Topik: Listrik

  • Manuver transisi energi, dari uji coba B40 hingga listrik dari nuklir

    Manuver transisi energi, dari uji coba B40 hingga listrik dari nuklir

    Jakarta (ANTARA) – Meski dengan langkah tertatih dalam melakukan transisi energi, Indonesia masih menggaungkan komitmennya untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 32–43 persen pada tahun 2030.

    Pada pertengahan Desember 2024, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melaporkan bahwa capaian bauran energi baru terbarukan (EBT) per pekan kedua Desember 2024 mencapai 13,93 persen, dan dibidik naik hingga 14,1 persen pada akhir tahun 2024.

    Capaian bauran energi tersebut tidak menunjukkan perubahan sejak Kementerian ESDM menyampaikan laporan realisasi bauran energinya pada semester I-2024.

    Berbagai alternatif ditempuh oleh Indonesia untuk mengubah ketergantungannya dengan energi fosil menjadi energi baru dan energi terbarukan, seperti melakukan uji terap campuran bahan bakar minyak jenis minyak solar dengan bahan bakar nabati (BBN) jenis biodiesel sebesar 40 persen atau B40, menggencarkan proyek pemanfaatan panas bumi, hingga mempertimbangkan opsi penggunaan nuklir sebagai pembangkit listrik.

    Berikut adalah rangkuman berbagai upaya Indonesia untuk melakukan transisi energi dalam setahun.

    Uji coba B40

    Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Eniya Listiani Dewi mengatakan pengujian penggunaan B40 untuk otomotif maupun nonotomotif sudah tuntas, dan hasilnya telah ia sampaikan kepada Menteri ESDM Bahlil Lahadalia.

    Keberhasilan dalam melakukan uji coba tersebut melandasi keyakinan Kementerian ESDM untuk mengimplementasikan biodiesel 40 (B40) pada 2025, dengan target volume B40 yang akan diproduksi, secara keseluruhan, sebanyak 15,62 juta kiloliter (KL).

    Eniya pun optimistis penggunaan B40 ini bisa makin meningkatkan penghematan devisa negara dari pengurangan impor solar dibandingkan biodiesel sebelumnya, yakni B35. Peningkatan pemakaian biodiesel juga akan makin menurunkan emisi karbon di Indonesia.

    Pada tahun 2023, Eniya menyampaikan bahwa penghematan devisa dari penggunaan B35 pada sektor otomotif dan non-otomotif mencapai Rp122 triliun. Dengan penerapan B40, Eniya meyakini penghematan bisa mencapai sekitar 9 miliar dolar AS atau sekitar Rp144 triliun.

    Editor: Achmad Zaenal M
    Copyright © ANTARA 2024

  • 10 unit Damkar dikerahkan atasi kebakaran UIN Jakarta

    10 unit Damkar dikerahkan atasi kebakaran UIN Jakarta

    Sejumlah petugas dari pemadam kebakaran Kota Tangerang Selatan saat berupaya memadamkan api yang membakar Gedung Rektor UIN Jakarta. ANTARA/HO/Damkar Tangsel.

    10 unit Damkar dikerahkan atasi kebakaran UIN Jakarta
    Dalam Negeri   
    Editor: Calista Aziza   
    Senin, 30 Desember 2024 – 12:23 WIB

    Elshinta.com – Suku Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten mengerahkan sebanyak 10 unit mobil untuk memadamkan kebakaran yang melanda gedung Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta di Ciputat Timur Tangerang Selatan pada Senin pagi.

    Komandan Pleton Bravo Dinas Kebakaran Kota Tangerang Selatan Nurdin di Tangerang Senin,  mengatakan bahwa peristiwa musibah kebakaran itu terjadi pada pukul 06.30 WIB.

    “Benar ada kebakaran, tepatnya di Gedung Rektor UIN Jakarta tadi pagi,” ucapnya

    Ia menyebutkan, berdasarkan informasi bahwa kebakaran itu diduga berasal dari arus pendek atau korsleting listrik di salah satu gedung Rektor UIN.

    Dalam hal ini, dipastikan tidak ada korban jiwa, baik luka ataupun meninggal dunia. Bahkan, lanjutnya, saat ini kondisi api sudah terkendali dan tahapan pendinginan.

    “Saat ini situasi sudah terkendali, tahapan sedang pendinginan,” katanya.

    Nurudin menjelaskan, ada 10 unit Damkar dan puluhan personel diterjunkan. Alhasil api dapat dikendalikan hingga kini telah memasuki tahap pendinginan.

    Ia juga mengungkapkan, selama proses penanganan kebakaran pihaknya sedikit mengalami kendala. Di mana lokasi atau titik api berada di lantai dua Gedung UIN Jakarta tersebut.

    Atas terjadinya peristiwa itu, kerugian materiil kerusakan dampak dari kebakaran itu ditaksir hingga mencapai Rp200 juta.

    “Objek atau bangunan yang terbakar di gedung kampus lantai 2 -ruang Rektor))’. Persentase yang terbakar 10 persen,” katanya.

