Topik: marketplace

  • Menkop sebut Kopdes Merah Putih terpantau via microsite

    Menkop sebut Kopdes Merah Putih terpantau via microsite

    Menteri Koperasi Budi Arie

    Menkop sebut Kopdes Merah Putih terpantau via microsite
    Dalam Negeri   
    Editor: Nandang Karyadi   
    Rabu, 20 Agustus 2025 – 05:52 WIB

    Elshinta.com – Menteri Koperasi (Menkop) Budi Arie Setiadi menekankan seluruh Koperasi Desa (Kopdes) Merah Putih yang sudah berbadan hukum agar segera masuk ke dalam satu sistem bernama Microsite Kemenkop. Sehingga, segala perkembangan langkahnya tergambar di dalam dashboard yang tersedia.

    “Karena digitalisasi bagi operasional Kopdes Merah Putih amat penting, maka kita akan mempercepat proses integrasi aplikasi digital BUMN dengan Kementerian Koperasi, sehingga semuanya bisa terintegrasi dengan baik,” ungkap Menkop, pada saat menerima audiensi dengan jajaran PT Telkom Indonesia, di Jakarta, Selasa (19/8/2025).

    Di acara yang dihadiri Wakil Menteri Koperasi (Wamenkop) Ferry Juliantono, Sekretaris Kementerian Koperasi Ahmad Zabadi, dan seluruh Deputi di Lingkungan Kementerian Koperasi, Menkop menjabarkan bahwa dengan masuk di dalam Microsite, pihaknya akan bisa selalu memantau segala pergerakan Kopdes, baik dari sisi pengembangan model bisnis hingga tahap dan status pembiayaan dari Himbara.

    Dalam dashboard yang tersedia di Microsite, akan menampilkan pendataan desa (Kopdes), bisnis Kopdes, hingga proses pembiayaan dan pelaporan. “Kita juga bisa mengetahui berapa banyak Kopdes yang sudah mendapatkan pembiayaan dari Himbara,” kata Menkop.

    Menkop menginginkan pihaknya bisa memantau segala pergerakan Kopdes Merah Putih di tahap kedua (operasional dan pengembangan) seperti ketika bisa memantau di tahap pertama (proses pembentukan).

    Maka, Menkop mengingatkan bagi Kopdes Merah Putih yang belum tergabung dalam Microsite, mereka tidak akan bisa melanjutkan ke langkah berikutnya seperti pengurusan bisnis keagenan (pupuk dan elpiji) hingga pembiayaan.

    “Tidak akan diproses bisnisnya bila belum terdata di Microsite, serta tidak akan diproses menjadi agen penjualan. Saat ini, tercatat sekitar 20 ribuan yang sudah terdata di Microsite. Saya berharap akhir Agustus ini semua Kopdes sudah masuk ke dalam sistem Microsite,” kata Menkop.

    Nantinya, menurut Menkop, masing-masing Kopdes bisa memperbarui sendiri data-datanya yang ada di Microsite, seperti foto pengurus, potensi desa, luas lahan bisnis Kopdes, data penduduk, dan sebagainya. “Ini yang akan kita integrasikan dengan modul-modul digital dari Telkom,” kata Menkop.

    Dalam kesempatan yang sama, Direktur IT Digital PT Telkom Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi menyampaikan Digi Koperasi berfungsi menghubungkan antara kementerian/lembaga (K/L), perusahaan BUMN, dan UMKM dalam program Kopdes Merah Putih. “Fungsi Digi Koperasi itu menghubungkan tiga besar, kementerian/lembaga (K/L), BUMN, dan Padi UMKM,” kata Faizal.

    Pertama, Digi Koperasi akan menghubungkan antara Kementerian Koperasi (Kemenkop) dengan kementerian/lembaga (K/L) lainnya sebagai regulator.

    Kedua, Digi Koperasi akan menghubungkan koperasi dengan perusahaan BUMN, diantaranya Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yang akan menyediakan funding untuk koperasi dan menghubungkan dengan perusahaan BUMN penyedia produk.

