Topik: Listrik

  • Waduh! SPKLU Malah Dipakai Parkir

    Waduh! SPKLU Malah Dipakai Parkir

    Jakarta

    Lagi ramai di media sosial, Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang seharusnya untuk pengisan ulang daya mobil listrik malah dipakai parkir pengguna Toyota Fortuner.

    Video ini diunggah akun media sosial X dan Thread @innovacommunity. Terlihat satu unit Toyota Fortuner parkir di SPKLU milik PLN. Padahal sudah terpampang jelas plang informasi khusus kendaraan listrik.

    “SPKLU = Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum. Artinya, tempat charging atau ngisi kendaraan buat masyarakat. Artinya lagi, klo bukan kendaraan listrik dan gk lg charging, JANGAN PARKIR DI SITU,” tulis @innovacommunity.

    Mungkin ada yg belum tahu apa itu SPKLU ?

    SPKLU = Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum.

    Artinya, tempat charging atau ngisi listrik kendaraan buat masyarakat umum.

    Artinya lagi, klo bukan kendaraan listrik dan gk lg charging, JANGAN PARKIR DI SITU. pic.twitter.com/FNJVqpNEAO

    — Innovacommunity (@innovacommunity) December 27, 2024

    DetikOto sudah menghubungi Executive Vice President Komunikasi Korporat & TJSL PLN Gregorius Adi Trianto untuk dimintai konfirmasi dan upaya pencegahan SPKLU supaya tidak dipakai parkir mobil. Namun hingga berita ini dimuat yang bersangkutan belum memberikan respons.

    Faktanya keluhan mengenai fasilitas SPKLU yang disalahgunakan telah menjadi obrolan sejak beberapa bulan terakhir.

    “Kami ngobrol-ngobrol sama mitra, itu juga problemnya. (Ramai) bukan karena antrean tapi dijadikan tempat parkir. Itu mungkin bisa menjadi masukan untuk kami,” ujar Executive Vice President (VP) Retail Product Development PLN, Ririn Rahmawardani di Jakarta Pusat, belum lama ini.

    Masalahnya, SPKLU jadi tempat parkir juga dilakukan mobil listrik. Sejumlah pengguna mobil listrik membiarkan kendaraannya di SPKLU saat baterainya terisi penuh.

    Pengamat otomotif senior dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Pasaribu mengatakan fenomena tersebut belakangan marak terjadi di Indonesia. Dia berharap, ada tindakan tegas untuk mereka yang menyalahgunakan SPKLU sebagai fasilitas umum.

    “Fenomena penyalahgunaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) menjadi masalah serius yang perlu segera diatasi,” kata Yannes.

    “Salah satunya adalah penegakan aturan yang lebih tegas. Misalnya, menetapkan waktu maksimal pengisian daya di SPKLU selama 2-3 jam dan memberikan denda bagi pengguna yang melanggar aturan, seperti memarkir kendaraan terlalu lama setelah mereka selesai mengisi daya setelah baterai EV-nya penuh,” tutur Yannes.

    “Selain itu, penerapan sistem booking untuk penggunaan SPKLU dapat membantu pengguna merencanakan waktu pengisian daya dengan lebih baik,” kata dia menambahkan.

    (riar/din)

  • Bocoran 6 BUMN Karya Mau Digabung Jadi 3

    Bocoran 6 BUMN Karya Mau Digabung Jadi 3

    Jakarta

    Pemerintah buka suara soal rencana merger BUMN. Salah satunya BUMN karya alias perusahaan pelat merah yang bergerak di sektor infrastruktur.

    Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan akan ada penggabungan 6 BUMN Karya menjadi 3 BUMN karya saja. Rencana ini ditargetkan selesai pada akhir triwulan I-2025.

    Perusahaan pelat merah tersebut adalah PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Hutama Karya (Persero), PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI), PT PP (Persero) Tbk (PTPP), PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA), PT Brantas Abipraya (Persero).

    “Integrasi dari 6 jadi 3. Jadi Waskita sama Hutama Karya, Wijaya Karya dengan PT PP, Brantas Abipraya dengan Adhi Karya. Cuma bentuknya apakah anak induk, apakah merger itu belum kita putuskan,” terang pria yang akrab disapa Tiko di Gardu Induk Listrik PLN UIP2B Jamali, Depok, Jumat (27/12/2024).

