Topik: marketplace

  • RDPU dengan Baleg DPR, Kospin Jasa Usulkan Sejumlah Poin dalam RUU Perkoperasian – Page 3

    RDPU dengan Baleg DPR, Kospin Jasa Usulkan Sejumlah Poin dalam RUU Perkoperasian – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Koperasi Simpan Pinjam (Kospin) Jasa mengajukan sejumlah usulan strategis dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Badan Legislasi (Baleg) DPR RI di Senayan, Jakarta, Kamis (20/2/2025).

    Dalam rapat yang dipimpin Wakil Ketua Baleg, Sturman Panjaitan ini, Wakil Ketua Umum Kospin Jasa, Kadafi Yahya, memaparkan pokok-pokok pikiran terkait revisi Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian, dengan tujuan memperkuat peran koperasi dalam perekonomian nasional.

    Salah satu poin utama yang diusulkan adalah perluasan usaha simpan pinjam agar koperasi dapat menyediakan layanan pembayaran PPOB, pajak, pengiriman uang antar anggota, hingga layanan marketplace berbasis digital.

    “Koperasi harus mengikuti perkembangan zaman dan dapat memberikan layanan yang lebih luas untuk mendukung usaha anggotanya,” ujar Kadafi Yahya.

    Selain itu, Kadafi juga menyampaikan bahwa Kospin Jasa mengusulkan penambahan kategori “Anggota Luar Biasa” yang kriterianya ditetapkan dalam Anggaran Dasar koperasi. Kemudian mereka juga menekankan pentingnya perluasan instrumen permodalan koperasi, serta revisi sanksi hukum agar lebih adil.

    “Sanksi pidana sebaiknya tidak bersifat delik formil, tetapi delik aduan, serta lebih mengedepankan sanksi administratif dan pembinaan bagi pengurus dan pengawas koperasi,” tambahnya.

    Dalam aspek pengawasan, Kospin Jasa mengusulkan pembentukan Lembaga Pengawasan Usaha Simpan Pinjam Koperasi di bawah Kementerian Koperasi. Lembaga ini diharapkan beranggotakan unsur pemerintah, gerakan koperasi, dan pemangku kepentingan lainnya.

    Selanjutnya, mereka mengusulkan pembentukan Lembaga Penjaminan Simpanan Koperasi (LPSKop) yang didanai dari iuran koperasi dan APBN.

     

  • Sekjen MPR sebut pengembangan UMKM oleh APIMSA harus diapresiasi

    Sekjen MPR sebut pengembangan UMKM oleh APIMSA harus diapresiasi

    Jakarta (ANTARA) – Sekretaris Jenderal MPR RI Siti Fauziah menyebut bahwa segala upaya elemen bangsa dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) seperti yang dilakukan Asosiasi Pengusaha Kecil, Menengah, Mikro Nusantara (APIMSA), harus mendapatkan apresiasi.

    Sebab, mengingat UMKM ini memiliki peranan penting dan strategis dalam struktur perekonomian Indonesia. Dari catatan Bank Indonesia, UMKM telah memberikan sumbangan besar terhadap Produk Domestik Bruto 61,1 persen, penyerapan tenaga kerja 97,1 persen, dan ekspor 14,4 persen.

    “MPR RI sendiri sangat memberikan perhatian atas keberadaan UMKM, melalui Ketetapan MPR RI Nomor XVI/MPR/1998 tentang Politik Ekonomi dalam Rangka Demokrasi Ekonomi,” kata Siti Fauziah dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Kamis.

    Dalam acara kunjungan Pengurus Pusat (PP) APIMSA ke Kompleks Parlemen, Jakarta, dia mengatakan bahwa pemerintah berkewajiban mendorong keberpihakan politik ekonomi yang lebih memberikan kesempatan dukungan dan pengembangan ekonomi UMKM dan koperasi, sebagaimana TAP MPR Nomor XVI/MPR/1998.

    Menurut dia, pengembangan UMKM dibutuhkan untuk membangun pilar ekonomi dalam membangkitkan terlaksananya pembangunan nasional, dalam rangka demokrasi ekonomi sesuai hakikat Pasal 33 UUD NRI Tahun 1945.

    “Walaupun saat ini MPR tidak berwenang membuat Ketetapan MPR yang bersifat mengatur, namun Ketetapan MPR yang saya sebutkan tadi dinyatakan tetap berlaku, bahkan keberlakuannya adalah sepanjang masa,” kata dia.

