Topik: marketplace

  • Mekari Caplok Desty, Masuk ke Bisnis Layanan Jualan Online

    Mekari Caplok Desty, Masuk ke Bisnis Layanan Jualan Online

    Jakarta, CNBC Indonesia – Perusahaan software-as-a-service (SaaS) Mekari resmi mengakuisisi Desty, platform omnichannel commerce yang selama ini banyak dipakai pelaku usaha untuk mengelola penjualan lintas kanal.

    Langkah ini menandai ekspansi Mekari dari layanan back office seperti HR, payroll, akuntansi, hingga CRM, ke ranah penjualan ritel dan commerce. Integrasi dengan Desty membuat pelaku usaha bisa menghubungkan stok, pesanan, gudang, produk, hingga percakapan pelanggan dari berbagai marketplace langsung ke sistem operasional Mekari.

    “Integrasi Desty ke dalam ekosistem Mekari akan membantu bisnis mengurangi kompleksitas operasional. Dari stok, keuangan, hingga komunikasi pelanggan, semuanya bisa dikelola dalam satu platform terpadu,” kata CEO Mekari, Suwandi Soh, dalam keterangan tertulis yang diterima CNBC Indonesia, Kamis (28/8/2025).

    Menurut Suwandi, akuisisi ini juga menjadi cara Mekari memperluas ekosistemnya agar bisa menjangkau kebutuhan bisnis secara menyeluruh.

    “Dengan Desty, kami memperluas ekosistem Mekari dari back office ke commerce. Visi kami adalah agar setiap bisnis di Indonesia, dari UMKM hingga enterprise, bisa mengakses teknologi yang selama ini hanya dimiliki pemain besar,” ujarnya.

    CEO Desty, Dennis Harsono, menilai bergabungnya Desty ke dalam Mekari justru akan memperkuat layanan. Dengan ekosistem Mekari, layanan mereka akan lebih kuat, terintegrasi, dan membuka akses pada kapabilitas baru yang sebelumnya tidak tersedia.

    Ia menambahkan, tren penjualan lintas kanal kini semakin penting. Sebab omnichannel bukan lagi pilihan, tapi kebutuhan.

    “Dengan dukungan Mekari, kami ingin memastikan setiap merchant, dari skala kecil sampai brand besar, bisa tumbuh dengan cara yang lebih cepat dan lebih cerdas,” jelasnya.

    Bagi pelanggan Mekari, akuisisi ini membuka akses ke solusi omnichannel yang lebih lengkap. Mulai dari pengelolaan stok, pesanan, gudang, hingga percakapan dengan pelanggan di berbagai marketplace bisa dihubungkan langsung dengan sistem Mekari seperti Jurnal dan Qontak.

    Sementara itu, pengguna Desty disebut tetap bisa menggunakan layanan seperti biasa tanpa ada perubahan. Justru, mereka akan memperoleh tambahan kapabilitas baru dari ekosistem Mekari. Integrasi ini juga diklaim akan meningkatkan stabilitas sistem.

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

  • 1
                    
                        Jejak Kelam Dwi Hartono: Dari Pemalsuan Ijazah hingga Otak Pembunuhan Kacab Bank BUMN
                        Megapolitan

    1 Jejak Kelam Dwi Hartono: Dari Pemalsuan Ijazah hingga Otak Pembunuhan Kacab Bank BUMN Megapolitan

    Jejak Kelam Dwi Hartono: Dari Pemalsuan Ijazah hingga Otak Pembunuhan Kacab Bank BUMN
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Motivator Dwi Hartono menjadi sorotan setelah ditetapkan sebagai salah satu dari 15 tersangka kasus penculikan dan pembunuhan Kepala Cabang Pembantu (KCP) sebuah bank BUMN, Mohamad Ilham Pradipta (37).
    Rupanya, kasus tersebut bukan perkara hukum pertama Dwi Hartono. 
    Otak pembunuhan kacab bank BUMN ini juga pernah terjerat kasus pemalsuan ijazah. Bahkan, dalam kasus itu Dwi Hartono pernah mendekam di balik jeruji besi.
    “Iya benar, di tahun 2012 terkait pemalsuan ijazah SMA,” kata Kasat Reskrim Polrestabes Semarang AKBP Andika Dharma Sena saat dikonfirmasi, Rabu (27/8/2025).
    Pada 2012, Dwi Hartono terjerat kasus pemalsuan ijazah Sekolah Menengah Atas (SMA) dan nilai palsu sejumlah mahasiswa di Fakultas Kedokteran Unissula Semarang.
    Kala itu, Dwi masih tercatat sebagai mahasiswa di Fakultas Kedokteran Unissula angkatan 2004.
    Sejak 2006, ia menyebarkan brosur bimbel bernama Smart Solution yang menawarkan jaminan pasti diterima di jurusan kedokteran, kebidanan, keperawatan, farmasi, dan akuntansi.
    Dwi Hartono mengubah nilai dan ijazah para calon mahasiswa dari jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) menjadi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
    Atas tindakannya itu, dia menerima uang mulai dari Rp 5 juta-Rp 10 juta dari setiap calon mahasiswa yang mendaftar.
    Kasus ini terungkap setelah seorang Dekan Fakultas Kedokteran Unissula saat itu, Taifuqurrachman melapor ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polrestabes Semarang.
    Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Semarang menjauhkan vonis enam bulan terhadap Dwi Hartono.
    Putusan itu lebih rendah daripada tuntutan jaksa yang menuntut Dwi Hartono kurungan penjara selama satu tahun.
    Kompas.com menelusuri jejak digital Dwi Hartono dan menemukan latar belakangnya sebagai pengusaha dengan bidang usaha yang cukup beragam.
    Dalam bio akun Instagram @klanhartono, Dwi mencantumkan fokus pada properti, perkebunan, trading, pendidikan, e-commerce, fashion, dan skincare.
    Selain itu Dwi Hartono juga terhubung dengan lembaga sosial melalui @hartono_foundation.
    Selain dikenal sebagai pengusaha, Dwi juga aktif sebagai motivator bisnis.
    Ia memiliki kanal YouTube bernama Klan Hartono dengan lebih dari 169.000 pengikut, tempat ia sering membagikan video motivasi dan inspirasi bisnis di usia muda.
    Dwi Hartono juga tercatat sebagai pendiri Guruku.com, aplikasi pendidikan digital yang dikelola oleh PT Digitalisasi Aplikasi Indonesia (PT DAI).
    Berdasarkan penelusuran Kompas.com. guruku bergerak di bidang pendidikan nonformal dengan fokus pada kualitas tenaga pendidik, materi, dan soal pembelajaran.
    Guruku juga membuka akses pelatihan bisnis, pengembangan UMKM, hingga penguatan soft skill bagi pelajar maupun profesional.
    Selain Guruku, Dwi juga memiliki PT Hartono Mandiri Makmur, sebuah marketplace.
    Dari hasil penelusuran Kompas.com, melalui mesin pencarian, tempat usaha itu beralamat di Perumahan Kota Wisata Cibubur, Cluster San Fransisco, Blok Q1 No 8, Ciangsana, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
    Sejauh ini polisi telah menetapkan 15 tersangka dalam kasus penculikan dan pembunuhan Kepala Cabang Pembantu (KCP) sebuah bank BUMN di Cempaka Putih, Mohamad Ilham Pradipta (37)
    Mereka terbagi dalam empat kluster, yakni kluster aktor intelektual, pengintai, penculik dan eksekutor serta pembuang jasad korban.
    Dwi Hartono termasuk klaster aktor intelektual bersama C alias Ken, YJ dan AA.
    Sementara kluster penculik yang sudah ditangkap adalah Eras, RS, AT dan RAH.
    Adapun delapan lainnya identitasnya belum diungkap polisi. Termasuk peran-peran mereka.
    Polisi juga sejauh ini belum menjelaskan motif penculikan dan pembunuhan kacab bank BUMN ini.
    Mohamad Ilham Pradipta diculik saat berada di area parkiran supermarket di Pasar Rebo, Jakarta Timur, Rabu (20/8/2025.
    Keesokan harinya, jasad kacab bank BUMN itu ditemukan di area persawahan sawah Kampung Karangsambung, Desa Nagasari, Kecamatan Serang Baru, Kabupaten Bekasi, Kamis (21/8/2025), sekitar pukul 05.30 WIB.
    Saat pertama ditemukan, saksi melihat kacab bank BUMN ini dalam kondisi tangan dan kaki terikat, serta mata terlilit lakban.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Ikut Kompetisi Merdeka Dari Buncit, Para Peserta Langsing Masal