    Saat ini Waskita dan Hutama Karya dalam proses penerbitan Peraturan Pemerintah (PP). Nantinya, Waskita berada di bawah naungan Hutama Karya.

    Sementara untuk merger WIKA dan PT PP, kemudian Brantas Abipraya dan Adhi Karya masih dalam kajian terkait struktur ke depannya.

    “PP nya dalam proses sudah (Waskita-Hutama Karya). Kalau yang Wika-PP dan Brantas Abipraya-Adhi Karya masih dalam kajian. Mungkin triwulan satu akhir kita putuskan nanti,” katanya.

    (hns/hns)

  • INALUM Cetak Kinerja All-Time High, Bukti Dukung Swasembada Aluminium

    INALUM Cetak Kinerja All-Time High, Bukti Dukung Swasembada Aluminium

    Jakarta, CNN Indonesia

    PT Indonesia Asahan Aluminium (INALUM) mencatatkan kinerja terbaik sepanjang sejarah tahun ini melalui capaian All-Time High Achievement Supply Chain & Commercial Management 2024. Per 22 Desember menjadi capaian tertinggi INALUM sejak 2014 dengan kinerja produksi sebanyak 265.546 kT.

    Dengan demikian, INALUM berhasil mencapai All-Time High Achievement Supply Chain & Commercial Management 2024. Direktur Utama INALUM, Ilhamsyah Mahendra mengaku bersyukur bahwa langkah strategis Perseroan berupa mendorong produksi dan penjualan guna mengkapitalisasi pasar domestik, serta mewujudkan swasembada aluminium dari mineral dalam negeri dalam beberapa tahun terakhir memberikan dampak positif.

    “Kami akan berupaya konsisten melanjutkan inisiatif yang telah dicanangkan agar mampu melesat lebih tangguh lagi di masa depan,” kata Ilham.

    Selanjutnya, penjualan aluminium INALUM juga mencapai level tertinggi sebesar 263.195 metric ton (MT), yang merupakan rekor tertinggi sejak 2013, serta meraih Quadrant 1 pada World-Class Smelter Cost Management dari Wood Mackenzie.

    Dari sisi cost leadership, INALUM telah berhasil menurunkan cash cost sebesar 9,5 persen sampai 10 persen, yakni dari US$1.866/T pada kuartal III/2023 menjadi US$1.688/T pada kuartal III/2024.

    Ilham menjelaskan, kapasitas produksi INALUM mencapai 275 ribu ton per 2024. Dengan Pot Upgrading dan Pot Optimalization, kapasitas produksi INALUM bisa sampai 300 ton pada 2025-2026.

    Ke depannya, INALUM berencana untuk ekspansi smelter kedua dengan kapasitas 600 ribu ton aluminium, dan smelter ketiga dengan kapasitas 600 ribu ton. Sehingga total kapasitas produksi aluminium akan dapat mencapai 1,5 juta ton dalam 5 atau 10 tahun ke depan.

    Rencana tersebut sekaligus menjadi upaya INALUM mencukupi kebutuhan pasar aluminium domestik yang mencapai 1-1,2 juta ton dengan pertumbuhan pasar 3 persen sampai 5 persen pa. Selain itu, permintaan aluminium global masih defisit pasokan sebesar 3 sampai 5 juta, di mana INALUM melihat
    potensi besar di dalamnya.

    “Kami akan mengkapitalisasi kesempatan ini sebaik mungkin. Tidak hanya untuk mencukupi pasar domestik tetapi juga meningkatan penetrasi pasar global, sehingga konsisten dapat melanjutkan kinerja terbaik ini di tahun-tahun berikutnya,” kata Ilham.

    Corporate Secretary MIND ID, Heri Yusuf menjelaskan bahwa pencapaian ini menjadi bukti dukungan Grup MIND ID terhadap swasembada aluminium Indonesia guna menjadi penggerak hilirisasi dan industrialisasi dalam negeri.

    Menurutnya, dengan peran sebagai strategic active holding, MIND ID juga telah melakukan integrasi bisnis antara PT Aneka Tambang Tbk dan INALUM dalam upaya hilirisasi bauksit menjadi alumina sebagai bahan baku utama produksi alumunium bagi INALUM.

    “Kami tentunya sangat bersyukur dengan pencapaian ini dan kami akan terus konsisten untuk terus menjalankan seluruh inisiatif strategis yang telah direncanakan untuk mendukung sektor industri manufaktur agar mampu memberikan nilai tambah lebih baik lagi menuju Indonesia Emas 2045,” ujar Heri.

