. Tak hanya menjadi incaran kolektor, koin jadul kini juga menarik perhatian generasi muda. Popularitas ini bahkan semakin melonjak setelah banyak influencer menjadikannya konten yang menarik. Dengan jumlah koin yang semakin terbatas, benda bersejarah ini kian bernilai sebagai barang koleksi yang eksklusif.

    Para treasure hunter (pemburu barang antik) menganggap kepuasan batin sebagai salah satu alasan utama di balik perburuan koin jadul. Namun, tak semua koin logam memiliki nilai jual tinggi. Ada tiga varian Uang Koin Kuno yang banyak peminatnya karena nilai sejarah, keunikan, dan potensi komersialnya. Berikut penjelasannya:

    Baca Juga: Harga Koin 25 Rupiah 1971 Ini Bisa Dijual Hingga Rp2,5 Juta, Benarkah?

    Koin Rp1.000 Bergambar Kelapa Sawit

    Diperkenalkan pada tahun 1996, Uang Koin Kuno pecahan Rp1.000 dengan gambar kelapa sawit ini menjadi buruan utama. Kombinasi dua corak warna khasnya membuat koin ini memiliki daya tarik visual yang unik. Tak hanya bernilai sejarah, harga koin ini bisa meningkat hingga puluhan bahkan ratusan kali lipat dari nominal aslinya.

    Koin Rp50 Bergambar Burung Cendrawasih

    Dirilis pada tahun 1971, koin pecahan Rp50 dengan gambar burung cendrawasih menjadi favorit para kolektor. Keindahan desainnya yang menggambarkan kekayaan fauna Indonesia menjadikannya barang koleksi bernilai tinggi. Berdasarkan pantauan di berbagai platform marketplace, harga satu keping koin ini bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

    Koin Rp500 Bergambar Melati

    Koin Rp500 dengan gambar bunga melati juga masuk dalam daftar incaran kolektor. Selain sering jadi bahan cincin perhiasan, koin ini memiliki daya tarik tersendiri sebagai barang antik. Harga koin ini di pasaran tergantung pada kondisi fisik dan tahun emisinya, tetapi umumnya bernilai tinggi.

    Baca Juga: Tukar Uang Kuno Indonesia Pake Motor Baru? Cek Tempat Penjualnya Di Sini!

    Tips Merawat Uang Koin Kuno agar Tetap Bernilai Tinggi

    Jika Anda memiliki Uang Koin Kuno , perlunya erawatan yang baik agar nilainya tetap tinggi. Berikut beberapa langkah sederhana:

  • Dibui Seumur Hidup, Pendiri Situs Terlarang Diampuni Trump

    Dibui Seumur Hidup, Pendiri Situs Terlarang Diampuni Trump

    Jakarta

    Presiden Amerika Serikat Donald Trump, memberi pengampunan penuh pada Ross Ulbritch, pendiri situs terlarang Silk Road. Marketplace yang beroperasi di dark web itu dulu menjadi pusat penjualan narkoba dan menurut jaksa berkontribusi pada kematian sedikitnya 6 orang.

    Ross yang saat ini berusia 40 tahun, dijatuhi hukuman penjara seumur hidup sejak tahun 2015. Dia diadili oleh pengadilan federal dengan 7 tuntutan, termasuk distribusi narkotika dan konspirasi peretasan komputer.

    Sekarang, dia menjadi manusia bebas. Menurut Trump, mereka yang menghukum Ross adalah orang gila dan bahwa hukuman yang ditimpakan padanya konyol serta bukti tindakan berlebihan pemerintah.

    “Saya baru saja menghubungi ibu Ross untuk memberitahunya bahwa untuk menghormatinya dan gerakan libertarian yang sangat kuat mendukung saya, dengan senang hati saya tandatangani pengampunan penuh dan tanpa syarat pada anaknya,” cetus Trump yang dikutip detikINET dari BBC.

    Silk Road ditutup tahun 2013 setelah polisi menangkap Ross. Situs ini menjual obat ilegal menggunakan Bitcoin, juga perangkat hacker dan paspor curian. Saat pengadilan, jaksa menyebut website itu menjual narkoba senilai USD 200 juta.