    Ikut Kompetisi Merdeka Dari Buncit, Para Peserta Langsing Masal

    Jakarta: Bulan Agustus selalu identik dengan perlombaan dan kompetisi, untuk melambangkan perjuangan dalam meraih sesuatu. Pun demikian bagi orang dengan obesitas/overweight, tantangan yang mereka hadapi adalah berjuang untuk menurunkan berat badan.

    Seperti halnya Dyah Catur Wulansari, yang ingin bebas dari perut buncit dan memiliki tubuh yang ideal untuk menjadi versi terbaik dari dirinya sendiri dan tersadar bahwa untuk mencapai kualitas hidup yang lebih sehat, turun berat badan adalah hal yang harus ia raih.
     
    Dyah kemudian mengikuti Kompetisi Merdeka Dari Buncit yang diselenggarakan oleh LIGHTmeal LW12 (LIGHTweight 12) dengan produk andalannya yaitu LW12 Litofybe, kompetisi ini telah dimulai sejak bulan Juli 2025. Dengan kegigihan, disiplin dan ketekunannya, ia berhasil menurunkan berat badan lebih dari 10kg dalam waktu 30 hari.  
     
    Kompetisi “Merdeka dari Buncit” telah diselenggarakan selama 2 tahun berturut-turut dan menarik peminat hingga ribuan peserta. Pada kompetisi ini, para peserta akan melakukan program diet melalui aplikasi LIGHTcoach selama 30 hari disertai dengan konsumsi minuman serat LW12 Litofybe produk dari LIGHTmeal LW12, yang membantu kebutuhan serat harian, memperlancar pencernaan dan menghindari konstipasi.

    Dengan melakukan kompetisi, peserta menjadi lebih termotivasi untuk menurunkan berat badan dan meraih hadiah sebagai pemenang tahun ini. 
     
    “Kompetisi ini sudah kami selenggarakan per tahun dan memang peminatnya sangat banyak. Selain karena ingin memenangkan hadiah, para peserta juga ingin melakukan program diet secara bersama-sama dan saling berkompetisi atas pencapaian mereka dalam menurunkan berat badan, ternyata diet jika dilakukan secara bersama membawa hasil yang sangat positif.”

    “Program ini dilengkapi dengan pendampingan Ahli Gizi serta beberapa aktivitas lainnya yang dapat diikuti peserta seperti olahraga Yoga dan fun workshop bersama Ahli Gizi dari LIGHThouse Clinic. Kami sangat mengapresiasi atas semangat para peserta dimana perubahan ini merupakan perjalanan hidup positif mereka dalam mencapai versi terbaik mereka.”, ujar Anna Yesito Wibowo, Chief Marketing Officer LIGHT Group pioneer weight control centre yang telah berusia 21 tahun – perusahaan induk dari produk LIGHTmeal LW12.
     
    LIGHTmeal LW12 merupakan produk makanan rendah kalori dan rendah gula yang diproduksi khusus untuk mendukung program diet bagi masyarakat luas, termasuk pasien klinik LIGHThouse dan user dari aplikasi diet LIGHTcoach, agar asupan yang dikonsumsi tetap terjaga jumlah kalorinya.

    Produk LIGHTmeal LW12 terdiri dari Super Food yaitu makanan diet cepat saji seperti Chia Oat, Zero Mie, Chia Choco Pudding, Multigrain, serta Super Drinks yang terdiri dari minuman serat Litofybe dan minuman herbal Vinarmin yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, Suplemen Diet Litoprena, hingga Diet Tools yang bisa didapatkan melalui seluruh cabang klinik LIGHThouse dan marketplace terkemuka di Indonesia.
     
    Salah satu daya tarik kompetisi Merdeka dari Buncit adalah semangat kebersamaan yang dibangun. Di dalam grup daring, peserta saling berbagi progres, resep, foto bekal sehat, bahkan video “before-after” yang memotivasi.

    “Kalau diet sendiri rasanya bosan, di sini ada teman berbagi, pencapaian sekecil apapun, diapresiasi, jadi lebih semangat dan tidak merasa sendirian.”, cerita Dyah yang telah berhasil menurunkan lebih dari 10kg setelah mengikuti program ini. Setelah kompetisi selesai, para peserta dapat bergabung dengan komunitas LIGHTbuddy, komunitas milik LIGHT Group dengan lebih dari 1.000 member dan telah menjadi pusat diskusi, penyemangat serta akses kepada acara-acara dan layanan dari LIGHT Group secara eksklusif.      
     
    21 Agustus 2025 lalu merupakan hari yang dinanti-nanti oleh para peserta Merdeka dari Buncit. Dengan beberapa matrik penilaian, akhirnya Dyah, Desinta dan Fajar ditetapkan sebagai pemenang tiga besar Kompetisi Merdeka dari Buncit 2025.

