Topik: marketplace

  • Fenomena Cosplay, Jutaan Rupiah Dihabuskan demi Tampil Maksimal

    Fenomena Cosplay, Jutaan Rupiah Dihabuskan demi Tampil Maksimal

    Jakarta, Beritasatu.com – Anak muda Indonesia kini rela merogoh kocek hingga jutaan rupiah demi tampil total sebagai karakter favorit mereka dalam budaya populer yang dikenal dengan istilah “cosplay”.

    Hal ini terlihat jelas dalam gelaran Anime Festival Asia Indonesia (AFAID) 2025 yang berlangsung akhir pekan lalu di Jakarta Convention Center (JCC). Acara ini menyedot ribuan penggemar budaya pop, khususnya anime Jepang.

    Beberapa pengunjung datang dengan pakaian kasual, sementara lainnya tampil memukau dengan kostum lengkap, wig warna-warni, hingga properti senjata yang membuat mereka tampil persis seperti karakter anime.

    Seperti yang bisa diduga, karakter-karakter dari serial shonen populer seperti One Piece dan Chainsaw Man menjadi favorit utama para cosplayer. Serial baru seperti Sakamoto Days yang tayang awal tahun ini pun mulai menarik perhatian.

    Namun, menjadi cosplayer bukanlah hobi murah, terutama bagi mereka yang ingin tampil totalitas. Banyak dari mereka bahkan menghabiskan dana dua kali lipat dari upah minimum Jakarta yang kini mencapai Rp 5,4 juta.

    Salah satu cosplayer yang mencuri perhatian adalah Siegrish, yang tampil sebagai kera sakti dari gim PS5 Black Myth: Wukong. Ia mengenakan kostum emas penuh detail yang mencolok.

    “Saya butuh waktu 6 bulan untuk persiapan. Saya pesan kostumnya, jadi bukan bikin sendiri. Biayanya sekitar Rp 15 juta,” ungkap Siegrish.

    Peserta cosplay AFAID 2025 pada 7 Juni 2025 menggunakan kostum pendekar berambut hijau, Roronoa Zoro . (Foto JG/Jayanty Nada Shofa) – (The Jakarta Globe/Jayanty Nada Shofa)

    Cosplayer lain, Hiki, tampil sebagai Denji dari Chainsaw Man. Ia mengenakan helm dengan mata LED, baju penuh darah palsu seolah baru selesai bertarung, serta gergaji tiruan yang bisa bergerak dan mengeluarkan suara seperti aslinya.

    “Total saya habiskan Rp 3,6 juta dan butuh waktu 3 bulan untuk persiapan,” ujar Hiki, 24 tahun.

    Tak ketinggalan, Unizen, cosplayer asal Surabaya berusia 22 tahun, tampil sebagai Roronoa Zoro dari One Piece. Ia membeli kaus dari marketplace dan memodifikasinya dengan jahitan khusus.

    “Saya sudah pakai wig ini selama dua tahun. Katana-nya sekitar Rp 200.000 satu. Total mungkin sekitar Rp 1,5 juta. Enggak terlalu mahal, kok,” katanya.

    Sementara itu, Here Shiki tampil santai namun mengena sebagai Taro Sakamoto, mantan pembunuh bayaran yang kini jadi penjaga toko dalam anime Sakamoto Days. Ia mengenakan kaus kuning, celemek hijau, rambut abu-abu palsu, dan kumis buatan.

    “Untuk karakter ini, saya habiskan sekitar Rp 600.000, tetapi untuk karakter lain bisa sampai Rp 800.000,” ujar Shiki.

    Ia juga memberikan pandangannya tentang fenomena cosplay di Indonesia.

    “Saat pandemi Covid-19, banyak orang di rumah saja dan akhirnya menonton anime. Dari situ, cosplay makin populer di Indonesia,” tuturnya.

  • Ekosistem Kreator YouTube di ASEAN Melonjak, Siap Panen Cuan!