    Dia mengatakan MPR akan terus bekerja untuk memastikan bahwa regulasi dan kebijakan ekonomi nasional, tidak hanya berpihak kepada pelaku usaha besar, tetapi juga memberikan ruang yang adil bagi UMKM untuk berkembang sebagai wujud untuk merealisasikan prinsip-prinsip keadilan sosial yang terkandung dalam konstitusi.

    Dalam Pasal 2 Ketetapan MPR RI Nomor XVI/MPR/1998, kata dia, menyebutkan bahwa politik ekonomi nasional diarahkan untuk menciptakan struktur ekonomi nasional agar terwujud pengusaha menengah yang kuat dan besar jumlahnya.

    Selain itu, terbentuknya keterkaitan dan kemitraan yang saling menguntungkan antar pelaku ekonomi yang meliputi usaha kecil, menengah, dan koperasi, usaha besar swasta, dan Badan Usaha Milik Negara yang saling memperkuat untuk mewujudkan demokrasi ekonomi dan efisiensi nasional yang berdaya saing tinggi.

    “Pasar digital telah menawarkan kemudahan berusaha. Tanpa perlu membuka toko fisik, pelaku UMKM sudah dapat memulai usaha. Etalase produk dan promosi dilakukan melalui media sosial, website maupun marketplace,” ujar dia.

    Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
    Editor: Chandra Hamdani Noor
    Copyright © ANTARA 2025

  • BPOM Temukan 5 Jenis Kosmetik Ilegal dan Berbahaya, Banyak Dijual Online!

    BPOM Temukan 5 Jenis Kosmetik Ilegal dan Berbahaya, Banyak Dijual Online!

    Jakarta

    Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) mengidentifikasi lebih dari satu juta kosmetik ilegal yang dijual di marketplace atau lapak online. Selain ilegal alias tidak mengantongi izin edar BPOM RI, sejumlah kosmetik tersebut juga memiliki kandungan berbahaya yang bisa memicu kanker dalam jangka waktu panjang.

    Dari sejumlah temuan, ada lima produk teeatas yang mencatat penjualan terbanyak. Mulai dari krim wajah, eyeshadow, hingga perawatan kuku. Berikut daftarnya menurut data yang dihimpun Patroli Siber BPOM 2024:

    1. Eyebrow stamp

    Ibcccndc eyebrow stamp menduduki peringkat teratas penjualan kosmetik ilegal. Ada hampir 5 ribu tautan atau link penjualan di marketplace.

    Produk ini dipasarkan dengan klaim lebih mudah membuat bentuk alis. Ada 3 varian warna black, dark brown, dan brown. Ketiganya tidak terdaftar di BPOM RI dan belum bisa dipastikan keamanannya.

    2. Lameila lip glaze

    Ada 4.575 link penjualan lameila lip care. Produk yang menawarkan kosmetik bibir dengan hasil matte dan tahan lama ini banyak diedarkan pada toko-toko online di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

    3. Krim Racikan HTMH

    Krim racikan HTMH marak beredar di lapak online dengan lebih dari 2 ribu tautan link. Padahal, krim racikan secara regulasi hanya bisa didapatkan bila sudah berkonsultasi dengan dokter.

    Mengingat, kondisi dan jenis kulit masing-masing relatif berbeda. Krim racikan tersebut juga terindetifikasi mengandung kadar hidrokuinon yang tinggi.

    4. Dikalu eyeshadow palette

    Sama seperti banyak kosmetik lain, produk ini juga tidak mengantongi izin edar dan belum bisa dipastikan keamanannya. Ada kekhawatiran pewarna yang digunakan malah mengandung kandungan berbahaya seperti K3 dan K10.

    Produk ini umum ditemukan pada eyeshadow ilegal, padahal dalam jangka panjang bisa memicu kanker.

    5. Kutek

    BPOM RI menarik 1.960 link penjualan kosmetik kutek tanpa izin edar. Cat kuku dengan merek Kudan tersedia dalam berbagai warna yang dijual dengan harga relatif murah.

    BPOM mewanti-wanti masyarakat untuk menghindari produk tersebut lantaran tidak terjamin keamanannya.