    Sumber : Antara

  • Injourney Airport luncurkan “Eat Shop Fly” apresiasi pengguna bandara

    Injourney Airport luncurkan “Eat Shop Fly” apresiasi pengguna bandara

    ini kami luncurkan di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, kemudian di Bali, Surabaya, Makassar, Balikpapan dan Yogyakarta sebagai bandara internasional

    Tangerang (ANTARA) – PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) selaku pengelola utama bandara di Indonesia meluncurkan Program “Eat Shop Fly” sebagai bentuk apresiasi kepada pengguna jasa transportasi udara tersebut.

    Program “Eat Shop Fly” ini diselenggarakan secara khusus di enam bandara internasional khususnya seperti Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten.

    “Program apresiasi ini kami luncurkan di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, kemudian di Bali, Surabaya, Makassar, Balikpapan dan Yogyakarta sebagai bandara internasional,” kata Direktur Utama InJourney Airports Faik Fahmi di Tangerang, Senin.

    Menurutnya, Program “Eat Shop Fly” ini merupakan bentuk apresiasi bagi pengguna jasa bandara Angkasa Pura Indonesia, di mana para pengguna jasa yang berbelanja di berbagai tenant yang ada di enam bandara setiap tiga bulan berkesempatan untuk mendapatkan beragam hadiah menarik.

    “Jadi kita menyiapkan hadiah utama yaitu empat mobil mewah. Di setiap tiga bulan kita undi satu mobil, tapi di luar itu juga kita ada hadiah-hadiah yang diberikan dalam bentuk TV ada iPhone dan lain sebagainya sudah kami siapkan,” katanya.

    Ia menerangkan para pengguna jasa transportasi udara yang ingin mendapat keuntungan dari program apresiasi ini bisa dengan melakukan belanja di tenant bandara Angkasa Pura Indonesia.

    Para peserta, kata Fahmi, hanya tinggal mengunggah foto struk belanja ke aplikasi berbasis web dan berkesempatan untuk mendapatkan beragam hadiah menarik melalui mekanisme pengumpulan poin belanja atau mekanisme undian. Dengan semakin banyaknya jumlah transaksi, maka poin untuk peluang mendapatkan hadiah tersebut semakin besar.

    “Setiap pengunjung Bandara membelanjakan di ritel senilai Rp150.000 itu mendapat 1 poin undian. Jadi semakin banyak poin semakin banyak mereka mendapat kesempatan lebih besar dan itu berlaku untuk di enam bandara kita,” terangnya.

    Dia menyebutkan untuk hadiah utama “Eat Shop Fly” ini yaitu empat unit kendaraan mobil listrik dari brand BYD dengan tipe tertinggi, kemudian barang elektronik seperti TV, iPhone dan kelengkapan pendukung traveling bagi para pengguna jasa transportasi udara.

    “Untuk pengundian kami sudah siapkan sistem, jadi dari sistem itu sebenarnya bisa monitor berapa kesempatan untuk mendapat nomor urut. Kemudian kita sudah sudah siapkan aplikasinya jadi tidak dilakukan secara manual, melainkan begitu transaksi di tenant-tenant langsung mendapatkan 1 poin, 2 poin sampai 3 poin,” kata dia.

    Pewarta: Azmi Syamsul Ma’arif
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2024

  • 7 Perusahaan Backdoor Listing di BEI, Cuan Besar 2025?

    7 Perusahaan Backdoor Listing di BEI, Cuan Besar 2025?

    Initial Public Offering atau IPO bukanlah satu-satunya cara bagi perusahaan untuk terdaftar di bursa saham. Metode lain yang dikenal adalah Backdoor Listing.

    Backdoor listing adalah proses merger atau akuisisi yang dilakukan oleh perusahaan swasta terhadap perusahaan yang sahamnya sudah terdaftar di bursa saham. Biasanya aksi backdoor listing juga disebut sebagai “jalur belakang”. Setelah proses merger atau akuisisi, perusahaan swasta dapat mengakses pasar saham tanpa harus melalui IPO.

    Ada beberapa alasan yang mendorong perusahaan melakukan backdoor listing sebagai alternatif untuk menjadi perusahaan publik. Berikut adalah beberapa alasannya:

    Proses pencatatan yang lebih cepat: Backdoor listing biasanya lebih cepat dibandingkan dengan pencatatan langsung di Bursa Efek Indonesia (BEI) karena tidak memerlukan proses penawaran umum atau prosedur rumit lainnya. Biaya yang lebih rendah: Backdoor listing cenderung lebih efisien dari segi biaya karena perusahaan memanfaatkan perusahaan yang sudah terdaftar untuk mencapai status publik. Hal ini mengurangi biaya administrasi dan promosi yang biasanya terkait dengan pencatatan langsung. Akses ke modal tambahan: Dengan status sebagai perusahaan publik, perusahaan dapat lebih mudah mengakses pasar modal dan menarik investor baru untuk mendukung pertumbuhan bisnisnya.