    Ekosistem Kreator YouTube di ASEAN Melonjak, Siap Panen Cuan!

    Jakarta, CNBC Indonesia – Ekosistem kreator YouTube di Asia Tenggara terus melesat. Hingga kini, tercatat sudah ada 7.600 channel yang memiliki lebih dari 1 juta subscriber di kawasan, termasuk Indonesia, Thailand, Malaysia, Vietnam, Singapura, dan Filipina. Bahkan, ada lebih dari 77.000 channel yang telah melampaui 100.000 subscriber.

    VP Southeast Asia and South Asia Frontier, Google, Sapna Chadha mengatakan, pesatnya pertumbuhan ini membuka peluang besar, tak hanya bagi kreator, tapi juga bagi brand dan pelaku e-commerce. Pasalnya, YouTube kini menjadi platform yang sangat efektif mendorong tren video commerce di Asia Tenggara yang kontribusinya sudah mencapai 20% dari Gross Merchandise Value (GMV) e-commerce kawasan, atau naik empat kali lipat dalam dua tahun terakhir

    “YouTube mendorong niat membeli hampir 4x lebih besar dibandingkan platform media sosial lain,” ujar Sapna Chadha dalam keterangan pers yang diterima CNBC Indonesia di Jakarta, Senin (9/6/2025).

    Menurut data, YouTube kini menjangkau 290 juta penonton di Asia Tenggara yang mewakili 85% populasi online di kawasan. Sementara itu, konten yang diunggah dari Vietnam dan Indonesia bahkan tumbuh 85% year-on-year selama periode 2023-2024

    Kepercayaan publik menjadi kekuatan utama ekosistem kreator YouTube. Studi Kantar mencatat, 67% penonton Indonesia menilai kreator YouTube sebagai sumber yang dapat dipercaya. Bahkan, 60% Gen Z Indonesia mengaku lebih percaya pada brand yang dipromosikan lewat kreator YouTube, dibandingkan hanya 46% di platform sosial lain

    “Kepercayaan ini mewujud jadi tindakan nyata. Brand yang bermitra dengan kreator tidak hanya mengiklankan produk, tapi benar-benar terintegrasi dalam cerita,” kata Sapna.

    “Karakteristik utama YouTube di Asia Tenggara adalah kepercayaan dan kredibilitas yang telah dibangun creator dengan audiens mereka. Pengguna 98% lebih mungkin untuk percaya rekomendasi kreator di YouTube dibandingkan dengan rekomendasi di situs atau aplikasi sosial lainnya,” ujarnya menambahkan.

    Tren video commerce di YouTube juga kini makin diperkuat dengan fitur YouTube Shopping yang telah resmi meluncur di Indonesia, Thailand, Vietnam, Singapura, Malaysia, dan Filipina, lewat kemitraan dengan Shopee. Program ini memungkinkan kreator mempromosikan produk mereka sendiri atau brand lain, dan sudah mulai diikuti oleh 55% kreator yang memenuhi syarat di tiga negara awal peluncuran (Indonesia, Vietnam, Thailand)

    Contohnya, channel Jagat Review melaporkan bahwa 50% dari total pendapatan channel kini berasal dari program ini. Sementara channel Mai Trinh Hồ di Vietnam mengalami peningkatan pendapatan hingga lima kali lipat. Tak hanya di ponsel, YouTube kini juga makin dominan di Connected TV (CTV). Secara global, penonton menonton lebih dari 1 miliar jam konten YouTube di layar TV setiap hari.

    Di Asia Tenggara, YouTube di TV menjangkau lebih dari 79 juta orang. Format interaktif seperti Shoppable CTV (di mana penonton bisa langsung belanja lewat QR code di layar TV) juga mulai diadopsi banyak brand.

    Di Filipina, McDonald’s mencatat peningkatan penjualan harian rata-rata lebih dari 46% berkat kampanye CTV bersama YouTube. Sementara di Vietnam, Pepsi meningkatkan jangkauan audiens usia 18-44 tahun sebesar 27% lewat format ini.