    Jaksa mengatakan dia juga memfasilitasi enam orang pembunuh bayaran, termasuk satu orang terhadap mantan karyawan Silk Road, meski tidak ada bukti bahwa pembunuhan itu benar-benar dilakukan. Pasar itu namanya berasal dari rute perdagangan bersejarah yang membentang di Eropa, Asia, dan sebagian Afrika.

    Situs itu menjadi terkenal melalui laporan media dan obrolan online. Namun, pengguna hanya dapat mengakses situs itu melalui Tor -, sistem yang memungkinkan orang menggunakan web tanpa mengungkapkan siapa mereka atau negara tempat mereka berada.

    Dokumen FBI mengatakan situs itu punya sekitar sejuta pengguna terdaftar. Ross ditangkap di perpustakaan umum San Francisco tahun 2013 dalam operasi penyamaran. Dia mengobrol di internet dengan seseorang yang dia pikir kolega tapi sebenarnya agen federal yang menyamar. Meski hakim berharap hukumannya bikin kapok, pasar yang lebih besar seperti Silk Road malah muncul setelah penutupannya.

    Trump awalnya mengisyaratkan akan meringankan hukuman Ulbricht dalam pidatonya tahun lalu di Konvensi Nasional Libertarian. Partai Libertarian mengadvokasi pembebasan Ross dan mengatakan kasusnya merupakan contoh dari tindakan pemerintah yang melampaui batas.

    Anggota kongres dari Partai Republik Thomas Massie, sekutu Trump, memuji keputusan tersebut. “Terima kasih telah menepati janji Anda kepada saya dan orang lain yang telah mengadvokasi kebebasan Ross,” katanya.

    (fyk/fyk)

  • Begini ?Cara Meningkatkan Penjualan Produk Lokal di Marketplace

    Begini ?Cara Meningkatkan Penjualan Produk Lokal di Marketplace

    Jakarta: Penjualan produk-produk dalam negeri tengah didorong agar menjadi prioritas para penyedia loka pasar (marketplace) di Indonesia.
     
    Wakil Menteri Perindustrian Faisol Riza mengatakan saat ini penjualan di marketplace masih didominasi oleh produk impor.
     
    Fenomena itu disebabkan oleh visibilitas produk dalam negeri di berbagai platform kerap kali kalah bersaing dari produk impor sejenis dengan harga yang lebih murah.

    Untuk meningkatkan penjualan produk dalam negeri, ia pun meminta seluruh marketplace untuk meningkatkan kampanye produk-produk dalam negeri, sehingga memberikan peluang bagi konsumen untuk melirik produk lokal hasil produksi industri kecil menengah (IKM) dibandingkan produk impor.
     
    “Produk lokal kita kualitasnya tidak kalah dari produk-produk impor. Karena itu marketplace perlu membantu tim untuk memeriksa setiap produk yang dijual oleh tenant,” kata Faisol ketika berkunjung ke kantor pusat Tokopedia, di Jakarta, pada Rabu, 22 Januari 2025.
     

    Cara Meningkatkan Penjualan Produk Dalam Negeri di Marketplace
    Faisol menyebutkan beberapa cara yang bisa mendongkrak penjualan produk dalam negeri di marketplace diantaranya:

    1. Pemberian label “Made in Indonesia”

    Salah satu upaya yang bisa dilakukan marketplace untuk mendongkrak penjualan produk-produk dalam negeri ialah dengan menyertakan identitas khusus ‘Made in Indonesia’ di setiap produk lokal, sehingga mudah dikenali oleh pengguna.

    2. Marketplace memberi pendampingan kepada IKM

    Selain itu, marketplace didorong terus aktif memberikan pendampingan strategi pemasaran dan branding kepada IKM agar mampu menghasilkan produk berkualitas dan mampu diterima oleh masyarakat.
     
    “Marketplace perlu mendampingi produsen produk dalam negeri supaya lebih berkualitas dan harganya lebih kompetitif,” ujar Faisol

    3. Mengutamakan produk dalam negeri saat Harbolnas

    Begitu juga dengan event Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) sebagai bentuk ikhtiar pemerintah untuk mendorong masyarakat berbelanja daring melalui marketplace secara masif, menurut Faisol, harus tetap dipastikan untuk mengutamakan produk dalam negeri.
     