    (naf/kna)

  • PLN Bagi-Bagi Promo, Beli Kendaraan Listrik Dapat E-Voucher hingga Rp2 Juta

    PLN Bagi-Bagi Promo, Beli Kendaraan Listrik Dapat E-Voucher hingga Rp2 Juta

    Jakarta: Punya rencana beli kendaraan listrik? Sekarang waktu yang tepat! 
     
    PT PLN (Persero) menghadirkan promo spesial EV Deals dengan bonus E-Voucher listrik hingga Rp2 juta bagi masyarakat yang membeli kendaraan listrik melalui aplikasi PLN Mobile selama pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025.
    Dukungan PLN untuk kendaraan listrik
    Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan program ini merupakan bagian dari upaya PLN dalam mempercepat adopsi kendaraan listrik di Indonesia. 
     
    “Kami ingin memberikan kemudahan dan dorongan bagi masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik, sejalan dengan upaya mendukung pengurangan emisi karbon nasional,” ujar Darmawan dalam keterangan tertulis, Rabu, 19 Februari 2025.
    Periode Promo dan Nominal E-Voucher
    Promo EV Deals 2025 berlangsung dari 13 Februari hingga 23 Februari 2025 dengan rincian hadiah sebagai berikut:

    – Beli mobil listrik dapat E-Voucher Rp2 juta
    – Beli motor listrik dapat E-Voucher Rp500 ribu
     
    Namun, promo ini hanya berlaku untuk pembelian kendaraan listrik dengan tanda khusus “automotive market” di aplikasi PLN Mobile.
     

    Syarat dan cara mendapatkan e-voucher PLN Mobile
    Executive Vice President Pelayanan Pelanggan Retail PLN, Daniel Lestanto menjelaskan setiap user PLN Mobile bisa mendapatkan maksimal satu E-Voucher. Adapun, masa aktif E-Voucher berlaku sampai 31 Desember 2025.
     
    “Lewat promo spesial ini, PLN berharap masyarakat semakin banyak yang beralih ke kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan,” ujar Daniel.
    Cara memperoleh Voucher Promo EV Deals PLN Mobile:

    Konsumen melakukan transaksi belanja motor listrik bertanda automotive market di Marketplace PLN Mobile akan mendapat e-voucher listrik senilai Rp500.000 (dengan rincian voucher Rp100.000 sebanyak 5 voucher.)
    Konsumen melakukan transaksi belanja mobil listrik bertanda automotive market di Marketplace akan mendapat e-voucher EV senilai Rp2.000.000 yang dapat diklaim menjadi EV Point.
    E-Voucher akan diterima setelah transaksi berubah menjadi status berhasil
    E-Voucher tidak dapat digabungkan dengan voucher/program pemasaran lainnya dan digunakan oleh user PLN Mobile lainnya.
    E-Voucher yang belum digunakan namun telah melewati masa berlaku layanan dinyatakan hangus atau tidak dapat digunakan lagi.
    E-Voucher dapat dilihat pada fitur “Reward” di aplikasi PLN Mobile.
    Pembatalan permohonan yang mengakibatkan E-Voucher listrik gagal ter-redeem, dapat digunakan kembali untuk pendaftaran atau permohonan produk layanan ini pada IDPEL permohonan sebelumnya atau IDPEL lainnya.

    Jangan sampai ketinggalan! Buruan beli kendaraan listrik di PLN Mobile sebelum promo berakhir!
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Butuh Modal Usaha? Begini Cara Ajukan Kredit Usaha Mikro Bank Mandiri Lewat E-Commerce

    Butuh Modal Usaha? Begini Cara Ajukan Kredit Usaha Mikro Bank Mandiri Lewat E-Commerce

    Jakarta: Buat kamu yang punya bisnis online dan butuh tambahan modal, sekarang nggak perlu repot lagi ke bank! 
     
    Bank Mandiri bekerja sama dengan beberapa e-commerce besar di Indonesia, seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan Gojek, untuk memberikan fasilitas Kredit Usaha Mikro (KUM). 
     
    Pinjaman ini bisa digunakan untuk investasi bisnis maupun tambahan modal kerja. Mengutip langsung dari laman Bank Mandiri, simak cara pengajuannya.

    Apa itu Kredit Usaha Mikro (KUM)?

    Kredit Usaha Mikro (KUM) adalah pinjaman yang diberikan kepada seller online yang sudah aktif berjualan di e-commerce dan memiliki performa usaha yang baik. 