    VP Client Strategy & Growth APAC di WPP Media, Arthur Altounian menilai, YouTube akan terus jadi penggerak utama video commerce di Asia Tenggara. “Dengan fitur seperti live streaming, Shorts, dan kemitraan marketplace seperti Shopee, YouTube memungkinkan transisi yang mulus dari penemuan ke pembelian,” ujarnya.

    (mij/mij)

  • Flip Luncurkan Safaraya, Marketplace Umrah Resmi untuk Ibadah Lebih Tenang – Page 3

    Flip Luncurkan Safaraya, Marketplace Umrah Resmi untuk Ibadah Lebih Tenang – Page 3

    Adapun lonjakan tersebut dipicu oleh meningkatnya daftar tunggu Haji, pertumbuhan kelas menengah, serta pemulihan sektor perjalanan pasca pandemi.

    Kendati demikian, tingginya minat ini kerap diiringi sejumlah tantangan, mulai dari ketidakjelasan harga paket, kekhawatiran akan legalitas agen travel, hingga kerumitan dalam memahami regulasi baru yang diberlakukan oleh Pemerintah Arab Saudi.

    Untuk itu, melalui Safaraya, calon jamaah dapat membandingkan berbagai paket Umrah resmi dari agen berizin PPIU, melakukan pemesanan dan pembayaran uang muka secara online, serta mengakses layanan pelanggan yang responsif.

    Seluruh penyedia jasa di platform ini telah terverifikasi dan terdaftar resmi di sistem Nusuk, platform otorisasi perjalanan Umrah dari Pemerintah Arab Saudi.

    Direktur Utama Almiqat Indonesia Syahidin Nurul Ikhwan pun menyambut baik solusi ini. Sebagai salah satu mitra Flip, kolaborasi ini disebut sebagai langkah positif dalam membangun kepercayaan publik untuk beribadah Umrah.

  • Top 3 Tekno : Fitur Baru TikTok Bisa Atur Feed Sesuai Minat hingga HP Realme Seharga Rp 1 Jutaan – Page 3

    Top 3 Tekno : Fitur Baru TikTok Bisa Atur Feed Sesuai Minat hingga HP Realme Seharga Rp 1 Jutaan – Page 3

    Realme dikenal memiliki rangkaian produk yang beragam. Salah satu lini yang dikenal menjadi incaran konsumen adalah lini Realme C dan Realme Note.

    Dikenal sebagai perangkat dengan harga ramah kantong, spesifikasi yang ditawarkan Realme di dua lini tersebut juga disebut tidak kalah menarik.

    Nah, untuk kali ini, Tekno Liputan6.com akan membahas soal rekomendasi HP Realme harga Rp 1 jutaan dari dua model seperti dikutip dari toko resmi vendor tersebut di marketplace, Kamis (5/6/2025).

    Baca selengkapnya di sini

  • Ini Mobil Bekas yang Diburu tapi yang Jual Sedikit

    Ini Mobil Bekas yang Diburu tapi yang Jual Sedikit

    Jakarta

    Mobil bekas menarik buat jadi pilihan. Tahu nggak sih, model apa saja yang diburu tapi yang jual sedikit?

    Beberapa waktu yang lalu OLX menyebut Suzuki Aerio banyak dicari tapi jarang yang menjual pada platform tersebut.

    Aerio merupakan hatchback yang dikenalkan Suzuki pada tahun 2001. Mobil itu disuntik mati pada tahun 2008 dan tak lagi dijual hingga saat ini. Ditelusuri detikOto, di laman OLX, masih ada beberapa Suzuki Aerio yang ditawarkan.

    Lantaran Aerio hanya dijual beberapa tahun, jadi jumlah unit di pasar bekas memang tidak sebanyak mobil yang punya generasi panjang seperti Toyota Avanza.

