Topik: Listrik

  • Inalum raih penjualan alumunium 263.195 ton, tertinggi sejak 2013

    Inalum raih penjualan alumunium 263.195 ton, tertinggi sejak 2013

    Hal ini merupakan dampak positif dari langkah strategis perseroan dalam mendorong produksi dan penjualan guna mengapitalisasi pasar domestik

    Jakarta (ANTARA) – Anggota BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia MIND ID yaitu PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) mencatat penjualan aluminium sebesar 263.195 metrik ton (MT) atau menjadi rekor tertinggi sejak 2013 yang di level 260.651 MT.

    Selain itu, Inalum mencatatkan All-Time High Achievement Supply Chain & Commercial Management 2024, mencapai All-Time High Production dengan kinerja produksi mencapai 265.546 kiloton per 22 Desember 2024, yang merupakan capaian tertinggi sejak 2014 sebesar 264.474 kiloton.

    “Hal ini merupakan dampak positif dari langkah strategis perseroan dalam mendorong produksi dan penjualan guna mengapitalisasi pasar domestik, dan mampu membantu mewujudkan swasembada aluminium dari mineral dalam negeri,” ujar Direktur Utama Inalum Ilhamsyah Mahendra sebagaimana keterangan resmi yang dikutip di Jakarta, Sabtu.

    Lebih lanjut, Inalum juga meraih Quadrant 1 pada World-Class Smelter Cost Management dari Wood Mackenzie.

    Dari sisi cost leadership, Inalum tercatat menurunkan cash cost sebesar 9,5 persen sampai dengan 10 persen, yaitu dari 1.866 dolar Amerika Serikat (AS) per ton pada kuartal III 2023 menjadi senilai 1.688 dolar AS per ton pada kuartal III 2024.

    Ilhamsyah mengatakan sangat bersyukur bahwa langkah strategis yang dijalankan perseroan dalam beberapa tahun terakhir mulai memberikan dampak positif terhadap kinerja perseroan.

    “Kami akan berupaya konsisten melanjutkan inisiatif yang telah dicanangkan agar mampu melesat lebih tangguh lagi di masa depan,” ujar Ilhamsyah.

    Ilham juga mengungkapkan bahwa kapasitas produksi Inalum mencapai 275.000 ton per 2024.

    Dengan pot upgrading dan pot optimalization, lanjutnya, kapasitas produksi Inalum bisa mencapai 300.000 ton di 2025 dan 2026.

    Ia melanjutkan, Inalum berencana untuk ekspansi smelter ke-2 dengan kapasitas 600.000 ton aluminium dan smelter ke-3 dengan kapasitas 600.000 ton, sehingga total kapasitas produksi aluminium mencapai 1,5 juta ton dalam 5 sampai 10 tahun ke depan.

    “Dengan langkah ini, Inalum berupaya untuk mencukupi kebutuhan pasar aluminium domestik yang mencapai 1 juta sampai dengan 1,2 juta ton dengan pertumbuhan pasar 3 persen sampai 5 persen,” ujar Ilhamsyah.

    Selain itu, Ilhamsyah menjelaskan permintaan aluminium global masih mengalami defisit pasokan sebesar 3 juta sampai 5 juta ton, sehingga menjadi kesempatan sangat baik untuk seluruh produksi aluminium global termasuk Inalum.

    “Kami akan mengapitalisasi kesempatan ini sebaik mungkin. Tidak hanya untuk mencukupi pasar domestik tetapi juga meningkatkan penetrasi pasar global, sehingga konsisten dapat melanjutkan kinerja terbaik ini di tahun-tahun berikutnya,” ujar Ilhamsyah.

    Dalam kesempatan sama, Corporate Secretary MIND ID Heri Yusuf menjelaskan pencapaian Inalum menjadi bukti komitmen Grup MIND ID dalam mendukung swasembada aluminium Indonesia guna mampu menjadi penggerak hilirisasi dan industrialisasi dalam negeri.

    Dengan peran sebagai strategic active holding, ia menyebut MIND ID telah melakukan integrasi bisnis antara PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dan Inalum sebagai upaya hilirisasi bauksit menjadi alumina yang menjadi bahan baku utama produksi aluminium bagi Inalum.

    “Kami tentunya sangat bersyukur dengan pencapaian ini dan kami akan terus konsisten untuk terus menjalankan seluruh inisiatif strategis yang telah direncanakan untuk mendukung sektor industri manufaktur agar mampu memberikan nilai tambah lebih baik lagi menuju Indonesia Emas 2045,” ujar Heri.

    Heri menjelaskan aluminium akan menjadi salah satu komoditas utama dalam mendukung pembentukan ekosistem kendaraan listrik Indonesia. Terlebih kegunaannya cukup dominan sebagai penyusun rangka baterai, bodi dan velg mobil.