    Ditambahkan, aluminium akan menjadi salah satu komoditas utama dalam mendukung pembentukan ekosistem kendaraan listrik Indonesia, dengan fungsi dominan sebagai penyusun rangka baterai, bodi dan velg mobil.

    “Kami akan konsisten mendukung pemerintah agar dapat mencapai pertumbuhan 8 persen dengan menjalankan serangkaian program hilirisasi mineral yang nantinya akan memperkuat industri strategis yang diamanatkan oleh pemerintah kepada MIND ID, yakni ekosistem kendaraan listrik,” kata Heri.

    (rea/rir)

    [Gambas:Video CNN]

  • Kondisi Ekonomi RI di 2025: Ekonom Sebut Berat Bagi Masyarakat Kelas Menengah, Lakukan Hal Ini – Halaman all

    Kondisi Ekonomi RI di 2025: Ekonom Sebut Berat Bagi Masyarakat Kelas Menengah, Lakukan Hal Ini – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Perekonomian global pada 2025 diprediksi masih penuh tantangan, seiring konflik geopolitik, perlambatan pertumbuhan ekonomi dunia, dan dampak perubahan iklim semakin memperumit keadaan. 

    Kondisi tersebut pastinya berdampak terhadap perekonomian Indonesia. Apalagi di dalam negeri ada sejumlah kebijakan ekonomi yang memengaruhi daya beli masyarakat kelas menengah. 

    Dalam situasi ini, penting bagi kelas menengah Indonesia untuk mengambil langkah strategis guna bertahan dan tetap relevan di tengah ketidakpastian tersebut.

    Ekonom dan Pakar Kebijakan Publik UPN Veteran Jakarta, Achmad Nur Hidayat mengatakan, kebijakan yang diterapkan pemerintah pada 2024 membawa dampak langsung pada kelas menengah di tahun berikutnya. 

    Salah satu kebijakan yang menonjol adalah kenaikan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) menjadi 12 persen di 2025. 

    Menurutnya, Kebijakan ini, meskipun bertujuan meningkatkan penerimaan negara, menimbulkan efek domino berupa kenaikan harga barang dan jasa di pasar. 

    “Dampaknya tidak hanya dirasakan oleh masyarakat miskin, tetapi juga kelas menengah yang menjadi tulang punggung konsumsi domestik. Ketika harga kebutuhan pokok melonjak, kemampuan belanja mereka tergerus, sehingga mengancam pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan,” kata Achmad dikutip Sabtu (28/12/2024).

    Ia menyebut, pengetatan subsidi energi juga menjadi beban tambahan bagi kelas menengah. Pemerintah mengubah mekanisme subsidi bahan bakar minyak (BBM) dan listrik menjadi berbasis nomor induk kependudukan (NIK). 

    Meskipun kebijakan ini dirancang untuk memastikan subsidi lebih tepat sasaran, banyak masyarakat kelas menengah yang sebelumnya menikmati subsidi kini harus menghadapi kenaikan biaya energi. 

    “Kondisi ini memaksa mereka untuk mengalokasikan sebagian besar penghasilan mereka untuk kebutuhan dasar, sehingga mengurangi kapasitas investasi dan tabungan,” ucapnya.

    Lebih lanjut Ia mengatakan, Program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) yang mulai diimplementasikan pada 2024 juga menjadi sumber tekanan baru. 

    Program ini mewajibkan pekerja dan pemberi kerja menyisihkan sebagian pendapatan untuk dana perumahan. 

    “Meskipun bertujuan mulia untuk memperluas akses masyarakat terhadap hunian yang layak, program ini menambah beban finansial bagi kelas menengah, terutama mereka yang sudah memiliki cicilan atau kewajiban keuangan lainnya. Pada tahun 2025, dampak dari kebijakan ini semakin nyata dengan berkurangnya daya beli yang signifikan,” tuturnya.

    Apa Yang Bisa dilakukan Kelas Menengah menghadapi 2025?

    Achmad menyampaikan, ketidakpastian ekonomi global yang berbarengan dengan kebijakan domestik yang berat memaksa kelas menengah untuk lebih bijak dalam mengelola keuangan mereka.

    Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengatur ulang prioritas pengeluaran. 

    Dalam situasi ini, kebutuhan primer harus menjadi fokus utama, sementara pengeluaran untuk barang konsumsi yang tidak mendesak perlu dikurangi. 