    Ditelusuri detikOto, di laman OLX, masih ada beberapa Suzuki Aerio yang ditawarkan. Tahun 2003 dijual mulai dari Rp 45 juta, semakin muda tahunnya maka harganya lebih tinggi.

    Melalui platform marketplace lain seperti Facebook, terlihat masih tersedia beberapa iklan Suzuki Aerio. Dalam penelusuran detikOto, Aerio tahun 2003 dijual Rp 40 – 50 juta, tahun 2004 dibanderol Rp 50 – 60 juta. Dengan catatan jarak tempuhnya sudah mencapai ratusan ribu kilometer.

    Dalam internal OLX, pencarian Suzuki Aerio itu lebih unggul dari Honda City Type-Z, Kia Carnival, Peugeot 206, dan Toyota Soluna.

    Mayoritas mobil yang diminati tapi jumlah iklan sedikit versi OLXmobbi itu sudah tidak dijual dan diproduksi di Indonesia.

    Dalam data terbaru OLX, Avanza, si mobil sejuta umat banyak dicari dan unggul atas saudaranya Kijang Innova. Dalam situs iklan baris OLX, jumlah mobil bekas Avanza yang dijual di Indonesia mencapai 4.397 unit.

    OLX memproyeksikan ada peningkatan pencarian sebesar 22 persen dibandingkan periode biasa. Di samping itu, pameran otomotif yang sedang digelar juga diharapkan bisa mendorong penjualan mobil hingga 20 persen.

    Berdasarkan data internal OLX, rata-rata pengunjung yang mencari mobil bekas di Q4 2024 meningkat sebesar 27% dibandingkan Q1 2024. Rata-rata pembelian mobil bekas secara kredit juga meningkat sebesar 10% selama 2024, dan diharapkan tren ini terus berlanjut.

    (riar/lua)

  • Suku Bunga Turun, Bank Mega Syariah Dorong Pembiayaan Ritel

    Suku Bunga Turun, Bank Mega Syariah Dorong Pembiayaan Ritel

    Jakarta

    Bank Indonesia (BI) kembali turunkan suku bunga acuan BI Rate sebesar 25 basis poin menjadi 5,50% pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) periode 20-21 Mei 2025. Bank sentral juga menurunkan suku bunga Deposit Facility menjadi 4,75% dan suku bunga Lending Facility tetap 6,25%. Dengan keputusan ini, BI telah dua kali menurunkan suku bunga sepanjang 2025.

    Suku bunga yang lebih rendah, mendorong bisnis untuk berinvestasi dan meningkatkan daya beli. Untuk memanfaatkan peluang ini, Bank Mega Syariah menggenjot bisnis yang fokus pada ekosistem mitra di institusi kesehatan, pendidikan, dan sektor publik lainnya.

    Corporate Secretary Division Head Bank Mega Syariah, Hanie Dewita, mengatakan bahwa tren penurunan suku bunga ini dapat berdampak pada penurunan cost of fund atau biaya dana perbankan. Ketika suku bunga turun, khususnya suku bunga Deposit Facility yang kini menjadi 4,75%, maka biaya dari dana mahal seperti deposito cenderung ikut turun.

    “Per April 2025, rasio cost of fund Bank Mega Syariah sudah turun menjadi 4,30% dari posisi 4,55% pada Desember 2024. Diharapkan penurunan suku bunga saat ini dapat menurunkan cost of fund Bank Mega Syariah,” ungkap Hanie dalam keterangannya, Kamis (5/6/2025).

    Cost of fund yang lebih rendah memberikan ruang bagi bank untuk melakukan penyesuaian margin sehingga berpotensi meningkatkan Net Interest (NI). Terbukti, rasio NI Bank Mega Syariah meningkat dari 4,04% di Maret menjadi 4,21% di April 2025.

    Hanie menambahkan dengan turunnya suku bunga dan strategi perusahaan dalam mengoptimalkan fungsi intermediary, diharapkan akan mendorong pertumbuhan bisnis perusahaan. Bank Mega Syariah sendiri mencatatkan total pembiayaan per April 2025 mencapai Rp 8,9 triliun, naik 25,6% dari penyaluran di April 2024.