    Dia optimistis, marketplace punya peran strategis untuk menjadi katalisator dalam memperluas jangkauan produk-produk dalam negeri kepada konsumen domestik bahkan dunia.
     
    Seperti diketahui, laporan e-CONOMY SEA 2024 menyebutkan, tahun lalu Indonesia mencatatkan Gross Merchandise Value (GMV) total USD90 miliar atau Rp1.420 triliun dari transaksi jual beli digital, dan USD65 miliar di antaranya berasal dari marketplace. Angka ini diperkirakan bertumbuh hingga USD200-USD360 miliar pada 2030.
     
    “Karena itu, marketplace harus menjadi etalase utama produk-produk unggulan dalam negeri,” imbuh Faisol.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Wamenperin sarankan marketplace memprioritaskan produk asli Indonesia

    Wamenperin sarankan marketplace memprioritaskan produk asli Indonesia

    Produk lokal kita kualitasnya tidak kalah dari produk-produk impor. Karena itu marketplace perlu membantu tim untuk memeriksa setiap produk yang dijual oleh tenant.

    Jakarta (ANTARA) – Wakil Menteri Perindustrian (Wamenperin) Faisol Riza menyarankan para penyedia lokapasar (marketplace) untuk memprioritaskan produk-produk asli tanah air atau “Made in Indonesia”.

    Ia mengatakan saat ini penjualan di marketplace masih didominasi oleh produk impor.

    “Fenomena itu disebabkan oleh visibilitas produk dalam negeri di berbagai platfom kerap kali kalah bersaing dari produk impor sejenis dengan harga yang lebih murah,” ujar Faisol saat berkunjung ke kantor pusat Tokopedia, di Jakarta, Rabu.

    Karena itu, dirinya mendorong seluruh marketplace untuk meningkatkan kampanye produk-produk dalam negeri, sehingga memberikan peluang bagi konsumen untuk melirik produk lokal hasil produksi industri kecil menengah (IKM) dibandingkan produk impor.

    “Produk lokal kita kualitasnya tidak kalah dari produk-produk impor. Karena itu marketplace perlu membantu tim untuk memeriksa setiap produk yang dijual oleh tenant,” kata Wamenperin.

    Menurutnya, produk fesyen dan sepatu Indonesia banyak yang punya kualitas yang lebih baik.

    “Mereka ini yang harus diberi ruang, agar perlahan mindset masyarakat bahwa produk impor pasti lebih baik itu bisa terkikis dengan sendirinya,” ujar dia menambahkan.

    Salah satu upaya yang bisa dilakukan marketplace untuk mendongkrak penjualan produk-produk dalam negeri adalah dengan menyertakan identitas khusus ‘Made in Indonesia’ di setiap produk lokal, sehingga mudah dikenali oleh pengguna.

    Selain itu, marketplace yang selama ini menjadi pemain utama dalam perdagangan digital, didorong terus aktif memberikan pendampingan strategi pemasaran dan branding kepada IKM, agar mampu menghasilkan produk berkualitas dan mampu diterima oleh masyarakat.

    Begitu juga dengan event Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) sebagai bentuk ikhtiar pemerintah untuk mendorong masyarakat berbelanja daring melalui marketplace secara masif.

    “Marketplace perlu mendampingi produsen produk dalam negeri supaya lebih berkualitas dan harganya lebih kompetitif. Marketplace juga harus membantu pemerintah menjadi garda depan untuk produk industri dalam negeri secara digital,” ujarnya pula.

    Wamenperin optimistis, marketplace punya peran strategis untuk menjadi katalisator dalam memperluas jangkauan produk-produk dalam negeri kepada konsumen domestik, bahkan dunia.

    “Untuk itu, Kemenperin dan marketplace bisa meningkatkan sinergi melalui MoU, untuk mengutamakan dan memberikan identitas terhadap kehadiran produk dalam negeri di platform-platform tersebut,” ujar dia.