    “Kami akan konsisten mendukung pemerintah agar dapat mencapai pertumbuhan 8% dengan menjalankan serangkaian program hilirisasi mineral yang nantinya akan memperkuat industri strategis yang diamanatkan oleh pemerintah kepada MIND ID, yakni ekosistem kendaraan listrik,” ujar Heri.

    Pewarta: Muhammad Heriyanto
    Editor: Kelik Dewanto
    Copyright © ANTARA 2024

  • Mengintip Kiprah Aura Rahmi, Srikandi Transportasi yang Piawai Operasikan KA Otomatis – Halaman all

    Mengintip Kiprah Aura Rahmi, Srikandi Transportasi yang Piawai Operasikan KA Otomatis – Halaman all

    Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Di Indonesia, tidak banyak perempuan yang tertarik menekuni profesi sebagai masinis kereta api.

    Diantara para masinis yang umumnya jadi profesi para lelaki ini terselip sosok masinis perempuan cantik.

    Aulia Rahmi, namanya. Dia bisa dikatakan menjadi Srikandi transportasi Indonesia.

    Sehari-harinya, perempuan bernama lengkap Aulia Rahmi Ramadana ini dipercaya tempatnya bekerja sebagai masinis kereta listrik LRT Jabodebek.

    Aura mengaku nyaman dan bangga menekuni profesi ini.

    “Bagi saya, menjadi masinis bukan sekadar karier, melainkan bentuk pelayanan untuk masyarakat, dan itu memberikan makna mendalam dalam hidup saya,” ujar Aura Rahmi Ramadana dikutip Sabtu, 28 Desember 2024.

    Aulia Rahmi menjadi masinis di PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan dia beruntung manajemen KAI memberi ruang kepada perempuan seperti dirinya untuk meniti karier sebagai seorang masinis.

    Aura ingin membagikan pengalamannya guna menjadi inspirasi bagi para masyarakat, terutama perempuan di luar sana, yang bermimpi untuk menjadi seorang masinis.

    Berlatih hingga ke Negeri Jiran

    Putri Baturaja, Sumatera Selatan ini mengisahkan awal mula dirinya meniti karier sebagai seorang masinis.

    Aulia Rahmi mengaku menjalani proses yang cukup panjang dan menantang, dimulai dari seleksi administrasi, tes kesehatan, tes psikologi, hingga wawancara.

    Setelah dinyatakan lulus dan menjadi bagian dari insan perkeretaapian, Aura pun mengikuti pelatihan intensif yang mencakup teori, praktik langsung di lapangan, dan simulasi pengoperasian kereta.

    Pelatihan tersebut tak hanya ia jalani di Indonesia, tetapi hingga bertandang ke Malaysia untuk belajar tentang cara pengoperasian kereta.

    KAI memperpanjang jam operasional LRT Jabodebek hingga lewat tengah malam pada momen pergantian tahun baru 31 Desember 2024. (dok. KAI)

    Adapun sejumlah pelatihan yang telah Aura lalui selama proses pendidikan menjadi masinis LRT Jabodebek.

    Diantaranya, harus mengikuti pelatihan awak sarana perkeretaapian tingkat pertama dengan penggerak listrik (0.61) di Balai Pelatihan Teknik Perkeretaapian Bekasi.

    Dia juga harus mengikuti pelatihan kecakapan awak sarana perkeretaapian tingkat pertama (0.62) di LRT Sumatera Selatan; serta pelatihan awak sarana perkeretaapian otomatis (Professional Metro Train Driver) di Prasana Malaysia Berhad.

    Aura juga menjalani pelatihan Diklat SOP Train Attendant Sistem Grade of Automation (GoA) 3 Divisi LRT Jabodebek.

    Berbagai proses tersebut ia lalui dengan penuh kesungguhan dan dedikasi, hingga berhasil mengantongi sertifikasi Awak Sarana Perkeretaapian Otomatis (2023–2027) setelah dinyatakan lulus uji sertifikasi.

    “Setelah dinyatakan lulus, saya resmi diangkat menjadi masinis muda,” ucap dia.

    Berbagai pelatihan tersebut juga membekali Aura dengan keahlian untuk mengoperasikan LRT Jabodebek berbasis sistem otomatis dan manual, keselamatan operasional dan penanganan situasi darurat, serta memahami standar pelayanan transportasi publik.

    Jerih payahnya dalam meraih mimpi pun terbayarkan. Aura menerima berbagai fasilitas yang diberikan oleh KAI, meliputi gaji, tunjangan kesehatan, asuransi, dan program kesejahteraan lainnya.