    Di satu sisi, dana pihak ketiga (DPK) juga meningkat 4,3% menjadi lebih dari Rp 11,4 triliun. Fungsi intermediary yang berjalan baik menjadikan financing to deposit ratio (FDR) di posisi optimal yaitu 84,9%, naik dari posisi 69,2% pada April 2024.

    “Naiknya penyaluran pembiayaan dan turunnya cost of fund turut mendongkrak pendapatan bank. Hingga April 2025, pendapatan setelah distribusi bagi hasil naik lebih dari 5% dari April 2024 menjadi Rp 216,6 miliar di tahun 2025. Peningkatan pembiayaan ini tetap dibarengi dengan kualitas yang terjaga dengan rasio non performing financing (NPF) di bawah 1%,” ujar Hanie.

    Bank Mega Syariah menyediakan paket layanan bisnis korporasi untuk memenuhi kebutuhan layanan keuangan perusahaan baik dari sisi pembiayaan dan pendanaan. Layanan pembiayaan antara lain seperti pembiayaan modal kerja dan joint financing. Di satu sisi, tabungan payroll di seluruh ekosistem nasabah korporasi juga terus dikembangkan.

    Bank Mega Syariah juga melakukan pendekatan B2B2C (business to business to consumer) dimana tidak hanya sebatas kerjasama korporasi tapi juga diperluas untuk memberikan layanan perbankan yang menyeluruh kepada seluruh ekosistem di perusahaan tersebut.

    “Kami berupaya memberikan pembiayaan yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah korporasi. Disamping itu, kami juga memperkuat bisnis pembiayaan ritel di dalam nasabah korporasi tersebut dengan menawarkan produk konsumer seperti pembiayaan rumah, pembiayaan tanpa agunan (PTA), pembiayaan haji khusus maupun pembiayaan konsumer lainnya melalui kartu pembiayaan Syariah Card,” ujar Hanie.

    Selain pembiayaan ritel, Bank Mega Syariah juga memberikan layanan pendanaan ritel kepada ekosistem nasabah korporasi melalui berbagai produk seperti tabungan haji, tabungan berkah digital, hingga deposito digital yang dapat diakses melalui mobile banking M-Syariah.

    Saat ini, dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha 1446 H, Bank Mega Syariah juva bekerjasama dengan Rumah Zakat memberikan layanan pembelian hewan kurban yang praktis dan mudah. Nasabah Bank Mega Syariah dapat membeli hewan kurban secara online melalui M-Syariah. Selain itu, nasabah juga berkesempatan mendapatkan harga khusus jika menggunakan kartu pembiayaan Syariah Card untuk pembelian hewan kurban di platform Rumah Zakat.

    Bank Mega Syariah juga memberikan keuntungan bagi jamaah haji yang bertransaksi menggunakan syariah Card di tanah suci dengan program cashback hingga Rp 1 juta. Tidak hanya di Arab Saudi, program ini juga berlaku di Turki, UEA, dan Qatar.

    “Sejak diluncurkan pada 2023, Syariah Card menjadi salah satu alat pembayaran favorit nasabah Bank Mega Syariah. Hal ini terlihat dari jumlah penyaluran pembiayaan Syariah Card yang terus meningkat setiap tahunnya,” ungkap Syariah Card Business Division Head Bank Mega Syariah Eva Dahlia Kusumawati.

    Per April 2025, total pembiayaan Syariah Card meningkat lebih dari 228% dibandingkan periode April 2024. Selama periode Januari hingga April 2025, transaksi Syariah Card diantaranya paling banyak digunakan untuk transaksi ritel dan marketplace yang mencapai 13%, Kemudian yang kedua untuk belanja pakaian dan aksesoris 9%; restoran 8%; serta produk kesehatan dan kecantikan 7%.

