Topik: marketplace

  • Tips Jitu Dongkrak Penjualan E-commerce!

    Tips Jitu Dongkrak Penjualan E-commerce!

    Jakarta: Bulan Ramadan selalu menjadi momen krusial bagi para pelaku bisnis e-commerce di Indonesia. Bagaimana tidak? Data menunjukkan bahwa terjadi lonjakan transaksi yang signifikan seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat selama bulan suci ini.

    Lonjakan transaksi e-commerce saat Ramadan peluang emas 
    Mengutip siaran pers SIRCLO, Selasa, 25 Februari 2025, data internal menunjukan terjadi pertumbuhan transaksi belanja online yang fantastis selama periode Ramadan dalam tiga tahun terakhir.
     
    Rata-rata, transaksi melonjak hingga 76,5 persen, dan jumlah konsumen pun meningkat 23,5 persen dari sebelum Ramadan hingga setelah Idulfitri. Angka-angka ini jelas membuktikan bahwa Ramadan adalah peluang emas bagi para pelaku bisnis e-commerce.
     
    “Data ini menunjukkan bahwa tren pertumbuhan e-commerce selama Ramadan terus berlanjut dari tahun ke tahun. Dengan belanja yang semakin terdigitalisasi, bisnis memiliki peluang emas untuk mengoptimalkan strategi digital, menjangkau lebih banyak pelanggan, serta meraih pertumbuhan yang lebih besar di Ramadan tahun 2025,” kata Chief Operating Officer SIRCLO, Danang Cahyono.
     

    Strategi jitu meningkatkan penjualan online saat Ramadan
    Dengan tren pertumbuhan e-commerce selama Ramadan terus meningkat dari tahun ke tahun, menurutnya, bisnis di saat Ramadan memiliki peluang besar untuk mengoptimalkan strategi digital mereka, menjangkau lebih banyak pelanggan, dan mencapai pertumbuhan yang lebih tinggi di Ramadan tahun 2025.

    Kuncinya adalah dengan memanfaatkan data yang tepat untuk memenangkan hati konsumen di pasar yang semakin kompetitif.
     
    Kisah sukses di bulan Ramadan
     
    Dua merek ternama yang tergabung dalam ekosistem SIRCLO, Kalbe Nutritionals dan Nestlé, telah membuktikan keberhasilan mereka dalam memanfaatkan momentum Ramadan.
     
    Keduanya tidak hanya mengandalkan peningkatan permintaan, tetapi juga menerapkan strategi yang efektif untuk menjangkau dan memenuhi kebutuhan konsumen selama bulan Ramadan.
     
    Strategi yang terarah ini membantu mereka meningkatkan penjualan di berbagai marketplace dan memperkuat daya saing di era digitalisasi belanja yang terus berkembang.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Tuka Tuku, Marketplace UMKM Purbalingga yang Dukung Produk Lokal

    Tuka Tuku, Marketplace UMKM Purbalingga yang Dukung Produk Lokal

    TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA – UMKM atau usaha mikro, kecil, dan menengah merupakan sektor yang layak mendapat perhatian pemerintah.

    Selain membantu mengurangi angka pengangguran, keberadaan UMKM juga menjadi ciri khas tersendiri bagi suatu daerah.

    Salah satu upaya pemerintah untuk mendukung UMKM di Purbalingga adalah dengan menghadirkan Tuka Tuku.

    Tuka Tuku merupakan marketplace khusus bagi pelaku UMKM Purbalingga yang bertujuan memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan pendapatan mereka.

    “UMKM di Purbalingga banyak, jadi kita jadikan satu di Tuka Tuku ini. Tuka Tuku sebetulnya merupakan pusatnya UMKM Purbalingga,” ujar Lia Kurniasih, admin Tuka Tuku Purbalingga, kepada Tribunbanyumas.com, Selasa (25/2/2025).

    Marketplace ini berdiri sejak Agustus 2019 dan awalnya bekerja sama dengan Bukalapak untuk membantu pemasaran produk UMKM lokal.

    Selain memiliki toko offline di kompleks Taman Usman Janatin Purbalingga, Tuka Tuku juga hadir di beberapa platform online seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan TikTok.

    “Kita ada di beberapa platform, tapi saat ini fokusnya di Shopee dan TikTok karena lebih banyak penjualan dari situ,” jelas Lia.

    Produk yang dijual di Tuka Tuku mayoritas berupa produk olahan kering dari UMKM Purbalingga.

    “Di sini kita hanya menjual produk-produk kering supaya lebih awet,” tambahnya.

    Beberapa produk yang tersedia antara lain cocktail, olahan nanas, aneka sambal, kopi, olahan lele, dan lainnya.

    “Selain menjual aneka ragam produk UMKM, produk-produk di sini juga menjadi ikon khas Purbalingga seperti makaroni dan olahan nanas. Jadi kalau orang ke Purbalingga mau beli oleh-oleh yang terkenal, bisa beli di sini,” ujar Lia.

    Produk yang dijual di Tuka Tuku berasal dari berbagai kecamatan di Purbalingga.

    “Setiap kecamatan ada, dan mereka biasanya tidak hanya punya satu produk. Misalnya olahan lele bisa dibuat jadi abon, pastel, atau ladreg yang berasal dari duri ikan,” jelas Lia.

    Selain makanan, Tuka Tuku juga menjual berbagai kerajinan tangan seperti tempat sendok dari bambu, cobek kayu, patung Soedirman, dan blangkon.

    Strategi pemasaran Tuka Tuku dilakukan melalui iklan berbayar dan promosi live di platform online.

    Selain itu, pihak Tuka Tuku juga memasukkan produk UMKM ke mitra seperti toko oleh-oleh di berbagai daerah.

    “Selain produk masuk ke sini, kita juga menaruh produk Tuka Tuku ke mitra atau tempat oleh-oleh di beberapa daerah. Tujuannya agar produk lebih laku dan orang tahu bahwa ini produk UMKM Purbalingga. Beberapa produk juga sudah masuk ke Alfamart dan Indomaret,” ungkapnya.

    Promosi live di platform online biasanya dibantu oleh PLUT Purbalingga dan dilakukan oleh siswa PKL.

    Live streaming dilakukan setiap hari untuk meningkatkan penjualan produk.

    Bagi pelaku UMKM Purbalingga yang ingin bergabung dengan Tuka Tuku, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

    Persyaratan tersebut antara lain memiliki KTP asli domisili Purbalingga, sertifikat PIRT, dan produk memiliki masa kedaluwarsa minimal tiga bulan.

    “Yang penting tiga itu dulu, KTP Purbalingga, PIRT, dan expired minimal tiga bulan. Jika belum memiliki sertifikat halal, kami bisa bantu. Untuk packaging juga tidak masalah jika masih sederhana, karena kami bisa membantu membuat desain yang lebih menarik,” pungkasnya.

  • 8 HP 3 Jutaan untuk Hadiah Lebaran 2025, Ada Samsung, Vivo, hingga Oppo

    8 HP 3 Jutaan untuk Hadiah Lebaran 2025, Ada Samsung, Vivo, hingga Oppo

    Jakarta

    Lebaran menjadi momen istimewa untuk berbagi kebahagiaan bersama keluarga dan orang-orang terdekat. Memberikan hadiah saat lebaran bisa menjadi wujud kasih sayang dan perhatian.