    Pinjaman ini bisa diajukan secara online langsung melalui platform e-commerce yang bekerja sama dengan Bank Mandiri. 
     
    Jika disetujui, dana akan langsung ditransfer ke rekening Bank Mandiri kamu.
     

    Keuntungan mengajukan KUM lewat e-Commerce

    Proses 100 persen online, nggak perlu datang ke bank.
    Pencairan cepat langsung ke rekening Bank Mandiri.
    Tanpa jaminan, cukup dengan performa bisnis yang baik.
    Pembayaran otomatis, cicilan dipotong dari saldo rekening Bank Mandiri.

    Syarat pengajuan KUM di Shopee

    Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 20-55 tahun.
    Berdomisili di Indonesia.
    Memiliki rekening Bank Mandiri.
    Sudah berjualan di Shopee minimal 6 bulan.
    Memiliki transaksi penjualan minimal Rp2 juta per bulan dalam 6 bulan terakhir.
    Menyediakan dokumen e-KTP, swafoto dengan e-KTP, dan NPWP (jika pinjaman di atas Rp50 juta).
    Ketentuan Pinjaman di Shopee
    Maksimal pinjaman Rp25 juta (tergantung performa toko di Shopee).
    Pencairan dana langsung ke rekening Bank Mandiri.
    Pembayaran cicilan otomatis dipotong dari saldo rekening Bank Mandiri.
    Bisa dibatalkan sebelum dana dicairkan.

    Syarat Pengajuan KUM Digital – Seller Marketplace (Bukalapak, Shopee, Gojek, Tokopedia)

    Sudah menjadi nasabah Bank Mandiri.
    Berusia minimal 21 tahun, maksimal 60 tahun saat pinjaman lunas.
    Sudah menjadi merchant di e-commerce minimal 12 bulan.
    Memiliki nomor HP yang terdaftar di aplikasi Livin’ by Mandiri.
    Ketentuan Pinjaman di Marketplace
    Maksimal pinjaman Rp25 juta (tergantung performa merchant di e-commerce).
    Harus menandatangani perjanjian secara elektronik melalui PrivyID.
    Pencairan dana langsung ke rekening Bank Mandiri.
    Cicilan dipotong otomatis dari saldo rekening Bank Mandiri.
    Bisa dibatalkan sebelum menandatangani perjanjian kredit.

    Syarat pengajuan KUM Digital untuk merchant QRIS Bank Mandiri

    Memiliki rekening di Bank Mandiri.
    Sudah aktif transaksi selama 6 bulan sebagai penjual menggunakan QRIS Bank Mandiri.
    Menggunakan rekening Bank Mandiri untuk transaksi usaha.
    Warga Negara Indonesia berusia 21-59 tahun.
    Menerima penawaran dari WhatsApp Business Account Bank Mandiri atau mengajukan lewat banner KUM digital di aplikasi Livin’ by Mandiri.
    Ketentuan Pinjaman untuk Merchant QRIS
    Maksimal pinjaman Rp25 juta (tergantung performa merchant QRIS).
    Harus menandatangani perjanjian elektronik melalui PrivyID.
    Dana langsung cair ke rekening Bank Mandiri.
    Pembayaran cicilan otomatis dipotong dari saldo rekening Bank Mandiri.
    Bisa dibatalkan sebelum menandatangani perjanjian kredit.

    Cara mengajukan KUM lewat e-commerce

    Login ke platform e-commerce yang bekerja sama dengan Bank Mandiri.
    Cari menu pinjaman modal atau KUM di dashboard seller.
    Pilih nominal pinjaman sesuai kebutuhan dan performa usaha.
    Unggah dokumen yang dibutuhkan (e-KTP, NPWP jika perlu, swafoto dengan e-KTP).
    Tunggu proses verifikasi dan persetujuan dari Bank Mandiri.
    Dana akan langsung dicairkan ke rekening Bank Mandiri kamu.

    Kredit Usaha Mikro dari Bank Mandiri bisa jadi solusi cepat buat kamu yang butuh tambahan modal usaha tanpa ribet. Dengan proses online yang mudah dan pencairan cepat, kamu bisa lebih fokus mengembangkan bisnismu. Yuk, cek sekarang apakah toko online kamu sudah memenuhi syarat dan ajukan pinjaman KUM sekarang juga!
     