    Backdoor listing atau reverse takeover dilakukan melalui akuisisi, yaitu emiten yang diakuisisi memiliki skala bisnis yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan perusahaan yang melakukan akuisisi.

    Jika perusahaan berhasil mengakuisisi emiten dan memiliki setidaknya 50 persen dari total saham, maka perusahaan tersebut akan memiliki wewenang penuh untuk mengubah berbagai kebijakan bisnis emiten. Hal itu kemudian dapat memengaruhi kinerja saham di BEI. Dengan demikian, perusahaan akan secara otomatis menjadi pengendali emiten tersebut.

    Daftar perusahaan backdoor listing di BEI

    1. PT AirAsia Indonesia Tbk

    PT AirAsia Indonesia Tbk memasuki pasar modal melalui PT Rimau Multi Putra Pratama Tbk atau sebelumnya merupakan perusahaan tambang dengan kode saham CMPP.

    CMPP menerbitkan 13,65 miliar saham baru seharga Rp250 per saham melalui skema hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) dengan rasio delusi mencapai 97,97 persen.

    Sebelum penerbitan, CMPP dimiliki oleh PT Rimau Multi Investama (76,24 persen) dan masyarakat (23,76 persen). Rimau Multi Investama mengalihkan haknya kepada AirAsia Investment Ltd dan PT Fersindo Nusaperkasa yang juga pemegang saham PT Indonesia AirAsia (IAA).

    Setelah rights issue, pemegang saham CMPP terdiri dari Fersindo Nusaperkasa 49,96 persen, AirAsia Investment Ltd 48 persen, Rimau Multi Investama 1,55 persen, dan masyarakat 0,48 persen.

    Penerbitan saham baru ini menghasilkan dana Rp3,4 triliun. Sebanyak 76 persen digunakan untuk mengakuisisi surat berharga sekuritas perpetual IAA senilai Rp2,6 triliun, lalu dikonversi menjadi saham IAA.

    Akibatnya, CMPP menguasai 57,25 persen saham IAA, sehingga IAA menjadi perusahaan terbuka melalui CMPP dan berganti nama menjadi PT AirAsia Indonesia Tbk. Namun, perdagangan saham ini dihentikan di bursa sejak 5 Agustus 2019 karena masalah porsi dan jumlah pemegang saham publik.

    Saat ini, AirAsia Indonesia dimiliki 49,25 persen oleh AirAsia Investment Ltd, 49,16 persen oleh Fersindo Nusaperkasa, dan masyarakat 1,59 persen.

    2. PT Meratus Jasa Prima Tbk

    Pada Februari 2024, perusahaan pelayaran nasional, Meratus Group, mengumumkan akuisisi 80,19 persen saham PT ICTSI Jasa Prima Tbk (IJP) senilai Rp31 miliar. Sebelumnya, IJP dikuasai oleh perusahaan Filipina, Maharlika, melalui ICTSI Far East.

    PT Meratus Jasa Prima Tbk (KARW) sudah melakukan IPO di BEI sejak 1994. Sebelumnya, Meratus Jasa Prima bernama PT Karwell Indonesia Tbk dan bergerak di sektor garmen. Pada 2012, Maharlika melakukan backdoor listing dan mengubah fokus bisnisnya menjadi bongkar muat dan logistik pelabuhan.

    Meskipun menjadi cangkang baru bagi Meratus Group melalui Sarana Kelola Investasi, bisnis KARW tetap mirip dengan sebelumnya.

    Perusahaan yang kini dimiliki oleh pengusaha Charles Menaro ini juga dikabarkan menjalin kerja sama dengan Abu Dhabi Ports untuk mengelola Pelabuhan Patimban, meskipun manajemen belakangan membantah isu tersebut.

    3. PT Green Power Energy Tbk

    PT Green Power Energy Tbk (LABA) atau sebelumnya dikenal sebagai PT Ladangbaja Murni Tbk merupakan perusahaan yang mengalami perubahan nama setelah diakuisisi pada Juni 2024 oleh PT Nev Stored Energy dan PT Longpin Investasi Indonesia. Kedua perusahaan tersebut memiliki 72 persen saham senilai Rp29 miliar.

    Huang Yeping menjadi figur kunci dalam akuisisi ini, yaitu ia menjabat sebagai Komisaris Utama LABA. Setelah akuisisi, LABA beralih dari bisnis baja ke sektor energi baru dan terbarukan (EBT) dengan fokus pada baterai kendaraan listrik dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

    Dalam waktu singkat, perusahaan ini berhasil mendapatkan kontrak senilai Rp139 miliar dari PT Gotion Materials Indonesia untuk memproduksi baterai motor listrik.

    Selain itu, LABA juga aktif mencari kontrak untuk pengadaan PLTS. Baru-baru ini, perusahaan ini menandatangani perjanjian awal untuk memproduksi panel surya di Timor Leste dengan bekerja sama dengan perusahaan lokal.