    Salah satu hadiah praktis dan bermanfaat adalah smartphone. Ada banyak pilihan hp di kisaran 3 jutaan dengan desain menarik dan fitur kekinian. Untuk kamu yang mau mempersiapkan hadiah lebaran dari sekarang, simak 8 pilihan hp 3 jutaan berikut ini.

    8 HP 3 Jutaan untuk Hadiah Lebaran 2025

    Ada banyak pilihan Hp 3 jutaan untuk hadiah lebaran 2025. Mulai dari Samsung, Vivo, Oppo, hingga Redmi, berikut rekomendasinya mengutip laman resmi smartphone, marketplace dan arsip detikINET:

    1. Samsung Galaxy A16 5G

    Harga: Rp 3.799.000

    Samsung Galaxy A16 5G Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

    Samsung Galaxy A16 menonjolkan kombinasi antara konektivitas 5G, performa yang solid, dan desain modern. Layarnya besar dan cerah dengan performa yang cukup tangguh untuk aktivitas sehari-hari.

    Chipset: Dimensity 6300 besutan MediaTek -Layar: 6,7 inch,Layar: Super AMOLED resolusi Full HD+ dan refresh rate 90 Hz.Memori: 8 GB bisa ditambah dengan RAM Plus 8 GB/256 GBKamera belakang: 50 MP+5 MP+2 MPKamera depan: 13 MPBaterai: punya kapasitas 5.000 mAh dengan pengisian cepat 25 W.

    2. Vivo Y100 5G

    Harga: Rp 3.599.000

    Review Kamera Vivo Y100 5G Foto: Dok. Enche Tjin

    Vivo Y100 memiliki desain yang elegan dengan kulit fiber premium dan 2.5D Metallic Frame. Y100 menjad seri Y pertama dengan pengisian daya kencang 80W Flash Charge. Baterainya bisa diisi dari kosong hingga 45% dalam waktu 15 menit.

    Chipset: Snapdragon 4 Gen2 5GLayar: 6.67″ FHD+ AMOLED 120 HzMemori: RAM 8 GB/128 GBKamera belakang: 50 MP (main)+8 MP (wide angle)+ FlickerKamera depan: 8 MPBaterai: 5000 mAh, non-removable.

    3. Tecno Pova 6 Pro 5G

    Harga: Rp 3.178.000

    Tecno Pova 6 Pro 5G Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

    Tecno Pova 6 Pro 5G menyasar kalangan gamer yang mencari perangkat ngebut dengan harga yang ramah di kantong. Hp ini mengusung konsep Dynamic-Tech, desain fotografi yang menghasilkan pola tekstur futuristik kombinasi Dynamic LED Light Effect.

    Chipset: MediaTek Dimensity 6080 5G Gaming ProcessorLayar: 6.78″ FHD+ AMOLED,120 Hz Screen Refresh RateMemori: 24 RAM+256 ROM Super MemoryKamera belakang: 108 MP, 2 MP, 0,8 MPKamera depan: 32 MPBaterai: 6000 mAh.

    4. Poco X6 5G

    Harga: Rp 3.399.000

    Unboxing Poco X6 Pro 5G Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

    Poco X6 mengusung desain serba flat. Frame yang mengelilinginya juga dibuat datar, sehingga membuat ponsel terlihat lebih kotak. Layarnya dilindungi Gorilla Glass Victus.

    Chipset: Snapdragon® 7s Gen 2Layar: 6,67″ CrystalRes 1,5K Flow AMOLED DotDisplayMemori: 12 GB/256 GBKamera belakang: 64 MP, 8 MP, dan 2 MPKamera depan: 16 MPBaterai: 5100 mAH.

    5. Oppo A79 5G

    Harga: Rp 3.009.000

    Oppo A79 5G Foto: Oppo

    Oppo A79 hadir dengan dua pilihan, yaitu berwarna mystery black dan dazzling purple. Untuk varian dazzling purple menggunakan desain khusus seperti bulu sekaligus menghadirkan tampilan yang indah bak berlian.

    Chipset: MediaTek Dimensity 6020Layar: 6.72″ FHD+ Sunlight DisplayMemori:8GB /256GBKamera belakang: 50MPKamera depan: 8 MPBaterai: 5.000 mAh.

    6. Realme 13 5G

    Harga: Rp 3.499.000

    Realme 13 5G Foto: Realme Indonesia

    Realme 13 5G mempunyai tuning khusus untuk gaming tingkat turnamen. Performance beyond limits dari Realme 13 5G bisa menjadi pilihan bagi mereka yang mengutamakan performa didampingi desain stylish dan kemampuan fotografi yang mumpuni.

    Chipset: Dimensity 6300 5GLayar: AMOLED 6,7” FHD dengan refresh rate 120HzMemori: 26 GB (12GB+Diynamic RAM hingga 14 GB)/ 256 GBKamera belakang: 50 MP dan 2 MPKamera depan: 16 MPBaterai: 5.000 mAH.

    7. Infinix Note 40 Pro 5G

    Harga: Rp 3.799.000

    Infinix Note 40 Pro 5G Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

    Jika dibandingkan dengan varian 4 GB, Infinix Note 40 Pro 5G menawarkan hardware yang lebih gesit. Ponsel ini menampilkan tema klasik antik dengan elemen warna emas pada bingkai dan modul kamera belakang.

    Chipset: Dimensity 7020 5GLayar: 3D-Curved 120Hz AMOLED DisplayMemori: 8 GB/256 GBKamera belakang: 108 MP OIS +2MP +2MPKamera depan: 32 MPBaterai: 5.000 mAH.

    8. Redmi Note 14 5G

    Harga: 3.199.000 (8 GB/256 GB) dan Rp 3.999.000 (12 GB/512 GB)

    Redmi Note 14 5G Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

    Redmi Note 14 5G baru dirilis di Indonesia pada Januari 2025. Layarnya dilindungi Corning Gorilla Glass 5 yang tetap responsif saat disentuh dalam keadaan basah atau berminyak.

    Chipset: MediaTek Dimensity 7025 UltraLayar: 6,67″ AMOLED dengan refresh rare hingga 120 HzMemori: 8 GB/256 GB dan 12 GB/512 GBKamera belakang:109 MP+8 MP+2 MPKamera depan: 20 MPBaterai: 5.110 mAH.

    Bagi detikers yang berminat, jangan lupa update harga HP Rp 3 Jutaan lebih dulu ya. Harga bisa berubah setiap saat bergantung kompetisi pasar dan kebijakan penjual.

    (elk/row)

  • Hak atau Beban Baru? Dilema Regulasi dan Dampaknya bagi Jutaan Mitra

    Hak atau Beban Baru? Dilema Regulasi dan Dampaknya bagi Jutaan Mitra

    PIKIRAN RAKYAT – Tak terasa momen Lebaran Idulfitri 2025  sudah dekat. Bagi para karyawan, pegawai atau pekerja formal, momen lebaran identik dengan Tunjangan Hari Raya (THR) yang banyak ditunggu untuk memenuhi berbagai kebutuhan. 

    Lantas, bagaimana untuk pekerja lepas atau mitra kerja di era ekonomi gig atau sejenisnya?

    Ekonomi gig adalah sistem ekonomi di mana individu bekerja secara fleksibel berdasarkan proyek, tugas, atau permintaan tertentu, tanpa adanya kontrak kerja tetap seperti dalam pekerjaan konvensional. 