    Terdapat sebanyak tujuh perusahaan BUMN yang akan terlibat dalam menyuplai barang-barang bersubsidi terhadap Kopdes Merah Putih.

    “Contohnya, ada dengan Kimia Farma, Bulog, ID Food, Pos Indonesia sebagai logistik, dengan Pertamina ya, Pertamina Niaga, dan Pupuk Indonesia” ujar Faizal.

    Ketiga, hubungan dengan UMKM, dimana Digi Koperasi akan menghubungkan koperasi dengan UMKM melalui platform Padi UMKM yaitu marketplace berbasis Business to Business (B2B).

    Penulis: Rama Pamungkas/Ter

    Sumber : Radio Elshinta

  • OJK: Aduan 225 Ribu Penipuan Masuk, 72 Ribu Rekening Berhasil di Blokir – Page 3

    OJK: Aduan 225 Ribu Penipuan Masuk, 72 Ribu Rekening Berhasil di Blokir – Page 3

    Berbagai laporan yang masuk menunjukkan pola penipuan yang terus berkembang. Ada yang berbentuk love scam, penipuan lowongan kerja, phishing lewat aplikasi perbankan, hingga modus baru yang menyamarkan diri sebagai investasi aset digital. Hal ini memperlihatkan bahwa scammer selalu selangkah di depan dalam mencari celah.

    Kolaborasi

    Oleh karena itu, IASC bekerja sama dengan perbankan, fintech, asosiasi perusahaan efek, hingga marketplace untuk mempersempit ruang gerak penipu. Hampir seluruh perbankan besar di Indonesia kini sudah bergabung dalam sistem IASC, sehingga akses pemblokiran rekening bisa dilakukan lebih cepat.

    Selain itu, keberadaan IASC tidak berdiri sendiri, melainkan merupakan bagian dari Satgas Pemberantasan Aktivitas Keuangan Ilegal (Satgas PASTI) yang beranggotakan 21 kementerian/lembaga.

    “Ini semua adalah merupakan upaya kolaborasi kita semua, supaya bagaimana kita melindungi masyarakat, melindungi kita semua. Karena namanya scam dan fraud, nggak cuma buat saudara kita, mungkin secara pendidikan, kurang dan lain-lain, siapapun bisa kena,” pungkasnya.

  • Peringati HUT ke-80 RI, Telkom Perkuat Peran UMKM Lewat Digitalisasi – Page 3

    Peringati HUT ke-80 RI, Telkom Perkuat Peran UMKM Lewat Digitalisasi – Page 3

    Komitmen ini diwujudkan melalui berbagai inisiatif strategis yang selaras dengan program pemerintahan RI. Sebagai bentuk dukungan terhadap program strategis nasional, Telkom menghadirkan Digi Koperasi yang menjadi integrator ekosistem koperasi dalam program Koperasi Desa/Kelurahan Merah Putih (KDMP).

    Melalui platform ini, koperasi difasilitasi untuk terhubung dengan rantai pasok BUMN, memperoleh akses ke marketplace UMKM, serta memanfaatkan dashboard pemantauan performa. Kehadiran Digi Koperasi diharapkan mampu memperkuat peran koperasi sebagai tulang punggung ekonomi kerakyatan sekaligus memperluas jangkauan pasar UMKM.

    Selain itu, guna memberikan fasilitas bagi para pelaku usaha untuk memasarkan produknya, Telkom juga menyelenggarakan UMK Digital Fest yang menjadi bagian dari rangkaian tahunan pembinaan UMKM Telkom yang telah berjalan sejak 2002.

    Hingga kini, sebanyak 88.251 UMK telah menjadi binaan Telkom melalui beragam inisiatif seperti Program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK), Rumah Kreatif BUMN, dan Rumah BUMN. Seluruh pembinaan tersebut dijalankan berdasarkan kerangka kerja 4GO: Go Modern, Go Digital, Go Online, dan Go Global, dengan misi mendorong transformasi UMKM dari aspek operasional hingga perluasan pasar global.