    Membuat anggaran bulanan yang ketat dapat membantu memastikan pengeluaran tidak melebihi pendapatan, sekaligus memberikan ruang untuk menabung.

    Selain itu, diversifikasi sumber pendapatan menjadi solusi penting. 

    Kelas menengah perlu mencari peluang usaha sampingan atau investasi pada aset-aset yang memiliki risiko rendah tetapi memberikan pengembalian yang stabil. 

    Investasi dalam reksa dana pendapatan tetap atau obligasi pemerintah dapat menjadi pilihan yang aman di tengah ketidakpastian ekonomi. 

    Manfaatkan juga peluang di sektor ekonomi digital, seperti menjadi freelancer atau menjual produk secara online, untuk menambah penghasilan.

    Ia menyampaikan, peningkatan literasi keuangan juga menjadi kunci untuk bertahan di tengah tekanan ekonomi. 

    Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pengelolaan keuangan, investasi, dan perlindungan aset, kelas menengah dapat menghindari jebakan utang konsumtif yang hanya akan memperburuk kondisi keuangan mereka di masa depan. 

    “Hindari penggunaan kartu kredit atau pinjaman untuk kebutuhan konsumtif, dan prioritaskan tabungan untuk dana darurat,” tuturnya.

    Lebih lanjut Ia mengatakan, kebijakan pemerintah juga perlu dimanfaatkan secara bijak. 

    Pastikan data diri terdaftar dengan benar agar dapat mengakses subsidi energi atau bantuan sosial yang tersedia. 

    Bagi yang memiliki usaha kecil, manfaatkan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga rendah untuk mendukung keberlangsungan usaha.

    “Kerja sama dengan komunitas atau koperasi juga dapat membantu menciptakan jaringan pendukung yang kuat di tengah tantangan ekonomi,” tuturnya.

  • Arab Saudi Guyur Yaman Dana Rp 8 T buat Gaji PNS dan Bantuan Pangan

    Arab Saudi Guyur Yaman Dana Rp 8 T buat Gaji PNS dan Bantuan Pangan

    Jakarta

    Arab Saudi memberikan bantuan kepada pemerintah Yaman senilai US$ 500 juta atau Rp 8,1 triliun (kurs Rp 16.207). Bantuan itu untuk membantu Yaman memperkuat anggaran pemerintah, menstabilkan Bank Sentral Yaman, dan mendorong pembangunan dan stabilitas rakyat Yaman.

    Dikutip dari Arab News, Sabtu (28/12/2024) menurut laporan Saudi Press Agency, bantuan tersebut mencakup setoran US$ 300 juta ke Bank Sentral Yaman untuk meningkatkan kondisi ekonomi dan keuangan dan US$ 200 juta untuk mengatasi defisit anggaran Yaman.

    Pendanaan itu memang bagian dari bantuan Arab Saudi melalui Program Pembangunan dan Rekonstruksi Saudi untuk Yaman. Program tersebut berfokus pada peningkatan keamanan pangan, mendukung upah untuk pegawai pemerintah, dan biaya operasional.

    Dana itu juga diharapkan dapat membantu pemerintah Yaman melaksanakan agenda reformasi ekonominya. Dukungan baru tersebut juga bertujuan untuk membangun kapasitas kelembagaan pemerintah, dan meningkatkan tata kelola yang transparan.

    Sebelumnya, Arab Saudi juga telah memberikan bantuan untuk simpanan di Bank Sentral Yaman. Simpanan itu berguna untuk meningkatkan cadangan devisa, menstabilkan mata uang lokal, mengurangi nilai tukar, dan merangsang pertumbuhan produk domestik bruto.

    Bantuan tersebut juga menurunkan biaya bahan bakar dan solar, menurunkan harga komoditas pangan impor, dan mendukung impor pangan, termasuk gandum, beras, susu, minyak goreng, dan gula.

    Selain itu, hibah Saudi telah membantu pemerintah Yaman mengelola biaya operasional, membayar gaji, dan mengurangi krisis ekonomi dengan meningkatkan cadangan devisa serra memulihkan kepercayaan pada lembaga keuangan Yaman.

    Arab Saudi telah memprioritaskan sektor-sektor penting di Yaman melalui hibah dan proyek yang dilaksanakan oleh SDRPY. Dalam program itu ada lebih dari 260 inisiatif pembangunan di berbagai provinsi Yaman, mencakup pendidikan, kesehatan, air, energi, transportasi, pertanian, dan perikanan.