    Lebih lanjut, Wamen Faisol menambahkan, perdagangan daring melalui marketplace di Indonesia cukup potensial.

    Laporan e-CONOMY SEA 2024 menyebutkan, tahun lalu Indonesia mencatatkan Gross Merchandise Value (GMV) total 90 miliar dolar AS atau Rp1.420 triliun dari transaksi jual beli digital, dan 65 miliar dolar AS di antaranya berasal dari marketplace. Angka ini diperkirakan bertumbuh hingga 200-360 miliar dolar AS pada 2030.

    “Karena itu, marketplace harus menjadi etalase utama produk-produk unggulan dalam negeri. Ini bukan sekadar nasionalisme, namun juga membangun ekosistem industri kecil menengah yang berkelanjutan dan berdaya saing global,” katanya pula.

    Pewarta: Bayu Saputra
    Editor: Budisantoso Budiman
    Copyright © ANTARA 2025

  • Rhenald Kasali Beberkan Strategi Kembangkan Bisnis di depan Ratusan UMKM – Halaman all

    Rhenald Kasali Beberkan Strategi Kembangkan Bisnis di depan Ratusan UMKM – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI sekaligus pendiri Rumah Perubahan, Prof Rhenald Kasali membeberkan kiat mengembangkan bisnis skala mikro kecil dan menengah di depan ratusan pelaku bisnis UMKM se-Jabodetabek dan Karawang bertempat di Rumah Perubahan, di kawasan Jatimurni, Bekasi, Minggu (19/1/2025).

    Event yang digelar yang diselengggarakan oleh Ikatan Alumni PPM School of Management (IKA PPM) ini bertujuan mendorong para pelaku UMKM meningkatkan wawasannya dalam menjangkau pasar yang lebih luas. 

    Selain Rhenald Khasali, kegiatan ini juga menghadirkan narasumber Direktur Digital Business PERURI, Farah Fitria Rahmayanti serta dihadiri akademisi dari PPM School of Management, Universitas Indonesia (UI), UGM, ITB, dan praktisi di bidang ekonomi mikro.

    Di kegiatan bertajuk “Bisnis UMKM yang Menjanjikan di Tahun 2025” para UMKM peserta mendapat pembekalan mengenai strategi pemasaran yang relevan dengan perkembangan industri 5.0.

    Pengembangan Sebagai bentuk komitmen PERURI dalam mendorong kemajuan UMKM, PERURI menjadi narasumber dalam acara Ngobrol Santai itu.

    Direktur Digital Business Peruri Farah Fitria Rahmawati menyoroti peran penting teknologi dalam memajukan UMKM dan ekonomi kreatif secara keseluruhan.

    Farah mengungkapkan bahwa e-commerce telah memberikan peluang baru untuk para pelaku usaha skala kecil, mulai dari marketplace populer hingga media sosial.

    “Dengan memanfaatkan teknologi, UMKM dapat mengoptimalkan strategi pemasaran mereka, yakni untuk meraih pasar yang lebih luas, bahkan di tingkat internasional,” papar Farah. 

    Farah juga membeberkan bahwa Peruri saat ini juga memiliki produk Peruri Shield yang berisi layanan tanda tangan digital, stempel digital dan meterai elektronik yang dinilai dapat membantu proses administrasi UMKM menjadi lebih cepat, transparan, efektif dan efisien.

    Ketua Umum IKA PPM, David Chandrawan mengatakan, kegiatan “Ngobras” ini dilakukan untuk memberikan wawasan bisnis yang mendalam mengenai potensi ekonomi kreatif dan strategi pemasaran produk UMKM yang tepat agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan menjanjikan. 

    “Mereka berkumpul untuk berdiskusi, berbagi pengalaman, dan mempelajari berbagai strategi yang dapat diterapkan dalam mengoptimalkan pemasaran produk UMKM melalui berbagai platform dari praktisi dan akademisi ternama,” kata David.

    David menuturkan revolusi Industri 5.0 seperti saat ini perubahannya terjadi dengan sangat cepat. Oleh karena itu, David mengatakan perubahan itu harus dijadikan sebagai peluang, bukan ancaman, termasuk bisnis UMKM.