    4. PT Eagle High Plantation Tbk

    PT Eagle High Plantation Tbk (BWPT) adalah emiten yang menjadi target backdoor listing. Sebelumnya, perusahaan ini dikenal dengan nama PT BW Plantation Tbk.

    Aksi korporasi ini dimulai ketika pebisnis Peter Sondakh melalui PT Rajawali Capital Internasional mengakuisisi 51 persen saham BW Plantation pada 2014. Akuisisi ini dilakukan melalui penerbitan saham baru atau rights issue dan berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp11 triliun dengan harga saham baru Rp400 per lembar.

    Dana yang diperoleh dari penerbitan saham tersebut digunakan oleh BW Plantation untuk mengakuisisi Group Green Eagle milik Peter Sondakh dengan nilai transaksi mencapai Rp10,53 triliun. Jumlah tersebut terdiri dari ekuitas Rp8,52 triliun dan utang Rp2 triliun.

    5. PT Hexa Prima Nusantara

    PT Hexa Prima Nusantara mengakuisisi emiten media dan telekomunikasi, PT Lini Imaji Kreasi Ekosistem Tbk (FUTR). Dalam akuisisi ini, Hexa Prima mengambil alih perusahaan pengendali FUTR, PT Digital Futurama Global yang memiliki 51,22 persen saham FUTR dengan nilai akuisisi sebesar Rp24,9 miliar.

    Hexa Prima dimiliki oleh Halim Suwandi sebagai pemilik manfaat. Setelah akuisisi, FUTR segera mengubah fokus bisnisnya, beralih ke sektor energi yang diklaim lebih menjanjikan dibandingkan dengan bisnis sebelumnya.

    Salah satu langkah awal yang diambil adalah menjalin kerja sama dengan China State Construction Engineering Corporation (CSCEC) melalui calon anak perusahaan, PT Hexa Prima Mekanikal untuk proyek infrastruktur energi.

    Selain itu, pada 5 Desember 2024, FUTR mengumumkan akuisisi blok minyak di Pulau Seram, Maluku, dari Karlez Petroleum yang masih memiliki kontrak selama 15 tahun.

    6. PT Indoritel Makmur Internasional Tbk

    PT Indoritel Makmur Internasional Tbk (DNET) merupakan bagian dari Salim Group yang melakukan backdoor listing melalui PT Dyviacom Intrabumi Tbk.

    Proses ini dimulai dengan rights issue DNET pada 2013. Saat itu, perusahaan menerbitkan 14 miliar saham dengan harga penawaran Rp500 per saham, sehingga berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp7 triliun.

    Dana yang diperoleh dari penerbitan saham baru ini digunakan DNET untuk mengakuisisi dua perusahaan yang sudah terdaftar di Bursa. Pertama, PT Fast Food Indonesia Tbk (FAST), yaitu pengelola waralaba Kentucky Fried Chicken (KFC) di Indonesia dengan kepemilikan 35,85 persen senilai Rp1,99 triliun. Kedua, PT Nippon Indosari Corpindo Tbk (ROTI), pemilik merek Sari Roti, sebanyak 31,5 persen dengan nilai Rp2,13 triliun.

    Selain itu, DNET juga menggunakan dana tersebut untuk mengakuisisi PT Indomarco Prismatama, pengelola gerai Indomaret, sebanyak 40 persen dengan nilai Rp2,63 triliun. Dengan demikian, Indomaret secara tidak langsung telah melakukan listing di Bursa melalui skema backdoor listing.

    7. PT Solusi Kemasan Digital Tbk

    PT Solusi Kemasan Digital Tbk (PACK) diakuisisi oleh triliuner asal Cina, Deng Weiming, melalui PT Eco Energi Perkasa. Deng Weiming mengakuisisi 48,94 persen saham perusahaan.

    Setelah akuisisi, pengendali baru berencana untuk menerbitkan saham baru melalui rights issue tahap I dengan total hingga 100 miliar saham. Langkah korporasi ini berpotensi menyebabkan dilusi kepemilikan saham lama mencapai 98,43 persen.

    PACK berupaya menyelaraskan bisnisnya dengan pengendali baru di sektor pertambangan nikel. Perusahaan meyakini bahwa perubahan kegiatan usaha ini akan meningkatkan skala bisnis PACK dari pendapatan tahunan sebesar Rp50 miliar menjadi Rp5,3 triliun.

    PACK membukukan laba bersih Rp1,29 miliar pada semester I-2024. Perolehan tersebut tumbuh 11,2 persen secara tahunan (year-on-year/YoY) dibanding dari semester yang sama tahun lalu dengan laba bersih sebesar Rp1,16 miliar.

    Demikianlah daftar perusahaan backdoor listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang menarik diketahui. 

  • Figur Ayah, Pencipta Mobil Rakyat

    Figur Ayah, Pencipta Mobil Rakyat

    Jakarta

    Tokoh penting Suzuki, Osamu Suzuki meninggal dunia di usia 94 tahun. Bergabung dengan Suzuki sejak 1958, Osamu melahirkan terobosan yang bikin Suzuki berjaya. Simak perjalanan hidup Osamu Suzuki.