    Untuk diketahui Yaman tengah dilanda krisis akibat serangan-serangan dari Israel. Terbaru, serangan udara besar-besaran Israel menggempur Yaman. Serangan balasan Israel terhadap Houthi ini menargetkan Bandara Internasional Sanaa, fasilitas militer, hingga pembangkit listrik.

    Dilansir AFP, gempuran besar-besaran itu menyusul meningkatnya permusuhan antara Israel dan Houthi, bagian dari aliansi ‘poros perlawanan’ Iran terhadap Israel.

    Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memperingatkan bahwa serangan Israel akan terus berlanjut hingga selesai.

    “Kami bertekad untuk memotong cabang terorisme ini dari poros kejahatan Iran,” katanya dalam sebuah pernyataan video.

    (ada/ara)

  • Sepi Kendaraan, Kualitas Udara Jakarta Mirip-mirip Singapura

    Sepi Kendaraan, Kualitas Udara Jakarta Mirip-mirip Singapura

    Jakarta

    Selama libur Natal 2024, ada ratusan ribu kendaraan yang meninggalkan Jakarta. Hasilnya, kualitas udara di kawasan setempat membaik. Bahkan, di saat bersamaan, tingkat kebersihannya mirip-mirip Singapura!

    Menurut pantauan detikOto di kawasan Kuningan, Tebet dan Senayan, Jakarta Selatan, lalu lintasnya terbilang sepi kendaraan. Padahal, pantauan tersebut dilakukan sekira pukul 07.00 hingga 08.30 WIB ketika aktivitas warga sedang tinggi-tingginya.

    Biasanya, kawasan-kawasan setempat selalu ‘diserbu’ kendaraan bermotor hingga memicu kemacetan. Bahkan, di sejumlah titik sepanjang Bassura hingga Kota Casablanca, antrean mobil dan motor kerap kali tertahan.

    Kualitas udara di kota Jakarta. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Disitat dari CNN Indonesia, ada 391 ribu kendaraan yang meninggalkan Jakarta selama libur Natal, tepatnya 21-25 Desember 2024. Laporan tersebut diumumkan tepat saat hari H Natal. Sehingga, bukan mustahil, ada penambahan angka menjelang tahun baru.

    Dilihat dari laman IQ Air, kualitas udara di Jakarta membaik sepekan terakhir. Bahkan, selama periode 25-26 Desember, angkanya sempat turun ke level 44 atau ‘sehat’. Keterangan tersebut ditandai dengan warna hijau.

    Siang tadi, masih dari sumber yang sama, kualitas udara di Jakarta berada di angka 61 dengan keterangan ‘moderate’. Tingkat kebersihannya mirip-mirip Singapura dengan angka 55 di saat yang sama. Padahal, biasanya, ada ketimpangan jauh antara Jakarta dan Negeri Singa tersebut.

    Kualitas udara Jakarta vs Singapura. Foto: Doc. Air Visual

    Bahkan, di jam-jam sore, Singapura berada di level 58 dan Jakarta di 62. Keduanya sama-sama berstatus ‘moderate’ dengan keterangan warna kuning.

    Kualitas udara tersebut menempatkan Jakarta keluar dari daftar ’50 kota terpolutif di dunia’. Bahkan, eks Ibu Kota itu hanya menghuni peringkat ke-67 atau sedikit di atas Singapura di tempat ke-73.

    Kendaraan Jadi Kontributor Utama Polusi

    Sebagai catatan, menurut hasil studi komprehensif Source Apportionment yang dikerjakan Kemenko Marves bersama Institut Teknologi Bandung (ITB) dan sejumlah pakar terkait, kendaraan bermotor masih menjadi penyumbang terbesar polusi udara di Jakarta.

    Emisi kendaraan bermotor menyumbang 32-41 persen terhadap polusi udara Jakarta saat musim hujan. Bahkan, angkanya meroket menjadi 42-57 persen ketika musim kemarau.

    Sementara pembakaran batu bara untuk industri dan pembangkit listrik hanya menyumbang 14 persen. Data tersebut merupakan hasil pengumpulan sampel di tiga titik kota Jakarta.