    Itu dia cara mudah mengajukan pinjaman usaha lewat e-commerce. Jangan lupa selalu mengelola pinjaman dengan bijak supaya bisnismu makin berkembang!
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Mau Cuan dari Internet? Begini Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

    Mau Cuan dari Internet? Begini Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

    Jakarta: Bisnis online semakin diminati karena fleksibilitasnya dan modal yang relatif kecil. 
    Kalau kamu ingin mulai berbisnis di dunia digital, ada beberapa langkah penting yang perlu diperhatikan supaya usaha kamu sukses dan bertahan lama. 
     
    Merangkum berbagai sumber, artikel ini akan membahas cara memulai bisnis online.
    Cara memulai bisnis online

    1. Lakukan riset pasar

    Sebelum terjun ke bisnis online, cari tahu dulu produk atau jasa yang banyak dicari. Cek tren di media sosial, forum diskusi, atau gunakan Google Trends untuk melihat apa yang sedang booming. 
     
    Pastikan juga untuk mengidentifikasi siapa target pasar kamu supaya strategi pemasaran lebih tepat sasaran.

    2. Buat rencana bisnis yang jelas

    Setelah menemukan ide bisnis, langkah selanjutnya adalah membuat rencana bisnis. Catat apa saja yang perlu dilakukan, seperti target penjualan, modal awal, strategi pemasaran, serta platform yang akan digunakan. Dengan rencana yang matang, bisnis kamu bisa berjalan lebih terarah.

    3. Pilih platform yang tepat

    Ada banyak pilihan platform untuk menjalankan bisnis online, tergantung produk yang kamu jual:

    – Marketplace: Shopee, Tokopedia, Lazada (cocok untuk produk fisik).
    – Media Sosial: Instagram, TikTok, Facebook (cocok untuk brand-building dan interaksi langsung dengan pelanggan).
    – Website Pribadi: Bisa dibuat dengan Shopify atau WordPress jika ingin lebih profesional.
     

    4. Buat brand yang menarik

    Nama bisnis, logo, dan warna brand adalah elemen penting yang harus diperhatikan. Pastikan semuanya mencerminkan identitas produk dan mudah diingat oleh pelanggan.

    5. Terapkan strategi pemasaran digital

    Agar bisnis cepat dikenal, gunakan strategi pemasaran yang tepat:
    – SEO (Search Engine Optimization): Optimalkan website atau toko online agar muncul di hasil pencarian Google.
    – Media Sosial: Buat konten menarik di Instagram, TikTok, atau Facebook.
    – Influencer Marketing: Bekerja sama dengan influencer untuk memperkenalkan produk kamu.
    – Iklan Berbayar: Gunakan Facebook Ads atau Google Ads agar lebih banyak orang mengetahui bisnis kamu.

    6. Kelola keuangan dengan baik

    Pisahkan keuangan pribadi dan bisnis agar lebih mudah mengatur pemasukan dan pengeluaran. Gunakan aplikasi pencatatan keuangan seperti BukuKas atau Money Lover untuk memantau cash flow bisnis kamu.

    7. Berikan pelayanan terbaik

    Bisnis yang sukses adalah bisnis yang bisa membuat pelanggan puas. Pastikan respon cepat, pengiriman tepat waktu, dan produk berkualitas agar pelanggan kembali membeli dan merekomendasikan produk kamu ke orang lain.
     
    Memulai bisnis online memang butuh usaha, tapi dengan strategi yang tepat, cuan bisa mengalir terus! Mulai dari riset pasar, membuat rencana bisnis, memilih platform, hingga memasarkan produk dengan cara yang efektif. 
     
    Semakin konsisten dan kreatif, semakin besar peluang bisnis kamu sukses.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Jelang Ramadan, Permintaan Produk Kebutuhan Rumah Tangga dan Perlengkapan Ibadah Meningkat  – Halaman all

    Jelang Ramadan, Permintaan Produk Kebutuhan Rumah Tangga dan Perlengkapan Ibadah Meningkat  – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menjelang bulan suci Ramadan, permintaan barang dari usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mengalami lonjakan signifikan.

    Konsumen semakin banyak mencari produk khas UMKM, terutama untuk kebutuhan rumah tangga dan perlengkapan ibadah.

    Direktur KJ Perabot, Dian Damayanti mengatakan, peningkatan permintaan ini sangat terasa terutama untuk produk peralatan makan seperti piring cantik dan perabotan rumah tangga lainnya.