    Para pemenang akan menerima hadiah senilai total 18juta rupiah. Para peserta bangga bisa keluar sebagai pemenang kompetisi, namun lebih bangga lagi kepada pencapaian diri yaitu mampu menurunkan berat badan menuju Body Mass Index ideal. Hadiah adalah bonus, pencapaian sebenarnya adalah badan yang lebih sehat dan terciptanya gaya hidup yang juga sehat. 

    Jakarta: Bulan Agustus selalu identik dengan perlombaan dan kompetisi, untuk melambangkan perjuangan dalam meraih sesuatu. Pun demikian bagi orang dengan obesitas/overweight, tantangan yang mereka hadapi adalah berjuang untuk menurunkan berat badan.
     
    Seperti halnya Dyah Catur Wulansari, yang ingin bebas dari perut buncit dan memiliki tubuh yang ideal untuk menjadi versi terbaik dari dirinya sendiri dan tersadar bahwa untuk mencapai kualitas hidup yang lebih sehat, turun berat badan adalah hal yang harus ia raih.
     
    Dyah kemudian mengikuti Kompetisi Merdeka Dari Buncit yang diselenggarakan oleh LIGHTmeal LW12 (LIGHTweight 12) dengan produk andalannya yaitu LW12 Litofybe, kompetisi ini telah dimulai sejak bulan Juli 2025. Dengan kegigihan, disiplin dan ketekunannya, ia berhasil menurunkan berat badan lebih dari 10kg dalam waktu 30 hari.  
     
    Kompetisi “Merdeka dari Buncit” telah diselenggarakan selama 2 tahun berturut-turut dan menarik peminat hingga ribuan peserta. Pada kompetisi ini, para peserta akan melakukan program diet melalui aplikasi LIGHTcoach selama 30 hari disertai dengan konsumsi minuman serat LW12 Litofybe produk dari LIGHTmeal LW12, yang membantu kebutuhan serat harian, memperlancar pencernaan dan menghindari konstipasi.
     
    Dengan melakukan kompetisi, peserta menjadi lebih termotivasi untuk menurunkan berat badan dan meraih hadiah sebagai pemenang tahun ini. 
     
    “Kompetisi ini sudah kami selenggarakan per tahun dan memang peminatnya sangat banyak. Selain karena ingin memenangkan hadiah, para peserta juga ingin melakukan program diet secara bersama-sama dan saling berkompetisi atas pencapaian mereka dalam menurunkan berat badan, ternyata diet jika dilakukan secara bersama membawa hasil yang sangat positif.”

    “Program ini dilengkapi dengan pendampingan Ahli Gizi serta beberapa aktivitas lainnya yang dapat diikuti peserta seperti olahraga Yoga dan fun workshop bersama Ahli Gizi dari LIGHThouse Clinic. Kami sangat mengapresiasi atas semangat para peserta dimana perubahan ini merupakan perjalanan hidup positif mereka dalam mencapai versi terbaik mereka.”, ujar Anna Yesito Wibowo, Chief Marketing Officer LIGHT Group pioneer weight control centre yang telah berusia 21 tahun – perusahaan induk dari produk LIGHTmeal LW12.
     
    LIGHTmeal LW12 merupakan produk makanan rendah kalori dan rendah gula yang diproduksi khusus untuk mendukung program diet bagi masyarakat luas, termasuk pasien klinik LIGHThouse dan user dari aplikasi diet LIGHTcoach, agar asupan yang dikonsumsi tetap terjaga jumlah kalorinya.
     
    Produk LIGHTmeal LW12 terdiri dari Super Food yaitu makanan diet cepat saji seperti Chia Oat, Zero Mie, Chia Choco Pudding, Multigrain, serta Super Drinks yang terdiri dari minuman serat Litofybe dan minuman herbal Vinarmin yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, Suplemen Diet Litoprena, hingga Diet Tools yang bisa didapatkan melalui seluruh cabang klinik LIGHThouse dan marketplace terkemuka di Indonesia.
     
    Salah satu daya tarik kompetisi Merdeka dari Buncit adalah semangat kebersamaan yang dibangun. Di dalam grup daring, peserta saling berbagi progres, resep, foto bekal sehat, bahkan video “before-after” yang memotivasi.
     
    “Kalau diet sendiri rasanya bosan, di sini ada teman berbagi, pencapaian sekecil apapun, diapresiasi, jadi lebih semangat dan tidak merasa sendirian.”, cerita Dyah yang telah berhasil menurunkan lebih dari 10kg setelah mengikuti program ini. Setelah kompetisi selesai, para peserta dapat bergabung dengan komunitas LIGHTbuddy, komunitas milik LIGHT Group dengan lebih dari 1.000 member dan telah menjadi pusat diskusi, penyemangat serta akses kepada acara-acara dan layanan dari LIGHT Group secara eksklusif.      
     
    21 Agustus 2025 lalu merupakan hari yang dinanti-nanti oleh para peserta Merdeka dari Buncit. Dengan beberapa matrik penilaian, akhirnya Dyah, Desinta dan Fajar ditetapkan sebagai pemenang tiga besar Kompetisi Merdeka dari Buncit 2025.
     
    Para pemenang akan menerima hadiah senilai total 18juta rupiah. Para peserta bangga bisa keluar sebagai pemenang kompetisi, namun lebih bangga lagi kepada pencapaian diri yaitu mampu menurunkan berat badan menuju Body Mass Index ideal. Hadiah adalah bonus, pencapaian sebenarnya adalah badan yang lebih sehat dan terciptanya gaya hidup yang juga sehat. 
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News

    (MMI)

  • Amien Sunaryadi peroleh GRC Lifetime Achievement Award 2025

    Amien Sunaryadi peroleh GRC Lifetime Achievement Award 2025

    Jakarta (ANTARA) – Komisaris Utama PT PGN Tbk Amien Sunaryadi memperoleh GRC Lifetime Achievement Award 2025 dari Asosiasi Governansi, Manajemen Risiko & Kepatuhan (GRK) atas dedikasi, kontribusi nyata dan kepemimpinan yang visioner dalam memajukan governansi, manajemen risiko, dan kepatuhan (GRC) di Indonesia.

    Dalam keterangannya yang dikutip di Jakarta, Selasa, anugerah GRC Lifetime Achievement Award 2025 mengingatkan Amien soal pencapaiannya pada 25 tahun lalu.

    “Saya mengucapkan terima kasih kepada Asosiasi GRK Indonesia dan komunitas GRC, yang telah memberikan award ini kepada saya. Passion saya selama ini lebih ke pemberantasan korupsi, sehingga banyak hal yang saya ketahui di bidang ini,” ujar Amien saat menerima penghargaan tersebut di Yogyakarta, Jumat (22/8).