    (sfn/lth)

  • Naik KA Jarak Jauh Tak Cuma dari Stasiun Gambir & Senen, Ini Alternatifnya

    Naik KA Jarak Jauh Tak Cuma dari Stasiun Gambir & Senen, Ini Alternatifnya

    Jakarta

    PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta melayani perjalanan KAJJ di beberapa stasiun seperti Jatinegara, Bekasi, Cikarang, Karawang, hingga Cikampek. Stasiun tersebut dapat menjadi alternatif selain dua stasiun besar di Jakarta, yakni Gambir dan Pasar Senen.

    Stasiun tersebut melayani perjalanan ke kota Bandung, Semarang, Cirebon, Yogyakarta, hingga ke Malang. Keberadaan stasiun itu dapat dimanfaatkan penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) yang ingin melakukan perjalanan libur Natal dan tahun baru 2024/2025.

    “Alternatif stasiun keberangkatan KAJJ diwilayah Daop 1 Jakarta agar dapat meminimalisir keterlambatan calon penumpang jasa angkutan kereta api yang rumahnya atau tempat tinggalnya jauh stasiun besar Gambir dan Pasarsenen,” kata Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko dalam keterangan tertulis, Sabtu (28/12/2024).

    Stasiun Daop 1 Jakarta yang Melayani Penumpang KA Jarak Jauh:

    1. Stasiun Gambir

    Stasiun Gambir merupakan stasiun besar yang melayani penumpang kelas eksekutif namun juga ada beberapa kelas ekonomi premium seperti di KA Argo Parahyangan dan KA Argo Cheribon.

    2. Stasiun Pasar Senen

    Stasiun ini terletak di Kota Jakarta Pusat, stasiun Pasar Senen sendiri melayani penumpang KAJJ kelas campuran ada eksekutif, ekonomi premium hingga kereta PSO seperti kereta api KA Bengawan, KA Serayu, KA Airlangga dan KA Cikuray.

    3. Stasiun Jatinegara

    Stasiun ini awalnya hanya tempat kedatangan KA dari luar kota. Stasiun yang masih identik dengan bangunan Belanda tersebut sekarang sudah melayani keberangkatan untuk ke beberapa wilayah, seperti KA Argo Parahyangan, KA Cikuray, KA Argo Dwipangga dan lainnya.

    4. Stasiun Bekasi

    Stasiun yang awalnya diperuntukan hanya untuk Kereta Rangkaian Listrik (KRL) saja, sekarang sudah melayani keberangkatan KAJJ ke beberapa wilayah pulau Jawa. Seperti KA Argo Parahyangan, KA Brawijaya, KA Gumarang, KA Gajayana dan masih banyak lagi KAJJ yang dilayani oleh stasiun Bekasi.

    5. Stasiun Cikarang

    Di stasiun terintegrasi ini terdapatKRL Listrik, Commuter Line Purwakarta atau KA Lokal hingga melayani perjalanan KAAJ ke beberapa wilayah di pulau Jawa dengan KA yang berhenti di Stasiun Cikarang . Misalnya KA Pandalungan, KA Menoreh, KA Cikuray, KA Bangunkarta, KA Jayakarta, KA Sawunggalih, KA Bogowonto dan lainnya.

    6. Stasiun Karawang

    Stasiun iniadalah stasiun kereta api kelas besar tipe C yang terletak di Nagasari, Karawang Barat, Karawang. Stasiun yang terletak pada ketinggian +16 m ini KAJJ yang berangkat dari stasiun ini adalah KA Cikuray, KA Serayu, KA Blambangan Ekspress, KA Jayabaya, KA Majapahit dan KA Singasari.

    7. Stasiun Cikampek

    Ada dua jalur percabangan di stasiun ini yang mengarah ke Cirebon dan ke Bandung. selain KA Lokal atau Commuter Line Purwakarta, Stasiun Cikampek juga aktif melayani KAJJ seperti, KA Jayabaya, KA Singasari, KA Airlangga, KA Argo Cheribon, KA Cikuray dan KA Serayu.

    Sementara itu, penumpang yang naik KAJJ periode Natal dan Tahun Baru 2025 perhari Sabtu 28 Desember 2024 sebanyak 524.708 orang. Di Stasiun Gambir selama periode Nataru telah melayani 158.066 penumpang, sedangkan stasiun Pasar Senen sebanyak 234.683 penumpang.