    Sebagai penggerak digitalisasi bangsa, Telkom juga telah meluncurkan portal www.UMKdigital.id sebagai pusat informasi, edukasi, dan etalase produk UMKM binaan. Portal ini dirancang sebagai wadah kolaborasi yang memudahkan UMKM mengakses pengetahuan, memperluas jaringan, sekaligus memperkenalkan produk ke pasar yang lebih luas secara digital. Kehadiran portal ini diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan UMKM secara berkelanjutan dan berdaya saing tinggi.

    Lebih lanjut, Telkom konsisten menjalankan sejumlah program unggulan untuk semakin meningkatkan daya saing UMKM lokal, di antaranya PackFest, yaitu bantuan 1,2 juta kemasan modern kepada 1.500 UMK agar produk mereka mampu bersaing di pasar ritel. Telkom juga menghadirkan HalalFest, yang berhasil memfasilitasi sertifikasi halal bagi 2.676 pelaku UMKM, sebagai bentuk dukungan terhadap standar kualitas dan kepercayaan konsumen. Tidak hanya itu, digitalisasi operasional juga terus digencarkan melalui implementasi 8.293 aplikasi kasir serta onboarding 10.478 UMKM ke platform digital seperti PaDi UMKM, sehingga semakin memperluas akses pasar dan efisiensi bisnis pelaku UMKM.

    SVP Group Sustainability and Corporate Communication Telkom Ahmad Reza menambahkan, “Telkom secara konsisten menghadirkan berbagai program pemberdayaan UMKM dengan pendekatan yang relevan untuk meningkatkan daya saing, mulai dari akses pasar, peningkatan kualitas produk, hingga digitalisasi operasional. Kami ingin memastikan UMKM memiliki kesempatan yang sama untuk tumbuh, berkembang, dan berkontribusi lebih besar bagi perekonomian nasional.”

  • Telkom Dukung UMKM Naik Kelas, Beri Fasilitas Digital agar Bisnis Berkembang

    Telkom Dukung UMKM Naik Kelas, Beri Fasilitas Digital agar Bisnis Berkembang

    Jakarta

    Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-80 Republik Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) mengatakan terus memperkuat peran sebagai penggerak digitalisasi sekaligus memberi kebermanfaatan berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia.

    Sejalan dengan tema peringatan kemerdekaan tahun ini, ‘Bersatu, Berdaulat, Rakyat Sejahtera, Indonesia Maju’, Telkom mengatakan terus berkontribusi dalam transformasi digital nasional, terutama melalui pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia.

    Direktur Utama Telkom Dian Siswarini, menegaskan hari kemerdekaan ke-80 menjadi pengingat akan pentingnya menjaga persatuan dan memperkuat kedaulatan demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera dan Indonesia yang semakin maju.

    “Telkom hadir bukan hanya sebagai penggerak transformasi digital, tetapi juga sebagai mitra pertumbuhan bagi UMKM agar dapat berkembang, naik kelas, dan bersaing di era digital. Melalui berbagai inisiatif digital, kami berupaya mendorong kemandirian ekonomi nasional dan memberikan dampak nyata bagi kesejahteraan masyarakat,” ujar Dian dalam keterangan tertulisnya, Senin (18/8/2025).

    Sebagai bentuk dukungan terhadap program strategis nasional, Telkom menghadirkan Digi Koperasi, platform yang mengintegrasikan ekosistem koperasi dalam program Koperasi Desa/Kelurahan Merah Putih (KDMP).

    Melalui Digi Koperasi, koperasi difasilitasi untuk terhubung dengan rantai pasok BUMN, memperoleh akses ke marketplace UMKM, serta memanfaatkan dashboard pemantauan performa. Kehadiran platform ini diharapkan memperkuat peran koperasi sebagai tulang punggung ekonomi kerakyatan sekaligus memperluas jangkauan pasar UMKM.

    Selain itu, Telkom menyelenggarakan UMK Digital Fest, bagian dari rangkaian tahunan pembinaan UMKM yang telah berjalan sejak 2002.