    Terlahir dengan nama Osamu Matsuda, pria kelahiran 30 Januari 1930 itu menikah dengan cucu pendiri Suzuki, Shoko Suzuki.

    Seorang anak laki-laki biasanya mewarisi nama keluarga. Namun Osamu menjadi salah satu yang termasuk dalam tradisi Mukoyoshi. Osamu yang sudah menjadi menantu diadopsi ke dalam keluarga Suzuki, lalu menggunakan nama Suzuki sebagai identitas. Mukoyoshi biasanya dilakukan ketika keluarga memiliki bisnis yang mapan namun tidak mempunyai ahli waris laki-laki.

    Osamu Suzuki Foto: dok detikOto

    Mantan bankir itu kemudian bergabung dengan Suzuki pada 1958. Empat tahun setelah Suzuki memproduksi motor 4-tak, ColledaCOX 125 cc serta mobil mini Suzulight, berkapasitas 360 cc dengan sistem pembakaran 2-tak.

    Pada 1961, Suzuki menyelesaikan pendirian pabrik truk ringan di Toyokawa, Prefektur Aichi, Jepang, dan memulai produksi Suzulight Carry 360 cc.

    Sejak bergabung pada 1958, Osamu Suzuki naik jabatan hingga menjadi pimpinan perusahaan selama dua dekade kemudian.

    Dilansir Reuters, Osamu pernah menyelamatkan perusahaan dari ambang kehancuran dengan meyakinkan Toyota untuk memasok mesin yang memenuhi peraturan emisi baru, tetapi yang belum dikembangkan oleh Suzuki Motor. Ini terjadi pada tahun 1970-an.

    Selanjutnya lebih banyak kesuksesan menyusul dengan peluncuran mini Alto tahun 1979.

    Masuk India, bikin mobil rakyat

    Suzuki mengambil keputusan besar dan berisiko dengan menginvestasikan pendapatan perusahaan senilai satu tahun untuk membangun pembuat mobil nasional untuk India. Pada saat itu, India adalah daerah terpencil otomotif dengan penjualan mobil tahunan di bawah 40.000, terutama tiruan Inggris.

    Maruti yang didirikan pada tahun 1971 dikenal sebagai proyek kesayangan Sanjay Gandhi, putra Perdana Menteri Indira Gandhi saat itu, untuk memproduksi “mobil rakyat” yang terjangkau buatan India.

    Maruti awalnya membutuhkan mitra. Mulanya ingin berkolaborasi dengan Renault, namun gagal karena sedan dianggap terlalu mahal dan tidak cukup hemat bahan bakar.

    Tim Maruti juga mengetuk banyak pintu, termasuk Fiat dan Subaru, termasuk juga Suzuki. Namun semuanya ditolak.

    Kemitraan antara Maruti dan Suzuki itu muncul setelah adanya kesempatan kedua. Hal ini terjadi setelah seorang direktur Suzuki Motor di India melihat sebuah artikel surat kabar tentang desas-desus kesepakatan Maruti dengan Daihatsu.

    Suzuki kemudian menelepon Maruti, lalu buru-buru mengundang timnya kembali ke Jepang, meminta kesempatan kedua. Kontrak kerjasama dilakukan dalam beberapa bulan.
    Mobil pertama, hatchback Maruti 800 diambil dari basis Alto meluncur pada tahun 1983. Mobil itu sukses seketika.

    Hari ini, mayoritas saham dipegang oleh Suzuki Motor, masih menguasai sekitar 40% pasar mobil India.

    Bisnis Suzuki di industri otomotif pun terus berkembang, hingga pada 1990, nama perusahaan diubah lagi menjadi ‘Suzuki Motor Corporation’ untuk kepentingan ekspansi bisnis dan globalisasi.

    Osamu Suzuki akhirnya menyerahkan tongkat sebagai CEO kepada putranya Toshihiro pada tahun 2016. Osamu tetap menjabat sebagai ketua selama lima tahun hingga usia 91 tahun, dia lalu mempertahankan peran sebagai penasehat sampai akhir hayatnya.

    Akio Toyoda Foto: Doc. JAMA.

    Sejak 2016, perusahaannya telah memperdalam hubungan dengan pembuat mobil terbesar di dunia Toyota, yang mengakuisisi 5 persen di Suzuki Motor pada tahun 2019. Maruti Suzuki akan memasok mobil listrik untuk Toyota mulai tahun depan.

    “Bagi saya, dia lebih dari seorang pemimpin bisnis yang dikagumi: dia seperti seorang ayah,” kata Ketua Toyota, Akio Toyoda dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat, menghormati Suzuki sebagai pelopor kendaraan mini.

    “Dia adalah sosok ayah yang mengembangkan kei car Jepang dan memupuknya menjadi mobil rakyat Jepang,” tambahnya lagi.