    “Selain dari stasiun Gambir dan Pasar Senen, kami mencatat jumlah penumpang naik dari stasiun Bekasi sebanyak 66.820 penumpang, Cikampek sebanyak 7.999 penumpang, Cikarang sebanyak 29.948 penumpang, Jatinegara sebanyak 19.556 penumpang, Krawangan sebanyak 7.384 penumpang dan terakhir di stasiun Jakarta Kota sebanyak 252 penumpang,” ujar Ixfan.

    (ara/ara)

  • Analis Prediksi Saham Energi Menguat pada 2025

    Analis Prediksi Saham Energi Menguat pada 2025

    Jakarta, Beritasatu.com – Pasar modal menghadapi berbagai tantangan, baik dari sentimen negatif dalam negeri maupun luar negeri. Beberapa faktor, seperti peningkatan pajak hingga proyeksi penahanan suku bunga acuan diperkirakan akan menjadi hambatan bagi pertumbuhan pasar saham pada 2025. Meski, peluang tetap terbuka, terutama di sektor energi yang diprediksi memiliki potensi pertumbuhan signifikan.

    Analis Stocknow.id Emil Fajrizki mengungkapkan, saham sektor energi masih memiliki prospek cerah di tahun mendatang. Menurutnya, ada sejumlah faktor global dan domestik yang dapat mendorong penguatan sektor ini. Salah satunya adalah percepatan transisi energi yang tengah menjadi fokus utama dunia.

    “Saya optimistis terhadap sektor energi untuk prospek pada 2025. Salah satu alasan utama adalah transisi energi global yang mendorong peningkatan permintaan komoditas, seperti nikel, tembaga, dan lithium. Komoditas ini menjadi kunci utama dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik,” ujar Emil kepada Beritasatu.com di gedung BEI, Jakarta, pada Jumat (17/12/2024).

    Lebih lanjut, Emil menyoroti upaya pemerintah Indonesia dalam mempercepat penggunaan kendaraan listrik sebagai salah satu katalis positif bagi saham-saham terkait bahan baku energi untuk kendaraan listrik. Hal itu juga menjadi pendorong saham energi berpeluang tumbuh pada 2025.

    Ia meyakini bahwa visi pemerintah untuk mendukung pengurangan emisi karbon dan ketergantungan pada energi fosil dapat memperkuat daya tarik sektor ini di mata para investor.

    “Langkah-langkah pemerintah dalam memasifkan adopsi kendaraan listrik tidak hanya berdampak pada lingkungan, tetapi juga menjadi peluang besar bagi pelaku pasar saham. Perusahaan yang terlibat dalam produksi nikel, tembaga, dan lithium akan mendapat manfaat dari tren ini,” tambah Emil.

    Meski pasar saham secara keseluruhan menghadapi minimnya sentimen positif, Emil menilai investor tetap dapat memanfaatkan momentum tertentu untuk mengoptimalkan keuntungan. Salah satu strateginya adalah dengan aktif melakukan trading harian atau mencari peluang dari perusahaan yang akan melakukan penawaran umum perdana (IPO).

    “Memang, dalam beberapa waktu terakhir, IHSG belum menunjukkan kinerja yang memuaskan. Namun, masih ada peluang untuk meraih keuntungan. Salah satunya dengan memanfaatkan momentum saham-saham baru yang akan listing. Strategi ini dapat memberikan potensi capital gain yang menarik,” pungkas Emil.

    Dengan berbagai tantangan yang dihadapi pasar modal, saham sektor energi muncul sebagai salah satu sektor andalan yang diharapkan mampu memberikan imbal hasil positif pada 2025. Investor pun disarankan untuk mencermati dinamika pasar dan mengambil keputusan investasi yang cermat di tengah ketidakpastian global.

  • Commuter Line beroperasi 24 jam di malam Tahun Baru 2025

    Commuter Line beroperasi 24 jam di malam Tahun Baru 2025

    Arsip foto – Sejumlah penumpang kereta listrik (KRL) Commuterline berjalan menuju pintu keluar Stasiun Tangerang di Banten, Kamis (29/12/2022). ANTARA FOTO/Fauzan/wsj

    Commuter Line beroperasi 24 jam di malam Tahun Baru 2025
    Dalam Negeri   
    Editor: Widodo   
    Jumat, 27 Desember 2024 – 19:57 WIB

    Elshinta.com – Kereta Commuter Line (KCI) beroperasi 24 jam di malam Tahun Baru 2025 dengan jumlah perjalanan diprediksi mencapai 1.114 dari 1.048 perjalanan pada hari biasa. 