    Hingga kini, sebanyak 88.251 UMK telah menjadi binaan Telkom melalui inisiatif seperti Program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK), Rumah Kreatif BUMN, dan Rumah BUMN. Seluruh pembinaan dijalankan berdasarkan kerangka kerja 4GO: Go Modern, Go Digital, Go Online, dan Go Global, dengan misi mendorong transformasi UMKM dari aspek operasional hingga perluasan pasar global.

    Sebagai pusat informasi, edukasi, dan etalase produk UMKM binaan, Telkom meluncurkan portal www.UMKdigital.id. Portal ini menjadi wadah kolaborasi yang memudahkan UMKM mengakses pengetahuan, memperluas jaringan, dan memasarkan produk ke pasar digital yang lebih luas, sehingga mempercepat pertumbuhan UMKM secara berkelanjutan dan berdaya saing tinggi.

    Telkom terus menunjukkan konsistensinya dalam menghadirkan program-program unggulan untuk memperkuat daya saing UMKM lokal. Salah satunya melalui PackFest, berupa dukungan 1,2 juta kemasan modern bagi 1.500 UMK agar produk mereka dapat bersaing di pasar ritel. Selain itu, Telkom juga menggelar HalalFest, yang telah membantu 2.676 pelaku UMKM memperoleh sertifikasi halal sebagai upaya meningkatkan standar kualitas sekaligus membangun kepercayaan konsumen.

    Di sisi lain, percepatan digitalisasi juga menjadi fokus utama, dengan penerapan 8.293 aplikasi kasir serta onboarding 10.478 UMKM ke platform digital seperti PaDi UMKM. Langkah ini tidak hanya memperluas akses pasar, tetapi juga mendorong efisiensi operasional bagi para pelaku usaha.

    SVP Group Sustainability and Corporate Communication Telkom Ahmad Reza, menegaskan komitmen perusahaan dalam mendukung pemberdayaan UMKM melalui berbagai program yang konsisten dan relevan.

    “Telkom secara konsisten menghadirkan berbagai program pemberdayaan UMKM dengan pendekatan yang relevan untuk meningkatkan daya saing, mulai dari akses pasar, peningkatan kualitas produk, hingga digitalisasi operasional. Kami ingin memastikan UMKM memiliki kesempatan yang sama untuk tumbuh, berkembang, dan berkontribusi lebih besar bagi perekonomian nasional,” ujarnnya.

    (prf/ega)

  • Harga Mobil Listrik Bekas Terjun Bebas, Ini Dia Penyebabnya

    Harga Mobil Listrik Bekas Terjun Bebas, Ini Dia Penyebabnya

    Jakarta

    Harga mobil listrik bekas anjlok. Apa penyebabnya?

    Harga mobil listrik bekas terjun bebas. Sebagai gambaran, harga baru BYD Seal Premium senilai Rp 639 juta dan Seal Performance AWD Rp 750 juta. Namun, satu tahun setelah peluncuran, harga kendaraan tersebut di marketplace turun Rp 200 jutaan.

    Selanjutnya ada Wuling BinguoEV berumur satu tahun harga bekasnya kini Rp 200 jutaan. Padahal harga barunya untuk varian tertinggi Rp 330 jutaan. Direktur OLXMobbi Agung Iskandar tak menampik harga jual mobil listrik memang turun sangat tajam. Menurutnya, hal itu terjadi lantaran banyak mobil listrik baru bermunculan.

    “Menurut kami, hal ini menjadi tantangan bagi pemilik mobil listrik yang menjual kembali kendaraannya. Hal ini dikarenakan harga mobil listrik baru yang cenderung turun karena persaingan yang sangat kompetitif,” kata Agung kepada detikOto belum lama ini.

    Kondisi ini menurutnya tak seperti harga jual kembali mobil bermesin konvensional yang cenderung stabil. Misalnya untuk Avanza yang berumur satu tahun, harga bekasnya di rentang Rp 230-250 jutaan. Padahal harga barunya juga tak jauh berbeda yakni mulai Rp 240 hingga Rp 280 juta.