    (riar/din)

  • PLN EPI perkuat tata kelola energi primer melalui transformasi digital

    PLN EPI perkuat tata kelola energi primer melalui transformasi digital

    Jakarta (ANTARA) – PT PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI), sebagai Subholding PT PLN (Persero), memperkuat pengelolaan energi primer melalui penerapan sistem transformasi digital yang terintegrasi.

    Menurut Sekretaris Perusahaan PLN EPI Mamit Setiawan, transformasi digital yang diusung perusahaan, bukan sekadar upaya adaptasi terhadap tren global, melainkan langkah strategis untuk memastikan rantai pasok energi primer dapat berjalan lancar dan stabil.

    “Dengan mengintegrasikan teknologi digital ke dalam setiap aspek operasionalnya, PLN EPI kini mampu memantau ketersediaan dan distribusi energi secara real-time,” kata Mamit dalam keterangan di Jakarta, Senin.

    Mamit menyampaikan, melalui penerapan sistem digital yang terintegrasi, PLN EPI dapat mengelola distribusi energi dengan lebih efektif, meminimalkan risiko gangguan pasokan, dan memastikan setiap pembangkit listrik PLN Grup mendapatkan suplai energi yang dibutuhkan dengan tepat waktu dan jumlah yang sesuai.

    Lebih lanjut, Mamit menekankan bahwa stabilitas rantai pasok energi primer merupakan faktor krusial dalam mendukung ketahanan energi nasional.

    PLN EPI memahami bahwa keberlanjutan operasional perusahaan harus berjalan seiring dengan prinsip-prinsip tanggung jawab lingkungan dan sosial.

    “Oleh karena itu, perusahaan terus melakukan diversifikasi sumber energi primer dengan memaksimalkan penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan, seperti biomassa dan gas alam. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari upaya mendukung transisi energi menuju Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060,” kata Mamit.

    “Digitalisasi bukan sekadar alat, melainkan fondasi penting untuk memastikan stabilitas rantai pasok energi primer. Dengan teknologi yang kami miliki, distribusi energi dapat diatur dengan presisi, transparansi, dan akuntabilitas yang lebih baik. Ini tidak hanya memastikan ketersediaan energi untuk seluruh pembangkit PLN Grup, tetapi juga meningkatkan keandalan dalam memenuhi kebutuhan energi nasional,” ujarnya.

    Atas komitmen penerapan transformasi digital tersebut, lanjut Mamit, PLN EPI mendapatkan tiga penghargaan bergengsi dalam ajang Indonesia Digital Innovation & Achievement Awards (IDIA) 2024, yang diselenggarakan oleh Business Asia Indonesia.

    Mamit menjelaskan penghargaan tersebut merupakan komitmen PLN EPI dalam mendorong inovasi teknologi dan digitalisasi disetiap lini operasional, memastikan efisiensi, transparansi, serta peningkatan pelayanan kepada pelanggan dan mitra bisnis.

    “Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras seluruh tim PLN EPI yang terus berinovasi dalam menghadirkan solusi digital terbaik di sektor energi primer. Transformasi digital bukan sekadar tren, tetapi keharusan untuk meningkatkan efisiensi, akuntabilitas, dan daya saing Perusahaan di tengah tantangan global,” kata Mamit.

    Pewarta: Faisal Yunianto
    Editor: Kelik Dewanto
    Copyright © ANTARA 2024

  • Kementerian ESDM pasang listrik gratis 908 rumah tangga di Bojonegoro

    Kementerian ESDM pasang listrik gratis 908 rumah tangga di Bojonegoro

    Jakarta (ANTARA) – Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan bantuan pasang baru listrik (BPBL) untuk 908 warga kurang mampu di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

    Koordinator Perlindungan Konsumen dan Usaha Ketenagalistrikan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Ainul Wafa mengatakan bantuan listrik gratis, yang tersebar di 17 kecamatan Kabupaten Bojonegoro tersebut, merupakan bagian dari program BPBL di Provinsi Jawa Timur sebanyak 26.840 rumah tangga pada 2024.

    “Pada 2024, program BPBL telah ditetapkan untuk 26.840 rumah tangga di Jawa Timur dan akan terus ditingkatkan secara bertahap hingga sesuai dengan target sebesar 27.120 rumah tangga,” ujar Ainul pada Penyalaan Pertama Program BPBL di Desa Penganten, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Sabtu (28/12/2024).

    Ainul menyampaikan program yang telah dijalankan sejak 2022 itu, pada 2024 menyasar 150.000 rumah tangga di Indonesia.

    “Banyak ditemui, rumah ada di bawah tiang listrik, tapi rumah itu tidak punya listrik sendiri, untuk itu pemerintah hadir untuk melistriki setiap rumah tangga yang tidak mampu memasang listrik sendiri karena keterbatasan biaya,” ungkap Ainul.

    Melalui program BPBL, lanjutnya diharapkan dapat membawa manfaat kepada seluruh masyarakat. Harapannya dengan memiliki akses listrik sendiri, penerima BPBL tidak lagi bergantung dari tetangga untuk penyediaan listriknya.