    “Perjalanan Commuter Line biasanya 1.048 perjalanan menjadi 1.114 perjalanan di malam Tahun Baru 2025,” ungkap Manager Public Relation KAI Commuter Leza Arlan di Jakarta pada Jumat.

    Lesa menyebutkan bahwa semua jalur KAI Commuter akan beroperasi selama 24 jam di malam Tahun Baru 2025. “Semua jalur operasi KRL Commuter Line, tidak hanya untuk lintas Bogor-Jakarta saja,” kata Leza.

    Selain itu, pihaknya juga menambah sejumlah fasilitas seperti “water dispenser”, toilet portabel, kursi tunggu dan pengisian baterai telepon dan laptop (booth charger) di beberapa stasiun pada malam Tahun Baru 2025.

    “Ada beberapa stasiun saja, disesuaikan dengan jumlah pengguna di stasiunnya,” tutur Leza.

    Adapun tarif KRL masih normal seperti hari biasa, yakni Rp3.000 untuk jarak 25 kilometer dan ditambah Rp1.000 untuk setiap 10 kilometer berikutnya.

    “Masih normal (tarif KRL pada malam Tahun Baru 2025),” kata Leza.

    Sumber : Antara

  • Rampungkan Rencana Ketenagalistrikan 2024-2034, Pemerintah Fokus pada Energi Baru dan Terbarukan

    Rampungkan Rencana Ketenagalistrikan 2024-2034, Pemerintah Fokus pada Energi Baru dan Terbarukan

    Jakarta, Beritasatu.com – Pemerintah melalui PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) segera menyelesaikan penyusunan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) untuk periode 2024-2034. Rencana ini menargetkan tambahan kapasitas pembangkit sebesar 71 gigawatt (GW), dengan mayoritas berbasis energi baru dan terbarukan (EBT).

    Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo, yang akrab disapa Tiko, mengungkapkan keputusan final RUPTL akan dilakukan pada Januari 2025. Tiga kementerian terkait, yakni Kementerian BUMN, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), serta Kementerian Keuangan, akan memutuskan rancangan tersebut.

    “Kami diskusi sedikit mengenai RUPTL 2024-2034 yang saat ini dalam proses persetujuan. Menteri BUMN, menteri ESDM, dan menteri keuangan akan melakukan rapat final pada Januari untuk memutuskan,” ujar Tiko saat meninjau sistem ketenagalistrikan di PLN Unit Induk Pusat Pengatur Beban (UIP2B) Jamali, Depok, Jawa Barat, Jumat (27/12/2024).

    Dalam RUPTL 2024-2034, pemerintah menargetkan sebagian besar pembangkit baru berbasis EBT. Hal ini sejalan dengan komitmen pemerintah untuk memperkuat ketahanan energi nasional sekaligus memanfaatkan potensi sumber daya alam yang melimpah.

    “PLN akan secara masif membangun pembangkit berbasis EBT mulai 2025. Dari total tambahan kapasitas 71 GW hingga 2034, mayoritasnya akan berasal dari EBT,” jelas Tiko terkait rencana ketenagalistrikan 2024-2034 dengan fokus energi baru dan terbarukan.

    Selain itu, PLN akan mengembangkan teknologi smart grid dan membangun jaringan transmisi antarpulau. Langkah ini bertujuan untuk menyalurkan potensi energi dari Sumatera dan Kalimantan ke pulau-pulau dengan permintaan tinggi, seperti Jawa.

    “Rencana ini mencakup pembangunan inter island grid antara Sumatera, Kalimantan, dan Jawa sehingga kapasitas EBT dari wilayah Sumatera dan Kalimantan dapat dimanfaatkan secara optimal di Jawa,” tambahnya.

    Pembangunan pembangkit baru berbasis EBT menjadi langkah strategis untuk mendukung ketahanan energi nasional. Pemerintah juga berupaya mengintegrasikan potensi sumber daya alam ke dalam sistem ketenagalistrikan, sekaligus mengurangi ketergantungan pada energi fosil.

    “Dengan potensi sumber daya alam yang melimpah, Indonesia harus memaksimalkan peluang ini untuk mendukung kebutuhan energi nasional yang terus meningkat,” kata Tiko terkait rencana ketenagalistrikan 2024-2034 dengan fokus energi baru dan terbarukan.