    Di Indonesia, mereka mencakup berbagai profesi, seperti mitra pengemudi dan kurir, pekerja lepas (desainer, penulis, programmer), penyedia jasa (teknisi, tukang, tenaga kecantikan), pekerja kreatif (influencer, content creator), instruktur dan konsultan online, serta pelaku bisnis di ekosistem marketplace.

    Penelitian terbaru yang dirilis oleh SBM ITB 2023 menunjukkan bahwa sektor ekonomi gig berkontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional, yaitu sekitar Rp 382,62 triliun atau setara dengan 2% dari total PDB Indonesia tahun 2022. 

    Pekerjaan ini menawarkan fleksibilitas bagi pekerjanya. Pekerja gig dapat menyeimbangkan pekerjaan mereka dengan komitmen lain, seperti pendidikan, pengasuhan anak, atau pekerjaan sampingan lainnya. Selain itu juga berkontribusi dalam pengembangan keterampilan pekerja. 

    Polemik

    Namun, di balik itu semua, polemik mengenai status mitra dan tuntutan pemberian THR kepada aplikator terus menjadi sorotan di Indonesia. Seiring dengan berkembangnya ekonomi digital, muncul perdebatan mengenai apakah mitra pengemudi seharusnya diklasifikasikan sebagai pekerja tetap atau masih tetap dalam hubungan kemitraan sebagaimana yang berlaku saat ini. 

    Pemerintah pun berencana mewajibkan pemberian THR bagi mitra platform digital. Rencana ini pun menuai pro dan kontra. Serikat Pekerja Angkutan Indonesia (SPAI) mendesak pemerintah agar menetapkan regulasi yang mewajibkan perusahaan ride-hailing memberikan THR dalam bentuk tunai, bukan insentif. 

    Namun, kebijakan ini dinilai dapat menjadi beban tambahan bagi perusahaan dan berisiko menghambat pertumbuhan industri ini ke depan. Apalagi saat ini, perusahaan berbasis platform digital masih menghadapi tantangan keuangan, meskipun beberapa sudah mencapai profitabilitas. 

    Jika biaya tambahan seperti THR diwajibkan, tentu akan menambah beban baru dan keberlangsungan jangka panjang perusahaan akan terkena dampaknya.

    Studi kasus

    Direktur Eksekutif Modantara, Agung Yudha, mengatakan, kebijakan yang pernah diberlakukan di Inggris malah merugikan pengemudi dan pengusaha. Saat itu, Uber diwajibkan membayar tunjangan tambahan bagi mitranya, sehingga harga layanan naik sebesar 10-20%. 

    Namun, kebijakan ini malah berdampak pada penurunan permintaan hingga 15%, yang merugikan pengemudi dan perusahaan. Jika kebijakan serupa diterapkan di Indonesia, ada potensi efek domino yang dapat menekan industri ini secara keseluruhan.

    Hal yang sama juga terjadi di Spanyol, setelah pemerintah menerapkan undang-undang ketenagakerjaan yang mewajibkan pengemudi menjadi karyawan tetap. Uber dan Deliveroo mengurangi jumlah pengemudi hingga 50%. Akibatnya, banyak pekerja gig kehilangan pekerjaan dan fleksibilitas yang mereka andalkan untuk mencari penghasilan tambahan. 

    “Begitu pula yang terjadi di New York,” tambahnya. 

    Agung Yudha, menyoroti bahwa industri on-demand telah berupaya menjaga kesejahteraan mitra melalui berbagai program seperti bantuan modal usaha dan beasiswa. Menurut dia, kebijakan yang tidak tepat dapat menyebabkan para mitra pengemudi kehilangan akses terhadap sumber pendapatan utama mereka.

    Tak penuhi unsur

    Guru Besar Hukum Perburuhan Universitas Trisakti, Prof. Dr. Aloysius Uwiyono menekankan bahwa mitra pengemudi tidak memenuhi unsur hubungan kerja berdasarkan regulasi ketenagakerjaan yang berlaku, sehingga THR tidak bisa dipaksakan tanpa implikasi hukum. 

    Sebagai alternatif, ia menyarankan perlindungan sosial berbasis kontribusi bagi pekerja gig. Regulasi yang responsif dan inklusif menjadi kunci agar sektor ini tetap tumbuh tanpa mengorbankan kesejahteraan mitra maupun keberlanjutan industri.

    Sejauh ini, kata dia, setiap platform ride-hailing memiliki pendekatan unik dalam mendukung mitra pengemudi mereka. Grab menawarkan berbagai keuntungan melalui GrabBenefits, termasuk diskon servis kendaraan, asuransi kesehatan dan kecelakaan, akses kredit, serta dana santunan bagi keluarga mitra dalam situasi darurat. 

    Selain itu, Grab menyediakan program GrabScholar untuk beasiswa anak mitra, skema insentif berbasis performa, vocer sembako murah, serta pelatihan dan pengembangan keterampilan untuk membuka peluang usaha. Grab juga mendorong Mitra mereka untuk bergabung dengan BPJamsostek. 

    Sementara Gojek, menitikberatkan pada perlindungan mitra dengan asuransi kecelakaan, posko aman, serta program loyalitas berbasis insentif. Mereka juga menawarkan bantuan finansial seperti sembako murah dan akses kredit, serta fasilitas tambahan seperti diskon merchant dan layanan GoPay. 

    Kemudian, Lalamove mengutamakan bonus misi dan insentif bagi pengemudi berperforma tinggi, serta akses informasi pesanan untuk memaksimalkan penghasilan. Mereka juga bekerja sama dengan BPJamsostek untuk perlindungan sosial dan memiliki program referral yang memberikan insentif bagi mitra yang mengajak rekan bergabung.

    Perlu solusi

    “Dialog yang terbuka tentang solusi menjadi hal yang tak terelakkan agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan,” katanya. 

    Sementara, ekonom Wijayanto Samirin mengatakan, dinamika pasar sebaiknya dibiarkan berkembang secara alami agar menciptakan ekosistem kemitraan yang kompetitif dan berkelanjutan. Hal ini menjadi faktor utama dalam menarik minat pelaku usaha serta investor dalam jangka panjang. 

    Dia menekankan, status mitra pengemudi bervariasi, sebagian menjadikannya pekerjaan utama, sedangkan lainnya sebagai pekerjaan sampingan. Oleh karena itu, solusi yang diterapkan harus mempertimbangkan kebutuhan yang beragam. 

    Ia juga mengingatkan bahwa fleksibilitas merupakan daya tarik utama pekerjaan ini, dan jika mitra diperlakukan seperti pekerja konvensional, mereka berisiko kehilangan fleksibilitas tersebut, atau bahkan jutaan mitra dapat kehilangan pekerjaan. (*) 

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Poco X 7 Pro Spesifikasi Paling Gahar, Harga Ekonomis!

    Poco X 7 Pro Spesifikasi Paling Gahar, Harga Ekonomis!

    JABAR EKSPRES – Produsen smartphone Xiaomi Poco X pro untuk kelas menengah dari baru saja dikenalkan di pasar global mendapat sambutan luar biasa.

    Smartphone ini, Poco X 7 Pro merupakan handphone kelas menangan namun dengan fitur dan spesifikasi kelas atas.

    BACA JUGA: Sudah Dilarang tapi 12.000 Unit iPhone 16 Sudah Masuk Indonesia, Kok Bisa?