    Rhenald Kasali mengatakan UMKM dapat menjadi penopang ekonomi di tengah tantangan yang begitu kompleks.

    Menurut Rhenald agar UMKM dapat tumbuh berkembang, kunci suksesnya adalah inovasi, digitalisasi, dan kolaborasi dengan para pihak secara terus-menerus.

    “Seperti yang telah sama-sama kita saksikan, tahun 2019 sampai 2021, kita telah melewati krisis ekonomi ataupun pandemi,” ungkapnya.

    “UMKM selalu dapat menjadi salah satu penopang perekonomian bangsa. Untuk itu, kita harus berupaya agar usaha mikro kecil ini dapat naik kelas lewat beragam inovasi dan kolaborasi para pihak,” terang Rhenald.

    Farah Fitria Rahmawati menambahkan, pihaknya mendukung penuh kegiatan yang dapat mendorong UMKM dapat terus berkembang dan meningkatkan daya saing. 

    “Kami juga berkomitmen untuk mendampingi UMKM dalam upaya meningkatkan kualitas dan inovasi, guna memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan,” ungkapnya.

  • 10
                    
                        Uang Palsu Marak Dijual di Marketplace, Beli Rp 100.000 Dapat Rp 3 Juta
                        Megapolitan

    10 Uang Palsu Marak Dijual di Marketplace, Beli Rp 100.000 Dapat Rp 3 Juta Megapolitan

    Uang Palsu Marak Dijual di Marketplace, Beli Rp 100.000 Dapat Rp 3 Juta
    Tim Redaksi
    BEKASI, KOMPAS.com

    Uang palsu
    marak dijual di
    marketplace
    dengan lokasi penjualan di Kota Bekasi.
    Penelusuran
    Kompas.com
    , sejumlah pemilik akun Facebook menjajakan
    uang palsu
    dengan beragam harga di
    marketplace
    .
    Salah satunya, dipasarkan oleh pemilik akun berinisial NS yang sudah bergabung di Facebook sejak 2024.
    Dalam unggahannya, NS memperlihatkan sebuah gambar yang bertuliskan tentang keterangan uang palsu yang disebut telah lolos sinar UV. Sementara, harga uang palsu yang dijajakan bervariatif.
    “Rp 100.000 dapat upal (uang palsu) Rp 3 juta. Rp 150.000 dapat upal Rp 4 juta. Rp 200.000 dapat upal Rp 5 juta. Rp 250.000 dapat upal Rp 6 juta.
    Free
    ongkir bisa dibelanjakan di mana saja, aman 100 persen,” demikian keterangan gambar unggahan NS, dikutip Kompas.com, Selasa (21/1/2025).
    Selain NS, penjualan uang palsu juga dijajakan oleh pengguna marketplace lain, berinisial CP yang telah bergabung dengan Facebook sejak 2024.
    Dalam unggahannya, CP menyertakan tumpukan uang dengan pecahan Rp 100.000 dan Rp 50.000.
    “Yang ngerti barang aja,” demikian keterangan postingan CP.
    Sementara, Humas Polres Metro Bekasi Kota, AKP Suparyono menyampaikan, Bhabinkamtibmas telah dikerahkan untuk mencegah dan mengedukasi masyarakat mengenai bahaya
    peredaran uang palsu
    .
    “Bhabinkamtibmas memberikan edukasi agar masyarakat benar-benar memastikan bahwa uang yang ada benar-benar asli dengan cara memeriksa yaitu dilihat, diraba dan diterawang,” kata Suparyono.
    Selain itu, Suparyono meminta masyarakat apabila menemukan dan mempunyai bukti adanya penjualan uang palsu agar melaporkan ke polisi.
    “Masyarakat juga bisa mengadu melalui call center 110, nantinya akan segera dilayani oleh Polri dan Polres Metro Bekasi Kota akan proaktif apabila ada laporan terkait uang palsu,” imbuh dia.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Trump Turun Tangan Buka Blokir TikTok, Netizen Ramai Komen Begini

    Trump Turun Tangan Buka Blokir TikTok, Netizen Ramai Komen Begini

    Jakarta, CNBC Indonesia – TikTok memulihkan layanannya di Amerika Serikat (AS) pada Minggu (19/1) waktu setempat, setelah sempat menutup akses selama 12 jam untuk 170 juta pengguna di negara tersebut mulai Sabtu (18/1).