    “Permintaan menjelang Ramadan memang selalu meningkat, terutama untuk produk seperti piring cantik dan perlengkapan dapur.

    Banyak konsumen yang ingin mempercantik rumah mereka saat menyambut bulan suci,” ujar Dian dalam pembukaan gerai KJ Perabot di Jakarta, Selasa (18/2/2025).

    Lonjakan permintaan ini menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku UMKM di daerah, yang sering kali kewalahan dalam memenuhi kebutuhan pasar.

    Faktor keterbatasan sumber daya manusia (SDM) dan kapasitas produksi menjadi kendala utama dalam menghadapi tingginya permintaan menjelang Ramadan.

    “Produk kami semuanya berasal dari UMKM lokal. Permintaan memang besar, tetapi jumlah produksi masih terbatas karena kendala tenaga kerja dan kapasitas produksi,” jelasnya.

    Meskipun demikian, suplai bahan baku untuk produk UMKM tetap terjaga dengan baik, sehingga ketersediaan barang di pasaran masih dapat terpenuhi.

    Dian optimistis bahwa tren positif ini akan terus berlanjut, seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap produk lokal.

    E-commerce Manager KJ Perabot, Raabitu Herdi juga menyampaikan bahwa permintaan melalui kanal online turut mengalami lonjakan.

    Konsumen dari berbagai kota seperti Surabaya dan Medan semakin aktif berbelanja produk UMKM secara daring.

    “Kami melihat tren tiga bulan terakhir, di mana produk piring cantik dan unik menjadi yang paling dicari pelanggan. Ini membuktikan bahwa minat masyarakat terhadap produk UMKM semakin tinggi,” katanya.

    Raabitu menambahkan bahwa kehadiran marketplace juga sangat membantu distribusi produk UMKM secara lebih luas. Bahkan, beberapa produk KJ Perabot berhasil menempati peringkat ketiga dalam kategori produk rumah tangga di beberapa marketplace ternama.

    “Kami optimistis di tengah perekonomian yang dinamis ini, penjualan produk UMKM bisa terus meningkat. Target kami tahun ini adalah mencapai 40 persen penjualan melalui online,” imbuhnya.

    Dengan meningkatnya permintaan produk UMKM menjelang Ramadan, para pelaku usaha diharapkan dapat terus berinovasi dan meningkatkan kapasitas produksi agar dapat memenuhi kebutuhan pasar yang semakin besar. (Eko Sutriyanto)

  • Harga Emas Naik, Begini Cara Membelinya di Butik Antam

    Harga Emas Naik, Begini Cara Membelinya di Butik Antam

    Jakarta: Harga emas Antam tercatat mengalami peningkatan pada perdagangan hari ini. Harga emas Antam pun kembali mendekati level Rp1,7 juta per gram.
     
    Mengacu laman Logam Mulia, Selasa, 18 Februari 2025, harga emas Antam naik Rp8.000 dari Rp1,671 juta menjadi Rp1,679 juta per gram. 
     
    Senada dengan harga beli, harga jual kembali atau buyback juga tercatat naik Rp8.000 menjadi Rp1,529 juta per gram.

    Harga emas Antam hari ini
    Berikut adalah daftar harga emas batangan Antam untuk berbagai ukuran:
     
    Emas batangan 0,5 gram: Rp885,5 ribu.
    Emas batangan 1 gram: Rp1,671 juta.
    Emas batangan 2 gram: Rp3,282 juta.
    Emas batangan 3 gram: Rp4,898 juta.
    Emas batangan 5 gram: Rp8,130 juta.
    Emas batangan 10 gram: Rp16,205 juta.
    Emas batangan 25 gram: Rp40,387 juta.
    Emas batangan 50 gram: Rp80,695 juta.
    Emas batangan 100 gram: Rp161,312 juta.
    Emas batangan 250 gram: Rp403,015 juta.
    Emas batangan 500 gram: Rp805,820 juta.
    Emas batangan 1.000 gram: Rp1,611 miliar.
     

    Bagaimana cara membeli emas Antam di Butik Antam?
    Membeli emas batangan Antam kini semakin mudah karena bisa dilakukan langsung di Butik Antam yang tersebar di berbagai kota. 
    Berikut langkah-langkahnya:

    Cek harga terbaru

    Sebelum membeli, pastikan untuk mengecek harga emas di laman resmi Logam Mulia Antam agar mendapatkan informasi harga terkini.