    Ia bersama rekan-rekannya membentuk Lembaga Pengkajian Good Governance (LPGG) dan berhasil menjadi pemenang dalam Development Marketplace Innovative Competition 2000 (DM-2000) yang diselenggarakan Bank Dunia di Washington DC, AS.

    Berangkat dari inovasi tersebut, Amien berharap GRC juga dapat diterapkan tidak hanya di suatu perusahaan saja, namun di lingkungan DPR sebagai bentuk perbaikan demokrasi di Indonesia.

    Sepanjang kiprah profesionalnya, pengalaman Amien memang tidak jauh dari bidang antikorupsi, antipenyuapan, manajemen risiko, good corporate governance (GCG), dan bidang sejenis lainnya.

    Track record, yang menjunjung tinggi integritas ini terus dia emban dengan penuh dedikasi hingga kini, salah satunya sebagai Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2003-2007.

    Di sektor energi, Amien pernah menjabat sebagai Kepala SKK Migas periode 2014-2018.

    Ia memimpin peningkatan tata kelola SKK Migas dan pengawasan terhadap kontraktor kontrak kerja sama (K3S) dengan menerapkan prinsip 4 NO’s yakni no bribery, no kickback, no gift, dan no luxurious hospitality, serta Sistem Manajemen Anti-Penyuapan SNI ISO-37001:2016 di SKK Migas.

    Komisaris Utama PT PGN Tbk Amien Sunaryadi (dua dari kanan) menerima penghargaan GRC Lifetime Achievement Award 2025 dari Asosiasi Governansi, Manajemen Risiko & Kepatuhan (GRK) di Yogyakarta, Jumat (22/8/2025). ANTARA/HO-PT PGN Tbk

    Saat ini, Amien juga aktif sebagai Ketua Komite Pengawas Perpajakan (Komwasjak) Kementerian Keuangan sejak Mei 2023 dan Ketua Umum Forum Manajemen Risiko (FMR) BUMN periode 2024-2027.

    Ia dikenal vokal dalam mengampanyekan isu-isu governansi dan antikorupsi di berbagai forum.

    Sebagai Komut PGN sejak 2023, Amien juga tegas dalam mengawasi penerapan GCG di PGN, tidak hanya soal mematuhi peraturan.

    Lebih dari itu, penerapan GCG penting untuk memelihara integritas dan kepatuhan dalam keberlangsungan bisnis perusahaan secara jangka panjang.

    Ia bersama Dewan Komisaris PGN lainnya mendukung penuh penerapan whistleblowing system (WBS) dengan melakukan pengawasan secara menyeluruh dan memastikan diterapkannya sanksi bagi pihak yang terbukti melakukan pelanggaran.

    Pencapaiannya, PGN meraih penghargaan internasional ASEAN Corporate Governance Conference & Awards 2025 (ASEAN CGCA 2025).

    PGN juga termasuk dalam jajaran 50 Public Listed Companies (PLC) teratas di ASEAN dan 5 terbaik di Indonesia berdasarkan hasil penilaian ASEAN Corporate Governance Scorecard (ACGS) 2024.

    Corporate Secretary PGN Fajriyah Usman mengatakan penghargaan tersebut merupakan bukti komitmen kuat PGN dalam menerapkan prinsip-prinsip GCG di setiap proses, keputusan serta langkah strategis perusahaan.

    “Tentunya, tidak lepas dari pengawasan yang ketat agar implementasi GCG di PGN selalu disiplin dan berintegritas,” katanya.

    Pewarta: Kelik Dewanto
    Editor: Virna P Setyorini
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Heboh PHK Massal, Ternyata Begini Nasib Tokopedia Usai Dicaplok TikTok

    Heboh PHK Massal, Ternyata Begini Nasib Tokopedia Usai Dicaplok TikTok

    Jakarta, CNBC Indonesia – Bytedance dikabarkan melakukan PHK besar-besaran di Tokopedia, perusahaan RI yang mengelola platform ecommerce Tokopedia dan TikTok Shop. Data terkini memang menunjukkan perubahan signifikan dalam persaingan antar-ecommerce di Indonesia usai Tokopedia dicaplok TikTok.

    Persaingan e-commerce di Indonesia makin ketat, tetapi Shopee keluar sebagai pemimpin pasar di dalam negeri. Platform ini menjadi pilihan utama lebih dari separuh pengguna internet, mengungguli Tokopedia dan Tiktok Shop.

    Ini terungkap dalam survei APJII: Profil Internet Indonesia 2025.

    Dari survei tersebut, sebanyak 53,22% pengguna internet Indonesia tercatat mengakses Shopee, naik dari tahun sebelumnya yang angkanya 41,65%.

    Kebanyakan pengguna internet yang mengakses Shopee adalah laki-laki berjumlah 54,03%, sedangkan perempuan sebanyak 52,39%.

    Selanjutnya ada TikTok Shop, yang diakses 27,37% pengguna internet, naik dari angka 12,20% tahun 2024.

    Sementara Tokopedia berada di belakangnya. Tahun 2025 sebanyak 9,57% naik tipis 9,40% dari tahun sebelumnya.

    Tokopedia digunakan lebih banyak oleh laki-laki sebanyak 11,6% dibandingkan perempuan 7,65%. Berbeda dengan dua platform lainnya, Tiktok Shop digunakan lebih banyak perempuan mencapai 31,05%.

    Platform lain yang masuk dalam laporan APJII adalah Lazada. Sayangnya e-commerce tersebut harus mengalami penurunan 17,54% dari tahun 2024 menjadi 9,09% pada 2025.

    Berikutnya adalah Blibli sebanyak 0,29% turun dari 0,36%. Facebook Marketplace tercatat 0,25%.

    Berdasarkan kelompok usia, Shopee menduduki peringkat pertama untuk hampir semua generasi dibandingkan dengan platform lain.

    Tercatat pengguna Shopee terdiri dari 52,97% adalah Gen Z, 52,85% milenial, 54,24% Gen X, 55,25% Baby Boomers, 100% pre-boomers.

    Untuk Tiktok Shop, pengguna terbanyak berasal dari Gen Z sebanyak 30,09%. Sementara milenial 26,68%, Gen X 23,76%, dan Baby Boomers 17,68%.

    Tokopedia digunakan lebih banyak oleh Baby Boomers sejumlah 13,26%. Sisanya digunakan oleh 9,7% Gen Z, 9,13% Milenial, 9,74% Gen X.

    Hasil survei APJII menunjukkan perkembangan pesat TikTok Shop dalam setahun terakhir usai TikTok mengakuisisi Tokopedia.

    Dalam data Momentum Works yang dirilis setahun lalu, Tokopedia masih ada di atas TikTok Shop dalam hal nilai transaksi atau GMV.