    Pembukaan akses TikTok dilakukan setelah Presiden AS terpilih Donald Trump mengatakan akan mengeluarkan perintah eksekutif pada Senin (20/1/2025) hari ini, untuk menunda pemblokiran TikTok.

    Meski saat ini TikTok sudah bisa diakses kembali di AS, namun masa depannya belum jelas. Sebab, induk ByteDance asal China hingga kini masih menolak melakukan divestasi terhadap TikTok, sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan di AS dan ditandatangani Presiden AS ke-46 Joe Biden.

    Untuk sementara, TikTok memang masih aman berkat perintah Trump. Setidaknya, hal ini cukup melegakan bagi para kreator konten yang mencari penghasilan via aplikasi pertukaran video tersebut.

    “Kelangsungan hidup saya berada di ujung tanduk pada akhir pekan ini,” kata host live shopping di TikTok, Kimberly Balance, kepada Business Insider.

    “Saya tidak pernah mengalami hal seperti ini sebelumnya selama hidup saya menjadi pemilik bisnis,” ia menambahkan, dikutip dari MSN, Senin (20/1/2025).

    Balance yang memiliki akun ‘KIMMIEBBAGS’ menjual barang-barang bermerek di TikTok, Instagram, dan platform marketplace Whatnot.

    Pekan lalu, ia memindahkan bisnisnya dari Florida ke California untuk mengekspansi operasional live shopping miliknya.

    Balance berencana menggelar live shopping selama 6 jam di TikTok pada Sabtu (18/1) lalu, berkolaborasi dengan Reunited Luxury. Pada Kamis (16/1), TikTok menginformasikan ke Balance bahwa meeting dengan manajer produk bermerek TikTok pada Jumat (17/1) dibatalkan, begitu juga dengan rencana live shopping-nya pada hari Sabtu.

    Sejak dirilis pada 2023 lalu, TikTok Shop yang merupakan fitur marketplace di TikTok menjadi salah satu sumber penghasilan utama para kreator. TikTok juga membuka program affiliate yang memberikan komisi pada kreator jika membantu mempromosikan barang yang dijual di TikTok Shop.

    Pada April 2024, TikTok melaporkan platformnya berhasil berkontribusi terhadap miliaran dolar AS ke ekonomi AS, termasuk pendapatan US$15 miliar bagi pelaku bisnis kecil yang menggunakan aplikasinya. Selain itu, TikTok Shop juga mengklaim telah mendukung lebih dari 224.000 pekerjaan.

    Sebelum TikTok lumpuh total pada Sabtu lalu, beberapa kreator TikTok mengungkapkan ketakutan hal tersebut akan berdampak pada kondisi keuangan mereka.

    Dalam sebuah rilisan pers, seorang kreator bernama ChalkDunny mengatakan ia mendapatkan 60% penghasilannya sepanjang 2024 dari TikTok. Kreator lainnya dengan akun izzybizzyspicer mengatakan TikTok adalah platform sumber penghasilan terbesarnya.

    Ia mewanti-wanti para kreator di TikTok untuk bersiap menghadapi pemblokiran TikTok dan lebih fleksibel beradaptasi ke platform lain secepat mungkin.

    Nadya Okamoto, pendiri merek August untuk produk menstrual yang menjual barang di TikTok mengatakan kepada Business Insider bahwa ia lega TikTok kembali online. Kendati demikian, ketidakpastian nasib TikTok di masa depan membuatnya mulai berencana untuk mengurangi ketergantungannya terhadap TikTok.

    “Saya meminta para followers saya untuk mengikuti saya di platform lain seperti Instagram dan YouTube,” kata dia.

    “Saya juga mengeksplor peluang lain untuk menjadi affiliate di platform lain seperti YouTube Shop,” ia menuturkan.

    Hal serupa diungkap Balance yang mengatakan rencananya untuk mengekspansi persona internetnya ke platform lain.