    (eds/eds)

  • Mau Cuan dari Internet? Begini Cara Memulai Bisnis Online

    Mau Cuan dari Internet? Begini Cara Memulai Bisnis Online

    Bisnis.com, JAKARTA – Di era digital saat ini, bisnis online menjadi pilihan yang semakin populer. Tidak hanya karena kemudahan dalam mengelolanya, tetapi juga karena potensi pasarnya yang luas. Bahkan, banyak orang memulainya sambil menjalani kerja freelance untuk menambah penghasilan atau menguji minat pasar sebelum fokus sepenuhnya pada bisnis sendiri. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis online, berikut adalah panduan lengkap yang bisa Anda ikuti.

    1. Tentukan Produk atau Jasa yang Akan Dijual

    Langkah pertama dalam memulai bisnis online adalah menentukan produk atau jasa yang ingin Anda tawarkan. Pilihlah produk yang:

    Anda kuasai atau minati,
    Memiliki permintaan pasar,
    Tidak terlalu sulit dalam proses pengadaan atau pengirimannya.

    Contoh produk yang populer untuk dijual secara online adalah fashion, makanan ringan, produk kecantikan, hingga jasa seperti desain grafis atau kursus online.

    2. Riset Pasar dan Kompetitor

    Sebelum memulai, penting untuk melakukan riset pasar. Anda perlu mengetahui:

    Siapa target pasar Anda,
    Bagaimana perilaku konsumen dalam segmen tersebut,
    Siapa saja kompetitor Anda dan bagaimana mereka menjalankan bisnisnya.
    Gunakan media sosial, marketplace, atau Google Trends untuk mendapatkan informasi ini.

    3. Tentukan Platform Penjualan

    Ada banyak platform yang bisa Anda gunakan untuk menjual produk secara online, diantaranya:

    Marketplace: seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak.
    Media Sosial: Instagram, Facebook, TikTok.
    Website Pribadi: menggunakan platform seperti WordPress atau Shopify.

    Disarankan untuk memulai dari marketplace atau media sosial, lalu berkembang ke website pribadi untuk membangun brand yang lebih kuat.

    4. Buat Branding yang Menarik

    Branding adalah identitas bisnis Anda. Mulai dari nama usaha, logo, warna, hingga gaya komunikasi dengan pelanggan. Branding yang baik akan membantu membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan.

    5. Buat Konten yang Menjual

    Gunakan foto produk yang berkualitas, deskripsi yang jelas, dan testimoni pelanggan. Selain itu, manfaatkan konten edukatif dan hiburan di media sosial untuk menarik perhatian calon pembeli.

    6. Terapkan Strategi Pemasaran Digital

    Beberapa strategi pemasaran online yang efektif antara lain:

    SEO (Search Engine Optimization): agar website Anda mudah ditemukan di mesin pencari.
    Iklan berbayar: seperti Facebook Ads, Instagram Ads, atau Google Ads.
    Influencer Marketing: bekerja sama dengan influencer untuk memperluas jangkauan.

    7. Kelola Operasional dan Pelayanan Pelanggan

    Pastikan Anda memiliki sistem yang baik untuk mengelola stok, pengiriman, dan pelayanan pelanggan. Balas pertanyaan dan keluhan dengan cepat dan profesional.

    8. Analisis dan Evaluasi Secara Berkala

    Gunakan data penjualan dan perilaku konsumen untuk melakukan evaluasi bisnis. Dari situ Anda bisa mengetahui strategi mana yang berhasil dan apa yang perlu diperbaiki.

    Berbisnis online bukan sekadar menjual produk di internet. Dibutuhkan strategi, konsistensi, dan pemahaman tentang pasar untuk bisa sukses. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa memulai bisnis online dari nol dan berkembang secara bertahap. Mulailah dari sekarang, dan terus belajar serta beradaptasi dengan perkembangan digital! Selain menjalankan bisnis online, Anda juga bisa mempertimbangkan kerja lepas sebagai sumber penghasilan tambahan. Jika Anda ingin melihat berbagai jenis pekerjaan freelance yang tersedia, lihat di sini.