    Poco X7 Pro adalah merupakan ponsel terkuat dengan mananamkan chipset MediaTek Dimensity 8400 Ultra dengan baterai berkapasitas besar 6.000mAh dengan dukungan Xiaomi HyperOS 2.0 .

    Selain itu, ponsel ini mendapat dukungan untuk pengisian daya sebesat 90W HyperCharge 0-100 persen hanya dalam waktu 42 menit.

    BACA JUGA: Huawei Mate XT Ultimate, Ponsel Lipat Tiga Pertama di Dunia Dibandrol Harga Rp 80 Jutaan?

    Selain itu, untuk meminimalisir terjadinya over heat, ponsel ini memiliki sistem pendinginan dengan Teknologi LiquidCool 4.0 area pendinginan 5000 mm.

    Untuk kamera ditanamkan sensor utama Sony IMX882 +OIS 50MP sedangkan untuk kamera depan 20MP yang menjadikan setiap tangkapan layar tampak cerah dan natural.

    Untuk urusan ketahanan, smartphone ini sudah dilengkapi dengan Gorilla Glass 7i dan  ketahanan air/debu IP68.

    BACA JUGA: Tecno Pova 6 HP Gaming Spek Gahar, Harga 2 Jutaan!

    Kemudian ada juga dukungan fitur NFC (Near Field Communication), IR blaster, pemindai sidik jari di bawah layar, GPS frekuensi ganda, slot SIM ganda.

    Poco X7 Pro hadir dalam tiga warna – Hitam, Hijau, dan Kuning dengan varian memori dan pilihan harga yang terbilang masih terjangkau.

    Bocoran Harga

    Untuk harga Poco X 7 Pro terbilang masih sangat terjangkau. Ponsel ini kemungkinan akan laris manis dengan pangsa pasar para pemain game yang membutuhkan handpone murah namun dengan spesifikasi mumpuni.

    Di Marketplace Indonesia smartphone ini sudah banyak ditawarkan dan menjadi smartphone paling laris dikelasnya. Selain harga sangat ekonomis. Smartphone ini memiki banyak keunggulan layaknya ponsel  kelas atas.

    Bahkan beberapa fitur dan spesifikasi meski berada di bawah ekspetasi, ponsel ini memiliki kinerja sangat banik ketika bermain game yang membutuhkan tingkat grafis tinggi.

    BACA JUGA: Trik Jitu Cara Mengatasi Gagal Bayar pada Pinjol !

  • 5 Ide Usaha Modal Kecil yang Bisa Raup Cuan Besar

    5 Ide Usaha Modal Kecil yang Bisa Raup Cuan Besar

    Jakarta: Ingin punya usaha sendiri tapi modal terbatas? Jangan khawatir! Sekarang ada banyak peluang bisnis dengan modal kecil tapi tetap berpotensi mendatangkan keuntungan besar.
     
    Kamu bisa memilih bisnis yang sesuai dengan tren pasar dan punya strategi pemasaran yang tepat.

    5 ide usaha modal minim 

    1. Jualan makanan atau minuman kekinian

    Tren kuliner selalu berkembang, dan bisnis makanan atau minuman kekinian hampir selalu laris di pasaran. Kamu bisa mencoba usaha seperti:
     
    Rice box atau frozen food – Cocok untuk pekerja kantoran atau mahasiswa yang butuh makanan praktis.
    Minuman kekinian – Seperti es kopi susu, boba, atau jus sehat.
    Snack homemade – Camilan sehat atau jajanan tradisional yang dikemas lebih menarik.
    Modal awal bisnis ini bisa di bawah Rp500 ribu jika kamu memulai dari rumah dengan sistem pre-order.
     

    2. Dropship atau reseller online

    Nggak punya modal buat stok barang? Dropshipping bisa jadi solusinya! Dengan sistem ini, kamu hanya perlu memasarkan produk dari supplier, dan mereka yang akan mengurus pengemasan serta pengiriman. Produk yang laris untuk dropship antara lain:
     
    – Fashion (baju, hijab, aksesoris)
    – Skincare dan kosmetik
    – Peralatan rumah tangga
     
    Bisnis ini bisa dimulai hanya dengan modal internet dan HP, lho!

    3. Jasa Titip (Jastip)

    Kamu sering jalan-jalan atau belanja di mal? Manfaatkan dengan membuka jasa titip (jastip)! Bisnis ini memungkinkan kamu mendapatkan keuntungan dari biaya jasa yang dikenakan kepada pembeli. Keuntungan jastip bisa mencapai 10-30 persen dari harga barang tanpa harus keluar modal besar.

    4. Freelance dan jasa digital

     Punya skill menulis, desain, atau editing video? Manfaatkan dengan menjadi freelancer! Jasa digital semakin dibutuhkan di era digital, seperti:
     
    – Jasa desain grafis untuk konten media sosial dan logo bisnis.
    – Menulis artikel SEO untuk blog dan website.
    – Editing video atau reels yang sedang booming.
     
    Kamu bisa mulai dengan modal nol dengan bergabung di platform freelance seperti Fiverr, Upwork, atau Sribulancer.
     

    5. Bisnis thrift atau preloved

    Tren fesyen bekas alias thrift shop makin populer karena lebih hemat dan ramah lingkungan. Kamu bisa menjual barang-barang preloved seperti:
     
    – Baju vintage atau branded
    – Tas dan sepatu second-hand berkualitas
    – Barang unik dari luar negeri
    – Cari stok di pasar loak atau supplier barang thrift, lalu jual kembali di Instagram atau marketplace dengan harga yang lebih menarik.
     

    Modal kecil bukan halangan buat mulai bisnis. Dengan strategi yang tepat dan konsistensi, usaha kecil bisa berkembang dan menghasilkan keuntungan besar. Yuk dicoba!

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Wujudkan Rumah Impian dari Genggaman – Halaman all

    Wujudkan Rumah Impian dari Genggaman – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Perkembangan era digital semakin melesat seiring dengan meningkatnya penetrasi internet dari tahun ke tahun.

    Menurut survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pada tahun 2024, pengguna internet di Indonesia telah mencapai 82,18 persen, meningkat dari 78,19 persen pada 2023.

    Keberadaan internet tidak hanya memengaruhi pola komunikasi dan interaksi sosial, tetapi juga berdampak signifikan pada pertumbuhan ekonomi digital.

    Laporan e-Conomy SEA 2024 yang disusun oleh Google, Temasek, dan Bain & Company menunjukkan bahwa ekonomi digital Indonesia mencatat Gross Merchandise Value (GMV) sebesar $90 miliar, meningkat 13 persen dari tahun sebelumnya. Angka tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara dengan GMV terbesar di kawasan Asia Tenggara.

    Lebih jauh, internet telah merambah ke berbagai aspek kehidupan, termasuk pemenuhan kebutuhan dasar manusia seperti sandang, pangan, dan papan.

    Jika tren mode global dapat dengan mudah diakses melalui marketplace online dan makanan bisa dipesan dalam hitungan menit melalui layanan antar, kini sektor papan alias properti pun turut mengalami transformasi digital.

    Calon pembeli rumah tidak lagi harus repot datang langsung ke lokasi, melainkan cukup mengandalkan platform daring yang memberikan akses informasi lengkap mengenai hunian impian mereka.

    Kemudahan tersebut dirasakan langsung oleh Whiesa Daniswara (29), seorang karyawan swasta di Solo, Jawa Tengah.