    Dari laporan tersebut, total Gross Merchandise Value (GMV) dari 8 platform e-commerce terkemuka di Asia Tenggara mencapai US$ 114,6 miliar pada 2023 atau naik 15% dari US$ 99,5 tahun 2022.

    Indonesia adalah pasar e-commerce terbesar yang berkontribusi 46,9% terhadap GMV di Asia Tenggara. Nilai transaksinya mencapai US$ 53,8 miliar (Rp 867 triliun).

    Shopee memimpin pasar di RI. Nilai transaksi di Shopee selama 2023 menyumbang 40% dari GMV RI, yang berarti nilainya mencapai US$ 21,52 miliar (Rp 347 triliun).

    Tokopedia ada di posisi kedua dengan pangsa pasar 30%, diikuti oleh Bukalapak sebesar 11% dan TikTok Shop sebesar 9%. Per Februari 2024, Tokopedia telah resmi bergabung dengan TikTok Shop setelah diakuisisi ByteDance dari GoTo.

    Artinya, nilai transaksi Shopee sepanjang 2023 masih lebih tinggi dari gabungan transaksi di TikTok Shop dan Tokopedia. Kinerja TikTok Shop sepanjang tahun lalu tentunya terpengaruh dengan penutupan aplikasi pada Oktober 2023. TikTok Shop baru beroperasi kembali pada Desember 2023 setelah mengumumkan kerja sama dengan Tokopedia.

    Dua platform ecommerce paling bawah adalah Lazada milik Alibaba Group dengan penguasaan pasar 7% dan Blibli milik Grup Djarum pada posisi paling buncit dengan penguasaan pasar 4%.

    Tokopedia dilaporkan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap ratusan karyawannya. Berdasarkan informasi yang diterima CNBC Indonesia dari sumber yang mengetahui, total ada sekitar 420 karyawan yang terdampak dalam dua bulan terakhir.

    Pada Agustus ini, sekitar 240 orang dipangkas. Sementara pada Juli lalu, perusahaan e-commerce tersebut sudah lebih dulu melakukan PHK terhadap 180 karyawan.

    Pemangkasan karyawan disebut meliputi sejumlah divisi, mulai dari teknologi informasi (IT), customer care, hingga tim pemenuhan pesanan (fulfillment) dan gudang, demikian ungkap sumber tersebut, dikutip Minggu (24/8/2025).

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

  • LK21 & IndoXXI Berbahaya, Ini 21 Tempat Nonton Film Legal dan Aman

    LK21 & IndoXXI Berbahaya, Ini 21 Tempat Nonton Film Legal dan Aman

    Daftar Isi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Menonton film lewat situs bajakan seperti IndoXXI, LK21, Layarkaca21, Idlix, atau Rebahin ternyata penuh risiko. Akses ke platform ilegal semacam itu bisa membahayakan pengguna, mulai dari serangan malware hingga potensi penipuan siber.

    Karena itu, lebih aman jika masyarakat beralih ke layanan streaming resmi. Dengan sedikit biaya berlangganan, penonton bisa menikmati konten berkualitas sekaligus terhindar dari ancaman keamanan digital.

    Setiap aplikasi streaming sudah tersedia di semua toko aplikasi resmi, Play Store maupun App Store, serta bisa ditonton dari HP hingga televisi. Platform tersebut menawarkan beragam konten film hingga serial di seluruh dunia.

    Berikut 21 platform streaming film resmi yang bisa kamu gunakan:

    1. Netflix

    Saat ini, Netflix jadi salah satu platform paling mendominasi di dunia. Pengguna dapat menikmati banyak konten dari film Hollywood, Indonesia, Korea dan sejumlah negara lain.

    Netflix juga menawarkan konten asli yang diproduksi dan hanya ada di platform tersebut. Untuk berlangganan, Netflix menawarkan beberapa paket mulai dari Rp 50 ribu.

    2. Disney+ Hotstar

    Disney+ Hotstar menyediakan konten Marvel dan film terkini, juga sejumlah film mancanegara dan serial original lokal.

    Bahkan gelaran Oscar 2023 bisa disaksikan di Disney+ Hotstar. Penyelenggaraan ke-95 itu tersedia dari red carpet hingga acara penghargaan untuk industri film.

    3. Max

    Bagi pecinta konten dari HBO dan Discovery, platform Max bisa jadi pilihan. Platform akan menyediakan tayangan dari baik film maupun konten orisinal dari HBO dan Discovery Channel.

    Selain itu juga ada film populer lain. Pengguna baru bisa menikmati akses gratis selama 7 hari pertama.

    4. Vidio

    Vidio menawarkan tayangan film hingga olahraga. Adapula film dan serial Indonesia, Hollywood hingga drama Asia.

    Sejumlah konten dapat diakses gratis. Namun ada pula yang harus berlangganan dulu agar bisa diakses. Vidio merupakan pemegang hak siar resmi English Premier League dan Serie A Liga Italia.

    5. iQiyi

    Jika kamu menyukai film, drama hingga anime dari Asia, kamu bisa mengakses iQiyi. Untuk menggunakan dan mengakses seluruh konten, aktifkan dulu akun VIP.

    6. Klik Film

    Klik Film menawarkan banyak rekomendasi film Indonesia, Korea, Thailand, Hong Kong dan negara lain. Platform ini bisa diakses melalui aplikasi dan juga situs.

    7. Bioskop Online

    Platform ini menawarkan layanan menonton film Indonesia tanpa harus pergi ke bioskop. Konsepnya pun sama, yakni hanya membayar film yang ditonton saja.

    8. Cinema Box

    Streaming film ini juga tersedia untuk Play Store dan App Store. Pengguna dapat menonton konten dan juga mengunduhnya agar bisa menontonnya secara offline atau tidak tersambung internet.

    9. Viu

    Untuk penggemar konten film, drama, variety show asal Korea Selatan mungkin tak asing dengan nama Viu. Selain itu Viu juga menyediakan konten dari negara lain termasuk Indonesia.

    Kamu perlu berlangganan akun VIP atau Premium untuk bisa mengakses seluruh konten dalam platform. Viu menyediakan harga berlangganan mulai dari Rp 33 ribu per bulan.

    10. CatchPlay+

    Catchplay+ menyediakan sejumlah film kartun, Indonesia dan Asia. Kamu bisa mengaksesnya secara gratis namun untuk menikmati seluruh konten dapat berlangganan lebih dulu. Harganya mulai dari Rp 45 ribu untuk satu bulan penggunaan.