  • Rekomendasi HP Samsung Rp 5 Jutaan Terbaik di Mei 2025, Apa Saja? – Page 3

    Rekomendasi HP Samsung Rp 5 Jutaan Terbaik di Mei 2025, Apa Saja? – Page 3

    Beralih ke opsi selanjutnya, ada Samsung Galaxy A56 5G. Untuk saat ini, harga dasar Galaxy A56 memang kebanyakan dibanderol mulai dari Rp 6 juta. 

    Namun, banderol harga itu diberikan untuk varian RAM 8GB/ROM 256GB, sedangkan varian terendahnya RAM 8GB/ROM 128GB, ada beberapa yang menjualnya di kisaran Rp 5 jutaan. 

    Berdasarkan pantauan, varian RAM 8GB/ROM 128GB memang sudah tidak tersedia di situs resmi Samsung. Kendati demikian, perangkat ini masih bisa ditemukan di sejumlah marketplace. 

    Galaxy A56 sendiri hadir dengan spesifikasi yang menarik, mulai dari layar hingga performa dan kamera. 

    Dibekali layar Super AMOLED 6.7 inci beresolusi Full HD+ (1080 x 2340 piksel) dan refresh rate 120Hz, Galaxy A56 memberikan visual yang tajam dan responsif.

    Lalu, kamera belakang utama 50MP (wide) yang dilengkapi kamera ultrawide 12MP dan kamera makro 5MP melengkapi kemampuan fotografi ponsel ini.

     

  • Seperti ini Uang 75 Ribu yang Ditawar Sampai 45 Juta

    Seperti ini Uang 75 Ribu yang Ditawar Sampai 45 Juta

    JABAR EKSPRES – Beberapa waktu lalu heboh ada yang menawarkan uang 75 ribu dengan angka fantastis di marketplace Tokopedia hingga Rp45 juta. Padahal uang ini masih beredar luas dan berlaku sebagai alat pembayaran yang sah.

    Biasanya kolektor hanya mencari uang kuno yang sudah tidak beredar lagi karena kelangkaannya. Baik untuk menambah koleksi atau sebagai kebanggaan karena berhasil menemukan barang langka yang mungkin hanya ada satu-satunya di dunia.

    Ada juga yang sengaja membelinya untuk investasi, karena semakin lama uang tersebut disimpan, maka nilainya akan menjadi semakin tinggi karena menjadi benda numismatik yangantik.

    Namun berbeda dengan uang 75 ribu ini, meski belum termasuk dalam uang kuno, namun sudah ada yang berani membayar dengan harga tinggi.

    Apa yang membuat uang ini istimewa? dan yang seperti apa yang memiliki nilai fantastis hingga puluhan juta tersebut.

    Baca juga : Langsung Jadi Jutawan, Kesempatan Terakhir Jual Uang Langka 75 Ribu Dengan Harga Fantastis

    Uang pecahan Rp75.000 memang bisa dibilang istimewa dibandingkan yang lain, karena uang ini diterbitkan untuk memperingati kemerdekaan Indonesia ke 75 tahun pada tahun 2020 lalu.

    Nilai sejarah inilah yang membuat uang ini menjadi mahal, semuanya dituangkan dalam desainnya yang estetik, dengan mencerminkan nilai-nilai kemerdekaan, persatuan, dan pembangunan, serta memiliki nilai koleksi yang tinggi karena memiliki 3 makna filosofis yang dalam, diantaranya :

    – Mensyukuri Kemerdekaan

    Tema mensyukuri kemerdekaan diwujudkan dengan penyematan foto dua proklamator, pemasangan foto pengibaran bendera proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945, serta visual pembangunan Indonesia khusunya di bidang infrastruktur.