    Sementara itu, Anggota Komisi XII DPR RI Ratna Juwita Sari menyampaikan program BPBL diinisiasi untuk masyarakat kurang mampu, sehingga dapat memperoleh akses listrik dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

    “Saya memotivasi kepada warga yang sudah memiliki listrik ini, nantinya bisa membuka usaha produktif di rumahnya dan selanjutnya mampu membeli token listriknya sendiri,” ujarnya.

    Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Bojonegoro Djoko Lukito mengapresiasi program BPBL tersebut.

    “Semoga bisa memanfaatkan listrik ini dengan baik, bisa digunakan untuk penerangan, memasak dan usaha. Jangan salah kaprah, misal digunakan untuk perangkat tikus di sawah, karena itu sangat berbahaya, bisa menyebabkan korsleting listrik, bahkan kebakaran,” tegasnya.

    Sedangkan, Staf Ahli Direksi Direktur Retail dan Niaga PT PLN (Persero) Priyo Wurianto menyampaikan komitmen PLN dalam mendukung program tersebut.

    “Kita berharap listrik yang dipasang di tempat Bapak/Ibu sekalian bisa memberikan manfaat yang lebih, selain penerangan, misal untuk kegiatan UMKM yang membutuhkan alat-alat listrik, semoga dengan adanya program ini bisa membantu,” ungkapnya.

    Kegiatan Penyalaan Pertama Program BPBL di Desa Penganten, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Sabtu (28/12/2024). Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) itu dilaksanakan Kementerian ESDM. ANTARA/HO-Kementerian ESDM

    Salah seorang warga Desa Penganten yang mendapatkan bantuan sambung listrik gratis, Suparno (47 tahun), senang mendapatkan bantuan listrik dari pemerintah.

    Tinggal bersama istri, dua anak, dan orang tuanya di rumah yang berlantai dan berdinding kayu, Suparno sehari-harinya bekerja sebagai petani dan buruh serabutan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya.

    “Selama ini nyalur listrik dari orang lain, mau pasang gak ada uangnya, kalau terkumpul uang, cuma buat hidup saja (makan),” ujarnya.

    Ia pun berharap dengan hadirnya listrik, bisa merubah kehidupan keluarganya menjadi lebih baik lagi.

    Program BPBL menjadi bukti komitmen pemerintah untuk memberikan kontribusi dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat tidak mampu melalui penyediaan listrik untuk kehidupan yang lebih baik.

    Pewarta: Kelik Dewanto
    Editor: Evi Ratnawati
    Copyright © ANTARA 2024

  • Mobil Hybrid Honda Lebih Irit BBM hingga 40 Persen

    Mobil Hybrid Honda Lebih Irit BBM hingga 40 Persen

    Jakarta, CNN Indonesia

    Honda Motor Co., Ltd. memperkenalkan teknologi terbaru untuk sistem hybrid Honda e:HEV. Pembaruan ini untuk mesin 1.500 cc dan 2.000 cc siklus Atkinson yang sudah menganut direct-injection.

    Menurut perusahaan, teknologi baru pada dua jenis mesin itu dirancang untuk menghasilkan tenaga lebih besar dan dipadukan dengan unit penggerak roda depan (FWD). Alhasil, efisiensi bahan bakar pada kendaraan e:HEV terbaru dibandingkan model sebelumnya.

    Khusus untuk mesin 1.500 cc, efisiensi bahan bakar ditargetkan meningkat hingga lebih dari 40 persen dibandingkan model saat ini.

    Konversi tenaga dan efisiensi pada EV Drive Mode dan Hybrid Drive Mode juga akan ditingkatkan, memberikan performa yang lebih optimal di berbagai kondisi berkendara.

    Sedangkan efisiensi mesin hybrid 2.000 cc akan diinfokan dalam waktu dekat.

    Honda juga memperkenalkan teknologi Honda S+ Shift, fitur terbaru yang dirancang untuk memberikan pengemudi rasa kesatuan yang lebih kuat dengan kendaraan. Sistem ini mengontrol putaran mesin secara presisi saat akselerasi dan deselerasi.

    Selanjutnya mesin diklaim memberikan respons yang baik untuk perjalanan dalam kota dan luar kota.

    Honda S+ Shift akan mulai diterapkan pada semua model e:HEV di masa depan, dimulai dengan all new Honda Prelude yang dijadwalkan mulai dijual pada 2025.

    Honda juga memperkenalkan unit penggerak elektrik AWD (E-AWD) terbaru yang dirancang untuk kendaraan hybrid-listrik dan EV.

    Perusahaan otomotif terbesar kedua di Jepang ini menargetkan penjualan kendaraan hybrid-listrik sebesar 1,3 juta unit secara global pada 2030 seperti dalam keterangan resmi.