    Kunjungi Butik Antam terdekat

    Butik Antam tersedia di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Medan. Pastikan untuk membawa identitas diri yang diperlukan untuk transaksi.

    Pilih ukuran dan jenis emas

    Emas batangan tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari 0,5 gram hingga 1.000 gram. Pilih sesuai dengan kebutuhan investasi Anda.

    Lakukan pembayaran

    Pembayaran bisa dilakukan secara tunai atau melalui transfer bank sesuai dengan kebijakan butik yang dikunjungi.

    Ambil sertifikat resmi

    Setiap pembelian emas Antam dilengkapi dengan sertifikat resmi yang menjamin keaslian dan kadar emasnya.

    Alternatif pembelian secara online
    Selain datang langsung ke butik, emas Antam juga bisa dibeli secara online melalui situs resmi Logam Mulia atau melalui marketplace resmi yang bekerja sama dengan Antam. 

    Dengan pembelian online, emas dapat dikirim langsung ke alamatmu atau diambil di butik sesuai pilihan.
     
    Kenaikan harga emas Antam menjadi momentum yang tepat bagi investor untuk mempertimbangkan pembelian emas sebagai aset lindung nilai. 
     
    Dengan kemudahan akses pembelian di butik maupun online, emas Antam tetap menjadi pilihan investasi yang aman dan terpercaya.
     
    Jika kamu tertarik untuk berinvestasi emas, pastikan selalu membeli dari sumber resmi agar mendapatkan emas bersertifikat dengan harga yang sesuai pasar.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • KKP memusnahkan 63 ekor ikan predator di Jakarta Timur

    KKP memusnahkan 63 ekor ikan predator di Jakarta Timur

    …memperjualbelikan jenis ikan membahayakan dan/atau merugikan secara jelas telah dilarang….

    Jakarta (ANTARA) – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memusnahkan sebanyak 63 ekor ikan predator di salah satu toko ikan hias di daerah Kramat Jati, Jakarta Timur.

    “Toko ini memiliki nama Showroom Predator dan cukup terkenal di kalangan penghobi ikan hias,” kata Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) KKP Pung Nugroho Saksono (Ipunk) dalam keterangan di Jakarta, Senin.

    Ia menyampaikan bahwa berdasarkan hasil penelusuran Open Source Intelligence (OSINT) melalui analisis laporan masyarakat di media sosial, toko ikan hias tersebut memiliki pengikut di media sosial yang cukup banyak dan kerap menjadi lokasi pembuatan konten ikan predator oleh konten kreator dan influencer.

    “Tim kemudian melakukan penelusuran di situs web, media sosial, YouTube, hingga marketplace untuk memeriksa kebenaran informasi. Dan benar toko tersebut memperjualbelikan berbagai jenis ikan predator yang termasuk dalam jenis ikan yang membahayakan dan/atau merugikan,” ujar Ipunk.

    Ipunk menekankan bahwa memperjualbelikan jenis ikan membahayakan dan/atau merugikan secara jelas telah dilarang dalam Undang-Undang Perikanan dan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 19 Tahun 2020 tentang Larangan Pemasukan, Pembudidayaan, Peredaran, dan Pengeluaran Jenis Ikan yang Membahayakan Dan/Atau Merugikan ke Dalam dan Dari Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia.

    Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memusnahkan sebanyak 63 ekor ikan predator di salah satu toko ikan hias di daerah Kramat Jati, Jakarta Timur. ANTARA/HO-Humas KKP

    Direktur Pengawasan Sumber Daya Perikanan KKP Halid K Jusuf menyebutkan bahwa tim Pengawas Perikanan Direktorat PSDP, Pangkalan PSDKP Jakarta dan Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta mendatangi toko ikan hias tersebut pada Kamis (13/2).

    Dia menyampaikan bahwa pihaknya mengamankan 63 ekor ikan predator dengan nilai jual Rp68 juta yang terdiri dari 18 ekor ikan piranha (Pygocentrus spp.) senilai Rp900.000, seekor ikan Arapaima gigas ukuran 50 cm senilai Rp750.000.