    Aura merasa seluruh fasilitas yang ia terima merupakan bentuk penghargaan atas tanggung jawab besar yang diemban oleh para masinis. Ia termotivasi untuk bekerja dengan maksimal dan fokus pada tanggung jawabnya sebagai seorang masinis.

    Aura saat ini bertugas sebagai masinis kereta listrik LRT Jabodebek yang menggunakan teknologi otomatis (driverless). 

    Meski kereta ini berbasis otomatis, peran masinis tetap penting dalam memantau dan memastikan kelancaran perjalanan serta keamanan penumpang.

    Transformasi transportasi publik

    Bagi Aulia Rahmi, menjadi masinis mendorongnya terus mengasah ilmu dan terus belajar. Aura tak kehabisan batu lompatan setelah berhasil mewujudkan cita-citanya.

    Perempuan kelahiran 1998 ini ini terlibat dalam pengembangan pemanfaatan teknologi dalam transformasi transportasi publik, wabilkhusus perkeretaapian, untuk menjadi langkah lanjutannya.

    Harapannya, dia bisa meningkatkan keahlian dalam pengoperasian kereta berbasis teknologi canggih.

    Dia tertarik mendalami sistem kereta otomatis (driverless) guna mendukung peningkatan efisiensi dan keamanan di dunia perkeretaapian.

    Dengan demikian, Aura berharap bisa berkontribusi secara langsung dalam pengembangan moda transportasi serupa di masa depan. 

    Aulia juga ingin menyebarluaskan pengalaman dan pengetahuannya kepada generasi muda, terutama perempuan, agar semakin banyak yang tertarik untuk berkarier di bidang transportasi publik, khususnya perkeretaapian.

    Aura berpesan kepada para perempuan agar tidak takut bermimpi besar, meski apa yang diimpikan dianggap tidak umum bagi perempuan.

    Kunci dari keberhasilannya adalah keyakinan pada diri sendiri, kegigihan untuk terus belajar, dan komitmennya untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.

    Aura meyakini bahwa melalui kariernya sebagai seorang masinis, ia dapat membantu mobilitas banyak orang, baik untuk pekerjaan, pendidikan, hingga menjaga terjalinnya tali silaturahmi antaranggota keluarga yang terpisah oleh jarak.

    Dalam mengemban tanggung jawab dan menjalankan tugasnya, Aura berpegang teguh pada komitmen untuk mengantarkan penumpang ke tempat tujuan mereka dengan aman, nyaman, dan tepat waktu.

    Dia mengaku dengan menekuni profesi sebagai masinis, dia dapat memberikan kontribusi langsung kepada masyarakat luas.

     

     

  • HPM Respons Merger Honda dan Nissan

    HPM Respons Merger Honda dan Nissan

    Jakarta, CNN Indonesia

    Honda Prospect Motor (HPM), selaku agen pemegang merek mobil Honda di Indonesia masih mengikuti perkembangan merger antara Honda dan Nissan. Sinergi Honda dan Nissan dengan komitmen membentuk perusahaan induk baru yang akan terdaftar di Bursa Efek Tokyo pada Agustus 2026.

    “Kolaborasi antara Honda dan Nissan merupakan langkah strategis untuk mempercepat inovasi dan pengembangan dalam menghadapi tantangan industri otomotif, khususnya di era elektrifikasi,” kata Sales & Marketing and After Sales Director HPM Yusak Billy, Jumat (27/12).

    Menurut Yusak merger kedua perusahaan sejalan dengan visi global Honda untuk mencapai netralitas karbon dan transisi penuh ke kendaraan listrik (EV) di 2040. Dengan sinergi keahlian dan sumber daya kedua perusahaan, Yusak berharap dapat menghadirkan produk yang lebih inovatif, efisien, dan relevan dengan kebutuhan konsumen.

    “Sekaligus mendukung mobilitas yang lebih berkelanjutan di masa depan,” tuturnya.

    Honda dan Nissan mengumumkan rencana merger keduanya dengan memulai kemitraan strategis dan mendirikan perusahaan induk baru pada 2026, Senin (23/12).

    Penggabungan dua merek Jepang tersebut, ditambah dengan partisipasi Mitsubishi Motors – di mana Nissan menjadi pemegang saham utama, akan menciptakan grup otomotif terbesar ketiga setelah Toyota dan Volkswagen, dengan prediksi penjualan mencapai lebih dari 8 juta mobil.

    Seperti diketahui, bentuk sinergi yang dibahas meliputi Honda memasok kendaraan hybrid ke Nissan dan penggunaan bersama pabrik perakitan mobil Nissan di Inggris.

    Merger antara Honda dan Nissan akan menjadi perubahan besar dalam industri otomotif global.