    “Kami akan terus beroperasi di channel lain seperti Instagram, dan kemungkinkan meluncurkan channel YouTube,” kata dia.

    TikTok tidak segera memberikan konfirmasi terhadap permintaan komentar dari Business Insider terkait artikel ini.

    (fab/fab)

  • Bisnis UMKM yang Menjanjikan pada 2025 ala Rhenald Kasali

    Bisnis UMKM yang Menjanjikan pada 2025 ala Rhenald Kasali

    Liputan6.com, Jakarta – Ikatan Alumni PPM School of Management (IKA PPM) menggelar seminar “Bisnis UMKM yang Menjanjikan di Tahun 2025”. Seminar itu menghadirkan para pembicara kondang di bidang ekonomi, yaitu, pakar ekonomi dan manajemen dari Universitas Indonesia (UI) Rhenald Kasali yang juga founder Rumah Perubahan danDirektur Digital Business Perum Peruri, Farah Fitria Rahmawati.

    Ketua Umum IKA PPM, David Chandrawan mengatakan, seminar ini bertujuan untuk memberikan wawasan bisnis yang mendalam mengenai potensi ekonomi kreatif dan strategi pemasaran produk UMKM yang tepat agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan menjanjikan.

    “Seminar ini dikemas dalam konsep ngobrol santai (Ngobras) bersama IKA PPM, Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum PERURI) dan Rumah Perubahan,” ucapnya.

    Acara ini melibatkan ratusan pelaku UMKM di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) dan Kerawang yang merupakan binaan IKA PPM dan Perum PERURI, akademisi dari PPM School of Management, Universitas Indonesia (UI), UGM, ITB, dan praktisi di bidang ekonomi mikro. 

    “Mereka berkumpul untuk berdiskusi, berbagi pengalaman, dan mempelajari berbagai strategi yang dapat diterapkan dalam mengoptimalkan pemasaran produk UMKM melalui berbagai platform dari praktisi dan akademisi ternama,” papar David seraya menambahkan, kegiatan ini diprakarsai oleh IKA PPM sebagai salah satu program kerjanya.

    David yang membuka acara ini menginformasikan bahwa dalam Revolusi Industri 5.0 seperti saat ini, perubahan terjadi dengan sangat cepat. “Dan, kita harus melihat perubahan itu sebagai sebuah peluang. Bukan ancaman, termasuk bisnis UMKM,” ungkap David.

    Kegiatan “Ngobras” ini diadakan IKA PPM, kata David, sebagai upaya pendampingan.

    “Sekaligus sebagai bentuk kepedulian IKA PPM kepada para pelaku lUMKM. Agar, para pelaku UMKM dapat mengatasi hambatan, meningkatkan daya saing, dan meningkatkan kinerja bisnis serta dapat memanfaatkan teknologi digital untuk memperluas pasar dan meningkatkan pendapatan,” urainya.

    Salah satu pembicara utama dalam seminar ini, Farah Fitria Rahmawati selaku direktur bisnis Perum PERURI sekaligus pakar di bidang ekonomi kreatif dan e-commerce menyoroti peran penting teknologi dalam memajukan UMKM dan ekonomi kreatif secara keseluruhan. Farah mengungkapkan bahwa e-commerce telah memberikan peluang baru untuk para pelaku usaha skala kecil.

    “Yakni untuk dapat meraih pasar yang lebih luas. Bahkan di tingkat internasional,” Farah memaparkan.

    Tidak hanya itu, Farah juga membahas tentang berbagai platform e-commerce yang dapat dimanfaatkan oleh UMKM, mulai dari marketplace populer hingga media sosial. Dengan memanfaatkan teknologi dan data, terangnya, UMKM dapat mengoptimalkan strategi pemasaran mereka.

    “Yakni dalam mengenali preferensi pelanggan serta meningkatkan kualitas produk dan layanan,” tandasnya.

    Rahasia Kunci Sukses UMKM

    Para peserta juga mendapatkan wawasan mengenai pentingnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi primadona dari pakar ekonomi Rhenald Kasali. Dalam paparannya, guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI itu menerangkan, UMKM dapat menjadi penopang ekonomi di tengah tantangan yang begitu kompleks.