    Kesibukan kerja membuatnya tidak memiliki banyak waktu untuk mencari rumah, apalagi melakukan survei langsung ke lokasi. Apalagi, rumah dengan harga terjangkau seperti rumah subsidi umumnya berada di kawasan pinggiran kota yang lumayan berjarak.

    Bermula dari seorang rekan kerja memperkenalkan layanan BTN Properti kepadanya. Platform ini memungkinkan pengguna untuk melihat daftar rumah yang dijual, baik rumah subsidi maupun non-subsidi dari berbagai pengembang.

    Tak hanya itu, fitur simulasi Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang tersedia di dalamnya turut membantu calon pembeli dalam menghitung perkiraan angsuran, uang muka, suku bunga, serta plafon kredit.

    Tertarik dengan kemudahan yang ditawarkan, Whiesa langsung mencoba mengakses layanan tersebut.

    Setelah menelusuri berbagai pilihan, ia akhirnya menemukan rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan memutuskan untuk membeli setelah menikah. Menurutnya, kehadiran layanan digital seperti BTN Properti sangat membantu masyarakat dalam mewujudkan impian memiliki hunian sendiri.

    “Saya sangat bersyukur dengan adanya platform seperti ini. Sudah saatnya kita beradaptasi dengan digitalisasi, termasuk dalam hal kepemilikan rumah. Apalagi, BTN Properti juga memungkinkan pengajuan KPR langsung secara online dengan informasi angsuran dan suku bunga yang transparan,” ujarnya ditemui pada Rabu (19/2/2025).

    Whiesa yang akhirnya memilih rumah di Perumahan Taman Harmoni, Jeruksawit, Gondangrejo, Karanganyar, mengaku awalnya tidak menyangka bisa memiliki rumah impiannya secepat ini.

    Namun, berkat kemudahan yang ditawarkan oleh layanan perbankan seperti BTN, ia pun berhasil mewujudkan impian tersebut lebih cepat dari yang direncanakan.

    “Sebenarnya saya tidak terburu-buru membeli rumah. Awalnya ingin santai saja, tapi di sisi lain juga tidak ingin terus bergantung pada orang tua. Saat ada kesempatan dengan layanan semudah ini, kenapa tidak langsung dimanfaatkan?” celotehnya..

    Kini, seluruh layanan perumahan dan properti tersebut sudah terangkum dalam aplikasi terbaru BTN bernama Bale.

    Aplikasi ini merupakan versi terbaru dari BTN Mobile dengan layanan lebih canggih.

    Driver ojek online bernama Hasan Samsudin (39) adalah pengguna Bale yang tak ketinggalan memanfaatkan berbagai fitur teranyar dari BTN Mobile.

    Selain menunjang proses debit serta pengangsuran rumah KPR subsidi miliknya, Bale juga ia gunakan untuk berbagai hal.

    Mulai dari transfer, menabung, pembayaran QRIS dan lainnya.

    “Awalnya memang punya BTN Mobile karena untuk angsuran kredit rumah, lalu aplikasi itu memperbarui jadi Bale. Semakin menarik tampilannya,” terangnya ditemui di rumahnya Perumnas Semesta Jeruk Sawit Permai, Gondangrejo, Karanganyar, Rabu siang.

    Menurutnya, fitur-fitur dalam aplikasi ini sangat canggih.

    Terutama adanya sistem sidik jari yang memungkinkan pengguna masuk tanpa perlu memasukkan ID dan password secara manual. Tentu juga aman.

    Transformasi Digital

    Adapun transformasi digital di sektor properti memang telah membuka peluang lebih besar bagi masyarakat dalam memiliki hunian idaman.

    Dengan hadirnya platform seperti BTN Properti, proses pencarian, pemilihan, hingga pengajuan KPR menjadi lebih efisien, transparan, dan praktis. Kini, rumah impian benar-benar ada dalam genggaman.

    Direktur Utama BTN, Nixon LP Napitupulu, mengatakan, Bale by BTN merupakan inisiatif strategis perseroan untuk bisa lebih kompetitif lagi dalam menjadikan BTN sebagai bank transaksional. Diharapkan dengan hadirnya Bale by BTN dapat menarik lebih banyak dana murah ritel secara berkelanjutan dan juga mempermudah nasabah untuk memenuhi kebutuhannya secara digital.

    “Sebagai bagian dari Transformasi BTN, hari ini menjadi hari yang penuh makna. Kami resmi meluncurkan Bale by BTN, sebuah Super App yang memberikan pengalaman perbankan baru bagi nasabah dengan journey lengkap,” jelasnya dalam Grand Launching Bale by BTN di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (9/2/2025).

    Nixon mengatakan, berbagai fitur yang memudahkan nasabah untuk bertransaksi perbankan dan keuangan tersedia melalui Bale by BTN, sehingga nasabah hanya perlu mengakses satu Super App untuk berbagai kebutuhan.

    Dengan semakin meningkatnya kenyamanan nasabah dalam bertransaksi digital, diharapkan akan membantu peningkatan dana pihak ketiga (DPK) ritel serta pendapatan berbasis biaya (fee-based income).

    “Dengan visi baru, Mitra Utama dalam Pemberdayaan Finansial Keluarga Indonesia, BTN kini hadir lebih digital, modern, dan kekinian. Dalam momen istimewa ini, kami membawa pesan: “Satu Langkah untuk Keluarga Indonesia.” Setiap langkah kecil memiliki makna besar dalam memberikan dampak positif bagi bangsa dan keluarga di seluruh Indonesia,” ujar Nixon.

    Sementara itu, Thomas Wahyudi, SEVP Digital Business BTN, menambahkan meningkatnya kepercayaan nasabah terhadap platform digital BTN terlihat dari pencapaian positif Bale by BTN sejak masih bernama BTN Mobile.

    Hingga kini, jumlah user Bale by BTN diproyeksikan mencapai 3,6 juta, dengan volume transaksi mencapai Rp8 triliun per bulan. Setiap bulannya, BTN mendapatkan 125.000 pengguna baru Bale by BTN.

    “Performance digital BTN menunjukkan pertumbuhan positif dengan peningkatan user aktif Bale by BTN. Hal ini karena BTN telah bertransformasi sedemikian rupa, sehingga transaksi digitalnya mengalami quantum leap (lompatan yang signifikan),” ucap Thomas.

    Menurut Thomas, di era digital, masyarakat mencari layanan yang dapat mengoptimalkan seluruh kebutuhan perbankannya. Oleh sebab itu, semakin nasabah merasa nyaman bertransaksi melalui platform digital, maka akan semakin tinggi transaksi dan jumlah simpanan saldo di rekening tabungan.

    Hal ini terlihat dari saldo tabungan, eDepo (deposito online), dan saldo merchant di Bale by BTN yang meningkat pada akhir 2024 dibandingkan tahun sebelumnya.

    Pada akhir Desember 2024, BTN mencatat peningkatan hampir 43 persen year-on-year (yoy) di saldo tabungan menjadi Rp16,76 triliun dari sebelumnya Rp11,66 triliun. Sementara itu, saldo eDepo melonjak 103,84 persen yoy menjadi Rp5,3 triliun dari sebelumnya Rp2,6 triliun. Sedangkan saldo merchant naik 58,6 persen yoy menjadi Rp2,49 triliun dari sebelumnya Rp1,57 triliun.