    – Memperteguh Kebinekaan

    Dilambangkan dengan gambar anak-anak menggunakan pakaian adat mewakili wilayah barat, tengah, dan timur di NKRI, serta penyematan motif songket Sumatera Selatan, batik Kawung Jawa, dan tenun Gringsing Bali, yang menggambarkan keanggunan, kebaikan, dan kesucian.

    – Menyongsong Masa Depan Gemilang

    Digambarkan dengan visual anak-anak Indonesia sebagai generasi penerus SDM unggul, yang siap mewujudkan Indonesia Emas 2045, peta Indonesia Emas pada bola dunia yang melambangkan peran strategis Indonesia dalam ranah global, dan Satelit Merah Putih sebagai jembatan komunikasi NKRI.

  • 8
                    
                        Gibran Ajak Rakyat Keluar dari Zona Nyaman: Lakukan Terobosan yang Mengusik Pihak Lain
                        Nasional

    8 Gibran Ajak Rakyat Keluar dari Zona Nyaman: Lakukan Terobosan yang Mengusik Pihak Lain Nasional

    Gibran Ajak Rakyat Keluar dari Zona Nyaman: Lakukan Terobosan yang Mengusik Pihak Lain
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com –
    Wakil Presiden (Wapres)
    Gibran Rakabuming Raka
    mengajak rakyat Indonesia untuk berani keluar dari zona nyaman dan membuat terobosan yang dapat mengusik pihak lain.
    Hal tersebut disampaikan Gibran dalam video monolog berjudul “Bukan Lagi Hanya Pasar Digital, Indonesia Harus Jadi Produsen Digital” di YouTube pribadinya, seperti dikutip pada Selasa (27/5/2025).
    “Kita perlu keberanian keluar dari zona nyaman untuk melakukan terobosan yang mungkin mengusik pihak lain,” ujar Gibran.
    Gibran menjelaskan,
    hilirisasi digital
    bukanlah sekadar konsep atau jargon semata, melainkan sebuah kebutuhan dan keharusan.
    Dia berpendapat, hilirisasi digital perlu dilakukan jika Indonesia sebagai bangsa tidak mau hanya menjadi pasar bagi negara lain.
    Sebab, sebagai bangsa berdaulat, Indonesia punya hak dan kesempatan untuk menjadi pemain utama di negeri sendiri.
    “Ini bukan hanya soal teknologi, tapi soal kesempatan hidup yang lebih baik untuk semua. Dan seperti yang ditegaskan oleh Bapak Presiden Prabowo, bahwa kita harus menguasai teknologi, kita harus menjadi produsen, bukan hanya menjadi konsumen. Apalagi Indonesia memiliki potensi ekonomi digital yang sangat besar,” paparnya.
    “Tahun 2024 nilai ekonomi digital kita mencapai 90 miliar US dollar. Dan di tahun 2030 diprediksi mencapai 200-300 miliar US dollar. Besar sekali. Ini bukti bahwa pasar kita, potensi kita sangat menjanjikan,” sambung Gibran.
    Oleh sebab itu, kata Gibran, Indonesia butuh gerakan bersama untuk melakukan langkah besar.
    Menurutnya, rakyat Indonesia perlu ruang yang harus dijaga bersama agar pelaku lokal dan talenta digital bisa tumbuh dan berinovasi.
    “Kita butuh
    champion-champion
    digital hasil karya anak bangsa, sebagai cikal bakal kebanggaan negeri agar mampu tumbuh menjadi raksasa digital, dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi negeri ini. Memang perbaikan dan penyempurnaan perlu terus dilakukan,” katanya.
    Sementara itu, Gibran menyebut pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden
    Prabowo Subianto
    berkomitmen penuh membangun infrastruktur dan ekosistem digital nasional, mulai dari pengembangan solusi AI,
    machine learning, games, IoT, blockchain, robotic
    , hingga keberpihakan terhadap
    marketplace
    dan platform digital.
    “Teman-teman, kita masih punya kesempatan, kita belum terlambat asalkan langkah besar ini bisa kita lakukan bersama-sama sekarang,” imbuh Gibran.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.