    Menurut Rhenald Kasali, agar UMKM tumbuh berkembang, kunci suksesnya adalah inovasi, digitalisasi, dan kolaborasi dengan para pihak secara terus-menerus. “

    Seperti yang telah sama-sama kita saksikan, tahun 2019 sampai 2021, kita telah melewati krisis ekonomi ataupun pandemi. Dan, UMKM selalu dapat menjadi salah satu penopang perekonomian bangsa. Untuk itu, kita harus berupaya agar usaha mikro kecil ini dapat naik kelas lewat beragam inovasi dan kolaborasi para pihak,” terang Prof. Rhenald.

     

  • Jurus Anyar Telkom Bikin Usaha UKM Tumbuh dan Cuan

    Jurus Anyar Telkom Bikin Usaha UKM Tumbuh dan Cuan

    Jakarta

    Meski marketplace memberikan akses pasar Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan peluang lebih luas, keberadaannya tidak cukup menjamin keberlanjutan dan pertumbuhan bisnis UKM. Lalu, bagaimana agar pelaku bisnis UKM berjalan optimal?

    Ketika UKM tidak dapat beradaptasi dengan kebutuhan pasar yang kompleks, walau sudah berada di market tersebut, tetap saja sulit bagi mereka memperoleh transaksi.

    Akibatnya, bisnis yang tidak dikelola baik akan menjadi loyo dan ‘mundur teratur’ dari kancah pertarungan di marketplace. UKM perlu pendampingan untuk pengelolaan dan pengembangan bisnis mereka. Hal inilah yang melatarbelakangi lahirnya program PaDi Talks dari Pasar Digital (PaDi) UMKM.

    “Kami menyadari keterbukaan akses pasar saja belum cukup. UKM memerlukan strategi dan dukungan tepat agar mampu bertahan dan berkembang, dan mendukung keberlanjutan dan pertumbuhan bisnis mereka, PaDi UMKM sebagai salah satu platform Business to Business unggulan Telkom telah menyiapkan berbagai program terkait,” ungkap EVP Digital Business & Technology Telkom, Komang Budi Aryasa, Minggu (19/1/2025).

    Program PaDi Talks sendiri berupa sesi diskusi interaktif yang bisa diikuti para UKM yang telah bergabung menjadi seller di marketplace PaDi UMKM. UKM terdaftar dapat mengikuti berbagai program pelatihan dan edukasi yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan bisnis.

    Melalui progrma ini, UKM dapat berdiskusi secara langsung dengan narasumber yang kompeten yang dihadirkan PaDi dengan bahasan-bahasan yang sesuai. Mereka merupakan praktisi bisnis, akademisi, bahkan tokoh inspiratif yang akan berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam mengelola dan mengembangkan bisnis.

    PaDi berharap, program edukasi seperti PaDi Talks ini akan memberi inspirasi dan motivasi lebih kepada pelaku UKM. Termasuk juga membuka wawasan bisnis mereka agar makin piawai dalam menentukan strategis pemasaran, melakukan inovasi produk, mengatur manajemen keuangan, juga senantiasa up to date terhadap tren pasar terkini. Tidak kalah penting, pertemuan para pelaku usaha ini juga diharap bisa menjadi ajang mereka berjejaring dan berkolaborasi.

    Sudah banyak pelaku UKM yang terbantu dan merasakan betul manfaat mengikuti PaDi Talks. Salah satunya, Meta Dharmawan dari CV Kirana Cipta Lestari.

    “Sangat bagus dan terjawab semua pertanyaan saya dan teman-teman UMKM lainnya, materinya sesuai berisi tentang optimalisasi PaDi UMKM,” kata Meta usai mengikuti program PaDi Talks bertema Invoice Financing dan Social Media Marketing.

    Komang mengatakan, antara lain melalui pelatihan tersebut, maka PaDi UMKM berhasil signifikan meningkatkan jumlah transaksi di dalam platform sebanyak 3.610 persen sejak 2020 sampai saat ini. Begitu pula dengan perusahaan swasta dan BUMN sebagai pembeli yang naik drastis lebih dari 4.000 persen.

    (agt/agt)