    11. We TV

    WeTV menampilkan beragam film, series, anime hingga tayangan variety show. Selain itu juga terdapat drama dari Korea, Thailand, China, Jepang dan negara Asia lain. Sejumlah konten bisa ditonton gratis namun adapula yang harus menggunakan akun VIP.

    12. Genflix

    Genflix bisa jadi salah satu pilihan untuk menonton film Indonesia, Hollywood, hingga tayangan live show dan drama Korea. Kamu bisa berlanggan dengan paket yang tersedia harian hingga bulanan.

    13. iFlix

    iFlix banyak menyediakan film box office, serial TV, drama Korea, film Indonesia hingga tontonan untuk anak-anak. Seperti kebanyakan platform lain, platform ini bisa diakses gratis namun ada juga yang harus berlangganan.

    14. Viki

    Pencinta drama Korea juga bisa menggunakan Viki untuk menikmati konten tersebut. Selain juga ada banyak serial dan film dari negara lain termasuk Indonesia. Konten di dalamnya bisa dinikmati secara gratis maupun berlangganan.

    15. Prime Video

    Layanan dari Amazon ini menyediakan banyak film dan serial dari berbagai negara termasuk hollywood. Prime Video juga menghadirkan tayangan variety show. Untuk mengaksesnya, kamu perlu berlangganan seharga Rp59 ribu/bulan.

    16. Apple TV+

    Platform streaming ini berasal dari Apple, menyediakan sejumlah film dan serial, serta produksi asli dari Apple TV+. Termasuk film Coda yang mendapatkan piala Oscar tahun lalu dan beberapa konten terkenal lainnya.

    Kamu bisa menikmatinya dengan cara berlangganan. Salah satunya senilai Rp 99 ribu/bulan dengan gratis 7 hari ataupun berlangganan melalui layanan Apple One.

    17. Lions Gate Play

    Masyarakat Indonesia bisa pula mencoba mengakses Lions Gate Play. Layanan ini menawarkan beragam konten dari Hollywood, Bollywood, dan konten original. Pengguna dapat berlangganan platform senilai Rp 35 ribu per bulan.

    18. CubMU

    Transvison pada April tahun lalu meluncurkan platform baru bernama CubMu yang menawarkan ratusan channel Live TV, ribuan Video on Demand (VOD) berkualitas HD langsung dari penyedia konten ke pelanggan.

    Aplikasi CubMU ini disebut sebagai teknologi baru di dunia media layaknya marketplace. Anda dapat membeli paket basic mulai dari Rp9.900 saja.

    19. Mola

    Mola menawarkan konten yang cukup lengkap. Bahkan tak hanya entertainment tapi juga streaming pertandingan olahraga. Harga langganannya mulai dari Rp 60 ribu-Rp160 ribu.

    20. MAXstream

    Sejak diluncurkan pada 2018, MAXstream telah menghadirkan variasi konten lokal dan internasional berupa MAXstream original maupun kolaborasi dari streaming platform kelas dunia.

    21. Vision+

    Vision+ terdiri dari berbagai macam pilihan berlangganan. Mulai dari Rp35 ribu per bulan untuk Premium Sport hingga Rp100 ribu untuk satu tahun.

    (wur)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Harga & Spesifikasi Samsung Galaxy A07 4G di Indonesia

    Harga & Spesifikasi Samsung Galaxy A07 4G di Indonesia

    Jakarta

    Samsung Electronics Indonesia akhirnya resmi menghadirkan Galaxy A07 4G di pasar Tanah Air. Smartphone entry-level ini menawarkan kombinasi performa yang meningkat, fitur keamanan kelas Samsung, dan daya tahan baterai panjang – semua dibanderol Rp 1 jutaan.

    Galaxy A07 diperkenalkan sebagai perangkat untuk mereka yang produktif, selalu terkoneksi, dan membutuhkan ponsel yang andal untuk aktivitas harian.

    “Galaxy A07 dirancang untuk mendampingi setiap kegiatan pengguna yang menginginkan smartphone pendukung aktivitas harian dengan fitur lengkap pada harga terjangkau,” ujar Verry Octavianus, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.

    Spesifikasi Galaxy A07 4GLayar: 6,7-6,9 inci HD+ LCD dengan refresh rate hingga 90-120 Hz (variasi laporan menyebut 90Hz atau 120Hz pada spesifikasi regional).Chipset: MediaTek Helio G99 – fokus pada pengalaman gaming ringan dan multitasking.RAM & Storage: Pilihan 4/64GB, 4/128GB, 6/128GB, dan 8/256GB; penyimpanan dapat diekspansi lewat microSD hingga 2 TB.Kamera: Kamera belakang utama 50 MP + sekunder 5 MP; kamera depan 8 MP.Baterai: 5.000 mAh dengan dukungan 25W fast charging (travel adapter 25W turut disertakan pada paket tertentu).Keamanan & OS: Perlindungan Samsung Knox Vault, side-mounted fingerprint, Secure Folder, dan janji pembaruan hingga 6 generasi OS/security update.Ketahanan: Sertifikasi IP54 (tahan cipratan air dan debu).Dimensi & Bobot: tipis ~7,6 mm; bobot sekitar 184-189 gram (variasi tercatat).Fitur lain: speaker stereo, jack audio 3,5 mm, FM Radio, USB-C, Bluetooth 5.3.Samsung Galaxy A07 4G Foto: Samsung Indonesia

    Galaxy A07 mengusung bahasa desain yang lebih modern dengan modul kamera belakang berbentuk oval yang mengingatkan gaya seri flagship Galaxy S. Bagian belakang menggunakan material Glass Fiber Reinforced Polymer (GFRP) – diklaim memberikan kekuatan lebih dengan bobot yang ringan.

    HP ini hadir dengan bodi yang lebih ringan dan ramping dibandingkan pendahulunya, yaitu 7,6 mm dan hanya berbobot 184 gram. Sertifikasi IP54 menambah rasa aman bagi pengguna yang sering mobile.

    Dengan kombinasi layar l6,7 inch refresh rate 90Hz memberikan pengalaman mulus. Keberadaan baterai 5.000 mAh membuat Galaxy A07 cocok untuk pengguna yang banyak melakukan scrolling, konsumsi video, dan perpesanan sepanjang hari.

    Disokong Helio G99 memberikan performa yang memadai untuk multitasking dan game kasual. Sementara dukungan pembaruan panjang (6 generasi) menjadi nilai jual kuat di segmen entry-level karena pengguna tidak perlu cepat-cepat mengganti perangkat.

    Pengguna juga dapat memanfaatkan fitur keamanan dan privasi Samsung Knox Vault yang melindungi informasi pribadi dalam perangkat keras terpisah, untuk ketenangan pikiran yang lebih baik saat pengguna menjalani kehidupan digital mereka. File-file penting dapat disimpan terpisah di Secure Folder untuk keamanan ekstra.