    “Harga jual mobil listrik bekas di pasaran saat ini terpantau mengalami tingginya depresiasi, bahkan lebih tinggi dibandingkan mobil hybrid dan mobil konvensional atau non-listrik,” tutur Agung lagi.

    Di lain pihak, Founder National Battery Research Institute Evvy Kartini mengungkap anjloknya harga mobil listrik itu adalah baterainya. Baterai merupakan komponen termahal yang terdapat di mobil listrik. Banderol komponen tersebut bisa 40-50 persen dari total harga jual kendaraan. Itulah mengapa, kata Evvy, mulai banyak produsen yang menjual mobil listrik dengan sistem sewa baterai.

    “Harga baterai setengah harga mobil, jenis LFP dan semua. Jadi ketika harga baterai turun pasti mobil listrik turun,” tutur Evvy.

    (dry/din)

  • Pemkab Maros-Kemenkop lakukan pelatihan digitalisasi bagi UMKM

    Pemkab Maros-Kemenkop lakukan pelatihan digitalisasi bagi UMKM

    Makassar (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Maros bersama Kementerian Koperasi (Kemenkop) dan UKM RI dan mitra melakukan pelatihan literasi finansial dan strategi pemasaran online dengan pemanfaatan teknologi digital.

    “Kegiatan yang bertajuk ‘Kelas Tunai Teman UMKM Naik Omset’ menyasar puluhan pelaku UMKM di Kabupaten Maros agar dapat naik kelas,” kata Kadis Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Maros Andi Syam Shopian di Maros, Kamis.

    Dia mengatakan, kegiatan ini sebagai salah satu upaya pemerintah Kabupaten Maros mendorong pelaku UMKM untuk memanfaatkan teknologi digital dalam memperluas pasar dan meningkatkan omset.

    Menurut dia, digitalisasi dan literasi keuangan menjadi kunci agar UMKM mampu bersaing hingga pasar nasional dan internasional.

    Melalui program ini lanjut dia diharapkan memperkuat kapasitas usaha mikro, termasuk mempermudah akses pasar serta menciptakan ekosistem UMKM yang berkelanjutan.

    Karena itu, dengan bersinergi antara pemerintah daerah, Kementerian, sektor perbankan dan platform e-commerce, UMKM Maros diharapkan mampu naik kelas dan menjadi penggerak ekonomi daerah.

    “UMKM harus beradaptasi dengan kondisi kekinian, karena digitalisasi bukan sekedar trend, tetapi kebutuhan yang akan menentukan keberlangsungan usaha di masa depan,” kata Andi Syam.

    Salah seorang pelaku UMKM Siti Aminah mengatakan sangat termotivasi untuk memasarkan produknya melalui daring.

    Karena itu, kehadirannya untuk mengetahui pemasaran secara digital maupun literasi keuangan akan menjadi bekal untuk usahanya ke depan.

    Sementara itu, Asisten Deputi pemasaran dan digitalisasi Kementerian Koperasi dan UKM RI, Imam Sujarwo mengatakan, perkembangan teknologi adalah peluang besar bagi UMKM untuk memperluas pasar, termasuk mempercepat transaksi dan meningkatkan efisiensi usaha.

    “UMKM Maros harus berani beradaptasi dengan teknologi dan mengetahui literasi finansial yang baik, juga pemanfaatan marketplace untuk menjangkau pasar lokal nasional bahkan internasional,” jelasnya.

    Pewarta: Suriani Mappong
    Editor: Biqwanto Situmorang
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Telkom: Digi Koperasi hubungkan kementerian, BUMN, dan UMKM di KDMP

    Telkom: Digi Koperasi hubungkan kementerian, BUMN, dan UMKM di KDMP

    Jakarta (ANTARA) – Direktur IT Digital PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) Faizal Rochmad Djoemadi menyampaikan Digi Koperasi berfungsi menghubungkan antara kementerian/lembaga (K/L), perusahaan BUMN, dan UMKM dalam program Koperasi Desa/Kelurahan Merah Putih (KDMP).

    “Fungsi Digi Koperasi itu menghubungkan tiga besar, kementerian/lembaga (K/L), BUMN, dan Padi UMKM,” ujar Faizal dalam Business Update bertajuk “Penguatan Product Hero Digital & B2B Telkom di Market” di Jakarta, Kamis.