    Pasalnya, kedua perusahaan telah bersepakat untuk bersinergi, dari memulai kemitraan strategis yang berfokus pada kecerdasan buatan dan kendaraan elektrifikasi, hingga membangun perusahaan induk bersama.

    Menurut Honda, merger ini tidak terlepas dari ancaman yang ditimbulkan oleh produsen kendaraan listrik asal China yang mulai mendominasi pasar.

    “Bangkitnya produsen mobil China dan pemain baru telah banyak mengubah industri mobil. Kami harus membangun kemampuan untuk melawan mereka pada 2030, kalau tidak kami akan tertinggal,” kata CEO Honda Toshihiro Mibe, dikutip dari Reuters, Sabtu (25/12).

    (can/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • Pendiri Google Dikritik Habis-habisan Beli Kapal Pesiar Rp 7,2 Triliun

    Pendiri Google Dikritik Habis-habisan Beli Kapal Pesiar Rp 7,2 Triliun

    Jakarta

    Sergey Brin, salah satu pendiri Google, kembali menjadi sorotan publik. Bukan karena inovasi teknologi terbarunya, melainkan karena keputusannya membeli kapal pesiar mewah seharga USD 450 juta atau kisaran Rp 7,2 triliun.

    Kapal ini, yang dikenal dengan nama Dragonfly, adalah salah satu superyacht termahal di dunia, menampilkan fasilitas mewah. Memiliki panjang sekitar 142 meter, lebih besar dari stadion sepak bola profesional.

    Punya empat dek luar, dua helipad, dan 12 kabin. Memecahkan rekor dalam hal ukuran dan nilai, kapal ini adalah contoh nyata kekayaan luar biasa yang ditunjukkan oleh para miliarder teknologi.

    Pembangunan kapal pesiar ini dilaporkan dimulai pada tahun 2019 di fasilitas Lürssen Lemwerder di Jerman. Kapal pesiar ini dilengkapi dengan kolam renang berlantai kaca, bioskop, spa, pusat olahraga air, dek bisnis, ruang kantor, pusat kebugaran, dan ruang permainan.

    “Dia adalah kapal pesiar besar dan kuat yang dapat berlayar secara efisien di mana saja di dunia, dilengkapi dengan Konsep Penggerak Hibrida Diesel-Listrik yang sangat efisien yang dikembangkan oleh spesialis teknik internal Lürssen,” kata Peter Lürssen, mitra pengelola di Lürssen seperti dilansir dari The Cool Down.

    Terlepas dari kemegahan Dragonfly, kapal pesiar berukuran seperti ini sangat merugikan lingkungan dan semakin banyak miliarder yang menambah armada kapal pribadi mereka setiap tahun. Kapal pesiar mewah dinilai mencemari udara dan air padahal mengangkut sangat sedikit orang kaya yang mampu membeli kemewahan tersebut.

    Kapal Dragonfly Milik Sergey Brain Foto: Lurssen

    Sebuah unggahan baru-baru ini di subreddit r/GenZ memicu perdebatan tentang miliarder dan mengapa begitu banyak anak muda membela mereka.

    “Miliarder bukanlah orang biasa,” kata postingan itu. “Anda adalah sebuah statistik bagi mereka. Mereka tidak akan menyambut Anda di bunker, kapal pesiar, rumah mewah, dan pesawat ruang angkasa mereka saat kita mengalami keruntuhan ekologi, sosial, ekonomi, dan politik. Anda lebih dekat menjadi gelandangan yang dilewati di dekat toko dan Anda benci daripada para miliarder itu.”

    “Ini bukan hanya delusi tetapi juga sangat egois jika Anda memahami konsekuensi dari orang ini yang memiliki kekayaan sebanyak itu sebagaimana yang diuraikan oleh OP. Di sinilah saya pikir perubahan perlu dimulai. Kita harus berhenti memandang orang-orang ini melalui lensa kesuksesan, mereka adalah segala sesuatu yang salah dengan masyarakat modern,” kata netizen lain.

    Dalam postingan tersebut, sejumlah warganet mengajak masyarakat untuk memilih politisi dan kebijakan yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat secara keseluruhan. “‘Pilih perumahan terjangkau, layanan kesehatan gratis, pendidikan, transportasi umum, pilih regulasi untuk industri dan politisi, pilih aksi iklim, regenerasi ekosistem.’ Semua ini mungkin dalam ekonomi campuran, yang masih kapitalisme.” kata salah satu warganet.

    (afr/afr)

  • Mau Buka Indomaret Sendiri? Siapin Duit Segini

    Mau Buka Indomaret Sendiri? Siapin Duit Segini

    Jakarta

    Bisnis waralaba atau franchise merupakan salah satu model usaha yang cukup populer di Indonesia. Salah satu bisnis yang membuka kemitraan lewat sistem franchise adalah Indomaret.