    Samsung Galaxy A07 Foto: X.com/@Sudhanshu1414Harga dan ketersediaan di Indonesia

    Berdasarkan pantauan detikINET, Galaxy A07 4G dijual dengan konfigurasi harga sebagai berikut:

    4GB / 64GB: Rp 1.399.0004GB / 128GB: Rp 1.649.0006GB / 128GB: Rp 1.899.0008GB / 256GB: Rp 2.099.000

    Samsung juga menghadirkan bonus bundling (varian promo) senilai hingga Rp 719.700 yang bisa mencakup travel adapter 25W, paket data XL 36GB, dan diskon hingga 30% untuk Samsung Care+ pada periode pembelian tertentu. Galaxy A07 tersedia di toko resmi Samsung dan sejumlah marketplace; pilihan warna yang disediakan antara lain Green, Light Violet, dan Black.

    (afr/afr)

  • Microsite gerbang utama akses pembiayaan Kopdes Merah Putih

    Microsite gerbang utama akses pembiayaan Kopdes Merah Putih

    Menkop Budi arie Setiadi. Foto: Kemenkop

    Microsite gerbang utama akses pembiayaan Kopdes Merah Putih
    Dalam Negeri   
    Editor: Nandang Karyadi   
    Kamis, 21 Agustus 2025 – 21:00 WIB

    Elshinta.com – Menteri Koperasi (Menkop) Budi Arie Setiadi, menegaskan pentingnya pemanfaatan sistem Microsite Koperasi Desa/Kelurahan (Kopdes/Kel) Merah Putih sebagai bagian dari transformasi digital koperasi. Melalui platform microsite ini, Kopdes/Kel Merah Putih dapat mengoptimalkan dukungan pemerintah mulai dari pembiayaan hingga aspek teknisnya.

    “Koperasi Desa yang belum masuk microsite tidak bisa mengajukan pembiayaan. Microsite bukan hanya soal data, tapi juga soal transparansi, akuntabilitas, dan kredibilitas koperasi di mata perbankan, BUMN, maupun mitra usaha,” ujar Menkop Budi Arie Setiadi dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Guna Mendukung Program Prioritas Nasional di Surabaya, Kamis (21/8/2025).

    Hingga 18 Agustus 2025, tercatat 80.605 unit Kopdes sudah berbadan hukum. Dari jumlah itu sebanyak 35.343 unit koperasi telah memiliki akun Microsite dan 2.921 unit diantaranya telah memperbarui data. Khusus di Jawa Timur sebanyak 4.670 unit Kopdes/Kel Merah Putih telah memiliki akun microsite atau yang tertinggi secara nasional.

    “Namun untuk pemutakhiran data Microsite di Jatim ini baru 366 unit koperasi. Ini menunjukkan perlunya percepatan sosialisasi dan pendampingan agar tidak hanya banyak yang terdaftar,” kata Menkop.

    Budi Arie memastikan bahwa Kopdes/Kel diwajibkan menggunakan platform microsite ini untuk mewujudkan koperasi yang modern transparan dan berdaya saing. Tanpa memanfaatkan platform ini Kopdes/ Kel belum dapat mengajukan pembiayaan dari lembaga pembiayaan yang ditunjuk pemerintah.

    “Microsite bukan hanya alat administrasi, tapi juga pintu masuk kopdes untuk naik kelas. Kita ingin koperasi menjadi mitra strategis dalam rantai pasok nasional, bahkan global,” katanya.

    Selain pembiayaan, isu penguatan transparansi dan akuntabilitas juga menjadi perhatian utama. Semua pergerakan koperasi desa yang tercatat di dalam sistem, pemerintah dapat meminimalisir risiko penyalahgunaan dana maupun aset.

    Menkop menambahkan bahwa keberadaan microsite telah meningkatkan kredibilitas koperasi di mata perbankan. Banyak bank dan lembaga pembiayaan yang kini lebih percaya untuk menyalurkan modal ke koperasi karena adanya rekam jejak digital yang jelas. “Melalui microsite ini juga, koperasi dapat mempromosikan potensi dan produk desa, memperkuat tata kelola secara digital serta mempermudah integrasi dengan program pemerintah maupun stakeholder lainnya,” ujarnya.

    Budi Arie juga menekankan pentingnya peran satuan tugas wilayah yang mendampingi koperasi dalam proses sinkronisasi data. Sejauh ini, tercatat ribuan koperasi di empat wilayah besar telah masuk sistem, dengan distribusi yang relatif merata. Keberadaan satgas ini disebut menjadi motor percepatan digitalisasi koperasi di seluruh Indonesia.

    Lebih jauh, Menteri menyoroti bahwa keterhubungan microsite dengan BUMN, marketplace UMKM, dan lembaga keuangan akan membuka ruang baru bagi koperasi dalam meningkatkan daya saing. Akses pasar dan permodalan menjadi lebih luas karena koperasi kini memiliki identitas digital yang diakui secara resmi.

    Dalam jangka panjang, pemerintah berharap microsite menjadi pondasi untuk membangun ekosistem koperasi modern yang mampu beradaptasi dengan era digital. Upaya ini juga menjadi bagian dari strategi besar mewujudkan koperasi sebagai sokoguru perekonomian rakyat.

    “Transformasi digital koperasi bukan pilihan, melainkan keharusan. Melalui microsite, kita ingin koperasi desa dan kelurahan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi rakyat sekaligus memiliki daya saing di era digital.” katanya.

    Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan perkembangan program Kopdes/ Kel Merah Putih di Jawa Timur yang sudah beroperasi 68 unit. Pihaknya berkomitmen untuk melakukan percepatan agar seluruh Kopdes/ Kel yang terbentuk segera dapat beroperasi. 

    Kendala utama yang dihadapi oleh Kopdes/ Kel di Jawa Timur mayoritas terkait dengan permodalan karena rata-rata koperasi yang terbentuk adalah koperasi baru yang sangat membutuhkan pendanaan untuk operasional expenditure (opex) karena permodalan rata-rata masih di bawah 2 juta. Oleh sebab itu diperlukan penguatan modal untuk memperkuat bisnisnya.

    “Baik dari Himbara atau Danantara dan juga Bank Pembangunan Daerah harus berbagi proses. Regulasi terkait dengan pinjaman kepada Himbara masih belum ada Petunjuk Teknis (Juknis) dan Petunjuk Pelaksanaannya (Juklak),” kata Khofifah.

    Khofifah berharap perbankan dapat memanfaatkan dana CSR (corporate social responsibility) untuk penguatan Kopdes/ Kel Merah Putih melalui pendampingan bisnis, tata kelola dan dana promosi untuk make up gerai dengan mencantumkan logo bank pada gerai tersebut. 