    Faizal menjelaskan, pertama, Digi Koperasi akan menghubungkan antara Kementerian Koperasi (Kemenkop) dengan kementerian/lembaga (K/L) lainnya sebagai regulator.

    Kedua, lanjutnya, Digi Koperasi akan menghubungkan koperasi dengan perusahaan BUMN, diantaranya Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yang akan menyediakan funding untuk koperasi dan menghubungkan dengan perusahaan BUMN penyedia produk.

    Ia mengungkapkan terdapat sebanyak tujuh perusahaan BUMN yang akan terlibat dalam menyuplai barang- barang bersubsidi terhadap KDMP.

    “Karena produk yang akan dijual di KDMP adalah produk-produk bersubsidi. Contohnya pupuk, Minyak Kita, beras SPHP, tabung gas, apotek, itu adalah logistik. Jadi kita ada dengan Kimia Farma, Bulog, ID Food, Pos Indonesia sebagai logistik, dengan Pertamina ya, Pertamina Niaga, dan Pupuk Indonesia” ujar Faizal.

    Ketiga, hubungan dengan UMKM, Ia menjelaskan Digi Koperasi akan menghubungkan koperasi dengan UMKM melalui platform Padi UMKM yaitu marketplace berbasis Business to Business (B2B).

    “Kooperasi KDMP itu bisa kulakan (belanja) barang bersubsidi dan bisa kulakan barang komersial. Melalui marketplace yang namanya Padi UMKM. Jadi kita bikin satu platform yang lengkap untuk KDMP beroperasi,” ujar Faizal.

    Telkom Indonesia mendukung program KDMP dengan menghadirkan platform Digi Koperasi, yaitu integrator yang menghubungkan antara koperasi, rantai pasok BUMN, akses ke marketplace UMKM, hingga dasbor guna melakukan pemantauan performansi koperasi.

    “Keberadaan Digi Koperasi diharapkan dapat mendukung pengelolaan dan pengawasan Koperasi Desa Merah Putih menjadi lebih efisien dan efektif melalui sejumlah fitur yang andal, termasuk penyediaan internet berkecepatan tinggi,” ujar Direktur Utama Telkom Dian Siswarini.

    Program KDMP merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2025 tentang Percepatan Pembentukan Koperasi Desa/Kelurahan Merah Putih, yang bertujuan untuk memperkuat ekonomi desa melalui koperasi yang profesional dan transparan.

    Peresmian dilakukan langsung oleh Presiden RI Prabowo Subianto, di Desa Bentangan, Klaten, Jawa Tengah, pada Senin (21/7), yang mana saat agenda peresmian dan peluncuran tersebut, jumlah Koperasi Desa Merah Putih tercatat sebanyak 80.081.

    Pewarta: Muhammad Heriyanto
    Editor: Biqwanto Situmorang
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • PaDi UMKM Hybrid Expo & Conference 2025, Langkah Telkom Perkuat Daya Saing dan Perluas Akses UMKM – Page 3

    PaDi UMKM Hybrid Expo & Conference 2025, Langkah Telkom Perkuat Daya Saing dan Perluas Akses UMKM – Page 3

    Selain itu, PaDi UMKM juga berperan aktif dalam mendukung program pemerintah Koperasi Desa Merah Putih (KDMP), program strategis nasional yang bertujuan untuk memperkuat ekonomi desa melalui koperasi yang profesional dan transparan. PaDi UMKM menjadi bagian dari Digi Koperasi yang diinisiasi oleh Telkom, platform ini memberikan akses bagi koperasi desa ke marketplace UMKM.

    Tidak hanya itu, Digi Koperasi juga menjadi integrator yang menghubungkan antara koperasi, rantai pasok BUMN, hingga dashboard guna melakukan pemantauan performansi koperasi. Inisiatif ini menjadi wujud nyata Telkom dalam mendorong percepatan transformasi digital koperasi desa di seluruh Indonesia.