    Lalu, 31 ekor ikan Peacock bass (Chicla spp.) senilai Rp10.850.000, 11 ekor ikan Aligator gar (Lepisosteus spp.) berukuran 40-60 cm senilai Rp50.500.000, dan dua ekor ikan Pike (Esox spp.) ukuran 25 cm senilai Rp5.000.000.

    Dia menyampaikan bahwa Tim KKP secara persuasif menjelaskan kepada pemilik toko terkait larangan serta sanksi hukum yang diterima apabila memelihara dan/atau memperjualbelikan jenis ikan membahayakan dan/merugikan sesuai peraturan yang berlaku.

    “Atas kesadaran dan kesediaan pemilik toko, seluruh ikan predator miliknya diserahkan kepada Pengawas Perikanan untuk dimusnahkan di tempat,” kata Halid.

    Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono telah menginstruksikan Ditjen PSDKP untuk memperketat pengawasan peredaran ikan membahayakan dan/atau merugikan di media sosial melihat tren meningkatnya aktivitas jual beli ikan hias melalui media sosial.

    Hal ini bertujuan supaya pengelolaan sumber daya perikanan dapat terjaga dengan baik dan sejalan dengan kebijakan ekonomi biru.

    Pewarta: Muhammad Harianto
    Editor: Budisantoso Budiman
    Copyright © ANTARA 2025

  • Hollyland Rilis Cosmo C2, Solusi Transmisi Video Nirkabel untuk Profesional

    Hollyland Rilis Cosmo C2, Solusi Transmisi Video Nirkabel untuk Profesional

    Jakarta

    Hollyland merilis Cosmo C2 di Indonesia, perangkat transmisi video nirkabel yang dirancang untuk memenuhi standar industri penyiaran dan produksi video profesional.

    Dengan teknologi hopping frekuensi otomatis dan latensi rendah hanya 33ms, Cosmo C2 diklaim bisa memberikan kualitas gambar yang stabil tanpa gangguan, menjadikannya pilihan ideal untuk produksi multi-kamera, siaran langsung, dan berbagai kebutuhan industri kreatif.

    “Kami sangat antusias menghadirkan Hollyland Cosmo C2 kepasar Indonesia. Produk ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan industri penyiaran dan produksi video yang terus berkembang. Dengan fitur-fitur inovatifnya, kami yakin Cosmo C2 akan menjadi solusi terbaik bagi para profesional yang mencari transmisi video nirkabel yang andal dan berkinerja tinggi,” kata Suriyanto, VP Denka Pratama Indonesia, distributor Hollyland di Indonesia, dalam keterangan yang diterima detikINET.

    Keunggulan utama Cosmo C2 adalah jangkauan transmisi yang mencapai 1.000m, yang diklaim bisa dilakukan tanpa kehilangan kualitas gambar dan mempunyai latensi tetap rendah, hanya 33ms.

    Perangkat ini dilengkapi dengan teknologi hopping frekuensi otomatis, yang mendeteksi gangguan sinyal dan secara cerdas beralih ke saluran yang lebih bersih untuk memastikan transmisi tanpa hambatan.

    Selain itu, Cosmo C2 mendukung berbagai format input dan output melalui port HDMI dan SDI, memberikan fleksibilitas bagi para profesional dalam berbagai skenario produksi. Perangkat ini juga memiliki opsi daya yang fleksibel, termasuk baterai NP-F dan V-Mount, untuk operasional yang lebih lama di lokasi syuting.

    Live Streaming dengan UVC & RTMP
    Dengan fitur UVC Streaming, pengguna dapat menghubungkan penerima langsung ke komputer melalui kabel USB-C, tanpa memerlukan memori eksternal. Selain itu, dukungan RTMP memungkinkan siaran langsung ke platform populer seperti YouTube dan Twitch dengan mudah.

    Cosmo C2 juga dilengkapi dengan solusi 2TX & 1RX, yang memungkinkan dua pemancar dan satu penerima untuk meningkatkan efisiensi workflow dengan gangguan nirkabel yang lebih rendah. Dukungan NDI memungkinkan transmisi video melalui satu kabel jaringan, mengurangi kebutuhan kabel yang rumit.

    Harga dan Ketersediaan
    Hollyland Cosmo C2 sudah dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp 6.584.000 hingga Rp 19.784.000 sesuai dengan paket yang dipilih di marketplace official store dan dealer-dealer resmi PT Denka Pratama Indonesia dengan garansi 1 tahun.

    (asj/asj)