    (tim/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • Kebakaran Gedung Rektorat UIN Jakarta Berhasil Dipadamkan, Tidak Ada Kerusakan Signifikan

    Kebakaran Gedung Rektorat UIN Jakarta Berhasil Dipadamkan, Tidak Ada Kerusakan Signifikan

    loading…

    Sebanyak 10 unit pemadam dikerahkan untuk memadamkan api yang membakar Gedung Rektorat Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Senin (30/12/2024). FOTO/TANGKAPAN LAYAR VIDEO

    JAKARTA Kebakaran Gedung Rektorat UIN Syarif Hidayatullah , Ciputat, Tangerang Selatan, Senin (30/12/2024) pagi, berhasil dipadamkan petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Tangerang Selatan. Tidak ada kerusakan signifikan akibat kebarakan tersebut.

    Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum UIN Syaif Hidayatullah, Prof Imam Subchi mengatakan, kebakaran kecil terjadi di ruang sekretariat Rektorat lantai 2 Gedung Rektorat UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Api diduga muncul sekitar pukul 06.30 WIB dan merusak fasilitas perkantoran areal Sekretariat Rektorat.

    “Berkat bantuan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Tangerang Selatan dan kesiapan sistem protokol keselamatan dan respons cepat internal kampus bantuan, api berhasil dipadamkan sepenuhnya dalam waktu 30 menit, tepat pukul 07.00 WIB,” kata Imam dalam keterangannya dikutip, Senin (30/12/2024).

    Imam menambahkan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tangerang Selatan mengerahkan sekurangnya 10 unit mobil pemadam kebakaran. Para petugas dan pegawai kampus kemudian bahu membahu melaksanakan pemadaman.

    “Berkat kerja sama yang baik antara tim pemadam kebakaran dan petugas internal UIN Jakarta, kebakaran dapat diatasi tanpa menyebabkan kerusakan berarti pada fasilitas Gedung,” ucapnya.

    “Alhamdulillah, tidak terjadi kerusakan yang signifikan. Kami sangat berterima kasih atas bantuan cepat dari Unit Damkar Dinas Kota Tangsel,” tambahnya.

    Berkat dukungan dinas terkait dan sistem internal universitas, kebakaran juga tidak menimbulkan dampak signifikan, baik korban jiwa luka-luka maupun kerusakan fasilitas utama.

    “Aktivitas di lingkungan kampus Insya Allah tetap berjalan normal, baik para pegawai, dosen, dan pegawai tetap bisa beraktifitas seperti biasanya,” ujarnya.

    Baca juga: Korsleting Listrik Diduga Penyebab Kebakaran Gedung Rektorat UIN Syarif Hidayatullah

    Imam menyebut insiden kebakaran menunjukkan pentingnya kesiapan protokol keselamatan di lingkungan kampus. “Sistem keselamatan yang ada, termasuk detektor asap dan langkah-langkah evakuasi juga dukungan Dinas Pemadam Kebakaran setempat adalah satu kesatuan penting dalam mengantisipasi insiden seperti ini,” katanya.

    Lebih lanjut, Imam menegaskan UIN Jakarta berkomitmen untuk terus meningkatkan standar keselamatan gedung dan memberikan rasa aman bagi seluruh sivitas akademika maupun publik. “Prioritas terutama diberikan pada evaluasi dan perbaikan sistem keamanan untuk mencegah kejadian serupa di masa mendatang,” katanya.

    (abd)

  • Korsleting Listrik Diduga Penyebab Kebakaran Gedung Rektorat Kampus UIN Ciputat – Halaman all

    Korsleting Listrik Diduga Penyebab Kebakaran Gedung Rektorat Kampus UIN Ciputat – Halaman all

    Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Perwira Piket Lapangan Dinas Kebakaran Kota Tangerang Selatan Nurudin menuturkan kebakaran sudah mulai bisa dikendalikan di Gedung Rektorat Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta di Ciputat, Tangerang Selatan, Senin (30/12/2024) pagi.

    Menurutnya, penyebab terjadinya kebakaran ini akibat arus pendek.

    “Kosleting listrik,” ucap Nurudin saat dikonfirmasi.

    Kerugian akibat kebakaran belum dapat dipastikan namun diyakini sampai ratusan juta.

    “Iya Rp 200-an juta (kerugian, red),” kata Nurudin.

    Nurudin mengatakan saat ini api yang menyala sudah dipadamkan.

    Lebih kurang 10 unit pemadam dikerahkan ke lokasi kebakaran memadamkan api hingga pendinginan.

    “Kurang lebih 10 unit,” tambah Nurudin.

    Menurut rekaman video yang beredar, api terlihat berkobar di beberapa area gedung, termasuk ruang lobi rektor, ruang rektor, ruang wakil rektor II, hingga mencapai lantai tiga. 

    Para saksi yang berada di lokasi menyatakan keprihatinan melihat api yang semakin membesar.

    Petugas pemadam kebakaran yang segera tiba di lokasi langsung berupaya memadamkan api.

    “Mudah-mudahan api bisa dipadamkan dengan cepat,” ujar perekam video yang memperlihatkan suasana saat kejadian.

    Pihak kampus belum memberikan keterangan resmi mengenai kerugian atau penyebab kebakaran ini.