    Melalui kolaborasi berbagai pihak, pemberdayaan UMKM diharapkan mampu menjadi kekuatan utama dalam mendorong ekonomi yang tangguh dan berdaya saing global. Dukungan ini dibuktikan oleh Kementerian BUMN bersama stakeholders, yaitu Telkom, Pertamina, dan Bank Mandiri melalui penyelenggaraan PaDi UMKM Hybrid Expo & Conference 2025. Kegiatan yang mempromosikan berbagai ragam produk unggulan hampir dari 600 UMKM yang mengangkat tema “Pakai Lokal, Biar Global”.

    Kegiatan PaDi UMKM Hybrid Expo & Conference 2025 menjadi ajang berkumpulnya para pelaku UMKM. Tidak hanya itu, masyarakat juga turut menikmati berbagai program yang terdapat di PaDi UMKM Hybrid Expo & Conference, seperti workshop UMKM, kegiatan kreatif, dua konferensi bertema AI dan Rantai Pasok BUMN, hingga lomba dan aktivitas edukatif. Kegiatan ini diselenggarakan secara luring (offline) di Atrium Pakuwon Mall Surabaya tanggal 31 Juli 2025 hingga 3 Agustus 2025 dan secara daring (online) di https://padiumkm.id/ pada tanggal 31 Juli 2025 – 31 Agustus 2025.

    PaDi UMKM Hybrid Expo & Conference 2025 menjadi ruang strategis untuk membangun kemitraan antara UMKM dengan grup BUMN, lembaga mitra, dan komunitas pelaku usaha melalui kegiatan business matching dan jejaring bisnis. Selain itu para peserta dan pengunjung berkesempatan meningkatkan literasi, pengetahuan, keterampilan manajerial, dan wawasan kewirausahaan melalui sesi konferensi, pelatihan tematik, serta diskusi bersama para ahli dan komunitas yang digelar secara paralel dengan kegiatan pameran di Mall Pakuwon Surabaya.

    PaDi UMKM terus dikembangkan menjadi platform pengadaan kelas enterprise yang dapat dioptimalkan penggunaannya oleh Pemerintah, BUMN, dan industri nasional dengan pengadaan yang memihak pada industri nasional terutama UMKM. PaDi UMKM mengembangkan beberapa fitur baru, yang dapat memberikan kemudahan pembiayaan bagi UMKM melalui Invoice Financing, mempermudah pengadaan melalui Tender Kilat, pelatihan UMKM, serta mendukung transparansi dan efisiensi.

     

    (*)

  • Harga Oppo Reno 14 dan 14 Pro Terbaru Agustus 2025

    Harga Oppo Reno 14 dan 14 Pro Terbaru Agustus 2025

    Jakarta

    Oppo Reno 14 dan 14 Pro dijual di Indonesia sejak pertengahan Juli 2025 lalu, mengusung desain premium, kamera 50MP, dan dukungan AI yang makin pintar.

    Oppo membuka preorder Reno 14 dan 14 Pro hingga 24 Juli 2025, yaitu Reno 14 Pro 5G 12/512GB yang dijual seharga Rp 10.999.000, Reno 14 5G 12/512GB seharga Rp 7.999.000, dan Reno 14 5G 8/256GB seharga Rp 7.499.000. Kini, hampir sebulan setelah dirilis, apakah harganya ada penurunan?

    Selama masa preorder itu, pembeli Reno 14 series mendapat total bonus senilai hingga Rp 5 juta yang terdiri dari Oppo Enco Air4, tiga bulan Google AI Pro, Oppo Care 2 tahun, dan lainnya.

    Berdasarkan pantauan detikINET di situs resmi Oppo, kedua ponsel ini masih dijual dengan harga yang sama untuk bulan Agustus 2025 ini dan dengan stok yang masih komplit, baik dari pilihan warna maupun pilihan penyimpanan dan RAM. Nah, harga yang lebih murah ada di marketplace.

    Untuk di marketplace, varian Reno 14 Pro dipasarkan dengan harga yang sedikit lebih murah, yaitu Rp 10.799.900. Namun untuk Reno 14, baik varian 12/512GB maupun 8/256GB, kami menemukan ada penurunan harga yang cukup lumayan.