    Indomaret sendiri merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan sehari-hari. Anak perusahaan Salim Group ini sejatinya sudah mulai membuka pola kemitraan (franchise Indomaret) bagi masyarakat luas sejak tahun 1997.

    Lalu yang menjadi pertanyaan saat ini, berapa sih biaya buka usaha Indomaret dan apa saja syaratnya? Melansir dari situs resmi perusahaan, berikut syarat, tahapan kerja sama, hingga rincian biaya buka Indomaret:

    Syarat Buka Gerai Indomaret

    1. Warga Negara Indonesia
    2. Menyediakan lokasi tempat usaha di area komersial dengan luas ideal 120-200 m2
    3. Memiliki kelengkapan izin usaha minimarket : IMB/PBG, NPWP, PKP, Ijin Lingkungan, Domisili (apabila diperlukan), NIB, STPW dan Ijin Lainnya Sesuai Ketentuan Perizinan yang berlaku
    4. Menyediakan dana investasi
    5. Memiliki jiwa entrepreneur dan fokus pada sistem Waralaba Indomaret

    Tahapan kerja sama buka Indomaret

    1. Presentasi pertama

    Supaya presentasi berjalan lebih efektif dan bisa langsung ditindak- lanjuti, bagi terwaralaba yang sudah memiliki usulan lokasi tempat usaha sebaiknya membawa fotocopy dokumen pendukung, seperti : Sertifikat Bangunan, IMB, KTP, KK, dan (jika sudah ada) SIUP, TDP, NPWP, PKP, serta denah lokasi. Pada presentasi pertama ini akan dijelaskan dengan detil mekanisme kerjasama, besarnya investasi, keuntungan per bulan dan sistem operasional toko.

    2. Presentasi kedua

    Pada presentasi kedua akan dipaparkan hasil survey kelayakan dan Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang mengarah pada besarnya nilai investasi. Biasanya pada presentasi kedua ini dilanjutkan dengan penandatanganan MoU (Nota Kesepakatan) yang mencakup butir- butir pembagian tugas antara pihak Indomaret dengan terwaralaba dalam mempersiapkan pembukaan toko, renovasi bangunan, pembelian peralatan toko, seleksi dan training karyawan, serta termin pembayaran.

    3. Pembukaan Toko

    Setelah semua item kesepakatan direalisasikan, maka toko siap dibuka dengan program promosi yang ditetapkan Indomaret. Segera sebelum toko buka, akan ditandatangani Surat Perjanjian Waralaba untuk jangka waktu 5 tahun.

    Estimasi biaya yang diperlukan buka Indomaret

    – Franchise fee untuk 5 tahun Rp 36 juta
    – Promosi dan persiapan pembukaan toko Rp 9,5 juta
    – Renovasi dan tambah daya listrik Rp 221,5 juta (estimasi biaya renovasi bangunan apabila bangunan awal bukan ruko, maka akan ada penyesuaian biaya)
    – Peralatan elektronik dan non-elektronik Rp 227 juta

    Jika ditotal, maka modal yang dibutuhkan untuk buka gerai Indomaret dengan sistem waralaba sebesar Rp 494 juta. Namun, perlu diingat bahwa biaya tersebut dapat berbeda tergantung pada kondisi bentuk bangunan dan tipe toko.

    Untuk informasi lebih lanjut atau ingin melakukan pendaftaran, kamu dapat mengunjungi situs resmi perusahaan diindomaret.co.id

    (fdl/fdl)

  • Rumah dan gudang di Koja ludes terbakar pada Sabtu dinihari

    Rumah dan gudang di Koja ludes terbakar pada Sabtu dinihari

    Api membakar bangunan rumah yang berada di Kecamatan Koja Jakarta Utara pada Sabtu (28/12/2024) dini hari ANTARA/HO-Gulkarmat.

    Rumah dan gudang di Koja ludes terbakar pada Sabtu dinihari
    Dalam Negeri   
    Editor: Calista Aziza   
    Sabtu, 28 Desember 2024 – 06:02 WIB

    Elshinta.com – Satu unit rumah dan gudang kayu dengan luas sekitar 320 meter persegi di Komplek Uka Jalan Perdamaian Kecamatan Koja Jakarta Utara ludes terbakar pada Sabtu dinihari.

    “Petugas menerima laporan kebakaran sekitar pukul 00.15 WIB dari warga dan kami langsung turunkan personel,” kata Kasiops Gulkarmat Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu Gatot Sulaeman di Jakarta, Sabtu.