    “Mayoritas user aktif BTN Mobile didominasi oleh segmen milenial atau nasabah produktif yang memiliki penghasilan dan terbiasa melakukan transaksi dengan menggunakan mobile banking. Dengan adanya potensi pertumbuhan transaksi yang pesat, BTN berharap Bale by BTN dapat membantu masyarakat mengelola keuangan, sejalan dengan visi kami yang baru, yaitu menjadi “Mitra Utama dalam Pemberdayaan Finansial Keluarga Indonesia”,” ujar Thomas.

    PR BTN Target Pemerintah

    Menteri Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP), Maruarar Sirait, menyatakan bahwa penyaluran KPR oleh Bank Tabungan Negara (BTN) sangat membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk memiliki rumah layak huni.

    Dalam dua bulan terakhir sejak Kabinet Merah Putih terbentuk, BTN telah menyalurkan sekitar 29.000 unit rumah melalui akad KPR.

    “Saya sebagai Menteri PKP sangat senang karena KPR BTN bisa membantu rakyat memiliki rumah layak. Kami yakin Program 3 Juta Rumah bisa tercapai tahun 2025 mendatang,” ujar Maruarar saat meninjau proses penyaluran KPR BTN di Kota Serang, Banten, Kamis (12/122024)..

    “Tadi Pak Nixon (Direktur Utama BTN) menyampaikan bahwa sejak pemerintahan Presiden Prabowo Subianto sampai hari ini, pembangunan rumah KPR BTN sudah mencapai sekitar 29.000 unit yang disalurkan kepada masyarakat dalam rentang waktu 2 bulan. Ini menunjukkan bahwa minat masyarakat untuk memiliki rumah layak cukup tinggi.”

    Menteri PKP menjelaskan bahwa pemerintah akan terus berupaya memenuhi kebutuhan perumahan masyarakat.

    “Kami bersama Kementerian/Lembaga, pemerintah daerah, dan mitra kerja akan terus bergotong royong membangun rumah layak untuk rakyat melalui Program 3 Juta Rumah,” paparnya.

    Maruarar juga mengungkapkan data terbaru mengenai stok perumahan.

    “Saat ini ada sekitar 142.000 rumah yang sudah siap huni, sedangkan yang sedang dibangun ada sekitar 492.000 unit tersebar di seluruh Indonesia. Artinya, potensi rumah siap huni pada 2025 mencapai sekitar 634.000 unit,” ucap dia.

    Dengan tegas ia melanjutkan, bersama BTN akan meyakinkan Kementerian Keuangan bahwa BTN dan para pengembang sudah siap untuk penyediaan rumah di tahun 2025.

    (*)

  • Arirang Luncurkan Self Cooking, Bikin Mie Korea Premium Anti Ribet!

    Arirang Luncurkan Self Cooking, Bikin Mie Korea Premium Anti Ribet!

    Jakarta: Merek mie korea, Arirang resmi meluncurkan Arirang Self Cooking hari ini, Jumat, 21 Februari 2025. Arirang Self Cooking ini menjadi inovasi terbaru dalam membuat mie premium korea yang anti ribet.

    Pertama di Indonesia 
    Arirang Self Cooking adalah inovasi terbaru dan teknologi pertama di Indonesia yang memungkinkan konsumen menikmati mie instan khas Korea dengan mudah tanpa perlu
    menggunakan kompor atau air panas. 
    Hadirkan Pengalaman Unik dan Rasa Autentik
    Arirang Self Cooking Product Manager, Ari Fahmi mengatakan bahwa Arirang Self Cooking ini ingin membawa pengalaman menikmati ala anak muda Korea Selatan. Terdapat kebiasaan anak muda di Korea Selatan mengonsumsi mie dengan hot pot atau jjigae.

    “Kami membawa pengalaman unik dan menarik dari Korea terutama anak muda Korea. Biasanya mereka mengonsumi mie itu menggunakan hot pot atau bahasa Koreanya, budae atau jeongol bersama teman atau keluarga,” kata Ari dalam peluncuran Arirang Self Cooking, Jumat, 21 Februari 2025.

    Presiden Direktur PT Jakarana Tama, Eka Hadi Djaja menjelaskan bahwa Arirang selalu menghadirkan berbagai produk dengan rasa yang autentik di Indonesia. Karena itu pihaknya berkolaborasi dengan Baekje Corporation untuk menjaga rasa dan kualitas.

    “Kecintaan masyarakat Indonesia terhadap budaya dan cita rasa kuliner Korea menjadi alasan bagi Arirang untuk selalu menghadirkan berbagai produk dengan rasa yang autentik di Indonesia. Untuk itu, kami juga berkolaborasi dengan Baekje Corporation, perusahaan terkemuka Korea yang telah berdiri sejak 1978 dengan pengalaman hampir 50 tahun di industri makanan, menjadikan Arirang terjaga konsistensi rasa dan kualitasnya,” kata Eka Hadi Djaja, Presiden Direktur PT Jakarana Tama.
     

     

    Isi Box Arirang Self Cooking
    Dalam satu box Arirang Self Cooking berisi mie atau kwetiau, daging, bumbu, sayuran dan heating pack. Heating pack ini yang membuat memasak mie korea lebih praktis karena bisa menghasilkan panas.

    “Ada heating pack, ini yang membedakan produk Arirang dengan produk lainnya. Ini untuk memasak bahan yang di dalamnya,” jelasnya.

    Menariknya lagi box Arirang Self Cooking ini reusable alias bisa digunakan kembali. Kamu bisa membeli refill atau isi ulang dan menggunakannya kembali.
    Varian Arirang Self Cooking 
    Arirang hadir dengan cita rasa asli Korea, dilengkapi dengan daging sapi asli dan mie tanpa digoreng, menjadikan Arirang Self cooking makanan yang lengkap untuk dinikmati oleh konsumen di Indonesia. Produk ini tersedia dalam tiga varian lezat:

    Bone Marrow Rice Noodle: Kwetiau dengan cita rasa sumsum sapi asli yang lembut, gurih, dan creamy.
    Korean Beef Curry Noodle:  Mie Premium dengan rasa kari khas Korea yang kaya dan lezat.
    Budae Jjigae Noodle: Mie kuah pedas dengan bumbu Gochujang khas Korea, dilengkapi potongan sayuran.

    Berbagai varian Arirang Self Cooking ini dibanderol Rp60 ribu dan bisa dengan mudah ditemukan di berbagai supermarket dan minimarket terkemuka di Indonesia, seperti GrandLucky, Ranch Market, Farmers Market, HERO, Diamond Supermarket, Gelael Supermarket, All Fresh, Yogya, Alfamidi Super, Lawson, Rumah Buah, Top Buah, Pepito, SUPERHIRO, dan semua marketplace secara online.

    Jakarta: Merek mie korea, Arirang resmi meluncurkan Arirang Self Cooking hari ini, Jumat, 21 Februari 2025. Arirang Self Cooking ini menjadi inovasi terbaru dalam membuat mie premium korea yang anti ribet.

    Pertama di Indonesia 
    Arirang Self Cooking adalah inovasi terbaru dan teknologi pertama di Indonesia yang memungkinkan konsumen menikmati mie instan khas Korea dengan mudah tanpa perlu
    menggunakan kompor atau air panas. 
    Hadirkan Pengalaman Unik dan Rasa Autentik
    Arirang Self Cooking Product Manager, Ari Fahmi mengatakan bahwa Arirang Self Cooking ini ingin membawa pengalaman menikmati ala anak muda Korea Selatan. Terdapat kebiasaan anak muda di Korea Selatan mengonsumsi mie dengan hot pot atau jjigae.
     