    Untuk Reno 14 8/256GB, banyak yang menjualnya dengan harga di kisaran Rp 6,8 juta. Sementara untuk varian 12/512GB dipasarkan dengan harga Rp 7,2 jutaan. Ini artinya harganya sudah turun sekitar Rp 700 ribu dibanding harga saat baru dirilis.

    Sebagai informasi, Oppo mengembangkan proses rumit bernama Iridescent Glow yang melibatkan 12 lapisan coating khusus. Melalui lima tahap manufaktur presisi, tekstur optik ultra halus diukir secara mikroskopik, menciptakan pantulan cahaya yang indah dan menghasilkan tampilan belakang yang berkilau.

    Reno14 Pro 5G maupun Reno14 5G mengadopsi desain belakang One-piece Sculpted Glass yang mulus, dipadukan dengan bingkai aluminium kelas aerospace untuk ketahanan ekstra. Keduanya sudah memiliki sertifikasi IP66, IP68, dan IP69 untuk ketahanan terhadap debu dan air, serta dilengkapi port USB dengan lapisan anti korosi platinum grade, menjamin ketahanan jangka panjang meski dalam penggunaan ekstrem.

    (asj/fay)

  • Harga Oppo Find X8 dan X8 Pro Terbaru Agustus 2025

    Harga Oppo Find X8 dan X8 Pro Terbaru Agustus 2025

    Jakarta

    Oppo merilis Find X8 dan X8 Pro pada November 2024 lalu, kini setelah lebih dari setengah tahun dirilis apa harganya masih sama?

    Find X8 tersedia dalam pilihan warna Star Grey, Shell Pink dan Space Black, dan bisa dibeli secara online dan offline mulai 23 November 2024 dengan harga Rp 13.999.000 untuk varian 12/256GB dan Rp 15.999.000 untuk varian 16/512GB.

    Pembeli diberikan sejumlah bonus berupa case eksklusif dari Maison Kitsune seharga Rp950 ribu dan tambahan proteksi Oppo Care 1 tahun senilai hingga Rp 6 juta.

    Namun pada Agustus 2025, varian 12/256GB sudah tak tersedia lagi baik di situs resmi Oppo maupun di berbagai marketplace yang ada. Varian 16/512GB saat ini masih dijual lewat situs resmi Oppo maupun berbagai marketplace, dengan harga yang bervariasi.

    Di situs resmi Oppo, varian 16/512GB ini dijual dengan harga yang masih sama dengan saat pertama dirilis, yaitu Rp 15.999.000. Namun di marketplace, ada yang menjualnya dengan harga yang terpaut cukup lumayan, yaitu Rp 15 juta.

    Find X8 Pro juga dirilis bersamaan dengan Find X8, yaitu pada November 2024 dan tersedia dalam pilihan warna Space Black dan Pearl White. Saat dirilis, Find X8 Pro yang hanya tersedia dalam varian 16/512GB ini dijual seharga Rp 19.999.000.

    Saat baru dirilis, pembeli ponsel ini diberikan bonus berupa case eksklusif dari Maison Kitsune seharga Rp950 ribu, tambahan proteksi Oppo Care 1 tahun senilai hingga Rp6 juta.

    Selain itu konsumen mendapatkan tambahan hadiah menarik yang dapat dipilih satu dari tiga yang ditawarkan, yakni parfum Tory Burch senilai Rp1.900.000, OPPO Enco X3i senilai Rp1.799.000, dan Premium Golf Ball Set senilai Rp1.200.000.

    Saat ini di situs resmi Oppo, Find X8 Pro ini juga masih tersedia dengan harga yang sama, namun hanya tersedia dalam pilihan warna Pearl White karena varian Space Black sudah habis stoknya.

    Sementara itu di marketplace, harga ponsel ini sudah sedikit lebih murah, yaitu Rp 19.789.000. Ya, turunnya tak sampai Rp 200 ribu.

    (asj/asj)