    Gatot menjelaskan kebakaran ini diduga akibat korsleting listrik. “Saksi mengatakan api muncul di lantai dua dan langsung membesar,” kata dia

    Ia mengatakan Gulkarmat bersama tim gabungan mengerahkan 18 unit mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api tersebut.

    Sementara 90 personel yang terus bekerja memadamkan api yang membakar bangunan di kawasan pemukiman padat penduduk tersebut

    Petugas sampai di lokasi pukul 00.18 WIB dan memulai aksi pemadaman hingga proses pendinginan pada pukul 01.20 WIB.

    “Kami terus melakukan pendinginan hingga proses pemadaman berhasil dilakukan pukul 03.13 WIB. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” kata dia

    Ia mengatakan total ada sembilan kepala keluarga yang terdiri dari 15 jiwa yang tinggal di rumah tersebut.

    “Perkiraan kerugian yang diderita korban mencapai Rp877.200.000,” kata dia.

    Sumber : Antara

  • Ini Jalan Tol Pertama di Indonesia, Begini Asal-usulnya

    Ini Jalan Tol Pertama di Indonesia, Begini Asal-usulnya

    Jakarta

    Siapa yang tak tahu jalan tol Jagorawi? Buat yang suka bolak balik Jakarta, Cibubur, Citeureup, Bogor hingga Ciawi pasti pernah melewati jalan tol tersebut. Tapi, tahukah kamu, jalan tol Jagorawi ternyata adalah jalan tol yang pertama dibangun di Indonesia?

    Jalan tol Jagorawi diresmikan sejak 9 Maret 1978 lalu oleh Presiden Soeharto. Pembangunan jalan tol sepanjang lebih kurang 50 kilometer ini memakan waktu lima tahun dengan biaya sebesar Rp 16 miliar. Lalu, seperti apa sejarah pembangunan jalan tol pertama di Indonesia tersebut?

    Wacana pembangunan jalan tol ini sebenarnya bukan murni ide dari Soeharto maupun rezim Orde Baru. Melainkan, digagas oleh Wali Kota (setingkat Gubernur) Jakarta Periode 1953-1960, Raden Soediro. Soediro waktu itu mengusulkan adanya jalan berbayar agar pemerintah daerah Kotapraja Jakarta mendapatkan dana tambahan. Lantaran saat itu, anggaran pemerintah daerah Kotapraja Jakarta mulai menipis pasca pembangunan Jalan Soedirman dan M.H. Thamrin.

    Akhirnya, pada 1955, Soediro bersama Badan Pemerintah Harian Kotapraja Jakarta mengusulkan pembangunan jalan tol ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sementara (DPRDS). Namun, usulan Sudiro ditolak oleh anggota dewan. Alasannya beragam, ada yang menganggap jalan tol justru bisa menghambat kelancaran lalu lintas, yang lainnya menilai penarikan tarif tol merupakan kebijakan yang berpotensi menimbulkan konflik, sebab pola itu dianggap kuno seperti yang pernah diterapkan di masa kolonial Belanda.

    Pada 1970, kondisi lalu lintas di Jakarta macet karena semakin bertambahnya jumlah kendaraan. Pada tahun itu, tercatat ada 222.000 kendaraan. Akhirnya, usulan Sudiro untuk membangun jalan tol akhirnya dipertimbangkan.

    Menteri PUT Sutami, pada 9 Januari 1970, mengusulkan pembangunan Djakarta By Pass dari Cililitan-Ciawi sepanjang 50 kilometer kepada Presiden Soeharto di Istana Merdeka. Pada 1973, tak lama setelah Soeharto ditetapkan MPR sebagai Presiden RI untuk periode keduanya, mega proyek jalan tol pertama ini pun dimulai pembangunannya.

    Awalnya, jalan ini sebenarnya direncanakan memiliki dua fungsi, yakni untuk sipil dan militer. Selain dimanfaatkan sebagai jalan raya pada umumnya, jalan ini juga akan digunakan sebagai landing-strip darurat bagi pesawat-pesawat tempur jika sewaktu-waktu terjadi perang. Maka, dilihat dari fungsi awalnya, pembangunan jalan Jakarta-Bogor ini bukan dimaksudkan sebagai jalan bebas hambatan dan tidak dikenakan biaya sama sekali (pada masa uji coba).

    Namun, setelah pembangunan jalan selesai, Menteri Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik (PUTL) saat itu, Sutami mengusulkan agar jalan ini dijadikan tol berbayar dengan tujuan yang serupa dengan Soediro. Tujuannya untuk membiayai pengoperasian dan pemeliharaan tanpa membebani anggaran pemerintah pusat. Usulan itu pun diterima Soeharto.