    Penulis: Rama Pamungkas/Ter

     

     

    Sumber : Radio Elshinta

  • BPOM RI Wanti-wanti Suplemen Glutathione dengan Klaim Pemutih, Ini Bahayanya

    BPOM RI Wanti-wanti Suplemen Glutathione dengan Klaim Pemutih, Ini Bahayanya

    Jakarta

    Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) menerima laporan konsumen mengeluhkan mual, muntah, bahkan sesak napas setelah mengonsumsi produk Dr LSW. Produk ini ramai dijual di berbagai marketplace, termasuk penjualan di TikTok dengan klaim suplemen pemutih.

    Produk Dr LSW itu mencantumkan “Produk Korea Selatan”, “FDA, Korea Food and Drug Administration” dijual dalam bentuk kemasan botol berisi 50 kapsul, dengan komposisi zat aktif tunggal L-glutathione 500 mg, dengan klaim produk Korea Selatan. Setelah ditelusuri, suplemen tersebut dinyatakan ilegal alias tidak mengantongi izin edar BPOM RI.

    BPOM RI melakukan uji sampling dari beberapa produk yang dijual online pada marketplace berbeda, ditemukan ada perbedaan visual baik dari ukuran, desain, logo, hologram pada kemasan.

    Perbedaan juga ditemukan pada warna cangkang kapsul serta tekstur bubuk dalam produk Dr LSW.

    Dari hasil pengujian laboratorium BPOM, nihil kandungan L-glutathione dalam produk tersebut, tidak sesuai dengan klaim yang tercantum di label.

    Sesuai dengan Peraturan BPOM Nomor 32 Tahun 2022 tentang Kriteria dan Tata Laksana Registrasi Suplemen Kesehatan, glutathione termasuk ke dalam jenis asam amino sehingga dapat diklasifikasikan sebagai suplemen kesehatan. Produk suplemen kesehatan mengandung glutathione diperbolehkan untuk dikonsumsi dengan batasan konsumsi maksimal 600 mg per hari.

    Kepala BPOM RI Taruna Ikrar mewanti-wanti bahwa produk dengan kandungan glutathione hanya boleh mencantumkan klaim untuk memelihara kesehatan dan tidak diperbolehkan diindikasikan sebagai pemutih.

    “Penggunaan glutathione dalam dosis yang tidak sesuai atau berlebihan dapat menimbulkan sejumlah efek samping yang berpotensi berbahaya bagi kesehatan, di antaranya dapat menyebabkan gangguan hati, ginjal, pernapasan, sistem imun, sistem pencernaan, dan kondisi hipopigmentasi,” jelasnya dalam keterangan tertulis Kamis (21/8/2025).

    BPOM RI kemudian meminta penarikan penuh pada seluruh penjualan produk Dr LSW di marketplace. Tidak hanya itu, penarikan juga dilakukan pada produk dengan klaim yang sama, yakni:

    Mereka yang terindikasi memproduksi dan/atau mengedarkan produk suplemen kesehatan ilegal dapat dipidana dengan hukuman penjara paling lama 12 tahun atau denda paling banyak Rp5 miliar.

    “Masyarakat agar lebih selektif dalam memilih produk suplemen kesehatan yang akan dibeli/dikonsumsi. BPOM akan terus menindaklanjuti hasil sampling dan pengujian produk Dr. LSW dan menyampaikan informasi tentang perkembangan hasil tindak lanjut tersebut kepada masyarakat,” tegas Taruna.

    (naf/naf)

  • Resale Value Mobil Listrik Hancur, Gimana Cara BYD Yakinkan Konsumen?

    Resale Value Mobil Listrik Hancur, Gimana Cara BYD Yakinkan Konsumen?

    Jakarta

    Resale value atau harga jual kembali menjadi salah satu pertimbangan konsumen Indonesia sebelum memutuskan membeli mobil baru. Nah, jika mobil baru tersebut punya harga jual kembali yang anjlok seperti kasus di mobil listrik, bagaimana cara pabrikan meyakinkan konsumen buat membeli produknya? Ini kata BYD.

    Harga jual kembali mobil listrik terjun bebas. Sebagai gambaran, harga baru BYD Seal Premium senilai Rp 639 juta dan Seal Performance AWD sekira Rp 750 juta. Tapi satu tahun setelah peluncuran, harga kendaraan tersebut di marketplace turun hingga Rp 200 jutaan.

    Head of Public & Government Relations PT BYD Motor Indonesia, Luther T. Panjaitan, mengatakan, BYD punya cara untuk menjaga harga jual kembali kendaraan listrik yang mereka pasarkan. BYD juga menegaskan, saat ini pasar mobil listrik bekas belum terbentuk.

    “BYD ini kalau kita lihat perjalanan di Indonesia secara bisnis masih belum sampai dua tahun, dari first customer di-handover mobil BYD itu baru ya, tidak sampai dua tahun. Jadi menurut kita sebenarnya pasar secondary market itu, bukan depresiasinya terlalu tinggi atau sangat rendah, tapi memang belum terbentuk. Dan lagi tipikal di Indonesia ini apalagi secondary market itu dia lebih konservatif jadi mungkin sang pembeli dari mobil bekas ini atau mungkin pedagang itu masih menetapkan skema bisnis yang lebih konservatif diambil dengan harga terendah karena belum terbentuk marketnya,” kata Luther di sela-sela kegiatan media test drive Atto 1 Semarang-Solo-Yogyakarta (13/8).

    Luther kembali menegaskan, mobil listrik saat ini ada di masa transisi untuk memasuki pasar mobil bekas. Jadi BYD belum bisa banyak komentar soal secondary car market karena memang market mobil listrik di pasar mobil bekas dianggap belum terbentuk.

    “Lalu apa yang kita lakukan (buat meyakinkan konsumen soal resale value?) ya tentunya kita dengan partner kita, dealer juga sedang mempersiapkan cara, agar secondary market ini terbentuk dengan cepat, kemudian sesuai dengan harapan. Tapi satu hal yang pasti sebenarnya yang penting adalah, kompetisi yang dibentuk antar EV market, apalagi kalau menurut kita itu adalah antar partner kita, dealer partner, supaya jangan ada satu, banting-banting harga, yang membuat resale value kendaraan kita jadi drop. Nah itu pasti dampaknya nanti kepada bisnis ini dalam resale value mobilnya, secondnya. Jadi itu aja yang kita jaga, supaya antar dealer ini berkompetisinya jangan tidak healthy, supaya harganya tidak rusak, jadi itu juga pasti lama kelamaan itu membentuk harga secondary yang lebih baik kira-kira begitu,” bilang Luther.

    (lua/rgr)