    “Kami membawa pengalaman unik dan menarik dari Korea terutama anak muda Korea. Biasanya mereka mengonsumi mie itu menggunakan hot pot atau bahasa Koreanya, budae atau jeongol bersama teman atau keluarga,” kata Ari dalam peluncuran Arirang Self Cooking, Jumat, 21 Februari 2025.
     
    Presiden Direktur PT Jakarana Tama, Eka Hadi Djaja menjelaskan bahwa Arirang selalu menghadirkan berbagai produk dengan rasa yang autentik di Indonesia. Karena itu pihaknya berkolaborasi dengan Baekje Corporation untuk menjaga rasa dan kualitas.

    “Kecintaan masyarakat Indonesia terhadap budaya dan cita rasa kuliner Korea menjadi alasan bagi Arirang untuk selalu menghadirkan berbagai produk dengan rasa yang autentik di Indonesia. Untuk itu, kami juga berkolaborasi dengan Baekje Corporation, perusahaan terkemuka Korea yang telah berdiri sejak 1978 dengan pengalaman hampir 50 tahun di industri makanan, menjadikan Arirang terjaga konsistensi rasa dan kualitasnya,” kata Eka Hadi Djaja, Presiden Direktur PT Jakarana Tama.
     

     

    Isi Box Arirang Self Cooking
    Dalam satu box Arirang Self Cooking berisi mie atau kwetiau, daging, bumbu, sayuran dan heating pack. Heating pack ini yang membuat memasak mie korea lebih praktis karena bisa menghasilkan panas.
     
    “Ada heating pack, ini yang membedakan produk Arirang dengan produk lainnya. Ini untuk memasak bahan yang di dalamnya,” jelasnya.
     
    Menariknya lagi box Arirang Self Cooking ini reusable alias bisa digunakan kembali. Kamu bisa membeli refill atau isi ulang dan menggunakannya kembali.
    Varian Arirang Self Cooking 
    Arirang hadir dengan cita rasa asli Korea, dilengkapi dengan daging sapi asli dan mie tanpa digoreng, menjadikan Arirang Self cooking makanan yang lengkap untuk dinikmati oleh konsumen di Indonesia. Produk ini tersedia dalam tiga varian lezat:
     
    Bone Marrow Rice Noodle: Kwetiau dengan cita rasa sumsum sapi asli yang lembut, gurih, dan creamy.
    Korean Beef Curry Noodle:  Mie Premium dengan rasa kari khas Korea yang kaya dan lezat.
    Budae Jjigae Noodle: Mie kuah pedas dengan bumbu Gochujang khas Korea, dilengkapi potongan sayuran.
     
    Berbagai varian Arirang Self Cooking ini dibanderol Rp60 ribu dan bisa dengan mudah ditemukan di berbagai supermarket dan minimarket terkemuka di Indonesia, seperti GrandLucky, Ranch Market, Farmers Market, HERO, Diamond Supermarket, Gelael Supermarket, All Fresh, Yogya, Alfamidi Super, Lawson, Rumah Buah, Top Buah, Pepito, SUPERHIRO, dan semua marketplace secara online.
     

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (RUL)

  • PFpreneur, Satu Langkah Pertamina Dorong Ribuan UMKM Berkarya

    PFpreneur, Satu Langkah Pertamina Dorong Ribuan UMKM Berkarya

    Jakarta

    Dalam mewujudkan pemerataan ekonomi dan mendorong transformasi ekonomi menuju Indonesia Emas 2045, PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Foundation mengusung program PFpreneur bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) perempuan (womenpreneur) untuk berkarya.

    Program ini memberikan stimulan, pendampingan, dan pengembangan wirausaha. Setelah dibuka pada November lalu, kini program PFpreneur sudah masuk ke tahap kurasi final.

    “Program PFpreneur Pertamina ini mendorong UMKM yang relatif baru, untuk berkembang. Melalui pendampingan dan pelatihan dari mentor ahli kewirausahaan, Pertamina mendorong UMKM menjadi lebih menarik dan berkualitas,” ujar Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso, dalam keterangan tertulis, Jumat (21/2/2025).

    “Hal ini diharapkan menjadi modal dasar bagi UMKM untuk bisa lebih berdaya saing,” sambungnya.

    Dari 13.860 UMKM, terseleksi 1.053 UMKM lolos ke tahap akhir ini, setelah melewati dua tahapan kurasi. Kurasi dilakukan secara daring dengan metode pre-test dan post-test serta wawancara untuk menguji keterampilan dan pengetahuan mereka setelah diberikan beragam pelatihan dan pendampingan dari Pertamina.

    Pelaku usaha memaparkan business plan berbasis 5P (product, price, place, promotion, dan people) dan profil usaha pada aplikasi pemasaran. Dari UMKM terpilih ini, akan diseleksi lagi menjadi 350 UMKM sebagai binaan program PFpreneur dan mengikuti tahapan inkubasi bisnis selama tiga bulan.

    Selain itu, memperoleh akses pembinaan lanjutan, seperti UMK Academy, bantuan legalitas sertifikasi, teknologi tepat guna dan akses pameran dari Pertamina. Vice President CSR & SMEPP PT Pertamina (Persero) Rudi Ariffianto memberikan motivasi kepada para UMKM untuk tekun dalam mengikuti berbagai pelatihan maupun pembinaaan yang diselenggarakan Pertamina.

    “Menuju UMKM yang berdaya saing butuh proses, bahkan mungkin prosesnya tidak mudah. Banyak binaan Pertamina yang kini punya kualitas ekspor mengikuti proses rangkaian pembinaan yang panjang dan banyak lika-liku,” ujar Rudi.

    “Namun, jangan khawatir, selama proses tersebut, banyak pengetahuan yang bisa diperoleh dari Pertamina maupun dari jejaring UMKM seluruh Indonesia untuk membuat usaha womenpreneur naik kelas,” sambungnya.

    Kisah sukses alumni PFpreneur datang dari UMKM ‘Agromina Fiber’ yang mendapatkan transaksi sebesar Rp350 juta pada ajang Inacraft 2024. Selain itu, Mutiara Handycraft karya wirausaha difabel, mendapatkan transaksi home decor sebesar Rp 200 Juta di SMEXPO Yogyakarta 2024.

    Bahkan ketika diikutsertakan dalam Trade Expo Indonesia 2024, transaksinya menyentuh Rp 500 juta serta ekspor ke Australia. Sama halnya dengan Bananania yang mampu menjalin kerja sama dengan marketplace dari Kanada, Archipelago, pada ajang yang sama.

    Direktur Operasi Pertamina Foundation Yulius S Bulo berharap dengan adanya program PFpreneur, produk UMKM wirausaha perempuan bisa melebarkan sayap ke pasar yang lebih luas. Bulo mengatakan pelatihan-pelatihan yang telah diikuti dalam proses seleksi PFpreneur diharapkan bisa meningkatkan kapasitas dan kompetensi, sekaligus memperluas jangkauan pemasaran produk.

    “Ada pembekalan yang kami berikan selama tiga bulan ini, memperluas jangkauan produk UMKM wirausaha perempuan, dari lokal menjadi regional, nasional, bahkan internasional. Tentu yang paling penting juga adalah mampu meningkatkan lapangan kerja berkualitas, mendorong kewirausahaan, dan mengembangkan industri kreatif, sesuai Asta Cita pemerintah,” kata Bulo.

    Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target net zero emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

    (akd/ega)

  • Bagaimana Teknologi AI Bisa Menangkalnya?

    Bagaimana Teknologi AI Bisa Menangkalnya?

    Jakarta

    Fenomena deepfake semakin mengkhawatirkan di dunia digital. Berdasarkan laporan Entrust Cybersecurity Institute serangan deepfake terjadi setiap lima menit di tahun 2024, dengan peningkatan pemalsuan dokumen digital sebesar 244% dibanding tahun sebelumnya. Hal ini menjadi tantangan besar bagi bisnis dan individu dalam memastikan keamanan data serta keabsahan konten digital.

    Evolusi Deepfake di ASEAN dalam 5-10 Tahun Mendatang

    Kawasan ASEAN diprediksi akan menghadapi tantangan besar dari perkembangan deepfake dalam dekade mendatang. Deloitte mencatat bahwa 59% masyarakat merasa kesulitan membedakan konten asli dengan hasil AI. Sementara itu, 84% dari mereka yang akrab dengan teknologi AI menyatakan bahwa konten yang dibuat AI harus diberi label yang jelas.

    Dengan meningkatnya volume dan kecanggihan deepfake, industri yang bergerak dalam dunia digital seperti iGaming (1520%), marketplace (900%), fintech (533%), crypto (217%), dan konsultasi (138%) mengalami peningkatan paparan terhadap risiko deepfake. Oleh karena itu, perusahaan-perusahaan mulai mengambil langkah strategis dalam menghadapi ancaman ini.

    Inisiatif Global dalam Menangkal Deepfake

    Sejumlah perusahaan teknologi dunia turut bergerak dalam melawan penyebaran deepfake dengan mengembangkan berbagai sistem keamanan. Adobe, Arm, Intel, Microsoft, dan Truepic misalnya, yang mendirikan Content Provenance and Authenticity (C2PA) untuk mengembangkan standar sertifikasi konten digital. Microsoft menggunakan AI untuk mendeteksi deepfake dengan fitur otomatis yang mengaburkan wajah dalam konten yang diunggah ke Copilot.

    Truepic dan Qualcomm mengembangkan teknologi enkripsi media di Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform untuk memastikan keaslian konten sejak pertama kali dibuat. McAfee memanfaatkan AI Snapdragon X Elite NPU untuk mendeteksi deepfake secara lokal, meningkatkan kecepatan dan menjaga privasi pengguna.

    Efektivitas Deteksi AI Deepfake di ASEAN

    Teknologi AI berbasis perangkat menjadi salah satu langkah efektif dalam menghadapi deepfake. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Marco Kamiya, perwakilan UNIDO Kantor Sub-Regional di Jakarta.

    AI Deepfake Detection dapat mengidentifikasi anomali seperti gerakan mata, pencahayaan, kejelasan gambar, serta pemutaran video, yang sering kali luput dari perhatian manusia.

    “Penggunaan AI Deepfake Detection pada perangkat seluler adalah senjata ampuh untuk melawan deepfake. Teknologi ini dapat mendeteksi kekurangan dalam konten deepfake yang mungkin tidak terlihat oleh mata manusia, seperti kontak mata, pencahayaan, kejernihan gambar, dan pemutaran video. Dengan begitu, AI dapat mencegah orang untuk terus terlibat dengan risiko potensial terhadap keselamatan mereka,” ujar Marco Kamiya kepada detikcom, Kamis (20/2/2025).

    Marco Kamiya, Perwakilan UNIDO Foto: dok. Istimewa

    “Hal ini memungkinkan individu, UKM, dan industri untuk menikmati kenyamanan komunikasi digital tanpa khawatir akan kebocoran privasi dan risiko penipuan,” tambah Kamiya.

    Langkah ini penting mengingat 49% perusahaan telah mengalami serangan deepfake audio dan video dalam periode November 2023 hingga November 2024. Sayangnya, 61% eksekutif bisnis mengakui belum memiliki protokol khusus untuk menangani risiko deepfake. Oleh karena itu, adopsi teknologi AI Deepfake Detection menjadi solusi yang krusial dalam melindungi individu maupun bisnis.

    HONOR hadir dengan solusi inovatif melalui teknologi AI Deepfake Detection, sebuah fitur berbasis AI yang mampu mendeteksi pemalsuan wajah secara real-time di perangkat seluler. Teknologi ini dirancang untuk melindungi pengguna dari konten sintetis yang sulit dikenali oleh mata manusia.

    Ciri-Ciri Deepfake yang Dapat Dikenali AI

    Deepfake sering kali sulit dibedakan dengan konten asli karena kemajuan teknologi AI dalam menghasilkan gambar dan video yang realistis. Namun, HONOR AI Deepfake Detection menggunakan pendekatan komprehensif untuk mengidentifikasi deepfake dengan menganalisis beberapa elemen kunci, seperti:

    Ketidaksempurnaan piksel pada area wajah yang dihasilkan AI.Artefak komposit pada tepi gambar yang menunjukkan manipulasi digital.Konsistensi antara frame video untuk mendeteksi perubahan abnormal.Keanehan pada gaya rambut dan posisi telinga yang sering tidak selaras dengan wajah asli.Gangguan visual seperti jitter dan flicker yang muncul akibat proses penyuntingan AI.

    “Teknologi AI Deepfake Detection HONOR adalah solusi AI berbasis perangkat yang secara ahli mendeteksi pemalsuan wajah dan memperingatkan pengguna tentang potensi risiko dengan cepat. Dilatih dengan dataset besar dari video dan gambar, teknologi ini dapat dengan cepat mendeteksi serta memberi peringatan kepada pengguna mengenai wajah yang dihasilkan atau diubah,” ujar Juru Bicara HONOR, Justin Li.

    Dengan kemampuan ini, fitur AI Deepfake Detection dapat memberikan peringatan dini kepada pengguna jika terdapat indikasi konten yang telah dimanipulasi.

    Keamanan Digital dengan HONOR MagicOS

    HONOR memperkuat fitur AI Deepfake Detection dengan MagicGuard, sistem keamanan terintegrasi dalam HONOR MagicOS yang menawarkan perlindungan tiga lapis di tingkat chipset, sistem operasi, dan aplikasi.

    “Teknologi AI Deepfake Detection eksklusif milik HONOR merupakan kemajuan penting dalam melindungi pengguna dari kerentanan terkait AI berbasis cloud, seperti malware atau pelanggaran keamanan. Jawaban HONOR atas masalah ini adalah melalui penerapan perlindungan di tingkat chip yang tertanam dalam HONOR MagicOS. MagicGuard, langkah keamanan menyeluruh dalam MagicOS, mencakup tiga bentuk perlindungan di tingkat chipset, sistem operasi, dan aplikasi. Melalui kemitraan dengan para pemimpin teknologi industri, HONOR MagicOS bertujuan untuk menawarkan enkripsi berbasis perangkat keras guna melindungi data pengguna, memberikan privasi dan keamanan yang lebih baik,” papar Justin Li.

    Dengan pertumbuhan pasar deteksi deepfake yang diproyeksikan mencapai US$ 15,7 miliar pada 2026, teknologi seperti HONOR AI Deepfake Detection menjadi elemen penting dalam menjaga keabsahan konten digital dan keamanan pengguna di era AI.

    (prf/ega)