    Selanjutnya, Presiden Soeharto meresmikan jalan tol Jagorawi pada 1978. Untuk pengelolaannya, per 25 Februari 1978, pemerintah mengeluarkan PP Nomor 4/1978 tentang Penyertaan Modal Negara RI untuk pendirian persero yang mengurusi dan mengelola infrastruktur jalan raya. Tak lama setelah itu, tepatnya per 1 Maret 1978, terbentuklah PT Jasa Marga untuk mengelola tol pertama Indonesia tersebut. Saat itu, Jasa Marga langsung menerima guyuran dana kurang lebih Rp 2 miliar.

    Setelah diresmikan, tarif jalan tol mulai berlaku. Tarifnya, Rp 13/km untuk mobil sedan dan sejenisnya. Sementara, untuk truk dan sejenisnya Jasa Marga menerapkan tarif Rp 20/km.

    Hasil yang didapatkan dari retribusi ini digunakan untuk biaya perawatan jalan tol. Setelah proyek tol Jagorawi, pemerintah melanjutkan pembangunan tol lainnya, yaitu Jakarta-Merak pada 1984. Hingga 2016, panjang tol yang sudah beroperasi di Indonesia tercatat mencapai 984 kilometer. Panjang itu belum termasuk ratusan kilometer lainnya untuk ruas-ruas jalan tol baru yang sedang digenjot pada masa pemerintahan Joko Widodo.

    (fdl/fdl)

  • Tips Meninggalkan Motor Listrik di Rumah saat Liburan, Baterai Harus Dicas Penuh

    Tips Meninggalkan Motor Listrik di Rumah saat Liburan, Baterai Harus Dicas Penuh

    Jakarta

    Sebelum meninggalkan motor di rumah untuk berlibur, kamu wajib memperhatikan cara menyimpan motor yang benar. Selain harus mencuci motor sebelum ditinggalkan, pemilik motor juga perlu memperhatikan beberapa hal, seperti mengecek komponen kelistrikan, khususnya untuk motor-motor listrik.

    Seperti dijelaskan Piaggio Indonesia dalam keterangan resmi, jika pergi lebih dari sebulan lamanya, pemilik motor berbahan bakar bensin sebaiknya tak menguras tangki hingga kosong agar terhindar dari korosi.

    “Sementara buat kendaraan listrik seperti Vespa Elettrica, pengendara diimbau mengisi daya baterainya hingga penuh, lalu mencabut dan menyimpannya di tempat teduh, demi menghindari self-discharge yang tinggi. Namun, jika akan pergi kurang dari sebulan, maka pemilik Vespa cukup melepas kabel terminal negatif (-) dan menutup rapat tempat baterai setelahnya,” tulis Piaggio Indonesia.

    Selanjutnya pastikan untuk mencuci kendaraan terlebih dulu sebelum ditinggal pergi liburan atau bepergian jauh. Mencucinya harus dengan cara tepat, seperti memastikan suhu mesin tak panas saat dicuci, pakai air bertekanan rendah agar cat bodi tak terkelupas, dan air bertekanan tinggi untuk membersihkan CVT pada motor matic dan juga area roda. Untuk hasil optimal, gunakan kain atau spons berbeda saat mengelap bagian bodi dan bagian bawah motor demi menghindari risiko baret. Setelahnya, simpan motormu di tempat yang teduh dan aman serta alasi roda kendaraan dengan alas karet.

    Selain itu, pastikan Vespa berada di area yang aman dari paparan sinar matahari dan hujan untuk meminimalisir risiko karat pada lapisan chrome. Jangan lupa juga untuk menutup Vespa dengan cover yang pas, tidak ketat ataupun tidak terlalu longgar, agar terhindar dari debu dan kelembaban yang bisa merusak kualitas finishing kendaraan.

    Setelah meninggalkan Vespa atau kendaraan roda dua lainnya di rumah selama libur akhir tahun, pastikan kamu melakukan pengecekan komponen-komponen penting, mulai lampu penerangan dan lampu sein, klakson, hingga baterai untuk motor listrik sebelum beraktivitas kembali. Selain itu, jangan lupa mengganti oli mesin, oli gear transmisi, juga busi. Periksa juga kondisi air radiator, setang kemudi, kanvas dan minyak rem, serta kualitas ban dan tekanan angin di dalamnya.

    (lua/din)

  • Berapa Batas Maksimal Beli Token Listrik Diskon 50 Persen?

    Berapa Batas Maksimal Beli Token Listrik Diskon 50 Persen?

    Jakarta, CNN Indonesia

    Pelanggan PT PLN (Persero) akan mendapatkan diskon tarif listrik 50 persen pada Januari hingga Februari 2025. Diskon diberikan untuk meringankan beban masyarakat di tengah kenaikan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) menjadi 12 persen mulai 1 Januari 2025.

    Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo memastikan diskon listrik 50 persen ini berlaku bagi pelanggan prabayar dan pascabayar. Pelanggan PLN yang berhak mendapatkan tarif diskon listrik 50 persen adalah pelanggan rumah tangga dengan daya di bawah 2.200 volt ampere (VA).

    Namun, pembelian token selama periode diskon 50 persen akan dibatasi berdasarkan besaran daya. Perusahaan setrum pelat merah itu membatasi maksimal beli token listrik setara 720 jam nyala.

    Berikut rincian batasan maksimal beli token listrik diskon 50 persen per bulan per golongan tarif:

    1. Tarif 450 VA maksimal 720 jam atau setara 324 kWh
    Tarif listrik Rp415 per kWH x 324 kWH = Rp134.460. Artinya, diskon maksimal Rp67 ribu per bulan.

    2. Tarif 900 VA maksimal 720 jam atau setara 648 kWh

    Tarif listrik Rp1.352 per kWh x 648 kWh = Rp876.096. Artinya, diskon maksimal Rp438 ribu per bulan.

    3. Tarif 1.300 VA maksimal 720 jam atau setara 936 kWh
    Tarif listrik Rp1.444,70 per kWh x 936 kWh = Rp1,35 juta. Artinya, diskon maksimal Rp676 ribu per bulan.

    4. Tarif 2.200 VA maksimal 720 jam atau 1.584 kWh
    Tarif listrik Rp1.444,70 per kWh x 1.584 kWh = Rp2,28 juta. Artinya, diskon maksimal Rp1,14 juta per bulan.

    (feb/sfr)

  • Tahun Baruan di Rumah, Ini yang Harus Kamu Siapkan untuk acara Pesta Barbeque

    Tahun Baruan di Rumah, Ini yang Harus Kamu Siapkan untuk acara Pesta Barbeque

    JABAR EKSPRES – Malam tahun baru, biasanya orang memiliki rencana untuk menyaksikan malam pergantian tahun. Untuk kamu yang berencana menggelar acara di rumah, Jabar Ekspres sudah merangkum apa saja yang harus dipersiapkan untuk acara pesta Barbeque di rumah.

    Banyak orang yang memiliki rencana keluar rumah saat malam tahun baru, ada yang jalan-jalan keliling kota, ada yang menyaksikan pesta kembang api, ada yang naik gunung, ada juga yang hanya menggelar pesta barbeque di rumah.

    Berbagai alasan orang memilih untuk tetap tinggal di rumah selama malam pergantian tahun, banyak yang beralasan karena jalanan macet, faktor cuaca yang takut tiba-tiba hujan, punya anak bayi di rumah dan lain sebagainya.

    Baca juga : Friday Night Barbeque Dinner dari Ibis Bandung Pasteur

    Karenanya menggelar acara pesta barbeque sendiri di rumah merupakan pilihan yang paling tepat.

    Apa saja yang harus dipersiapkan untuk pesta Barbeque di rumah, berikut daftarnya :

    Perlengkapan Utama

    1. Panggangan (barbeque grill) – bisa berupa panggangan arang, gas, atau listrik.
    2. Bahan bakar (arang, gas, atau bahan bakar lainnya).
    3. Wajan atau panggangan tambahan untuk memasak.
    4. Peralatan memasak (sendok, garpu, pisau).

    Bahan Makanan

    1. Daging (sapi, ayam, ikan, atau vegetarian).
    2. Sayuran (paprika, bawang, jamur, dll.).
    3. Saus dan bumbu (kecap manis, saus tiram, garam, lada, dll.).
    4. Minuman (air, jus, soda, jahe panas dll).

    Baca juga : Libur Natal Jangan Cuma di Rumah! Ini Dia Rekomendasi Tempat yang Bisa Kamu Kunjungi, Pilih Mana?

    Perlengkapan Pendukung

    1. Meja dan kursi untuk tamu.
    2. Dekorasi (lampu, balon, spanduk).
    3. Musik atau hiburan.
    4. Peralatan kebersihan (tempat sampah, sapu, dll.).
    5. Peralatan keselamatan (tabir surya, sarung tangan, dll.).

    Bahan dan Perlengkapan Tambahan

    1. Roti atau nasi untuk pelengkap.
    2. Sambal atau saus tambahan.
    3. Buah-buahan segar.
    4. Es batu dan pendingin.
    5. Peralatan BBQ (tusuk sate, panggangan roti, dll.).

    Persiapan Lainnya

    1. Pastikan cuaca tidak hujan.
    2. Siapkan rencana cadangan jika cuaca buruk.
    3. Pastikan keamanan dan keselamatan tamu.
    4. Siapkan tempat parkir yang memadai.
    5. Pastikan peralatan listrik aman dan tidak berisiko.